Minggu, 10 Maret 2019

[belajar-excel] Digest Number 4730

3 Messages

Digest #4730
1a
Re: Pindah cell otomatis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Sun Mar 10, 2019 2:46 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

wa'alaikumussalam wr wb

hehehe...
hal tersebut tidak memungkinkan dengan application.onkey
bisa jadi perlu menggunakan api sendmessage

wassalamu'alaikum wr wb
Kid

On Sun, Mar 10, 2019 at 6:34 AM Agus nangagus@gmail.com [belajar-excel] <
belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Assalamu'alaikum warahmatullah.
> Mas Kid, mau tanya nih,...
> Cekrip di bawah ini:
> application.onkey "1","'myproc 1'"
> adalah perintah apabila ditekan rombol 1,
>
> Bagaimana cara mengubah cekripnya, jika diinginkan agar cursor pindah ke
> cell selanjutnya jika sudah mengetik angka dari 0 sampai 100?
>
> Terima kasih
> Wasalamu'alaikum warahmatullah
> NangAgus
> On 1/29/2019 10:14, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
>
>
> hmmm....
>
> coba begini :
> 1. di vba, buat general module dan isi dengan 2 prosedur berikut beserta
> sebaris deklarasi variabelnya
> public wbka as workbook, shta as worksheet 'variabel object area kerja
> si penulis nilai
>
> public sub myProc( optional lNilai as long=0 ) 'proses menulis nilai
> if wbka.name=activeworkbook.name <http://activeworkbook..name> then
> if shta.codename=activesheet.name then
> if activecell.column=1 then
> if activecell.row>1 and activecell.row<=600 then
> application.enableeventts=false
> activecell.value=lnilai
> application.sendkeys "~"
> application.enableeventts=true
> endif
> endif
> endif
> endif
> end sub
>
> public sub AturShortcut(optional bState as boolean=false) 'pengubah
> shortcut
> if bstate then 'setup tombol dan variabel object area kerja
> 'nama object sheet (bukan nama caption sheet [bukan nama sheet
> di tab sheet]) -> misal area kerja di sheet bernama AREA_INPUT dengan nama
> object sheet adalah Sheet1
> set wbka=thisworkbook:set shta=sheet1
> application.onkey "1","'myproc 1'"
> application.onkey "2","'myproc 2'"
> application.onkey "3","'myproc 3'"
> application.onkey "4","'myproc 4'"
> else
> set wbka=nothing:set shta=nothing
> application.onkey "1"
> application.onkey "2"
> application.onkey "3"
> application.onkey "4"
> endif
> end sub
>
> lalu di sheet AREA_INPUT, dibuat prosedur events :
> 1. Activate dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut dengan nilai
> bState adalah true, yaitu : AturShortcut true
> 2. deActivate dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut dengan nilai
> bState adalah false, yaitu : AturShortcut
>
> kemudian di thisworkbook, dibuat events :
> 1. activate dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut dengan nilai
> bState adalah true, yaitu : AturShortcut true
> 2. deActivate dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut dengan nilai
> bState adalah false, yaitu : AturShortcut
> 3. beforeclose dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut dengan nilai
> bState adalah false, yaitu : AturShortcut
>
> Regards,
> Kid
>
>
>
> On Sun, Jan 27, 2019 at 4:16 PM cheivory_bridge@yahoo.com [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Terima kasih Pak Kenang Agus solved..
>>
>> Mohon maaf, bagaimana kalau di setiap cell kolom A cara mengisinya dengan
>> cara memasukkan/mengetik 1 pilihan - pilihannya : 1/2/3/4 (bukan memilih
>> dari data validation) .. jika sudah mengetik pilihan maka otomatis kursor
>> berpindah otomatis ke sel bawahnya ..
>>
>> Terima kasih. Ari
>>
>
>
>

Sun Mar 10, 2019 9:37 pm (PDT) . Posted by:

"Agus"

Terima kasih
On 3/11/2019 04:46, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] wrote:
> wa'alaikumussalam wr wb
>
> hehehe...
> hal tersebut tidak memungkinkan dengan application.onkey
> bisa jadi perlu menggunakan api sendmessage
>
> wassalamu'alaikum wr wb
> Kid
>
>
>
>
> On Sun, Mar 10, 2019 at 6:34 AM Agus nangagus@gmail.com
> <mailto:nangagus@gmail.com> [belajar-excel]
> <belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups..com>>
> wrote:
>
> Assalamu'alaikum warahmatullah.
> Mas Kid, mau tanya nih,...
> Cekrip di bawah ini:
>           application.onkey "1","'myproc 1'"
> adalah perintah apabila ditekan rombol 1,
>
> Bagaimana cara mengubah cekripnya, jika diinginkan agar cursor
> pindah ke cell selanjutnya jika sudah mengetik angka dari 0 sampai
> 100?
>
> Terima kasih
> Wasalamu'alaikum warahmatullah
> NangAgus
> On 1/29/2019 10:14, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> <mailto:mr.nmkid@gmail.com> [belajar-excel] wrote:
>> hmmm....
>>
>> coba begini :
>> 1. di vba, buat general module dan isi dengan 2 prosedur berikut
>> beserta sebaris deklarasi variabelnya
>> public wbka as workbook, shta as worksheet     'variabel object
>> area kerja si penulis nilai
>>
>> public sub myProc( optional lNilai as long=0 )    'proses menulis
>> nilai
>>      if wbka.name <http://wbka.name>=activeworkbook.name
>> <http://activeworkbook..name> then
>>           if shta.codename=activesheet.name
>> <http://activesheet.name> then
>>                 if activecell.column=1 then
>>                       if activecell.row>1 and activecell.row<=600
>> then
>> application.enableeventts=false
>> activecell.value=lnilai
>> application.sendkeys "~"
>> application.enableeventts=true
>>                       endif
>>                 endif
>>           endif
>>      endif
>> end sub
>>
>> public sub AturShortcut(optional bState as boolean=false)
>> 'pengubah shortcut
>>      if bstate then    'setup tombol dan variabel object area kerja
>>             'nama object sheet (bukan nama caption sheet [bukan
>> nama sheet di tab sheet]) -> misal area kerja di sheet bernama
>> AREA_INPUT dengan nama object sheet adalah Sheet1
>>             set wbka=thisworkbook:set shta=sheet1
>>             application.onkey "1","'myproc 1'"
>>             application.onkey "2","'myproc 2'"
>>             application.onkey "3","'myproc 3'"
>>             application.onkey "4","'myproc 4'"
>>      else
>>             set wbka=nothing:set shta=nothing
>>             application.onkey "1"
>>             application.onkey "2"
>>             application.onkey "3"
>>             application.onkey "4"
>>      endif
>> end sub
>>
>> lalu di sheet AREA_INPUT, dibuat prosedur events :
>> 1. Activate dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut dengan
>> nilai bState adalah true, yaitu : AturShortcut true
>> 2. deActivate dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut
>> dengan nilai bState adalah false, yaitu : AturShortcut
>> kemudian di thisworkbook, dibuat events :
>> 1. activate dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut dengan
>> nilai bState adalah true, yaitu : AturShortcut true
>> 2. deActivate dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut
>> dengan nilai bState adalah false, yaitu : AturShortcut
>> 3. beforeclose dan diisi dengan baris pemanggil AturShortcut
>> dengan nilai bState adalah false, yaitu : AturShortcut
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>>
>> On Sun, Jan 27, 2019 at 4:16 PM cheivory_bridge@yahoo.com
>> <mailto:cheivory_bridge@yahoo.com> [belajar-excel]
>> <belajar-excel@yahoogroups.com
>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>> wrote:
>>
>> Terima kasih Pak Kenang Agus solved..
>>
>>
>> Mohon maaf, bagaimana kalau di setiap cell kolom A cara
>> mengisinya dengan cara memasukkan/mengetik 1 pilihan -
>> pilihannya : 1/2/3/4 (bukan memilih dari data validation) ...
>> jika sudah mengetik pilihan maka otomatis kursor berpindah
>> otomatis ke sel bawahnya ..
>>
>> Terima kasih. Ari
>>
>
>

Sun Mar 10, 2019 7:14 pm (PDT) . Posted by:

"Stephen Saputro"

Pak Kid,

Terima kasih untuk bantuannya. Jelas sekali. Problem Solved.

On Tue, Mar 5, 2019 at 9:22 AM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel]
<belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Maksudnya begini :
> di tabel referensi, kolom Grup ditentukan secara bebas.
> di tabel data, kolom Grup adalah hasil lookup data ke tabel referensi.
> Pada contoh diatas, lookup berdasar kolom yang sesuai dengan referensi
> kolom mulai. Sila disesuaikan dengan kebutuhan
>
> Regards,
> Kid
>
>
> On Mon, Mar 4, 2019 at 8:50 PM Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
>> sekadar kode saja. bebas.
>>
>> On Mon, Mar 4, 2019 at 8:00 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> Pak Kid,
>>>
>>> Terima kasih untuk bantuannya, Saya mau tanya lagi Pak, untuk kolom
>>> bantu "Group" angka 1,20,30,400 itu di dapat dari mana ya ?
>>>
>>> On Mon, Mar 4, 2019 at 1:08 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> hmmm....
>>>>
>>>> *Tentang :*
>>>>
>>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>>>> yang di pilih
>>>>
>>>> a. Secara umum, hal ini tidak diperlukan karena pivot table menyediakan
>>>> filter ketika field diletakkan pada bagian Rows.
>>>>
>>>> Pada xl2010 ke atas, slicer timeline bisa dimanfaatkan, sehingga
>>>> tidak perlu meletakkan field berisi data bertipe date pada bagian rows.
>>>>
>>>> b. Berbeda halnya ketika akan menampilkan pengelompokan data bertipe
>>>> tanggal, ketika pengelompokan berdasar bulan maupun tahun, pivot
>>>> menyediakan group. Pada data bertipe date, akan diberi opsi group secara
>>>> bulanan, tahunan dan sebagainya. Bisa juga dengan menyediakan sebuah tabel
>>>> dimensi tanggal disertai kolom kelompoknya.
>>>>
>>>>
>>>> c. Pada pengelompokan yang custom yang pasti bahwa setiap kelompok
>>>> berisi N hari, fitur group masih bisa dimanfaatkan dengan menentukan mulai
>>>> dan akhir data, beserta jumlah rentang yang tetap tersebut..
>>>>
>>>> d. Ketika dibutuhkan pengelompokan yang custom dan tidak tetap jumlah
>>>> hari per kelompoknya, maka cara yang disarankan pada email lalu yang
>>>> dibutuhkan.
>>>>
>>>>
>>>> *** Jadi, saran di imil lalu adalah dengan asumsi Anda akan membuat
>>>> kelompok grup yang jumlah hari tiap kelompoknya tidak pasti.
>>>> *** Kalau sekadar memilih mau mulai dari tanggal berapa sampai berapa
>>>> yang sangat bebas dipilih user, manfaatkan saja fitur filter date milik
>>>> pivot atau slicer timeline.
>>>>
>>>> *Tentang :*
>>>>
>>>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing..
>>>>
>>>> > secara umum adalah dengan membuat kolom kode grup di sisi data (boleh
>>>> di sheet, boleh di data model) seperti poin 1.d.. di atas...
>>>> > tentu saja tabel referensi disesuaikan tipe data beserta nilai mulai
>>>> dan akhirnya dengan nilai-nilai penyusun grup.
>>>>
>>>> *** Kolom-kolom yang dibutuhkan beserta cara kalkulasinya (agar bisa
>>>> dilakukan proses lookup ke tabel referensi), tergantung dengan proses
>>>> bisnis setempat
>>>> *** Kalau tanpa powerpivot, maka yang dibutuhkan 1 kolom lagi (misal di
>>>> kolom D) yang berisi hasil lookup ke tabel referensi untuk mengambil kolom
>>>> teks_grup. Relasi antar tabel tidak dibutuhkan.
>>>> Sumber data cukup 1 tabel (tabel data paling kiri saja, tanpa
>>>> menyertakan tabel referensi).
>>>> *** Jika dengan powerpivot tapi tidak suka dengan kolom bantu seperti
>>>> grup tersebut, maka perlu mempelajari formula dax penyusun measures, tetapi
>>>> sering kali juga, menggunakan measures tanpa kolom bantu di sumber data
>>>> hanya berlaku untuk layout output tertentu saja.
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Kid
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>> On Fri, Feb 15, 2019 at 2:06 PM Adi Irawan airawanp@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Pak Kid,
>>>>>
>>>>> Saya sudah coba2 sesuai petunjuak Pak Kid, tapi saya masih belum
>>>>> berhasil. SAya bingung mau pake formula apa.
>>>>>
>>>>> Untuk kasus No 1, anggap saja saya mempunya tabel sbb :
>>>>>
>>>>>
>>>>> Formula yang akan di pake nnti apa ya Pak ? jadi pada waktu saya
>>>>> memilih period Feb 2019, maka data yang akan di ambil adalah semua data
>>>>> dari tanggal sebelum tanggal 21 Feb 2019 sampai tanggal 21 Feb 2019. Begitu
>>>>> juga pada saat memilih period Jan 2019, maka data yang akan di ambil adalah
>>>>> semua data dari tanggal sebelum tgl 25 Jan 2019 sampai tanggal 25 Jan 2019.
>>>>> Jadi kolom date adalah batas atas dari suatu tanggal yang akan di pilih.
>>>>>
>>>>> Untuk kasus No 2 juga saya masih bingung cara penyelesaianya.
>>>>>
>>>>>
>>>>> Terima kasih
>>>>>
>>>>> On Fri, Jan 18, 2019 at 10:56 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Buat dulu tabel referensi kelompok tanggal untuk kasus 1, dan
>>>>>> kelompok jumlah hari untuk kasus 2. Ada 2 tabel referensi tambahan. Isi
>>>>>> kolom masing-masing, teks_tampilan, nilai_mulai, nilai_sampai.....
>>>>>> Lalu di sumber data, dibuat kolom kalkulasi untuk ambil nilai
>>>>>> teks_tampilan dari masing-masing tabel referensi.
>>>>>>
>>>>>> Cara lain adalah dengan melakukan group di pivot table nya. Pilih
>>>>>> rentang group nya sesuai kebutuhan.
>>>>>>
>>>>>> Regards,
>>>>>> Kid
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> On Wed, Jan 9, 2019 at 5:35 PM Stephen Saputro
>>>>>> stephensaputro@gmail.com [belajar-excel] <
>>>>>> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Halo rekan2 Excel semuanya.
>>>>>>>
>>>>>>> Mohon kiranya dapat di bantu untuk kasus saya lagi, Kali ini saya
>>>>>>> sedang membuat Report dari Powerpivot. Pertanyaan saya adalah :
>>>>>>>
>>>>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>>>>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>>>>>> yang di pilih
>>>>>>>
>>>>>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing.. Amount yang akan muncul adalah
>>>>>>> balance dari Billing dan Paid.
>>>>>>>
>>>>>>> Terima kasih sekali lagi untuk bantuannya.
>>>>>>>
>>>>>>> Salam
>>>>>>> SS
>>>>>>>
>>>>>>>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar