Senin, 11 Maret 2019

[belajar-excel] Digest Number 4731

3 Messages

Digest #4731

Messages

Mon Mar 11, 2019 4:08 am (PDT) . Posted by:

"Stephen Saputro"

Pak Kid dan semua master,

Maaf mau tanya lagi, untuk Timline pada pivot, kenapa tidak bisa di clik
"Disable resizing and move" ya ? bagaiamana cara nya ? soalnya agak sedikit
mengganggu karena sering kegeser

On Mon, Mar 11, 2019 at 8:59 AM Stephen Saputro <stephensaputro@gmail.com>
wrote:

> Pak Kid,
>
> Terima kasih untuk bantuannya. Jelas sekali. Problem Solved.
>
> On Tue, Mar 5, 2019 at 9:22 AM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Maksudnya begini :
>> di tabel referensi, kolom Grup ditentukan secara bebas.
>> di tabel data, kolom Grup adalah hasil lookup data ke tabel referensi.
>> Pada contoh diatas, lookup berdasar kolom yang sesuai dengan referensi
>> kolom mulai. Sila disesuaikan dengan kebutuhan
>>
>> Regards,
>> Kid
>>
>>
>> On Mon, Mar 4, 2019 at 8:50 PM Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>>
>>> sekadar kode saja. bebas.
>>>
>>> On Mon, Mar 4, 2019 at 8:00 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Pak Kid,
>>>>
>>>> Terima kasih untuk bantuannya, Saya mau tanya lagi Pak, untuk kolom
>>>> bantu "Group" angka 1,20,30,400 itu di dapat dari mana ya ?
>>>>
>>>> On Mon, Mar 4, 2019 at 1:08 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> hmmm....
>>>>>
>>>>> *Tentang :*
>>>>>
>>>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>>>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>>>>> yang di pilih
>>>>>
>>>>> a. Secara umum, hal ini tidak diperlukan karena pivot table
>>>>> menyediakan filter ketika field diletakkan pada bagian Rows.
>>>>>
>>>>> Pada xl2010 ke atas, slicer timeline bisa dimanfaatkan, sehingga
>>>>> tidak perlu meletakkan field berisi data bertipe date pada bagian rows.
>>>>>
>>>>> b. Berbeda halnya ketika akan menampilkan pengelompokan data bertipe
>>>>> tanggal, ketika pengelompokan berdasar bulan maupun tahun, pivot
>>>>> menyediakan group. Pada data bertipe date, akan diberi opsi group secara
>>>>> bulanan, tahunan dan sebagainya. Bisa juga dengan menyediakan sebuah tabel
>>>>> dimensi tanggal disertai kolom kelompoknya.
>>>>>
>>>>>
>>>>> c. Pada pengelompokan yang custom yang pasti bahwa setiap kelompok
>>>>> berisi N hari, fitur group masih bisa dimanfaatkan dengan menentukan mulai
>>>>> dan akhir data, beserta jumlah rentang yang tetap tersebut.
>>>>>
>>>>> d. Ketika dibutuhkan pengelompokan yang custom dan tidak tetap jumlah
>>>>> hari per kelompoknya, maka cara yang disarankan pada email lalu yang
>>>>> dibutuhkan.
>>>>>
>>>>>
>>>>> *** Jadi, saran di imil lalu adalah dengan asumsi Anda akan membuat
>>>>> kelompok grup yang jumlah hari tiap kelompoknya tidak pasti.
>>>>> *** Kalau sekadar memilih mau mulai dari tanggal berapa sampai berapa
>>>>> yang sangat bebas dipilih user, manfaatkan saja fitur filter date milik
>>>>> pivot atau slicer timeline.
>>>>>
>>>>> *Tentang :*
>>>>>
>>>>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing..
>>>>>
>>>>> > secara umum adalah dengan membuat kolom kode grup di sisi data
>>>>> (boleh di sheet, boleh di data model) seperti poin 1.d.. di atas..
>>>>> > tentu saja tabel referensi disesuaikan tipe data beserta nilai mulai
>>>>> dan akhirnya dengan nilai-nilai penyusun grup.
>>>>>
>>>>> *** Kolom-kolom yang dibutuhkan beserta cara kalkulasinya (agar bisa
>>>>> dilakukan proses lookup ke tabel referensi), tergantung dengan proses
>>>>> bisnis setempat
>>>>> *** Kalau tanpa powerpivot, maka yang dibutuhkan 1 kolom lagi (misal
>>>>> di kolom D) yang berisi hasil lookup ke tabel referensi untuk mengambil
>>>>> kolom teks_grup. Relasi antar tabel tidak dibutuhkan.
>>>>> Sumber data cukup 1 tabel (tabel data paling kiri saja, tanpa
>>>>> menyertakan tabel referensi).
>>>>> *** Jika dengan powerpivot tapi tidak suka dengan kolom bantu seperti
>>>>> grup tersebut, maka perlu mempelajari formula dax penyusun measures, tetapi
>>>>> sering kali juga, menggunakan measures tanpa kolom bantu di sumber data
>>>>> hanya berlaku untuk layout output tertentu saja.
>>>>>
>>>>> Regards,
>>>>> Kid
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> On Fri, Feb 15, 2019 at 2:06 PM Adi Irawan airawanp@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Pak Kid,
>>>>>>
>>>>>> Saya sudah coba2 sesuai petunjuak Pak Kid, tapi saya masih belum
>>>>>> berhasil. SAya bingung mau pake formula apa.
>>>>>>
>>>>>> Untuk kasus No 1, anggap saja saya mempunya tabel sbb :
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Formula yang akan di pake nnti apa ya Pak ? jadi pada waktu saya
>>>>>> memilih period Feb 2019, maka data yang akan di ambil adalah semua data
>>>>>> dari tanggal sebelum tanggal 21 Feb 2019 sampai tanggal 21 Feb 2019. Begitu
>>>>>> juga pada saat memilih period Jan 2019, maka data yang akan di ambil adalah
>>>>>> semua data dari tanggal sebelum tgl 25 Jan 2019 sampai tanggal 25 Jan 2019.
>>>>>> Jadi kolom date adalah batas atas dari suatu tanggal yang akan di pilih.
>>>>>>
>>>>>> Untuk kasus No 2 juga saya masih bingung cara penyelesaianya.
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Terima kasih
>>>>>>
>>>>>> On Fri, Jan 18, 2019 at 10:56 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Buat dulu tabel referensi kelompok tanggal untuk kasus 1, dan
>>>>>>> kelompok jumlah hari untuk kasus 2. Ada 2 tabel referensi tambahan. Isi
>>>>>>> kolom masing-masing, teks_tampilan, nilai_mulai, nilai_sampai.....
>>>>>>> Lalu di sumber data, dibuat kolom kalkulasi untuk ambil nilai
>>>>>>> teks_tampilan dari masing-masing tabel referensi.
>>>>>>>
>>>>>>> Cara lain adalah dengan melakukan group di pivot table nya. Pilih
>>>>>>> rentang group nya sesuai kebutuhan.
>>>>>>>
>>>>>>> Regards,
>>>>>>> Kid
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> On Wed, Jan 9, 2019 at 5:35 PM Stephen Saputro
>>>>>>> stephensaputro@gmail.com [belajar-excel] <
>>>>>>> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Halo rekan2 Excel semuanya.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Mohon kiranya dapat di bantu untuk kasus saya lagi, Kali ini saya
>>>>>>>> sedang membuat Report dari Powerpivot. Pertanyaan saya adalah :
>>>>>>>>
>>>>>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>>>>>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>>>>>>> yang di pilih
>>>>>>>>
>>>>>>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>>>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing... Amount yang akan muncul adalah
>>>>>>>> balance dari Billing dan Paid.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Terima kasih sekali lagi untuk bantuannya.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Salam
>>>>>>>> SS
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>
>

Mon Mar 11, 2019 6:15 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Timeline slicer tidak bisa dibatasi resize dan movingnya. Semoga di
pembaruan akan datang akan ada bagian yang membuat timeline slicer bisa
di-disable resizing and moving.

Regards,
Kid

On Mon, Mar 11, 2019 at 6:09 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Pak Kid dan semua master,
>
> Maaf mau tanya lagi, untuk Timline pada pivot, kenapa tidak bisa di clik
> "Disable resizing and move" ya ? bagaiamana cara nya ? soalnya agak sedikit
> mengganggu karena sering kegeser
>
> On Mon, Mar 11, 2019 at 8:59 AM Stephen Saputro <stephensaputro@gmail.com>
> wrote:
>
>> Pak Kid,
>>
>> Terima kasih untuk bantuannya.. Jelas sekali. Problem Solved.
>>
>> On Tue, Mar 5, 2019 at 9:22 AM 'Mr.. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> Maksudnya begini :
>>> di tabel referensi, kolom Grup ditentukan secara bebas.
>>> di tabel data, kolom Grup adalah hasil lookup data ke tabel referensi.
>>> Pada contoh diatas, lookup berdasar kolom yang sesuai dengan referensi
>>> kolom mulai. Sila disesuaikan dengan kebutuhan
>>>
>>> Regards,
>>> Kid
>>>
>>>
>>> On Mon, Mar 4, 2019 at 8:50 PM Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>>>
>>>> sekadar kode saja. bebas.
>>>>
>>>> On Mon, Mar 4, 2019 at 8:00 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>> Pak Kid,
>>>>>
>>>>> Terima kasih untuk bantuannya, Saya mau tanya lagi Pak, untuk kolom
>>>>> bantu "Group" angka 1,20,30,400 itu di dapat dari mana ya ?
>>>>>
>>>>> On Mon, Mar 4, 2019 at 1:08 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> hmmm....
>>>>>>
>>>>>> *Tentang :*
>>>>>>
>>>>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>>>>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>>>>>> yang di pilih
>>>>>>
>>>>>> a. Secara umum, hal ini tidak diperlukan karena pivot table
>>>>>> menyediakan filter ketika field diletakkan pada bagian Rows.
>>>>>>
>>>>>> Pada xl2010 ke atas, slicer timeline bisa dimanfaatkan, sehingga
>>>>>> tidak perlu meletakkan field berisi data bertipe date pada bagian rows.
>>>>>>
>>>>>> b. Berbeda halnya ketika akan menampilkan pengelompokan data bertipe
>>>>>> tanggal, ketika pengelompokan berdasar bulan maupun tahun, pivot
>>>>>> menyediakan group. Pada data bertipe date, akan diberi opsi group secara
>>>>>> bulanan, tahunan dan sebagainya. Bisa juga dengan menyediakan sebuah tabel
>>>>>> dimensi tanggal disertai kolom kelompoknya.
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> c. Pada pengelompokan yang custom yang pasti bahwa setiap kelompok
>>>>>> berisi N hari, fitur group masih bisa dimanfaatkan dengan menentukan mulai
>>>>>> dan akhir data, beserta jumlah rentang yang tetap tersebut.
>>>>>>
>>>>>> d. Ketika dibutuhkan pengelompokan yang custom dan tidak tetap jumlah
>>>>>> hari per kelompoknya, maka cara yang disarankan pada email lalu yang
>>>>>> dibutuhkan.
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> *** Jadi, saran di imil lalu adalah dengan asumsi Anda akan membuat
>>>>>> kelompok grup yang jumlah hari tiap kelompoknya tidak pasti.
>>>>>> *** Kalau sekadar memilih mau mulai dari tanggal berapa sampai berapa
>>>>>> yang sangat bebas dipilih user, manfaatkan saja fitur filter date milik
>>>>>> pivot atau slicer timeline.
>>>>>>
>>>>>> *Tentang :*
>>>>>>
>>>>>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing..
>>>>>>
>>>>>> > secara umum adalah dengan membuat kolom kode grup di sisi data
>>>>>> (boleh di sheet, boleh di data model) seperti poin 1.d.. di atas...
>>>>>> > tentu saja tabel referensi disesuaikan tipe data beserta nilai
>>>>>> mulai dan akhirnya dengan nilai-nilai penyusun grup.
>>>>>>
>>>>>> *** Kolom-kolom yang dibutuhkan beserta cara kalkulasinya (agar bisa
>>>>>> dilakukan proses lookup ke tabel referensi), tergantung dengan proses
>>>>>> bisnis setempat
>>>>>> *** Kalau tanpa powerpivot, maka yang dibutuhkan 1 kolom lagi (misal
>>>>>> di kolom D) yang berisi hasil lookup ke tabel referensi untuk mengambil
>>>>>> kolom teks_grup. Relasi antar tabel tidak dibutuhkan.
>>>>>> Sumber data cukup 1 tabel (tabel data paling kiri saja, tanpa
>>>>>> menyertakan tabel referensi).
>>>>>> *** Jika dengan powerpivot tapi tidak suka dengan kolom bantu seperti
>>>>>> grup tersebut, maka perlu mempelajari formula dax penyusun measures, tetapi
>>>>>> sering kali juga, menggunakan measures tanpa kolom bantu di sumber data
>>>>>> hanya berlaku untuk layout output tertentu saja.
>>>>>>
>>>>>> Regards,
>>>>>> Kid
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> On Fri, Feb 15, 2019 at 2:06 PM Adi Irawan airawanp@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Pak Kid,
>>>>>>>
>>>>>>> Saya sudah coba2 sesuai petunjuak Pak Kid, tapi saya masih belum
>>>>>>> berhasil. SAya bingung mau pake formula apa.
>>>>>>>
>>>>>>> Untuk kasus No 1, anggap saja saya mempunya tabel sbb :
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Formula yang akan di pake nnti apa ya Pak ? jadi pada waktu saya
>>>>>>> memilih period Feb 2019, maka data yang akan di ambil adalah semua data
>>>>>>> dari tanggal sebelum tanggal 21 Feb 2019 sampai tanggal 21 Feb 2019. Begitu
>>>>>>> juga pada saat memilih period Jan 2019, maka data yang akan di ambil adalah
>>>>>>> semua data dari tanggal sebelum tgl 25 Jan 2019 sampai tanggal 25 Jan 2019.
>>>>>>> Jadi kolom date adalah batas atas dari suatu tanggal yang akan di pilih.
>>>>>>>
>>>>>>> Untuk kasus No 2 juga saya masih bingung cara penyelesaianya.
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> Terima kasih
>>>>>>>
>>>>>>> On Fri, Jan 18, 2019 at 10:56 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Buat dulu tabel referensi kelompok tanggal untuk kasus 1, dan
>>>>>>>> kelompok jumlah hari untuk kasus 2. Ada 2 tabel referensi tambahan. Isi
>>>>>>>> kolom masing-masing, teks_tampilan, nilai_mulai, nilai_sampai......
>>>>>>>> Lalu di sumber data, dibuat kolom kalkulasi untuk ambil nilai
>>>>>>>> teks_tampilan dari masing-masing tabel referensi.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Cara lain adalah dengan melakukan group di pivot table nya. Pilih
>>>>>>>> rentang group nya sesuai kebutuhan.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Regards,
>>>>>>>> Kid
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> On Wed, Jan 9, 2019 at 5:35 PM Stephen Saputro
>>>>>>>> stephensaputro@gmail.com [belajar-excel] <
>>>>>>>> belajar-excel@yahoogroups..com <belajar-excel@yahoogroups.com>>
>>>>>>>> wrote:
>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Halo rekan2 Excel semuanya.
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Mohon kiranya dapat di bantu untuk kasus saya lagi, Kali ini saya
>>>>>>>>> sedang membuat Report dari Powerpivot. Pertanyaan saya adalah :
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date"
>>>>>>>>> di report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi
>>>>>>>>> tanggal yang di pilih
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> 2..Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>>>>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing.. Amount yang akan muncul adalah
>>>>>>>>> balance dari Billing dan Paid.
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Terima kasih sekali lagi untuk bantuannya.
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Salam
>>>>>>>>> SS
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>

Mon Mar 11, 2019 9:03 pm (PDT) . Posted by:

"Stephen Saputro"

Terima kasih sekali lagi ya Pak Kid untuk informasi nya

On Mon, Mar 11, 2019 at 8:15 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:

>
>
> Timeline slicer tidak bisa dibatasi resize dan movingnya. Semoga di
> pembaruan akan datang akan ada bagian yang membuat timeline slicer bisa
> di-disable resizing and moving.
>
> Regards,
> Kid
>
>
> On Mon, Mar 11, 2019 at 6:09 PM Stephen Saputro stephensaputro@gmail.com
> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
>>
>>
>> Pak Kid dan semua master,
>>
>> Maaf mau tanya lagi, untuk Timline pada pivot, kenapa tidak bisa di clik
>> "Disable resizing and move" ya ? bagaiamana cara nya ? soalnya agak sedikit
>> mengganggu karena sering kegeser
>>
>> On Mon, Mar 11, 2019 at 8:59 AM Stephen Saputro <stephensaputro@gmail.com>
>> wrote:
>>
>>> Pak Kid,
>>>
>>> Terima kasih untuk bantuannya.. Jelas sekali. Problem Solved.
>>>
>>> On Tue, Mar 5, 2019 at 9:22 AM 'Mr.. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Maksudnya begini :
>>>> di tabel referensi, kolom Grup ditentukan secara bebas.
>>>> di tabel data, kolom Grup adalah hasil lookup data ke tabel referensi.
>>>> Pada contoh diatas, lookup berdasar kolom yang sesuai dengan referensi
>>>> kolom mulai. Sila disesuaikan dengan kebutuhan
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Kid
>>>>
>>>>
>>>> On Mon, Mar 4, 2019 at 8:50 PM Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>>>>
>>>>> sekadar kode saja. bebas.
>>>>>
>>>>> On Mon, Mar 4, 2019 at 8:00 PM Stephen Saputro
>>>>> stephensaputro@gmail.com [belajar-excel] <
>>>>> belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> Pak Kid,
>>>>>>
>>>>>> Terima kasih untuk bantuannya, Saya mau tanya lagi Pak, untuk kolom
>>>>>> bantu "Group" angka 1,20,30,400 itu di dapat dari mana ya ?
>>>>>>
>>>>>> On Mon, Mar 4, 2019 at 1:08 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com
>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> hmmm....
>>>>>>>
>>>>>>> *Tentang :*
>>>>>>>
>>>>>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date" di
>>>>>>>> report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi tanggal
>>>>>>>> yang di pilih
>>>>>>>
>>>>>>> a. Secara umum, hal ini tidak diperlukan karena pivot table
>>>>>>> menyediakan filter ketika field diletakkan pada bagian Rows.
>>>>>>>
>>>>>>> Pada xl2010 ke atas, slicer timeline bisa dimanfaatkan, sehingga
>>>>>>> tidak perlu meletakkan field berisi data bertipe date pada bagian rows.
>>>>>>>
>>>>>>> b. Berbeda halnya ketika akan menampilkan pengelompokan data bertipe
>>>>>>> tanggal, ketika pengelompokan berdasar bulan maupun tahun, pivot
>>>>>>> menyediakan group. Pada data bertipe date, akan diberi opsi group secara
>>>>>>> bulanan, tahunan dan sebagainya. Bisa juga dengan menyediakan sebuah tabel
>>>>>>> dimensi tanggal disertai kolom kelompoknya.
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> c. Pada pengelompokan yang custom yang pasti bahwa setiap kelompok
>>>>>>> berisi N hari, fitur group masih bisa dimanfaatkan dengan menentukan mulai
>>>>>>> dan akhir data, beserta jumlah rentang yang tetap tersebut.
>>>>>>>
>>>>>>> d. Ketika dibutuhkan pengelompokan yang custom dan tidak tetap
>>>>>>> jumlah hari per kelompoknya, maka cara yang disarankan pada email lalu yang
>>>>>>> dibutuhkan.
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> *** Jadi, saran di imil lalu adalah dengan asumsi Anda akan membuat
>>>>>>> kelompok grup yang jumlah hari tiap kelompoknya tidak pasti.
>>>>>>> *** Kalau sekadar memilih mau mulai dari tanggal berapa sampai
>>>>>>> berapa yang sangat bebas dipilih user, manfaatkan saja fitur filter date
>>>>>>> milik pivot atau slicer timeline.
>>>>>>>
>>>>>>> *Tentang :*
>>>>>>>
>>>>>>>> 2.Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur (
>>>>>>>> Ageing ) dari Inv yang sudah di billing..
>>>>>>>
>>>>>>> > secara umum adalah dengan membuat kolom kode grup di sisi data
>>>>>>> (boleh di sheet, boleh di data model) seperti poin 1.d.. di atas....
>>>>>>> > tentu saja tabel referensi disesuaikan tipe data beserta nilai
>>>>>>> mulai dan akhirnya dengan nilai-nilai penyusun grup.
>>>>>>>
>>>>>>> *** Kolom-kolom yang dibutuhkan beserta cara kalkulasinya (agar bisa
>>>>>>> dilakukan proses lookup ke tabel referensi), tergantung dengan proses
>>>>>>> bisnis setempat
>>>>>>> *** Kalau tanpa powerpivot, maka yang dibutuhkan 1 kolom lagi (misal
>>>>>>> di kolom D) yang berisi hasil lookup ke tabel referensi untuk mengambil
>>>>>>> kolom teks_grup. Relasi antar tabel tidak dibutuhkan.
>>>>>>> Sumber data cukup 1 tabel (tabel data paling kiri saja, tanpa
>>>>>>> menyertakan tabel referensi).
>>>>>>> *** Jika dengan powerpivot tapi tidak suka dengan kolom bantu
>>>>>>> seperti grup tersebut, maka perlu mempelajari formula dax penyusun
>>>>>>> measures, tetapi sering kali juga, menggunakan measures tanpa kolom bantu
>>>>>>> di sumber data hanya berlaku untuk layout output tertentu saja.
>>>>>>>
>>>>>>> Regards,
>>>>>>> Kid
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>>
>>>>>>> On Fri, Feb 15, 2019 at 2:06 PM Adi Irawan airawanp@gmail.com
>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Pak Kid,
>>>>>>>>
>>>>>>>> Saya sudah coba2 sesuai petunjuak Pak Kid, tapi saya masih belum
>>>>>>>> berhasil. SAya bingung mau pake formula apa.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Untuk kasus No 1, anggap saja saya mempunya tabel sbb :
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Formula yang akan di pake nnti apa ya Pak ? jadi pada waktu saya
>>>>>>>> memilih period Feb 2019, maka data yang akan di ambil adalah semua data
>>>>>>>> dari tanggal sebelum tanggal 21 Feb 2019 sampai tanggal 21 Feb 2019. Begitu
>>>>>>>> juga pada saat memilih period Jan 2019, maka data yang akan di ambil adalah
>>>>>>>> semua data dari tanggal sebelum tgl 25 Jan 2019 sampai tanggal 25 Jan 2019.
>>>>>>>> Jadi kolom date adalah batas atas dari suatu tanggal yang akan di pilih.
>>>>>>>>
>>>>>>>> Untuk kasus No 2 juga saya masih bingung cara penyelesaianya.
>>>>>>>>
>>>>>>>>
>>>>>>>> Terima kasih
>>>>>>>>
>>>>>>>> On Fri, Jan 18, 2019 at 10:56 PM 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail..com
>>>>>>>> [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Buat dulu tabel referensi kelompok tanggal untuk kasus 1, dan
>>>>>>>>> kelompok jumlah hari untuk kasus 2. Ada 2 tabel referensi tambahan. Isi
>>>>>>>>> kolom masing-masing, teks_tampilan, nilai_mulai, nilai_sampai.......
>>>>>>>>> Lalu di sumber data, dibuat kolom kalkulasi untuk ambil nilai
>>>>>>>>> teks_tampilan dari masing-masing tabel referensi.
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Cara lain adalah dengan melakukan group di pivot table nya. Pilih
>>>>>>>>> rentang group nya sesuai kebutuhan.
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> Regards,
>>>>>>>>> Kid
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>
>>>>>>>>> On Wed, Jan 9, 2019 at 5:35 PM Stephen Saputro
>>>>>>>>> stephensaputro@gmail.com [belajar-excel] <
>>>>>>>>> belajar-excel@yahoogroups..com <belajar-excel@yahoogroups.com>>
>>>>>>>>> wrote:
>>>>>>>>>
>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>> Halo rekan2 Excel semuanya.
>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>> Mohon kiranya dapat di bantu untuk kasus saya lagi, Kali ini saya
>>>>>>>>>> sedang membuat Report dari Powerpivot. Pertanyaan saya adalah :
>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>> 1. Bagaimana caranya agar bisa membuat "from date" dan "to date"
>>>>>>>>>> di report yang pertama, agar hasil yang muncul adalah sesuai seleksi
>>>>>>>>>> tanggal yang di pilih
>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>> 2..Di Report yang ke-2, saya mencoba untuk membuat kategori umur
>>>>>>>>>> ( Ageing ) dari Inv yang sudah di billing.. Amount yang akan muncul adalah
>>>>>>>>>> balance dari Billing dan Paid.
>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>> Terima kasih sekali lagi untuk bantuannya.
>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>> Salam
>>>>>>>>>> SS
>>>>>>>>>>
>>>>>>>>>>
>
============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar