15 New Messages
Digest #2635
1a
Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis [1 At by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2a
Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
2b
Re: Bls: [belajar-excel] Membuat Rekap Invoice secara Otomatis by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4a
Re: Bls: [belajar-excel] bagaimana membuat rumus IF yang banyak :) by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Messages
Thu Nov 14, 2013 6:58 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Ini file yang sudah saya coba edit seperlunya dan sudah saya tes untuk merekam.
Kalau sdh tes dan berhasil, jangan lupa doakan beliau yang telah memberi inspirasi.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:40, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> wrote:
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka :
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri.
Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Dwi
Kalau sdh tes dan berhasil, jangan lupa doakan beliau yang telah memberi inspirasi.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:40, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka :
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri.
Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Dwi
Thu Nov 14, 2013 10:50 pm (PST) . Posted by:
"Liem Suliem" liemsuliem
Masukkanlah ke dalam surga dan lindungilah dia dari azab kubur dan azab neraka.
Pada Kamis, 14 November 2013 21:59, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
Ini file yang sudah saya coba edit seperlunya dan sudah saya tes untuk merekam.
Kalau sdh tes dan berhasil, jangan lupa doakan beliau yang telah memberi inspirasi.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:40, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> wrote:
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka :
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri.
Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Dwi
Pada Kamis, 14 November 2013 21:59, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Ini file yang sudah saya coba edit seperlunya dan sudah saya tes untuk merekam.
Kalau sdh tes dan berhasil, jangan lupa doakan beliau yang telah memberi inspirasi.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:40, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka :
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri.
Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Dwi
Thu Nov 14, 2013 7:18 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Dear Dwi,
Bisakah nilai invoice menggunakan beberapa jenis mata uang sedangkan Nilai di Tabel Induk dan Anak otomatis terkonversi ke dalam rupiah, sesuai nilai kurs pada tanggal invoice ?
Pada prinsipnya bisa.
Pertanyaannya:
Dimana kurs akan ditempatkan pada InvForm, Tabel Induk maupun Tabel Anak ?
Perubahan program akan sangat ditentukan oleh jawaban atas pertanyaan tersebut. Untuk itu coba pelajari dulu warisan yang telah saya coba edit seperlunya dan baru saja saya kirim.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 15:25, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Pak HK dan para pakar excel,
Untuk system invoice yang saya buat akan menggunakan beberapa jenis mata uang.
Saya buat kolom bantuan di InvForm yang isinya kurs pada tanggal invoice. nilai kurs tersebut akan masuk ke tabel induk dan tabel anak, dan kolom subtotal, ppn, total, harga dan jumlah yang ada di kedua sheet tersebut akan secara otomatis terkonversi ke nilai rupiah.
Yang saya inginkan bagaimana caranya jika tombol rekam ke tabel di klik maka secara otomatis nilai valasnya akan terkonversi ke rupiah.
Mohon bantuannya
Terima kasih
On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Maksudnya di sheet email khan ada button yang bertuliskan invoicing, invoice viewer, tabel induk, tabel anak dan reporting. Apabila salah satunya di klik maka akan masuk ke link tersebut (mis. Tabel induk di klik maka akan masuk ke sheet tabel induk).
Salam
DM
On Thursday, November 14, 2013 2:35 PM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Nanti saya coba pelajari karena programnya menarik, bisa simpan/preview invoice dan databasenyapun bisa induk/anak. Meng "error" juga pernah disampaikan oleh salah satu rekan di milis ini.
Mengenai autoshape di sheet email, saya belum jelas maksud pertanyaannya.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 13:18, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Bapak Hendrik,
Saya sudah coba warisannya, tapi di sheet InvForm saat saya klik command save (rekam data ke tabel) selalu error.
kesalahannya dimana ya?
Untuk membuat autoshape yang di sheet email bagaimana caranya? saya sudah cari tidak mendapatkan caranya.
Terima kasih
DM
On Thursday, November 14, 2013 8:40 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> wrote:
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka :
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri.
Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Dwi
Bisakah nilai invoice menggunakan beberapa jenis mata uang sedangkan Nilai di Tabel Induk dan Anak otomatis terkonversi ke dalam rupiah, sesuai nilai kurs pada tanggal invoice ?
Pada prinsipnya bisa.
Pertanyaannya:
Dimana kurs akan ditempatkan pada InvForm, Tabel Induk maupun Tabel Anak ?
Perubahan program akan sangat ditentukan oleh jawaban atas pertanyaan tersebut. Untuk itu coba pelajari dulu warisan yang telah saya coba edit seperlunya dan baru saja saya kirim.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 15:25, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Pak HK dan para pakar excel,
Untuk system invoice yang saya buat akan menggunakan beberapa jenis mata uang.
Saya buat kolom bantuan di InvForm yang isinya kurs pada tanggal invoice. nilai kurs tersebut akan masuk ke tabel induk dan tabel anak, dan kolom subtotal, ppn, total, harga dan jumlah yang ada di kedua sheet tersebut akan secara otomatis terkonversi ke nilai rupiah.
Yang saya inginkan bagaimana caranya jika tombol rekam ke tabel di klik maka secara otomatis nilai valasnya akan terkonversi ke rupiah.
Mohon bantuannya
Terima kasih
On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Maksudnya di sheet email khan ada button yang bertuliskan invoicing, invoice viewer, tabel induk, tabel anak dan reporting. Apabila salah satunya di klik maka akan masuk ke link tersebut (mis. Tabel induk di klik maka akan masuk ke sheet tabel induk).
Salam
DM
On Thursday, November 14, 2013 2:35 PM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Nanti saya coba pelajari karena programnya menarik, bisa simpan/preview invoice dan databasenyapun bisa induk/anak. Meng "error" juga pernah disampaikan oleh salah satu rekan di milis ini.
Mengenai autoshape di sheet email, saya belum jelas maksud pertanyaannya.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 13:18, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Bapak Hendrik,
Saya sudah coba warisannya, tapi di sheet InvForm saat saya klik command save (rekam data ke tabel) selalu error.
kesalahannya dimana ya?
Untuk membuat autoshape yang di sheet email bagaimana caranya? saya sudah cari tidak mendapatkan caranya.
Terima kasih
DM
On Thursday, November 14, 2013 8:40 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka :
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri.
Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Dwi
Thu Nov 14, 2013 8:13 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Mengenai link ke sheet dengan cara menekan tombol, maka masing2 tombolnya perlu diisi macro sesuai nama sheet yang ingin dirujuk.
mis., jika kita ingin membuat tombol "TabelInduk" untuk link ke sheet "DataInv" maka tombol tersebut perlu diisi macro:
Sheets("DataInv").Select.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 22:18, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Dear Dwi,
Bisakah nilai invoice menggunakan beberapa jenis mata uang sedangkan Nilai di Tabel Induk dan Anak otomatis terkonversi ke dalam rupiah, sesuai nilai kurs pada tanggal invoice ?
Pada prinsipnya bisa.
Pertanyaannya:
Dimana kurs akan ditempatkan pada InvForm, Tabel Induk maupun Tabel Anak ?
Perubahan program akan sangat ditentukan oleh jawaban atas pertanyaan tersebut. Untuk itu coba pelajari dulu warisan yang telah saya coba edit seperlunya dan baru saja saya kirim.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 15:25, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Pak HK dan para pakar excel,
Untuk system invoice yang saya buat akan menggunakan beberapa jenis mata uang.
Saya buat kolom bantuan di InvForm yang isinya kurs pada tanggal invoice. nilai kurs tersebut akan masuk ke tabel induk dan tabel anak, dan kolom subtotal, ppn, total, harga dan jumlah yang ada di kedua sheet tersebut akan secara otomatis terkonversi ke nilai rupiah.
Yang saya inginkan bagaimana caranya jika tombol rekam ke tabel di klik maka secara otomatis nilai valasnya akan terkonversi ke rupiah.
Mohon bantuannya
Terima kasih
On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Maksudnya di sheet email khan ada button yang bertuliskan invoicing, invoice viewer, tabel induk, tabel anak dan reporting. Apabila salah satunya di klik maka akan masuk ke link tersebut (mis. Tabel induk di klik maka akan masuk ke sheet tabel induk).
Salam
DM
On Thursday, November 14, 2013 2:35 PM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Nanti saya coba pelajari karena programnya menarik, bisa simpan/preview invoice dan databasenyapun bisa induk/anak. Meng "error" juga pernah disampaikan oleh salah satu rekan di milis ini.
Mengenai autoshape di sheet email, saya belum jelas maksud pertanyaannya.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 13:18, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Bapak Hendrik,
Saya sudah coba warisannya, tapi di sheet InvForm saat saya klik command save (rekam data ke tabel) selalu error.
kesalahannya dimana ya?
Untuk membuat autoshape yang di sheet email bagaimana caranya? saya sudah cari tidak mendapatkan caranya.
Terima kasih
DM
On Thursday, November 14, 2013 8:40 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> wrote:
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka :
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri.
Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Dwi
mis., jika kita ingin membuat tombol "TabelInduk&qu
Sheets("
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 22:18, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Dear Dwi,
Bisakah nilai invoice menggunakan beberapa jenis mata uang sedangkan Nilai di Tabel Induk dan Anak otomatis terkonversi ke dalam rupiah, sesuai nilai kurs pada tanggal invoice ?
Pada prinsipnya bisa.
Pertanyaannya:
Dimana kurs akan ditempatkan pada InvForm, Tabel Induk maupun Tabel Anak ?
Perubahan program akan sangat ditentukan oleh jawaban atas pertanyaan tersebut. Untuk itu coba pelajari dulu warisan yang telah saya coba edit seperlunya dan baru saja saya kirim.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 15:25, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Pak HK dan para pakar excel,
Untuk system invoice yang saya buat akan menggunakan beberapa jenis mata uang.
Saya buat kolom bantuan di InvForm yang isinya kurs pada tanggal invoice. nilai kurs tersebut akan masuk ke tabel induk dan tabel anak, dan kolom subtotal, ppn, total, harga dan jumlah yang ada di kedua sheet tersebut akan secara otomatis terkonversi ke nilai rupiah.
Yang saya inginkan bagaimana caranya jika tombol rekam ke tabel di klik maka secara otomatis nilai valasnya akan terkonversi ke rupiah.
Mohon bantuannya
Terima kasih
On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Maksudnya di sheet email khan ada button yang bertuliskan invoicing, invoice viewer, tabel induk, tabel anak dan reporting. Apabila salah satunya di klik maka akan masuk ke link tersebut (mis. Tabel induk di klik maka akan masuk ke sheet tabel induk).
Salam
DM
On Thursday, November 14, 2013 2:35 PM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Nanti saya coba pelajari karena programnya menarik, bisa simpan/preview invoice dan databasenyapun bisa induk/anak. Meng "error" juga pernah disampaikan oleh salah satu rekan di milis ini.
Mengenai autoshape di sheet email, saya belum jelas maksud pertanyaannya.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 13:18, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Bapak Hendrik,
Saya sudah coba warisannya, tapi di sheet InvForm saat saya klik command save (rekam data ke tabel) selalu error.
kesalahannya dimana ya?
Untuk membuat autoshape yang di sheet email bagaimana caranya? saya sudah cari tidak mendapatkan caranya.
Terima kasih
DM
On Thursday, November 14, 2013 8:40 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka :
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri.
Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Dwi
Thu Nov 14, 2013 6:12 pm (PST) . Posted by:
"dwi mulyaningsih" upiet29
Dear Bapak HK,
Terima kasih atas penjelasannya. Untuk nilai kursnya akan saya masukkan ke tabel induk dan tabel anak.
Saya akan pelajari terlebih dahulu warisannya yang telah bapak edit.
Salam
DM
On Thursday, November 14, 2013 11:15 PM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Mengenai link ke sheet dengan cara menekan tombol, maka masing2 tombolnya perlu diisi macro sesuai nama sheet yang ingin dirujuk.
mis., jika kita ingin membuat tombol "TabelInduk" untuk link ke sheet "DataInv" maka tombol tersebut perlu diisi macro:
Sheets("DataInv").Select.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 22:18, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Dear Dwi,
Bisakah nilai invoice menggunakan beberapa jenis mata uang sedangkan Nilai di Tabel Induk dan Anak otomatis terkonversi ke dalam rupiah, sesuai nilai kurs pada tanggal invoice ?
Pada prinsipnya bisa.
Pertanyaannya:
Dimana kurs akan ditempatkan pada InvForm, Tabel Induk maupun Tabel Anak ?
Perubahan program akan sangat ditentukan oleh jawaban atas pertanyaan tersebut. Untuk itu coba pelajari dulu warisan yang telah saya coba edit seperlunya dan baru saja saya kirim.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 15:25, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Pak HK dan para pakar excel,
Untuk system invoice yang saya buat akan menggunakan beberapa jenis mata uang.
Saya buat kolom bantuan di InvForm yang isinya kurs pada tanggal invoice. nilai kurs tersebut akan masuk ke tabel induk dan tabel anak, dan kolom subtotal, ppn, total, harga dan jumlah yang ada di kedua sheet tersebut akan secara otomatis terkonversi ke nilai rupiah.
Yang saya inginkan bagaimana caranya jika tombol rekam ke tabel di klik maka secara otomatis nilai valasnya akan terkonversi ke rupiah.
Mohon bantuannya
Terima kasih
On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Maksudnya di sheet email khan ada button yang bertuliskan invoicing, invoice viewer, tabel induk, tabel anak dan reporting. Apabila salah satunya di klik maka akan masuk ke link tersebut (mis. Tabel induk di klik maka akan masuk ke sheet tabel induk).
Salam
DM
On Thursday, November 14, 2013 2:35 PM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Nanti saya coba pelajari karena programnya menarik, bisa simpan/preview invoice dan databasenyapun bisa induk/anak. Meng "error" juga pernah disampaikan oleh salah satu rekan di milis ini.
Mengenai autoshape di sheet email, saya belum jelas maksud pertanyaannya.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 13:18, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Bapak Hendrik,
Saya sudah coba warisannya, tapi di sheet InvForm saat saya klik command save (rekam data ke tabel) selalu error.
kesalahannya dimana ya?
Untuk membuat autoshape yang di sheet email bagaimana caranya? saya sudah cari tidak mendapatkan caranya.
Terima kasih
DM
On Thursday, November 14, 2013 8:40 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> wrote:
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka :
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri.
Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Dwi
Terima kasih atas penjelasannya. Untuk nilai kursnya akan saya masukkan ke tabel induk dan tabel anak.
Saya akan pelajari terlebih dahulu warisannya yang telah bapak edit.
Salam
DM
On Thursday, November 14, 2013 11:15 PM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Mengenai link ke sheet dengan cara menekan tombol, maka masing2 tombolnya perlu diisi macro sesuai nama sheet yang ingin dirujuk.
mis., jika kita ingin membuat tombol "TabelInduk&qu
Sheets("
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 22:18, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Dear Dwi,
Bisakah nilai invoice menggunakan beberapa jenis mata uang sedangkan Nilai di Tabel Induk dan Anak otomatis terkonversi ke dalam rupiah, sesuai nilai kurs pada tanggal invoice ?
Pada prinsipnya bisa.
Pertanyaannya:
Dimana kurs akan ditempatkan pada InvForm, Tabel Induk maupun Tabel Anak ?
Perubahan program akan sangat ditentukan oleh jawaban atas pertanyaan tersebut. Untuk itu coba pelajari dulu warisan yang telah saya coba edit seperlunya dan baru saja saya kirim.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 15:25, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Pak HK dan para pakar excel,
Untuk system invoice yang saya buat akan menggunakan beberapa jenis mata uang.
Saya buat kolom bantuan di InvForm yang isinya kurs pada tanggal invoice. nilai kurs tersebut akan masuk ke tabel induk dan tabel anak, dan kolom subtotal, ppn, total, harga dan jumlah yang ada di kedua sheet tersebut akan secara otomatis terkonversi ke nilai rupiah.
Yang saya inginkan bagaimana caranya jika tombol rekam ke tabel di klik maka secara otomatis nilai valasnya akan terkonversi ke rupiah.
Mohon bantuannya
Terima kasih
On , dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Maksudnya di sheet email khan ada button yang bertuliskan invoicing, invoice viewer, tabel induk, tabel anak dan reporting. Apabila salah satunya di klik maka akan masuk ke link tersebut (mis. Tabel induk di klik maka akan masuk ke sheet tabel induk).
Salam
DM
On Thursday, November 14, 2013 2:35 PM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Nanti saya coba pelajari karena programnya menarik, bisa simpan/preview invoice dan databasenyapun bisa induk/anak. Meng "error" juga pernah disampaikan oleh salah satu rekan di milis ini.
Mengenai autoshape di sheet email, saya belum jelas maksud pertanyaannya.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 13:18, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Bapak Hendrik,
Saya sudah coba warisannya, tapi di sheet InvForm saat saya klik command save (rekam data ke tabel) selalu error.
kesalahannya dimana ya?
Untuk membuat autoshape yang di sheet email bagaimana caranya? saya sudah cari tidak mendapatkan caranya.
Terima kasih
DM
On Thursday, November 14, 2013 8:40 AM, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.
Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir
Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.
Dear Pakar Excel,
Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka :
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri.
Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.
Terima kasih
Dwi
Thu Nov 14, 2013 7:49 am (PST) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Maaf pak, saya belum bisa memberikan solusi atas keinginan tersebut. Mungkin para sesepuh bisa memberikan solusinya.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:21, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Mr HK,
Terus terang saya memang gak paham dengan macro, walaupun ditutorin baca sana sini, tetep aja gak ngerti. soalnya pernah liat di blog lain tadinya saya mau copykan macronya tapi sayang saya sudah tidak simpan dalam komputer dan sudah lupa websitenya. Di situ saya liat, key inputannya nama bulan, jadi setelah proses input selesai dan akan disimpan atau dicopypastekan, macro akan mencari key inputan tsb, misal key inputannya "Januari", maka macro akan menyimpan (copypastekan) ke sheet yang bernama "Januari", begitu seterusnya sehingga didalam woorkbook tsb akan ada 12 sheet dari nama2 bulan. Jadi keinginan saya sama juga, Key Inputannya adalah nama Proyek, contoh key inputan "MAN-MNI", maka copypastenya akan ke sheet yang bernama "MAN-MNI", kalau keynya "MAN-BJA" maka copypastenya ke sheet "MAN-BJA", begitu seterusnya. Sedangkan yang saya maksud dengan Print Data Base di sini adalah suatu proses inputan atau melihat inputan baik akan dilihat atau diedit,
maka selain bisa dicopypaste ke sheet dari Masing2 Nama Proyek, juga bisa diprint hasil inputannya (semacam invoice/voucher begitu).
di form Nama Proyek bisa dipilih2 sesuai dengan proyek yang diinginkan.
Sekali lagi, harapan saya, bisa dibantu lagi oleh Mr HK, atau Mr dan Mrs lainnya.
terima kasih.
ASL
________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Wed, 13 Nov 2013 01:14:33 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] Input Data Keuangan
Pak ASL,
Pertama-tama ingin saya sampaikan bahwa kehendak kita kadang2 belum tentu sesuai dengan kaidah database yang baik (sesuai petunjuk Mr Kid dalam Kopdar1).
Bila input/hasil input kita sudah memenuhi kaidah tsb maka reportingnya tentu akan lebih mudah.
"Kehendak" yang belum sesuai adalah menyimpan hasil input per proyek.
Kita bisa "memaksakan" hal tsb waktu menyimpan hasil input namun bagaimana waktu mengedit (sheet mana yang musti dilihat?)
Walaupun hasil input disimpan di dalam satu sheet bukan berarti kita tidak dapat membuat outputnya per proyek. Ini bisa dilakukan dengan Data Filter atau PivotTable seperti yang sering dibahas dalam milis ini (apakah ini yang dimaksud dengan Print Data Base).
Hal lainnya
Jika ingin memilih nama proyek waktu menginput pada Form maka bisa dibuat data validation pada sel tsb yang mengacu kepada suatu daftar proyek (sheet Tabel Proyek).
Formulir Input memang didesign untuk diisi seluruhnya (tidak ada blank cell).
Ini tercermin dari perintah :
Set Form1 = Range(Range("F7"), Range("F7").End(xlDown))
Semoga dengan penjelasan ini anda bisa melakukan modifikasi.
Jika masih ada kesulitan, silakan disampaikan kembali ke milis.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 14:57, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Mr HK,
saya sudah sesuaikan dengan kehendak saya. kalau bisa mohon ditambahkan lagi dong, seperti Print Data Base, pemilihan Nama Proyek. Dari Nama proyek yang dipilih dan penginputan akan dieksekusi (Save Your New Input), makan hasil inputan tsb (copy pastenya) akan disimpan dalam sheet dari nama proyek yang dituju. Misal kalau nama proyeknya MAN-MNI maka hasil input/copy pastenya ke sheet yang bernama MAN-MNI.
mudah2an Mr HK bisa membantu saya.
terlampir file yang dimaksud.
terima kasih.
ASL
________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Mon, 11 Nov 2013 23:52:46 -0800
Subject: Fw: [belajar-excel] Input Data Keuangan [1 Attachment]
Nah, ini filenya....
On Tuesday, 12 November 2013, 14:47, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
Coba cari di file milis (file Mbak Siti).
Form Input dan Lihatnya dipisah, Sheet Input dan Databasenya berada dalam satu workbook (bahkan ada tambahan Historcal Sheet - ide dari Mr. Kid).
Setelah dipelajari, coba sesuaika nama2 kolomnya.
Selamat mencoba.
Salam,
HK
On Tuesday, 12 November 2013, 14:12, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:
Hallo BeExceller
Udah lama nih gak aktif (aktif nanya melulu
Saya dapat dari teman, file input data keuangan, namun tidak dapat jalan. saya liat programnya, namun saya tidak bisa memperbaikinya. mohon bantuannya dong, agar program tsb bisa jalan, syukur2 ditambah lagi dengan penyempurnaan yang lebih bagus. Inti programnya sih hanya hasil inputan data keuangan bisa dimasukkan ke database. Keinginan saya sih, waktu input Kode Act akan muncul nama account yang dimaksud. Lebih2 kalau ada program cetak voucher keluar/masuknya. yah berharap sangat ada membantu saya, yang dah gak sanggup bermacro, cuman pinginnya kerjaannya terbantu dengan macro.
terima kasih.
ASL.
Salam,
HK
On Thursday, 14 November 2013, 8:21, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Mr HK,
Terus terang saya memang gak paham dengan macro, walaupun ditutorin baca sana sini, tetep aja gak ngerti. soalnya pernah liat di blog lain tadinya saya mau copykan macronya tapi sayang saya sudah tidak simpan dalam komputer dan sudah lupa websitenya. Di situ saya liat, key inputannya nama bulan, jadi setelah proses input selesai dan akan disimpan atau dicopypastekan, macro akan mencari key inputan tsb, misal key inputannya "Januari"
maka selain bisa dicopypaste ke sheet dari Masing2 Nama Proyek, juga bisa diprint hasil inputannya (semacam invoice/voucher begitu).
di form Nama Proyek bisa dipilih2 sesuai dengan proyek yang diinginkan.
Sekali lagi, harapan saya, bisa dibantu lagi oleh Mr HK, atau Mr dan Mrs lainnya.
terima kasih.
ASL
____________
To: belajar-excel@
From: hendrikkarnadi@
Date: Wed, 13 Nov 2013 01:14:33 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] Input Data Keuangan
Pak ASL,
Pertama-tama ingin saya sampaikan bahwa kehendak kita kadang2 belum tentu sesuai dengan kaidah database yang baik (sesuai petunjuk Mr Kid dalam Kopdar1).
Bila input/hasil input kita sudah memenuhi kaidah tsb maka reportingnya tentu akan lebih mudah.
"Kehendak"
Kita bisa "memaksakan&qu
Walaupun hasil input disimpan di dalam satu sheet bukan berarti kita tidak dapat membuat outputnya per proyek. Ini bisa dilakukan dengan Data Filter atau PivotTable seperti yang sering dibahas dalam milis ini (apakah ini yang dimaksud dengan Print Data Base).
Hal lainnya
Jika ingin memilih nama proyek waktu menginput pada Form maka bisa dibuat data validation pada sel tsb yang mengacu kepada suatu daftar proyek (sheet Tabel Proyek).
Formulir Input memang didesign untuk diisi seluruhnya (tidak ada blank cell).
Ini tercermin dari perintah :
Set Form1 = Range(Range(
Semoga dengan penjelasan ini anda bisa melakukan modifikasi.
Jika masih ada kesulitan, silakan disampaikan kembali ke milis.
Salam,
HK
On Wednesday, 13 November 2013, 14:57, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Mr HK,
saya sudah sesuaikan dengan kehendak saya. kalau bisa mohon ditambahkan lagi dong, seperti Print Data Base, pemilihan Nama Proyek. Dari Nama proyek yang dipilih dan penginputan akan dieksekusi (Save Your New Input), makan hasil inputan tsb (copy pastenya) akan disimpan dalam sheet dari nama proyek yang dituju. Misal kalau nama proyeknya MAN-MNI maka hasil input/copy pastenya ke sheet yang bernama MAN-MNI.
mudah2an Mr HK bisa membantu saya.
terlampir file yang dimaksud.
terima kasih.
ASL
____________
To: belajar-excel@
From: hendrikkarnadi@
Date: Mon, 11 Nov 2013 23:52:46 -0800
Subject: Fw: [belajar-excel] Input Data Keuangan [1 Attachment]
Nah, ini filenya....
On Tuesday, 12 November 2013, 14:47, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Coba cari di file milis (file Mbak Siti).
Form Input dan Lihatnya dipisah, Sheet Input dan Databasenya berada dalam satu workbook (bahkan ada tambahan Historcal Sheet - ide dari Mr. Kid).
Setelah dipelajari, coba sesuaika nama2 kolomnya.
Selamat mencoba.
Salam,
HK
On Tuesday, 12 November 2013, 14:12, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.
Hallo BeExceller
Udah lama nih gak aktif (aktif nanya melulu
Saya dapat dari teman, file input data keuangan, namun tidak dapat jalan. saya liat programnya, namun saya tidak bisa memperbaikinya. mohon bantuannya dong, agar program tsb bisa jalan, syukur2 ditambah lagi dengan penyempurnaan yang lebih bagus. Inti programnya sih hanya hasil inputan data keuangan bisa dimasukkan ke database. Keinginan saya sih, waktu input Kode Act akan muncul nama account yang dimaksud. Lebih2 kalau ada program cetak voucher keluar/masuknya. yah berharap sangat ada membantu saya, yang dah gak sanggup bermacro, cuman pinginnya kerjaannya terbantu dengan macro.
terima kasih.
ASL.
Thu Nov 14, 2013 4:56 pm (PST) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Maaf,
Baru sempat.
Coba gunakan iferror( formula yg ada, 0 )
Xl2003 pakai iserror :
If( iserror( formula yg ada ) , 0, formula yg ada )
Wassalam,
Kid.
On Nov 12, 2013 8:17 AM, "hartini dewi" <hartini_80@yahoo.co.id> wrote:
>
>
> Dear Mr. Kid..
>
> Saya sudah aplikasikan pelajaran yang mengenai kurs tersebut, saya
> gabungkan dengan index, karena data input berbeda dengan laporan, jadi saya
> menggunakan fungsi index dari ilmu yang sebelumnya diajarkan.
>
> jika saya tidak mengisi valuta, maka nilai_usd akan #N/A bagaimana ya
> caranya agar nilai_usd itu kosong saja jika valuta tidak diisi, agar bisa
> di sum, kalo #N/A tidak bisa di sum.
>
> mohon pencerahannya.
>
> salam
> tini
>
>
>
> Pada Jumat, 8 November 2013 10:54, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> Oh gitu,
>
> Mungkin file terlampir bisa membantu memberi gambaran tentang tabel
> beserta konversi kurs nya.
> Tambahkan data kurs pada sheet 'kurs' sesuai kebutuhan
> Tambahkan data transaksi pada sheet data dan copy formula dari baris
> sebelumnya. Kolom Nilai_USD, VAT, dan VAT_USD yang berformula.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/11/8 hartini dewi <hartini_80@yahoo.co.id>
>
>
>
> Dear Mr Kid,
>
> 1. Kalau A bukan V1 akan dapat faktor pengali berapa ya ? tidak ada
> faktor pengali mr kid, karena dianggap tidak memiliki VAT.
> 2. Ada berapa banyak varian isian kolom A. ? Ada 2 varian V1=with VAT,
> V0=Non VAT
> 3. Berapa banyak varian faktor pengalinya ? saya kurang paham dengan
> pertanyaan yang ini
> 4. Apakah data di kolom B sampai F *pasti *hanya terisi 1 cell saja ? iya
> mr kid, masing2 kolom terisi 1cell saja sesuai dengan tagihan yg masuk
> menggunakan currency apa dia menagihkan
> 5. Currency nya *pasti* yang tertulis di B1:F1 atau ada currency lainnya
> ? currency sesuai dengan header diatas, idr,usd dkk itu..
>
> terima kasih mr kid, mau membedah pertanyaan saya, sebenernya mau dibuat
> yang seperti mr kid maksudkan, jika dia currency selain USD maka akan di
> convert ke USD sesuai dengan pergerakan Kurs skrng, tetapi apa daya
> kemampuan saya ndak sampai kesana soalnya, jadi yang simpel saja
> menggunakan if.
>
> mohon pencerahannya mr kid
>
> salam
>
> tiny
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Jumat, 8 November 2013 6:21
> *Judul:* Re: [belajar-excel] bagaimana membuat rumus IF yang banyak :)
>
>
> Hai Tini,
>
> Sekedar tanya saja...
> maklum, kepo terhadap kondisi detilnya...
> diberi info syukur, tidak diberi info ya gpp...
> 1. Kalau A bukan V1 akan dapat faktor pengali berapa ya ?
> 2. Ada berapa banyak varian isian kolom A.
> 3. Berapa banyak varian faktor pengalinya ?
> 4. Apakah data di kolom B sampai F *pasti *hanya terisi 1 cell saja ?
> 5. Currency nya *pasti* yang tertulis di B1:F1 atau ada currency lainnya ?
>
> maaf kalo malah merepotkan...
> sebab kepo diatas adalah :
> - Jika V1 adalah suatu kondisi yang menyebabkan faktor pengalinya berbeda
> dan ada banyak varian isian kolom A, maka tabel referensi akan lebih
> memudahkan daripada memanfaatkan fungsi IF.
> - Jika Currency bisa bertambah dan berkurang dan pasti hanya berisi 1
> nilai currency per record data, maka memanfaatkan fungsi Sum akan banyak
> kemudahannya karena bisa insert kolom ketika menambah currency baru.
> Biasanya malah disediakan 1 kolom dummy bernama valas lainnya sebelum VAT,
> sehingga insert kolom adanya currency baru bisa selalu tetap di kolom valas
> lainnya.
> - selain jika-jika diatas, biasanya perlu mengetahui kolom-kolom lain
> selain kolom A yang berisi nilai seperti V1 tersebut.
> - Ketika per record pasti berisi nilai dari sebuah currency saja, tabel
> data akan lebih mendekati normal sehingga mudah diolah ketika memiliki
> Header bernama : (orientasi tabel akan menjadi vertikal saja -- keadaan
> contoh tabel berorientasi vertikal dan horisontal -- )
> Cat. VAT Currency Nilai VAT
>
> Moga-moga kepo diatas ndak menambah ruwet permasalahan ya....
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/11/7 hartini dewi <hartini_80@yahoo.co.id>
>
>
> Dear All,
>
> Saya ingin menggabungkan beberapa formula IF menjadi satu, tetapi saya
> terkendala atas ketidak pahaman saya dengan formula excel.
>
> Saya ingin membuat Formula di Kolom G, Jika kolom A=V1, maka kolom B*10%
> or Kolom C*10% or Kolom D*10%, Kolom E*10% dan kolom F*10%.
> mohon bantuan dari rekan semua, bagaimana caranya..
>
> terima kasih sebelumnya.
>
> Salam
>
> Tiny
>
>
>
>
>
>
>
>
>
Baru sempat.
Coba gunakan iferror( formula yg ada, 0 )
Xl2003 pakai iserror :
If( iserror( formula yg ada ) , 0, formula yg ada )
Wassalam,
Kid.
On Nov 12, 2013 8:17 AM, "hartini dewi" <hartini_80@yahoo.
>
>
> Dear Mr. Kid..
>
> Saya sudah aplikasikan pelajaran yang mengenai kurs tersebut, saya
> gabungkan dengan index, karena data input berbeda dengan laporan, jadi saya
> menggunakan fungsi index dari ilmu yang sebelumnya diajarkan.
>
> jika saya tidak mengisi valuta, maka nilai_usd akan #N/A bagaimana ya
> caranya agar nilai_usd itu kosong saja jika valuta tidak diisi, agar bisa
> di sum, kalo #N/A tidak bisa di sum.
>
> mohon pencerahannya.
>
> salam
> tini
>
>
>
> Pada Jumat, 8 November 2013 10:54, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>
> Oh gitu,
>
> Mungkin file terlampir bisa membantu memberi gambaran tentang tabel
> beserta konversi kurs nya.
> Tambahkan data kurs pada sheet 'kurs' sesuai kebutuhan
> Tambahkan data transaksi pada sheet data dan copy formula dari baris
> sebelumnya. Kolom Nilai_USD, VAT, dan VAT_USD yang berformula.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/11/8 hartini dewi <hartini_80@yahoo.
>
>
>
> Dear Mr Kid,
>
> 1. Kalau A bukan V1 akan dapat faktor pengali berapa ya ? tidak ada
> faktor pengali mr kid, karena dianggap tidak memiliki VAT.
> 2. Ada berapa banyak varian isian kolom A. ? Ada 2 varian V1=with VAT,
> V0=Non VAT
> 3. Berapa banyak varian faktor pengalinya ? saya kurang paham dengan
> pertanyaan yang ini
> 4. Apakah data di kolom B sampai F *pasti *hanya terisi 1 cell saja ? iya
> mr kid, masing2 kolom terisi 1cell saja sesuai dengan tagihan yg masuk
> menggunakan currency apa dia menagihkan
> 5. Currency nya *pasti* yang tertulis di B1:F1 atau ada currency lainnya
> ? currency sesuai dengan header diatas, idr,usd dkk itu..
>
> terima kasih mr kid, mau membedah pertanyaan saya, sebenernya mau dibuat
> yang seperti mr kid maksudkan, jika dia currency selain USD maka akan di
> convert ke USD sesuai dengan pergerakan Kurs skrng, tetapi apa daya
> kemampuan saya ndak sampai kesana soalnya, jadi yang simpel saja
> menggunakan if.
>
> mohon pencerahannya mr kid
>
> salam
>
> tiny
> ------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@
> *Dikirim:* Jumat, 8 November 2013 6:21
> *Judul:* Re: [belajar-excel] bagaimana membuat rumus IF yang banyak :)
>
>
> Hai Tini,
>
> Sekedar tanya saja...
> maklum, kepo terhadap kondisi detilnya...
> diberi info syukur, tidak diberi info ya gpp...
> 1. Kalau A bukan V1 akan dapat faktor pengali berapa ya ?
> 2. Ada berapa banyak varian isian kolom A.
> 3. Berapa banyak varian faktor pengalinya ?
> 4. Apakah data di kolom B sampai F *pasti *hanya terisi 1 cell saja ?
> 5. Currency nya *pasti* yang tertulis di B1:F1 atau ada currency lainnya ?
>
> maaf kalo malah merepotkan..
> sebab kepo diatas adalah :
> - Jika V1 adalah suatu kondisi yang menyebabkan faktor pengalinya berbeda
> dan ada banyak varian isian kolom A, maka tabel referensi akan lebih
> memudahkan daripada memanfaatkan fungsi IF.
> - Jika Currency bisa bertambah dan berkurang dan pasti hanya berisi 1
> nilai currency per record data, maka memanfaatkan fungsi Sum akan banyak
> kemudahannya karena bisa insert kolom ketika menambah currency baru.
> Biasanya malah disediakan 1 kolom dummy bernama valas lainnya sebelum VAT,
> sehingga insert kolom adanya currency baru bisa selalu tetap di kolom valas
> lainnya.
> - selain jika-jika diatas, biasanya perlu mengetahui kolom-kolom lain
> selain kolom A yang berisi nilai seperti V1 tersebut.
> - Ketika per record pasti berisi nilai dari sebuah currency saja, tabel
> data akan lebih mendekati normal sehingga mudah diolah ketika memiliki
> Header bernama : (orientasi tabel akan menjadi vertikal saja -- keadaan
> contoh tabel berorientasi vertikal dan horisontal -- )
> Cat. VAT Currency Nilai VAT
>
> Moga-moga kepo diatas ndak menambah ruwet permasalahan ya....
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/11/7 hartini dewi <hartini_80@yahoo.
>
>
> Dear All,
>
> Saya ingin menggabungkan beberapa formula IF menjadi satu, tetapi saya
> terkendala atas ketidak pahaman saya dengan formula excel.
>
> Saya ingin membuat Formula di Kolom G, Jika kolom A=V1, maka kolom B*10%
> or Kolom C*10% or Kolom D*10%, Kolom E*10% dan kolom F*10%.
> mohon bantuan dari rekan semua, bagaimana caranya..
>
> terima kasih sebelumnya.
>
> Salam
>
> Tiny
>
>
>
>
>
>
>
>
>
Thu Nov 14, 2013 6:22 pm (PST) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Pak Haryadi;
Coba begini pada cell C12:
=INDEX($K$4:$Y$303,MATCH(LARGE($T$4:$T$303,$B12),$T$4:$T$303,),MATCH(C$11,$K$3:$Y$3,))
Formula biasa
Copas kekanan dan kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: haryadi
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, November 14, 2013 4:23 PM
Subject: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar [1 Attachment]
Dear master2 excel,
Saya mohon bantuannya untuk kasus saya berikut ini.
Saya memiliki input desain dan database enclosure sebuah benda.
Dari desain tersebut akan memilih enclosure dari database yang sesuai kriteria (kolom cek) dan akan menampilkan di tabel big 5.
Masalahnya adalah database enclosure urutannya acak, sehingga hasil perhitungan suhu juga acak, tidak urut dari besar sampai terkecil.
Sehingga rekomendasi di tabel kandidat big 5 tidak bisa urut dari nilai suhu terbesar.
Yang diinginkan adalah pada tabel rekomendasi, urut dari nilai terbesar sampai terkecil berdasarkan suhu.
Untuk data dapat dilihat di attachment terlampir
Terima kasih,
Haryadi
Coba begini pada cell C12:
=INDEX($K$4:
Formula biasa
Copas kekanan dan kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: haryadi
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, November 14, 2013 4:23 PM
Subject: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar [1 Attachment]
Dear master2 excel,
Saya mohon bantuannya untuk kasus saya berikut ini.
Saya memiliki input desain dan database enclosure sebuah benda.
Dari desain tersebut akan memilih enclosure dari database yang sesuai kriteria (kolom cek) dan akan menampilkan di tabel big 5.
Masalahnya adalah database enclosure urutannya acak, sehingga hasil perhitungan suhu juga acak, tidak urut dari besar sampai terkecil.
Sehingga rekomendasi di tabel kandidat big 5 tidak bisa urut dari nilai suhu terbesar.
Yang diinginkan adalah pada tabel rekomendasi, urut dari nilai terbesar sampai terkecil berdasarkan suhu.
Untuk data dapat dilihat di attachment terlampir
Terima kasih,
Haryadi
Thu Nov 14, 2013 6:57 pm (PST) . Posted by:
"Bagus" bagus4bls
Ternyata selain Index-Match, bisa juga dengan Offset-Match dan Hlookup-Match
atau mungkin masih banyak cara / formula lagi ya..??
File terlampir
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Bagus
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, November 15, 2013 9:24 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar
Pak Haryadi;
Coba begini pada cell C12:
=INDEX($K$4:$Y$303,MATCH(LARGE($T$4:$T$303,$B12),$T$4:$T$303,),MATCH(C$11,$K$3:$Y$3,))
Formula biasa
Copas kekanan dan kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: haryadi
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, November 14, 2013 4:23 PM
Subject: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar [1 Attachment]
Dear master2 excel,
Saya mohon bantuannya untuk kasus saya berikut ini.
Saya memiliki input desain dan database enclosure sebuah benda.
Dari desain tersebut akan memilih enclosure dari database yang sesuai kriteria (kolom cek) dan akan menampilkan di tabel big 5.
Masalahnya adalah database enclosure urutannya acak, sehingga hasil perhitungan suhu juga acak, tidak urut dari besar sampai terkecil.
Sehingga rekomendasi di tabel kandidat big 5 tidak bisa urut dari nilai suhu terbesar.
Yang diinginkan adalah pada tabel rekomendasi, urut dari nilai terbesar sampai terkecil berdasarkan suhu.
Untuk data dapat dilihat di attachment terlampir
Terima kasih,
Haryadi
atau mungkin masih banyak cara / formula lagi ya..??
File terlampir
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: Bagus
To: belajar-excel@
Sent: Friday, November 15, 2013 9:24 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar
Pak Haryadi;
Coba begini pada cell C12:
=INDEX($K$4:
Formula biasa
Copas kekanan dan kebawah
Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: haryadi
To: belajar-excel@
Sent: Thursday, November 14, 2013 4:23 PM
Subject: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar [1 Attachment]
Dear master2 excel,
Saya mohon bantuannya untuk kasus saya berikut ini.
Saya memiliki input desain dan database enclosure sebuah benda.
Dari desain tersebut akan memilih enclosure dari database yang sesuai kriteria (kolom cek) dan akan menampilkan di tabel big 5.
Masalahnya adalah database enclosure urutannya acak, sehingga hasil perhitungan suhu juga acak, tidak urut dari besar sampai terkecil.
Sehingga rekomendasi di tabel kandidat big 5 tidak bisa urut dari nilai suhu terbesar.
Yang diinginkan adalah pada tabel rekomendasi, urut dari nilai terbesar sampai terkecil berdasarkan suhu.
Untuk data dapat dilihat di attachment terlampir
Terima kasih,
Haryadi
Thu Nov 14, 2013 7:57 pm (PST) . Posted by:
"Jan Raisin"
Mungkin ada yang tertarik untuk memanfaatkan fitur Pivot Table untuk
solusi kasus ini?
ssssttt.. jangan bilang2 yang lain ya.. :))
ini solusi yang paling efisien (menurut Jan), untuk data yang sangat banyak
akan terlihat perbedaan performa saat excel melakukan kalkulasi.
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 15 November 2013 09.59, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:
>
>
> Ternyata selain Index-Match, bisa juga dengan Offset-Match dan
> Hlookup-Match
> atau mungkin masih banyak cara / formula lagi ya..??
>
>
> File terlampir
>
>
> Wassalam
>
> ~ Bagus ~
>
>
>
solusi kasus ini?
ssssttt.. jangan bilang2 yang lain ya.. :))
ini solusi yang paling efisien (menurut Jan), untuk data yang sangat banyak
akan terlihat perbedaan performa saat excel melakukan kalkulasi.
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 15 November 2013 09.59, Bagus <bagus@kingjim.
>
>
> Ternyata selain Index-Match, bisa juga dengan Offset-Match dan
> Hlookup-Match
> atau mungkin masih banyak cara / formula lagi ya..??
>
>
> File terlampir
>
>
> Wassalam
>
> ~ Bagus ~
>
>
>
Thu Nov 14, 2013 8:15 pm (PST) . Posted by:
"Kelik Pitoyo"
Menggunakan fitur apa, ya Miss Jan?
Bagaimana cara nya?
Salam,
Kelik
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: 15 Nopember 2013 10:58
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar
Mungkin ada yang tertarik untuk memanfaatkan fitur Pivot Table untuk solusi
kasus ini?
ssssttt.. jangan bilang2 yang lain ya.. :))
ini solusi yang paling efisien (menurut Jan), untuk data yang sangat banyak
akan terlihat perbedaan performa saat excel melakukan kalkulasi.
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 15 November 2013 09.59, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:
Ternyata selain Index-Match, bisa juga dengan Offset-Match dan Hlookup-Match
atau mungkin masih banyak cara / formula lagi ya..??
File terlampir
Wassalam
~ Bagus ~
Bagaimana cara nya?
Salam,
Kelik
From: belajar-excel@
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: 15 Nopember 2013 10:58
To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar
Mungkin ada yang tertarik untuk memanfaatkan fitur Pivot Table untuk solusi
kasus ini?
ssssttt.. jangan bilang2 yang lain ya.. :))
ini solusi yang paling efisien (menurut Jan), untuk data yang sangat banyak
akan terlihat perbedaan performa saat excel melakukan kalkulasi.
Salam,
-Miss Jan Raisin-
Pada 15 November 2013 09.59, Bagus <bagus@kingjim.
Ternyata selain Index-Match, bisa juga dengan Offset-Match dan Hlookup-Match
atau mungkin masih banyak cara / formula lagi ya..??
File terlampir
Wassalam
~ Bagus ~
Thu Nov 14, 2013 8:20 pm (PST) . Posted by:
"dwint ruswanto"
***** Mods *****
maaf, kelihatannya ada kesalahan saat melakukan moderasi,
sehingga email ini tidak masuk ke millis dan inbox saya
jadi saya kirim ulang sebagai thread yang baru
******************
Dear Excell-er/ent,
Saya anggota baru dimilis ini, sebelum saya mengajukan pertanyaan, ijinkan
saya untuk memperkenalkan diri;
Nama : Rustono
Bekerja di Green Energy Project
Saya senang bisa bergabung dimilist ini, banyak hal baru yng saya temui so
begitu dahsyatnya excell.
Saya punya satu pertanyaan bagaimana membuat formula untuk kasus seperti
sbb:
4 0.2
Panjang (m) lebar (m) tebal (m) volume (m3) area (m2) a b c d=axbxc
e=axbx(c/0.2) 10 4.0 0.3 formula1? formula2? 10 4.5 0.2 �. �. 10 3.5 0.1
� �..
bagaimana membuat formula1 dan formula2 ??
pengkondisian:
jika nilai b > 4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b =4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b<4 maka saya akan gunakan nilai b<4 tsb
Thanks before in helping me.
Regards,
Rustono
maaf, kelihatannya ada kesalahan saat melakukan moderasi,
sehingga email ini tidak masuk ke millis dan inbox saya
jadi saya kirim ulang sebagai thread yang baru
************
Dear Excell-er/ent,
Saya anggota baru dimilis ini, sebelum saya mengajukan pertanyaan, ijinkan
saya untuk memperkenalkan diri;
Nama : Rustono
Bekerja di Green Energy Project
Saya senang bisa bergabung dimilist ini, banyak hal baru yng saya temui so
begitu dahsyatnya excell.
Saya punya satu pertanyaan bagaimana membuat formula untuk kasus seperti
sbb:
4 0.2
Panjang (m) lebar (m) tebal (m) volume (m3) area (m2) a b c d=axbxc
e=axbx(c/0.2) 10 4.0 0.3 formula1? formula2? 10 4.5 0.2 �. �. 10 3.5 0.1
� �..
bagaimana membuat formula1 dan formula2 ??
pengkondisian:
jika nilai b > 4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b =4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b<4 maka saya akan gunakan nilai b<4 tsb
Thanks before in helping me.
Regards,
Rustono
Dear mas Rustono,
Asumsi nilai B ada di cell B1 dan formula nya akan di tulis di cell C1, maka : =if( b1>=4,"4",b1).
Semoga membantu.
Salam
Sony
Powered by Telkomsel BlackBerry�
-----Original Message-----
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 15 Nov 2013 11:19:39
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Tanya formula 1 & 2
***** Mods *****
maaf, kelihatannya ada kesalahan saat melakukan moderasi,
sehingga email ini tidak masuk ke millis dan inbox saya
jadi saya kirim ulang sebagai thread yang baru
******************
Dear Excell-er/ent,
Saya anggota baru dimilis ini, sebelum saya mengajukan pertanyaan, ijinkan
saya untuk memperkenalkan diri;
Nama : Rustono
Bekerja di Green Energy Project
Saya senang bisa bergabung dimilist ini, banyak hal baru yng saya temui so
begitu dahsyatnya excell.
Saya punya satu pertanyaan bagaimana membuat formula untuk kasus seperti
sbb:
4 0.2
Panjang (m) lebar (m) tebal (m) volume (m3) area (m2) a b c d=axbxc
e=axbx(c/0.2) 10 4.0 0.3 formula1? formula2? 10 4.5 0.2 �. �. 10 3.5 0.1
� �..
bagaimana membuat formula1 dan formula2 ??
pengkondisian:
jika nilai b > 4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b =4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b<4 maka saya akan gunakan nilai b<4 tsb
Thanks before in helping me.
Regards,
Rustono
Asumsi nilai B ada di cell B1 dan formula nya akan di tulis di cell C1, maka : =if( b1>=4,"
Semoga membantu.
Salam
Sony
Powered by Telkomsel BlackBerry�
-----Original Message-----
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@
Sender: belajar-excel@
Date: Fri, 15 Nov 2013 11:19:39
To: <belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Tanya formula 1 & 2
***** Mods *****
maaf, kelihatannya ada kesalahan saat melakukan moderasi,
sehingga email ini tidak masuk ke millis dan inbox saya
jadi saya kirim ulang sebagai thread yang baru
************
Dear Excell-er/ent,
Saya anggota baru dimilis ini, sebelum saya mengajukan pertanyaan, ijinkan
saya untuk memperkenalkan diri;
Nama : Rustono
Bekerja di Green Energy Project
Saya senang bisa bergabung dimilist ini, banyak hal baru yng saya temui so
begitu dahsyatnya excell.
Saya punya satu pertanyaan bagaimana membuat formula untuk kasus seperti
sbb:
4 0.2
Panjang (m) lebar (m) tebal (m) volume (m3) area (m2) a b c d=axbxc
e=axbx(c/0.2) 10 4.0 0.3 formula1? formula2? 10 4.5 0.2 �. �. 10 3.5 0.1
� �..
bagaimana membuat formula1 dan formula2 ??
pengkondisian:
jika nilai b > 4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b =4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b<4 maka saya akan gunakan nilai b<4 tsb
Thanks before in helping me.
Regards,
Rustono
Thu Nov 14, 2013 10:16 pm (PST) . Posted by:
"Heru Monas" sinau_22
Salam Kenal Juga pak Ruswanto
Saya ikut nimbrung ya... walaupun saya bukan master boleh kan ???
Mungkin lho ini ya
Formula 1 = (a*(if b>4,4,b)*c)
Formula 2 = (a*(if b>4,4,b)*(c/0.2))
nilai a, b, c bisa di ganti dengan cell atau range tempat data nya masing masing
misal ini ya a di cell A1, b di cell B1, C di cell C1
rumus nya bisa jadi begini...
Formula 1 = (A1*(if B1>4,4,B1)*C1)
jangan lupa menyertakan tanda sama dengan nya juga ya pak
Untuk Formula 2 silahkan di jabarkan sendiri
jika ingin semua terkalkulasi tinggal copy and paste ke bawah cell yang sudah diisi formula pak
Mudah2an bener, maklum saya bukan master Excel
semoga memberi manfaat ya pak
Salam Hormat dan jabat erat
Monas
Pada Jumat, 15 November 2013 12:34, "sony.ario1@gmail.com" <sony.ario1@gmail.com> menulis:
Dear mas Rustono,
Asumsi nilai B ada di cell B1 dan formula nya akan di tulis di cell C1, maka : =if( b1>=4,"4",b1).
Semoga membantu.
Salam
Sony
Powered by Telkomsel BlackBerry®
________________________________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 15 Nov 2013 11:19:39 +0700
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Tanya formula 1 2
***** Mods *****
maaf, kelihatannya ada kesalahan saat melakukan moderasi,
sehingga email ini tidak masuk ke millis dan inbox saya
jadi saya kirim ulang sebagai thread yang baru
******************
Dear Excell-er/ent,
Saya anggota baru dimilis ini, sebelum saya mengajukan pertanyaan, ijinkan saya untuk memperkenalkan diri;
Nama : Rustono
Bekerja di Green Energy Project
Saya senang bisa bergabung dimilist ini, banyak hal baru yng saya temui so begitu dahsyatnya excell.
Saya punya satu pertanyaan bagaimana membuat formula untuk kasus seperti sbb:
4 0.2
Panjang (m) lebar (m) tebal (m) volume (m3) area (m2)
a b c d=axbxc e=axbx(c/0.2)
10 4.0 0.3 formula1? formula2?
10 4.5 0.2 …. ….
10 3.5 0.1 … …..
bagaimana membuat formula1 dan formula2 ??
pengkondisian:
jika nilai b > 4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b =4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b<4 maka saya akan gunakan nilai b<4 tsb
Thanks before in helping me.
Regards,
Rustono
Saya ikut nimbrung ya... walaupun saya bukan master boleh kan ???
Mungkin lho ini ya
Formula 1 = (a*(if b>4,4,b)*
Formula 2 = (a*(if b>4,4,b)*
nilai a, b, c bisa di ganti dengan cell atau range tempat data nya masing masing
misal ini ya a di cell A1, b di cell B1, C di cell C1
rumus nya bisa jadi begini...
Formula 1 = (A1*(if B1>4,4,B1)
jangan lupa menyertakan tanda sama dengan nya juga ya pak
Untuk Formula 2 silahkan di jabarkan sendiri
jika ingin semua terkalkulasi tinggal copy and paste ke bawah cell yang sudah diisi formula pak
Mudah2an bener, maklum saya bukan master Excel
semoga memberi manfaat ya pak
Salam Hormat dan jabat erat
Monas
Pada Jumat, 15 November 2013 12:34, "sony.ario1@gmail.
Dear mas Rustono,
Asumsi nilai B ada di cell B1 dan formula nya akan di tulis di cell C1, maka : =if( b1>=4,"
Semoga membantu.
Salam
Sony
Powered by Telkomsel BlackBerry®
____________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@
Sender: belajar-excel@
Date: Fri, 15 Nov 2013 11:19:39 +0700
To: <belajar-excel@
ReplyTo: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Tanya formula 1 2
***** Mods *****
maaf, kelihatannya ada kesalahan saat melakukan moderasi,
sehingga email ini tidak masuk ke millis dan inbox saya
jadi saya kirim ulang sebagai thread yang baru
************
Dear Excell-er/ent,
Saya anggota baru dimilis ini, sebelum saya mengajukan pertanyaan, ijinkan saya untuk memperkenalkan diri;
Nama : Rustono
Bekerja di Green Energy Project
Saya senang bisa bergabung dimilist ini, banyak hal baru yng saya temui so begitu dahsyatnya excell.
Saya punya satu pertanyaan bagaimana membuat formula untuk kasus seperti sbb:
4 0.2
Panjang (m) lebar (m) tebal (m) volume (m3) area (m2)
a b c d=axbxc e=axbx(c/0.2)
10 4.0 0.3 formula1? formula2?
10 4.5 0.2 …. ….
10 3.5 0.1 … …..
bagaimana membuat formula1 dan formula2 ??
pengkondisian:
jika nilai b > 4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b =4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b<4 maka saya akan gunakan nilai b<4 tsb
Thanks before in helping me.
Regards,
Rustono
Thu Nov 14, 2013 10:33 pm (PST) . Posted by:
"Heru Monas" sinau_22
waduh ... saya kurang teliti
ternyata untuk rumus nya harus pake tanda >=b
jadi
Formula 1 = (a*(if b>=4,4,b)*c)
mohon maklum ya pak
hehehe
Pada , Heru Monas <sinau_22@yahoo.co.id> menulis:
Salam Kenal Juga pak Ruswanto
Saya ikut nimbrung ya... walaupun saya bukan master boleh kan ???
Mungkin lho ini ya
Formula 1 = (a*(if b>4,4,b)*c)
Formula 2 = (a*(if b>4,4,b)*(c/0.2))
nilai a, b, c bisa di ganti dengan cell atau range tempat data nya masing masing
misal ini ya a di cell A1, b di cell B1, C di cell C1
rumus nya bisa jadi begini...
Formula 1 = (A1*(if B1>4,4,B1)*C1)
jangan lupa menyertakan tanda sama dengan nya juga ya pak
Untuk Formula 2 silahkan di jabarkan sendiri
jika ingin semua terkalkulasi tinggal copy and paste ke bawah cell yang sudah diisi formula pak
Mudah2an bener, maklum saya bukan master Excel
semoga memberi manfaat ya pak
Salam Hormat dan jabat erat
Monas
Pada Jumat, 15 November 2013 12:34, "sony.ario1@gmail.com" <sony.ario1@gmail.com> menulis:
Dear mas Rustono,
Asumsi nilai B ada di cell B1 dan formula nya akan di tulis di cell C1, maka : =if( b1>=4,"4",b1).
Semoga membantu.
Salam
Sony
Powered by Telkomsel BlackBerry®
________________________________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 15 Nov 2013 11:19:39 +0700
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Tanya formula 1 2
***** Mods *****
maaf, kelihatannya ada kesalahan saat melakukan moderasi,
sehingga email ini tidak masuk ke millis dan inbox saya
jadi saya kirim ulang sebagai thread yang baru
******************
Dear Excell-er/ent,
Saya anggota baru dimilis ini, sebelum saya mengajukan pertanyaan, ijinkan saya untuk memperkenalkan diri;
Nama : Rustono
Bekerja di Green Energy Project
Saya senang bisa bergabung dimilist ini, banyak hal baru yng saya temui so begitu dahsyatnya excell.
Saya punya satu pertanyaan bagaimana membuat formula untuk kasus seperti sbb:
4 0.2
Panjang (m) lebar (m) tebal (m) volume (m3) area (m2)
a b c d=axbxc e=axbx(c/0.2)
10 4.0 0.3 formula1? formula2?
10 4.5 0.2 …. ….
10 3.5 0.1 … …..
bagaimana membuat formula1 dan formula2 ??
pengkondisian:
jika nilai b > 4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b =4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b<4 maka saya akan gunakan nilai b<4 tsb
Thanks before in helping me.
Regards,
Rustono
ternyata untuk rumus nya harus pake tanda >=b
jadi
Formula 1 = (a*(if b>=4,4,b)
mohon maklum ya pak
hehehe
Pada , Heru Monas <sinau_22@yahoo.
Salam Kenal Juga pak Ruswanto
Saya ikut nimbrung ya... walaupun saya bukan master boleh kan ???
Mungkin lho ini ya
Formula 1 = (a*(if b>4,4,b)*
Formula 2 = (a*(if b>4,4,b)*
nilai a, b, c bisa di ganti dengan cell atau range tempat data nya masing masing
misal ini ya a di cell A1, b di cell B1, C di cell C1
rumus nya bisa jadi begini...
Formula 1 = (A1*(if B1>4,4,B1)
jangan lupa menyertakan tanda sama dengan nya juga ya pak
Untuk Formula 2 silahkan di jabarkan sendiri
jika ingin semua terkalkulasi tinggal copy and paste ke bawah cell yang sudah diisi formula pak
Mudah2an bener, maklum saya bukan master Excel
semoga memberi manfaat ya pak
Salam Hormat dan jabat erat
Monas
Pada Jumat, 15 November 2013 12:34, "sony.ario1@gmail.
Dear mas Rustono,
Asumsi nilai B ada di cell B1 dan formula nya akan di tulis di cell C1, maka : =if( b1>=4,"
Semoga membantu.
Salam
Sony
Powered by Telkomsel BlackBerry®
____________
From: dwint ruswanto <dwint.ruswanto@
Sender: belajar-excel@
Date: Fri, 15 Nov 2013 11:19:39 +0700
To: <belajar-excel@
ReplyTo: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Tanya formula 1 2
***** Mods *****
maaf, kelihatannya ada kesalahan saat melakukan moderasi,
sehingga email ini tidak masuk ke millis dan inbox saya
jadi saya kirim ulang sebagai thread yang baru
************
Dear Excell-er/ent,
Saya anggota baru dimilis ini, sebelum saya mengajukan pertanyaan, ijinkan saya untuk memperkenalkan diri;
Nama : Rustono
Bekerja di Green Energy Project
Saya senang bisa bergabung dimilist ini, banyak hal baru yng saya temui so begitu dahsyatnya excell.
Saya punya satu pertanyaan bagaimana membuat formula untuk kasus seperti sbb:
4 0.2
Panjang (m) lebar (m) tebal (m) volume (m3) area (m2)
a b c d=axbxc e=axbx(c/0.2)
10 4.0 0.3 formula1? formula2?
10 4.5 0.2 …. ….
10 3.5 0.1 … …..
bagaimana membuat formula1 dan formula2 ??
pengkondisian:
jika nilai b > 4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b =4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
jika nilai b<4 maka saya akan gunakan nilai b<4 tsb
Thanks before in helping me.
Regards,
Rustono
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar