Jumat, 15 November 2013

[belajar-excel] Digest Number 2636

13 New Messages

Digest #2636
4a
5
diagram pareto by "Tuti Hartati"
6a
Re: Input Data Keuangan by "Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah
6b
Re: Input Data Keuangan by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
7
fungsi indirect error by "KESI VIZZIANTI"
8
Menghitung resolution dan uptime by "ryan" ryandirhamsyah
9
Excel Error by "Tuti Hartati"

Messages

Thu Nov 14, 2013 10:50 pm (PST) . Posted by:

"Liem Suliem" liemsuliem

saya pakai ms ofice 2007
ada eror lagi pak

Pada , Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> menulis:

Masukkanlah ke dalam surga dan lindungilah dia dari azab kubur dan azab neraka.

Pada Kamis, 14 November 2013 21:59, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

 
Ini file yang sudah saya coba edit seperlunya dan sudah saya tes untuk merekam.
Kalau sdh tes dan berhasil, jangan lupa doakan beliau yang telah memberi inspirasi.

Salam,
HK

On Thursday, 14 November 2013, 8:40, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

Ini warisan yang masih utuh (kalau istilah pajak belum terbagi).
Saya belum ubah sedikitpun dan belum penah coba merekam, tapi nanti saya coba lihat lagi.

Mungkin ada rekan lain yang bisa bantu menjawab.

Salam,
HK

On Thursday, 14 November 2013, 8:23, Liem Suliem <liemsuliem@yahoo.co.id> wrote:

 
dear pak hk..
saya coba download file ini tapi begitu saya buka terus coba input data dan tekan tombol
Rekam Ke Tabel muncul pesan seperti terlampir.. karena kebetulan saya juga perlu.
tapi masih buta tentang makroh.. pesan eror prin scren terlampir

Pada Rabu, 13 November 2013 11:19, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:

 
Coba pelajari warisan mba Siti terlampir.

Salam,
HK

On Wednesday, 13 November 2013, 10:41, dwi mulyaningsih <upiet29@yahoo.com> wrote:

 
Dear Pakar Excel,

Mohon bantuannya, saya punya file untuk membuat invoice dengan nomor urut otomatis.
Yang saya inginkan ketika saya klik tombol simpan maka : 
1. Data dari invoice tersebut akan masuk ke dalam file rekap penjualan, dan 
2. invoice tersebut juga secara otomatis akan tersimpan dalam file tersendiri. 

Untuk yang point ke dua sudah bisa dijalankan, sedangkan point ke satu saya belum mendapatkan caranya.
Mohon bantuannya.

Terima kasih

Dwi

Thu Nov 14, 2013 10:51 pm (PST) . Posted by:

"haryadi" ugly_mask25

Terima kasih atas tanggapannya
 
@ miss Jan : rumusan miss Jan itu untuk me'list seluruh database y?? Kebutuhannya me'listkan nilai hasil perhitungan yang sesuai kriteria (nilai final kolom Y = 1) dari besar ke kecil.
tapi sudah ada pandangan dari solusinya miss Jan harus bagaimanany, masih ta coba ulik lagi :D:D:D
 
@ pak Ghozi : rumusannya kok hasilnya cuma TN-41 & 42??
 
 
Salam,
 
Haryadi

========================================================================
Vi Veri Veniversum Vivus Vici
========================================================================

From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, November 14, 2013 6:27 PM
Subject: Bls: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar [1 Attachment]

 
tulis formula pertama di C12 (formula array)=INDEX($K$4:$Y$1000,MIN(IF($T$4:$T$1000=LARGE($T$4:$T$1000,$B12),$J$4:$J$1000)),MATCH(C$11,$K$3:$Y$3,0))copy ke kanan dan ke bawah

Pada Kamis, 14 November 2013 2:22, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

 
Hai Haryadi,

coba file terlampir, jika mau menggunakan fitur List (excel 2003 ke bawah) atau  Table (excel 2007 ke atas), maka formulanya dapat dibuat lebih singkat

Salam,

-Miss Jan Raisin-
Pada 14 November 2013 16.23, haryadi <ugly_mask25@yahoo.com> menulis:
 
>Dear master2 excel,

>Saya mohon bantuannya untuk kasus saya berikut ini.
>Saya memiliki input desain dan database enclosure sebuah benda.
>Dari desain tersebut akan memilih enclosure dari database yang sesuai kriteria (kolom cek) dan akan menampilkan di tabel big 5.
>Masalahnya adalah database enclosure urutannya acak, sehingga hasil perhitungan suhu juga acak, tidak urut dari besar sampai terkecil.
>Sehingga rekomendasi di tabel kandidat big 5 tidak bisa urut dari nilai suhu terbesar.

>Yang diinginkan adalah pada tabel rekomendasi, urut dari nilai terbesar sampai terkecil berdasarkan suhu.

>Untuk data dapat dilihat di attachment terlampir

>Terima kasih,

>Haryadi
>

Thu Nov 14, 2013 10:52 pm (PST) . Posted by:

"rustono"

Great! formulanya.
Much thanks om Monas jg mas Sony inputnya. Salam kenal smua milister
Makasih jg buat om momod atas moderasinya.

Cheers
Rustono

Pada 15 November 2013 13.16, Heru Monas <sinau_22@yahoo.co.id> menulis:

>
>
> Salam Kenal Juga pak Ruswanto
> Saya ikut nimbrung ya... walaupun saya bukan master boleh kan ???
> Mungkin lho ini ya
> Formula 1 = (a*(if b>4,4,b)*c)
> Formula 2 = (a*(if b>4,4,b)*(c/0.2))
> nilai a, b, c bisa di ganti dengan cell atau range tempat data nya masing
> masing
> misal ini ya a di cell A1, b di cell B1, C di cell C1
> rumus nya bisa jadi begini...
> Formula 1 = (A1*(if B1>4,4,B1)*C1)
> jangan lupa menyertakan tanda sama dengan nya juga ya pak
> Untuk Formula 2 silahkan di jabarkan sendiri
> jika ingin semua terkalkulasi tinggal copy and paste ke bawah cell yang
> sudah diisi formula pak
>
> Mudah2an bener, maklum saya bukan master Excel
> semoga memberi manfaat ya pak
> Salam Hormat dan jabat erat
> Monas
>
>
> Pada Jumat, 15 November 2013 12:34, "sony.ario1@gmail.com" <
> sony.ario1@gmail.com> menulis:
>
> Dear mas Rustono,
>
> Asumsi nilai B ada di cell B1 dan formula nya akan di tulis di cell C1,
> maka : =if( b1>=4,"4",b1).
>
> Semoga membantu.
>
> Salam
> Sony
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 15 Nov 2013 11:19:39 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *[belajar-excel] Tanya formula 1 2
>
>
> ***** Mods *****
> maaf, kelihatannya ada kesalahan saat melakukan moderasi,
> sehingga email ini tidak masuk ke millis dan inbox saya
> jadi saya kirim ulang sebagai thread yang baru
> ******************
>
> Dear Excell-er/ent,
>
> Saya anggota baru dimilis ini, sebelum saya mengajukan pertanyaan, ijinkan
> saya untuk memperkenalkan diri;
> Nama : Rustono
> Bekerja di Green Energy Project
> Saya senang bisa bergabung dimilist ini, banyak hal baru yng saya temui so
> begitu dahsyatnya excell.
>
> Saya punya satu pertanyaan bagaimana membuat formula untuk kasus seperti
> sbb:
>
> 40.2
>
> Panjang (m)lebar (m)tebal (m)volume (m3)area (m2)abcd=axbxce=axbx(c/0.2)10
> 4.00.3formula1?formula2?104.50.2�.�.103.50.1��..
>
> bagaimana membuat formula1 dan formula2 ??
> pengkondisian:
> jika nilai b > 4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
> jika nilai b =4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
> jika nilai b<4 maka saya akan gunakan nilai b<4 tsb
>
>
> Thanks before in helping me.
>
> Regards,
> Rustono
>
>
>
>

Fri Nov 15, 2013 12:45 am (PST) . Posted by:

"rustono"

setelah saya utak atik formulanya running seperti ini =
a*(IF(b>=4,"4",b)*I6)
Cheers

Pada 15 November 2013 13.16, Heru Monas <sinau_22@yahoo.co.id> menulis:

>
>
> Salam Kenal Juga pak Ruswanto
> Saya ikut nimbrung ya... walaupun saya bukan master boleh kan ???
> Mungkin lho ini ya
> Formula 1 = (a*(if b>4,4,b)*c)
> Formula 2 = (a*(if b>4,4,b)*(c/0.2))
> nilai a, b, c bisa di ganti dengan cell atau range tempat data nya masing
> masing
> misal ini ya a di cell A1, b di cell B1, C di cell C1
> rumus nya bisa jadi begini...
> Formula 1 = (A1*(if B1>4,4,B1)*C1)
> jangan lupa menyertakan tanda sama dengan nya juga ya pak
> Untuk Formula 2 silahkan di jabarkan sendiri
> jika ingin semua terkalkulasi tinggal copy and paste ke bawah cell yang
> sudah diisi formula pak
>
> Mudah2an bener, maklum saya bukan master Excel
> semoga memberi manfaat ya pak
> Salam Hormat dan jabat erat
> Monas
>
>
> Pada Jumat, 15 November 2013 12:34, "sony.ario1@gmail.com" <
> sony.ario1@gmail.com> menulis:
>
> Dear mas Rustono,
>
> Asumsi nilai B ada di cell B1 dan formula nya akan di tulis di cell C1,
> maka : =if( b1>=4,"4",b1).
>
> Semoga membantu.
>
> Salam
> Sony
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * dwint ruswanto <dwint.ruswanto@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 15 Nov 2013 11:19:39 +0700
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *[belajar-excel] Tanya formula 1 2
>
>
> ***** Mods *****
> maaf, kelihatannya ada kesalahan saat melakukan moderasi,
> sehingga email ini tidak masuk ke millis dan inbox saya
> jadi saya kirim ulang sebagai thread yang baru
> ******************
>
> Dear Excell-er/ent,
>
> Saya anggota baru dimilis ini, sebelum saya mengajukan pertanyaan, ijinkan
> saya untuk memperkenalkan diri;
> Nama : Rustono
> Bekerja di Green Energy Project
> Saya senang bisa bergabung dimilist ini, banyak hal baru yng saya temui so
> begitu dahsyatnya excell.
>
> Saya punya satu pertanyaan bagaimana membuat formula untuk kasus seperti
> sbb:
>
> 40.2
>
> Panjang (m)lebar (m)tebal (m)volume (m3)area (m2)abcd=axbxce=axbx(c/0.2)10
> 4.00.3formula1?formula2?104.50.2�.�.103.50.1��..
>
> bagaimana membuat formula1 dan formula2 ??
> pengkondisian:
> jika nilai b > 4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
> jika nilai b =4 maka saya tetap akan pakai nilai 4
> jika nilai b<4 maka saya akan gunakan nilai b<4 tsb
>
>
> Thanks before in helping me.
>
> Regards,
> Rustono
>
>
>
>

Thu Nov 14, 2013 10:53 pm (PST) . Posted by:

"haryadi" ugly_mask25

baru buka email lagi :p
 
terima kasih pak Bagus sudah melengkapi.
mungkin penjelasan saya kurang di awal :D:D:D
 
yang ingin saya masukkan dalam tabel rekomendasi big 5 adalah data enclosure yang memenuhi kriteria kolom Y'nya bernilai 1.
 
@miss Jan : ada petunjuk untuk pivot table?? saya dari dulu ga mudeng fitur ini, sekarang malah lupa :p
 
salam,
 
Haryadi

========================================================================
Vi Veri Veniversum Vivus Vici
========================================================================

From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, November 15, 2013 10:57 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar

 
Mungkin ada yang  tertarik untuk memanfaatkan fitur Pivot Table untuk solusi kasus ini?
ssssttt.. jangan bilang2 yang lain ya.. :))
ini solusi yang paling efisien (menurut Jan), untuk data yang sangat banyak akan terlihat perbedaan performa saat excel melakukan kalkulasi.

Salam,

-Miss Jan Raisin-
Pada 15 November 2013 09.59, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:
 
>Ternyata selain Index-Match, bisa juga dengan Offset-Match dan Hlookup-Match
>atau mungkin masih banyak cara / formula lagi ya..??


>File terlampir


>Wassalam

>~ Bagus ~


Fri Nov 15, 2013 12:06 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Pak Haryadi,

untuk fitur List pada excel 2003 ke bawah bisa diakses melalui Data >> List
>> Create List seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 2]

kalo untuk excel 2007 ke atas bisa diakses melalui ribbon Home >> group
Styles >> Format as Table, seperti gambar di bawah ini:
[image: Gambar sisip 1]

tabelnya Jan kasih nama _myData_

ada 2 kolom bantu di situ, yang satu adalah kolom Ranking yang berisi
formula =Rank(), dan kolom Big 5 untuk melakukan filter data.
kolom Big 5 berguna kalau jumlah data banyak, kalau jumlah data sedikit
kolom ini bisa dihilangkan
contoh file terlampir.. tadinya Jan berharap ada Be-Exceller yang lain yang
mau dan berani berbagi ilmunya.. karena kisi-kisinya sudah Jan kasih.

oia.. petunjuk untuk membuat Pivot Table bisa dibaca di blognya om Kid di link
berikut<http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html>

Salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 15 November 2013 12.38, haryadi <ugly_mask25@yahoo.com> menulis:

>
>
> baru buka email lagi :p
>
> terima kasih pak Bagus sudah melengkapi.
> mungkin penjelasan saya kurang di awal :D:D:D
>
> yang ingin saya masukkan dalam tabel rekomendasi big 5 adalah data
> enclosure yang memenuhi kriteria kolom Y'nya bernilai 1.
>
> @miss Jan : ada petunjuk untuk pivot table?? saya dari dulu ga mudeng
> fitur ini, sekarang malah lupa :p
>
> salam,
>
> Haryadi
>
>

Fri Nov 15, 2013 1:15 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Pak Har;

File terlampir ada penambahan kolom bantu (kolom I dan kolom z)
Semoga sesuai harapan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: haryadi
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, November 15, 2013 12:38 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar

baru buka email lagi :p

terima kasih pak Bagus sudah melengkapi.
mungkin penjelasan saya kurang di awal :D:D:D

yang ingin saya masukkan dalam tabel rekomendasi big 5 adalah data enclosure yang memenuhi kriteria kolom Y'nya bernilai 1.

@miss Jan : ada petunjuk untuk pivot table?? saya dari dulu ga mudeng fitur ini, sekarang malah lupa :p

salam,

Haryadi

========================================================================
Vi Veri Veniversum Vivus Vici
========================================================================

From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, November 15, 2013 10:57 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mengurutkan data dari nilai terbesar

Mungkin ada yang tertarik untuk memanfaatkan fitur Pivot Table untuk solusi kasus ini?
ssssttt.. jangan bilang2 yang lain ya.. :))
ini solusi yang paling efisien (menurut Jan), untuk data yang sangat banyak akan terlihat perbedaan performa saat excel melakukan kalkulasi.

Salam,

-Miss Jan Raisin-
Pada 15 November 2013 09.59, Bagus <bagus@kingjim.co.id> menulis:

Ternyata selain Index-Match, bisa juga dengan Offset-Match dan Hlookup-Match
atau mungkin masih banyak cara / formula lagi ya..??

File terlampir

Wassalam

~ Bagus ~

Fri Nov 15, 2013 12:46 am (PST) . Posted by:

"Tuti Hartati"

Dear mr.Kid

Mau tanya dong, bagaimana ya cara membuat diagram pareto dengan data
terlampir menggunakan excel 2010, maaf masih newbie

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Best regards,

Tuti Hartati

Fri Nov 15, 2013 12:46 am (PST) . Posted by:

"Ahmad Syaifullah Lubis" syaifullah

MR HK,
Akhirnya saya dapatin program yang key inputannya berdasarkan "Bulan", kenapa ya macronya tidak bisa dibuka.
mohon bantuannya.
terima kasih.
ASL


To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Thu, 14 Nov 2013 07:49:00 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] Input Data Keuangan



Maaf pak, saya belum bisa memberikan solusi atas keinginan tersebut. Mungkin para sesepuh bisa memberikan solusinya.
Salam,HK

On Thursday, 14 November 2013, 8:21, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:



Mr HK,Terus terang saya memang gak paham dengan macro, walaupun ditutorin baca sana sini, tetep aja gak ngerti. soalnya pernah liat di blog lain tadinya saya mau copykan macronya tapi sayang saya sudah tidak simpan dalam komputer dan sudah lupa websitenya. Di situ saya liat, key inputannya nama bulan, jadi setelah proses input selesai dan akan disimpan atau dicopypastekan, macro akan mencari key inputan tsb, misal key inputannya "Januari", maka macro akan menyimpan (copypastekan) ke sheet yang bernama "Januari", begitu seterusnya sehingga didalam woorkbook tsb akan ada 12 sheet dari nama2 bulan. Jadi keinginan saya sama juga, Key Inputannya adalah nama Proyek, contoh key inputan "MAN-MNI", maka copypastenya akan ke sheet yang bernama "MAN-MNI", kalau keynya "MAN-BJA" maka copypastenya ke sheet "MAN-BJA", begitu seterusnya. Sedangkan yang saya maksud dengan Print Data Base di sini adalah suatu proses inputan atau
melihat inputan baik akan dilihat atau diedit, maka selain bisa dicopypaste ke sheet dari Masing2 Nama Proyek, juga bisa diprint hasil inputannya (semacam invoice/voucher begitu).di form Nama Proyek bisa dipilih2 sesuai dengan proyek yang diinginkan.Sekali lagi, harapan saya, bisa dibantu lagi oleh Mr HK, atau Mr dan Mrs lainnya.terima kasih.ASLTo: belajar-excel@yahoogroups.comFrom: hendrikkarnadi@yahoo.comDate: Wed, 13 Nov 2013 01:14:33 -0800Subject: Re: [belajar-excel] Input Data Keuangan

Pak ASL,Pertama-tama ingin saya sampaikan bahwa kehendak kita kadang2 belum tentu sesuai
dengan kaidah database yang baik (sesuai petunjuk Mr Kid dalam Kopdar1).Bila input/hasil input kita sudah memenuhi kaidah tsb maka reportingnya tentu akan lebih
mudah."Kehendak" yang belum sesuai adalah menyimpan hasil input per proyek.Kita bisa "memaksakan&quot; hal tsb waktu menyimpan
hasil input namun bagaimana waktu mengedit (sheet mana yang musti dilihat?)Walaupun hasil input disimpan di dalam satu sheet bukan berarti kita tidak dapat membuat outputnya per proyek. Ini bisa dilakukan dengan Data Filter atau PivotTable seperti yang sering dibahas dalam milis ini (apakah ini yang dimaksud dengan Print Data Base).Hal lainnyaJika ingin memilih nama proyek waktu menginput pada Form maka bisa dibuat data validation pada sel tsb yang mengacu kepada suatu daftar proyek (sheet Tabel Proyek).Formulir Input memang didesign untuk diisi seluruhnya (tidak ada blank cell). Ini tercermin dari perintah :Set Form1 = Range(Range("F7"), Range("F7").End(xlDown))Semoga dengan penjelasan ini anda bisa melakukan modifikasi.Jika masih ada kesulitan, silakan disampaikan kembali ke milis.Salam,HK On Wednesday, 13 November 2013, 14:57, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:


Mr HK,saya sudah sesuaikan dengan kehendak saya. kalau bisa mohon ditambahkan lagi dong, seperti Print Data Base, pemilihan Nama Proyek. Dari Nama proyek yang dipilih dan penginputan akan dieksekusi (Save Your New Input), makan hasil inputan tsb (copy pastenya) akan disimpan dalam sheet dari nama proyek yang dituju. Misal kalau nama proyeknya MAN-MNI maka hasil input/copy pastenya ke sheet yang bernama MAN-MNI.mudah2an Mr HK bisa membantu saya.terlampir file yang dimaksud.terima kasih.ASLTo: belajar-excel@yahoogroups.comFrom: hendrikkarnadi@yahoo.comDate: Mon, 11 Nov 2013 23:52:46 -0800Subject: Fw: [belajar-excel] Input Data Keuangan [1 Attachment]

Nah, ini filenya.... On Tuesday, 12 November 2013, 14:47, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:


Coba cari di file milis (file Mbak Siti). Form Input dan Lihatnya dipisah, Sheet Input dan Databasenya berada dalam satu workbook (bahkan ada tambahan Historcal Sheet - ide dari Mr. Kid).Setelah dipelajari, coba sesuaika nama2
kolomnya.Selamat mencoba.Salam,HK On
Tuesday, 12 November 2013, 14:12, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:


Hallo BeExcellerUdah lama nih gak aktif (aktif nanya melulu 😊Saya dapat dari teman, file input data keuangan, namun tidak dapat jalan. saya liat programnya, namun saya tidak bisa memperbaikinya. mohon bantuannya dong, agar program tsb bisa jalan, syukur2 ditambah lagi dengan penyempurnaan yang lebih bagus. Inti programnya sih hanya hasil inputan data keuangan bisa dimasukkan ke database. Keinginan saya sih, waktu input Kode Act akan muncul nama account yang dimaksud. Lebih2 kalau ada program cetak voucher keluar/masuknya. yah berharap sangat ada membantu saya, yang dah gak sanggup bermacro, cuman pinginnya kerjaannya terbantu dengan macro.terima kasih.ASL.









Fri Nov 15, 2013 1:49 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi



Mari kita bahas satu persatu.

Programnya "bersembunyi&quot; dibalik tombol..
Untuk membukanya tekan tombol Alt F11.

Klik "UserForm1&quot; yang ada di sebelah kiri maka pada sisi kanan akan terlihat UserForm1.
Di sebelah kiri bawah ada tombol "TAMBAH", klik kanan mouse lalu pilih "View Code". Nah, kelihatan programnya bukan ?

Mari kita bahas programnya sedikit demi sedikit.

Private Sub CMDTMBH_Click() 'awal program

Dim NCMBLN As String 'deklarasi variabel
NCMBLN = CMBLN.Value 'mengambil nama bulan
Dim iRow As Long 'deklarasi variabel
Dim ws As Worksheet 'deklarasi variabel
Set ws = Worksheets(NCMBLN) 'menyimpan data pada worksheet sesuai nama                                                             bulan yang diinput

'menemukan baris kosong pada database --> cari baris ksong (iRow) pd klm1 (A)
iRow = ws.Cells(Rows.Count, 1) _
.End(xlUp).Offset(1, 0).Row

'check untuk sebuah kode --> jika tidak diisi, tampilkan pesan (MsgBox)
If Trim(Me.tkode.Value) = "" Then
Me.tkode.SetFocus
MsgBox "Masukan Kode Barang"
Exit Sub
End If

'copy data ke database (data yang diisi pada form tcode, tnama, tsatuan, tharga)
ws.Cells(iRow, 1).Value = Me.tkode.Value
ws.Cells(iRow, 2).Value = Me.tnama.Value
ws.Cells(iRow, 3).Value = Me.tsatuan.Value
ws.Cells(iRow, 4).Value = Me.tharga.Value
MsgBox ("Data Sudah Tersimpan")'pesan pada saat data sdh tersimpan

'clear Data --> kosongkan data pada form (value = "")
Me.tkode.Value = ""
Me.tnama.Value = ""
Me.tsatuan.Value = ""
Me.tharga.Value = ""
Me.tkode.SetFocus 'fokus pada kode
End Sub 'akhir program

Private Sub CMDTTP_Click()
Unload Me 'bebaskan daku (tutup form)
End Sub

Private Sub UserForm_QueryClose(Cancel As Integer, _
CloseMode As Integer)
If CloseMode = vbFormControlMenu Then
Cancel = True 'tutupnya harus pake tombol tutup bos
MsgBox "Gunakan Tombol Tutup !!!" 'pesan
End If
End Sub

Private Sub UserForm_Initialize()'tampilkan awal UserForm (pada saat tombol biru diklik)

With Me 'pilihan bulan pada saat anak panah kecil pada kotak di samping bulan diklik

.CMBLN.AddItem "Januari"
.CMBLN.AddItem "Februari";
.CMBLN.AddItem "Maret"
.CMBLN.AddItem "April"
.CMBLN.AddItem "Mei"
.CMBLN.AddItem "Juni"
.CMBLN.AddItem "Juli"
.CMBLN.AddItem "Agustus"
.CMBLN.AddItem "September&quot;
.CMBLN.AddItem "Oktober"
.CMBLN.AddItem "Nopember";
.CMBLN.AddItem "Desember";
End With
End Sub

'macro yang diinsert pada tombol biru
Sub FORM()
UserForm1.Show 'tampilkan daku (buka form)
End Sub

Coba renungkan dan jalankan programnya (anda pasti bisa...).

Salam,
HK

On Friday, 15 November 2013, 15:47, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
MR HK,
Akhirnya saya dapatin program yang key inputannya berdasarkan "Bulan", kenapa ya macronya tidak bisa dibuka.
mohon bantuannya.
terima kasih.
ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Thu, 14 Nov 2013 07:49:00 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] Input Data Keuangan

 

Maaf pak, saya belum bisa memberikan solusi atas keinginan tersebut. Mungkin para sesepuh bisa memberikan solusinya.

Salam,
HK

On Thursday, 14 November 2013, 8:21, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Mr HK,
Terus terang saya memang gak paham dengan macro, walaupun ditutorin baca sana sini, tetep aja gak ngerti. soalnya pernah liat di blog lain tadinya saya mau copykan macronya tapi sayang saya sudah tidak simpan dalam komputer dan sudah lupa websitenya. Di situ saya liat, key inputannya nama bulan, jadi setelah proses input selesai dan akan disimpan atau dicopypastekan, macro akan mencari key inputan tsb, misal key inputannya "Januari", maka macro akan menyimpan (copypastekan) ke sheet yang bernama "Januari", begitu seterusnya sehingga didalam woorkbook tsb akan ada 12 sheet dari nama2 bulan. Jadi keinginan saya sama juga, Key Inputannya adalah nama Proyek, contoh key inputan "MAN-MNI", maka copypastenya akan ke sheet yang bernama "MAN-MNI", kalau keynya "MAN-BJA" maka copypastenya ke sheet "MAN-BJA", begitu seterusnya. Sedangkan yang saya maksud dengan Print Data Base di sini adalah suatu proses inputan atau
melihat inputan baik akan dilihat atau diedit, maka selain bisa dicopypaste ke sheet dari Masing2 Nama Proyek, juga bisa diprint hasil inputannya (semacam invoice/voucher begitu).
di form Nama Proyek bisa dipilih2 sesuai dengan proyek yang diinginkan.
Sekali lagi, harapan saya, bisa dibantu lagi oleh Mr HK, atau Mr dan Mrs lainnya.
terima kasih.
ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Wed, 13 Nov 2013 01:14:33 -0800
Subject: Re: [belajar-excel] Input Data Keuangan

 

Pak ASL,
Pertama-tama ingin saya sampaikan bahwa kehendak kita kadang2 belum tentu sesuai dengan kaidah database yang baik (sesuai petunjuk Mr Kid dalam Kopdar1).
Bila input/hasil input kita sudah memenuhi kaidah tsb maka reportingnya tentu akan lebih mudah.

"Kehendak"; yang belum sesuai adalah menyimpan hasil input per proyek.
Kita bisa "memaksakan&quot; hal tsb waktu menyimpan hasil input namun bagaimana waktu mengedit (sheet mana yang musti dilihat?)
Walaupun hasil input disimpan di dalam satu sheet bukan berarti kita tidak dapat membuat outputnya per proyek. Ini bisa dilakukan dengan Data Filter atau PivotTable seperti yang sering dibahas dalam milis ini (apakah ini yang dimaksud dengan Print Data Base).

Hal lainnya
Jika ingin memilih nama proyek waktu menginput pada Form maka bisa dibuat data validation pada sel tsb yang mengacu kepada suatu daftar proyek (sheet Tabel Proyek).

Formulir Input memang didesign untuk diisi seluruhnya (tidak ada blank cell). 
Ini tercermin dari perintah :
Set Form1 = Range(Range("F7"), Range("F7").End(xlDown))

Semoga dengan penjelasan ini anda bisa melakukan modifikasi.
Jika masih ada kesulitan, silakan disampaikan kembali ke milis.

Salam,
HK

On Wednesday, 13 November 2013, 14:57, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Mr HK,
saya sudah sesuaikan dengan kehendak saya. kalau bisa mohon ditambahkan lagi dong, seperti Print Data Base, pemilihan Nama Proyek. Dari Nama proyek yang dipilih dan penginputan akan dieksekusi (Save Your New Input), makan hasil inputan tsb (copy pastenya) akan disimpan dalam sheet dari nama proyek yang dituju. Misal kalau nama proyeknya MAN-MNI maka hasil input/copy pastenya ke sheet yang bernama MAN-MNI.
mudah2an Mr HK bisa membantu saya.
terlampir file yang dimaksud.
terima kasih.
ASL

________________________________
To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: hendrikkarnadi@yahoo.com
Date: Mon, 11 Nov 2013 23:52:46 -0800
Subject: Fw: [belajar-excel] Input Data Keuangan [1 Attachment]

 

Nah, ini filenya....

On Tuesday, 12 November 2013, 14:47, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:

 
Coba cari di file milis (file Mbak Siti). 
Form Input dan Lihatnya dipisah, Sheet Input dan Databasenya berada dalam satu workbook (bahkan ada tambahan Historcal Sheet - ide dari Mr. Kid).

Setelah dipelajari, coba sesuaika nama2 kolomnya.

Selamat mencoba.

Salam,
HK

On Tuesday, 12 November 2013, 14:12, Ahmad Syaifullah Lubis <syaifullah@hotmail.com> wrote:

 
Hallo BeExceller
Udah lama nih gak aktif (aktif nanya melulu
Saya dapat dari teman, file input data keuangan, namun tidak dapat jalan. saya liat programnya, namun saya tidak bisa memperbaikinya. mohon bantuannya dong, agar program tsb bisa jalan, syukur2 ditambah lagi dengan penyempurnaan yang lebih bagus. Inti programnya sih hanya hasil inputan data keuangan bisa dimasukkan ke database. Keinginan saya sih, waktu input Kode Act akan muncul nama account yang dimaksud. Lebih2 kalau ada program cetak voucher keluar/masuknya. yah berharap sangat ada membantu saya, yang dah gak sanggup bermacro, cuman pinginnya kerjaannya terbantu dengan macro.
terima kasih.
ASL.

Fri Nov 15, 2013 12:48 am (PST) . Posted by:

"KESI VIZZIANTI"

langsung saja Gan !! tolong di periksa file terlampir
mengapa ya kalau nilainya sama dalam contoh ini 3000 nama partnya langsung
error? mohon bantuannya

terima kasih

Fri Nov 15, 2013 1:48 am (PST) . Posted by:

"ryan" ryandirhamsyah

Dear be-exceler,

Mohon bantuannya untuk memberikan solusi terhadap rumus perhitungan resolution dan uptime pada file terlampir. Adapun kondisinya adalah sbb berikut :


- Waktu layanan adalah Senin - Jum'at (08:00 - 17:00)
- Jumlah hari kerja = 22 hari


kasusnya adalah hasil perhitungan untuk resolution time (kolom E) menjadi tidak sesuai apabila ada problem yang terjadi setelah jam 17:00 (case problem ke-3). Selain daripada itu mohon bantuannya juga apakah rumus yang saya gunakan pada kolom G bisa dikatakan tepat atau tidak?



Terakhir, namun bukan untuk terakhir kalinya terima kasih atas perhatian dan bantuannya.



Terima kasih.

***** Mods *****
kelihatannya file lampirannyaa ketinggalan,
kita tunggu dulu file susulan dari pak Ryan
******************




Fri Nov 15, 2013 1:50 am (PST) . Posted by:

"Tuti Hartati"

Dear Mr.Kid

Mau tanya kenapa ya vba excel yang sudah dibuat pada excel versi 5 tidak
bisa dijalankan diexcel 2010, untuk data saya lampirkan.

Mohon bantuannya, terimakasih.

Best regards,

Tuti Hartati

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar