Minggu, 12 Juni 2011

[belajar-excel] Digest Number 1195

Messages In This Digest (18 Messages)

Messages

1a.

TANYA AKUMULASI DAN NILAI RATA - RATA

Posted by: "stefen" stefen@kofi.co.id

Sat Jun 11, 2011 1:25 am (PDT)



Selamat sore .
Hallo para master yang excel-ent saya mau minta tolong nih
Bagaimana merata-ratakan suatu hasil dan mengakumulasikan
sesuai groupnya masing masing
Utnuk baiknya lihat attachment ya.
Mohon bantuannya.

==============================================================
catatan mods:
daripada jadi masalah;
email pak stefen ini telah diedit total :
semula = semua huruf CAPITAL, saya ganti jadi "style sentence"
==============================================================
1b.

Re: TANYA AKUMULASI DAN NILAI RATA - RATA

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Jun 11, 2011 4:24 am (PDT)



Untuk jumlah total berdasar 1 kriteria, bisa gunakan SumIF
=SUMIF($D$8:$O$8,*TRIM*(V$8),$D9:$O9)

Penggunaan fungsi Trim disebabkan oleh perbedaan tulisan antara header data
dengan header summary. Jika kedua header telah disamakan penulisannya, maka
fungsi Trim bisa dihilangkan.

Untuk multi kriteria, bisa gunakan SumProduct atau array formula Sum.
susunannya :
=SumProduct( (kriteria_data1=kriteria_value1) * .... *
(kriteria_dataN=kriteria_valueN) * *range_data_yang_di_total_ken* )

Ganti SumProduct dengan Sum membutuhkan penekanan Ctrl Shift Enter secara
bersamaan sebagai pengganti penekanan Enter pada umumnya penulisan formula.
Penekanan tiga tombol itu akan membuat formula yang ditulis sebagai array
formula (muncul kurung kurawal mengapit formula).

*Kalkulasi rerata,*
Pada xl2007 ke atas, ada fungsi AverageIF untuk 1 kriteria dan AverageIFs
untuk multi kriteria.
Pada xl2003 ke bawah, bisa menggunakan array formula Average( IF( ) ) atau
komputasi umum menghotung rerata, yaitu Total / Jumlah_Cacah

Total bosa didapat dengan SumIF atau SumProduct seperti di atas
Untuk jumlah cacah, bisa menggunakan :
CountIF pada 1 kriteria
SumProduct atau array formula Sum pada multi kriteria dengan isi fungsi
SumProduct atau array formula Sum adalah kriteria saja tanpa *
range_data_yang_di_total_ken*

Susunan bisa :
=SumProduct( (kriteria_data1=kriteria_value1) * .... *
(kriteria_dataN=kriteria_valueN) )

Penggunaan * untuk kondisi AND (DAN) -> kriteria yang terhubung harus
terpenuhi
Penggunaan + (mengganti *) untuk kondisi OR (ATAU) -> setidaknya salah satu
kriteria terhubung harus terpenuhi

Regard,
Kid.

2011/6/11 stefen <stefen@kofi.co.id>

>
>
> Selamat sore .
> Hallo para master yang excel-ent saya mau minta tolong nih
> Bagaimana merata-ratakan suatu hasil dan mengakumulasikan
> sesuai groupnya masing masing
> Utnuk baiknya lihat attachment ya.
> Mohon bantuannya.
>
> ==============================================================
> catatan mods:
> daripada jadi masalah;
> email pak stefen ini telah diedit total :
> semula = semua huruf CAPITAL, saya ganti jadi "style sentence"
> ==============================================================
>
>
2a.

Fw: [belajar-excel] Mencari file" apa saja yg datanya menggunakan fi

Posted by: "M. Ferdiansyah" muh_ferdy@pusri.co.id   muh_f3rdi4n5yah

Sat Jun 11, 2011 1:47 am (PDT)



----- Original Message -----
From: M. Ferdiansyah
To: milis excel
Sent: Friday, June 10, 2011 2:40 PM
Subject: [belajar-excel] Mencari file" apa saja yg datanya menggunakan file Sumber Data (link)

Dear be-excel,

Saya mempunyai 2 buah file, sebut saja F1 ( sumber data) & F2 ( sample link ).
F1 merupakan kumpulan data yang suatu cellnya digunakan oleh F2, jika kita ingin mengetahui sumber data F2 bisa dengan menggunakan Edit > Edit Link..

tetapi yang ingin saya tanyakan :

1. bagaimana jika kita ingin mengetahui data" dari F1 digunakan oleh file apa saja ?

2.Jika kita ingin mengkopi filenya menggunakan FD, Apakah link-an nya jadi terganggu (error) jika filenya berada di sub folder ? kl ia bagaimana solusinya ?

Mohon pencerahannya..

Regard,

Ferdy
2b.

Re: Fw: [belajar-excel] Mencari file" apa saja yg datanya menggunaka

Posted by: "si Nung" sinung4milis@yahoo.com.sg   sinung4milis

Sat Jun 11, 2011 11:00 pm (PDT)



On 11 Jun 2011 at 15:47, M. Ferdiansyah wrote:

> ----- Original Message -----
> From: M. Ferdiansyah
> To: milis excel
> Sent: Friday, June 10, 2011 2:40 PM
> Subject: [belajar-excel] Mencari file" apa saja yg datanya menggunakan file Sumber Data (link)
>
>
> Dear be-excel,
>
> Saya mempunyai 2 buah file, sebut saja F1 (
> sumber data) & F2 ( sample link ).
> F1 merupakan kumpulan data yang suatu cellnya
> digunakan oleh F2, jika kita ingin mengetahui
> sumber data F2 bisa dengan menggunakan Edit >
> Edit Link..
>
>
> tetapi yang ingin saya tanyakan :
>
> 1. bagaimana jika kita ingin mengetahui data"
> dari F1 digunakan oleh file apa saja ?

trial and error :)

rename F1 menjadi namaapasaja, kemudian
buka semua file selain F1

> 2.Jika kita ingin mengkopi filenya menggunakan
> FD, Apakah link-an nya jadi terganggu (error)
> jika filenya berada di sub folder ? kl ia
> bagaimana solusinya ?

FD = flash disk ?

bila F1 dan F2 dalam satu folder (atau satu subfolder),
insya Allah tetap terkonek (tidak perlu update link)

>
>
> Mohon pencerahannya..
>
> Regard,
>
> Ferdy

cmiiw

sinung

/*-sig-

"Wisdom and knowledge is everywhere,
but so is stupidity."

Reivan

-sig-*/

3a.

Re: Fw: [belajar-excel] macro excel

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Sat Jun 11, 2011 2:32 am (PDT)



Terima kasih Mbak.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, June 11, 2011 11:11:08
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] macro excel

Begini pak, ceritaknya MsgBox kan punya syntaks seperti ini
MsgBox(prompt[, buttons] [, title] [, helpfile, context])

Nah 48 itu untuk mengisi argument (parameter) ke 2 (button)
biasabya kita isi dengan misalnya : VbInformation, VbExclamation dsb
yg kita isikan itu adalah contans yg sudah ditentukan oleh VBA
dan tiap konstata itu punya VALUE misalnya vbInformation = 64
vbExclamation = 48
seperti daftar di bawah ini
Argument BUTTON pada MsgBox Function
Constant Value Description
vbOKOnly 0 Display OK button only.
vbOKCancel 1 Display OK and Cancel buttons.
vbAbortRetryIgnore 2 Display Abort, Retry, and Ignore buttons.
vbYesNoCancel 3 Display Yes, No, and Cancel buttons.
vbYesNo 4 Display Yes and No buttons.
vbRetryCancel 5 Display Retry and Cancel buttons.
vbCritical 16 Display Critical Message icon.
vbQuestion 32 Display Warning Query icon.
vbExclamation 48 Display Warning Message icon.
vbInformation 64 Display Information Message icon.
vbDefaultButton1 0 First button is default.
vbDefaultButton2 256 Second button is default.
vbDefaultButton3 512 Third button is default.
vbDefaultButton4 768 Fourth button is default.
vbApplicationModal 0 Application modal; the user must respond to the message
box before continuing work in the current application.

vbSystemModal 4096 System modal; all applications are suspended until the user
responds to the message box.

vbMsgBoxHelpButton 16384 Adds Help button to the message box.
VbMsgBoxSetForeground 65536 Specifies the message box window as the foreground
window.

vbMsgBoxRight 524288 Text is right aligned.
vbMsgBoxRtlReading 1048576 Specifies text should appear as right-to-left
reading on Hebrew and Arabic systems.

2011/6/11 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

>Mbak Siti,
>
>Mau nanya ..., angka "48" dalam code di bawah ini (yang juga sering muncul dalam
>code yang Mbak buat) berfungsi untuk apa ?
>
>MsgBox "data MTBF belum diisi!", 48, "Hayyah!"
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
3b.

Re: Fw: [belajar-excel] macro excel

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Sat Jun 11, 2011 2:49 am (PDT)



Terima kasih Pak Fran'z.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Franciscus SOG <jclugbu@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, June 11, 2011 11:10:19
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] macro excel

Dear Hendrik,

Saya coba jawab ya. Abis dari tadi nunggu pertanyaan dari milist ga ada2.

48 » vbExclamation
64 » vbInformation
16 » vbCritical
32 » vbQuestion

Angka ini hanya dapat digunakan bersamaan dengan coding Msgbox, dan
merupakan syntax untuk [Buttons As VbMsgBox Style = vbOkOnly] yang
tidak dapat terpisahkan dan merupakan satu kesatuan utuh.

Tujuannya untuk mempersingkat coding sesuai moto miss ctv "ringkas,
cepat, tepat".

CMIIW

Blessings,

Fran'z

On 6/11/11, hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com> wrote:
> Mbak Siti,
>
> Mau nanya ..., angka "48" dalam code di bawah ini (yang juga sering muncul
> dalam
> code yang Mbak buat) berfungsi untuk apa ?
> MsgBox "data MTBF belum diisi!", 48, "Hayyah!"
>
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
>
> ----- Forwarded Message ----
> From: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Sent: Saturday, June 11, 2011 2:22:30
> Subject: Re: [belajar-excel] macro excel
>
>
> penjelasannya kok minim sekali yaaa, jadi apa yg akan terbaca di bawah ini
> hanyalah
> khayalanku sendiri..
> (1) membuat grafikotomatis
> Saya ndak tahu caranya; tetapi kalau membuat CHART otomatis .. ya tahu lah
> dikitts,
> asal.. tabel yg mau dibuat chartnya sudah ADA
> Tabel anda mana ??, apakah data yg anda tulis di email itu dianggap tabel
> di bagian mana nya saja yg mau dianggap tabel (hingga harus tampak di
> Chart-nya?)
>
> (2) membuat "button" ?
> Bisaa
>
> Aktifkan Toolbar yg bernama Control Toolbox (menu : View > Toolbax >
> Control
> Toolbox)
> ( anda kami anggap memakai excel 2003 )
> Di situ banyak icon yg berupa tool untuk membuat (menginstance) ActiveX
> Control
> antara lain: CommandButton.
> Klik ikonnya, goreskan mouse pointer di sheet, maka terbentuklan sebuah
> CommandButton
> Atur atur dikit dengan kotak property nya (misal warna, nama, caption
> Letak dan ukuran lebih gampang diatur pakai mouse (seret kesana, seret
> kesini..)
>
> Makro-nya (agar bisa mengisi data MTBF MTTR) kira kira seperti ini
> Dianggap: data-data yg ada ei email itu tertulisnya di Sheets
> Data MTBF ada di C8, MTTR adadi C9)
>
> Ini serba "mengarang sendiri" karena anda datang sebagai "pendekar bertangan
> kosong"
> (gak bawa sheet gito loch..)
>
> Private Sub CommandButton1_Click()
> UserForm1.Show
> End Sub
>
> Setelah selesai mengatur CommandButton; jangan lupa: keluar dari DesignMode
> ,
> (klik ikon
> Exit Design Mode pada Toolbar yg diceritakan di atas.)
>
> Userform nya berisi beberapa prosedur (makro) salah satunya spt ini
> (userform dibuat denan menu Insert > UserForm di jendela Visual Basic
> Editor,
> sedangkan Jendela VBE itu dapat dihadirkan dengan ALt + F11)
>
> Private Sub Cmd_OK_Click()
> ' INPUT DICEGAH BILA SALAH SATU TEXTBOX MASIH KOSONG
> If TxtMTBF = vbNullString Then
> MsgBox "data MTBF belum diisi!", 48, "Hayyah!"
> Exit Sub
> End If
> If TxtMTTR = vbNullString Then
> MsgBox "data MTTR belum diisi!", 48, "Hayyah!"
> Exit Sub
> End If
> ' MEMASUKKAN INPUT KE CELLS
> Range("C8") = CLng(TxtMTBF)
> Range("C9") = CLng(TxtMTTR)
> End Sub
>
> Saya yaQQin bahwa apa yg kita ajukan ini (workbook & "per-makro-an" nya
> pasti
> tidak cocok
> dengan kehendak anda.
> Tatapi, enaknya (bagi saya), anda tidak bisa komplain karena ssebelumnya
> anda
> tidak pernah
> mengajukan syarat (spesifikasi dan limitation) & penjelasan yg memadai.
> (kalau misalnya tetap komplain juga, ya ndak pa pa, tetap akan dibantu,
> kalau
> kita mampu
> menangkap maksod penjelsan anda, maupun mampu membuatnya)
>
>
>
>
>
> 2011/6/10 anggraini <gadiezqu@yahoo.co.id>
>
> no : 1
>>nama peralatan : x ray 1
>>waktu operasi : 24x30x6 (menit)
>>waktu gagal : ( 200 menit)
>>jumlah gagal : 6 kali
>>MTBF : 100 menit
>>MTTR : 50 menit
>>% availibility : adalah waktu operasi / waktu gagal * 100%
>>
>>bagaimana sya membuat dengan makro yang secara otomatis terbentuk grafik?
>>bisakah sy membuat semacam button untuk mengisi data di MTBF dan MTTR?
>> thanks
>>
>>
>

3c.

Re: Fw: [belajar-excel] macro excel

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Jun 11, 2011 3:54 am (PDT)



Jika ingin icon vbExclamation dengan button pilihan Yes No dan Cancel, maka
jumlah konstanta terkait

Contoh :

MsgBox sTeksPesan, vbExclamation + vbYesNoCancel, sTeksTitel

Regard,
Kid.

On Sat, Jun 11, 2011 at 11:11, STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com> wrote:

>
>
> Begini pak, ceritaknya MsgBox kan punya syntaks seperti ini
> *MsgBox(prompt*[, *buttons*] [, *title*] [, *helpfile*, *context*]*)*
>
> Nah 48 itu untuk mengisi argument (parameter) ke 2 (button)
> biasabya kita isi dengan misalnya : VbInformation, VbExclamation dsb
> yg kita isikan itu adalah contans yg sudah ditentukan oleh VBA
> dan tiap konstata itu punya VALUE misalnya vbInformation = 64
> vbExclamation = 48
> seperti daftar di bawah ini
>
> * *
>
>
>
> *Argument BUTTON pada MsgBox Function*
>
> *Constant*
>
> *Value*
>
> *Description*
>
> *vbOKOnly*
>
> 0
>
> Display *OK* button only.
>
> *vbOKCancel*
>
> 1
>
> Display *OK* and *Cancel* buttons.
>
> *vbAbortRetryIgnore*
>
> 2
>
> Display *Abort*, *Retry*, and *Ignore* buttons.
>
> *vbYesNoCancel*
>
> 3
>
> Display *Yes*, *No*, and *Cancel* buttons.
>
> *vbYesNo*
>
> 4
>
> Display *Yes* and *No* buttons.
>
> *vbRetryCancel*
>
> 5
>
> Display *Retry* and *Cancel* buttons.
>
> *vbCritical*
>
> 16
>
> Display *Critical Message* icon.
>
> *vbQuestion*
>
> 32
>
> Display *Warning Query* icon.
>
> *vbExclamation*
>
> 48
>
> Display *Warning Message* icon.
>
> *vbInformation*
>
> 64
>
> Display *Information Message* icon.
>
> *vbDefaultButton1*
>
> 0
>
> First button is default.
>
> *vbDefaultButton2*
>
> 256
>
> Second button is default.
>
> *vbDefaultButton3*
>
> 512
>
> Third button is default.
>
> *vbDefaultButton4*
>
> 768
>
> Fourth button is default.
>
> *vbApplicationModal*
>
> 0
>
> Application modal; the user must respond to the message box before
> continuing work in the current application.
>
> *vbSystemModal*
>
> 4096
>
> System modal; all applications are suspended until the user responds to the
> message box.
>
> *vbMsgBoxHelpButton*
>
> 16384
>
> Adds Help button to the message box.
>
> *VbMsgBoxSetForeground*
>
> 65536
>
> Specifies the message box window as the foreground window.
>
> *vbMsgBoxRight*
>
> 524288
>
> Text is right aligned.
>
> *vbMsgBoxRtlReading*
>
> 1048576
>
> Specifies text should appear as right-to-left reading on Hebrew and Arabic
> systems.
> *
> *
> 2011/6/11 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
>>
>>
>> Mbak Siti,
>>
>> Mau nanya ..., angka "48" dalam code di bawah ini (yang juga sering muncul
>> dalam code yang Mbak buat) berfungsi untuk apa ?
>>
>> MsgBox "data MTBF belum diisi!", 48, "Hayyah!"
>>
>> Salam,
>> Hendrik Karnadi
>>
>>
>>
>
4a.

Re: Hitung Jml Bln Penyusutan pke Excel

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Jun 11, 2011 3:51 am (PDT)



Setelah mengumpulkan sebagian kriteria, semoga formula untuk Bln (n) pada
file terlampir bisa memberi gambaran proses kalkulasinya.

Dengan bantuan sebuah kolom yang berisi tanggal mulai yang relatif seragam,
maka bisa disusun 4 kondisi yang lebih tetap.
Jika tidak ingin menggunakan kolom bantu, silakan dimasukkan sendiri ke
dalam formula.

Regard,
Kid.

2011/6/10 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Kalo menurut saya, (koreksi kalo salah)
> gak ada yang harusnya jmlny 3 karena tidak ada kalimat jelas seluruh
> kriteria kondisi yang diungkapkan
> jadi solusi pasti untuk satu kondisi per koindisi
> artinya, untuk kondisi selainnya harus dicari solusinya lagi dan maslah tak
> akan pernah selesai
> jika selesai, sangat besar tidak efisien.
>
> Coba tulis semua kondisi beserta contoh data yang memenuhi semua kondisi
>
> pasti banyak member yang bisa memberi masukan untuk merangkum kondisi
> sebagai formula universal
>
> Kid.
>
>
> 2011/6/10 andy <duccio_inocenti@yahoo.com>
>
>>
>>
>> bisa d coba pada attachments jika tanggal pelaporan d bawah PT Wisma Mapan
>> Lestari jadi 31/12/2011, dan tanggal perolehan aset no.1 jadi 23/9/2011 maka
>> seharusnya pada kolom [Penyst Tahun 2011 Bln(n)] harusnya jmlny 3 bukan 12,
>> itu bagaimana ya??selebihny kayakny sudah benar..
>> Thanks
>>
>>
>> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>> >
>> > Coba :
>> >
>> =IF((YEAR($F8)<=$C$2)*(YEAR($F8)+$K8>$C$2),12-(MONTH($F8)-(DATE(YEAR($F8),MONTH($F8)+1,1)-$F8>=15))*(YEAR($F8)+$K8=$C$2),0)
>> >
>> > Kid.
>> >
>> > 2011/6/9 andy nugroho <duccio_inocenti@...>
>>
>> >
>> > >
>> > >
>> > > Assalamualaikum Wr. Wb.
>> > >
>> > > Mohon bantuanny master excel sekalian bagaimana cara menghitung jml
>> bulan
>> > > yang dilalui aktiva tetap terhitung dari tanggal perolehannya dimana
>> ada 2
>> > > kondisi jumlah bulan sebelum tanggal pelaporan (n-1) dan jumlah bulan
>> pada
>> > > tanggal / tahun pelaporan (n), penjelasan lebih lanjut dapat dilihat
>> pada
>> > > attached..
>> > >
>> > >
>> > > Regards
>> > >
>> > >
>> > > Andi
>> > >
>> > >
>> > >
>> >
>>
>>
>>
>
>
5a.

Re: Laporan Akhir Tahun 2011

Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com   elijah_spirit

Sat Jun 11, 2011 7:23 pm (PDT)



Dear nunuh,

Senang bisa membantu. Thanks atas doanya.

Blessings,

Fran'z

On 6/11/11, Muh Nuh Haikal <juz13_9999@yahoo.co.id> wrote:
> Salam sejahtera pak Franz, terima kasih solved problemnya sangat membantu
> pekerjaan saya, semoga karir sukses menyertai pak Franz selalu,
>
> nunuh s
>
>
> --- Pada Sab, 11/6/11, Franciscus SOG <jclugbu@gmail.com> menulis:
>
> Dear nunuh,
> Yang Anda perlukan hanya list unique berdasarkan kriteria awal dan
> kriteria akhir. Selebihnya tinggal gunakan rumus SUMPRODUCT.
>
> List Unique :
> =IF(ISNA(INDEX(master_data!$D$3:$D$11;MATCH(0;COUNTIF($B$9:B9;IF((MONTH(master_data!$B$3:$B$11)>=$D$2)*(MONTH(master_data!$B$3:$B$11)<=$D$4);master_data!$D$3:$D$11;""));0)));"";INDEX(master_data!$D$3:$D$11;MATCH(0;COUNTIF($B$9:B9;IF((MONTH(master_data!$B$3:$B$11)>=$D$2)*(MONTH(master_data!$B$3:$B$11)<=$D$4);master_data!$D$3:$D$11;""));0)))
>
> Seperti luar biasanya, akhiri dengan menekan tombol Ctrl + Shift +
> Enter bersamaan.
>
> Untuk consol Januari - Februari, pada Proyek Citra Gran - Cibubur
> untuk nilai Material dan Upah = 0. Sepertinya ada kecelakaan
> pengetikan.
>
> CMIIW.
>
> Blessings,
> Fran'z
>
>

5b.

Re: Laporan Akhir Tahun 2011

Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com   elijah_spirit

Sat Jun 11, 2011 7:58 pm (PDT)



Dear nunuh,

Mungkin maksud Anda seperti pada attachment, dimana setiap bulan
diinsert sebuah row sebagai pembatas (karena Anda menyertakan
attachment yang berbeda dengan topik). Rumus sudah dimodifikasi dengan
penambahan (LEN(master_data!$D$3:$D$13) pada logika countif.

=IF(ISNA(INDEX(master_data!$D$3:$D$13;MATCH(0;COUNTIF($B$9:B9;IF((MONTH(master_data!$B$3:$B$13)>=$D$2)*(MONTH(master_data!$B$3:$B$13)<=$D$4)*(LEN(master_data!$D$3:$D$13)>0);master_data!$D$3:$D$13;""));0)));"";INDEX(master_data!$D$3:$D$13;MATCH(0;COUNTIF($B$9:B9;IF((MONTH(master_data!$B$3:$B$13)>=$D$2)*(MONTH(master_data!$B$3:$B$13)<=$D$4)*(LEN(master_data!$D$3:$D$13)>0);master_data!$D$3:$D$13;""));0)))

CMIIW

Blessings,

Fran'z

On 6/11/11, Muh Nuh Haikal <juz13_9999@yahoo.co.id> wrote:
> Dear para suhu Be-Excel
>
> setelah ada modif dari penulisan di sheet master data ada row kosong untuk
> pemisah pada bulan ternyata di sheet lap akhir jd ada row kosong ada rumus
> yg laen wlo ada row kosong di sheet master data tapi di sheet lap akhir
> tidak terpengaruh, terima kasih atas pencerahannya, maaf pak Frans jd
> merepotkan nich.,,,mkasih (file masalah dilampirkan lg nich)
>
> regards,
> nunuh
>
> --- Pada Sab, 11/6/11, Franciscus SOG <jclugbu@gmail.com> menulis:
>
>
> Dari: Franciscus SOG <jclugbu@gmail.com>
> Judul: Re: [belajar-excel] Laporan Akhir Tahun 2011
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Tanggal: Sabtu, 11 Juni, 2011, 5:02 AM
>
>
>
>
>
>
> Dear nunuh,
>
> Yang Anda perlukan hanya list unique berdasarkan kriteria awal dan
> kriteria akhir. Selebihnya tinggal gunakan rumus SUMPRODUCT.
>
> List Unique :
> =IF(ISNA(INDEX(master_data!$D$3:$D$11;MATCH(0;COUNTIF($B$9:B9;IF((MONTH(master_data!$B$3:$B$11)>=$D$2)*(MONTH(master_data!$B$3:$B$11)<=$D$4);master_data!$D$3:$D$11;""));0)));"";INDEX(master_data!$D$3:$D$11;MATCH(0;COUNTIF($B$9:B9;IF((MONTH(master_data!$B$3:$B$11)>=$D$2)*(MONTH(master_data!$B$3:$B$11)<=$D$4);master_data!$D$3:$D$11;""));0)))
>
> Seperti luar biasanya, akhiri dengan menekan tombol Ctrl + Shift +
> Enter bersamaan.
>
> Untuk consol Januari - Februari, pada Proyek Citra Gran - Cibubur
> untuk nilai Material dan Upah = 0. Sepertinya ada kecelakaan
> pengetikan.
>
> CMIIW.
>
> Blessings,
>
> Fran'z
>
> On 6/11/11, Muh Nuh Haikal <juz13_9999@yahoo.co.id> wrote:
>> Salam sukses para Be-Exceler & Para Suhu Be-Excel
>>
>> Bravo Be-Excel semoga tetap semangat dan semakin eksis sllu saya punya
>> kasus
>> untuk laporan akhir tahun 2011 tapi akhir bulan ini saya harus siapkan
>> untuk
>> 6 bulan terakhir,semoga para suhu be-excel bisa membantu, semoga gak
>> bosan2ny untuk solved setiap case....
>>
>> nunuh s
>
>
>
>
>
>
6a.

Lock Cell

Posted by: "raodah19@ymail.com" raodah19@ymail.com   raodah19@ymail.com

Sat Jun 11, 2011 8:34 pm (PDT)



Dear All,
Please need help buat case ini.
saya membuat rumus dengan Vlookup untuk memudahkan saya dalam hal pencarian data.namun, file xl saya tersebut saya share kepada user lainnya.Nah,sering kali rumus saya dikacaukan. bagaimana agar dapat lock cell tertentu (yg memakai rumus )sehingga hanya beberapa cell yang dapat diinput atau diubah oleh yang lain.

teima kasih sebelumnya.

6b.

Re: Lock Cell

Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com   elijah_spirit

Sat Jun 11, 2011 8:48 pm (PDT)



Dear raodah,

1. Block semua cell yang ada di sheet tersebut.
2. Format cells » Protection » Unchecked "Locked"
3. Block cell yang Anda ingin di locked.
4. Format cells » Protection » Checked "Locked"
5. Protect sheet Anda.

Cell selain di locked bisa juga di hidden (untuk mencegah rumus atau
nilai dilihat oleh orang lain).

Blessings,

Fran'z

On 6/12/11, raodah19@ymail.com <raodah19@ymail.com> wrote:
> Dear All,
> Please need help buat case ini.
> saya membuat rumus dengan Vlookup untuk memudahkan saya dalam hal pencarian
> data.namun, file xl saya tersebut saya share kepada user lainnya.Nah,sering
> kali rumus saya dikacaukan. bagaimana agar dapat lock cell tertentu (yg
> memakai rumus )sehingga hanya beberapa cell yang dapat diinput atau diubah
> oleh yang lain.
>
> teima kasih sebelumnya.
>
>

6c.

Re: Lock Cell

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sat Jun 11, 2011 8:55 pm (PDT)



buka workbook

aktifkan sheet yg akan di proteksi

select / blok SEMUA CELLs
cara paling mudah pilih salah satu cell lalu tekan Ctrl A
atau klik kotak di atas header 1 / di sebelah kiri header A

(excel 2007) Ribbon: tab Home > group: Cells > FORMAT > Format Cells.. >
pilih Tab Protection
(Excel 2003) Menu: Format > Cells.. > Pilih Tab Protection
Cari CheckBox 'LOCKED' lalu *hilangkan contrengannnya.*
Klik OK

Maksud tindakan "non medis" ini adalah untuk meng-UnLokced SEMUA CELLS

Sekarang Blok-Lah (atau Select-lah) Range yg berisi RUMUS dam atau Range yg
ingin di LOCKED
Ulangi tindakan menghadirkan DialogBox Tab Protection;
tetapi kali ini CheckBox LOKCED = *di-Contreng *! Treng !!

Sekarang semua cells/Range berisi RUMUS (atau cell/range yg anda kehendaki)
sudah di LOCKED.
Tetapi Locking ini baru akan berefek, manakala sudah ada tindakan
memproteksi Sheet.
Jadi Proteksilah sheet sekarang dengan :

(excel 2007): Ribbon : Tab Review > Group: Change > Klik Ikon Protect
Sheet..
(excel 2003): Menu: Tools Protextion > Protect Sheet..
di situ ada kesempatan memilih bagian apa saya yg diking di beri treatment
proteksi dan juga
ada kesempatan memasang password

-siti-

2011/6/12 raodah19@ymail.com <raodah19@ymail.com>

> Dear All,
> Please need help buat case ini.
> saya membuat rumus dengan Vlookup untuk memudahkan saya dalam hal pencarian
> data.namun, file xl saya tersebut saya share kepada user lainnya.Nah,sering
> kali rumus saya dikacaukan. bagaimana agar dapat lock cell tertentu (yg
> memakai rumus )sehingga hanya beberapa cell yang dapat diinput atau diubah
> oleh yang lain.
>
> teima kasih sebelumnya.
>
6d.

Re: Lock Cell

Posted by: "Raodah Murni" raodah19@ymail.com   raodah19@ymail.com

Sat Jun 11, 2011 9:04 pm (PDT)



thax a lot :) it help me so much
7a.

Re: Penggunaan file excel yang memiliki makro bisa membahayakan komp

Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com   elijah_spirit

Sat Jun 11, 2011 8:36 pm (PDT)



Selama ini, dari sejak saya bergabung s/d sekarang. Belum ditemukan adanya
macro yang sifatnya destroy tetapi solved.

Jika Anda ragu akan macro yang terdapat dalam file excel, maka Anda tidak
perlu langsung men-enabled macro tersebut, tetapi Anda dapat Debug » Step
Into [F8] melalui Microsoft Visual Basic yang terdapat pada Microsoft Excel
dengan menekan Alt+F11.

Jika dirasa coding tersebut berbahaya dapat dinonaktifkan dengan menambah
tanda baca ' pada awal baris coding tersebut atau baris coding tersebut
dapat Anda delete.

Blessings,

Fran'z

--
View this message in context: http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Penggunaan-file-excel-yang-memiliki-makro-bisa-membahayakan-komputer-tp4477903p4480851.html
Sent from the Milis Belajar Excel mailing list archive at Nabble.com.

8a.

Conditional formating ( Equal with tanpa menampilkan angka )

Posted by: "raodah19@ymail.com" raodah19@ymail.com   raodah19@ymail.com

Sat Jun 11, 2011 9:01 pm (PDT)



Dear all user :),
salam kenal, please advice untuk kondisi ini :
biasanya saya menggunakan conditional formating ( equal with )untuk coloring item tertentu. NAh, kendalanya. hingga saat ini, conditional formating terlihat tidak rapi sebab selain cellnya berwarna, d cell tersebut tercantum angka.

thx b4 :D

================================================================
catatan mods:
untuk hal hal yg sulit dijelaskan hanya dengan kata-kata
akan lebih baik kalau dilampiri workbook berisi contoh set data
================================================================

8b.

Re: Conditional formating ( Equal with tanpa menampilkan angka )

Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com   elijah_spirit

Sat Jun 11, 2011 9:13 pm (PDT)



Dear raodah,

Karena Anda pendekar bertangan kosong (tidak membawa sheet) maka saya
mengasumsikan bahwa Anda ingin angka tersebut tidak nampak di cell
yang memenuhi conditional formating yang bernilai "TRUE". Untuk
mengakali hal ini, ubah warna font sama dengan warna fill yang Anda
buat. Misalnya fill = red, maka font = red.

CMIIW

Blessings,

Fran'z

On 6/12/11, raodah19@ymail.com <raodah19@ymail.com> wrote:
> Dear all user :),
> salam kenal, please advice untuk kondisi ini :
> biasanya saya menggunakan conditional formating ( equal with )untuk coloring
> item tertentu. NAh, kendalanya. hingga saat ini, conditional formating
> terlihat tidak rapi sebab selain cellnya berwarna, d cell tersebut tercantum
> angka.
>
> thx b4 :D
>
>
> ================================================================
> catatan mods:
> untuk hal hal yg sulit dijelaskan hanya dengan kata-kata
> akan lebih baik kalau dilampiri workbook berisi contoh set data
> ================================================================
>

9.

Bls: [belajar-excel] Lock Cell

Posted by: "Arif Ubaidillah" arif_inoel@yahoo.com   arif_inoel

Sat Jun 11, 2011 9:02 pm (PDT)



Proteksi saja sheetnya, biar rumusny tidak di rubah rumusny. Atau proteksi cell dengan cara semua cell di unlock kecuali yang ada rumusny lewat format cell kemudian di protec worksheetnya.

Pada Ming, 12 Jun 2011 10:33 WIB raodah19@ymail.com menulis:

>Dear All,
>Please need help buat case ini.
>saya membuat rumus dengan Vlookup untuk memudahkan saya dalam hal pencarian data.namun, file xl saya tersebut saya share kepada user lainnya.Nah,sering kali rumus saya dikacaukan. bagaimana agar dapat lock cell tertentu (yg memakai rumus )sehingga hanya beberapa cell yang dapat diinput atau diubah oleh yang lain.
>
>teima kasih sebelumnya.
>

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar