Senin, 20 Juni 2011

[belajar-excel] Digest Number 1205

Messages In This Digest (10 Messages)

1a.
Vlookup From: yogassantika@yahoo.co.id
2a.
Fungsi VLOOKUP From: yogassantika@yahoo.co.id
2b.
Re: Fungsi VLOOKUP From: STDEV(i)
3a.
Re: Formula Average dengan Kriteria ganda From: Bayu
3b.
Re: Formula Average dengan Kriteria ganda From: agung_widodo@sanyo.com
4a.
Tanya buat file dari sheet From: akbar arsyad
4b.
Re: Tanya buat file dari sheet From: Mr. Kid
4c.
Re: Tanya buat file dari sheet From: HerrSoe
5a.
mengabung 2 kolom_format text dengan format tanggal From: Danang Yuliyanto
5b.
Re: mengabung 2 kolom_format text dengan format tanggal From: Mr. Kid

Messages

1a.

Vlookup

Posted by: "yogassantika@yahoo.co.id" yogassantika@yahoo.co.id

Sun Jun 19, 2011 6:33 am (PDT)



Master tanya nich bisa Ñǥαќ>:/ vlookup terbaca dari atas ke bawah dan sebaliknya
2a.

Fungsi VLOOKUP

Posted by: "yogassantika@yahoo.co.id" yogassantika@yahoo.co.id

Sun Jun 19, 2011 7:06 am (PDT)



Gmna yua rumus vlook up misal ,,,

Kolom A RW 03 sedangkan kolom B ingin anggota kolom A misal RT 01,,kolom C RT O2,,,dengan rumusss vlookup pda 1data,,,,

==============================================
Mod Note:
SUBJECT semula kosong, dan di edit oleh mod;
agar email ini menjadi memenuhi aturan milis.
Dimohon hal spt ini tidak terulang kembali.
==============================================
2b.

Re: Fungsi VLOOKUP

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Jun 19, 2011 7:12 am (PDT)



Bisakah diberikan contoh .. sedikiiiiittt saja.. (dlm sebuah sheet)
contoh :
1. Tabel yg akan dirujuk
2. Kriteria (lookUp Value)
3. Hasil yg diinginkan

Dengan penjelasan minim ini sepertinya sulit dibayangkan apa yg diinginkan.
Ditunggu yaa...

2011/6/19 <yogassantika@yahoo.co.id>

> Gmna yua rumus vlook up misal ,,,
>
> Kolom A RW 03 sedangkan kolom B ingin anggota kolom A misal RT 01,,kolom C
> RT O2,,,dengan rumusss vlookup pda 1data,,,,
>
>
> ==============================================
> Mod Note:
> SUBJECT semula kosong, dan di edit oleh mod;
> agar email ini menjadi memenuhi aturan milis.
> Dimohon hal spt ini tidak terulang kembali.
> ==============================================
>
>
3a.

Re: Formula Average dengan Kriteria ganda

Posted by: "Bayu" financial.study@phi-integration.com   feris.thia@ymail.com

Sun Jun 19, 2011 11:46 am (PDT)



Pak Agung,

Saya coba kasih solusi tapi dengan penggunaan sheet tambahan dan pivot,
karena saya biasa di OLAP dan memang data seperti ini perlu transformasi.

Mudah-mudahan benar dan membantu...

Regards,

Bayu

2011/6/10 <agung_widodo@sanyo.com>

>
>
> **
> Terimakasih Mr Kid, atas sumbangan formulanya.
> Namun saya menemukan kejanggalan saat formula ini diaplikasikan dalam sel
> kuning dalam lampiran.
> Ada angka rata-rata bernilai 4,5 pada hari itu, padahal tiap hari kerja
> (normal) angka maksimum adalah 3.
> Dan ada formula lain masih saya butuhkan.
> *(terlampir)*
> **
> Dan sebagai gambaran,
> Metode yang saat ini kami pakai sebagai berikut:
> 1. Setiap karyawan ditotal (SUM) dulu ke samping, nilai OTnya hingga hari
> ini akan berubah progressive tiap hari.
> 2. Dilakukan Filter terhadap OT dan Direct/Indirect
> 3. Disorot nilai Totalnya, Dilihat dipojok bawah layar, berapa Averagenya.
>
> Bagaimanakah formula untuk melakukan tahapan ini?
>
> Salam
> Agung W
>
3b.

Re: Formula Average dengan Kriteria ganda

Posted by: "agung_widodo@sanyo.com" agung_widodo@sanyo.com

Sun Jun 19, 2011 5:46 pm (PDT)



Terimakasih banyak Mr.Kid.
Objective tercapai sesuai keinginan.

Maaf saya mungkin kurang analisa dari solusi yang ditawarkan sebelumnya.

Terimakasih juga untuk Pak Sudarsono dan mas Bayu atas sarannya, juga yang lain

Wassalam
Agung Widodo

________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Saturday, June 18, 2011 3:21 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Average dengan Kriteria ganda

Tetap saja solusi yang ditawarkan sama.
Array formula : (Tulis formula tanpa tanda kurung kurawal.Jangan tekan Enter. Selesai tulis formula tekan 3 tombol barengan, yaitu tombol Ctrl SHift Enter. )
=SUM(($A$3:$A$29=$A33)*IF($D$3:$D$29="OT",$E$3:E$29))/SUM(($A$3:$A$29=$A33)*($D$3:$D$29="OT"))

Array formula ini bekerja ketika range data tersusun pada area seperti file terlampir. Sesuaikan references termasuk absolut reference (tanda $) untuk diterapkan pada data yang area datanya berbeda dengan file terlampir).

Regard,
Kid.

2011/6/18 <agung_widodo@sanyo.com<mailto:agung_widodo@sanyo.com>>

Dear para Excellers,

Akhir-akhir ini sering diangkat topik tentang Average,
Melanjutkan topik lama yang belum ketemu solusinya,

Berikut ini terlampir kasus lama/senada dengan penjelasan yang(mungkin) lebih gamblang.
(karena di milis memang sering yang salah adalah Penanya yang nggak tahu Gimana bentuk pertanyaan yang jelas)
Bukan Gurunya yang salah kasih jawaban.
(Maaf Mr. Kid yang sudah coba beri solusi)

Pertanyaan :
Bagaimana menghitung rata-rata dari jumlah-jumlah data yang berkriteria (ganda) dimana jumlah-jumlah tersebut berubah secara progressive.

Perincian dalam lampiran

Wassalam
Agung Widodo
________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Friday, June 10, 2011 11:39 AM

To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Average dengan Kriteria ganda

Mungkin tanda reference absolut belum disesuaikan dengan kebutuhan.
Misal :
=SUM(IF(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT"),$E$2:G$53))/SUM(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT")*(LEN($E$2:G$53)>0))
Sedangkan hasil sorot average di status bar hanya dari 1 kolom saja.

Kid.

2011/6/10 <agung_widodo@sanyo.com<mailto:agung_widodo@sanyo.com>>

Terimakasih Mr Kid, atas sumbangan formulanya.
Namun saya menemukan kejanggalan saat formula ini diaplikasikan dalam sel kuning dalam lampiran.
Ada angka rata-rata bernilai 4,5 pada hari itu, padahal tiap hari kerja (normal) angka maksimum adalah 3.
Dan ada formula lain masih saya butuhkan.
(terlampir)

Dan sebagai gambaran,
Metode yang saat ini kami pakai sebagai berikut:
1. Setiap karyawan ditotal (SUM) dulu ke samping, nilai OTnya hingga hari ini akan berubah progressive tiap hari.
2. Dilakukan Filter terhadap OT dan Direct/Indirect
3. Disorot nilai Totalnya, Dilihat dipojok bawah layar, berapa Averagenya.

Bagaimanakah formula untuk melakukan tahapan ini?

Salam
Agung W

________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Friday, June 10, 2011 6:46 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com>
Subject: Re: [belajar-excel] Formula Average dengan Kriteria ganda

Coba array formula :
=SUM(IF(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT"),E$2:$E$53))/SUM(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT")*(LEN(E$2:$E$53)>0))

Untuk average seperti hasil status bar, maka yang dikalkulasi hanya yang punya item saja.

Bagian yang hijau adalah jumlah total seluruh item sesuai kriteria
Pada bagian yang hijau, digunakan IF karena ada nilai non numerik pada kolom nilai (kolom E).

Bagian yang biru untuk menghitung jumlah item yang tidak blank, dan angka 0 adalah sebuah item (tidak blank)
Bagian yang biru dan di bold adalah penentu penghitung jumlah item berdasar isi kolom nilai (kolom E)

Regard,
Kid.

2011/6/9 <agung_widodo@sanyo.com<mailto:agung_widodo@sanyo.com>>

Para Exceler,

Bagaimana formula untuk menghitung Rata-rata dengan kriteria berganda,
Hasil Formula Average dari teman dimilis disini berbeda dibanding dihitung dengan mengaktifkan Filter dan di Sort - Average Mode ON

Perincian lebih lanjut ada pada lampiran.
Maaf kalau diposting ulang, berhubung kasus belum tuntas.

Mohon Bantuannya,

Terima kasih

4a.

Tanya buat file dari sheet

Posted by: "akbar arsyad" akbar_arsyad@yahoo.co.id   akbar_arsyad

Sun Jun 19, 2011 11:25 pm (PDT)



Dear Penggiat Excel,

Saya ingin bertanya,
Saya punya satu file dengan isi sekitar 20 sheet.
Adakah cara yang memungkinkan saya untuk membuat sheet-sheet tersebut menjadi
masing-masing satu sheet dalam satu file secara otomatis dengan nama yang sesuai
dengan nama sheet tersebut.


Terima Kasih,
Akbar Jamaluddin Arsyad
4b.

Re: Tanya buat file dari sheet

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sun Jun 19, 2011 11:27 pm (PDT)



Besok lagi jangan cross posting ya Pak. Please.

Kid.

2011/6/20 akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Penggiat Excel,
>
> Saya ingin bertanya,
> Saya punya satu file dengan isi sekitar 20 sheet.
> Adakah cara yang memungkinkan saya untuk membuat sheet-sheet tersebut
> menjadi masing-masing satu sheet dalam satu file secara otomatis dengan nama
> yang sesuai dengan nama sheet tersebut.
>
>
> Terima Kasih,
>
> Akbar Jamaluddin Arsyad
>
>
>
>
4c.

Re: Tanya buat file dari sheet

Posted by: "HerrSoe" herrsoe@gmail.com   herrsoe

Mon Jun 20, 2011 12:45 am (PDT)



Waduh.. kebetulan ini sudah ada contohnya, dulu pernah ditayangkan (oleh
mbak siti) di milis.

Setiap sheet dlm [workbook aktip] dicopy dijadikan book baru langsung
disimpan
dan ditutup dengan nama Sheet sbg nama workbook (misal sheet Januari
menjadi Januari.xls)

Tempat savingnya seFolder dengan beradanya [workbook-aktip] tadi; asli
workbook
tetap aman. Jika ingin melihat hasilnya bukalah foldernya lalu lihat apakah
ada
penambahan workbook baru.

'-------- vba code--- di module standard-----
' ( tadi sudah ijin ke si dia nya, & di-oke-in..)

Sub MemisahkanSheet()
* ' siti Vi / Bluewater, 14 Jan 2010
' memisah setiap sheet menjadi workbook baru
'--------------------------------------------*
Dim SrcBook As Workbook
Dim dPath As String
Dim Sht As Worksheet

With Application
.DisplayAlerts = False
.Calculation = xlCalculationManual
.ScreenUpdating = False

Set SrcBook = ActiveWorkbook
dPath = SrcBook.Path & "\"

On Error Resume Next
For Each Sht In SrcBook.Worksheets
Sht.Copy
ActiveWorkbook.Close SaveChanges:=True, _
Filename:=dPath & Sht.Name & ".xls"
Next
SrcBook.Activate

.DisplayAlerts = True
.Calculation = xlCalculationAutomatic
.ScreenUpdating = True
End With
End Sub
'-----------

menjalankan makronya:
*Tekan alt + f8
Pilih nama makro: [ MemisahkanSheet ]
Tekan tombol [ Run ]*

contoh workbook (bisa diunduh) di Online_Shared_Folder-nya mbak siti:
http://www.box.net/shared/1ihqmqu9jhnbf25d4567

semoga ada manfaatnya >>

~ HerrSoe

2011/6/20 akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co.id>
>
> Dear Penggiat Excel,
> Saya ingin bertanya,
> Saya punya satu file dengan isi sekitar 20 sheet.
> Adakah cara yang memungkinkan saya untuk membuat sheet-sheet tersebut
menjadi
> masing-masing satu sheet dalam satu file secara otomatis dengan nama yang
sesuai
> dengan nama sheet tersebut.
>
> Terima Kasih,
> Akbar Jamaluddin Arsyad
5a.

mengabung 2 kolom_format text dengan format tanggal

Posted by: "Danang Yuliyanto" d_yuliyanto@yahoo.com   danang_yuliyanto27

Mon Jun 20, 2011 12:00 am (PDT)



untuk All,

tolong saya dibantu,

kolom A1, = text (jakarta)
kolom B1, =date(format tanggal)

Hasil:
Kolom D1= " JAKARTA, 20 June 2011"

mohon dibantu...

BR,

Danang
5b.

Re: mengabung 2 kolom_format text dengan format tanggal

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Jun 20, 2011 12:02 am (PDT)



Coba di C1
=A1 & ", " & Text( B1, "d MMMM YYYY" )

Kid.

2011/6/20 Danang Yuliyanto <d_yuliyanto@yahoo.com>

> **
>
>
> untuk All,
>
>
> tolong saya dibantu,
>
> kolom A1, = text (jakarta)
> kolom B1, =date(format tanggal)
>
> Hasil:
> Kolom D1= " JAKARTA, 20 June 2011"
>
>
> mohon dibantu...
>
> BR,
>
> Danang
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar