Minggu, 19 Juni 2011

[belajar-excel] Digest Number 1204

Messages In This Digest (6 Messages)

Messages

1a.

Re: Cara Set Page Break Base On Kriteria Tertentu

Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com   elijah_spirit

Sat Jun 18, 2011 1:18 am (PDT)



Dear Anto,

Terlampir menggunakan form, agar setting page breaks dapat dinamis.
Coding hanya sedikit berubah. Menggunakan kolom bantu di
columns("H:K"). Semoga membantu.

CMIIW

Blessings,

Fran'z

On 6/18/11, Nicodemus Rusdiyanto <nicodemus@cj.net> wrote:
> Dear Pak Franz,
>
>
>
> Sebenarnya indikasi 30 rows per page adalah sample,
>
> Hanya untuk mengindikasikan sisa di page terakhir, apa bila ada sisa dalam
> satu criteria, harus tetap di cetak.
>
> Misal di zone RA-E-1 ada 51, misal 1 page 50, maka sisa 1 page tetap
> mencetak 1 row itu.
>
> Tapi dipisahkan dengan zone RA-F-1. Karena pembatas-nya adalah zone yang
> berbeda.
>
> Seperti itu.
>
>
>
> Thanks,
>
> Anto
>
>
>
> From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
> On Behalf Of Franciscus SOG
> Sent: Saturday, June 18, 2011 10:11 AM
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: Re: [belajar-excel] Cara Set Page Break Base On Kriteria Tertentu
>
>
>
>
>
> Dear Anto,
>
> Setelah membaca kamus, ternyata ada cara lebih praktis. Cara manual
> sebelumnya mohon diabaikan. Berikut cuplikan vba-nya :
>
> Sub ManualPagebreaks()
> Dim vAwal, vAkhir, vJumlah, i As Variant
> Dim Areaku As String
> ActiveSheet.ResetAllPageBreaks
> ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = "A2:F571"
> Areaku = ActiveSheet.PageSetup.PrintArea
> vAwal = Range(Left(Areaku, Application.Find(":", Areaku) - 1)).Row
> vAkhir = Range(Mid(Areaku, Application.Find(":", Areaku) + 1, 99)).Row
> vJumlah = WorksheetFunction.RoundUp(Range(Areaku).Rows.Count / 30, 0)
> For i = 1 To vJumlah
> If vAwal + 30 < vAkhir Then
> ActiveSheet.Rows(vAwal + 30).PageBreak = xlPageBreakManual
> vAwal = vAwal + 30
> End If
> Next i
> ActiveSheet.VPageBreaks(1).DragOff xlToRight, 1
> End Sub
>
> Asumsi range print area = "A2:F571"
> Asumsi setiap pages mempunyai 30 row
>
> Hal diatas dapat dibuat dinamis menggunakan deklarasi variabel ke
> range di activesheet atau melalui input box.
>
> CMIIW
>
> Blessings,
>
> Fran'z
>
> On 6/17/11, Sudarsono Suhenk <jkssbma@gmail.com <mailto:jkssbma%40gmail.com>
>> wrote:
>> Sub uf_PageBreak(ByVal strdaerah As String, antarbaris As Long)
>> Dim awalbaris As Long
>> Dim jumbaris, kali_PB As Long
>> Dim daerah As Range
>>
>> Set daerah = Range(strdaerah)
>> awalbaris = daerah.Row
>>
>> jumbaris = daerah.Rows.Count
>>
>> kali_PB = Excel.WorksheetFunction.RoundUp(jumbaris / antarbaris, 0)
>> ActiveSheet.ResetAllPageBreaks
>> For I = 1 To kali_PB
>> Range("A" & awalbaris + (I * antarbaris) + 1).Select
>>
>> ActiveWindow.SelectedSheets.HPageBreaks.Add before:=ActiveCell
>> Next I
>> End Sub
>> Sub test()
>> Call uf_PageBreak("A10:C82", 15)
>> End Sub
>>
>>
>> Pada 17 Juni 2011 06:13, Franciscus SOG <jclugbu@gmail.com
> <mailto:jclugbu%40gmail.com> > menulis:
>>
>>>
>>>
>>> Dear Anto,
>>>
>>> Permintaan Anda itu mungkin dilakukan.
>>>
>>> Untuk set print area, jika Anda menginginkan setiap 30 baris data
>>> menjadi next page. Maka Anda perlu insert 1 row sebagai pembatas.
>>> Karena ("A1:A30","A31:A60") dibaca menjadi ("A1:A60").
>>>
>>> Dampak dari insert row tersebut bisa mempengaruhi hasil di worksheet
>>> Anda. Apalagi jika cells Anda sudah tidak sehat (misalnya di merge
>>> cells).
>>>
>>> Maaf, saya belum bisa memberikan solusi, karena saya terbentur dengan
>>> logika memecah range ("A1:A100") menjadi
>>> ("A1:A30","A32:A61","A63:A92","A94:A103").
>>>
>>> Untuk codingnya sendiri, defaultnya seperti ini :
>>>
>>> ActiveSheet.PageSetup.PrintArea = Areaku
>>>
>>> Areaku merupakan lokasi yang diselect dan sudah dipecah seperti contoh
>>> diatas.
>>>
>>> Blessings,
>>>
>>> Fran'z
>>>
>>>
>>> On 6/17/11, Nicodemus Rusdiyanto <nicodemus@cj.net
> <mailto:nicodemus%40cj.net> > wrote:
>>> > Dear All,
>>> >
>>> > Ada yang punya pengalaman dan cara meng-otomatiskan print area range
>>> sesuai
>>> > dengan data yang dikehendaki, tanpa harus drag per page ?
>>> > Misal di data ini saya mau cetak dengan kriteria sorting ZONE NO =>
>>> LOCATION
>>> > => CATEGORY => PRODUCT NO (ini baru urutan datanya dulu)
>>> > Setelah itu pada saat cetak, bisa diotomatiskan dipisahkan sesuai ZONE
>>> > NO
>>> > atau tidak ?
>>> > Jadi kalau 1 zone punya 100 product, per page harus 30, maka akan jadi
> 4
>>> > page, dengan page terakhir hanya berisi 10 product tidak masalah.
>>> >
>>> > Mohon pencerahan dan complainnya kalau case-nya kurang jelas :D
>>> >
>>> > Thanks,
>>> > Anto
>>> >
>>> > The message is ready to be sent with the following file or link
>>> attachments:
>>> >
>>> > SET_PRINT_AREA_AUTO
>>> >
>>> >
>>> > Note: To protect against computer viruses, e-mail programs may prevent
>>> > sending or receiving certain types of file attachments. Check your
>>> > e-mail
>>> > security settings to determine how attachments are handled.
>>> >
>>>
>>>
>>>
>>
>
>
>
>
2a.

Re: Formula Average dengan Kriteria ganda

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Jun 18, 2011 1:21 am (PDT)



Tetap saja solusi yang ditawarkan sama.
Array formula : (Tulis formula tanpa tanda kurung kurawal.Jangan tekan
Enter. Selesai tulis formula tekan 3 tombol barengan, yaitu tombol Ctrl
SHift Enter. )
=SUM(($A$3:$A$29=$A33)*IF($D$3:$D$29="OT",$E$3:E$29))/SUM(($A$3:$A$29=$A33)*($D$3:$D$29="OT"))

Array formula ini bekerja ketika range data tersusun pada area seperti file
terlampir. Sesuaikan references termasuk absolut reference (tanda $) untuk
diterapkan pada data yang area datanya berbeda dengan file terlampir).

Regard,
Kid.

2011/6/18 <agung_widodo@sanyo.com>

> **
>
>
> **
> Dear para Excellers,
>
> Akhir-akhir ini sering diangkat topik tentang Average,
> Melanjutkan topik lama yang belum ketemu solusinya,
>
> Berikut ini terlampir kasus lama/senada dengan penjelasan yang(mungkin)
> lebih gamblang.
> (karena di milis memang sering yang salah adalah Penanya yang nggak tahu
> Gimana bentuk pertanyaan yang jelas)
> Bukan Gurunya yang salah kasih jawaban.
> (Maaf Mr. Kid yang sudah coba beri solusi)
>
> Pertanyaan :
> Bagaimana menghitung rata-rata dari jumlah-jumlah data
> yang berkriteria (ganda) dimana jumlah-jumlah tersebut berubah secara
> progressive.
>
> Perincian dalam lampiran
>
> Wassalam
> Agung Widodo
> ------------------------------
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* Friday, June 10, 2011 11:39 AM
>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Formula Average dengan Kriteria ganda
>
>
>
> Mungkin tanda reference absolut belum disesuaikan dengan kebutuhan.
> Misal :
> =SUM(IF(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT"),*$E$2:G$53*
> ))/SUM(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT")*(*LEN($E$2:G$53*)>0))
> Sedangkan hasil sorot average di status bar hanya dari 1 kolom saja.
>
> Kid.
>
> 2011/6/10 <agung_widodo@sanyo.com>
>
>>
>>
>> Terimakasih Mr Kid, atas sumbangan formulanya.
>> Namun saya menemukan kejanggalan saat formula ini diaplikasikan dalam sel
>> kuning dalam lampiran.
>> Ada angka rata-rata bernilai 4,5 pada hari itu, padahal tiap hari kerja
>> (normal) angka maksimum adalah 3.
>> Dan ada formula lain masih saya butuhkan.
>> *(terlampir)*
>> **
>> Dan sebagai gambaran,
>> Metode yang saat ini kami pakai sebagai berikut:
>> 1. Setiap karyawan ditotal (SUM) dulu ke samping, nilai OTnya hingga hari
>> ini akan berubah progressive tiap hari.
>> 2. Dilakukan Filter terhadap OT dan Direct/Indirect
>> 3. Disorot nilai Totalnya, Dilihat dipojok bawah layar, berapa Averagenya.
>>
>> Bagaimanakah formula untuk melakukan tahapan ini?
>>
>> Salam
>> Agung W
>>
>> ------------------------------
>> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
>> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
>> *Sent:* Friday, June 10, 2011 6:46 AM
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Formula Average dengan Kriteria ganda
>>
>>
>>
>> Coba array formula :
>> =SUM(IF(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT"),E$2:$E$53))/
>> SUM(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT")*(*LEN(E$2:$E$53)>0*))
>>
>> Untuk average seperti hasil status bar, maka yang dikalkulasi hanya yang
>> punya item saja.
>>
>> Bagian yang hijau adalah jumlah total seluruh item sesuai kriteria
>> Pada bagian yang hijau, digunakan IF karena ada nilai non numerik pada
>> kolom nilai (kolom E).
>>
>> Bagian yang biru untuk menghitung jumlah item yang tidak blank, dan angka
>> 0 adalah sebuah item (tidak blank)
>> Bagian yang biru dan di bold adalah penentu penghitung jumlah item
>> berdasar isi kolom nilai (kolom E)
>>
>> Regard,
>> Kid.
>>
>> 2011/6/9 <agung_widodo@sanyo.com>
>>
>>>
>>>
>>> Para Exceler,
>>>
>>> Bagaimana formula untuk menghitung Rata-rata dengan kriteria berganda,
>>> Hasil Formula Average dari teman dimilis disini berbeda dibanding
>>> dihitung dengan mengaktifkan Filter dan di Sort - Average Mode ON
>>>
>>> Perincian lebih lanjut ada pada lampiran.
>>> Maaf kalau diposting ulang, berhubung kasus belum tuntas.
>>>
>>> Mohon Bantuannya,
>>>
>>> Terima kasih
>>>
>>>
>>
>
>
2b.

Re: Formula Average dengan Kriteria ganda

Posted by: "Sudarsono Suhenk" jkssbma@gmail.com   jkssbma

Sat Jun 18, 2011 5:39 pm (PDT)



OT
Budi

Budi
OT
10

Hasan

2

Budi

-2

Budi
OT
4

Sum
7

Averageif
7

dengan Array Formula
=SUMM(($A$4:$A$10=$A4)*IF($B$4:$B$10="OT",$C$4:C$10))/SUM(($A$4:$A$10=$C3)*($B$4:$B$10="OT"))

Benar yang ditulis Mr Kid . Jika tekan F2 , lalu edit/ketik ruus diatas,
agar berfungsi sbg array formula , tekan [Crtl] [Shift] [Enter] secara
bersamaan , lalu lepas.. maka di formula bar akan tampil :

{
=SUMM(($A$4:$A$10=$A4)*IF($B$4:$B$10="OT",$C$4:C$10))/SUM(($A$4:$A$10=$C3)*($B$4:$B$10="OT"))
}

atau gunakan :
=AVERAGEIFS(C4:C7,A4:A7,A4,B4:B7,B4)

Semoga membantu

Pada 18 Juni 2011 01:21, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Tetap saja solusi yang ditawarkan sama.
> Array formula : (Tulis formula tanpa tanda kurung kurawal.Jangan tekan
> Enter. Selesai tulis formula tekan 3 tombol barengan, yaitu tombol Ctrl
> SHift Enter. )
>
> =SUM(($A$3:$A$29=$A33)*IF($D$3:$D$29="OT",$E$3:E$29))/SUM(($A$3:$A$29=$A33)*($D$3:$D$29="OT"))
>
> Array formula ini bekerja ketika range data tersusun pada area seperti file
> terlampir. Sesuaikan references termasuk absolut reference (tanda $) untuk
> diterapkan pada data yang area datanya berbeda dengan file terlampir).
>
> Regard,
> Kid.
>
>
> 2011/6/18 <agung_widodo@sanyo.com>
>
> **
>>
>>
>> **
>> Dear para Excellers,
>>
>> Akhir-akhir ini sering diangkat topik tentang Average,
>> Melanjutkan topik lama yang belum ketemu solusinya,
>>
>> Berikut ini terlampir kasus lama/senada dengan penjelasan yang(mungkin)
>> lebih gamblang.
>> (karena di milis memang sering yang salah adalah Penanya yang nggak tahu
>> Gimana bentuk pertanyaan yang jelas)
>> Bukan Gurunya yang salah kasih jawaban.
>> (Maaf Mr. Kid yang sudah coba beri solusi)
>>
>> Pertanyaan :
>> Bagaimana menghitung rata-rata dari jumlah-jumlah data
>> yang berkriteria (ganda) dimana jumlah-jumlah tersebut berubah secara
>> progressive.
>>
>> Perincian dalam lampiran
>>
>> Wassalam
>> Agung Widodo
>> ------------------------------
>> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
>> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
>> *Sent:* Friday, June 10, 2011 11:39 AM
>>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Formula Average dengan Kriteria ganda
>>
>>
>>
>> Mungkin tanda reference absolut belum disesuaikan dengan kebutuhan.
>> Misal :
>> =SUM(IF(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT"),*$E$2:G$53*
>> ))/SUM(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT")*(*LEN($E$2:G$53*)>0))
>> Sedangkan hasil sorot average di status bar hanya dari 1 kolom saja.
>>
>> Kid.
>>
>> 2011/6/10 <agung_widodo@sanyo.com>
>>
>>>
>>>
>>> Terimakasih Mr Kid, atas sumbangan formulanya.
>>> Namun saya menemukan kejanggalan saat formula ini diaplikasikan dalam sel
>>> kuning dalam lampiran.
>>> Ada angka rata-rata bernilai 4,5 pada hari itu, padahal tiap hari kerja
>>> (normal) angka maksimum adalah 3.
>>> Dan ada formula lain masih saya butuhkan.
>>> *(terlampir)*
>>> **
>>> Dan sebagai gambaran,
>>> Metode yang saat ini kami pakai sebagai berikut:
>>> 1. Setiap karyawan ditotal (SUM) dulu ke samping, nilai OTnya hingga hari
>>> ini akan berubah progressive tiap hari.
>>> 2. Dilakukan Filter terhadap OT dan Direct/Indirect
>>> 3. Disorot nilai Totalnya, Dilihat dipojok bawah layar, berapa
>>> Averagenya.
>>>
>>> Bagaimanakah formula untuk melakukan tahapan ini?
>>>
>>> Salam
>>> Agung W
>>>
>>> ------------------------------
>>> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
>>> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
>>> *Sent:* Friday, June 10, 2011 6:46 AM
>>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Formula Average dengan Kriteria ganda
>>>
>>>
>>>
>>> Coba array formula :
>>> =SUM(IF(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT"),E$2:$E$53))/
>>> SUM(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT")*(*LEN(E$2:$E$53)>0*))
>>>
>>> Untuk average seperti hasil status bar, maka yang dikalkulasi hanya yang
>>> punya item saja.
>>>
>>> Bagian yang hijau adalah jumlah total seluruh item sesuai kriteria
>>> Pada bagian yang hijau, digunakan IF karena ada nilai non numerik pada
>>> kolom nilai (kolom E).
>>>
>>> Bagian yang biru untuk menghitung jumlah item yang tidak blank, dan angka
>>> 0 adalah sebuah item (tidak blank)
>>> Bagian yang biru dan di bold adalah penentu penghitung jumlah item
>>> berdasar isi kolom nilai (kolom E)
>>>
>>> Regard,
>>> Kid.
>>>
>>> 2011/6/9 <agung_widodo@sanyo.com>
>>>
>>>>
>>>>
>>>> Para Exceler,
>>>>
>>>> Bagaimana formula untuk menghitung Rata-rata dengan kriteria berganda,
>>>> Hasil Formula Average dari teman dimilis disini berbeda dibanding
>>>> dihitung dengan mengaktifkan Filter dan di Sort - Average Mode ON
>>>>
>>>> Perincian lebih lanjut ada pada lampiran.
>>>> Maaf kalau diposting ulang, berhubung kasus belum tuntas.
>>>>
>>>> Mohon Bantuannya,
>>>>
>>>> Terima kasih
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>
2c.

Re: Formula Average dengan Kriteria ganda

Posted by: "sudarsono" jkssbma@gmail.com   jkssbma

Sat Jun 18, 2011 6:01 pm (PDT)



OT Budi
Budi OT 10
Hasan 2
Budi -2
Budi OT 4

arti :
=SUM(($A$4:$A$10=$C$3)*IF($B$4:$B$10="OT",$C$4:C$10))/SUM(($A$4:$A$10=$C$3)*($B$4:$B$10="OT"))

jika data ($A$4:$A$10) bernilai C3 disini "Budi" , maka menghasilkan 1
jika data $B$4:$B$10 bernilai "OT" maka nilanya di data C$4:C$10
jika data $B$4:$B$10 bernilai "OT" , menghasilkan 1

jadi setiap data pada baris di "A4:A10" , "b4:b10" dan "C4:c10" akan dievaluasi oleh excel menghasilkan array . array akan berisi :
{1*10, 0*0,0*0,1*4} dan {1*1,0*1,0*0,1*4} . jadi jumlah nilai pada array adalah 14 dan 2 , hasilnya 7.

Semoga dapat dipahami.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Sudarsono Suhenk <jkssbma@...> wrote:
>
> OT
> Budi
>
>
> Budi
> OT
> 10
>
>
> Hasan
>
> 2
>
>
> Budi
>
> -2
>
>
> Budi
> OT
> 4
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
> Sum
> 7
>
>
>
> Averageif
> 7
>
>
>
>
> dengan Array Formula
> =SUM(($A$4:$A$10=$A4)*IF($B$4:$B$10="OT",$C$4:C$10))/SUM(($A$4:$A$10=$C3)*($B$4:$B$10="OT"))
>
>
> Benar yang ditulis Mr Kid . Jika tekan F2 , lalu edit/ketik ruus diatas,
> agar berfungsi sbg array formula , tekan [Crtl] [Shift] [Enter] secara
> bersamaan , lalu lepas.. maka di formula bar akan tampil :
>
> {
> =SUM(($A$4:$A$10=$A4)*IF($B$4:$B$10="OT",$C$4:C$10))/SUM(($A$4:$A$10=$C3)*($B$4:$B$10="OT"))
> }
>
> atau gunakan :
> =AVERAGEIFS(C4:C7,A4:A7,A4,B4:B7,B4)
>
> Semoga membantu
>
> Pada 18 Juni 2011 01:21, Mr. Kid <mr.nmkid@...> menulis:
>
> > **
> >
> >
> > Tetap saja solusi yang ditawarkan sama.
> > Array formula : (Tulis formula tanpa tanda kurung kurawal.Jangan tekan
> > Enter. Selesai tulis formula tekan 3 tombol barengan, yaitu tombol Ctrl
> > SHift Enter. )
> >
> > =SUM(($A$3:$A$29=$A33)*IF($D$3:$D$29="OT",$E$3:E$29))/SUM(($A$3:$A$29=$A33)*($D$3:$D$29="OT"))
> >
> > Array formula ini bekerja ketika range data tersusun pada area seperti file
> > terlampir. Sesuaikan references termasuk absolut reference (tanda $) untuk
> > diterapkan pada data yang area datanya berbeda dengan file terlampir).
> >
> > Regard,
> > Kid.
> >
> >
> > 2011/6/18 <agung_widodo@...>
> >
> > **
> >>
> >>
> >> **
> >> Dear para Excellers,
> >>
> >> Akhir-akhir ini sering diangkat topik tentang Average,
> >> Melanjutkan topik lama yang belum ketemu solusinya,
> >>
> >> Berikut ini terlampir kasus lama/senada dengan penjelasan yang(mungkin)
> >> lebih gamblang.
> >> (karena di milis memang sering yang salah adalah Penanya yang nggak tahu
> >> Gimana bentuk pertanyaan yang jelas)
> >> Bukan Gurunya yang salah kasih jawaban.
> >> (Maaf Mr. Kid yang sudah coba beri solusi)
> >>
> >> Pertanyaan :
> >> Bagaimana menghitung rata-rata dari jumlah-jumlah data
> >> yang berkriteria (ganda) dimana jumlah-jumlah tersebut berubah secara
> >> progressive.
> >>
> >> Perincian dalam lampiran
> >>
> >> Wassalam
> >> Agung Widodo
> >> ------------------------------
> >> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> >> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> >> *Sent:* Friday, June 10, 2011 11:39 AM
> >>
> >> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> >> *Subject:* Re: [belajar-excel] Formula Average dengan Kriteria ganda
> >>
> >>
> >>
> >> Mungkin tanda reference absolut belum disesuaikan dengan kebutuhan.
> >> Misal :
> >> =SUM(IF(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT"),*$E$2:G$53*
> >> ))/SUM(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT")*(*LEN($E$2:G$53*)>0))
> >> Sedangkan hasil sorot average di status bar hanya dari 1 kolom saja.
> >>
> >> Kid.
> >>
> >> 2011/6/10 <agung_widodo@...>
> >>
> >>>
> >>>
> >>> Terimakasih Mr Kid, atas sumbangan formulanya.
> >>> Namun saya menemukan kejanggalan saat formula ini diaplikasikan dalam sel
> >>> kuning dalam lampiran.
> >>> Ada angka rata-rata bernilai 4,5 pada hari itu, padahal tiap hari kerja
> >>> (normal) angka maksimum adalah 3.
> >>> Dan ada formula lain masih saya butuhkan.
> >>> *(terlampir)*
> >>> **
> >>> Dan sebagai gambaran,
> >>> Metode yang saat ini kami pakai sebagai berikut:
> >>> 1. Setiap karyawan ditotal (SUM) dulu ke samping, nilai OTnya hingga hari
> >>> ini akan berubah progressive tiap hari.
> >>> 2. Dilakukan Filter terhadap OT dan Direct/Indirect
> >>> 3. Disorot nilai Totalnya, Dilihat dipojok bawah layar, berapa
> >>> Averagenya.
> >>>
> >>> Bagaimanakah formula untuk melakukan tahapan ini?
> >>>
> >>> Salam
> >>> Agung W
> >>>
> >>> ------------------------------
> >>> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> >>> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> >>> *Sent:* Friday, June 10, 2011 6:46 AM
> >>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> >>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Formula Average dengan Kriteria ganda
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> Coba array formula :
> >>> =SUM(IF(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT"),E$2:$E$53))/
> >>> SUM(($A$2:$A$53=$A55)*($D$2:$D$53="OT")*(*LEN(E$2:$E$53)>0*))
> >>>
> >>> Untuk average seperti hasil status bar, maka yang dikalkulasi hanya yang
> >>> punya item saja.
> >>>
> >>> Bagian yang hijau adalah jumlah total seluruh item sesuai kriteria
> >>> Pada bagian yang hijau, digunakan IF karena ada nilai non numerik pada
> >>> kolom nilai (kolom E).
> >>>
> >>> Bagian yang biru untuk menghitung jumlah item yang tidak blank, dan angka
> >>> 0 adalah sebuah item (tidak blank)
> >>> Bagian yang biru dan di bold adalah penentu penghitung jumlah item
> >>> berdasar isi kolom nilai (kolom E)
> >>>
> >>> Regard,
> >>> Kid.
> >>>
> >>> 2011/6/9 <agung_widodo@...>
> >>>
> >>>>
> >>>>
> >>>> Para Exceler,
> >>>>
> >>>> Bagaimana formula untuk menghitung Rata-rata dengan kriteria berganda,
> >>>> Hasil Formula Average dari teman dimilis disini berbeda dibanding
> >>>> dihitung dengan mengaktifkan Filter dan di Sort - Average Mode ON
> >>>>
> >>>> Perincian lebih lanjut ada pada lampiran.
> >>>> Maaf kalau diposting ulang, berhubung kasus belum tuntas.
> >>>>
> >>>> Mohon Bantuannya,
> >>>>
> >>>> Terima kasih
> >>>>
> >>>>
> >>>
> >>
> >
> >
>

2d.

Re: Formula Average dengan Kriteria ganda

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Jun 18, 2011 9:32 pm (PDT)



Ketika yang di-average hanya yang punya nilai saja, gunakan fungsi average.
Ada kriterianya, gunakan array formula Average(IF) dengan bagian FALSE
kondisi dibiarkan blank atau diisi datatype teks. Berlaku untuk semua versi
Excel.
Pada Excel 2007, bisa juga menggunakan fungsi :
Satu kriteria bisa dengan AverageIF.
Multi Kriteria dengan AverageIFs

Kid.

2011/6/19 Sudarsono Suhenk <jkssbma@gmail.com>

> **
>
>
>
> OT
> Budi
> Budi
> OT
> 10
> Hasan
>
> 2
> Budi
>
> -2
> Budi
> OT
> 4
>
> Sum
> 7
>
> Averageif
> 7
>
> dengan Array Formula
> =SUMM(($A$4:$A$10=$A4)*IF($B$4:$B$10="OT",$C$4:C$10))/SUM(($A$4:$A$10=$C3)*($B$4:$B$10="OT"))
>
>
> Benar yang ditulis Mr Kid . Jika tekan F2 , lalu edit/ketik ruus diatas,
> agar berfungsi sbg array formula , tekan [Crtl] [Shift] [Enter] secara
> bersamaan , lalu lepas.. maka di formula bar akan tampil :
>
> {
> =SUMM(($A$4:$A$10=$A4)*IF($B$4:$B$10="OT",$C$4:C$10))/SUM(($A$4:$A$10=$C3)*($B$4:$B$10="OT"))
> }
>
> atau gunakan :
> =AVERAGEIFS(C4:C7,A4:A7,A4,B4:B7,B4)
>
> Semoga membantu
>
> Pada 18 Juni 2011 01:21, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Tetap saja solusi yang ditawarkan sama.
>> Array formula : (Tulis formula tanpa tanda kurung kurawal.Jangan tekan
>> Enter. Selesai tulis formula tekan 3 tombol barengan, yaitu tombol Ctrl
>> SHift Enter. )
>>
>> =SUM(($A$3:$A$29=$A33)*IF($D$3:$D$29="OT",$E$3:E$29))/SUM(($A$3:$A$29=$A33)*($D$3:$D$29="OT"))
>>
>> Array formula ini bekerja ketika range data tersusun pada area seperti
>> file terlampir. Sesuaikan references termasuk absolut reference (tanda $)
>> untuk diterapkan pada data yang area datanya berbeda dengan file terlampir).
>>
>> Regard,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>
>
>
3a.

Re: nubie minta tolong copy data beda tempat

Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com   elijah_spirit

Sat Jun 18, 2011 1:49 am (PDT)



Dear Irham,

Saya juga masih belajar. Kita sama2 belajar yuk. belajar-excel ga bakal nyesel..

Blessings,

Fran'z

On 6/18/11, Irham M <irham_noel@yahoo.co.id> wrote:
> Dear master Franciscus
> terima kasih banyak y
> bantuan anda sangat membantu saya
>
>
> ________________________________
> Dari: Franciscus SOG <jclugbu@gmail.com>
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Dikirim: Sabtu, 18 Juni 2011 11:32
> Judul: Re: [belajar-excel] nubie minta tolong copy data beda tempat
>
> Dear Irham,
>
> Semoga membantu, pemanfaatan kolom dan row bantu.
>
> Blessings,
>
> Fran'z
>
> On 6/18/11, Irham M <irham_noel@yahoo.co.id> wrote:
>> Dear masters Excel
>> sekali lagi newbie minta saran dan batuan
>> bagaimana y mencopy data yang ada namun tempatnya berbeda
>> contoh terlampir
>> Jadi data yang ada pada sheet database ingin dicopy ke sheet daftar
>> pengambilan namun dalam bentuk menurun sesuai dengan nama dan mata
>> pelajarannya
>> mohon pencerahannya
>> thanks alot
>
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
> http://docs.yahoo.com/info/terms/

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar