Sabtu, 25 Juni 2011

[belajar-excel] Digest Number 1213

Milis Belajar Microsoft Excel

Messages In This Digest (15 Messages)

Messages

1a.

Re: Data berpindah otomastis ke sheet lain atau file lain

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 24, 2011 12:52 am (PDT)



Dear modby

Sheet Total yang dijadikan master tersebut, sudah cukup bagus. Akan lebih
bagus lagi jika baris total dihilangkan, dan ditambah satu kolom yang isinya
adalah periode. Nilai dalam periode bisa berupa bulan-tahun bertype datetime
pada tanggal yang tetap untuk semua bulan (misal tanggal 10) atau susunan
bilangan seperti YYYYMM (Jun2011 menjadi 201106)
Hindari adanya baris kosong antar baris data input baru. Biarkan mereka
berbaur, dari inputan tanggal berpaa aja boleh.

Kemudian, buat header hanya berupa 1 baris saja.

Awalnya, ide ini kebanyakan akan ditentang, karena tidak indah dan mengubah
struktur.
Jika anda percaya tentang hidup sederhana yang membuat luwes dan nyaman,
maka demikianlah cara hidup data.

Meskipun cara pengubahan struktur di atas belum membentuk tabel master yang
benar2 berkaidah database, tetapi untuk proses selanjutnya akan lebih mudah.
Untuk menghasilkan sheet 1 sampai 9999 termasuk diterima atau ditunda
sekalipun akan mudah. Dengan formula filtering yang udah berseliweran di
milis juga bisa. Dengan VBA yang tinggal click juga sederhana, dengan query
lebih asik lagi.

Jadi maskud semua ini adalah :
1. Cukup punya 1 tabel master yang seluruh data berbaur seakan sulit dibaca
dan gak enak dipandang.
2. Buat sheet summary untuk membuat pandangan data yang lebih enak, terutama
untuk cuplikan data seperti yang sheet 1 aja, atau yang diterima aja, dsb.

Mungkin ide ini gak menyelesaikan masalah anda, tetapi punya potensi
mempermudah kerja anda kedepan.

Kid.

2011/6/24 Modby Matsnawabi <modbym@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Be'Xcel,
>
>
> Mohon petunjuk, saya punya case dalam entry data.. selama ini data di entry
> manual/copas berulang kali di file yang berbeda pdahal data nya sama.
> yang membedakan pembagian berdasarkan status dan Area (sheet)..
>
> yang saya inginkan bagaimana jika saya hanya cukup melakukan entry satu
> kali di satu sheet lalu data akan menyebar otomatis ke sheet/file yang di
> inginkan sesuai keyword
> (Contoh file terlampir).
>
>
> Terima kasih teman-teman..
>
>
>
2a.

Re: Mohon pencerahannya, set status Paid atau Unpaid. Summary Unpaid

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 24, 2011 1:34 am (PDT)



Pak Boby Yth,

File terlampir memanfaatkan SumProduct dan format cell number. Pada summary
UnPaid, Co. Code menggunakan array formula unique values. Co Name dengan
VLookUp, dan total nilai debet pada rentang aging tertentu dengan
SumProduct.

Regards,
Kid.

2011/6/24 BOBY CHUA <boby66_chua@yahoo.com>

> **
>
>
> Kepada Yth para pakar Excel
>
> ini mau nganggu lagi nih mohon pencerahannya
> saya ini awam dalam excel
>
> terlampir file dan pertanyaan terdapat didalamnya
>
> sebelumnya diucapkan banyak terima kasih
>
> salam boby
>
>
>
>
2b.

Re: Mohon pencerahannya, set status Paid atau Unpaid. Summary Unpaid

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Fri Jun 24, 2011 1:50 am (PDT)



Datanya saya modifikasi sediikit (Tambah kolom Umur)
Untuk Paid, Unpaid gunakan fungsi SUMIF
Untuk Umur Gunakan Fungsi IF
 
Report dibuat dengan PIVOT agar tidak REPORT, hanya tiga langkah :
1. Tentukan Input dan Outputnya.
2. Drag Judul (Page, Row dan Valuenya)
3. Update Formatnya.
 
Salam,
Hendrik Karnadi
 

--- On Fri, 24/6/11, BOBY CHUA <boby66_chua@yahoo.com> wrote:

From: BOBY CHUA <boby66_chua@yahoo.com>
Subject: [belajar-excel] Mohon pencerahannya, set status Paid atau Unpaid. Summary Unpaid
To: "belajar excel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Date: Friday, 24 June, 2011, 11:30 AM

 

Kepada Yth para pakar Excel
 
ini mau nganggu lagi nih mohon pencerahannya
saya ini awam dalam excel
 
terlampir file dan pertanyaan terdapat didalamnya
 
sebelumnya diucapkan banyak terima kasih
 
salam boby

3a.

Re: Menghitung Jumlah Data & hanya terhitung 1 kali

Posted by: "Eko Budhi" eko_tbr_11@yahoo.com   eko_tbr_11

Fri Jun 24, 2011 1:41 am (PDT)



terimakasih banyak mr.kid atas solusinya. semoga mendapatkan pahala atas ilmunya.
Wassalam.
budhi

--- Pada Kam, 23/6/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Jumlah Data & hanya terhitung 1 kali
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 23 Juni, 2011, 6:47 PM

 

Pak Budhi Yth,

File terlampir mencoba menyelesaikan dengan sebuah array formula.
Karena formula berupa array, maka penulisan formula tanpa kurung kurawal (seperti biasa dimulai dengan =), tetapi diakhiri dengan penekanan 3 tombol bersamaan, yaitu tombol Ctrl Shift Enter, sebagai pengganti penekanan tombol Enter pada umumnya penulisan formula. Hasilnya, formula akan disemati kurung kurawal oleh Excel. Kurubng kurawal itulah tanda array.

Berikut cuplikan formulanya.
=SUM((FREQUENCY(IF('List Data'!$C$4:$C$50=C6,MATCH('List Data'!$B$4:$B$50,'List Data'!$B$4:$B$50,0)),ROW('List Data'!$C$4:$C$50)-ROW('List Data'!$C$3))>0)*1)

Step by step proses kalkulasi, bisa didapatkan melalui fitur Evaluate pada ribbon Formulas.
Pada file terlampir juga disertakan step-by-step oleh evaluate dengan bahasa yang lebih sederhana.

Wassalam.
Kid.

2011/6/23 Eko Budhi <eko_tbr_11@yahoo.com>

 

Yth Pakar2 Excel yang budiman,

Mohon bantuannya bagaimana formula utk menghitung jumlah data yang ada di list data n supaya di ringkasan hanya terhitung 1x saja ?, karena data yang ada jumlahnya ribuan sehingga
menyulitkan utk che cking manual. Mohon maaf mungkin sdh pernah dibahas
sebelumnya. Detail problemnya saya lampirkan di attachment. terimakasih banyak atas bantuannya ya.

Salam,

Budhi

4a.

Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query

Posted by: "him mah" himmah.mlg@gmail.com

Fri Jun 24, 2011 2:54 am (PDT)



iya sudah bisa pak, cuma bagaimana memisahkan kolom-kolomnya,
seharusnya jadi 8 ternyata jadinya cuma tiga kolom

Pada tanggal 24/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> Jika hasil deploy ke excel berupa table,
> - klik kanan table
> - edit query
> - ganti query dengan :
> Select kolom1a,kolom2a from filetxt1 union all select kolom1b,kolom2b from
> filetxt2
>
> Ganti semua kolom1a dan 2a dengan nama-nama kolom yang dipakai dari
> filetxt1. Ganti filetxt1 dengan nama file txt.
> Misal filetxt1 bernama tes1.txt, maka filetxt1 diganti dengan tulisan
> [tes1#txt]
>
> Lakukan juga untuk filetxt2, yang merujuk ke file kedua. Nama kolomnya pun
> yang ada di file ke-2 tersebut. Yang jelas, makna data dan datatype kolom1b
> harus sama dengan kolom1a, yang 2b sama dengan 2a, dst.
> Terutama kesamaan datatypenya.
>
> Jika hasil deploy ke excel berupa pivot table, ke ribbon data, ada
> connection, pilih koneksi yang terkait dengan pivot tersebut, properties
> disana ada definisi.
> Ubah CommandType dari Table menjadi SQL
> Ubah isi CommandText atau Query dengan query union all seperti yang
> dijelaskan di atas.
>
> Kid.
>
> 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> iya terima kasih pak, bisa di jelaskan tentang schema.ini
>>
>> terus misal kita punya lebih dari satu file txt dan ingin dijadikan
>> satu caranya bagaimana pak
>>
>> Pada tanggal 23/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>>
>> > Wa alaikumussalam Wr. Wb.
>> >
>> > Pak Himmah Yth,
>> >
>> > File terlampir adalah step-by-step koneksi ke text file (bukan import
>> data
>> > text file).
>> > Jika saat mengikuti step-by-step tersebut tidak menemukan provider Jet 4
>> OLE
>> > DB, bisa download gratis di Microsoft Downloads.
>> > Jika memiliki file text dengan delimiter yang berbeda dengan separator
>> list
>> > di Control Panel -> Regional Setting komputer setempat, sempatkan baca
>> > tentang file schema.ini
>> >
>> > Ganti file setiap bulan, asal nama tetap, atau tambah data di text file,
>> > semua tinggal refresh di Excel, dari komputer manapun yang berkoneksi.
>> >
>> > Selamat menikmati hubungan indah dengan text file.
>> >
>> > Wassalamualaikum Wr. Wb.
>> > Mr. Kid.
>> >
>> > 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >
>> >> **
>> >>
>> >>
>> >> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>> >> mau tanya penggunakan microsoft query untuk mengambil data
>> >>
>> >> kalau ambil datanya dari file excel sudah bisa, terus bagaimana kalau
>> >> sumber datanya dari file txt
>> >>
>> >> kalau untuk file excel
>> >>
>> >> tinggal pilih DATA>>from other sources>>from microsoft query>>
>> >>
>> >> kalau datanya excel kita bisa pilih microsoft excel driver
>> >> kalau datanya txt pilihannya apa ya
>> >>
>> >> terima kasih atas bantuannya
>> >>
>> >>
>> >>
>> >
>>
>>
>>
>

4b.

Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 24, 2011 3:24 am (PDT)



Mungkin di querynya hanya dipasang 3 kolom dalam select
atau delimiternya berbeda

Kalau boleh lihat text filenya, mungkin bisa membantu. 2 atau 3 file yang
akan digabung juga boleh. Jangan lupa peraturan milis, yaitu <=250KB kecuali
sudah diusahakan tidak bisa mencapainya. Tiap file cukup 5 atau 7 record
saja.

Wassalam.
Kid.

2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>

> **
>
>
> iya sudah bisa pak, cuma bagaimana memisahkan kolom-kolomnya,
> seharusnya jadi 8 ternyata jadinya cuma tiga kolom
>
> Pada tanggal 24/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> > Jika hasil deploy ke excel berupa table,
> > - klik kanan table
> > - edit query
> > - ganti query dengan :
> > Select kolom1a,kolom2a from filetxt1 union all select kolom1b,kolom2b
> from
> > filetxt2
> >
> > Ganti semua kolom1a dan 2a dengan nama-nama kolom yang dipakai dari
> > filetxt1. Ganti filetxt1 dengan nama file txt.
> > Misal filetxt1 bernama tes1.txt, maka filetxt1 diganti dengan tulisan
> > [tes1#txt]
> >
> > Lakukan juga untuk filetxt2, yang merujuk ke file kedua. Nama kolomnya
> pun
> > yang ada di file ke-2 tersebut. Yang jelas, makna data dan datatype
> kolom1b
> > harus sama dengan kolom1a, yang 2b sama dengan 2a, dst.
> > Terutama kesamaan datatypenya.
> >
> > Jika hasil deploy ke excel berupa pivot table, ke ribbon data, ada
> > connection, pilih koneksi yang terkait dengan pivot tersebut, properties
> > disana ada definisi.
> > Ubah CommandType dari Table menjadi SQL
> > Ubah isi CommandText atau Query dengan query union all seperti yang
> > dijelaskan di atas.
> >
> > Kid.
> >
> > 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
> >
> >> **
> >>
> >>
> >> iya terima kasih pak, bisa di jelaskan tentang schema.ini
> >>
> >> terus misal kita punya lebih dari satu file txt dan ingin dijadikan
> >> satu caranya bagaimana pak
> >>
> >> Pada tanggal 23/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> >>
> >> > Wa alaikumussalam Wr. Wb.
> >> >
> >> > Pak Himmah Yth,
> >> >
> >> > File terlampir adalah step-by-step koneksi ke text file (bukan import
> >> data
> >> > text file).
> >> > Jika saat mengikuti step-by-step tersebut tidak menemukan provider Jet
> 4
> >> OLE
> >> > DB, bisa download gratis di Microsoft Downloads.
> >> > Jika memiliki file text dengan delimiter yang berbeda dengan separator
> >> list
> >> > di Control Panel -> Regional Setting komputer setempat, sempatkan baca
> >> > tentang file schema.ini
> >> >
> >> > Ganti file setiap bulan, asal nama tetap, atau tambah data di text
> file,
> >> > semua tinggal refresh di Excel, dari komputer manapun yang berkoneksi.
> >> >
> >> > Selamat menikmati hubungan indah dengan text file.
> >> >
> >> > Wassalamualaikum Wr. Wb.
> >> > Mr. Kid.
> >> >
> >> > 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
> >> >
> >> >> **
> >> >>
> >> >>
> >> >> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> >> >> mau tanya penggunakan microsoft query untuk mengambil data
> >> >>
> >> >> kalau ambil datanya dari file excel sudah bisa, terus bagaimana kalau
> >> >> sumber datanya dari file txt
> >> >>
> >> >> kalau untuk file excel
> >> >>
> >> >> tinggal pilih DATA>>from other sources>>from microsoft query>>
> >> >>
> >> >> kalau datanya excel kita bisa pilih microsoft excel driver
> >> >> kalau datanya txt pilihannya apa ya
> >> >>
> >> >> terima kasih atas bantuannya
> >> >>
> >> >>
> >> >>
> >> >
> >>
> >>
> >>
> >
>
>
>
4c.

Re: menggabungkan beberapa file txt menggunakan microsoft query

Posted by: "him mah" himmah.mlg@gmail.com

Fri Jun 24, 2011 3:43 am (PDT)



insya Alloh senin saya kirim. kalau hari libur jarang internet pakai pc

On 6/24/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
> Mungkin di querynya hanya dipasang 3 kolom dalam select
> atau delimiternya berbeda
>
> Kalau boleh lihat text filenya, mungkin bisa membantu. 2 atau 3 file yang
> akan digabung juga boleh. Jangan lupa peraturan milis, yaitu <=250KB kecuali
> sudah diusahakan tidak bisa mencapainya. Tiap file cukup 5 atau 7 record
> saja.
>
> Wassalam.
> Kid.
>
> 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> iya sudah bisa pak, cuma bagaimana memisahkan kolom-kolomnya,
>> seharusnya jadi 8 ternyata jadinya cuma tiga kolom
>>
>> Pada tanggal 24/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>>
>> > Jika hasil deploy ke excel berupa table,
>> > - klik kanan table
>> > - edit query
>> > - ganti query dengan :
>> > Select kolom1a,kolom2a from filetxt1 union all select kolom1b,kolom2b
>> from
>> > filetxt2
>> >
>> > Ganti semua kolom1a dan 2a dengan nama-nama kolom yang dipakai dari
>> > filetxt1. Ganti filetxt1 dengan nama file txt.
>> > Misal filetxt1 bernama tes1.txt, maka filetxt1 diganti dengan tulisan
>> > [tes1#txt]
>> >
>> > Lakukan juga untuk filetxt2, yang merujuk ke file kedua. Nama kolomnya
>> pun
>> > yang ada di file ke-2 tersebut. Yang jelas, makna data dan datatype
>> kolom1b
>> > harus sama dengan kolom1a, yang 2b sama dengan 2a, dst.
>> > Terutama kesamaan datatypenya.
>> >
>> > Jika hasil deploy ke excel berupa pivot table, ke ribbon data, ada
>> > connection, pilih koneksi yang terkait dengan pivot tersebut, properties
>> > disana ada definisi.
>> > Ubah CommandType dari Table menjadi SQL
>> > Ubah isi CommandText atau Query dengan query union all seperti yang
>> > dijelaskan di atas.
>> >
>> > Kid.
>> >
>> > 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >
>> >> **
>> >>
>> >>
>> >> iya terima kasih pak, bisa di jelaskan tentang schema.ini
>> >>
>> >> terus misal kita punya lebih dari satu file txt dan ingin dijadikan
>> >> satu caranya bagaimana pak
>> >>
>> >> Pada tanggal 23/06/11, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>> >>
>> >> > Wa alaikumussalam Wr. Wb.
>> >> >
>> >> > Pak Himmah Yth,
>> >> >
>> >> > File terlampir adalah step-by-step koneksi ke text file (bukan import
>> >> data
>> >> > text file).
>> >> > Jika saat mengikuti step-by-step tersebut tidak menemukan provider
>> >> > Jet
>> 4
>> >> OLE
>> >> > DB, bisa download gratis di Microsoft Downloads.
>> >> > Jika memiliki file text dengan delimiter yang berbeda dengan
>> >> > separator
>> >> list
>> >> > di Control Panel -> Regional Setting komputer setempat, sempatkan
>> >> > baca
>> >> > tentang file schema.ini
>> >> >
>> >> > Ganti file setiap bulan, asal nama tetap, atau tambah data di text
>> file,
>> >> > semua tinggal refresh di Excel, dari komputer manapun yang
>> >> > berkoneksi.
>> >> >
>> >> > Selamat menikmati hubungan indah dengan text file.
>> >> >
>> >> > Wassalamualaikum Wr. Wb.
>> >> > Mr. Kid.
>> >> >
>> >> > 2011/6/24 him mah <himmah.mlg@gmail.com>
>> >> >
>> >> >> **
>> >> >>
>> >> >>
>> >> >> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>> >> >> mau tanya penggunakan microsoft query untuk mengambil data
>> >> >>
>> >> >> kalau ambil datanya dari file excel sudah bisa, terus bagaimana
>> >> >> kalau
>> >> >> sumber datanya dari file txt
>> >> >>
>> >> >> kalau untuk file excel
>> >> >>
>> >> >> tinggal pilih DATA>>from other sources>>from microsoft query>>
>> >> >>
>> >> >> kalau datanya excel kita bisa pilih microsoft excel driver
>> >> >> kalau datanya txt pilihannya apa ya
>> >> >>
>> >> >> terima kasih atas bantuannya
>> >> >>
>> >> >>
>> >> >>
>> >> >
>> >>
>> >>
>> >>
>> >
>>
>>
>>
>

5a.

Re: Tanya: merapikan tabel dengan makro

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 24, 2011 3:47 am (PDT)



Dear Santi Rosaindah,

File terlampir mencoba menyusun report dengan asumsi struktur data asli
adalah tetap, meskipun jumlah record bervariasi.
Berikut script prosedur CreateReport yang digunakan :

Public Sub CreateReport()
Dim lRows As Long, lOffset As Long
Dim rng As Range
Dim sht As Worksheet

Application.ScreenUpdating = False

'clean template
lRows = WorksheetFunction.Count(Sheet2.Columns("d")) + 2
Sheet2.Range("a11").Resize(lRows).EntireRow.Delete

With Sheet1
.UsedRange.UnMerge 'unmerge rawdata
'copy values saja (tanpa format, karena beda format) : report name
dan data pokok
.Range("b3:b8,f3:f8").Copy
Sheet2.Range("a3").PasteSpecial xlPasteValues
Sheet2.Range("c7") = .Range("h7").Value 'ini special untuk teks
nama toko

'init jumlah record raw data (termasuk blank rows)
lRows = (WorksheetFunction.CountA(.Columns("c")) - 1) * 2

'cek ada data ? minimal 1 record diperlukan, kalau gak ada, keluar
If lRows < 1 Then
MsgBox "tidak ada data", vbCritical
Exit Sub
End If

.Range("c15").Resize(lRows).Offset(lRows).EntireRow.Delete
'hapus grand total

'hapus blank rows, disertai trap error karena method specialcell
blank cell saja
On Error Resume Next
.Range("c15").Resize(lRows +
1).SpecialCells(xlCellTypeBlanks).EntireRow.Delete xlShiftUp
Err.Clear
On Error GoTo 0

'loop copy data per kolom data
'record mulai baris 15, pada kolom c,h,j,n,q,t,v,x,z,ab,ad
lOffset = 0
For Each rng In
.Range("c15,h15,j15,n15,q15,t15,v15,x15,z15,ab15,ad15")
rng.Resize(lRows).Copy
Sheet2.Range("a11").Offset(, lOffset).PasteSpecial
xlPasteValues, skipblanks:=True
lOffset = lOffset + 1
Next rng
End With

'bagian finishing
With Sheet2
'init jumlah record hasil
lRows = .Range("a10").CurrentRegion.Rows.Count - 1

'copy format dari template di baris 1, ke data yang ada mulai baris
11
.Range("a1:k1").Copy
.Range("a11:k11").Resize(lRows).PasteSpecial xlPasteFormats

'copy formula total di F1 ke kolom F 2 baris setelah record hasil
terakhir
.Range("f11").Offset(lRows + 1).Formula = .Range("f1").Formula

'create new sheet hasil
Set sht = Sheets.Add(after:=Sheet2) 'diletakkan persis setelah
template

'copas hasil di template ke sheet hasil
.UsedRange.Offset(2).Copy sht.Range("a3")
End With

'pesan lokasi hasil
MsgBox "Hasil ada di sheet : " & sht.Name

Application.ScreenUpdating = True
End Sub

Untuk pengembangan,
1. Dengan sedikit penambahan input lokasi sebuah range pada sheet data asli,
maka bisa digunakan untuk menyusun report meskipun berbeda file.
2. Pengubahan referensi yang statis merujuk selalu ke alamat cell, dengan
lokasi relatif dari sebuah cell tetap dan memanfaatkan offset maupun resize,
maka prosedur dapat digunakan pada file yang lebih bervariasi dengan input
berupa cell acuannya.

Regards,
Kid.

2011/6/22 Santi Rosaindah <santi.rosaindah@indexfurnishings.com>

> **
>
>
> Dear all,
>
> Saya punya contoh data seperti terlampir.
> kendalanya, kalau dibagian responsibility kosong, maka ketika makro
> dijalankan, maka bordernya sampai akhir baris.
> maunya terborder sampai baris yang sama dengan kolom sebelahnya
>
> Mohon bantuan infonya untuk bahasa VBAnya seperti apa yaa?
>
> Terima kasih
>
> --
> Sincerely,
> Santi Rosaindah
>
> *There will always be Sun-SHinE after the rain*
>
> --
> This message has been scanned for viruses and
> dangerous content by MailScanner, and is
> believed to be clean.
>
>
>
6a.

Memisahkan Angka setiap 5 Digit

Posted by: "Agus Widodo" agus_1194@yahoo.co.id   agus_1194

Fri Jun 24, 2011 5:36 am (PDT)




Dear Master Excel yang Budiman,



Mohon pencerahannya bagaimana cara/rumus untuk menambahkan tanda "-"

pada setiap Part Number tsb, karena saya dapat data dari SAP tidak
beraturan.

Dengan Syarat setiap 5 Digit Nomer/Huruf dikasih tanda "-" seperti contoh di
samping.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih...



Salam Hangat,



Agus W

6b.

Re: Memisahkan Angka setiap 5 Digit

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jun 24, 2011 3:23 pm (PDT)



=REPLACE(B2,6,5,"-"&MID(B2,6,5)&"-")

atau pilih salah satu yg paling anda disayangi dari 3 pilihan berikut ini
(nantinya masih akan ada banyak usulan dari members lain..)

1. =SUBSTITUTE(B2,*MID(B2,6,5)*,"*-"&MID(B2,6,5)&"-"*)

Substitute / mengganti bagian text
** bagian text yg diganti : *=**MID(B2,6,5)*
text yg dimulai dari karakter ke 6 sepanjang 5 karakter
** text pengganti nya : ="-"&MID(B2,6,5)&"-"
* dia juga* tetapi didepan dan dibelakanagnya diberi "-"

2. =*LEFT(B2,5)&"-"*&*MID(B2,6,5)*&"-"&*RIGHT(B2,2)*

Susunan dari 3 bagian, yg di beri antara karakter "-"
penggabungannya dengan operator &

** bagian depan = ambilan dari kiri sebanyak 5 karakter & "-"
*=LEFT(B2,5)&"-"*
bagian tengah = ambilan dari karakter ke 6 sebanyak 5 karakter & "-"
*=MID(B2,6,5)&"-"*
** bagian belakang = ambilan dari kanan sebanyak 2 karakter
*=**RIGHT(B2,2)*

3. =REPLACE(B2,6,5,"-"&MID(B2,6,5)&"-")

Replace / Menukar bagian teks
=REPLACE(B2,*6,5*,"-"&MID(B2,6,5)&"-")
* Text yg ditukar = mulai dari karakter ke *6* sebanyak *5* karakter
* Text Penukarnya = Ambilan: mulai dari karakter ke 6 sebanyak 5
karakter
tetapi dikanan/kirinya diberi karakter "-"
="-"&MID(B2,6,5)&"-"

~ctv~

2011/6/24 Agus Widodo <agus_1194@yahoo.co.id>

> **
>
> Dear Master Excel yang Budiman,****
>
> Mohon pencerahannya bagaimana cara/rumus untuk menambahkan tanda "-"****
>
> pada setiap Part Number tsb, karena saya dapat data dari SAP tidak
> beraturan.****
>
> Dengan Syarat setiap 5 Digit Nomer/Huruf dikasih tanda "-" seperti contoh
> di samping.****
>
> Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih...****
>
> Salam Hangat,****
>
> Agus W****
>
> **
>
7a.

menghitung rata-rata bunga

Posted by: "harry budiman" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Fri Jun 24, 2011 8:55 am (PDT)



Salam para suhu,
Saya ingin menanyakan bagaimana jika ingin menghitung rata-rata bunga
dari individu (seperti contoh terlampir), apakah bisa menggunakan
sumproduct dengan tambahan rumus?

terima kasih atas bantuannya,

hatur nuhun
harry
7b.

Re: menghitung rata-rata bunga

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Fri Jun 24, 2011 3:37 pm (PDT)



=SUMIF($D$6:$D$25,H6,$E$6:$E$25)/COUNTIF($D$6:$D$25,H6)

penjelasan (boleh dibaca hanya jika diperlukan)

** Jumlah bersyarat (jumlah NILAI (percentage) hanya untuk ITEM (orang)
tertentu dlm daftar)
=SUMIF($D$6:$D$25,H6,$E$6:$E$25)

*** dibagi dengan *
*
*
** Banyaknya ITEM (orang) tertentu dlm daftar
=COUNTIF($D$6:$D$25,H6)

~ctv~

2011/6/24 harry budiman <harbudiman@gmail.com>
>
> Salam para suhu,
> Saya ingin menanyakan bagaimana jika ingin menghitung rata-rata bunga
> dari individu (seperti contoh terlampir), apakah bisa menggunakan
> sumproduct dengan tambahan rumus?
>
> terima kasih atas bantuannya,
>
> hatur nuhun
> harry
7c.

Re: menghitung rata-rata bunga

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Fri Jun 24, 2011 4:44 pm (PDT)



Coba juga dengan pivot table.

Kid.

2011/6/24 harry budiman <harbudiman@gmail.com>

> **
>
>
> Salam para suhu,
> Saya ingin menanyakan bagaimana jika ingin menghitung rata-rata bunga
> dari individu (seperti contoh terlampir), apakah bisa menggunakan
> sumproduct dengan tambahan rumus?
>
> terima kasih atas bantuannya,
>
> hatur nuhun
> harry
>
>
8.

FW: [?? Probable Spam]  Re: [belajar-excel] Memisahkan Angka setiap

Posted by: "Agus Widodo" agus_1194@yahoo.co.id   agus_1194

Fri Jun 24, 2011 7:46 pm (PDT)



Terima kasih Master CTV atas pencerahan serta penjelasannya.

Semoga Bermanfaat.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of STDEV(i)
Sent: 25 Juni 2011 5:23
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [?? Probable Spam] Re: [belajar-excel] Memisahkan Angka setiap 5 Digit

=REPLACE(B2,6,5,"-"&MID(B2,6,5)&"-")

atau pilih salah satu yg paling anda disayangi dari 3 pilihan berikut ini

(nantinya masih akan ada banyak usulan dari members lain..)

1. =SUBSTITUTE(B2,MID(B2,6,5),"-"&MID(B2,6,5)&"-")

Substitute / mengganti bagian text

** bagian text yg diganti : =MID(B2,6,5)

text yg dimulai dari karakter ke 6 sepanjang 5 karakter

** text pengganti nya : ="-"&MID(B2,6,5)&"-"

dia juga tetapi didepan dan dibelakanagnya diberi "-"

2. =LEFT(B2,5)&"-"&MID(B2,6,5)&"-"&RIGHT(B2,2)

Susunan dari 3 bagian, yg di beri antara karakter "-"

penggabungannya dengan operator &

** bagian depan = ambilan dari kiri sebanyak 5 karakter & "-"

=LEFT(B2,5)&"-"

bagian tengah = ambilan dari karakter ke 6 sebanyak 5 karakter & "-"

=MID(B2,6,5)&"-"

** bagian belakang = ambilan dari kanan sebanyak 2 karakter

=RIGHT(B2,2)

3. =REPLACE(B2,6,5,"-"&MID(B2,6,5)&"-")

Replace / Menukar bagian teks

=REPLACE(B2,6,5,"-"&MID(B2,6,5)&"-")

* Text yg ditukar = mulai dari karakter ke 6 sebanyak 5 karakter

* Text Penukarnya = Ambilan: mulai dari karakter ke 6 sebanyak 5 karakter

tetapi dikanan/kirinya diberi karakter "-"

="-"&MID(B2,6,5)&"-"

~ctv~

2011/6/24 Agus Widodo <agus_1194@yahoo.co.id>

Dear Master Excel yang Budiman,



Mohon pencerahannya bagaimana cara/rumus untuk menambahkan tanda "-"

pada setiap Part Number tsb, karena saya dapat data dari SAP tidak beraturan.

Dengan Syarat setiap 5 Digit Nomer/Huruf dikasih tanda "-" seperti contoh di samping.

Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih...



Salam Hangat,



Agus W

9.

Membuat footer dinamis tiap halaman kedua dan seterusnya berbeda

Posted by: "angundi" angundi@yahoo.co.id   angundi

Fri Jun 24, 2011 10:11 pm (PDT)




Halo para suhu milis XL-mania yg budiman, saya mau tanya :
Saya punya dokumen sampai sebanyak 25 halaman atau bisa lebih yang ingin dibuat
mail merge dengan database dari excel, dimana :
- pada akhir halaman pertama saya ingin menampilkan footer dengan cara
mengambil satu kata dari halaman ke-2 pada alinea pertama
- pada akhir halaman kedua saya ingin menampilkan footer dengan cara mengambil
satu kata dari halaman ke-3 pada alinea pertama
- pada akhir halaman ketiga saya ingin menampilkan footer dengan cara mengambil
satu kata dari halaman ke-4 pada alinea pertama
- pada akhir halaman keempat .. dst …

dimana tiap alinea halaman kedua dst bersifat dinamis, artinya mungkin kata pada
alinea pertama tersebut mungkin bergeser karena kalimat dalam dokumen tersebut
satu dokumen dengan dokumen lainnya berbeda. Intinya saya hanya ingin
membuat/menampilkan footer dengan cara mengambil satu kata dari halaman
berikutnya. Sementara pada halaman terakhir tidak perlu ada footer, dengan
menggunakan macro vba excel / word.

Untuk lebih jelas saya ilustrasian sebagai berikut :

Pada Halaman Pertama Alinea terakhir berisi :
………….
"-----Barang tersebut akan ditawarkan, …"

Saya ingin menampilkan footer pada akhir halaman pertama sebagai berikut :

"Peserta …/Lembar Kedua" (tanpa tanda kutip)

Pada Halaman kedua Alinea pertama adalah sebagai berikut :

-----Peserta dapat mengajukan penawaran …..

Saya ingin menampilkan footer pada akhir halaman kedua sebagai berikut :

Pembeli …/Lembar Ketiga (tanpa tanda kutip)

Halaman ketiga
Alinea pertama untuk halaman ketiga adalah sebagai berikut :

------Pembeli tidak diperkenankan

Halaman keempat dst…
Saya ingin menampilkan footer pada akhir halaman keempat dst mengambil satu kata
dari alinea halaman berikutnya :

Tolong pencerahannya.

Thank's.

Angundi

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar