Jumat, 01 Juli 2011

[belajar-excel] Digest Number 1222

Messages In This Digest (14 Messages)

Messages

1a.

Re: cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan exc

Posted by: "Herry Sutjipto" herrysri@yahoo.com   herrysri

Thu Jun 30, 2011 2:23 pm (PDT)



Arifna,
 
Ingin ditanggapi?  Buatlah tabel2 secara manual, seperti apa bentuknya (formulir2 yang ada), trus inginnya yang diotomatisasi seperti apa?
Kalau hanya kata2 sederhana, akan multi tafsir, sehingga penanggap akan malas untuk membantu.
Yang dibilang tersebut itu yang mana?
Apa ketinggalan?
 
Herry Sutjipto

From: Arifna Hidayatallah <arifna_h@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, June 30, 2011 2:55 PM
Subject: [belajar-excel] cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

 

para master xl, minta tutorial untuk membuat aplikasi tersebut, begitu juga dengan rumus2nya ... makasih ... maaf kalu sebelumnya buat repot para master xl

1b.

Re: cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan exc

Posted by: "harry budiman" harbudiman@gmail.com   harbudiman

Thu Jun 30, 2011 3:27 pm (PDT)



Maaf mba, bacanya aja udah liuer :) gk jelas gitu...
-----Original Message-----
From: Arifna Hidayatallah <arifna_h@yahoo.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 30 Jun 2011 00:55:07
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan excel untuk smk tatabusan & persiapan grafika

para master xl, minta tutorial untuk membuat aplikasi tersebut, begitu juga dengan rumus2nya ... makasih ... maaf kalu sebelumnya buat repot para master xl

1c.

Re: cara membuat aplikasi pembayaran administrasi sekolah dengan exc

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu Jun 30, 2011 3:36 pm (PDT)



Berhubung Pak/Bu Arifna sepertinya belum memahami masalahnya sendiri,
maaf, (terbukti
saat ini tidak bisa/tidak berkenanmengajukan sepotong contoh dummies data
pun), maka kami menyarankan pengadministrasian kegiatan sekolah dengan :

- mendatangkan trainer / orang yg paham untuk menjelaskan secara face to
face
sekaligus menganalisis apa keperluannya &

atau

- membeli software khusus aplikasi sekolahan (banyak) dana yg murah /
lingkup kecil
biasanya software dijual dengan paket pelatihannya, di situlah kesempatan
untuk mengetahui "masalahnya sendiri".

sebelumnya lihat lihat dulu di sini... (maaf bukan ikut mengiklankan tapi
ini sekedar contoh)
http://elektro-itb.com/category/software-sekolah/
<http://elektro-itb.com/category/software-sekolah/>
http://jadwalsekolah.com/software-pembayaran-sekolah-spp/

<http://jadwalsekolah.com/software-pembayaran-sekolah-spp/>sementara itu
sebagai gambaran kasar...
Tata kelola administrasi murid (dan pembayarannya) kira-kira seperti ini

- ada tabel data semua murid
( NIS, NAMA, ALAMAT, NAMA ORTU, KELAS, JURUSAN dst)

- ada tabel-tabel BAYARAN (atau apalah istilahnya), yaitu nama nama "JASA
SEKOLAHAN"
yg harus dibayar oleh murid
- nama jasa, besarnya jasa (rp), periode bayar (harian, mingguan, bulanan?)

- ada tabel transaksi
yaitu tabel untuk menampung semua pembayaran masuk

TGL, NOMOR TRANSAKSI, NIS, (dan/ATAU NAMA SISWA), NAMA BAYARAN, BESARNYA
BAYARAN, BULANYG DIBAYAR, BESARNYA BAYARAN, KETR TAMBAHAN

Dengan 3 jenis tabel itu, nantinya semua REPORT akan dapat dikeluarkan
dengan cukup jelas.

catatan:
Tabel Transaksi jangan dipisah pisah misalnya per kelas, per bulan dsb,
sebaiknya menjadi 1 dan terus berkesinambungan.
Pemisahan per kelas, per nama bayaran, perbulan, persiswa dsb adalah REPORT
yg dibuat "otomatis" berdasarkan 3 jenis tabel utama di atas.

Demikian sekedar gambaran & pembuka wawasan..
mudah mudahan ada manfaatnya

CMIIW

-siti-
(orang semarang juga..)

2011/6/30 Arifna Hidayatallah <arifna_h@yahoo.com>

> **
>
>
> para master xl, minta tutorial untuk membuat aplikasi tersebut, begitu juga
> dengan rumus2nya ... makasih ... maaf kalu sebelumnya buat repot para master
> xl
>
>
>
2a.

Cari Cell MASTER input manual dari banyak LINK

Posted by: "Fahrudin arrozi" fahrudin.arrozi@gmail.com   mas_fahrudin

Thu Jun 30, 2011 6:57 pm (PDT)



Dear Mbak Siti dan Pakar Excel yg lain.

Saya pengen punya cell yg saling terkait Nge-LINK dan berantai banyak dengan
cell yg lain.
nah ketika file ini sudah lama tidak dipakai dan kemudian dibuka lagi kita
lupa mana cell yg jadi MASTER (inputan manual)
Apa ada TIps Gimana cara cepat mengetahui cell yg jadi master inputan manual
tanpa kita harus ngecek satu-satu.

Sebelumnya Terima Kasih atas budi baiknya yg mau sharing Ilmu

--
Regards,
Fahrudin Arrozi
Process Engineer
PT Patra SK (Dumai Lube Base Oil Plant)
+628563383649
2b.

Re: Cari Cell MASTER input manual dari banyak LINK

Posted by: "M. Ferdiansyah" muh_ferdy@pusri.co.id   muh_f3rdi4n5yah

Thu Jun 30, 2011 7:25 pm (PDT)



Kl menurut saya, di excel 2003 ada di menu edit >> links
disanalah kita tahu file apa yg menjadi master filenya..

regard,

Ferdy

> Dear Mbak Siti dan Pakar Excel yg lain.
>
> Saya pengen punya cell yg saling terkait Nge-LINK dan berantai banyak
> dengan
> cell yg lain.
> nah ketika file ini sudah lama tidak dipakai dan kemudian dibuka lagi kita
> lupa mana cell yg jadi MASTER (inputan manual)
> Apa ada TIps Gimana cara cepat mengetahui cell yg jadi master inputan
> manual
> tanpa kita harus ngecek satu-satu.
>
> Sebelumnya Terima Kasih atas budi baiknya yg mau sharing Ilmu
>
> --
> Regards,
> Fahrudin Arrozi
> Process Engineer
> PT Patra SK (Dumai Lube Base Oil Plant)
> +628563383649
>

____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________
Notice : This e-mail (and any attachment) is strictly confidential and
is intended only for the addressee(s)above. Is strictly prohibited to
forward, print, copy, or otherwise reproduce this message that would
allow it to be viewed by any individual not originally listed as
a recipient(s). If you have received this e-mail in error, please
immediately notify the sender and delete this message. The opinions
expressed in this e-mail (and any attachment) are those of the individual
sender and may not necessarily reflect the views of PT Pusri.
____________ _________ _________ _________ _________ _________ _________

2c.

Re: Cari Cell MASTER input manual dari banyak LINK

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu Jun 30, 2011 8:10 pm (PDT)



Sebuah cell (kita sebut *cell X *) sering punya 2 jenis *TTM, *teman tapi
mesra, seperti mbak Yvonne.

*1. Presedent cells*
Yaitu cell-cell yg yg dirujuk oleh cell X, alamat cell dependent tertulis
sbg bagiand ari formula yg ada di cell X
jadi kalau si presedent berubah cell X ikut berubah nilainya
Jika di A1 tertulis =B1+C1, maka B1 dan C1 adalah Presedent cells bagi A1

*2. Dependent cells*
Yaitu cell yg merujuk ke cell X, jadi alamat (reference) cell X tertulis di
cell dependent sebagai bagian dari formula yg ada didalamnya.
Jika cell X berubah nilinya maka cell dependent ikut berubah.
Jika di A1 tertulis =B1+C1, maka A1 adalah Dependent cell bagi B1 mapun
bagi C1

Rujukan ke cell lain dapat melibatkan cell di sheet yg sama, di sheet lain
maupun di workbook lain.

(lho kok malah kembali ke pelajaran dasar ? Ya gak pa pa. itung itugn sambil
represhing..)

Untuk mencari dengan cepat Dependent Cells maupun Presedent Cells bagi suatu
cell, di excel sudah disediakan beberapa tools nya.

1.
menu Tools > *Formula Auditing *(excel 2003)
atau Ribbon Tab: FORMULA, > Group: FOrmula AUditing (excel 2007)
d situ banak terdapat Aikon/tombol untuk mempercepat penncarian Presendet /
Dependent cell

[image: formula auditing 2003.PNG]
[image: formula auditing.PNG]

2.
Tombol F5 (atau menu Edit > *Goto) > Special Cells*
di situ ada Option Button untuk mencari Dependent dan juga Presedent cells

[image: F5 goto special.PNG]

3.
Khusus untuk rujukan ke lain workbook, tersedia
Di Excel 2003: menu* Edit > Links*
Di Excel 2007: Office Button > *Edit Links To Files*
DI situ ada dialogbox yg memudahkan kita mencari & membuka workbook dimana
bersemayam cells yg di link/dirujuk.

[image: edit links.PNG]

[image: edit links to file 2007.PNG]

Dari ketiga hal itu, detil operasionalnya dapat dipelajari (langsung
dipraktekkan) sendiri dengan mudah.

-siti-

2011/7/1 Fahrudin arrozi <fahrudin.arrozi@gmail.com>

> **
>
> Dear Mbak Siti dan Pakar Excel yg lain.
>
> Saya pengen punya cell yg saling terkait Nge-LINK dan berantai banyak
> dengan cell yg lain.
> nah ketika file ini sudah lama tidak dipakai dan kemudian dibuka lagi kita
> lupa mana cell yg jadi MASTER (inputan manual)
> Apa ada TIps Gimana cara cepat mengetahui cell yg jadi master inputan
> manual tanpa kita harus ngecek satu-satu.
>
> Sebelumnya Terima Kasih atas budi baiknya yg mau sharing Ilmu
>
> --
> Regards,
> Fahrudin Arrozi
>
2d.

Re: Cari Cell MASTER input manual dari banyak LINK

Posted by: "Fahrudin arrozi" fahrudin.arrozi@gmail.com   mas_fahrudin

Thu Jun 30, 2011 8:46 pm (PDT)



Terima kasih Bu Siti atas sharingnya.
Semoga Allah membalas sbg pahala :-)

2011/7/1 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

>
>
> Sebuah cell (kita sebut *cell X *) sering punya 2 jenis *TTM, *teman tapi
> mesra, seperti mbak Yvonne.
>
> *1. Presedent cells*
> Yaitu cell-cell yg yg dirujuk oleh cell X, alamat cell dependent tertulis
> sbg bagiand ari formula yg ada di cell X
> jadi kalau si presedent berubah cell X ikut berubah nilainya
> Jika di A1 tertulis =B1+C1, maka B1 dan C1 adalah Presedent cells bagi A1
>
> *2. Dependent cells*
> Yaitu cell yg merujuk ke cell X, jadi alamat (reference) cell X tertulis
> di cell dependent sebagai bagian dari formula yg ada didalamnya.
> Jika cell X berubah nilinya maka cell dependent ikut berubah.
> Jika di A1 tertulis =B1+C1, maka A1 adalah Dependent cell bagi B1 mapun
> bagi C1
>
> Rujukan ke cell lain dapat melibatkan cell di sheet yg sama, di sheet lain
> maupun di workbook lain.
>
> (lho kok malah kembali ke pelajaran dasar ? Ya gak pa pa. itung itugn
> sambil represhing..)
>
>
> Untuk mencari dengan cepat Dependent Cells maupun Presedent Cells bagi
> suatu cell, di excel sudah disediakan beberapa tools nya.
>
> 1.
> menu Tools > *Formula Auditing *(excel 2003)
> atau Ribbon Tab: FORMULA, > Group: FOrmula AUditing (excel 2007)
> d situ banak terdapat Aikon/tombol untuk mempercepat penncarian Presendet /
> Dependent cell
>
> [image: formula auditing 2003.PNG]
> [image: formula auditing.PNG]
>
>
> 2.
> Tombol F5 (atau menu Edit > *Goto) > Special Cells*
> di situ ada Option Button untuk mencari Dependent dan juga Presedent cells
>
> [image: F5 goto special.PNG]
>
>
> 3.
> Khusus untuk rujukan ke lain workbook, tersedia
> Di Excel 2003: menu* Edit > Links*
> Di Excel 2007: Office Button > *Edit Links To Files*
> DI situ ada dialogbox yg memudahkan kita mencari & membuka workbook dimana
> bersemayam cells yg di link/dirujuk.
>
> [image: edit links.PNG]
>
> [image: edit links to file 2007.PNG]
>
> Dari ketiga hal itu, detil operasionalnya dapat dipelajari (langsung
> dipraktekkan) sendiri dengan mudah.
>
>
> -siti-
>
>
>
>
> 2011/7/1 Fahrudin arrozi <fahrudin.arrozi@gmail.com>
>
>>
>> Dear Mbak Siti dan Pakar Excel yg lain.
>>
>> Saya pengen punya cell yg saling terkait Nge-LINK dan berantai banyak
>> dengan cell yg lain.
>> nah ketika file ini sudah lama tidak dipakai dan kemudian dibuka lagi kita
>> lupa mana cell yg jadi MASTER (inputan manual)
>> Apa ada TIps Gimana cara cepat mengetahui cell yg jadi master inputan
>> manual tanpa kita harus ngecek satu-satu.
>>
>> Sebelumnya Terima Kasih atas budi baiknya yg mau sharing Ilmu
>>
>> --
>> Regards,
>> Fahrudin Arrozi
>>
>
>
>

--
Regards,
Fahrudin Arrozi
Process Engineer
PT Patra SK (Dumai Lube Base Oil Plant)
+628563383649
3.

SUM dari berbagai sheet berdasarkan tanggal dan shift

Posted by: "neza ibaneza" nezaibaneza@yahoo.co.id   nezaibaneza

Thu Jun 30, 2011 7:35 pm (PDT)



Dear all Master Be-Excel

Lama baru nongol lagi nih..
saya punya masalah rekapitulasi. saya mengharapkan sheet rekap merupakan Summary dari semua sheet

berdasarkan tanggal dan shift kerjanya. mohon bantuan rumusnya baik yang biasa maupun VBA.

Regards
Neza
4a.

merevisi isi data

Posted by: "R T Gultom" ro_tag@yahoo.com   ro_tag

Thu Jun 30, 2011 10:37 pm (PDT)



Dear All,

Mohon bantuannya lagi, bagaimana saya harus merevisi data karena ada revisi seperti terlampir
saya kutak-kutik macronya belum bisa?

Terima kasih sebelumnya
Gultom

4b.

Re: merevisi isi data

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu Jun 30, 2011 10:52 pm (PDT)



pakai cara praktis saja

1. deteksi letak cell kosong di bawah tabel 1 (list), cukup 1 cell di kolom
1 saja
2. deteksi letak & dimensi tabel 2 (rev) lalu dicopy
3. dipaste ke cell hasil langkah 1
4. range baru yg terbentk dikenakan metoda sort dengan kolom 2 sbg kunci
sorting, order: manaik

2011/7/1 R T Gultom <ro_tag@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear All,
>
> Mohon bantuannya lagi, bagaimana saya harus merevisi data karena ada revisi
> seperti terlampir
> saya kutak-kutik macronya belum bisa?
>
> Terima kasih sebelumnya
> Gultom
>
>
4c.

Re: merevisi isi data

Posted by: "R T Gultom" ro_tag@yahoo.com   ro_tag

Thu Jun 30, 2011 11:12 pm (PDT)



Sebenarnya selama ini saya pakai system manual
dengan vlookup di dummy column di file "List" terus saya pindahin dan di beri color
data revisi tidak berurutan sebenarnya hanay sample saya ambil dari data (list)

Siti Vi wrote

Pakai cara praktis saja
1. deteksi letak cell kosong di bawah tabel 1 (list), cukup 1 cell di kolom 1 saja 

2. deteksi letak & dimensi tabel 2 (rev) lalu dicopy3. dipaste ke cell hasil langkah 1

4. range baru yg terbentk dikenakan metoda sort dengan kolom 2 sbg kunci sorting, order: manaik

4d.

Re: merevisi isi data

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu Jun 30, 2011 11:23 pm (PDT)



jadi maksud yg sebenarnya bagaimana, mohon diceritakan

(kalau melihat GAMBARAN HASIL yg diperlihatkan tadi, sepertinya "jalan
ceritak"
yg siti ajukan tadi sudah sesuai
jika belum sesuai, di bagian mananya yg masih perlu ubah ?
nanti bisa kita perbaiki.

setelah oke, soal mengimplementasikan ke code itu masalah kedua dan gampang.

mengenai jumlah records (volume data) tidak jadi masalah, prinsip kerjanya
tetap sama.

sample yg diajukan seharusnya menggambarkan / mewakili keadaan faktualnya

2011/7/1 R T Gultom <ro_tag@yahoo.com>

> **
>
>
> Sebenarnya selama ini saya pakai system manual
> dengan vlookup di dummy column di file "List" terus saya pindahin dan di
> beri color
> data revisi tidak berurutan sebenarnya *hanay sample* saya ambil dari data
> (list)
>
> Siti Vi wrote
>
> Pakai cara praktis saja
>
> 1. deteksi letak cell kosong di bawah tabel 1 (list), cukup 1 cell di
> kolom 1 saja
> 2. deteksi letak & dimensi tabel 2 (rev) lalu dicopy
> 3. dipaste ke cell hasil langkah 1
> 4. range baru yg terbentk dikenakan metoda sort dengan kolom 2 sbg kunci
> sorting, order: manaik
>
>
4e.

[Tanya] Optimasi Kerja Excel

Posted by: "akbar arsyad" akbar_arsyad@yahoo.co.id   akbar_arsyad

Thu Jun 30, 2011 11:51 pm (PDT)



Dear All,

Saya ingin bertanya, hal apakah saja yang dapat membantu meringankan saat
menggunakan Ms Excel selain spek komputer dan jumlah data kita.
Apakah versi excel mempengaruhi? Semakin update apakah semakin cepat?
Apakah penggunaan macros mempercepat atau memperlambat?
Adakah software khusus untuk mempercepat kerja excel?

Terima Kasih,
Akbar Jamaluddin Arsyad
4f.

Re: [Tanya] Optimasi Kerja Excel

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Fri Jul 1, 2011 12:22 am (PDT)



- Excel versi 2003 lebih cepat, namun jumlah baris dan kolom data, formula  dan formatnya lebih terbatas.
- Penggunaan macro, menurut saya, akan mempercepat untuk jumlah data yang besar.
- Software khusus untuk mempercepat Excel belum penah saya temukan. Kalau ada saya juga mau.
 
Salam,
Hendrik Karnadi
 

--- On Fri, 1/7/11, akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co.id> wrote:

From: akbar arsyad <akbar_arsyad@yahoo.co.id>
Subject: [belajar-excel] [Tanya] Optimasi Kerja Excel
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Friday, 1 July, 2011, 1:49 PM

 

Dear All,

Saya ingin bertanya, hal apakah saja yang dapat membantu meringankan saat menggunakan Ms Excel selain spek komputer dan jumlah data kita.
Apakah versi excel mempengaruhi? Semakin update apakah semakin cepat?
Apakah penggunaan macros mempercepat atau memperlambat?
Adakah software khusus untuk mempercepat kerja excel?

 
Terima Kasih,
Akbar Jamaluddin Arsyad

Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar