Minggu, 15 April 2012

[belajar-excel] Digest Number 1584

Messages In This Digest (9 Messages)

Messages

1a.

macro unidentify

Posted by: "Muhammad Iqbal" iq_bal76id@yahoo.com   iq_bal76id

Sat Apr 14, 2012 8:19 am (PDT)



Dear bro exceler,
mau tanya kenapa di beberapa file xls yang saya miliki memiliki macro yang saya sendiri tidak merasa membuatnya, akibatnya bila saya mencoba merekam macro baru maka tidak bekerja dengan sempurna.
macro yang tidak saya ketahui adalah macro dengan nama Print_C, Print_G, Print_I.

dan bagaimana saya menghapus macro tersebut, karena tiap saya klik nama tersebut, menu delete akan inactive.
untuk contoh capturannya saya lampirkan dalam files
thanks sebelumnya

Br
iqbal
1b.

Re: macro unidentify

Posted by: "Onto Seno" ontoseno84@gmail.com   ontoseno84@ymail.com

Sat Apr 14, 2012 10:49 am (PDT)



*Personal Macro Workbook*

"PERSONAL.xls" adalah nama Personal Macro workbook versi Excel 2003,
"PERSONAL.XLSB" adalah nama Personal Macro workbook versi Excel 2007.
Keduanya dibuat oleh Excel untuk menampung makro-makro anda JIKA
MEMANG DIKEHENDAKI
TERSIMPAN DI PERSONAL-WORKBOOK TSB

Jika kita tidak menghendaki makro tersimpan di Personal Workbook, kita
dapat memilih tempat lain: ThisWorkbook atau kah Workbook lain / baru.
[image: Inline image 1]

Personal Macro workbook otomatis *selalu ikut terbuka *pada saat Excel
dijalankan, *(tetapi statusnya HIDDEN)*.
Maksudnya agar para makro yg ada di situ, mampu berlaku pada semua
workbooks yg sedang dibuka.
(artiya satu makro yg sama perilakunya, tidak harus ditulis di semua
workbook, satu persatu)

*Path* untuk Personal workbook (untuk Excel 2007), jika instalasinya
standar (belum dicutomize)
adalah
C:\program files\microsoft office\office 12\xlstart

Tetapi bisa dicustomize, asal di folder resmi bernama *XLStart* yaitu
folder yg file2nya akan dibuka otomatis jika Excel dijalankan.
Sebagai contoh di Excel saya, personal workbook ada di sini
C:\Documents and Settings\*oSeno*\Application
Data\Microsoft\Excel\XLSTART

Jika Personal Macro Workbook tidak terpakai, anda tentu dapat mendelete
makro-makronya, atau pun Module nya. Bahkan kita boleh mendelete filenya (
melalui Windows Explorer, pada saat Excel tidak sedang dijalankan).

[image: Inline image 2]

Mengenai Nama Personal Makro workbook anda yg ada tambahan !PMCME; saya
tidak tahu babar blassss...

CMIIW / mohon koreksi &/ tambahan dari fara fakar...
*o'Seno*

*Mungkin bacaan di sini lebih lengkap lagi:*
http://excelribbon.tips.net/C0782_Personal_xlsb.html
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/create-or-delete-a-macro-HP010014111.aspx

*On Sat, Apr 14, 2012 at 9:48 PM, Muhammad Iqbal <iq_bal76id@yahoo.com>
wrote:
>
> Dear bro exceler,
> mau tanya kenapa di beberapa file xls yang saya miliki memiliki macro
yang saya sendiri *
*> tidak merasa membuatnya, akibatnya bila saya mencoba merekam macro baru
maka *
*> tidak bekerja dengan sempurna.
> macro yang tidak saya ketahui adalah macro dengan nama Print_C, Print_G,
Print_I.
>
> dan bagaimana saya menghapus macro tersebut, karena tiap saya klik nama
tersebut, menu delete akan inactive.
> untuk contoh capturannya saya lampirkan dalam files
> thanks sebelumnya
>
> Br
> iqbal
*
* *
2a.

Laporan dari data keterangan ke bawah menjadi kesamping

Posted by: "A. Hendri Bp. Algar" mni.agush@gmail.com

Sat Apr 14, 2012 8:20 am (PDT)



Dear Suhu Excel,
Mohon maaf sekali lagi saya mau bertanya.
Saya punya data order pembelian beserta tanggal estimasi pengiriman yang
diharapkan oleh customer. Lalu masih dalam satu tabel, saya punya data
pengiriman untuk memenuhi order tersebut dengan merefer nomor order dari
customer. Yang pemenuhan order tersebut dilakukan dengan beberapa kali
pengiriman (dengan surat jalan yang berbeda-beda). Semua data tersebut
ditampilkan ke bawah.

Lalu saya igin membuat resume dari data-data tersebut dengan menjadikan
nomor order Customer sebagai acuan, tanggal berapa saja kita kirim, berapa
banyak yang dikirim pada tanggal-tangal tersebut. Serta keterangan nomor
surat jalan kami baik untuk pengiriman pertama, II, III, dan ke IV. Dengan
data menyamping (tidak lagi kebawah).

Pertanyaannya adalah :
1. Bagaimana membuat laporan resume tersebut dengan format nomor order
Customer sebagai acuan, tanggal berapa saja kita kirim, berapa banyak yang
dikirim pada tanggal-tangal tersebut. Serta keterangan nomor surat jalan
kami baik untuk pengiriman pertama, II, III, dan ke IV. Dengan data
menyamping (tidak lagi kebawah). (lihat lampiran)

2. Bagaimana caranya membuat rumus untuk menandai bahwa suatu kode surat
jalan ini adalah pengiriman yang ke 1 atau ke 2, atau ke 3 dalam rangka
memenuhi nomor order terntentu.

Demikian pertanyaan saya, mohon maaf jika merepotkan. terima kasih atas
bantuannya

Salam,
Agus H
2b.

Re: Laporan dari data keterangan ke bawah menjadi kesamping

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Sat Apr 14, 2012 9:08 am (PDT)



Dear Hendri,

1. Kira-kira begini :
>> Daftar No Order : (cell H6) array formula uniue list (lihat posting
tentang array formula maupun unique list yang bertebaran di milis) :
=INDEX($B$6:$B$25,MATCH(0,COUNTIF(H$5:H5,$B$6:$B$25),0))
copy ke bawah sampai bertemu error value

>> deret tanggal ESTIMASI TGL BARANG DITERIMA (tapi kok nilai deret
tanggalnya diambil dari kolom Tanggal Kirim ya, mungkin ada penjelasannya)
cell i5 (data pertama tanggal) :
=MIN(E6:E25)

cell J5 :
=i5+1
copy ke samping sesuai kebutuhan

seluruh cell deret tanggal di format -> number -> custom :
d

>> nilai summary qty (cell i6) :
=SUMPRODUCT( *($B$6:$B$25=$H6)* * *($E$6:$E$25=I$5)* * $F$6:$F$25 )
*Biru *dan *Hijau *adalah kriteria
Copy ke cell lain (kanan dan bawah) sesuai kebutuhan.
Atur format -> number -> custom :
general;;

>> header KETERANGAN SURAT JALAN KIRIM (ad5:ag5)
isi dengan angka mulai dari 1 sampai 4
atur format -> number -> custom :
"KIRIM KE "general

>> summary KETERANGAN SURAT JALAN KIRIM (cell ad6) array formula :
=IF(*COUNTIF($B$6:$B$25,$H6)>=AD$5*
,INDEX($D$6:$D$25,SMALL(IF($B$6:$B$25=$H6,ROW($D$6:$D$25)-ROW($D$5)),AD$5)),"")
*Biru *: kriteria keberadaan surat jalan yang harus diambil.
Copy ke kanan dan bawah sesuai kebutuhan.

2. Pengiriman ke ?
>> cell h34
=COUNTIF(B*$*34:B34,B34)
copy ke bawah sesuai kebutuhan.
Perhatikan peletakan karakter *$ *yang membuat referensi menjadi absolut
baris pada sisi awal range reference, tetapi tidak ada di sisi akhir range
reference.

Regards,
Kid.

On Sat, Apr 14, 2012 at 17:52, A. Hendri Bp. Algar <mni.agush@gmail.com>wrote:

> **
>
>
> Dear Suhu Excel,
> Mohon maaf sekali lagi saya mau bertanya.
> Saya punya data order pembelian beserta tanggal estimasi pengiriman yang
> diharapkan oleh customer. Lalu masih dalam satu tabel, saya punya data
> pengiriman untuk memenuhi order tersebut dengan merefer nomor order dari
> customer. Yang pemenuhan order tersebut dilakukan dengan beberapa kali
> pengiriman (dengan surat jalan yang berbeda-beda). Semua data tersebut
> ditampilkan ke bawah.
>
> Lalu saya igin membuat resume dari data-data tersebut dengan menjadikan
> nomor order Customer sebagai acuan, tanggal berapa saja kita kirim, berapa
> banyak yang dikirim pada tanggal-tangal tersebut. Serta keterangan nomor
> surat jalan kami baik untuk pengiriman pertama, II, III, dan ke IV. Dengan
> data menyamping (tidak lagi kebawah).
>
> Pertanyaannya adalah :
> 1. Bagaimana membuat laporan resume tersebut dengan format nomor order
> Customer sebagai acuan, tanggal berapa saja kita kirim, berapa banyak yang
> dikirim pada tanggal-tangal tersebut. Serta keterangan nomor surat jalan
> kami baik untuk pengiriman pertama, II, III, dan ke IV. Dengan data
> menyamping (tidak lagi kebawah). (lihat lampiran)
>
> 2. Bagaimana caranya membuat rumus untuk menandai bahwa suatu kode surat
> jalan ini adalah pengiriman yang ke 1 atau ke 2, atau ke 3 dalam rangka
> memenuhi nomor order terntentu.
>
> Demikian pertanyaan saya, mohon maaf jika merepotkan. terima kasih atas
> bantuannya
>
> Salam,
> Agus H
>
> __._,_._
>
3a.

Kombinasi Text Berkedip dan Tombol Print

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Sat Apr 14, 2012 10:41 am (PDT)



Dear BeExceller,

Mohon info akan 2 pertanyaan saya dengan
penjelasan dan informasi sbb:
Pada salah satu User Form saya
menggunakan Text Berkedip sebagaimana rumus berikut:
 
Option Explicit
Dim EndShow As Boolean
 
Private Sub UserForm_Activate()
   '
movingForm
   Dim u As
Long
   Do Until
Me.Left > 225
      Left
= Left + 2
      Top =
Top + 2
      For u
= 1 To 200000: Next
   Loop
   Me.Top =
167
   TeksJalan
End Sub
 
Private Sub TeksJalan()
   Dim i As
Long
   EndShow
= False
   On Error
Resume Next
Ulangi:
   If
EndShow = True Then Exit Sub
   LBL1.Left = LBL1.Left - 2
 
  With
LBLINK
      .ForeColor = IIf(.ForeColor = &HFF&, &H4000&,
&HFF&)
      End
With
  
      With
LbLive
      .ForeColor = IIf(.ForeColor = &H8080FF, &HE0E0E0, &H8080FF)
      End
With
  
   DoEvents
   For i =
1 To 15000000: Next
   If
LBL1.Left + LBL1.Width < 0 Then LBL1.Left = Width
 
   GoTo
Ulangi
End Sub
 
Private Sub UserForm_Terminate()
   EndShow
= True
End Sub
 
 
Dari rumus diatas saya mendapatkan
Text yang berkedip saling bergantian berwarna MERAH dan PUTIH.
Pertanyaan saya adalah Bagaimana caranya atau apa
rumusnya jika Text berkedip tersebut ingin saya ganti dengan warna MERAH dan
BIRU…???
 
Masih berkaitan dengan rumus tersebut
diatas dan saya tambahkan tombol PRINT dengan rumus seperti dibawah ini:
 
Private Sub cmdCetak_Click()
Set wsdtbs = Sheets("PRINT")
wsdtbs.PrintOut copies:=1, collate:=True
With Sheets("DAILY OUTPUT")
.Visible = -1: .Activate
End With
Unload Me
ThisWorkbook.Save
End Sub
 
Hasilnya saya mengalami kendala atau
tombol PRINT tersebut tidak berfungsi dengan signal rumus wsdtbs terblock berwarna
kuning. Sebaliknya jika rumus Text berkedip tersebut saya hapus, tombol PRINT
bisa berfungsi sebagaimana mestinya.
Pertanyaan saya adalah bagaimana cara
dan rumusnya atau apa yang harus diganti jika tombol PRINT tersebut tetap bisa
berfungsi tanpa menghapus rumus Text berkedip…???
 
Mohon berkenan informasi dan
pencerahannya akan 2 pertanyaan saya tersebut diatas.
Terima kasih atas bekenannya.
 
Regards,
 
 
Harry
3b.

Re: Kombinasi Text Berkedip dan Tombol Print

Posted by: "Markonah" markonatul@gmail.com   m_tulqiyem

Sat Apr 14, 2012 12:21 pm (PDT)



Mungkin Sub cmdCetak_Click perlu diubah menjadi sbb:

Private Sub cmdCetak_Click()
Dim wsdtbs as Worksheet ' baru
*EndShow = True ' baru*
Unload Me ' pindah tempat
Set wsdtbs = Sheets("PRINT")
wsdtbs.PrintOut copies:=1, collate:=True
With Sheets("DAILY OUTPUT")
.Visible = -1: .Activate
End With
ThisWorkbook.Save
End Sub

note
saya kok merasa kenal sekali /tidak asing dengan susunan skript (=bukan
"RUMUS")
makro dlm userform tsb.
tapi kalau ternyata hanya mirip (dan itu ternyata ciptaan anda sendiri),
saya mohon maaf,
tentu telah terjadi KESAMAAN yg SANGAT DEKAT termasuk nama Object LABEL,
nama Label Perintah ("Ulangi"), cara menggerakkan form dari arah kiri atas
ke kanan bawah, urut-urutan perintah ..
Bisakah disebutkan tgl anda membuatnya ?
Nama Userform, karena anda hanya mengajukan text makro, tidak dapat kita
ketahui,
Jangan2 juga sama dengan macro yg saya kenal ( misal anda belum sempat
mengubah
ke nama lain)

*Markonatul Qiyem*
4a.

Re: Menjumlahkan kelompok data yg dipisahkan dgn 3 kriteria

Posted by: "emilestariklcc" emilestariklcc@yahoo.com   emilestariklcc

Sat Apr 14, 2012 12:16 pm (PDT)



Pak Mansor,

Emi sarankan, data itu disortir mengikut kategori, lalu dijumlahkan mengikut kelompok data.

Emi.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Mansor <dbpermatasari@...> wrote:
>
> Para suhu dan teman BeExcel,
>
> Saya mohon bantuan gimana caranya untuk menjumlah data dengan kriteria
> berikut
>
> 1.Document date (di kolum B)
> 2.Profit center (Di Kolum AC)
> 3.Kategori (Di Kolum AA)
>
>
> Diharapkan dengan macro datanya langsung terpisah mengikut kriteria di
> atas aja tanpa perlu worksheet bantu (Transit Data.)
> Mohon pencerahan dan saya ucapkan terima kasih atau bantuan teman teman.
> Filenya ada dilampirkan
>
> -Mansor
>

4b.

Re: Menjumlahkan kelompok data yg dipisahkan dgn 3 kriteria

Posted by: "Mansor" dbpermatasari@gmail.com   nbmy1980

Sat Apr 14, 2012 11:22 pm (PDT)



Terima kasih Mbak Emi atas sarannya, semuanya udah saya lakukan seperti di
worksheet "Hasil yg diinginkan", tapi pekerjaan itu dibuat secara
manual, capek kalau kerjaan yg sama diulang ulang apalagi datanya sampai
ribuan.
Mungkin ada teman teman lain yang bisa membantu saya membuatnya secara
otomasi, atau dengan rumus.

Terima kasih.
Mansor

On Sun, Apr 15, 2012 at 1:07 AM, emilestariklcc <emilestariklcc@yahoo.com>wrote:

> **
>
>
> Pak Mansor,
>
> Emi sarankan, data itu disortir mengikut kategori, lalu dijumlahkan
> mengikut kelompok data.
>
> Emi.
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, Mansor <dbpermatasari@...> wrote:
> >
> > Para suhu dan teman BeExcel,
> >
> > Saya mohon bantuan gimana caranya untuk menjumlah data dengan kriteria
> > berikut
> >
> > 1.Document date (di kolum B)
> > 2.Profit center (Di Kolum AC)
> > 3.Kategori (Di Kolum AA)
> >
> >
> > Diharapkan dengan macro datanya langsung terpisah mengikut kriteria di
> > atas aja tanpa perlu worksheet bantu (Transit Data.)
> > Mohon pencerahan dan saya ucapkan terima kasih atau bantuan teman teman.
> > Filenya ada dilampirkan
> >
> > -Mansor
> >
>
>
>
5.

Analisis tidak tuntas

Posted by: "Husnul Faizin" husnulfaizin@yahoo.co.id   husnulfaizin

Sat Apr 14, 2012 4:55 pm (PDT)



selamat pagi dan salam exceler....
meralat lampiran (postingan) yang ditolak oleh milis ini (smoga kali ini tidak ditolak)
mohon bantuan dalam analisis soal saya :
1. pada sheet 1 tercantum data analisis soal, sehingga didapatkan beberapa soal yang tidak tuntas
2. pada sheet 2. (kesimpulan) mensortir/memilih nomor-nomor soal yang tidak tuntas
hasil yang diinginkan:
pada sheet2 (kesimpulan) tercantum secara otomatis nomor-nomor soal yang tidak tuntas tersebut
(contoh terlampir)

mohon bantuan para pakar, atas perhatian dan jawaban yang tidak terlalu lama dihaturkan terimakasih.

salam
husnul
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Dog Fanatics

on Yahoo! Groups

Find people who are

crazy about dogs.

Yahoo! Groups

Mental Health Zone

Schizophrenia groups

Find support

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar