Kamis, 26 April 2012

[belajar-excel] Digest Number 1594

Messages In This Digest (11 Messages)

Messages

1a.

Vba find and replace

Posted by: "ChubbyMike" the_x_mikey@yahoo.com   the_x_mikey

Wed Apr 25, 2012 2:46 am (PDT)



Dear all,

Sy punya kasus dimana harus mengubah informasi di database excel yang kita punya berdasarkan form perubahan.

Jadi jika di database ada kolom
Nip nama status

Dan form perubahan tertulis
Nip nama status
100 mike menikah

Maka jika macro dijalankan akan mencari nip 100 didatabase dan akan mengubah statusnya menjadi menikah.

Lebih jelasnya ada di attachment
Sent from my BlackBerry yg belum lunas
1b.

Re: Vba find and replace

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Apr 25, 2012 8:37 am (PDT)



Pak Mike,

File terlampir menggunakan 2 cara dari sekian banyak cara yang
memungkinkan, yaitu :
1. memanfaatkan fitur find untuk mencari kode db yang perlu diganti
2. loop terhadap setiap kode db untuk memastikan apakah kode tersebut yang
akan diganti datanya.

Seluruh referensi masih statis, silakan cari dimilis cara mendinamiskannya.

Untuk data db yang tidak unique atau jumlah record yang banyak (baik yang
diganti maupun penggantinya selalu sebagai sebuah record lengkap),
mungkin alurnya adalah :
1. gunakan advanced filter untuk memfilter db, sehingga ditemukan data yang
perlu diganti
2. hapus baris db yang ditemukan advanced filter (visible only)
3. copy data dari form ke db pada baris kosong pertama

Wassalam,
Kid.

On Wed, Apr 25, 2012 at 12:54, ChubbyMike <the_x_mikey@yahoo.com> wrote:

> **
>
>
> Dear all,
>
> Sy punya kasus dimana harus mengubah informasi di database excel yang kita
> punya berdasarkan form perubahan.
>
> Jadi jika di database ada kolom
> Nip nama status
>
> Dan form perubahan tertulis
> Nip nama status
> 100 mike menikah
>
> Maka jika macro dijalankan akan mencari nip 100 didatabase dan akan
> mengubah statusnya menjadi menikah.
>
> Lebih jelasnya ada di attachment
> Sent from my BlackBerry yg belum lunas
>
>
>
2a.

Re: Name Range Untuk Cell Yang Ada Data Sahaja.

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Apr 25, 2012 8:16 am (PDT)



Hai Mansor,

File terlampir memanfaatkan event change untuk menyusun referensi nama
range sesuai kondisi tertentu.
Pemilihan cell tertentu biasa disebut cell spesial, jadi bisa gunakan fitur
SpecialCells
Untuk menggabungkan beberapa area range menjadi sebuah area range, dapat
menggunakan fungsi Union.

Wassalam,
Kid.

On Wed, Apr 25, 2012 at 10:14, Mansor <dbpermatasari@gmail.com> wrote:

> **
>
>
>
>
>
> Teman BeExcel,
>
> Contoh yang saya berikan ini, adalah name range dynamic termasuk juga cell
> yang ada formula tetapi masih belum terisi data
>
> Saya mau saat saya pilih name range, hanya cell yang ada data sahaja ter
> select, cell kosong walau pun ada formula tidak termasuk dalam area name
> range. Silahkan klik tombol biru pada file yang dilampirkan.
>
> Mohon pencerahan.
>
> Terima kasih.
>
> Mansor
>
>
>
>
>
>
3a.

Re: macro untuk function index match

Posted by: "Ki Semprul" semprul.ki@gmail.com   ki_semprull

Wed Apr 25, 2012 8:25 am (PDT)



Kalau mau mudah dimengerti orang lain, sepertinya pak boby harus RELA: *
meng...*

(1)
KATAKAN seperti apa DATA / RANGE / TABEL yg menjadi referensinya (gambarkan
dlm Sheet)

(2)
KATAKAN seperti apa PROSESNYA, ATAU apa TUJUANNYA

(3)
GAMBARKAN keadaan / hasil Proses atau Tujuannya

Jika semua pertanyaan mengenai pengolahan data di Excel diajukan spt itu,
maka milis ini akan semakin ramai, karena menjadi sorga bagi para members
lain dlm balajar membuat solusi dan tempat "berbagi"....
Penanyapun tak kecewa mendapat tanggapan reponsif dengan jawaban
yg mendekati keinginan, atau bahkan persis seperti yg diinginkan...

Seandainya pertanyaan ex khusus posting pak boby ini memang *tidak ada
datanya, *dan hanya ingin tahu proses fungsi INDEX dan MACTH dilihat dari
bahasa VBA (artinya: pak boby belum punya konsep mengenai apa yg
diinginkan); maka kemungkinan jawabannya 'sangat banyak menghias
angkasa'...,
Sedangkan bagi calon penanggap, untuk menulis semua kemungkinan
jawaban tentu memerlukan waktu dan pemikiran yg cukup panjang, kalau pun
punya waktu..

Bandingkan dengan pertanyaannya yg super pendek: *"bisa tolong vb untuk
funsi index match - tolong dengan ilustrasinya** ya*"

Akan terjadi ketidak-seimbangan,
(lha katanya ini tempat sharing, tempat berbagi penanya membagi sesuatu yg
berharga; penjawab juga membagi sesuatu yg berharga pula, berbagi itu
tentunya seimbang lah)

Tetapi, baiklah teman, kita akan mencoba dengan data dan tujuan sesuai
keinginan saya sendiri barangkali pak boby berkenan membacanya.

Skrpt - nya:
[image: Inline image 1]

Gambaran hasil akhir di sheet, setelah 2 kriteria diisi:
[image: Inline image 2]

Tabel Data yg dijadikan referensi
[image: Inline image 3]

Lampiran workbook *"makro index match versi Semprul.xlsm"* akan dikirimkan
hanya jika ada yg memerlukan.

*Semprull..Ki!*

2012/4/25 BOBY CHUA <boby66_chua@yahoo.com>
> salam excel kepada para suhu excel
> *bisa tolong vb untuk funsi index match
> tolong dengan ilustrasinya ya* terima kasih banyak......
>
> salam
> boby
4a.

Buat detail pembayaran dengan banyak referensi (pemula bro)

Posted by: "mulyadi" d_imul@yahoo.co.id   d_imul

Wed Apr 25, 2012 10:22 am (PDT)



Ilustrasi :
________________________________________
| IDUSER | BULAN | TAHUN | TAGIHAN |
-----------------------------------------
18230001 4 2012 10000
18230002 4 2012 40000
18230003 4 2012 50000
18230001 3 2012 20000
18230001 2 2012 30000
-----------------------------------------
Pertanyaannya :
Gimana bisa jadi begini

IDUSER : 18230001
-------------------------------
| BULAN | TAHUN | TAGIHAN |
-------------------------------
4 2012 10000
3 2012 20000
2 2012 30000
-------------------------------
JUMLAH 60000
-------------------------------

Yang mana apabila IDUSER yang diatas kita ubah (bukan rubah) maka detail yang dibawah ikut berubah sesuai dengan yang diatas ?

Bingung gua gan, soalnya masih pemula nih...

Makasih banget atas waktu dan jawabannya....

--- Mods ---
Mohon pada posting berikutnya :
1. untuk mengurangi penggunaan huruf kapital. Gunakanlah pada tempatnya saja, tidak semua teks menggunakan huruf kapital. Satu kalimat dengan huruf kapital menandakan Anda sedang berteriak layaknya seseorang berbicara tak diperhatikan orang lain.

2. menyertai sebuah workbook akan lebih memudahkan proses diskusi. Jika memungkinkan memberi kemudahan kepada calon penanggap, maka sertakanlah workbook beserta beberapa data contoh kasus.
------------

4b.

Re: Buat detail pembayaran dengan banyak referensi (pemula bro)

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Apr 25, 2012 10:37 am (PDT)



Hai Mulyadi,

Coba dengan fitur pivot table.

Wassalam,
Kid.

On Thu, Apr 26, 2012 at 00:00, mulyadi <d_imul@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
>
> Ilustrasi :
> ________________________________________
> | IDUSER | BULAN | TAHUN | TAGIHAN |
> -----------------------------------------
> 18230001 4 2012 10000
> 18230002 4 2012 40000
> 18230003 4 2012 50000
> 18230001 3 2012 20000
> 18230001 2 2012 30000
> -----------------------------------------
> Pertanyaannya :
> Gimana bisa jadi begini
>
> IDUSER : 18230001
> -------------------------------
> | BULAN | TAHUN | TAGIHAN |
> -------------------------------
> 4 2012 10000
> 3 2012 20000
> 2 2012 30000
> -------------------------------
> JUMLAH 60000
> -------------------------------
>
> Yang mana apabila IDUSER yang diatas kita ubah (bukan rubah) maka detail
> yang dibawah ikut berubah sesuai dengan yang diatas ?
>
> Bingung gua gan, soalnya masih pemula nih...
>
> Makasih banget atas waktu dan jawabannya....
>
> --- Mods ---
> Mohon pada posting berikutnya :
> 1. untuk mengurangi penggunaan huruf kapital. Gunakanlah pada tempatnya
> saja, tidak semua teks menggunakan huruf kapital. Satu kalimat dengan huruf
> kapital menandakan Anda sedang berteriak layaknya seseorang berbicara tak
> diperhatikan orang lain.
>
> 2. menyertai sebuah workbook akan lebih memudahkan proses diskusi. Jika
> memungkinkan memberi kemudahan kepada calon penanggap, maka sertakanlah
> workbook beserta beberapa data contoh kasus.
> ------------
>
>
>
4c.

Bls: [belajar-excel] Buat detail pembayaran dengan banyak referensi

Posted by: "mulyadi arrafie" d_imul@yahoo.co.id   d_imul

Wed Apr 25, 2012 3:47 pm (PDT)



maaf atas kekeliruannya ; berikut saya attach contoh kasusnya ( permasalahannya.xlsx)

 
Regard
Mulyadi Arrafiee
Owner : Tips & Trick Mafia Wars on Facebook

________________________________
Dari: Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 26 April 2012 0:37
Judul: Re: [belajar-excel] Buat detail pembayaran dengan banyak referensi (pemula bro)


 
Hai Mulyadi,

Coba dengan fitur pivot table.

Wassalam,
Kid.

On Thu, Apr 26, 2012 at 00:00, mulyadi <d_imul@yahoo.co.id> wrote:


>Ilustrasi :
>________________________________________
>| IDUSER | BULAN | TAHUN | TAGIHAN |
>-----------------------------------------
>18230001 4 2012 10000
>18230002 4 2012 40000
>18230003 4 2012 50000
>18230001 3 2012 20000
>18230001 2 2012 30000
>-----------------------------------------
>Pertanyaannya :
>Gimana bisa jadi begini
>
>IDUSER : 18230001
>-------------------------------
>| BULAN | TAHUN | TAGIHAN |
>-------------------------------
>4 2012 10000
>3 2012 20000
>2 2012 30000
>-------------------------------
>JUMLAH 60000
>-------------------------------
>
>Yang mana apabila IDUSER yang diatas kita ubah (bukan rubah) maka detail yang dibawah ikut berubah sesuai dengan yang diatas ?
>
>Bingung gua gan, soalnya masih pemula nih...
>
>Makasih banget atas waktu dan jawabannya....
>
>--- Mods ---
>Mohon pada posting berikutnya :
>1. untuk mengurangi penggunaan huruf kapital. Gunakanlah pada tempatnya saja, tidak semua teks menggunakan huruf kapital. Satu kalimat dengan huruf kapital menandakan Anda sedang berteriak layaknya seseorang berbicara tak diperhatikan orang lain.
>
>2. menyertai sebuah workbook akan lebih memudahkan proses diskusi. Jika memungkinkan memberi kemudahan kepada calon penanggap, maka sertakanlah workbook beserta beberapa data contoh kasus.
>------------
>
>

4d.

Re: Buat detail pembayaran dengan banyak referensi (pemula bro)

Posted by: "mulyadi" d_imul@yahoo.co.id   d_imul

Wed Apr 25, 2012 3:47 pm (PDT)



ajib , makasih banyak gan...

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Hai Mulyadi,
>
> Coba dengan fitur pivot table.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> On Thu, Apr 26, 2012 at 00:00, mulyadi <d_imul@...> wrote:
>
> > **
> >
> >
> > Ilustrasi :
> > ________________________________________
> > | IDUSER | BULAN | TAHUN | TAGIHAN |
> > -----------------------------------------
> > 18230001 4 2012 10000
> > 18230002 4 2012 40000
> > 18230003 4 2012 50000
> > 18230001 3 2012 20000
> > 18230001 2 2012 30000
> > -----------------------------------------
> > Pertanyaannya :
> > Gimana bisa jadi begini
> >
> > IDUSER : 18230001
> > -------------------------------
> > | BULAN | TAHUN | TAGIHAN |
> > -------------------------------
> > 4 2012 10000
> > 3 2012 20000
> > 2 2012 30000
> > -------------------------------
> > JUMLAH 60000
> > -------------------------------
> >
> > Yang mana apabila IDUSER yang diatas kita ubah (bukan rubah) maka detail
> > yang dibawah ikut berubah sesuai dengan yang diatas ?
> >
> > Bingung gua gan, soalnya masih pemula nih...
> >
> > Makasih banget atas waktu dan jawabannya....
> >
> > --- Mods ---
> > Mohon pada posting berikutnya :
> > 1. untuk mengurangi penggunaan huruf kapital. Gunakanlah pada tempatnya
> > saja, tidak semua teks menggunakan huruf kapital. Satu kalimat dengan huruf
> > kapital menandakan Anda sedang berteriak layaknya seseorang berbicara tak
> > diperhatikan orang lain.
> >
> > 2. menyertai sebuah workbook akan lebih memudahkan proses diskusi. Jika
> > memungkinkan memberi kemudahan kepada calon penanggap, maka sertakanlah
> > workbook beserta beberapa data contoh kasus.
> > ------------
> >
> >
> >
>

5a.

Arraysum jika ada data error atau data kosong

Posted by: "Imam Sinurat" sin.ur4t@yahoo.com   sin.ur4t

Wed Apr 25, 2012 3:48 pm (PDT)



Salam hormat, mohon dibantu masalah ini, kami menggunakan Excel 2003 :)

Sebuah tabel berisi data Hasil Formula dari Tabel Lain.  Sel A2, A5, A6, B5, B6, C3, C5 bukan blank, tetapi berisi "".

Bgmn rumus untuk menjumlahkan kolom C dengan kriteria kolom A bernilai 1 serta kolom B tidak berisi "" dan tidak error ...??

Sudah dicoba rumus arraysum pada sel C8 =SUM((A2:A7=1)*(LEN(B2:B7)>0)*(C2:C7)) , hasilnya #VALUE. 
Mohon dianalisa kesalahan rumus diatas, serta bgmn rumus yang benar.

Hasil yang diinginkan adalah C4+C7= 11.100.000

Trims sblmnya :)
Imam F. Sinurat - Sumut
5b.

Re: Arraysum jika ada data error atau data kosong

Posted by: "bagus" bagus@kingjim.co.id   bagus4bls

Wed Apr 25, 2012 5:43 pm (PDT)



Dear Pak Imam;

Pake sumif aja pak;

=SUMIF(A2:A7,1,C2:C7)


Sent from my Taxiphone®

----- Original Message -----
From: Imam Sinurat
To: belajar excel
Sent: Thursday, April 26, 2012 3:08 AM
Subject: [belajar-excel] Arraysum jika ada data error atau data kosong

Salam hormat, mohon dibantu masalah ini, kami menggunakan Excel 2003 :)

Sebuah tabel berisi data Hasil Formula dari Tabel Lain. Sel A2, A5, A6, B5, B6, C3, C5 bukan blank, tetapi berisi "".

Bgmn rumus untuk menjumlahkan kolom C dengan kriteria kolom A bernilai 1 serta kolom B tidak berisi "" dan tidak error ...??

Sudah dicoba rumus arraysum pada sel C8 =SUM((A2:A7=1)*(LEN(B2:B7)>0)*(C2:C7)) , hasilnya #VALUE.
Mohon dianalisa kesalahan rumus diatas, serta bgmn rumus yang benar.

Hasil yang diinginkan adalah C4+C7= 11.100.000

Trims sblmnya :)
Imam F. Sinurat - Sumut


5c.

Re: Arraysum jika ada data error atau data kosong

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Apr 25, 2012 6:50 pm (PDT)



Pak Imam,

Tampaknya, kolom A,B,C boleh berisi nullstring ("")
Kolom B bisa jadi berisi error value apa saja (mungkin hasil sebuah formula)
Kolom C adalah nilai yang dijumlahkan.

Kolom A kriterianya pasti harus sama dengan 1
>> susunan kriterianya :
(A2:A7=1)

Kolom B kriterianya :
1. bukan error value alias isinya text semua
IsText( B2:B7 )

2. teksnya bukan nullstring
( Len( B2:B7 ) > 0 )

Seluruh kriteria untuk kolom B ini harus terpenuhi, maka hubungannya adalah
logika AND (setara perkalian (*)

Kolom C kriterianya :
Bukan nullstring dan hanya data numerik saja
( C2:C7 < 9^9 )

Hasil setiap bentuk kriteria di atas adalah nilai TRUE atau FALSE yang
setara 1 atau 0
Hubungan seluruh kriteria pada kolom A,B,C harus terpenuhi (logika AND yang
setara perkalian)

Data yang akan diambil adalah kolom C

>> Menyusun formula
1. Kolom B terhadap efek error value
Karena operasi matematis di Excel yang berkaitan dengan error value (yang
mungkin ada di kolom B) bisa menghasilkan error value juga,
maka perlu pemilihan data yang bukan error value saja yang di proses. Oleh
sebab itu dibutuhkan fungsi IF dengan kondisi berdasar kolom B bukan error
value.
Tujuannya, seluruh data yang diolah nanti pasti tidak mengandung error
value lagi (jadi lebih aman). Bentuk pengkondisiannya :
IF( IsText( B2:B7 ) , ? )

2. Kolom A
Karena kriteria berdasar kolom A (yang tidak ada error value dan pasti
harus sama dengan 1) relatif aman, maka bisa dimasukkan juga kedalam
kondisi di atas tadi.
Bentuknya menjadi :
IF( (A2:A7=1) * IsText( B2:B7 ) , ? )

3. Kolom B : pengolahan data yang selain error value
Jika kriteria kedua kolom B masuk ke bagian cek kondisi, maka akan terjadi
proses terhadap nilai kolom B yang error value.
Untuk itu, maka kriteria kedua kolom B diletakkan di sisi proses ketika
kondisi menghasilkan nilai TRUE (di sisi tanda tanya).
Bentuknya menjadi :
IF( (A2:A7=1) * IsText( B2:B7 ) , ( Len( B2:B7 ) > 0 ) )

4. Kolom C : data yang akan diambil
Sampai kondisi nomor 3, maka nilai data yang akan diambil bisa dimasukkan
kedalam kondisi sebagai sebuah perkalian disisi fungsi IF bagian ketika
nilai kondisi bernilai TRUE yang saat ini berisi ekspresi ( Len( B2:B7 ) >
0 ).
Bentuk formula kondisi akan berubah menjadi :
IF( (A2:A7=1) * IsText( B2:B7 ) , ( Len( B2:B7 ) > 0 ) * C2:C7 )

5. Cek keamanan perkalian dalam bagian IF sisi kondisi bernilai TRUE
Proses ( Len( B2:B7 ) > 0 ) * C2:C7 akan setara dengan suatu perkalian 1
atau 0 hasil bagian ( Len( B2:B7 ) > 0 ) dengan nilai-nilai data di kolom C.
Karena kolom C memungkinkan berisi nullstring, maka bisa saja terjadi
perkalian numerik 1 atau 0 dengan nullstring yang bertipe text.
Hal ini pasti akan menghasilkan error value (bayangkan saja, Anda
mengalikan 1000 dengan kata Meja hasilnya apa coba ? 1000 Meja kah ?)
Maka perlu pengkondisian bahwa kolom C hanya yang berisi nilai saja yang
diproses. Artinya, seluruh data nullstring harus tidak boleh masuk ke
bagian IF sisi kondisi bernilai TRUE.
Jadi, bentuk kondisi perlu diubah lagi disisi cek kondisi fungsi IF dengan
menambahkan kriteria kolom C.
Bentuknya menjadi :
IF( (A2:A7=1) * IsText( B2:B7 ) * ( C2:C7 < 9^9 ) , ( Len( B2:B7 ) >
0 ) * C2:C7 )

Asumsinya, nilai kolom C tidak akan pernah mencapai nilai 9^9. Jika mungkin
tercapai, ganti 9^9 dengan 99^9 dst
Bahasa manusia dari ( C2:C7 < 9^9 ) adalah
"Nilai data c2:c7 kurang dari nilai hasil 9 pangkat 9."
Tipe data text (string) selalu lebih dari tipedata numerik. Jadi nullstring
yang bertipe text (string) pasti akan menghasilkan FALSE.

6. Proses akhir
Setelah didapatkan seluruh data yang valid untuk di proses utama yang
menjadi proses akhir,
maka seluruh formula IF tersebut dimasukkan menjadi input parameter bagi
fungsi-fungsi proses selanjutnya.
Proses akhir yang diinginkan adalah menjumlahkan seluruh nilai (Sum).
Kegiatan proses oleh fungsi IF adalah kegiatan array.
Maka akan terbentuk formula array Sum dengan input parameter fungsi IF
sebagai pemilih data.
Bentuk formula utuhnya :
=Sum( IF( (A2:A7=1) * IsText( B2:B7 ) * ( C2:C7 < 9^9 ) , ( Len(
B2:B7 ) > 0 ) * C2:C7 ) )
diikuti seremoni sakral penciptaan array formula, yaitu menekan Ctrl Shift
Enter bersamaan. (kalau mencetnya sambil merem, masih pada deg deg siir gak
ya ?)

udah ngomyang banyak banget gak bisa nyertaken hasil nyata dalam bentuk
file lampiran....
jadi omyangan di atas bisa jadi ada salahnya...
kalau ada yang salah, tulung dibetulken ya...

Wassalam,
Kid.

On Thu, Apr 26, 2012 at 03:08, Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com> wrote:

> **
>
>
> Salam hormat, mohon dibantu masalah ini, kami menggunakan Excel 2003 :)
>
> Sebuah tabel berisi data Hasil Formula dari Tabel Lain. Sel A2, A5, A6,
> B5, B6, C3, C5 bukan blank, tetapi berisi "".
>
> Bgmn rumus untuk menjumlahkan kolom C dengan kriteria kolom A bernilai 1
> serta kolom B tidak berisi "" dan tidak error ...??
>
> Sudah dicoba rumus arraysum pada sel C8
> =SUM((A2:A7=1)*(LEN(B2:B7)>0)*(C2:C7)) , hasilnya #VALUE.
> Mohon dianalisa kesalahan rumus diatas, serta bgmn rumus yang benar.
>
> Hasil yang diinginkan adalah C4+C7= 11.100.000
>
> Trims sblmnya :)
> Imam F. Sinurat - Sumut
>
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Tips for family,

kids and living

Yahoo! Groups

Small Business Group

Ask questions,

share experiences

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar