Rabu, 25 April 2012

[belajar-excel] Digest Number 1593

Messages In This Digest (16 Messages)

1a.
Re: filter degan macro From: gilang romadhon
1b.
Re: filter degan macro From: Kid Mr.
2.
Copy data dengan formula From: Johanes Wawan
3a.
Re: Mencari Data Max dan Min dengan syarat batas From: dwint ruswanto
4a.
Copy data From: Johanes
4b.
Re: Copy data From: ChubbyMike
4c.
Re: Copy data From: Rara Wilis
4d.
Re: Copy data From: hendrik karnadi
5a.
Re: Resend: [WTA]: Lookup dengan banyak kriteria lagi From: Kid Mr.
6a.
Re: hide baris dengan macro From: Darto Chandra
6b.
Re: hide baris dengan macro From: Kid Mr.
6c.
Re: hide baris dengan macro From: Darto Chandra
6d.
Re: hide baris dengan macro From: Kid Mr.
7a.
Name Range Untuk Cell Yang Ada Data Sahaja. From: Mansor
7b.
Re: Name Range Untuk Cell Yang Ada Data Sahaja. From: hendrik karnadi
8.
macro untuk function index match From: BOBY CHUA

Messages

1a.

Re: filter degan macro

Posted by: "gilang romadhon" kampul1212@gmail.com

Tue Apr 24, 2012 12:49 am (PDT)



terimaskasih buat bung kid,. bung hendrik mbak siti mbak rara atas jawaban2
yg diberikan .. (semoga gak salah panggilannya,.. )
terimakasih atas penjelasannya ,. terus terang saya nggak sama sekali yg
namanya macro,...

untuk penambahan kolom alhamdulilah saya udah jadi (meskipun bingung)

nah pertanyaan saya selanjutnya( semoga teman2 nggak bosen jawabnya)
1. bagemana klo ada 2 filter? (untuk even "macronya" klo bisa ditaruh di 2
filter tersebut( supaya bisa tw caranya,

2. bagaimana bila datanya ada di sheet lain ?
saya sudah coba ini
Set dTabel = "sheet3" Cells(1, 1).CurrentRegion
tapi ternyata belum bisa juga

sekalilagi terimakasih ,. wassalamualaikum warohmatullohiwabaraokatuh...
kampul -

2012/4/20 Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>

> Alaikumussalam Wr. Wb. ...
>
> Perlu adanya 3 perubahan
> * perubahan karena adanya penggeseran range TARGET (kriteria filter)
> * perubahan karena adanya penggeseran range HASIL (dimana hasil akan MULAI
> ditulis)
> * penambahan perintah menulis kolom ke tiga pada Range HASIL
>
> Perubahan 1 dan 2 sebenarnya dapat ditiadakan kalau setting *Range
> Target, *dan
> *Range Hasil (Tampil)* dilakukan dengan softcode misalnya OFSETT dari
> Range dTabel
> dengan mengikutkan* faktor lebar dTabel *(dTabel.Columns.Count).
> Misal:
> Set Tampil = dTabel.Cells(13, 4 + *dTabel.Columns.Count*).CurrentRegion
> Dengan cara itu SisiKiri Tabel hasil akan selalu berjarak 4 kolom dari
> SisiKanan Tabel Sumber
> walaupun tabel sumber ditambah (ataupun dikurangi) jumlah kolomnya
> Demikian juga jika POSISI tabel HASIL ditempatkan di BAWAH Tabel Sumber.
> dTabel.Rows.Count akan medinamiskan LETAK Tabel Hasil
>
> (Sudah banyak contohnya di milis, khususnya pada makro-makro yg melibatkan
> 2 tabel (atau lebih)
> Tabel Sumber & Tabel Hasil dalam 1 sheet )
> Cara itu dimaksudkan agar tabel Sumber boleh berubah-ubah Dimensinya tanpa
> harus
> tertimpa oleh tabel Hasil yg dibuat belakangan di KANANNYA maupun DI
> BAWAHNYA.
>
> [image: Inline image 3]
> Penulisan 3 kolom (cell-by-cell)
> Tampil(n, 1) = dTabel(r, 1)
> Tampil(n, 2) = dTabel(r, 2)
> Tampil(n, 3) = dTabel(r, 3)
>
> Jika ternyata kolom yg ingin ditampilkan bukan hanya 3 tetapi misalnya *13
> kolom*
> tentunya harus memperpanjang baris peritah spt di atas menjadi 13 baris
> Pengulangan 13 perintah (untuk 13 kolom) spt itu kelihatan "kurang cerdas"
> maka dapat dibuat LOOP lagi (nested loop; loop di dalam loop)
>
> For r....
> If .....
> For iCol = 1 to 13
> Tampil(n, iCol) = dTabel(r, iCol)
> Next iCol
> End if
> Next r
>
> Begitu... titipan pesan dari mbak siti...., sekalian menyampaikan terima
> kasih
> kepada Mas Kid atas uraian dan tafsiran yang 'oke'
> kepada Pak Hendrik yg telah membuatkan modifikasinya
> pesan itu ditutup dengan "Tararengku and luv you all"
>
> ~Rr
>
>
>
>
1b.

Re: filter degan macro

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Apr 24, 2012 1:25 am (PDT)



Untuk yang nomor 1, karena kurang tahu maksudnya, jadi dilewatken saja.

Untuk yang nomor 2,

Syntax merujuk sebuah object excel berurutan dari workbook :

Workbook("nama workbooknya").worksheets("nama sheetnya").range("alamat
rangenya").propertinya_atau_methodnya
"nama workbooknya" ganti dengan nama workbook yang akan digunakan jika
berbeda workbook
"nama sheetnya" ganti dengan nama worksheet yang akan digunakan jika
berbeda worksheet
"alamat rangenya" ganti dengan cara penulisan alamat di excel, seperti
A1:Z9 dsb
propertinya_atau_methodnya ganti dengan properti yang akan digunakan
(seperti value, dsb) atau methods yang akan dikerjakan (sort, copy, dsb)

Nah... sekarang,
baris :
Set dTabel = "sheet3" Cells(1, 1).CurrentRegion

jadinya harus berubah bentuk menjadi apa ya yang sesuai syntax di atas ?

Wassalam,
Kid.

On Tue, Apr 24, 2012 at 14:16, gilang romadhon <kampul1212@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> terimaskasih buat bung kid,. bung hendrik mbak siti mbak rara atas jawaban2
> yg diberikan .. (semoga gak salah panggilannya,.. )
> terimakasih atas penjelasannya ,. terus terang saya nggak sama sekali yg
> namanya macro,...
>
> untuk penambahan kolom alhamdulilah saya udah jadi (meskipun bingung)
>
> nah pertanyaan saya selanjutnya( semoga teman2 nggak bosen jawabnya)
> 1. bagemana klo ada 2 filter? (untuk even "macronya" klo bisa ditaruh di 2
> filter tersebut( supaya bisa tw caranya,
>
> 2. bagaimana bila datanya ada di sheet lain ?
> saya sudah coba ini
> Set dTabel = "sheet3" Cells(1, 1).CurrentRegion
> tapi ternyata belum bisa juga
>
> sekalilagi terimakasih ,. wassalamualaikum warohmatullohiwabaraokatuh...
> kampul -
>
>
> 2012/4/20 Rara Wilis <ra2wilis@gmail.com>
>
> > Alaikumussalam Wr. Wb. ...
> >
> > Perlu adanya 3 perubahan
> > * perubahan karena adanya penggeseran range TARGET (kriteria filter)
> > * perubahan karena adanya penggeseran range HASIL (dimana hasil akan
> MULAI
> > ditulis)
> > * penambahan perintah menulis kolom ke tiga pada Range HASIL
> >
> > Perubahan 1 dan 2 sebenarnya dapat ditiadakan kalau setting *Range
> > Target, *dan
> > *Range Hasil (Tampil)* dilakukan dengan softcode misalnya OFSETT dari
> > Range dTabel
> > dengan mengikutkan* faktor lebar dTabel *(dTabel.Columns.Count).
> > Misal:
> > Set Tampil = dTabel.Cells(13, 4 + *dTabel.Columns.Count*).CurrentRegion
>
> > Dengan cara itu SisiKiri Tabel hasil akan selalu berjarak 4 kolom dari
> > SisiKanan Tabel Sumber
> > walaupun tabel sumber ditambah (ataupun dikurangi) jumlah kolomnya
> > Demikian juga jika POSISI tabel HASIL ditempatkan di BAWAH Tabel Sumber.
> > dTabel.Rows.Count akan medinamiskan LETAK Tabel Hasil
> >
> > (Sudah banyak contohnya di milis, khususnya pada makro-makro yg
> melibatkan
> > 2 tabel (atau lebih)
> > Tabel Sumber & Tabel Hasil dalam 1 sheet )
> > Cara itu dimaksudkan agar tabel Sumber boleh berubah-ubah Dimensinya
> tanpa
> > harus
> > tertimpa oleh tabel Hasil yg dibuat belakangan di KANANNYA maupun DI
> > BAWAHNYA.
> >
> > [image: Inline image 3]
> > Penulisan 3 kolom (cell-by-cell)
> > Tampil(n, 1) = dTabel(r, 1)
> > Tampil(n, 2) = dTabel(r, 2)
> > Tampil(n, 3) = dTabel(r, 3)
> >
> > Jika ternyata kolom yg ingin ditampilkan bukan hanya 3 tetapi misalnya
> *13
> > kolom*
>
> > tentunya harus memperpanjang baris peritah spt di atas menjadi 13 baris
> > Pengulangan 13 perintah (untuk 13 kolom) spt itu kelihatan "kurang
> cerdas"
> > maka dapat dibuat LOOP lagi (nested loop; loop di dalam loop)
> >
> > For r....
> > If .....
> > For iCol = 1 to 13
> > Tampil(n, iCol) = dTabel(r, iCol)
> > Next iCol
> > End if
> > Next r
> >
> > Begitu... titipan pesan dari mbak siti...., sekalian menyampaikan terima
> > kasih
> > kepada Mas Kid atas uraian dan tafsiran yang 'oke'
> > kepada Pak Hendrik yg telah membuatkan modifikasinya
> > pesan itu ditutup dengan "Tararengku and luv you all"
> >
> > ~Rr
> >
> >
> >
> >
>
>
>
2.

Copy data dengan formula

Posted by: "Johanes Wawan" johaneswawan@yahoo.co.id   johaneswawan

Tue Apr 24, 2012 12:50 am (PDT)



Dear all,

Mohon bantuannya temen2 semua, saya ingin menyelesaikan pekerjaan dengan excel tetapi ada sedikit problem.
Berdasarkan lampiran yang ada untuk cell A2-A4 akan terisi Anton, cell A6-A8 akan terisi Budi, cell A10-A12 akan terisi joni, begitu seterusnya.
Pertanyaan saya bagaimana cara copynya supaya saya bisa menyelesaikan dengan cepat karena ada 800.000 baris dalam satu kolomnya ?
terima kasih smua.
3a.

Re: Mencari Data Max dan Min dengan syarat batas

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@gmail.com

Tue Apr 24, 2012 12:50 am (PDT)



coba bantu untuk solusinya, di sini saya menggunakakan 2 kolom bantu,
kenapa harus pakai kolom bantu? agar formulanya dapat lebih singkat

formulanya adalah kombinasi antara MIN atau MAX dengan IF

=MIN(nilai minimum); untuk mencari nilai minimum gunakan formula IF

jadi formula dasarnya adalah
=MIN(IF(kriteria;nilai_jika_kriteria_terpenuhi))

hal ini juga berlaku untuk pencarian nilai maksimum

catatan: karena ini adalah array maka proses akhir harus selalu menggunakan
tombol CTRL + SHIFT + ENTER

file terlampir

salam,

-dwint-

Pada 24 April 2012 10:53, Zerlinda Seismica <seismica@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Salam para pakar xl
>
> Setelah merekasaya formua-formula yang ada dimilis ini, sy masih belum
> mampu mencari trik untuk kasus yang saya hadapi.
> Mohon bantuan kembali dengan penjelasanya terlampir
>
> Seismica
>
>
>
4a.

Copy data

Posted by: "Johanes" johaneswawan@yahoo.co.id   johaneswawan

Tue Apr 24, 2012 12:50 am (PDT)



Dear all,

Mohon bantuannya, problem saya spt contoh form excel sbg berikut :
A B C D
1 Anton
2
3
4 Boni
5
6
7 Condro
8
9

yang saya tanyakan, bagaimana caranya supaya saya bisa copy cepat yang menghasilkan untuk cell A2 dan A3 terisi Anton, cell A5 dan A6 terisi Boni, serta cell A8 dan A9 terisi Condro ?
saya tidak mungkin melakukan manual satu per satu karena datanya ada 800.000 baris

4b.

Re: Copy data

Posted by: "ChubbyMike" the_x_mikey@yahoo.com   the_x_mikey

Tue Apr 24, 2012 1:04 am (PDT)



Mungkin ini agak butuh langkah lain, yaitu sort cell yg kosong lalu isi formula ini =if(A1=0,"",a1) lalu tinggal copy ke tempat cell kosong lainnya deh
Sent from my BlackBerry yg belum lunas

-----Original Message-----
From: "Johanes" <johaneswawan@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Tue, 24 Apr 2012 04:29:35
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Copy data

Dear all,

Mohon bantuannya, problem saya spt contoh form excel sbg berikut :
A B C D
1 Anton
2
3
4 Boni
5
6
7 Condro
8
9

yang saya tanyakan, bagaimana caranya supaya saya bisa copy cepat yang menghasilkan untuk cell A2 dan A3 terisi Anton, cell A5 dan A6 terisi Boni, serta cell A8 dan A9 terisi Condro ?
saya tidak mungkin melakukan manual satu per satu karena datanya ada 800.000 baris

4c.

Re: Copy data

Posted by: "Rara Wilis" ra2wilis@gmail.com   rr_wilis

Tue Apr 24, 2012 1:29 am (PDT)



Kita asumsikan data contoh itu ada di *A1:A800000*

1.
tulis rumus di A3
*=A2*
cell A2 tsb di COPY (Ctrl C) tapi jangan di paste dulu

2.
Range *A2:A800000* di Blok (diselect)
(cara cepatnya harusnya anda sudah tahu: select A2
tekan tombol F5, tekan tombol Shift, pada dialog GoTo pilih opsi Last Cell
Dengan tetap menekan Shift, Anda tinggal mengatur kolom yg terselect )

3.
Tekan tombol F5 (Edit > Go To)

4.
Tekan tombol SPECIAL

5.
Pilih OPSI: BLANKS
Saat ini A2 harus masih ada tanda bahwa dia masih diingat dlm
clipBoart (ada tanda "semut las vegas?")

6
Tekan Paste atau Ctrl + V

7.
Selesai

On Tue, Apr 24, 2012 at 11:29 AM, Johanes <johaneswawan@yahoo.co.id> wrote:

> **
>
> Dear all,
> Mohon bantuannya, problem saya spt contoh form excel sbg berikut :
> A B C D
> 1 Anton
> 2
> 3
> 4 Boni
> 5
> 6
> 7 Condro
> 8
> 9
>
> yang saya tanyakan, bagaimana caranya supaya saya bisa copy cepat yang
> menghasilkan untuk cell A2 dan A3 terisi Anton, cell A5 dan A6 terisi Boni,
> serta cell A8 dan A9 terisi Condro ?
> saya tidak mungkin melakukan manual satu per satu karena datanya ada
> 800.000 baris
>
>
4d.

Re: Copy data

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Tue Apr 24, 2012 3:22 am (PDT)



Kalo mau pake macro, ada contoh file terlampir

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Johanes <johaneswawan@yahoo.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 24 April 2012, 11:29
Subject: [belajar-excel] Copy data


 
Dear all,

Mohon bantuannya, problem saya spt contoh form excel sbg berikut :
A B C D
1 Anton
2
3
4 Boni
5
6
7 Condro
8
9

yang saya tanyakan, bagaimana caranya supaya saya bisa copy cepat yang menghasilkan untuk cell A2 dan A3 terisi Anton, cell A5 dan A6 terisi Boni, serta cell A8 dan A9 terisi Condro ?
saya tidak mungkin melakukan manual satu per satu karena datanya ada 800.000 baris

5a.

Re: Resend: [WTA]: Lookup dengan banyak kriteria lagi

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Apr 24, 2012 1:03 am (PDT)



Hai Isti,

Tambahkan kriteria berdasar no ID karyawan. Kira-kira bunyinya :
"Semua data ID di sheet OT sama dengan ID di tabel hasil baris tersebut"

Wassalam,
Kid.

On Tue, Apr 24, 2012 at 09:45, Isti Astro <milisastro@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> Dear Mr.Kid,
>
> Masih ada satu lagi yang ternyata belum terjawab, di data original lookup
> perhitungan array adalah berdasar no id karyawan dan nomor ID tersebut
> posisinya bisa random sehingga jika mengikuti formula array tersebut
> karyawan A s/d Z akan memiliki value sama untuk kalkulasi OT-nya. Yang
> diinginkan adalah value per karyawan sesuai dengan data hasil perhitungan
> real yang ada di sheet OT sesuai dengan no id dan lokasi row-nya.
>
> Mohon maaf jika mengganggu dan terima kasih atas bantuannya.
>
> 2012/4/24 Isti Astro <milisastro@gmail.com>
>
>> Mohon maaf jika resend email pertanyaan dan terima kasih mau menjawab
>> Mr.Kid, data jawaban dari Mr.Kid sudah sesuai yang diharapkan. Untuk format
>> data saya justru malah lupa bahwa hasilnya harusnya di convert ke date time
>> terlebih dahulu.
>>
>> Sekali lagi terima kasih.
>>
>> 2012/4/23 Kid Mr. <mr.nmkid@gmail.com>
>>
>> **
>>>
>>>
>>> Hai Isti,
>>>
>>> Jika ada kasus yang lama tak tertanggapi, biasanya disebabkan antara
>>> lain :
>>> 1. Datanya rumit atau membingungkan hingga membutuhkan penjelasan yang
>>> lebih banyak disertai contoh hasil yang lebih bervariasi
>>> 2. BeExceler yang ingin menanggapi sedang tidak memungkinkan membuka
>>> file lampiran, sehingga kasus yang tak dijelaskan dalam body email akan
>>> dilewati saja.
>>> 3. Lagi sibuk menunaikan kewajiban mencari nafkah yang belum dapat bonus
>>> waktu luang
>>> 4. pingin nanggapi tapi belum pe de atau malah belum bisa (yang penting
>>> sudah punya niat)
>>>
>>> Kasus ini adalah penjumlahan dengan multi kriteria. Jika membutuhkan
>>> lookup-pun, lookup tersebut untuk mencocokkan ID karyawan dalam satu bagian
>>> kriteria penjumlahan yang dilakukan.
>>>
>>> Data mbak Isti ini unik, karena disana terdapat proses matematis
>>> terhadap data tanggal, seperti :
>>> In jam 08.58 (tipe data numerik -> bukan datetime)
>>> Out jam 13.21 (tipe data numerik -> bukan datetime)
>>> Maka total jam kerja = 04.63 (4 jam 63 menit atau 5 jam 03 menit ya ??? )
>>> Padahal jika jam dikurangi jam, maka siklus bilangannya per 60 detik, 60
>>> menit, dan 24 jam
>>> yang mestinya menghasilkan total jam kerja = 04.23 ( 4 jam 23 menit )
>>> Hasil 04.63 terjadi karena tipe data yang dikalkulasi bukanlah bertipe
>>> datetime.
>>> Hasil 04.23 terjadi karena tipe data yang dikalkulasi dibuat menjadi
>>> datetime lebih dulu.
>>>
>>> File termapir
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>> On Mon, Apr 23, 2012 at 10:57, Isti Astro <milisastro@gmail.com> wrote:
>>>
>>>> **
>>>>
>>>>
>>>> Dear All,
>>>>
>>>> Mohon bantuannya rumus makro atau formula lookup dengan banyak kriteria
>>>> yang njlimet untuk perhitungan OT, untuk lebih jelasnya silahkan lihat
>>>> masalah terlampir.
>>>>
>>>> Terima kasih...matur suwun...Hatur Nuhun...Arigato...XieXie
>>>>
>>>> Regards,
>>>> Isti
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>
>
>
6a.

Re: hide baris dengan macro

Posted by: "Darto Chandra" d_c@gmx.com

Tue Apr 24, 2012 2:49 am (PDT)



terima kasih banyak Pak Kid atas petunjuknya.semua berjalan dengan sempurna.
Masih ada satu lg pak kid mohon bantuannya. Supaya kita tahu command button mana yang sedang aktif, bisa ga ya di tambah perubahan warna. Misalnya kalo tombol refresh yang di tekan maka buttonnya berubah ke warna abu abu tua jika tidak aktif warnanya sesuai dengan warna yang sekarang. mohon petunjuknya lg Pak Kid.

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
Sent: 04/22/12 06:49 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] hide baris dengan macro

Pak Darto,

Untuk tombol refresh (event click), diisi dengan proses autofilter.
'misal data di kolom V mulai cell V2 dan bersinggungan sampai baris terakhir.
'Yang saling bersinggungan, misal hanya 1 kolom saja yaitu kolom V itu sendiri.
dim rngData as range

sheets("nama_sheetnya").autofiltermode=false
set rngdata=sheets("nama_sheetnya").range("v2").currentregion
'kolom V ada dikolom pertama dari rngData
rngdata.autofilter 1,">0"

Untuk tombol Undo (event click), diisi dengan proses me-non-aktifkan autofilter
sheets("nama_sheetnya").autofiltermode=false

Wassalam,
Kid.

On Sun, Apr 22, 2012 at 17:23, Darto Chandra < d_c@gmx.com > wrote:

Mohon bantuan para pakar excel. Di dalam file yang terlampir terdapat 2 command button. Jika yang refresh data di tekan, maka data yang akan di tampilkan adalah data dimana kolom V bernilai 1, sedangkan jika command button undo di tekan maka semua data di kolom v akan muncul baik yang bernilai 0 maupun 1.Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

Darto Chandra
085881648818 tel:085881648818

Darto Chandra
085881648818
6b.

Re: hide baris dengan macro

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Apr 24, 2012 2:55 am (PDT)



Misal nama tombol refresh adalah cmdRefresh dan tombol undo bernama cmdUndo

>> sebelum baris end sub (akhir blok prosedur) dari event click si tombol
refresh, beri :
cmdrefresh.enable=false
cmdundo.enable=true

>> sebelum baris end sub (akhir blok prosedur) dari event click si tombol
undo, beri :
cmdundo.enable=false
cmdrefresh.enable=true

Wassalam,
Kid.

On Tue, Apr 24, 2012 at 16:49, Darto Chandra <d_c@gmx.com> wrote:

> **
>
>
> terima kasih banyak Pak Kid atas petunjuknya.semua berjalan dengan
> sempurna.
> Masih ada satu lg pak kid mohon bantuannya. Supaya kita tahu command
> button mana yang sedang aktif, bisa ga ya di tambah perubahan warna.
> Misalnya kalo tombol refresh yang di tekan maka buttonnya berubah ke warna
> abu abu tua jika tidak aktif warnanya sesuai dengan warna yang sekarang.
> mohon petunjuknya lg Pak Kid.
>
>
>
> ----- Original Message -----
>
> From: Kid Mr.
>
> Sent: 04/22/12 06:49 PM
>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>
> Subject: Re: [belajar-excel] hide baris dengan macro
>
>
>
>
> Pak Darto,
>
> Untuk tombol refresh (event click), diisi dengan proses autofilter.
> 'misal data di kolom V mulai cell V2 dan bersinggungan sampai baris
> terakhir.
> 'Yang saling bersinggungan, misal hanya 1 kolom saja yaitu kolom V itu
> sendiri.
> dim rngData as range
>
> sheets("nama_sheetnya").autofiltermode=false
> set rngdata=sheets("nama_sheetnya").range("v2").currentregion
> 'kolom V ada dikolom pertama dari rngData
> rngdata.autofilter 1,">0"
>
> Untuk tombol Undo (event click), diisi dengan proses me-non-aktifkan
> autofilter
> sheets("nama_sheetnya").autofiltermode=false
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> On Sun, Apr 22, 2012 at 17:23, Darto Chandra <d_c@gmx.com> wrote:
>
>>
>>
>> Mohon bantuan para pakar excel. Di dalam file yang terlampir terdapat 2
>> command button. Jika yang refresh data di tekan, maka data yang akan di
>> tampilkan adalah data dimana kolom V bernilai 1, sedangkan jika command
>> button undo di tekan maka semua data di kolom v akan muncul baik yang
>> bernilai 0 maupun 1.Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.
>>
>> Darto Chandra
>> 085881648818
>>
>>
>
>
>
>
> Darto Chandra
> 085881648818
>
>
>
6c.

Re: hide baris dengan macro

Posted by: "Darto Chandra" d_c@gmx.com

Tue Apr 24, 2012 4:22 pm (PDT)



Pak Kid untuk kali ini codenya bermasalah. File terlampir adalah yang sudah di tambahkan cmd nya. Mohon bantuannya. Terima kasih

----- Original Message -----
From: Kid Mr.
Sent: 04/24/12 04:55 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] hide baris dengan macro

Misal nama tombol refresh adalah cmdRefresh dan tombol undo bernama cmdUndo

>> sebelum baris end sub (akhir blok prosedur) dari event click si tombol refresh, beri :
cmdrefresh.enable=false
cmdundo.enable=true

>> sebelum baris end sub (akhir blok prosedur) dari event click si tombol undo, beri :
cmdundo.enable=false
cmdrefresh.enable=true

Wassalam,
Kid.

On Tue, Apr 24, 2012 at 16:49, Darto Chandra < d_c@gmx.com > wrote:

terima kasih banyak Pak Kid atas petunjuknya.semua berjalan dengan sempurna.
Masih ada satu lg pak kid mohon bantuannya. Supaya kita tahu command button mana yang sedang aktif, bisa ga ya di tambah perubahan warna. Misalnya kalo tombol refresh yang di tekan maka buttonnya berubah ke warna abu abu tua jika tidak aktif warnanya sesuai dengan warna yang sekarang. mohon petunjuknya lg Pak Kid.
----- Original Message -----
From: Kid Mr.
Sent: 04/22/12 06:49 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] hide baris dengan macro

Pak Darto,

Untuk tombol refresh (event click), diisi dengan proses autofilter.
'misal data di kolom V mulai cell V2 dan bersinggungan sampai baris terakhir.
'Yang saling bersinggungan, misal hanya 1 kolom saja yaitu kolom V itu sendiri.
dim rngData as range

sheets("nama_sheetnya").autofiltermode=false
set rngdata=sheets("nama_sheetnya").range("v2").currentregion
'kolom V ada dikolom pertama dari rngData
rngdata.autofilter 1,">0"

Untuk tombol Undo (event click), diisi dengan proses me-non-aktifkan autofilter
sheets("nama_sheetnya").autofiltermode=false

Wassalam,
Kid.

On Sun, Apr 22, 2012 at 17:23, Darto Chandra < d_c@gmx.com > wrote:

Mohon bantuan para pakar excel. Di dalam file yang terlampir terdapat 2 command button. Jika yang refresh data di tekan, maka data yang akan di tampilkan adalah data dimana kolom V bernilai 1, sedangkan jika command button undo di tekan maka semua data di kolom v akan muncul baik yang bernilai 0 maupun 1.Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

Darto Chandra
085881648818 tel:085881648818

Darto Chandra
085881648818 tel:085881648818

Darto Chandra
085881648818
6d.

Re: hide baris dengan macro

Posted by: "Kid Mr." mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Tue Apr 24, 2012 5:49 pm (PDT)



hehehe....
property nya bukan enable tapi enabled (salah typo nya)

Mohon maaf atas kekurang nyamanan tersebut.
Wassalam,
Kid.

On Wed, Apr 25, 2012 at 06:22, Darto Chandra <d_c@gmx.com> wrote:

> **
>
>
> Pak Kid untuk kali ini codenya bermasalah. File terlampir adalah yang
> sudah di tambahkan cmd nya. Mohon bantuannya. Terima kasih
>
>
>
> ----- Original Message -----
>
> From: Kid Mr.
>
> Sent: 04/24/12 04:55 PM
>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>
> Subject: Re: [belajar-excel] hide baris dengan macro
>
>
>
>
> Misal nama tombol refresh adalah cmdRefresh dan tombol undo bernama
> cmdUndo
>
> >> sebelum baris end sub (akhir blok prosedur) dari event click si tombol
> refresh, beri :
> cmdrefresh.enable=false
> cmdundo.enable=true
>
> >> sebelum baris end sub (akhir blok prosedur) dari event click si tombol
> undo, beri :
> cmdundo.enable=false
> cmdrefresh.enable=true
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> On Tue, Apr 24, 2012 at 16:49, Darto Chandra <d_c@gmx.com> wrote:
>
>>
>>
>> terima kasih banyak Pak Kid atas petunjuknya.semua berjalan dengan
>> sempurna.
>> Masih ada satu lg pak kid mohon bantuannya. Supaya kita tahu command
>> button mana yang sedang aktif, bisa ga ya di tambah perubahan warna.
>> Misalnya kalo tombol refresh yang di tekan maka buttonnya berubah ke warna
>> abu abu tua jika tidak aktif warnanya sesuai dengan warna yang sekarang.
>> mohon petunjuknya lg Pak Kid.
>>
>>
>>
>>
>> ----- Original Message -----
>>
>> From: Kid Mr.
>>
>> Sent: 04/22/12 06:49 PM
>>
>> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>
>> Subject: Re: [belajar-excel] hide baris dengan macro
>>
>>
>>
>>
>> Pak Darto,
>>
>> Untuk tombol refresh (event click), diisi dengan proses autofilter.
>> 'misal data di kolom V mulai cell V2 dan bersinggungan sampai baris
>> terakhir.
>> 'Yang saling bersinggungan, misal hanya 1 kolom saja yaitu kolom V itu
>> sendiri.
>> dim rngData as range
>>
>> sheets("nama_sheetnya").autofiltermode=false
>> set rngdata=sheets("nama_sheetnya").range("v2").currentregion
>> 'kolom V ada dikolom pertama dari rngData
>> rngdata.autofilter 1,">0"
>>
>> Untuk tombol Undo (event click), diisi dengan proses me-non-aktifkan
>> autofilter
>> sheets("nama_sheetnya").autofiltermode=false
>>
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>> On Sun, Apr 22, 2012 at 17:23, Darto Chandra <d_c@gmx.com> wrote:
>>
>>>
>>>
>>> Mohon bantuan para pakar excel. Di dalam file yang terlampir terdapat 2
>>> command button. Jika yang refresh data di tekan, maka data yang akan di
>>> tampilkan adalah data dimana kolom V bernilai 1, sedangkan jika command
>>> button undo di tekan maka semua data di kolom v akan muncul baik yang
>>> bernilai 0 maupun 1.Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.
>>>
>>> Darto Chandra
>>> 085881648818
>>>
>>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>> Darto Chandra
>> 085881648818
>>
>>
>>
>>
>
>
>
>
> Darto Chandra
> 085881648818
>
>
>
7a.

Name Range Untuk Cell Yang Ada Data Sahaja.

Posted by: "Mansor" dbpermatasari@gmail.com   nbmy1980

Tue Apr 24, 2012 8:24 pm (PDT)



Teman BeExcel,

Contoh yang saya berikan ini, adalah name range dynamic termasuk juga cell
yang ada formula tetapi masih belum terisi data

Saya mau saat saya pilih name range, hanya cell yang ada data sahaja ter
select, cell kosong walau pun ada formula tidak termasuk dalam area name
range. Silahkan klik tombol biru pada file yang dilampirkan.

Mohon pencerahan.

Terima kasih.

Mansor
7b.

Re: Name Range Untuk Cell Yang Ada Data Sahaja.

Posted by: "hendrik karnadi" hendrikkarnadi@yahoo.com   hendrikkarnadi

Tue Apr 24, 2012 10:32 pm (PDT)



Kalau membuat nama range tidak termasuk hasil formula yang salah (#N/A), kayaknya agak sulit.
Kalau tidak ingin menampilkan #/N/A nya saja bisa ditambah dengan IfError di depan Index, seperti contoh terlampir.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Mansor <dbpermatasari@gmail.com>
To: belajar-excel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, 25 April 2012, 10:14
Subject: [belajar-excel] Name Range Untuk Cell Yang Ada Data Sahaja.


 
 
 
Teman BeExcel,
Contoh yang saya berikan ini, adalah name range dynamic termasuk juga cell yang ada formula tetapi masih belum terisi data
 Saya mau saat saya pilih name range, hanya cell yang ada data sahaja ter select, cell kosong walau pun ada formula tidak termasuk dalam area name range. Silahkan klik tombol biru pada file yang dilampirkan.
Mohon pencerahan.
Terima kasih.
Mansor
 
 
8.

macro untuk function index match

Posted by: "BOBY CHUA" boby66_chua@yahoo.com   boby66_chua

Tue Apr 24, 2012 9:30 pm (PDT)



salam excel kepada para suhu excel

bisa tolong vb untuk funsi index match

tolong dengan ilustrasinya ya terima kasih banyak......

salam

boby
Recent Activity
Visit Your Group
Check out the

Y! Groups blog

Stay up to speed

on all things Groups!

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Family and home

Tips for mom

Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar