Jumat, 11 Januari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2017

15 New Messages

Digest #2017
3a
Re: Cari Angka Tertinggi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi warna by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4b
getpivot data by "Rafli Rafli" r_rafli
4c
Re: getpivot data by "Jan Raisin"
4d
Re: menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi warna by "Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289
5b
7
VLOOKUP BEDA KARAKTER by "Aisyah Zahrah" aisyah_zahrah@ymail.com

Messages

Thu Jan 10, 2013 1:22 pm (PST) . Posted by:

"Md Switra" mswitra



>________________________________
>Terima Kasih atas bantuannya sangat bermanfaat.
>Ternyata berkedipnya hilang dan proses copynya juga begitu cepat.
>Saya ada pertanyaan lagi, Apakah bisa membuat  formula dibawah ini menjadi lebih sederhan tanpa pengulangan? Mohon petunjuknya lagi...
>
>Private Sub CmdMM_Click()
>        'Normatif
>        Range("F4:j4").Copy
>        Sheets("Mdata").Range("e11").Offset(Range("o2").Value).PasteSpecial
xlPasteAll
>        Range("F5:j5").Copy
>        Sheets("Mdata").Range("j11").Offset(Range("o2").Value).PasteSpecial
xlPasteAll
>        Range("F6:j6").Copy      dan seterusnya seperti dalam lampiran...
>End Sub
>
>
>
>

>Coba tambahan Application.ScreenUpdating = False danApplication.Calculation = xlCalculationManual setelah Private Sub
>dan Application.ScreenUpdating = True dan Application.Calculation = xlCalculationAutomatic sebelum End Sub.
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>
>
>________________________________
>

>Mohon bantuannya untuk problem saya.
>Saya memiliki problem dalam menyederhanakan proses mengcopy data karena
setiap kali saya tekan Tombol SAVE maka akan terjadi proses  berkedip.

>Dimana data pada "F4: J43" Ingin  saya  copy ke sheet (Mdata) sesuai dengan urutannya.
>Mohon Bantuannya untuk membuat proses ini lebih cepat dan ndak
berkedip.
>Makasih atas bantuannya.
>
>
>saya juga sertakan filenya...
>
>
>
>
>
>

Thu Jan 10, 2013 6:27 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Kelihatannya agak sulit, karena jumlah kolom input (sheet problem) dan output (sheet mdata) tidak sama, dan pada sheet problem ada baris2 judul (Normatif, Adaptif...)

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Md Switra mswitra@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, 10 January 2013, 18:30
Subject: Bls: [belajar-excel] Cara menyederhanakan Formula VB untuk proses copy.


 

>________________________________
>Terima Kasih atas bantuannya sangat bermanfaat.
>Ternyata berkedipnya hilang dan proses copynya juga begitu cepat.
>Saya ada pertanyaan lagi, Apakah bisa membuat  formula dibawah ini menjadi lebih sederhan tanpa pengulangan? Mohon petunjuknya lagi...
>
>Private Sub CmdMM_Click()
>        'Normatif
>        Range("F4:j4").Copy
>        Sheets("Mdata").Range("e11").Offset(Range("o2").Value).PasteSpecial
xlPasteAll
>        Range("F5:j5").Copy
>        Sheets("Mdata").Range("j11").Offset(Range("o2").Value).PasteSpecial
xlPasteAll
>        Range("F6:j6").Copy      dan seterusnya seperti dalam lampiran...
>End Sub
>
>
>
>

>Coba tambahan Application.ScreenUpdating = False danApplication.Calculation = xlCalculationManual setelah Private Sub
>dan Application.ScreenUpdating = True dan Application.Calculation = xlCalculationAutomatic sebelum End Sub.
>
>
>Salam,
>Hendrik Karnadi
>
>
>
>
>
>________________________________
>

>Mohon bantuannya untuk problem saya.
>Saya memiliki problem dalam menyederhanakan proses mengcopy data karena
setiap kali saya tekan Tombol SAVE maka akan terjadi proses  berkedip.

>Dimana data pada "F4: J43" Ingin  saya  copy ke sheet (Mdata) sesuai dengan urutannya.
>Mohon Bantuannya untuk membuat proses ini lebih cepat dan ndak
berkedip.
>Makasih atas bantuannya.
>
>
>saya juga sertakan filenya...
>
>
>
>
>

Thu Jan 10, 2013 6:44 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Jan setuju dengan pendapat dari master Hendrik,
untuk memudahkan proses perhitungan dan pembuatan report seharusnya data
dibuat berdasarkan kaidah database yang baik, akan sedikit repot di awal
tetapi untuk melakukan perhitungan akan lebih mudah, begitu pula saat akan
membuat sebuah report.

Konsep pembuatan database yang baik dan benar sudah berkali kali
diterangkan oleh alm mbak Siti dan mr Kid.

Wassalam,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 11 Januari 2013 09.26, hendrik karnadi hendrikkarnadi@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
> Kelihatannya agak sulit, karena jumlah kolom input (sheet problem) dan
> output (sheet mdata) tidak sama, dan pada sheet problem ada baris2 judul
> (Normatif, Adaptif...)
>
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
> ------------------------------
> *From:* Md Switra mswitra@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Thursday, 10 January 2013, 18:30
> *Subject:* Bls: [belajar-excel] Cara menyederhanakan Formula VB untuk
> proses copy.
>
>
>
>
> ------------------------------
> Terima Kasih atas bantuannya sangat bermanfaat.
> Ternyata berkedipnya hilang dan proses copynya juga begitu cepat.
> Saya ada pertanyaan lagi, Apakah bisa membuat formula dibawah ini menjadi
> lebih sederhan tanpa pengulangan? Mohon petunjuknya lagi...
> Private Sub CmdMM_Click()
> 'Normatif
> Range("F4:j4").Copy
> Sheets("Mdata").Range("e11").Offset(Range("o2").Value).PasteSpecial
> xlPasteAll
> Range("F5:j5").Copy
> Sheets("Mdata").Range("j11").Offset(Range("o2").Value).PasteSpecial
> xlPasteAll
> Range("F6:j6").Copy
> dan seterusnya seperti dalam lampiran...
> End Sub
>
>
>
>
> Coba tambahan Application.ScreenUpdating = False danApplication.Calculation = xlCalculationManualsetelah Private Sub
> dan Application.ScreenUpdating = True dan Application.Calculation =
> xlCalculationAutomatic sebelum End Sub.
>
> Salam,
> Hendrik Karnadi
>
>
> ------------------------------
> **
>
> Mohon bantuannya untuk problem saya.
> Saya memiliki problem dalam menyederhanakan proses mengcopy data karena
> setiap kali saya tekan Tombol SAVE maka akan terjadi proses berkedip.
>
> Dimana data pada "F4: J43" Ingin saya copy ke sheet (Mdata) sesuai
> dengan urutannya.
> Mohon Bantuannya untuk membuat proses ini lebih cepat dan ndak berkedip.
> Makasih atas bantuannya.
>
> saya juga sertakan filenya...
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu Jan 10, 2013 2:22 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Teguh,

File terlampir memanfaatkan fitur Pivot Table disertai sebuah kolom bantu.
moga-moga gak keliru banget.

Wassalam,
Kid.

2013/1/10 ANTONIUS TEGUH PRASETYA qsetya@yahoo.co.id>

> **
>
>
>
> Antonius Teguh Prasetya
> Internal Audit
> 08880490893
> 081233773702
>
>
> ----- Pesan yang Diteruskan -----
> *Dari:* ANTONIUS TEGUH PRASETYA qsetya@yahoo.co.id>
> *Kepada:* "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Kamis, 10 Januari 2013 14:49
> *Judul:* Ask : formula excel untuk mengetahui data yang unique dari
> sebuah kombinasi data...?
>
>
>
>
> saya memiliki data dengan Kombinasi data Nopol, Jenis dan Muatan.
> nah setiap bulan saya di minta untuk membuat laporan yang mengenai semua
> Nopol yang data Muatan nya berubah (karena seharusnya dalam 1 Periode
> Pengangkutan 1 Bulan, 1 Nopol = 1 Jenis Muatan).
> bagaimana cara. formula apa yang dapat saya gunakan untuk mengidentifikasi
> adanya Nopol yang sama namun muatan nya berbeda....?
> biasa nya saya manual melakukan sort dan filter untuk masing2 Nopol. namun
> karena jumlah datanya ribuan cara manual ini cukup memakan waktu.
> Mohon pencerahan dari para Master excel.
> saya lampirkan contoh data.
>
> Terima Kasih
> Anton
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu Jan 10, 2013 2:40 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Andree,

File terlampir dengan fitur pivot table dibantu sebuah kolom.

Wassalam,
Kid.

2013/1/10 Andre Rahmaidy Teeza andre_teeza_bn@yahoo.com>

> **
>
>
> Maaf Mr. Kid Filenya ga dilampiri
>
>
>
> ________________________________
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Sent: Thursday, January 10, 2013 2:21 AM
> Subject: Re: [belajar-excel] Cari Angka Tertinggi
>
>
>
> Hai Andree,
>
> 1. Kalau tidak pakai formula, bisa pakai AutoFilter.
> Jika pakai formula dan akan membuat suatu dataset baru (misal di sheet
> lain) yang berisi data dengan kriteria tertentu, maka hal ini sering
> disebut proses filter data dengan formula. Biasanya dataset ini disusun
> dengan array formula filtering. Coba pelajari array formula filtering
> disini. Implementasikan pada data Anda yang berisi satu kriteria saja (isi
> kondisi dalam IF yang ada di dalam Small adalah 1 kriteria saja).
>
> 2. Unique list dengan kriteria
> >> Sepertinya akan lebh mudah menyusun kolom bantu berisi total pinjaman
> customer di kolom terkanan data. Jadi untuk customer yang terdiri dari
> banyak record, setiap recordnya akan punya nilai total pinjaman yang sama.
> >> Jika semua record akan ditampilkan sebagai output (bukan nilai total
> pinjaman per customer yang unique), maka terapkan array formula filtering
> seperti nomor 1 tadi.
> >> Jika ingin menampilkan hasil yang unique record customer disertai total
> pinjamannya, coba langkah berikut :
> A> Pada area lain (misal di sheet lain), susun data unique list nasabah
> yang dipengaruhi oleh kolom total pinjamannya.
> Untuk konsep menyusun unique list dengan formula bisa dibaca disini.
> B> Karena ada pengaruh nilai dikolom total pinjaman > 500jt, maka ubah
> bagian formula yang berbunyi Match( , CountIF(blabla) , 0 ) dengan :
> Match( 1 , ( Countif(blabla) = 0 ) * (rangenya_total_pinjaman >
> nilai_batas_seperti_500jt_untuk_kasus_ini ) , 0 )
> C> pada kolom total pinjaman di dataset hasil, bisa menggunakan VLookUp
> customer ke tabel data. Bisa juga menggunakan Index kolom total pinjaman di
> sheet data dengan nilai row untuk index dari nilai di kolom helper pada
> dataset hasil.
>
> Untuk membuat hasil (output) di area lain tanpa formula juga bisa
> dilakukan dengan memanfaatkan fitur pivot table yang lebih ringkas.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/1/9 Andre Rahmaidy Teeza andre_teeza_bn@yahoo.com>
>
>
> >
> >Dear Exceller
> >
> >
> >ada yang mau saya tanyakan tentang rumus mencari angka yang lebih besar
> >Misalkan :
> >1. ada beberapa custumer yang mempunyai pinjaman 500 juta lebih, yang
> saya mau tanya rumus yang dipakai
> >untuk mencari customer yang mempunyai pinjaman besar dari 500 juta
> seperti apa
> >2. rumus untuk mencari nasabah yang mempunyai pinjaman lebih dari satu
> ketika ditotalkan pinjamannya lebih dari 500 juta. (file terlampir)
> >
> >
> >mohon petunjuknya
> >
> >
> >
> >
> >Regards
> >
> >
> >Andree
>
>
>
>
>

Thu Jan 10, 2013 2:49 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Titis,

1. Maksut saya tadinya ingin membedakan ketika ada di tanggal merah
nasional. rupaya itu tidak bisa ya..
>> Bisa.
>> Dengan bentuk input data seperti yang Anda miliki, maka pengolahan data
menjadi tidak luwes (tapi tetap bisa).
>> Dengan mengubah data agar bentuknya vertikal per tanggal per nama, maka
pengolahan data lebih luwes.
>> Sediakan daftar tanggal libur nasional yang bertipe datetime
>> Gunakan data tanggal bertipe datetime daripada menggunakan nama hari
minggu sampai sabtu
>> Tanggal dalam daftar tanggal libur bisa dibandingkan dengan tanggal
dalam data (inilah kriteria sebenarnya dan bukan warna)

2. ketika saya menggunakan sum array yg begitu banyak akhirnya worksheet yg
saya buat jadi lemot, adakah cara supaya tidak lemot lagi?
>> Dengan data yang ada sekarang, yang relatif kurang berkaidah tabel
database, maka pengolahan akan membutuhkan proses yang lebih kompleks
>> Dengan mengubah data menjadi berorientasi vertikal, maka pengolahan data
akan luwes dan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan, sehingga proses bisa
lebih cepat.
>> Sayangnya, banyak yang enggan menyusun tabel berkaidah database. Apakah
Anda termasuk salah satunya ?

3. kalau saya ingin memasukkan rumus2 sum array tsb kedalam macro, tahap
apa dulu yg harus saya lakukan, karena saya masih awam tentang macro.
>> Tahap pertama, belajarlah dasar-dasar pemrograman VBA
>> Kemudian coba record macro sampai bisa record macro use relative
references
>> Untuk array formula yang merujuk pada area data yang luas dan jumlah
cell yang ber-array formula juga banyak, maka saat proses kalkulasi formula
(walau dengan VBA) juga akan memakan waktu, yang sering disebut lemot.

Wassalam,
Kid.

2013/1/10 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com>

> **
>
>
> Maksut saya tadinya ingin membedakan ketika ada di tanggal merah nasional.
> rupaya itu tidak bisa ya..
> Pak saya mau tanya lagi, ketika saya menggunakan sum array yg begitu
> banyak akhirnya worksheet yg saya buat jadi lemot, adakah cara supaya tidak
> lemot lagi?
> kalau saya ingin memasukkan rumus2 sum array tsb kedalam macro, tahap apa
> dulu yg harus saya lakukan, karena saya masih awam tentang macro.
>
> Terimakasih,
> Tiez
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, January 7, 2013 10:49 AM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi
> warna
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Bukankah warna kuning itu tergantung nilai tanggal nya. Apakah tanggal itu
> tanggal merah atau bukan. Begitu kan ya ?
> Bagaimana kalau ada data tanggalnya dan cara menentukan apakah tanggal
> tersebut disebut tanggal merah atau bukan.
> Bisa jadi tanggal merah per orang berbeda-beda. Bisa jadi juga perusahaan
> menetapkan bahwa sabtu dan minggu masuk tanggal merah.
> Perusahaan lain memilih hari jumat sampai minggu adalah tanggal merah.
>
> Bisa jadi dengan adanya data tanggal tersebut yang disertai penjelasan
> tentang cara menentukan tanggal merah, maka akan lebih sederhana daripada
> baca data berdasar warna.
>
> Biasanya pemberian warna pada data adalah sebagai tanda saja alias hasil
> dari suatu kriteria tertentu.
> Mengolah data selalu berusaha berdasar kriteria dan bukan berdasar warna.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
> 2013/1/6 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com>
>
> **
>
> Assalamu'alaikum
> Mr Kid,
>
> contoh kasusnya saya lampirkan, mohon pencerahaannya terkait rumus yg
> Bapak berikan lampau.
> saya ingin bisa biarpun itu susah Pak..
>
> alamat web yg bapak berikan itu menggunakan condisional formating, mohon
> penjelasanya juga bagaimana penerapan tsb bisa seperti itu..
>
> terimakasih banyak atas bantuannya
> Wassalamu'alaikum
> Tiez
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, January 4, 2013 10:25 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi
> warna
>
>
> Hai Tiez,
>
> Mengkomputasi sesuatu berdasar warna itu relatif unik.
> Pertanyaan pertama, kenapa kok data yang akan dihitung itu diberi warna ?
> Ada kriterianya ataukah sekedar suka-suka asal beri warna ?
> Jika memang ada kriteria pewarnaan, sebaiknya hitung berdasar kriteria
> pewarnaan itu dan bukan berdasar warna apa yang *disematkan*
> alias lebih cenderung mengambil sebab dari sekedar akibat.
>
> tapi biasanya konsep seperti di atas ndak disukai karena lebih menuntut
> kerja ekstra...
> (katanya, kadang yang disukai belum tentu baik dan yang tidak disukai
> sering lebih baik)
> atas dasar itu, coba pelajari thread lawas milis yang bisa dilihat di :
>
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Trs-Belajar-Menghitung-Warna-lagi-td5711887.html(bisa unduh attachment disana)
>
> Selamat mencoba.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/4 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com>
>
> **
>
>
> Dear All teman2,
>
> saya punya kesulitan saat mempunyai sederetan huruf2 dibanyak cell, adakah
> rumus yg bisa memudahkan saya menghitung nilai suatu cell yg diblok warna
> kuning misalnya?
>
> Terimakasih banyak
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu Jan 10, 2013 4:27 pm (PST) . Posted by:

"Rafli Rafli" r_rafli

Hi Masters,
saya ada masalah tentang getpivotdata.
pada cell AF9,AF15 dan AF22 di tab 'pivot summary' tidak keluar data yg semestinya.
mohon solusinya...
 
Wassalam,
Rifraf

Thu Jan 10, 2013 6:36 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Wa'alaikumsalam wr. wb.,

Pak Rifraf, ada yang sedikit unik jika ingin mengambil data menggunakan
GetPivotData dari sebuah Pivot Table (PT), walau pun jika dilihat dari
tampilan PT bahwa data yang ingin diambil itu adalah memungkinkan, tetapi
jika datanya masih terpisah-pisah tidak dalam 1 cell dan untuk menghasilkan
nilai yang diinginkan masih harus dilakukan proses perhitungan (Sum, Count
dll) maka GetPivotData akan menampilkan hasil yang salah.

Solusinya adalah, ubah bentuk PT yang sudah ada dan hilangkan field yang
tidak dibutuhkan dari Row Label sehingga nilai yang akan diambil sudah
terletak dalam 1 buah cell.

untuk kasus ini, pada PT yang paling kiri, keluarkan field EquipModel_1
dari Row Label, selain itu karena Calculation masih disetting Manual, coba
ubah menjadi Automatic.

Lakukan juga untuk PT yang lain.

Wassalam,

-Ms, Jan Raisin-

Pada 11 Januari 2013 07.27, Rafli Rafli r_rafli@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Hi Masters,
> saya ada masalah tentang getpivotdata.
> pada cell AF9,AF15 dan AF22 di tab 'pivot summary' tidak keluar data yg
> semestinya.
> mohon solusinya...
>
> Wassalam,
> Rifraf
>
>
>

Thu Jan 10, 2013 11:09 pm (PST) . Posted by:

"Titis Ardiyana Wulandari" tiez_2289

Mr Kid,

1. Mengubah data agar bentuknya vertikal per tanggal per nama, apakah maksutnya semua data saya harus dirubah bentuknya agar menjadi vertikal seperti contoh attachment?

2. Data tanggal bertipe datetime, mohon penjelasannya tentang hal ini..

3. Menyusun tabel berkaidah database, mohon penjelasannya pula?

Terimakasih,
Titis

________________________________
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, January 11, 2013 5:48 AM
Subject: Re: [belajar-excel] menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi warna


 
Hai Titis,

1. Maksut saya tadinya ingin membedakan ketika ada di tanggal merah nasional. rupaya itu tidak bisa ya..
>> Bisa.
>> Dengan bentuk input data seperti yang Anda miliki, maka pengolahan data menjadi tidak luwes (tapi tetap bisa).
>> Dengan mengubah data agar bentuknya vertikal per tanggal per nama, maka pengolahan data lebih luwes.
>> Sediakan daftar tanggal libur nasional yang bertipe datetime
>> Gunakan data tanggal bertipe datetime daripada menggunakan nama hari minggu sampai sabtu
>> Tanggal dalam daftar tanggal libur bisa dibandingkan dengan tanggal dalam data (inilah kriteria sebenarnya dan bukan warna)

2. ketika saya menggunakan sum array yg begitu banyak akhirnya
worksheet yg saya buat jadi lemot, adakah cara supaya tidak lemot lagi?
>> Dengan data yang ada sekarang, yang relatif kurang berkaidah tabel database, maka pengolahan akan membutuhkan proses yang lebih kompleks
>> Dengan mengubah data menjadi berorientasi vertikal, maka pengolahan data akan luwes dan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan, sehingga proses bisa lebih cepat.
>> Sayangnya, banyak yang enggan menyusun tabel berkaidah database. Apakah Anda termasuk salah satunya ?

3. kalau saya ingin memasukkan rumus2 sum array tsb kedalam macro, tahap
apa dulu yg harus saya lakukan, karena saya masih awam tentang macro.
>> Tahap pertama, belajarlah dasar-dasar pemrograman VBA
>> Kemudian coba record macro sampai bisa record macro use relative references
>> Untuk array formula yang merujuk pada area data yang luas dan jumlah cell yang ber-array formula juga banyak, maka saat proses kalkulasi formula (walau dengan VBA) juga akan memakan waktu, yang sering disebut lemot.

Wassalam,
Kid.

2013/1/10 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com>


>Maksut saya tadinya ingin membedakan ketika ada di tanggal merah nasional. rupaya itu tidak bisa ya..
>Pak saya mau tanya lagi, ketika saya menggunakan sum array yg begitu banyak akhirnya worksheet yg saya buat jadi lemot, adakah cara supaya tidak lemot lagi?
>kalau saya ingin memasukkan rumus2 sum array tsb kedalam macro, tahap apa dulu yg harus saya lakukan, karena saya masih awam tentang macro.
>
>
>Terimakasih,
>Tiez
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Monday, January 7, 2013 10:49 AM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi warna
>
>
>

>Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
>Bukankah warna kuning itu tergantung nilai tanggal nya. Apakah tanggal itu tanggal merah atau bukan. Begitu kan ya ?
>Bagaimana kalau ada data tanggalnya dan cara menentukan apakah tanggal tersebut disebut tanggal merah atau bukan.
>Bisa jadi tanggal merah per orang berbeda-beda. Bisa jadi juga perusahaan menetapkan bahwa sabtu dan minggu masuk tanggal merah.
>Perusahaan lain memilih hari jumat sampai minggu adalah tanggal merah.
>
>Bisa jadi dengan adanya data tanggal tersebut yang disertai penjelasan tentang cara menentukan tanggal merah, maka akan lebih sederhana daripada baca data berdasar warna.
>
>Biasanya pemberian warna pada data adalah sebagai tanda saja alias hasil dari suatu kriteria tertentu.
>Mengolah data selalu berusaha berdasar kriteria dan bukan berdasar warna.
>
>Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>Kid.
>
>
>2013/1/6 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Assalamu'alaikum
>>Mr Kid,
>>
>>
>>contoh kasusnya saya lampirkan, mohon pencerahaannya terkait rumus yg Bapak berikan lampau.
>>saya ingin bisa biarpun itu susah Pak..
>>
>>
>>alamat web yg bapak berikan itu menggunakan condisional formating, mohon penjelasanya juga bagaimana penerapan tsb bisa seperti itu..
>>
>>
>>terimakasih banyak atas bantuannya
>>Wassalamu'alaikum
>>Tiez
>>
>>________________________________
>> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Friday, January 4, 2013 10:25 PM
>>Subject: Re: [belajar-excel] menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi warna
>>
>>
>>
>> 
>>Hai Tiez,
>>
>>Mengkomputasi sesuatu berdasar warna itu relatif unik.
>>Pertanyaan pertama, kenapa kok data yang akan dihitung itu diberi warna ?
>>Ada kriterianya ataukah sekedar suka-suka asal beri warna ?
>>Jika memang ada kriteria pewarnaan, sebaiknya hitung berdasar kriteria pewarnaan itu dan bukan berdasar warna apa yang disematkan
>>alias lebih cenderung mengambil sebab dari sekedar akibat.
>>
>>tapi biasanya konsep seperti di atas ndak disukai karena lebih menuntut kerja ekstra...
>>(katanya, kadang yang disukai belum tentu baik dan yang tidak disukai sering lebih baik)
>>atas dasar itu, coba pelajari thread lawas milis yang bisa dilihat di :
>>http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Trs-Belajar-Menghitung-Warna-lagi-td5711887.html (bisa unduh attachment disana)
>>
>>Selamat mencoba.
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>2013/1/4 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>
>>>
>>>Dear All teman2,
>>>
>>>
>>>saya punya kesulitan saat mempunyai sederetan huruf2 dibanyak cell, adakah rumus yg bisa memudahkan saya menghitung nilai suatu cell yg diblok warna kuning misalnya?
>>>
>>>
>>>Terimakasih banyak
>>
>>
>>
>
>
>

Thu Jan 10, 2013 11:41 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Ikutan ya..

Contoh bentuk data vertikal bisa dilihat pada file terlampir
Contoh tanggal bertipe date time juga bisa dilihat pada lampiran

Cara menyusun tabel berkaidah database kira-kira begini:

1. Data selalu dimulai dari cell A1, baris 1 adalah header data, baris 2
ke bawah adalah isi data
2. Tidak ada data baris dan kolom kosong antar data (data terisi penuh)
3. Data disusun secara vertikal (dari atas ke bawah) bukan horizontal
(dari kiri ke kanan)
4. Tidak ada merge cell baik di header maupun di data
5. Manfaatkan fitur Excel Tabel (versi 2007 ke atas) atau Excel List
(versi 2003 ke bawah), sangat bermanfaat pada saat data bersifat dinamis
(insert, add, edit, delete)
6. Beri nama range data yang sudah diubah ke bentuk Tabel atau List
tadi, sangat bermanfaat pada saat menulis formula

tampaknya sedikit rumit, tetapi setelah kesulitan ada kemudahan 2x

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 11 Januari 2013 14.08, Titis Ardiyana Wulandari
tiez_2289@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
> Mr Kid,
>
> 1. Mengubah data agar bentuknya vertikal per tanggal per nama, apakah
> maksutnya semua data saya harus dirubah bentuknya agar menjadi vertikal
> seperti contoh attachment?
> 2. Data tanggal bertipe datetime, mohon penjelasannya tentang hal ini..
> 3. Menyusun tabel berkaidah database, mohon penjelasannya pula?
>
> Terimakasih,
> Titis
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, January 11, 2013 5:48 AM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi
> warna
>
>
> Hai Titis,
>
> 1. Maksut saya tadinya ingin membedakan ketika ada di tanggal merah
> nasional. rupaya itu tidak bisa ya..
> >> Bisa.
> >> Dengan bentuk input data seperti yang Anda miliki, maka pengolahan data
> menjadi tidak luwes (tapi tetap bisa).
> >> Dengan mengubah data agar bentuknya vertikal per tanggal per nama, maka
> pengolahan data lebih luwes.
> >> Sediakan daftar tanggal libur nasional yang bertipe datetime
> >> Gunakan data tanggal bertipe datetime daripada menggunakan nama hari
> minggu sampai sabtu
> >> Tanggal dalam daftar tanggal libur bisa dibandingkan dengan tanggal
> dalam data (inilah kriteria sebenarnya dan bukan warna)
>
> 2. ketika saya menggunakan sum array yg begitu banyak akhirnya worksheet
> yg saya buat jadi lemot, adakah cara supaya tidak lemot lagi?
> >> Dengan data yang ada sekarang, yang relatif kurang berkaidah tabel
> database, maka pengolahan akan membutuhkan proses yang lebih kompleks
> >> Dengan mengubah data menjadi berorientasi vertikal, maka pengolahan
> data akan luwes dan banyak fitur yang bisa dimanfaatkan, sehingga proses
> bisa lebih cepat.
> >> Sayangnya, banyak yang enggan menyusun tabel berkaidah database. Apakah
> Anda termasuk salah satunya ?
>
> 3. kalau saya ingin memasukkan rumus2 sum array tsb kedalam macro, tahap
> apa dulu yg harus saya lakukan, karena saya masih awam tentang macro.
> >> Tahap pertama, belajarlah dasar-dasar pemrograman VBA
> >> Kemudian coba record macro sampai bisa record macro use relative
> references
> >> Untuk array formula yang merujuk pada area data yang luas dan jumlah
> cell yang ber-array formula juga banyak, maka saat proses kalkulasi formula
> (walau dengan VBA) juga akan memakan waktu, yang sering disebut lemot.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/1/10 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com>
>
> **
>
> Maksut saya tadinya ingin membedakan ketika ada di tanggal merah
> nasional. rupaya itu tidak bisa ya..
> Pak saya mau tanya lagi, ketika saya menggunakan sum array yg begitu
> banyak akhirnya worksheet yg saya buat jadi lemot, adakah cara supaya tidak
> lemot lagi?
> kalau saya ingin memasukkan rumus2 sum array tsb kedalam macro, tahap apa
> dulu yg harus saya lakukan, karena saya masih awam tentang macro.
>
> Terimakasih,
> Tiez
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, January 7, 2013 10:49 AM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi
> warna
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Bukankah warna kuning itu tergantung nilai tanggal nya. Apakah tanggal itu
> tanggal merah atau bukan. Begitu kan ya ?
> Bagaimana kalau ada data tanggalnya dan cara menentukan apakah tanggal
> tersebut disebut tanggal merah atau bukan.
> Bisa jadi tanggal merah per orang berbeda-beda. Bisa jadi juga perusahaan
> menetapkan bahwa sabtu dan minggu masuk tanggal merah.
> Perusahaan lain memilih hari jumat sampai minggu adalah tanggal merah.
>
> Bisa jadi dengan adanya data tanggal tersebut yang disertai penjelasan
> tentang cara menentukan tanggal merah, maka akan lebih sederhana daripada
> baca data berdasar warna.
>
> Biasanya pemberian warna pada data adalah sebagai tanda saja alias hasil
> dari suatu kriteria tertentu.
> Mengolah data selalu berusaha berdasar kriteria dan bukan berdasar warna.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
> 2013/1/6 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com>
>
> **
>
> Assalamu'alaikum
> Mr Kid,
>
> contoh kasusnya saya lampirkan, mohon pencerahaannya terkait rumus yg
> Bapak berikan lampau.
> saya ingin bisa biarpun itu susah Pak..
>
> alamat web yg bapak berikan itu menggunakan condisional formating, mohon
> penjelasanya juga bagaimana penerapan tsb bisa seperti itu..
>
> terimakasih banyak atas bantuannya
> Wassalamu'alaikum
> Tiez
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Friday, January 4, 2013 10:25 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] menghitung nilai yg ada dikolom yg diberi
> warna
>
>
> Hai Tiez,
>
> Mengkomputasi sesuatu berdasar warna itu relatif unik.
> Pertanyaan pertama, kenapa kok data yang akan dihitung itu diberi warna ?
> Ada kriterianya ataukah sekedar suka-suka asal beri warna ?
> Jika memang ada kriteria pewarnaan, sebaiknya hitung berdasar kriteria
> pewarnaan itu dan bukan berdasar warna apa yang *disematkan*
> alias lebih cenderung mengambil sebab dari sekedar akibat.
>
> tapi biasanya konsep seperti di atas ndak disukai karena lebih menuntut
> kerja ekstra...
> (katanya, kadang yang disukai belum tentu baik dan yang tidak disukai
> sering lebih baik)
> atas dasar itu, coba pelajari thread lawas milis yang bisa dilihat di :
>
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Trs-Belajar-Menghitung-Warna-lagi-td5711887.html(bisa unduh attachment disana)
>
> Selamat mencoba.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/4 Titis Ardiyana Wulandari tiez_2289@yahoo.com>
>
> **
>
>
> Dear All teman2,
>
> saya punya kesulitan saat mempunyai sederetan huruf2 dibanyak cell, adakah
> rumus yg bisa memudahkan saya menghitung nilai suatu cell yg diblok warna
> kuning misalnya?
>
> Terimakasih banyak
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Thu Jan 10, 2013 7:59 pm (PST) . Posted by:

"Nori Z" ordinarynori


----- Forwarded Message -----
From: Nori Z
To: "belajar-excel@yahoogroups.com"
Sent: Thursday, January 10, 2013 4:18 PM
Subject: Bagaimana agar bisa akses sel dari sheet yang berbeda dan dengan kode yang bersesuaian?


Dear Master Excel,
Saya ingin menampilkan informasi dari sheet yang berbeda. File terlampir.

Dari sheet 'Utama', pada kolom J (informasi mengenai anak responden), misalnya jika sel 'DataAnak1.1' didobel klik, maka akan menuju dan menampilkan row dengan kode 'DataAnak1.1' di sheet 'DataAnak'.

Demikian juga ketika sel 'DataPA1.1'pada kolom K didobel klik akan menuju dan menampilkan row dengan kode 'DataPA1.1' pada sheet 'DataPekerjaan'.�

Intinya, ketika sel dengan kode tertentu didobel klik akan menuju dan menampilkan record pada baris dengan kode yang bersesuaian dan dari sheet yang bersesuaian pula...�

Mohon bantuannya,,
Sekalian juga saya ingin bertanya kepada master semua apakah cara ini efektif dalam menampilkan sebuah informasi mengenai data seorang responden?
Terimakasih bantuannya

Best,
Nori.

Thu Jan 10, 2013 8:53 pm (PST) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Mencoba membantu dengan menggunakan macro dan filter.

Dalam file terlampir dalam sheet Utama ditulis kode macro sbb:
'=============================
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As
Boolean)
Dim shtDataAnak As Worksheet
Dim shtDataPekerjaan As Worksheet
Dim rgDbClick As Range

Set shtDataAnak = Sheet2 'bisa diganti dengan = worksheets("DataAnak")
Set shtDataPekerjaan = Sheet3 'bisa diganti dengan =
worksheets("DataPekerjaan")
'cek yang didouble klik ada di kolom J dan K
Set rgDbClick = Range("J:K")
If Not Intersect(Target, rgDbClick) Is Nothing Then 'jika double click
di kolom "J:K"
Select Case Target.Column
Case 10 'jika double click di kolom J
With shtDataAnak
.Activate
If .FilterMode Then .ShowAllData
.ListObjects("Table2").Range.AutoFilter Field:=2, _
Criteria1:=Target.Value
End With
Case 11 'jika double click di kolom K
With shtDataPekerjaan
.Activate
If .FilterMode Then .ShowAllData
.ListObjects("Table1").Range.AutoFilter Field:=2, _
Criteria1:=Target.Value
End With
End Select
End If
End Sub
'======================
Semoga membantu

----- Forwarded Message -----
From: Nori Z
To: "belajar-excel@yahoogroups.com"
Sent: Thursday, January 10, 2013 4:18 PM
Subject: Bagaimana agar bisa akses sel dari sheet yang berbeda dan dengan
kode yang bersesuaian?

Dear Master Excel,
Saya ingin menampilkan informasi dari sheet yang berbeda. File terlampir.

Dari sheet 'Utama', pada kolom J (informasi mengenai anak responden),
misalnya jika sel 'DataAnak1.1' didobel klik, maka akan menuju dan
menampilkan row dengan kode 'DataAnak1.1' di sheet 'DataAnak'.

Demikian juga ketika sel 'DataPA1.1'pada kolom K didobel klik akan menuju
dan menampilkan row dengan kode 'DataPA1.1' pada sheet 'DataPekerjaan'.�

Intinya, ketika sel dengan kode tertentu didobel klik akan menuju dan
menampilkan record pada baris dengan kode yang bersesuaian dan dari sheet
yang bersesuaian pula...�

Mohon bantuannya,,
Sekalian juga saya ingin bertanya kepada master semua apakah cara ini
efektif dalam menampilkan sebuah informasi mengenai data seorang responden?
Terimakasih bantuannya

Best,
Nori.

Fri Jan 11, 2013 12:47 am (PST) . Posted by:

"Nori Z" ordinarynori

Dear Pak Zainul,
Makasih solusinya... saya coba dulu yaa untuk isi datanya.. semoga tidak ada kendala..
Anyway,, makasih sudah membantu

Best, 
Nori.

________________________________
From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com zainul_ulum@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, January 11, 2013 11:53 AM
Subject: RE: [belajar-excel] Bagaimana agar bisa akses sel dari sheet yang berbeda dan dengan kode yang bersesuaian?


 
Mencoba membantu dengan menggunakan macro dan filter.

Dalam file terlampir dalam sheet Utama ditulis kode macro sbb:
'=============================
Private Sub Worksheet_BeforeDoubleClick(ByVal Target As Range, Cancel As
Boolean)
Dim shtDataAnak As Worksheet
Dim shtDataPekerjaan As Worksheet
Dim rgDbClick As Range

Set shtDataAnak = Sheet2 'bisa diganti dengan = worksheets("DataAnak")
Set shtDataPekerjaan = Sheet3 'bisa diganti dengan =
worksheets("DataPekerjaan")
'cek yang didouble klik ada di kolom J dan K
Set rgDbClick = Range("J:K")
If Not Intersect(Target, rgDbClick) Is Nothing Then 'jika double click
di kolom "J:K"
Select Case Target.Column
Case 10 'jika double click di kolom J
With shtDataAnak
.Activate
If .FilterMode Then .ShowAllData
.ListObjects("Table2").Range.AutoFilter Field:=2, _
Criteria1:=Target.Value
End With
Case 11 'jika double click di kolom K
With shtDataPekerjaan
.Activate
If .FilterMode Then .ShowAllData
.ListObjects("Table1").Range.AutoFilter Field:=2, _
Criteria1:=Target.Value
End With
End Select
End If
End Sub
'======================
Semoga membantu

----- Forwarded Message -----
From: Nori Z
To: "belajar-excel@yahoogroups.com"
Sent: Thursday, January 10, 2013 4:18 PM
Subject: Bagaimana agar bisa akses sel dari sheet yang berbeda dan dengan
kode yang bersesuaian?

Dear Master Excel,
Saya ingin menampilkan informasi dari sheet yang berbeda. File terlampir.

Dari sheet 'Utama', pada kolom J (informasi mengenai anak responden),
misalnya jika sel 'DataAnak1.1' didobel klik, maka akan menuju dan
menampilkan row dengan kode 'DataAnak1.1' di sheet 'DataAnak'.

Demikian juga ketika sel 'DataPA1.1'pada kolom K didobel klik akan menuju
dan menampilkan row dengan kode 'DataPA1.1' pada sheet 'DataPekerjaan'.�

Intinya, ketika sel dengan kode tertentu didobel klik akan menuju dan
menampilkan record pada baris dengan kode yang bersesuaian dan dari sheet
yang bersesuaian pula...�

Mohon bantuannya,,
Sekalian juga saya ingin bertanya kepada master semua apakah cara ini
efektif dalam menampilkan sebuah informasi mengenai data seorang responden?
Terimakasih bantuannya

Best,
Nori.

Thu Jan 10, 2013 10:46 pm (PST) . Posted by:

"d_nozz" d_nozz

Mr Kid,
file yang Mr Kid lampirkan kenapa di password....
ane jadi ga bisa modifikasi....
kalo boleh tau gimana formulanya buat cari data di database itu....
please Mr kid bagi2 ilmunya donk.....

--- Mods ---
Jarang-jarang mas Kid mem-password file lampiran. Kalau di-password pun, biasanya sudah disertakan password-nya di worksheet, vba, atau di body email yang berisi file lampiran itu.

Kalau tidak salah duga, sepertinya password-nya adalah huahahaha
karena disana sudah dijelaskan oleh mas Kid 'ketawanya penuh arti loh'
------------

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" wrote:
>
> hehehehe... kayanya seru nih...
> sampe ada yang emosi dengan penuh kelembutan....
>
> huahahaha
>
> huss malah ketawa. tapi ketawanya penuh arti loh..
>
> moga-moga file terlampir rada2 sesuai dengan harapan.
>
> Kid.
>
> 2011/5/20 Angga Pratomo
>
> >
> >
> > disitu khan ada data nama2....jadi yang saya inginkan, tanpa saya
> > menggunakan scrol mouse untuk mendapatkan nama secara langsung misal
> > langsung saya ketikkan huruf M, langsung mensortir nama2 yg berhuruf awalan
> > M...
> > Begitu master,,,,thanks 4 attention
> >
> > ------------------------------
> > *From:* Angga Pratomo
> > *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com"
> > *Sent:* Friday, May 20, 2011 2:32 PM
> >
> > *Subject:* Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell
> > excel
> >
> >
> > ================================
> > mod note:
> > katakan sesuatu
> > ================================
> >
> > ________________________________
> > From: STDEV(i)
> > To: belajar-excel@yahoogroups.com
> > Sent: Friday, May 20, 2011 2:16 PM
> > Subject: Re: [belajar-excel] Membuat tombol Pencarian di Kolom cell excel
> >
> >
> > setidaknya berikan contoh struktur datanya seperti apa; berupa sheet
> > dlm workbook; kirimkan sebagai lampiran/attachment.
> >
> > kalautanpa contoh; Be-Excellers yg mau bantu rada 'ogah' karena ......
> > ( sudah sering dibahas...)
> >
> > ditunggu ya...
> >
> > tks,
> >
> > 2011/5/20 anggapeeratomo20
> >
> >
> > >Dear Para master
> > >
> > >Mohon bantuan dan pencerahannya untuk membuat tombol searching data pada
> > kolom data yang jumlahnya ribuan, jadi tanpa perlu navigasi dari keyboard
> > atau mouse pointer.
> > >Misalkan ada ratusan data dengan huruf alphabet A-Z
> > >jika saya mengetikkan huruf L, seketika saya langsung tertuju pada kolom
> > data L
> > >
> > >Thanks untuk jawabannya....
> >
> >
> >
> >
>

Thu Jan 10, 2013 11:53 pm (PST) . Posted by:

"Aisyah Zahrah" aisyah_zahrah@ymail.com

Dear Para Guru Excel,
Pertanyaan dasar dari pemula pemakai excel, mohon bantuannya,
Bagaimana caranya menggunakan rumus VLOOKUP yang karakternya berbeda
Terima kasih sebelumnya
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar