Minggu, 27 Januari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2043

15 New Messages

Digest #2043
1b
Re: Tampilan VBA Project yg di inginkan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2e
Re: Rumus vlookup menampilkan data kosong bukan 0 by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3c
Re: Buat Nama Range di range tertentu by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3d
Re: Buat Nama Range di range tertentu by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
5a
Re: Mau buat absensi karyawan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Sun Jan 27, 2013 5:47 pm (PST) . Posted by:

Dear Be-Exceller,

Ma'af pertanyaan dasar. Saya mau tanya bagaimana membuat tampilan VBA
Project seperti yang saya inginkan.

Tampilan Project yang sekarang (jadi kalau di klik VBA Projectnya,
tampilan selalu menumpuk:

Tampilan yang mau diinginkan, jadi setiap saya klik VBA Projectnya ,
tampilannya selalu seperti di bawah ini (side by side) :

Terima kasih atas bantuannya.

Wassalam,
Tio

Sun Jan 27, 2013 9:09 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Tio,

mungkin dengan menekan tombol maximize pada window yang menumpuk kemudian
tutup vbaproject, save excel, kemudian tutup excel dan coba buka lagi akan
jadi selalu maximize.

Jika belum, coba ke VBEditor menu Tools pilih Options pada tab Editor
centang item default to full module view atau sebangsanya lalu OK
lakukan maximize pada window yang menumpuk, tutup VBEditor, save excel
semua dan tutup semua excel, lalu coba buka lagi.

Wassalam,
Kid.

2013/1/28 tio.adjie@ptssb.co.id>

> **
>
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Ma'af pertanyaan dasar. Saya mau tanya bagaimana membuat tampilan VBA
> Project seperti yang saya inginkan.
>
> Tampilan Project yang sekarang (jadi kalau di klik VBA Projectnya,
> tampilan selalu menumpuk:
>
>
>
> Tampilan yang mau diinginkan, jadi setiap saya klik VBA Projectnya ,
> tampilannya selalu seperti di bawah ini (side by side) :
>
>
>
> Terima kasih atas bantuannya.
>
> Wassalam,
> Tio
>
>

Sun Jan 27, 2013 10:28 pm (PST) . Posted by:

Terima kasih jawabannya Mr. Kid. Saya sudah melakukan semua yang di
sarankan Mr. Kid dan saya buka juga di tab Docking dan centang Project
Explorer. Dan masalah selesai.

Terima kasih Mr. Kid. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Mr. Kid.

Wassalam,
Tio

"Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
01/28/2013 12:09 PM
Please respond to belajar-excel

To: belajar-excel@yahoogroups.com
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Tampilan VBA Project yg di inginkan

Hai Tio,

mungkin dengan menekan tombol maximize pada window yang menumpuk kemudian
tutup vbaproject, save excel, kemudian tutup excel dan coba buka lagi akan
jadi selalu maximize.

Jika belum, coba ke VBEditor menu Tools pilih Options pada tab Editor
centang item default to full module view atau sebangsanya lalu OK
lakukan maximize pada window yang menumpuk, tutup VBEditor, save excel
semua dan tutup semua excel, lalu coba buka lagi.

Wassalam,
Kid.

2013/1/28 tio.adjie@ptssb.co.id>
 

Dear Be-Exceller,

Ma'af pertanyaan dasar. Saya mau tanya bagaimana membuat tampilan VBA
Project seperti yang saya inginkan.

Tampilan Project yang sekarang (jadi kalau di klik VBA Projectnya,
tampilan selalu menumpuk:

Tampilan yang mau diinginkan, jadi setiap saya klik VBA Projectnya ,
tampilannya selalu seperti di bawah ini (side by side) :

 

Terima kasih atas bantuannya.

Wassalam,
Tio

Sun Jan 27, 2013 7:16 pm (PST) . Posted by:

"aa nain" aa.nain

Yth, master excel
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Mohon pencerahannyanih, bagaimana rumus vlookupnya untuk
menampilkan data kosong dari data sheet2
berdasarkan
Nama
Lengkap dan hasil untuk
RW bukan
0 tapi tetap kosong .

File
Terlampir

Sun Jan 27, 2013 7:38 pm (PST) . Posted by:

"Heri Pamungkas"

Bapak,.

Sambil menunggu teman2 dengan rumusnya,.. mungkin rumus Simple IF bisa
membantu..

Terima kasih

On 28/01/2013 9:18, aa nain wrote:
> Yth, master excel
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> Mohon pencerahannyanih, bagaimana rumus vlookupnya untuk menampilkan
> data kosong dari data sheet2
> berdasarkan
> Nama Lengkap dan hasil untuk
> RW bukan 0 tapi tetap kosong .
>
>
>
> File Terlampir
>
>

--
Salam Excell-ent

Sun Jan 27, 2013 7:51 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear aa nain;

Mungkin begini.

Format => Cells => number
pilih custom, ketikan __ (double under score)

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: aa nain
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 28, 2013 9:18 AM
Subject: [belajar-excel] Rumus vlookup menampilkan data kosong bukan 0

Yth, master excel
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Mohon pencerahannya nih, bagaimana rumus vlookupnya untuk menampilkan data kosong dari data sheet2
berdasarkan
Nama Lengkap dan hasil untuk
RW bukan 0 tapi tetap kosong .

File Terlampir

Sun Jan 27, 2013 8:39 pm (PST) . Posted by:

"Maya Pada" mayapada471

Mas Bagus serupa dengan kasusnya Aa Nain..sy coba difile saya kenapa jadi kosong semua ya?
Padahal cell tersebut ada nilanya (bukan 0)?
Catta: filenya saya yg ada 0 link ke file excel yg lain tapi masih satu folder, kalau punya aa nain masih satu file beda sheet..

________________________________
From: Bagus bagus@kingjim.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 28, 2013 10:50 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus vlookup menampilkan data kosong bukan 0




Dear aa nain;
 
Mungkin begini.
 
Format => Cells => number
pilih custom, ketikan __ (double under
score)
 
Wassalam
~ Bagus~
----- Original Message -----
>From: aa nain
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Monday, January 28, 2013 9:18 AM
>Subject: [belajar-excel] Rumus vlookup menampilkan data kosong bukan 0
>

>Yth, master excel
>Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>Mohon pencerahannyanih, bagaimana rumus vlookupnya untuk menampilkan data kosong dari data sheet2
>berdasarkan
>Nama Lengkap dan hasil untuk
>RW bukan 0 tapi tetap kosong .
>
>
>
>
>
>
>File Terlampir
>
>
>
>
>

Sun Jan 27, 2013 8:47 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba format number custom dengan :
General;-General;

Wassalam,
Kid.

2013/1/28 Maya Pada mayapada471@yahoo.com>

> **
>
>
> Mas Bagus serupa dengan kasusnya Aa Nain..sy coba difile saya kenapa jadi
> kosong semua ya?
> Padahal cell tersebut ada nilanya (bukan 0)?
> Catta: filenya saya yg ada 0 link ke file excel yg lain tapi masih satu
> folder, kalau punya aa nain masih satu file beda sheet..
>
>
> ------------------------------
> *From:* Bagus bagus@kingjim.co.id>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, January 28, 2013 10:50 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Rumus vlookup menampilkan data kosong
> bukan 0
>
>
>
> Dear aa nain;
>
> Mungkin begini.
>
> Format => Cells => number
> pilih custom, ketikan __ (double under score)
>
> Wassalam
> ~ Bagus ~
>
> ----- Original Message -----
> *From:* aa nain aa.nain@yahoo.co.id>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Monday, January 28, 2013 9:18 AM
> *Subject:* [belajar-excel] Rumus vlookup menampilkan data kosong bukan 0
>
>
> Yth, master excel
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> Mohon pencerahannya nih, bagaimana rumus vlookupnya untuk menampilkan
> data kosong dari data sheet2
> berdasarkan
> Nama Lengkap dan hasil untuk
> RW bukan 0 tapi tetap kosong .
>
>
>
> File Terlampir
>
>
>
>
>
>
>

Sun Jan 27, 2013 10:28 pm (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Maya;

coba diganti dengan dua tanda pagar ##

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: Maya Pada
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 28, 2013 11:38 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus vlookup menampilkan data kosong bukan 0

Mas Bagus serupa dengan kasusnya Aa Nain..sy coba difile saya kenapa jadi kosong semua ya?
Padahal cell tersebut ada nilanya (bukan 0)?
Catta: filenya saya yg ada 0 link ke file excel yg lain tapi masih satu folder, kalau punya aa nain masih satu file beda sheet..

----------------------------------------------------------
From: Bagus bagus@kingjim.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 28, 2013 10:50 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Rumus vlookup menampilkan data kosong bukan 0



Dear aa nain;

Mungkin begini.

Format => Cells => number
pilih custom, ketikan __ (double under score)

Wassalam
~ Bagus ~
----- Original Message -----
From: aa nain
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, January 28, 2013 9:18 AM
Subject: [belajar-excel] Rumus vlookup menampilkan data kosong bukan 0

Yth, master excel
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Mohon pencerahannya nih, bagaimana rumus vlookupnya untuk menampilkan data kosong dari data sheet2
berdasarkan
Nama Lengkap dan hasil untuk
RW bukan 0 tapi tetap kosong .

File Terlampir

Sun Jan 27, 2013 7:16 pm (PST) . Posted by:

Dear Be-Exceller,

Saya mau buat nama range dari cel D3:D7, saya sudah buat code VBA sbb. :

tapi tidak berhasil, file terlampir :

Tolong pencerahannya,

Terima kasih,

Wassalam,
Tio

Sun Jan 27, 2013 7:47 pm (PST) . Posted by:

slametharto

Sub proses()

Dim barisakhir as range
Dim rangenama, rangeD as range

With activesheet
barisakhir = cells.specialcells(xlcelltypelastcell).row
End with

Set rangeD = Activesheet.range([D3], "D" & barisakhir)

Activeworkbook.names.Add Name:="rangenama", refersTo:rangeD
End Sub

-----Original Message-----
From: tio.adjie@ptssb.co.id
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 28 Jan 2013 09:37:52
To: belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Buat Nama Range di range tertentu

Dear Be-Exceller,

Saya mau buat nama range dari cel D3:D7, saya sudah buat code VBA sbb. :



tapi tidak berhasil, file terlampir :



Tolong pencerahannya,

Terima kasih,

Wassalam,
Tio

Sun Jan 27, 2013 7:49 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba :

Range( Range("d3") , range("d3").end(xldown) ).name = "RangeNama"

Wassalam,
Kid.

2013/1/28 tio.adjie@ptssb.co.id>

>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Saya mau buat nama range dari cel D3:D7, saya sudah buat code VBA sbb. :
>
>
>
> tapi tidak berhasil, file terlampir :
>
>
>
> Tolong pencerahannya,
>
> Terima kasih,
>
> Wassalam,
> Tio

Sun Jan 27, 2013 7:52 pm (PST) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Coba ini:

'======

Private Sub BuatRange()

Names.Add "RangeNama", Range("D3:D" & Range("D3").End(xlDown).Row)

End Sub

'=====

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of tio.adjie@ptssb.co.id
Sent: Monday, January 28, 2013 9:38 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Buat Nama Range di range tertentu

Dear Be-Exceller,

Saya mau buat nama range dari cel D3:D7, saya sudah buat code VBA sbb. :

tapi tidak berhasil, file terlampir :

Tolong pencerahannya,

Terima kasih,

Wassalam,
Tio

Sun Jan 27, 2013 8:38 pm (PST) . Posted by:

"Maya Pada" mayapada471

Assalamu'alaikum wrwb.

Trimakasih atas repon para pakar atas pertanyaan sebelumnya..
Mau minta bantuan lagi seperti berikut..

Masalah
ini sudah sangat lama mengganggu karena menurut bayangan saya memang harus
manual pengerjaannya. Terus terang belum saya coba pecahkan karena sudah minder
duluan..begini  kasus ini .
Saya
punya DATA INPUT dan OUT seperti contoh.
Data
input realnya berjumlah RIBUAN baris dimana tiap kolom terdiri dari data
ID  Alat, Start operasi dan Finisht
Operasi alat tsb pd hari tsb.
Aturan
DATA INPUT  kita
punya kaidah sbb:
#1.
ID Alat berupa angka min 1 angka dan max 3 angka.
#2.
Start dan Finish Operasi HANYA disini 4 angka saja  dan  angkanya berdasarkan SYARAT BATAS masing2 ID  Alat, dalam hal ini angka start dan finish
nilainya ANTARA SAMA DENGAN 1001-1200 untuk masing2 ID alat  (mtematikanya gini kali ya :   1001>=START ato FINISIH <=1200)
berdasarkan contoh disamping  perhatikan
DATA OUPUT
#3.
Angka start dan finish operasi maximal angka mucul 2 kali ,KECUALI angka start
dan finish merupakan angka BATAS maka dia muncul sekali dalam data input
#4.
Rentang angka start dan finish operasi TIDAK boleh overlap (kecuali seperti
point #3)
Yang
ingin dilakukan pada DATA OUTPUT adalah menggabarkan  RENTANG LOKASI PEKERJAAN tiap2 ID ALAT  seperti tampilan ILUSTRASI TGL 3 JAN dimana
pd tgl 3 JAN ID Alat 1 dan 4 sdh selesai pekerjaan karena  rentang lokasi sesuai , ID Alat 2 : punya 3
lokasi rentang operasi ,dan
 ID Alat 3: punya 2 lokasi rentang operasi.
Dalam
bahasa yang "agak membumi "mungkin seperti ini :
Saya
ingin menggambarkan garis pekerjaan tiap ID Alat setiap harinya
 misalkan ID Alat 2
 tgl 1 dia gambar garis titik 1010
sampe 1030;
 tgl 2 dia gmbr garis titik 1050-1100; dan
 tgl 3dia gmbr garis titik 1110-1200
Dalam
arti membumi lagi kita dilarang gambar ulang  KECUALI pas ujung-ujung gambar. Gambar  tiap ID alat akan menyambung menjadi 1 lokasi jika ujung-ujung gambar
bersatu jadi satu garis seperti ID Alat 1 .
PEKERJAAN
dinyatakan selesai JIKA terbentuknya garis dari titik BATAS start dan finish(
tentunya TIDAK ada yang overlap) seperti ID Alat 1 dan 4
Maaf
kalau bahasanya agak jelimet...untuk DATA OUTPUT para pakar boleh usul cuma
untuk data input adanya seperti itu..
Mohon
bantuan pakar excell.....Wassalam
> Maya

Sun Jan 27, 2013 9:03 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ritana,

Biasanya untuk kasus yang hasilnya aplikasi jadi seperti ini bakalan lama
responnya.
Selain itu, mungkin perlu dijelaskan sedikit tentang alur cerita proses
absennya.
Kalau lihat filenya, sepertinya absen ini bisa untuk mengedit nilai absen
beberapa tanggal yang lalu (alias bukan hari ini).

Bagaimana kalau dipisah jadi 3 bagian saja.
1. untuk absen datang dan pulang -> khusus untuk hari ini
2. untuk absen saat akan keluar dan masuk pada masa jam kerja hari ini
3. untuk edit keterangan pada hari tidak masuk

Untuk daftar nama, bisa digunakan fitur data validation.
Untuk jam absen baik masuk maupun keluar :
1. untuk absen datang dan pulang tekan tombol saja lalu diisikan jam saat
itu
2. untuk absen ijin keluar masa jam kerja dengan tekan tombol mulai ijin
dan isi manual alasan. Nanti jam datang setelah ijin jalm kerja cukup tekan
tombol sudah datang
3. untuk edit keterangan pada hari tidak masuk, tanggal diisi manual
dibantu data validation allow date

Proses pilih tanggal bisa juga memakai control activex datepicker.
Sayangnya, dibutuhkan sebuah kepastian bahwa semua komputer yang
menjalankan file absen harus meng-install library yang berisi control
datepicker tersebut.

Seluruh data disimpan dengan tekan tombol ke sebuah sheet data.
Dari sheet data, nanti diproses menjadi banyak laporan.

jeleknya nih... obrolan di atas gak bisa disertakan lampirannya karena
sedang ndak memungkinkan.
Mungkin mbak/mas/bu/pak Ritana bisa mencoba menyusun 3 sheet di atas.
Akan lebih baik lagi jika diposting 1 kasus per sheet secara bertahap.
Setelah kasus 1 sheet selesai, beranjak ke sheet berikutnya.
Untuk contoh absen hari ini, ada file dari mbake Siti yang baru-baru ini
dimunculkan member karena ingin melakukan penyesuaian. Coba search posting
dalam kurun 1 bulan terakhir.

Wassalam,
Kid.

2013/1/26 Ritana Flash ritana_flash@yahoo.com>

> **
>
>
> Perkenalkan sy baru bergabung di groups ini. Sy ritana dari Samarinda.
> Saya sangat awam dengan formula/VBA di Excel. Sy ingin bertanya kepada
> master-master excel di groups ini bagaimana membuat file absensi seperti
> file terlampir. Atas bantuan dari para master, sy ucapkan terima kasih.
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar