Minggu, 13 Januari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2021

15 New Messages

Digest #2021
1a
Re: Filter & Remove duplikat by "cindhi dwi" cindhi.nouvie
1b
Re: Filter & Remove duplikat by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2b
Re: calculated field max pada pivot table by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
4b
Re: tampilkan comment Excel ke sebuah cell by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
5a
Kasus Jadual by "heru mulyono"
5b
Re: Kasus Jadual by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Sat Jan 12, 2013 10:58 am (PST) . Posted by:

"cindhi dwi" cindhi.nouvie

Iya Mr. maaf saya yg salah..

Oia Mr. saya boleh nanya lagi??

Jadi, saya lagi buat macro nya, gimana cara copy dari file output pivot di templateku ke daily reportnya ya Mr ?
Karena, kadang jumlah Strategy nya kan berbeda2.. Sedangkan saya pakai record macro, itu kan datanya harus selalu sama.. (kira2 jelas ga Mr. pertanyaan saya?)

Mohon pencerahannya lagi ya Mr.

Maaf merepotkan..

--

Dommo,

Waslm,

Cindhi Dwi Novita

________________________________
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Saturday, January 12, 2013 5:36 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Filter & Remove duplikat


 
1. Di bagian ini     >> pada cell D20 sheet output

>> Jika data awal kolom G sudah ditext to columns sesuai anjuran dan pivot table dari sheet data awal ada di D10 dengan seluruh field diletakkan sesuai usulan lalu
     mestinya D20 masih kosong

  berikut tata letaknya :
::> klik pivot table yang sudah terbentuk
                    -> tarik field Rules ke bagian Rows
                    -> tarik field Strategy ke bagian Columns
                    -> tarik Caller ke bagian values
                    ->filter Rules hilangkan centang dari item blank

2. Strategy nya kan di tarik ke bagian Value
>> coba lihat ulang tata letak pivot table-nya seperti di nomor 1

Wassalam,
Kid.

2013/1/12 cindhi dwi cindhi.nouvie@yahoo.com>


>Wakarimashita, momod..
>Gomen.. File nya terlalu besar..
>
>
>Ini di attach ulang..
>
>
>Oia Mr. Kid ada yg mau saya tanyain..
>
>saya udh coba saran dari Mr., trus ada yg saya bingung..
>
>
>1. Di bagian ini
>>> pada cell D20 sheet output
>     ::> ribbon Insert -> Pivot Table -> pilih data source dari sheet Unik dengan klik kolom A sampai kolom rules (kolom G)  ->
>          pilih existing worksheet sebagai lokasi output -> ok
>Pas saya coba, cell D20 di sheet output itu kan masih dlm bagian pivot table, jadi ga bisa pake pivot table lagi Mr. (button pivot table nya jadi ga aktif)
>
>
>2. Strategy nya kan di tarik ke bagian Value, itu nilai value field settings nya perlu dipakai ga Mr ? klo di perlu, pake value apa (count/max/average/sum/min) ?
>
>
>Maaf ya kalo banyak nanya..
>
>
>--
>
>
>Dommo,
>
>Regards,
>
>
>Cindhi Dwi Novita
>
>
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Saturday, January 12, 2013 6:45 AM
>Subject: Re: [belajar-excel] Filter & Remove duplikat
>
>
>

>Sambil menunggu file lampiran yang lebih sesuai dengan peraturan milis.
>
>Jika dilihat dari gambar yang ada, sepertinya output bisa diperoleh dari 2 pivot table.
>Gambar 1 adalah data awal.
>Coba langkah berikut :
>1. buat sebuah sheet baru dan beri nama Unik
>2. pada sheet data awal
>>> pisahkan data tanggal pada start time dari data waktu nya
>     ::> blok kolom G -> ribbon Data -> text to columns -> pilih Delimited -> Next -> centang opsi Space -> Next sampai Finish
>     ::> ganti header kolom G menjadi teks berbunyi Rules
>>> blok seluruh data (termasuk header) ke sheet unik pada cell A1
>3. pada sheet unik
>>> menyusun unique caller dan strategy
>     ::> blok seluruh tabel (termasuk header) -> ribbon Remove Duplicate -> tekan unselect all ->
>               centang has header -> centang kolom Caller dan Startegy (2 kolom) -> OK
>4. buat sheet output (misal diberi nama Output)
>>> pada cell D10 sheet output
>     ::> ribbon Insert -> Pivot Table -> pilih data source dari sheet data awal dengan klik kolom A sampai kolom rules (kolom G)  ->
>          pilih existing worksheet sebagai lokasi output -> ok
>     ::> klik pivot table yang sudah terbentuk -> tarik field Rules ke bagian Rows
>                    -> tarik field Strategy ke bagian Columns
>                    -> tarik Caller ke bagian values
>                    -> filter Rules hilangkan centang dari item blank
>>> pada cell D20 sheet output
>     ::> ribbon Insert -> Pivot Table -> pilih data source dari sheet Unik dengan klik kolom A sampai kolom rules (kolom G)  ->
>          pilih existing worksheet sebagai lokasi output -> ok
>     ::> klik pivot table yang sudah terbentuk -> tarik field Rules ke bagian Rows
>                    -> tarik field Strategy ke bagian Columns
>                    -> tarik Caller ke bagian values
>                    -> filter Rules hilangkan centang dari item blank
>5. save as workbook (tekan ALT  F  A) -> tulis nama file misal TemplateKu -> save
>
>Prosedur rutin per bulan (ketika ada data baru)
>1. buka file data yang baru -> lakukan text to columns terhadap kolom G
>     ::> blok kolom G -> ribbon Data -> text to columns ->
pilih Delimited -> Next -> centang opsi Space -> Next sampai
Finish
>     ::> ganti header kolom G menjadi teks berbunyi Rules
>2. buka file templateku dan pada sheet data awal dan unik lakukan
>     ::> blok seluruh data -> tekan tombol keyboard delete atau klik kanan pilih clearcontents
>3. kembali ke file data yang baru (yang telah diproses text to column)
>      ::> blok seluruh data -> copy (tekan CTRL C -> paste ke file templateku sheet data awal dan sheet unik
>4. tutup file data yang baru
>5. pada file templateku sheet unik lakukan remove duplicate seperti nomor 3 di atas jauh sana :
>     ::> blok seluruh tabel (termasuk header) -> ribbon Remove Duplicate -> tekan unselect all ->
>               centang has header -> centang kolom Caller dan Startegy (2 kolom) -> OK
>6. refresh pivot table
>     ::> ribbon Data -> Refresh -> pilih Refresh All
>7. save templateku
>Setiap bulan, jalankan prosedur rutin tersebut.
>
>Prosedur rutin bisa diotomasi dengan VBA setelah punya file templateku
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2013/1/11 cindhi dwi cindhi.nouvie@yahoo.com>
>
>Dear Sensei excel,
>>
>>
>>Maaf yaa, saya mau nanya lagi..
>>
>>Jadi gini sensei, saya mau buat macro untuk bisa filter dan remove duplicate..
>>Pertama, source data ada di file Alarm List di sheet Alarm difilter di kolom Strategy name (difilter satu-satu)
>>Contoh Gambar difilter Strategy name Keyword_Alarm_01-P2P SMS
>>
>>
>>
>>Kemudian data yg di kolom A (Caller No.) di copy lalu di paste 2x di sheet List (sesuai dengan jenis strategy name nya)
>>
>>
>>
>>Kemudian data di kolom Remove Duplikat diremove duplicate.
>>
>>
>>
>>Lalu jumlah data di remove duplikat di masukkan ke dalam file Alarm daily report sheet Total Remove (kolomnya sesuai dgn strategy namenya)
>>
>>
>>
>>begitu juga dgn kolom Total, jumlah data di kolom Total dimasukkan ke dalam file Alarm daily report sheet Total (kolomnya sesuai dgn strategy namenya)
>>
>>
>>
>>Tapi sensei, jumlah data di kolom strategy name itu kadang suka berubah-ubah,, kadang ada 6 jenis strategy name, kadang ada 9 jenis..
>>
>>Mohon bantuannya yaa sensei.. File terlampir.. (Maaf yaa, jika membingungkan)
>>
>>
>>--
>>Dommo,
>>
>>Regards,
>>
>>
>>Cindhi Dwi Novita
>>
>>
>>--- Mods ---
>>Berhubung file lampiran terlalu besar (1.6MB), maka file lampiran dicekal. mbak Cindhi diharap melampirkan ulang file yang ukuran maksimalnya adalah 250KB. Yang dibutuhkan adalah contoh data, bukan data kerja seluruhnya.
>>------------
>
>
>

Sat Jan 12, 2013 12:17 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Cindhi

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

;)

Masih ingat dengan letak pivot table pertama yang diletakkan pada baris 10 ?
Baris kosong di row 1 sampai 8 akan diberi dataset pembentuk input yang
sesuai dengan struktur output.
Dalam menyusun output, hal pertama yang dilakukan adalah melakukan pemetaan
antara nama-nama item input (dari data source yang tertuang dalam pivot
table) dengan nama-nama kolom dalam struktur output. Lihat baris 2 dan 3
dalam file templateku.xlsm yang terlampir. Lengkapi cell di baris 2 yang
masih kosong, yang pantas masuk ke kolom yang tertera di baris 3.

Untuk kali ini, diasumsikan saja bahwa proses penyusunan output ini sudah
sampai proses terakhir untuk menghasilkan output akhir.
Jadi seluruh proses sudah berusaha disusun untuk mengikuti struktur output.

Pada baris 5 (pembentuk input jenis output data unique [dari sheet unik])
diberi formula yang mengacu ke peta di baris 2 dan pivot table dengan data
source dari sheet unik.
Pada baris 7 (pembentuk input jenis output data seluruhnya [dari sheet
alarm]) diberi formula yang mengacu ke peta di baris 3 dan pivot table
dengan data source dari sheet alarm.

Kemudian disiapkan sebuah tombol (misal dengan shape yang di-assign macro)
untuk menjalankan prosedur berikut :
Public Sub SalinDataBaru(Optional bState As Boolean = False)
Dim pvt As PivotTable 'variabel loop pivot
table di sheet output
Dim rng As Range 'variabel range target
Dim lRows As Long 'jumlah baris data
(include header)

With Application 'pada aplikasi
.ScreenUpdating = False 'turn off screenupdate
.Calculation = xlCalculationAutomatic 'set kalkulasi jadi
automatic

'------------------------------------------
'refresh setiap pivot table di sheet output
'------------------------------------------
For Each pvt In Sheet3.PivotTables 'setiap pivot table
dalam koleksi pivot table di sheet output
pvt.RefreshTable 'refresh pivot table
Next pvt 'ke pivot table
berikutnya yang tersisa dalam koleksi pivot table

'------------------------------------------
'kerjakan sisi unique
'------------------------------------------
Set rng = Sheet4.Range("a1") 'set range anchor di A1
sheet daily_unique
lRows = rng.CurrentRegion.Rows.Count 'jumlah data = jumlah
baris sebuah area dataset kontinyu
Sheet3.Range("d5").CurrentRegion.Copy 'copy data berformula
di sebuah area di cell d5 sheet output

'paste special values dan format number pada baris baru (lompat
sebanyak jumlah baris dari header A1)
rng.Offset(lRows).PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats

'bersihkan values berupa error value hasil formula yang ter-copy
'manfaat melebihkan formula sebanyak 1 kolom di sheet output untuk
menghindari error proses disini
rng.CurrentRegion.SpecialCells(xlCellTypeConstants,
xlErrors).ClearContents
'------------------------------------------

'------------------------------------------
'kerjakan sisi all
'------------------------------------------
Set rng = Sheet5.Range("a1") 'set range anchor di A1
sheet daily_all
lRows = rng.CurrentRegion.Rows.Count 'jumlah data = jumlah
baris sebuah area dataset kontinyu
Sheet3.Range("d7").CurrentRegion.Copy 'copy data berformula
di sebuah area di cell d7 sheet output

'paste special values dan format number pada baris baru (lompat
sebanyak jumlah baris dari header A1)
rng.Offset(lRows).PasteSpecial xlPasteValuesAndNumberFormats

'bersihkan values berupa error value hasil formula yang ter-copy
'manfaat melebihkan formula sebanyak 1 kolom di sheet output untuk
menghindari error proses disini
rng.CurrentRegion.SpecialCells(xlCellTypeConstants,
xlErrors).ClearContents
'------------------------------------------

.ScreenUpdating = True 'turn on screenupdate
End With
End Sub

File raw_data_harian.xlsx adalah contoh data yang digunakan yang memiliki
cukup varian caller no yang tidak unique pada berbagai startegy name.

Untuk membuat salinan data dari sheet-sheet output daily_* bisa diotomasi.
Untuk menyalin data baru dari file raw_data_harian ke sheet data awal
kemudian dilakukan text to columns, mengganti nama header kolom G dengan
teks Rules, dan menyalin ke sheet unik juga bisa diotomasi.

Untuk pengembangan lebih lanjut, bisa jadi seluruh data harian dimasukkan
ke ms Access atau database lain, kemudian pivot table diarahkan untuk
mendapatkan data source dari hasil query suatu koneksi data ke database
melalui fitur Get External Data. Dengan cara ini, maka seluruh data harian
bisa disusun series setahun dan tanpa perlu VBA untuk menyalin data ke
sheet-sheet daily lagi. Selain itu, seluruh user yang membutuhkannya, cukup
melakukan refresh data melalui ribbon Data -> Refresh All agar seluruh
pivot cache ter-refresh berdasar data terbaru yang ada dalam database.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/1/12 cindhi dwi cindhi.nouvie@yahoo.com>

> **
>
>
> Iya Mr. maaf saya yg salah..
>
> Oia Mr. saya boleh nanya lagi??
>
> Jadi, saya lagi buat macro nya, gimana cara copy dari file output pivot di
> templateku ke daily reportnya ya Mr ?
> Karena, kadang jumlah Strategy nya kan berbeda2.. Sedangkan saya pakai
> record macro, itu kan datanya harus selalu sama.. (kira2 jelas ga Mr.
> pertanyaan saya?)
>
> Mohon pencerahannya lagi ya Mr.
>
> Maaf merepotkan..
>
> --
>
> Dommo,*
>
> Waslm,
>
>
> Cindhi Dwi Novita*
> *
> *
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Saturday, January 12, 2013 5:36 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Filter & Remove duplikat
>
>
> 1. Di bagian ini
> >> pada cell D20 sheet output
>
> >> Jika data awal kolom G sudah ditext to columns sesuai anjuran dan pivot
> table dari sheet data awal ada di D10 dengan seluruh field diletakkan
> sesuai usulan lalu
> mestinya D20 masih kosong
>
> berikut tata letaknya :
> ::> klik pivot table yang sudah terbentuk
> -> tarik field *Rules *ke bagian *Rows *
> -> tarik field *Strategy *ke bagian *Columns *
> -> tarik *Caller *ke bagian *values *
> ->* filter Rules* hilangkan centang dari item blank
>
> 2. Strategy nya kan di tarik ke bagian Value
> >> coba lihat ulang tata letak pivot table-nya seperti di nomor 1
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/12 cindhi dwi cindhi.nouvie@yahoo.com>
>
> **
>
> Wakarimashita, momod..
> Gomen.. File nya terlalu besar..
>
> Ini di attach ulang..
>
> Oia Mr. Kid ada yg mau saya tanyain..
> saya udh coba saran dari Mr., trus ada yg saya bingung..
>
> 1. Di bagian ini
> >> pada cell D20 sheet output
> ::> ribbon Insert -> Pivot Table -> pilih data source *dari sheet
> Unik *dengan klik kolom A sampai kolom rules (kolom G) ->
> pilih existing worksheet sebagai lokasi output -> ok
> Pas saya coba, cell D20 di sheet output itu kan masih dlm bagian pivot
> table, jadi ga bisa pake pivot table lagi Mr. (button pivot table nya jadi
> ga aktif)
>
> 2. Strategy nya kan di tarik ke bagian Value, itu nilai value field
> settings nya perlu dipakai ga Mr ? klo di perlu, pake value apa
> (count/max/average/sum/min) ?
>
> Maaf ya kalo banyak nanya..
>
> --
>
> Dommo,*
>
> Regards,
>
>
> Cindhi Dwi Novita*
>
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Saturday, January 12, 2013 6:45 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Filter & Remove duplikat
>
>
> Sambil menunggu file lampiran yang lebih sesuai dengan peraturan milis.
>
> Jika dilihat dari gambar yang ada, sepertinya output bisa diperoleh dari 2
> pivot table.
> Gambar 1 adalah data awal.
> Coba langkah berikut :
> 1. buat sebuah sheet baru dan beri nama Unik
> 2. pada sheet data awal
> >> pisahkan data tanggal pada start time dari data waktu nya
> ::> blok kolom G -> ribbon Data -> text to columns -> pilih Delimited
> -> Next -> centang opsi Space -> Next sampai Finish
> ::> ganti header kolom G menjadi teks berbunyi Rules
> >> blok seluruh data (termasuk header) ke sheet unik pada cell A1
> 3. pada sheet unik
> >> menyusun unique caller dan strategy
> ::> blok seluruh tabel (termasuk header) -> ribbon Remove Duplicate
> -> tekan unselect all ->
> centang has header -> centang kolom Caller dan Startegy (2
> kolom) -> OK
> 4. buat sheet output (misal diberi nama Output)
> >> pada cell D10 sheet output
> ::> ribbon Insert -> Pivot Table -> pilih data source *dari sheet
> data awal *dengan klik kolom A sampai kolom rules (kolom G) ->
> pilih existing worksheet sebagai lokasi output -> ok
> ::> klik pivot table yang sudah terbentuk -> tarik field Rules ke
> bagian Rows
> -> tarik field Strategy ke bagian Columns
> -> tarik Caller ke bagian values
> -> filter Rules hilangkan centang dari item blank
> >> pada cell D20 sheet output
> ::> ribbon Insert -> Pivot Table -> pilih data source *dari sheet
> Unik *dengan klik kolom A sampai kolom rules (kolom G) ->
> pilih existing worksheet sebagai lokasi output -> ok
> ::> klik pivot table yang sudah terbentuk -> tarik field Rules ke
> bagian Rows
> -> tarik field Strategy ke bagian Columns
> -> tarik Caller ke bagian values
> -> filter Rules hilangkan centang dari item blank
> 5. save as workbook (tekan ALT F A) -> tulis nama file misal TemplateKu
> -> save
>
> Prosedur rutin per bulan (ketika ada data baru)
> 1. buka file data yang baru -> lakukan text to columns terhadap kolom G
> ::> blok kolom G -> ribbon Data -> text to columns -> pilih Delimited
> -> Next -> centang opsi Space -> Next sampai Finish
> ::> ganti header kolom G menjadi teks berbunyi Rules
> 2. buka file templateku dan pada sheet data awal dan unik lakukan
> ::> blok seluruh data -> tekan tombol keyboard delete atau klik kanan
> pilih clearcontents
> 3. kembali ke file data yang baru (yang telah diproses text to column)
> ::> blok seluruh data -> copy (tekan CTRL C -> paste ke file
> templateku sheet data awal dan sheet unik
> 4. tutup file data yang baru
> 5. pada file templateku sheet unik lakukan remove duplicate seperti nomor
> 3 di atas jauh sana :
> ::> blok seluruh tabel (termasuk header) -> ribbon Remove Duplicate
> -> tekan unselect all ->
> centang has header -> centang kolom Caller dan Startegy (2
> kolom) -> OK
> 6. refresh pivot table
> ::> ribbon Data -> Refresh -> pilih Refresh All
> 7. save templateku
> Setiap bulan, jalankan prosedur rutin tersebut.
>
> Prosedur rutin bisa diotomasi dengan VBA setelah punya file templateku
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/11 cindhi dwi cindhi.nouvie@yahoo.com>
>
> Dear Sensei excel,
>
>
> Maaf yaa, saya mau nanya lagi..
>
> Jadi gini sensei, saya mau buat macro untuk bisa filter dan remove
> duplicate..
> Pertama, source data ada di file Alarm List di sheet Alarm difilter di
> kolom Strategy name (difilter satu-satu)
> Contoh Gambar difilter Strategy name Keyword_Alarm_01-P2P SMS
>
>
>
> Kemudian data yg di kolom A (Caller No.) di copy lalu di paste 2x di sheet
> List (sesuai dengan jenis strategy name nya)
>
>
>
> Kemudian data di kolom Remove Duplikat diremove duplicate.
>
>
>
> Lalu jumlah data di remove duplikat di masukkan ke dalam file Alarm daily
> report sheet Total Remove (kolomnya sesuai dgn strategy namenya)
>
>
>
> begitu juga dgn kolom Total, jumlah data di kolom Total dimasukkan ke
> dalam file Alarm daily report sheet Total (kolomnya sesuai dgn strategy
> namenya)
>
>
>
> Tapi sensei, jumlah data di kolom strategy name itu kadang suka
> berubah-ubah,, kadang ada 6 jenis strategy name, kadang ada 9 jenis..
>
> Mohon bantuannya yaa sensei.. File terlampir.. (Maaf yaa, jika
> membingungkan)
>
>
> --
> Dommo,
>
> Regards,
>
>
> Cindhi Dwi Novita
>
>
> --- Mods ---
> Berhubung file lampiran terlalu besar (1.6MB), maka file lampiran dicekal.
> mbak Cindhi diharap melampirkan ulang file yang ukuran maksimalnya adalah
> 250KB. Yang dibutuhkan adalah contoh data, bukan data kerja seluruhnya.
> ------------
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Sat Jan 12, 2013 10:58 am (PST) . Posted by:

"Andrie -" sioean2

Dear All Member,
saya ada pertanyaan mengenai formula calculated field di excel...mengapa saya memasukkan fungsi MAX tidak berfungsi tetapi malah yang berfungsi fungsi SUM

contoh : =Max('Berat') hasilnya bukan nilai maksimum akan tetapi menjadi total dari semuanya.

Sat Jan 12, 2013 12:26 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Andrie,

Calculated Field akan mengkalkulasi setiap nilai berdasar key yang
diletakkan dalam bagian Rows dan Columns pivot table. Artinya, jika ada
key1 dan key2 yang terdiri dari 5 record, maka nilai untuk key1 dan key2
adalah total dari 5 record tersebut. Ketika total 5 record tersebut di
kalkulasi dengan Max, tentu hasilnya adalah total 5 record tersebut apapun
setting field values pada calculated field tersebut.

Untuk mengambil nilai maksimal dari 5 record tersebut, maka letakkan saja
field nilai ke bagian values, kemudian klik kanan dan pilih summarize by Max

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear All Member,
> saya ada pertanyaan mengenai formula calculated field di excel...mengapa
> saya memasukkan fungsi MAX tidak berfungsi tetapi malah yang berfungsi
> fungsi SUM
>
> contoh : =Max('Berat') hasilnya bukan nilai maksimum akan tetapi menjadi
> total dari semuanya.
>
>
>

Sat Jan 12, 2013 12:38 pm (PST) . Posted by:

Dear BeExceller,

Berikut kutipan informasi dari tim Yahoo! Groups tentang kemungkinan terhambatnya penyebaran posting ke seluruh member.
"We're upgrading our systems and Yahoo! Groups will be unavailable for a few hours on the night of January 15th Pacific Standard Time. Emails sent to your groups will be delivered late during this time. For the latest information on this planned maintenance, check our product blog: http://www.ygroupsblog.com/"

Hormat Kami,
Moderator Belajar-Excel

Sat Jan 12, 2013 10:05 pm (PST) . Posted by:

"Mardi" hekerkampoeng

Selamat siang Be exceller,

Saya punya angan-angan untuk menampilkan Comment ke sebuah cell dengan
formula atau apa . Kira-kira apakah mungkin angan-angan saya bisa terwujud
.Sekiranya bisa mohon bantuannya dari rekan be exceller dan master-master
semuanya.

Terima kasih sebelumnya,

Salam

mardi

Sat Jan 12, 2013 10:46 pm (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Kalau pake macro sederhana, bisa dibuat code seperti ini,
mis: mau menambah komentar di sel A1

Sub AddComment()
    Range("A1").AddComment "ini komentar pake macro"
End Sub

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: Mardi sumardiana596@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, 13 January 2013, 13:05
Subject: [belajar-excel] tampilkan comment Excel ke sebuah cell


 
Selamat siang Be exceller,
 
Saya punya angan-angan untuk menampilkan Comment ke sebuah cell dengan formula atau apa . Kira-kira apakah mungkin angan-angan saya bisa terwujud .Sekiranya bisa mohon bantuannya dari rekan be exceller dan master-master semuanya.
Terima kasih sebelumnya,
 
Salam
mardi

Sat Jan 12, 2013 10:24 pm (PST) . Posted by:

"heru mulyono"

Yth, para master Excel
Mohon pencerahannya, file terlampir

Matur nuwun

Sun Jan 13, 2013 1:36 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Heru,

Coba ubah formula cell AA7
dari :
=IF(AA6="","",OFFSET($C$2,0,MATCH($Z$2,OFFSET(INDIRECT($X6),COLUMN()-26,0,1,20))-1))
menjadi :
=IF(AA6="","",OFFSET($C$2,0,MATCH($Z$2,OFFSET(INDIRECT($X6),COLUMN()-26,0,1,20)
*,0*)-1))
agar fungsi Match mencari dengan cara pencarian sama persis (exact match)

Bisa juga menggunakan fungsi yang lebih panjang seperti file terlampir,
dengan struktur tabel hasil :
>> Jadwal jam di AH5:AL5
>> Jadwal hari di X6:X16
>> formula di baris kelas (misal di AH7) :
=IFERROR(INDEX($C$2:$V$2,MATCH($Z$2,INDEX(INDEX($C$3:$C$38,((MATCH($X6,$X$6:$X$17,0)+1)/2)*6-5):INDEX($V$3:$V$38,((MATCH($X6,$X$6:$X$17,0)+1)/2)*6),MATCH(AH$5,$B$3:$B$7,0),0),0)),"")
tanpa bantuan nama range dan tidak menggunakan fungsi volatile seperti
offset atau Indirect.
Fungsi volatile akan selalu dikalkulasi meski yang berubah adalah sebuah
cell yang tidak dirujuk formula manapun, sehingga pada penggunaan pada
banyak cell akan membuat kalkulasi Excel menjadi lambat setiap kali ada
update nilai data.

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 heru mulyono hmulyono24@gmail.com>

> **
>
>
> Yth, para master Excel
> Mohon pencerahannya, file terlampir
>
> Matur nuwun
> _
>

Sat Jan 12, 2013 10:32 pm (PST) . Posted by:

"Andrie -" sioean2

Hi Mr. Kid,

Terlampir contohnya yang saya maksud Pak...
setelah saya summarize by Max juga tidak bisa pak..mohon dibantu..tq

--- On Sat, 1/12/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> wrote:

From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
Subject: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Saturday, January 12, 2013, 8:26 PM

 

Hai Andrie,

Calculated Field akan mengkalkulasi setiap nilai berdasar key yang diletakkan dalam bagian Rows dan Columns pivot table. Artinya, jika ada key1 dan key2 yang terdiri dari 5 record, maka nilai untuk key1 dan key2 adalah total dari 5 record tersebut. Ketika total 5 record tersebut di kalkulasi dengan Max, tentu hasilnya adalah total 5 record tersebut apapun setting field values pada calculated field tersebut.

Untuk mengambil nilai maksimal dari 5 record tersebut, maka letakkan saja field nilai ke bagian values, kemudian klik kanan dan pilih summarize by Max

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.com>

 

Dear All Member,
saya ada pertanyaan mengenai formula calculated field di excel...mengapa saya memasukkan fungsi MAX tidak berfungsi tetapi malah yang berfungsi fungsi SUM

contoh : =Max('Berat') hasilnya bukan nilai maksimum akan tetapi menjadi total dari semuanya.

Sat Jan 12, 2013 10:46 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Andrie,

Coba perhatikan data source pivot (tabel kolom A sampai C).
1. Kolom key hanyalah kolom A (Kode) dan tidak unique.
2. Pivot table calculated field mengkalkulasi hasil agregat terhadap key.
>> artinya, untuk key item B (kolom Kode bernilai B), yaitu :
-> kolom Qty yang dibaca oleh calculated field adalah total QTY
milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 6 = 3 + 3
-> kolom Kemasan yang dibaca oleh calculated view adalah total
Kemasan milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 10 = 5 + 5
>> calculated field berbunyi :
Qty * Kemasan = 6 * 10 = 60
3. Ketika membuat Calculated field, jangan melihat posisi record pada tabel
data source, tetapi lihat nilai Sum yang terpasang di pivot table.
>> Jadi, Calculated field mengkalkulasi apa yang ada dalam pivot tabel
(bukan apa yang dilihat di data source)

Ketika data source akan mengkalkulasi pada level record didalam data source
(tabel asal pivot table, yaitu kolom A:C), maka lakukanlah pada sisi tabel
data source dengan menambah sebuah kolom berformula. Misal pada kolom D
diberi nama Berat yang isinya adalah formula (pada D2) =B2 * C2
Kemudian arahkan rujukan data source pivot table untuk memasukkan kolom D.

Pivot table bekerja pada level agregat kolom-kolom yang diletakkan di sisi
rows dan columns. Calculated field maupun calculated item akan berdasar
nilai (values) hasil agregasi tersebut.

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.com>

> **
>
>
> Hi Mr. Kid,
>
> Terlampir contohnya yang saya maksud Pak...
> setelah saya summarize by Max juga tidak bisa pak..mohon dibantu..tq
>
> --- On *Sat, 1/12/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>* wrote:
>
>
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> Subject: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Saturday, January 12, 2013, 8:26 PM
>
>
>
>
> Hai Andrie,
>
> Calculated Field akan mengkalkulasi setiap nilai berdasar key yang
> diletakkan dalam bagian Rows dan Columns pivot table. Artinya, jika ada
> key1 dan key2 yang terdiri dari 5 record, maka nilai untuk key1 dan key2
> adalah total dari 5 record tersebut. Ketika total 5 record tersebut di
> kalkulasi dengan Max, tentu hasilnya adalah total 5 record tersebut apapun
> setting field values pada calculated field tersebut.
>
> Untuk mengambil nilai maksimal dari 5 record tersebut, maka letakkan saja
> field nilai ke bagian values, kemudian klik kanan dan pilih summarize by Max
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.comhttp://mc/compose?to=sioean2@yahoo.com>
> >
>
> **
>
>
> Dear All Member,
> saya ada pertanyaan mengenai formula calculated field di excel...mengapa
> saya memasukkan fungsi MAX tidak berfungsi tetapi malah yang berfungsi
> fungsi SUM
>
> contoh : =Max('Berat') hasilnya bukan nilai maksimum akan tetapi menjadi
> total dari semuanya.
>
>
>
>
>

Sat Jan 12, 2013 10:58 pm (PST) . Posted by:

"Andrie -" sioean2

Hi Mr. Kid,
Tidak adakah solusi selain menyisipkan kolom berformula. Maksud saya dpat menghasilkan kolom berat tanpa menggangu isi dari data source lagi. tq

--- On Sun, 1/13/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> wrote:

From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
Subject: Re: Fw: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sunday, January 13, 2013, 6:46 AM

 

Hai Andrie,

Coba perhatikan data source pivot (tabel kolom A sampai C).
1. Kolom key hanyalah kolom A (Kode) dan tidak unique.
2. Pivot table calculated field mengkalkulasi hasil agregat terhadap key.
>> artinya, untuk key item B (kolom Kode bernilai B), yaitu :

           -> kolom Qty yang dibaca oleh calculated field adalah total QTY milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 6 = 3 + 3
           -> kolom Kemasan yang dibaca oleh calculated view adalah total Kemasan milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 10 = 5 + 5

>> calculated field berbunyi :
        Qty * Kemasan = 6 * 10 = 60
3. Ketika membuat Calculated field, jangan melihat posisi record pada tabel data source, tetapi lihat nilai Sum yang terpasang di pivot table.

>> Jadi, Calculated field mengkalkulasi apa yang ada dalam pivot tabel (bukan apa yang dilihat di data source)

Ketika data source akan mengkalkulasi pada level record didalam data source (tabel asal pivot table, yaitu kolom A:C), maka lakukanlah pada sisi tabel data source dengan menambah sebuah kolom berformula. Misal pada kolom D diberi nama Berat yang isinya adalah formula (pada D2) =B2 * C2

Kemudian arahkan rujukan data source pivot table untuk memasukkan kolom D.

Pivot table bekerja pada level agregat kolom-kolom yang diletakkan di sisi rows dan columns. Calculated field maupun calculated item akan berdasar nilai (values) hasil agregasi tersebut.

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.com>

 

Hi Mr. Kid,

Terlampir contohnya yang saya maksud Pak...
setelah saya summarize by Max juga tidak bisa pak..mohon dibantu..tq

--- On Sat, 1/12/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> wrote:

From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>

Subject: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Saturday, January 12, 2013, 8:26 PM

 

Hai Andrie,

Calculated Field akan mengkalkulasi setiap nilai berdasar key yang diletakkan dalam bagian Rows dan Columns pivot table. Artinya, jika ada key1 dan key2 yang terdiri dari 5 record, maka nilai untuk key1 dan key2 adalah total dari 5 record tersebut. Ketika total 5 record tersebut di kalkulasi dengan Max, tentu hasilnya adalah total 5 record tersebut apapun setting field values pada calculated field tersebut.

Untuk mengambil nilai maksimal dari 5 record tersebut, maka letakkan saja field nilai ke bagian values, kemudian klik kanan dan pilih summarize by Max

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.com>

 

Dear All Member,
saya ada pertanyaan mengenai formula calculated field di excel...mengapa saya memasukkan fungsi MAX tidak berfungsi tetapi malah yang berfungsi fungsi SUM

contoh : =Max('Berat') hasilnya bukan nilai maksimum akan tetapi menjadi total dari semuanya.

Sat Jan 12, 2013 11:02 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Mungkin beberapa alternatifnya adalah :
1. membuat kolom sendiri di kanan pivot table yang berisi formula untuk
mengkalkulasi berat. Perhatikan juga perubahan isi baris dan item dalam
pivot table, karena subtotalnya membutuhkan formula yang berbeda dengan
formula setiap recordnya.
2. memanfaatkan fitur get external data ke file itu sendiri pada sheet
data, kemudian di query, dengan query yang juga berisi proses penyusunan
kolom Berat. Output dari query nanti adalah sebagai pivot table yang
didalamnnya akan ada field Berat-nya.

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.com>

> **
>
>
> Hi Mr. Kid,
> Tidak adakah solusi selain menyisipkan kolom berformula. Maksud saya dpat
> menghasilkan kolom berat tanpa menggangu isi dari data source lagi. tq
>
>
> --- On *Sun, 1/13/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>* wrote:
>
>
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> Subject: Re: Fw: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Sunday, January 13, 2013, 6:46 AM
>
>
>
>
> Hai Andrie,
>
> Coba perhatikan data source pivot (tabel kolom A sampai C).
> 1. Kolom key hanyalah kolom A (Kode) dan tidak unique.
> 2. Pivot table calculated field mengkalkulasi hasil agregat terhadap key.
> >> artinya, untuk key item B (kolom Kode bernilai B), yaitu :
> -> kolom Qty yang dibaca oleh calculated field adalah total QTY
> milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 6 = 3 + 3
> -> kolom Kemasan yang dibaca oleh calculated view adalah total
> Kemasan milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 10 = 5 + 5
> >> calculated field berbunyi :
> Qty * Kemasan = 6 * 10 = 60
> 3. Ketika membuat Calculated field, jangan melihat posisi record pada
> tabel data source, tetapi lihat nilai Sum yang terpasang di pivot table.
> >> Jadi, Calculated field mengkalkulasi apa yang ada dalam pivot tabel
> (bukan apa yang dilihat di data source)
>
> Ketika data source akan mengkalkulasi pada level record didalam data
> source (tabel asal pivot table, yaitu kolom A:C), maka lakukanlah pada sisi
> tabel data source dengan menambah sebuah kolom berformula. Misal pada kolom
> D diberi nama Berat yang isinya adalah formula (pada D2) =B2 * C2
> Kemudian arahkan rujukan data source pivot table untuk memasukkan kolom D.
>
> Pivot table bekerja pada level agregat kolom-kolom yang diletakkan di sisi
> rows dan columns. Calculated field maupun calculated item akan berdasar
> nilai (values) hasil agregasi tersebut.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.comhttp://mc/compose?to=sioean2@yahoo.com>
> >
>
> **
>
>
> Hi Mr. Kid,
>
> Terlampir contohnya yang saya maksud Pak...
> setelah saya summarize by Max juga tidak bisa pak..mohon dibantu..tq
>
> --- On *Sat, 1/12/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.comhttp://mc/compose?to=mr.nmkid@gmail.com>
> >* wrote:
>
>
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.comhttp://mc/compose?to=mr.nmkid@gmail.com>
> >
> Subject: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
> To: belajar-excel@yahoogroups.comhttp://mc/compose?to=belajar-excel@yahoogroups.com>
> Date: Saturday, January 12, 2013, 8:26 PM
>
>
>
>
> Hai Andrie,
>
> Calculated Field akan mengkalkulasi setiap nilai berdasar key yang
> diletakkan dalam bagian Rows dan Columns pivot table. Artinya, jika ada
> key1 dan key2 yang terdiri dari 5 record, maka nilai untuk key1 dan key2
> adalah total dari 5 record tersebut. Ketika total 5 record tersebut di
> kalkulasi dengan Max, tentu hasilnya adalah total 5 record tersebut apapun
> setting field values pada calculated field tersebut.
>
> Untuk mengambil nilai maksimal dari 5 record tersebut, maka letakkan saja
> field nilai ke bagian values, kemudian klik kanan dan pilih summarize by Max
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.comhttp://mc/compose?to=sioean2@yahoo.com>
> >
>
> **
>
>
> Dear All Member,
> saya ada pertanyaan mengenai formula calculated field di excel...mengapa
> saya memasukkan fungsi MAX tidak berfungsi tetapi malah yang berfungsi
> fungsi SUM
>
> contoh : =Max('Berat') hasilnya bukan nilai maksimum akan tetapi menjadi
> total dari semuanya.
>
>
>
>
>
>

Sat Jan 12, 2013 11:34 pm (PST) . Posted by:

"Andrie -" sioean2

Mr Kid,
cara membuat query yang dimaksud bagaimana ya.
Jika membuat kolom formula di pivot table maka jika ada perubahan penambahan item harus memasukkan lagi formulanya sehingga kita harus wajib memperhatikan rumus itu tsb kembali (kurang efisien)

tq

--- On Sun, 1/13/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> wrote:

From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
Subject: Re: Fw: Re: Fw: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sunday, January 13, 2013, 7:01 AM

 

Mungkin beberapa alternatifnya adalah :
1. membuat kolom sendiri di kanan pivot table yang berisi formula untuk mengkalkulasi berat. Perhatikan juga perubahan isi baris dan item dalam pivot table, karena subtotalnya membutuhkan formula yang berbeda dengan formula setiap recordnya.

2. memanfaatkan fitur get external data ke file itu sendiri pada sheet data, kemudian di query, dengan query yang juga berisi proses penyusunan kolom Berat. Output dari query nanti adalah sebagai pivot table yang didalamnnya akan ada field Berat-nya.

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.com>

 

Hi Mr. Kid,
Tidak adakah solusi selain menyisipkan kolom berformula. Maksud saya dpat menghasilkan kolom berat tanpa menggangu isi dari data source lagi. tq

--- On Sun, 1/13/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> wrote:

From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>

Subject: Re: Fw: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sunday, January 13, 2013, 6:46 AM

 

Hai Andrie,

Coba perhatikan data source pivot (tabel kolom A sampai C).
1. Kolom key hanyalah kolom A (Kode) dan tidak unique.
2. Pivot table calculated field mengkalkulasi hasil agregat terhadap key.

>> artinya, untuk key item B (kolom Kode bernilai B), yaitu :

           -> kolom Qty yang dibaca oleh calculated field adalah total QTY milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 6 = 3 + 3
           -> kolom Kemasan yang dibaca oleh calculated view adalah total Kemasan milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 10 = 5 + 5

>> calculated field berbunyi :
        Qty * Kemasan = 6 * 10 = 60
3. Ketika membuat Calculated field, jangan melihat posisi record pada tabel data source, tetapi lihat nilai Sum yang terpasang di pivot table.

>> Jadi, Calculated field mengkalkulasi apa yang ada dalam pivot tabel (bukan apa yang dilihat di data source)

Ketika data source akan mengkalkulasi pada level record didalam data source (tabel asal pivot table, yaitu kolom A:C), maka lakukanlah pada sisi tabel data source dengan menambah sebuah kolom berformula. Misal pada kolom D diberi nama Berat yang isinya adalah formula (pada D2) =B2 * C2

Kemudian arahkan rujukan data source pivot table untuk memasukkan kolom D.

Pivot table bekerja pada level agregat kolom-kolom yang diletakkan di sisi rows dan columns. Calculated field maupun calculated item akan berdasar nilai (values) hasil agregasi tersebut.

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.com>

 

Hi Mr. Kid,

Terlampir contohnya yang saya maksud Pak...
setelah saya summarize by Max juga tidak bisa pak..mohon dibantu..tq

--- On Sat, 1/12/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com> wrote:

From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>

Subject: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Saturday, January 12, 2013, 8:26 PM

 

Hai Andrie,

Calculated Field akan mengkalkulasi setiap nilai berdasar key yang diletakkan dalam bagian Rows dan Columns pivot table. Artinya, jika ada key1 dan key2 yang terdiri dari 5 record, maka nilai untuk key1 dan key2 adalah total dari 5 record tersebut. Ketika total 5 record tersebut di kalkulasi dengan Max, tentu hasilnya adalah total 5 record tersebut apapun setting field values pada calculated field tersebut.

Untuk mengambil nilai maksimal dari 5 record tersebut, maka letakkan saja field nilai ke bagian values, kemudian klik kanan dan pilih summarize by Max

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.com>

 

Dear All Member,
saya ada pertanyaan mengenai formula calculated field di excel...mengapa saya memasukkan fungsi MAX tidak berfungsi tetapi malah yang berfungsi fungsi SUM

contoh : =Max('Berat') hasilnya bukan nilai maksimum akan tetapi menjadi total dari semuanya.

Sat Jan 12, 2013 11:35 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba jalan-jalan sambil gresek
disinihttp://excel-mr-kid.blogspot.com/2011/04/get-external-data-01-introduction.html>
.

Wassalam,
Kid.

2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.com>

> **
>
>
> Mr Kid,
> cara membuat query yang dimaksud bagaimana ya.
> Jika membuat kolom formula di pivot table maka jika ada perubahan
> penambahan item harus memasukkan lagi formulanya sehingga kita harus wajib
> memperhatikan rumus itu tsb kembali (kurang efisien)
>
>
> tq
>
> --- On *Sun, 1/13/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>* wrote:
>
>
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> Subject: Re: Fw: Re: Fw: Re: [belajar-excel] calculated field max pada
> pivot table
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Sunday, January 13, 2013, 7:01 AM
>
>
>
>
> Mungkin beberapa alternatifnya adalah :
> 1. membuat kolom sendiri di kanan pivot table yang berisi formula untuk
> mengkalkulasi berat. Perhatikan juga perubahan isi baris dan item dalam
> pivot table, karena subtotalnya membutuhkan formula yang berbeda dengan
> formula setiap recordnya.
> 2. memanfaatkan fitur get external data ke file itu sendiri pada sheet
> data, kemudian di query, dengan query yang juga berisi proses penyusunan
> kolom Berat. Output dari query nanti adalah sebagai pivot table yang
> didalamnnya akan ada field Berat-nya.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.comhttp://mc/compose?to=sioean2@yahoo.com>
> >
>
> **
>
>
> Hi Mr. Kid,
> Tidak adakah solusi selain menyisipkan kolom berformula. Maksud saya dpat
> menghasilkan kolom berat tanpa menggangu isi dari data source lagi. tq
>
>
> --- On *Sun, 1/13/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.comhttp://mc/compose?to=mr.nmkid@gmail.com>
> >* wrote:
>
>
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.comhttp://mc/compose?to=mr.nmkid@gmail.com>
> >
> Subject: Re: Fw: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
> To: belajar-excel@yahoogroups.comhttp://mc/compose?to=belajar-excel@yahoogroups.com>
> Date: Sunday, January 13, 2013, 6:46 AM
>
>
>
>
> Hai Andrie,
>
> Coba perhatikan data source pivot (tabel kolom A sampai C).
> 1. Kolom key hanyalah kolom A (Kode) dan tidak unique.
> 2. Pivot table calculated field mengkalkulasi hasil agregat terhadap key.
> >> artinya, untuk key item B (kolom Kode bernilai B), yaitu :
> -> kolom Qty yang dibaca oleh calculated field adalah total QTY
> milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 6 = 3 + 3
> -> kolom Kemasan yang dibaca oleh calculated view adalah total
> Kemasan milik tabel data yang Kode-nya bernilai B = 10 = 5 + 5
> >> calculated field berbunyi :
> Qty * Kemasan = 6 * 10 = 60
> 3. Ketika membuat Calculated field, jangan melihat posisi record pada
> tabel data source, tetapi lihat nilai Sum yang terpasang di pivot table.
> >> Jadi, Calculated field mengkalkulasi apa yang ada dalam pivot tabel
> (bukan apa yang dilihat di data source)
>
> Ketika data source akan mengkalkulasi pada level record didalam data
> source (tabel asal pivot table, yaitu kolom A:C), maka lakukanlah pada sisi
> tabel data source dengan menambah sebuah kolom berformula. Misal pada kolom
> D diberi nama Berat yang isinya adalah formula (pada D2) =B2 * C2
> Kemudian arahkan rujukan data source pivot table untuk memasukkan kolom D.
>
> Pivot table bekerja pada level agregat kolom-kolom yang diletakkan di sisi
> rows dan columns. Calculated field maupun calculated item akan berdasar
> nilai (values) hasil agregasi tersebut.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.comhttp://mc/compose?to=sioean2@yahoo.com>
> >
>
> **
>
>
> Hi Mr. Kid,
>
> Terlampir contohnya yang saya maksud Pak...
> setelah saya summarize by Max juga tidak bisa pak..mohon dibantu..tq
>
> --- On *Sat, 1/12/13, Mr. Kid mr.nmkid@gmail.comhttp://mc/compose?to=mr.nmkid@gmail.com>
> >* wrote:
>
>
> From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.comhttp://mc/compose?to=mr.nmkid@gmail.com>
> >
> Subject: Re: [belajar-excel] calculated field max pada pivot table
> To: belajar-excel@yahoogroups.comhttp://mc/compose?to=belajar-excel@yahoogroups.com>
> Date: Saturday, January 12, 2013, 8:26 PM
>
>
>
>
> Hai Andrie,
>
> Calculated Field akan mengkalkulasi setiap nilai berdasar key yang
> diletakkan dalam bagian Rows dan Columns pivot table. Artinya, jika ada
> key1 dan key2 yang terdiri dari 5 record, maka nilai untuk key1 dan key2
> adalah total dari 5 record tersebut. Ketika total 5 record tersebut di
> kalkulasi dengan Max, tentu hasilnya adalah total 5 record tersebut apapun
> setting field values pada calculated field tersebut.
>
> Untuk mengambil nilai maksimal dari 5 record tersebut, maka letakkan saja
> field nilai ke bagian values, kemudian klik kanan dan pilih summarize by Max
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/1/13 Andrie - sioean2@yahoo.comhttp://mc/compose?to=sioean2@yahoo.com>
> >
>
> **
>
>
> Dear All Member,
> saya ada pertanyaan mengenai formula calculated field di excel...mengapa
> saya memasukkan fungsi MAX tidak berfungsi tetapi malah yang berfungsi
> fungsi SUM
>
> contoh : =Max('Berat') hasilnya bukan nilai maksimum akan tetapi menjadi
> total dari semuanya.
>
>
>
>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar