Selasa, 15 Januari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2025

15 New Messages

Digest #2025
1a
Menghapus berdasar daftar by "Kelik Pitoyo"
1b
Re: Menghapus berdasar daftar by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2b
Re: Refresh Chart dengan mengganti resource data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4b
Re: Get Eksternal Data From Web yang pakai password by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5b
Re: File Excel bisa di pakai secara bersamaan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6
Cara Membuat jadwal pelajaran perguru by "Muzakki Harun" muzakkiharun@ymail.com
8a
Re: Rumus tidak berjalan dengan baik by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
9a
Re: Cara menghapus kolom dan baris by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
10a
Table tools by johaneswawan
10b
Re: Table tools by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon Jan 14, 2013 6:45 pm (PST) . Posted by:

"Kelik Pitoyo"

Selamat Pagi Be exeller,

Beberapa waktu lalu sempat ada yang bahas hal ini.
Namun saya masih belum tahu juga untuk aplikasikan ke file saya.
Saya ingin menghapus data yang ada di sheet database berdasar daftar yang ada di sheet daf. Hapus.
Mohon bantuannya.

Terima kasih,
Salam,
Kelik

Your message is ready to be sent with the following file or link attachments:

Hapus berdasar isi sel

Note: To protect against computer viruses, e-mail programs may prevent sending or receiving certain types of file attachments. Check your e-mail security settings to determine how attachments are handled.

Tue Jan 15, 2013 3:34 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Kelik,

Prosesnya memanfaatkan :
1. advanced filter untuk memfilter data berdasar suatu kriteria tertentu
yang banyak
2. goto special untuk memilih cell-cell tertentu, yang dalam hal ini adalah
data yang tampak dari hasil advanced filter
3. delete entire row untuk menghapus seluruh baris data yang terpilih
Akhir proses memerlukan kegiatan untuk Clear hasil advanced filter

Proses di atas dapat di otomasi dengan VBA melalui proses record macro.

Wassalam,
Kid.

2013/1/15 Kelik Pitoyo kelik@shindengen.co.id>

> **
>
>
> Selamat Pagi Be exeller,
>
> Beberapa waktu lalu sempat ada yang bahas hal ini.
> Namun saya masih belum tahu juga untuk aplikasikan ke file saya.
> Saya ingin menghapus data yang ada di sheet database berdasar daftar yang
> ada di sheet daf. Hapus.
> Mohon bantuannya.
>
> Terima kasih,
> Salam,
> Kelik
>
> Your message is ready to be sent with the following file or link
> attachments:
>
> Hapus berdasar isi sel
>
> Note: To protect against computer viruses, e-mail programs may prevent
> sending or receiving certain types of file attachments. Check your e-mail
> security settings to determine how attachments are handled.
>
>

Mon Jan 14, 2013 7:12 pm (PST) . Posted by:

Assalamu alaikum dan selamat pagi.

Sebelumnya saya ingin perkenalkan diri. Saya Tio dan sekarang sedang
membuat database excel walaupun ini bukan main job saya, tapi terpaksa
saya lakukan juga karena ini perintah dari Boss.

he..he...

Saya sekarang sedang membuat chart dan ingin refresh dengan mengubah
resource datanya.

Awalnya range source data chart yang saya buat adalah range D6:I9. Tapi
karena kolomnya bertambah terus (seperti jadi D6:J9) , maka saya buat
tombol untuk refresh dengan mengubah source

datanya, tapi tidak berhasil .

Ini code macronya :

Sub RefreshChart()

Range("D6").Select
Range(Selection, Selection.End(xlToRight)).Select
Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
ActiveSheet.ChartObjects("Chart 91").Activate
ActiveChart.ChartArea.Select
' ActiveChart.SetSourceData Source:=Sheets("Sheet1").Range("D6:I9"),
PlotBy:= _
' xlRows ' ini code awalnya
ActiveChart.SetSourceData Source:=Sheets("Sheet1").Selection.selection.Cells, PlotBy:= _
xlRows 'ini modif dari kodenya, tapi tidak berhasil yaitu di
bagian yang ditandai tebal Sheets("Sheet1").Selection.selection.Cells

End Sub

Mohon bantuan teman-teman , bagaimana untuk memodif source datanya ?

Terima kasih. atas bantuannya.

regards,
Tio

Tue Jan 15, 2013 3:41 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Pak Tio,

Mungkin bagian :
*Sheets("Sheet1").Selection.selection.Cells*
diganti menjadi :
*Sheets("Sheet1").Selection*

Atau seluruhnya dari diganti menjadi :
Sub RefreshChart()

ActiveSheet.ChartObjects("Chart 91").Activate

'syarat : data diapit cell kosong, yaitu :
'baris 5 dan baris setelah record terakhir harus kosong
'kolom C dan kolom setelah kolom terakhir harus kosong
*ActiveChart.SetSourceData
Source:=Sheets("Sheet1").Range("D6").currentregion, PlotBy:= ** xlRows *

End Sub

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/1/15 tio.adjie@ptssb.co.id>

> **
>
>
>
> Assalamu alaikum dan selamat pagi.
>
> Sebelumnya saya ingin perkenalkan diri. Saya Tio dan sekarang sedang
> membuat database excel walaupun ini bukan main job saya, tapi terpaksa saya
> lakukan juga karena ini perintah dari Boss.
>
> he..he...
>
> Saya sekarang sedang membuat chart dan ingin refresh dengan mengubah
> resource datanya.
>
> Awalnya range source data chart yang saya buat adalah range D6:I9. Tapi
> karena kolomnya bertambah terus (seperti jadi D6:J9) , maka saya buat
> tombol untuk refresh dengan mengubah source
>
> datanya, tapi tidak berhasil .
>
>
> Ini code macronya :
>
>
> Sub RefreshChart()
>
> Range("D6").Select
> Range(Selection, Selection.End(xlToRight)).Select
> Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Select
> ActiveSheet.ChartObjects("Chart 91").Activate
> ActiveChart.ChartArea.Select
> ' *ActiveChart.SetSourceData Source:=Sheets("Sheet1").Range("D6:I9"),
> PlotBy:= _*
> *' xlRows ' ini code awalnya*
> ActiveChart.SetSourceData Source:=*
> Sheets("Sheet1").Selection.selection.Cells*, PlotBy:= _
> xlRows 'ini modif dari kodenya, tapi tidak berhasil yaitu di
> bagian yang ditandai tebal *Sheets("Sheet1").Selection.selection.Cells*
>
> End Sub
>
> Mohon bantuan teman-teman , bagaimana untuk memodif source datanya ?
>
> Terima kasih. atas bantuannya.
>
> regards,
> Tio
> _
>

Mon Jan 14, 2013 7:20 pm (PST) . Posted by:

"Rachmad HIDAYAT"

dear pakar Excel yang saya hormati,

Mohon pencerahannya, secerah pagi di kota saya :)
saya punya PLANNING EQUIPMENT yang di updated setiap bulannya untuk kerjaan tahun 2012 - 2018
Pertanyaan saya ;
- Bagaimana menggunakan formula atau conditional format yang nantinya jika terpenuhi, maka di Planning BERWARNA (HIJAU jika SELESAI, KUNING jika INPROGRESS)
syaratnya : Warna HIJAU jika di USER STATUS di temukan WECO atau TECO
Warna KUNING jika USER STATUS di temukan WIP
TAG, INITIAL SHORT TEXT, YEAR terpenuhi

Terima Kasih,
Rachmad Hidayat

Mon Jan 14, 2013 11:15 pm (PST) . Posted by:

"him mah"

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

dear all

mau tanya lagi:
misal kita akan melakukan impor Data
dengan menggunakan Get Eksternal Data From Web

nah yang jadi masalah itu kalau website yang kita tuju itu menggunakan
login dan password, misal kita sudah tahu login dan passwordnya,
bagaimana caranya memasukan ke fungsi VBA agar bisa melakukan impor
data dari Web site tersebut, saya coba googling koq masih belum
berhasil juga

terima kasih

Tue Jan 15, 2013 3:50 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Biasanya web page yang dirujuk harus sudah login lebih dulu baru refresh
web query-nya.
Untuk login menggunakan VBA, bisa search di internet tentang login webpage
using excel VBA atau using VB6

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/1/15 him mah himmah.mlg@gmail.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> dear all
>
> mau tanya lagi:
> misal kita akan melakukan impor Data
> dengan menggunakan Get Eksternal Data From Web
>
> nah yang jadi masalah itu kalau website yang kita tuju itu menggunakan
> login dan password, misal kita sudah tahu login dan passwordnya,
> bagaimana caranya memasukan ke fungsi VBA agar bisa melakukan impor
> data dari Web site tersebut, saya coba googling koq masih belum
> berhasil juga
>
> terima kasih
>
>

Tue Jan 15, 2013 12:23 am (PST) . Posted by:

Dear Para Pakar Excel ,

Mau tanya, bagaimana untuk mensiasati agar File Excel bisa di pakai
bersamaan ? Mungkin seperti database Access.

Thanks and regards,
Tio

Tue Jan 15, 2013 4:00 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Tio,

Excel memiliki fitur Share Workbook. Pada Excel 2007 ke atas bisa ditemui
di ribbon Review -> Share Workbook -> set user yang boleh pakai.
Seluruh otomasi pada shared workbook sepertinya tidak dapat difungsikan.

Wassalam,
Kid.

2013/1/15 tio.adjie@ptssb.co.id>

> **
>
>
>
> Dear Para Pakar Excel ,
>
> Mau tanya, bagaimana untuk mensiasati agar File Excel bisa di pakai
> bersamaan ? Mungkin seperti database Access.
>
>
> Thanks and regards,
> Tio
>
>

Tue Jan 15, 2013 2:44 am (PST) . Posted by:

"Muzakki Harun" muzakkiharun@ymail.com

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
 Dear All,
Mohon bantuannya kepada Para Suhu Excel, Bagaimana caranya membuat jadwal Pelajaran perguru dengan merujuk pada jadwal umum yang ada di sheet Jadwal Umum? File terlampir

Atas bantuan para suhu excel saya ucapkan terimakasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Best Regard

Muzakki Harun

Tue Jan 15, 2013 2:44 am (PST) . Posted by:

"Nori Z" ordinarynori

Dear all,,
Please help me.. hikss.. hikss..
Gimana solusinya ? :(

thanks...

Best,
Nori.

________________________________
From: Nori Z ordinarynori@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, January 14, 2013 11:18 AM
Subject: [belajar-excel] Masih tentang bagaimana akses workbook yang lain dari sebuah workbook .


 
Dear All, 
Sebelumnya saya pernah menanyakan topik 'Bagaimana agar bisa akses sel dari sheet yang berbeda dan dengan kode yang bersesuaian?'
Saat itu saya mendapatkan pencerahan dari  Master zainul_ulum[at]yahoo[dot]com zainul_ulum@yahoo.com> .
Saya ucapkan banyak terimakasih ..

Namun saat ini saya ada sedikit kendala, ternyata permasalahannya agak sedikit kompleks bagi saya (hmm.. karena saya merasa sangat kesulitan menemukan solusinya :( ... )

Pada file terlampir,
Permasalahannya saya ingin merujuk pada workbook yang lain namun harus menuju/merujuk pada sheet yang bersesuaian dengan kode sel yang saya klik dari Tabel Utama. Penjelasan permasalahannya sudah saya lampirkan dalam file excel ini.
Yang sangat mumet bagi saya karena form ini merupakan form master / awal yang mana nantinya akan dilakukan input data... makanya mesti melakukan perintah pencopyan master tabel dari sheet yang satu ke sheet yang lain (jika sheet tersebut kosong) pada workbook yang dituju dengan memperhatikan kode sel yang diklik sebelumnya... Selanjutnya jika sheet tersebut sudah terisi tabel dan data maka perintah yang dilakukan hanya mengakses/merujuk pada sheet dimaksud tersebut...
 
Saya sangat mengharapkan bantuan dari para Master disini...
Terimakasih,

Best,
Nori.

Tue Jan 15, 2013 3:05 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Adrian,

IF terhadap item bernama 'Hal' belum lengkap sampai penutup IFError dan IF
nya.
=IF($G$1=1,

IFERROR(SMALL(IF(ISNUMBER(IF(SEARCH(SUBSTITUTE($D$8,"=",""),No_Srt_Keluar)<=200-199*(LEFT($D$8)="="),)),ROW(No_Srt_Keluar)-10),ROW()-9)
*,""),*
IF($G$1=2,

IFERROR(SMALL(IF(ISNUMBER(IF(SEARCH(SUBSTITUTE($D$8,"=",""),Tgl_Srt_Keluar)<=200-199*(LEFT($D$8)="="),)),ROW(Tgl_Srt_Keluar)-10),ROW()-9),
*""),*
IF($G$1=3,

IFERROR(SMALL(IF(ISNUMBER(IF(SEARCH(SUBSTITUTE($D$8,"=",""),Dikirim)<=200-199*(LEFT($D$8)="="),)),ROW(Dikirim)-10),ROW()-9),
*""),*
IF($G$1=4,

IFERROR(SMALL(IF(ISNUMBER(IF(SEARCH(SUBSTITUTE($D$8,"=",""),Hal_Keluar)<=200-199*(LEFT($D$8)="="),)),ROW(Hal_Keluar)-10),ROW()-9),
IF($G$1=5,

IFERROR(SMALL(IF(ISNUMBER(IF(SEARCH(SUBSTITUTE($D$8,"=",""),Tgl_Kirim)<=200-199*(LEFT($D$8)="="),)),ROW(Tgl_Kirim)-10),ROW()-9),
*""),*
IF($G$1=6,

IFERROR(SMALL(IF(ISNUMBER(IF(SEARCH(SUBSTITUTE($D$8,"=",""),Pembuat)<=200-199*(LEFT($D$8)="="),)),ROW(Pembuat)-10),ROW()-9),
*""),*
IFERROR(SMALL(IF(ISNUMBER(IF(SEARCH(SUBSTITUTE($D$8,"=",""),Surat_Terkait)<=200-199*(LEFT($D$8)="="),)),ROW(Surat_Terkait)-10),ROW()-9),
*"")*)))))))

Bagian kuning sepertinya butuh nilai hasil untuk fungsi IFError yang di
blok kuning

Wassalam,
Kid.

2013/1/14 adrian piter petcures2003@yahoo.com>

> **
>
>
> Salam Be-Excel.
> saya mohon bantuan untuk pemecahan masalah pekerjaan excel saya.
> saya membuat aplikasi Surat Keluar yang merupakan pengembangan dari solusi
> Mr. Kid atas permasalahan excel yang pernah dishare di forum ini.
> pada sheet pencarian untuk surat keluar, ada 7 pilihan kategori pencarian:
> 1. No Surat Keluar
> 2. Tanggal Surat Keluar
> 3. Dikirim Kepada
> 4. Perihal
> 5. Tanggal Surat Dikirim
> 6. Pembuat Surat
> 7. Surat Terkait
> Pada saat pilihan untuk no 1 - 4 dicoba, rumus berjalan dengan baik.
> Namun pada saat pilihan no. 5 - 7 dicoba, rumus tidak berjalan dengan baik.
> untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada file terlampir.
>
> terima kasih.
>
> Piter.
>
>
>

Tue Jan 15, 2013 3:18 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Mohon tidak cc ke alamat lain.

Hai Azhari,

Sepertinya harus dengan VBA.
Untuk melakukan hal ini, maka Anda harus memahami struktur data hasil
crystal report lebih dulu dan harus diapakan agar bisa seperti yang
diinginkan.
Misal hasil dari Crystal Report (CR) akan kosong di kolom sekian, yang pada
baris sekian kalau ada datanya harus di salin ke kolom sekian tanpa
menghilangkan data yang sudah ada.

Kemudian mulai mempelajari VBA dengan diawali proses record macro. Materi
tutorial VBA banyak ditemukan di internet. Daftar llink untuk belajar VBA
juga disediakan di website milis pada folder Files (butuh login Yahoo).

Hal paling repot adalah membuat bentuk merged cell. Mungkin nanti
penyusunan output yang diinginkan menggunakan formula. Jadi proses VBA olah
dari CR untuk menyusun data yang berkaidah database saja. Setiap item yang
berbeda makna hasil CR dibuat menjadi 2 kolom di hasil olah CR oleh VBA.

Akan lebih mudah jika bisa mendapatkan akses langsung ke database yang
digunakan oleh CR. Excel memiliki fitur Get External Data yang bisa
berkomunikasi dengan database. Melalui fitur tersebut bisa didapatkan
bentuk tabel berkaidah database yang dibutuhkan untuk menyusun report. Pada
penjelasan diatas, untuk mendapatkan tabel ini adalah dengan VBA yang
mengolah hasil CR.

Wassalam,
Kid.

2013/1/14 Doli Azhari internazionale_madrid@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Be Exceller,
>
> Mohon Bantuannya Para Master Exceller.
>
> Saya punya data dari sistem yang menggunakan crystal report,ketika saya
> convert file nya ke excel tampilannya jd acak2an..Banyak baris dan kolom
> kosong yang tidak diperlukan. Jadi mohon bantuan Solusinya apa ya Master??
>
> Terima Kasih
>
>
>

Tue Jan 15, 2013 3:49 am (PST) . Posted by:

johaneswawan

Dear pakar excels,

Mohon bantuannya untuk langkah² menggunakan table tools.
Thank's

Salam,
Wawan
Sent from BlackBerry® on 3

Tue Jan 15, 2013 3:53 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Wawan,

Coba :
0. pastikan data tabel yang akan dijadikan excel table memenuhi kaidah
database terutama headernya, yaotu tidak ada merge cell, semua kolom
memiliki nama header, kolomnya rapat, header hanya dalam 1 baris saja, nama
header adalah unique.
1. blok data yang belum menjadi tabel tapi sudah berkaidah database hasil
proses 0
2. ribbon Home -> group Styles -> Format as table -> pilih sebuah styles
3. formula bisa merujuk ke tabel seperti menyusun formula biasanya
4. tabel bisa diberi agregat pada sisi bawah tabel
5. formula dalam tabel secara default akan dicopy langsung ke seluruh record

Wassalam,
Kid.

On Tue, Jan 15, 2013 at 6:43 PM, johaneswawan@yahoo.co.id> wrote:

> Dear pakar excels,
>
> Mohon bantuannya untuk langkah² menggunakan table tools.
> Thank's
>
> Salam,
> Wawan
> Sent from BlackBerry® on 3
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar