Minggu, 14 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2234

15 New Messages

Digest #2234
1a
Bls: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian by "Jamil Makhmudin" jamil_kbm
1b
Re: Form nilai hasil ujian by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
excel dengan database mysql by "Rahmat Hermawan" ione_1984
2b
Re: excel dengan database mysql by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Aplikasi Presensi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: [ASK] Masih Soal Mengolah Absensi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Menampilkan Pop-up kalender pada Form by "lapendosol opik" lapendosol
5b
Re: Menampilkan Pop-up kalender pada Form by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
simpan data dengan command buttun by "saini" saini_muhammad
6b
simpan data dengan command buttun by "muhammad saini" saini_muhammad
6c
Re: simpan data dengan command buttun by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
6d
Re: simpan data dengan command buttun by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6e
Re: simpan data dengan command buttun by "lapendosol opik" lapendosol
6f
7a
Re: laporan keuangan rt by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Sun Apr 14, 2013 6:14 am (PDT) . Posted by:

"Jamil Makhmudin" jamil_kbm

Wa'alaikum Salam Wr. WB
Terima kasih atas bantuaannya.... dan saya tak bisa berikan apapun....
Jazzakallohu khoiran katsira

hanya jika ganti nama anak, bagaimana menghapus nama yang tidak sesuai OutRekap dan Outnilai??
Bagaimana jika jumlahnya anak lebih dari 20 anak????

Terima kasih, atas bantuan dan jawabanya 

Wasalamu'alaikum Wr. Wb.

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 14 April 2013 11:49
Judul: Re: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian


 
Wa'alaikumussalam wr wb.
Semoga file terlampir sesuai harapan.
Wassalamu'alaikum wr wb
Kid.

On Apr 13, 2013 3:50 AM, "Jamil Makhmudin" <jamil_kbm@yahoo.co.id> wrote:


>Untuk Pakar Excel....
>
>Assalamu&#39;alaikum
>
>Tiap saat hanya bertanya, maaf belum bisa berbagi....�
>
>Ada masalah tahunan, pekerjaan yang lumayan kecermatan di akhir tahun
>INPUT NILAI yang akan dijadikan kelulusan....
>
>Bagaimana formulanya nilai dimasukkan di sheet input
>akan masuk/tertuang di sheet REKAP sesuai semester (kreasi saya)
>serta tertuang di sheet FORMAT NILAI �sesuai mapel�(sesuai petunjuk atasan) �...
>
>mohon bantuan dan masukkannya ..
>
>Terima kasih
>Jazakalloh
>
>wassalam

Sun Apr 14, 2013 8:57 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Jadi mau coba bentuk yang tabel datanya sederhana saja ya (cenderung
berkaidah database).
Coba file terlampir.

Jazakallahu khairan

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/4/14 Jamil Makhmudin <jamil_kbm@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Wa'alaikum Salam Wr. WB
> Terima kasih atas bantuaannya.... dan saya tak bisa berikan apapun....
> Jazzakallohu khoiran katsira
>
> hanya jika ganti nama anak, bagaimana menghapus nama yang tidak sesuai
> OutRekap dan Outnilai??
> Bagaimana jika jumlahnya anak lebih dari 20 anak????
>
> Terima kasih, atas bantuan dan jawabanya
>
> Wasalamu'alaikum Wr. Wb.
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 14 April 2013 11:49
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Form nilai hasil ujian
>
>
> Wa'alaikumussalam wr wb.
> Semoga file terlampir sesuai harapan.
> Wassalamu'alaikum wr wb
> Kid.
> On Apr 13, 2013 3:50 AM, "Jamil Makhmudin" <jamil_kbm@yahoo.co.id> wrote:
>
> **
>
> Untuk Pakar Excel....
>
> Assalamu'alaikum
>
> Tiap saat hanya bertanya, maaf belum bisa berbagi....�
>
> Ada masalah tahunan, pekerjaan yang lumayan kecermatan di akhir tahun
> INPUT NILAI yang akan dijadikan kelulusan....
>
> Bagaimana formulanya nilai dimasukkan di sheet input
> akan masuk/tertuang di sheet REKAP sesuai semester (kreasi saya)
> serta tertuang di sheet FORMAT NILAI �sesuai mapel�(sesuai petunjuk
> atasan) �...
>
> mohon bantuan dan masukkannya ..
>
> Terima kasih
> Jazakalloh
>
> wassalam
>
>
>
>
>

Sun Apr 14, 2013 6:14 am (PDT) . Posted by:

"Rahmat Hermawan" ione_1984

Selamat malam para master excel, saya ingin bertanya :

Saya mempunyai file excel yang saya buat sebagai aplikasi input data (sheet 1) dan sheet 2 sebagai databasenya menggunakan VBA excel.
(file terlampir).

Saya ingin mengganti penyimpanan databasenya tidak dengan excel lagi, tetapi dengan database mysql.
Saya sudah menginstal xampp dan odbc connector, saya sudah berhasil menghubungkannya juga dengan script :

Dim conn As New ADODB.Connection
Set conn = New ADODB.Connection
conn.Open "DRIVER={MySQL ODBC 5.2w Driver}" & _
  ";SERVER= localhost" & _
  ";database= database_ho" & _
  ";user= root" & _
  ";password= ione123"

Pertanyaannya :

1. Bagaimana sript vba untuk memasukkan ("C3").Value pada sheet1 ini, kedalam field "alamat" pada database mysql. Kalau dengan database excel sendiri kan script intinya Cuma : .Cells(baris, 2) = Sheet1.Range("C3"). (dalam file yang saya lampirkan).

2. Aplikasi ini akan saya share sehingga bisa dibuka dari komputer mana saja dan bersamaan dalam 1 jaringan lokal, tetapi karena variable "Server" =  "localhost&quot;, maka akan eror pada saat dijalankan pada komputer lain karena xampp (database) hanya di komputer dengan ip 192.168.0.1. Saya sudah mencoba merubah settingan pada odbc connector dengan mengganti "TCP/IP server" nya dengan 192.168.0.1 tapi selalu koneksi gagal, harus localhost baru bisa. Bagaimana caranya agar bila dijalankan di komputer lain dalam 1 jaringan ?

Bagi master2 excel... Mohon pencerahannya....saya sudah googling kesana kemari tapi tidak ketemu... Sebelumnya terimakasih yang sebesar-besarnya....

Sun Apr 14, 2013 8:30 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Rahmat,

1. Bagaimana sript vba untuk memasukkan ("C3").Value pada sheet1 ini,
kedalam field "alamat" pada database mysql. Kalau dengan database excel
sendiri kan script intinya Cuma : .Cells(baris, 2) = Sheet1.Range("C3").
(dalam file yang saya lampirkan).
>> Ya betul, untuk kegiatan di Excel dalam hal membaca suatu nilai range
dan menulis ke range yang lain dapat berbentuk :
.Cells(baris, 2).value = Sheet1.Range("C3").value
Sebelum proses tersebut, sepertinya ada proses pencarian data berdasar nama
yang diinput dalam tabel data.
Jika ada namanya, maka dilakukan proses meng-update nilai lama yang ada
dalam tabel data dengan nilai baru.
Jika tidak ada namanya, maka dilakukan proses menambah record baru dalam
tabel data.
Proses ini berlaku dimana saja ketika berkegiatan meng-input data.

>> Begitu juga ketika akan melakukan kegiatan tersebut kedalam database
yang tersimpan di database engine seperti MySQL.
Setelah Anda mendapatkan koneksi (dalam script Anda, koneksinya dimasukkan
kedalam variabel conn), maka Anda perlu melakukan proses-proses seperti
tadi. Berhubung bahasa komunikasi data adalah menggunakan SQL, maka
dituntut untuk menguasai bahasa SQL (dasar-dasarnya bisa dipelajari
disini<http://www.w3schools.com/sql/>
).

Langkah pertama adalah mengetahui ada atau tidaknya record data berdasar
nama tertentu. Berarti ada proses mengambil dataset dari MySQL database
tersebut.
Jika dengan bantuan object data bernama ADO, maka kira-kira : (setelah
proses koneksi conn berhasil)
dim rs as ADODB.recordset 'deklarasi variabel dataset (recordset)
set rs=new adodb.recordset 'init recordset
'isi recordset dengan data dari sumber (MySQL hasil koneksi conn pada tabel
tertentu -> query SELECT)
rs.open "SELECT alamat FROM nama_tabel WHERE nama='" &
Sheet1.Range("C3").value & "'" , conn , adOpenKeyset
if rs.recordcount>0 then 'cek ada recordnya atau tidak
'ada recordnya, maka update isi kolom alamat saja (oleh sebab itu yang
di-SELECT hanya kolom alamat saja)
rs.movefirst 'ke record pertama
rs.fields("alamat").value = Sheet1.Range("C4").value
rs.update

'jika update data akan menggunakan query UPDATE melalui object conn
bisa dengan script : (aktifkan script bila perlu)
'conn.execute "UPDATE nama_tabel SET alamat='" &
Sheet1.Range("C4").value & "' " & _
"WHERE nama='" & Sheet1.Range("C3").value & "'"
else
'tidak ada recordnya, maka akan tambah record baru (query INSERT INTO
-> melalui object conn)
conn.execute "INSERT INTO nama_tabel VALUES ( '" & _
Sheet1.Range("C3").value & "','" & _
Sheet1.Range("C4").value & "')"
endif

rs.close
conn.close

set rs=nothing
set conn=nothing

2. Aplikasi ini akan saya share sehingga bisa dibuka dari komputer mana
saja dan bersamaan dalam 1 jaringan lokal, tetapi karena variable "Server"
= "localhost&quot;, maka akan eror pada saat dijalankan pada komputer lain
karena xampp (database) hanya di komputer dengan ip 192.168.0.1. Saya sudah
mencoba merubah settingan pada odbc connector dengan mengganti "TCP/IP
server" nya dengan 192.168.0.1 tapi selalu koneksi gagal, harus localhost
baru bisa. Bagaimana caranya agar bila dijalankan di komputer lain dalam 1
jaringan ?
>> Dalam hal kegiatan koneksi berbeda komputer dalam suatu jaringan
(network), maka perlu diperhatikan tentang :
1. IPAddress server database jika koneksi melalui TCP/IP
2. Port milik server database
3. Ijin dari Operating System (Firewall dalam penggunaan Port)
4. bunyi kalimat ajakan berkoneksi (Connection String) -> untuk MySQL bisa
dilihat disini bagian TCP/IP
Port<http://www.connectionstrings.com/mysql#mysql-connector-odbc-5-1>
5. komputer yang mengkoneksi memiliki (ter-install) library data privider
(seperti MySQL melalui ODBC nya)

Setelah koneksi terbentuk dan stabil, maka kegiatan transaksi data bisa
dilakukan menggunakan query seperti di atas tadi.

***
Oh iya, untuk komunikasi antara Excel dengan MySQL, hanya dibutuhkan :
1. Server database MySQL
2. library Data Provider seperti ODBC nya MySQL
3. MS ActiveX Data Object (ADO) jika ingin menggunakan ADO

Wassalam,
Kid.

2013/4/14 Rahmat Hermawan <ione_1984@yahoo.com>

> **
>
>
> Selamat malam para master excel, saya ingin bertanya :
>
> Saya mempunyai file excel yang saya buat sebagai aplikasi input data
> (sheet 1) dan sheet 2 sebagai databasenya menggunakan VBA excel.
> (file terlampir).
> Saya ingin mengganti penyimpanan databasenya tidak dengan excel lagi,
> tetapi dengan database mysql.
> Saya sudah menginstal xampp dan odbc connector, saya sudah berhasil
> menghubungkannya juga dengan script :
>
> Dim conn As New ADODB.Connection
> Set conn = New ADODB.Connection
> conn.Open "DRIVER={MySQL ODBC 5.2w Driver}" & _
> ";SERVER= localhost" & _
> ";database= database_ho" & _
> ";user= root" & _
> ";password= ione123"
>
> Pertanyaannya :
>
> 1. Bagaimana sript vba untuk memasukkan ("C3").Value pada sheet1 ini,
> kedalam field "alamat" pada database mysql. Kalau dengan database excel
> sendiri kan script intinya Cuma : .Cells(baris, 2) = Sheet1.Range("C3").
> (dalam file yang saya lampirkan).
>
> 2. Aplikasi ini akan saya share sehingga bisa dibuka dari komputer mana
> saja dan bersamaan dalam 1 jaringan lokal, tetapi karena variable "Server"
> = "localhost&quot;, maka akan eror pada saat dijalankan pada komputer lain
> karena xampp (database) hanya di komputer dengan ip 192.168.0.1. Saya sudah
> mencoba merubah settingan pada odbc connector dengan mengganti "TCP/IP
> server" nya dengan 192.168.0.1 tapi selalu koneksi gagal, harus localhost
> baru bisa. Bagaimana caranya agar bila dijalankan di komputer lain dalam 1
> jaringan ?
>
> Bagi master2 excel... Mohon pencerahannya....saya sudah googling kesana
> kemari tapi tidak ketemu... Sebelumnya terimakasih yang sebesar-besarnya....
>
>
>

Sun Apr 14, 2013 7:01 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Sonny,

"Saya telah menggunakan file aplikasi presensi yang ada di forum ini ...-
file terlampir.. (mohon ijin ... he he), dan sangat bermuanfaat sekali."
>> Silakan digunakan. Jangan lupa selalu menyertakan sumber dan pembuatnya.

"bagaimana caranya agar database yang ada di sheet absen tidak bisa diedit,
karena ketika saya coba protect sheet, programnya jadi tidak bisa jalan
../error"
>> Jika akan menggunakan proteksi sheet, buat event Open pada object class
ThisWorkbook di VBE dan isi dengan proses proteksi seperti berikut :
Sheets("nama sheet nya").protect "passwordnya&quot;, userinterfaceonly:=true

>> Jika tanpa proteksi dan sheet boleh di-hide, coba hide sheet dengan very
hidden. Caranya :
1. ke VBE (ALT F11) -> double click object class sheet tersebut
2. lihat di window Properties (tekan F4 jika belum muncul)
3. cari properti bernama Visible -> ganti nilainya dengan xlSheetVeryHidden

"bagaimana caranya supaya ketika membuka aplikasi presensi tidak muncul
pertanyaan untuk meng-enable kan macro .., jadi ketika dibuka langsung bisa
jalan .."
>> Berhubung VBA adalah pintu gerbang otomasi aplikasi Excel, maka seluruh
setting aplikasi yang berkaitan dengan ijin menggunakan VBA saat aplikasi
Excel dipanggil oleh WIndows (OS-nya) tidak dapat diatur.
>> Jika bersedia dengan manual :
=> ke Excel Options -> page Trust Center -> klik tombol Trust Center
Setting
cara1 : -> page Macro Setting -> pilih Enable All (resiko ditanggung).
atau
cara2 :-> page Trusted Locations -> klik tombol Add new location -> pilih
atau buat folder khusus file Excel yang dapat dipercaya berisi VBA

Wassalam,
Kid.

2013/4/13 benedictus sonny <yoe_sonny@yahoo.com>

> **
>
>
>
> Salam hormat untuk para Master Excel ...
>
>
> Saya telah menggunakan file aplikasi presensi yang ada di forum ini ...-
> file terlampir.. (mohon ijin ... he he), dan sangat bermuanfaat sekali.
> Namun ada sedikit masalah, bagaimana caranya agar database yang ada di
> sheet absen tidak bisa diedit, karena ketika saya coba protect sheet,
> programnya jadi tidak bisa jalan ../error
>
> Berikutnya mohon pencerahan juga, bagaimana caranya supaya ketika membuka
> aplikasi presensi tidak muncul pertanyaan untuk meng-enable kan macro ..,
> jadi ketika dibuka langsung bisa jalan ..
>
> Mohon maaf .. Mohon bantuan dan pencerahan dari Master Excel ..
>
>
> Maturnuwun..dan Terimaksih ..
>
>
> Sonny - Malang
>
>
>

Sun Apr 14, 2013 7:29 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Agunk,

1. Bisakah dibikin batasan absen per tanggal biar ngga dobel absen di
tanggal yg sama -> Bisa
>> Dilakukan validasi sesaat sebelum penulisan data baru.
>> Sebuah cell yang menghitung jumlah record berdasar nama dan tanggal
dengan fungsi CountIFs (xl2007 ke atas) atau SumProduct (semua versi) bisa
menjadi alat validasi.
>> Jika nilainya bukan nol, maka data sudah ada dan segera keluar prosedur
penulisan data.
>> Pemberian nama range dinamis pada tabel data (refers to dalam nama range
menggunakan fungsi kelompok reference seperti Index) akan memudahkan
penyusunan formula.

2. Bisakah data absen di kolom B-C-D di masuk kan berdasar nama dan tanggal
absen -> Bisa
>> Dengan bentuk output seperti di sheet input_absensi, maka antara lain
bisa menggunakan formula :
1. LookUp -> untuk ambil record yang terakhir
2. array Index Match -> bisa untuk ambil record yang terakhir atau yang
pertama
3. SumIFs (xl2007 ke atas), SumProduct (semua versi), array formula Sum
(semua versi) -> jika recordnya unique berdassar nama dan tanggal

>> Coba juga dengan pivot table (seperti di sheet pakai_pivot)

Wassalam,
Kid.

2013/4/13 Bulletin YM <autobanned21@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear para pakar excel, sekalian salam kenal semua maka sekalian juga mohon
> bantuannya :D
> masih mengenai soal absensi sederhana, yg ingin saya gunakan, dari absensi
> buatan mbak siti vi (alm)
> dengan sedikit modifikasi sederhana, sudah dapat di gunakan, tetapi ada
> beberapa hal yg saya sendiri ngga bisa
> bikin formula atau VB nya karena saya juga baru belajar mengenai excel...
>
> Untuk permasalahan nya saia lampirkan attach nya sekalian di dalam nya ada
> pertanyaan nya biar lebih jelas
> atas bantuan nya saia ucapkan terima kasih banyak yaa :D
>
> Salam,
> Agunk-B21
>
>
>

Sun Apr 14, 2013 7:31 am (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Trimakasih mas Kid atas tanggapannya.

Ada FormatString, defaultnya kosong
Pas saya isi (dini hari tadi) dd mmm yyyy, hasilnya ditampilan aneh, hasilnya 14 31 2013
Sekarang dicoba lagi isi dd mmm yyyy hasilnya 14 03 2013. Mungkin besok kalo saya coba masukkan

dd mmm yyyy hasilnya berubah lagi. Sementara ini saya pake format yang ada aja, tampilannya:
Sunday , April 14, 2013
dtpicker sangat perlu buat file yang saya gunakan, salah satunya untuk membuat/menambah sheet dengan nama sesuai bulan dan tahun dalam dtpicker. Sekian lama dicoba2 dengan banyak kegagalan, akhirnya ketemu cara menambah sheet dengan nama bulan tahun. Berikut hasilnya, mohon dikoreksi kalo ada yang bisa diringkas:

Private Sub cmbAddSheet_Click()
Dim sFull As String, sBell As String
sFull = "Jual "
sBell = "Beli "

    Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
    Sheets("Jual").Range("A:ZZ").Copy
    Sheets("Sheet1").Select
    Cells.Select
    ActiveSheet.Paste
    Application.CutCopyMode = False
    Sheets("Database").Range("A:D,F:F").Copy
    Sheets("Sheet1").Select
    ActiveSheet.Paste
    Application.CutCopyMode = False
    Range("A1").Select
   
Sheets("database").Range("i1").Value = dtpAdd.SelDate
lblSementara.Caption = Sheets("Database").Range("I1").Text
Sheets("Sheet1").Select
Sheets("Sheet1").Name = (sFull & lblSementara.Caption)
   
    Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
    Sheets("Beli").Range("A:ZZ").Copy
    Sheets("Sheet2").Select
    Cells.Select
    ActiveSheet.Paste
    Application.CutCopyMode = False
    Sheets("Database").Range("A:E").Copy
    Sheets("Sheet2").Select
    ActiveSheet.Paste
    Application.CutCopyMode = False
    Range("a1").Select
Sheets("Sheet2").Select
Sheets("Sheet2").Name = (sBell & lblSementara.Caption)

End Sub

Asumsinya, tiap file dibuka pertama kali, ketika sheet ditambah, default name sheetnya selalu Sheet1 dan seterusnya. Sheet baru tersebut terdiri dari 2, Jual dan Beli (tiap bulan hanya dilakukan sekali). Dimana isi dari sheet yang ditambahkan, isinya mengacu pada sheet Database (copy nama2 barang) dan sheet Jual/Beli (untuk meng-copy tanggal 1-31, karena belum tau cara tambah tanggal sesuai bulan secara otomatis). Kemudian tanggal dari dtPicker tadi saya pindahkan sementara ke Range I1, dengan custom format mmm yyyy (karena yang diambil cuma bulan dan tahun). Saya sudah coba beberapa kali untuk mengambil text di I1 untuk menamai sheet baru tapi hasilnya gak memuaskan, yang muncul malah 41378.082974537. Maka text dari I1 saya pindah sementara ke lblSementara untuk kemudian dijadikan nama sheet baru. Alhasil seperti script diatas. Mohon sedianya untuk mengkoreksi apabila ada yang bisa diringkas.

Terimakasih sebelumnya dan sebanyak-banyaknya
Wassalam,

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, April 14, 2013 12:11 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form


 
Kayanya utk membuat dtpicker menampilkan custom format di komputer sampeyan ndak bisa. Kalau hasil dtpicker yg akan diletakkan ke object lain bisa dengan mengubah tipe data hasil dtpicker menjadi datetime, lalu diformat sesuai kebutuhan.
Jika diletakkan di range tertentu, hasil konversi tipe data menjadi datetime lalu format cell number.
Wassalam,
Kid.

On Apr 13, 2013 11:00 AM, "lapendosol opik" <lapendosol@yahoo.com> wrote:


>Ga tau mas, opsinya cuma 3 doang itu
>Hehehehe
>Wassalam,
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Saturday, April 13, 2013 5:38 AM
>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>
>
>

>Oh ndak ada opsi Custom ya (nomor berapa yang bunyinya sesuatuCustom)
>hehehe...malah baru tahu kalau beda isinya dtPicker tersebut dengan yang biasanya.
>
>Wassalam,
>
Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Saya dapet file mscomct2.cab dari link2 yang ada di topik
>>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/23263 ini mas
>>UFIControls nya udah coba di set 1 - 5, tapi anehnya kok selalu kembali lagi menjadi 2.
>>Sebenernya ga terlalu ngrepotin sih nongol infonya, toh cuma sekali klik OK berikutnya udah ga nongol lagi.
>>Hehehe
>>Oiya, format tampilannya kan cuma ada 3;
>>0 - jwdpShortDate (4/12/2013)
>>4 - jwdpLongDate (Friday , April 12 , 2013)
>>9 - jwdpTime (8:22:37 PM)
>>Gimana cara menambahkan format tampilan jadi 12 April 2013 saja?
>>Trimakasih sebelumnya
>>Wassalam,
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Sent: Friday, April 12, 2013 1:56 PM
>>
>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>
>>
>>
>> 
>>Tumben mscomct2.cab dari microsoft dinyatakan unsafe. Jangan-jangan mscomct2.ocx nya bukan dari microsoft... hehehe...
>>tapi memang mungkin terjadi kok..
>>coba disini :
>>http://support.microsoft.com/kb/827742
>>tapi nanti kalau UFIControls diset nilainya 1 gak bisa, coba diset 5 atau 3.
>>
>>Nah... sebelum melanjutkannya,
>>kalau yang buat aplikasi saja, mau pakai dtpicker atau calendar atau apa saja yang anggapannya simple dan cakep itu sudah sulit,
>>bagaimana dengan user yang gak mudeng ?
>>siapa yang akan meng-install-kan dan siapa yang akan mengubah registry-nya ?
>>kalau gak boleh jadi admin komputer, lalu gimana aplikasinya nanti kalau ndak punya dtpicker atau calendar control karena masalah install dan register activex nya ?
>>
>>tapi ini hanya sekedar pertanyaan yang ndak ada maksudnya apa-apa....   :)
>>
>>
>>
>>
>>
>>Wassalam,
>>
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>Udah di enable mas, tapi tetep nongol informasinya
>>>Wassalam,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>Sent: Friday, April 12, 2013 1:25 PM
>>>
>>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>>
>>>
>>>
>>> 
>>>Pada Excel Options -> page Trust center -> klik tombol Trust Center Settings -> page ActiveX Controls -> pilih Enable -> OK sampai worksheet
>>>
>>>Wassalam,
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>>>
>>>
>>>
>>>>Udah bisa mas,
>>>>Saya udah register mscomct2.ocx dengan aplikasi tambahan register ocx.exe
>>>>Sudah saya pasang DTpickernya di vba, pas di run sih belum ada masalah (di PC saya),
>>>>Tapi tiap run awal (pertama kali file excelnya dibuka), selalu tampil peringatan:
>>>>
>>>>This application is about to initialize ActiveX controls that might be
>>>>unsafe. If you trust the source of this file, select OK and the controls will
>>>>be initialized using your current workspace settings.
>>>>
>>>>Gimana caranya biar ga nongol itu terus ya?
>>>>Trimakasih
>>>>Wassalam,
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>________________________________
>>>> From: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>>>>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>>Sent: Friday, April 12, 2013 12:16 PM
>>>>
>>>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>>>Makasih mas Kid,
>>>>Gimana caranya download file2 terlampir ditopik yang bersangkutan? Supaya bisa mengikuti topiknya, kayanya kasusnya hampir sama tentang pembukuan
>>>>
>>>>re-Pengiriman BUKU.xlsx dll
>>>>Saya cari kok ga nemu2 Mas
>>>>Trimakasih
>>>>Wassalam,
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>________________________________
>>>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>>Sent: Friday, April 12, 2013 10:16 AM
>>>>Subject: Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>>>Silakan ke :
>>>>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/23263
>>>>dan ikuti semua link yang ada disana bila diperlukan.
>>>>
>>>>
>>>>Wassalam,
>>>>Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>2013/4/11 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>>>>
>>>>
>>>>> 
>>>>>Dear master be-Excel
>>>>>Saya membuat form di vba, saya ingin menambahkan combobox kalender pada form tersebut seperti terlampir
>>>>>Bagaimana cara menambahkan kalendernya ke form?
>>>>>Jika informasi cpunya berpengaruh, saya pakai:
>>>>>Microsoft Office Professional Plus 2010
>>>>>Windows 7 Professional
>>>>>Intel(R) Core(TM) i3-2310M 2.10GHz
>>>>>2 GB ram
>>>>>32-bit
>>>>>
>>>>>
>>>>>Sebelumnya saya ucapkan terimakasih
>>>>>Wassalam,
>>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

Sun Apr 14, 2013 9:25 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sebelum membahas script-nya, gimana kalau ngobrolin tentang datanya lebih
dulu.

imo,
sheet DATABASE kolom A:C adalah data referensi produk.
sheet Jual adalah data transaksi Penjualan
sheet Beli adalah data transaksi Pembelian

sejarah (histori) perubahan harga beli adalah summary dari transaksi
pembelian yang setara dengan output
kondisi stok adalah summary transaksi beli dan transaksi jual yang setara
dengan output berupa summary data terakhir setiap produk.

dari keadaan di atas, ada benang merahnya, yaitu data-data transaksi
menuntut adanya dimensi waktu. Selain itu, suatu saat nanti bisa jadi akan
dibutuhkan dimensi Customer (saat ini ndak ada juga ndak masalah).
Kegiatan real manusia dalam melakukan penjualan maupun pembelian tidak
pasti seluruh produk setiap hari. Maka, pencatatan ketika terjadi penjualan
saja dan pencatatan ketika terjadi pembelian saja akan lebih memberi banyak
informasi.

Jadi, untuk tabel jual dan beli, setidaknya dibutuhkan kolom tanggal
kegiatan (1 kolom saja), kode produk (1 kolom saja), jumlah penjualan atau
pembelian (1 kolom saja), harga jual atau beli (1 kolom saja), bila perlu
ada posisi stok produk tersebut setelah kegiatan [saldo akhir] (1 kolom
saja). Hal ini akan membuat tabel data menjadi ramping dan tinggi (panjang
kebawah) dengan jumlah kolom total hanya 4 kolom sampai 5 kolom. Kelak,
ketika sudah ada data customer, maka akan bertambah 1 kolom lagi. Jika ada
variabel discount, maka bertambah 1 kolom lagi dst.

Setiap data akan tinggal disebuah sheet tersendiri. Referensi produk di
sebuah sheet (misal Produk), transaksi Jual di sheet Jual, transaksi beli
di sheet Beli, setiap output di sebuah sheet per jenis output. Sheet input
bisa disebuah sheet tersendiri atau di sebuah userform.

Input (form input dengan userform atau dengan worksheet) bisa diatur
disuatu tempat tersendiri yang terpisah dengan sheet-sheet data tadi.
Proses simpan hanyalah menyimpan yang perlu saja.
Dengan begitu, maka tidak akan dibutuhkan banyak sheet.
Dengan tabel data yang memiliki dimensi waktu (sebagai sebuah kolom), akan
memudahkan proses pengolahan data untuk membentuk banyak output.

btw,
jika memang akan tetap seperti yang ada sekarang, maka script yang ada
(untuk 1 sheet saja) bisa seperti :

Dim sFull As String, sBell As String
dim sht as worksheet
sFull = "Jual "
sBell = "Beli "

set sht=Sheets.Add (After:=Sheets(Sheets.Count))
Sheets("Jual").Range("A1:ZZ1").Copy sht.range("a1")
'Sheets("Sheet1&quot;).Select
'Cells.Select
'ActiveSheet.Paste
'Application.CutCopyMode = False
Sheets("Database").Range("A:D,F:F").Copy sht.range("a1")
'Sheets("Sheet1&quot;).Select
'ActiveSheet.Paste
Application.CutCopyMode = False
'Range("A1").Select

Sheets("database").Range("i1").Value = dtpAdd.SelDate
'lblSementara.Caption = Sheets("Database").Range("I1").Text
'Sheets("Sheet1&quot;).Select
'Sheets("Sheet1&quot;).Name = (sFull & lblSementara.Caption)
sht.name=sfull & format$(dtpadd.seldate , "YYYYMMDD";) 'jika dtpadd.seldate
bertipe string, ganti dengan cDate(dtpadd.seldate)

Wassalam,
Kid.

2013/4/14 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>

> **
>
>
> Trimakasih mas Kid atas tanggapannya.
> Ada FormatString, defaultnya kosong
> Pas saya isi (dini hari tadi) dd mmm yyyy, hasilnya ditampilan aneh,
> hasilnya 14 31 2013
> Sekarang dicoba lagi isi dd mmm yyyy hasilnya 14 03 2013. Mungkin besok
> kalo saya coba masukkan
> dd mmm yyyy hasilnya berubah lagi. Sementara ini saya pake format yang ada
> aja, tampilannya:
> Sunday , April 14, 2013
> dtpicker sangat perlu buat file yang saya gunakan, salah satunya untuk
> membuat/menambah sheet dengan nama sesuai bulan dan tahun dalam dtpicker.
> Sekian lama dicoba2 dengan banyak kegagalan, akhirnya ketemu cara menambah
> sheet dengan nama bulan tahun. Berikut hasilnya, mohon dikoreksi kalo ada
> yang bisa diringkas:
>
> Private Sub cmbAddSheet_Click()
> Dim sFull As String, sBell As String
> sFull = "Jual "
> sBell = "Beli "
>
> Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
> Sheets("Jual").Range("A:ZZ").Copy
> Sheets("Sheet1").Select
> Cells.Select
> ActiveSheet.Paste
> Application.CutCopyMode = False
> Sheets("Database").Range("A:D,F:F").Copy
> Sheets("Sheet1").Select
> ActiveSheet.Paste
> Application.CutCopyMode = False
> Range("A1").Select
>
> Sheets("database").Range("i1").Value = dtpAdd.SelDate
> lblSementara.Caption = Sheets("Database").Range("I1").Text
> Sheets("Sheet1").Select
> Sheets("Sheet1").Name = (sFull & lblSementara.Caption)
>
> Sheets.Add After:=Sheets(Sheets.Count)
> Sheets("Beli").Range("A:ZZ").Copy
> Sheets("Sheet2").Select
> Cells.Select
> ActiveSheet.Paste
> Application.CutCopyMode = False
> Sheets("Database").Range("A:E").Copy
> Sheets("Sheet2").Select
> ActiveSheet.Paste
> Application.CutCopyMode = False
> Range("a1").Select
> Sheets("Sheet2").Select
> Sheets("Sheet2").Name = (sBell & lblSementara.Caption)
>
> End Sub
>
> Asumsinya, tiap file dibuka pertama kali, ketika sheet ditambah, default
> name sheetnya selalu Sheet1 dan seterusnya. Sheet baru tersebut terdiri
> dari 2, Jual dan Beli (tiap bulan hanya dilakukan sekali). Dimana isi dari
> sheet yang ditambahkan, isinya mengacu pada sheet Database (copy nama2
> barang) dan sheet Jual/Beli (untuk meng-copy tanggal 1-31, karena belum tau
> cara tambah tanggal sesuai bulan secara otomatis). Kemudian tanggal dari
> dtPicker tadi saya pindahkan sementara ke Range I1, dengan custom format
> mmm yyyy (karena yang diambil cuma bulan dan tahun). Saya sudah coba
> beberapa kali untuk mengambil text di I1 untuk menamai sheet baru tapi
> hasilnya gak memuaskan, yang muncul malah 41378.082974537. Maka text dari
> I1 saya pindah sementara ke lblSementara untuk kemudian dijadikan nama
> sheet baru. Alhasil seperti script diatas. Mohon sedianya untuk mengkoreksi
> apabila ada yang bisa diringkas.
>
> Terimakasih sebelumnya dan sebanyak-banyaknya
> Wassalam,
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, April 14, 2013 12:11 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>
>
> Kayanya utk membuat dtpicker menampilkan custom format di komputer
> sampeyan ndak bisa. Kalau hasil dtpicker yg akan diletakkan ke object lain
> bisa dengan mengubah tipe data hasil dtpicker menjadi datetime, lalu
> diformat sesuai kebutuhan.
> Jika diletakkan di range tertentu, hasil konversi tipe data menjadi
> datetime lalu format cell number.
> Wassalam,
> Kid.
> On Apr 13, 2013 11:00 AM, "lapendosol opik" <lapendosol@yahoo.com> wrote:
>
> **
>
> Ga tau mas, opsinya cuma 3 doang itu
> Hehehehe
> Wassalam,
>
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Saturday, April 13, 2013 5:38 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>
>
> Oh ndak ada opsi Custom ya (nomor berapa yang bunyinya sesuatuCustom)
> hehehe...malah baru tahu kalau beda isinya dtPicker tersebut dengan yang
> biasanya.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>
> **
>
> Saya dapet file mscomct2.cab dari link2 yang ada di topik
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/23263 ini mas
> UFIControls nya udah coba di set 1 - 5, tapi anehnya kok selalu kembali
> lagi menjadi 2.
> Sebenernya ga terlalu ngrepotin sih nongol infonya, toh cuma sekali klik
> OK berikutnya udah ga nongol lagi.
> Hehehe
> Oiya, format tampilannya kan cuma ada 3;
> 0 - jwdpShortDate (4/12/2013)
> 4 - jwdpLongDate (Friday , April 12 , 2013)
> 9 - jwdpTime (8:22:37 PM)
> Gimana cara menambahkan format tampilan jadi 12 April 2013 saja?
> Trimakasih sebelumnya
> Wassalam,
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Friday, April 12, 2013 1:56 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>
>
> Tumben mscomct2.cab dari microsoft dinyatakan unsafe. Jangan-jangan
> mscomct2.ocx nya bukan dari microsoft... hehehe...
> tapi memang mungkin terjadi kok..
> coba disini :
> http://support.microsoft.com/kb/827742
> tapi nanti kalau UFIControls diset nilainya 1 gak bisa, coba diset 5 atau
> 3.
>
> Nah... sebelum melanjutkannya,
> kalau yang buat aplikasi saja, mau pakai dtpicker atau calendar atau apa
> saja yang anggapannya simple dan cakep itu sudah sulit,
> bagaimana dengan user yang gak mudeng ?
> siapa yang akan meng-install-kan dan siapa yang akan mengubah registry-nya
> ?
> kalau gak boleh jadi admin komputer, lalu gimana aplikasinya nanti kalau
> ndak punya dtpicker atau calendar control karena masalah install dan
> register activex nya ?
>
> tapi ini hanya sekedar pertanyaan yang ndak ada maksudnya apa-apa.... :)
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>
> **
>
> Udah di enable mas, tapi tetep nongol informasinya
> Wassalam,
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Friday, April 12, 2013 1:25 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>
>
> Pada Excel Options -> page Trust center -> klik tombol Trust Center
> Settings -> page ActiveX Controls -> pilih Enable -> OK sampai worksheet
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/4/12 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>
> **
>
> Udah bisa mas,
> Saya udah register mscomct2.ocx dengan aplikasi tambahan register ocx.exe
> Sudah saya pasang DTpickernya di vba, pas di run sih belum ada masalah (di
> PC saya),
> Tapi tiap run awal (pertama kali file excelnya dibuka), selalu tampil
> peringatan:
>
> This application is about to initialize ActiveX controls that might be
> unsafe. If you trust the source of this file, select OK and the controls
> will
> be initialized using your current workspace settings.
>
> Gimana caranya biar ga nongol itu terus ya?
> Trimakasih
> Wassalam,
>
>
>
> ------------------------------
> *From:* lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Friday, April 12, 2013 12:16 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>
>
> Makasih mas Kid,
> Gimana caranya download file2 terlampir ditopik yang bersangkutan? Supaya
> bisa mengikuti topiknya, kayanya kasusnya hampir sama tentang pembukuan
> *re-Pengiriman BUKU.xlsx *dll
> Saya cari kok ga nemu2 Mas
> Trimakasih
> Wassalam,
> *
> *
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Friday, April 12, 2013 10:16 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Menampilkan Pop-up kalender pada Form
>
>
> Silakan ke :
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/23263
> dan ikuti semua link yang ada disana bila diperlukan.
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/4/11 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>
>
> **
>
> Dear master be-Excel
> Saya membuat form di vba, saya ingin menambahkan combobox kalender pada
> form tersebut seperti terlampir
> Bagaimana cara menambahkan kalendernya ke form?
> Jika informasi cpunya berpengaruh, saya pakai:
> Microsoft Office Professional Plus 2010
> Windows 7 Professional
> Intel(R) Core(TM) i3-2310M 2.10GHz
> 2 GB ram
> 32-bit
>
> Sebelumnya saya ucapkan terimakasih
> Wassalam,
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Sun Apr 14, 2013 7:47 am (PDT) . Posted by:

"saini" saini_muhammad

selamat malam..

salam kepada teman2,suhu,master dan guru2 semua..

senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
yang dibagi dengan iklas hati.
mudah2an ilmunya semakin bertambah..

karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk mengerti..dan jangan sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..

command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..

mohon kepada guru2, untuk dibantu..

atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..

NOT.karena baru pertama sekali mengirimkan pesan,saya tidak tau
dimana tempat untuk upload file..

wassalam

saini

--- Mods ---
Untuk posting disertai file lampiran, silakan Anda login ke akun email yang Anda daftar ke milis (akun pribadi Anda tanpa perlu masuk ke website milis).
Kemudian lakukan Compose Email (buat email baru) dan lakukan pengiriman email seperti Anda mengirim email ke rekan kerja Anda sehari-hari. Email dikirim ke belajar-excel@yahoogroups.com
Jika Anda ingin menanggapi atau ikut berdiskusi pada suatu topik yang tampak dalam Inbox akun email pribadi Anda, maka klik email tersebut dan lakukan Reply.
------------

Sun Apr 14, 2013 8:31 am (PDT) . Posted by:

"muhammad saini" saini_muhammad

selamat malam..

salam kepada teman2,suhu,master dan guru2 semua..

senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
yang dibagi dengan iklas hati.
mudah2an ilmunya semakin bertambah..

karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk mengerti..dan jangan
sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..

command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..

mohon kepada guru2, untuk dibantu..

atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..

wassalam

saini

Not: terima kasih kepada pak moderator yang telah membantu memberi petunjuk kepada saya

Sun Apr 14, 2013 8:41 am (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Hai Saini,
Jika malam ini anda lampirkan filenya disertai catatan meng apa yang diinginkan pada sheet ybs, saya yakin sebelum bsk malam anda sdh dapat melihat jawabannya.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobilesaini <saini_muhammad@yahoo.com> wrote:selamat malam..

salam kepada teman2,suhu,master dan guru2 semua..

senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
yang dibagi dengan iklas hati.
mudah2an ilmunya semakin bertambah..

karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk mengerti..dan jangan sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..

command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..

mohon kepada guru2, untuk dibantu..

atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..

NOT.karena baru pertama sekali mengirimkan pesan,saya tidak tau
dimana tempat untuk upload file..

wassalam

saini

--- Mods ---
Untuk posting disertai file lampiran, silakan Anda login ke akun email yang Anda daftar ke milis (akun pribadi Anda tanpa perlu masuk ke website milis).
Kemudian lakukan Compose Email (buat email baru) dan lakukan pengiriman email seperti Anda mengirim email ke rekan kerja Anda sehari-hari. Email dikirim ke belajar-excel@yahoogroups.com
Jika Anda ingin menanggapi atau ikut berdiskusi pada suatu topik yang tampak dalam Inbox akun email pribadi Anda, maka klik email tersebut dan lakukan Reply.
------------

Sun Apr 14, 2013 8:46 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Saini,

Script berbunyi :
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim nama, alamat As String
Dim BarisTerakhir, BarisTujuan As Integer

* With Worksheets("form")
nama = .Cells(6, 9).Value
alamat = .Cells(7, 9).Value
End With*

With Worksheets("DATABASE")
BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
BarisTujuan = BarisTerakhir + 1
* .Cells(BarisTujuan, 4).Value = nama
.Cells(BarisTujuan, 5).Value = alamat*
End With
End Sub

baru berisi proses menulis *2 item input* ke *2 fields tabel data*
Silakan ditambah lagi untuk nilai data lainnya, dan lakukan hal yang mirip.
Yang *merah *adalah membaca data dan menyimpan ke variabel tertentu (dalam
hal ini nama dan alamat) dari cells tertentu.
Yang *biru *adalah menulis nilai tertentu (dalam hal ini yang tersimpan
dalam variabel nama dan alamat) ke suatu tempat tertentu (dalam hal ini ke
cells tertentu.

Jika script di atas akan dibuat sebaris setiap item ke field datanya :
Private Sub CommandButton1_Click()

Dim BarisTerakhir, BarisTujuan As Integer

With Worksheets("DATABASE")
BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
BarisTujuan = BarisTerakhir + 1
* .Cells(BarisTujuan, 4).Value = **Worksheets("form")**.Cells(6,
9).Value
.Cells(BarisTujuan, 5).Value = ** **Worksheets("form")**.**Cells(7,
9).Value*
'tambahkan disini baris-baris script untuk ambil dari sheet Form
cell tertentu (r,c)
'dan ditulis ke kolom tertentu di sheet DATABASE pada nomor baris
yang tersimpan dalam variabel *BarisTujuan*
'misal :
* .Cells(BarisTujuan, 2).Value = ** **Worksheets("form")**.**Cells(3,
13).Value* 'sheet Form range M3 ke sheet DATABASE kolom B
'bisa juga dengan cara :
* .Cells(BarisTujuan, 2).Value = **
**Worksheets("form")**.**Range("m3").Value
*'sheet Form range M3 ke sheet DATABASE kolom B

End With

'setelah di simpan semuanya (ditambah banyak baris script sampai semua
inputan tersimpan),
'dilakukan print
sheets("form").printpreview 'ganti printpreview dengan printout untuk
cetak
End Sub

Wassalam,
Kid.

2013/4/14 muhammad saini <saini_muhammad@yahoo.com>

> **
>
>
> selamat malam..
>
> salam kepada teman2,suhu,master dan guru2 semua..
>
> senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
> yang dibagi dengan iklas hati.
> mudah2an ilmunya semakin bertambah..
>
> karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk mengerti..dan
> jangan
> sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
> kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..
>
> command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
> ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
> namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
> contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
> ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..
>
> mohon kepada guru2, untuk dibantu..
>
> atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..
>
> wassalam
>
> saini
>
> Not: terima kasih kepada pak moderator yang telah membantu memberi
> petunjuk kepada saya
>
>
>

Sun Apr 14, 2013 9:11 am (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Selamat malam.

Sambil nunggu master2 menjawab, saya coba bantu dengan versi saya.
Kalo tujuannya untuk memindahkan data dari sheet1 ke sheet13, versi saya bisa menggunakan kolom bantu untuk menyederhanakan script itu sendiri. Nantinya kolom bantu tersebut bisa disembunyikan di sheet sendiri atau di sheet1 di cell tersembunyi.
Lebih jelasnya lihat di attachment, semoga sesuai dengan harapan
Trimakasih
Wassalam,

________________________________
From: muhammad saini <saini_muhammad@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, April 14, 2013 10:20 PM
Subject: [belajar-excel] simpan data dengan command buttun


 
selamat malam..

salam kepada teman2,suhu,master dan guru2 semua..

senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
yang dibagi dengan iklas hati.
mudah2an ilmunya semakin bertambah..

karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk mengerti..dan jangan
sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..

command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..

mohon kepada guru2, untuk dibantu..

atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..

wassalam

saini

Not: terima kasih kepada pak moderator yang telah membantu memberi petunjuk kepada saya

Sun Apr 14, 2013 9:26 am (PDT) . Posted by:

"muhammad saini" saini_muhammad

salam untuk semua..

terima kasih atas semua perhatian guru2 semua..

sebelumnya saya minta maaf, karena baru gabung dan baru belajar vba..
jadi masih sangat bingung, namun saya ingin sungguh2 belajar..

pada file yang pertama saya lampirkan, scripnya hasil copy paste dan hanya saya edit sedikit
sesuai dengan kemampuan saya..
setelah mendapat balasan dari mr.kid dan saya coba ikuti ternyata ada kemajuan walau masih agak bingung..

ketika saya klik print, muncul layar print preview dan data yang berada pada sheet form dapat tersimpan
pada sheet database..tapi ketika saya klik untuk kedua dan seterusnya, data tersebut tidak tersimpan lagi..
hanya pada baris pertama saja yang ada isinya, sedangkan baris selanjutnya tidak tersimpan..

saya lampirkan hasil usaha saya..

wassalam..

saini

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 14 April 2013 22:45
Judul: Re: [belajar-excel] simpan data dengan command buttun


 
Pak Saini,

Script berbunyi :
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim nama, alamat As String
    Dim BarisTerakhir, BarisTujuan As Integer
   
    With Worksheets("form")
        nama = .Cells(6, 9).Value
        alamat = .Cells(7, 9).Value
    End With
   
    With Worksheets("DATABASE")
        BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
        BarisTujuan = BarisTerakhir + 1
        .Cells(BarisTujuan, 4).Value = nama
        .Cells(BarisTujuan, 5).Value = alamat
    End With
End Sub

baru berisi proses menulis 2 item input ke 2 fields tabel data

Silakan ditambah lagi untuk nilai data lainnya, dan lakukan hal yang mirip.

Yang merah adalah membaca data dan menyimpan ke variabel tertentu (dalam hal ini nama dan alamat) dari cells tertentu.

Yang biru adalah menulis nilai tertentu (dalam hal ini yang tersimpan dalam variabel nama dan alamat) ke suatu tempat tertentu (dalam hal ini ke cells tertentu.

Jika script di atas akan dibuat sebaris setiap item ke field datanya :
Private Sub CommandButton1_Click()

    Dim BarisTerakhir, BarisTujuan As Integer
   
  
    With Worksheets("DATABASE")
        BarisTerakhir = .Cells(.Rows.Count, 1).End(xlUp).Row
        BarisTujuan = BarisTerakhir + 1
        .Cells(BarisTujuan, 4).Value =  Worksheets("form").Cells(6, 9).Value
        .Cells(BarisTujuan, 5).Value = Worksheets("form").Cells(7, 9).Value

        'tambahkan disini baris-baris script untuk ambil dari sheet Form cell tertentu (r,c)
        'dan ditulis ke kolom tertentu di sheet DATABASE pada nomor baris yang tersimpan dalam variabel BarisTujuan
        'misal :
        .Cells(BarisTujuan, 2).Value = Worksheets("form").Cells(3, 13).Value    'sheet Form range M3 ke sheet DATABASE kolom B

        'bisa juga dengan cara :

        .Cells(BarisTujuan, 2).Value = Worksheets("form").Range("m3").Value   'sheet Form range M3 ke sheet DATABASE kolom B

    End With

    'setelah di simpan semuanya (ditambah banyak baris script sampai semua inputan tersimpan),

    'dilakukan print

    sheets("form").printpreview   'ganti printpreview dengan printout untuk cetak

End Sub

Wassalam,

Kid.

2013/4/14 muhammad saini <saini_muhammad@yahoo.com>


>selamat malam..
>
>salam kepada teman2,suhu,master dan guru2 semua..
>
>senang sekali bisa bergabung dengan mailis ini.karena banyak ilmu
>yang dibagi dengan iklas hati.
>mudah2an ilmunya semakin bertambah..
>
>karena baru mengenal vba..jadi masih terlalu bingung untuk mengerti..dan jangan
>sampai tersesat lebih jauh lagi, mohon
>kepada teman2 dan guru2 di mailis mau berbagi ilmu..
>
>command button yang saya buat, sudah berfungsi..data yang saya
>ketik di sheet form dapat tersimpan pada sheet database..
>namun hanya satu kali..untuk selanjutnya tidak mau tersimpan lagi..
>contoh yang saya ambil hanya dua cell..namun sebenarnya data yang
>ingin saya simpan adalah cell yang ada kotak merah..
>
>mohon kepada guru2, untuk dibantu..
>
>atas bantuan dan ilmu'a saya ucapkan banyak terima kasih..
>
>
wassalam
>
>saini
>
>Not: terima kasih kepada pak moderator yang telah membantu memberi petunjuk kepada saya
>

Sun Apr 14, 2013 7:52 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Eko,

*********************
Untuk posting disertai file lampiran, silakan Anda login ke akun email yang
Anda
daftar ke milis (akun pribadi Anda tanpa perlu masuk ke website milis).
Kemudian lakukan Compose Email (buat email baru) dan lakukan pengiriman
email
seperti Anda mengirim email ke rekan kerja Anda sehari-hari. Email dikirim
ke
belajar-excel@yahoogroups.com
Jika Anda ingin menanggapi atau ikut berdiskusi pada suatu topik yang tampak
dalam Inbox akun email pribadi Anda, maka klik email tersebut dan lakukan
Reply.
*********************

Pada kasus ini, yang file lampirannya ada di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Menampilkan-data-dari-sheet-sheet-berbeda-td5506411.html#a5717421
dan file lampiran dapat diunduh di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/file/n5717421/lapbul_rt.xlsx
bisa diselesaikan antara lain dengan formula Index Match.

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2013/4/14 Echo <ekosuyanto@rocketmail.com>

> **
>
>
> Saya ingin membuat laporan bulanan rt.
> Data pada sheet laporan per bulan (april,mei,dst) mengambil data dari
> sheet data_iuran.
> Cell c11 s.d cell c16 adalah look_up value
> Cell d11 s.d d16 adalah nila yang ditampilkan dari sheet!data_iuran cell
> a106 s.d bn106
> Saya mencoba menggunakan vlookup atau hlookup kok blm bisa ya.
> Ini formula yg sy gunakan
> =VLOOKUP(april!C11,data_iuran!$A$1:$BN$106,4)
> atau
> =HLOOKUP(april!C11,data_iuran!$A$1:$BN$106,4)
> Hasilnya #NA .
> kl mo upload file gmn caranya ya ? hehehe
> Mhn bantuan rekan-rekan sekalian
> trm ksh
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar