Senin, 22 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2252

15 New Messages

Digest #2252
1a
Bls: [belajar-excel] time&text_user form by "Dede Suparman" dede_suparman111
2a
3a
Re: Advanced Filet + Pivot VBA by "belajar excell" belajar.excell
5a
Re: Convert file TXT ke excel by "Ahmad Nurul Imran" ahmad_3suci
6a
Re: VLOOKUP gambar by "Mansur Widayat"
6b
Re: VLOOKUP gambar by "Mansur Widayat"
6c
Re: VLOOKUP gambar by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Tanya Filter??? by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania
7b
Re: Tanya Filter??? by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
9a
ekstrak data angka menjadi 3 kelompok by "Afdhol" afdhol_marthoni
10

Messages

Sun Apr 21, 2013 7:37 am (PDT) . Posted by:

"Dede Suparman" dede_suparman111

Dear Mr. Kid

Salam,
Terima kasih Mr. Kid, kereeen sangat membantu sekali...semoga ALLAH membalas nya,Amiin.
1x lg terima kasih atas bantuannya.

salam,
Del

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 21 April 2013 7:35
Judul: Re: [belajar-excel] time&text_user form


 
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

File terlampir.
Bagian utama yang perlu dipahami adalah bagian penggeraknya.
Semua yang digerakkan diletakkan di dalam bagian penggerak.

Batas-batas setiap yang digerakkan diatur terhadap acuan relatifnya masing-masing.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/4/20 Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>


>Dear Be-Exceler,
>
>
>Asslamu&#39;alaikum,
>Mohon bantuannya, saya membuat user form yang ada text berjalan dan time masing-masing 1 form, bisa kah ke duanya digabung menjadi 1 user form sudah diotak atik eeh mlh ga jalan kedua-duanya, trimakasih sebelum nya,,,file terlampir.
>
>
>
>
>salam,
>Del

Sun Apr 21, 2013 7:37 am (PDT) . Posted by:

"Laode Herman Umar" mentor_umb

terima kasih kepada para master atas solusinya,

gimana dengan nilai untuk masing masing mata pelajaran pada sheet kasus, semua nilai juga di masukkan ke dalam kolom pada tabel diinginkan (yang berwarna merah). trima kasih

wassalam

________________________________
Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 20 April 2013 20:58
Judul: Bls: [belajar-excel] Copas Rumus dari Kolom Ke Baris


 
untuk No formula pertama di B5
=IF(MOD(ROW(1:1)+3;4)=0;MAX(B$4:B4)+1;"")
copy ke bawah

untuk Nama Siswa Formula pertama di C5
=IF(LEN(B5);INDEX(Kasus!$D$5:$D$10;B5);"")

copy ke bawah

untuk Aspek formula pertama di D5
=INDEX({"PENGE";"PRAK";;"SIKAP&quot;;"Rata 2"};MOD(ROW(1:1)-1;4)+1)
copy ke bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 21 April 2013 9:16
Judul: [belajar-excel] Copas Rumus dari Kolom Ke Baris


 
Dear Para Pakar
Saya punya data  yang tersusun seperti terlampir.
Data tersebut pada kolom tertentu dan ingin dipindahkan dalam bentuk baris( setiap ada perubahan pada sheet kasus akan beruba pada sheet diinginkan) terima kasih

Sun Apr 21, 2013 7:39 am (PDT) . Posted by:

"belajar excell" belajar.excell

Pak Kid, terima kasih byk atas bantuannya ya,sungguh sgt jelas ..

RS

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, April 20, 2013 9:49 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA


 
Kegiatan memfilter pivot dilakukan oleh prosedur berikut :
Public Sub FilterPivotReport(Optional bState As Boolean = False)
    Dim pvt As PivotTable
   
    Application.ScreenUpdating = False
    Sheet2.Calculate
    Set pvt = Sheet2.PivotTables(1)
    With pvt
        .RefreshTable
        With .PivotFields("Month";)
            .ClearAllFilters
            .PivotFilters.Add xlCaptionIsBetween, Value1:=Sheet2.Range("c11").Value, Value2:=Sheet2.Range("c12").Value
        End With
    End With
    Application.ScreenUpdating = True
End Sub

Nama prosedur : FilterPivotReport
Jenis prosedur : Sub [artinya : tidak memberikan nilai balik hasil prosedur -> nilai baliknya null]

Scope prosedur : Public [artinya bisa digunakan dimanapun dalam workbook]

Input parameter : bState [artinya membutuhkan inputan ketika dipanggil untuk bekerja yang nilai inputan tersebut disimpan dalam bState]

Tipe input parameter : Boolean [bisa diisi nilai TRUE atau FALSE]

Tingkat kebutuhan input parameter : Optional [artinya boleh tidak diberi nilai, jika tidak diberi nilai, maka akan menggunakan nilai default]

Nilai default input parameter : False [jika bState tidak diberi nilai, maka akan diberi nilai FALSE]

Tujuan ada input parameter dalam prosedur ini : menghilangkan nama prosedur dari daftar prosedur di Run Macro (ALT F8) dari worksheet

Isi prosedur :

1. deklarasi variabel wadah pivot table dengan scope lokal dalam prosedur
    Dim pvt As PivotTable

2. turn off kegiatan merefresh tampilan yang dilakukan aplikasi agar tidak sibuk merefresh (hemat proses)
    Application.ScreenUpdating = False

3. mengkalkulasi sheet kerja (nama object sheet2 dalam vba bukan nama sheet dalam tab sheet)

    Sheet2.Calculate

4. isi variabel pivot table dengan benda pivot table yang ada dalam sheet kerja

    Set pvt = Sheet2.PivotTables(1)

bahasa manusia :
"variabel object pivot table (pvt) diisi dengan pivot table ke-1 yang ada di dalam sheet2"

5. fokus bekerja pada pivot table (yang ada dalam variabel pivot)

    With pvt

6. refresh pivot table

        .RefreshTable

7. fokus pada fields bernama Month dalam pivot table
        With .PivotFields("Month";)

8. hapus seluruh filter yang ada
            .ClearAllFilters

9. lakukan filter baru terhadap pivot table

            .PivotFilters.Add xlCaptionIsBetween, Value1:=Sheet2.Range("c11").Value, Value2:=Sheet2.Range("c12").Value

bahasa manusia :
"pada field kerja di object filters (pivotfilters) ditambahkan (add) proses filter dengan tipe filter berupa nilai batas bawah dan nilai batas atas (xlCaptionIsBetween) yang nilai batas bawah adalah nilai yang ada dalam sheet kerja range C11 dan nilai batas atas adalah nilai yang didapat dari sheet kerja range C12"

10. selesai bekerja pada field Month (yang tadi dimulai di nomor 7)
        End With

11. selesai berkerja pada pivot table (yang tadi dimulai di nomor 5)
    End With

12. ijinkan kembali aplikasi untuk aktif me-refresh tampilan
    Application.ScreenUpdating = True

13. tanda akhir blok prosedur
End Sub

Wassalam,

Kid.

2013/4/20 belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>


>Pak Kid, terima kasih banyak atas bantuannya, sudah seperti yang saya inginkan.
>
>
>Pak, seandainya memungkinkan, bisakah Pak Kid mengajarkan cara baca VBA yang telah Pak Kid buat ? hehe
>Mungkin dengan mengetahui cara bacanya, saya bisa sedikit lebih paham mengenai VBA.
>
>
>Terima kasih byk ya Pak Kid,
>
>
>RS
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Thursday, April 18, 2013 12:25 AM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA
>
>
>

>File terlampir mencoba menata letak field Month agar bisa disembunyikan. Tidak ada yang diubah pada VBA-nya.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>2013/4/17 belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>
>
>
>> 
>>Pak Kid, terima kasih untuk bantuannya, sekali lagi saya mendapat ilmu tambahan yang sangat membantu saya dalam mempelajari VBA.
>>Mohon maaf karena saya kurang menjelaskan pivot seperti apa yang di inginkan, maksd sya adalah hasil dari advanced filter itu berupa penjumlahan ( sum ) pada pivot ( seperti pada contoh sheet - hasil yang di inginkan ).
>>
>>
>>Jadi pada waktu advanced filter kita pilih month 1 dan month 2, maka bentuk pivot sumnya juga adalah hasil penjumlahan dari month1 dan 2.
>>kalu saya pilih month 6 dan month 7, maka pivot sumnya adalah hasil penjumlahn dari moonth 6 dan 7. begitu juga setrusnya.
>>
>>
>>sekali lagi mohon maap karena udah merepotkan, maklumlah wawasan saya dalam VBA masih sangat minim, hehehe
>>
>>
>>Di tolong ya Pak Kid dan rekan2 semuanya,,
>>
>>
>>RS
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>Sent: Wednesday, April 17, 2013 2:47 PM
>>
>>Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA
>>
>>
>>
>>Bagaimana jika seperti file terlampir ?
>>Cukup dengan sheet Test, tapi bisa filter dengan VBA (user ndak perlu filter langsung di pivot table).
>>
>>btw, kenapa user tidak diminta filter langsung di pivot table ya....
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/4/17 <belajar.excell@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>> Miss Jan, terima kasih byk utk ilmunya..saya sudah ganti sheet4 jadi sheet22,setelah d jalankan berhasil.
>>>Tapi masalahx adalah hasil pivotnya mengacu pada sheet test.bukan mengacu pada sheet result.
>>>Sebenarx yg saya inginkan adalah dari sheet test,di saring lg datax yg nnti d taruh di sheet result.dari hasil saringan di sheet result tersebut maka di buat pivot..
>>>
>>>Mohon bantuannya ya ...
>>>
>>>RS
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Sent from my BlackBerry®
>>>powered by Sinyal Kuat INDOSAT
>>>________________________________
>>>
>>>From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>>>Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Date: Wed, 17 Apr 2013 08:43:35 +0700
>>>To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
>>>ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA
>>>
>>> 
>>>Hai RS,
>>>
>>>
>>>scriptnya error di baris berikut:
>>>
>>>
>>>Set objTable = Sheet4.PivotTableWizard
>>>
>>>
>>> karena dalam workbook tersebut tidak ada sheet dengan nomor index 4, coba lihat gambar di bawah ini (hasil screen shoot monitor)
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>sheet yang ada adalah sheet1, sheet2, sheet22, dan sheet3.
>>>Karena Jan melihat sheet22 masih kosong sama sekali, coba ganti scriptnya menjadi seperti ini:
>>>
>>>
>>>Set objTable = Sheet22.PivotTableWizard
>>>
>>>
>>>
>>>atau dengan cara lain, ubah nomor index sheet22 menjadi sheet4 tanpa melakukan modifikasi terhadap script yang sudah ada.
>>>
>>>
>>>lalu jalankan kembali script yang anda susun.
>>>
>>>
>>>Sebagai tambahan wacana, ada 2 macam error saat penulisan script, yaitu:
>>>1. Syntax Error, hal ini dapat langsung diketahui karena script VBA akan berubah menjadi warna merah
>>>2. Run-Time Error, hal ini baru diketahui saat script dijalankan, untuk mengetahui dimana letak salahnya dapat dengan menekan tombol F8 berkali-kali
>>>
>>>
>>>Kesalahan dalam script di atas dinamakan Run-Time Error
>>>
>>>
>>>Semoga penjelasan yang singkat ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi semua, jika ada yang salah tolong dikoreksi.
>>>
>>>
>>>Wassalam,
>>>
>>>
>>>-Miss Jan Raisin-
>>>
>>>
>>>
>>>Pada 16 April 2013 19.47, belajar excell <belajar.excell@yahoo.com> menulis:
>>>
>>>
>>>
>>>>Selamat malam semuanya,
>>>>
>>>
>>>>Mohon maaf lagi, kali ini sya mau Tanya lagi mengenai Pivot lagi. Tapi kali ini sya coba padukan Advanced filter dan Pivot, tapi masalahnya
>>>>Sepertinya syntax untuk pivotnya tidak berkerja pada sheet hasil advanced filter, Mohon bantuannya bagaimana agar syntax tersebut dapat berfungsi lagi ya ?
>>>
>>>>Terima kasih banyak atas bantuannya
>>>
>>>>RS
>>>>
>>>>
>>>>
>>
>>
>>
>
>
>

Sun Apr 21, 2013 9:01 am (PDT) . Posted by:

Dear BeExceller,

Belajar Excel adalah kegiatan yang gampang-gampang susah. Bisa jadi selama ini kita terbentur dalam banyak hal dalam mempelajari Excel. Tentu seluruh BeExceller ingin ada suatu materi pembelajaran yang terstruktur dan runut yang bisa memudahkan langkah-langkah belajar selanjutnya. Bisa jadi banyak buku atau pembelajaran yang diikuti masih kurang bisa membuat kita akan lebih mudah mencari solusi ketika berhadapan dengan masalah yang sesungguhnya yang dihadapi sehari-hari.

Untuk menyusun suatu materi yang runut tentang sesuatu tentulah bukan hal yang mudah. Meskipun demikian, patutlah dicoba untuk berusaha menyusun hal tersebut.

Kali ini, milis Belajar-Excel ingin berusaha sedikit demi sedikit, setahap demi setahap menyusun suatu materi yang runut yang mudah untuk dipahami dan bukan sekedar mudah untuk dipelajari. Dengan demikian, maka akan semakin besar potensi kemudahan dalam menerapkannya pada berbagai kasus yang ditemui sehari-hari.

Hal ini sangat membutuhkan dukungan BeExceller semuanya. Kesediaan BeExceller untuk mengungkapkan hal-hal yang menjadi kendala dalam menggunakan Excel sehari-hari bisa menjadi langkah kecil yang sangat membantu untuk memulai usaha diatas. Berikut ini adalah link untuk mengungkapkan hal-hal tentang Excel yang ingin dipelajari.

http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Isilah dengan hal yang dimulai dari yang paling sering jadi masalah sehari-hari hingga yang ingin dipelajari lebih lanjut. Isian dikelompokkan dalam 4 bidang :
1. Fitur Excel
>> tentang fitur-fitur Excel yang bisa melakukan sesuatu, seperti fitur untuk memilih cell-cell tertentu dalam tabel atau fitur yang bisa digunakan untuk membuat dropdown list, dsb.

2. Formula Excel
>> tentang penggunaan formula sehari-hari yang belum dipahami, seperti formula menghitung selisih hari atau menghitung selisih waktu, dsb.

3. VBA Excel
>> tentang otomasi kegiatan sehari-hari, seperti ingin bisa mengotomasi proses copy data dari sheet data baru ke sheet lainnya atau masih bingung dengan cara memilih range tertentu dalam Macro, cara me-record macro itu bagaimana, dsb.

4. Lain-lain
>> tentang apa saja yang diharapkan untuk bisa dipelajari.

BeExceller bisa mengisi baru lagi (add) ketika bertemu hal baru yang menjadi masalah.

Jangan lupa, isilah disini :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Partisipasi BeExceller dalam mengisi database tersebut akan memudahkan penyusunan materi yang runut dan mudah untuk dipahami. Harapannya, materi bisa menjadi bahan acara kopdar. Mempelajari secara langsung dalam sebuah forum diskusi didunia nyata akan jauh lebih mudah dibanding membaca berulang-ulang.

Mari kita maju bersama dengan semangat berbagi ilmu yang bermanfaat.
Sudikah Anda untuk turut ambil bagian ?
Buktikan dengan mengisi permasalahan Anda tentang Excel di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Warm Regards,
Moderator Belajar-Excel

Sun Apr 21, 2013 7:01 pm (PDT) . Posted by:

"Ahmad Nurul Imran" ahmad_3suci

Makasih Mr Kid untuk ilmunya
Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 19 Apr 2013 22:43:22
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Convert file TXT ke excel

File terlampir.
- Buka txt file dengan Excel (Windows Explorer -> klik kanan file -> open
with -> MS Excel)
- jika muncul dialog window text to column, abaikan saja pilih delimited
lalu next sampai finish atau di cancel jika ada pilihannya
- data harus muncul sebagai data 1 kolom di kolom A saja
- copy data ke file terlampir di A2
- klik tombol [SPLIT]

Wassalam,
Kid.



2013/4/19 Ahmad Nurul <ahmad_3suci@yahoo.co.id>

> **
>
>
>
> Dear Para B Exceler,
>
> Mohon batuannya ilmu untuk convert dari txt ke excel supaya terlihat
> rapih, gimana caranya.
> Karena saya masih pemula, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.
>
> terlmpir file txt, saya zip karena kebesaran filenya.
>
> Best Regard,
>
> *Ahmad Nurul Imran*
> **
> *Jl. KH. Tb. A. Khotib No. 43 Kedalingan Serang - 42117*
> *Hp : 087774309887*
> *Tlp : 0254-203282*
> **
>
>
>
>

Mon Apr 22, 2013 12:33 am (PDT) . Posted by:

"nubie masta"

klw saya biasa langsung copas,
copy content file txt, paste ke excel

Salam

--
!YM: mas.tjogja
:\masta.rumahterjemah.com , my bad blog
:\host.rumahterjemah.com , my free host, no ads
:\shop.rumahterjemah.com , my online shop

> Balasan ntk ahmad_3suci@yahoo.co.id
> Poweredby: e.rumahterjemah.com :

> Makasih Mr Kid untuk ilmunya
> Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!
>
> -----Original Message-----
> From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: Fri, 19 Apr 2013 22:43:22
> To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
> Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: Re: [belajar-excel] Convert file TXT ke excel
>
> File terlampir.
> - Buka txt file dengan Excel (Windows Explorer -> klik kanan file -> open
> with -> MS Excel)
> - jika muncul dialog window text to column, abaikan saja pilih delimited
> lalu next sampai finish atau di cancel jika ada pilihannya
> - data harus muncul sebagai data 1 kolom di kolom A saja
> - copy data ke file terlampir di A2
> - klik tombol [SPLIT]
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/4/19 Ahmad Nurul <ahmad_3suci@yahoo.co.id>
>
<snip>
>

Sun Apr 21, 2013 7:07 pm (PDT) . Posted by:

"Mansur Widayat"

Terima kasih Mr. Kid
matur nuwun sanget.

----- Original Message -----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
To: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, April 19, 2013 14:37
Subject: Re: [belajar-excel] VLOOKUP gambar

Pak Mansur,

Coba file terlampir.
File juga bisa diunduh di :
https://www.box.com/s/5khwl33vgmr3y2tkx3sq

Wassalam,
Kid.

2013/4/19 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp>

> **
>
>
> Dear Master - Master
>
> saya mau nanya, apakah bisa menampilkan gambar di excel dengan cara di
> vlookup?
> file terlampir
>
> Terima kasih
>
>

Sun Apr 21, 2013 7:20 pm (PDT) . Posted by:

"Mansur Widayat"

saya pake office 2003 Mr.
jadi agak bingung. hehe....

----- Original Message -----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
To: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, April 19, 2013 14:37
Subject: Re: [belajar-excel] VLOOKUP gambar

Pak Mansur,

Coba file terlampir.
File juga bisa diunduh di :
https://www.box.com/s/5khwl33vgmr3y2tkx3sq

Wassalam,
Kid.

2013/4/19 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp>

> **
>
>
> Dear Master - Master
>
> saya mau nanya, apakah bisa menampilkan gambar di excel dengan cara di
> vlookup?
> file terlampir
>
> Terima kasih
>
>

Sun Apr 21, 2013 7:42 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Kalau di Excel 2003, pada sheet interface manapun, ganti nomor 1 dengan
proses :
>> ke sheet data -> klik kanan salah satu shape gambar -> Copy
>> ke sheet interface -> klik kanan sebuah cell -> paste

kemudian lanjutkan nomor 2 dst.

Wassalam,
Kid.

2013/4/22 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp>

> saya pake office 2003 Mr.
> jadi agak bingung. hehe....
>
>
> ----- Original Message -----
> From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> To: "BeExcel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Sent: Friday, April 19, 2013 14:37
> Subject: Re: [belajar-excel] VLOOKUP gambar
>
>
> Pak Mansur,
>
> Coba file terlampir.
> File juga bisa diunduh di :
> https://www.box.com/s/5khwl33vgmr3y2tkx3sq
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/4/19 Mansur Widayat <w-mansur@notes.npr.co.jp>
>
> > **
> >
> >
> > Dear Master - Master
> >
> > saya mau nanya, apakah bisa menampilkan gambar di excel dengan cara di
> > vlookup?
> > file terlampir
> >
> > Terima kasih
> >
> >
>
>
>
>
>
> ------------------------------------
>
> =====================================================================
> Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai
> kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam
> menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam
> jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang
> ingin dipelajari.
> Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih
> membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal
> lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
> Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin
> diungkapkan.
> Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> =====================================================================
> Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama
> yang bermanfaat besar untuk kita semua.
> =====================================================================
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

Mon Apr 22, 2013 12:32 am (PDT) . Posted by:

"Shenly Ruchman" shenly_excelmania

master bagaimana cara membuat filter dalam kolom yang terpisah2 tapi dalam 1 sheet?????

Mon Apr 22, 2013 12:50 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Hi Shenly,
Bisa diberikan contoh filenya ?

Salam,
HK

________________________________
From: Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 22 April 2013, 10:27
Subject: [belajar-excel] Tanya Filter???


 
master bagaimana cara membuat filter dalam kolom yang terpisah2 tapi dalam 1 sheet?????

Mon Apr 22, 2013 12:33 am (PDT) . Posted by:

"Didit Prasetiyo" diditprasetiyo99

de4r mr kid,

mohon bantuannya,

1. saya telah coba mengaplikasikan materi yang mr kid berikan, tetapi
formula tersebut tidak bisa dipakai. (*saya coba tulis ulang materinya
mr kid dan mentelaah terlebih dlu, error)
2. saya tidak paham maksud dari M15, M16, M17, M18 untuk apa mr kid?...kalau fungsi array kenapa diletakkan cell tsb?...
3.
secara keseluruan setelah memahami coretan excel mr kid, data saya
mirip dengan excel dengan banyak kriteria yang exact. bedanya saya
memiliki 1 kondisi untuk baris, dan multi kondisi untuk yang kolom. untuk fungsi array ctrl + shift + enter sudah saya lakukan

saya melampirkan data hasil trial saya,

#note : sebelumnya saya sudah mencoba menggunakan 1 kondisi untuk baris, dan 1 kondisi untuk kolom ---> hasil bisa.

tapi  untuk 1 kondisi untuk baris, dan 3 kondisi untuk kolom --> hasil error

mohon bimbingannya mr kid,

regards,

didit prasetiyo

________________________________
Dari: Didit Prasetiyo <diditprasetiyo99@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 20 April 2013 17:54
Judul: Bls: [belajar-excel] mengisi kolom dengan 3 kondisi lookup dan protect formula tetapi masih input dta


 
dear mr kid,

1. saya telah coba mengaplikasikan materi yang mr kid berikan, tetapi formula tersebut tidak bisa dipakai. (*saya coba tulis ulang materinya mr kid dan mentelaah terlebih dlu, error)
2. saya tidak paham maksud dari M15, M16, M17, M18 untuk apa mr kid?...
3. secara keseluruan setelah memahami coretan excel mr kid, data saya mirip dengan excel dengan banyak kriteria yang exact. bedanya saya memiliki 1 kondisi untuk baris, dan multi kondisi untuk yang kolom.
mohon bimbingannya mr kid,

regards,

didit prasetiyo

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Minggu, 31 Maret 2013 20:37
Judul: Re: [belajar-excel] mengisi kolom dengan 3 kondisi lookup dan protect formula tetapi masih input dta


 
Hai Didit,

1. Lookup multi kriteria.
>> Mungkin bacaan yang ada disini bisa membantu.

2. Proteksi cell

>> Proteksi cell dilakukan dengan mengubah properti Locked. Properti ini bisa didapat melalui format cells -> tab Protection

>> Jika Locked dicentang (setara TRUE) berarti status cell tersebut ter-protect jika worksheet di-protect

>> Jika Locked tidak dicentang (setara FALSE) berarti status cell tersebut tidak ter-protect meskipun worksheet dalam keadaan di-protect

>> Cell yang berisi formula (baik yang ter-protect [Locked tercentang] atau tidak) bisa diatur agar tidak menampakkan bunyi formula pada formula bar melalui pengaturan properti Hidden.

>> Jika Hidden dicentang (setara TRUE), maka formula pada cell tersebut akan disembunyikan ketika worksheet di-protect

>> Jika Hidden tidak dicentang (FALSE), maka formula pada cell tersebut akan tampak meskipun worksheet di-protect.

>> Tampak jelas bahwa dua ekor properti di tab Protection ini (Locked dan Hidden) akan bekerja ketika worksheet di-protect.

>> Secara default, seluruh cell memiliki nilai status Locked adalah TRUE (tercentang) dan nilai status Hidden adalah FALSE (tidak tercentang).

>> Pada saat proteksi worksheet, akan ada beberapa opsi tentang ijin me-select cell, yaitu :
      1. Select locked cells (boleh atau tidak select cell yang terproteksi tapi tidak boleh ubah isi)

      2. Select unlocked cells (boleh atau tidak select cell yang tidak terproteksi)

>> Pada nomor 1 : Select locked cells,
      > jika dicentang berarti diberi ijin select cell yang terproteksi (Locked=TRUE) tapi tidak boleh ubah isi

      > jiak tidak dicentang berarti tidak boleh select cell yang terproteksi

>> Pada nomor 2 : Select unlocked cells,

      > jika dicentang berarti diberi ijin select cell yang tidak terproteksi (Locked=FALSE) dan karena tidak diproteksi, maka boleh ubah isi

      > jika tidak dicentang, berarti semua cell di sheet tersebut (apapun status Locked-nya) tidak boleh di-select.

>> Cell bisa memiliki kemungkinan untuk diubah isi jika boleh di-select

Ingin protect beberapa cell (bisa di banyak kolom atau di banyak baris) :

0. pastikan worksheet tidak di-protect
1. blok cells tersebut

2. klik kanan -> format cells -> tab Protection -> centang Locked -> OK

3. lakukan proteksi worksheet

Ingin unprotect beberapa cells

0. pastikan worksheet tidak di-protect

1. blok cells tersebut

2. klik kanan -> format cells -> tab Protection -> hilangkan centang dari Locked -> OK
3. lakukan proteksi worksheet

Ingin menyembunyikan formula di beberapa cells yang berformula

0. pastikan worksheet tidak di-protect

1. blok cells yang berformula tersebut

2. klik kanan -> format cells -> tab Protection -> centang Hidden -> OK
3. lakukan proteksi worksheet

Ingin membuat cells berformula tetap menampilkan formula meski worksheet sedang di-proteksi

0. pastikan worksheet tidak di-protect

1. blok cells yang berformula tersebut

2. klik kanan -> format cells -> tab Protection -> hilangkan centang dari Hidden -> OK
3. lakukan proteksi worksheet

Selamat mencoba.

Wassalam,
Kid.

2013/3/31 diditprasetiyo99 <diditprasetiyo99@yahoo.com>


>dear para master,
>
>saya kesulitan mengisi kolom excel dengan 3 kondisi,
>kalau memakai fungsi if jadi terlalu banyak sekali.
>saya sdah mencoba fungsi lookup, tpi masih belum menemukan formulanya.
>
>pertanyaan kedua,
>bagaimana cara memprotect formula tertentu yang berada pada sebuah kolom dan baris, tetapi bisa meng-input data.
>
>terima ksh
>
>didit
>
>

Mon Apr 22, 2013 12:33 am (PDT) . Posted by:

"Afdhol" afdhol_marthoni

Dear rekan2 B-XL-ers

Mohon bantuannya bagaimana cara mengekstrak data seperti terlampir dimana
susunan ada yang tidak sama jumlah angkanya.

Mohon pencerahannya.

Terimakasih

Afdhol

Mon Apr 22, 2013 1:22 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

coba file terlampir,

solusi dengan formula dan Text To Column

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 22 April 2013 12.46, Afdhol <afdhol_marthoni@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> Dear rekan2 B-XL-ers****
>
> ** **
>
> Mohon bantuannya bagaimana cara mengekstrak data seperti terlampir dimana
> susunan ada yang tidak sama jumlah angkanya.****
>
> ** **
>
> Mohon pencerahannya.****
>
> ** **
>
> Terimakasih****
>
> Afdhol****
>
> ** **
>
> ** **
>
> ** **
>
>
>

Mon Apr 22, 2013 12:53 am (PDT) . Posted by:

"dieries Ijay" dieries_1304

Dear excelers,
Saat kita mempergunakan formula yg banyak  apakah ada caranya supaya ringkas sama seperti halnya kita meringkas base data utk vlookup pada name manager
formula detil seperti begini :

=IF(OR(LEFT(E9,6)="Acting",LEFT(E9,7)="Asisten"),0,IF(ISERROR(IF(AN9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,2,FALSE)*AN9,0)+IF(AO9>0,
VLOOKUP($E9,gradeA,4,FALSE)*AO9,0)+IF(AP9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,5,FALSE)*AP9,0)+IF(AQ9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,6,FALSE)*AQ9,0)+
IF(AR9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,7,FALSE)*AR9,0)+IF(AS9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,8,FALSE)*AS9,0)+IF(AT9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,9,FALSE)*AT9,0)),0,((IF(AN9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,2,FALSE)*AN9,0)+IF(AO9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,4,FALSE)*AO9,0)+IF(AP9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,5,FALSE)*AP9,0)+
IF(AQ9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,6,FALSE)*AQ9,0)+IF(AR9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,7,FALSE)*AR9,0)+IF(AS9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,8,FALSE)*AS9,0)+IF(AT9>0,
VLOOKUP($E9,gradeA,9,FALSE)*AT9,0)))))
contoh formula dibawah ini : bagaimana caranya sama seperti di name manager utk contih formula (IF(AN9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,2,FALSE)*AN9,0)+IF(AO9>0,
VLOOKUP($E9,gradeA,4,FALSE)*AO9,0)+IF(AP9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,5,FALSE)*AP9,0)+IF(AQ9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,6,FALSE)*AQ9,0)+
IF(AR9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,7,FALSE)*AR9,0)+IF(AS9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,8,FALSE)*AS9,0)+IF(AT9>0,VLOOKUP($E9,gradeA,9,FALSE)*AT9,0))menjadi 1 nama di name manager misal a

yg di inginkan kita tinggal panggil "a":

=IF(OR(LEFT(E9,6)="Acting",LEFT(E9,7)="Asisten"),0,IF(ISERROR(a),0,(a)

Demikian disampaikan, mohon solusi dan pencerahannya kepada rekan2 excelers mania. terimakasih

Salam Hangat,

Ries_Afir@h
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar