Kamis, 25 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2263

15 New Messages

Digest #2263
1a
1b
Re: Formula untuk merubah tanggal jadi format text by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Hapus range dari ListBox.ListIndex by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Belajar Membuat Ketinggian Row Otomatis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: susun data by "Abdullah Thalib"

Messages

Thu Apr 25, 2013 11:03 am (PDT) . Posted by:

"Rahmat Hermawan" ione_1984

Assalamualaikum..

para master excel, mo nanya lagi..

misal cell a1 dengan "format cells" nya "date (dd/mm/yyyy)", valuenya tanggal.

Trus gimana caranya supaya cell b1 terisi yyyy-mm-dd, tapi "format cells" nya "text" dan sesuai dengan cell a1?

untuk lebih jelasnya file terlampir

Terimakasih..

Wassalamualaikum...

Thu Apr 25, 2013 11:05 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Fungsi Text :
=Text( a1 , "YYYY-MM-DD" )

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/4/26 Rahmat Hermawan <ione_1984@yahoo.com>

> **
>
>
> Assalamualaikum..
>
> para master excel, mo nanya lagi..
>
> misal cell a1 dengan "format cells" nya "date (dd/mm/yyyy)", valuenya
> tanggal.
>
> Trus gimana caranya supaya cell b1 terisi yyyy-mm-dd, tapi "format cells"
> nya "text" dan sesuai dengan cell a1?
>
> untuk lebih jelasnya file terlampir
>
> Terimakasih..
>
> Wassalamualaikum...
>
>
>

Thu Apr 25, 2013 11:41 am (PDT) . Posted by:

"Rahmat" ione_1984

Terima kasih..

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Fungsi Text :
> =Text( a1 , "YYYY-MM-DD" )
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2013/4/26 Rahmat Hermawan <ione_1984@...>
>
> > **
> >
> >
> > Assalamualaikum..
> >
> > para master excel, mo nanya lagi..
> >
> > misal cell a1 dengan "format cells" nya "date (dd/mm/yyyy)", valuenya
> > tanggal.
> >
> > Trus gimana caranya supaya cell b1 terisi yyyy-mm-dd, tapi "format cells"
> > nya "text" dan sesuai dengan cell a1?
> >
> > untuk lebih jelasnya file terlampir
> >
> > Terimakasih..
> >
> > Wassalamualaikum...
> >
> >
> >
>

Thu Apr 25, 2013 11:41 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Kata worksheet katanya kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi
lembar kerja.
Kata User Form katanya kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia menjadi
lembar isian pengguna.

Untuk bagian report data, jika sudah memiliki seluruh data dalam bentuk
tabel yang baik, bisa menggunakan fitur Advanced Filter.
Otomasi penggunaan fitur Advanced filter bisa dengan mudah dipelajari (ndak
perlu mahir dalam programming). Bantuan yang diberikan Excel berupa
kemampuan Record Macro bisa dimanfaatkan untuk bisa memahami cara
mengotomasi fitur advanced filter.

Jika masih ragu dengan kemampuan fitur Advanced filter, mungkin file yang
bisa diunduh disini <https://www.box.com/s/0pen6vquw0melo00p637> dapat
memberi ide lebih luas sehingga mantap dalam memanfaatkannya pada berbagai
kondisi yang memungkinkan.

Wassalam,
Kid.

2013/4/25 Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> saya ada tugas membuat input data in+out dari excel+macro, saya hanya
> punya ide dengan userform,tapi bener juga pas difilter pada listbox jadi
> lag,
> saya tdk punya ide lagi untuk bagian report data trnsksi in+out selain
> filter listbox.
> terimaksih Mr. Kid atas bantuannya.
>
> Salam,
> Del
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Dikirim:* Rabu, 24 April 2013 21:32
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Hapus range dari ListBox.ListIndex
>
>
> *** jangan lupa isi data tentang masalah yang sering Anda temui di :
>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>
> *** bacaan ringan tentang maksud pengisian masalah yang sering Anda temui
> di :
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/24613
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Apakah maksudnya listbox diisi dengan data transaksi ?
> Bulan ini ada banyak kode dan bisa jadi banyak nama dengan harga beda-beda.
>
> Kemudian difilter datanya dan ditampilkan dalam listbox.
> Bukankah jadi kerja 2 kali ya. Kenapa ndak pakai worksheet saja ? Apakah
> supaya tampak keren kalau dengan userform ?
>
> Baiklah kalau targetnya adalah supaya keren...
> Bisa jadi pada record hasil filter yang buanyak akan tampak ada lag akibat
> proses loop terhadap banyak record.
>
> File terlampir.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2013/4/23 Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>
>
> **
>
> Dear Mr. Kid dan para Master juga Be-Exceler
>
> Assalamu'alaikum Wr Wb
> boleh nyambung yaa,tentang listbox
> bisa ga yaa filter per kode per nama dan harga,yang ada dlm listbox,dan
> bisakah harga atau qty dlm listbox
> ada total nya atau pas sudah difilter ada subtotalnya, contoh filenya saya
> ilampirkan yg dr sdr opik diatas
> dengan sedikit tambahan. mohon pencerahannya terimakasih sebelumnya.
>
> salam,
> Del
>
> ------------------------------
> **
>
> =====================================================================
> Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai
> kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam
> menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam
> jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang
> ingin dipelajari.
> Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih
> membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal
> lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
> Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin
> diungkapkan.
> Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> =====================================================================
> Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama
> yang bermanfaat besar untuk kita semua.
> =====================================================================
>
>
>
>
>
>

Thu Apr 25, 2013 11:43 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Bagaimana kalau dicoba membuat contoh datanya dan di-share ke milis. Supaya
bisa posting disertai file lampiran, masuk ke Inbox akun email yang
didaftarkan ke milis dan buka email dengan topik ini. Kemudian lakukan
reply disertai file lampiran (seperti kirim email ke rekan kerja
sehari-hari gitu deh).

Wassalam,
Kid.

2013/4/25 <mirza.rotua@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear all,
>
> Saat ini saya sedang kesulitan membuat laporan produktivitas dan
> penjualan.
>
> Mohon sharing ilmunya, agar saya bisa membuat laporan ini dengan baik.
> Atau kalau ada rekan2 yang pernah membuat laporan seperti ini mohon di
> share.
>
> Salam
> Mirza
>
> --- Mods ---
> Selamat bergabung dengan milis Belajar-Excel.
> Semoga milis menjadi tepat yang menyenangkan untuk belajar Excel.
>
> Untuk posting disertai file lampiran (max 250 KB), lakukan posting melalui
> akun email pribadi yang didaftarkan ke milis seperti Anda meng-email rekan
> kerja sehari-hari.
> ------------
>
>
>

Thu Apr 25, 2013 11:55 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

ndak bisa tambah tinggi sendiri ya si row nya... (jangan2 kurang vitamin D
n kurang berjemur pagi2)

moga-moga langkah ini bisa (kadang kala bisa, kadang kala ndak bisa, entah
kenapa. masih kurang gizi juga kali)
1. hilangkan semua merge cell (kebanyakan pengguna Excel aktif menggunakan
merge cell)
2. lebarkan kolom penulisan (misalkan sampai hampir selebar layar)
3. blok kolom penulisan dan aktifkan Wrap Text (bisa diatur lewat format
cells pada tab alignment kalau ndak menemukan tombol di menu toolbar atau
ribbon)
4. blok seluruh cells (pencet kotak kosong persis diangka nomor baris Excel
1 dan dikiri nama kolom Excel A)
5. autofit row (gerakkan mouse ke garis batas antara nomor baris Excel 1
dan nomor baris Excel 2 lalu double click [klik klik gitu])
6. aktifkan sebuah cell dalam kolom penulisan dan mulai menulis yang
puanjang banget.
7. kalau bisa tambah tinggi sendiri, maka selamat buat Anda, jika ndak
bisa, ya mohon maaf karena Anda pas kebagian yang kurang gizi juga.

Wassalam,
Kid.

2013/4/25 Adhi Karya <adhi.tax.dk3@gmail.com>

> **
>
>
>
> Be Excell yang saya hormati...
>
> Saya paling suka membuat surat dengan memakai Excell (agak nyleneh
> emang, karena harusnya kalo ketik-ketik surat kan harusnya pake MS Word
> ya), cuma kadang masalahnya, kalo ngetiknya banyak kalimat, capek mengatur
> tinggi row-nya...
>
>
> Pertanyaan saya, bisa kah ketika saya nambahin kalimat dari kasus nomor
> 1 diatas, menjadi seperti pada kasus nomor 2, ketinggian row menjadi
> besar otomatis...?
>
> Mohon petunjuk, dan atas perhatiannya diucapkan terima kasih...
>
>
> File terlampir
>
>
> Bets Regards,
>
> Si Udin
>
>
>

Thu Apr 25, 2013 12:08 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Asumsi :
1. data minggu di baris 1 pada area range A1:E1
2. data nilai di baris 2 pada area range A2:E2

Kondisi :
1. ambil nilai minimum dengan syarat untuk nilai yang lebih dari 10 (array
formula, tulis formula lalu tekan CTRL SHIFT ENTER bersamaan) -> misal di
C7
=Min( IF( A2:E2 > 10 , A2:E2 ) )

2. ambil minggu pada nilai minimum yang memenuhi syarat > 10 (array
formula, tulis formula lalu tekan CTRL SHIFT ENTER bersamaan) -> misal di
B7
=Index( A1:E1 , Match( Min( IF( A2:E2 > 10 , A2:E2 ) ) , A2:E2 , 0 ) )

Jika regional setting komputer Anda adalah Indonesia, maka ganti karakter
koma dalam formula menjadi karakter titik koma.

Wassalam,
Kid.

2013/4/25 Terra Vanante <the_vanante@ymail.com>

> **
>
>
> Dear All,
>
> langsung saja ke masalahnya ya,
>
> bagaimana formula untuk mengetahui nilai minimun dalam 1 range data, tapi
> dengan adanya patokan nilai tertentu,
> untuk memperjelas
>
> Jika ada data
>
> 1 2 3 4 5 <-- misalkan ini mingu
> 10 5 12 30 7 <-- value data
>
> jika saya menginginkan data minimun tapi dengan kondisi data minimun mulai
> dihitung dari value yang >10?
>
>
> terima kasih banyak sebelumnya
>
> Buthong :)
>
>
>

Thu Apr 25, 2013 8:51 pm (PDT) . Posted by:

"Terra Vanante" the_vanante@ymail.com

Terima Kasih atas bantuannya,

saya memakai opsi yang pertama, karena untuk yang kedua belum saya pahami logikanya,
dan mungkin ke depannya akan bisa saya lebih pahami,

Terima Kasih

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 26 April 2013 2:08
Judul: Re: [belajar-excel] Mencari nilai minimun dengan nilai yang sudah ditentukan


 
Asumsi :
1. data minggu di baris 1 pada area range A1:E1
2. data nilai di baris 2 pada area range A2:E2

Kondisi :
1. ambil nilai minimum dengan syarat untuk nilai yang lebih dari 10 (array formula, tulis formula lalu tekan CTRL SHIFT ENTER bersamaan)  -> misal di C7
=Min( IF( A2:E2 > 10 , A2:E2 ) )

2. ambil minggu pada nilai minimum yang memenuhi syarat > 10 (array formula, tulis formula lalu tekan CTRL SHIFT ENTER bersamaan)  -> misal di B7
=Index( A1:E1 , Match( Min( IF( A2:E2 > 10 , A2:E2 ) ) , A2:E2 , 0 ) )

Jika regional setting komputer Anda adalah Indonesia, maka ganti karakter koma dalam formula menjadi karakter titik koma.

Wassalam,

Kid.

2013/4/25 Terra Vanante <the_vanante@ymail.com>


>Dear All,
>
>
>langsung saja ke masalahnya ya,
>
>
>bagaimana formula untuk mengetahui nilai minimun dalam 1 range data, tapi dengan adanya patokan nilai tertentu,
>untuk memperjelas 
>
>
>Jika ada data 
>
>
>12345   <-- misalkan ini mingu
>10512307   <-- value data
>
>
>jika saya menginginkan data minimun tapi dengan kondisi data minimun mulai dihitung dari value yang >10?
>
>
>
>
>terima kasih banyak sebelumnya
>
>
>Buthong :)
>
>

Thu Apr 25, 2013 5:09 pm (PDT) . Posted by:

"Abdullah Thalib"

Assalamu Alaikum.Wr.Wb

Yth, Miss Jan, Mr. Kid dan para Master lainnya,

Makasih atas solusi masalah format "date" dan alternatif formula dari
mr. Kid (solusi keduanya sama bagusnya);

Permasalahan "Baris yang berisi tulisan Transaction Description".
mungkin sulit diatasi dengan formula, tapi barangkali dengan VBA,
bisa. Terus terang bagi sy lebih "nyaman" dengan formula, dari pada
VBA soalnya ilmunya belum sampai kesana.

Sampai tahap ini solusi dari miss Jan dan Mr. Kid, sudah sangat
membantu.Toh urusan menghapus "Baris yang berisi tulisan Transaction
Description" tidak begitu merepotkan..

Mengenai saran untuk mengisi
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3,
mohon maaf, belum sy laksanakan;

Sekian, salam dan hormat saya,

talib.

Pada tanggal 24/04/13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> *** jangan lupa isi data tentang masalah yang sering Anda temui di :
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>
> *** bacaan ringan tentang maksud pengisian masalah yang sering Anda temui
> di :
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/24613
>
>
> Coba file terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/4/23 Abdullah Thalib <talib877@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> dear Master
>>
>> problemnya mirip Problem.me -nya harry salim. sdh coba adopsi
>> rumusnya, ngak bisa - bisa. jadi "terpaksa"; minta bantuan para pakar
>> excel. terima kasih.
>>
>> dari talib
>>
>>
>

Thu Apr 25, 2013 6:42 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Pak Ade Alfarid,

1. format picture yang bisa dimasukkan adalah yang berektensi JPEG/JPG
2. sebelum melakukan insert picture, ubah dahulu ukuran deafult picture
yang akan ditampilkan.
>>> pada ImageListCtrl properties, pilih tab General, lalu atur menjadi
(misal: 48 x 48 pixel) seperti gambar berikut:
[image: Gambar sisip 1]
3. Setelah itu baru masukkan picturenya, jika yang dipilih Custom, pada
saat ukuran pict terlalu kecil maka tidak akan terlihat
4. scriptnya jika menggunakan event workboook open, maka jangan ditulis di
modul.. cara menulisnya sperti ini:
>>> pada VBE project, double klik ThisWorkBook sehingga terbuka VBE baru
>>> pilih eventnya menjadi open
>>> lalu tulis script seperti yang sudah ada sebelumnya (coba lihat
script yang baru pada file terlampr)

hasilnya adalah seperti pada file terlampir.. btw, pict Jan ganti dengan
yang baru, tapi motongnya agak kasar jadi garisnya ada yang kelihatan
xixixix :D

oia.. Ini adalah pertama kali Jan menggunakan ImageComboBox dan ImageList,
sebelumnya dapat bocoran dari mr Kid bahwa solusi ini harus menggunakan
kedua Control tersebut
tapi karena clue tersebut maka ilmu Jan jadi bertambah lagi.. terima kasih
untuk mr Kid, semoga ilmunya semakin menjadi berkah. Aamiin

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 25 April 2013 18.38, M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id> menulis:

> **
> Dear Miss Jan,
> Terlampir contoh file seperti yang disarankan,
> terimakasih
>
> Ade
>
> On Thu, 25 Apr 2013 17:40:24 +0700, M.Ade Alfarid <qa@kkmi.co.id> wrote:
>
> > Dear Ms Jan,
> > Saya sudah coba dan membuat dropdownnya,
> > Tapi kenapa tidak tampil di cell ya?
> >
> > Ade
> >
> > On Thu, 25 Apr 2013 11:49:01 +0700, Jan Raisin
> > <miss.jan.raisin@gmail.com> wrote:
> >
> >> pak Ade..
> >>
> >> untuk dapat menampilkan gambar dalam dropdown list, maka dibutuhkan
> >> 2buah
> >> control tambahan dalam worksheet anda
> >> 1. Microsoft ImageComboBox Control
> >> 2. Microsoft ImageList Control
> >>
> >> cara memunculkannya sebagai berikut:
> >>>>> Pada ribbon Developer, masuk ke tab Controls, klik Insert, pada
> >> ActiveXControl pilih More Control sehingga muncul dilago box seperti
> >> ini:
> >>
> >> [image: Gambar sisip 1]
> >>
> >> Jika kedua control tersebut tidak ada di komputer anda, maka anda harus
> >> melakukan register file MSCOMCTL.OCX dahulu ke komputer.
> >>
> >> Jika anda sudah memliki kedua control tersebut, maka tambahkan gambar ke
> >> dalam ImageList Control dengan cara klik kanan dan atur
> >> nilaiproperti-nya
> >> seperti gambar di bawah ini:
> >>
> >> [image: Gambar sisip 2]
> >>
> >> setelah itu hubungkan antara ImageComboBox dengan ImageList dengan cara
> >> klik kanan ImageComboBox dan atur nilai propertiesnya
> >> [image: Gambar sisip 3]
> >>
> >> pada kotak ImageList harus merujuk kepada nama ImageList-nya
> >>
> >> setelah itu... buat script, misal pada event workbook open (agar script
> >> langsung jalan pada saat workbook dibuka) dengan nilai kira-kira seperti
> >> ini:
> >>
> >> asumsi: ComboBoxList berada di sheet1 dengan nama ImgCmb1
> >>
> >> With Sheet1.ImgCbo1 ()
> >> .ComboItems.Clear
> >> .ComboItems.Add 1, "A1" , "", 1
> >> .ComboItems.Add 2, "A2", "", 2
> >> End With
> >>
> >>
> >>
> >> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> >> pooling berikut
> >>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> >>
> >> Sedikit waktu yang anda luangkan akan sangat berharga untuk Be-Exceler
> >> yang
> >> lain
> >>
> >> Wassalam,
> >>
> >> -Miss Jan Raisin-
> >>
> >>
> >> Pada 25 April 2013 09.12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> >>
> >>> **
> >>>
> >>>
> >>> Oh ndak ada maksudnya kok Pak :)
> >>> contoh untuk kode bulat dan P besar
> >>> dicell diisi simbol bulat kemudian spasi lalu P besar
> >>> Kalau diamond dan 5 berarti di cell diisi diamond spasi angka 5
> >>>
> >>> hehehe...
> >>> gak cakep ya kalo kaya gitu...
> >>>
> >>> Wassalam,
> >>> Kid.
> >>>
> >>>
> >>>
> >>> 2013/4/25 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>
> >>>
> >>> **
> >>>> Mohon maaf mr Kid,
> >>>> Bagaimana maksudnya ya?
> >>>>
> >>>> Ade
> >>>>
> >>>> On Wed, 24 Apr 2013 23:22:16 +0700, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> >>>> wrote:
> >>>>
> >>>> > Bagaimana kalau dijadikan 2 bagian berjejer saja.
> >>>> > Bagian pertama adalah simbolnya (banyak font yang punya bentuk
> >>>> simbol
> >>>> > bukan) dan bagian kedua adalah nomornya.
> >>>> >
> >>>> > Wassalam,
> >>>> > Kid.
> >>>> >
> >>>> >
> >>>> >
> >>>> > 2013/4/23 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>
> >>>> >
> >>>> >> **
> >>>>
> >>>> >> Oke Mr Kid,
> >>>> >>
> >>>> >> Idenya dari lini administrasi yang ingin membagi2 ranking dengan
> >>>> cek
> >>>> >> crossing proses.
> >>>> >> Ranking sudah huruf, Nah kalo untuk proses maunya bentuk biar lebih
> >>>> >> mudah
> >>>> >> melihatnya.
> >>>> >> Bentuk bisa Banyak juga,
> >>>> persegi,bulat,elips,segitiga,trapesium,jajaran
> >>>> >> genjang,hexagon dll
> >>>> >> Nah kalo bentuk2 itu diberi nomor berarti ada pilihan yang banyak.
> >>>> >> Pilihan tersebut akan mudah jika di buat list.(apalagi
> >>>> jikaprosesnya
> >>>> >> buaanyaaaakk....)
> >>>> >>
> >>>> >> Hehe..awalnya begitu,,,,saya sudah periksa satu persatu character
> >>>> >> symbol,
> >>>> >> tapi yang diinginkan tidak ada.
> >>>> >> Terpaksa dengan copy paste deh.
> >>>> >>
> >>>> >> Oke Mr Kid,
> >>>> >> Terimakasih responnya,
> >>>> >>
> >>>> >> Ade
> >>>> >>
> >>>> >>
> >>>> >> On Tue, 23 Apr 2013 18:04:01 +0700, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> >>>> wrote:
> >>>> >>
> >>>> >> > ufp... sepertinya thread ini bakalan agak lama responnya.
> >>>> >> > Semoga si pelempar wacana bisa bersabar ya...
> >>>> >> > kalau ndak bisa, terpaksa harus ganti cara supaya ndak pakai
> >>>> >> > shape-shape-an
> >>>> >> > untuk data validation.
> >>>> >> >
> >>>> >> > Isi database ya guys :
> >>>> >> >
> >>>> >>
> >>>>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
> >>>> >> >
> >>>> >> > baca duduk perkara databasenya di :
> >>>> >> > http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/24613
> >>>> >> >
> >>>> >> > Wassalam,
> >>>> >> > Kid.
> >>>> >> >
> >>>> >> >
> >>>> >> >
> >>>> >> > Wassalam,
> >>>> >> > Kid.
> >>>> >> >
> >>>> >> >
> >>>> >> >
> >>>> >> > 2013/4/22 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>
> >>>> >> >
> >>>> >> >> **
> >>>> >>
> >>>> >> >> Hello Be-Exceller,
> >>>> >> >> Ketika Saya Mempunyai susunan crossing bentuk angka,
> >>>> >> >> seperti angka dalam lingkaran, angka dalam diamond.
> >>>> >> >> Angka dalam lingkaran bisa diambil dari symbol (character).
> >>>> >> >> Tetapi angka dalam diamond tidak ada di symbol (character).
> >>>> >> >>
> >>>> >> >> Saya kesulitan membuat "*angka dalam diamond"* bisa masuk
> >>>> ke*data
> >>>> >> >> validation List*,
> >>>> >>
> >>>> >> >> Bantuan master2 akan jadi pahala buat semuanya.
> >>>> >> >>
> >>>> >> >> --
> >>>> >> >> Regards,
> >>>> >> >>
> >>>> >> >> Ade
>
>

Thu Apr 25, 2013 8:48 pm (PDT) . Posted by:

"Helsy B" helsyb

Miss Jan,
Terimakasih atas bantuannya dan script yang dikirim, bagaimana cara saya untuk membuka script tersebut ? mohon maaf saya sangat awam dengan bahasa makro atau bahasa VBA.

wassalam
-helsy-

--- Pada Rab, 24/4/13, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Memecah 1 sheet menjadi beberapa file
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 24 April, 2013, 3:44 AM

 

coba pelajari script dalam file terlampir
#jika solusi ini sedikit memberikan pencerahan, maka tolong ikut berpartisipasi mengisi database berikut: 
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan akan sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 24 April 2013 13.38, Helsy B <helsyb@yahoo.com> menulis:

 

Dear para pakar Excell,

Setiap bulan saya mempunyai data pelanggan yg dikirim ke pelanggan masing2 via email.Karena saya mempunyai 1 sheet (gabungan beberapa pelanggan), otomatis data harus dipisah menjadi beberapa pelanggan Selama ini saya melakukannya secara manual yaitu bikin file baru dan copas, apabila pelanggannya banyak cukup lumayan dan menyiksa waktu melakukannya.

Saya mohon bantuan dan pencerahan para pakai, sbb :

ket : Sumber data semua pelanggan ada sheet "data"

hasil : dipecah menjadi beberapa file

sheet "pelanggan 1" tersimpan file pelanggan 1

sheet "pelanggan 2" tersimpan file pelanggan 2

sheet "pelanggan 3" tersimpan file pelanggan 3

Atas bantuan para pakar saya ucapkan terima kasih

Wassalam,
Helsy

Thu Apr 25, 2013 8:53 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

mbak Helsy,

pada waktu membuka workbook dari Jan, kalo ada pertanyaan dari excel pilih
Enable macro ya..
dari lembar kerja, coba tekan tombol [Alt] [F11] sehingga berpindah ke VBE
(Visual Basic Editor)

pada object Explorer terdapat module1, coba double clik modul tersebut maka
akan terlihat script yang Jan tulis

Thu Apr 25, 2013 8:50 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Assalamu'alaikum wr. wb.,

dear rekan-rekan di milis Belajar Excel, Jan minta bantuan nih xixixix:D
jadi tidak tau kenapa sebabnya, Excel Jan tidak bisa lagi melakukan insert
object dari ActiveX Control ke worksheet.

Jan menggunakan excel 2010 (down grade dari 2013 xixixix :D)
jangan tanya kenapa Jan balik lagi ke 2010 ya..

sudah browsing di internet tetapi belum menemukan saolusi yang sesuai.
Mungkin ada yang memiliki solusi untuk masalah Jan.

terima kasih sebelumnya.

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Thu Apr 25, 2013 8:51 pm (PDT) . Posted by:

"A. Zainal H." akhmad_bjb

Dear Para Exceler

Saya ada dapat formula FIFO, trs sy ingin memodif sesuai keperluan tetapi malah pusing 7 keliling maklumlah masih pemula
jadi sy ingin minta bantuan para master disini
Sekalian utk melookupkan data terakhir yg terinput & mengurutkan data sesuai tanggal seperti file terlampir
banyak permintaannya, mohon maaf dan mohon bantuannya
Semoga dapat dimanfaatkan untuk rekan2 yg juga mencari formula FIFO
Trims

 
 
Wassalam
 
A. Zainal H

Thu Apr 25, 2013 8:52 pm (PDT) . Posted by:

hartini_80

Dear All
Saya ingin menghitung total kehadiran dr range tanggal tertentu, adakah yg bisa membantu
Terima kasih sebelumnya
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry�
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar