Senin, 29 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2269

15 New Messages

Digest #2269
3a
Re: susun data by "Abdullah Thalib"
3b
Re: susun data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: mohon petunjuk menampilkan banyak data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6a
Re: Kelompokkan data dengan formula exel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7b
Re: mohon bantuan hitung properti by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8a
protect cel by "daniel_aho" daniel_aho
8b
Re: protect cel by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
9
Duplikat Urut by "agus salim" agsalimtu

Messages

Mon Apr 29, 2013 12:46 pm (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

lihat attachment

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: agus salim <agsalimtu@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 29 April 2013 17:42
Judul: [belajar-excel] Kelompokkan data dengan formula exel


 
mohon bantuan pencerahannya
Bagaimana mengelompokkan data secara otomatis dari data table warna kuning menjadi warna biru
ketentuan :
- table warna kuning adalah data asli dan dapat ditambah
- Table warna biru adalah table yg diharapkan (dibuat menggunakan fungsi atau formula tidak menggunakan sorting-copy-paste)

Mohon bantuannya dan trimakasih

salam
asalim

Mon Apr 29, 2013 11:12 pm (PDT) . Posted by:

"agus salim" agsalimtu

trima kasih mas bro

kita coba

asalim

________________________________
Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 29 April 2013 21:41
Judul: Bls: [belajar-excel] Kelompokkan data dengan formula exel


 
lihat attachment

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: agus salim <agsalimtu@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 29 April 2013 17:42
Judul: [belajar-excel] Kelompokkan data dengan formula exel


 
mohon bantuan pencerahannya
Bagaimana mengelompokkan data secara otomatis dari data table warna kuning menjadi warna biru
ketentuan :
- table warna kuning adalah data asli dan dapat ditambah
- Table warna biru adalah table yg diharapkan (dibuat menggunakan fungsi atau formula tidak menggunakan sorting-copy-paste)

Mohon bantuannya dan trimakasih

salam
asalim

Mon Apr 29, 2013 12:47 pm (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

tulis formula di A1
=IF(DAY(EOMONTH("1/1/2012";ROW(1:1)-1))>30;EOMONTH("1/1/2012";ROW(1:1)-1)-1;EOMONTH("1/1/2012";ROW(1:1)-1))

copy sampai A16

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Adi <abduhsuryadi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 29 April 2013 15:11
Judul: [belajar-excel] Mengambil tanggal tertentu dalam rentang waktu tertentu


 
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Master excel yang terhormat,
Saya ingin mengisi kolom A dari baris 1 s/d baris 16 dengan tanggal 30 dari setiap bulan dalam rentang Januari tahun 2012 s/d April 2013 menggunakan Excel VBA. Untuk bulan yang tidak mempunyai tanggal 30, seperti bulan Februari, maka dia akan menyesuakain menjadi tanggal 29/2/2012 atau tanggal 28/2/2013
Mohon pencerahannya Master. Terimakasih, wassalam

Output yang diinginkan:

30/1/2012
29/2/2012
30/3/2012
30/4/2012
30/5/2012
30/6/2012
30/7/2013
30/8/2013
30/9/2013
30/10/2013
30/11/2013
30/12/2013
30/1/2013
28/2/2013
30/3/2013
30/4/2013

Mon Apr 29, 2013 12:55 pm (PDT) . Posted by:

"Abdullah Thalib"

Assalamu Alaikum.Wr.Wb

Yth, Miss Jan, Mr. Kid dan para Master lainnya,

Dengan solusi terakhir dari Mr.Kid, peroalan saya, benar - benar sudah
tuntas. Terima kasih.
Mau tanya bagaimana caranyaa mengisi persoala pada
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3,
seperti dianjurkan sebelumnya.

Berikut ini terlampir persoalan tersebut.

Wassalam,

Salam dan hormat,

talib.

Pada tanggal 26/04/13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Oh jadi maunya langsung ditempat (maksudnya hasil di kolom A:D) dan ndak
> boleh dibuat di area lain (seperti di J:N).
> Untuk hilangkan transaction desc (baris itu) dari semua data di kolom A:D
> bisa dicoba dengan :
> 1. blok kolom A:D -> aktifkan autofilter
> 2. blok data mulai C2 sampai baris terakhir di kolom C
> 3. lakukan autofilter pada kolom C -> hilangkan centang dari Select All ->
> centang item teks Transaction Description
> 4. aktifkan fitur goto special (CTRL G) -> tekan Special -> pilih Visible
> cells only -> OK
> 5. klik kanan yang terblok -> pilih delete
> 6. non aktifkan autofilter
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.,
> Kid.
>
>
>
>

Mon Apr 29, 2013 1:02 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Tabel database yang diminta untuk diisi adalah sebuah polling tentang
bidang-bidang excel yang sering menjadi masalah bagi Anda. Misal formula
Excel tentang Sum, cara copy paste, dsb. Coba lihat duduk perkara tentang
tabel ini di : (butuh login YahooID)
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/24613

Untuk melihat apa saja yang telah diisi oleh BeExceller yang baik hati
bersedia berbagi ada disini :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=reportRows&tbl=3

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/4/29 Abdullah Thalib <talib877@gmail.com>

> **
>
>
> Assalamu Alaikum.Wr.Wb
>
> Yth, Miss Jan, Mr. Kid dan para Master lainnya,
>
> Dengan solusi terakhir dari Mr.Kid, peroalan saya, benar - benar sudah
> tuntas. Terima kasih.
> Mau tanya bagaimana caranyaa mengisi persoala pada
>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3,
> seperti dianjurkan sebelumnya.
>
> Berikut ini terlampir persoalan tersebut.
>
> Wassalam,
>
> Salam dan hormat,
>
> talib.
>
> Pada tanggal 26/04/13, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> > Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
> >
> > Oh jadi maunya langsung ditempat (maksudnya hasil di kolom A:D) dan ndak
> > boleh dibuat di area lain (seperti di J:N).
> > Untuk hilangkan transaction desc (baris itu) dari semua data di kolom A:D
> > bisa dicoba dengan :
> > 1. blok kolom A:D -> aktifkan autofilter
> > 2. blok data mulai C2 sampai baris terakhir di kolom C
> > 3. lakukan autofilter pada kolom C -> hilangkan centang dari Select All
> ->
> > centang item teks Transaction Description
> > 4. aktifkan fitur goto special (CTRL G) -> tekan Special -> pilih Visible
> > cells only -> OK
> > 5. klik kanan yang terblok -> pilih delete
> > 6. non aktifkan autofilter
> >
> > Wassalamu'alaikum Wr. Wb.,
> > Kid.
> >
> >
> >
> >
>
>
>

Mon Apr 29, 2013 1:59 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Selamat bergabung.

Untuk menampilkan data (dengan 1 atau banyak kriteria) menjadi sebuah
report antara lain bisa dilakukan dengan fitur pivot table atau array
formula filtering. Kedua cara ini (diantara sekian banyak cara lainnya)
membutuhkan suatu kondisi tertentu dalam susunan datanya.

Bagaimana kalau melampirkan workbook berisi contoh data yang akan dibuat
reportnya?
Biasanya hal ini akan relatif memudahkan BeExceller yang ingin membantu
Anda.

Wassalam,
Kid.

2013/4/29 ibeloogxls <dwi_ap@ymail.com>

> **
>
>
> Salam kenal,
> saya baru join di miling belajar excel ingin petunjuk para master cara
> menampilkan data banyak dengan satu kriteria..
>
> pada sheet1 saya punya terdiri dari nama-nama yang terdiri dari beberapa
> kelompok. Bagaiana cara menampilkan nama-nama yang ada di salah satu
> kelompok? sebelumnya terimakasih saya ucapkan.
>
> --- Mods ---
> Sebuah workbook berisi contoh data (bukan seluruh data kerja) yang ukuran
> filenya maksimum 250KB (lihat peraturan milis) akan memudahkan calon
> penanggap dalam menyusun solusi yang lebih sesuai dengan kasusnya.
>
> Cara posting disertai lampiran adalah dengan mengirim email dari akun
> email yang didaftarkan ke milis (login akun email sampai ke Inbox) layaknya
> mengirim email kepada rekan kerja sehari-hari.
> ------------
>
>

Mon Apr 29, 2013 2:16 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Misal akan dipasang pada kolom A, pada A1 diberi formula :
=Min( Date( 2012,Row(),0 )+30 , Date( 2012,Row()+1,0 ) )
copy ke baris selanjutnya.
Jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, ganti karakter
koma dengan karakter titik koma.
jika tidak dimulai pada baris 1, maka ganti bunyi Row() dengan
Row()-nomor_baris_excel_sebelumnya

Jika akan dipasang dengan VBA (misal di kolom C)
'Jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, ganti karakter
koma dengan karakter titik koma.
with range("c1:c16")
.formula="=Min( Date( 2012,Row(),0 )+30 , Date( 2012,Row()+1,0 ) )"
.parent.calculate
.value=.value
end with

Wassalam,
Kid.

2013/4/29 Adi <abduhsuryadi@gmail.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Master excel yang terhormat,
> Saya ingin mengisi kolom A dari baris 1 s/d baris 16 dengan tanggal 30
> dari setiap bulan dalam rentang Januari tahun 2012 s/d April 2013
> menggunakan Excel VBA. Untuk bulan yang tidak mempunyai tanggal 30, seperti
> bulan Februari, maka dia akan menyesuakain menjadi tanggal 29/2/2012 atau
> tanggal 28/2/2013
> Mohon pencerahannya Master. Terimakasih, wassalam
>
> Output yang diinginkan:
>
> 30/1/2012
> 29/2/2012
> 30/3/2012
> 30/4/2012
> 30/5/2012
> 30/6/2012
> 30/7/2013
> 30/8/2013
> 30/9/2013
> 30/10/2013
> 30/11/2013
> 30/12/2013
> 30/1/2013
> 28/2/2013
> 30/3/2013
> 30/4/2013
>
>
>

Mon Apr 29, 2013 3:19 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

File terlampir mencoba dengan Pivot Table.
Dengan pivot table, User akan rueeeepoooottt banget bikin pertama kalinya
(soalnya copas pivot table sebanyak jenis item A, B, C, dsb)
setelah itu, setiap hari, user cukup tambah data hari itu dan refresh
sebuah pivot table.
Jika data bertambah atau berkurang sampai ratusan ribu record pun akan
ringan buat pivot table.

Peringatan !!!
>> *Jangan *sekali-kali percaya omongannya Kid di atas secara saklek, bisa
tersesat.

Wassalam,
Kid.

2013/4/29 agus salim <agsalimtu@yahoo.co.id>

> **
>
>
> mohon bantuan pencerahannya
> Bagaimana mengelompokkan data secara otomatis dari data table warna kuning
> menjadi warna biru
> ketentuan :
> - table warna kuning adalah data asli dan dapat ditambah
> - Table warna biru adalah table yg diharapkan (dibuat menggunakan fungsi
> atau formula tidak menggunakan sorting-copy-paste)
>
>
> Mohon bantuannya dan trimakasih
>
>
> salam
> asalim
>
>
>

Mon Apr 29, 2013 11:11 pm (PDT) . Posted by:

"agus salim" agsalimtu

ok mas bro

Trimakasih

asalim

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 30 April 2013 5:18
Judul: Re: [belajar-excel] Kelompokkan data dengan formula exel


 
File terlampir mencoba dengan Pivot Table.
Dengan pivot table, User akan rueeeepoooottt banget bikin pertama kalinya (soalnya copas pivot table sebanyak jenis item A, B, C, dsb)
setelah itu, setiap hari, user cukup tambah data hari itu dan refresh sebuah pivot table.
Jika data bertambah atau berkurang sampai ratusan ribu record pun akan ringan buat pivot table.

Peringatan !!!
>> Jangan sekali-kali percaya omongannya Kid di atas secara saklek, bisa tersesat.

Wassalam,
Kid.

2013/4/29 agus salim <agsalimtu@yahoo.co.id>


>mohon bantuan pencerahannya
>Bagaimana mengelompokkan data secara otomatis dari data table warna kuning menjadi warna biru
>ketentuan :
>- table warna kuning adalah data asli dan dapat ditambah
>- Table warna biru adalah table yg diharapkan (dibuat menggunakan fungsi atau formula tidak menggunakan sorting-copy-paste)
>
>
>
>
>Mohon bantuannya dan trimakasih
>
>
>
>
>salam
>asalim
>

Mon Apr 29, 2013 11:12 pm (PDT) . Posted by:

"agus salim" agsalimtu

ok mas bro

Trimakasih

asalim

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 30 April 2013 5:18
Judul: Re: [belajar-excel] Kelompokkan data dengan formula exel


 
File terlampir mencoba dengan Pivot Table.
Dengan pivot table, User akan rueeeepoooottt banget bikin pertama kalinya (soalnya copas pivot table sebanyak jenis item A, B, C, dsb)
setelah itu, setiap hari, user cukup tambah data hari itu dan refresh sebuah pivot table.
Jika data bertambah atau berkurang sampai ratusan ribu record pun akan ringan buat pivot table.

Peringatan !!!
>> Jangan sekali-kali percaya omongannya Kid di atas secara saklek, bisa tersesat.

Wassalam,
Kid.

2013/4/29 agus salim <agsalimtu@yahoo.co.id>


>mohon bantuan pencerahannya
>Bagaimana mengelompokkan data secara otomatis dari data table warna kuning menjadi warna biru
>ketentuan :
>- table warna kuning adalah data asli dan dapat ditambah
>- Table warna biru adalah table yg diharapkan (dibuat menggunakan fungsi atau formula tidak menggunakan sorting-copy-paste)
>
>
>
>
>Mohon bantuannya dan trimakasih
>
>
>
>
>salam
>asalim
>

Mon Apr 29, 2013 6:11 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

Wa'alaikumsalam wr. wb.,

Sebelum Be-Exceler membantu solusi,
dapatkah sdr Jeprey Waluyo membantu diri anda sendiri dengan memberikan
header untuk setiap kolom pada sheet tanah dan bangunan?

Hal tersebut sangat berarti untuk Be-Exceler yang ingin membantu, karena
tidak semua Be-Exceler berprofesi seperti anda yang langsung mengerti apa
maksud dari setiap tabel.

Wassalam,

-Aji Mumpung-

Pada 29 April 2013 14.56, jeprey waluyo <greencap4914@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Assalamu'alaykum...
> Mohon bantuan...
> pada range kelas tertentu nilai tidak muncul
> file contoh hitung properti saya sertakan.
> Mohon bantuannya..
> Matursuwun tengkyu..
>
> --
> -let's make everything better & always be positive-
>
>
>
>

Mon Apr 29, 2013 10:14 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Jeprey,

Coba perhatikan ulang tabel referensinya, khususnya untuk bangunan yang
sampai senilai jutaan. Bila perlu, atur format number di kolom A dengan
diberi pemisah ribuan.
Nilai kolom A menunjukkan gerak menaik lalu menurun lagi. Sepertinya ada
yang kurang 1 bijik 0 di akhir-akhir data referensi.

Wassalam,
Kid.

2013/4/29 jeprey waluyo <greencap4914@yahoo.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaykum...
> Mohon bantuan...
> pada range kelas tertentu nilai tidak muncul
> file contoh hitung properti saya sertakan.
> Mohon bantuannya..
> Matursuwun tengkyu..
>
> --
> -let's make everything better & always be positive-
>
>
>
>

Mon Apr 29, 2013 11:23 pm (PDT) . Posted by:

"daniel_aho" daniel_aho

Dear Para master excel,

mohon pencerahannya, bagaimana cara protect cel pada file excel supaya
cel tersebut tidak bisa diedit / dihapus, kecuali jika protect cel dibuka.

Terima kasih sebelumnya.....

>daniel

Mon Apr 29, 2013 11:35 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba jalan2 ke file milis yang alamatnya tertera di bawah. Seingat saya cukup banyak penjelasan mengenai protection, antara lain cell protection.
Dengan jalan2 ke file milis tsb mungkin kita akan mendapatkan topik2 lainnya yang belum sempat atau belum terpikir untuk kita tanyakan.

Salam,
HK

________________________________
From: daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 30 April 2013, 13:23
Subject: [belajar-excel] protect cel


 
Dear Para master excel,

mohon pencerahannya, bagaimana cara protect cel pada file excel supaya
cel tersebut tidak bisa diedit / dihapus, kecuali jika protect cel dibuka.

Terima kasih sebelumnya.....

>daniel

Mon Apr 29, 2013 11:52 pm (PDT) . Posted by:

"agus salim" agsalimtu

Dear All

Mohon bantuannya lagi untuk mengelompokkan data dari "kolom B" dan yg diharapkan seperti "kolom F"
saya udah melakukan dengan cara manual; tetapi data di "kolom B" jumlahnya banyak dan periodik berubah.

Jadi mohon bantuannya untuk menjadikan di kolom F menggunakan formula; sehingga jika bila ada data baru di "kolom B" langsung terupdate di "kolom F"

Trima kasih

asalim
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar