Selasa, 16 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2240

15 New Messages

Digest #2240
1.1
Re: Bls: Bls: [belajar-excel] Kopi darat by "lapendosol opik" lapendosol
2a
Advanced Filet + Pivot VBA by "belajar excell" belajar.excell
3a
Re: Mengambil data dari worksheet lain by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4a
Mencocokkan data pada userform by "lapendosol opik" lapendosol
4c
Re: Mencocokkan data pada userform by "lapendosol opik" lapendosol
5a
Bls: [belajar-excel] Aplikasi Presensi by "benedictus sonny" yoe_sonny
6a
Re: menjumlahkan data berdasarkan kode by "Dian Anas" anassheva20
8a
Mencari list barang yg sudah dibeli oleh pelanggan by "Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com

Messages

Tue Apr 16, 2013 5:53 am (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Acara ini sangat ditunggu-tunggu, pengen sekali ikut hadir
Kalo ada bikin kaos, saya juga mau pesen
hehehehe
Wassalam,

________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, April 16, 2013 3:41 PM
Subject: Re: Bls: Bls: [belajar-excel] Kopi darat


 
boleh.. karena acara ini untuk umum..

silakan isi link berikut  http://tech.dir.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=2
target minimal adalah 100 orang peserta

Salam,

-Miss Jan Raisin-

2013/4/16 Rian Wijaya <rian2804@gmail.com>


>dear Miss Jan
>
>bolehkah ajak teman..... ?
>
>salam
>
>
>On 4/16/13, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> wrote:
>> Angkat lagi topik ini..
>>
>> sampai dengan hari ini yang sudah daftar melalui
>> http://tech.dir.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=2
>> mencapai
>> 67 orang, 46 orang diantarannya berdomisili di sekitar Jabodetabek.
>>
>> untuk Be-Exceler yang ingin ikut acara Kopdar Pertama Belajar Excel bisa
>> mendaftarkan dirinya melalui link di atas.
>>
>> Wassalam,
>>
>> -MJR-
>>
>

Tue Apr 16, 2013 6:20 am (PDT) . Posted by:

"belajar excell" belajar.excell

Selamat malam semuanya,

 
Mohon maaf lagi, kali ini sya mau Tanya lagi mengenai Pivot lagi. Tapi kali ini sya coba padukan Advanced filter dan Pivot, tapi masalahnya
Sepertinya syntax untuk pivotnya tidak berkerja pada sheet hasil advanced filter, Mohon bantuannya bagaimana agar syntax tersebut dapat berfungsi lagi ya ?
 
Terima kasih banyak atas bantuannya
 
RS

Tue Apr 16, 2013 6:43 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai RS,

scriptnya error di baris berikut:

Set objTable = Sheet4.PivotTableWizard

karena dalam workbook tersebut tidak ada sheet dengan nomor index 4, coba
lihat gambar di bawah ini (hasil screen shoot monitor)

[image: Gambar sisip 2]

sheet yang ada adalah sheet1, sheet2, sheet22, dan sheet3.
Karena Jan melihat sheet22 masih kosong sama sekali, coba ganti scriptnya
menjadi seperti ini:

Set objTable = Sheet22.PivotTableWizard

atau dengan cara lain, ubah nomor index sheet22 menjadi sheet4 tanpa
melakukan modifikasi terhadap script yang sudah ada.

lalu jalankan kembali script yang anda susun.

Sebagai tambahan wacana, ada 2 macam error saat penulisan script, yaitu:
1. Syntax Error, hal ini dapat langsung diketahui karena script VBA akan
berubah menjadi warna merah
2. Run-Time Error, hal ini baru diketahui saat script dijalankan, untuk
mengetahui dimana letak salahnya dapat dengan menekan tombol F8 berkali-kali

Kesalahan dalam script di atas dinamakan Run-Time Error

Semoga penjelasan yang singkat ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi semua,
jika ada yang salah tolong dikoreksi.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 16 April 2013 19.47, belajar excell <belajar.excell@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Selamat malam semuanya,
>
> Mohon maaf lagi, kali ini sya mau Tanya lagi mengenai Pivot lagi. Tapi
> kali ini sya coba padukan Advanced filter dan Pivot, tapi masalahnya
> Sepertinya syntax untuk pivotnya tidak berkerja pada sheet hasil advanced
> filter, Mohon bantuannya bagaimana agar syntax tersebut dapat berfungsi
> lagi ya ?
>
> Terima kasih banyak atas bantuannya
>
> RS
>
>
>

Tue Apr 16, 2013 8:09 pm (PDT) . Posted by:

belajar.excell

Miss Jan, terima kasih byk utk ilmunya..saya sudah ganti sheet4 jadi sheet22,setelah d jalankan berhasil.
Tapi masalahx adalah hasil pivotnya mengacu pada sheet test.bukan mengacu pada sheet result.
Sebenarx yg saya inginkan adalah dari sheet test,di saring lg datax yg nnti d taruh di sheet result.dari hasil saringan di sheet result tersebut maka di buat pivot..

Mohon bantuannya ya ...

RS






Sent from my BlackBerry�
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Wed, 17 Apr 2013 08:43:35
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA

Hai RS,

scriptnya error di baris berikut:

Set objTable = Sheet4.PivotTableWizard

karena dalam workbook tersebut tidak ada sheet dengan nomor index 4, coba
lihat gambar di bawah ini (hasil screen shoot monitor)

[image: Gambar sisip 2]

sheet yang ada adalah sheet1, sheet2, sheet22, dan sheet3.
Karena Jan melihat sheet22 masih kosong sama sekali, coba ganti scriptnya
menjadi seperti ini:

Set objTable = Sheet22.PivotTableWizard

atau dengan cara lain, ubah nomor index sheet22 menjadi sheet4 tanpa
melakukan modifikasi terhadap script yang sudah ada.

lalu jalankan kembali script yang anda susun.

Sebagai tambahan wacana, ada 2 macam error saat penulisan script, yaitu:
1. Syntax Error, hal ini dapat langsung diketahui karena script VBA akan
berubah menjadi warna merah
2. Run-Time Error, hal ini baru diketahui saat script dijalankan, untuk
mengetahui dimana letak salahnya dapat dengan menekan tombol F8 berkali-kali

Kesalahan dalam script di atas dinamakan Run-Time Error

Semoga penjelasan yang singkat ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi semua,
jika ada yang salah tolong dikoreksi.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-


Pada 16 April 2013 19.47, belajar excell <belajar.excell@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Selamat malam semuanya,
>
> Mohon maaf lagi, kali ini sya mau Tanya lagi mengenai Pivot lagi. Tapi
> kali ini sya coba padukan Advanced filter dan Pivot, tapi masalahnya
> Sepertinya syntax untuk pivotnya tidak berkerja pada sheet hasil advanced
> filter, Mohon bantuannya bagaimana agar syntax tersebut dapat berfungsi
> lagi ya ?
>
> Terima kasih banyak atas bantuannya
>
> RS
>
>
>

Tue Apr 16, 2013 7:22 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Sama2 Pak.
Coba juga Macro di bawah ini (file terlampir),
Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)
    If Target.Column = 2 And Target.Count = 1 Then
        Target.Offset(0, -1).Value = Sheets("tabel").Range("A" & Target.Value + 4)'4 adalah baris judul pada sheet Tabel
        Target.Offset(0, 1).Value = Sheets("tabel").Range("C" & Target.Value + 4)
        Target.Offset(0, 2).Value = Sheets("tabel").Range("F" & Target.Value + 4)
        Target.Offset(0, 3).Value = Sheets("tabel").Range("H" & Target.Value + 4)
    End If
End Sub

Salam,
HK

________________________________
From: Rahagung Dananjoyo <danank_01@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 16 April 2013, 15:25
Subject: Re: [belajar-excel] Mengambil data dari worksheet lain


 
Kepada Pak Hendrik dan Pak Ghozi
saya ucapkan banyak terima kasih untuk saran dan pencerahannya
Tadi benar karena saya pakai excel 2003 jadi formula nya tidak bekerja, setelah saya coba di excel 2007 bisa bekerja

Kedua formula dari pak hendrik dan pak ghozi sama-sama bisa diaplikasikan seperti harapan saya. Operator komputer kami juga sangat senang karena mendapat referensi dan wawasan baru lagi.

Bagi member milis yang lain, semoga informasi ini juga bermanfaat

Terima kasih

 

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, April 16, 2013 1:39 PM
Subject: Fw: [belajar-excel] Mengambil data dari worksheet lain


 
Jika anda pakai Excel 2007 dan formula tsb tidak berfungsi, berarti ada perbedaan Regional Settingya.
Jika Regional Settingnya Indonesian maka ganti tanda , dengan ;

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 16 April 2013, 13:04
Subject: Re: [belajar-excel] Mengambil data dari worksheet lain


 
Bapak Pakai Excel 2003? Formula IfError berlaku untuk Excel 2007 ke atas.
Coba pakai formulanya Pak Ghozi.

Salam,
HK

________________________________
From: Rahagung Dananjoyo <danank_01@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 16 April 2013, 12:49
Subject: Re: [belajar-excel] Mengambil data dari worksheet lain


 
Terima kasih pak hendrik untuk sarannya
sudah saya coba formula nya, tetapi kok muncul peringatan

"the formula you typed contains an error"

mohon sarannya

terima kasih

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, April 16, 2013 12:23 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Mengambil data dari worksheet lain


 
Coba ketik,
=IFERROR(VLOOKUP($B2,TABEL!$B$5:$J$54,5,FALSE),"") pada sheet Data Range D2

=IFERROR(VLOOKUP($B2,TABEL!$B$5:$J$54,7,FALSE),"") pada sheet Data Range E2

kemudian copy ke bawah.

Kalau mau pakai macro dibuat Worksheet Event Change pada VBA Project Sheet(Data).

Salam,
HK

________________________________
From: Rahagung Dananjoyo <danank_01@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 16 April 2013, 11:55
Subject: [belajar-excel] Mengambil data dari worksheet lain


 

Kepada Para Master Excel
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas segala ilmu dan manfaat yang saya dapat
dari milis ini. berikut ini saya ingin sharing dan ingin mendapat saran
dari rekan-rekan semua
Ada 2 sheet dalam file terlampir, sheet "DATA" dan sheet "TABEL".

Sheet "DATA" merupakan sheet yang akan digunakan dalam mencari data yang merujuk pada sheet "TABEL"

Sheet "TABEL"berisi data yang lengkap dan mempunyai fungsi seperti database

Harapannya adalah :
Ketika
diketikkan angka di kolom yang berwarna kuning pada sheet "DATA" maka
kolom lain yang berwarna hijau akan "otomatis"; terisi data yang merujuk
data dari sheet "TABEL", tentunya tetap sesuai dengan judul kolomnya,
misal KEBUN dan KATEGORI

Mohon saran dan pencerahan

Terima kasih

 

Tue Apr 16, 2013 10:57 am (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Dear master excel, mohon pencerahannya
Saya memiliki file excel dimana isinya terdapat userform
Isi userform terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:
textbox bernama txtKode
commandbutton bernama cmdCek
combobox bernamacmbNama
textbox bernama txtHarga

Sheet database terdiri dari:
range A:A = daftar kode
range B:B = daftar nama barang
range C:C = daftar harga

cmdCek saya gunakan untuk meng-Cek txtKode terhadap Database.Range("A:A")
Jika txtKode cocok text/value dari cmbNama dan txtHarga terisi otomatis dari range B:C
Saya baru coba untuk cmbNama tapi selalu salah, saya coba pakai LenB:

Private Sub cmdCek_Click()
If LenB(txtKode.Text) = Database.Range("A:A") Then
cmbNama.ListIndex = Tbl(txtKode.Text + 1, 3)
Else
MsgBox ("Ga ada")
End If
End Sub

Mohon pencerahannya untuk membetulkan bahasa yang salah tersebut.
Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih
Wassalam,

Tue Apr 16, 2013 7:31 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear pak Opik,

sebuah sample workbook akan membantu Be-Exceler yang ingin memberikan
solusi,
kalo Jan, karena masih baru belajar VBA dan tidak punya basic programing,
tentu sangat sulit untuk memberikan solusi berdasarkan data angan-angan
belaka.

Tapi.. karena Jan lagi baik hati, silakan lihat contoh pada lampiran,
btw, kenapa untuk harga dan nama barang gak pakai Label aja? kan fungsinya
hanya menampilkan saja.. bukan begitu bukan? atau ada proses seleksi lagi
dari hasil pengecekan kode?

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 17 April 2013 00.56, lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear master excel, mohon pencerahannya
> Saya memiliki file excel dimana isinya terdapat userform
> Isi userform terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:
> textbox bernama txtKode
> commandbutton bernama cmdCek
> combobox bernama cmbNama
> textbox bernama txtHarga
> Sheet database terdiri dari:
> range A:A = daftar kode
> range B:B = daftar nama barang
> range C:C = daftar harga
>
> cmdCek saya gunakan untuk meng-Cek txtKode terhadap Database.Range("A:A")
> Jika txtKode cocok text/value dari cmbNama dan txtHarga terisi otomatis
> dari range B:C
> Saya baru coba untuk cmbNama tapi selalu salah, saya coba pakai LenB:
>
> Private Sub cmdCek_Click()
> If LenB(txtKode.Text) = Database.Range("A:A") Then
> cmbNama.ListIndex = Tbl(txtKode.Text + 1, 3)
> Else
> MsgBox ("Ga ada")
> End If
> End Sub
>
> Mohon pencerahannya untuk membetulkan bahasa yang salah tersebut.
> Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih
> Wassalam,
>
>
>

Tue Apr 16, 2013 8:47 pm (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Trimakasih banyak Miss Jan, tips dari Miss Jan berjalan dengan baik. Miss Jan dan semua rekan-rekan disini emang baik semua kok, hehehe.

Sample workbook ada beserta beberapa form yang saya buat, berhubung saya kurang faham dan belum diisi bahasa programnya, takut rekan2 yang jawab males jawab karena kebanyakan makanya pertanyaan-pertanyaan saya cicil dengan dijabarin ke milis. Tapi berikutnya saya akan sertakan contoh filenya, bagian yang belum perlu bisa saya hapus.

Kenapa saya ga pake Label, bener kata miss Jan, ada proses seleksi pengecekan dari ComboBoxnya. Jadi bisa cek barang dari combobox maupun textbox kode barang gitu Miss Jan.
Sekali lagi terimakasih miss Jan
Wassalam,

________________________________
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, April 17, 2013 9:31 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Mencocokkan data pada userform


 
Dear pak Opik,

sebuah sample workbook akan membantu Be-Exceler yang ingin memberikan solusi,
kalo Jan, karena masih baru belajar VBA dan tidak punya basic programing, tentu sangat sulit untuk memberikan solusi berdasarkan data angan-angan belaka.

Tapi.. karena Jan lagi baik hati, silakan lihat contoh pada lampiran,
btw, kenapa untuk harga dan nama barang gak pakai Label aja? kan fungsinya hanya menampilkan saja.. bukan begitu bukan? atau ada proses seleksi lagi dari hasil pengecekan kode?

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 17 April 2013 00.56, lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com> menulis:


>Dear master excel, mohon pencerahannya
>Saya memiliki file excel dimana isinya terdapat userform
>Isi userform terdiri dari beberapa bagian, diantaranya:
>textbox bernama txtKode
>commandbutton bernama cmdCek
>combobox bernamacmbNama
>textbox bernama txtHarga
>
>Sheet database terdiri dari:
>range A:A = daftar kode
>range B:B = daftar nama barang
>range C:C = daftar harga
>
>
>cmdCek saya gunakan untuk meng-Cek txtKode terhadap Database.Range("A:A")
>Jika txtKode cocok text/value dari cmbNama dan txtHarga terisi otomatis dari range B:C
>Saya baru coba untuk cmbNama tapi selalu salah, saya coba pakai LenB:
>
>
>Private Sub cmdCek_Click()
>If LenB(txtKode.Text) = Database.Range("A:A") Then
>cmbNama.ListIndex = Tbl(txtKode.Text + 1, 3)
>Else
>MsgBox ("Ga ada")
>End If
>End Sub
>
>
>Mohon pencerahannya untuk membetulkan bahasa yang salah tersebut.
>Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih
>Wassalam,

Tue Apr 16, 2013 8:08 pm (PDT) . Posted by:

"benedictus sonny" yoe_sonny

Maaf baru membuka email ..

Terimakasih banyak Mr. Kid atas pencerahan .. dan bantuannya ..
 

Salam -- Sonny

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 15 April 2013 19:13
Judul: Re: [belajar-excel] Aplikasi Presensi


 
Jawaban dari pertanyaan bisa atau tidak cenderung bisa (walau perlu diusahakan)
Justru pertanyaannya adalah kenapa setiap user harus memiliki sheet sendiri untuk data presensinya.

Sebaiknya, data absensi ada dalam sheet absensi terkumpul menjadi satu, sehingga mudah diolah.
Sheet untuk menampilkan presensi adalah sebuah sheet output yang isi datanya mengambil dari sheet data absensi berdasar nama tertentu (filtering).

Pertanyaan berikutnya, kapan user bisa melihat output atas namanya ?
Ketika ada sebuah tombol, misal seperti yang Anda gunakan yaitu tombol Presensi.
Untuk hal ini, sebaiknya disertakan daftar user dan passwordnya disebuah sheet baru, sehingga user yang akan melihat sheet presensi atas nama tertentu perlu memasukkan password milik nama tersebut.

Wassalam,
Kid.

2013/4/15 benedictus sonny <yoe_sonny@yahoo.com>


>Terimakasih banyak ... Master Kid ..
>
>saya pakai cara super hidden untuk menyembunyikan sheet paka VBW -- berhasil
>
>Maaf, saya ada pertanyaan lagi, apakah bisa jika setiap user memiliki sheet sendiri, sehingga jika klik presensi, langsung masuk ke sheet miliknya. ... maaf sebelumnya ..
>
>Terimakasih banyak
>
>
>Sonny
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Minggu, 14 April 2013 21:00
>Judul: Re: [belajar-excel] Aplikasi Presensi
>
>
>

>Pak Sonny,
>
>"Saya telah menggunakan file aplikasi presensi yang ada di forum ini ...-
file terlampir.. (mohon ijin ... he he), dan sangat bermuanfaat sekali."
>>> Silakan digunakan. Jangan lupa selalu menyertakan sumber dan pembuatnya.
>
>"bagaimana
caranya agar database yang ada di sheet absen tidak bisa diedit, karena
ketika saya coba protect sheet, programnya jadi tidak bisa jalan
../error"
>>> Jika akan menggunakan proteksi sheet, buat event Open pada object class ThisWorkbook di VBE dan isi dengan proses proteksi seperti berikut :
>
>Sheets("nama sheet nya").protect "passwordnya&quot;, userinterfaceonly:=true
>
>
>
>>> Jika tanpa proteksi dan sheet boleh di-hide, coba hide sheet dengan very hidden. Caranya :
>
>1. ke VBE (ALT F11) -> double click object class sheet tersebut
>
>2. lihat di window Properties (tekan F4 jika belum muncul)
>
>3. cari properti bernama Visible -> ganti nilainya dengan xlSheetVeryHidden
>
>"bagaimana caranya supaya ketika membuka aplikasi presensi tidak muncul pertanyaan untuk meng-enable kan macro .., jadi ketika dibuka langsung bisa jalan .."
>
>>> Berhubung VBA adalah pintu gerbang otomasi aplikasi Excel, maka seluruh setting aplikasi yang berkaitan dengan ijin menggunakan VBA saat aplikasi Excel dipanggil oleh WIndows (OS-nya) tidak dapat diatur.
>
>>> Jika bersedia dengan manual :
>
>=> ke Excel Options -> page Trust Center -> klik tombol Trust Center Setting
>cara1 : -> page Macro Setting -> pilih Enable All (resiko ditanggung).
>
>atau
>
>cara2 :-> page Trusted Locations -> klik tombol Add new location -> pilih atau buat folder khusus file Excel yang dapat dipercaya berisi VBA
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>2013/4/13 benedictus sonny <yoe_sonny@yahoo.com>
>
>
>> 
>>
>>
>>Salam hormat untuk para Master Excel ...
>>
>>
>>
>>
>>Saya telah menggunakan file aplikasi presensi yang ada di forum ini ...- file terlampir.. (mohon ijin ... he he), dan sangat bermuanfaat sekali.
>>Namun ada sedikit masalah, bagaimana caranya agar database yang ada di sheet absen tidak bisa diedit, karena ketika saya coba protect sheet, programnya jadi tidak bisa jalan ../error
>>
>>
>>Berikutnya mohon pencerahan juga, bagaimana caranya supaya ketika membuka aplikasi presensi tidak muncul pertanyaan untuk meng-enable kan macro .., jadi ketika dibuka langsung bisa jalan ..
>>
>>
>>
>>Mohon maaf .. Mohon bantuan dan pencerahan dari Master Excel ..
>>
>>
>>
>>
>>Maturnuwun..dan Terimaksih ..
>>
>>
>>
>>
>>
>>Sonny - Malang
>
>
>

Tue Apr 16, 2013 8:09 pm (PDT) . Posted by:

"Dian Anas" anassheva20

saya jg bingung mr. kid, baiklah nanti saya akan perbaiki lampireannya. mtr nwun koreksinya

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, April 15, 2013 7:18 PM
Subject: Re: [belajar-excel] menjumlahkan data berdasarkan kode


 
Oh iya, sekalian juga untuk C6 dan C5 nya. Dapat dari manakah angka yang harus dipasang di C6 dan C5 itu.
Tidak semua BeExceller berprofesi seperti Anda loh, yang begitu melihat sheetnya langsung tahu itu harus diisi dari sini dan situ.

Semoga dengan tambahan keterangan yang lebih detil demikian, akan mempercepat respon yang bisa Anda dapatkan dari BeExceller.

Wassalam,
Kid.

2013/4/15 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

Kok masih ndak ada contoh hasil kerja manual Anda ?
>Coba diisi manual di cell C7 sheet k7a modif atau cell lain yang harusnya ada angkanya.
>Kemudian sertakan keterangan pada cell itu (bisa dengan diberi comment) yang berisi diambil dari sheet K3 cell apa saja.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>2013/4/15 Dian Anas <anassheva20@yahoo.com>
>
>
>> 
>>selamat pagi,
>>terima kasih atas koreksi dari Mr. Kid, untuk lampiran sudah diperbaiki. mohon saran dari para pakar excel.
>>terima kasih
>

Tue Apr 16, 2013 8:10 pm (PDT) . Posted by:

"ganjar baiquni" mgb_0603221474

assalamu alaikum,
mohon bantuannya untuk bisa mengotomatiskan pengisian cell kolom H,
berdasarkan salah satu kata dari isi cell pada kolom D

terima kasih atas bantuannya.

terlampir contoh file dimaksud,

--
ganjar baiquni

Tue Apr 16, 2013 8:23 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Wa'alaikumsalam wr. wb.,

Pak Ganjar Baiquni,

solusi untuk kasus anda adalah dengan cara membuat sebuah tabel yang berisi
Perihal dan kategorinya
karena Jan tidak mengetahui perihal apa saja yang mungkin ada, maka
sebaiknya pak Ganjar menyediakan dahulu tabel tersebut
setelah itu untuk pengisian kolom H dapat dilakukan menggunakan
fungsi-fungsi lookup.

mungkin untuk lebih mudahnya.. tabelnya berisi 3 kolom, yaitu: kolom 1:
Kode (nantinya lookup akan menggunakan kode dibandingkan menggunakan
perihal), kolom 2: Perihal, dan kolom 3: Kategori Perihal.

Semoga gak salah-salah amat solusinya..

Wassalamu'alaikum wr. wb.,

-Miss Jan Raisin-

Pada 17 April 2013 10.01, ganjar baiquni <gbaiquni@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> assalamu alaikum,
> mohon bantuannya untuk bisa mengotomatiskan pengisian cell kolom H,
> berdasarkan salah satu kata dari isi cell pada kolom D
>
> terima kasih atas bantuannya.
>
> terlampir contoh file dimaksud,
>
> --
> ganjar baiquni
>
>
>

Tue Apr 16, 2013 9:35 pm (PDT) . Posted by:

"mgb_0603221474" mgb_0603221474



wa alaikum salam wr wb

terima kasih atas usulan solusi yang diberikan miss.jan.raisin.
mungkin saya perlu tambahkan lagi kendala pengisian tabel yang saya lampirkan.

kendala pertama, petugas yang melakukan input pada cell di kolom D,tidak begitu paham mengenai komputer dan aplikasinya, hanya bisa mengetik pada cell dimaksud.

kedua, isian pada cell di kolom D, benar2 bebas tanpa pembatasan, namun bisa diidentifikasikan dengan beberapa kata kunci. adapun warna2 yang ada padal tabel yang saya lampirkan, sudah saya manipulasi melalui fitur "conditional formatting".

nah, ingin saya lakukan adalah, cukup dengan beberapa kategori kata kunci pada isian cell di kolom D(misal: orang, izin, alamat, dll, dan tiap cell hanya ada satu kata tersebut), maka pada cell di kolom H akan muncul sejumlah kategori sesuai kata kunci diatas (orang, izin, alamat, dll)

terima kasih atas bantuannya.

wassalam

ganjar baiquni

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Jan Raisin <miss.jan.raisin@...> wrote:
>
> Wa'alaikumsalam wr. wb.,
>
> Pak Ganjar Baiquni,
>
> solusi untuk kasus anda adalah dengan cara membuat sebuah tabel yang berisi
> Perihal dan kategorinya
> karena Jan tidak mengetahui perihal apa saja yang mungkin ada, maka
> sebaiknya pak Ganjar menyediakan dahulu tabel tersebut
> setelah itu untuk pengisian kolom H dapat dilakukan menggunakan
> fungsi-fungsi lookup.
>
> mungkin untuk lebih mudahnya.. tabelnya berisi 3 kolom, yaitu: kolom 1:
> Kode (nantinya lookup akan menggunakan kode dibandingkan menggunakan
> perihal), kolom 2: Perihal, dan kolom 3: Kategori Perihal.
>
> Semoga gak salah-salah amat solusinya..
>
> Wassalamu'alaikum wr. wb.,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 17 April 2013 10.01, ganjar baiquni <gbaiquni@...> menulis:
>
> > **
> >
> >
> > assalamu alaikum,
> > mohon bantuannya untuk bisa mengotomatiskan pengisian cell kolom H,
> > berdasarkan salah satu kata dari isi cell pada kolom D
> >
> > terima kasih atas bantuannya.
> >
> > terlampir contoh file dimaksud,
> >
> > --
> > ganjar baiquni
> >
> >
> >
>

Tue Apr 16, 2013 8:31 pm (PDT) . Posted by:

"Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com

halo be exceller.,mau tanya,bagaimana fungsi untuk mencari, misal nama barang yg sudah dibeli seseorang.
Contoh sheetnya:

I.)  ______A______B___________C______
    1           No.      Pembeli             Barang**          
    2            1           Billy                      MP4              
    3            2         Gugun                  Radio           
    4            3           Billy                Handsfree          
    5            4          Jono                Notebook          
    6            5          Jono                Keyboard

II.) trus saya buat sheet baru yg isinya:
     ______A________B_________________C__________
   1           No.      Nama Pembeli*             Barang yg sudah dibeli          
   2            1                  Billy                                    .........
   3            2                Gugun                                 .........
   4            3                 Jono                                   ..........
   5

di bag. II.) saya sudah buat menjadi Data Validation -> List (jadi bisa dipilih2..).

Lalu u/ mencari "Barang yg sudah dibeli" pake fungsi apa ya? Terima kasih.

Tue Apr 16, 2013 8:52 pm (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Pakai funsi VLOOKUP bisa pak
Coba isi di C2 =vlookup(B2,$a$1:$c$6,3)
Copy kebawah.
Semoga sesuai ya hehehe
Trimakasih
Wassalam,

________________________________
From: Paulus Taripar <paulustaripar@rocketmail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, April 17, 2013 10:28 AM
Subject: [belajar-excel] Mencari list barang yg sudah dibeli oleh pelanggan


 
halo be exceller.,mau tanya,bagaimana fungsi untuk mencari, misal nama barang yg sudah dibeli seseorang.
Contoh sheetnya:

I.)  ______A______B___________C______
    1           No.      Pembeli             Barang**          
    2            1           Billy                      MP4              
   
3            2         Gugun                  Radio           
    4            3           Billy                Handsfree          
    5            4          Jono                Notebook          
   
6            5          Jono                Keyboard

II.) trus saya buat sheet baru yg isinya:
     ______A________B_________________C__________
   1           No.      Nama Pembeli*             Barang yg sudah dibeli          
   2            1                  Billy                                    .........
   3            2                Gugun                                 .........
   4            3                 Jono                                   ..........
   5

di bag. II.) saya sudah buat menjadi Data Validation -> List (jadi bisa dipilih2..).

Lalu u/ mencari "Barang yg sudah dibeli" pake fungsi apa ya? Terima kasih.

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar