Kamis, 25 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2261

Milis Belajar Microsoft Excel

15 New Messages

Digest #2261
3a
format cell number type by "tuti andrayani" andrayani_lee
3b
Re: format cell number type by "summonery" summonery
4b
Re: Advanced Filet + Pivot VBA by "Fahmi Baskara Gmail" fahmi_baskara
4c
Re: Advanced Filet + Pivot VBA by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
4d
Re: Advanced Filet + Pivot VBA by "zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum
5a
9a
Bls: [belajar-excel] Mencari hari minggu by "ghozi alkatiri" ghozialkatiri

Messages

Wed Apr 24, 2013 10:56 pm (PDT) . Posted by:

hartini_80

Dear mba murni..
Maaf ikutan nimbrung, jika mba beli bukunya itu ada dpt bonus CD kok, dan didalam CD tersebut ada file latihannya, ada 1 file lagi yg berisi cara2 pembuatannya kok mba, beserta VBAnya, bener2 lengkap tanpa di password.
Karena saya juga memilikinya hehehe
Demikian dan terima kasih
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: Murni Always <murnialways_smile@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 25 Apr 2013 11:05:22
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Contoh aplikasi keuangan

Selamat Pagi Para Master,.
�
saya attach contoh program yang saya dapat.
mohon pencerahan dan bantuannya..
semoga contoh program ini bsa menjadi sarana belajar yang baik untuk para milis..
�
Salam
Murni


________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Rabu, 24 April 2013 17:16
Judul: Re: [belajar-excel] (unknown)






Saya setuju dengan ide Pak Hendrik.
Daripada membongkar password atau untuk mencari ijin kepada penulis buku agar boleh mempelajari algoritma-nya relatif repot, bisa jadi dengan diketahui input dan outputnya nanti bisa didiskusikan bersama apa prosesnya. Kemudian disusun script versi milis-nya (yang author-nya bisa orang banyak). Tidak tertutup kemungkinan bahwa dengan ide banyak pihak akan membuat proses lebih kaya daripada yang ada bersama buku tersebut. Penulis buku juga malah bisa memanfaatkan hasil karya BeExceller. Tentu saja penulis buku harus menyertakan sumbernya (milis Belajar-Excel) beserta para kontributornya.

Wassalam,
Kid.





2013/4/24 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

�
>Mumpung (maaf mas Aji) lagi semangat belajar, (kalau boleh) mengapa tidak dibalik casenya. File yang berisi input dan output dilampirkan (lagi2 kalau boleh), VBE nya dibuat bersama2 dengan rekan2 milis.
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>________________________________
>From: aji mumpung <pupung1986@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Wednesday, 24 April 2013, 16:02
>Subject: Re: [belajar-excel] (unknown)
>
>
>
>�
>imho,
>
>
>sebaiknya ibu Murni meminta password kepada pembuat program tersebut..�
>tentu ada suatu alasan tertentu kenapa si pembuat program harus memprotek VBE tersebut
>
>
>kalo tetap ingin menggunakan jalan belakang, cara-cara tersebut banyak bertebaran di internet..
>tetapi saya yakin bahwa di milis ini tidak akan pernah mengajarkan cara-cara yang kurang baik seperti itu.
>
>
>Wassalam,
>
>
>-Aji Mumpung-
>
>
>
>Pada 24 April 2013 15.46, Murni Always <murnialways_smile@yahoo.co.id> menulis:
>
>�
>>Selamat Sore Para Master,
>>�
>>Lagi-lagi saya mau bertanya master,.
>>saya dapat contoh program sederhana tapi menarik,
>>tapi VBAProjectnya dipassword.
>>adakah cara untuk membuka password tersebut?
>>
>>bukan bermaksud ingin mencontoh, tapi ingin belajar dr project tersebut
>>kali aja saya bsa mengadopsi beberapa listing sekaligus melogika alur dari sistem tersebut.
>>
>>terima kasih
>>
>>Salam
>>-Murni
>
>
>




Wed Apr 24, 2013 10:58 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

selamat bergabung di milis Belajar Excel pak..
salam kenal juga dari Jan ~gadis manis~ di milis ini xixixixi :D

Jika ada kesulitan mengenai Ms Excel dan VBA silakan menngajukan pertanyaan
melalui milis... insya ALLAH akan dibantu sebisanya oleh Be-Exceler yang
ada di sini.

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan akan sangat berharga untuk Be-Exceler yang
lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 25 April 2013 12.50, <mirza.rotua@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Dear Suhu dan Master Semua,
>
> Perkenalkan saya Mirza, new member milis ini.
>
> Mohon bantuan dan pencerahannya agar saya bisa lebih memahami excel lebih
> mendalam.
>
> Salam
> Mirza
>
>
>

Wed Apr 24, 2013 11:10 pm (PDT) . Posted by:

"tuti andrayani" andrayani_lee

Dear All,

Mohon pencerahan jika saya punya data dengan tipe cell numbernya accounting (ada pemisah ribuan), ketika di pivot yg muncul tidak ada pemisah (koma)nya ya.sehingga saya harus rubah tipe cell numbernya lagi jadi accounting

Bagaimana ya biar setiap sy refresh data pivotnya ttp bentuk accounting

Thanks
Tuti

Thu Apr 25, 2013 12:44 am (PDT) . Posted by:

"summonery" summonery

Setelah mengatur format cells-nya: masuk ke PivotTable Options, bisa
dari klik kanan mouse pada field PivotTable.
PivotTable Options > Layout & Format > contreng Preserve cell formatting
on update

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, tuti andrayani wrote:
>
> Dear All,
>
> Mohon pencerahan jika saya punya data dengan tipe cell numbernya
accounting (ada pemisah ribuan), ketika di pivot yg muncul tidak ada
pemisah (koma)nya ya.sehingga saya harus rubah tipe cell numbernya lagi
jadi accounting
>
> Bagaimana ya biar setiap sy refresh data pivotnya ttp bentuk
accounting
>
> Thanks
> Tuti
>

Wed Apr 24, 2013 11:19 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Default pada PivotTable adalah Count atau Sum tergantung dari tipe datanya
>>> jika tipe data adalah numeric dan tidak ada data yang kosong maka
secara default PT akan menghasilkan Sum
>>> jika tipe data adalah numeric tetaoi ada data yang blank maka secara
default maka PT akan menghasilkan Count, karena Excel akan menganggap cell
yang blank tersebut bertipe Text

setau Jan tidak ada cara otomatis yang dapat mengubah default Count/Sum
menjadi fungsi yang lain tanpa harus mengubah secara manual (ini diluar VBA
ya)

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan akan sangat berharga untuk Be-Exceler yang
lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 25 April 2013 12.46, Fahmi Baskara Gmail <fahmi.baskara@gmail.com>menulis:

> **
>
>
> Assalamualaikum wr. Wb. Kawan-kawan be-Excel…****
>
> ** **
>
> Masih seputar Pivot table nih. ****
>
> Saya mau Tanya apakah bisa merubah default summarized data pada pivot
> table yang defaultnya adalah "COUNT" dirubah menjadi fungsi lainnya tanpa
> harus mengubah manual satu-persatu coloumn…?****
>
> ** **
>
> Terimakasih atas bantuannya…****
>
> ** **
>
> Salam****
>
> Fahmi. ****
>
> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *Mr. Kid
> *Sent:* Saturday, April 20, 2013 8:50 AM
> *To:* BeExcel
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA****
>
> ** **
>
> ****
>
> Kegiatan memfilter pivot dilakukan oleh prosedur berikut :
> Public Sub FilterPivotReport(Optional bState As Boolean = False)
> Dim pvt As PivotTable
>
> Application.ScreenUpdating = False
> Sheet2.Calculate
> Set pvt = Sheet2.PivotTables(1)
> With pvt
> .RefreshTable
> With .PivotFields("Month";)
> .ClearAllFilters
> .PivotFilters.Add xlCaptionIsBetween,
> Value1:=Sheet2.Range("c11").Value, Value2:=Sheet2.Range("c12").Value
> End With
> End With
> Application.ScreenUpdating = True
> End Sub****
>
> Nama prosedur : FilterPivotReport****
>
> Jenis prosedur : Sub [artinya : tidak memberikan nilai balik hasil
> prosedur -> nilai baliknya null]****
>
> Scope prosedur : Public [artinya bisa digunakan dimanapun dalam workbook]*
> ***
>
> Input parameter : bState [artinya membutuhkan inputan ketika dipanggil
> untuk bekerja yang nilai inputan tersebut disimpan dalam bState]****
>
> Tipe input parameter : Boolean [bisa diisi nilai TRUE atau FALSE]****
>
> Tingkat kebutuhan input parameter : Optional [artinya boleh tidak diberi
> nilai, jika tidak diberi nilai, maka akan menggunakan nilai default]****
>
> Nilai default input parameter : False [jika bState tidak diberi nilai,
> maka akan diberi nilai FALSE]****
>
> Tujuan ada input parameter dalam prosedur ini : menghilangkan nama
> prosedur dari daftar prosedur di Run Macro (ALT F8) dari worksheet****
>
> Isi prosedur :****
>
> 1. deklarasi variabel wadah pivot table dengan scope lokal dalam prosedur
> Dim pvt As PivotTable****
>
> 2. turn off kegiatan merefresh tampilan yang dilakukan aplikasi agar tidak
> sibuk merefresh (hemat proses)
> Application.ScreenUpdating = False****
>
> 3. mengkalkulasi sheet kerja (nama object sheet2 dalam vba bukan nama
> sheet dalam tab sheet)****
>
> Sheet2.Calculate****
>
> 4. isi variabel pivot table dengan benda pivot table yang ada dalam sheet
> kerja****
>
> Set pvt = Sheet2.PivotTables(1)****
>
> bahasa manusia :
> "variabel object pivot table (pvt) diisi dengan pivot table ke-1 yang ada
> di dalam sheet2"****
>
> ** **
>
> 5. fokus bekerja pada pivot table (yang ada dalam variabel pivot)****
>
> With pvt****
>
> ** **
>
> 6. refresh pivot table****
>
> .RefreshTable****
>
> 7. fokus pada fields bernama Month dalam pivot table
> With .PivotFields("Month";)****
>
> 8. hapus seluruh filter yang ada
> .ClearAllFilters****
>
> 9. lakukan filter baru terhadap pivot table****
>
> .PivotFilters.Add xlCaptionIsBetween,
> Value1:=Sheet2.Range("c11").Value, Value2:=Sheet2.Range("c12").Value****
>
> bahasa manusia :
> "pada field kerja di object filters (pivotfilters) ditambahkan (add)
> proses filter dengan tipe filter berupa nilai batas bawah dan nilai batas
> atas (xlCaptionIsBetween) yang nilai batas bawah adalah nilai yang ada
> dalam sheet kerja range C11 dan nilai batas atas adalah nilai yang didapat
> dari sheet kerja range C12"****
>
> ** **
>
> 10. selesai bekerja pada field Month (yang tadi dimulai di nomor 7)
> End With****
>
> 11. selesai berkerja pada pivot table (yang tadi dimulai di nomor 5)
> End With****
>
> ** **
>
> 12. ijinkan kembali aplikasi untuk aktif me-refresh tampilan
> Application.ScreenUpdating = True****
>
> 13. tanda akhir blok prosedur
> End Sub****
>
> ** **
>
> Wassalam,****
>
> Kid.****
>
> ** **
>
> ** **
>
> 2013/4/20 belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>****
>
> ****
>
> Pak Kid, terima kasih banyak atas bantuannya, sudah seperti yang saya
> inginkan.****
>
> ** **
>
> Pak, seandainya memungkinkan, bisakah Pak Kid mengajarkan cara baca VBA
> yang telah Pak Kid buat ? hehe****
>
> Mungkin dengan mengetahui cara bacanya, saya bisa sedikit lebih paham
> mengenai VBA.****
>
> ** **
>
> Terima kasih byk ya Pak Kid,****
>
> ** **
>
> RS****
>
> ** **
> ------------------------------
>
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com> ****
>
> *Sent:* Thursday, April 18, 2013 12:25 AM****
>
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA****
>
> ** **
>
> ****
>
> File terlampir mencoba menata letak field Month agar bisa disembunyikan.
> Tidak ada yang diubah pada VBA-nya.****
>
> Wassalam,****
>
> Kid.****
>
> ** **
>
> ** **
>
> 2013/4/17 belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>****
>
> ****
>
> Pak Kid, terima kasih untuk bantuannya, sekali lagi saya mendapat ilmu
> tambahan yang sangat membantu saya dalam mempelajari VBA.****
>
> Mohon maaf karena saya kurang menjelaskan pivot seperti apa yang di
> inginkan, maksd sya adalah hasil dari advanced filter itu berupa
> penjumlahan ( sum ) pada pivot ( seperti pada contoh sheet - hasil yang di
> inginkan ).****
>
> ** **
>
> Jadi pada waktu advanced filter kita pilih month 1 dan month 2, maka
> bentuk pivot sumnya juga adalah hasil penjumlahan dari month1 dan 2.****
>
> kalu saya pilih month 6 dan month 7, maka pivot sumnya adalah hasil
> penjumlahn dari moonth 6 dan 7. begitu juga setrusnya.****
>
> ** **
>
> sekali lagi mohon maap karena udah merepotkan, maklumlah wawasan saya
> dalam VBA masih sangat minim, hehehe****
>
> ** **
>
> Di tolong ya Pak Kid dan rekan2 semuanya,,****
>
> ** **
>
> RS****
>
> ** **
> ------------------------------
>
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Wednesday, April 17, 2013 2:47 PM****
>
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA****
>
> ** **
>
> Bagaimana jika seperti file terlampir ?****
>
> Cukup dengan sheet Test, tapi bisa filter dengan VBA (user ndak perlu
> filter langsung di pivot table).****
>
> btw, kenapa user tidak diminta filter langsung di pivot table ya....****
>
> Wassalam,****
>
> Kid.****
>
> ** **
>
> 2013/4/17 <belajar.excell@yahoo.com>****
>
> ****
>
> Miss Jan, terima kasih byk utk ilmunya..saya sudah ganti sheet4 jadi
> sheet22,setelah d jalankan berhasil.
> Tapi masalahx adalah hasil pivotnya mengacu pada sheet test.bukan mengacu
> pada sheet result.
> Sebenarx yg saya inginkan adalah dari sheet test,di saring lg datax yg
> nnti d taruh di sheet result.dari hasil saringan di sheet result tersebut
> maka di buat pivot..
>
> Mohon bantuannya ya ...
>
> RS
>
>
>
>
> ****
>
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT****
> ------------------------------
>
> *From: *Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> ****
>
> *Sender: *belajar-excel@yahoogroups.com ****
>
> *Date: *Wed, 17 Apr 2013 08:43:35 +0700****
>
> *To: *<belajar-excel@yahoogroups.com>****
>
> *ReplyTo: *belajar-excel@yahoogroups.com ****
>
> *Subject: *Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA****
>
> ** **
>
> ****
>
> Hai RS,****
>
> ** **
>
> scriptnya error di baris berikut:****
>
> ** **
>
> Set objTable = Sheet4.PivotTableWizard****
>
> ** **
>
> karena dalam workbook tersebut tidak ada sheet dengan nomor index 4, coba
> lihat gambar di bawah ini (hasil screen shoot monitor)****
>
> ** **
>
> *Error! Filename not specified.*****
>
> ** **
>
> sheet yang ada adalah sheet1, sheet2, sheet22, dan sheet3.****
>
> Karena Jan melihat sheet22 masih kosong sama sekali, coba ganti scriptnya
> menjadi seperti ini:****
>
> ** **
>
> Set objTable = Sheet22.PivotTableWizard****
>
> ** **
>
> atau dengan cara lain, ubah nomor index sheet22 menjadi sheet4 tanpa
> melakukan modifikasi terhadap script yang sudah ada.****
>
> ** **
>
> lalu jalankan kembali script yang anda susun.****
>
> ** **
>
> Sebagai tambahan wacana, ada 2 macam error saat penulisan script, yaitu:**
> **
>
> 1. Syntax Error, hal ini dapat langsung diketahui karena script VBA akan
> berubah menjadi warna merah****
>
> 2. Run-Time Error, hal ini baru diketahui saat script dijalankan, untuk
> mengetahui dimana letak salahnya dapat dengan menekan tombol F8 berkali-kali
> ****
>
> ** **
>
> Kesalahan dalam script di atas dinamakan Run-Time Error****
>
> ** **
>
> Semoga penjelasan yang singkat ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi semua,
> jika ada yang salah tolong dikoreksi.****
>
> ** **
>
> Wassalam,****
>
> ** **
>
> -Miss Jan Raisin-****
>
> ** **
>
> Pada 16 April 2013 19.47, belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>
> menulis:****
>
> ****
>
> Selamat malam semuanya,****
>
> ****
>
> Mohon maaf lagi, kali ini sya mau Tanya lagi mengenai Pivot lagi. Tapi
> kali ini sya coba padukan Advanced filter dan Pivot, tapi masalahnya****
>
> Sepertinya syntax untuk pivotnya tidak berkerja pada sheet hasil advanced
> filter, Mohon bantuannya bagaimana agar syntax tersebut dapat berfungsi
> lagi ya ?****
>
> ****
>
> Terima kasih banyak atas bantuannya****
>
> ****
>
> RS****
>
> ** **
>
> ** **
>
> ** **
>
> ** **
>
> ** **
>
> ** **
>
> ** **
>
> ****
>
>
>

Thu Apr 25, 2013 12:58 am (PDT) . Posted by:

"Fahmi Baskara Gmail" fahmi_baskara

Jadi berdasarkan type datanya ya miss Jan.

Ok miss terimakasih atas penjelasannya.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: Thursday, April 25, 2013 1:19 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA

Default pada PivotTable adalah Count atau Sum tergantung dari tipe datanya

>>> jika tipe data adalah numeric dan tidak ada data yang kosong maka secara
default PT akan menghasilkan Sum

>>> jika tipe data adalah numeric tetaoi ada data yang blank maka secara
default maka PT akan menghasilkan Count, karena Excel akan menganggap cell
yang blank tersebut bertipe Text

setau Jan tidak ada cara otomatis yang dapat mengubah default Count/Sum
menjadi fungsi yang lain tanpa harus mengubah secara manual (ini diluar VBA
ya)

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut

http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord
<http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&
tbl=3> &tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan akan sangat berharga untuk Be-Exceler yang
lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 25 April 2013 12.46, Fahmi Baskara Gmail <fahmi.baskara@gmail.com>
menulis:

Assalamualaikum wr. Wb. Kawan-kawan be-Excel.

Masih seputar Pivot table nih.

Saya mau Tanya apakah bisa merubah default summarized data pada pivot table
yang defaultnya adalah "COUNT" dirubah menjadi fungsi lainnya tanpa harus
mengubah manual satu-persatu coloumn.?

Terimakasih atas bantuannya.

Salam

Fahmi.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Saturday, April 20, 2013 8:50 AM
To: BeExcel

Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA

Kegiatan memfilter pivot dilakukan oleh prosedur berikut :
Public Sub FilterPivotReport(Optional bState As Boolean = False)
Dim pvt As PivotTable

Application.ScreenUpdating = False
Sheet2.Calculate
Set pvt = Sheet2.PivotTables(1)
With pvt
.RefreshTable
With .PivotFields("Month";)
.ClearAllFilters
.PivotFilters.Add xlCaptionIsBetween,
Value1:=Sheet2.Range("c11").Value, Value2:=Sheet2.Range("c12").Value
End With
End With
Application.ScreenUpdating = True
End Sub

Nama prosedur : FilterPivotReport

Jenis prosedur : Sub [artinya : tidak memberikan nilai balik hasil prosedur
-> nilai baliknya null]

Scope prosedur : Public [artinya bisa digunakan dimanapun dalam workbook]

Input parameter : bState [artinya membutuhkan inputan ketika dipanggil untuk
bekerja yang nilai inputan tersebut disimpan dalam bState]

Tipe input parameter : Boolean [bisa diisi nilai TRUE atau FALSE]

Tingkat kebutuhan input parameter : Optional [artinya boleh tidak diberi
nilai, jika tidak diberi nilai, maka akan menggunakan nilai default]

Nilai default input parameter : False [jika bState tidak diberi nilai, maka
akan diberi nilai FALSE]

Tujuan ada input parameter dalam prosedur ini : menghilangkan nama prosedur
dari daftar prosedur di Run Macro (ALT F8) dari worksheet

Isi prosedur :

1. deklarasi variabel wadah pivot table dengan scope lokal dalam prosedur
Dim pvt As PivotTable

2. turn off kegiatan merefresh tampilan yang dilakukan aplikasi agar tidak
sibuk merefresh (hemat proses)
Application.ScreenUpdating = False

3. mengkalkulasi sheet kerja (nama object sheet2 dalam vba bukan nama sheet
dalam tab sheet)

Sheet2.Calculate

4. isi variabel pivot table dengan benda pivot table yang ada dalam sheet
kerja

Set pvt = Sheet2.PivotTables(1)

bahasa manusia :
"variabel object pivot table (pvt) diisi dengan pivot table ke-1 yang ada di
dalam sheet2"

5. fokus bekerja pada pivot table (yang ada dalam variabel pivot)

With pvt

6. refresh pivot table

.RefreshTable

7. fokus pada fields bernama Month dalam pivot table
With .PivotFields("Month";)

8. hapus seluruh filter yang ada
.ClearAllFilters

9. lakukan filter baru terhadap pivot table

.PivotFilters.Add xlCaptionIsBetween,
Value1:=Sheet2.Range("c11").Value, Value2:=Sheet2.Range("c12").Value

bahasa manusia :
"pada field kerja di object filters (pivotfilters) ditambahkan (add) proses
filter dengan tipe filter berupa nilai batas bawah dan nilai batas atas
(xlCaptionIsBetween) yang nilai batas bawah adalah nilai yang ada dalam
sheet kerja range C11 dan nilai batas atas adalah nilai yang didapat dari
sheet kerja range C12"

10. selesai bekerja pada field Month (yang tadi dimulai di nomor 7)
End With

11. selesai berkerja pada pivot table (yang tadi dimulai di nomor 5)
End With

12. ijinkan kembali aplikasi untuk aktif me-refresh tampilan
Application.ScreenUpdating = True

13. tanda akhir blok prosedur
End Sub

Wassalam,

Kid.

2013/4/20 belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>

Pak Kid, terima kasih banyak atas bantuannya, sudah seperti yang saya
inginkan.

Pak, seandainya memungkinkan, bisakah Pak Kid mengajarkan cara baca VBA yang
telah Pak Kid buat ? hehe

Mungkin dengan mengetahui cara bacanya, saya bisa sedikit lebih paham
mengenai VBA.

Terima kasih byk ya Pak Kid,

RS

_____

From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>

Sent: Thursday, April 18, 2013 12:25 AM

Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA

File terlampir mencoba menata letak field Month agar bisa disembunyikan.
Tidak ada yang diubah pada VBA-nya.

Wassalam,

Kid.

2013/4/17 belajar excell <belajar.excell@yahoo.com>

Pak Kid, terima kasih untuk bantuannya, sekali lagi saya mendapat ilmu
tambahan yang sangat membantu saya dalam mempelajari VBA.

Mohon maaf karena saya kurang menjelaskan pivot seperti apa yang di
inginkan, maksd sya adalah hasil dari advanced filter itu berupa penjumlahan
( sum ) pada pivot ( seperti pada contoh sheet - hasil yang di inginkan ).

Jadi pada waktu advanced filter kita pilih month 1 dan month 2, maka bentuk
pivot sumnya juga adalah hasil penjumlahan dari month1 dan 2.

kalu saya pilih month 6 dan month 7, maka pivot sumnya adalah hasil
penjumlahn dari moonth 6 dan 7. begitu juga setrusnya.

sekali lagi mohon maap karena udah merepotkan, maklumlah wawasan saya dalam
VBA masih sangat minim, hehehe

Di tolong ya Pak Kid dan rekan2 semuanya,,

RS

_____

From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, April 17, 2013 2:47 PM

Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA

Bagaimana jika seperti file terlampir ?

Cukup dengan sheet Test, tapi bisa filter dengan VBA (user ndak perlu filter
langsung di pivot table).

btw, kenapa user tidak diminta filter langsung di pivot table ya....

Wassalam,

Kid.

2013/4/17 <belajar.excell@yahoo.com>

Miss Jan, terima kasih byk utk ilmunya..saya sudah ganti sheet4 jadi
sheet22,setelah d jalankan berhasil.
Tapi masalahx adalah hasil pivotnya mengacu pada sheet test.bukan mengacu
pada sheet result.
Sebenarx yg saya inginkan adalah dari sheet test,di saring lg datax yg nnti
d taruh di sheet result.dari hasil saringan di sheet result tersebut maka di
buat pivot..

Mohon bantuannya ya ...

RS

Sent from my BlackBerryR
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

_____

From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

Sender: belajar-excel@yahoogroups.com

Date: Wed, 17 Apr 2013 08:43:35 +0700

To: <belajar-excel@yahoogroups.com>

ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com

Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA

Hai RS,

scriptnya error di baris berikut:

Set objTable = Sheet4.PivotTableWizard

karena dalam workbook tersebut tidak ada sheet dengan nomor index 4, coba
lihat gambar di bawah ini (hasil screen shoot monitor)

Error! Filename not specified.

sheet yang ada adalah sheet1, sheet2, sheet22, dan sheet3.

Karena Jan melihat sheet22 masih kosong sama sekali, coba ganti scriptnya
menjadi seperti ini:

Set objTable = Sheet22.PivotTableWizard

atau dengan cara lain, ubah nomor index sheet22 menjadi sheet4 tanpa
melakukan modifikasi terhadap script yang sudah ada.

lalu jalankan kembali script yang anda susun.

Sebagai tambahan wacana, ada 2 macam error saat penulisan script, yaitu:

1. Syntax Error, hal ini dapat langsung diketahui karena script VBA akan
berubah menjadi warna merah

2. Run-Time Error, hal ini baru diketahui saat script dijalankan, untuk
mengetahui dimana letak salahnya dapat dengan menekan tombol F8 berkali-kali

Kesalahan dalam script di atas dinamakan Run-Time Error

Semoga penjelasan yang singkat ini dapat menjadi tambahan ilmu bagi semua,
jika ada yang salah tolong dikoreksi.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 16 April 2013 19.47, belajar excell <belajar.excell@yahoo.com> menulis:

Selamat malam semuanya,

Mohon maaf lagi, kali ini sya mau Tanya lagi mengenai Pivot lagi. Tapi kali
ini sya coba padukan Advanced filter dan Pivot, tapi masalahnya

Sepertinya syntax untuk pivotnya tidak berkerja pada sheet hasil advanced
filter, Mohon bantuannya bagaimana agar syntax tersebut dapat berfungsi lagi
ya ?

Terima kasih banyak atas bantuannya

RS

Thu Apr 25, 2013 1:03 am (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Pak Fahmi,
Terlampir vba-pivot.
fungsi datafield dapat dirubah dengan properties .function
DataField.Function = xlsum

semoga sesuai dengan harapannya. mohon maaf kalo tidak sesuai Harapan.
thanks
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: Thursday, April 25, 2013 1:19 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA

 
Default pada PivotTable adalah Count atau Sum tergantung dari tipe datanya
>>> jika tipe data adalah numeric dan tidak ada data yang kosong maka secara
default PT akan menghasilkan Sum
>>> jika tipe data adalah numeric tetaoi ada data yang blank maka secara
default maka PT akan menghasilkan Count, karena Excel akan menganggap cell
yang blank tersebut bertipe Text

setau Jan tidak ada cara otomatis yang dapat mengubah default Count/Sum
menjadi fungsi yang lain tanpa harus mengubah secara manual (ini diluar VBA
ya)

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut 
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&t
bl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan akan sangat berharga untuk Be-Exceler yang
lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 25 April 2013 12.46, Fahmi Baskara Gmail <fahmi.baskara@gmail.com>
menulis:
 
Assalamualaikum wr. Wb. Kawan-kawan be-Excel…
 
Masih seputar Pivot table nih.
Saya mau Tanya apakah bisa merubah default summarized data pada pivot table
yang defaultnya adalah "COUNT" dirubah menjadi fungsi lainnya tanpa harus
mengubah manual satu-persatu coloumn…?
 
Terimakasih atas bantuannya…
 
Salam
Fahmi.
 

Thu Apr 25, 2013 2:13 am (PDT) . Posted by:

"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" zainul_ulum

Maaf,
sebelumnya lampirannya salah.
terlampir lampiran yang benar.
thanks
-zainul-

-----Original Message-----
From: zainul_ulum[at]yahoo[dot]com [mailto:zainul_ulum@yahoo.com]
Sent: Thursday, April 25, 2013 3:03 PM
To: 'belajar-excel@yahoogroups.com'
Subject: RE: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA

Pak Fahmi,
Terlampir vba-pivot.
fungsi datafield dapat dirubah dengan properties .function
DataField.Function = xlsum

semoga sesuai dengan harapannya. mohon maaf kalo tidak sesuai Harapan.
thanks
-zainul-

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of Jan Raisin
Sent: Thursday, April 25, 2013 1:19 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Advanced Filet + Pivot VBA

 
Default pada PivotTable adalah Count atau Sum tergantung dari tipe datanya
>>> jika tipe data adalah numeric dan tidak ada data yang kosong maka
>>> secara default PT akan menghasilkan Sum jika tipe data adalah
>>> numeric tetaoi ada data yang blank maka secara default maka PT akan
>>> menghasilkan Count, karena Excel akan menganggap cell yang blank
>>> tersebut bertipe Text

setau Jan tidak ada cara otomatis yang dapat mengubah default Count/Sum
menjadi fungsi yang lain tanpa harus mengubah secara manual (ini diluar VBA
ya)

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&t
bl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan akan sangat berharga untuk Be-Exceler yang
lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 25 April 2013 12.46, Fahmi Baskara Gmail <fahmi.baskara@gmail.com>
menulis:
 
Assalamualaikum wr. Wb. Kawan-kawan be-Excel…
 
Masih seputar Pivot table nih.
Saya mau Tanya apakah bisa merubah default summarized data pada pivot table
yang defaultnya adalah "COUNT" dirubah menjadi fungsi lainnya tanpa harus
mengubah manual satu-persatu coloumn…?
 
Terimakasih atas bantuannya…
 
Salam
Fahmi.
 

Wed Apr 24, 2013 11:46 pm (PDT) . Posted by:

"Dede Suparman" dede_suparman111

Dear Mr. Kid,

Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

saya ada tugas membuat input data in+out dari excel+macro, saya hanya punya ide dengan userform,tapi bener juga pas difilter pada listbox jadi lag,
saya tdk punya ide lagi untuk bagian report data trnsksi in+out selain filter listbox.
terimaksih Mr. Kid atas bantuannya.

Salam,
Del 

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Rabu, 24 April 2013 21:32
Judul: Re: [belajar-excel] Hapus range dari ListBox.ListIndex


 
*** jangan lupa isi data tentang masalah yang sering Anda temui di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

*** bacaan ringan tentang maksud pengisian masalah yang sering Anda temui di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/24613

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Apakah maksudnya listbox diisi dengan data transaksi ?

Bulan ini ada banyak kode dan bisa jadi banyak nama dengan harga beda-beda.

Kemudian difilter datanya dan ditampilkan dalam listbox.

Bukankah jadi kerja 2 kali ya. Kenapa ndak pakai worksheet saja ? Apakah supaya tampak keren kalau dengan userform ?

Baiklah kalau targetnya adalah supaya keren...

Bisa jadi pada record hasil filter yang buanyak akan tampak ada lag akibat proses loop terhadap banyak record.

File terlampir.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Kid.

2013/4/23 Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>

> 
>Dear Mr. Kid dan para Master juga Be-Exceler
>
>
>Assalamu&#39;alaikum Wr Wb
>boleh nyambung yaa,tentang listbox
>bisa ga yaa filter per kode per nama dan harga,yang ada dlm listbox,dan bisakah  harga atau qty dlm listbox
>ada total nya atau pas sudah difilter ada subtotalnya, contoh filenya saya ilampirkan yg dr sdr opik diatas
>dengan sedikit tambahan. mohon pencerahannya terimakasih sebelumnya.
>
>
>salam,
>Del
>
>
>
>________________________________
>
>
>=====================================================================
>Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
>Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
>Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
>Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>=====================================================================
>Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
>=====================================================================
>
>

Wed Apr 24, 2013 11:46 pm (PDT) . Posted by:

"dieries afirah" dieries_1304

Dear mr Kids,
Terimakasih atas pencerahan dan sharenya, sy coba pelajari dulu pivot dan contoh2 yg sudah diberikan. saya akan bertanya kembali di milis ini jika msih belum  mudeng ;D
 

Wassalam,

Ries_Afir@h

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, April 25, 2013 12:51 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Bagmana cara men summarykan base data menjadi sederhana


 
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Andai saja datanya disusun dengan lebih berkaidah database, tentu bisa banyak report yang dibuat secara cepat.

File terlampir memanfaatkan pivot table.
Belum kenal dengan pivot table, coba kenalan dengan pivot table disini.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Kid.

2013/4/23 i jayadi <dieries1304@gmail.com>

> 
>Assalamualaikum wr wb,
>Mohon kepada para rekan2 master excel bisa membantu memberikan solusi
bagaimana caranya untuk menyimpulkan data atau membuat summary data yg
sederhana berupa total ritasi yg didapat oleh setiap driver berdasarkan type unit kendaraan yg di gunakan dan berdasarkan jarak yg ditempuh
>
>
>tambahan
lain : base data driver ternyata karakter huruf besar kecilnya berbeda
sehingga menyulitkan saat vlookup utk mengambil no peg driver dan juga
nama driver yg double2 (kira2 ada solusi sederhana juga utk ini)
>
>sebagai ref saya lampiran file utk case ini, demikian disampaikan, terimakasih sblomnya
>
>
>
>
>
>Wassalam,
>
>
>Ries_Afir@h

Wed Apr 24, 2013 11:48 pm (PDT) . Posted by:

mirza.rotua

Dear all,

Saat ini saya sedang kesulitan membuat laporan produktivitas dan penjualan.

Mohon sharing ilmunya, agar saya bisa membuat laporan ini dengan baik. Atau kalau ada rekan2 yang pernah membuat laporan seperti ini mohon di share.

Salam
Mirza

--- Mods ---
Selamat bergabung dengan milis Belajar-Excel.
Semoga milis menjadi tepat yang menyenangkan untuk belajar Excel.

Untuk posting disertai file lampiran (max 250 KB), lakukan posting melalui akun email pribadi yang didaftarkan ke milis seperti Anda meng-email rekan kerja sehari-hari.
------------

Thu Apr 25, 2013 12:56 am (PDT) . Posted by:

hartini_80

Dear all,
Saya ingin bertanya bagaimana cara memindahkan tanggal dari rekap yang ada menjadi laporan sesuai dengan dept masing2
Attach terlampir
Terima kasih sebelumnya
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®

Thu Apr 25, 2013 3:42 am (PDT) . Posted by:

"ghozi alkatiri" ghozialkatiri

sepertinya kasus ini belum mendapat jawaban seperti yang diinginkan

untuk itu saya menggunakan 2versi model formula yang insya Allah hasilnya seperti yang diinginkan

versi 1
(formula array)
{=$A$1+SMALL(IF(WEEKDAY(ROW(INDIRECT($A$1&":"&$A$2)))=1;ROW(INDIRECT(1&":"&A2-A1))-1);ROW(1:1))}
akan menghasilkan 7/4/2013

versi 2
(formula array)
=$A$1+SMALL(IF(TEXT(ROW(INDIRECT($A$1&":"&$A$2));"ddd";)="minggu";ROW(INDIRECT(1&":"&A2-A1))-1);ROW(1:1))
akan menghasilkan 7/4/2013

wassalam

Ghozi Alkatiri

----- Pesan Asli -----
Dari: "hartini_80@yahoo.co.id" <hartini_80@yahoo.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Cc:
Dikirim: Rabu, 24 April 2013 8:36
Judul: [belajar-excel] Mencari hari minggu

Dear all
To do point yaaa hehehe
Bagaimana rumusnya cara agar bisa mengetahui bahwa dari tgl 5 April s/d 9 april itu terdapat tgl 7 April sebagai hari minggu
Mohon solusinya
Terima kasih
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links

    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Thu Apr 25, 2013 3:50 am (PDT) . Posted by:

hartini_80

Terima kasih pak, akhirnya lengkap dech, kemarin2 mencoba2 formula dr rekan2 yg sudah memberi solusi, saya sudah gunakan formula dr miss jan, dengan formula yg skrng akan lebih membantu melengkapi laporan saya.
Terima kasih banyak pak dan rekan yg lain
Case close
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®

-----Original Message-----
From: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Thu, 25 Apr 2013 18:25:40
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Mencari hari minggu

sepertinya kasus ini belum mendapat jawaban seperti yang diinginkan

untuk itu saya menggunakan 2versi model formula yang insya Allah hasilnya seperti yang diinginkan

versi 1
(formula array)
{=$A$1+SMALL(IF(WEEKDAY(ROW(INDIRECT($A$1&":"&$A$2)))=1;ROW(INDIRECT(1&":"&A2-A1))-1);ROW(1:1))}
akan menghasilkan 7/4/2013

versi 2
(formula array)
=$A$1+SMALL(IF(TEXT(ROW(INDIRECT($A$1&":"&$A$2));"ddd";)="minggu";ROW(INDIRECT(1&":"&A2-A1))-1);ROW(1:1))
akan menghasilkan 7/4/2013



wassalam

Ghozi Alkatiri







----- Pesan Asli -----
Dari: "hartini_80@yahoo.co.id" <hartini_80@yahoo.co.id>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Cc:
Dikirim: Rabu, 24 April 2013 8:36
Judul: [belajar-excel] Mencari hari minggu

Dear all
To do point yaaa hehehe
Bagaimana rumusnya cara agar bisa mengetahui bahwa dari tgl 5 April s/d 9 april itu terdapat tgl 7 April sebagai hari minggu
Mohon solusinya
Terima kasih
Salam
Tiny
Powered by Telkomsel BlackBerry®

------------------------------------

=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo! Groups Links



    http://docs.yahoo.com/info/terms/

Thu Apr 25, 2013 3:50 am (PDT) . Posted by:

"M.Ade Alfarid" aderyo

Dear Ms Jan,
Saya sudah coba dan membuat dropdownnya,
Tapi kenapa tidak tampil di cell ya?

Ade

On Thu, 25 Apr 2013 11:49:01 +0700, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
wrote:

> pak Ade..
>
> untuk dapat menampilkan gambar dalam dropdown list, maka dibutuhkan 2buah
> control tambahan dalam worksheet anda
> 1. Microsoft ImageComboBox Control
> 2. Microsoft ImageList Control
>
> cara memunculkannya sebagai berikut:
>>>> Pada ribbon Developer, masuk ke tab Controls, klik Insert, pada
> ActiveXControl pilih More Control sehingga muncul dilago box seperti ini:
>
> [image: Gambar sisip 1]
>
> Jika kedua control tersebut tidak ada di komputer anda, maka anda harus
> melakukan register file MSCOMCTL.OCX dahulu ke komputer.
>
> Jika anda sudah memliki kedua control tersebut, maka tambahkan gambar ke
> dalam ImageList Control dengan cara klik kanan dan atur nilaiproperti-nya
> seperti gambar di bawah ini:
>
> [image: Gambar sisip 2]
>
> setelah itu hubungkan antara ImageComboBox dengan ImageList dengan cara
> klik kanan ImageComboBox dan atur nilai propertiesnya
> [image: Gambar sisip 3]
>
> pada kotak ImageList harus merujuk kepada nama ImageList-nya
>
> setelah itu... buat script, misal pada event workbook open (agar script
> langsung jalan pada saat workbook dibuka) dengan nilai kira-kira seperti
> ini:
>
> asumsi: ComboBoxList berada di sheet1 dengan nama ImgCmb1
>
> With Sheet1.ImgCbo1 ()
> .ComboItems.Clear
> .ComboItems.Add 1, "A1" , "", 1
> .ComboItems.Add 2, "A2", "", 2
> End With
>
>
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> pooling berikut
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan akan sangat berharga untuk Be-Exceler
> yang
> lain
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 25 April 2013 09.12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Oh ndak ada maksudnya kok Pak :)
>> contoh untuk kode bulat dan P besar
>> dicell diisi simbol bulat kemudian spasi lalu P besar
>> Kalau diamond dan 5 berarti di cell diisi diamond spasi angka 5
>>
>> hehehe...
>> gak cakep ya kalo kaya gitu...
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2013/4/25 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>
>>
>> **
>>> Mohon maaf mr Kid,
>>> Bagaimana maksudnya ya?
>>>
>>> Ade
>>>
>>> On Wed, 24 Apr 2013 23:22:16 +0700, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>>>
>>> > Bagaimana kalau dijadikan 2 bagian berjejer saja.
>>> > Bagian pertama adalah simbolnya (banyak font yang punya bentuk simbol
>>> > bukan) dan bagian kedua adalah nomornya.
>>> >
>>> > Wassalam,
>>> > Kid.
>>> >
>>> >
>>> >
>>> > 2013/4/23 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>
>>> >
>>> >> **
>>>
>>> >> Oke Mr Kid,
>>> >>
>>> >> Idenya dari lini administrasi yang ingin membagi2 ranking dengan cek
>>> >> crossing proses.
>>> >> Ranking sudah huruf, Nah kalo untuk proses maunya bentuk biar lebih
>>> >> mudah
>>> >> melihatnya.
>>> >> Bentuk bisa Banyak juga,
>>> persegi,bulat,elips,segitiga,trapesium,jajaran
>>> >> genjang,hexagon dll
>>> >> Nah kalo bentuk2 itu diberi nomor berarti ada pilihan yang banyak.
>>> >> Pilihan tersebut akan mudah jika di buat list.(apalagi jikaprosesnya
>>> >> buaanyaaaakk....)
>>> >>
>>> >> Hehe..awalnya begitu,,,,saya sudah periksa satu persatu character
>>> >> symbol,
>>> >> tapi yang diinginkan tidak ada.
>>> >> Terpaksa dengan copy paste deh.
>>> >>
>>> >> Oke Mr Kid,
>>> >> Terimakasih responnya,
>>> >>
>>> >> Ade
>>> >>
>>> >>
>>> >> On Tue, 23 Apr 2013 18:04:01 +0700, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>> wrote:
>>> >>
>>> >> > ufp... sepertinya thread ini bakalan agak lama responnya.
>>> >> > Semoga si pelempar wacana bisa bersabar ya...
>>> >> > kalau ndak bisa, terpaksa harus ganti cara supaya ndak pakai
>>> >> > shape-shape-an
>>> >> > untuk data validation.
>>> >> >
>>> >> > Isi database ya guys :
>>> >> >
>>> >>
>>> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>>> >> >
>>> >> > baca duduk perkara databasenya di :
>>> >> > http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/24613
>>> >> >
>>> >> > Wassalam,
>>> >> > Kid.
>>> >> >
>>> >> >
>>> >> >
>>> >> > Wassalam,
>>> >> > Kid.
>>> >> >
>>> >> >
>>> >> >
>>> >> > 2013/4/22 M.Ade Alfarid <QA@kkmi.co.id>
>>> >> >
>>> >> >> **
>>> >>
>>> >> >> Hello Be-Exceller,
>>> >> >> Ketika Saya Mempunyai susunan crossing bentuk angka,
>>> >> >> seperti angka dalam lingkaran, angka dalam diamond.
>>> >> >> Angka dalam lingkaran bisa diambil dari symbol (character).
>>> >> >> Tetapi angka dalam diamond tidak ada di symbol (character).
>>> >> >>
>>> >> >> Saya kesulitan membuat "*angka dalam diamond"* bisa masuk ke*data
>>> >> >> validation List*,
>>> >>
>>> >> >> Bantuan master2 akan jadi pahala buat semuanya.
>>> >> >>
>>> >> >> --
>>> >> >> Regards,
>>> >> >>
>>> >> >> Ade
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar