Selasa, 01 September 2015

[belajar-excel] Digest Number 3552

15 Messages

Digest #3552
2
membuka password excel yg lupa.. by "Dharmawan Septian" dharmawan.septian16
3a
4
2 listbox 1 tujuan by "achmad adi" didon13@ymail.com
5
cara buat tanda terima by "Liem Suliem" liemsuliem
6a
Re: copy data ke workbook lain by "Ivansl" layonardo
7a
Drop Down List 2 kriteria by "harry budiman"
8a
Membuat Fungsi Excel sendiri.. by "Rakhmad" rakhmad.kusyanto@ymail.com
10a
Spin button dan Scrollbar by "Danny Prasetyo" danny_06791

Messages

Mon Aug 31, 2015 8:30 am (PDT) . Posted by:

"Dede"

Dear Mr Kenang & Mr Kid,

Terima kasih atas masukannya, form ini sudah dibakukan dengan format seperti itu jadi mau gak mau rumusnya yang harus ngikuti.

Sekali lagi terima kasih, sungguh sangat membantu.

Warm Regards,

DD

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 29 Agustus 2015 09:22
To: BExcel
Subject: Re: [belajar-excel] SumIfs [1 Attachment]

Dear DD:
Sebaiknya datanya diubah dahulu sehingga satu baris data hanya memuat satu data. pada contoh file satu data ditulis dalam 2 baris, sehingga tidak dapat dihitung.
Jika tetap mau menggunakan data seperti lampiran, maka dibutuhkan kolom bantu untuk menghitung.

silahkan lihat lampiran

Salam

NangAgus

2015-08-28 11:16 GMT+07:00 'Dede' pmaho_log4@pinusmerahabadi.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

Dear Master,

Mohon solusi untuk formula sumifs terlampir.

Salam,

DD

Mon Aug 31, 2015 8:30 am (PDT) . Posted by:

"Dharmawan Septian" dharmawan.septian16

mohon penerangan cara membuka file excel yg terkuci bagaimana ya para master?

Mon Aug 31, 2015 8:30 am (PDT) . Posted by:

"achmad adi" didon13@ymail.com

terimakasih mrtobi atas pencerahanya,,


Pada Kamis, 27 Agustus 2015 0:30, "Toby kenzo tobykenzo@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
| Dear Didon,Pada inti sama,yg membedakan hanya menggunakan userform.
Jika kamu memahami konsep kaidah database,kamu bisa buat dalam bentuk apapun yg diinginkan,mungkin sedikit usaha dan kerja keras untuk lebih memahami VBA kmu bisa create sendiri tanpa meniru milik siapapun.TerimaKasih.Sent from Yahoo Mail on Android |

From: achmad adi didon13@ymail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>;
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>;
Subject: Bls: [belajar-excel] valdasi bertingkat modif [1 Attachment]
Sent: Mon, Aug 24, 2015 7:14:57 AM


|   terimakasih Mr toby..sebelumnyatapi sepertinya terlalu banayk perintah ya,,hehehehe...maksd q bisa gk dibuat yan lebih simple,,biar bisa belajar rumusnya..
seperti ini ni,,nemu di file milis punya Alm Bu siti
dan saya kembangkan,,mentok,,untuk keterangan namanya,,mohon bantuanya

Pada Senin, 24 Agustus 2015 0:25, "Toby kenzo tobykenzo@yahoo.co.id [belajar-excel]" <belajar-excel@yahoogroups.com> menulis:


 
| Dear Didon,File berikut menggunakan VBA untuk valudasi bertingkat dngan menggunakan ComboBox.Semoga bisa membantu.
It's work in Office 2013.
TerimaKasih.Sent from Yahoo Mail on Android |

From: achmad adi didon13@ymail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>;
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>;
Subject: [belajar-excel] valdasi bertingkat modif [1 Attachment]
Sent: Thu, Aug 20, 2015 3:00:27 AM


|  
dear master,,mohon bantuanyautnuk masalah yang saya hadapi,,mengambil dari validasi bertingkat di file mail archive BE,,,saya mau memodifikasi perintah masalah validasi bertingkat,,mohon pencerahaannya,,,ini saya lampirkan file contohnya..
sebelumnya saya ucapkan terima kasih |

|

#yiv3238179438 #yiv3238179438 -- #yiv3238179438ygrp-mkp {border:1px solid #d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mkp hr {border:1px solid #d8d8d8;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mkp #yiv3238179438hd {color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;margin:10px 0;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mkp #yiv3238179438ads {margin-bottom:10px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mkp .yiv3238179438ad {padding:0 0;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mkp .yiv3238179438ad p {margin:0;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mkp .yiv3238179438ad a {color:#0000ff;text-decoration:none;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-sponsor #yiv3238179438ygrp-lc {font-family:Arial;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-sponsor #yiv3238179438ygrp-lc #yiv3238179438hd {margin:10px 0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-sponsor #yiv3238179438ygrp-lc .yiv3238179438ad {margin-bottom:10px;padding:0 0;}#yiv3238179438 #yiv3238179438actions {font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}#yiv3238179438 #yiv3238179438activity {background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size:10px;padding:10px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438activity span {font-weight:700;}#yiv3238179438 #yiv3238179438activity span:first-child {text-transform:uppercase;}#yiv3238179438 #yiv3238179438activity span a {color:#5085b6;text-decoration:none;}#yiv3238179438 #yiv3238179438activity span span {color:#ff7900;}#yiv3238179438 #yiv3238179438activity span .yiv3238179438underline {text-decoration:underline;}#yiv3238179438 .yiv3238179438attach {clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding:10px 0;width:400px;}#yiv3238179438 .yiv3238179438attach div a {text-decoration:none;}#yiv3238179438 .yiv3238179438attach img {border:none;padding-right:5px;}#yiv3238179438 .yiv3238179438attach label {display:block;margin-bottom:5px;}#yiv3238179438 .yiv3238179438attach label a {text-decoration:none;}#yiv3238179438 blockquote {margin:0 0 0 4px;}#yiv3238179438 .yiv3238179438bold {font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}#yiv3238179438 .yiv3238179438bold a {text-decoration:none;}#yiv3238179438 dd.yiv3238179438last p a {font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv3238179438 dd.yiv3238179438last p span {margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}#yiv3238179438 dd.yiv3238179438last p span.yiv3238179438yshortcuts {margin-right:0;}#yiv3238179438 div.yiv3238179438attach-table div div a {text-decoration:none;}#yiv3238179438 div.yiv3238179438attach-table {width:400px;}#yiv3238179438 div.yiv3238179438file-title a, #yiv3238179438 div.yiv3238179438file-title a:active, #yiv3238179438 div.yiv3238179438file-title a:hover, #yiv3238179438 div.yiv3238179438file-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv3238179438 div.yiv3238179438photo-title a, #yiv3238179438 div.yiv3238179438photo-title a:active, #yiv3238179438 div.yiv3238179438photo-title a:hover, #yiv3238179438 div.yiv3238179438photo-title a:visited {text-decoration:none;}#yiv3238179438 div#yiv3238179438ygrp-mlmsg #yiv3238179438ygrp-msg p a span.yiv3238179438yshortcuts {font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}#yiv3238179438 .yiv3238179438green {color:#628c2a;}#yiv3238179438 .yiv3238179438MsoNormal {margin:0 0 0 0;}#yiv3238179438 o {font-size:0;}#yiv3238179438 #yiv3238179438photos div {float:left;width:72px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438photos div div {border:1px solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438photos div label {color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;white-space:nowrap;width:64px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438reco-category {font-size:77%;}#yiv3238179438 #yiv3238179438reco-desc {font-size:77%;}#yiv3238179438 .yiv3238179438replbq {margin:4px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-actbar div a:first-child {margin-right:2px;padding-right:5px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mlmsg {font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mlmsg table {font-size:inherit;font:100%;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mlmsg select, #yiv3238179438 input, #yiv3238179438 textarea {font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mlmsg pre, #yiv3238179438 code {font:115% monospace;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mlmsg * {line-height:1.22em;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-mlmsg #yiv3238179438logo {padding-bottom:10px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-msg p a {font-family:Verdana;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-msg p#yiv3238179438attach-count span {color:#1E66AE;font-weight:700;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-reco #yiv3238179438reco-head {color:#ff7900;font-weight:700;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-reco {margin-bottom:20px;padding:0px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-sponsor #yiv3238179438ov li a {font-size:130%;text-decoration:none;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-sponsor #yiv3238179438ov li {font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-sponsor #yiv3238179438ov ul {margin:0;padding:0 0 0 8px;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-text {font-family:Georgia;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-text p {margin:0 0 1em 0;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-text tt {font-size:120%;}#yiv3238179438 #yiv3238179438ygrp-vital ul li:last-child {border-right:none !important;}#yiv3238179438

Mon Aug 31, 2015 8:31 am (PDT) . Posted by:

"achmad adi" didon13@ymail.com

dear master,,,saya mempmbuat 2 list box dalam form dimana isinya sesuai input dari sheet..permasalahan yang saya hadapi..bagaimna supaya listbox2 seirama dengan listbox1apa yang dipilih dari listbox1,,listbox2 mengikuti,,ini sayalampirkan filenya,,,sebelumnya saya ucapakn terimakasih

Mon Aug 31, 2015 8:31 am (PDT) . Posted by:

"Liem Suliem" liemsuliem

kepada rekan be excelerbagaimana ya cara mengisi nama tannda terima.
untuk jelasnya file terlampir..

salam liem

Mon Aug 31, 2015 8:31 am (PDT) . Posted by:

"Ivansl" layonardo

Makasih banyak mr kid... Cuman sayangnya saya kurang paham maksudnya.. Hihihi.. Kalo boleh minta rumus yg jadiannya mr kid..

Sent from my iPad mini

> On 30 Agt 2015, at 14.29, 'Mr. Kid' mr.nmkid@gmail.com [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>
> Hai Ivan,
>
> Sesuaikan dengan keadaan workbook setempat, karena bahasan berikut hanya berasal dari script yang ada...
> Idenya adalah menyusun urutan kolom di sumber menjadi sama dengan yang dibutuhkan oleh target
> A. Dari bagian :
> For i = 1 To rng.Rows.Count
> Set cell = rng.Cells(i, 1)
> If cell.Value <> "" Then
> targetCell.Value = CODE
> targetCell.Offset(0, 1).Value = cell.Value
> targetCell.Offset(0, 2).Value = NAMA
> targetCell.Offset(0, 3).Value = cell.Offset(0, 1).Valu
> targetCell.Offset(0, 4).Value = cell.Offset(0, 4).Value
> targetCell.Offset(0, 5).Value = cell.Offset(0, 5).Value
> targetCell.Offset(0, 7).Value = TANGGAL
> Set targetCell = targetCell.Offset(1, 0)
> End If
> Next i
>
> > sisi Target
> target memiliki urutan kolom (dari kolom A di sheet target) :
> 1. code,
> 2. kode (dari kolom A sumber),
> 3. nama,
> 4. teks (dari kolom B sumber),
> 5. nilai (dari E sumber),
> 6. nilai (dari F sumber),
> 7. sesuatu (dikosongkan)

> 8. tanggal
>
> Andaikan kolom ke-3 (nama) diletakkan tepat setelah kolom ke-1 (code), sepertinya akan lebih pas, sehingga kode (kolom ke-2) tidak terpisah dari teks tentang si kode (kolom ke-4).
> btw, tetap seperti aslinya saja.
>
> > sisi Sumber
> sumber memiliki kolom berikut (dari kolom A sheet sumber) :
> 1. kode (untuk kolom ke-2 target)
> 2. teks (untuk kolom ke-4 target)
> 3. tidak tahu 1 [kolom C sumber] (tidak diambil, alias bisa di-hide saat akan copy)
> 4. tidak tahu 2 [kolom D sumber] (tidak diambil, alias bisa di-hide saat akan copy)
> 5. nilai (untuk kolom ke-5 target)
> 6. nilai (untuk kolom ke-6 target
>
>
> B. dari bagian :
> A = Range("I1").Value
> B = Range("I2").Value
> berarti ada nilai awal di A dan nilai akhir di B dengan asumsi, selalu berlaku A<=B
>
> C. dari bagian :
> If lembar_ke = 1 Then
> Set rng = .Range("A6:A21")
> CODE = .Range("E1").Value
> TANGGAL = .Range("G1").Value
> NAMA = .Range("B1").Value
> maka disimpulkan bahwa setiap baris di .Range("A6:A21") adalah milik kelompok 1.
> nilai Code (kolom ke-1 hasil) diambil dari Range("E1") untuk kelompok 1
> begitu pula untuk tanggal dan nama.
>
>
> Jadi, kira-kira mengubahnya begini : (urut dari kolom terkiri)
> 1. dibutuhkan 1 kolom untuk nomor kelompok (misal diletakkan di sebelum tabel), diisi formula
> 2. dibutuhkan 1 kolom untuk Code diisi formula merujuk ke range di E sesuai kelompoknya
> 3. kolom ke-1 sumber (berarti dari asalnya di kolom A, sudah pindah ke C karena 2 kolom tambahan di atas)
> 4. dibutuhkan 1 kolom untuk Nama diisi formula merujuk ke range B sesuai kelompoknya
> 5,6,7 kolom ke-2,3,4 sumber yang sudah bergeser menjadi di kolom E,F,G dengan kolom F dan G tidak diambil
> 8,9 adalah 2 kolom nilai dari sumber (untuk kolom ke-5 dan 6 target) di kolom H dan i
> >> misalkan sheet sumber awalnya memiliki 10 kolom, dan baru digunakan 6 kolom, maka kolom berikutnya adalah
> 10,11,12,13 adalah 4 kolom sisa (J,K,L,M) milik sumber yang tidak diambil (10 kolom sumber - baru dipakai 6 kolom = 4 kolom asli sisanya)
> 14. dibutuhkan 1 kolom untuk sesuatu yang kosong di target kolom ke-7

> 15. dibutuhkan 1 kolom untuk Tanggal berisi formula yang merujuk ke range G sesuai kelompoknya.
>
> Misalkan sudah ada header tabel asli di sheet sumber pada baris ke-5,
> maka dilakukan hal berikut :
> 1. insert 2 kolom pada kolom A sheet sumber untuk wadah kolom nomor 1 dan 2, dan beri header Kelompok dan Code. Kolom asli yang tadinya di A sudah bergeser ke C.
> 2. klik kolom D dan insert 1 kolom untuk wadah kolom nomor 4 (Nama) dan header diberi teks berbunyi Nama. Kolom yang tadinya di D akibat proses 1 akan bergeser ke E
> 3. kolom sumber yang sudah ada di J,K,L,M (bagian dari asumsi 10 kolom asli milik sumber) dibiarkan apa adanya. Jika tidak ada headernya, maka beri header berupa beberapa spasi disetiap kolom yang tak ber header
> 4. kolom N diberi header bernama Kosong
> 5. kolom O diberi header Tanggal dan diisi formula merujuk ke cell tertentu berisi tanggal di kelompok itu.
> 6. Pastikan kolom P kosong
>
> Penyusunan formula di kolom-kolom tambahan : (header di baris ke-5, berari baris data mulai baris 6
> > kolom ke-1 bernama Kelompok (cell A6), berdasar isi C (yang tadinya di A)
> =if( c6<>"" , 1 , 0 ) --> 1 adalah nomor kelompok untuk area data .Range("A6:A21")
> copy ke baris data selanjutnya di kelompok 1
>
> > kolom ke-2 bernama Code (cell B6), berdasar isi C (yang tadinya di A)
> =if( c6<>"" , $h$1 , "" ) --> $h$1 dari CODE = .Range("E1").Value dengan E bergeser ke kanan 3 kolom menjadi H
> copy ke baris data selanjutnya di kelompok 1, kalau formula di-copy ke kelompok lain (misal kelompok 2), sesuaikan rujukan $h$?
>
> > kolom ke-4 bernama Nama (cell D6) [cell C6 asli dari sumber dan tidak perlu diubah]
> =if( c6<>"", $e$1 , "" ) --> $e$1 dari NAMA = .Range("B1").Value dengan B bergeser ke kanan 3 kolom menjadi E
> copy ke baris data selanjutnya di kelompok 1, kalau formula di-copy ke kelompok lain (misal kelompok 2), sesuaikan rujukan $e$?
>
> > kolom O untuk tanggal :

> =if( c6<>"",$J$1 , 0 ) --> $J$1 dari TANGGAL = .Range("G1").Value dengan G bergeser ke kanan 3 kolom menjadi J
> copy ke baris data selanjutnya di kelompok 1, kalau formula di-copy ke kelompok lain (misal kelompok 2), sesuaikan rujukan $J$?
>
> Misalkan ada banyak kelompok yang akhirnya membentuk area data dari baris 5 sampai baris 123456, berarti data di A5:O123456
> Area yang di-copy ke target adalah B5:O123456 yang tampak saja.
>
> >> Kelompok yang akan di salin berdasar
> A = Range("I1").Value
> B = Range("I2").Value
> dan telah bergeser 3 kolom menjadi kolom L, yaitu nilai awal di L1 dan nilai akhir di L2
> ***** asumsi selalu A<=B *****
>
> Kode VBA : (dalam 1 buah prosedur sub ber-scope public)
> dim lAwal as long, lAkhir as long
> dim rngData as range, rngCopy as range,rngTarget as range
> dim wbkApp as workbook, wbkTarget as workbook
>
> application.screenupdating=false
> application.calculation=xlCalculationAutomatic
> set wbkapp=thisworkbook
>
> 'cek workbook target
> on error resume next
> set wbktarget=workbooks.open("E:\HARGA.xlsm")
> if wbktarget is nothing then
> msgbox "Tidak ada workbooknya.",vbexclamation,"simpan"
> application.screenupdating=true
> exit sub
> elseif wbktarget.readonly then
> msgbox "Maaf, file STOCK.xlsm sedang dibuka, silahkan tutup file terlebih dahulu..",vbexclamation,"simpan"
> application.screenupdating=true
> exit sub
> endif
> 'simpan range target
> with wbktarget.sheets("DATA PENJUALAN")
> set rngTarget= .cells(.rows.count,1).end(xlup).offset(1)
> end with
>
> 'mulai proses
> wbkapp.activate
> with wbkapp.sheets("CETAK NOTA")
> .autofiltermode=false
> set rngData=.range("a5:o123456")
> set rngCopy=.range("b5:o123456")
> lAwal=.range("L1").value
> lAkhir=.range("L2").value
>
> 'tampilkan semua kolom
> rngdata.entirecolumn.hidden=false
>
> 'hide kolom yang tidak akan diambil yaitu F,G,J,K,L,M
> .range("F:G,J:M").hidden=true
>
> 'filter kolom A (Kelompok) dari lAwal sampai lAkhir
> rngdata.autofilter 1,">=" & lawal , xlAnd , "<=" & lAkhir
>
> 'copy yang tampak
> rngcopy.offset(1).specialcells(xlCellTypeVisible).copy
>
> 'paste values dan format tanpa yang blank ke rngtarget
> rngtarget.pastespecial xlPasteValuesAndNumberFormats ,skipblanks:=true
>
> 'lepas auto filter
> .autofiltermode=false
>
> 'unhide semua kolom
> rngdata.entirecolumn.hidden=false
>
> 'hide kolom-kolom tambahan, yaitu A,B,D,N,O,P
> .range("A:B,D:D,N:P").hidden=true
> end with
>
> 'tutup workbook target dengan save
> application.displayalerts=false
> wbktarget.close true
> application.displayalerts=true
> application.screenupdating=true
>
> msgbox "Saved.",vbinformation,"simpan"
>
>
>
> --------
> Wassalam,
> Kid
>
>
>> On Sat, Aug 22, 2015 at 12:31 AM, Ivan Sebastian layonardo@yahoo.co.id [belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com> wrote:
>>
>> BeExceller,
>> ada satu lg rumus makro yg memakan waktu untuk pemindahan data ke database harga..saya lampirkan contoh file notanya, bila nota penjualan mencapai maksimal dalam hal ini saya batasi 25 nota.. untuk kedepannya akan saya buat 70 nota atau lebih.. untuk pemindahan datanya berasa lama banget.. kurang lebih 3-5 menit..
>> makronya seperti ini...kira2 apa masih bisa diperingkas lagi rumusnya untuk mempercepat pemindahan datanya ke database harga..(database harganya sama seperti file yg saya lampirkan sebelumnya (ukuran file harga kebesaran jadi sama mimin didelete molo)
>>
>> Sub HARGA()
>> A = Range("I1").Value
>> B = Range("I2").Value
>> Application.ScreenUpdating = False
>> For x = A To B
>> SaveTo_DataPenjualan (x)
>> Next x
>> Application.ScreenUpdating = True
>> End Sub
>> Private Sub SaveTo_DataPenjualan(lembar_ke As Long)
>> Dim rng As Range, cell As Range, targetCell As Range, CODE As String, i As Long
>>
>> With Sheets("CETAK NOTA")
>> If lembar_ke = 1 Then
>> Set rng = .Range("A6:A21")
>> CODE = .Range("E1").Value
>> TANGGAL = .Range("G1").Value
>> NAMA = .Range("B1").Value
>> ElseIf lembar_ke = 2 Then
>> Set rng = .Range("A31:A46")
>> CODE = .Range("E26").Value
>> TANGGAL = .Range("G26").Value
>> NAMA = .Range("B26").Value
>> ElseIf lembar_ke = 3 Then
>> Set rng = .Range("A56:A71")
>> CODE = .Range("E51").Value
>> TANGGAL = .Range("G51").Value
>> NAMA = .Range("B51").Value
>> ElseIf lembar_ke = 4 Then
>> Set rng = .Range("A81:A96")
>> CODE = .Range("E76").Value
>> TANGGAL = .Range("G76").Value
>> NAMA = .Range("B76").Value
>> ElseIf lembar_ke = 5 Then
>> Set rng = .Range("A106:A121")
>> CODE = .Range("E101").Value
>> TANGGAL = .Range("G101").Value
>> NAMA = .Range("B101").Value
>> ElseIf lembar_ke = 6 Then
>> Set rng = .Range("A131:A146")
>> CODE = .Range("E126").Value
>> TANGGAL = .Range("G126").Value
>> NAMA = .Range("B126").Value
>> ElseIf lembar_ke = 7 Then
>> Set rng = .Range("A156:A171")
>> CODE = .Range("E151").Value
>> TANGGAL = .Range("G151").Value
>> NAMA = .Range("B151").Value
>> ElseIf lembar_ke = 8 Then
>> Set rng = .Range("A181:A196")
>> CODE = .Range("E176").Value
>> TANGGAL = .Range("G176").Value
>> NAMA = .Range("B176").Value
>> ElseIf lembar_ke = 9 Then
>> Set rng = .Range("A206:A221")
>> CODE = .Range("E201").Value
>> TANGGAL = .Range("G201").Value
>> NAMA = .Range("B201").Value
>> ElseIf lembar_ke = 10 Then
>> Set rng = .Range("A231:A246")
>> CODE = .Range("E226").Value
>> TANGGAL = .Range("G226").Value
>> NAMA = .Range("B226").Value
>> ElseIf lembar_ke = 11 Then
>> Set rng = .Range("A256:A271")
>> CODE = .Range("E251").Value
>> TANGGAL = .Range("G251").Value
>> NAMA = .Range("B251").Value
>> ElseIf lembar_ke = 12 Then
>> Set rng = .Range("A281:A296")
>> CODE = .Range("E276").Value
>> TANGGAL = .Range("G276").Value
>> NAMA = .Range("B276").Value
>> ElseIf lembar_ke = 13 Then
>> Set rng = .Range("A306:A321")
>> CODE = .Range("E301").Value

>> TANGGAL = .Range("G301").Value
>> NAMA = .Range("B301").Value
>> ElseIf lembar_ke = 14 Then
>> Set rng = .Range("A331:A346")
>> CODE = .Range("E326").Value
>> TANGGAL = .Range("G326").Value
>> NAMA = .Range("B326").Value
>> ElseIf lembar_ke = 15 Then
>> Set rng = .Range("A356:A371")
>> CODE = .Range("E351").Value
>> TANGGAL = .Range("G351").Value
>> NAMA = .Range("B351").Value
>> ElseIf lembar_ke = 16 Then
>> Set rng = .Range("A381:A396")
>> CODE = .Range("E376").Value
>> TANGGAL = .Range("G376").Value
>> NAMA = .Range("B376").Value
>> ElseIf lembar_ke = 17 Then
>> Set rng = .Range("A406:A421")
>> CODE = .Range("E401").Value
>> TANGGAL = .Range("G401").Value
>> NAMA = .Range("B401").Value
>> ElseIf lembar_ke = 18 Then
>> Set rng = .Range("A431:A446")
>> CODE = .Range("E426").Value
>> TANGGAL = .Range("G426").Value

>> NAMA = .Range("B426").Value
>> ElseIf lembar_ke = 19 Then
>> Set rng = .Range("A456:A471")
>> CODE = .Range("E451").Value
>> TANGGAL = .Range("G451").Value
>> NAMA = .Range("B451").Value
>> ElseIf lembar_ke = 20 Then
>> Set rng = .Range("A481:A496")
>> CODE = .Range("E476").Value
>> TANGGAL = .Range("G476").Value
>> NAMA = .Range("B476").Value
>> ElseIf lembar_ke = 21 Then
>> Set rng = .Range("A506:A521")
>> CODE = .Range("E501").Value
>> TANGGAL = .Range("G501").Value
>> NAMA = .Range("B501").Value
>> ElseIf lembar_ke = 22 Then
>> Set rng = .Range("A531:A546")
>> CODE = .Range("E526").Value
>> TANGGAL = .Range("G526").Value
>> NAMA = .Range("B526").Value
>> ElseIf lembar_ke = 23 Then
>> Set rng = .Range("A556:A571")
>> CODE = .Range("E551").Value
>> TANGGAL = .Range("G551").Value
>> NAMA = .Range("B551").Value
>> ElseIf lembar_ke = 24 Then
>> Set rng = .Range("A581:A596")
>> CODE = .Range("E576").Value
>> TANGGAL = .Range("G576").Value
>> NAMA = .Range("B576").Value
>> Else
>> Set rng = .Range("A606:A621")
>> CODE = .Range("E601").Value
>> TANGGAL = .Range("G601").Value
>> NAMA = .Range("B601").Value
>> End If
>> End With
>>
>> Application.ScreenUpdating = False
>>
>> If IsFileOpen("E:\HARGA.xlsm") Then
>>
>> MsgBox "Maaf, file STOCK.xlsm sedang dibuka, silahkan tutup file terlebih dahulu.."
>> Exit Sub
>> End If
>>
>> Workbooks.Open FileName:="E:\HARGA.xlsm"
>>
>> With Sheets("DATA PENJUALAN")
>> Set targetCell = .Cells(.Rows.Count, "A").End(xlUp).Offset(1)
>>
>> End With
>> For i = 1 To rng.Rows.Count
>> Set cell = rng.Cells(i, 1)
>> If cell.Value <> "" Then
>> targetCell.Value = CODE
>> targetCell.Offset(0, 1).Value = cell.Value
>> targetCell.Offset(0, 2).Value = NAMA
>> targetCell.Offset(0, 3).Value = cell.Offset(0, 1).Value
>> targetCell.Offset(0, 4).Value = cell.Offset(0, 4).Value
>> targetCell.Offset(0, 5).Value = cell.Offset(0, 5).Value
>> targetCell.Offset(0, 7).Value = TANGGAL
>> Set targetCell = targetCell.Offset(1, 0)
>> End If
>> Next i
>>
>> Workbooks("HARGA.xlsm").SAVE
>> Workbooks("HARGA.xlsm").Close
>> Application.ScreenUpdating = True
>> End Sub
>> Function IsFileOpen(FileName As String)
>> Dim iFilenum As Long
>> Dim iErr As Long
>>
>> On Error Resume Next
>> iFilenum = FreeFile()
>> Open FileName For Input Lock Read As #iFilenum
>> Close iFilenum

>> iErr = Err
>> On Error GoTo 0
>>
>> Select Case iErr
>> Case 0: IsFileOpen = False
>> Case 70: IsFileOpen = True
>> Case Else: Error iErr
>> End Select
>>
>> End Function
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Mon Aug 31, 2015 9:50 am (PDT) . Posted by:

"harry budiman"

selamat malam
mohon maaf sebelumnya jika pertanyaan ini pernah ditanyakan sebelumnya

saya ingin menanyakan bagaimana membuat formula menu drop down list, jika
diipilih pada menu drop down pada cell tertentu maka pilihan pada menu drop
down list sebelahnya akan mengikuti sesuai data yang kita buat
utk lebiih jelas saya lampirkan file

terima kasih atas bantuannya

salam
harry

Mon Aug 31, 2015 6:02 pm (PDT) . Posted by:

"Subroto, Matzen"

Pak Harry

Silahkan di coba Milik nya mba ctv (almh) mungkin bisa membantu


Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya, dan saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan


Terima Kasih

Matzen



From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
Sent: 31 Agustus 2015 23:13
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Drop Down List 2 kriteria [1 Attachment]


selamat malam
mohon maaf sebelumnya jika pertanyaan ini pernah ditanyakan sebelumnya

saya ingin menanyakan bagaimana membuat formula menu drop down list, jika diipilih pada menu drop down pada cell tertentu maka pilihan pada menu drop down list sebelahnya akan mengikuti sesuai data yang kita buat
utk lebiih jelas saya lampirkan file

terima kasih atas bantuannya

salam
harry


__________________________________________________________
This email has been scanned for Viruses and Spam. For more information
please contact your local Business Unit Information Security representative.
__________________________________________________________

Mon Aug 31, 2015 8:06 pm (PDT) . Posted by:

"Rakhmad" rakhmad.kusyanto@ymail.com

Dear Pakar Excel,

Mohon pencerahan bagaimana cara membuat fungsi sendiri menggunakan VBA,

VBA bisa digunakan untuk membuat Fungsi sendiri sesuai kondisi, dalam
perhitungan

pembacaan kode batch dapat terdiri dari Huruf dan Angka tahun misal A =
2010, B=2011 C= 2012 dst.

Angka Bulan A=1, B=2, C=3 dst. Angka tanggal a=1, b=2, c=dan seterusnya.
(digit pertama = Tahun, digit kedua=Bulan, digit ketiga=Tanggal).

Apakah case yang saya lampirkan bisa diselesaikan dengan fungsi yang dibuat
sendiri.

Misal; Prod($A5) dsb. Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih.

Terima kasih,

Rakhmad

Mon Aug 31, 2015 9:54 pm (PDT) . Posted by:

"AGoeZ Z"

Dear Rahmad,
saya copy rumus anda.

Option Explicit
Function Prod(a As String) As Date
Prod = DateSerial(Application.WorksheetFunction.VLookup(Mid(a, 1, 1), _
Range("_year"), 2, False), Application.WorksheetFunction.VLookup(Mid(a, 2,
1), _
Range("_Month"), 2, False), Application.WorksheetFunction.VLookup(Mid(a, 3,
1), _
Range("_date"), 2, False))
End Function

salam

2015-09-01 10:06 GMT+07:00 'Rakhmad' rkusyanto@luxasia.co.id
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
> Dear Pakar Excel,
>
>
>
> Mohon pencerahan bagaimana cara membuat fungsi sendiri menggunakan VBA,
>
> VBA bisa digunakan untuk membuat Fungsi sendiri sesuai kondisi, dalam
> perhitungan
>
> pembacaan kode batch dapat terdiri dari Huruf dan Angka tahun misal A =
> 2010, B=2011 C= 2012 dst.
>
> Angka Bulan A=1, B=2, C=3 dst. Angka tanggal a=1, b=2, c=dan seterusnya.
> (digit pertama = Tahun, digit kedua=Bulan, digit ketiga=Tanggal).
>
> Apakah case yang saya lampirkan bisa diselesaikan dengan fungsi yang
> dibuat sendiri.
>
> Misal; Prod($A5) dsb. Atas bantuannya kami ucapkan terima kasih.
>
>
>
> Terima kasih,
>
>
>
> Rakhmad
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Mon Aug 31, 2015 9:05 pm (PDT) . Posted by:

"Zulfikar N" zulfikar_route66



Pada Kamis, 20 Agustus 2015 15:37, Zulfikar N <zulfikar_route66@yahoo.com> menulis:


Dear Excel Master,Mohon bantuannya pada Case terlampir, bagaimana formula yang digunakan untuk memunculkan dan memisahkan data stock secara terpisah menurut Ekspired Date Item.
Terima kasih
Salam,Zulfikar

Mon Aug 31, 2015 11:36 pm (PDT) . Posted by:

"Danny Prasetyo" danny_06791

body { font-family: "Calibri","Slate
Pro",sans-serif,"sans-serif"; color:#262626 }
Selamat siang, saya ada kendala dalam mengisi kode VBA. Ini saya
sediakan filenya. Untuk kendala nya, sudah saya jelaskan di dalam
file Excel. Mohon bantuannya.

Mon Aug 31, 2015 11:50 pm (PDT) . Posted by:

"AGoeZ Z"

Private Sub UserForm_Initialize()
Dim wks As Worksheet
For Each wks In ThisWorkbook.Worksheets
If wks.Name = "Utama" Then
ComboBox1.AddItem ""
Else
ComboBox1.AddItem wks.Name
End If
Next wks
ComboBox1.Value = ActiveSheet.Name
End Sub

2015-09-01 13:32 GMT+07:00 Danny Prasetyo danny_06791@yahoo.com
[belajar-excel] <belajar-excel@yahoogroups.com>:

>
>
>
> Selamat siang, saya ada kendala dalam mengisi kode VBA. Ini saya sediakan
> filenya. Untuk kendala nya, sudah saya jelaskan di dalam file Excel. Mohon
> bantuannya.
>
>
>

Tue Sep 1, 2015 12:28 am (PDT) . Posted by:


"PERATURAN MILIS belajar-excel"
-------------------------------

Milis belajar-excel dibuat agar menjadi komunitas / tempat berkumpulnya
para pemakai software microsoft excel, untuk saling berbagi pengetahuan
(sharing), diskusi dan tanya-jawab hal-hal yg menyangkut MS Excel.

Setting untuk posting di milis ini masih dipertahankan = "UnModerated&quot;
(member dapat mengirim posting, tanpa melalui moderasi dan langsung
masuk ke message-list di milis).
Posting pertama & kedua dari member yg baru bergabung harus menunggu
approval dari moderators. Jika dinilai wajar, posting selanjutnya tidak
perlu approval lagi.

Hal ini adalah demi menjadikan milis lebih dinamis, posting tidak
tertunda, diskusi lebih hidup.

Tetapi konsekwensinya, kita sebagai members harus punya niat untuk
menjaga milis ini tetap bersih, enak diikuti, yaitu dengan TIDAK
mengirim posting berisi hal yg mubazir, yg di luar topik, yg "nyampah";
apalagi yg memicu timbulnya pertengkaran yg tidak perlu.

Setiap saat para Moderators akan melihat-lihat lagi msg list, dan akan
membersihkan message list dari posting sampah yg tidak perlu.

Untuk itu kita perlu kesepakatan sebagai berikut:

A. SANGAT DIHARAPKAN:
==================

(1)
Posting dari member berupa: share pengetahuan, pertanyaan, jawaban dan/
atau komentar dan tanggapan yg masih relevan dengan pertanyaan/posting;
semuanya harus sekitar atau ada hubungannya dengan Microsoft Excel.

(2)
Size Lampiran dlm rangka memperjelas kasus/penjelasan, agar diupayakan
tidak lebih dari 250KB, jika perlu dicompressed dulu.

(3)
Posting pertanyaan dialamatkan hanya kepada alamat milis, (jangan ke
alamat owner)

(4)
Semua mail dikemukakan secara santun, ceria, menyenangkan, boleh lucu,
saling menghormati, menjauhkan dari masalah SARA.

B. SANGAT TIDAK DIHARAPKAN:
========================

(1)
Mail yg isinya melecehkan, menghina fihak lain, berbahasa kasar, memicu
pertengkaran dsb.

(2)
Posting "too good to be true" misalnya "jualan" (MLM), spam, money game,
hoax, mail berantai dan iklan (tanpa lebihdulu mendapat ijin dari owner).

(3)
Cross-posting (mengirim 1 mail sekaligus kepada lebih dari satu milis /
address tujuan).

(4)
Mail yg ditulis dengan ukuran, bentuk/warna font dan cara yg di luar
kewajaran, sehingga menyulitkan pembacaan.

(5)
Mail tanpa judul/subject dan/atau tanpa isi, walaupun melampirkan penjelasan.

(6)
Menyertakan link yang merujuk kepada halaman yang berisi iklan produk /
informasi yang tidak berhubungan dengan Excel / pertanyaan.

C. LAIN LAIN:
========

Saran & Tips menulis mail / posting ke milis:
---------------------------------------------

(a)
Berikan subject yg isinya mewakili kasus yg akan ditulis.
Hindari subject yg tidak jelas dan terlalu general (misal "tolong",
"help", "tanya" "mohon pencerahan", dsb)

(b)
Ikuti Subject yg telah ada, (dengan meReply), hanya jika masalah yg akan
ditulis masih berkaitan.
Mengubah Subject (misal dgn menambah kata "Balasan" / "Solusi" /
"Tanggapan&quot; dsb, hanya akan merusak 'Thread&#39; (korelasi/kesinambungan)
suatu topik, oleh karena itu jangan dilakukan.

Jika anda akan mengajukan topik/kasus baru yg tidak berkaitan dengan
topik yg telah ada, buatlah Subject baru, dengan Compose / New Mail.
JANGAN dengan cara mereply subject yg ada lalu mengganti subjecnya.

(c)
Terutama pada posting pertanyaan/request, tuliskan masalah dengan jelas
di badan email. Penjelasan lebih rinci dapat ditulis pada lampiran.
Lampiran sedapat mungkin berupa workbook (file *.xls), dengan nama-file
yang spesifik.

(d)
Posting tanggapan/jawaban hendaknya ditulis secara 'top-posting&#39; (di
ATAS "quoted mail" yg ditanggapi, demi mempermudah pembacaan.

'Quoted mail' tidak harus disertakan semua, cukup 1 atau maximal 2 mail
terdahulu.

(e)
Footer yg tidak perlu hendaknya dihapus dulu sebelum mail Anda kirimkan.

Mengenai OOT dan VOOT
---------------------
Di luar 3 jenis posting di atas, yi: DISKUSI yg berisi sharing,
pertanyaan, tanggapan) akan dianggap Out of Topic (OOT) atau bahkan
VOOT (very out of topic).

Kategory OOT akan dipertimbangkan kasus-demi-kasus dengan kriteria
"manfaat positif bagi komunitas kita".

Kategory OOT atas pertimbangan khusus, misalnya demi kepentingan yg
mendesak dan penting, atau demi "kemanusiaan&quot;, tidak didelete.
Jika tidak memenuhi kriteria akan didelete dengan atau tanpa pemberi-
tahuan kpd member.

Kategory VOOT, posting akan langsung didelete, pengirim akan diberi
teguran.

VOOT kedua dari pengirim yg sama akan menyebabkan member ybs didisabled
sementara kemampuan postingnya.

Kelanjutan dari suatu diskusi tanya-jawab, masih layak diposted ke milis,
misal hanya ucapan terima kasih atau pun sejenis konfirmasi bahwa suatu
solusi sudah diterima dan dapat dipakai dsb, ini dapat golongkan sbg OOT
yg masih layak tayang.

Kelanjutan pembicaraan yg sudah tidak relevan lagi bagi member lain,
dapat anda teruskan melalui 'japri&#39; (jalur pribadi).

Kritik dan saran kepada milis 'belajar-excel'
--------------------------------------------
Kritik dan saran diluar masalah excel demi perbaikan milis ini dapat
disampaikan ke owner / moderators

Hak dan wewenang Moderators
---------------------------
Moderators berhak setelah mempertimbangkan hal-hal diatas untuk
memberikan kartu kuning atau langsung kartu merah dan/atau
mem-banned members yang melakukan pelanggaran rules milis ini.

Himbauan dari milis 'belajar excel' kpd members
-----------------------------------------------

Diharapkan para members terus meningkatkan pengetahuannya mengenai
kelaziman cara bermilis & ber-net-ria secara umum.

Perlu selalu disadari bahwa di dunia internet, sama dengan dunia kita
sehari hari.
Jika di dunia nyata kita mengenal "etika / ettiquettes", maka di net
ada semacam etika umum yg lazim disebut "nettiquette&quot;.

Kalau anda sering tidak mengindahkan "nettiquettes&quot;, tidak akan polisi
yg menangkap anda; tetapi lama-lama anda akan dijauhi banyak rekan,
karena mereka tentu merasa tidak nyaman ber-korespondensi dengan anda.

Sebagai Members of "milis belajar-excel" dan sebagai 'netter sejati',
anda tentu tidak suka kalau harus dicap sebagai "tidak nettis" yang
artinya setara dgn "tidak etis".

--------------------------------------------[rev: 13mar2010 / ctv]-----

revisi 2: tgl 02Des2013 / dwint
# penambahan point B.6.

Tue Sep 1, 2015 12:57 am (PDT) . Posted by:

"Ambo Upe" upe_anakogie


Salam,


Mohon Bantuannya Bagaimana Cara Membuat atau Nge-Link Antar File Excel, dan ketika lokasi file berubah, link juga akan berubah, link akan otomatis terupadet, kayak membuat path, atau relinked.



Terima Kasih










============================================================
Pojok Lowongan Kerja yang disediakan milis :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/Pojok-Lowongan-Kerja-f5725753.html
*** Posting lowongan kerja : ke link tersebut dan klik New Topic
============================================================
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke: belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke: belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis : http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran : http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe), kirim mail kosong ke : belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar