15 New Messages
Digest #2284
Messages
Mon May 6, 2013 6:56 am (PDT) . Posted by:
"WIRAnata Kemala Deng" kwiranata
seperti ini bukan yah jawaban (one of many ways) untuk pertanyaan nya ?
pencet button 2
untuk referensi yah, silakan dikotak-katik :)
maap kalo VBA nya berantakan , maklum baru belajar.
regards, wira
6/5/2013 8:44:04 PM
2013/5/6 achmad adi <didon13@ymail.com >
> **
>
>
> saya lampirkan filenya,,,,mohon pencerahaanya,,,karena saya telah
> mencoba,,tetapi ketika bulan terakhir dan pergantian tahun,,,rumus tidak
> jalan,,,
>
>
>
pencet button 2
untuk referensi yah, silakan dikotak-katik :)
maap kalo VBA nya berantakan , maklum baru belajar.
regards, wira
6/5/2013 8:44:04 PM
2013/5/6 achmad adi <didon13@ymail.
> **
>
>
> saya lampirkan filenya,,,,mohon pencerahaanya,
> mencoba,,tetapi ketika bulan terakhir dan pergantian tahun,,,rumus tidak
> jalan,,,
>
>
>
Mon May 6, 2013 8:19 am (PDT) . Posted by:
"achmad adi" didon13@ymail.com
ini malah sangat membantu,,,trima kasih mbk,,,to mas nih...hehehehe :)
tapi bukan itu maksd saya,,,VBA untuk Teks box "dari" agar sesuai dengan rumus eomonth yamh di sheet 1,,,
misal :
USERFORM------> angsuran = 2
dari = Dec-13
maka otomatis--->sampai = Feb-14
trimakasih sebelumnya,,,,
________________________________
Dari: WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 6 Mei 2013 20:46
Judul: Re: [belajar-excel] rumus eomonth berjalan di combobox
seperti ini bukan yah jawaban (one of many ways) untuk pertanyaan nya ? pencet button 2
untuk referensi yah, silakan dikotak-katik :)
maap kalo VBA nya berantakan , maklum baru belajar.
regards, wira
6/5/2013 8:44:04 PM
2013/5/6 achmad adi <didon13@ymail.com >
>
>saya lampirkan filenya,,,,mohon pencerahaanya,,,karena saya telah mencoba,,tetapi ketika bulan terakhir dan pergantian tahun,,,rumus tidak jalan,,,
>
tapi bukan itu maksd saya,,,VBA untuk Teks box "dari" agar sesuai dengan rumus eomonth yamh di sheet 1,,,
misal :
USERFORM----
dari = Dec-13
maka otomatis--->
trimakasih sebelumnya,,
____________
Dari: WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Senin, 6 Mei 2013 20:46
Judul: Re: [belajar-excel] rumus eomonth berjalan di combobox
seperti ini bukan yah jawaban (one of many ways) untuk pertanyaan nya ? pencet button 2
untuk referensi yah, silakan dikotak-katik :)
maap kalo VBA nya berantakan , maklum baru belajar.
regards, wira
6/5/2013 8:44:04 PM
2013/5/6 achmad adi <didon13@ymail.
>
>saya lampirkan filenya,,,,mohon pencerahaanya,
>
Mon May 6, 2013 12:21 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
File terlampir mencoba dengan :
1. bantuan formula dalam cell
2. memanfaatkan fungsi worksheet dalam VBA
3. fungsi aplikasi Excel bernama evaluate
4. fungsi dateserial milik VB
5. fungsi dateadd milik VB
Wassalam,
Kid.
2013/5/6 achmad adi <didon13@ymail.com >
> **
>
>
> ini malah sangat membantu,,,trima kasih mbk,,,to mas nih...hehehehe :)
>
> tapi bukan itu maksd saya,,,VBA untuk Teks box "dari" agar sesuai dengan
> rumus eomonth yamh di sheet 1,,,
> misal :
> USERFORM------> angsuran = 2
> dari = Dec-13
> maka otomatis--->sampai = Feb-14
>
> trimakasih sebelumnya,,,,
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 6 Mei 2013 20:46
> *Judul:* Re: [belajar-excel] rumus eomonth berjalan di combobox
>
>
> seperti ini bukan yah jawaban (one of many ways) untuk pertanyaan nya ?
> pencet button 2
>
> untuk referensi yah, silakan dikotak-katik :)
> maap kalo VBA nya berantakan , maklum baru belajar.
>
> regards, wira
> 6/5/2013 8:44:04 PM
>
>
>
> 2013/5/6 achmad adi <didon13@ymail.com >
>
> **
>
> saya lampirkan filenya,,,,mohon pencerahaanya,,,karena saya telah
> mencoba,,tetapi ketika bulan terakhir dan pergantian tahun,,,rumus tidak
> jalan,,,
>
>
>
>
>
>
1. bantuan formula dalam cell
2. memanfaatkan fungsi worksheet dalam VBA
3. fungsi aplikasi Excel bernama evaluate
4. fungsi dateserial milik VB
5. fungsi dateadd milik VB
Wassalam,
Kid.
2013/5/6 achmad adi <didon13@ymail.
> **
>
>
> ini malah sangat membantu,,,trima kasih mbk,,,to mas nih...hehehehe :)
>
> tapi bukan itu maksd saya,,,VBA untuk Teks box "dari" agar sesuai dengan
> rumus eomonth yamh di sheet 1,,,
> misal :
> USERFORM----
> dari = Dec-13
> maka otomatis--->
>
> trimakasih sebelumnya,,
>
>
> ------------
> *Dari:* WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.
> *Kepada:* belajar-excel@
> *Dikirim:* Senin, 6 Mei 2013 20:46
> *Judul:* Re: [belajar-excel] rumus eomonth berjalan di combobox
>
>
> seperti ini bukan yah jawaban (one of many ways) untuk pertanyaan nya ?
> pencet button 2
>
> untuk referensi yah, silakan dikotak-katik :)
> maap kalo VBA nya berantakan , maklum baru belajar.
>
> regards, wira
> 6/5/2013 8:44:04 PM
>
>
>
> 2013/5/6 achmad adi <didon13@ymail.
>
> **
>
> saya lampirkan filenya,,,,mohon pencerahaanya,
> mencoba,,tetapi ketika bulan terakhir dan pergantian tahun,,,rumus tidak
> jalan,,,
>
>
>
>
>
>
Mon May 6, 2013 8:49 am (PDT) . Posted by:
"leo" adityos2003
mau tanya nih para master excel, cara mencari formula/rumus di excel bila ada kasus seperti ini
rayon divisi sales
cirebon1 1 10
cirebon1 2 10
cirebon1 3 10
cirebon1 4 30
cirebon2 5 10
tegal1 1 20
tegal1 2 20
tegal1 3 20
tegal1 4 60
tegal2 5 80
utk divisi 4 sales nya dibagi 3 (krn jumlah divisi 3=1,2,3) dan menambah sales di divisi 1,2,3 pakai formula/rumus yang mana ya ? trimss
�
best regards,
Leonardus Adityo T.P
http://pujanggamu.wordpress.com
"alon-alon asal kelakon"
--- Mods ---
Sebaiknya dilampirkan workbook berisi sontoh data tersebut yang dilengkapi dengan penjelasan yang detil dan contoh nilai hasil kerja manual (hitung pakai sempoa atau alat apapun yang mungkin).
Kemudian kirim email ke milis di belajar-excel@yahoogroups.com dari akun email yang didaftarkan ke milis (compose email dari inbox jika posting baru dan reply jika melanjutkan suatu topik yang sudah ada) disertai lampiran berupa workbook berisi contoh data tadi.
Beri judul email yang mencerminkan isi kasus (pada posting topik baru).
Baca peraturan milis tentang batasan ukuran file lampiran dan tata cara posting.
-----------
rayon divisi sales
cirebon1 1 10
cirebon1 2 10
cirebon1 3 10
cirebon1 4 30
cirebon2 5 10
tegal1 1 20
tegal1 2 20
tegal1 3 20
tegal1 4 60
tegal2 5 80
utk divisi 4 sales nya dibagi 3 (krn jumlah divisi 3=1,2,3) dan menambah sales di divisi 1,2,3 pakai formula/rumus yang mana ya ? trimss
�
best regards,
Leonardus Adityo T.P
http://pujanggamu.
"alon-alon asal kelakon"
--- Mods ---
Sebaiknya dilampirkan workbook berisi sontoh data tersebut yang dilengkapi dengan penjelasan yang detil dan contoh nilai hasil kerja manual (hitung pakai sempoa atau alat apapun yang mungkin).
Kemudian kirim email ke milis di belajar-excel@
Beri judul email yang mencerminkan isi kasus (pada posting topik baru).
Baca peraturan milis tentang batasan ukuran file lampiran dan tata cara posting.
-----------
Mon May 6, 2013 11:18 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
=CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data
di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah
selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang
dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk
membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan
kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau -
untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah
tipedatanya menjadi text.
=IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir -
nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan
untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah
tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi
waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe
datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
=*Int*( *durasi */ *rentang *) + Mod( *durasi *, *rentang *)
bahasa manusianya :
"Hitung *jumlah hari* dari suatu nilai *durasi *(bertipe datetime) menurut
hitungan setiap hari senilai sebanyak *rentang *jam [*Int*( *durasi */ *rentang
*)] ditambahkan dengan sisa bagi *durasi *dengan *rentang *jam [Mod( *durasi
*, *rentang *)]"
Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil
akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
Wassalam,
Kid.
2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Dear Para Master,
> Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana39; berikut :)
> Sebagaimana file terlampir.
> Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>
> Wassalam.
>
> - prodev simple -
>
>
>
1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
=CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data
di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah
selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang
dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk
membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan
kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau -
untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah
tipedatanya menjadi text.
=IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir -
nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan
untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah
tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi
waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe
datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
=*Int*( *durasi */ *rentang *) + Mod( *durasi *, *rentang *)
bahasa manusianya :
"Hitung *jumlah hari* dari suatu nilai *durasi *(bertipe datetime) menurut
hitungan setiap hari senilai sebanyak *rentang *jam [*Int*( *durasi */ *rentang
*)] ditambahkan dengan sisa bagi *durasi *dengan *rentang *jam [Mod( *durasi
*, *rentang *)]"
Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil
akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
Wassalam,
Kid.
2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
> **
>
>
> Assalamu'
>
> Dear Para Master,
> Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana
> Sebagaimana file terlampir.
> Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>
> Wassalam.
>
> - prodev simple -
>
>
>
Mon May 6, 2013 11:12 pm (PDT) . Posted by:
"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Terima kasih banyak Mr. Kid atas solusinya.
Sebelumnya sudah coba diutak atik dengan memanfaatkan fungsi CountIF, tapi ternyata ada kesalahan pada formulasi rumusnya.
Penjelasan dari Mr. Kid yang men-dubing 'bahasa rumus' tersebut kedalam 'bahasa manusia', Alhamdulillah semakin memperjelas pemahaman.
Sepertinya bagus juga, jika konsep penjelasan fungsi-fungsi dasar Excel diterjemahkan pula dalam bahasa manusia.
Good luck untuk milis BeExcel :)
Btw, posting donk sejarah singkat pembentukan milis ini. Sehingga kita semua tahu 'hari burung'-nya milis ini (birthday) :)
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
- prodev simple -
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 1:18
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
=CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau - untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah tipedatanya menjadi text.
=IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
=Int( durasi / rentang ) + Mod( durasi , rentang )
bahasa manusianya :
"Hitung jumlah hari dari suatu nilai durasi (bertipe datetime) menurut hitungan setiap hari senilai sebanyak rentang jam [Int( durasi / rentang )] ditambahkan dengan sisa bagi durasi dengan rentang jam [Mod( durasi , rentang )]"
Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
Wassalam,
Kid.
2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>
>
>Dear Para Master,
>Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana39; berikut :)
>Sebagaimana file terlampir.
>Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>
>
>Wassalam.
>
>- prodev simple -
>
Terima kasih banyak Mr. Kid atas solusinya.
Sebelumnya sudah coba diutak atik dengan memanfaatkan fungsi CountIF, tapi ternyata ada kesalahan pada formulasi rumusnya.
Penjelasan dari Mr. Kid yang men-dubing 'bahasa rumus' tersebut kedalam 'bahasa manusia'
Sepertinya bagus juga, jika konsep penjelasan fungsi-fungsi dasar Excel diterjemahkan pula dalam bahasa manusia.
Good luck untuk milis BeExcel :)
Btw, posting donk sejarah singkat pembentukan milis ini. Sehingga kita semua tahu 'hari burung'-
Wassalamu'
- prodev simple -
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: BeExcel <belajar-excel@
Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 1:18
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
Wa'alaikumussal
1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
=CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau - untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah tipedatanya menjadi text.
=IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
=Int( durasi / rentang ) + Mod( durasi , rentang )
bahasa manusianya :
"Hitung jumlah hari dari suatu nilai durasi (bertipe datetime) menurut hitungan setiap hari senilai sebanyak rentang jam [Int( durasi / rentang )] ditambahkan dengan sisa bagi durasi dengan rentang jam [Mod( durasi , rentang )]"
Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
Wassalam,
Kid.
2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
>Assalamu
>
>
>Dear Para Master,
>Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana
>Sebagaimana file terlampir.
>Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>
>
>Wassalam.
>
>- prodev simple -
>
Mon May 6, 2013 11:13 pm (PDT) . Posted by:
"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Maaf, ada yang tertinggal....ada satu kendala lagi.
Yaitu menggabungkan data yang memiliki 2 (dua) batasan yang berbeda.
Penjelasan dalam lampiran file (blok warna kuning)
Atas penjelasannya disampaikan terima kasih.
Wassalam.
- prodev simple -
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 1:18
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
=CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau - untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah tipedatanya menjadi text.
=IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
=Int( durasi / rentang ) + Mod( durasi , rentang )
bahasa manusianya :
"Hitung jumlah hari dari suatu nilai durasi (bertipe datetime) menurut hitungan setiap hari senilai sebanyak rentang jam [Int( durasi / rentang )] ditambahkan dengan sisa bagi durasi dengan rentang jam [Mod( durasi , rentang )]"
Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
Wassalam,
Kid.
2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>
>
>Dear Para Master,
>Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana39; berikut :)
>Sebagaimana file terlampir.
>Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>
>
>Wassalam.
>
>- prodev simple -
>
Maaf, ada yang tertinggal..
Yaitu menggabungkan data yang memiliki 2 (dua) batasan yang berbeda.
Penjelasan dalam lampiran file (blok warna kuning)
Atas penjelasannya disampaikan terima kasih.
Wassalam.
- prodev simple -
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: BeExcel <belajar-excel@
Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 1:18
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
Wa'alaikumussal
1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
=CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau - untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah tipedatanya menjadi text.
=IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
=Int( durasi / rentang ) + Mod( durasi , rentang )
bahasa manusianya :
"Hitung jumlah hari dari suatu nilai durasi (bertipe datetime) menurut hitungan setiap hari senilai sebanyak rentang jam [Int( durasi / rentang )] ditambahkan dengan sisa bagi durasi dengan rentang jam [Mod( durasi , rentang )]"
Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
Wassalam,
Kid.
2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
>Assalamu
>
>
>Dear Para Master,
>Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana
>Sebagaimana file terlampir.
>Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>
>
>Wassalam.
>
>- prodev simple -
>
Mon May 6, 2013 7:19 pm (PDT) . Posted by:
"R T Gultom" ro_tag
Pa Ali,
Saya bersedia bantu panitia. Tinggal di harapan jaya bekasi selatan.
Mb 08129045497
Regards,
Gultom
Sent from Yahoo! Mail on Android
Saya bersedia bantu panitia. Tinggal di harapan jaya bekasi selatan.
Mb 08129045497
Regards,
Gultom
Sent from Yahoo! Mail on Android
Mon May 6, 2013 11:10 pm (PDT) . Posted by:
"Helsy B" helsyb
Para pakar Excell,
Saya sudah coba edit sriptnya tetapi data yang dicopy masih 1 record, karena saya masih bingung mengcopy sejumlah pelanggan sama
Mohon pencerahannya.
Wassalam,
Helsy
Pada Kam, 2/5/13, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com > menulis:
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
Judul: Re: [belajar-excel] Memecah 1 sheet jadi beberapa file
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 2 Mei, 2013, 2:17 AM
ups.. ada yang ketinggalan..
variabel yang tadi dideklarasikan harus diisi dengan sebuah nilai yang berasal dari jumlah nama customer yang sama,
salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi CountIf milik worksheet yang bisa dipanggil dengan caraApplication.WorksheetFunction.CountIf(range_datanya , kriterianya_dalam_hal_ini_adalah_nama_customer)
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Saya sudah coba edit sriptnya tetapi data yang dicopy masih 1 record, karena saya masih bingung mengcopy sejumlah pelanggan sama
Mohon pencerahannya.
Wassalam,
Helsy
Pada Kam, 2/5/13, Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Judul: Re: [belajar-excel] Memecah 1 sheet jadi beberapa file
Kepada: belajar-excel@
Tanggal: Kamis, 2 Mei, 2013, 2:17 AM
ups.. ada yang ketinggalan.
variabel yang tadi dideklarasikan harus diisi dengan sebuah nilai yang berasal dari jumlah nama customer yang sama,
salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi CountIf milik worksheet yang bisa dipanggil dengan caraApplication.
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut
http://tech.
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
Tue May 7, 2013 12:57 am (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
Hai Helsy, coba script berikut..
setiap langkah yang dulu ditulis di email sudah Jan letakan di script
sebagai keterangan
script sudah di tes dan berjalan di komputer Jan, beberapa kesalahan dalam
penjelasan sudah diperbaiki (dulu gak dites dulu sih xixixi :D)
' wajib menggunakan script ini, untuk pengecekan setiap variabel
Option Explicit
' ===================================== '
' Split data into many workbook(s) '
' script by: my beloved Miss Jan Raisin '
' edited by: Aji Mumpung '
' Belajar-Excel, 26 April 2013 '
' edited by: Miss Jan Raisin '
' Belajar Excel, 07 Mei 2013 '
' ===================================== '
' awal dari prosedur
Sub SplitWorkBook()
' deklarasi variabel sesuai dengan kebutuhan
Dim lRow As Long, i As Long, lData As Long
Dim sPath As String, FData As String, FCust As String, msg As String
Dim wbk As Workbook
Dim rgData As Range
Dim sStart As Single
Dim iCount As Integer, iNbr As Integer ' ini buat penomoran
' 1. deklarasikan 1 buah variabel baru bertipe Integer
' untuk menghitung berapa banyak data tiap customer yang akan dikopi
Dim iCust As Integer
'{CPR}
Application.ScreenUpdating = False
sStart = Timer
sPath = ActiveWorkbook.Path
FData = ActiveWorkbook.Name
Sheets("CPR").Select
lRow = Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp).Row
iCount = 0
For i = 7 To lRow
With Workbooks(FData).Sheets("CPR")
' 2. non aktifkan script If .Cells(i, 2).Value = .Cells(i + 1,
2) Then,
' dan script penutupnya (ini berarti cuma baris If dan End
If saja,
' tidak termasuk script diantara keduanya)
' If .Cells(i, 2).Value = .Cells(i + 1, 2) Then
FCust = .Cells(i, 2).Value
Set wbk = Workbooks.Add
wbk.SaveAs sPath & "\" & FCust & ".xlsx"
.Range("a1:t6").Copy
Range("a1").PasteSpecial xlPasteAll
' 3. ganti nilai lData menjadi ldata = i +
variabel_pada_nomor_1_di_atas - 1
' lData = .Cells(i, 2).End(xlDown).Row
' ups.. ada yang ketinggalan..
' variabel yang tadi dideklarasikan harus diisi dengan
sebuah nilai
' yang berasal dari jumlah nama customer yang sama,
' salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi
CountIf milik worksheet
' yang bisa dipanggil dengan cara
' Application.WorksheetFunction.CountIf(range_datanya ,
kriterianya_dalam_hal_ini_adalah_nama_customer)
iCust =
Application.WorksheetFunction.CountIf(.Range(.Cells(7, 2), .Cells(lRow,
2)), FCust)
lData = i + iCust - 1
Set rgData = .Range(.Cells(i, 1), .Cells(lData, 21))
rgData.Copy
Range("a7").PasteSpecial xlPasteAll
Application.CutCopyMode = False
' Kasih nomor urut
For iNbr = 1 To iCust
Cells(iNbr + 6, 1).Value = iNbr
Next iNbr
' panggil prosedur atur lebar kolom
ChangeColumnWidth
Workbooks(FCust).Save
Workbooks(FCust).Close
iCount = iCount + 1
msg = msg & vbNewLine & iCount & " : " & FCust & ".xlsx"
' ini pasangan dari If yang di atas yang dinonaktifkan
'End If
End With
' 4. sebelum message box, tambahkan script yang berbunyi i = i +
variabel_pada_nomor_1_di_atas
' dikoreksi: sebelum Next i, tambahkan script yang berbunyi i = i
+ variabel_pada_nomor_1_di_atas - 1
i = i + iCust - 1
Next i
Application.ScreenUpdating = True
' tampilkan pesan hasil split data
MsgBox "Split data into " & iCount & " workbook(s) in " & Format(Timer
- sStart, "0.###") & " second" & _
vbNewLine & msg, vbInformation, "Done"
' akhir dari prosedur
End Sub
' seluruh pengaturan lebar kolom di pindah ke sini
Sub ChangeColumnWidth()
ActiveWindow.DisplayGridlines = False
Range("a:a").EntireColumn.ColumnWidth = 4
Range("b:b").EntireColumn.ColumnWidth = 15.43
Range("c:c,d:d").EntireColumn.ColumnWidth = 9.57
Range("e:e").EntireColumn.ColumnWidth = 11.14
Range("f:f,g:g").EntireColumn.ColumnWidth = 5.71
Range("l:l,h:h").EntireColumn.ColumnWidth = 13.29
Range("l:l,j:j,k:k,m:m,n:n,o:o").EntireColumn.ColumnWidth = 4.86
Range("p:p").EntireColumn.ColumnWidth = 7
Range("q:q").EntireColumn.ColumnWidth = 28.71
Range("r:r").EntireColumn.ColumnWidth = 8
Range("s:s").EntireColumn.ColumnWidth = 12.43
Range("a1:t1").MergeCells = True
Range("a2:t2").MergeCells = True
End Sub
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com ;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 7 Mei 2013 09.05, Helsy B <helsyb@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> Para pakar Excell,
>
> Saya sudah coba edit sriptnya tetapi data yang dicopy masih 1 record,
> karena saya masih bingung mengcopy sejumlah pelanggan sama
>
> Mohon pencerahannya.
>
> Wassalam,
> Helsy
>
>
> Pada *Kam, 2/5/13, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >* menulis:
>
>
> Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
> Judul: Re: [belajar-excel] Memecah 1 sheet jadi beberapa file
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Tanggal: Kamis, 2 Mei, 2013, 2:17 AM
>
>
>
>
> ups.. ada yang ketinggalan..
>
> variabel yang tadi dideklarasikan harus diisi dengan sebuah nilai yang
> berasal dari jumlah nama customer yang sama,
> salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi CountIf milik
> worksheet yang bisa dipanggil dengan cara
> Application.WorksheetFunction.CountIf(range_datanya ,
> kriterianya_dalam_hal_ini_adalah_nama_customer)
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> pooling berikut
>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
> berharga untuk Be-Exceler yang lain
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
>
setiap langkah yang dulu ditulis di email sudah Jan letakan di script
sebagai keterangan
script sudah di tes dan berjalan di komputer Jan, beberapa kesalahan dalam
penjelasan sudah diperbaiki (dulu gak dites dulu sih xixixi :D)
' wajib menggunakan script ini, untuk pengecekan setiap variabel
Option Explicit
' ============
' Split data into many workbook(s) '
' script by: my beloved Miss Jan Raisin '
' edited by: Aji Mumpung '
' Belajar-Excel, 26 April 2013 '
' edited by: Miss Jan Raisin '
' Belajar Excel, 07 Mei 2013 '
' ============
' awal dari prosedur
Sub SplitWorkBook(
' deklarasi variabel sesuai dengan kebutuhan
Dim lRow As Long, i As Long, lData As Long
Dim sPath As String, FData As String, FCust As String, msg As String
Dim wbk As Workbook
Dim rgData As Range
Dim sStart As Single
Dim iCount As Integer, iNbr As Integer ' ini buat penomoran
' 1. deklarasikan 1 buah variabel baru bertipe Integer
' untuk menghitung berapa banyak data tiap customer yang akan dikopi
Dim iCust As Integer
'{CPR}
Application.
sStart = Timer
sPath = ActiveWorkbook.
FData = ActiveWorkbook.
Sheets("
lRow = Cells(Rows.Count, 2).End(xlUp)
iCount = 0
For i = 7 To lRow
With Workbooks(FData)
' 2. non aktifkan script If .Cells(i, 2).Value = .Cells(i + 1,
2) Then,
' dan script penutupnya (ini berarti cuma baris If dan End
If saja,
' tidak termasuk script diantara keduanya)
' If .Cells(i, 2).Value = .Cells(i + 1, 2) Then
FCust = .Cells(i, 2).Value
Set wbk = Workbooks.Add
wbk.SaveAs sPath & "\" & FCust & ".xlsx"
.Range("
Range("
' 3. ganti nilai lData menjadi ldata = i +
variabel_pada_
' lData = .Cells(i, 2).End(xlDown)
' ups.. ada yang ketinggalan.
' variabel yang tadi dideklarasikan harus diisi dengan
sebuah nilai
' yang berasal dari jumlah nama customer yang sama,
' salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi
CountIf milik worksheet
' yang bisa dipanggil dengan cara
' Application.
kriterianya_
iCust =
Application.
2)), FCust)
lData = i + iCust - 1
Set rgData = .Range(.Cells(
rgData.Copy
Range("
Application.
' Kasih nomor urut
For iNbr = 1 To iCust
Cells(iNbr + 6, 1).Value = iNbr
Next iNbr
' panggil prosedur atur lebar kolom
ChangeColumnWidth
Workbooks(FCust)
Workbooks(FCust)
iCount = iCount + 1
msg = msg & vbNewLine & iCount & " : " & FCust & ".xlsx"
' ini pasangan dari If yang di atas yang dinonaktifkan
'End If
End With
' 4. sebelum message box, tambahkan script yang berbunyi i = i +
variabel_pada_
' dikoreksi: sebelum Next i, tambahkan script yang berbunyi i = i
+ variabel_pada_
i = i + iCust - 1
Next i
Application.
' tampilkan pesan hasil split data
MsgBox "Split data into " & iCount & " workbook(s) in " & Format(Timer
- sStart, "0.###"
vbNewLine & msg, vbInformation, "Done"
' akhir dari prosedur
End Sub
' seluruh pengaturan lebar kolom di pindah ke sini
Sub ChangeColumnWidth(
ActiveWindow.
Range("
Range("
Range("
Range("
Range("
Range("
Range("
Range("
Range("
Range("
Range("
Range("
Range("
End Sub
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 7 Mei 2013 09.05, Helsy B <helsyb@yahoo.
> **
>
>
> Para pakar Excell,
>
> Saya sudah coba edit sriptnya tetapi data yang dicopy masih 1 record,
> karena saya masih bingung mengcopy sejumlah pelanggan sama
>
> Mohon pencerahannya.
>
> Wassalam,
> Helsy
>
>
> Pada *Kam, 2/5/13, Jan Raisin <miss.jan.raisin@
>
>
> Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
> Judul: Re: [belajar-excel] Memecah 1 sheet jadi beberapa file
> Kepada: belajar-excel@
> Tanggal: Kamis, 2 Mei, 2013, 2:17 AM
>
>
>
>
> ups.. ada yang ketinggalan.
>
> variabel yang tadi dideklarasikan harus diisi dengan sebuah nilai yang
> berasal dari jumlah nama customer yang sama,
> salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan fungsi CountIf milik
> worksheet yang bisa dipanggil dengan cara
> Application.
> kriterianya_
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> pooling berikut
>
> http://tech.
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
> berharga untuk Be-Exceler yang lain
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
>
Mon May 6, 2013 11:11 pm (PDT) . Posted by:
"yonikriwul" yonikriwul
Salam Semuanya....
Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang memakai fungsi Vlookup..
sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal, no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung saya print...
permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil formatnya....
mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan ini...
sebagai contoh saya lampirkan filenya...
atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
salam
Yoni
Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang memakai fungsi Vlookup..
sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal, no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung saya print...
permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil formatnya...
mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan ini...
sebagai contoh saya lampirkan filenya...
atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
salam
Yoni
Mon May 6, 2013 11:37 pm (PDT) . Posted by:
"aji mumpung"
Hai Yoni,
fungsi format cell di dalam workseet adalah untuk memudahkan user membaca
nilai dari suatu cell, jadi yang berubah adalah tampilannya saja dan bukan
nilainya.
Format suatu cell tidak bisa diambil menggunakan formula (cmmiw), jadi jika
anda bekerja dengan formula maka anda harus melakukan format cell terhadap
cell hasil perhitungan sesuai dengan yang diinginkan.
Cara lain untuk mengambil format suatu cell adalah menggunakan VBA (macro0,
tetapi menurut pendapat saya hal ini tidaklah praktis.
semoga penjelasan ini memberikan sedikit pencerahan untuk anda.
Wassalam,
-Aji Mumpung-
Pada 7 Mei 2013 09.18, yonikriwul <yonikriwul@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> Salam Semuanya....
> Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang
> memakai fungsi Vlookup..
> sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal, no
> faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung saya
> print...
> permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan
> pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil
> formatnya....
> mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan ini...
> sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
>
> salam
> Yoni
>
>
>
fungsi format cell di dalam workseet adalah untuk memudahkan user membaca
nilai dari suatu cell, jadi yang berubah adalah tampilannya saja dan bukan
nilainya.
Format suatu cell tidak bisa diambil menggunakan formula (cmmiw), jadi jika
anda bekerja dengan formula maka anda harus melakukan format cell terhadap
cell hasil perhitungan sesuai dengan yang diinginkan.
Cara lain untuk mengambil format suatu cell adalah menggunakan VBA (macro0,
tetapi menurut pendapat saya hal ini tidaklah praktis.
semoga penjelasan ini memberikan sedikit pencerahan untuk anda.
Wassalam,
-Aji Mumpung-
Pada 7 Mei 2013 09.18, yonikriwul <yonikriwul@yahoo.
> **
>
>
> Salam Semuanya....
> Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang
> memakai fungsi Vlookup..
> sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal, no
> faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung saya
> print...
> permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan
> pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil
> formatnya...
> mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan ini...
> sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
>
> salam
> Yoni
>
>
>
Mon May 6, 2013 11:12 pm (PDT) . Posted by:
"Mustari" moezzt
alow semua...
setelah saye search di milis koq gak ada yah link nya..atau sdh dihapus...tolong dong yg paham,butuh banget nee buat kerjaan...
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Mengubah angka menjadi teks membutuhkan fungsi konversinya. Bisa didapat di
> website milis :
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/
>
> Yang menggunakan UDF, biasanya disebut fungsi terbilang (pakai VBA) dan
> digunakan layaknya fungsi Excel lainnya.
> download file tentang terbilang.
>
> Yang menggunakan nama range yang merujuk ke suatu formula dapat download
> file tentang terbilang tanpa macro.
>
> Yang harus diubah dari data tanggal adalah sisi hari (hasil fungsi Day) dan
> sisi tahun (hasil fungsi Year) yang dimasukkan ke fungsi terbilang.
> Nama hari dengan fungsi text( nilai , "dddd" )
> Nama bulan dengan fungsi text( nilai , "mmmm" )
>
> Lengkapnya bisa berupa :
> =text( nilai , "dddd," ) & " tanggal " & terbilang( day( nilai ) ) & "
> bulan " & text( nilai , "mmmm" ) & " tahun " & terbilang( year( nilai ) )
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/9/10 anugrah <knightriderblack@...>
>
> > **
> >
> >
> > HALO Semuanya....,
> > mau tanya, klo ingin membuat format tanggal menjadi huruf bagaimana ya???
> >
> > contoh :
> >
> > tanggal 10 september 2012
> >
> > menjadi
> >
> > senin, tanggal sepuluh bulan september tahun duaribu dua belas
> >
> > klo menggunakan rumus =TEXT(cell;"dddd, dd-mmmm-yyyy")
> > hanya mendapatkan
> >
> > senin, 10-september-2012
> >
> > terimakasih atas bantuannya.
> >
> >
> >
>
setelah saye search di milis koq gak ada yah link nya..atau sdh dihapus...tolong dong yg paham,butuh banget nee buat kerjaan...
--- In belajar-excel@
>
> Mengubah angka menjadi teks membutuhkan fungsi konversinya. Bisa didapat di
> website milis :
> http://tech.
>
> Yang menggunakan UDF, biasanya disebut fungsi terbilang (pakai VBA) dan
> digunakan layaknya fungsi Excel lainnya.
> download file tentang terbilang.
>
> Yang menggunakan nama range yang merujuk ke suatu formula dapat download
> file tentang terbilang tanpa macro.
>
> Yang harus diubah dari data tanggal adalah sisi hari (hasil fungsi Day) dan
> sisi tahun (hasil fungsi Year) yang dimasukkan ke fungsi terbilang.
> Nama hari dengan fungsi text( nilai , "dddd" )
> Nama bulan dengan fungsi text( nilai , "mmmm" )
>
> Lengkapnya bisa berupa :
> =text( nilai , "dddd," ) & " tanggal " & terbilang( day( nilai ) ) & "
> bulan " & text( nilai , "mmmm" ) & " tahun " & terbilang( year( nilai ) )
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/9/10 anugrah <knightriderblac
>
> > **
> >
> >
> > HALO Semuanya....
> > mau tanya, klo ingin membuat format tanggal menjadi huruf bagaimana ya???
> >
> > contoh :
> >
> > tanggal 10 september 2012
> >
> > menjadi
> >
> > senin, tanggal sepuluh bulan september tahun duaribu dua belas
> >
> > klo menggunakan rumus =TEXT(cell;"
> > hanya mendapatkan
> >
> > senin, 10-september-
> >
> > terimakasih atas bantuannya.
> >
> >
> >
>
Mon May 6, 2013 11:28 pm (PDT) . Posted by:
"aji mumpung"
Hai Mustari,
coba masuk ke link ini:
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/
(diperlukan ID Yahoo), kalo gak salah ID Yahoo tersebut juga harus
terdaftar sebagai member di milis ini biar bisa buka arsip milis
lalu download contoh-contoh file yang ada namanya "Terbilang"
thread awalnya bisa dilihat di sini
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/18875
dan di sini
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-TANGGAL-MENJADI-TEKS-td5711552.html#a5711553
Wassalam,
-Aji Mumpung-
Pada 7 Mei 2013 11.10, Mustari <moezzt@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> alow semua...
> setelah saye search di milis koq gak ada yah link nya..atau sdh
> dihapus...tolong dong yg paham,butuh banget nee buat kerjaan...
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com , "Kid Mr." <mr.nmkid@...> wrote:
> >
> > Mengubah angka menjadi teks membutuhkan fungsi konversinya. Bisa didapat
> di
> > website milis :
> > http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/files/
> >
> > Yang menggunakan UDF, biasanya disebut fungsi terbilang (pakai VBA) dan
> > digunakan layaknya fungsi Excel lainnya.
> > download file tentang terbilang.
> >
> > Yang menggunakan nama range yang merujuk ke suatu formula dapat download
> > file tentang terbilang tanpa macro.
> >
> > Yang harus diubah dari data tanggal adalah sisi hari (hasil fungsi Day)
> dan
> > sisi tahun (hasil fungsi Year) yang dimasukkan ke fungsi terbilang.
> > Nama hari dengan fungsi text( nilai , "dddd" )
> > Nama bulan dengan fungsi text( nilai , "mmmm" )
> >
> > Lengkapnya bisa berupa :
> > =text( nilai , "dddd," ) & " tanggal " & terbilang( day( nilai ) ) & "
> > bulan " & text( nilai , "mmmm" ) & " tahun " & terbilang( year( nilai ) )
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> >
> >
> > 2012/9/10 anugrah <knightriderblack@...>
> >
> > > **
> > >
> > >
> > > HALO Semuanya....,
> > > mau tanya, klo ingin membuat format tanggal menjadi huruf bagaimana
> ya???
> > >
> > > contoh :
> > >
> > > tanggal 10 september 2012
> > >
> > > menjadi
> > >
> > > senin, tanggal sepuluh bulan september tahun duaribu dua belas
> > >
> > > klo menggunakan rumus =TEXT(cell;"dddd, dd-mmmm-yyyy")
> > > hanya mendapatkan
> > >
> > > senin, 10-september-2012
> > >
> > > terimakasih atas bantuannya.
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>
coba masuk ke link ini:
http://tech.
(diperlukan ID Yahoo), kalo gak salah ID Yahoo tersebut juga harus
terdaftar sebagai member di milis ini biar bisa buka arsip milis
lalu download contoh-contoh file yang ada namanya "Terbilang&quo
thread awalnya bisa dilihat di sini
http://tech.
dan di sini
http://milis-
Wassalam,
-Aji Mumpung-
Pada 7 Mei 2013 11.10, Mustari <moezzt@yahoo.
> **
>
>
> alow semua...
> setelah saye search di milis koq gak ada yah link nya..atau sdh
> dihapus...tolong dong yg paham,butuh banget nee buat kerjaan...
>
> --- In belajar-excel@
> >
> > Mengubah angka menjadi teks membutuhkan fungsi konversinya. Bisa didapat
> di
> > website milis :
> > http://tech.
> >
> > Yang menggunakan UDF, biasanya disebut fungsi terbilang (pakai VBA) dan
> > digunakan layaknya fungsi Excel lainnya.
> > download file tentang terbilang.
> >
> > Yang menggunakan nama range yang merujuk ke suatu formula dapat download
> > file tentang terbilang tanpa macro.
> >
> > Yang harus diubah dari data tanggal adalah sisi hari (hasil fungsi Day)
> dan
> > sisi tahun (hasil fungsi Year) yang dimasukkan ke fungsi terbilang.
> > Nama hari dengan fungsi text( nilai , "dddd" )
> > Nama bulan dengan fungsi text( nilai , "mmmm" )
> >
> > Lengkapnya bisa berupa :
> > =text( nilai , "dddd," ) & " tanggal " & terbilang( day( nilai ) ) & "
> > bulan " & text( nilai , "mmmm" ) & " tahun " & terbilang( year( nilai ) )
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> >
> >
> > 2012/9/10 anugrah <knightriderblac
> >
> > > **
> > >
> > >
> > > HALO Semuanya....
> > > mau tanya, klo ingin membuat format tanggal menjadi huruf bagaimana
> ya???
> > >
> > > contoh :
> > >
> > > tanggal 10 september 2012
> > >
> > > menjadi
> > >
> > > senin, tanggal sepuluh bulan september tahun duaribu dua belas
> > >
> > > klo menggunakan rumus =TEXT(cell;"
> > > hanya mendapatkan
> > >
> > > senin, 10-september-
> > >
> > > terimakasih atas bantuannya.
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>
Tue May 7, 2013 3:50 am (PDT) . Posted by:
"Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
Dear temen2 be exceller,
saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu, tetapi tabel telah dilakukan sort.
saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah data yg telah di sort saja.
Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan subtotal tp kok tidak bisa.
terimakasih sebelumnya
Salam
Krisan
saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu, tetapi tabel telah dilakukan sort.
saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah data yg telah di sort saja.
Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan subtotal tp kok tidak bisa.
terimakasih sebelumnya
Salam
Krisan
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar