15 New Messages
Digest #2298
2a
Re: membuat read only dan Menyimpan hasil print di file di doc by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3b
Re: Membuat lembar kerja dari file-file yang diterima kita dari bebe by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: membuat read only dan Menyimpan hasil print di file di doc by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
9b
Bls: [belajar-excel] Mencari data yang sama didalam 3 table yang ber by "ghozi alkatiri" ghozialkatiri
Messages
Tue May 14, 2013 6:51 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
File terlampir.
Wassalam,
Kid.
2013/5/14 Danny Prasetyo <danny_06791@yahoo.com >
> **
>
>
> Ini contoh filenya, mohon bantuannya.
>
>
>
Wassalam,
Kid.
2013/5/14 Danny Prasetyo <danny_06791@
> **
>
>
> Ini contoh filenya, mohon bantuannya.
>
>
>
Tue May 14, 2013 10:38 am (PDT) . Posted by:
"Danny Prasetyo" danny_06791
Terima kasih yah master kid. :)
--- In belajar-excel@
>
> File terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/5/14 Danny Prasetyo <danny_06791@
>
> > **
> >
> >
> > Ini contoh filenya, mohon bantuannya.
> >
> >
> >
>
Tue May 14, 2013 8:30 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Untuk pertanyaan pertama sementara belum bisa saya jawab dan untuk pertanyaan kedua seingat saya pernah dijelaskan oleh Mr Kid.
Mungkin Mr. Kid bisa memberikan reference numbernya dalam file milis.
Salam,
HK
________________________________
From: Rahmat <ione_1984@yahoo.com >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 14 May 2013, 17:46
Subject: [belajar-excel] Re: membuat read only dan Menyimpan hasil print di file di doc
Terima kasih atas responnya.. tapi masih ada yang kurang:
1. Saya sudah buat file excel read only, tapi setiap mau buka selalu ada pilihan "yes" dan "no", bagaimana caranya agar tidak ada pilihan dan langsung menjadi status read only? dengan vba mungkin?
2. Benar juga, bisa ke pdf ato xps, tapi bisa ga ya filenya secara otomatis tersimpan dengan nama sesuai no. reg (range C2 pada file excelnya) dan di path yang sama dengan file excelnya dengan menggunakan makro/vba?
jadi dengan mengklik tombol "simpan" maka akan mengeset print area dan menyimpan hasil set print area ke file pdf/xps dengan nama file sesuai range C2 (no. reg) dan akan tersimpan di folder di path yang sama dengan file excelnya.
Terima kasih, mohon maaf kalau membingungkan...
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , hendrik karnadi <hendrikkarnadi@...> wrote:
>
> 1. Pada waktu Save As klik Tool General Option, di sini ada pilihan untuk proteksi dan Read Only.
> 2. Mengapa tidak pakai PDF ?
>
> Salam,
> HK
>
>
> ________________________________
> From: Rahmat Hermawan <ione_1984@...>
> To: be_exceler <belajar-excel@yahoogroups.com >
> Sent: Monday, 13 May 2013, 20:52
> Subject: [belajar-excel] membuat read only dan Menyimpan hasil print di file di doc
>
>
>
> Â
> Assalamualaikum,
>
> Para Master, tanya lagi dunkz..
>
> 1. Gimana caranya supaya file excel saya (misal file tes.xlsm) bila dibuka akan selalu read only? jadi bisa di utak-atik tapi perubahannya ga bisa di save.
>
>
> 2. Bisa ga ya buat script vba untuk print dan menyimpannya hasil print ke file lain, ke .doc misalnya? file terlampir..
>
> Sebelumnya Terima kasih banyak...
>
> Wassalam..
>
Mungkin Mr. Kid bisa memberikan reference numbernya dalam file milis.
Salam,
HK
____________
From: Rahmat <ione_1984@yahoo.
To: belajar-excel@
Sent: Tuesday, 14 May 2013, 17:46
Subject: [belajar-excel] Re: membuat read only dan Menyimpan hasil print di file di doc
Terima kasih atas responnya.. tapi masih ada yang kurang:
1. Saya sudah buat file excel read only, tapi setiap mau buka selalu ada pilihan "yes" dan "no"
2. Benar juga, bisa ke pdf ato xps, tapi bisa ga ya filenya secara otomatis tersimpan dengan nama sesuai no. reg (range C2 pada file excelnya) dan di path yang sama dengan file excelnya dengan menggunakan makro/vba?
jadi dengan mengklik tombol "simpan" maka akan mengeset print area dan menyimpan hasil set print area ke file pdf/xps dengan nama file sesuai range C2 (no. reg) dan akan tersimpan di folder di path yang sama dengan file excelnya.
Terima kasih, mohon maaf kalau membingungkan.
--- In belajar-excel@
>
> 1. Pada waktu Save As klik Tool General Option, di sini ada pilihan untuk proteksi dan Read Only.
> 2. Mengapa tidak pakai PDF ?
>
> Salam,
> HK
>
>
> ____________
> From: Rahmat Hermawan <ione_1984@
> To: be_exceler <belajar-excel@
> Sent: Monday, 13 May 2013, 20:52
> Subject: [belajar-excel] membuat read only dan Menyimpan hasil print di file di doc
>
>
>
> Â
> Assalamualaikum,
>
> Para Master, tanya lagi dunkz..
>
> 1. Gimana caranya supaya file excel saya (misal file tes.xlsm) bila dibuka akan selalu read only? jadi bisa di utak-atik tapi perubahannya ga bisa di save.
>
>
> 2. Bisa ga ya buat script vba untuk print dan menyimpannya hasil print ke file lain, ke .doc misalnya? file terlampir..
>
> Sebelumnya Terima kasih banyak...
>
> Wassalam..
>
Tue May 14, 2013 9:39 am (PDT) . Posted by:
"Edekus Herience"
Assalamualaikum, Wr, Wb...
Selamat malam ahli-ahli excel....
Mau minta tolong nih.
Langsung ya.. Bagaimana caranya kita membuat lembar kerja dengan Macro yang
merupakan media pengumpul dari file-file yang kita terima. (file yang kita
terima merupakan laporan bulanan dengan format yang telah baku ), sehingga
kita dapat melakukan rekap otomatis dari isi laporan tersebut setelah file
kita terima.
Semoga dapat dipahami, sebelumnya terimakasih banyak....
Wassalamualaikum, Wr, Wb.
Selamat malam ahli-ahli excel....
Mau minta tolong nih.
Langsung ya.. Bagaimana caranya kita membuat lembar kerja dengan Macro yang
merupakan media pengumpul dari file-file yang kita terima. (file yang kita
terima merupakan laporan bulanan dengan format yang telah baku ), sehingga
kita dapat melakukan rekap otomatis dari isi laporan tersebut setelah file
kita terima.
Semoga dapat dipahami, sebelumnya terimakasih banyak....
Wassalamualaikum, Wr, Wb.
Tue May 14, 2013 10:49 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Coba lihat-lihat file yang ada di :
https://www.box.com/s/mwnngtmulf21gfu4oogv
(note : jika data belum berbentuk tabel sederhana seperti dalam file, maka
perlu proses penyusunan tabel data agar menjadi sederhana lebih dulu)
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/5/14 Edekus Herience <eherience@gmail.com >
> **
>
>
> Assalamualaikum, Wr, Wb...
> Selamat malam ahli-ahli excel....
>
> Mau minta tolong nih.
> Langsung ya.. Bagaimana caranya kita membuat lembar kerja dengan Macro
> yang merupakan media pengumpul dari file-file yang kita terima. (file yang
> kita terima merupakan laporan bulanan dengan format yang telah baku ),
> sehingga kita dapat melakukan rekap otomatis dari isi laporan tersebut
> setelah file kita terima.
> Semoga dapat dipahami, sebelumnya terimakasih banyak....
>
> Wassalamualaikum, Wr, Wb.
>
>
>
Coba lihat-lihat file yang ada di :
https://www.
(note : jika data belum berbentuk tabel sederhana seperti dalam file, maka
perlu proses penyusunan tabel data agar menjadi sederhana lebih dulu)
Wassalamu'
Kid.
2013/5/14 Edekus Herience <eherience@gmail.
> **
>
>
> Assalamualaikum, Wr, Wb...
> Selamat malam ahli-ahli excel....
>
> Mau minta tolong nih.
> Langsung ya.. Bagaimana caranya kita membuat lembar kerja dengan Macro
> yang merupakan media pengumpul dari file-file yang kita terima. (file yang
> kita terima merupakan laporan bulanan dengan format yang telah baku ),
> sehingga kita dapat melakukan rekap otomatis dari isi laporan tersebut
> setelah file kita terima.
> Semoga dapat dipahami, sebelumnya terimakasih banyak....
>
> Wassalamualaikum, Wr, Wb.
>
>
>
Tue May 14, 2013 11:47 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
1. jika dengan file protection (diset melalui save as -> options ->
general) akan selalu ditanya untuk dibuka atau tidak. Bagaimana jika
mencoba dengan VBA. Syaratnya adalah VBA boleh bekerja (security macro
dalam keadaan Enable). Bila perlu, atur agar tampilannya tidak langsung
pada sheet yang penting. Jadi minimal ada 2 sheet. Sheet1 adalah yang
penting (hanya boleh read only kalau macro dapat ijin) dan sheet2 adalah
lembar kosong.
Coba langkah ini :
1. ke VBE (ALT F11)
2. lihat Project Explorer -> cari sheet2 -> double click sheet2 -> lihat
properties windows (tekan F4 jika belum tampak) -> set properti Visible
dengan xlSheetVisible
3. lihat Project Explorer -> cari sheet1 -> double click sheet1 -> lihat
properties windows (tekan F4 jika belum tampak) -> set properti Visible
dengan xlSheetVeryHidden
4. lihat Project Explorer -> cari thisworkbook -> double click thisworkbook
-> lihat lembar script di kanannya
5. lihat combobox object di sisi kiri atas lembar script -> pilih Workbook
6. lihat combobox event di sisi kanan atas lembar script -> pilih Event
7. tulis script berikut di dalamnya
dim wbk as workbook, sht as worksheet
'init lingkungan kerja
application.screenupdating=false
application.displayalerts=false
application.calculatebeforesave=false
set wbk=thisworkbook
set sht=sheet1
'atur tampilan readonly
sht.visible=xlsheetvisible
sht.activate
wbk.save
'proses untuk membuka readonly
if not wbk.readonly then
workbooks.open wbk.fullname,2,true
sht.visible=xlsheetveryhidden
wbk.close true
endif
'kembalikan lingkungan kerja
application.calculatebeforesave=true
applicaiton.screenupdating=true
application.displayalerts=true
8. save workbook
9. tutup workbook
10. coba buka lagi
---------------------------------
2. Pastikan ada printer yang siap dipakai. Filenya di-save jadi pdf saja
ya, yang lebih mudah. Karena akan di-save ke pdf, pastikan ada PDFCreator
printer yang ter-install. Sepertinya berlaku untuk xl2007 ke atas.
Asumsi :
1. nama file di sheet1 range C2
2. ekstensi adalah pdf
3. area yang diprint di f3:k22
pada blok prosedur event klik milik si tombol diberi script berikut :
dim sFile as string
sfile=thisworkbook.path & "\" & sheet1.range("c2").value & ".pdf"
'susun nama file
sheet1.pagesetup.printarea="f3:k22"
'atur printarea, bila perlu atur page setup properti lainnya juga
sheet1.exportasfixedformat xltypepdf,sfile 'simpan sebagai
file pdf dengan nama yang disimpan oleh sfile
range("f3:k22").printpreview 'printpreview,
jika ingin langsung cetak ke printer, ganti printpreview dengan printout
---------------------------------
Selamat mencoba.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/5/13 Rahmat Hermawan <ione_1984@yahoo.com >
> **
>
>
> Assalamualaikum,
>
> Para Master, tanya lagi dunkz..
>
> 1. Gimana caranya supaya file excel saya (misal file tes.xlsm) bila dibuka
> akan selalu read only? jadi bisa di utak-atik tapi perubahannya ga bisa di
> save.
>
> 2. Bisa ga ya buat script vba untuk print dan menyimpannya hasil print ke
> file lain, ke .doc misalnya? file terlampir..
>
> Sebelumnya Terima kasih banyak...
>
> Wassalam..
>
>
>
1. jika dengan file protection (diset melalui save as -> options ->
general) akan selalu ditanya untuk dibuka atau tidak. Bagaimana jika
mencoba dengan VBA. Syaratnya adalah VBA boleh bekerja (security macro
dalam keadaan Enable). Bila perlu, atur agar tampilannya tidak langsung
pada sheet yang penting. Jadi minimal ada 2 sheet. Sheet1 adalah yang
penting (hanya boleh read only kalau macro dapat ijin) dan sheet2 adalah
lembar kosong.
Coba langkah ini :
1. ke VBE (ALT F11)
2. lihat Project Explorer -> cari sheet2 -> double click sheet2 -> lihat
properties windows (tekan F4 jika belum tampak) -> set properti Visible
dengan xlSheetVisible
3. lihat Project Explorer -> cari sheet1 -> double click sheet1 -> lihat
properties windows (tekan F4 jika belum tampak) -> set properti Visible
dengan xlSheetVeryHidden
4. lihat Project Explorer -> cari thisworkbook -> double click thisworkbook
-> lihat lembar script di kanannya
5. lihat combobox object di sisi kiri atas lembar script -> pilih Workbook
6. lihat combobox event di sisi kanan atas lembar script -> pilih Event
7. tulis script berikut di dalamnya
dim wbk as workbook, sht as worksheet
'init lingkungan kerja
application.
application.
application.
set wbk=thisworkbook
set sht=sheet1
'atur tampilan readonly
sht.visible=
sht.activate
wbk.save
'proses untuk membuka readonly
if not wbk.readonly then
workbooks.open wbk.fullname,
sht.visible=
wbk.close true
endif
'kembalikan lingkungan kerja
application.
applicaiton.
application.
8. save workbook
9. tutup workbook
10. coba buka lagi
------------
2. Pastikan ada printer yang siap dipakai. Filenya di-save jadi pdf saja
ya, yang lebih mudah. Karena akan di-save ke pdf, pastikan ada PDFCreator
printer yang ter-install. Sepertinya berlaku untuk xl2007 ke atas.
Asumsi :
1. nama file di sheet1 range C2
2. ekstensi adalah pdf
3. area yang diprint di f3:k22
pada blok prosedur event klik milik si tombol diberi script berikut :
dim sFile as string
sfile=thisworkbook.
'susun nama file
sheet1.pagesetup.
'atur printarea, bila perlu atur page setup properti lainnya juga
sheet1.exportasfixe
file pdf dengan nama yang disimpan oleh sfile
range("
jika ingin langsung cetak ke printer, ganti printpreview dengan printout
------------
Selamat mencoba.
Wassalamu'
Kid.
2013/5/13 Rahmat Hermawan <ione_1984@yahoo.
> **
>
>
> Assalamualaikum,
>
> Para Master, tanya lagi dunkz..
>
> 1. Gimana caranya supaya file excel saya (misal file tes.xlsm) bila dibuka
> akan selalu read only? jadi bisa di utak-atik tapi perubahannya ga bisa di
> save.
>
> 2. Bisa ga ya buat script vba untuk print dan menyimpannya hasil print ke
> file lain, ke .doc misalnya? file terlampir..
>
> Sebelumnya Terima kasih banyak...
>
> Wassalam..
>
>
>
Tue May 14, 2013 6:04 pm (PDT) . Posted by:
agsalimtu
Dear all
Mau tanya apa benar kalau cell dan sheet di protect; maka sheet sy tsb tidak bisa di sortir.
Nah bagaimana caranya kl di protect sheet datanya biar bisa di sortir...
Wasalam
Asalim
Powered by Telkomsel BlackBerry�
Mau tanya apa benar kalau cell dan sheet di protect; maka sheet sy tsb tidak bisa di sortir.
Nah bagaimana caranya kl di protect sheet datanya biar bisa di sortir...
Wasalam
Asalim
Powered by Telkomsel BlackBerry�
Tue May 14, 2013 6:30 pm (PDT) . Posted by:
"upe_anakogie" upe_anakogie
Salam,,,
Pilih/centang saja "Use AutoFilter" pada saat melakukan protect
-----Original Message-----
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ]
On Behalf Of agsalimtu@yahoo.co.id
Sent: 15 Mei 2013 5:45
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Sort protec sheet cell
Dear all
Mau tanya apa benar kalau cell dan sheet di protect; maka sheet sy tsb tidak
bisa di sortir.
Nah bagaimana caranya kl di protect sheet datanya biar bisa di sortir...
Wasalam
Asalim
Powered by Telkomsel BlackBerryR
------------------------------------
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai
kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam
menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam
jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang
ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih
membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal
lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&t
bl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang
bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
----------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
----------------------------------------------------------Yahoo!
Groups Links
Pilih/centang saja "Use AutoFilter" pada saat melakukan protect
-----Original Message-----
From: belajar-excel@
On Behalf Of agsalimtu@yahoo.
Sent: 15 Mei 2013 5:45
To: belajar-excel@
Subject: [belajar-excel] Sort protec sheet cell
Dear all
Mau tanya apa benar kalau cell dan sheet di protect; maka sheet sy tsb tidak
bisa di sortir.
Nah bagaimana caranya kl di protect sheet datanya biar bisa di sortir...
Wasalam
Asalim
Powered by Telkomsel BlackBerryR
------------
============
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai
kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam
menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam
jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang
ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih
membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal
lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.
bl=3
============
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang
bermanfaat besar untuk kita semua.
============
------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@
berkunjung ke web milis
http://tech.
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-
keluar dari membership milis (UnSubscribe)
kirim mail kosong ke belajar-excel-
------------
Groups Links
Tue May 14, 2013 8:59 pm (PDT) . Posted by:
"Imam Sinurat" sin.ur4t
makasih pak mrkid.
telah dipelajari, dan akan tetap dipelajari agar bisa dikembangkan sendiri untuk solusi atas kasus2 yang mirip. sekali lagi makasih :)
imam sinurat
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Selasa, 14 Mei 2013 12:04
Judul: Re: Re: [belajar-excel] Border Formatting - Makro
Maaf baru sempat balas.
diurutkan prosesnya lagi ya.
0. deklarasi (sepertinya sudah ok)
Dim rngData As Range
Dim rangenya_kolom3 As Range
Dim rngDiProses As Range
Dim rngAwalMerge As Range
Dim lRec As Long, r As Long
1. persiapan data (sumber) dan lokasi kerja (lokasi hasil) yang bunyinya :
With Sheet1
'Lokasi Utak-atiknya dipindah agar data aslinya tidak terganggu:: copast range g5 ke range s5
.Range("g5:j25").Copy Destination:=.Range("s5")
'initialisasi data
Set rngData = .Range("s8").CurrentRegion
lRec = rngData.Rows.Count - 1
Set rangenya_kolom3 = rngData.Resize(lRec, 1).Offset(1, 2)
Set rngAwalMerge = rngData.Offset(1, 2).Resize(1, 1)
End With
>> persiapan 1 adalah menyiapkan lokasi kerja (hasil), yaitu menghapus semua hasil yang lama
lokasinya di range s8 (header lokasi kerja yang bersinggungan dengan record data hasil)
.Range("s5").currentregion.offset(1).delete xlshiftup
>> persiapan 2 menyalin data sumber ke lokasi kerja (sudah ada) di bagian :
'Lokasi Utak-atiknya dipindah agar data aslinya tidak terganggu:: copast range g5 ke range s5
.Range("g5:j25").Copy Destination:=.Range("s5")
>> persiapan 3 inisialisasi area kerja
'initialisasi data
Set rngData = .Range("s8").CurrentRegion
lRec = rngData.Rows.Count - 1
Set rangenya_kolom3 = rngData.Resize(lRec, 1).Offset(1, 2)
>> persiapan 4 menyatakan bahwa saat akan dimulai, jumlah cell yang harus di-merge adalah 0 (kan belum mulai proses per record)
r=0
>> persiapan 5 menyatakan bahwa saat akan dimulai, range awal yang harus di-merge belum ada (kan belum mulai proses per record)
set rngAwalMerge=nothing
End With
karena variabel rngAwalMerge dipesan (dim) dalam prosedur, maka persiapan 5 ini ndak perlu ada.
Artinya, baris yang berbunyi Set rngAwalMerge = rngData.Offset(1, 2).Resize(1, 1) juga ndak perlu ada (dihapus saja)
2. Proses setiap record data yang butuh di-merge (loop) yang bunyinya :
'loop setiap range di kolom 3
For Each rngDiProses In rangenya_kolom3
'didalam loop ada tahap cek isi range yang sedang diproses oleh loop (pada contoh for each diatas adalah cek isi rngDiProses)
'jika ada isinya, maka lakukan :
If rngDiProses.Value <> "" Then
'1. merge cell dari cell awal diperluas sebanyak variabel jumlah cell
'rngAwalMerge.Resize(variabel_
jumlah_cell).Merge
r = rngDiProses.Rows.Count
rngAwalMerge.Resize(r).Merge
'2. beri border dobel dibawah range yang sedang diproses oleh loop (misal di rngDiProses),
'tetapi mulai kolom ke-1 (offset 2 kolom kekiri) yang diperluas 1 baris x sekian kolom data
rngAwalMerge.Offset(0, -2).Resize(, 4).Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlDouble
'3. set cell awal merge baru (untuk blok merge berikutnya)
'Set rngAwalMerge = rngDiProses
Set rngAwalMerge = rngDiProses
'4. set ulang jumlah cell kembali ke 1 karena cell awal merge yang
baru adalah cell pertama yang dimerge untuk blok merge tersebut
'jika tidak ada isinya alias kosong, maka lakukan :
'1. penambahan jumlah cell yang harus di-merge dengan 1
Else
rngAwalMerge.Resize(r + 1).Merge
End If
'sampai akhir loop, yaitu di baris Next
Next rngDiProses
>> proses 1 : membuat awal blok loop (sudah ok)
'loop setiap range di kolom 3
For Each rngDiProses In rangenya_kolom3
>> proses 2 : cek range yang diproses ada isinya atau tidak (cukup ok)
'didalam loop ada tahap cek isi range yang sedang diproses oleh loop (pada contoh for each diatas adalah cek isi rngDiProses)
'jika ada isinya, maka lakukan :
If rngDiProses.Value <> "" Then 'bisa juga dengan IF LenB(rngdiproses.value)<>0 THEN
>> proses 3 : cek lagi, jika range di proses ada isinya, harus melakukan merge pada hasil pemeriksaan sebelumnya atau tidak
--> tentu saja tandanya adalah isi nilai r. Kalau nilai r > 0, maka ada yang harus di-merge (minimal 1 cell)
IF r>0 then
>> proses 4 : kalau r>0 (ada yang harus di-merge), maka pastilah rngawalmerge ada isinya.
--> maka bisa lakukan merge mulai dari rngawalmerge sebanyak r baris (diperluas)
rngawalmerge.resize( r , 1 ).merge
>> proses 5 : selesai merge lakukan border pada baris sebelum baris range yang diproses, karena baris yang diproses ini sudah baris awal merge baru akibat ada isinya
--> jadi harus lompat 1 baris ke atas lalu lompat ke kolom 1 alias 2 kolom ke-kiri dari range yang diproses, kemudian diperluas sebanyak 1 baris dan sekian banyak kolom tabel hasil (misal 4)
rngdiproses.offset(-1,-2).resize( 1,4).borders(xledgebottom).linestyle=xldouble
--> karena borders double itu butuh garus yang tebal maka diset garis bordernya tebal (thick)
rngdiproses.offset(-1,-2).resize( 1,4).borders(xledgebottom).weight=xlthick
>> proses 6 : selesai cek berdasar keharusan melakukan merge (akibat nilai dalam variabel r)
endif
>> proses 7 : karena proses pada cells sebelum range di proses sudah selesai (dengan melakukan merge dan pasang border double), maka set ulang isi range awal merge dan jumlah baris yang harus di merge (minimal 1 karena range yang diproses butuh dimerge)
set rngawalmerge=rngdiproses
r=1
>> proses 8 : seluruh kondisi saat range di proses ada isinya sudah selesai, maka sekarang kondisi jika rngdiproses tak ada isinya (kosong)
ELSE
>> proses 9 : pada saat rngdiproses kosong (pada area blok ELSE)
--> tentu yang terjadi adalah melakukan pernyataan bahwa cell kosong itu harus dimerge bersama rngawalmerge nantinya kalau sudah tahu persis sampai dimana cell kosong itu.
--> artinya, jumlah cell yang harus di-merge bertambah 1. Jadi nilai variabel r harus ditambah 1.
r=r+1
>> proses 10 : seluruh kondisi berdasar isi range yang diproses sudah selesai
endif
>> proses 11 : seluruh proses terhadap range yang diproses selesai, jadi loopnya bisa ke rngdiproses berikutnya
next rngdiproses
3. Proses setelah loop (setelah proses nomor 2) yang bunyinya :
'setelah selesai, lakukan merge dari cell awal merge yang ada sebanyak jumlah cell yang tercatat
'kemudian akhiri dengan memasang border dobel untuk sisi bawah (xledgebottom) dari seluruh area data yang ada
rngData.Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlDouble
>> Proses 1 : merge item kolom ke-3 yang terakhir yang ada isinya
--> setelah proses loop, didapat kondisi bahwa pada nilai kolom ke-3 terakhir yang ada isinya, tidak di-merge karena tidak ada kegiatan merge yang dilakukan oleh loop sampai semua baris kosong setelahnya diperiksa.
--> untungnya, masih diketahui bahwa rngawalmerge ada isinya dan jumlah cell yang harus di-merge ada nilainya, yaitu di variabel r
--> maka dilakukan proses merge akhir disini, dengan dipastikan bahwa r>0 (pasti ada yang harus di-merge)
IF r>0 THEN
rngawalmerge.resize(r,1).merge
endif
>> Proses 2 : setelah merge terakhir, juga harus mem-border double.
--> proses mem-border double pada baris akhir data tidak tergantung nilai variabel r. Oleh sebab itu tidak diletakkan dalam blok IF r>0 THEN diatas (Bagian 3. Proses 1)
--> rngdiproses terakhir saat keluar dari blok loop adalah range pada baris terkahir data, maka dari rngdirposes ini harus ke kolom 1 (lompat 2 kolom ke kiri) lalu diperluas 1 baris dan sejumlah kolom data (misal 4) untuk proses pemberian border double yang harus dengan garis tebal.
rngdiproses.offset( 0 , -2 ).resize( 1,4).borders(xledgebottom).linestyle=xldouble
rngdiproses.offset( 0 , -2 ).resize( 1,4).borders(xledgebottom).weight=xlthick
*** ---------------- ***
Sepertinya begitu bunyinya.
Kalau ada yang error pun, sepertinya sudah cukup mudah untuk diuatk-atik tanpa perlu melototin monitor (nanti ndak monitornya takut kalau dipelototin terus).
Wassalam,
Kid.
2013/5/13 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com >
>
>
>Yth. Pak MrKid
>
>Terima kasih responnya.
>Step-step solusi arahan bpk sangat menarik, alur fikirnya mudah dicerna. Saking fahamnya saya dgn uraian bpk, saya sempat operkonpidens kalo ini mudah utk saya bereskan sendiri.
>Ternyata saya msh kesulitan men-translate 'bahasa manusia' ke 'bahasa mesin VBA'.
>Belasan jam begadang melototin monitor, Makronya bisa dieksekusi, tapi hasilnya msh semrawut. Akhirnya saya Nyerah :D
>Mohon bpk koreksi dmn letak kesalahannya (sekaligus kunci jwbnnya dah ya) hehe.. Makasih sblmnya.
>
>Wassalam
>Imam Sinurat
>
>Option Explicit
>
>Sub MergedanBorder()
>
>Dim rngData As Range
>Dim rangenya_kolom3 As Range
>Dim rngDiProses As Range
>Dim rngAwalMerge As Range
>Dim lRec As Long, r As Long
>
>With Sheet1
>'Lokasi Utak-atiknya dipindah agar data aslinya tidak terganggu:: copast range g5 ke range s5
>.Range("g5:j25").Copy Destination:=.Range("s5")
>
>'initialisasi data
>Set rngData = .Range("s8").CurrentRegion
>lRec = rngData.Rows.Count - 1
>
>Set rangenya_kolom3 = rngData.Resize(lRec, 1).Offset(1, 2)
>Set rngAwalMerge = rngData.Offset(1, 2).Resize(1, 1)
>End With
>
>
>'loop setiap range di kolom 3
>
For Each rngDiProses In rangenya_kolom3
>
>
>'didalam loop ada tahap cek isi range yang sedang diproses oleh loop (pada contoh for each diatas adalah cek isi rngDiProses)
>'jika ada isinya, maka lakukan :
>
If rngDiProses.Value <> "" Then
>
>
>'1. merge cell dari cell awal diperluas sebanyak variabel jumlah cell
>
'rngAwalMerge.Resize(variabel_jumlah_cell).Merge
>r = rngDiProses.Rows.Count
>rngAwalMerge.Resize(r).Merge
>
>
>'2. beri border dobel dibawah range yang sedang diproses oleh loop (misal di rngDiProses),
>'tetapi mulai kolom ke-1 (offset 2 kolom kekiri) yang diperluas 1 baris x sekian kolom data
>
rngAwalMerge.Offset(0, -2).Resize(, 4).Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlDouble
>
>
>'3. set cell awal merge baru (untuk blok merge berikutnya)
>
'Set rngAwalMerge = rngDiProses
>Set rngAwalMerge = rngDiProses
>
>
>'4. set ulang jumlah cell kembali ke 1 karena cell awal merge yang baru adalah cell pertama yang dimerge untuk blok merge tersebut
>
>'jika tidak ada isinya alias kosong, maka lakukan :
>'1. penambahan jumlah cell yang harus di-merge dengan 1
>
Else
>rngAwalMerge.Resize(r + 1).Merge
>
>End If
>
>
>'sampai akhir loop, yaitu di baris Next
>
Next rngDiProses
>
>
>'setelah selesai, lakukan merge dari cell awal merge yang ada sebanyak jumlah cell yang tercatat
>
>'kemudian akhiri dengan memasang border dobel untuk sisi bawah (xledgebottom) dari seluruh area data yang ada
>
rngData.Borders(xlEdgeBottom).LineStyle = xlDouble
>
>End Sub
>
>------------------------------
>Pada Sab, 11 Mei 2013 11:09 Waktu Terang Hari Pasifik Mr. Kid menulis:
>
>
>>Sepertinya Pak Imam akhir-akhir ini sedang giat belajar VBA ya..
>
>gimana jika garis besar prosesnya saja dulu ya.......
telah dipelajari, dan akan tetap dipelajari agar bisa dikembangkan sendiri untuk solusi atas kasus2 yang mirip. sekali lagi makasih :)
imam sinurat
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: BeExcel <belajar-excel@
Dikirim: Selasa, 14 Mei 2013 12:04
Judul: Re: Re: [belajar-excel] Border Formatting - Makro
Maaf baru sempat balas.
diurutkan prosesnya lagi ya.
0. deklarasi (sepertinya sudah ok)
Dim rngData As Range
Dim rangenya_kolom3 As Range
Dim rngDiProses As Range
Dim rngAwalMerge As Range
Dim lRec As Long, r As Long
1. persiapan data (sumber) dan lokasi kerja (lokasi hasil) yang bunyinya :
With Sheet1
'Lokasi Utak-atiknya dipindah agar data aslinya tidak terganggu:: copast range g5 ke range s5
.Range("
'initialisasi data
Set rngData = .Range("
lRec = rngData.Rows.
Set rangenya_kolom3 = rngData.Resize(
Set rngAwalMerge = rngData.Offset(
End With
>> persiapan 1 adalah menyiapkan lokasi kerja (hasil), yaitu menghapus semua hasil yang lama
lokasinya di range s8 (header lokasi kerja yang bersinggungan dengan record data hasil)
.Range("
>> persiapan 2 menyalin data sumber ke lokasi kerja (sudah ada) di bagian :
'Lokasi Utak-atiknya dipindah agar data aslinya tidak terganggu:: copast range g5 ke range s5
.Range("
>> persiapan 3 inisialisasi area kerja
'initialisasi data
Set rngData = .Range("
lRec = rngData.Rows.
Set rangenya_kolom3 = rngData.Resize(
>> persiapan 4 menyatakan bahwa saat akan dimulai, jumlah cell yang harus di-merge adalah 0 (kan belum mulai proses per record)
r=0
>> persiapan 5 menyatakan bahwa saat akan dimulai, range awal yang harus di-merge belum ada (kan belum mulai proses per record)
set rngAwalMerge=
End With
karena variabel rngAwalMerge dipesan (dim) dalam prosedur, maka persiapan 5 ini ndak perlu ada.
Artinya, baris yang berbunyi Set rngAwalMerge = rngData.Offset(
2. Proses setiap record data yang butuh di-merge (loop) yang bunyinya :
'loop setiap range di kolom 3
For Each rngDiProses In rangenya_kolom3
'didalam loop ada tahap cek isi range yang sedang diproses oleh loop (pada contoh for each diatas adalah cek isi rngDiProses)
'jika ada isinya, maka lakukan :
If rngDiProses.
'1. merge cell dari cell awal diperluas sebanyak variabel jumlah cell
'rngAwalMerge.
jumlah_cell)
r = rngDiProses.
rngAwalMerge.
'2. beri border dobel dibawah range yang sedang diproses oleh loop (misal di rngDiProses)
'tetapi mulai kolom ke-1 (offset 2 kolom kekiri) yang diperluas 1 baris x sekian kolom data
rngAwalMerge.
'3. set cell awal merge baru (untuk blok merge berikutnya)
'Set rngAwalMerge = rngDiProses
Set rngAwalMerge = rngDiProses
'4. set ulang jumlah cell kembali ke 1 karena cell awal merge yang
baru adalah cell pertama yang dimerge untuk blok merge tersebut
'jika tidak ada isinya alias kosong, maka lakukan :
'1. penambahan jumlah cell yang harus di-merge dengan 1
Else
rngAwalMerge.
End If
'sampai akhir loop, yaitu di baris Next
Next rngDiProses
>> proses 1 : membuat awal blok loop (sudah ok)
'loop setiap range di kolom 3
For Each rngDiProses In rangenya_kolom3
>> proses 2 : cek range yang diproses ada isinya atau tidak (cukup ok)
'didalam loop ada tahap cek isi range yang sedang diproses oleh loop (pada contoh for each diatas adalah cek isi rngDiProses)
'jika ada isinya, maka lakukan :
If rngDiProses.
>> proses 3 : cek lagi, jika range di proses ada isinya, harus melakukan merge pada hasil pemeriksaan sebelumnya atau tidak
--> tentu saja tandanya adalah isi nilai r. Kalau nilai r > 0, maka ada yang harus di-merge (minimal 1 cell)
IF r>0 then
>> proses 4 : kalau r>0 (ada yang harus di-merge), maka pastilah rngawalmerge ada isinya.
--> maka bisa lakukan merge mulai dari rngawalmerge sebanyak r baris (diperluas)
rngawalmerge.
>> proses 5 : selesai merge lakukan border pada baris sebelum baris range yang diproses, karena baris yang diproses ini sudah baris awal merge baru akibat ada isinya
--> jadi harus lompat 1 baris ke atas lalu lompat ke kolom 1 alias 2 kolom ke-kiri dari range yang diproses, kemudian diperluas sebanyak 1 baris dan sekian banyak kolom tabel hasil (misal 4)
rngdiproses.
--> karena borders double itu butuh garus yang tebal maka diset garis bordernya tebal (thick)
rngdiproses.
>> proses 6 : selesai cek berdasar keharusan melakukan merge (akibat nilai dalam variabel r)
endif
>> proses 7 : karena proses pada cells sebelum range di proses sudah selesai (dengan melakukan merge dan pasang border double), maka set ulang isi range awal merge dan jumlah baris yang harus di merge (minimal 1 karena range yang diproses butuh dimerge)
set rngawalmerge=
r=1
>> proses 8 : seluruh kondisi saat range di proses ada isinya sudah selesai, maka sekarang kondisi jika rngdiproses tak ada isinya (kosong)
ELSE
>> proses 9 : pada saat rngdiproses kosong (pada area blok ELSE)
--> tentu yang terjadi adalah melakukan pernyataan bahwa cell kosong itu harus dimerge bersama rngawalmerge nantinya kalau sudah tahu persis sampai dimana cell kosong itu.
--> artinya, jumlah cell yang harus di-merge bertambah 1. Jadi nilai variabel r harus ditambah 1.
r=r+1
>> proses 10 : seluruh kondisi berdasar isi range yang diproses sudah selesai
endif
>> proses 11 : seluruh proses terhadap range yang diproses selesai, jadi loopnya bisa ke rngdiproses berikutnya
next rngdiproses
3. Proses setelah loop (setelah proses nomor 2) yang bunyinya :
'setelah selesai, lakukan merge dari cell awal merge yang ada sebanyak jumlah cell yang tercatat
'kemudian akhiri dengan memasang border dobel untuk sisi bawah (xledgebottom) dari seluruh area data yang ada
rngData.Borders(
>> Proses 1 : merge item kolom ke-3 yang terakhir yang ada isinya
--> setelah proses loop, didapat kondisi bahwa pada nilai kolom ke-3 terakhir yang ada isinya, tidak di-merge karena tidak ada kegiatan merge yang dilakukan oleh loop sampai semua baris kosong setelahnya diperiksa.
--> untungnya, masih diketahui bahwa rngawalmerge ada isinya dan jumlah cell yang harus di-merge ada nilainya, yaitu di variabel r
--> maka dilakukan proses merge akhir disini, dengan dipastikan bahwa r>0 (pasti ada yang harus di-merge)
IF r>0 THEN
rngawalmerge.
endif
>> Proses 2 : setelah merge terakhir, juga harus mem-border double.
--> proses mem-border double pada baris akhir data tidak tergantung nilai variabel r. Oleh sebab itu tidak diletakkan dalam blok IF r>0 THEN diatas (Bagian 3. Proses 1)
--> rngdiproses terakhir saat keluar dari blok loop adalah range pada baris terkahir data, maka dari rngdirposes ini harus ke kolom 1 (lompat 2 kolom ke kiri) lalu diperluas 1 baris dan sejumlah kolom data (misal 4) untuk proses pemberian border double yang harus dengan garis tebal.
rngdiproses.
rngdiproses.
*** ------------
Sepertinya begitu bunyinya.
Kalau ada yang error pun, sepertinya sudah cukup mudah untuk diuatk-atik tanpa perlu melototin monitor (nanti ndak monitornya takut kalau dipelototin terus).
Wassalam,
Kid.
2013/5/13 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
>
>
>Yth. Pak MrKid
>
>Terima kasih responnya.
>Step-step solusi arahan bpk sangat menarik, alur fikirnya mudah dicerna. Saking fahamnya saya dgn uraian bpk, saya sempat operkonpidens kalo ini mudah utk saya bereskan sendiri.
>Ternyata saya msh kesulitan men-translate 'bahasa manusia' ke 'bahasa mesin VBA'.
>Belasan jam begadang melototin monitor, Makronya bisa dieksekusi, tapi hasilnya msh semrawut. Akhirnya saya Nyerah :D
>Mohon bpk koreksi dmn letak kesalahannya (sekaligus kunci jwbnnya dah ya) hehe.. Makasih sblmnya.
>
>Wassalam
>Imam Sinurat
>
>Option Explicit
>
>Sub MergedanBorder(
>
>Dim rngData As Range
>Dim rangenya_kolom3 As Range
>Dim rngDiProses As Range
>Dim rngAwalMerge As Range
>Dim lRec As Long, r As Long
>
>With Sheet1
>'Lokasi Utak-atiknya dipindah agar data aslinya tidak terganggu:: copast range g5 ke range s5
>.Range("
>
>'initialisa
>Set rngData = .Range("
>lRec = rngData.Rows.
>
>Set rangenya_kolom3 = rngData.Resize(
>Set rngAwalMerge = rngData.Offset(
>End With
>
>
>'loop setiap range di kolom 3
>
For Each rngDiProses In rangenya_kolom3
>
>
>'didalam loop ada tahap cek isi range yang sedang diproses oleh loop (pada contoh for each diatas adalah cek isi rngDiProses)
>'jika ada isinya, maka lakukan :
>
If rngDiProses.
>
>
>'1. merge cell dari cell awal diperluas sebanyak variabel jumlah cell
>
'rngAwalMerge.
>r = rngDiProses.
>rngAwalMerge.
>
>
>'2. beri border dobel dibawah range yang sedang diproses oleh loop (misal di rngDiProses)
>'tetapi mulai kolom ke-1 (offset 2 kolom kekiri) yang diperluas 1 baris x sekian kolom data
>
rngAwalMerge.
>
>
>'3. set cell awal merge baru (untuk blok merge berikutnya)
>
'Set rngAwalMerge = rngDiProses
>Set rngAwalMerge = rngDiProses
>
>
>'4. set ulang jumlah cell kembali ke 1 karena cell awal merge yang baru adalah cell pertama yang dimerge untuk blok merge tersebut
>
>'jika tidak ada isinya alias kosong, maka lakukan :
>'1. penambahan jumlah cell yang harus di-merge dengan 1
>
Else
>rngAwalMerge.
>
>End If
>
>
>'sampai akhir loop, yaitu di baris Next
>
Next rngDiProses
>
>
>'setelah selesai, lakukan merge dari cell awal merge yang ada sebanyak jumlah cell yang tercatat
>
>'kemudian akhiri dengan memasang border dobel untuk sisi bawah (xledgebottom) dari seluruh area data yang ada
>
rngData.Borders(
>
>End Sub
>
>--------
>Pada Sab, 11 Mei 2013 11:09 Waktu Terang Hari Pasifik Mr. Kid menulis:
>
>
>>Sepertinya Pak Imam akhir-akhir ini sedang giat belajar VBA ya..
>
>gimana jika garis besar prosesnya saja dulu ya.......
Tue May 14, 2013 11:35 pm (PDT) . Posted by:
"Imam Sinurat" sin.ur4t
Yth. Para pakar dan rekan-rekan exceller,
Sorting data menjadi salah satu masalah yang kerap saya temui dalam konteks pekerjaan aktual. Saya sudah bbrp kali bertanya di milis ini dan berkunjung ke <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2012/05/formula-peringkat-data-teks.html > untuk masalah tsb. tapi ya mmg dasarnya 'antena dan software' saya 'terlalu original', sehingga agak susah nge-upgradenya hahaha..uppsssff..
Pada message no 19323, Pak Mr.Kid ada mengajarkan beberapa cara formulasi sorting data (salinannya terlampir di sheet 'aneka cara sorting data'). Saya tertarik sekali ingin mempelajari Cara Kedua, yaitu komposite key.
Salah satu hal yang menarik dari penggunaan komposite key (cara kedua) adalah bahwa sepertinya cukup hanya menggunakan sebuah fitur kecil saja di excel, yaitu fitur sort untuk men-sort data. Namun untuk mengoptimalkannya, dibutuhkan imajinasi tentang bagaimana menciptakan bilangan-bilangan pembantu agar nantinya bisa disort sesuai kebutuhan.
Karena itu, Mohon dicerahkan bagaimana cara mengembangkan komposite key pada sorting data untuk mengatasi permasalahan yang saya uraikan di sheet 'kasus239;.
Semoga para pakar/rekan-rekan exceller berkenan membantu. Terima kasih sebelumnya.
Wassalam
Imam Sinurat
Sorting data menjadi salah satu masalah yang kerap saya temui dalam konteks pekerjaan aktual. Saya sudah bbrp kali bertanya di milis ini dan berkunjung ke <http://excel-
Pada message no 19323, Pak Mr.Kid ada mengajarkan beberapa cara formulasi sorting data (salinannya terlampir di sheet 'aneka cara sorting data'). Saya tertarik sekali ingin mempelajari Cara Kedua, yaitu komposite key.
Salah satu hal yang menarik dari penggunaan komposite key (cara kedua) adalah bahwa sepertinya cukup hanya menggunakan sebuah fitur kecil saja di excel, yaitu fitur sort untuk men-sort data. Namun untuk mengoptimalkannya, dibutuhkan imajinasi tentang bagaimana menciptakan bilangan-bilangan pembantu agar nantinya bisa disort sesuai kebutuhan.
Karena itu, Mohon dicerahkan bagaimana cara mengembangkan komposite key pada sorting data untuk mengatasi permasalahan yang saya uraikan di sheet 'kasus2
Semoga para pakar/rekan-
Wassalam
Imam Sinurat
Wed May 15, 2013 2:45 am (PDT) . Posted by:
"Danny Prasetyo" danny_06791
Saya balik lagi nih Mr.Kid. Hahahaa
Dan kali ini saya sudah mentok saking ribetnya. #curhat :D
Saya harap Mr.Kid bisa membantu lagi, begitu juga dengan master2 yg lainnya.
Saya iseng2 membuat rekapan hasil matakuliah yg sekaligus bisa menginput dan mengoutput daftar matakuliahnya (masih acak2an) karna saya senang belajar excel. Tapi karna saya memaksa untuk mengerti, akhirnya jalan buntu pun tiba.
Ini saya lampirkan filenya. Di sana sudah tertera kendalanya.
Dan kali ini saya sudah mentok saking ribetnya. #curhat :D
Saya harap Mr.Kid bisa membantu lagi, begitu juga dengan master2 yg lainnya.
Saya iseng2 membuat rekapan hasil matakuliah yg sekaligus bisa menginput dan mengoutput daftar matakuliahnya (masih acak2an) karna saya senang belajar excel. Tapi karna saya memaksa untuk mengerti, akhirnya jalan buntu pun tiba.
Ini saya lampirkan filenya. Di sana sudah tertera kendalanya.
Wed May 15, 2013 2:45 am (PDT) . Posted by:
"Murni Always" murnialways_smile
Dear Para master Excel,
saya ingin menanyakan kasus perihal berikut, contoh terlampir.
bagaimana cara mencari data yang sama didalam 3 table yang berbeda???
mohon bantuanya Para master.
Regards,
Murni
saya ingin menanyakan kasus perihal berikut, contoh terlampir.
bagaimana cara mencari data yang sama didalam 3 table yang berbeda???
mohon bantuanya Para master.
Regards,
Murni
Wed May 15, 2013 5:57 am (PDT) . Posted by:
"ghozi alkatiri" ghozialkatiri
untuk kolom A di tabel 4 cell J3 (formula array)
{=IFERROR(INDEX($A$3:$A$19;SMALL(IF(COUNTIF($D$3:$H$19;$A$3:$A$19)=2;MATCH($A$3:$A$19;$G$3:$G$19;0));ROW(1:1)));"")}
copy ke bawah
untuk kolom B di cell K3
=IFERROR(INDEX($B$3:$B$19;MATCH(J3;$A$3:$A$19;0));"")
copy ke bawah
wassalam
Ghozi Alkatiri
________________________________
Dari: Murni Always <murnialways_smile@yahoo.co.id >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Rabu, 15 Mei 2013 16:09
Judul: [belajar-excel] Mencari data yang sama didalam 3 table yang berbeda
Dear Para master Excel,
saya ingin menanyakan kasus perihal berikut, contoh terlampir.
bagaimana cara mencari data yang sama didalam 3 table yang berbeda???
mohon bantuanya Para master.
Regards,
Murni
{=IFERROR(INDEX(
copy ke bawah
untuk kolom B di cell K3
=IFERROR(INDEX(
copy ke bawah
wassalam
Ghozi Alkatiri
____________
Dari: Murni Always <murnialways_
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 15 Mei 2013 16:09
Judul: [belajar-excel] Mencari data yang sama didalam 3 table yang berbeda
Dear Para master Excel,
saya ingin menanyakan kasus perihal berikut, contoh terlampir.
bagaimana cara mencari data yang sama didalam 3 table yang berbeda???
mohon bantuanya Para master.
Regards,
Murni
Wed May 15, 2013 6:15 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Coba pake macro ini,
Sub Rekon()
Dim a As Range, b As Range, c As Range, x As Range
Set a = Range(Range("A3"), Range("A3").End(xlDown))
Set b = Range(Range("D3"), Range("D3").End(xlDown))
Set c = Range(Range("G3"), Range("G3").End(xlDown))
n = 2
For Each x In a
If WorksheetFunction.CountIf(b, x) = 1 Then
If WorksheetFunction.CountIf(c, x) = 1 Then
n = n + 1
Range("J" & n).Value = x.Value
Range("K" & n).Value = x.Offset(0, 1).Value
End If
End If
Next x
End Sub
File terlampir.
Salam,
HK
________________________________
From: Murni Always <murnialways_smile@yahoo.co.id >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Wednesday, 15 May 2013, 16:09
Subject: [belajar-excel] Mencari data yang sama didalam 3 table yang berbeda
Dear Para master Excel,
saya ingin menanyakan kasus perihal berikut, contoh terlampir.
bagaimana cara mencari data yang sama didalam 3 table yang berbeda???
mohon bantuanya Para master.
Regards,
Murni
Sub Rekon()
Dim a As Range, b As Range, c As Range, x As Range
Set a = Range(Range(
Set b = Range(Range(
Set c = Range(Range(
n = 2
For Each x In a
If WorksheetFunction.
If WorksheetFunction.
n = n + 1
Range("
Range("
End If
End If
Next x
End Sub
File terlampir.
Salam,
HK
____________
From: Murni Always <murnialways_
To: "belajar-excel@
Sent: Wednesday, 15 May 2013, 16:09
Subject: [belajar-excel] Mencari data yang sama didalam 3 table yang berbeda
Dear Para master Excel,
saya ingin menanyakan kasus perihal berikut, contoh terlampir.
bagaimana cara mencari data yang sama didalam 3 table yang berbeda???
mohon bantuanya Para master.
Regards,
Murni
Wed May 15, 2013 5:27 am (PDT) . Posted by:
"sh.Ronald" sh.ronald
Selamat malam,
Mohon dibantu tentang rumus untuk Countif ( kodeBarang) digabung dengan 2 match (KodeBarang & Wilayah).
Data terlampir.
Salam sukses untuk milis belajar excel.
Terima kasih.
sr/
Mohon dibantu tentang rumus untuk Countif ( kodeBarang) digabung dengan 2 match (KodeBarang & Wilayah).
Data terlampir.
Salam sukses untuk milis belajar excel.
Terima kasih.
sr/
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar