10 New Messages
Digest #2308
Messages
Sun May 19, 2013 8:01 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Imam,
1. Rumus B. Prosesnya terasa Terlalu Panjang, karena harus membuat rumus di
record pertama, lalu Copast ke records di bawahnya.
A. Bagaimana coding VBA pada Rumus B. agar dapat mengkalkulasi
SEKALIGUS seperti pada Rumus A, TANPA harus pake Copast-copast-an?? Kalo
bisa, mohon diberi contoh lebih dari 1 cara :D
>> Array formula berdasar jumlah item hasil ada 2 macam, yaitu yang
menghasilkan sebuah nilai dan yang menghasilkan sebuah array.
>> Pada array formula yang menghasilkan sebuah array, bisa langsung dirujuk
ke seluruh cell hasil.
Contoh, jika pada A4:A14 membutuhkan array formula cek apakah kolom B
lebih dari 5 yang menghasilkan TRUE jika >5 dan FALSE jika <=5, maka pada
A4:A14 bisa diblok seluruhnya dan diberi array formula =B4:B14>5 [jangan
lupa, akhiri dengan menekan CTRL SHIFT ENTER]
Contoh ini bisa diotomasi dengan script :
range("a4:a14").FormulaArray="=B4:B14>5"
>> Pada array formula yang menghasilkan sebuah nilai dan record berikutnya
pun juga harus menggunakan array formula yang hanya berbeda rujukannya,
maka tidak bisa diperlakukan sama dengan kasus array formula yang
menghasilkan sebuah array seperti contoh diatas.
>> Opsi pertama otomasi pemasangan array formula untuk setiap sebuah cell
hasil adalah dengan proses copas, yang memiliki alur proses :
1. pasang array formula pada cell pertama
2. copy cell pertama yang telah diberi array formula
3. paste formula ke cell ke-2 dst (cell pertama tidak boleh ikut lagi)
opsi pertama ini relatif bisa bekerja pada berbagai medan data dengan
bentuk formula apapun.
>> Opsi kedua adalah mengubah array formula menjadi bukan array formula
lagi.
Opsi ini tidak dapat dilakukan pada suatu array formula yang tidak
memungkinkan untuk dilakukan penyusunan ulang array formula menjadi bukan
array formula.
Fungsi Index bisa dimanfaatkan untuk mengubah kerja array formula
menjadi bukan array formula lagi. Jangan lupa, tidak berlaku untuk seluruh
susunan komputasi array. Biasanya dapat diketahui dengan uji coba.
Untuk kasus array formula yang berbunyi :
=(MAX(*IF(myNama=B4,myNom-(myNom>5)*11)*
)+10)*10^4+(100-MATCH(B4,myNama,0))*100+(1+(C4<=5))*10+C4
masih bisa diubah menjadi bukan array formula.
-> bagian penyebab array formula adalah :
*IF(myNama=B4,myNom-(myNom>5)*11)*
-> bagian ini akan mengijinkan adanya hasil negatif dan untungnya,
fungsi agregat diluar bagian ini adalah Max, yang artinya, jika hasil
bagian ini dibuat sangat-sangat negatif ketika kondisi myNama=B4 tidak
terpenuhi, maka hasil bagian ini tetap memnuhi kebutuhan.
-> jadi bagian ini bisa diubah menjadi :
*(myNama<>B4)*-10000+myNom-(myNom>5)*11*
-> bunyi array formula *(myNama<>B4)*-10000+myNom-(myNom>5)*11* bisa
diubah dengan fungsi Index agar tidak menjadi array formula berdasar sifat
fungsi Index yang bisa menerima data inputan berupa array dan menghasilkan
sebuah array.
-> penggunaan fungsi Index-nya adalah :
* INDEX( * *(myNama<>B4)*-10000+myNom-(myNom>5)*11* * , 0 )
*
-> jadi, array formula berbunyi :
=(MAX(*IF(myNama=B4,myNom-(myNom>5)*11)*
)+10)*10^4+(100-MATCH(B4,myNama,0))*100+(1+(C4<=5))*10+C4
bisa diubah menjadi :
=(MAX(* INDEX(**(myNama<>B4)*-10000+myNom-(myNom>5)*11**,0) *
)+10)*10^4+(100-MATCH(B4,myNama,0))*100+(1+(C4<=5))*10+C4
-> jadi, script otomasi bisa menggunakan :
.Offset(1, 3).Resize(lrec, 1).Formula= _
"=(MAX(* INDEX(**(myNama<>B4)*-10000+myNom-(myNom>5)*11**,0) *
)+10)*10^4+(100-MATCH(B4,myNama,0))*100+(1+(C4<=5))*10+C4"
B. Sekalian mohon diajarkan juga: bisakah method .copy diganti dengan
.filldown dalam kasus ini?? Bagaimana caranya??
>> Methods AutoFill bisa dimanfaatkan
.Offset(1, 3).Resize(1, 1).FormulaArray = _
"=(MAX(IF(myNama=B4,myNom-(myNom>5)*11))+10)*10^4+(100-MATCH(B4,myNama,0))*100+(1+(C4<=5))*10+C4"
.Offset(1, 3).Resize(1, 1)*.autofill* .Offset(1, 3).Resize(*lrec*,
1)
'2. Rumus A. lookup_value -nya adalah MERUJUK LANGSUNG ke sel B4.
' Coding VBA dengan merujuk langsung seperti itu rentan merepotkan,
misalnya jika pada akhirnya kolom A ingin diDELETE karena tidak diperlukan,
maka code tsb harus diedit kembali. Padahal jika rumusnya langsung ditulis
disheet (Kolom G dan H), pada saat kolom A diDelete, maka rujukan rumusnya
menyesuaikan diri secara otomatis.
' Bisakah lookup_value ini ditulis dengan cara lain, TANPA harus merujuk
langsung seperti itu, agar bisa menyesuaikan diri secara otomatis terhadap
perubahan posisi sel rujukan??
>> Bisa.
>> Sebelum membahas hal ini, ada baiknya menilik kembali tentang tabel yang
baik.
>> Tabel yang baik di Excel adalah tabel yang berkaidah database. Dimulai
dari kolom A, baris 1 sebagai header, blablablabla
>> Satu hal yang menjadi seni menyusun tabel data (yang bisa diolah dalam
berbagai hal) adalah :
1. Seluruh kolom key akan lebih baik jika diletakkan pada sisi kiri
tabel (jadi ada di kolom-kolom pertama).
-> umumnya, sebuah kolom dipilih menjadi kolom key karena akan
selalu dipakai dan selamanya dipakai.
-> Jarang sekali kolom key dibuang (DROP equal Delete Column).
-> umumnya sekedar dihapus isi recordnya (DELETE equal
ClearContents).
-> pada tabel yang baik, kolom key akan tetap. Menambah sebuah
kolom key adalah suatu keputusan yang besar karena akan mempengaruhi hampir
seluruh proses bisnis.
Contoh, kesepakatan untuk menambah kolom GLAccount yang baru agar
bersanding dengan kolom GLAccount yang lama ketika ada proses pembaruan
membutuhkan perencanaan yang matang sampai dengan pengujian ulang seluruh
proses bisinis. Jangankan menambah, mengubah sebuah nilai GLAccount dari
sebuah nilai dengan susunan struktur nilai tertentu menjadi struktur nilai
yang berbeda pun sudah membuat banyak pihak waspada.
2. Blok selanjutnya adalah kolom-kolom nilai
-> kolom-kolom nilai juga diperlakukan seperti kolom-kolom key.
-> penambahan kolom-kolom nilai baru diletakkan dikanan kolom
nilai terkanan
3. Diakhiri dengan kolom-kolom informasi.
-> kolom-kolom informasi ini yang biasanya dibuang ketika sudah
tidak dibutuhkan.
-> kolom-kolom ini relatif bergeser kekanan ketika ada
penambahan kolom nilai.
>> untungnya, hal-hal diatas bukanlah sebuah hukum dasar dalam menyusun
tabel alias sekedar kecenderungan dari sekian banyak tabel dalam banyak
sistem yang diterapkan diberbagai bidang.
>> so... berhubung penyusunan tabel seperti di atas sekedar optional saja,
mari dilanjutkan lagi pembahasan tentang mendinamiskan rujukan.
>> Tadi sudah diawali dengan pernyataan 'Bisa'
>> Tapi dibantu sebuah nama range yang merujuk ke sebuah cell anchor.
>> Pada script yang ada, cell anchor adalah cell B3 yang digunakan untuk
mendefinisikan area tabel data dalam variabel range bernama rng.
>> nama range dibuat saat di worksheet (bukan on the fly saat runtime code
diproses).
>> Jadi, di worksheet, buat nama range yang merujuk ke cell B3 (absolute).
Misal diberi nama *_myAnchor_*
>> baris inisialisasi variabel rng bisa merujuk ke nama range* _myAnchor_*
Set rng = Sheet1.Range("*_myAnchor_*").CurrentRegion
>> Seluruh rujukan cell harus diganti dengan menggunakan properti address
milik cell terkait relatif terhadap variabel bernama rng
>> contoh untuk formula berbunyi :
=100-MATCH(B4,myNama,0)
dalam baris script :
.Offset(1, 2).Resize(lRec, 1).Formula = "=100-MATCH(*B4*,myNama,0)"
>> tahap 1 : memisahkan rujukan cell tetap (dalam hal ini B4) agar dapat
diganti oleh rujukan melalui properti address milik rng
.Offset(1, 2).Resize(lRec, 1).Formula = "=100-MATCH(*" & "B4"
& "*,myNama,0)"
>> tahap 2 : mengganti rujukan tetap dengan properti address relatif
terhadap variabel rng
-> rng merujuk ke
Sheet1.Range("*_myAnchor_*").CurrentRegion
-> B4 adalah sebuah cell alias resize dari variabel rng menjadi sebuah
cell, yaitu .resize(1,1)
-> B4 terletak di 1 baris dibawah baris anchor pada kolom yang sama
alias offset 1 baris ke bawah dan 0 kolom, yaitu .offset(1,0)
-> jadi B4 adalah .resize(1,1).offset(1,0)
-> properti address nya adalah .resize(1,1).offset(1,0).address
-> karena rujukan tidak absolute baris maupun absolute kolom (tidak
ada tanda $ dalam formula di depan baris dan kolom), maka
-> properti address nya
adalah*.resize(1,1).offset(1,0).address(false,false)
*
-> di-substitusikan dalam baris script menggantikan *"B4"*
.Offset(1, 2).Resize(lRec, 1).Formula = "=100-MATCH(*" & **
.resize(1,1).offset(1,0).address(false,false) & "*,myNama,0)"
Kira-kira demikian dongengnya...
Wassalam,
Kid.
2013/5/19 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com >
> **
>
>
>
> Salam Excel
>
> Yth para suhu dan rekan2 excellers,
>
> Dengan mempelajari tuntunan para suhu disini, saya belajar membuat code
> VBA di Module 1.
> Sub FormulaRujukSekaligus() telah dicoba eksekusi, dan berjalan dengan
> baik.
>
> Option Explicit
> Public Sub FormulaRujukSekaligus()
> Dim rng As Range
> Dim lRec As Long
>
> 'init range
> Set rng = Sheet1.Range("B3").CurrentRegion
> lRec = rng.Rows.Count - 1
>
> With rng
> 'beri nama range
> .Offset(1).Resize(lRec, 1).Name = "myNama"
> .Offset(1, 1).Resize(lRec, 1).Name = "myNom"
>
> 'RUMUS A. Masukkan Formula Biasa di Kolom 3 SEKALIGUS
> .Offset(1, 2).Resize(lRec, 1).Formula = "=100-MATCH(B4,myNama,0)"
>
> 'RUMUS B. Masukkan FormulaArray di Sel Pertama Kolom 4, lalu Copast ke
> Semua Records di Bawahnya.
> .Offset(1, 3).Resize(1, 1).FormulaArray =
> "=(MAX(IF(myNama=B4,myNom-(myNom>5)*11))+10)*10^4+(100-MATCH(B4,myNama,0))*100+(1+(C4<=5))*10+C4"
> .Offset(1, 3).Resize(1, 1).Copy
> .Offset(2, 3).Resize(lRec - 1, 1).PasteSpecial xlPasteFormulas
> End With
>
> End Sub
>
> 'Pertanyaan :
> '1. Rumus B. Prosesnya terasa Terlalu Panjang, karena harus membuat rumus
> di record pertama, lalu Copast ke records di bawahnya.
> 'Bagaimana coding VBA pada Rumus B. agar dapat mengkalkulasi SEKALIGUS
> seperti pada Rumus A, TANPA harus pake Copast-copast-an?? Kalo bisa, mohon
> diberi contoh lebih dari 1 cara :D
> 'Sekalian mohon diajarkan juga: bisakah method .copy diganti dengan
> .filldown dalam kasus ini?? Bagaimana caranya??
>
> '2. Rumus A. lookup_value -nya adalah MERUJUK LANGSUNG ke sel B4.
> ' Coding VBA dengan merujuk langsung seperti itu rentan merepotkan,
> misalnya jika pada akhirnya kolom A ingin diDELETE karena tidak diperlukan,
> maka code tsb harus diedit kembali. Padahal jika rumusnya langsung ditulis
> disheet (Kolom G dan H), pada saat kolom A diDelete, maka rujukan rumusnya
> menyesuaikan diri secara otomatis.
> ' Bisakah lookup_value ini ditulis dengan cara lain, TANPA harus merujuk
> langsung seperti itu, agar bisa menyesuaikan diri secara otomatis terhadap
> perubahan posisi sel rujukan??
>
> Mohon berkenan memberi pencerahan, terima kasih sebelumnya.
>
> Salam
> Sinurat
>
>
1. Rumus B. Prosesnya terasa Terlalu Panjang, karena harus membuat rumus di
record pertama, lalu Copast ke records di bawahnya.
A. Bagaimana coding VBA pada Rumus B. agar dapat mengkalkulasi
SEKALIGUS seperti pada Rumus A, TANPA harus pake Copast-copast-
bisa, mohon diberi contoh lebih dari 1 cara :D
>> Array formula berdasar jumlah item hasil ada 2 macam, yaitu yang
menghasilkan sebuah nilai dan yang menghasilkan sebuah array.
>> Pada array formula yang menghasilkan sebuah array, bisa langsung dirujuk
ke seluruh cell hasil.
Contoh, jika pada A4:A14 membutuhkan array formula cek apakah kolom B
lebih dari 5 yang menghasilkan TRUE jika >5 dan FALSE jika <=5, maka pada
A4:A14 bisa diblok seluruhnya dan diberi array formula =B4:B14>5 [jangan
lupa, akhiri dengan menekan CTRL SHIFT ENTER]
Contoh ini bisa diotomasi dengan script :
range("
>> Pada array formula yang menghasilkan sebuah nilai dan record berikutnya
pun juga harus menggunakan array formula yang hanya berbeda rujukannya,
maka tidak bisa diperlakukan sama dengan kasus array formula yang
menghasilkan sebuah array seperti contoh diatas.
>> Opsi pertama otomasi pemasangan array formula untuk setiap sebuah cell
hasil adalah dengan proses copas, yang memiliki alur proses :
1. pasang array formula pada cell pertama
2. copy cell pertama yang telah diberi array formula
3. paste formula ke cell ke-2 dst (cell pertama tidak boleh ikut lagi)
opsi pertama ini relatif bisa bekerja pada berbagai medan data dengan
bentuk formula apapun.
>> Opsi kedua adalah mengubah array formula menjadi bukan array formula
lagi.
Opsi ini tidak dapat dilakukan pada suatu array formula yang tidak
memungkinkan untuk dilakukan penyusunan ulang array formula menjadi bukan
array formula.
Fungsi Index bisa dimanfaatkan untuk mengubah kerja array formula
menjadi bukan array formula lagi. Jangan lupa, tidak berlaku untuk seluruh
susunan komputasi array. Biasanya dapat diketahui dengan uji coba.
Untuk kasus array formula yang berbunyi :
=(MAX(*IF(myNama=
)+10)*10^4+(
masih bisa diubah menjadi bukan array formula.
-> bagian penyebab array formula adalah :
*IF(myNama=B4,
-> bagian ini akan mengijinkan adanya hasil negatif dan untungnya,
fungsi agregat diluar bagian ini adalah Max, yang artinya, jika hasil
bagian ini dibuat sangat-sangat negatif ketika kondisi myNama=B4 tidak
terpenuhi, maka hasil bagian ini tetap memnuhi kebutuhan.
-> jadi bagian ini bisa diubah menjadi :
*(myNama<
-> bunyi array formula *(myNama<
diubah dengan fungsi Index agar tidak menjadi array formula berdasar sifat
fungsi Index yang bisa menerima data inputan berupa array dan menghasilkan
sebuah array.
-> penggunaan fungsi Index-nya adalah :
* INDEX( * *(myNama<
*
-> jadi, array formula berbunyi :
=(MAX(*IF(myNama=
)+10)*10^4+(
bisa diubah menjadi :
=(MAX(* INDEX(**(myNama<
)+10)*10^4+(
-> jadi, script otomasi bisa menggunakan :
.Offset(1, 3).Resize(lrec, 1).Formula= _
"=(MAX(
)+10)*10^4+(
B. Sekalian mohon diajarkan juga: bisakah method .copy diganti dengan
.filldown dalam kasus ini?? Bagaimana caranya??
>> Methods AutoFill bisa dimanfaatkan
.Offset(1, 3).Resize(1, 1).FormulaArray = _
"=(MAX(
.Offset(1, 3).Resize(1, 1)*.autofill* .Offset(1, 3).Resize(*lrec*
1)
'2. Rumus A. lookup_value -nya adalah MERUJUK LANGSUNG ke sel B4.
' Coding VBA dengan merujuk langsung seperti itu rentan merepotkan,
misalnya jika pada akhirnya kolom A ingin diDELETE karena tidak diperlukan,
maka code tsb harus diedit kembali. Padahal jika rumusnya langsung ditulis
disheet (Kolom G dan H), pada saat kolom A diDelete, maka rujukan rumusnya
menyesuaikan diri secara otomatis.
' Bisakah lookup_value ini ditulis dengan cara lain, TANPA harus merujuk
langsung seperti itu, agar bisa menyesuaikan diri secara otomatis terhadap
perubahan posisi sel rujukan??
>> Bisa.
>> Sebelum membahas hal ini, ada baiknya menilik kembali tentang tabel yang
baik.
>> Tabel yang baik di Excel adalah tabel yang berkaidah database. Dimulai
dari kolom A, baris 1 sebagai header, blablablabla
>> Satu hal yang menjadi seni menyusun tabel data (yang bisa diolah dalam
berbagai hal) adalah :
1. Seluruh kolom key akan lebih baik jika diletakkan pada sisi kiri
tabel (jadi ada di kolom-kolom pertama).
-> umumnya, sebuah kolom dipilih menjadi kolom key karena akan
selalu dipakai dan selamanya dipakai.
-> Jarang sekali kolom key dibuang (DROP equal Delete Column).
-> umumnya sekedar dihapus isi recordnya (DELETE equal
ClearContents)
-> pada tabel yang baik, kolom key akan tetap. Menambah sebuah
kolom key adalah suatu keputusan yang besar karena akan mempengaruhi hampir
seluruh proses bisnis.
Contoh, kesepakatan untuk menambah kolom GLAccount yang baru agar
bersanding dengan kolom GLAccount yang lama ketika ada proses pembaruan
membutuhkan perencanaan yang matang sampai dengan pengujian ulang seluruh
proses bisinis. Jangankan menambah, mengubah sebuah nilai GLAccount dari
sebuah nilai dengan susunan struktur nilai tertentu menjadi struktur nilai
yang berbeda pun sudah membuat banyak pihak waspada.
2. Blok selanjutnya adalah kolom-kolom nilai
-> kolom-kolom nilai juga diperlakukan seperti kolom-kolom key.
-> penambahan kolom-kolom nilai baru diletakkan dikanan kolom
nilai terkanan
3. Diakhiri dengan kolom-kolom informasi.
-> kolom-kolom informasi ini yang biasanya dibuang ketika sudah
tidak dibutuhkan.
-> kolom-kolom ini relatif bergeser kekanan ketika ada
penambahan kolom nilai.
>> untungnya, hal-hal diatas bukanlah sebuah hukum dasar dalam menyusun
tabel alias sekedar kecenderungan dari sekian banyak tabel dalam banyak
sistem yang diterapkan diberbagai bidang.
>> so... berhubung penyusunan tabel seperti di atas sekedar optional saja,
mari dilanjutkan lagi pembahasan tentang mendinamiskan rujukan.
>> Tadi sudah diawali dengan pernyataan 'Bisa'
>> Tapi dibantu sebuah nama range yang merujuk ke sebuah cell anchor.
>> Pada script yang ada, cell anchor adalah cell B3 yang digunakan untuk
mendefinisikan area tabel data dalam variabel range bernama rng.
>> nama range dibuat saat di worksheet (bukan on the fly saat runtime code
diproses).
>> Jadi, di worksheet, buat nama range yang merujuk ke cell B3 (absolute).
Misal diberi nama *_myAnchor_*
>> baris inisialisasi variabel rng bisa merujuk ke nama range* _myAnchor_*
Set rng = Sheet1.Range(
>> Seluruh rujukan cell harus diganti dengan menggunakan properti address
milik cell terkait relatif terhadap variabel bernama rng
>> contoh untuk formula berbunyi :
=100-MATCH(B4,
dalam baris script :
.Offset(1, 2).Resize(lRec, 1).Formula = "=100-MATCH(
>> tahap 1 : memisahkan rujukan cell tetap (dalam hal ini B4) agar dapat
diganti oleh rujukan melalui properti address milik rng
.Offset(1, 2).Resize(lRec, 1).Formula = "=100-MATCH(
& "*,myNama,
>> tahap 2 : mengganti rujukan tetap dengan properti address relatif
terhadap variabel rng
-> rng merujuk ke
Sheet1.Range(
-> B4 adalah sebuah cell alias resize dari variabel rng menjadi sebuah
cell, yaitu .resize(1,1)
-> B4 terletak di 1 baris dibawah baris anchor pada kolom yang sama
alias offset 1 baris ke bawah dan 0 kolom, yaitu .offset(1,0)
-> jadi B4 adalah .resize(1,1)
-> properti address nya adalah .resize(1,1)
-> karena rujukan tidak absolute baris maupun absolute kolom (tidak
ada tanda $ dalam formula di depan baris dan kolom), maka
-> properti address nya
adalah*.resize(
*
-> di-substitusikan dalam baris script menggantikan *"B4"
.Offset(1, 2).Resize(lRec, 1).Formula = "=100-MATCH(
.resize(1,1)
Kira-kira demikian dongengnya..
Wassalam,
Kid.
2013/5/19 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
> **
>
>
>
> Salam Excel
>
> Yth para suhu dan rekan2 excellers,
>
> Dengan mempelajari tuntunan para suhu disini, saya belajar membuat code
> VBA di Module 1.
> Sub FormulaRujukSekalig
> baik.
>
> Option Explicit
> Public Sub FormulaRujukSekalig
> Dim rng As Range
> Dim lRec As Long
>
> 'init range
> Set rng = Sheet1.Range(
> lRec = rng.Rows.Count - 1
>
> With rng
> 'beri nama range
> .Offset(1).Resize(
> .Offset(1, 1).Resize(lRec, 1).Name = "myNom"
>
> 'RUMUS A. Masukkan Formula Biasa di Kolom 3 SEKALIGUS
> .Offset(1, 2).Resize(lRec, 1).Formula = "=100-MATCH(
>
> 'RUMUS B. Masukkan FormulaArray di Sel Pertama Kolom 4, lalu Copast ke
> Semua Records di Bawahnya.
> .Offset(1, 3).Resize(1, 1).FormulaArray =
> "=(MAX(
> .Offset(1, 3).Resize(1, 1).Copy
> .Offset(2, 3).Resize(lRec - 1, 1).PasteSpecial xlPasteFormulas
> End With
>
> End Sub
>
> 'Pertanyaan :
> '1. Rumus B. Prosesnya terasa Terlalu Panjang, karena harus membuat rumus
> di record pertama, lalu Copast ke records di bawahnya.
> 'Bagaimana coding VBA pada Rumus B. agar dapat mengkalkulasi SEKALIGUS
> seperti pada Rumus A, TANPA harus pake Copast-copast-
> diberi contoh lebih dari 1 cara :D
> 'Sekalian mohon diajarkan juga: bisakah method .copy diganti dengan
> .filldown dalam kasus ini?? Bagaimana caranya??
>
> '2. Rumus A. lookup_value -nya adalah MERUJUK LANGSUNG ke sel B4.
> ' Coding VBA dengan merujuk langsung seperti itu rentan merepotkan,
> misalnya jika pada akhirnya kolom A ingin diDELETE karena tidak diperlukan,
> maka code tsb harus diedit kembali. Padahal jika rumusnya langsung ditulis
> disheet (Kolom G dan H), pada saat kolom A diDelete, maka rujukan rumusnya
> menyesuaikan diri secara otomatis.
> ' Bisakah lookup_value ini ditulis dengan cara lain, TANPA harus merujuk
> langsung seperti itu, agar bisa menyesuaikan diri secara otomatis terhadap
> perubahan posisi sel rujukan??
>
> Mohon berkenan memberi pencerahan, terima kasih sebelumnya.
>
> Salam
> Sinurat
>
>
Sun May 19, 2013 8:07 pm (PDT) . Posted by:
"Iwan کuryawan" suryawan.arief
Saya coba dan pelajarinya dulu Mr. Kid, nanti kalo bingung saya tanya
lagi ya.
Terima kasih thank you matur nuwun...
Wassalamualaikum wr wb
*Suryawan Arief
*
On 19-May-13 7:20 PM, Mr. Kid wrote:
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Hai Arief
>
> Sebaiknya kriteria diisi penuh seperti sheet Kriteria pada file terlampir.
>
> 1. Untuk buat macro, gunakan record macro terhadap proses dalam sheet
> adv_filter pada file terlampir.
> 2. Untuk buat pivot table, coba ikuti langkah di sheet resPvt pada
> file terlampir.
>
> Untuk lebih jelas mengenai pivot table, coba lihat-lihat coretan
> disini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/04/pivot-table-1-kenalan.html >.
> Untuk mencoba memahami tentang cara membuat nama range dinamis, bisa
> dilihat di bagian 'Membuat nama range dinamis untuk data source' yang
> ada disini
> <http://excel-mr-kid.blogspot.com/2013/05/pivot-table-2-menata-data-source.html >.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/18 Suryawan Arief <suryawan.arief@yahoo.co.id
> <mailto:suryawan.arief@yahoo.co.id >>
>
>
>
> ----------------------------------------------------------
> *From: * Suryawan Arief <suryawan.arief@yahoo.co.id
> <mailto:suryawan.arief@yahoo.co.id >>;
> *To: * belajar-excel@yahoogroups.com
> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >
> <belajar-excel@yahoogroups.com
> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >>;
> *Subject: * Mengambil jurnal tertentu dengan dua kriteria
> *Sent: * Sat, May 18, 2013 3:18:16 PM
>
> Assalamualaikum wr wb
> Dear Be-Exceller, mohon bantuannya untuk kasus yang saya hadapi.
> Saya mendapat data dari suatu program yang akan di-feed ke SAP.
> Data ini dalam sebulan bisa puluhan sampai ratusan ribu baris.
> Saya ingin mengambil data sebagian jurnal berdasarkan dua
> kriteria, BusinessAreaCode dan GLAccountNo. Dengan sort biasa
> tidak bisa, karena ada lawan jurnal dari account yang saya
> kehendaki. Dengan formula yang saya ketahui juga belum berhasil
> karena posisi account yang saya cari tidak tentu posisi barisnya,
> bisa paling atas, bisa di tengah atau di bawah.
> Kasus yang mirip sekali ada di
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/18107.
> Sayangnya ilmu saya masih cetek banget soal Pivot Table apalagi macro.
> Jadi mohon dibuatkan coding macronya atau dibimbing step by step
> cara membuat Pivot Table-nya.
> Terima kasih sebelumnya.
>
> Wassalamualaikum wr wb
> Suryawan Arief
>
>
>
lagi ya.
Terima kasih thank you matur nuwun...
Wassalamualaikum wr wb
*Suryawan Arief
*
On 19-May-13 7:20 PM, Mr. Kid wrote:
> Wassalamu'
>
> Hai Arief
>
> Sebaiknya kriteria diisi penuh seperti sheet Kriteria pada file terlampir.
>
> 1. Untuk buat macro, gunakan record macro terhadap proses dalam sheet
> adv_filter pada file terlampir.
> 2. Untuk buat pivot table, coba ikuti langkah di sheet resPvt pada
> file terlampir.
>
> Untuk lebih jelas mengenai pivot table, coba lihat-lihat coretan
> disini
> <http://excel-
> Untuk mencoba memahami tentang cara membuat nama range dinamis, bisa
> dilihat di bagian 'Membuat nama range dinamis untuk data source' yang
> ada disini
> <http://excel-
>
> Wassalamu'
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/18 Suryawan Arief <suryawan.arief@
> <mailto:suryawan.arief@
>
>
>
> ------------
> *From: * Suryawan Arief <suryawan.arief@
> <mailto:suryawan.arief@
> *To: * belajar-excel@
> <mailto:belajar-excel@
> <belajar-excel@
> <mailto:belajar-excel@
> *Subject: * Mengambil jurnal tertentu dengan dua kriteria
> *Sent: * Sat, May 18, 2013 3:18:16 PM
>
> Assalamualaikum wr wb
> Dear Be-Exceller, mohon bantuannya untuk kasus yang saya hadapi.
> Saya mendapat data dari suatu program yang akan di-feed ke SAP.
> Data ini dalam sebulan bisa puluhan sampai ratusan ribu baris.
> Saya ingin mengambil data sebagian jurnal berdasarkan dua
> kriteria, BusinessAreaCode dan GLAccountNo. Dengan sort biasa
> tidak bisa, karena ada lawan jurnal dari account yang saya
> kehendaki. Dengan formula yang saya ketahui juga belum berhasil
> karena posisi account yang saya cari tidak tentu posisi barisnya,
> bisa paling atas, bisa di tengah atau di bawah.
> Kasus yang mirip sekali ada di
> http://tech.
> Sayangnya ilmu saya masih cetek banget soal Pivot Table apalagi macro.
> Jadi mohon dibuatkan coding macronya atau dibimbing step by step
> cara membuat Pivot Table-nya.
> Terima kasih sebelumnya.
>
> Wassalamualaikum wr wb
> Suryawan Arief
>
>
>
Sun May 19, 2013 11:32 pm (PDT) . Posted by:
"Suyono - yahoo" onoyus2001
Kepada Yth.
Para Master excel.
Saya akan mengadakan penyuluhan cara membuat laporan keuangan yang
terintegrasi dengan menggunakan excel, agar pemanfaatan excel menjadi
lebih optimal. Bisakan saya mendapatkan contact person salah satu master
untuk menjadi nara sumber di tempat saya ?
Terima kasih untuk waktu dan tempatnya.
Suyono
Dewan Energi Nasional
Ps.
Apabila bersedia tolong contact lewat Japri, pelaksanaan sekitar tanggal
23-24 Mei 2013 di Bandung.
Terima kasih.
Salam.
Para Master excel.
Saya akan mengadakan penyuluhan cara membuat laporan keuangan yang
terintegrasi dengan menggunakan excel, agar pemanfaatan excel menjadi
lebih optimal. Bisakan saya mendapatkan contact person salah satu master
untuk menjadi nara sumber di tempat saya ?
Terima kasih untuk waktu dan tempatnya.
Suyono
Dewan Energi Nasional
Ps.
Apabila bersedia tolong contact lewat Japri, pelaksanaan sekitar tanggal
23-24 Mei 2013 di Bandung.
Terima kasih.
Salam.
Mon May 20, 2013 2:39 am (PDT) . Posted by:
"Muhammad Iqbal" iq_bal76id
Hai mr kid,
Terima kasih atas pencerahannya, namun ada satu permasalahan yang muncul,
yaitu pada sheet CME Progress di column Actual Week, muncul status "week 5"
Saya tidak mengharapkan hal ini muncul, maka saya mencoba untuk mengubah
rumus menjadi
=IF(-(0&L5),CEILING(--L5,7)/9,""). Setelah saya ubah rumus menjadi demikian,
maka week 5 berubah menjadi week 4. Tapi hal ini menyebabkan tidak te record
pada summary nya. Sehingga bila saya ubah rumus menjadi seperti diatas,
summary actual nya menjadi "0"
need advice
thanks
regard
Muhammad Iqbal
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com ]
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Sunday, May 19, 2013 9:39 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] formula date
Hai Iqbal,
Coba file terlampir.
Yang perlu diperhatikan adalah dalam setiap proses perbandingan antara dua
nilai dituntut sama persis.
Pada dasarnya Excel menggunakan sifat case insensitive kecuali pada
fungsi-fungsi tertentu.
Pada kasus ini relatif membutuhkan fokus pada setiap teks tanpa mempedulikan
case setiap karakternya.
Wassalam,
Kid.
2013/5/19 Muhammad Iqbal <iq_bal76id@yahoo.com >
Dear be exceller
Saya memiliki case semacam ini(as attach)
sheet "info PM" adalah tempat saya mengisi data tanggal plan dan actual
kegiatan, kemudian data tersebut akan otomatis masuk ke dalam sheet"cme
progress", namun beberapa yang saya masukkan ada terjadi error(tidak muncul
datanya ) maupun tertulis "januari"mestinya kosong.mohon koreksi dan
arahannya. kemudian setelah itu pada sheet "summary" saya bisa langsung
melihat hasil nya dalam bentuk tabel dan grafik.
bagaimanakah formulanya untuk summary, agar bisa langsung menghitung jumlah
data berdasarkan week.
Terima kasih sebelumnya
Wassalam
Muhammad Iqbal
Terima kasih atas pencerahannya, namun ada satu permasalahan yang muncul,
yaitu pada sheet CME Progress di column Actual Week, muncul status "week 5"
Saya tidak mengharapkan hal ini muncul, maka saya mencoba untuk mengubah
rumus menjadi
=IF(-(0&L5),
maka week 5 berubah menjadi week 4. Tapi hal ini menyebabkan tidak te record
pada summary nya. Sehingga bila saya ubah rumus menjadi seperti diatas,
summary actual nya menjadi "0"
need advice
thanks
regard
Muhammad Iqbal
From: belajar-excel@
On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Sunday, May 19, 2013 9:39 PM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] formula date
Hai Iqbal,
Coba file terlampir.
Yang perlu diperhatikan adalah dalam setiap proses perbandingan antara dua
nilai dituntut sama persis.
Pada dasarnya Excel menggunakan sifat case insensitive kecuali pada
fungsi-fungsi tertentu.
Pada kasus ini relatif membutuhkan fokus pada setiap teks tanpa mempedulikan
case setiap karakternya.
Wassalam,
Kid.
2013/5/19 Muhammad Iqbal <iq_bal76id@yahoo.
Dear be exceller
Saya memiliki case semacam ini(as attach)
sheet "info PM" adalah tempat saya mengisi data tanggal plan dan actual
kegiatan, kemudian data tersebut akan otomatis masuk ke dalam sheet"cme
progress"
datanya ) maupun tertulis "januari"
arahannya. kemudian setelah itu pada sheet "summary" saya bisa langsung
melihat hasil nya dalam bentuk tabel dan grafik.
bagaimanakah formulanya untuk summary, agar bisa langsung menghitung jumlah
data berdasarkan week.
Terima kasih sebelumnya
Wassalam
Muhammad Iqbal
Mon May 20, 2013 2:39 am (PDT) . Posted by:
"Zahdan Shino" zahdan_shino@rocketmail.com
assalmu alaikum...
mau nanya untuk para suhu...
apa ada REMINDER untuk excel???
dimana reminder itu bisa dipakai untuk suatu kasus.
contohnya gunakan reminder untuk menagih utang di nasabah minggu depan.
demikian.mohon pencerahannya..
terima kasih atas perhatiannya.
assalamu alaikum...
mau nanya untuk para suhu...
apa ada REMINDER untuk excel???
dimana reminder itu bisa dipakai untuk suatu kasus.
contohnya gunakan reminder untuk menagih utang di nasabah minggu depan.
demikian.mohon pencerahannya.
terima kasih atas perhatiannya.
assalamu alaikum...
Mon May 20, 2013 3:09 am (PDT) . Posted by:
"Ferry" ferry_2005_skom
Menurut apa yang saya tahu, syarat untuk aplikasi reminder adalah aplikasi bisa dijalankan secara background, atau minimal aplikasi tersebut selalu dalam posisi Open.
Excel bisa saja menjadi reminder, tetapi harus menggunakan macro timer, dan harus selalu dalam kondisi dibuka.
Thanks
Ferry
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , Zahdan Shino <zahdan_shino@...> wrote:
>
> assalmu alaikum...
> mau nanya untuk para suhu...
> apa ada REMINDER untuk excel???
> dimana reminder itu bisa dipakai untuk suatu kasus.
> contohnya gunakan reminder untuk menagih utang di nasabah minggu depan.
>
> demikian.mohon pencerahannya..
> terima kasih atas perhatiannya.
> assalamu alaikum...
>
Excel bisa saja menjadi reminder, tetapi harus menggunakan macro timer, dan harus selalu dalam kondisi dibuka.
Thanks
Ferry
--- In belajar-excel@
>
> assalmu alaikum...
> mau nanya untuk para suhu...
> apa ada REMINDER untuk excel???
> dimana reminder itu bisa dipakai untuk suatu kasus.
> contohnya gunakan reminder untuk menagih utang di nasabah minggu depan.
>
> demikian.mohon pencerahannya.
> terima kasih atas perhatiannya.
> assalamu alaikum...
>
Mon May 20, 2013 3:19 am (PDT) . Posted by:
"M.Ade Alfarid" aderyo
Walaikumsalam,
terlampir reminder sederhana,
akan tetapi karena tidak ada contoh dari BeExceler Zahdan,
saya ambil yang sederhana,
mudah2an membantu
Ade
On Mon, 20 May 2013 12:01:31 +0700, Zahdan Shino
<zahdan_shino@rocketmail.com > wrote:
> assalmu alaikum...
> mau nanya untuk para suhu...
> apa ada REMINDER untuk excel???
> dimana reminder itu bisa dipakai untuk suatu kasus.
> contohnya gunakan reminder untuk menagih utang di nasabah minggu depan.
>
> demikian.mohon pencerahannya..
> terima kasih atas perhatiannya.
> assalamu alaikum...
terlampir reminder sederhana,
akan tetapi karena tidak ada contoh dari BeExceler Zahdan,
saya ambil yang sederhana,
mudah2an membantu
Ade
On Mon, 20 May 2013 12:01:31 +0700, Zahdan Shino
<zahdan_shino@
> assalmu alaikum...
> mau nanya untuk para suhu...
> apa ada REMINDER untuk excel???
> dimana reminder itu bisa dipakai untuk suatu kasus.
> contohnya gunakan reminder untuk menagih utang di nasabah minggu depan.
>
> demikian.mohon pencerahannya.
> terima kasih atas perhatiannya.
> assalamu alaikum...
Dear Para Master,
Mohon pencerahan untuk rumus pengganti fungsi pivot.
Saya lampirkan filenya dimana biasanya saya menggunakan pivot dengan
patokan mengambil angka pada kolom code sebagai patokannya.
Terima kasih atas bantuannya.
ttd
niky n
==========================================================
Please consider the environment before printing this email.
This message is confidential and may also be privileged. If you are not
the intended recipient, please notify me by return e-mail and delete this
message from your system. If you are not the intended recipient, any use
by you of this message is strictly prohibited. We reserve our right to
pursue any available legal action based on the prevailing laws due to any
misuse of this e-mail or information contained herein.
Mohon pencerahan untuk rumus pengganti fungsi pivot.
Saya lampirkan filenya dimana biasanya saya menggunakan pivot dengan
patokan mengambil angka pada kolom code sebagai patokannya.
Terima kasih atas bantuannya.
ttd
niky n
============
Please consider the environment before printing this email.
This message is confidential and may also be privileged. If you are not
the intended recipient, please notify me by return e-mail and delete this
message from your system. If you are not the intended recipient, any use
by you of this message is strictly prohibited. We reserve our right to
pursue any available legal action based on the prevailing laws due to any
misuse of this e-mail or information contained herein.
Mon May 20, 2013 3:56 am (PDT) . Posted by:
"Murni Always" murnialways_smile
Selamat Sore Para Master Excel,
Mohon dibantu kasus saya berikut..
jd begini, saya ingin memanfaatkan fungsi Vlookup tp dlm bentuk teks :
Bunga Mawar --> Mawar ----------hasil yang diharapkan dari vlookup "Bunga Mawar"
bisa gak kira" klau kasusnya sprti ini??
regards,
Murni
Mon May 20, 2013 5:23 am (PDT) . Posted by:
"arieffender limupa" arieffender
Kepada Yth Responden,
Saya Arieffender Limupa adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan Sistem
Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Saat saai ini
sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir. Penelitian saya bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi orang untuk berbagi
pengetahuan dalam komunitas virtual, atau yang biasa kita kenal dengan
sebutan komunitas online. Komunitas Online yang dimaksud disini adalah
komunitas online yang membahas tentang Teknologi Informasi / Komputer.
Oleh karena itu, saya mengharapkan bantuan dan partisipasi
saudara/i selaku pengguna atau anggota sebuah komunitas online yang ada
di Indonesia untuk mengisi kuesioner penelitian yang ada pada link di
bawah ini :
https://docs.google.com/forms/d/1Z_BSvN-mbG1cEPtpY2YhpMbavhhoueu9auWjpr5vSyQ/viewform
Atas perhatian dan waktunya saya mengucapkan terimakasih.
Hormat Saya
Arieffender Limupa
Mahasiswa Sistem Informasi -Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesaia
Kontak :
085669064691
arieffender.limupa@ui.ac.id .
Saya Arieffender Limupa adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan Sistem
Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia. Saat saai ini
sedang melakukan penelitian untuk tugas akhir. Penelitian saya bertujuan untuk menganalisa faktor yang mempengaruhi orang untuk berbagi
pengetahuan dalam komunitas virtual, atau yang biasa kita kenal dengan
sebutan komunitas online. Komunitas Online yang dimaksud disini adalah
komunitas online yang membahas tentang Teknologi Informasi / Komputer.
Oleh karena itu, saya mengharapkan bantuan dan partisipasi
saudara/i selaku pengguna atau anggota sebuah komunitas online yang ada
di Indonesia untuk mengisi kuesioner penelitian yang ada pada link di
bawah ini :
https://docs.
Atas perhatian dan waktunya saya mengucapkan terimakasih.
Hormat Saya
Arieffender Limupa
Mahasiswa Sistem Informasi -Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesaia
Kontak :
085669064691
arieffender.
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar