7 New Messages
Digest #2312
Messages
Wed May 22, 2013 8:45 am (PDT) . Posted by:
"Imam Sinurat" sin.ur4t
Yth para pakar dan rekan2 excellers,
Mohon berkenan memberi pencerahan ttg kasus ini:
Bagaimana cara memasukkan data dari suatu tempat sekaligus ke dlm tabel tujuan.
Letak penempatan data di dlm tabel tujuannya diatur oleh 'angka offset kolom' yg sudah ditentukan, pada baris yg sesuai nama dan kategorinya.
File Detail terlampir.
Sekali lagi mohon dibantu, terima kasih sblmnya.
Wassalam
Imam Sinurat
Wed May 22, 2013 9:26 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Pak Imam,
ini omongannya orang yang ndak mudengan loh ya, jadi jangan terlalu dipikir
serius
Bagaimana kalau
1. input seperti sheet input range A7 sampai D sekiun
2. disimpan di sheet data pada baris kosong pertama yang ada, yang tabelnya
persis seperti input tadi
3. beri nama range di sheet data termasuk headernya (misal diberi nama yang
tetap berbunyi _myData_
4. dibuat sheet output dan sheet tersebut diisi pivot table untuk
manampilkan semua data yang ada di sheet data alias sumbernya dari nama
range yang dibuat di nomor 3 (jadi sumber data untuk pivot table diisi nama
range bernama _myData_)
Setelah hal diatas dibuat, barulah disusun proses otomasinya, yaitu pada
tombol simpan di sheet input bisa diisi proses :
1. copy area input
2. menuju baris kosong pertama di kolom A pada sheet Data
3. paste special values
4. blok seluruh data di sheet data lalu beri nama range yang tetap yang
menjadi sumber data pivot, yaitu berbunyi _myData_
5. refresh pivot table yang ada di sheet output
Kira-kira bentuk susunan input, data, output adalah seperti file terlampir.
Proses otomasi-nya bisa dicoba dibuat sendiri kan ya...
Apakah keuntungan penyusunan data seperti sheet Data di file terlampir ?
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.com >
> **
>
>
>
> Yth para pakar dan rekan2 excellers,
>
> Mohon berkenan memberi pencerahan ttg kasus ini:
> Bagaimana cara memasukkan data dari suatu tempat sekaligus ke dlm tabel
> tujuan.
>
> Letak penempatan data di dlm tabel tujuannya diatur oleh 'angka offset
> kolom' yg sudah ditentukan, pada baris yg sesuai nama dan kategorinya.
> File Detail terlampir.
>
> Sekali lagi mohon dibantu, terima kasih sblmnya.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat
>
>
ini omongannya orang yang ndak mudengan loh ya, jadi jangan terlalu dipikir
serius
Bagaimana kalau
1. input seperti sheet input range A7 sampai D sekiun
2. disimpan di sheet data pada baris kosong pertama yang ada, yang tabelnya
persis seperti input tadi
3. beri nama range di sheet data termasuk headernya (misal diberi nama yang
tetap berbunyi _myData_
4. dibuat sheet output dan sheet tersebut diisi pivot table untuk
manampilkan semua data yang ada di sheet data alias sumbernya dari nama
range yang dibuat di nomor 3 (jadi sumber data untuk pivot table diisi nama
range bernama _myData_)
Setelah hal diatas dibuat, barulah disusun proses otomasinya, yaitu pada
tombol simpan di sheet input bisa diisi proses :
1. copy area input
2. menuju baris kosong pertama di kolom A pada sheet Data
3. paste special values
4. blok seluruh data di sheet data lalu beri nama range yang tetap yang
menjadi sumber data pivot, yaitu berbunyi _myData_
5. refresh pivot table yang ada di sheet output
Kira-kira bentuk susunan input, data, output adalah seperti file terlampir.
Proses otomasi-nya bisa dicoba dibuat sendiri kan ya...
Apakah keuntungan penyusunan data seperti sheet Data di file terlampir ?
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 Imam Sinurat <sin.ur4t@yahoo.
> **
>
>
>
> Yth para pakar dan rekan2 excellers,
>
> Mohon berkenan memberi pencerahan ttg kasus ini:
> Bagaimana cara memasukkan data dari suatu tempat sekaligus ke dlm tabel
> tujuan.
>
> Letak penempatan data di dlm tabel tujuannya diatur oleh 'angka offset
> kolom' yg sudah ditentukan, pada baris yg sesuai nama dan kategorinya.
> File Detail terlampir.
>
> Sekali lagi mohon dibantu, terima kasih sblmnya.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat
>
>
Wed May 22, 2013 8:55 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Rahas,
1. Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara
otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan
sebelumnya, *saat komputer saya nyalakan*.
>> jika saat komputer dinyalakan, berarti harus dibuka oleh thread OS.
Umumnya dapat diatur menggunakan task scheduler. Yang jadi masalah adalah
menambah item task scheduler.
2. Jika boleh dibuka saat aplikasi Excel dibuka dan macro security selalu
enable
>> letakkan workbook perijinan pada folder xlstart seperti C:\Program
Files\Office12\XLSTART
>> dalam workbook bisa diberi VBA untuk memeriksa jumlah record yang sisa
bulan untuk sampai expired dibawah 2 bulan
>> jika ada jumlah recordnya (>0), maka biarkan terbuka. Jika tidak ada,
maka lakukan penutupan workbook.
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 Rahasus Pae <rahasus.pae@gmail.com >
> **
>
>
> Dear Be-exceler,
>
> Saya mempunyai tugas untuk selalu monitor dan re-new perijinan.
> Karena sangat banyak yang harus dimonitor terkadang masa berlaku sudah
> overdue.
>
> Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara
> otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan
> sebelumnya, saat komputer saya nyalakan.
>
> Nuhun.
> Rahas
>
>
>
>
>
>
>
1. Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara
otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan
sebelumnya, *saat komputer saya nyalakan*.
>> jika saat komputer dinyalakan, berarti harus dibuka oleh thread OS.
Umumnya dapat diatur menggunakan task scheduler. Yang jadi masalah adalah
menambah item task scheduler.
2. Jika boleh dibuka saat aplikasi Excel dibuka dan macro security selalu
enable
>> letakkan workbook perijinan pada folder xlstart seperti C:\Program
Files\Office12&
>> dalam workbook bisa diberi VBA untuk memeriksa jumlah record yang sisa
bulan untuk sampai expired dibawah 2 bulan
>> jika ada jumlah recordnya (>0), maka biarkan terbuka. Jika tidak ada,
maka lakukan penutupan workbook.
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 Rahasus Pae <rahasus.pae@
> **
>
>
> Dear Be-exceler,
>
> Saya mempunyai tugas untuk selalu monitor dan re-new perijinan.
> Karena sangat banyak yang harus dimonitor terkadang masa berlaku sudah
> overdue.
>
> Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara
> otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan
> sebelumnya, saat komputer saya nyalakan.
>
> Nuhun.
> Rahas
>
>
>
>
>
>
>
Wed May 22, 2013 9:37 am (PDT) . Posted by:
"Hilman" hilman_email
Mungkin bisa juga agar supaya sesuai dengan syarat "saat komputer dinyalakan"
File nya dimasukkan ke dalama start up,
Terus didalam Workbook Open Event, masukkan:
Application.Visible = False
supaya tidak terlalu mengganggu
terus berikan script pengecekan jumlah record dan seterurnya sprt yg disampaikan pada alternatif 2 MR. Kid,
________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Wednesday, May 22, 2013 10:54 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Fwd: Otomatis Membuka File
Hai Rahas,
1. Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara
otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan
sebelumnya, saat komputer saya nyalakan.
>> jika saat komputer dinyalakan, berarti harus dibuka oleh thread OS. Umumnya dapat diatur menggunakan task scheduler. Yang jadi masalah adalah menambah item task scheduler.
2. Jika boleh dibuka saat aplikasi Excel dibuka dan macro security selalu enable
>> letakkan workbook perijinan pada folder xlstart seperti C:\Program Files\Office12\XLSTART
>> dalam workbook bisa diberi VBA untuk memeriksa jumlah record yang sisa bulan untuk sampai expired dibawah 2 bulan
>> jika ada jumlah recordnya (>0), maka biarkan terbuka. Jika tidak ada, maka lakukan penutupan workbook.
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 Rahasus Pae <rahasus.pae@gmail.com >
>
>Dear Be-exceler,
>
>Saya mempunyai tugas untuk selalu monitor dan re-new perijinan.
>Karena sangat banyak yang harus dimonitor terkadang masa berlaku sudah overdue.
>
>Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan sebelumnya, saat komputer saya nyalakan.
>
>Nuhun.
>Rahas
>
>
>
>
File nya dimasukkan ke dalama start up,
Terus didalam Workbook Open Event, masukkan:
Application.
supaya tidak terlalu mengganggu
terus berikan script pengecekan jumlah record dan seterurnya sprt yg disampaikan pada alternatif 2 MR. Kid,
____________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To: BeExcel <belajar-excel@
Sent: Wednesday, May 22, 2013 10:54 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Fwd: Otomatis Membuka File
Hai Rahas,
1. Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara
otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan
sebelumnya, saat komputer saya nyalakan.
>> jika saat komputer dinyalakan, berarti harus dibuka oleh thread OS. Umumnya dapat diatur menggunakan task scheduler. Yang jadi masalah adalah menambah item task scheduler.
2. Jika boleh dibuka saat aplikasi Excel dibuka dan macro security selalu enable
>> letakkan workbook perijinan pada folder xlstart seperti C:\Program Files\Office12&
>> dalam workbook bisa diberi VBA untuk memeriksa jumlah record yang sisa bulan untuk sampai expired dibawah 2 bulan
>> jika ada jumlah recordnya (>0), maka biarkan terbuka. Jika tidak ada, maka lakukan penutupan workbook.
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 Rahasus Pae <rahasus.pae@
>
>Dear Be-exceler,
>
>Saya mempunyai tugas untuk selalu monitor dan re-new perijinan.
>Karena sangat banyak yang harus dimonitor terkadang masa berlaku sudah overdue.
>
>Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan sebelumnya, saat komputer saya nyalakan.
>
>Nuhun.
>Rahas
>
>
>
>
Wed May 22, 2013 9:41 am (PDT) . Posted by:
"Hilman" hilman_email
oh iya lupa,, tambahkan juga,
setelah dicek jumlah record >0
Application.Visible = true
________________________________
From: Hilman <hilman_email@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Wednesday, May 22, 2013 11:37 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Fwd: Otomatis Membuka File
Mungkin bisa juga agar supaya sesuai dengan syarat "saat komputer dinyalakan"
File nya dimasukkan ke dalama start up,
Terus didalam Workbook Open Event, masukkan:
Application.Visible = False
supaya tidak terlalu mengganggu
terus berikan script pengecekan jumlah record dan seterurnya sprt yg disampaikan pada alternatif 2 MR. Kid,
________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Wednesday, May 22, 2013 10:54 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Fwd: Otomatis Membuka File
Hai Rahas,
1. Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara
otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan
sebelumnya, saat komputer saya nyalakan.
>> jika saat komputer dinyalakan, berarti harus dibuka oleh thread OS. Umumnya dapat diatur menggunakan task scheduler. Yang jadi masalah adalah menambah item task scheduler.
2. Jika boleh dibuka saat aplikasi Excel dibuka dan macro security selalu enable
>> letakkan workbook perijinan pada folder xlstart seperti C:\Program Files\Office12\XLSTART
>> dalam workbook bisa diberi VBA untuk memeriksa jumlah record yang sisa bulan untuk sampai expired dibawah 2 bulan
>> jika ada jumlah recordnya (>0), maka biarkan terbuka. Jika tidak ada, maka lakukan penutupan workbook.
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 Rahasus Pae <rahasus.pae@gmail.com >
>
>Dear Be-exceler,
>
>Saya mempunyai tugas untuk selalu monitor dan re-new perijinan.
>Karena sangat banyak yang harus dimonitor terkadang masa berlaku sudah overdue.
>
>Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan sebelumnya, saat komputer saya nyalakan.
>
>Nuhun.
>Rahas
>
>
>
>
setelah dicek jumlah record >0
Application.
____________
From: Hilman <hilman_email@
To: "belajar-excel@
Sent: Wednesday, May 22, 2013 11:37 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Fwd: Otomatis Membuka File
Mungkin bisa juga agar supaya sesuai dengan syarat "saat komputer dinyalakan"
File nya dimasukkan ke dalama start up,
Terus didalam Workbook Open Event, masukkan:
Application.
supaya tidak terlalu mengganggu
terus berikan script pengecekan jumlah record dan seterurnya sprt yg disampaikan pada alternatif 2 MR. Kid,
____________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To: BeExcel <belajar-excel@
Sent: Wednesday, May 22, 2013 10:54 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Fwd: Otomatis Membuka File
Hai Rahas,
1. Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara
otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan
sebelumnya, saat komputer saya nyalakan.
>> jika saat komputer dinyalakan, berarti harus dibuka oleh thread OS. Umumnya dapat diatur menggunakan task scheduler. Yang jadi masalah adalah menambah item task scheduler.
2. Jika boleh dibuka saat aplikasi Excel dibuka dan macro security selalu enable
>> letakkan workbook perijinan pada folder xlstart seperti C:\Program Files\Office12&
>> dalam workbook bisa diberi VBA untuk memeriksa jumlah record yang sisa bulan untuk sampai expired dibawah 2 bulan
>> jika ada jumlah recordnya (>0), maka biarkan terbuka. Jika tidak ada, maka lakukan penutupan workbook.
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 Rahasus Pae <rahasus.pae@
>
>Dear Be-exceler,
>
>Saya mempunyai tugas untuk selalu monitor dan re-new perijinan.
>Karena sangat banyak yang harus dimonitor terkadang masa berlaku sudah overdue.
>
>Bagaimana caranya supaya file daftar perijinan akan terbuka secara otomatis jika ada perijinan yang mendekati expire date, misalnya 1 bulan sebelumnya, saat komputer saya nyalakan.
>
>Nuhun.
>Rahas
>
>
>
>
Wed May 22, 2013 8:58 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Eden,
Coba buat workbooknya kemudian kirim ke milis melalui reply topik yang ada
dalam Inbox akun email yang Anda daftarkan ke milis.
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 Eden Apandi <new_apandiz@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear Para Master Excel,
> Mohon bimbingannya, saya bermaksud membuat macro dengan tabel sebagai
> berikut :
> Contoh *Project Name:* *Please Fill with the name of project (*)* Project
> XXX *PIC* *diisi Nama PIC* Kazao *Category:* *diisi SS/Log/Cpx* SS *Contract
> Type* *dipilih Addendum / Main (*)* Main *Vendor Name:* *Diisi nama vendor
> * Cv Kazao *No Kontrak* *Otomatis keluar (secara berurutan) setelah di
> macro nya di Run dan tidak akan double* contoh :1/SS/Main/bln/Thn
>
> dan setelah macro nya di Run, penomoran kontrak tersebut akan otomatis
> muncul pada tabel di sheet berikut nya.
> Tgl No kontrak Nama Project PIC Tipe Kontrak Otomatis Otomatis
> Otomatis Otomatis otomatis
>
> Mohon bantuannya untuk mengarahkan agar sy bisa membuatnya macro tsb.
> terima kasih
>
> Salam,
> eden
>
>
>
Coba buat workbooknya kemudian kirim ke milis melalui reply topik yang ada
dalam Inbox akun email yang Anda daftarkan ke milis.
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 Eden Apandi <new_apandiz@
> **
>
>
> Dear Para Master Excel,
> Mohon bimbingannya, saya bermaksud membuat macro dengan tabel sebagai
> berikut :
> Contoh *Project Name:* *Please Fill with the name of project (*)* Project
> XXX *PIC* *diisi Nama PIC* Kazao *Category:* *diisi SS/Log/Cpx* SS *Contract
> Type* *dipilih Addendum / Main (*)* Main *Vendor Name:* *Diisi nama vendor
> * Cv Kazao *No Kontrak* *Otomatis keluar (secara berurutan) setelah di
> macro nya di Run dan tidak akan double* contoh :1/SS/Main/bln/
>
> dan setelah macro nya di Run, penomoran kontrak tersebut akan otomatis
> muncul pada tabel di sheet berikut nya.
> Tgl No kontrak Nama Project PIC Tipe Kontrak Otomatis Otomatis
> Otomatis Otomatis otomatis
>
> Mohon bantuannya untuk mengarahkan agar sy bisa membuatnya macro tsb.
> terima kasih
>
> Salam,
> eden
>
>
>
Wed May 22, 2013 9:10 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Coba pada cell H9 diberi formula :
=SUMPRODUCT(($J$9:$J$13=C9)*($K$9:$K$13=D9)*($L$9:$L$13=E9)*($M$9:$M$13=F9)*(COUNTIF(G9,"*"&$N$8:$P$8&"("&$N$7:$P$7&")*")+(G9="SEMUA"))*$N$9:$P$13)
copy ke bawah
jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, ganti seluruh
karakter koma dalam formula menjadi karakter titik koma.
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 didit prast <didit_monk@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear para master,
>
> minta tolong bagaimana mengisi formula bertanda merah.
>
> terima kasih
>
> didit p
>
>
>
=SUMPRODUCT(
copy ke bawah
jika regional setting komputer setempat adalah Indonesia, ganti seluruh
karakter koma dalam formula menjadi karakter titik koma.
Wassalam,
Kid.
2013/5/22 didit prast <didit_monk@yahoo.
> **
>
>
> Dear para master,
>
> minta tolong bagaimana mengisi formula bertanda merah.
>
> terima kasih
>
> didit p
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar