Sabtu, 18 Mei 2013

[belajar-excel] Digest Number 2306

9 New Messages

Digest #2306
1a
Fwd: Re: [belajar-excel] Maksimal Sheet?? by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
1b
Re: Maksimal Sheet?? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1c
Fwd: Re: [belajar-excel] Maksimal Sheet?? by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
1d
Re: Maksimal Sheet?? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Conditional formating by "nangAgus" nangagoez
3a
Re: Membuat Excell menjadi Online ? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
penjumlahan dinamis by "Selvrida Kusumawati" selvri_k
4b
Re: penjumlahan dinamis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Fri May 17, 2013 9:58 pm (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Saya sependapat dengan Mr. Kid, jumlah sheet sebaiknya jangan terlalu banyak agar lebih efisien.
Jika perlu bisa dibantu pake macro.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile

-------- Original message --------
Subject:Re: [belajar-excel] Maksimal Sheet??
From:"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
To:BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Cc:

Coba lihat di Excel Specification and limits : (link adalah untuk xl2003, tetapi sama untuk sampai xl2013)
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/excel-specifications-and-limits-HP005199291.aspx
Pada bagian Sheets in a workbook, yang tertulis Limited by available memory (default is 3 sheets)

Setiap instansi Excel dibatasi untuk dapat menggunakan sampai dengan 2GB RAM dan RAM untuk sheets adalah sisa dari yang sudah dipakai library pokok Excel dan object-object lain (seperti userform dsb). Maka jumlah memori maksimal yang disediakan untuk sheet pasti <2GB

Jumlah memori yang khusus untuk sheet tersebut tidak bisa dikonversikan menjadi jumlah sheet karena tergantung kondisi setiap sheet. Jumlah cell berformula, luasnya area, jumlah dan macam object yang diletakkan disana, dsb akan mempengaruhi besaran memori yang digunakan setiap sheet.

Jika pertanyaannya adalah :
1. Berapa max jumlah sheet
    >> saya lebih suka menjawab tidak dapat dipastikan, karena tergantung kondisi workbook dan setiap sheet yang ada.
    >> biasanya, sebuah workbook menggunakan sampai 100 sheets sudah harus mulai bertanya 'apakah efisien dalam menggunakan Excel?'
2. Berapa max memory untuk sheet
    >> saya lebih suka menjawab tidak dapat dipastikan, karena tergantung apa yang sedang dikerjakan oleh instansi Excel tersebut.

Wassalam,
Kid.

2013/5/18 Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>
 
mau tanya kalo jumlah Maksimal sheet dalam 1 file excel 2007/2010 berapa sheet ya????
saya cari2 jawabannya di google malah aneh2 yg jawabnya..
mohon bantuannya :)

Fri May 17, 2013 10:04 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...
kira-kira penjelasan detil dari pendapat Pak Hendrik yang berbunyi :
"jumlah sheet sebaiknya jangan terlalu banyak agar lebih efisien. Jika
perlu bisa dibantu pake macro."

'Kalau jumlah sheet yang banyak merupakan detail mis. rincian transak per
cUstomer'
Pertanyaannya,
Apakah akan langsung lihat banyak customer sekaligus dalam sebuah sheet
atau pasti lihat satu per satu sheet alias pindah sheet lalu pindah sheet
lagi ?
>> Jika harus pindah sheet, maka proses filtering berdasar customer bisa
dibuat untuk memilih customer mana yang akan dilihat.
>> Jika sheet per customer untuk memudahkan print, maka pasti cukup
sederhana untuk membuat sebuah script print multi customer secara langsung
(misal 1000 customer di print langsung bergiliran pada 5 atau 6 print
online yang ada)
>> Jika akan membuat report yang akan dikirim ke masing-masing customer,
maka cukup dibuat sebuah template report dan diproses otomasi untuk membuat
report per customer. Hasil report per customer bisa langsung di email
(termasuk membuat file attahcment) atau di cetak dsb.

Wassalam,
Kid.

2013/5/18 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Saya sependapat dengan Mr. Kid, jumlah sheet sebaiknya jangan terlalu
> banyak agar lebih efisien.
> Jika perlu bisa dibantu pake macro.
>
> Salam,
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobile
>
>
>
> -------- Original message --------
> Subject:Re: [belajar-excel] Maksimal Sheet??
> From:"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
> To:BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Cc:
>
>
>
>
> Coba lihat di Excel Specification and limits : (link adalah untuk xl2003,
> tetapi sama untuk sampai xl2013)
>
> http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/excel-specifications-and-limits-HP005199291.aspx
> Pada bagian Sheets in a workbook, yang tertulis Limited by available
> memory (default is 3 sheets)
>
> Setiap instansi Excel dibatasi untuk dapat menggunakan sampai dengan 2GB
> RAM dan RAM untuk sheets adalah sisa dari yang sudah dipakai library pokok
> Excel dan object-object lain (seperti userform dsb). Maka jumlah memori
> maksimal yang disediakan untuk sheet pasti <2GB
>
> Jumlah memori yang khusus untuk sheet tersebut tidak bisa dikonversikan
> menjadi jumlah sheet karena tergantung kondisi setiap sheet. Jumlah cell
> berformula, luasnya area, jumlah dan macam object yang diletakkan disana,
> dsb akan mempengaruhi besaran memori yang digunakan setiap sheet.
>
> Jika pertanyaannya adalah :
> 1. Berapa max jumlah sheet
> >> saya lebih suka menjawab tidak dapat dipastikan, karena tergantung
> kondisi workbook dan setiap sheet yang ada.
> >> biasanya, sebuah workbook menggunakan sampai 100 sheets sudah harus
> mulai bertanya 'apakah efisien dalam menggunakan Excel?'
> 2. Berapa max memory untuk sheet
> >> saya lebih suka menjawab tidak dapat dipastikan, karena tergantung
> apa yang sedang dikerjakan oleh instansi Excel tersebut.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/5/18 Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>>
>> mau tanya kalo jumlah Maksimal sheet dalam 1 file excel 2007/2010 berapa
>> sheet ya????
>> saya cari2 jawabannya di google malah aneh2 yg jawabnya..
>> mohon bantuannya :)
>>
>>
>
>

Fri May 17, 2013 10:11 pm (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Maaf, blm selesai sdh kepencet.

Salam, 
HK

Sent from Samsung Mobile

-------- Original message --------
Subject:Fwd: Re: [belajar-excel] Maksimal Sheet??
From:Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To:belajar-excel@yahoogroups.com
Cc:

Kalau jumlah sheet yang banyak merupakan detail mis. rincian transak per cUstomer

Sent from Samsung Mobile

-------- Original message --------
Subject:Re: [belajar-excel] Maksimal Sheet??
From:"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
To:BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Cc:

 
Coba lihat di Excel Specification and limits : (link adalah untuk xl2003, tetapi sama untuk sampai xl2013)
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/excel-specifications-and-limits-HP005199291.aspx
Pada bagian Sheets in a workbook, yang tertulis Limited by available memory (default is 3 sheets)

Setiap instansi Excel dibatasi untuk dapat menggunakan sampai dengan 2GB RAM dan RAM untuk sheets adalah sisa dari yang sudah dipakai library pokok Excel dan object-object lain (seperti userform dsb). Maka jumlah memori maksimal yang disediakan untuk sheet pasti <2GB

Jumlah memori yang khusus untuk sheet tersebut tidak bisa dikonversikan menjadi jumlah sheet karena tergantung kondisi setiap sheet. Jumlah cell berformula, luasnya area, jumlah dan macam object yang diletakkan disana, dsb akan mempengaruhi besaran memori yang digunakan setiap sheet.

Jika pertanyaannya adalah :
1. Berapa max jumlah sheet
    >> saya lebih suka menjawab tidak dapat dipastikan, karena tergantung kondisi workbook dan setiap sheet yang ada.
    >> biasanya, sebuah workbook menggunakan sampai 100 sheets sudah harus mulai bertanya 'apakah efisien dalam menggunakan Excel?'
2. Berapa max memory untuk sheet
    >> saya lebih suka menjawab tidak dapat dipastikan, karena tergantung apa yang sedang dikerjakan oleh instansi Excel tersebut.

Wassalam,
Kid.

2013/5/18 Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>
 
mau tanya kalo jumlah Maksimal sheet dalam 1 file excel 2007/2010 berapa sheet ya????
saya cari2 jawabannya di google malah aneh2 yg jawabnya..
mohon bantuannya :)

Fri May 17, 2013 10:20 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oh iya,

kalo ndak salah ingat, saya pernah membuat sebuah workbook berisi 56 sheet.
Yang 22 sheet isinya chart. Sampai bingung waktu itu, kenapa kok chartnya
ada banyak muacem... [macam loh ya, bukan sekedar beda antar customer,
divisi, dsb, alias itu template chartnya saja] tapi ya sudahlah, apa kata
pesanan saja. Sisanya untuk aplikasi dan template tabel output. Template
tabel output hanya butuh 8 sheet untuk lebih dari 36 macam report.

Kejadian waktu itu, karena client ngotot semua harus dalam 1 file dan semua
orang diperusahaan cukup menggunakan 1 file tersebut.
Disarankan untuk dipisah menjadi 3 file saja deh (input,data n
referensi,output termasuk chart template) ndak mau.
Jadinya Excel bekerja super repot dan semua pihak protes.
Ketika akhirnya bersedia dipecah jadi 3 file, semua senang, tapi saya ndak
senang karena tiap divisi punya urusan yang berbeda walau sumber datanya
sama. Jadi coba tawarkan dipecah 2 file pokok (input berisi sheet input
setiap divisi dan data berisi seluruh data).
Setiap divisi punya file output sendiri. Idenya bisa diterima, dan akhirnya
semua senang beneran (termasuk saya). wakakaka...
Dengan file output per divisi, setiap divisi terbuka pintu untuk
mengembangkan kebutuhan masing-masing divisi tanpa kuatir mengganggu
kinerja divisi lain.

Benang merahnya,
Andai kegiatannya memang berbeda kenapa harus disatukan. Bukankah dibuat
mampu bekerja sama secara simultan akan lebih baik daripada sekedar harus
dihimpun dalam satu file.

Wassalam,
Kid.

2013/5/18 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> hehehe...
> kira-kira penjelasan detil dari pendapat Pak Hendrik yang berbunyi :
>
> "jumlah sheet sebaiknya jangan terlalu banyak agar lebih efisien. Jika
> perlu bisa dibantu pake macro."
>
> 'Kalau jumlah sheet yang banyak merupakan detail mis. rincian transak per
> cUstomer'
> Pertanyaannya,
> Apakah akan langsung lihat banyak customer sekaligus dalam sebuah sheet
> atau pasti lihat satu per satu sheet alias pindah sheet lalu pindah sheet
> lagi ?
> >> Jika harus pindah sheet, maka proses filtering berdasar customer bisa
> dibuat untuk memilih customer mana yang akan dilihat.
> >> Jika sheet per customer untuk memudahkan print, maka pasti cukup
> sederhana untuk membuat sebuah script print multi customer secara langsung
> (misal 1000 customer di print langsung bergiliran pada 5 atau 6 print
> online yang ada)
> >> Jika akan membuat report yang akan dikirim ke masing-masing customer,
> maka cukup dibuat sebuah template report dan diproses otomasi untuk membuat
> report per customer. Hasil report per customer bisa langsung di email
> (termasuk membuat file attahcment) atau di cetak dsb.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/5/18 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Saya sependapat dengan Mr. Kid, jumlah sheet sebaiknya jangan terlalu
>> banyak agar lebih efisien.
>> Jika perlu bisa dibantu pake macro.
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>>
>> Sent from Samsung Mobile
>>
>>
>>
>> -------- Original message --------
>> Subject:Re: [belajar-excel] Maksimal Sheet??
>> From:"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
>> To:BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> Cc:
>>
>>
>>
>>
>> Coba lihat di Excel Specification and limits : (link adalah untuk xl2003,
>> tetapi sama untuk sampai xl2013)
>>
>> http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/excel-specifications-and-limits-HP005199291.aspx
>> Pada bagian Sheets in a workbook, yang tertulis Limited by available
>> memory (default is 3 sheets)
>>
>> Setiap instansi Excel dibatasi untuk dapat menggunakan sampai dengan 2GB
>> RAM dan RAM untuk sheets adalah sisa dari yang sudah dipakai library pokok
>> Excel dan object-object lain (seperti userform dsb). Maka jumlah memori
>> maksimal yang disediakan untuk sheet pasti <2GB
>>
>> Jumlah memori yang khusus untuk sheet tersebut tidak bisa dikonversikan
>> menjadi jumlah sheet karena tergantung kondisi setiap sheet. Jumlah cell
>> berformula, luasnya area, jumlah dan macam object yang diletakkan disana,
>> dsb akan mempengaruhi besaran memori yang digunakan setiap sheet.
>>
>> Jika pertanyaannya adalah :
>> 1. Berapa max jumlah sheet
>> >> saya lebih suka menjawab tidak dapat dipastikan, karena tergantung
>> kondisi workbook dan setiap sheet yang ada.
>> >> biasanya, sebuah workbook menggunakan sampai 100 sheets sudah
>> harus mulai bertanya 'apakah efisien dalam menggunakan Excel?'
>> 2. Berapa max memory untuk sheet
>> >> saya lebih suka menjawab tidak dapat dipastikan, karena tergantung
>> apa yang sedang dikerjakan oleh instansi Excel tersebut.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2013/5/18 Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> mau tanya kalo jumlah Maksimal sheet dalam 1 file excel 2007/2010 berapa
>>> sheet ya????
>>> saya cari2 jawabannya di google malah aneh2 yg jawabnya..
>>> mohon bantuannya :)
>>>
>>>
>>
>>
>
>

Fri May 17, 2013 10:23 pm (PDT) . Posted by:

"nangAgus" nangagoez

Yth Heru Mul

Yth, masterExcel

Langsung saja...

saya menginginkan apabila dalam satu baris atau dalam satu kolom, ada
data yang digit depannya sama, maka akan muncul warna tertentu.

misaldi sel D4 berisi 2001 dan di sel N4 berisi 2002, maka pada sel
tersebut akan berwarna hijau, demikian juga utk sel D8 dan J8 dan sel
yang lain.

Saya agak bingung dengan kata digit di depannya, berapa digit yang
diharapkan?

Saya coba dengan 1 digit saja.
Di cell D4, klik conditional formating, New rule, Use formula to
determine which cells to format
Ketik rumus dibawah ini:
=IF(LEFT(D4,1)=LEFT($D$4:$O$4,1),1,0)

Klik format, fill, polih warna
OK

Copy conditional formating ke area yang dibutuhkan
Salam

On 5/18/2013 10:51 AM, heru mulyono wrote:
> Permasalahan ada di file terlampir.
>

Fri May 17, 2013 10:34 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Andy,

1. Bagaimana ya caranya membuat program Ms. Excell ini memjadi Online ?
Alias data yg kita buka bisa dibuka dgn org lain ?
>> Excel memiliki fitur bernama Share Workbook.

2. Denger-denger sih pakai Asp.Net, tetapi bagaimana cara penggunaanya ya ?
>> Denger-denger sih, gak cuma Asp.Net yang bisa.
>> cara pakainya, silakan dilanjutkan ke forurm ASP.Net atau yang terkait
dengan yang bisa membaca data Excel dan menyajikannya
>> Jadi, Excel relatif terbuka untuk diakses darimanapun, apalagi untuk
versi xl2007 ke atas.

3. Lalu bagaimana dgn menggunakan SQL Server ? yg tidak berbayar.
>> Dengan SQL Server Express (yang tidak berbayar) ? Bisa.
>> Bagaimana caranya, silakan dilanjutkan ke forum tentang SQL Server.
>> Bagaimana kalau datanya tidak disimpan di Excel, tapi di SQL Server saja
sekalian, walau inputnya dan outputnya menggunakan Excel ?

Dari hal-hal di atas, setidaknya bisa didapatkan informasi antara lain
begini :
1. Excel bisa menyimpan data dan diakses oleh aplikasi lain.
2. Jika memungkinkan untuk menggunakan system penyimpan data yang lebih
baik dari Excel, maka opsi untuk menyimpan data di system tersebut perlu
menjadi pertimbangan, meskipun proses input dan output data akan tetap
dilakukan melalui Excel.
3. Nomor 2 mengesankan suatu hubungan antara Input (interface input dari
user) - Data (backend di sebuah database engine) - Output (interface output
dengan user)

Wassalam,
Kid.

2013/5/18 andy_ajhis37 <andyajhisramadhan@ymail.com>

> **
>
>
> Dear,
> Ms. Excell Master User.
>
> Bagaimana ya caranya membuat program Ms. Excell ini memjadi Online ? Alias
> data yg kita buka bisa dibuka dgn org lain ?
> Denger-denger sih pakai Asp.Net, tetapi bagaimana cara penggunaanya ya ?
>
> Lalu bagaimana dgn menggunakan SQL Server ? yg tidak berbayar.
>
> Terima Kasih untuk Master Excell.
>
> Hormat Saya,
>
> Andy
>
>
>

Sat May 18, 2013 12:14 am (PDT) . Posted by:

"Selvrida Kusumawati" selvri_k

Dear temans
 
selvri mau tanya,  gimana sey menjumlahkan dgn kondisi jika ditemukan data yg sama di kolom D atau C
maka jumlahkan data dikolom F ditambahkan dgn hanya 1 cell di kolom G .
dengan formula dan macro yaa

terima kasih bantuannya yaa

Sat May 18, 2013 1:14 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Untuk semua versi : (record pertama)
=IF(C2<>C1,G2+SUMPRODUCT(($C$2:$C$9=C2)*($D$2:$D$9=D2)*$F$2:$F$9),"")

Untuk xl2007 ke atas :
=IF(C2<>C1,G2+SUMIFS($F$2:$F$9,$C$2:$C$9,C2,$D$2:$D$9,D2),"")

Jika ingin menggunakan VBA, letakkan dalam sebuah module.
Hasil akan ditampilkan di kolom i (untuk penggunaan formula semua versi)
dan di kolom j (untuk penggunaan formula xl2007 ke atas)

Public Sub PakaiVBA()
Dim rng As Range

Application.Calculation = xlCalculationManual
Set rng = Sheet1.Range("a1").CurrentRegion 'seluruh
tabel
Set rng = rng.Offset(1).Resize(rng.Rows.Count - 1, 1) 'record di
kolom A

With rng
.Offset(0, 10).Resize(, 2).ClearContents 'hapus
hasil lama dari kedua kolom pakai VBA

'pakai VBA 1 : formula i -> kolom K (lompat 10 kolom ke kanan A)
'bunyi formula dalam cell (record pertama) [untuk semua versi]

'=IF(C2<>C1,G2+SUMPRODUCT(($C$2:$C$9=C2)*($D$2:$D$9=D2)*$F$2:$F$9),"")
'kolom C (2 kolom ke kanan A);kolom D (3 kolom ke kanan A); kolom F
(5 kolom ke kanan A)
.Offset(0, 10).Formula = "=IF(C2<>C1,G2+SUMPRODUCT((" & .Offset(0,
2).Address & "=C2)*(" & _
.Offset(0, 3).Address & "=D2)*" &
.Offset(0, 5).Address & "),"""")"

'pakai VBA 2 : formula j -> kolom L (lompat 11 kolom ke kanan A)
'[untuk versi xl2007 ke atas atau versi 12.0 ke atas]
If CLng(Replace$(Application.Version, ".", vbNullString)) > 110
Then '>=120 atau >110
'bunyi formula dalam cell (record pertama)
'=IF(C2<>C1,G2+SUMIFS($F$2:$F$9,$C$2:$C$9,C2,$D$2:$D$9,D2),"")
'kolom C (2 kolom ke kanan A);kolom D (3 kolom ke kanan A);
kolom F (5 kolom ke kanan A)
.Offset(0, 11).Formula = "=IF(C2<>C1,G2+SUMIFS(" & .Offset(0,
5).Address & "," & _
.Offset(0, 2).Address & ",C2," &
.Offset(0, 3).Address & ",D2),"""")"
End If

.Parent.Calculate
'kalkulasi sheet
.Offset(0, 10).Resize(, 2).Value = .Offset(0, 10).Resize(,
2).Value 'di-values-ken

'jika ingin hasil yang berupa nullstring (akibat karakter "" dalam
formula) diubah menjadi blank
On Error Resume Next
.Offset(0, 10).Resize(, 2).SpecialCells(xlCellTypeConstants,
xlTextValues).ClearContents
Err.Clear
On Error GoTo 0
End With
Application.Calculation = xlCalculationAutomatic

MsgBox "Done.", vbInformation, "Pakai VBA"
End Sub

Wassalam,
Kid.

2013/5/18 Selvrida Kusumawati <selvri_k@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear temans
>
> selvri mau tanya, gimana sey menjumlahkan dgn kondisi jika ditemukan data
> yg sama di kolom D atau C
> maka jumlahkan data dikolom F ditambahkan dgn hanya 1 cell di kolom G .
> dengan formula dan macro yaa
>
> terima kasih bantuannya yaa
>
>
>

Sat May 18, 2013 5:28 am (PDT) . Posted by:

"Rahmat" ione_1984

oo dengan cara kolom part dikasi nullstring ya, terima kasih banyak Mr. Kid..

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Untuk data bertipe teks dan berisi gabungan angka dan huruf, maka biasanya
> data dibuat menjadi fixed width (jumlah karakternya sama seluruhnya).
>
> File terlampir.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/18 Rahmat Hermawan <ione_1984@...>
>
> > **
> >
> >
> > Dear Be-Exceler,
> > Mau nanya lagi nih...
> >
> > Bisa ga data dengan format text diurutkan menjadi seperti data dalam file
> > yang saya lampirkan?
> >
> > Terima kasih...
> >
> >
> >
>

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar