Senin, 06 Mei 2013

[belajar-excel] Digest Number 2282

15 New Messages

Digest #2282
1
Rekap Data Puskesmas yang Banyak by "Laode Herman Umar" mentor_umb
2a
Re: Converter PDF to Excel by "lapendosol opik" lapendosol
3a
Re: Kopi darat belum mendarat? by "lapendosol opik" lapendosol
3c
Bls: [belajar-excel] Kopi darat belum mendarat? by "Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
5a
hendrik karnadi shared "MSCAL.zip" with you by "Hendrik via Dropbox" hendrikkarnadi
5d
Re: hendrik karnadi shared "MSCAL.zip" with you by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
6
Mencari baris dan kolom terkahir yang pernah ditulis by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
7
Menghitung Statistik Jam Kerja by "Prodev SIMPLE PB" prodev_simple

Messages

Sun May 5, 2013 8:20 am (PDT) . Posted by:

"Laode Herman Umar" mentor_umb

dear para master....

bingung buat makro untuk masalah rekapan data tiap-tiap puskesmas, dengan jumlah puskesmas yang banyak
prosesnya:
1. setiap bulan mengirim rekapan bulanan ke dinas,

2. dinas melakukan rekapan bulanan untuk setiap puskesmas
3. output yang inginkan setelah proses rekap :
� a. rekap� untuk masing-masing puskesmas per bulan
� b. tampilan rekap seluruh puskesmas berdasarkan bulan

untuk lebih jelaskan saya lampirkan file

terima kasih sebelumnya

--- Mods ---
Dimohon untuk posting hanya ke : belajar-excel@yahoogroups.com
------------

Sun May 5, 2013 11:58 am (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

Dear Pak/Bu lkm jktind (namanya susah amat)
Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar jadi format angka.
Mungkin perlu di coba pak/bu
Trimakasih
Wassalam,

________________________________
From: lkm jktind <lkmjktind@gmail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, May 4, 2013 9:32 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel


 
Saya sering mengconvert file Laporan keuangan .   dari PDF  Ke Excel .

Menggunakan :  Cogniview PDF2XL   hasil nya cukup memuaskan . 
cuma dalam penggunaan nya . saya masih belum bisa apabila  di file PDF  ada yang pakai koma  atautitik.

memang ada juga file PDF -- yg nga bisa / berhasil di convert  mungkin file gambar kali .

2013/5/3 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com>


>Dear Bu Putri,
>Coba pakai software NitroPDF
>Fungsi dari software itu sendiri untung mengedit file PDF, tapi bisa digunakan untuk mengkonfersi kebentuk office yang lain. Semoga bermanfaat ya
>Trimakasih
>Wassalam,
>
>
>
>________________________________
> From: Putri Intecs <putri.intecs@yahoo.co.id>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Friday, May 3, 2013 8:42 AM
>Subject: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>
>
>

>Dear para master excel,
>>>
>>>Mohon bantuannya para master semua,
>>>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
>>>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
>>>
>>>
>>>
>>>Mohon pencerahan dari master2 semua.
>>>
>Terima kasih,
>>>
>>>Putri
>>>
>>>
>
>--- Mods ---
>Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
>Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>
>Pendapat mods :
>File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image) membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
>Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search di internet.
>------------
>
>
>

Sun May 5, 2013 1:17 pm (PDT) . Posted by:

"lapendosol opik" lapendosol

1. Baju/Kaos.
Saya setuju banget diadain pembuatan kaos/baju. Kaos/baju merupakan kenang2an yang (mungkin) bisa dibanggain ke temen2 di real, apalagi kaos/kaos kopdar perdana Be-Exceller. Jangankan kaos/baju, name tag event aja suka saya kumpulin sebagai kenang2an. Kisaran harga 50 - 100 masih wajar, ada harga ada rupa. Ditunggu desainnya ya pak.

2. Support Panitia.
Saya bersedia membantu sebagai panitia. Domisili di Jaktim (deket PGC Cililitan). Boleh diusulin, untuk semua panitia yg bersedia membantu (kalo bisa semua peserta), agar saling tukar contact baik Nomer HP, Pin BB, WhatApp, Line, YM, GT atau yg lain agar mempermudah komunikasinya (Narasumber wajib memberi tau contact person untuk konsultasinya). Pertemuan sebelum kopdar (panitia dll) wajib diadakan, lokasi nanti bisa diatur lagi.

3. Usulan Mas Kid "Materi yang dibawakan" dan lama acara dilangsungkan.

Saya setuju banget kalo pertemuan kopdar membahas materi-materi tentang excel biar suasananya ga garing. Bahkan kalo perlu dan kalo sponsornya mendukung diadain juga hiburannya seperti elektone atau yg lain, (tapi malah nanti berkesan kaya kondangan hehehe). Tapi ini bisa diganti dengan alunan musik lokasi kopdar kok. Mengenai materi yg dibawain, kalo boleh usul dari topik usulan Mas Kid. Ada 2 topik yang akan diisi, masing-masing mungkin memakan waktu lama dalam pembahasannya. Tergantung dari lamanya acara, kalo acara disupport selama 2 hari mungkin pembahasannya bisa maksimal. Tapi kalo acara cuma 1 hari misal dari pagi sampe malem bisa dibagi 3 sesi, misal mulai jam 9-12 sesi 1 (pembahasan topik 1), jam 12-13 istirahat, jam 13-17 sesi 2 (pembahasan topik 2), jam 17-18.30 istirahat, jam 18:30-21.00 sesi 3 (pembahasan topik 3 mungkin bisa buat sesi tanya jawab topiknya bebas, satu untuk semua bukan satu untuk satu, hadirin bertanya hadirin/pembicara
menjawab). Secara pribadi saya lebih suka diadain 1 hari saja biar persiapan menghadiri acara dari peserta disiapin dan dijadwal dengan mateng, kalo diadain 2hari nanti malah mencar-mencar datengnya ada yg hari 1 n hari 2.

From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
"hehehe... sepertinya terlalu dasar ya, jadi ndak begitu menarik... wakakaka....
Bagaimana pendapat BeExceller semuanya ? Ayo... berpendapat !!!
supaya acaranya bisa seusai dengan kebutuhan."
Untuk kopdar perdana mah kayanya topik apa aja (yg berhubungan dengan excel) kayanya menarik Mas, hehehe. Kadang-kadang materi dasar juga ada yang belum ngerti betul (terutama saya). Bahkan pertanyaan-pertanyaan simple aja saya kadang tanya ke milis maupun japri yang ada di contact. Malu bertanya kerja manual. (buat saya) kebanyakan nanya lama-lama malu sendiri :'(
Semakin banyak yang mudeng tentang materi dasar, berarti semakin banyak calon pembicaranya.

4. Pembicara.
Anggota Be-Exceller semuanya pada pinter-pinter dan saya yakin hampir semua anggota kalo menjadi pembicarapun mampu membawakannya. Diminta kesadaran masing-masing aja untuk menunjuk diri sendiri menjadi pembicaranya, tapi saya ga berani jadi pembicara, secara pengetahuan tentang excel saya masih sangat minim sekali banget teramat sangat dibawah rata-rata.
Saya dapet ilmu dari seminar di perusahaan zzz, materi tentang "Sesi Motivasi Karyawan BeUpnormal". Dalam seminar dibagi beberapa kelompok dan tiap kelompok harus ada ketua masing-masing. Jarang yang mengajukan diri menjadi ketua kelompok, yang ada saling tunjuk satu sama lain. Lalu pembicara berkata "Ketika kita menghadapi situasi yang tidak kita harapkan, sangat mudah bagi kita untuk menunjuk orang lain." Semua berpotensi menjadi ketua, pemimpin. Sama seperti di Be-Exceller, semua sangat punya kemampuan untuk menjadi pembicara, ayo ayo tunjukkan siapa yang mau menjadi pembicara. Kalo saya paham tentang materi yang dibawakan, saya bersedia menjadi pembicara, tapi saya belum mampu menjadi pembicara. Dengan kesadaran menuju kelancaran acara bersama, saya hanya mampu membantu jadi panitia saja tanpa diminta.

Kira-kira demikian dari saya, trimakasih. Yang lain ditambahin ya hehehehe

Wassalam,

________________________________
From: Aliif Akbar <aliif.akbar@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Sunday, May 5, 2013 3:00 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Kopi darat belum mendarat?


 
Melengkapi sedikit,

Saya lagi desain baju buat oleh2 saat kopdar, atau hadiah buat yang diluar kota Jakarta (tapi bayar ya? Heheheheee)
Baju saya buat dengan 2 type, Type kemeja dengan kaos polo berkerah, dengan kisaran harga kemeja kira2 85-100rb, dan POLO harga 50-65rb,
Desain dan harga fix akan saya sampaikan email berikutnya, mungkin senin akan saya sampaikan, semoga dari supplier bisa bawa samplenya,

Terlalu cepat g ya info ini? G ya?

Tambahan lagi, yang mau support jadi panitia kopdar, biar cepet mendarat silahkan bisa hubungi saya, melalui milis atau japri,

Salam,

Aliif,

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
________________________________

From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 4 May 2013 23:47:18 +0700
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Kopi darat belum mendarat?
 
Pak Hendrik,

Gimana kalau dicoba untuk disusun langkah persiapan sejak sekarang untuk kegiatan tanggal 16 Juni 2013 ?
Tanggal 6 Juni 2013 (Kamis) ada hari libur. Biasanya banyak yang mudik (Insya Allah saya ndak mudik). Jadi Minggu tanggal 9 Juni 2013 bisa jadi akan membuat BeExceller yang kadung punya acara mudik jadi agak kecewa.

Panitia silakan cari personil tambahan, terutama BeExceller yang bersedia menyediakan waktu untuk ber-repot ria mempersiapkannya.

Tentang materi,
Jika dengan bekal dari 22 BeExceller yang mengisi database tentang permasalahan Excel yang dihadapi, cenderung kebanyakan tentang :

1. formula

    >> sepertinya bisa diawali dengan pemahaman fungsi IF. Kemudian dilanjutkan dengan fungsi-fungsi kelompok lookup and reference seperti VlookUp, Match, Index, LookUp. Array formula menjadi ujungnya. Penerapan array formula bisa disinggung sedikit dulu supaya ndak membingungkan.

1 setengah. Mungkin fitur dasar Excel seperti Copy, Paste, Paste Special, Goto Special, Sort, AutoFilter. Untuk fitur dasar yang lebih spesifik seperti Conditional Formatting, Data Validation, Text To Columns (xl2007 ke atas), Chart, Pivot Table bisa sedikit disinggung.

2. dasar VBA
    >> sepertinya bisa diawali dengan gambaran VBA kemudian dasar-dasar tentang variabel dan tipe data sampai pada proses otomasi sederhana seperti copas beda sheet. Pengenalan conditional (IF atau Select Case dalam VBA) bisa disinggung. Untuk loop (For Next, For Each Next, Do While, dsb) membutuhkan kenyamanan dalam melihat script terlebih dulu. Artinya, dengan melihat script, sudah terbayang proses dalam worksheet atau penampakan real nya seperti apa.

Sekarang, ingin berapa lama acara ini dilangsungkan ?
Membahas nomor 1 saja bisa seharian, kecuali kalau sekedar memberi berita seperti kalimat 'eh tau gak, excel bisa gini loh' mungkin 1/2 hari juga kelar.
Membahas nomor 2 akan efektif ketika BeExceller sudah relatif familiar dengan berbagai fitur dasar Excel seperti Copy, Paste dan Paste Special, Goto Special, Sort, AutoFilter (bahkan akan lebih enak jika sudah nyaman dalam menggunakan advanced filter).

Targetnya mungkin untuk pertemuan pertama adalah menyamakan cara pandang tentang dasar-dasar Excel.

Kadang kala atau mungkin kebanyakan pengguna Excel merasa atau kalau ditanya bisa Excel atau ndak cenderung akan memiliki keakuan bisa, padahal beberapa dasar Excel yang pokok malah masih membuatnya bingung. Misal, pertanyaan ada berapakah tipe data yang bisa ditampilkan sebuah cell Excel dan bagaimana mengenalinya ?.

Pembicara...

Sapa yang mau ?

ndak harus saya kan ya... nanti ndak yang tambah pinter cuman saya doang...

Yang mau, silakan hubungi Pak Anton, mas Dwint, dan Pak Hendrik (asal main tunjuk saja wakakaka), untuk membahas bersama materi yang akan dibawakan. Jadi ndak nyusun sendiri, jangan kuatir. Dengan begitu, materinya akan tetap sarat ilmu siapapun dan berapapun yang membawakannya.

Mbak Raddini bersedia ikutan bawakan materi ndak ?

miss Jan (wuaduh... harus tanya walinya dulu nih... ya wis bebas saja deh buat miss Jan)

BeExceller yang diluar Jakarta (Pak Ghozi, Pak Bagus, atau siapa aja yang bersedia datang dan bawa acara) juga boleh... (sepertinya kalau langsung ditunjuk bakal menyusahkan karena diluar Jakarta, coba ada di Jakarta, bisa kena tunjuk juga kali ya)

Acaranya dibuat ada masa tanya jawab ya... BeExceller bertanya dan BeExceller menjawab, bukan hadirin bertanya dan pembicara menjawab.

hehehe... sepertinya terlalu dasar ya, jadi ndak begitu menarik... wakakaka....

Bagaimana pendapat BeExceller semuanya ? Ayo... berpendapat !!!
supaya acaranya bisa seusai dengan kebutuhan.

Oh ya, yang bersedia jadi panitia, hubungi Pak Aliif di : aliif.akbar@yahoo.co.id

Untuk bisa diusahakan tanggal 16 Juni, kira-kira apa saja yang harus disiapkan panitia ?

monggo... silakan didiskusiken...

Wassalam,

Kid.

2013/5/4 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>


>Bung Mods,
>Kira2 kapan ya kopi darat bisa mendarat dengan topik yang hangat?
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>
>Sent from Samsung Mobile

Sun May 5, 2013 6:08 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

mr Kid,

Gimana kalau dicoba untuk disusun langkah persiapan sejak sekarang untuk
kegiatan tanggal 16 Juni 2013 ?
untuk lokasinya pada tanggal tersebut bagaimana ya?

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*

Pada 4 Mei 2013 23.47, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Pak Hendrik,
>
>
> Gimana kalau dicoba untuk disusun langkah persiapan sejak sekarang untuk
> kegiatan tanggal 16 Juni 2013 ?
> Tanggal 6 Juni 2013 (Kamis) ada hari libur. Biasanya banyak yang mudik
> (Insya Allah saya ndak mudik). Jadi Minggu tanggal 9 Juni 2013 bisa jadi
> akan membuat BeExceller yang kadung punya acara mudik jadi agak kecewa.
>
> Panitia silakan cari personil tambahan, terutama BeExceller yang bersedia
> menyediakan waktu untuk ber-repot ria mempersiapkannya.
>
> Tentang materi,
> Jika dengan bekal dari 22 BeExceller yang mengisi database tentang
> permasalahan Excel yang dihadapi, cenderung kebanyakan tentang :
> 1. formula
> >> sepertinya bisa diawali dengan pemahaman fungsi IF. Kemudian
> dilanjutkan dengan fungsi-fungsi kelompok lookup and reference seperti
> VlookUp, Match, Index, LookUp. Array formula menjadi ujungnya. Penerapan
> array formula bisa disinggung sedikit dulu supaya ndak membingungkan.
>
> 1 setengah. Mungkin fitur dasar Excel seperti Copy, Paste, Paste Special,
> Goto Special, Sort, AutoFilter. Untuk fitur dasar yang lebih spesifik
> seperti Conditional Formatting, Data Validation, Text To Columns (xl2007 ke
> atas), Chart, Pivot Table bisa sedikit disinggung.
>
> 2. dasar VBA
> >> sepertinya bisa diawali dengan gambaran VBA kemudian dasar-dasar
> tentang variabel dan tipe data sampai pada proses otomasi sederhana seperti
> copas beda sheet. Pengenalan conditional (IF atau Select Case dalam VBA)
> bisa disinggung. Untuk loop (For Next, For Each Next, Do While, dsb)
> membutuhkan kenyamanan dalam melihat script terlebih dulu. Artinya, dengan
> melihat script, sudah terbayang proses dalam worksheet atau penampakan real
> nya seperti apa.
>
> Sekarang, ingin berapa lama acara ini dilangsungkan ?
> Membahas nomor 1 saja bisa seharian, kecuali kalau sekedar memberi berita
> seperti kalimat 'eh tau gak, excel bisa gini loh' mungkin 1/2 hari juga
> kelar.
> Membahas nomor 2 akan efektif ketika BeExceller sudah relatif familiar
> dengan berbagai fitur dasar Excel seperti Copy, Paste dan Paste Special,
> Goto Special, Sort, AutoFilter (bahkan akan lebih enak jika sudah nyaman
> dalam menggunakan advanced filter).
>
> Targetnya mungkin untuk pertemuan pertama adalah menyamakan cara pandang
> tentang dasar-dasar Excel.
> Kadang kala atau mungkin kebanyakan pengguna Excel merasa atau kalau
> ditanya bisa Excel atau ndak cenderung akan memiliki keakuan bisa, padahal
> beberapa dasar Excel yang pokok malah masih membuatnya bingung. Misal,
> pertanyaan ada berapakah tipe data yang bisa ditampilkan sebuah cell Excel
> dan bagaimana mengenalinya ?.
>
> Pembicara...
> Sapa yang mau ?
> ndak harus saya kan ya... nanti ndak yang tambah pinter cuman saya doang...
> Yang mau, silakan hubungi Pak Anton, mas Dwint, dan Pak Hendrik (asal main
> tunjuk saja wakakaka), untuk membahas bersama materi yang akan dibawakan.
> Jadi ndak nyusun sendiri, jangan kuatir. Dengan begitu, materinya akan
> tetap sarat ilmu siapapun dan berapapun yang membawakannya.
>
> Mbak Raddini bersedia ikutan bawakan materi ndak ?
> miss Jan (wuaduh... harus tanya walinya dulu nih... ya wis bebas saja deh
> buat miss Jan)
> BeExceller yang diluar Jakarta (Pak Ghozi, Pak Bagus, atau siapa aja yang
> bersedia datang dan bawa acara) juga boleh... (sepertinya kalau langsung
> ditunjuk bakal menyusahkan karena diluar Jakarta, coba ada di Jakarta, bisa
> kena tunjuk juga kali ya)
>
> Acaranya dibuat ada masa tanya jawab ya... BeExceller bertanya dan
> BeExceller menjawab, bukan hadirin bertanya dan pembicara menjawab.
>
> hehehe... sepertinya terlalu dasar ya, jadi ndak begitu menarik...
> wakakaka....
> Bagaimana pendapat BeExceller semuanya ? Ayo... berpendapat !!!
> supaya acaranya bisa seusai dengan kebutuhan.
>
> Oh ya, yang bersedia jadi panitia, hubungi Pak Aliif di :
> aliif.akbar@yahoo.co.id
> Untuk bisa diusahakan tanggal 16 Juni, kira-kira apa saja yang harus
> disiapkan panitia ?
>
> monggo... silakan didiskusiken...
>
> Wassalam,
> Kid.
>

Mon May 6, 2013 12:32 am (PDT) . Posted by:

"Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com

Dear, temen2 exceller kalau boleh tau acaranya akan diadakan di daerah mana yaa...
Terimakasih

Salam

Krisan

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 6 Mei 2013 9:08
Judul: Re: [belajar-excel] Kopi darat belum mendarat?


 
mr Kid,

Gimana kalau dicoba untuk disusun langkah persiapan sejak sekarang untuk kegiatan tanggal 16 Juni 2013 ?

untuk lokasinya pada tanggal tersebut bagaimana ya?

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut 
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;

Pada 4 Mei 2013 23.47, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:


>Pak Hendrik,
>
>Gimana kalau dicoba untuk disusun langkah persiapan sejak sekarang untuk kegiatan tanggal 16 Juni 2013 ?
>Tanggal 6 Juni 2013 (Kamis) ada hari libur. Biasanya banyak yang mudik (Insya Allah saya ndak mudik). Jadi Minggu tanggal 9 Juni 2013 bisa jadi akan membuat BeExceller yang kadung punya acara mudik jadi agak kecewa.
>
>Panitia silakan cari personil tambahan, terutama BeExceller yang bersedia menyediakan waktu untuk ber-repot ria mempersiapkannya.
>
>Tentang materi,
>Jika dengan bekal dari 22 BeExceller yang mengisi database tentang permasalahan Excel yang dihadapi, cenderung kebanyakan tentang :
>
>1. formula
>
>    >> sepertinya bisa diawali dengan pemahaman fungsi IF. Kemudian dilanjutkan dengan fungsi-fungsi kelompok lookup and reference seperti VlookUp, Match, Index, LookUp. Array formula menjadi ujungnya. Penerapan array formula bisa disinggung sedikit dulu supaya ndak membingungkan.
>
>
>1 setengah. Mungkin fitur dasar Excel seperti Copy, Paste, Paste Special, Goto Special, Sort, AutoFilter. Untuk fitur dasar yang lebih spesifik seperti Conditional Formatting, Data Validation, Text To Columns (xl2007 ke atas), Chart, Pivot Table bisa sedikit disinggung.
>
>
>
>2. dasar VBA
>    >> sepertinya bisa diawali dengan gambaran VBA kemudian dasar-dasar tentang variabel dan tipe data sampai pada proses otomasi sederhana seperti copas beda sheet. Pengenalan conditional (IF atau Select Case dalam VBA) bisa disinggung. Untuk loop (For Next, For Each Next, Do While, dsb) membutuhkan kenyamanan dalam melihat script terlebih dulu. Artinya, dengan melihat script, sudah terbayang proses dalam worksheet atau penampakan real nya seperti apa.
>
>Sekarang, ingin berapa lama acara ini dilangsungkan ?
>Membahas nomor 1 saja bisa seharian, kecuali kalau sekedar memberi berita seperti kalimat 'eh tau gak, excel bisa gini loh' mungkin 1/2 hari juga kelar.
>Membahas nomor 2 akan efektif ketika BeExceller sudah relatif familiar dengan berbagai fitur dasar Excel seperti Copy, Paste dan Paste Special, Goto Special, Sort, AutoFilter (bahkan akan lebih enak jika sudah nyaman dalam menggunakan advanced filter).
>
>
>
>Targetnya mungkin untuk pertemuan pertama adalah menyamakan cara pandang tentang dasar-dasar Excel.
>
>Kadang kala atau mungkin kebanyakan pengguna Excel merasa atau kalau ditanya bisa Excel atau ndak cenderung akan memiliki keakuan bisa, padahal beberapa dasar Excel yang pokok malah masih membuatnya bingung. Misal, pertanyaan ada berapakah tipe data yang bisa ditampilkan sebuah cell Excel dan bagaimana mengenalinya ?.
>
>
>
>Pembicara...
>
>Sapa yang mau ?
>
>ndak harus saya kan ya... nanti ndak yang tambah pinter cuman saya doang...
>
>Yang mau, silakan hubungi Pak Anton, mas Dwint, dan Pak Hendrik (asal main tunjuk saja wakakaka), untuk membahas bersama materi yang akan dibawakan. Jadi ndak nyusun sendiri, jangan kuatir. Dengan begitu, materinya akan tetap sarat ilmu siapapun dan berapapun yang membawakannya.
>
>
>Mbak Raddini bersedia ikutan bawakan materi ndak ?
>
>miss Jan (wuaduh... harus tanya walinya dulu nih... ya wis bebas saja deh buat miss Jan)
>
>BeExceller yang diluar Jakarta (Pak Ghozi, Pak Bagus, atau siapa aja yang bersedia datang dan bawa acara) juga boleh... (sepertinya kalau langsung ditunjuk bakal menyusahkan karena diluar Jakarta, coba ada di Jakarta, bisa kena tunjuk juga kali ya)
>
>
>
>Acaranya dibuat ada masa tanya jawab ya... BeExceller bertanya dan BeExceller menjawab, bukan hadirin bertanya dan pembicara menjawab.
>
>
>
>hehehe... sepertinya terlalu dasar ya, jadi ndak begitu menarik... wakakaka....
>
>Bagaimana pendapat BeExceller semuanya ? Ayo... berpendapat !!!
>supaya acaranya bisa seusai dengan kebutuhan.
>
>
>
>Oh ya, yang bersedia jadi panitia, hubungi Pak Aliif di : aliif.akbar@yahoo.co.id
>
>Untuk bisa diusahakan tanggal 16 Juni, kira-kira apa saja yang harus disiapkan panitia ?
>
>
>monggo... silakan didiskusiken...
>
>
>
>Wassalam,
>
>Kid.
>

Mon May 6, 2013 12:32 am (PDT) . Posted by:

"Yan Novianto" yan.novianto



Dear All member be Excel,

terimakasih sudah terjawab,
untuk pelajaran yang lain lain akan saya pelajari pelan pelan deh :)

terimakasih

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 4 Mei 2013 21:50
Judul: Re: [belajar-excel] Isi data waktu otomatis saat pengetikkan


 
Hai Amri,

1. terus yang saya belum tau untuk menentukan cell mana yang jadi
target penyimpanan waktu itu scriptnya bagaimana
>> di script miss jan :
    .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")

      range yang ditulisi adalah :
         .Offset(, 1)
      yang artinya lompat 1 kolom dari sesuatu

      nah sesuatunya itu adalah range yang didefinisikan pada baris :
    With Target

      yaitu range yang diberi nama variabel (bukan nama range dalam worksheet) Target.

      Variabel Target ini berisi range yang diubah isinya oleh si user

>> discript yang diubah dari bunyi ,offset(blabla.... tadi menjadi :
          Range("a1").value=Now
      maka range yang ditulisi pasti selalu A1, yang didefinisikan dalam bunyi Range("a1")

>> dari 2 hal di atas, maka definisikanlah yang Anda inginkan dan kembangkan 2 variasi diatas supaya sesuai kebutuhan.

2. tapi untuk yang
A1 merupakan kegiatan menulis data juga sudah terfikirkan, tapi ngga
tau juga caranya

>> hehehe... ndak dibaca dengan lengkap bunyi :

Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi, maka bisa jadi penulisan di
A1 akan membuat masalah baru karena termasuk kegiatan menulis data juga. Maka sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now tadi) diberi :

    Application.enableevents = FALSE

lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
    Application.enableevents = TRUE

     ya wislah...
1. Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi,

karena baris dari miss Jan berbunyi ada yang dihapus (lihat bunyi)
script miss Jan membatasi diri untuk tulis sesuatu kalau cell D2 kebawah yang berubah nilai

kalau pengen nulis di A1 si saat ini tersebut (Now) akibat ada pengubahan
nilai dimana saja, berarti pembatas dari miss Jan dihapus.

(ijin dihapus ya miss Jan)

bagian yang dihapus bagian ini :

    if .column=4 blablabla

dan baris

    end if
pertama setelah baris penulisan tadi.

yang berarti pada script miss jan di bagian blok if berbunyi :

            ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris > 1 (karena baris 1 = header) maka
            If .Column = 4 And .Row > 1 Then
            
                ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
                ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
                .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
                
            ' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
            End If
baris yang dihapus adalah yang berbunyi :

            ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris > 1 (karena baris 1 = header) maka
            If .Column = 4 And .Row > 1 Then

dan

            ' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
            End Ifmaka bentuknya tinggal bunyi :

                ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
                ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
                .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
2. maka bisa jadi penulisan di
A1 akan membuat masalah baru karena termasuk kegiatan menulis data juga.

lalu baris yang bunyinya .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
diganti menjadi berbunyi Range("a1").value=Now

dan kegiatan inikan menulis data di range A1. Setuju gak ? kalo gak setuju berarti diskusi selesai disini.... jadi harus setuju...

Kalau menulis sesuatu di sebuah range, dan nilai yang ditulis itu beda dengan yang sudah ada di range tersebut, artinya isi range berubah, yang dalam basa londo inggeris namanya change

Akibatnya, nulis di range a1 oleh baris Range("a1").value=Now akan membuat prosedur itu dipangil lagi untuk disuruh kerja. Kan jadi mbulet gak selesai-selesai kalau isinya ganti terus.

Oleh sebab itu ada nomor 3 ini :
3.Maka sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now tadi) diberi : Application.enableevents = FALSE
>> yang baris =Now tadi itu kan yang bunyinya :

      Range("a1").value=Now

>> kalau katanya sebelumnya baris itu diberi tulisan Application.enableevents = FALSE
     maka jadinya :
        Application.enableevents = FALSE
        Range("a1").value=Now

Lalu sampai di nomor 4 :
4.lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :     Application.enableevents = TRUE

>> setelah bunyi Range("a1").value=Now diberi Application.enableevents = TRUE
     maka jadinya :
        Application.enableevents = FALSE       
        Range("a1").value=Now

        Application.enableevents = TRUE

Nomor 3 itu meng-off-ken ijin untuk eksekusi prosedur event (jadi nulis di A1 gak akan bikin si prosedur dipanggil lagi)

Nomor 4 itu meng-on-ken ijin untuk eksekusi prosedur event (supaya prosedur bisa dipanggil lagi kalau ada range lain yang berubah isi)

Jadi,
[oalah mbok yao di copas-ken hasil gantinya dimari kan ya enak mbayanginnya]

bukan sekedar karena  kan cuman ganti "time" jadi "now" aja..

tetapi cenderung untuk mengajak Anda berpartisipasi berbagi untuk BeExceller lain yang juga sedang belajar.

karena partisipasi sekecil apapun dalam kebaikan menghasilkan kebaikan yang lebih besar dikemudian hari.

hehehe... itu kata simbah tempo doeloe waktu ndongengin perang badr sebelum saya bobo di desa yang sunyi belum ada listrik.

:)

Wassalam,
Kid.

2013/5/4 Amri Salman Rizal <menxcromancer@gmail.com>


>kan cuman ganti "time" jadi "now" aja..
>
>oke mr Kid,, sudah sangat sesuai harapan,, hehe
>makasi banyak ya,,
>tadinya saya pikir 'pembatas&#39; itu saya perbesar aja, eh ternyata di
hapus,,
>terus yang saya belum tau untuk menentukan cell mana yang jadi
target penyimpanan waktu itu scriptnya bagaimana,, tapi untuk yang
A1 merupakan kegiatan menulis data juga sudah terfikirkan, tapi ngga
tau juga caranya,, hehe maklum masih baru merambah ke VBA,,
>sekali lagi terima kasih banyak,,
>
>oya, satu lagi,
>ada link untuk belajar VBA dari awal perkenalan??
>untuk yang ini juga saya ucapkan terima kasih. :)
>
>Salam,
>
>
>Amri.
>
>
>
>On 5/3/2013 5:25 PM, Mr. Kid wrote:
>

>>hehehe...
>>[oalah mbok yao di copas-ken hasil gantinya
dimari kan ya enak mbayanginnya]
>>
masih ingat baris kode yang ada bunyi Now (hasilpenggantian Time) tadi.
>>
Coba ganti menjadi :
>>
      Range("a1").value=Now
>>
lalu atur format cellnya di A1 sesuai kebutuhan.
>>
>>
script miss Jan membatasi diri untuk tulis sesuatu kalau cell D2 kebawah yang berubah nilai
>>
>>kalau pengen nulis di A1 si saat ini tersebut (Now) akibat ada pengubahan nilai dimana saja, berarti pembatas dari miss Jan dihapus.
>>
>>(ijin dihapus ya miss Jan)
>>
>>bagian yang dihapus bagian ini :
>>
>>    if .column=4 blablabla
>>
>>dan baris
>>
>>    end if
>>
>>pertama setelah baris penulisan tadi.
>>
>>
>>Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi, maka bisa jadi penulisan di A1 akan membuat masalah baru karena termasuk kegiatan menulis data juga. Maka sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now tadi) diberi :
>>
>>    Application.enableevents = FALSE
>>
>>lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
>>
>>    Application.enableevents = TRUE
>>
>>
>>
>>Perintah Application.enableevents ini digunakan untuk mengatur status tentang boleh (TRUE) tidaknya (FALSE) suatu prosedur event dijalankan oleh Excel.
>>
>>
>>
>>Wassalam,
>>
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/5/3 Amri Salman Rizal <menxcromancer@gmail.com>
>>
>> 
>>>oke berhasil Mr Kid,, Terima kasih,,
>>>sekarang jika saya ingin waktu update
tersimpan di salah satu cell, misalkan A1
>>>dan data yang berubah bisa acak di cell mana
saja, apa yang harus saya ubah Mr. Kid??
>>>
>>>
>>>
>>>On 5/3/2013 1:40 PM, Mr. Kid wrote:
>>>
>>> 
>>>>Coba bagian script berbunyi Time diganti dengan Now
>>>>
>>>>
Wassalam,
>>>>
Kid.
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>
>>>>2013/5/3 Amri Salman Rizal <menxcromancer@gmail.com>
>>>>
>>>
>>>>>salam,
>>>>>
>>>>>maaf nyelip ya Ms Jan
dan Pak Yan,
>>>>>saya tertarik sama
topik ini,
>>>>>saya coba format
waktunya ditambahkan
dengan tanggal yang
asalnya "hh:mm AM/PM"
menjadi "dd-mmm-yy
hh:mm".
>>>>>nah, untuk format
tanggal dan jam nya
sudah sesuai
keinginan, hanya saja
tanggal yang muncul
bukan tanggal hari
ini, melainkan
30-Dec-99.
>>>>>entah mungkin saya
yang kurang ilmu atau
memang kurang ilmu,
jadi mohon
pembelajarannya ya
rekan2.
>>>>>terima kasih.
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>-------- Original
Message --------
>>>>>Subject: Re: [belajar-excel] Isi data waktu otomatis saat pengetikkan
>>>>>Date: Fri, 3 May 2013 10:52:37 +0700
>>>>>From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>>>>>Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>>>
>>>>>
>>>>> 
>>>>>ups.. maaf, ada yang terlewat
>>>>>
>>>>>
>>>>>6. save as file tersebut sebagai excel macro-enabled workbook atau excel binary workbook (ekstensi .xlsm atau .xlsb pada excel 2007 ke atas)
>>>>>
>>>>>
>>>>># sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut 
>>>>>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>>>>>
>>>>>
>>>>>Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
>>>>>
>>>>>Wassalam,
>>>>>
>>>>>
>>>>>-Miss Jan Raisin-
>>>>>
>>>>>
>>>>>>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>>>>>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>>>>>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
>>>>>
>>>>>
>>>>>Pada 3 Mei 2013 10.47, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
>>>>>
>>>>>kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan formula, hanya bisa dengan menggunakan VBA
>>>>>>coba cara berikut:
>>>>>>1. pada lembar kerja, tekan tombol [Alt] [F11] sehingga berpindah ke VBE (Visual Basic Editor)
>>>>>>2. pada VBA Project, double klik nama sheetnya
>>>>>>3. pindah ke layar sebelah kanan, pada dropdown, ganti General menjadi Worksheet
>>>>>>4. ganti even pada dropdown list menjadi Change
>>>>>>5. copas script berikut diatara script yang sudah terbentuk pada nomor 4 di atas
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>    ' bekerja pada range yang diubah isinya
>>>>>>    With Target
>>>>>>    
>>>>>>        ' jika jumlah cell yang berubah = 1 maka
>>>>>>        If .Cells.Count = 1 Then
>>>>>>        
>>>>>>            ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris > 1 (karena baris 1 = header) maka
>>>>>>            If .Column = 4 And .Row > 1 Then
>>>>>>            
>>>>>>                ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
>>>>>>                ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
>>>>>>                .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
>>>>>>                
>>>>>>            ' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
>>>>>>            End If
>>>>>>            
>>>>>>        ' akhir pengecekan dari jumlah kolom yang berubah
>>>>>>        End If
>>>>>>        
>>>>>>    ' akhir bekerja pada range yang berubah
>>>>>>    End With
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>># sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut 
>>>>>>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
>>>>>>
>>>>>>Wassalam,
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>-Miss Jan Raisin-
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>>>>>>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com;
>>>>>>>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>>Pada 3 Mei 2013 10.24, Yan Novianto <yan.novianto@yahoo.com> menulis:
>>>>>>
>>>>>>
>>>>>> 
>>>>>>>Be excel
>>>>>>>Pusing jk tidak bertanya
>>>>>>>Misalkan begini :
>>>>>>>Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya setiap saya mengetikkan data di colom B2 sampai ke bawah, maka secara otomatis di colom D2 sampai ke bawah, otomatis teridi waktu keika saya sudah menekan enter
>>>>>>>Saya pernah
gunakan
=if(B2="","",now()):
>>>>>>>Kalo saya
gunakan
formula itu,
akan secara
otomatis sih
muncul, tapi
ya otomatis
juga berubah
mwngikuti
waktu yang
berjalan
hehehe
>>>>>>>Tolong di
bantu biar
formula yg di
gunakan bisa
mengisi waktu
otomatis tapi
tdk mengikuti
update :-)
>>>>>>>
>>>>>>>Terimakasih
>>>>>>>
>>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>
>>>
>>
>

Mon May 6, 2013 12:39 am (PDT) . Posted by:

"Hendrik via Dropbox" hendrikkarnadi

Hendrik's message:

"Buat teman2 yang telah kehilangan atau belum bisa menginstal Calendar Control, khususnya Excel 2010 bisa connet ke link di bawah ini (saya dapat dari internet).

Salam,
HK"

Click here to view:
https://www.dropbox.com/l/XvYLPpovnjBpLNlu2zOjX7

(Hendrik shared this file using Dropbox. Enjoy!)

Mon May 6, 2013 1:54 am (PDT) . Posted by:

"him mah"

sip pak hendrik, saya coba koq berhasil ya, terima kasih

Pada tanggal 06/05/13, Hendrik via Dropbox <hendrikkarnadi@yahoo.com> menulis:
> Hendrik's message:
>
> "Buat teman2 yang telah kehilangan atau belum bisa menginstal Calendar
> Control, khususnya Excel 2010 bisa connet ke link di bawah ini (saya dapat
> dari internet).
>
> Salam,
> HK"
>
> Click here to view:
> https://www.dropbox.com/l/XvYLPpovnjBpLNlu2zOjX7
>
> (Hendrik shared this file using Dropbox. Enjoy!)

Mon May 6, 2013 2:02 am (PDT) . Posted by:

"him mah"

cuma masukan saja pak, kadang ngga semua user bisa melakukan register
mscal, bisa ngga dibuat menjadi file exe sehingga tinggal klik saja
terus otomatis (tidak manual) akan menjalankan perintah copy dan
register sesuai denagn versi komputernya masing-masing

Pada tanggal 06/05/13, him mah <himmah.mlg@gmail.com> menulis:
> sip pak hendrik, saya coba koq berhasil ya, terima kasih
>
> Pada tanggal 06/05/13, Hendrik via Dropbox <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> menulis:
>> Hendrik's message:
>>
>> "Buat teman2 yang telah kehilangan atau belum bisa menginstal Calendar
>> Control, khususnya Excel 2010 bisa connet ke link di bawah ini (saya
>> dapat
>> dari internet).
>>
>> Salam,
>> HK"
>>
>> Click here to view:
>> https://www.dropbox.com/l/XvYLPpovnjBpLNlu2zOjX7
>>
>> (Hendrik shared this file using Dropbox. Enjoy!)
>

Mon May 6, 2013 2:12 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Ini ide yang bagus. 
Saya berharap ini dapat dibuat oleh para Pakar karena ilmu saya belum nyampe ke sana. 

Salam,
HK

________________________________
From: him mah <himmah.mlg@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, 6 May 2013, 16:02
Subject: Re: [belajar-excel] hendrik karnadi shared "MSCAL.zip" with you


 
cuma masukan saja pak, kadang ngga semua user bisa melakukan register
mscal, bisa ngga dibuat menjadi file exe sehingga tinggal klik saja
terus otomatis (tidak manual) akan menjalankan perintah copy dan
register sesuai denagn versi komputernya masing-masing

Pada tanggal 06/05/13, him mah <himmah.mlg@gmail.com> menulis:
> sip pak hendrik, saya coba koq berhasil ya, terima kasih
>
> Pada tanggal 06/05/13, Hendrik via Dropbox <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> menulis:
>> Hendrik's message:
>>
>> "Buat teman2 yang telah kehilangan atau belum bisa menginstal Calendar
>> Control, khususnya Excel 2010 bisa connet ke link di bawah ini (saya
>> dapat
>> dari internet).
>>
>> Salam,
>> HK"
>>
>> Click here to view:
>> https://www.dropbox.com/l/XvYLPpovnjBpLNlu2zOjX7
>>
>> (Hendrik shared this file using Dropbox. Enjoy!)
>

Mon May 6, 2013 2:51 am (PDT) . Posted by:

"Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37

Dear,
Rekan Blajar Excell

Cara meregisternya seperti apa ya? apa di Ms. 2007 tdk bisa ? aq sudah coba gagal terus.

Thanks & Best Regards

Andy A

________________________________
Dari: him mah <himmah.mlg@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 6 Mei 2013 16:02
Judul: Re: [belajar-excel] hendrik karnadi shared "MSCAL.zip" with you


 
cuma masukan saja pak, kadang ngga semua user bisa melakukan register
mscal, bisa ngga dibuat menjadi file exe sehingga tinggal klik saja
terus otomatis (tidak manual) akan menjalankan perintah copy dan
register sesuai denagn versi komputernya masing-masing

Pada tanggal 06/05/13, him mah <himmah.mlg@gmail.com> menulis:
> sip pak hendrik, saya coba koq berhasil ya, terima kasih
>
> Pada tanggal 06/05/13, Hendrik via Dropbox <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> menulis:
>> Hendrik's message:
>>
>> "Buat teman2 yang telah kehilangan atau belum bisa menginstal Calendar
>> Control, khususnya Excel 2010 bisa connet ke link di bawah ini (saya
>> dapat
>> dari internet).
>>
>> Salam,
>> HK"
>>
>> Click here to view:
>> https://www.dropbox.com/l/XvYLPpovnjBpLNlu2zOjX7
>>
>> (Hendrik shared this file using Dropbox. Enjoy!)
>

Mon May 6, 2013 2:58 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Sdh download filenya Pak?
Di sana ada petunjuknya dalam bahasa Inggris (hitung2 sekalian belajar bahasa Inggris)...

Salam,
HK

________________________________
From: Andy Ajhis Ramadhan <andyajhisramadhan@ymail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 6 May 2013, 16:24
Subject: Bls: [belajar-excel] hendrik karnadi shared "MSCAL.zip" with you


 
Dear,
Rekan Blajar Excell

Cara meregisternya seperti apa ya? apa di Ms. 2007 tdk bisa ? aq sudah coba gagal terus.

Thanks & Best Regards

Andy A

________________________________
Dari: him mah <himmah.mlg@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 6 Mei 2013 16:02
Judul: Re: [belajar-excel] hendrik karnadi shared "MSCAL.zip" with you


 
cuma masukan saja pak, kadang ngga semua user bisa melakukan register
mscal, bisa ngga dibuat menjadi file exe sehingga tinggal klik saja
terus otomatis (tidak manual) akan menjalankan perintah copy dan
register sesuai denagn versi komputernya masing-masing

Pada tanggal 06/05/13, him mah <himmah.mlg@gmail.com> menulis:
> sip pak hendrik, saya coba koq berhasil ya, terima kasih
>
> Pada tanggal 06/05/13, Hendrik via Dropbox <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> menulis:
>> Hendrik's message:
>>
>> "Buat teman2 yang telah kehilangan atau belum bisa menginstal Calendar
>> Control, khususnya Excel 2010 bisa connet ke link di bawah ini (saya
>> dapat
>> dari internet).
>>
>> Salam,
>> HK"
>>
>> Click here to view:
>> https://www.dropbox.com/l/XvYLPpovnjBpLNlu2zOjX7
>>
>> (Hendrik shared this file using Dropbox. Enjoy!)
>

Mon May 6, 2013 3:18 am (PDT) . Posted by:

"Andy Ajhis Ramadhan" andy_ajhis37

Dear,
Bp. Hendrik Karnadi

Thanks you so much... installation was successful. :D

Thanks

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 6 Mei 2013 16:58
Judul: Re: Bls: [belajar-excel] hendrik karnadi shared "MSCAL.zip" with you


 
Sdh download filenya Pak?
Di sana ada petunjuknya dalam bahasa Inggris (hitung2 sekalian belajar bahasa Inggris)...

Salam,
HK

________________________________
From: Andy Ajhis Ramadhan <andyajhisramadhan@ymail.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Monday, 6 May 2013, 16:24
Subject: Bls: [belajar-excel] hendrik karnadi shared "MSCAL.zip" with you


 
Dear,
Rekan Blajar Excell

Cara meregisternya seperti apa ya? apa di Ms. 2007 tdk bisa ? aq sudah coba gagal terus.

Thanks & Best Regards

Andy A

________________________________
Dari: him mah <himmah.mlg@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 6 Mei 2013 16:02
Judul: Re: [belajar-excel] hendrik karnadi shared "MSCAL.zip" with you


 
cuma masukan saja pak, kadang ngga semua user bisa melakukan register
mscal, bisa ngga dibuat menjadi file exe sehingga tinggal klik saja
terus otomatis (tidak manual) akan menjalankan perintah copy dan
register sesuai denagn versi komputernya masing-masing

Pada tanggal 06/05/13, him mah <himmah.mlg@gmail.com> menulis:
> sip pak hendrik, saya coba koq berhasil ya, terima kasih
>
> Pada tanggal 06/05/13, Hendrik via Dropbox <hendrikkarnadi@yahoo.com>
> menulis:
>> Hendrik's message:
>>
>> "Buat teman2 yang telah kehilangan atau belum bisa menginstal Calendar
>> Control, khususnya Excel 2010 bisa connet ke link di bawah ini (saya
>> dapat
>> dari internet).
>>
>> Salam,
>> HK"
>>
>> Click here to view:
>> https://www.dropbox.com/l/XvYLPpovnjBpLNlu2zOjX7
>>
>> (Hendrik shared this file using Dropbox. Enjoy!)
>

Mon May 6, 2013 2:26 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Rekan2 Be-Excel,

Pada waktu kita asyik bekerja dengan Excel sering kita lupa bahwa sel yang pernah kita tulis kemudian kita hapus meninggalkan "track".

Selama hal tersebut tidak mengganggu mungkin tidak masalah.

Nyatanya hal tersbut sering mengganggu dan membuat kinerja Excel kita semakin lambat.

Macro sederhana ini mungkin bisa dipakai sebagai rujukan untuk mengetahui "perpotongan&quot; baris dan kolom terakhir yang pernah ditulis kemudian dihapus.

Sub CariSelAkhir()
    Range("A1").SpecialCells(xlLastCell).Select
End Sub

Salam,
HK

Mon May 6, 2013 2:55 am (PDT) . Posted by:

"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Dear Para Master,
Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana&#39; berikut :)
Sebagaimana file terlampir.
Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.

Wassalam.

 
- prodev simple -
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar