15 New Messages
Digest #2285
6b
Bls: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT by "Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
6d
Bls: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT by "Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
Messages
Tue May 7, 2013 7:17 am (PDT) . Posted by:
"Penggoda Iman" b3ki_cot
mohon sangat bantuannya para mr.excel
file terlampir
file terlampir
Tue May 7, 2013 8:21 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Coba file terlampir.
Jika source berasal dari suatu range worksheet (misal A2:A4), maka
*range *lokasi
si item terpilih dalam listbox bisa dirujuk dengan :
range( listbox.rowsource ).cells( listbox.listindex + 1 , 1 )
Wassalam,
Kid.
2013/5/7 Penggoda Iman <b3ki_cot@yahoo.co.id >
> **
>
>
> mohon sangat bantuannya para mr.excel
> file terlampir
>
>
>
Jika source berasal dari suatu range worksheet (misal A2:A4), maka
*range *lokasi
si item terpilih dalam listbox bisa dirujuk dengan :
range( listbox.rowsource ).cells( listbox.listindex + 1 , 1 )
Wassalam,
Kid.
2013/5/7 Penggoda Iman <b3ki_cot@yahoo.
> **
>
>
> mohon sangat bantuannya para mr.excel
> file terlampir
>
>
>
Tue May 7, 2013 7:17 am (PDT) . Posted by:
"lkm jktind" lkmjkt
Ini pak contoh file nya . (File PDF)
Salam
Lukman
2013/5/6 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> **
>
>
> Bisa diceritakan bagaimana proses yang dilakukan, mulai dapat file sumber,
> diapakan, lalu di copy atau disalin per cell atau per kolom atau per banyak
> kolom ?
> Semua cell atau hanya sebagian cell ?
>
> Jika file sumber berisi data untuk waktu tertentu lalu di input (entry
> atau copas) per waktu alias bertambah kekanan, maka penyusunan data seperti
> ini kurang efisien. btw, secara umum, untuk keadaan tersebut biasanya
> dengan sebuah tombol lalu lakukan proses copy dari sheet atau workbook lain
> yang berisi sumber data, kemudian paste ke lokasi tujuan di file
> penyimpanan data. Artinya, selalu diusahakan mendapatkan suatu file sumber
> yang sebisa mungkin berupa excel workbook (seapesnya, bisa berupa text
> file).
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
Salam
Lukman
2013/5/6 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> **
>
>
> Bisa diceritakan bagaimana proses yang dilakukan, mulai dapat file sumber,
> diapakan, lalu di copy atau disalin per cell atau per kolom atau per banyak
> kolom ?
> Semua cell atau hanya sebagian cell ?
>
> Jika file sumber berisi data untuk waktu tertentu lalu di input (entry
> atau copas) per waktu alias bertambah kekanan, maka penyusunan data seperti
> ini kurang efisien. btw, secara umum, untuk keadaan tersebut biasanya
> dengan sebuah tombol lalu lakukan proses copy dari sheet atau workbook lain
> yang berisi sumber data, kemudian paste ke lokasi tujuan di file
> penyimpanan data. Artinya, selalu diusahakan mendapatkan suatu file sumber
> yang sebisa mungkin berupa excel workbook (seapesnya, bisa berupa text
> file).
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
Tue May 7, 2013 7:19 am (PDT) . Posted by:
"lkm jktind" lkmjkt
Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada
excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar
jadi format angka.
Kalau angka nya :
29,092,991,000 ----
29,920 29,20
2013/5/6 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear Pak/Bu lkm jktind (namanya susah amat)
> Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada
> excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar
> jadi format angka.
> Mungkin perlu di coba pak/bu
> Trimakasih
> Wassalam,
>
> ------------------------------
> *From:* lkm jktind <lkmjktind@gmail.com >
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups com" <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Sent:* Saturday, May 4, 2013 9:32 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>
>
> Saya sering mengconvert file Laporan keuangan . dari PDF Ke Excel .
>
> Menggunakan : Cogniview PDF2XL hasil nya cukup memuaskan .
> cuma dalam penggunaan nya . saya masih belum bisa apabila di file PDF
> ada yang pakai koma atau titik.
>
> memang ada juga file PDF -- yg nga bisa / berhasil di convert mungkin
> file gambar kali .
>
>
>
>
>
> 2013/5/3 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>
> **
>
> Dear Bu Putri,
> Coba pakai software NitroPDF
> Fungsi dari software itu sendiri untung mengedit file PDF, tapi bisa
> digunakan untuk mengkonfersi kebentuk office yang lain. Semoga bermanfaat ya
> Trimakasih
> Wassalam,
>
> ------------------------------
> *From:* Putri Intecs <putri.intecs@yahoo.co.id >
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Sent:* Friday, May 3, 2013 8:42 AM
> *Subject:* [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>
>
> Dear para master excel,
> >>
> >>Mohon bantuannya para master semua,
> >>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk
> m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
> >>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di
> convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
> >>
> >>
> >>
> >>Mohon pencerahan dari master2 semua.
> >>
> Terima kasih,
> >>
> >>Putri
> >>
> >>
>
> --- Mods ---
> Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam
> peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
> Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>
> Pendapat mods :
> File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image)
> membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
> Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search
> di internet.
> ------------
>
>
>
>
>
>
>
excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar
jadi format angka.
Kalau angka nya :
29,092,991,000 ----
29,920 29,20
2013/5/6 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
> **
>
>
> Dear Pak/Bu lkm jktind (namanya susah amat)
> Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada
> excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar
> jadi format angka.
> Mungkin perlu di coba pak/bu
> Trimakasih
> Wassalam,
>
> ------------
> *From:* lkm jktind <lkmjktind@gmail.
> *To:* "belajar-
> *Sent:* Saturday, May 4, 2013 9:32 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>
>
> Saya sering mengconvert file Laporan keuangan . dari PDF Ke Excel .
>
> Menggunakan : Cogniview PDF2XL hasil nya cukup memuaskan .
> cuma dalam penggunaan nya . saya masih belum bisa apabila di file PDF
> ada yang pakai koma atau titik.
>
> memang ada juga file PDF -- yg nga bisa / berhasil di convert mungkin
> file gambar kali .
>
>
>
>
>
> 2013/5/3 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
>
> **
>
> Dear Bu Putri,
> Coba pakai software NitroPDF
> Fungsi dari software itu sendiri untung mengedit file PDF, tapi bisa
> digunakan untuk mengkonfersi kebentuk office yang lain. Semoga bermanfaat ya
> Trimakasih
> Wassalam,
>
> ------------
> *From:* Putri Intecs <putri.intecs@
> *To:* "belajar-excel@
> *Sent:* Friday, May 3, 2013 8:42 AM
> *Subject:* [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>
>
> Dear para master excel,
> >>
> >>Mohon bantuannya para master semua,
> >>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk
> m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
> >>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di
> convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
> >>
> >>
> >>
> >>Mohon pencerahan dari master2 semua.
> >>
> Terima kasih,
> >>
> >>Putri
> >>
> >>
>
> --- Mods ---
> Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam
> peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
> Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>
> Pendapat mods :
> File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image)
> membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
> Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search
> di internet.
> ------------
>
>
>
>
>
>
>
Tue May 7, 2013 7:19 am (PDT) . Posted by:
"lkm jktind" lkmjkt
Kalau angka nya :
29.092.991 ---------> 29.092.991
29.920 ---------> 29.920
29,092,991 ---------> 29.092.991
29,920 ---------> 29,92
kalau pakai cara diatas .
Maka sering saya bikin formula untuk memeriksa apakah ada data yg ada
desimal nya .
Kalau ada saya kalikan dengan seribu , kalau nga ada di kalikan dengan 1.
Salam
Lukman
cara lain aku setting region nya.
cuma nga praktis. file nya nga seragam.
2013/5/7 lkm jktind <lkmjktind@gmail.com >
> Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada
> excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar
> jadi format angka.
>
> Kalau angka nya :
> 29,092,991,000 ----
> 29,920 29,20
>
>
> 2013/5/6 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>
>> **
>>
>>
>> Dear Pak/Bu lkm jktind (namanya susah amat)
>> Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada
>> excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar
>> jadi format angka.
>> Mungkin perlu di coba pak/bu
>> Trimakasih
>> Wassalam,
>>
>> ------------------------------
>> *From:* lkm jktind <lkmjktind@gmail.com >
>> *To:* "belajar-excel@yahoogroups com" <belajar-excel@yahoogroups.com >
>> *Sent:* Saturday, May 4, 2013 9:32 AM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>>
>>
>> Saya sering mengconvert file Laporan keuangan . dari PDF Ke Excel .
>>
>> Menggunakan : Cogniview PDF2XL hasil nya cukup memuaskan .
>> cuma dalam penggunaan nya . saya masih belum bisa apabila di file PDF
>> ada yang pakai koma atau titik.
>>
>> memang ada juga file PDF -- yg nga bisa / berhasil di convert mungkin
>> file gambar kali .
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2013/5/3 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>>
>> **
>>
>> Dear Bu Putri,
>> Coba pakai software NitroPDF
>> Fungsi dari software itu sendiri untung mengedit file PDF, tapi bisa
>> digunakan untuk mengkonfersi kebentuk office yang lain. Semoga bermanfaat ya
>> Trimakasih
>> Wassalam,
>>
>> ------------------------------
>> *From:* Putri Intecs <putri.intecs@yahoo.co.id >
>> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>> *Sent:* Friday, May 3, 2013 8:42 AM
>> *Subject:* [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>>
>>
>> Dear para master excel,
>> >>
>> >>Mohon bantuannya para master semua,
>> >>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk
>> m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
>> >>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di
>> convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
>> >>
>> >>
>> >>
>> >>Mohon pencerahan dari master2 semua.
>> >>
>> Terima kasih,
>> >>
>> >>Putri
>> >>
>> >>
>>
>> --- Mods ---
>> Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam
>> peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
>> Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>>
>> Pendapat mods :
>> File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image)
>> membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
>> Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search
>> di internet.
>> ------------
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
29.092.991 ---------> 29.092.991
29.920 ---------> 29.920
29,092,991 ---------> 29.092.991
29,920 ---------> 29,92
kalau pakai cara diatas .
Maka sering saya bikin formula untuk memeriksa apakah ada data yg ada
desimal nya .
Kalau ada saya kalikan dengan seribu , kalau nga ada di kalikan dengan 1.
Salam
Lukman
cara lain aku setting region nya.
cuma nga praktis. file nya nga seragam.
2013/5/7 lkm jktind <lkmjktind@gmail.
> Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada
> excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar
> jadi format angka.
>
> Kalau angka nya :
> 29,092,991,000 ----
> 29,920 29,20
>
>
> 2013/5/6 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
>
>> **
>>
>>
>> Dear Pak/Bu lkm jktind (namanya susah amat)
>> Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada
>> excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar
>> jadi format angka.
>> Mungkin perlu di coba pak/bu
>> Trimakasih
>> Wassalam,
>>
>> ------------
>> *From:* lkm jktind <lkmjktind@gmail.
>> *To:* "belajar-
>> *Sent:* Saturday, May 4, 2013 9:32 AM
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>>
>>
>> Saya sering mengconvert file Laporan keuangan . dari PDF Ke Excel .
>>
>> Menggunakan : Cogniview PDF2XL hasil nya cukup memuaskan .
>> cuma dalam penggunaan nya . saya masih belum bisa apabila di file PDF
>> ada yang pakai koma atau titik.
>>
>> memang ada juga file PDF -- yg nga bisa / berhasil di convert mungkin
>> file gambar kali .
>>
>>
>>
>>
>>
>> 2013/5/3 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
>>
>> **
>>
>> Dear Bu Putri,
>> Coba pakai software NitroPDF
>> Fungsi dari software itu sendiri untung mengedit file PDF, tapi bisa
>> digunakan untuk mengkonfersi kebentuk office yang lain. Semoga bermanfaat ya
>> Trimakasih
>> Wassalam,
>>
>> ------------
>> *From:* Putri Intecs <putri.intecs@
>> *To:* "belajar-excel@
>> *Sent:* Friday, May 3, 2013 8:42 AM
>> *Subject:* [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>>
>>
>> Dear para master excel,
>> >>
>> >>Mohon bantuannya para master semua,
>> >>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk
>> m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
>> >>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di
>> convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
>> >>
>> >>
>> >>
>> >>Mohon pencerahan dari master2 semua.
>> >>
>> Terima kasih,
>> >>
>> >>Putri
>> >>
>> >>
>>
>> --- Mods ---
>> Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam
>> peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
>> Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>>
>> Pendapat mods :
>> File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image)
>> membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
>> Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search
>> di internet.
>> ------------
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>
Tue May 7, 2013 9:16 am (PDT) . Posted by:
"lapendosol opik" lapendosol
Dear Pak Lukman,
Revisi dari tulisan saya dan agak sedikit ngeles,
Saya pernah conver pdf ke excel, data yang saya perlukan hanya angka-angka tertentu saja untuk dipindahkan ke data aslinya. Yang saya replace dan kalikan 1 agar jadi format angka adalah ketika ketemu dengan data angka berbentuk persen misal 10,28 % (ada spasi sebelum persen), padahal di excel harusnya 10.28%, maka rumus yg saya gunakan (dengan kolom bantu) =SUBSTITUTE(cell_data," ","")*1
Karena banyaknya data yg di replace sampe saya record makro biar lebih mudah
Tapi untuk data seperti contoh Pak Lukman (mengubah titik menjadi koma atau sebaliknya pada kolom yang sama), mungkin memang harus pake cara seperti itu pak, atau ada cara lain yang saya belum tahu Pak.
Trimakasih
Wassalam,
________________________________
From: lkm jktind <lkmjktind@gmail.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups com" <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Tuesday, May 7, 2013 8:18 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
Kalau angka nya :
29.092.991 ---------> 29.092.991
29.920 ---------> 29.920
29,092,991 ---------> 29.092.991
29,920 ---------> 29,92
kalau pakai cara diatas .
Maka sering saya bikin formula untuk memeriksa apakah ada data yg ada desimal nya .
Kalau ada saya kalikan dengan seribu , kalau nga ada di kalikan dengan 1.
Salam
Lukman
cara lain aku setting region nya.
cuma nga praktis. file nya nga seragam.
2013/5/7 lkm jktind <lkmjktind@gmail.com >
Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1
biar jadi format angka.
>
>Kalau angka nya :
> 29,092,991,000 ----
> 29,920 29,20
>
>
>
>
>2013/5/6 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>
>
>>
>>Dear Pak/Bu lkm jktind (namanya susah amat)
>>Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar jadi format angka.
>>Mungkin perlu di coba pak/bu
>>Trimakasih
>>Wassalam,
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: lkm jktind <lkmjktind@gmail.com >
>>To: "belajar-excel@yahoogroups com" <belajar-excel@yahoogroups.com >
>>Sent: Saturday, May 4, 2013 9:32 AM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>>
>>
>>
>>
>>Saya sering mengconvert file Laporan keuangan . dari PDF Ke Excel .
>>
>>Menggunakan : Cogniview PDF2XL hasil nya cukup memuaskan .
>>cuma dalam penggunaan nya . saya masih belum bisa apabila di file PDF ada yang pakai koma atautitik.
>>
>>memang ada juga file PDF -- yg nga bisa / berhasil di convert mungkin file gambar kali .
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/5/3 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
>>
>>
>>>
>>>Dear Bu Putri,
>>>Coba pakai software NitroPDF
>>>Fungsi dari software itu sendiri untung mengedit file PDF, tapi bisa digunakan untuk mengkonfersi kebentuk office yang lain. Semoga bermanfaat ya
>>>Trimakasih
>>>Wassalam,
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> From: Putri Intecs <putri.intecs@yahoo.co.id >
>>>To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>>>Sent: Friday, May 3, 2013 8:42 AM
>>>Subject: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Dear para master excel,
>>>>>
>>>>>Mohon bantuannya para master semua,
>>>>>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
>>>>>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
>>>>>
>>>>>
>>>>>
>>>>>Mohon pencerahan dari master2 semua.
>>>>>
>>>Terima kasih,
>>>>>
>>>>>Putri
>>>>>
>>>>>
>>>
>>>--- Mods ---
>>>Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
>>>Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>>>
>>>Pendapat mods :
>>>File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image) membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
>>>Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search di internet.
>>>------------
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
Revisi dari tulisan saya dan agak sedikit ngeles,
Saya pernah conver pdf ke excel, data yang saya perlukan hanya angka-angka tertentu saja untuk dipindahkan ke data aslinya. Yang saya replace dan kalikan 1 agar jadi format angka adalah ketika ketemu dengan data angka berbentuk persen misal 10,28 % (ada spasi sebelum persen), padahal di excel harusnya 10.28%, maka rumus yg saya gunakan (dengan kolom bantu) =SUBSTITUTE(
Karena banyaknya data yg di replace sampe saya record makro biar lebih mudah
Tapi untuk data seperti contoh Pak Lukman (mengubah titik menjadi koma atau sebaliknya pada kolom yang sama), mungkin memang harus pake cara seperti itu pak, atau ada cara lain yang saya belum tahu Pak.
Trimakasih
Wassalam,
____________
From: lkm jktind <lkmjktind@gmail.
To: "belajar-
Sent: Tuesday, May 7, 2013 8:18 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
Kalau angka nya :
29.092.991 ---------> 29.092.991
29.920 ---------> 29.920
29,092,991 ---------> 29.092.991
29,920 ---------> 29,92
kalau pakai cara diatas .
Maka sering saya bikin formula untuk memeriksa apakah ada data yg ada desimal nya .
Kalau ada saya kalikan dengan seribu , kalau nga ada di kalikan dengan 1.
Salam
Lukman
cara lain aku setting region nya.
cuma nga praktis. file nya nga seragam.
2013/5/7 lkm jktind <lkmjktind@gmail.
Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1
biar jadi format angka.
>
>Kalau angka nya :
> 29,092,991,
> 29,920 29,20
>
>
>
>
>2013/5/6 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
>
>
>>
>>Dear Pak/Bu lkm jktind (namanya susah amat)
>>Biasanya kalo saya ketemu data angka dari pdf tertulis koma, (pada excelnya) koma tersebut saya replace dengan titik kemudian dikali 1 biar jadi format angka.
>>Mungkin perlu di coba pak/bu
>>Trimakasih
>>Wassalam,
>>
>>
>>
>>
>>____
>> From: lkm jktind <lkmjktind@gmail.
>>To: "belajar-
>>Sent: Saturday, May 4, 2013 9:32 AM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
>>
>>
>>
>>
>>Saya sering mengconvert file Laporan keuangan . dari PDF Ke Excel .
>>
>>Menggunakan : Cogniview PDF2XL hasil nya cukup memuaskan .
>>cuma dalam penggunaan nya . saya masih belum bisa apabila di file PDF ada yang pakai koma atautitik.
>>
>>memang ada juga file PDF -- yg nga bisa / berhasil di convert mungkin file gambar kali .
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/
>>
>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> From: Putri Intecs <putri.intecs@
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
Tue May 7, 2013 8:38 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Jam pulang lebih awal :
>> xl2007 ke atas :
=COUNTIFS($B$5:$B$10,$D$13,$D$5:$D$10,"<"&$D$15)+COUNTIFS($B$5:$B$10,"<>"&$D$13,$D$5:$D$10,"<"&$C$15)
>> semua versi : (silakan disederhanakan)
=SUMPRODUCT(($B$5:$B$10=$D$13)*($D$5:$D$10<$D$15)*($D$5:$D$10>0))+SUMPRODUCT(($B$5:$B$10<>$D$13)*($D$5:$D$10<$C$15)*($D$5:$D$10>0))
File terlampir.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/5/7 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Maaf, ada yang tertinggal....ada satu kendala lagi.
> Yaitu menggabungkan data yang memiliki 2 (dua) batasan yang berbeda.
> Penjelasan dalam lampiran file (blok warna kuning)
>
> Atas penjelasannya disampaikan terima kasih.
> Wassalam.
> - prodev simple -
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Dikirim:* Selasa, 7 Mei 2013 1:18
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> 1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
> =CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data
> di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
>
> 2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah
> selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang
> dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk
> membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan
> kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau -
> untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah
> tipedatanya menjadi text.
> =IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir
> - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
> Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan
> untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah
> tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi
> waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
>
> 3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe
> datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
> =*Int*( *durasi */ *rentang *) + Mod( *durasi *, *rentang *)
> bahasa manusianya :
> "Hitung *jumlah hari* dari suatu nilai *durasi *(bertipe datetime)
> menurut hitungan setiap hari senilai sebanyak *rentang *jam [*Int*( *durasi
> */ *rentang *)] ditambahkan dengan sisa bagi *durasi *dengan *rentang *jam
> [Mod( *durasi *, *rentang *)]"
>
> Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil
> akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
> **
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Dear Para Master,
> Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana39; berikut :)
> Sebagaimana file terlampir.
> Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>
> Wassalam.
>
> - prodev simple -
>
>
>
>
>
>
Jam pulang lebih awal :
>> xl2007 ke atas :
=COUNTIFS($B$
>> semua versi : (silakan disederhanakan)
=SUMPRODUCT(
File terlampir.
Wassalamu'
Kid.
2013/5/7 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
> **
>
>
> Assalamu'
>
> Maaf, ada yang tertinggal..
> Yaitu menggabungkan data yang memiliki 2 (dua) batasan yang berbeda.
> Penjelasan dalam lampiran file (blok warna kuning)
>
> Atas penjelasannya disampaikan terima kasih.
> Wassalam.
> - prodev simple -
>
> ------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@
> *Dikirim:* Selasa, 7 Mei 2013 1:18
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
> Wa'alaikumussal
>
> 1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
> =CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data
> di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
>
> 2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah
> selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang
> dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk
> membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan
> kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau -
> untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah
> tipedatanya menjadi text.
> =IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir
> - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
> Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan
> untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah
> tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi
> waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
>
> 3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe
> datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
> =*Int*( *durasi */ *rentang *) + Mod( *durasi *, *rentang *)
> bahasa manusianya :
> "Hitung *jumlah hari* dari suatu nilai *durasi *(bertipe datetime)
> menurut hitungan setiap hari senilai sebanyak *rentang *jam [*Int*( *durasi
> */ *rentang *)] ditambahkan dengan sisa bagi *durasi *dengan *rentang *jam
> [Mod( *durasi *, *rentang *)]"
>
> Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil
> akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
> **
>
> Assalamu'
>
> Dear Para Master,
> Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana
> Sebagaimana file terlampir.
> Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>
> Wassalam.
>
> - prodev simple -
>
>
>
>
>
>
Tue May 7, 2013 8:58 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Yoni,
Mungkin filenya tertinggal.
Atau mungkin postingnya tidak melalui akun email yang didaftarkan ke milis.
Coba posting dari akun email yang didaftarkan ke milis, dan lakukan compose
email baru jika membuka topik baru atau reply email yang ada dalam inbox
jika ingin menyambung diskusi pada topik tersebut.
Tujukan posting ke alamat email milis di : belajar-excel@yahoogroups.com
Mohon tidak menyertakan cc, bcc, atau akun lain.
File lampiran (attachments) bisa Anda sertakan layaknya mengirim email
kepada rekan kerja sehari-hari.
Batas maksimal ukuran file lampiran sesuai peraturan milis adalah 250KB.
btw,
pada kalimat :
"permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan
pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil
formatnya..."
ada dua kemungkinan, yaitu :
1. Semua data di kolom N diformat dengan number format yang sama karena
memang memiliki struktur yang sama. (ini yang wajar)
Contoh data di kolom N (nomor faktur) yang bernilai 201303001 diformat
dengan 0000"/"00"/"000 akan menghasilkan 2013/03/001
sehingga di cell C3 yang berisi nilai hasil vlookup ambil nilai dari kolom
N berupa nilai 199712057 bisa diformat juga dengan 0000"/"00"/"000 yang
akan menghasilkan tampilan 1997/12/057
2. Setiap data di kolom N (nomor faktur) tidak memiliki number format yang
sama. (ini yang tidak wajar)
Contoh data di kolom N2 yang bernilai 201303001 diformat dengan
0000"/"00"/"000 akan menghasilkan 2013/03/001
tapi di N3 yang bernilai 199712057 diformat dengan
00"-PS-"00"BLN"00"NO"000 yang menghasilkan 19-PS-97BLN12NO057
Excel membatasi jumlah custom number format dalam sebuah workbook. Coba
lihat ke :
http://office.microsoft.com/en-us/excel-help/excel-specifications-and-limits-HP005199291.aspx
pada bagian :
Custom number formats Between 200 and 250, depending on the language
version of Excel you have installed.
Jadi, kemungkinan 2 ini tidak akan mungkin bisa berisi data nomor faktur
lebih dari 250 item unique.
Jika kemungkinan 2 ini yang terjadi, maka sebaiknya dibuat sebuah tabel
referensi daftar nomor faktur. Misal di sheet NoFaktur berisi kolom dengan
header bernama Kode Faktur (misal di A1) dan kolom B diberi header bernama
Teks Tampilan (misal di B1).
Data di A2 diisi 201303001 dan B2 diisi 2013/03/001 dengan seluruh cell di
kolom A dan B diberi number format General.
Maka formula VLookUp bisa melookup nilai di kolom A sheet NoFaktur ini
untuk mengambil teks tampilan nomor faktur di kolom B-nya.
Jadi cell C3 akan berisi Teks Tampilan yang berasal dari sheet NoFaktur.
Wassalam,
Kid.
2013/5/7 yonikriwul <yonikriwul@yahoo.com >
> **
>
>
> Salam Semuanya....
> Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang
> memakai fungsi Vlookup..
> sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal, no
> faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung saya
> print...
> permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan
> pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil
> formatnya....
> mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan ini...
> sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
>
> salam
> Yoni
>
>
>
Mungkin filenya tertinggal.
Atau mungkin postingnya tidak melalui akun email yang didaftarkan ke milis.
Coba posting dari akun email yang didaftarkan ke milis, dan lakukan compose
email baru jika membuka topik baru atau reply email yang ada dalam inbox
jika ingin menyambung diskusi pada topik tersebut.
Tujukan posting ke alamat email milis di : belajar-excel@
Mohon tidak menyertakan cc, bcc, atau akun lain.
File lampiran (attachments) bisa Anda sertakan layaknya mengirim email
kepada rekan kerja sehari-hari.
Batas maksimal ukuran file lampiran sesuai peraturan milis adalah 250KB.
btw,
pada kalimat :
"permasalahann
pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil
formatnya...
ada dua kemungkinan, yaitu :
1. Semua data di kolom N diformat dengan number format yang sama karena
memang memiliki struktur yang sama. (ini yang wajar)
Contoh data di kolom N (nomor faktur) yang bernilai 201303001 diformat
dengan 0000"/"
sehingga di cell C3 yang berisi nilai hasil vlookup ambil nilai dari kolom
N berupa nilai 199712057 bisa diformat juga dengan 0000"/"
akan menghasilkan tampilan 1997/12/057
2. Setiap data di kolom N (nomor faktur) tidak memiliki number format yang
sama. (ini yang tidak wajar)
Contoh data di kolom N2 yang bernilai 201303001 diformat dengan
0000"/"
tapi di N3 yang bernilai 199712057 diformat dengan
00"-PS-
Excel membatasi jumlah custom number format dalam sebuah workbook. Coba
lihat ke :
http://office.
pada bagian :
Custom number formats Between 200 and 250, depending on the language
version of Excel you have installed.
Jadi, kemungkinan 2 ini tidak akan mungkin bisa berisi data nomor faktur
lebih dari 250 item unique.
Jika kemungkinan 2 ini yang terjadi, maka sebaiknya dibuat sebuah tabel
referensi daftar nomor faktur. Misal di sheet NoFaktur berisi kolom dengan
header bernama Kode Faktur (misal di A1) dan kolom B diberi header bernama
Teks Tampilan (misal di B1).
Data di A2 diisi 201303001 dan B2 diisi 2013/03/001 dengan seluruh cell di
kolom A dan B diberi number format General.
Maka formula VLookUp bisa melookup nilai di kolom A sheet NoFaktur ini
untuk mengambil teks tampilan nomor faktur di kolom B-nya.
Jadi cell C3 akan berisi Teks Tampilan yang berasal dari sheet NoFaktur.
Wassalam,
Kid.
2013/5/7 yonikriwul <yonikriwul@yahoo.
> **
>
>
> Salam Semuanya....
> Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang
> memakai fungsi Vlookup..
> sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal, no
> faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung saya
> print...
> permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan
> pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil
> formatnya...
> mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan ini...
> sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
>
> salam
> Yoni
>
>
>
Tue May 7, 2013 9:02 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Krisan,
Coba lampirkan contoh datanya.
Caranya :
Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang
ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda
mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose
email) adalah :
belajar-excel@yahoogroups.com
Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan
bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa
jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
Wassalam,
Kid.
2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com >
> **
>
>
> Dear temen2 be exceller,
>
> saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu,
> tetapi tabel telah dilakukan sort.
> saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah
> data yg telah di sort saja.
>
> Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan
> subtotal tp kok tidak bisa.
> terimakasih sebelumnya
>
>
>
> Salam
> Krisan
>
>
>
Coba lampirkan contoh datanya.
Caranya :
Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang
ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda
mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose
email) adalah :
belajar-excel@
Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan
bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa
jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
Wassalam,
Kid.
2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@
> **
>
>
> Dear temen2 be exceller,
>
> saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu,
> tetapi tabel telah dilakukan sort.
> saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah
> data yg telah di sort saja.
>
> Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan
> subtotal tp kok tidak bisa.
> terimakasih sebelumnya
>
>
>
> Salam
> Krisan
>
>
>
Tue May 7, 2013 7:28 pm (PDT) . Posted by:
"Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
Dear, Mr Kid
Berikut saya lampirkan datanya, silahkan lihat di file attachment
Mohon bantuanya MR Kid.
Salam
Krisan
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 0:02
Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
Hai Krisan,
Coba lampirkan contoh datanya.
Caranya :
Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose email) adalah :
belajar-excel@yahoogroups.com
Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
Wassalam,
Kid.
2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com >
>
>Dear temen2 be exceller,
>
>saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu, tetapi tabel telah dilakukan sort.
>saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah data yg telah di sort saja.
>
>Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan subtotal tp kok tidak bisa.
>terimakasih sebelumnya
>
>
>
>Salam
>Krisan
>
Berikut saya lampirkan datanya, silahkan lihat di file attachment
Mohon bantuanya MR Kid.
Salam
Krisan
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: BeExcel <belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 0:02
Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
Hai Krisan,
Coba lampirkan contoh datanya.
Caranya :
Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose email) adalah :
belajar-excel@
Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
Wassalam,
Kid.
2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@
>
>Dear temen2 be exceller,
>
>saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu, tetapi tabel telah dilakukan sort.
>saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah data yg telah di sort saja.
>
>Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan subtotal tp kok tidak bisa.
>terimakasih sebelumnya
>
>
>
>Salam
>Krisan
>
Tue May 7, 2013 7:41 pm (PDT) . Posted by:
"aji mumpung"
Hai Krosan,
kasus ini mirip dengan kasus saudara Ambo, coba manfaatkan fitur
PivotTable-nya Excel dengan langkah-langkah sbb:
1. Blok seluruh data mulai header sampai baris data terakhir
[image: Gambar sisip 1]
2. pada ribbon, pilih Insert lalu cari tab Pivot Table
[image: Gambar sisip 2]
3. Pastikan lokasi source data telah sesuai dan pilih lokasi penmpatan
PivotTabel, kira-kira seperti ini:
[image: Gambar sisip 4]
4. Klik OK, sehingga muncul dialog box seperti ini:
[image: Gambar sisip 5]
5. Drag field TRX DESC ke kotak Column Labels
6. drag filed INVOICE AMOUNT ke kotak Values
perhatikan setiap perubahan yang terjadi.
Silakan dicoba juga untuk memindahkan ke kotak yang lain dan jangan takut
jika salah, karena pasti akan selalu ada ilmu baru yang anda peroleh.
Wassalam,
-Aji Mumpung-
Pada 8 Mei 2013 09.17, Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com > menulis:
> **
>
>
> Dear, Mr Kid
>
> Berikut saya lampirkan datanya, silahkan lihat di file attachment
> Mohon bantuanya MR Kid.
>
> Salam
> Krisan
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Dikirim:* Rabu, 8 Mei 2013 0:02
> *Judul:* Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>
>
> Hai Krisan,
>
> Coba lampirkan contoh datanya.
> Caranya :
> Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang
> ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda
> mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
>
> Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose
> email) adalah :
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan
> bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa
> jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com >
>
> **
>
> Dear temen2 be exceller,
>
> saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu,
> tetapi tabel telah dilakukan sort.
> saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah
> data yg telah di sort saja.
>
> Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan
> subtotal tp kok tidak bisa.
> terimakasih sebelumnya
>
>
>
> Salam
> Krisan
>
>
>
>
>
>
kasus ini mirip dengan kasus saudara Ambo, coba manfaatkan fitur
PivotTable-nya Excel dengan langkah-langkah sbb:
1. Blok seluruh data mulai header sampai baris data terakhir
[image: Gambar sisip 1]
2. pada ribbon, pilih Insert lalu cari tab Pivot Table
[image: Gambar sisip 2]
3. Pastikan lokasi source data telah sesuai dan pilih lokasi penmpatan
PivotTabel, kira-kira seperti ini:
[image: Gambar sisip 4]
4. Klik OK, sehingga muncul dialog box seperti ini:
[image: Gambar sisip 5]
5. Drag field TRX DESC ke kotak Column Labels
6. drag filed INVOICE AMOUNT ke kotak Values
perhatikan setiap perubahan yang terjadi.
Silakan dicoba juga untuk memindahkan ke kotak yang lain dan jangan takut
jika salah, karena pasti akan selalu ada ilmu baru yang anda peroleh.
Wassalam,
-Aji Mumpung-
Pada 8 Mei 2013 09.17, Krisan Flower <krisan_flower@
> **
>
>
> Dear, Mr Kid
>
> Berikut saya lampirkan datanya, silahkan lihat di file attachment
> Mohon bantuanya MR Kid.
>
> Salam
> Krisan
>
>
> ------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@
> *Dikirim:* Rabu, 8 Mei 2013 0:02
> *Judul:* Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>
>
> Hai Krisan,
>
> Coba lampirkan contoh datanya.
> Caranya :
> Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang
> ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda
> mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
>
> Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose
> email) adalah :
> belajar-excel@
>
> Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan
> bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa
> jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@
>
> **
>
> Dear temen2 be exceller,
>
> saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu,
> tetapi tabel telah dilakukan sort.
> saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah
> data yg telah di sort saja.
>
> Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan
> subtotal tp kok tidak bisa.
> terimakasih sebelumnya
>
>
>
> Salam
> Krisan
>
>
>
>
>
>
Tue May 7, 2013 11:43 pm (PDT) . Posted by:
"Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
Dear aji mumpung,
salam kenal
saya telah melakukan cara tersebut, yang td sama saja dengan menggunakan rumus sumif apabila dengan kriteria tertentu. tetapi apabila data yg di sort berdasarkan bank statement. semisal saya ingin mengesort untuk bank statement bca 3000 saya ingin mencari data BCA masternya berapa dan BCA visanya berapa begitu juga dengan yang lainnya. data aslinya sangat banyak. apakah ada cara lain, saya sidikit kebingungan mohon bantuannya.
terimakasih
Salam
Krisan
________________________________
Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 10:41
Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
Hai Krosan,
kasus ini mirip dengan kasus saudara Ambo, coba manfaatkan fitur PivotTable-nya Excel dengan langkah-langkah sbb:
1. Blok seluruh data mulai header sampai baris data terakhir
2. pada ribbon, pilih Insert lalu cari tab Pivot Table
3. Pastikan lokasi source data telah sesuai dan pilih lokasi penmpatan PivotTabel, kira-kira seperti ini:
4. Klik OK, sehingga muncul dialog box seperti ini:
5. Drag field TRX DESC ke kotak Column Labels
6. drag filed INVOICE AMOUNT ke kotak Values
perhatikan setiap perubahan yang terjadi.
Silakan dicoba juga untuk memindahkan ke kotak yang lain dan jangan takut jika salah, karena pasti akan selalu ada ilmu baru yang anda peroleh.
Wassalam,
-Aji Mumpung-
Pada 8 Mei 2013 09.17, Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com > menulis:
>
>Dear, Mr Kid
>
>Berikut saya lampirkan datanya, silahkan lihat di file attachment
>Mohon bantuanya MR Kid.
>
>Salam
>Krisan
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 0:02
>Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>
>
>
>
>Hai Krisan,
>
>Coba lampirkan contoh datanya.
>Caranya :
>Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
>
>Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose email) adalah :
>belajar-excel@yahoogroups.com
>
>
>
>Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
>
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com >
>
>
>>
>>Dear temen2 be exceller,
>>
>>saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu, tetapi tabel telah dilakukan sort.
>>saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah data yg telah di sort saja.
>>
>>Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan subtotal tp kok tidak bisa.
>>terimakasih sebelumnya
>>
>>
>>
>>Salam
>>Krisan
>>
>
>
>
salam kenal
saya telah melakukan cara tersebut, yang td sama saja dengan menggunakan rumus sumif apabila dengan kriteria tertentu. tetapi apabila data yg di sort berdasarkan bank statement. semisal saya ingin mengesort untuk bank statement bca 3000 saya ingin mencari data BCA masternya berapa dan BCA visanya berapa begitu juga dengan yang lainnya. data aslinya sangat banyak. apakah ada cara lain, saya sidikit kebingungan mohon bantuannya.
terimakasih
Salam
Krisan
____________
Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 10:41
Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
Hai Krosan,
kasus ini mirip dengan kasus saudara Ambo, coba manfaatkan fitur PivotTable-nya Excel dengan langkah-langkah sbb:
1. Blok seluruh data mulai header sampai baris data terakhir
2. pada ribbon, pilih Insert lalu cari tab Pivot Table
3. Pastikan lokasi source data telah sesuai dan pilih lokasi penmpatan PivotTabel, kira-kira seperti ini:
4. Klik OK, sehingga muncul dialog box seperti ini:
5. Drag field TRX DESC ke kotak Column Labels
6. drag filed INVOICE AMOUNT ke kotak Values
perhatikan setiap perubahan yang terjadi.
Silakan dicoba juga untuk memindahkan ke kotak yang lain dan jangan takut jika salah, karena pasti akan selalu ada ilmu baru yang anda peroleh.
Wassalam,
-Aji Mumpung-
Pada 8 Mei 2013 09.17, Krisan Flower <krisan_flower@
>
>Dear, Mr Kid
>
>Berikut saya lampirkan datanya, silahkan lihat di file attachment
>Mohon bantuanya MR Kid.
>
>Salam
>Krisan
>
>
>
>
>
>
>________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@
>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 0:02
>Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>
>
>
>
>Hai Krisan,
>
>Coba lampirkan contoh datanya.
>Caranya :
>Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
>
>Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose email) adalah :
>belajar-excel@
>
>
>
>Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
>
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@
>
>
>>
>>Dear temen2 be exceller,
>>
>>saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu, tetapi tabel telah dilakukan sort.
>>saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah data yg telah di sort saja.
>>
>>Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan subtotal tp kok tidak bisa.
>>terimakasih sebelumnya
>>
>>
>>
>>Salam
>>Krisan
>>
>
>
>
Tue May 7, 2013 5:52 pm (PDT) . Posted by:
"Ambo Upe" upe_anakogie
Salam Exceler,,
Langsung saja,, saya ingin menjumlahkan sesuatu dengan menggunakan creteria countif tetapi berfungsi saat kita melakukan sorting, bagaimana caranya ya... saya sudah pakai formula SUBTOTAL tetapi tidak ada ada creteria countif yang ada hanya count, dll.
berikut contoh masalahnya..
Tue May 7, 2013 6:44 pm (PDT) . Posted by:
"aji mumpung"
Hai Upe,
coba manfaatkan fitur PivotTable punya Excel, caranya seperti ini:
1. Blok data mulai dari header sampai data terakhir (tidak termasuk hasil
perhitungan di baris 13)
[image: Gambar sisip 3]
2. Insert >> PivotTable
[image: Gambar sisip 4]
3. Pastikan sumber data sudah benar dan pilih lokasi penempatan Pivot Tabel
Sehingga kira-kira pada dialog box kondisinya seperti ini:
[image: Gambar sisip 2]
3. klik OK
4. Pada PivotTable Field List akan muncul 4 field sesuai dengan jumlah
kolom data dan nama header masing-masing kolom
[image: Gambar sisip 5]
5. Drag field Jenis kelamin ke kotak Row Label
6. Drag field Hasil ke kotak Value dan lihat setiap perubahan yang terjadi
silakan juga dicoba untuk memindahkan ke lokasi yang lain, dengan
mengeksplorasi sendiri maka anda akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang
baru.
Salam,
-Aji Mumpung-
Pada 8 Mei 2013 06.54, Ambo Upe <upe_anakogie@yahoo.co.id > menulis:
> **
>
>
>
> Salam Exceler,,
>
> Langsung saja,, saya ingin menjumlahkan sesuatu dengan menggunakan
> creteria countif tetapi berfungsi saat kita melakukan sorting, bagaimana
> caranya ya... saya sudah pakai formula SUBTOTAL tetapi tidak ada ada
> creteria countif yang ada hanya count, dll.
>
> berikut contoh masalahnya.... terima kasih banyak... para shobat excel
>
>
>
>
>
coba manfaatkan fitur PivotTable punya Excel, caranya seperti ini:
1. Blok data mulai dari header sampai data terakhir (tidak termasuk hasil
perhitungan di baris 13)
[image: Gambar sisip 3]
2. Insert >> PivotTable
[image: Gambar sisip 4]
3. Pastikan sumber data sudah benar dan pilih lokasi penempatan Pivot Tabel
Sehingga kira-kira pada dialog box kondisinya seperti ini:
[image: Gambar sisip 2]
3. klik OK
4. Pada PivotTable Field List akan muncul 4 field sesuai dengan jumlah
kolom data dan nama header masing-masing kolom
[image: Gambar sisip 5]
5. Drag field Jenis kelamin ke kotak Row Label
6. Drag field Hasil ke kotak Value dan lihat setiap perubahan yang terjadi
silakan juga dicoba untuk memindahkan ke lokasi yang lain, dengan
mengeksplorasi sendiri maka anda akan mendapatkan ilmu dan pengalaman yang
baru.
Salam,
-Aji Mumpung-
Pada 8 Mei 2013 06.54, Ambo Upe <upe_anakogie@
> **
>
>
>
> Salam Exceler,,
>
> Langsung saja,, saya ingin menjumlahkan sesuatu dengan menggunakan
> creteria countif tetapi berfungsi saat kita melakukan sorting, bagaimana
> caranya ya... saya sudah pakai formula SUBTOTAL tetapi tidak ada ada
> creteria countif yang ada hanya count, dll.
>
> berikut contoh masalahnya..
>
>
>
>
>
Tue May 7, 2013 6:58 pm (PDT) . Posted by:
"Amri Salman Rizal" menxcromancer
Dear Mr. Kid,,
Wah malah dapet bonus penjelasan detail nih,,
tengkyu banget Mr. Kid,,
Mudah2an kebaikan dan ilmunya bisa bermanfaat, dibalas Allah SWT
berkali2 lipat,,
sekali lagi Terima Kasih Mr. Kid dan rekan2 di BeExcel,,
Salam,
Amri Salman Rizal
On 5/4/2013 9:50 PM, Mr. Kid wrote:
> Hai Amri,
>
> 1. terus yang saya belum tau untuk menentukan cell mana yang jadi
> target penyimpanan waktu itu scriptnya bagaimana
> >> di script miss jan :
> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
> range yang ditulisi adalah :
> .Offset(, 1)
> yang artinya lompat 1 kolom dari sesuatu
> nah sesuatunya itu adalah range yang didefinisikan pada baris :
> With Target
> yaitu range yang diberi nama variabel (bukan nama range dalam
> worksheet) Target.
> Variabel Target ini berisi range yang diubah isinya oleh si user
>
> >> discript yang diubah dari bunyi ,offset(blabla.... tadi menjadi :
> Range("a1").value=Now
> maka range yang ditulisi pasti selalu A1, yang didefinisikan
> dalam bunyi Range("a1")
>
> >> dari 2 hal di atas, maka definisikanlah yang Anda inginkan dan
> kembangkan 2 variasi diatas supaya sesuai kebutuhan.
>
> 2. tapi untuk yang A1 merupakan kegiatan menulis data juga sudah
> terfikirkan, tapi ngga tau juga caranya
> >> hehehe... ndak dibaca dengan lengkap bunyi :
> Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi, maka bisa jadi penulisan di A1
> akan membuat masalah baru karena termasuk kegiatan menulis data juga.
> Maka sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now tadi) diberi :
> Application.enableevents = FALSE
> lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
> Application.enableevents = TRUE
>
> ya wislah...
> 1. Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi,
> karena baris dari miss Jan berbunyi ada yang dihapus (lihat bunyi)
> script miss Jan membatasi diri untuk tulis sesuatu kalau cell D2
> kebawah yang berubah nilai
> kalau pengen nulis di A1 si saat ini tersebut (Now) akibat ada
> pengubahan nilai dimana saja, berarti pembatas dari miss Jan dihapus.
> (ijin dihapus ya miss Jan)
> bagian yang dihapus bagian ini :
> if .column=4 blablabla
> dan baris
> end if
> pertama setelah baris penulisan tadi.
> yang berarti pada script miss jan di bagian blok if berbunyi :
> ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris >
> 1 (karena baris 1 = header) maka
> If .Column = 4 And .Row > 1 Then
> ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
> ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
> ' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
> End If
> baris yang dihapus adalah yang berbunyi :
> ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris >
> 1 (karena baris 1 = header) maka
> If .Column = 4 And .Row > 1 Then
> dan
> ' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
> End If
> maka bentuknya tinggal bunyi :
> ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
> ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
>
> 2. maka bisa jadi penulisan di A1 akan membuat masalah baru karena
> termasuk kegiatan menulis data juga.
> lalu baris yang bunyinya .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
> diganti menjadi berbunyi Range("a1").value=Now
>
> dan kegiatan inikan menulis data di range A1. Setuju gak ? kalo gak
> setuju berarti diskusi selesai disini.... jadi harus setuju...
> Kalau menulis sesuatu di sebuah range, dan nilai yang ditulis itu beda
> dengan yang sudah ada di range tersebut, artinya isi range berubah,
> yang dalam basa londo inggeris namanya change
> Akibatnya, nulis di range a1 oleh baris Range("a1").value=Now akan
> membuat prosedur itu dipangil lagi untuk disuruh kerja. Kan jadi
> mbulet gak selesai-selesai kalau isinya ganti terus.
>
> Oleh sebab itu ada nomor 3 ini :
> 3.Maka sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now tadi) diberi :
> Application.enableevents = FALSE
> >> yang baris =Now tadi itu kan yang bunyinya :
> Range("a1").value=Now
>
> >> kalau katanya sebelumnya baris itu diberi tulisan
> Application.enableevents = FALSE
> maka jadinya :
> Application.enableevents = FALSE
> Range("a1").value=Now
>
> Lalu sampai di nomor 4 :
> 4.lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
> Application.enableevents = TRUE
> >> setelah bunyi Range("a1").value=Now diberi Application.enableevents
> = TRUE
> maka jadinya :
> Application.enableevents = FALSE
> Range("a1").value=Now
> Application.enableevents = TRUE
>
> Nomor 3 itu meng-off-ken ijin untuk eksekusi prosedur event (jadi
> nulis di A1 gak akan bikin si prosedur dipanggil lagi)
> Nomor 4 itu meng-on-ken ijin untuk eksekusi prosedur event (supaya
> prosedur bisa dipanggil lagi kalau ada range lain yang berubah isi)
>
> Jadi,
> [oalah mbok yao di copas-ken hasil gantinya dimari kan ya enak
> mbayanginnya]
> bukan sekedar karena kan cuman ganti "time" jadi "now" aja..
> tetapi cenderung untuk mengajak Anda berpartisipasi berbagi untuk
> BeExceller lain yang juga sedang belajar.
> karena partisipasi sekecil apapun dalam kebaikan menghasilkan kebaikan
> yang lebih besar dikemudian hari.
> hehehe... itu kata simbah tempo doeloe waktu ndongengin perang badr
> sebelum saya bobo di desa yang sunyi belum ada listrik.
>
> :)
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/5/4 Amri Salman Rizal <menxcromancer@gmail.com
> <mailto:menxcromancer@gmail.com >>
>
> kan cuman ganti "time" jadi "now" aja..
>
> oke mr Kid,, sudah sangat sesuai harapan,, hehe
> makasi banyak ya,,
> tadinya saya pikir 'pembatas39; itu saya perbesar aja, eh ternyata
> di hapus,,
> terus yang saya belum tau untuk menentukan cell mana yang jadi
> target penyimpanan waktu itu scriptnya bagaimana,, tapi untuk yang
> A1 merupakan kegiatan menulis data juga sudah terfikirkan, tapi
> ngga tau juga caranya,, hehe maklum masih baru merambah ke VBA,,
> sekali lagi terima kasih banyak,,
>
> oya, satu lagi,
> ada link untuk belajar VBA dari awal perkenalan??
> untuk yang ini juga saya ucapkan terima kasih. :)
>
> Salam,
>
>
> Amri.
>
>
>
> On 5/3/2013 5:25 PM, Mr. Kid wrote:
>> hehehe...
>> [oalah mbok yao di copas-ken hasil gantinya dimari kan ya enak
>> mbayanginnya]
>> masih ingat baris kode yang ada bunyi Now (hasilpenggantian Time)
>> tadi.
>> Coba ganti menjadi :
>> Range("a1").value=Now
>> lalu atur format cellnya di A1 sesuai kebutuhan.
>>
>> script miss Jan membatasi diri untuk tulis sesuatu kalau cell D2
>> kebawah yang berubah nilai
>> kalau pengen nulis di A1 si saat ini tersebut (Now) akibat ada
>> pengubahan nilai dimana saja, berarti pembatas dari miss Jan dihapus.
>> (ijin dihapus ya miss Jan)
>> bagian yang dihapus bagian ini :
>> if .column=4 blablabla
>> dan baris
>> end if
>> pertama setelah baris penulisan tadi.
>>
>> Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi, maka bisa jadi penulisan di
>> A1 akan membuat masalah baru karena termasuk kegiatan menulis
>> data juga. Maka sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now
>> tadi) diberi :
>> Application.enableevents = FALSE
>> lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
>> Application.enableevents = TRUE
>>
>> Perintah Application.enableevents ini digunakan untuk mengatur
>> status tentang boleh (TRUE) tidaknya (FALSE) suatu prosedur event
>> dijalankan oleh Excel.
>>
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2013/5/3 Amri Salman Rizal <menxcromancer@gmail.com
>> <mailto:menxcromancer@gmail.com >>
>>
>> oke berhasil Mr Kid,, Terima kasih,,
>> sekarang jika saya ingin waktu update tersimpan di salah satu
>> cell, misalkan A1
>> dan data yang berubah bisa acak di cell mana saja, apa yang
>> harus saya ubah Mr. Kid??
>>
>>
>>
>> On 5/3/2013 1:40 PM, Mr. Kid wrote:
>>> Coba bagian script berbunyi Time diganti dengan Now
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/5/3 Amri Salman Rizal <menxcromancer@gmail.com
>>> <mailto:menxcromancer@gmail.com >>
>>>
>>> salam,
>>>
>>> maaf nyelip ya Ms Jan dan Pak Yan,
>>> saya tertarik sama topik ini,
>>> saya coba format waktunya ditambahkan dengan tanggal
>>> yang asalnya "hh:mm AM/PM" menjadi "dd-mmm-yy hh:mm".
>>> nah, untuk format tanggal dan jam nya sudah sesuai
>>> keinginan, hanya saja tanggal yang muncul bukan tanggal
>>> hari ini, melainkan 30-Dec-99.
>>> entah mungkin saya yang kurang ilmu atau memang kurang
>>> ilmu, jadi mohon pembelajarannya ya rekan2.
>>> terima kasih.
>>>
>>>
>>>
>>> -------- Original Message --------
>>> Subject: Re: [belajar-excel] Isi data waktu otomatis
>>> saat pengetikkan
>>> Date: Fri, 3 May 2013 10:52:37 +0700
>>> From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
>>> <mailto:miss.jan.raisin@gmail.com >
>>> Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >
>>> To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >
>>>
>>>
>>>
>>> ups.. maaf, ada yang terlewat
>>>
>>> 6. save as file tersebut sebagai excel macro-enabled
>>> workbook atau excel binary workbook (ekstensi .xlsm atau
>>> .xlsb pada excel 2007 ke atas)
>>>
>>> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat
>>> menggunakan Excel pada pooling berikut
>>> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>>>
>>> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling
>>> tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
>>>
>>> Wassalam,
>>>
>>> -Miss Jan Raisin-
>>>
>>> />>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan
>>> karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke
>>> Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang
>>> diajukan;/
>>> />>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan
>>> ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >;/
>>> />>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena
>>> ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;/
>>>
>>>
>>> Pada 3 Mei 2013 10.47, Jan Raisin
>>> <miss.jan.raisin@gmail.com
>>> <mailto:miss.jan.raisin@gmail.com >> menulis:
>>>
>>> kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan formula,
>>> hanya bisa dengan menggunakan VBA
>>> coba cara berikut:
>>> 1. pada lembar kerja, tekan tombol [Alt] [F11]
>>> sehingga berpindah ke VBE (Visual Basic Editor)
>>> 2. pada VBA Project, double klik nama sheetnya
>>> 3. pindah ke layar sebelah kanan, pada dropdown,
>>> ganti General menjadi Worksheet
>>> 4. ganti even pada dropdown list menjadi Change
>>> 5. copas script berikut diatara script yang sudah
>>> terbentuk pada nomor 4 di atas
>>>
>>> ' bekerja pada range yang diubah isinya
>>> With Target
>>> ' jika jumlah cell yang berubah = 1 maka
>>> If .Cells.Count = 1 Then
>>> ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D)
>>> dan nilai baris > 1 (karena baris 1 = header) maka
>>> If .Column = 4 And .Row > 1 Then
>>> ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
>>> ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
>>> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
>>> ' akhir pengecekan letak baris dan kolom
>>> yang berubah
>>> End If
>>> ' akhir pengecekan dari jumlah kolom yang berubah
>>> End If
>>> ' akhir bekerja pada range yang berubah
>>> End With
>>>
>>> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat
>>> menggunakan Excel pada pooling berikut
>>> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>>>
>>> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi
>>> pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler
>>> yang lain
>>>
>>> Wassalam,
>>>
>>> -Miss Jan Raisin-
>>>
>>> />>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan
>>> karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer
>>> ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan
>>> yang diajukan;/
>>> />>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan
>>> ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com
>>> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >;/
>>> />>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah
>>> karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar
>>> QS 2:153;/
>>>
>>>
>>> Pada 3 Mei 2013 10.24, Yan Novianto
>>> <yan.novianto@yahoo.com
>>> <mailto:yan.novianto@yahoo.com >> menulis:
>>>
>>> Be excel
>>>
>>> Pusing jk tidak bertanya
>>>
>>> Misalkan begini :
>>>
>>> Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya
>>> setiap saya mengetikkan data di colom B2 sampai
>>> ke bawah, maka secara otomatis di colom D2
>>> sampai ke bawah, otomatis teridi waktu keika
>>> saya sudah menekan enter
>>> Saya pernah gunakan =if(B2="","",now()):
>>> Kalo saya gunakan formula itu, akan secara
>>> otomatis sih muncul, tapi ya otomatis juga
>>> berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
>>> Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa
>>> mengisi waktu otomatis tapi tdk mengikuti update
>>> :-)
>>>
>>> Terimakasih
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>
>
>
Wah malah dapet bonus penjelasan detail nih,,
tengkyu banget Mr. Kid,,
Mudah2an kebaikan dan ilmunya bisa bermanfaat, dibalas Allah SWT
berkali2 lipat,,
sekali lagi Terima Kasih Mr. Kid dan rekan2 di BeExcel,,
Salam,
Amri Salman Rizal
On 5/4/2013 9:50 PM, Mr. Kid wrote:
> Hai Amri,
>
> 1. terus yang saya belum tau untuk menentukan cell mana yang jadi
> target penyimpanan waktu itu scriptnya bagaimana
> >> di script miss jan :
> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
> range yang ditulisi adalah :
> .Offset(, 1)
> yang artinya lompat 1 kolom dari sesuatu
> nah sesuatunya itu adalah range yang didefinisikan pada baris :
> With Target
> yaitu range yang diberi nama variabel (bukan nama range dalam
> worksheet) Target.
> Variabel Target ini berisi range yang diubah isinya oleh si user
>
> >> discript yang diubah dari bunyi ,offset(blabla.
> Range("
> maka range yang ditulisi pasti selalu A1, yang didefinisikan
> dalam bunyi Range("
>
> >> dari 2 hal di atas, maka definisikanlah yang Anda inginkan dan
> kembangkan 2 variasi diatas supaya sesuai kebutuhan.
>
> 2. tapi untuk yang A1 merupakan kegiatan menulis data juga sudah
> terfikirkan, tapi ngga tau juga caranya
> >> hehehe... ndak dibaca dengan lengkap bunyi :
> Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi, maka bisa jadi penulisan di A1
> akan membuat masalah baru karena termasuk kegiatan menulis data juga.
> Maka sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now tadi) diberi :
> Application.
> lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
> Application.
>
> ya wislah...
> 1. Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi,
> karena baris dari miss Jan berbunyi ada yang dihapus (lihat bunyi)
> script miss Jan membatasi diri untuk tulis sesuatu kalau cell D2
> kebawah yang berubah nilai
> kalau pengen nulis di A1 si saat ini tersebut (Now) akibat ada
> pengubahan nilai dimana saja, berarti pembatas dari miss Jan dihapus.
> (ijin dihapus ya miss Jan)
> bagian yang dihapus bagian ini :
> if .column=4 blablabla
> dan baris
> end if
> pertama setelah baris penulisan tadi.
> yang berarti pada script miss jan di bagian blok if berbunyi :
> ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris >
> 1 (karena baris 1 = header) maka
> If .Column = 4 And .Row > 1 Then
> ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
> ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
> ' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
> End If
> baris yang dihapus adalah yang berbunyi :
> ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris >
> 1 (karena baris 1 = header) maka
> If .Column = 4 And .Row > 1 Then
> dan
> ' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
> End If
> maka bentuknya tinggal bunyi :
> ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
> ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
>
> 2. maka bisa jadi penulisan di A1 akan membuat masalah baru karena
> termasuk kegiatan menulis data juga.
> lalu baris yang bunyinya .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
> diganti menjadi berbunyi Range("
>
> dan kegiatan inikan menulis data di range A1. Setuju gak ? kalo gak
> setuju berarti diskusi selesai disini.... jadi harus setuju...
> Kalau menulis sesuatu di sebuah range, dan nilai yang ditulis itu beda
> dengan yang sudah ada di range tersebut, artinya isi range berubah,
> yang dalam basa londo inggeris namanya change
> Akibatnya, nulis di range a1 oleh baris Range("
> membuat prosedur itu dipangil lagi untuk disuruh kerja. Kan jadi
> mbulet gak selesai-selesai kalau isinya ganti terus.
>
> Oleh sebab itu ada nomor 3 ini :
> 3.Maka sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now tadi) diberi :
> Application.
> >> yang baris =Now tadi itu kan yang bunyinya :
> Range("
>
> >> kalau katanya sebelumnya baris itu diberi tulisan
> Application.
> maka jadinya :
> Application.
> Range("
>
> Lalu sampai di nomor 4 :
> 4.lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
> Application.
> >> setelah bunyi Range("
> = TRUE
> maka jadinya :
> Application.
> Range("
> Application.
>
> Nomor 3 itu meng-off-ken ijin untuk eksekusi prosedur event (jadi
> nulis di A1 gak akan bikin si prosedur dipanggil lagi)
> Nomor 4 itu meng-on-ken ijin untuk eksekusi prosedur event (supaya
> prosedur bisa dipanggil lagi kalau ada range lain yang berubah isi)
>
> Jadi,
> [oalah mbok yao di copas-ken hasil gantinya dimari kan ya enak
> mbayanginnya]
> bukan sekedar karena kan cuman ganti "time" jadi "now" aja..
> tetapi cenderung untuk mengajak Anda berpartisipasi berbagi untuk
> BeExceller lain yang juga sedang belajar.
> karena partisipasi sekecil apapun dalam kebaikan menghasilkan kebaikan
> yang lebih besar dikemudian hari.
> hehehe... itu kata simbah tempo doeloe waktu ndongengin perang badr
> sebelum saya bobo di desa yang sunyi belum ada listrik.
>
> :)
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
> 2013/5/4 Amri Salman Rizal <menxcromancer@
> <mailto:menxcromancer@
>
> kan cuman ganti "time" jadi "now" aja..
>
> oke mr Kid,, sudah sangat sesuai harapan,, hehe
> makasi banyak ya,,
> tadinya saya pikir 'pembatas
> di hapus,,
> terus yang saya belum tau untuk menentukan cell mana yang jadi
> target penyimpanan waktu itu scriptnya bagaimana,, tapi untuk yang
> A1 merupakan kegiatan menulis data juga sudah terfikirkan, tapi
> ngga tau juga caranya,, hehe maklum masih baru merambah ke VBA,,
> sekali lagi terima kasih banyak,,
>
> oya, satu lagi,
> ada link untuk belajar VBA dari awal perkenalan??
> untuk yang ini juga saya ucapkan terima kasih. :)
>
> Salam,
>
>
> Amri.
>
>
>
> On 5/3/2013 5:25 PM, Mr. Kid wrote:
>> hehehe...
>> [oalah mbok yao di copas-ken hasil gantinya dimari kan ya enak
>> mbayanginnya]
>> masih ingat baris kode yang ada bunyi Now (hasilpenggantian Time)
>> tadi.
>> Coba ganti menjadi :
>> Range("
>> lalu atur format cellnya di A1 sesuai kebutuhan.
>>
>> script miss Jan membatasi diri untuk tulis sesuatu kalau cell D2
>> kebawah yang berubah nilai
>> kalau pengen nulis di A1 si saat ini tersebut (Now) akibat ada
>> pengubahan nilai dimana saja, berarti pembatas dari miss Jan dihapus.
>> (ijin dihapus ya miss Jan)
>> bagian yang dihapus bagian ini :
>> if .column=4 blablabla
>> dan baris
>> end if
>> pertama setelah baris penulisan tadi.
>>
>> Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi, maka bisa jadi penulisan di
>> A1 akan membuat masalah baru karena termasuk kegiatan menulis
>> data juga. Maka sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now
>> tadi) diberi :
>> Application.
>> lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
>> Application.
>>
>> Perintah Application.
>> status tentang boleh (TRUE) tidaknya (FALSE) suatu prosedur event
>> dijalankan oleh Excel.
>>
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2013/5/3 Amri Salman Rizal <menxcromancer@
>> <mailto:menxcromancer@
>>
>> oke berhasil Mr Kid,, Terima kasih,,
>> sekarang jika saya ingin waktu update tersimpan di salah satu
>> cell, misalkan A1
>> dan data yang berubah bisa acak di cell mana saja, apa yang
>> harus saya ubah Mr. Kid??
>>
>>
>>
>> On 5/3/2013 1:40 PM, Mr. Kid wrote:
>>> Coba bagian script berbunyi Time diganti dengan Now
>>>
>>> Wassalam,
>>> Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> 2013/5/3 Amri Salman Rizal <menxcromancer@
>>> <mailto:menxcromancer@
>>>
>>> salam,
>>>
>>> maaf nyelip ya Ms Jan dan Pak Yan,
>>> saya tertarik sama topik ini,
>>> saya coba format waktunya ditambahkan dengan tanggal
>>> yang asalnya "hh:mm AM/PM" menjadi "dd-mmm-
>>> nah, untuk format tanggal dan jam nya sudah sesuai
>>> keinginan, hanya saja tanggal yang muncul bukan tanggal
>>> hari ini, melainkan 30-Dec-99.
>>> entah mungkin saya yang kurang ilmu atau memang kurang
>>> ilmu, jadi mohon pembelajarannya ya rekan2.
>>> terima kasih.
>>>
>>>
>>>
>>> -------- Original Message --------
>>> Subject: Re: [belajar-excel] Isi data waktu otomatis
>>> saat pengetikkan
>>> Date: Fri, 3 May 2013 10:52:37 +0700
>>> From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
>>> <mailto:miss.jan.raisin@
>>> Reply-To: belajar-excel@
>>> <mailto:belajar-excel@
>>> To: belajar-excel@
>>> <mailto:belajar-excel@
>>>
>>>
>>>
>>> ups.. maaf, ada yang terlewat
>>>
>>> 6. save as file tersebut sebagai excel macro-enabled
>>> workbook atau excel binary workbook (ekstensi .xlsm atau
>>> .xlsb pada excel 2007 ke atas)
>>>
>>> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat
>>> menggunakan Excel pada pooling berikut
>>> http://tech.
>>>
>>> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling
>>> tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
>>>
>>> Wassalam,
>>>
>>> -Miss Jan Raisin-
>>>
>>> />>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan
>>> karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke
>>> Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang
>>> diajukan;/
>>> />>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan
>>> ditujukan ke belajar-excel@
>>> <mailto:belajar-excel@
>>> />>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena
>>> ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;/
>>>
>>>
>>> Pada 3 Mei 2013 10.47, Jan Raisin
>>> <miss.jan.raisin@
>>> <mailto:miss.jan.raisin@
>>>
>>> kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan formula,
>>> hanya bisa dengan menggunakan VBA
>>> coba cara berikut:
>>> 1. pada lembar kerja, tekan tombol [Alt] [F11]
>>> sehingga berpindah ke VBE (Visual Basic Editor)
>>> 2. pada VBA Project, double klik nama sheetnya
>>> 3. pindah ke layar sebelah kanan, pada dropdown,
>>> ganti General menjadi Worksheet
>>> 4. ganti even pada dropdown list menjadi Change
>>> 5. copas script berikut diatara script yang sudah
>>> terbentuk pada nomor 4 di atas
>>>
>>> ' bekerja pada range yang diubah isinya
>>> With Target
>>> ' jika jumlah cell yang berubah = 1 maka
>>> If .Cells.Count = 1 Then
>>> ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D)
>>> dan nilai baris > 1 (karena baris 1 = header) maka
>>> If .Column = 4 And .Row > 1 Then
>>> ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
>>> ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
>>> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
>>> ' akhir pengecekan letak baris dan kolom
>>> yang berubah
>>> End If
>>> ' akhir pengecekan dari jumlah kolom yang berubah
>>> End If
>>> ' akhir bekerja pada range yang berubah
>>> End With
>>>
>>> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat
>>> menggunakan Excel pada pooling berikut
>>> http://tech.
>>>
>>> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi
>>> pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler
>>> yang lain
>>>
>>> Wassalam,
>>>
>>> -Miss Jan Raisin-
>>>
>>> />>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan
>>> karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer
>>> ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan
>>> yang diajukan;/
>>> />>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan
>>> ditujukan ke belajar-excel@
>>> <mailto:belajar-excel@
>>> />>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah
>>> karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar
>>> QS 2:153;/
>>>
>>>
>>> Pada 3 Mei 2013 10.24, Yan Novianto
>>> <yan.novianto@
>>> <mailto:yan.novianto@
>>>
>>> Be excel
>>>
>>> Pusing jk tidak bertanya
>>>
>>> Misalkan begini :
>>>
>>> Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya
>>> setiap saya mengetikkan data di colom B2 sampai
>>> ke bawah, maka secara otomatis di colom D2
>>> sampai ke bawah, otomatis teridi waktu keika
>>> saya sudah menekan enter
>>> Saya pernah gunakan =if(B2="
>>> Kalo saya gunakan formula itu, akan secara
>>> otomatis sih muncul, tapi ya otomatis juga
>>> berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
>>> Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa
>>> mengisi waktu otomatis tapi tdk mengikuti update
>>> :-)
>>>
>>> Terimakasih
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar