Sabtu, 11 Mei 2013

[belajar-excel] Digest Number 2292

15 New Messages

Digest #2292
1a
1d
Re: Mengambil Format cell dari cell lain secara otomatis by "Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88
2a
Re: Membuat nomor otomatis by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3a
Re: checkBox untuk filter dan sum by "daniel_aho" daniel_aho
4a
Bls: [belajar-excel] Insert Cell bersamaan gagal by "Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002
4b
Re: Insert Cell bersamaan gagal by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Rekap dengan dua kondisi by "mentor_umb" mentor_umb
5b
Re: Rekap dengan dua kondisi by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
6b
Re: Rekap Data Puskesmas yang Banyak by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Fri May 10, 2013 5:34 pm (PDT) . Posted by:

"Yoni Patinasaran" yonikriwul

Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr. Kid. yang telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim pesan ke groups...
karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan penyelesaian, maka saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini permasalahannya )

Salam Semuanya....
Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang memakai fungsi Vlookup..
sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal, no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
saat pencetakan saya mengubah angka di  cell reference dan langsung saya print...
permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel
penjualan pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian
mengambil formatnya....
mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan ini...
sebagai contoh saya lampirkan filenya...
atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih

salam
Yoni

Fri May 10, 2013 8:10 pm (PDT) . Posted by:

"aji mumpung"

Hai Yoni,

Excel tidak bisa mengambil properti dari suatu data di satu/lebih cell
dengan menggunakan formula.
Hal ini hanya mungkin dilakukan dengan menggunakan VBA.

Coba cara berikut:

1. Dari lembar kerja, pindah ke VBE (Visual Basic Editor) dengan cara
sebagai berikut:
a. tekan tombol Alt F11, atau
b. klik kanan nama sheet, lalu pilih View Code sehingga muncul tampilan
seperti ini:

2. Pada VBA Project, double klik nama sheetnya, dalam hal ini adalah
sheet1, sehingga kursor berpindah ke lembar putih sebelah kanan

3. Ubah dropdown General menjadi Workheets

4. ubah dropdown yang disebelah kanan menjadi Change

5. Copas script berikut di antara kedua baris yang terbentuk:

Dim rgFind As Range, rgLookUp As Range
Dim lRow As Long, lData As Long

With Target
If .Cells.Count = 1 Then
If .Address = Range("d8").Address Then
lRow = Cells(Rows.Count, 12).End(xlUp).Row
Set rgLookUp = Range(Cells(3, 12), Cells(lRow, 12))
Set rgFind = rgLookUp.Find(.Value, lookat:=xlWhole)
lData = rgFind.Row
Application.EnableEvents = False
Cells(lData, 14).Copy
Range("c3").PasteSpecial (xlPasteAllExceptBorders)
Cells(lData, 15).Copy
Range("c4").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
Cells(lData, 13).Copy
Range("c5").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
Cells(lData, 16).Copy
Range("c6").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
Application.CutCopyMode = False
Application.EnableEvents = True
End If
End If

6. Pada cell d8 buat sebuah dropdown menggunakan Data Validasi
untuk tipe nya memilih List
sumber datanya mengambil nilai dari cell L3 sampai L16

7. Simpan workbook dengan tipe macro Enable atau Binary

Contoh file terlampir semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas silakan
ditanyakan kembali
penjelasan dari setiap baris script di atas dapat dilihat pada file
terlampir.

Wassalam,

-Aji Mumpung-

Pada 11 Mei 2013 05.35, Yoni Patinasaran <yonikriwul@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr. Kid. yang
> telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim pesan ke
> groups...
> karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan penyelesaian, maka
> saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini permasalahannya )
>
> Salam Semuanya....
> Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang
> memakai fungsi Vlookup..
> sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal, no
> faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung saya
> print...
> permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan
> pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil
> formatnya....
> mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan
> ini...
> sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
>
>
> salam
> Yoni
>
>
>

Fri May 10, 2013 9:17 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Hai Yan,

mungkin hal ini berguna.. atau bisa jadi juga tidak berguna xixixixi :D

pada cell N3 diisi formula
=TEXT(L3,"00")&"0.900-13.6303";&L3
lalu di copy ke bawah, untuk menampilkan format number seperti contoh
jika regional setting komputer anda adalah Indonesian maka ubah tanda koma
yang dimerahin menjdai titik koma

jika polanya seragam, maka pada cell C3 juga dapat digunakan cara yang
sama, hanya saja cell rujukkannya diubah menjadi cell D8

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*

Pada 11 Mei 2013 10.10, aji mumpung <pupung1986@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Hai Yoni,
>
> Excel tidak bisa mengambil properti dari suatu data di satu/lebih cell
> dengan menggunakan formula.
> Hal ini hanya mungkin dilakukan dengan menggunakan VBA.
>
> Coba cara berikut:
>
> 1. Dari lembar kerja, pindah ke VBE (Visual Basic Editor) dengan cara
> sebagai berikut:
> a. tekan tombol Alt F11, atau
> b. klik kanan nama sheet, lalu pilih View Code sehingga muncul tampilan
> seperti ini:
>
> 2. Pada VBA Project, double klik nama sheetnya, dalam hal ini adalah
> sheet1, sehingga kursor berpindah ke lembar putih sebelah kanan
>
> 3. Ubah dropdown General menjadi Workheets
>
> 4. ubah dropdown yang disebelah kanan menjadi Change
>
> 5. Copas script berikut di antara kedua baris yang terbentuk:
>
> Dim rgFind As Range, rgLookUp As Range
> Dim lRow As Long, lData As Long
>
> With Target
> If .Cells.Count = 1 Then
> If .Address = Range("d8").Address Then
> lRow = Cells(Rows.Count, 12).End(xlUp).Row
> Set rgLookUp = Range(Cells(3, 12), Cells(lRow, 12))
> Set rgFind = rgLookUp.Find(.Value, lookat:=xlWhole)
> lData = rgFind.Row
> Application.EnableEvents = False
> Cells(lData, 14).Copy
> Range("c3").PasteSpecial (xlPasteAllExceptBorders)
> Cells(lData, 15).Copy
> Range("c4").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
> Cells(lData, 13).Copy
> Range("c5").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
> Cells(lData, 16).Copy
> Range("c6").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
> Application.CutCopyMode = False
> Application.EnableEvents = True
> End If
> End If
>
> 6. Pada cell d8 buat sebuah dropdown menggunakan Data Validasi
> untuk tipe nya memilih List
> sumber datanya mengambil nilai dari cell L3 sampai L16
>
> 7. Simpan workbook dengan tipe macro Enable atau Binary
>
> Contoh file terlampir semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas
> silakan ditanyakan kembali
> penjelasan dari setiap baris script di atas dapat dilihat pada file
> terlampir.
>
> Wassalam,
>
> -Aji Mumpung-
>
>
>
>
> Pada 11 Mei 2013 05.35, Yoni Patinasaran <yonikriwul@yahoo.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr. Kid. yang
>> telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim pesan ke
>> groups...
>> karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan penyelesaian, maka
>> saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini permasalahannya )
>>
>> Salam Semuanya....
>> Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang
>> memakai fungsi Vlookup..
>> sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal,
>> no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
>> saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung saya
>> print...
>> permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan
>> pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil
>> formatnya....
>> mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan
>> ini...
>> sebagai contoh saya lampirkan filenya...
>> atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
>>
>>
>> salam
>> Yoni
>>
>>
>
>

Sat May 11, 2013 12:18 am (PDT) . Posted by:

"Heri Pamungkas ( Gmail )" dchoosen88

Semangat pagi,

Kalau dilihat dari datanya sepertinya ada Kombinasi yang unik,... Boleh
tau pak/bu

kombinasinya seperti apa ??

misalnya di No 10. No Fakturnya 030.900-13.630310 apa cluenya .. ( 030
=apa, 900 = apa, 13 = apa, 630310 = apa )
agar memudahkan proses tempel2nya tanpa menggunakan formating.

# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3

Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain

Salam Excell-ent

On 11/05/2013 5:35, Yoni Patinasaran wrote:
> Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr. Kid. yang
> telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim pesan ke
> groups...
> karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan penyelesaian,
> maka saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini permasalahannya )
>
> Salam Semuanya....
> Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell
> yang memakai fungsi Vlookup..
> sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut,
> tanggal, no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung
> saya print...
> permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel
> penjualan pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian
> mengambil formatnya....
> mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan
> ini...
> sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
>
>
> salam
> Yoni
>

Sat May 11, 2013 3:38 am (PDT) . Posted by:

"yonikriwul" yonikriwul

Terima kasih atas perhatiannya....
urutan data tersebut merupakan kode unik, namun secara acak sehingga saya tidak isa merumuskannya...
data tersebut setiap bulan selalu berubah. saya hanya mengganti format di cell kolom N....
Salam
Yoni

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Heri Pamungkas ( Gmail )" <ghery.dharma@...> wrote:
>
> Semangat pagi,
>
> Kalau dilihat dari datanya sepertinya ada Kombinasi yang unik,... Boleh
> tau pak/bu
>
> kombinasinya seperti apa ??
>
> misalnya di No 10. No Fakturnya 030.900-13.630310 apa cluenya .. ( 030
> =apa, 900 = apa, 13 = apa, 630310 = apa )
> agar memudahkan proses tempel2nya tanpa menggunakan formating.
>
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
>
> Salam Excell-ent
>
>
> On 11/05/2013 5:35, Yoni Patinasaran wrote:
> > Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr. Kid. yang
> > telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim pesan ke
> > groups...
> > karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan penyelesaian,
> > maka saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini permasalahannya )
> >
> > Salam Semuanya....
> > Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell
> > yang memakai fungsi Vlookup..
> > sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut,
> > tanggal, no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> > saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung
> > saya print...
> > permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel
> > penjualan pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian
> > mengambil formatnya....
> > mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan
> > ini...
> > sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> > atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
> >
> >
> > salam
> > Yoni
> >
>

Sat May 11, 2013 3:38 am (PDT) . Posted by:

"yonikriwul" yonikriwul

Terima Kasih Miss...
dalam hal ini pola data di kolom N bersifat tidak seragam...
Terima Kasih...
Salam Yoni

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Jan Raisin <miss.jan.raisin@...> wrote:
>
> Hai Yan,
>
> mungkin hal ini berguna.. atau bisa jadi juga tidak berguna xixixixi :D
>
> pada cell N3 diisi formula
> =TEXT(L3,"00")&"0.900-13.6303";&L3
> lalu di copy ke bawah, untuk menampilkan format number seperti contoh
> jika regional setting komputer anda adalah Indonesian maka ubah tanda koma
> yang dimerahin menjdai titik koma
>
> jika polanya seragam, maka pada cell C3 juga dapat digunakan cara yang
> sama, hanya saja cell rujukkannya diubah menjadi cell D8
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> pooling berikut
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
> berharga untuk Be-Exceler yang lain
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> *>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
> jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
> pertanyaan yang diajukan;*
> *>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
> belajar-excel@yahoogroups.com;*
> *>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
> orang-orang yang sabar QS 2:153;*
>
>
> Pada 11 Mei 2013 10.10, aji mumpung <pupung1986@...> menulis:
>
> > **
> >
> >
> > Hai Yoni,
> >
> > Excel tidak bisa mengambil properti dari suatu data di satu/lebih cell
> > dengan menggunakan formula.
> > Hal ini hanya mungkin dilakukan dengan menggunakan VBA.
> >
> > Coba cara berikut:
> >
> > 1. Dari lembar kerja, pindah ke VBE (Visual Basic Editor) dengan cara
> > sebagai berikut:
> > a. tekan tombol Alt F11, atau
> > b. klik kanan nama sheet, lalu pilih View Code sehingga muncul tampilan
> > seperti ini:
> >
> > 2. Pada VBA Project, double klik nama sheetnya, dalam hal ini adalah
> > sheet1, sehingga kursor berpindah ke lembar putih sebelah kanan
> >
> > 3. Ubah dropdown General menjadi Workheets
> >
> > 4. ubah dropdown yang disebelah kanan menjadi Change
> >
> > 5. Copas script berikut di antara kedua baris yang terbentuk:
> >
> > Dim rgFind As Range, rgLookUp As Range
> > Dim lRow As Long, lData As Long
> >
> > With Target
> > If .Cells.Count = 1 Then
> > If .Address = Range("d8").Address Then
> > lRow = Cells(Rows.Count, 12).End(xlUp).Row
> > Set rgLookUp = Range(Cells(3, 12), Cells(lRow, 12))
> > Set rgFind = rgLookUp.Find(.Value, lookat:=xlWhole)
> > lData = rgFind.Row
> > Application.EnableEvents = False
> > Cells(lData, 14).Copy
> > Range("c3").PasteSpecial (xlPasteAllExceptBorders)
> > Cells(lData, 15).Copy
> > Range("c4").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
> > Cells(lData, 13).Copy
> > Range("c5").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
> > Cells(lData, 16).Copy
> > Range("c6").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
> > Application.CutCopyMode = False
> > Application.EnableEvents = True
> > End If
> > End If
> >
> > 6. Pada cell d8 buat sebuah dropdown menggunakan Data Validasi
> > untuk tipe nya memilih List
> > sumber datanya mengambil nilai dari cell L3 sampai L16
> >
> > 7. Simpan workbook dengan tipe macro Enable atau Binary
> >
> > Contoh file terlampir semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas
> > silakan ditanyakan kembali
> > penjelasan dari setiap baris script di atas dapat dilihat pada file
> > terlampir.
> >
> > Wassalam,
> >
> > -Aji Mumpung-
> >
> >
> >
> >
> > Pada 11 Mei 2013 05.35, Yoni Patinasaran <yonikriwul@...> menulis:
> >
> >> **
> >>
> >>
> >> Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr. Kid. yang
> >> telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim pesan ke
> >> groups...
> >> karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan penyelesaian, maka
> >> saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini permasalahannya )
> >>
> >> Salam Semuanya....
> >> Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang
> >> memakai fungsi Vlookup..
> >> sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal,
> >> no faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> >> saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung saya
> >> print...
> >> permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan
> >> pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil
> >> formatnya....
> >> mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan
> >> ini...
> >> sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> >> atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
> >>
> >>
> >> salam
> >> Yoni
> >>
> >>
> >
> >
>

Sat May 11, 2013 3:39 am (PDT) . Posted by:

"yonikriwul" yonikriwul

Salam Om Aji....
Terima kasih atas perhatian dan solusinya....
sangat membuka pengetahuan saya tentang macro...
ada yang masih mengganjal di benak saya...
mengingat pada kenyataannya data yang akan dicetak diatas 200, bisakah dropdown saya ganti dengan spin buton ? sehingga saya tinggal mengklik spin buton dan data di cell reference berubah. perubahan di cell reference mengakibatkan data di Area Pencetakan berubah sesuai data di tabel Data Penjualan
Salam
Yoni

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, aji mumpung <pupung1986@...> wrote:
>
> Hai Yoni,
>
> Excel tidak bisa mengambil properti dari suatu data di satu/lebih cell
> dengan menggunakan formula.
> Hal ini hanya mungkin dilakukan dengan menggunakan VBA.
>
> Coba cara berikut:
>
> 1. Dari lembar kerja, pindah ke VBE (Visual Basic Editor) dengan cara
> sebagai berikut:
> a. tekan tombol Alt F11, atau
> b. klik kanan nama sheet, lalu pilih View Code sehingga muncul tampilan
> seperti ini:
>
> 2. Pada VBA Project, double klik nama sheetnya, dalam hal ini adalah
> sheet1, sehingga kursor berpindah ke lembar putih sebelah kanan
>
> 3. Ubah dropdown General menjadi Workheets
>
> 4. ubah dropdown yang disebelah kanan menjadi Change
>
> 5. Copas script berikut di antara kedua baris yang terbentuk:
>
> Dim rgFind As Range, rgLookUp As Range
> Dim lRow As Long, lData As Long
>
> With Target
> If .Cells.Count = 1 Then
> If .Address = Range("d8").Address Then
> lRow = Cells(Rows.Count, 12).End(xlUp).Row
> Set rgLookUp = Range(Cells(3, 12), Cells(lRow, 12))
> Set rgFind = rgLookUp.Find(.Value, lookat:=xlWhole)
> lData = rgFind.Row
> Application.EnableEvents = False
> Cells(lData, 14).Copy
> Range("c3").PasteSpecial (xlPasteAllExceptBorders)
> Cells(lData, 15).Copy
> Range("c4").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
> Cells(lData, 13).Copy
> Range("c5").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
> Cells(lData, 16).Copy
> Range("c6").PasteSpecial (xlPasteValuesAndNumberFormats)
> Application.CutCopyMode = False
> Application.EnableEvents = True
> End If
> End If
>
> 6. Pada cell d8 buat sebuah dropdown menggunakan Data Validasi
> untuk tipe nya memilih List
> sumber datanya mengambil nilai dari cell L3 sampai L16
>
> 7. Simpan workbook dengan tipe macro Enable atau Binary
>
> Contoh file terlampir semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas silakan
> ditanyakan kembali
> penjelasan dari setiap baris script di atas dapat dilihat pada file
> terlampir.
>
> Wassalam,
>
> -Aji Mumpung-
>
>
>
>
> Pada 11 Mei 2013 05.35, Yoni Patinasaran <yonikriwul@...> menulis:
>
> > **
> >
> >
> > Terima Kasih Atas perhatian rekan rekan milis, terutama Mr. Kid. yang
> > telah dengan sabar membimbing saya bagaimana cara mengirim pesan ke
> > groups...
> > karena masalah yang saya alamai ini sangat memerlukan penyelesaian, maka
> > saya kirim ulang melalui email saya ( berikut ini permasalahannya )
> >
> > Salam Semuanya....
> > Saya mengalami kesulitan dalam hal menyamakan format antara dua cell yang
> > memakai fungsi Vlookup..
> > sebagai gambaran ada tabel penjualan toko yang berisi no urut, tanggal, no
> > faktur, nama toko, jumlah pejualan.
> > saat pencetakan saya mengubah angka di cell reference dan langsung saya
> > print...
> > permasalahannya, pada cell C3, yang mengambil data dari tabel penjualan
> > pada kolom nomor faktur (kolom N) tidak bisa sekalian mengambil
> > formatnya....
> > mohon bantuan dari senior senior kiranya dapat membantu permasalahan
> > ini...
> > sebagai contoh saya lampirkan filenya...
> > atas perhatian dan solusinya saya ucapkan terima kasih
> >
> >
> > salam
> > Yoni
> >
> >
> >
>

Sat May 11, 2013 12:42 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Apakah yang dimaksud seperti file terlampir ?

Salam,
HK

________________________________
From: Murni Always <murnialways_smile@yahoo.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 10 May 2013, 9:42
Subject: [belajar-excel] Membuat nomor otomatis


 
Selamat Pagi Para Master..
 
Mohon bantuanya untuk memecahkan kasus penomoran otomatis yang sedang saya hadipi berikut:
 Sheet 1 Colom A :Cus/01/IV/2013
 Sheet 2 Colom A :Cus/02/IV/2013
Sheet 3 Colom A:...
dan selanjutnya..
bagaimana caranya agar saya tidak mengubah nomor satu-satu,
jadi ketika sayang mengubah disheet 1, untuk sheet selanjutnya akan berubah secara otomatis dan terurut ?
 
mohon bantuanya para master..
 
 
Terima kasih
 
Murni

Sat May 11, 2013 12:43 am (PDT) . Posted by:

"daniel_aho" daniel_aho

Terima kasih sekali atas tanggapan dari Pak Mr Kid & Pak lapendosol opik,

sangat membantu, tapi untuk filter otomatis sesuai dengan checkBox yang
dipilih, bisa ndak ya?hehhehehe seperti file terlampir,

terima kasih.

daniel

On 5/10/2013 7:10 PM, Mr. Kid wrote:
> Mau coba yang agak ribet waktu buatnya ?
>
> File terlampir memanfaatkan properti linkedcells.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/10 daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id
> <mailto:daniel_aho@yahoo.co.id>>
>
> Dear Para Master2 Excel,
>
> mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan
> checkbox
> sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
> checkbox yang dipilih,
> berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
>
> mohon maaf jika selalu merepotkan,
>
> terima kasih sekali
>
> daniel.
>
>
>

Sat May 11, 2013 12:44 am (PDT) . Posted by:

"Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002

Dear Mr. Kid,

Ceriteranya, data diambil dari sebuah sistem donlot ke excel, karena report yang dibutuhkan tidak bisa dibuat dalam sistem tersebut. Setelah donlot, hasilnya adalah beberapa (banyak sih, karena datanya 12 ribuan baris, kolomnya sampai kolom O) cell tidak satu kolom dengan seharusnya. Jadi yg saya insert hanyalah cell tertentu yang tempatnya acak, sehingga cell yang saya inginkan berada dalam kolom yg sama. Nah, jika sudah dalam kolom sama, maka saya akan membuat pivot tabel atau subtotal sehingga nilainya bisa ambil saya masukan ke dalam sebuah report yang sudah ada templatenya.
Saya sudah coba untuk 300 baris, dan bisa berhasil. Tapi saya coba dengan semua baris, ternyata tidak bisa. Mungkin karena seperti yg disampaikan Mr. Kid. Biasanya, kasus seperti ini saya olah dengan cara sort, kemudian diinsert pada cell yang saya inginkan, kemudian saya kembalikan datanya pada baris masing-masing. atau saya gunakan rumus untuk mengambil data cell. Namun sepertinya akan lebih mudah jika cara yg pertama bisa dilakukan, terutama bagi user yg tidak bisa sama sekali excel. Atau ada cara lainnya Mr. Kid yang mudah tentunya he..he... Mohon dibantu ya.Kasihan temen saya kerja manual, tiap hari waktunya habis untuk ngerjakan report itu. Berikut ini contoh file nya, saya ambil beberapa baris

Thx
Juwono RE

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 10 Mei 2013 20:30
Judul: Re: [belajar-excel] Insert Cell bersamaan gagal


 
Pak Juwono,

Boleh diceritakan kenapa kok butuh insert ke kanan terus ?
Kira-kira pernah terbayang ndak kalau suatu saat nanti, cell insert-an akan menggeser data yang sudah ada kekanan sampai melebihi batas kolom yang disediakan Excel ?
Kalau belum pernah terbayang, maka tulisan yang sering muncul itulah yang terjadi ketika data mencapai kolom terkanan Excel.
Jika di-insert terus seperti itu, apakah file tidak menjadi besar sekali dengan data yang sedikit ?

Nah... bagaimana jika tidak insert lagi, tapi copy paste sejumlah kolom ke kolom kanannya. Jadi jumlah kolom yang terpakai selalu tetap dan ukuran file jauh lebih terkendali. Lebih bagus lagi jika di copy ke sheet lain yang menjadi semacam log perubahan data. Semacam history gitu.
Jadi data baru selalu me-replace data lama.

Jika data adalah sebuah series, sebaiknya disusun suatu tabel data berkaidah database dan coba disusun output di sebuah sheet berdasar sheet data tadi dengan fitur seperti pivot table. Dengan demikian, series data akan selalu terbentuk ke kanan, meskipun data di sheet data selalu bertambah kebawah.

Kira-kira demikian, moga-moga agak jelas.

Wassalam,

Kid.

2013/5/10 Juwono Radyanto Edi <juwono.re2002@yahoo.com>


>Dear All,
>
>
>Mohon bantuannya dengan permasalahan saya.
>Saya ingin insert banyak cell secara bersamaan, dengan cara cell awal sampai akhir (12.000 cells) saya blok, kemudian saya masuk ke Go To Special >> Blank,untuk memilih cell yang kosong yang akan saya insert,  dan kemudian saya insert saya pilih shify ke kanan. Namun selalu gagal, dengan tulisan seperti pada lampiran.
>Saya coba untuk 300 baris data tidak masalah. Mohon bantuannya dan petunjuknya
>
>
>Terima kasih
>Juwono RE
>

Sat May 11, 2013 4:52 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oh gitu ceritanya ya.
Jadi, kalau ndak insert boleh kan ya...

Coba begini (boleh di record macro)
1. klik baris 1 (nomor barisnya Excel) -> klik kanan sebuah cell dari
seluruh baris yang terblok -> Insert
2. klik A1 -> tulis nama header di baris 1 itu (tidak boleh ada kolom yang
kosong alias semua diisi header)
3. klik A1 lagi -> Goto Special (tekan CTRL G -> tekan tombol Special)
4. pilih Last Cell -> tekan tombol Shift di keyboard terus menerus sambil
pencet OK (pencet shift terus lalu tekan OK) -> lepaskan Shift
5. aktifkan autofilter
6. fokus di kolom A -> pencet segitiga kecil di kolom A -> pilih sort A to Z
7. fokus di kolom B -> pencet segitiga kecil di kolom B -> pilih sort A to Z
8. klik cell A2 -> Goto Special -> Last Cell -> tekan shift terus sambil
pencet OK -> jaga agar yang terblok tidak hilang tanda blok nya
9. fokus di kolom C -> pencet segitiga kecil di kolom C -> hilangkan
centang dari item tulisan (blank) [cari dipaling bawah dari daftar yang ada]
10. Goto Special -> visible cells only -> pencet OK -> klik kanan yang
terblok -> Copy
11. klik cell dikolom B pada baris pertama yang tampak -> klik kanan ->
pilih Paste
12. turn off autofilter
13. hapus baris sisa yang tidak dipakai datanya (lakukan delete entire row
daripada clearcontents)
14. hapus kolom A kalau tidak dipakai (lakukan delete entire column
daripada clearcontents)
15. select all (tekan CTRL A) -> klik kanan -> Name a range -> tulis nama
range (misal _myData_) -> tekan OK

--- jika di record macro, stop recording disini ---

16. buat pivot table di sheet baru dengan data source adalah nama range
tadi (misal tulis _myData_)
17. atur pivot table

--- jika akan record macro untuk refresh pivot table, lakukan record macro
lagi disini dengan nama macro beda ---

18. klik kanan pivot table -> refresh

--- stop recording macro

Wassalam,
Kid.

2013/5/11 Juwono Radyanto Edi <juwono.re2002@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Mr. Kid,
>
> Ceriteranya, data diambil dari sebuah sistem donlot ke excel, karena
> report yang dibutuhkan tidak bisa dibuat dalam sistem tersebut. Setelah
> donlot, hasilnya adalah beberapa (banyak sih, karena datanya 12 ribuan
> baris, kolomnya sampai kolom O) cell tidak satu kolom dengan seharusnya.
> Jadi yg saya insert hanyalah cell tertentu yang tempatnya acak, sehingga
> cell yang saya inginkan berada dalam kolom yg sama. Nah, jika sudah dalam
> kolom sama, maka saya akan membuat pivot tabel atau subtotal sehingga
> nilainya bisa ambil saya masukan ke dalam sebuah report yang sudah ada
> templatenya.
> Saya sudah coba untuk 300 baris, dan bisa berhasil. Tapi saya coba dengan
> semua baris, ternyata tidak bisa. Mungkin karena seperti yg disampaikan Mr.
> Kid. Biasanya, kasus seperti ini saya olah dengan cara sort, kemudian
> diinsert pada cell yang saya inginkan, kemudian saya kembalikan datanya
> pada baris masing-masing. atau saya gunakan rumus untuk mengambil data
> cell. Namun sepertinya akan lebih mudah jika cara yg pertama bisa
> dilakukan, terutama bagi user yg tidak bisa sama sekali excel. Atau ada
> cara lainnya Mr. Kid yang mudah tentunya he..he... Mohon dibantu ya.Kasihan
> temen saya kerja manual, tiap hari waktunya habis untuk ngerjakan report
> itu. Berikut ini contoh file nya, saya ambil beberapa baris
>
> Thx
> Juwono RE
>
>
> ------------------------------
> **
>

Sat May 11, 2013 4:00 am (PDT) . Posted by:

"mentor_umb" mentor_umb

dear mr.kid

tolong passwordx makrox

terima kasih

--- Mods ---
Biasanya mas Kid jarang mem-protect worksheet, workbook, atau VBA. Jika di-protect pun biasanya sudah disediakan password-nya di body email atau dalam worksheet.

Kalau tidak salah duga, passwordnya adalah BELAJAR-EXCEL
dengan huruf besar semua, karena nama milis kita ini belajar-excel dengan huruf kecil semua.
------------

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Laode Herman Umar <mentor_umb@...> wrote:
>
> dear para master
>
> tolong bantuannya untuk kasus diatas
> saya agak repot dalam melakukan rekap file, diatas hanya contoh dari kasus saya.
>
> 1. yang sy inginkan rekap data dengan kriteria nama toko dan bulan
> 2. untuk databasex penyimpanannya sy bagi dalam 2 sheet yang berbeda (kwatir kalau jumlah columnya ndak bisa nampung data karna terdiri dari bulan)
> 3 tolong bantu untuk kode vb makronya (kalau bisa dengan penjelasan singkat)
> 4. kalau ada yang lebih simpel dari proses rekap diatas, mohon sarannya
> �file terlampir
>
> terima kasih banyak sebelumnya
>

Sat May 11, 2013 4:22 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Semua passwordnya adalah BELAJAR-EXCEL pak.
Seperti kata si mods.

Wassalam,
Kid.

2013/5/11 mentor_umb <mentor_umb@yahoo.co.id>

> **
>
>
> dear mr.kid
>
> tolong passwordx makrox
>
> terima kasih
>
> --- Mods ---
> Biasanya mas Kid jarang mem-protect worksheet, workbook, atau VBA. Jika
> di-protect pun biasanya sudah disediakan password-nya di body email atau
> dalam worksheet.
>
> Kalau tidak salah duga, passwordnya adalah BELAJAR-EXCEL
> dengan huruf besar semua, karena nama milis kita ini belajar-excel dengan
> huruf kecil semua.
> ------------
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, Laode Herman Umar <mentor_umb@...>
> wrote:
> >
> > dear para master
> >
> > tolong bantuannya untuk kasus diatas
> > saya agak repot dalam melakukan rekap file, diatas hanya contoh dari
> kasus saya.
> >
> > 1. yang sy inginkan rekap data dengan kriteria nama toko dan bulan
> > 2. untuk databasex penyimpanannya sy bagi dalam 2 sheet yang berbeda
> (kwatir kalau jumlah columnya ndak bisa nampung data karna terdiri dari
> bulan)
> > 3 tolong bantu untuk kode vb makronya (kalau bisa dengan penjelasan
> singkat)
> > 4. kalau ada yang lebih simpel dari proses rekap diatas, mohon sarannya
> > �file terlampir
> >
> > terima kasih banyak sebelumnya
> >
>
>
>

Sat May 11, 2013 4:02 am (PDT) . Posted by:

"Laode Herman Umar" mentor_umb

dear Mr. Kid

terima kasih atas solusinya

tolong password makrox untuk file yang di kirim

terima kasih
wassalam

--- Mods ---
Biasanya mas Kid jarang mem-protect worksheet, workbook, atau VBA. Jika di-protect pun biasanya sudah disediakan password-nya di body email atau dalam worksheet.

Kalau tidak salah duga, passwordnya adalah BELAJAR-EXCEL
dengan huruf besar semua, karena nama milis kita ini belajar-excel dengan huruf kecil semua.
------------

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 9 Mei 2013 16:08
Judul: Re: [belajar-excel] Re: Rekap Data Puskesmas yang Banyak


 
Coba file terlampir.

Semoga milis BELAJAR-EXCEL bisa menjadi tempat yang nyaman bertemu teman belajar.

Wassalam,
Kid.

2013/5/9 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id>


>dear Mr. Kid dan para Master
>
>iya betul asal dari Buton. terima kasih atas sarannya.
>sy lampirkan file aslinya
>1. untuk penginputan masing-masing puskesmas ndak ada maslah lagi (format inputnya sama dengan format  rekap pada sheet rekap_pusk)
>2. kemudian sy lampirkan file untuk rekapan yang dilakukan oleh dinas (penjelasannya ada di sheet rekap_pusk)
>3. yang sy bingungkan simpan data berdasarkan nama puskesmas dan bulan ke sheet t_rekap (jumlah kolom yang dibutuhkan untuk 32 puskesmas 1536, gimana kalau t_rekapx dibuatkan 2 sheet)
>4. maaf ya kalau redaksinya agak ribet. Yang kirim juga lagi ribet hehehehehhehehehe
>
>untuk sementara
kayaknya gitu saja.
>terima kasih sebelumnya
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 20:08
>Judul: [belajar-excel] Re: Rekap Data Puskesmas yang Banyak
>
>
>

>Topik ini lebih baik mengikuti topik :
>http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/25028
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>2013/5/5 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id>
>
>dear para master....
>>
>>
>>bingung buat makro untuk masalah rekapan data tiap-tiap puskesmas, dengan jumlah puskesmas yang banyak
>>prosesnya:
>>1. setiap bulan mengirim rekapan bulanan ke dinas,
>>
>>2. dinas melakukan rekapan bulanan untuk setiap puskesmas
>>3. output yang inginkan setelah proses rekap :
>>  a. rekap  untuk masing-masing puskesmas per bulan
>>  b. tampilan rekap seluruh puskesmas berdasarkan bulan
>>
>>
>>untuk lebih jelaskan saya lampirkan file
>>
>>
>>terima kasih sebelumnya
>>
>
>
>

Sat May 11, 2013 4:21 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe...

betul mods...
semua password-nya BELAJAR-EXCEL

ada di body email dan dalam worksheet pada cell comment.

:)

Wassalam,
Kid.

2013/5/11 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id>

> **
>
>
> dear Mr. Kid
>
> terima kasih atas solusinya
>
> tolong password makrox untuk file yang di kirim
>
> terima kasih
> wassalam
>
> --- Mods ---
> Biasanya mas Kid jarang mem-protect worksheet, workbook, atau VBA. Jika
> di-protect pun biasanya sudah disediakan password-nya di body email atau
> dalam worksheet.
>
> Kalau tidak salah duga, passwordnya adalah BELAJAR-EXCEL
> dengan huruf besar semua, karena nama milis kita ini belajar-excel dengan
> huruf kecil semua.
> ------------
>
>
> ________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> Dikirim: Kamis, 9 Mei 2013 16:08
> Judul: Re: [belajar-excel] Re: Rekap Data Puskesmas yang Banyak
>
>
>
>
> Coba file terlampir.
>
> Semoga milis BELAJAR-EXCEL bisa menjadi tempat yang nyaman bertemu teman
> belajar.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2013/5/9 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id>
>
> >
> >dear Mr. Kid dan para Master
> >
> >iya betul asal dari Buton. terima kasih atas sarannya.
> >sy lampirkan file aslinya
> >1. untuk penginputan masing-masing puskesmas ndak ada maslah lagi (format
> inputnya sama dengan format rekap pada sheet rekap_pusk)
> >2. kemudian sy lampirkan file untuk rekapan yang dilakukan oleh dinas
> (penjelasannya ada di sheet rekap_pusk)
> >3. yang sy bingungkan simpan data berdasarkan nama puskesmas dan bulan ke
> sheet t_rekap (jumlah kolom yang dibutuhkan untuk 32 puskesmas 1536, gimana
> kalau t_rekapx dibuatkan 2 sheet)
> >4. maaf ya kalau redaksinya agak ribet. Yang kirim juga lagi ribet
> hehehehehhehehehe
> >
> >untuk sementara
> kayaknya gitu saja.
> >terima kasih sebelumnya
> >
> >
> >________________________________
> > Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> >Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
> >Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 20:08
> >Judul: [belajar-excel] Re: Rekap Data Puskesmas yang Banyak
> >
> >
> >
> >
> >Topik ini lebih baik mengikuti topik :
> >http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/25028
> >
> >Wassalam,
> >Kid.
> >
> >
> >
> >
> >
> >2013/5/5 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id>
> >
> >dear para master....
> >>
> >>
> >>bingung buat makro untuk masalah rekapan data tiap-tiap puskesmas,
> dengan jumlah puskesmas yang banyak
> >>prosesnya:
> >>1. setiap bulan mengirim rekapan bulanan ke dinas,
> >>
> >>2. dinas melakukan rekapan bulanan untuk setiap puskesmas
> >>3. output yang inginkan setelah proses rekap :
> >> a. rekap untuk masing-masing puskesmas per bulan
> >> b. tampilan rekap seluruh puskesmas berdasarkan bulan
> >>
> >>
> >>untuk lebih jelaskan saya lampirkan file
> >>
> >>
> >>terima kasih sebelumnya
> >>
> >
> >
> >
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar