15 New Messages
Digest #2289
6a
Bls: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT by "Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
6b
Bls: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT by "Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
7b
Re: Bisa enggak kirim email otomatis menggunakan Conditional formatt by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
8b
Re: menampilkan data dr sheet yberbeda diuserform menggunakan combob by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Messages
Thu May 9, 2013 11:41 am (PDT) . Posted by:
"Emi" emilestariklcc
Teman dan pakarExcel,
Kalau
hanya mencari yg terbesar itu mudah, =MAX(B2:F2), return value ialah
30%,
tetapi bagaimana supaya return valuenya adalah nama produk seperti di
headernya.
Terima kasih, file dilampirkan
-Emi Lestari
Thu May 9, 2013 11:47 am (PDT) . Posted by:
"lapendosol opik" lapendosol
Dear Emi,
Coba pada cell G2 pakai rumus
=INDEX($B$1:$G$1,MATCH(MAX(B2:F2),B2:F2,0))
Copy ke bawah
Semoga sesuai harapan ya
Trimakasih
Wassalam,
________________________________
From: Emi <emilestariklcc@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Thursday, May 9, 2013 9:45 PM
Subject: [belajar-excel] Value MAX di ROW ditulis nama headernya.
Teman dan pakarExcel,
Kalau
hanya mencari yg terbesar itu mudah, =MAX(B2:F2), return value ialah
30%,
tetapi bagaimana supaya return valuenya adalah nama produk seperti di
headernya.
Terima kasih, file dilampirkan
-Emi Lestari
Coba pada cell G2 pakai rumus
=INDEX($B$1:
Copy ke bawah
Semoga sesuai harapan ya
Trimakasih
Wassalam,
____________
From: Emi <emilestariklcc@
To: "belajar-excel@
Sent: Thursday, May 9, 2013 9:45 PM
Subject: [belajar-excel] Value MAX di ROW ditulis nama headernya.
Teman dan pakarExcel,
Kalau
hanya mencari yg terbesar itu mudah, =MAX(B2:F2), return value ialah
30%,
tetapi bagaimana supaya return valuenya adalah nama produk seperti di
headernya.
Terima kasih, file dilampirkan
-Emi Lestari
Thu May 9, 2013 11:41 am (PDT) . Posted by:
"Laode Herman Umar" mentor_umb
dear Mr. Kid dan para Master
iya betul asal dari Buton. terima kasih atas sarannya.
sy lampirkan file aslinya
1. untuk penginputan masing-masing puskesmas ndak ada maslah lagi (format inputnya sama dengan format rekap pada sheet rekap_pusk)
2. kemudian sy lampirkan file untuk rekapan yang dilakukan oleh dinas (penjelasannya ada di sheet rekap_pusk)
3. yang sy bingungkan simpan data berdasarkan nama puskesmas dan bulan ke sheet t_rekap (jumlah kolom yang dibutuhkan untuk 32 puskesmas 1536, gimana kalau t_rekapx dibuatkan 2 sheet)
4. maaf ya kalau redaksinya agak ribet. Yang kirim juga lagi ribet hehehehehhehehehe
untuk sementara kayaknya gitu saja.
terima kasih sebelumnya
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 20:08
Judul: [belajar-excel] Re: Rekap Data Puskesmas yang Banyak
Topik ini lebih baik mengikuti topik :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/25028
Wassalam,
Kid.
2013/5/5 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id >
dear para master....
>
>
>bingung buat makro untuk masalah rekapan data tiap-tiap puskesmas, dengan jumlah puskesmas yang banyak
>prosesnya:
>1. setiap bulan mengirim rekapan bulanan ke dinas,
>
>2. dinas melakukan rekapan bulanan untuk setiap puskesmas
>3. output yang inginkan setelah proses rekap :
> a. rekap untuk masing-masing puskesmas per bulan
> b. tampilan rekap seluruh puskesmas berdasarkan bulan
>
>
>untuk lebih jelaskan saya lampirkan file
>
>
>terima kasih sebelumnya
>
iya betul asal dari Buton. terima kasih atas sarannya.
sy lampirkan file aslinya
1. untuk penginputan masing-masing puskesmas ndak ada maslah lagi (format inputnya sama dengan format rekap pada sheet rekap_pusk)
2. kemudian sy lampirkan file untuk rekapan yang dilakukan oleh dinas (penjelasannya ada di sheet rekap_pusk)
3. yang sy bingungkan simpan data berdasarkan nama puskesmas dan bulan ke sheet t_rekap (jumlah kolom yang dibutuhkan untuk 32 puskesmas 1536, gimana kalau t_rekapx dibuatkan 2 sheet)
4. maaf ya kalau redaksinya agak ribet. Yang kirim juga lagi ribet hehehehehhehehehe
untuk sementara kayaknya gitu saja.
terima kasih sebelumnya
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: BeExcel <belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 20:08
Judul: [belajar-excel] Re: Rekap Data Puskesmas yang Banyak
Topik ini lebih baik mengikuti topik :
http://tech.
Wassalam,
Kid.
2013/5/5 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.
dear para master....
>
>
>bingung buat makro untuk masalah rekapan data tiap-tiap puskesmas, dengan jumlah puskesmas yang banyak
>prosesnya:
>1. setiap bulan mengirim rekapan bulanan ke dinas,
>
>2. dinas melakukan rekapan bulanan untuk setiap puskesmas
>3. output yang inginkan setelah proses rekap :
> a. rekap untuk masing-masing puskesmas per bulan
> b. tampilan rekap seluruh puskesmas berdasarkan bulan
>
>
>untuk lebih jelaskan saya lampirkan file
>
>
>terima kasih sebelumnya
>
Thu May 9, 2013 4:08 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Coba file terlampir.
Semoga milis BELAJAR-EXCEL bisa menjadi tempat yang nyaman bertemu teman
belajar.
Wassalam,
Kid.
2013/5/9 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id >
> **
>
>
> dear Mr. Kid dan para Master
>
> iya betul asal dari Buton. terima kasih atas sarannya.
> sy lampirkan file aslinya
> 1. untuk penginputan masing-masing puskesmas ndak ada maslah lagi (format
> inputnya sama dengan format rekap pada sheet rekap_pusk)
> 2. kemudian sy lampirkan file untuk rekapan yang dilakukan oleh dinas
> (penjelasannya ada di sheet rekap_pusk)
> 3. yang sy bingungkan simpan data berdasarkan nama puskesmas dan bulan ke
> sheet t_rekap (jumlah kolom yang dibutuhkan untuk 32 puskesmas 1536, gimana
> kalau t_rekapx dibuatkan 2 sheet)
> 4. maaf ya kalau redaksinya agak ribet. Yang kirim juga lagi ribet
> hehehehehhehehehe
>
> untuk sementara kayaknya gitu saja.
> terima kasih sebelumnya
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Dikirim:* Rabu, 8 Mei 2013 20:08
> *Judul:* [belajar-excel] Re: Rekap Data Puskesmas yang Banyak
>
>
> Topik ini lebih baik mengikuti topik :
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/25028
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/5 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.co.id >
>
> dear para master....
>
> bingung buat makro untuk masalah rekapan data tiap-tiap puskesmas, dengan
> jumlah puskesmas yang banyak
> prosesnya:
> 1. setiap bulan mengirim rekapan bulanan ke dinas,
> 2. dinas melakukan rekapan bulanan untuk setiap puskesmas
> 3. output yang inginkan setelah proses rekap :
> a. rekap untuk masing-masing puskesmas per bulan
> b. tampilan rekap seluruh puskesmas berdasarkan bulan
>
> untuk lebih jelaskan saya lampirkan file
>
> terima kasih sebelumnya
>
>
>
>
>
>
Semoga milis BELAJAR-EXCEL bisa menjadi tempat yang nyaman bertemu teman
belajar.
Wassalam,
Kid.
2013/5/9 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.
> **
>
>
> dear Mr. Kid dan para Master
>
> iya betul asal dari Buton. terima kasih atas sarannya.
> sy lampirkan file aslinya
> 1. untuk penginputan masing-masing puskesmas ndak ada maslah lagi (format
> inputnya sama dengan format rekap pada sheet rekap_pusk)
> 2. kemudian sy lampirkan file untuk rekapan yang dilakukan oleh dinas
> (penjelasannya ada di sheet rekap_pusk)
> 3. yang sy bingungkan simpan data berdasarkan nama puskesmas dan bulan ke
> sheet t_rekap (jumlah kolom yang dibutuhkan untuk 32 puskesmas 1536, gimana
> kalau t_rekapx dibuatkan 2 sheet)
> 4. maaf ya kalau redaksinya agak ribet. Yang kirim juga lagi ribet
> hehehehehhehehehe
>
> untuk sementara kayaknya gitu saja.
> terima kasih sebelumnya
> ------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@
> *Dikirim:* Rabu, 8 Mei 2013 20:08
> *Judul:* [belajar-excel] Re: Rekap Data Puskesmas yang Banyak
>
>
> Topik ini lebih baik mengikuti topik :
> http://tech.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/5 Laode Herman Umar <mentor_umb@yahoo.
>
> dear para master....
>
> bingung buat makro untuk masalah rekapan data tiap-tiap puskesmas, dengan
> jumlah puskesmas yang banyak
> prosesnya:
> 1. setiap bulan mengirim rekapan bulanan ke dinas,
> 2. dinas melakukan rekapan bulanan untuk setiap puskesmas
> 3. output yang inginkan setelah proses rekap :
> a. rekap untuk masing-masing puskesmas per bulan
> b. tampilan rekap seluruh puskesmas berdasarkan bulan
>
> untuk lebih jelaskan saya lampirkan file
>
> terima kasih sebelumnya
>
>
>
>
>
>
Thu May 9, 2013 6:27 pm (PDT) . Posted by:
"Andi Saputra" aspo_cm
Terimakasih master kid.,
sangat bermanfaat
Pada 8 Mei 2013 14.48, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com > menulis:
> **
>
>
> Coba formula :
> =cell_jam_yang_akan_dikurangi + ( - nilai_pengurang ) / 1440
>
> Misal A2 berisi data waktu yang akan dikurangi dan B2 berisi angka
> pengurang yang berupa angka negatif
> C2 diisi dengan :
> =A2 + (B2)/1440
> karena B2 sudah diisi angka negatif
>
> Jika A3 berisi data time dan B3 berisi bilangan positif, maka
> C3 diisi formula :
> =A3 + (-B2)/1440
> atau disederhanakan menjadi :
> =A3 - B2/1440
>
> Angka 1440 adalah jumlah menit dalam 24 jam (1 hari atau 1 bilangan bulat)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2013/5/8 Andi Saputra <aspo.cm@gmail.com >
>
>> **
>>
>>
>> master, saya mau merubah menit pada kolom B kurang 7 menit pada kolom D
>> mohon bantuan nya master-master sekalian
>>
>>
>
>
sangat bermanfaat
Pada 8 Mei 2013 14.48, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> **
>
>
> Coba formula :
> =cell_jam_yang_
>
> Misal A2 berisi data waktu yang akan dikurangi dan B2 berisi angka
> pengurang yang berupa angka negatif
> C2 diisi dengan :
> =A2 + (B2)/1440
> karena B2 sudah diisi angka negatif
>
> Jika A3 berisi data time dan B3 berisi bilangan positif, maka
> C3 diisi formula :
> =A3 + (-B2)/1440
> atau disederhanakan menjadi :
> =A3 - B2/1440
>
> Angka 1440 adalah jumlah menit dalam 24 jam (1 hari atau 1 bilangan bulat)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2013/5/8 Andi Saputra <aspo.cm@gmail.
>
>> **
>>
>>
>> master, saya mau merubah menit pada kolom B kurang 7 menit pada kolom D
>> mohon bantuan nya master-master sekalian
>>
>>
>
>
Thu May 9, 2013 6:57 pm (PDT) . Posted by:
"Fuadi Arief" see_fu
Mohon bantuan teman2, bagaimana cara bold kata2 yang menggunakan rumus di
dalam 1 cell? file terlampir. Thanks sebelumnya. ;)
dalam 1 cell? file terlampir. Thanks sebelumnya. ;)
Thu May 9, 2013 8:07 pm (PDT) . Posted by:
"Murni Always" murnialways_smile
Selamat Pagi Para Master..
Mohon bantuanya untuk memecahkan kasus penomoran otomatis yang sedang saya hadipi berikut:
Sheet 1 Colom A :Cus/01/IV/2013
Sheet 2 Colom A :Cus/02/IV/2013
Sheet 3 Colom A:...
dan selanjutnya..
bagaimana caranya agar saya tidak mengubah nomor satu-satu,
jadi ketika sayang mengubah disheet 1, untuk sheet selanjutnya akan berubah secara otomatis dan terurut ?
mohon bantuanya para master..
Terima kasih
Murni
Mohon bantuanya untuk memecahkan kasus penomoran otomatis yang sedang saya hadipi berikut:
Sheet 1 Colom A :Cus/01/IV/2013
Sheet 2 Colom A :Cus/02/IV/2013
Sheet 3 Colom A:...
dan selanjutnya.
bagaimana caranya agar saya tidak mengubah nomor satu-satu,
jadi ketika sayang mengubah disheet 1, untuk sheet selanjutnya akan berubah secara otomatis dan terurut ?
mohon bantuanya para master..
Terima kasih
Murni
Thu May 9, 2013 9:00 pm (PDT) . Posted by:
"Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
Dear, Mr Bagus
Terimakasih atas bantuannya . akhirnya bisa juga, sudah sebulan laporan saya kepending ngitung manual.
Temen2 di groups memang jago-jago. Two thumbs up deh pokoknya.
Salam
Krisan
________________________________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.co.id >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 9 Mei 2013 10:02
Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
Dear Bunga Krisan;
�
�
Cell Bantu (cell J5) menggunakan�VBE buatan Miss Jan Raisin.
Untuk mengisi Tabel 2 menggunakan fungsi
Sumproduct.
�
File terlampir semoga sesuai
harapan.
�
Wassalam
~ Bagus~
----- Original Message -----
>From: Krisan Flower
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Wednesday, May 08, 2013 10:21 AM
>Subject: Bls: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>
>
>Dear aji mumpung,
>salam kenal
>
>saya telah melakukan cara tersebut, yang td
sama saja dengan menggunakan rumus sumif apabila dengan kriteria tertentu.
tetapi apabila data yg di sort berdasarkan bank statement. semisal saya ingin
mengesort untuk bank statement bca 3000 saya ingin mencari data BCA masternya
berapa dan BCA visanya berapa begitu juga dengan yang lainnya. data aslinya
sangat banyak. apakah ada cara lain, saya sidikit kebingungan mohon
bantuannya.
>terimakasih
>
>Salam
>
>Krisan
>
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.com >
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 10:41
>Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>
>
>
>�
>Hai Krosan,
>
>
>kasus ini mirip dengan kasus saudara Ambo, coba manfaatkan fitur PivotTable-nya Excel dengan langkah-langkah sbb:
>1. Blok seluruh data mulai header sampai baris data terakhir
>
>
>2. pada ribbon, pilih Insert lalu cari tab Pivot Table
>
>
>
>
>3. Pastikan lokasi source data telah sesuai dan pilih lokasi penmpatan PivotTabel, kira-kira seperti ini:
>
>
>
>
>4. Klik OK, sehingga muncul dialog box seperti ini:
>
>
>
>
>5. Drag field TRX DESC ke kotak Column Labels
>6. drag filed INVOICE AMOUNT ke kotak Values
>
>
>perhatikan setiap perubahan yang terjadi.
>Silakan dicoba juga untuk memindahkan ke kotak yang lain dan jangan takut jika salah, karena pasti akan selalu ada ilmu baru yang anda peroleh.
>
>
>Wassalam,
>
>
>-Aji Mumpung-
>
>
>
>Pada 8 Mei 2013 09.17, Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com > menulis:
>
>
>>�
>>Dear, Mr Kid
>>
>>Berikut saya lampirkan datanya, silahkan lihat di file
attachment
>>Mohon bantuanya MR Kid.�
>>
>>Salam
>>Krisan
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 0:02
>>Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>>
>>
>>
>>�
>>Hai Krisan,
>>
>>Coba lampirkan contoh datanya.
>>Caranya :
>>Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
>>
>>Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose email) adalah :
>>belajar-excel@yahoogroups.com
>>
>>
>>
>>Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
>>
>>
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com >
>>
>>
>>>�
>>>Dear temen2 be exceller,
>>>
>>>saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan
dengan kriteria tertentu, tetapi tabel telah dilakukan sort.
>>>saya pake
rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah data yg
telah di sort saja.
>>>�
>>>Mohon bantuannya temen2 saya sangat
kesulitan saya sudah mencoba dengan subtotal tp kok tidak
bisa.
>>>terimakasih
sebelumnya
>>>
>>>
>>>
>>>Salam
>>>Krisan
>>>
>>
>>
>>
>
>
>
Terimakasih atas bantuannya . akhirnya bisa juga, sudah sebulan laporan saya kepending ngitung manual.
Temen2 di groups memang jago-jago. Two thumbs up deh pokoknya.
Salam
Krisan
____________
Dari: Bagus <bagus@kingjim.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Kamis, 9 Mei 2013 10:02
Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
Dear Bunga Krisan;
�
�
Cell Bantu (cell J5) menggunakan�VBE buatan Miss Jan Raisin.
Untuk mengisi Tabel 2 menggunakan fungsi
Sumproduct.
�
File terlampir semoga sesuai
harapan.
�
Wassalam
~ Bagus~
----- Original Message -----
>From: Krisan Flower
>To: belajar-excel@
>Sent: Wednesday, May 08, 2013 10:21 AM
>Subject: Bls: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>
>
>Dear aji mumpung,
>salam kenal
>
>saya telah melakukan cara tersebut, yang td
sama saja dengan menggunakan rumus sumif apabila dengan kriteria tertentu.
tetapi apabila data yg di sort berdasarkan bank statement. semisal saya ingin
mengesort untuk bank statement bca 3000 saya ingin mencari data BCA masternya
berapa dan BCA visanya berapa begitu juga dengan yang lainnya. data aslinya
sangat banyak. apakah ada cara lain, saya sidikit kebingungan mohon
bantuannya.
>terimakasih
>
>Salam
>
>Krisan
>
>
>
>
>
>
>
>________
> Dari: aji mumpung <pupung1986@gmail.
>Kepada: belajar-excel@
>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 10:41
>Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>
>
>
>�
>Hai Krosan,
>
>
>kasus ini mirip dengan kasus saudara Ambo, coba manfaatkan fitur PivotTable-nya Excel dengan langkah-langkah sbb:
>1. Blok seluruh data mulai header sampai baris data terakhir
>
>
>2. pada ribbon, pilih Insert lalu cari tab Pivot Table
>
>
>
>
>3. Pastikan lokasi source data telah sesuai dan pilih lokasi penmpatan PivotTabel, kira-kira seperti ini:
>
>
>
>
>4. Klik OK, sehingga muncul dialog box seperti ini:
>
>
>
>
>5. Drag field TRX DESC ke kotak Column Labels
>6. drag filed INVOICE AMOUNT ke kotak Values
>
>
>perhatikan setiap perubahan yang terjadi.
>Silakan dicoba juga untuk memindahkan ke kotak yang lain dan jangan takut jika salah, karena pasti akan selalu ada ilmu baru yang anda peroleh.
>
>
>Wassalam,
>
>
>-Aji Mumpung-
>
>
>
>Pada 8 Mei 2013 09.17, Krisan Flower <krisan_flower@
>
>
>>�
>>Dear, Mr Kid
>>
>>Berikut saya lampirkan datanya, silahkan lihat di file
attachment
>>Mohon bantuanya MR Kid.�
>>
>>Salam
>>Krisan
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>____
>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>>Kepada: BeExcel <belajar-excel@
>>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 0:02
>>Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>>
>>
>>
>>�
>>Hai Krisan,
>>
>>Coba lampirkan contoh datanya.
>>Caranya :
>>Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
>>
>>Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose email) adalah :
>>belajar-excel@
>>
>>
>>
>>Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
>>
>>
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/
>>
>>
>>>�
>>>
>>>
>>>
dengan kriteria tertentu, tetapi tabel telah dilakukan sort.
>>>
rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah data yg
telah di sort saja.
>>>�
>>>
kesulitan saya sudah mencoba dengan subtotal tp kok tidak
bisa.
>>>
sebelumnya
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>
Thu May 9, 2013 9:10 pm (PDT) . Posted by:
"Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
Dear Mr Kid
Satu kata MANTAB formulanya Pak Kid, saya pake yang helper saya rasa lebih aman.
sekarang saya sudah bisa mengerjakan kembali, terimakasih banyak.
Salam
Krisan
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Kamis, 9 Mei 2013 10:45
Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
Hai Krisan,
Mau mencoba formula ?
Hati-hati dalam memilih formulanya ya.
Pada jumlah cells berformula yang banyak atau pada record data yang banyak, sebaiknya dihindari penggunaan formula tanpa kolom bantu dalam file terlampir.
Ide solusi adalah memanfaatkan karakteristik fungsi SubTotal.
Wassalam,
Kid.
2013/5/8 Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com >
>
>Dear, Mr Kid
>
>Berikut saya lampirkan datanya, silahkan lihat di file attachment
>Mohon bantuanya MR Kid.
>
>Salam
>Krisan
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 0:02
>Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>
>
>
>
>Hai Krisan,
>
>Coba lampirkan contoh datanya.
>Caranya :
>Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
>
>Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose email) adalah :
>belajar-excel@yahoogroups.com
>
>
>
>Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
>
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com >
>
>
>>
>>Dear temen2 be exceller,
>>
>>saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu, tetapi tabel telah dilakukan sort.
>>saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah data yg telah di sort saja.
>>
>>Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan subtotal tp kok tidak bisa.
>>terimakasih sebelumnya
>>
>>
>>
>>Salam
>>Krisan
>>
>
>
>
Satu kata MANTAB formulanya Pak Kid, saya pake yang helper saya rasa lebih aman.
sekarang saya sudah bisa mengerjakan kembali, terimakasih banyak.
Salam
Krisan
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: BeExcel <belajar-excel@
Dikirim: Kamis, 9 Mei 2013 10:45
Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
Hai Krisan,
Mau mencoba formula ?
Hati-hati dalam memilih formulanya ya.
Pada jumlah cells berformula yang banyak atau pada record data yang banyak, sebaiknya dihindari penggunaan formula tanpa kolom bantu dalam file terlampir.
Ide solusi adalah memanfaatkan karakteristik fungsi SubTotal.
Wassalam,
Kid.
2013/5/8 Krisan Flower <krisan_flower@
>
>Dear, Mr Kid
>
>Berikut saya lampirkan datanya, silahkan lihat di file attachment
>Mohon bantuanya MR Kid.
>
>Salam
>Krisan
>
>
>
>
>
>
>________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@
>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 0:02
>Judul: Re: [belajar-excel] SUMIF UNTUK TABEL YANG TELAH DI SORT
>
>
>
>
>Hai Krisan,
>
>Coba lampirkan contoh datanya.
>Caranya :
>Lakukan posting ke milis (buka topik baru atau reply email dari milis yang ada di Inbox) dari akun milis yang Anda daftarkan ke milis, layaknya Anda mengirim email ke rekan kerja sehari-hari.
>
>Alamat email milis yang menjadi tujuan (To) saat membuat email (compose email) adalah :
>belajar-excel@
>
>
>
>Ukuran file maksimal sesuai peraturan milis adalah 250KB, untuk memastikan bahwa data tersebut adalah contoh data dan bukan data kerja asli yang bisa jadi sebenarnya data yang bersifat rahasia.
>
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>2013/5/7 Krisan Flower <krisan_flower@
>
>
>>
>>Dear temen2 be exceller,
>>
>>saya mendapatkan kesulitan untuk menjumlahkan dengan kriteria tertentu, tetapi tabel telah dilakukan sort.
>>saya pake rumus sumif tp bagaimana caranya agar data yg dijumlahkan adalah data yg telah di sort saja.
>>
>>Mohon bantuannya temen2 saya sangat kesulitan saya sudah mencoba dengan subtotal tp kok tidak bisa.
>>terimakasih sebelumnya
>>
>>
>>
>>Salam
>>Krisan
>>
>
>
>
Thu May 9, 2013 10:47 pm (PDT) . Posted by:
"Sigit Eko S" seegatez
Selamat siang..
Mau tanya.. bisa enggak kirim email otomatis menggunakan Conditional
formatting ?
makasih ...
Sigit
Mau tanya.. bisa enggak kirim email otomatis menggunakan Conditional
formatting ?
makasih ...
Sigit
Thu May 9, 2013 10:55 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Sigit,
Mohon posting berikutnya tidak menyertakan akun lain (baik pribadi maupun
forum) di bagian To, cc, atau bcc.
Untuk kirim email menggunakan fitur conditional formatting tidak bisa
dilakukan.
Kalau dibantu VBA, mungkin bisa dibuat.
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 Sigit Eko S <sigitekos@gmail.com >
> **
>
>
> Selamat siang..
> Mau tanya.. bisa enggak kirim email otomatis menggunakan Conditional
> formatting ?
>
> makasih ...
>
>
> Sigit
>
>
>
Mohon posting berikutnya tidak menyertakan akun lain (baik pribadi maupun
forum) di bagian To, cc, atau bcc.
Untuk kirim email menggunakan fitur conditional formatting tidak bisa
dilakukan.
Kalau dibantu VBA, mungkin bisa dibuat.
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 Sigit Eko S <sigitekos@gmail.
> **
>
>
> Selamat siang..
> Mau tanya.. bisa enggak kirim email otomatis menggunakan Conditional
> formatting ?
>
> makasih ...
>
>
> Sigit
>
>
>
Thu May 9, 2013 10:48 pm (PDT) . Posted by:
"Penggoda Iman" b3ki_cot
slmt siang pra mr.excel
sya mw tnya lg tntng bagaimna menampilkan data dr sheet yg berbeda diuserform menggunakan combobox.
file terlampir
sya mw tnya lg tntng bagaimna menampilkan data dr sheet yg berbeda diuserform menggunakan combobox.
file terlampir
Thu May 9, 2013 11:00 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Coba langkah berikut :
1. sumber data untuk combobox list diberi nama range (misal diberi nama
_lstCbo1_
2. pada properti RowSource milik si combobox diisi dengan _lstCbo_ bisa
saat proses design, bisa dengan script.
Jika dengan script :
cboYangButuh.RowSource=vbnullstring
cboYangButuh.RowSource="_lstCbo1_"
letakkan ditempat yang membutuhkan, seperti event initialize userform,
tombol ini itu, dsb
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 Penggoda Iman <b3ki_cot@yahoo.co.id >
> **
>
>
> slmt siang pra mr.excel
> sya mw tnya lg tntng bagaimna menampilkan data dr sheet yg berbeda
> diuserform menggunakan combobox.
> file terlampir
>
>
>
1. sumber data untuk combobox list diberi nama range (misal diberi nama
_lstCbo1_
2. pada properti RowSource milik si combobox diisi dengan _lstCbo_ bisa
saat proses design, bisa dengan script.
Jika dengan script :
cboYangButuh.
cboYangButuh.
letakkan ditempat yang membutuhkan, seperti event initialize userform,
tombol ini itu, dsb
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 Penggoda Iman <b3ki_cot@yahoo.
> **
>
>
> slmt siang pra mr.excel
> sya mw tnya lg tntng bagaimna menampilkan data dr sheet yg berbeda
> diuserform menggunakan combobox.
> file terlampir
>
>
>
Thu May 9, 2013 11:04 pm (PDT) . Posted by:
"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Sekali lagi terima kasih untuk Mr. Kid dan para member yang turut menyimak pertanyaan ini.
Beberapa solusi yang disampaikan oleh Master Kid sangat membantu dan berhasil diterapkan.
Namun ternyata masih ada sedikit kendala atau kekurang tepatan.
Sehingga saya ingin bertanya kembali untuk lebih menyempurnakan.
Berikut saya sertakan juga file yang sudah saya modifikasi.
Atas bantuan dan penyempurnaannya saya sampaikan terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
- prodev simple -
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 18:03
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
File terlampir menggunakan cells bantu penentu batas awal pekan pertama dan batas akhir pekan terakhir untuk menghitung jumlah hari sabtu dan selain sabtu agar bisa menentukan jumlah jam kerja total.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/5/8 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>
>Maaf Mr. Kid dan member yang lain...
>Masih ada yang 'mengganjal39; nih :) --"maaf kalau banyak nanya"
>Ada sedikit kekurang pas-an ketika di kolom 'Selisih jam kerja bulan ini' yang masih menggunakan batasan durasi jam kerja adalah 7 jam (7:00)
>karena untuk hari Sabtu, batasan jam kerja hanya 5 jam kerja - 1 jam istirahat = 4 jam (4:00)
>
>Kira2 bagaimana rumus untuk menggabungkannya pada kolom 'Selisih jam kerja bulan ini' agar hasilnya tepat.
>Rumus sebelumnya :
>=IF($R$25<"7:00"*$R$24;"-";" ")&TEXT(ABS(INT(($R$25-"7:00"*$R$24)/"7:00")+MOD($R$25-"7:00"*$R$24;"7:00"));"d ""hari"" hh:mm")
>
>
>
>Terima kasih buanyaaak atas penjelasannya.
>
>Wassalamu39;alaikum Wr. Wb.
>
>
>- prodev simple -
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 22:38
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
>
>
>Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
>Jam pulang lebih awal :
>>> xl2007 ke atas :
>=COUNTIFS($B$5:$B$10,$D$13,$D$5:$D$10,"<"&$D$15)+COUNTIFS($B$5:$B$10,"<>"&$D$13,$D$5:$D$10,"<"&$C$15)
>
>>> semua versi : (silakan disederhanakan)
>=SUMPRODUCT(($B$5:$B$10=$D$13)*($D$5:$D$10<$D$15)*($D$5:$D$10>0))+SUMPRODUCT(($B$5:$B$10<>$D$13)*($D$5:$D$10<$C$15)*($D$5:$D$10>0))
>
>
>
>File terlampir.
>
>
>Wassalamu39;alaikum Wr. Wb.
>
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>2013/5/7 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
>
>>
>>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>>
>>
>>Maaf, ada yang tertinggal....ada satu kendala lagi.
>>Yaitu menggabungkan data yang memiliki 2 (dua) batasan yang berbeda.
>>Penjelasan dalam lampiran file (blok warna kuning)
>>
>>
>>
>>Atas penjelasannya disampaikan terima kasih.
>>Wassalam.
>>
>>- prodev simple -
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>>Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 1:18
>>Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>>
>>
>>
>>
>>Wa39;alaikumussalam Wr. Wb.
>>
>>1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
>> =CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
>>
>>2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau - untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah tipedatanya menjadi text.
>> =IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
>>
>>Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
>>
>>
>>3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
>>
>> =Int( durasi / rentang ) + Mod( durasi , rentang )
>>bahasa manusianya :
>>
>>"Hitung jumlah hari dari suatu nilai durasi (bertipe datetime) menurut hitungan setiap hari senilai sebanyak rentang jam [Int( durasi / rentang )] ditambahkan dengan sisa bagi durasi dengan rentang jam [Mod( durasi , rentang )]"
>>
>>
>>Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
>>
>>
>>Wassalam,
>>
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>>
>>
>>>
>>>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>>>
>>>
>>>Dear Para Master,
>>>Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana39; berikut :)
>>>Sebagaimana file terlampir.
>>>Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>>>
>>>
>>>Wassalam.
>>>
>>>- prodev simple -
>>>
>>
>>
>>
>
>
>
Sekali lagi terima kasih untuk Mr. Kid dan para member yang turut menyimak pertanyaan ini.
Beberapa solusi yang disampaikan oleh Master Kid sangat membantu dan berhasil diterapkan.
Namun ternyata masih ada sedikit kendala atau kekurang tepatan.
Sehingga saya ingin bertanya kembali untuk lebih menyempurnakan.
Berikut saya sertakan juga file yang sudah saya modifikasi.
Atas bantuan dan penyempurnaannya saya sampaikan terima kasih.
Wassalamu'
- prodev simple -
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: BeExcel <belajar-excel@
Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 18:03
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
Wa'alaikumussal
File terlampir menggunakan cells bantu penentu batas awal pekan pertama dan batas akhir pekan terakhir untuk menghitung jumlah hari sabtu dan selain sabtu agar bisa menentukan jumlah jam kerja total.
Wassalamu'
Kid.
2013/5/8 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
>Assalamu
>
>Maaf Mr. Kid dan member yang lain...
>Masih ada yang 'mengganjal
>Ada sedikit kekurang pas-an ketika di kolom 'Selisih jam kerja bulan ini' yang masih menggunakan batasan durasi jam kerja adalah 7 jam (7:00)
>karena untuk hari Sabtu, batasan jam kerja hanya 5 jam kerja - 1 jam istirahat = 4 jam (4:00)
>
>Kira2 bagaimana rumus untuk menggabungkannya pada kolom 'Selisih jam kerja bulan ini' agar hasilnya tepat.
>Rumus sebelumnya :
>=IF($R$25<
>
>
>
>Terima kasih buanyaaak atas penjelasannya.
>
>Wassalamu
>
>
>- prodev simple -
>
>
>
>________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@
>Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 22:38
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
>
>
>Wa'alaikumu
>
>Jam pulang lebih awal :
>>> xl2007 ke atas :
>=COUNTIFS(
>
>>> semua versi : (silakan disederhanakan)
>=SUMPRODUCT(
>
>
>
>File terlampir.
>
>
>Wassalamu
>
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>
>
>2013/5/7 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
>
>>
>>Assalamu
>>
>>
>>Maaf, ada yang tertinggal..
>>Yaitu menggabungkan data yang memiliki 2 (dua) batasan yang berbeda.
>>Penjelasan dalam lampiran file (blok warna kuning)
>>
>>
>>
>>Atas penjelasannya disampaikan terima kasih.
>>Wassalam.
>>
>>- prodev simple -
>>
>>
>>
>>____
>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>>Kepada: BeExcel <belajar-excel@
>>Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 1:18
>>Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>>
>>
>>
>>
>>Wa
>>
>>1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
>> =CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
>>
>>2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau - untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah tipedatanya menjadi text.
>> =IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
>>
>>Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
>>
>>
>>3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
>>
>> =Int( durasi / rentang ) + Mod( durasi , rentang )
>>bahasa manusianya :
>>
>>"
>>
>>
>>Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
>>
>>
>>Wassalam,
>>
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/
>>
>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>
Thu May 9, 2013 11:17 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
=IF(R25<R26,"-","
")&TEXT(ABS(INT(ABS(R25-R26)/"7:00"))+MOD(ABS(R25-R26),"7:00"),"d ""hari""
hh:mm")
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/5/10 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Sekali lagi terima kasih untuk Mr. Kid dan para member yang turut menyimak
> pertanyaan ini.
> Beberapa solusi yang disampaikan oleh Master Kid sangat membantu dan
> berhasil diterapkan.
> Namun ternyata masih ada sedikit kendala atau kekurang tepatan.
> Sehingga saya ingin bertanya kembali untuk lebih menyempurnakan.
> Berikut saya sertakan juga file yang sudah saya modifikasi.
>
> Atas bantuan dan penyempurnaannya saya sampaikan terima kasih.
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> - prodev simple -
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Dikirim:* Rabu, 8 Mei 2013 18:03
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> File terlampir menggunakan cells bantu penentu batas awal pekan pertama
> dan batas akhir pekan terakhir untuk menghitung jumlah hari sabtu dan
> selain sabtu agar bisa menentukan jumlah jam kerja total.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/8 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
> **
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Maaf Mr. Kid dan member yang lain...
> Masih ada yang 'mengganjal39; nih :) --"maaf kalau banyak nanya"
> Ada sedikit kekurang pas-an ketika di kolom 'Selisih jam kerja bulan ini'
> yang masih menggunakan batasan durasi jam kerja adalah 7 jam (7:00)
> karena untuk hari Sabtu, batasan jam kerja hanya 5 jam kerja - 1 jam
> istirahat = 4 jam (4:00)
>
> Kira2 bagaimana rumus untuk menggabungkannya pada kolom 'Selisih jam kerja
> bulan ini' agar hasilnya tepat.
> Rumus sebelumnya :
> =IF($R$25<"7:00"*$R$24;"-";"
> ")&TEXT(ABS(INT(($R$25-"7:00"*$R$24)/"7:00")+MOD($R$25-"7:00"*$R$24;"7:00"));"d
> ""hari"" hh:mm")
>
> Terima kasih buanyaaak atas penjelasannya.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> - prodev simple -
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Dikirim:* Selasa, 7 Mei 2013 22:38
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> Jam pulang lebih awal :
> >> xl2007 ke atas :
>
> =COUNTIFS($B$5:$B$10,$D$13,$D$5:$D$10,"<"&$D$15)+COUNTIFS($B$5:$B$10,"<>"&$D$13,$D$5:$D$10,"<"&$C$15)
>
> >> semua versi : (silakan disederhanakan)
>
> =SUMPRODUCT(($B$5:$B$10=$D$13)*($D$5:$D$10<$D$15)*($D$5:$D$10>0))+SUMPRODUCT(($B$5:$B$10<>$D$13)*($D$5:$D$10<$C$15)*($D$5:$D$10>0))
>
> File terlampir.
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2013/5/7 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
> **
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Maaf, ada yang tertinggal....ada satu kendala lagi.
> Yaitu menggabungkan data yang memiliki 2 (dua) batasan yang berbeda.
> Penjelasan dalam lampiran file (blok warna kuning)
>
> Atas penjelasannya disampaikan terima kasih.
> Wassalam.
> - prodev simple -
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Dikirim:* Selasa, 7 Mei 2013 1:18
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> 1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
> =CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data
> di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
>
> 2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah
> selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang
> dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk
> membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan
> kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau -
> untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah
> tipedatanya menjadi text.
> =IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir
> - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
> Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan
> untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah
> tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi
> waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
>
> 3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe
> datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
> =*Int*( *durasi */ *rentang *) + Mod( *durasi *, *rentang *)
> bahasa manusianya :
> "Hitung *jumlah hari* dari suatu nilai *durasi *(bertipe datetime)
> menurut hitungan setiap hari senilai sebanyak *rentang *jam [*Int*( *durasi
> */ *rentang *)] ditambahkan dengan sisa bagi *durasi *dengan *rentang *jam
> [Mod( *durasi *, *rentang *)]"
>
> Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil
> akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
> **
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>
> Dear Para Master,
> Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana39; berikut :)
> Sebagaimana file terlampir.
> Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>
> Wassalam.
>
> - prodev simple -
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
=IF(R25<R26,
")&TEXT(
hh:mm")
Wassalamu'
Kid.
2013/5/10 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
> **
>
>
> Assalamu'
>
> Sekali lagi terima kasih untuk Mr. Kid dan para member yang turut menyimak
> pertanyaan ini.
> Beberapa solusi yang disampaikan oleh Master Kid sangat membantu dan
> berhasil diterapkan.
> Namun ternyata masih ada sedikit kendala atau kekurang tepatan.
> Sehingga saya ingin bertanya kembali untuk lebih menyempurnakan.
> Berikut saya sertakan juga file yang sudah saya modifikasi.
>
> Atas bantuan dan penyempurnaannya saya sampaikan terima kasih.
> Wassalamu'
>
> - prodev simple -
>
> ------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@
> *Dikirim:* Rabu, 8 Mei 2013 18:03
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
> Wa'alaikumussal
>
> File terlampir menggunakan cells bantu penentu batas awal pekan pertama
> dan batas akhir pekan terakhir untuk menghitung jumlah hari sabtu dan
> selain sabtu agar bisa menentukan jumlah jam kerja total.
>
> Wassalamu'
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/8 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
> **
>
> Assalamu'
>
> Maaf Mr. Kid dan member yang lain...
> Masih ada yang 'mengganjal
> Ada sedikit kekurang pas-an ketika di kolom 'Selisih jam kerja bulan ini'
> yang masih menggunakan batasan durasi jam kerja adalah 7 jam (7:00)
> karena untuk hari Sabtu, batasan jam kerja hanya 5 jam kerja - 1 jam
> istirahat = 4 jam (4:00)
>
> Kira2 bagaimana rumus untuk menggabungkannya pada kolom 'Selisih jam kerja
> bulan ini' agar hasilnya tepat.
> Rumus sebelumnya :
> =IF($R$25<
> ")&TEXT(
> ""
>
> Terima kasih buanyaaak atas penjelasannya.
>
> Wassalamu'
>
> - prodev simple -
>
> ------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@
> *Dikirim:* Selasa, 7 Mei 2013 22:38
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
> Wa'alaikumussal
>
> Jam pulang lebih awal :
> >> xl2007 ke atas :
>
> =COUNTIFS($B$
>
> >> semua versi : (silakan disederhanakan)
>
> =SUMPRODUCT(
>
> File terlampir.
>
> Wassalamu'
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2013/5/7 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
> **
>
> Assalamu'
>
> Maaf, ada yang tertinggal..
> Yaitu menggabungkan data yang memiliki 2 (dua) batasan yang berbeda.
> Penjelasan dalam lampiran file (blok warna kuning)
>
> Atas penjelasannya disampaikan terima kasih.
> Wassalam.
> - prodev simple -
>
> ------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *Kepada:* BeExcel <belajar-excel@
> *Dikirim:* Selasa, 7 Mei 2013 1:18
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
> Wa'alaikumussal
>
> 1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
> =CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data
> di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
>
> 2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah
> selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang
> dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk
> membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan
> kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau -
> untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah
> tipedatanya menjadi text.
> =IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir
> - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
> Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan
> untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah
> tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi
> waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
>
> 3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe
> datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
> =*Int*( *durasi */ *rentang *) + Mod( *durasi *, *rentang *)
> bahasa manusianya :
> "Hitung *jumlah hari* dari suatu nilai *durasi *(bertipe datetime)
> menurut hitungan setiap hari senilai sebanyak *rentang *jam [*Int*( *durasi
> */ *rentang *)] ditambahkan dengan sisa bagi *durasi *dengan *rentang *jam
> [Mod( *durasi *, *rentang *)]"
>
> Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil
> akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
>
> 2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
> **
>
> Assalamu'
>
> Dear Para Master,
> Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana
> Sebagaimana file terlampir.
> Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>
> Wassalam.
>
> - prodev simple -
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar