11 New Messages
Digest #2290
Messages
Fri May 10, 2013 3:16 am (PDT) . Posted by:
"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple
Terima kasih Mr. Kid
Formula berhasil :)
Alhamdulillah, satu 'template39; selesai.
Semoga bermanfaat...semoga menjadi amal jariyah...Aamiin.
- prodev simple -
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Jumat, 10 Mei 2013 13:16
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
=IF(R25<R26,"-"," ")&TEXT(ABS(INT(ABS(R25-R26)/"7:00"))+MOD(ABS(R25-R26),"7:00"),"d ""hari"" hh:mm")
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/5/10 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>
>Sekali lagi terima kasih untuk Mr. Kid dan para member yang turut menyimak pertanyaan ini.
>Beberapa solusi yang disampaikan oleh Master Kid sangat membantu dan berhasil diterapkan.
>Namun ternyata masih ada sedikit kendala atau kekurang tepatan.
>Sehingga saya ingin bertanya kembali untuk lebih menyempurnakan.
>Berikut saya sertakan juga file yang sudah saya modifikasi.
>
>Atas bantuan dan penyempurnaannya saya sampaikan terima kasih.
>Wassalamu39;alaikum Wr. Wb.
>
>
>- prodev simple -
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 18:03
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
>
>
>Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
>File terlampir menggunakan cells bantu penentu batas awal pekan pertama dan batas akhir pekan terakhir untuk menghitung jumlah hari sabtu dan selain sabtu agar bisa menentukan jumlah jam kerja total.
>
>Wassalamu39;alaikum Wr. Wb.
>Kid.
>
>
>
>
>
>2013/5/8 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>
>
>>
>>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>>
>>Maaf Mr. Kid dan member yang lain...
>>Masih ada yang 'mengganjal39; nih :) --"maaf kalau banyak nanya"
>>Ada sedikit kekurang pas-an ketika di kolom 'Selisih jam kerja bulan ini' yang masih menggunakan batasan durasi jam kerja adalah 7 jam (7:00)
>>karena untuk hari Sabtu, batasan jam kerja hanya 5 jam kerja - 1 jam istirahat = 4 jam (4:00)
>>
>>Kira2 bagaimana rumus untuk menggabungkannya pada kolom 'Selisih jam kerja bulan ini' agar hasilnya tepat.
>>Rumus sebelumnya :
>>=IF($R$25<"7:00"*$R$24;"-";" ")&TEXT(ABS(INT(($R$25-"7:00"*$R$24)/"7:00")+MOD($R$25-"7:00"*$R$24;"7:00"));"d ""hari"" hh:mm")
>>
>>
>>
>>Terima kasih buanyaaak atas penjelasannya.
>>
>>Wassalamu39;alaikum Wr. Wb.
>>
>>
>>- prodev simple -
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>>Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 22:38
>>
>>Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>>
>>
>>
>>
>>Wa39;alaikumussalam Wr. Wb.
>>
>>Jam pulang lebih awal :
>>>> xl2007 ke atas :
>>=COUNTIFS($B$5:$B$10,$D$13,$D$5:$D$10,"<"&$D$15)+COUNTIFS($B$5:$B$10,"<>"&$D$13,$D$5:$D$10,"<"&$C$15)
>>
>>>> semua versi : (silakan disederhanakan)
>>=SUMPRODUCT(($B$5:$B$10=$D$13)*($D$5:$D$10<$D$15)*($D$5:$D$10>0))+SUMPRODUCT(($B$5:$B$10<>$D$13)*($D$5:$D$10<$C$15)*($D$5:$D$10>0))
>>
>>
>>
>>File terlampir.
>>
>>
>>Wassalamu39;alaikum Wr. Wb.
>>
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/5/7 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>>
>>
>>>
>>>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>>>
>>>
>>>Maaf, ada yang tertinggal....ada satu kendala lagi.
>>>Yaitu menggabungkan data yang memiliki 2 (dua) batasan yang berbeda.
>>>Penjelasan dalam lampiran file (blok warna kuning)
>>>
>>>
>>>
>>>Atas penjelasannya disampaikan terima kasih.
>>>Wassalam.
>>>
>>>- prodev simple -
>>>
>>>
>>>
>>>________________________________
>>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>>>Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>>>Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 1:18
>>>Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>>>
>>>1. Menghitung cacah dengan 1 kriteria dapat memanfaatkan CountIF.
>>> =CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
>>>
>>>2. Data bertipe datetime selalu positif. Kalkulasi durasi sesuatu adalah selisih dari nilai akhir dengan nilai awal. Karena nilai akhir dapat kurang dari nilai awal, maka durasi ditampilkan sebagai nilai absolute. Untuk membedakan kondisi antara durasi surut (nilai akhir < nilai awal) dengan kondisi maju (nilai akhir > nilai awal), maka tanda + untuk maju atau - untuk surut ditampilkan dengan fungsi IF dan nilai durasi diubah tipedatanya menjadi text.
>>> =IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
>>>
>>>Pemberian tanda spasi untuk kondisi nilai_akhir >= nilai_awal ditujukan untuk memelihara konsistensi data bahwa karakter pertama adalah sebuah tanda (surut atau maju) dan karakter berikutnya adalah menunjukkan durasi waktu terjadinya keadaan yang diwakili oleh tanda tersebut.
>>>
>>>
>>>3. Pengubahan rentang waktu per hari pada suatu data durasi bertipe datetime bisa dikalkulasi dengan susunan formula
>>>
>>> =Int( durasi / rentang ) + Mod( durasi , rentang )
>>>bahasa manusianya :
>>>
>>>"Hitung jumlah hari dari suatu nilai durasi (bertipe datetime) menurut hitungan setiap hari senilai sebanyak rentang jam [Int( durasi / rentang )] ditambahkan dengan sisa bagi durasi dengan rentang jam [Mod( durasi , rentang )]"
>>>
>>>
>>>Ketika durasi memiliki kemungkinan berarti surut (negatif), maka hasil akhir diubah menjadi bertipe text seperti nomor 2.
>>>
>>>
>>>Wassalam,
>>>
>>>Kid.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>2013/5/6 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@yahoo.com >
>>>
>>>
>>>>
>>>>Assalamu39;alaikum Wr. Wb.
>>>>
>>>>
>>>>Dear Para Master,
>>>>Mohon pencerahan atas kasus 'sederhana39; berikut :)
>>>>Sebagaimana file terlampir.
>>>>Atas perhatiannya dan solusinya disampaikan terima kasih.
>>>>
>>>>
>>>>Wassalam.
>>>>
>>>>- prodev simple -
>>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>
Formula berhasil :)
Alhamdulillah, satu 'template
Semoga bermanfaat..
- prodev simple -
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: BeExcel <belajar-excel@
Dikirim: Jumat, 10 Mei 2013 13:16
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
Wa'alaikumussal
=IF(R25<R26,
Wassalamu'
Kid.
2013/5/10 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
>Assalamu
>
>Sekali lagi terima kasih untuk Mr. Kid dan para member yang turut menyimak pertanyaan ini.
>Beberapa solusi yang disampaikan oleh Master Kid sangat membantu dan berhasil diterapkan.
>Namun ternyata masih ada sedikit kendala atau kekurang tepatan.
>Sehingga saya ingin bertanya kembali untuk lebih menyempurnakan.
>Berikut saya sertakan juga file yang sudah saya modifikasi.
>
>Atas bantuan dan penyempurnaannya saya sampaikan terima kasih.
>Wassalamu
>
>
>- prodev simple -
>
>
>
>________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>Kepada: BeExcel <belajar-excel@
>Dikirim: Rabu, 8 Mei 2013 18:03
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>
>
>
>
>Wa'alaikumu
>
>File terlampir menggunakan cells bantu penentu batas awal pekan pertama dan batas akhir pekan terakhir untuk menghitung jumlah hari sabtu dan selain sabtu agar bisa menentukan jumlah jam kerja total.
>
>Wassalamu
>Kid.
>
>
>
>
>
>2013/5/8 Prodev SIMPLE PB <prodev_simple@
>
>
>>
>>Assalamu
>>
>>Maaf Mr. Kid dan member yang lain...
>>Masih ada yang 'mengganjal
>>Ada sedikit kekurang pas-an ketika di kolom 'Selisih jam kerja bulan ini' yang masih menggunakan batasan durasi jam kerja adalah 7 jam (7:00)
>>karena untuk hari Sabtu, batasan jam kerja hanya 5 jam kerja - 1 jam istirahat = 4 jam (4:00)
>>
>>Kira2 bagaimana rumus untuk menggabungkannya pada kolom 'Selisih jam kerja bulan ini' agar hasilnya tepat.
>>Rumus sebelumnya :
>>=IF(
>>
>>
>>
>>Terima kasih buanyaaak atas penjelasannya.
>>
>>Wassalamu
>>
>>
>>- prodev simple -
>>
>>
>>
>>____
>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>>Kepada: BeExcel <belajar-excel@
>>Dikirim: Selasa, 7 Mei 2013 22:38
>>
>>Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung Statistik Jam Kerja
>>
>>
>>
>>
>>Wa
>>
>>Jam pulang lebih awal :
>>>
>>=COUNTIFS(
>>
>>>
>>=SUMPRODUCT
>>
>>
>>
>>File terlampir.
>>
>>
>>Wassalamu
>>
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>2013/
>>
>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> =CountIF( range_data , ">" & suatu_nilai ) artinya hitung cacah data di range_data yang nilainya lebih dari suatu_nilai.
>>>
>>>
>>> =IF( nilai_akhir < nilai_awal , "-" , " " ) & Text( Abs( nilai_akhir - nilai_awal ) , "[hh]:mm" )
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>> =Int( durasi / rentang ) + Mod( durasi , rentang )
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>
Fri May 10, 2013 3:18 am (PDT) . Posted by:
"Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002
Dear All,
Mohon bantuannya dengan permasalahan saya.
Saya ingin insert banyak cell secara bersamaan, dengan cara cell awal sampai akhir (12.000 cells) saya blok, kemudian saya masuk ke Go To Special >> Blank,untuk memilih cell yang kosong yang akan saya insert, dan kemudian saya insert saya pilih shify ke kanan. Namun selalu gagal, dengan tulisan seperti pada lampiran.
Saya coba untuk 300 baris data tidak masalah. Mohon bantuannya dan petunjuknya
Terima kasih
Juwono RE
Mohon bantuannya dengan permasalahan saya.
Saya ingin insert banyak cell secara bersamaan, dengan cara cell awal sampai akhir (12.000 cells) saya blok, kemudian saya masuk ke Go To Special >> Blank,untuk memilih cell yang kosong yang akan saya insert, dan kemudian saya insert saya pilih shify ke kanan. Namun selalu gagal, dengan tulisan seperti pada lampiran.
Saya coba untuk 300 baris data tidak masalah. Mohon bantuannya dan petunjuknya
Terima kasih
Juwono RE
Fri May 10, 2013 5:31 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Pak Juwono,
Boleh diceritakan kenapa kok butuh insert ke kanan terus ?
Kira-kira pernah terbayang ndak kalau suatu saat nanti, cell insert-an akan
menggeser data yang sudah ada kekanan sampai melebihi batas kolom yang
disediakan Excel ?
Kalau belum pernah terbayang, maka tulisan yang sering muncul itulah yang
terjadi ketika data mencapai kolom terkanan Excel.
Jika di-insert terus seperti itu, apakah file tidak menjadi besar sekali
dengan data yang sedikit ?
Nah... bagaimana jika tidak insert lagi, tapi copy paste sejumlah kolom ke
kolom kanannya. Jadi jumlah kolom yang terpakai selalu tetap dan ukuran
file jauh lebih terkendali. Lebih bagus lagi jika di copy ke sheet lain
yang menjadi semacam log perubahan data. Semacam history gitu.
Jadi data baru selalu me-replace data lama.
Jika data adalah sebuah series, sebaiknya disusun suatu tabel data
berkaidah database dan coba disusun output di sebuah sheet berdasar sheet
data tadi dengan fitur seperti pivot table. Dengan demikian, series data
akan selalu terbentuk ke kanan, meskipun data di sheet data selalu
bertambah kebawah.
Kira-kira demikian, moga-moga agak jelas.
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 Juwono Radyanto Edi <juwono.re2002@yahoo.com >
> **
>
>
> Dear All,
>
> Mohon bantuannya dengan permasalahan saya.
> Saya ingin insert banyak cell secara bersamaan, dengan cara cell awal
> sampai akhir (12.000 cells) saya blok, kemudian saya masuk ke Go To Special
> >> Blank,untuk memilih cell yang kosong yang akan saya insert, dan
> kemudian saya insert saya pilih shify ke kanan. Namun selalu gagal, dengan
> tulisan seperti pada lampiran.
> Saya coba untuk 300 baris data tidak masalah. Mohon bantuannya dan
> petunjuknya
>
> Terima kasih
> Juwono RE
>
>
>
Boleh diceritakan kenapa kok butuh insert ke kanan terus ?
Kira-kira pernah terbayang ndak kalau suatu saat nanti, cell insert-an akan
menggeser data yang sudah ada kekanan sampai melebihi batas kolom yang
disediakan Excel ?
Kalau belum pernah terbayang, maka tulisan yang sering muncul itulah yang
terjadi ketika data mencapai kolom terkanan Excel.
Jika di-insert terus seperti itu, apakah file tidak menjadi besar sekali
dengan data yang sedikit ?
Nah... bagaimana jika tidak insert lagi, tapi copy paste sejumlah kolom ke
kolom kanannya. Jadi jumlah kolom yang terpakai selalu tetap dan ukuran
file jauh lebih terkendali. Lebih bagus lagi jika di copy ke sheet lain
yang menjadi semacam log perubahan data. Semacam history gitu.
Jadi data baru selalu me-replace data lama.
Jika data adalah sebuah series, sebaiknya disusun suatu tabel data
berkaidah database dan coba disusun output di sebuah sheet berdasar sheet
data tadi dengan fitur seperti pivot table. Dengan demikian, series data
akan selalu terbentuk ke kanan, meskipun data di sheet data selalu
bertambah kebawah.
Kira-kira demikian, moga-moga agak jelas.
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 Juwono Radyanto Edi <juwono.re2002@
> **
>
>
> Dear All,
>
> Mohon bantuannya dengan permasalahan saya.
> Saya ingin insert banyak cell secara bersamaan, dengan cara cell awal
> sampai akhir (12.000 cells) saya blok, kemudian saya masuk ke Go To Special
> >> Blank,untuk memilih cell yang kosong yang akan saya insert, dan
> kemudian saya insert saya pilih shify ke kanan. Namun selalu gagal, dengan
> tulisan seperti pada lampiran.
> Saya coba untuk 300 baris data tidak masalah. Mohon bantuannya dan
> petunjuknya
>
> Terima kasih
> Juwono RE
>
>
>
Fri May 10, 2013 3:18 am (PDT) . Posted by:
"dheny" dheny_brs
assalamu'alaikum wr wb
saya adalah pengguna excel, tetapi saya sama sekali buta mengenai macro excel.
saya ingin belajar macro excel dari dasar termasuk bahasa yang dipergunakan dalam macro excel, bagaimana caranya..?
mohon pencerahan.
terima kasih, wassalam
Dheny
saya adalah pengguna excel, tetapi saya sama sekali buta mengenai macro excel.
saya ingin belajar macro excel dari dasar termasuk bahasa yang dipergunakan dalam macro excel, bagaimana caranya..?
mohon pencerahan.
terima kasih, wassalam
Dheny
Fri May 10, 2013 5:25 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
Cara belajar macro ya...
sepertinya bisa diawali begini :
1. Pahami dasar-dasar Excel seperti :
>> tipe data di cell Excel,
>> memahami apa itu sheet, worksheet, workbook, cell, range
(sepertinya mudah ya)
>> fitur-fitur Excel dan tabiatnya (yang umum saja dulu seperi copy,
paste special, goto special, sort, autofilter, delete row, clear, clear
contents)
2. Mengenal Macro
>> lihat-lihat fitur Excel tentang Record Macro
>> lihat-lihat object control seperti checkbox, listbox, dsb yang bisa
dipasang dalam worksheet, termasuk properti dan format control-nya
>> baca-baca tentang cara record macro, stopr recording
3. Mengenal area menulis script
>> cara ke VBE atau kembali ke worksheet
>> barang-barang dalam VBE (Project Explorer beserta isinya, window
properties, lembar script, combobox untuk pilih object, combobox untuk
pilih event, dsb
4. Baca-baca tentang VBA (bahasa yang digunakan dalam Macro adalah Visual
Basic for Application)
misal files di folder files milis tentang VBA at glance (login YahooID
-> ke website milis -> lihat folder files cari filenya disana)
termasuk link-link belajar VBA yang daftarnya ada dalam sebuah file di
folder files milis.
5. berani mencoba, setidaknya, milis Belajar-Excel bisa menjadi arena
curhat ketika kebingungan dalam mencobanya.
imho,
VBA jauh lebih mudah dipelajari ketimbang mempelajari karakteristik setiap
fitur dan object dalam Excel, apalagi karakteristik setiap fungsi bawaan
Excel. So.... berani mencoba adalah modal yang berharga dalam belajar Excel
VBA.
tips.
Jika tidak tahu bagaimana cara melakukan sesuatu yang diinginkan di VBA,
lakukan dulu dalam worksheet secara manual memanfaatkan segala potensi
Excel tanpa VBA. Setelah itu ulangi lagi prosesnya sambil record macro.
Biasanya cara ini akan membantu memahami pemanfaatan kemampuan yang
dimiliki Excel melalui VBA.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.
2013/5/10 dheny <dheny_brs@yahoo.co.id >
> **
>
>
> assalamu'alaikum wr wb
>
> saya adalah pengguna excel, tetapi saya sama sekali buta mengenai macro
> excel.
> saya ingin belajar macro excel dari dasar termasuk bahasa yang
> dipergunakan dalam macro excel, bagaimana caranya..?
>
> mohon pencerahan.
>
> terima kasih, wassalam
>
> Dheny
>
>
>
Cara belajar macro ya...
sepertinya bisa diawali begini :
1. Pahami dasar-dasar Excel seperti :
>> tipe data di cell Excel,
>> memahami apa itu sheet, worksheet, workbook, cell, range
(sepertinya mudah ya)
>> fitur-fitur Excel dan tabiatnya (yang umum saja dulu seperi copy,
paste special, goto special, sort, autofilter, delete row, clear, clear
contents)
2. Mengenal Macro
>> lihat-lihat fitur Excel tentang Record Macro
>> lihat-lihat object control seperti checkbox, listbox, dsb yang bisa
dipasang dalam worksheet, termasuk properti dan format control-nya
>> baca-baca tentang cara record macro, stopr recording
3. Mengenal area menulis script
>> cara ke VBE atau kembali ke worksheet
>> barang-barang dalam VBE (Project Explorer beserta isinya, window
properties, lembar script, combobox untuk pilih object, combobox untuk
pilih event, dsb
4. Baca-baca tentang VBA (bahasa yang digunakan dalam Macro adalah Visual
Basic for Application)
misal files di folder files milis tentang VBA at glance (login YahooID
-> ke website milis -> lihat folder files cari filenya disana)
termasuk link-link belajar VBA yang daftarnya ada dalam sebuah file di
folder files milis.
5. berani mencoba, setidaknya, milis Belajar-Excel bisa menjadi arena
curhat ketika kebingungan dalam mencobanya.
imho,
VBA jauh lebih mudah dipelajari ketimbang mempelajari karakteristik setiap
fitur dan object dalam Excel, apalagi karakteristik setiap fungsi bawaan
Excel. So.... berani mencoba adalah modal yang berharga dalam belajar Excel
VBA.
tips.
Jika tidak tahu bagaimana cara melakukan sesuatu yang diinginkan di VBA,
lakukan dulu dalam worksheet secara manual memanfaatkan segala potensi
Excel tanpa VBA. Setelah itu ulangi lagi prosesnya sambil record macro.
Biasanya cara ini akan membantu memahami pemanfaatan kemampuan yang
dimiliki Excel melalui VBA.
Wassalamu'
Kid.
2013/5/10 dheny <dheny_brs@yahoo.
> **
>
>
> assalamu'
>
> saya adalah pengguna excel, tetapi saya sama sekali buta mengenai macro
> excel.
> saya ingin belajar macro excel dari dasar termasuk bahasa yang
> dipergunakan dalam macro excel, bagaimana caranya..?
>
> mohon pencerahan.
>
> terima kasih, wassalam
>
> Dheny
>
>
>
Fri May 10, 2013 3:22 am (PDT) . Posted by:
"daniel_aho" daniel_aho
Dear Para Master2 Excel,
mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan checkbox
sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
checkbox yang dipilih,
berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
mohon maaf jika selalu merepotkan,
terima kasih sekali
daniel.
mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan checkbox
sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
checkbox yang dipilih,
berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
mohon maaf jika selalu merepotkan,
terima kasih sekali
daniel.
Fri May 10, 2013 5:03 am (PDT) . Posted by:
"lapendosol opik" lapendosol
Sambil nunggu temen-temen yang lain jawab, ikutan bantu ya
Coba kasih solusi versi saya, semoga bisa jadi pertimbangan
Hehehe
________________________________
From: daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id >
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, May 10, 2013 4:48 PM
Subject: [belajar-excel] checkBox untuk filter dan sum
Dear Para Master2 Excel,
mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan checkbox
sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
checkbox yang dipilih,
berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
mohon maaf jika selalu merepotkan,
terima kasih sekali
daniel.
Coba kasih solusi versi saya, semoga bisa jadi pertimbangan
Hehehe
____________
From: daniel_aho <daniel_aho@yahoo.
To: belajar-excel@
Sent: Friday, May 10, 2013 4:48 PM
Subject: [belajar-excel] checkBox untuk filter dan sum
Dear Para Master2 Excel,
mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan checkbox
sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
checkbox yang dipilih,
berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
mohon maaf jika selalu merepotkan,
terima kasih sekali
daniel.
Fri May 10, 2013 5:10 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Mau coba yang agak ribet waktu buatnya ?
File terlampir memanfaatkan properti linkedcells.
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Dear Para Master2 Excel,
>
> mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan checkbox
> sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
> checkbox yang dipilih,
> berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
>
> mohon maaf jika selalu merepotkan,
>
> terima kasih sekali
>
> daniel.
>
>
>
File terlampir memanfaatkan properti linkedcells.
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 daniel_aho <daniel_aho@yahoo.
> **
>
>
> Dear Para Master2 Excel,
>
> mohon dibantu pencerahannya, bagaimana rumus untuk menjalankan checkbox
> sehingga berfungsi sebagai filter data dan fungsi Sum sesuai dengan
> checkbox yang dipilih,
> berikut terlampir filenya untuk lebih jelasnya.
>
> mohon maaf jika selalu merepotkan,
>
> terima kasih sekali
>
> daniel.
>
>
>
Fri May 10, 2013 5:03 am (PDT) . Posted by:
"Emi" emilestariklcc
Terima kasih, udah berhasil dan sesuai harapan
________________________________
From: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Friday, May 10, 2013 2:47 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Value MAX di ROW ditulis nama headernya.
Dear Emi,
Coba pada cell G2 pakai rumus
=INDEX($B$1:$G$1,MATCH(MAX(B2:F2),B2:F2,0))
Copy ke bawah
Semoga sesuai harapan ya
Trimakasih
Wassalam,
________________________________
From: Emi <emilestariklcc@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Thursday, May 9, 2013 9:45 PM
Subject: [belajar-excel] Value MAX di ROW ditulis nama headernya.
Teman dan pakarExcel,
Kalau
hanya mencari yg terbesar itu mudah, =MAX(B2:F2), return value ialah
30%,
tetapi bagaimana supaya return valuenya adalah nama produk seperti di
headernya.
Terima kasih, file dilampirkan
-Emi Lestari
____________
From: lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
To: "belajar-excel@
Sent: Friday, May 10, 2013 2:47 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Value MAX di ROW ditulis nama headernya.
Dear Emi,
Coba pada cell G2 pakai rumus
=INDEX($B$1:
Copy ke bawah
Semoga sesuai harapan ya
Trimakasih
Wassalam,
____________
From: Emi <emilestariklcc@
To: "belajar-excel@
Sent: Thursday, May 9, 2013 9:45 PM
Subject: [belajar-excel] Value MAX di ROW ditulis nama headernya.
Teman dan pakarExcel,
Kalau
hanya mencari yg terbesar itu mudah, =MAX(B2:F2), return value ialah
30%,
tetapi bagaimana supaya return valuenya adalah nama produk seperti di
headernya.
Terima kasih, file dilampirkan
-Emi Lestari
Fri May 10, 2013 6:10 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Sepertinya dengan melampirkan contoh data akan lebih mudah memahami bentuk
nomor yang harus dibuat.
Cara menyertakan file lampiran adalah dengan mengirim email ke milis
melalui akun email yang Anda daftarkan ke milis seperti Anda meng-email
rekan kerja sehari-hari.
Berikut alamat email milis :
belajar-excel@yahoogroups.com
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 Murni Always <murnialways_smile@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Selamat Pagi Para Master..
>
> Mohon bantuanya untuk memecahkan kasus penomoran otomatis yang sedang saya
> hadipi berikut:
> Sheet 1 Colom A :Cus/01/IV/2013
> Sheet 2 Colom A :Cus/02/IV/2013
> Sheet 3 Colom A:...
> dan selanjutnya..
> bagaimana caranya agar saya tidak mengubah nomor satu-satu,
> jadi ketika sayang mengubah disheet 1, untuk sheet selanjutnya akan
> berubah secara otomatis dan terurut ?
>
> mohon bantuanya para master..
>
>
> Terima kasih
>
> Murni
>
>
>
nomor yang harus dibuat.
Cara menyertakan file lampiran adalah dengan mengirim email ke milis
melalui akun email yang Anda daftarkan ke milis seperti Anda meng-email
rekan kerja sehari-hari.
Berikut alamat email milis :
belajar-excel@
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 Murni Always <murnialways_
> **
>
>
> Selamat Pagi Para Master..
>
> Mohon bantuanya untuk memecahkan kasus penomoran otomatis yang sedang saya
> hadipi berikut:
> Sheet 1 Colom A :Cus/01/IV/2013
> Sheet 2 Colom A :Cus/02/IV/2013
> Sheet 3 Colom A:...
> dan selanjutnya.
> bagaimana caranya agar saya tidak mengubah nomor satu-satu,
> jadi ketika sayang mengubah disheet 1, untuk sheet selanjutnya akan
> berubah secara otomatis dan terurut ?
>
> mohon bantuanya para master..
>
>
> Terima kasih
>
> Murni
>
>
>
Fri May 10, 2013 6:15 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Hai Fuadi,
Formula tidak bisa melakukan kegiatan secara leluasa terhadap properti Bold.
Jika dengan UDF (fungsi buatan sendiri yang dibuat dengan VBA) pun juga
tidak bisa dilakukan. Jika wujudnya mengganti cell lain (potongan teks
disuatu cell yang berisi data text terformat) biasanya bisa dilakukan
dengan UDF, tetapi jarang ada yang stabil alias gampang sekali crash. Entah
kenapa hal ini terjadi.
Hal yang memungkinkan dan relatif mudah adalah memanfaatkan suatu runtime
VBA (bukan formula). Biasanya hal ini membutuhkan trigger dari user,
seperti mengubah sebuah cell tertentu atau menekan tombol tertentu.
moga-moga ada ide lain dari BeExceller yang pernah mengalami hal serupa.
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 Fuadi Arief <sifuad.xl@gmail.com >
> **
>
>
> Mohon bantuan teman2, bagaimana cara bold kata2 yang menggunakan rumus di
> dalam 1 cell? file terlampir. Thanks sebelumnya. ;)
>
>
>
Formula tidak bisa melakukan kegiatan secara leluasa terhadap properti Bold.
Jika dengan UDF (fungsi buatan sendiri yang dibuat dengan VBA) pun juga
tidak bisa dilakukan. Jika wujudnya mengganti cell lain (potongan teks
disuatu cell yang berisi data text terformat) biasanya bisa dilakukan
dengan UDF, tetapi jarang ada yang stabil alias gampang sekali crash. Entah
kenapa hal ini terjadi.
Hal yang memungkinkan dan relatif mudah adalah memanfaatkan suatu runtime
VBA (bukan formula). Biasanya hal ini membutuhkan trigger dari user,
seperti mengubah sebuah cell tertentu atau menekan tombol tertentu.
moga-moga ada ide lain dari BeExceller yang pernah mengalami hal serupa.
Wassalam,
Kid.
2013/5/10 Fuadi Arief <sifuad.xl@gmail.
> **
>
>
> Mohon bantuan teman2, bagaimana cara bold kata2 yang menggunakan rumus di
> dalam 1 cell? file terlampir. Thanks sebelumnya. ;)
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar