15 New Messages
Digest #2320
1a
Bls: [belajar-excel] Hitungan yang membuat buntu pikiran saya???? by "Shenly Ruchman" shenly_excelmania
3a
Bls: [belajar-excel] melihat log transaksi tanggal pada min dan max by "neza ibaneza" nezaibaneza
4c
Bls: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuk by "Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com
Messages
Sun May 26, 2013 9:53 pm (PDT) . Posted by:
"Shenly Ruchman" shenly_excelmania
terima kasih banyak pak Hendrik dan Mr. kid , rumusan dan penjelasannya sangat super good banget dehh....
salam...
shenly ^^*
________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 12:14
Judul: Re: [belajar-excel] Hitungan yang membuat buntu pikiran saya????
Pinjem formula Pak Hendrik saja... :)
Jadi, formula yang diberikan Pak Hendrik ini :
=SUMIFS($E$3:$E$28,$B$3:$B$28,$R4,$D$3:$D$28,S$3)-SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$I$3:$I$14,S$3)+SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$J$3:$J$14,S$3)-SUMIFS($P$3:$P$11,$N$3:$N$11,$R4,$O$3:$O$11,S$3)
terdiri dari 4 bagian, yaitu :
1. TABLE OF FUNDS IN
SUMIFS($E$3:$E$28,$B$3:$B$28,$R4,$D$3:$D$28,S$3)
>> mestinya dengan bekal ini saja, Shenly sudah bisa menyusun bagian yang lainnya dengan SumIFs
2. dikurang (TABLE OF TRANSFER From Product)
-SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$I$3:$I$14,S$3)
3. ditambah (TABLE OF TRANSFER To Prodcut)
+SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$J$3:$J$14,S$3)
4. dikurang (TABLE OF EXPENDITURE)
-SUMIFS($P$3:$P$11,$N$3:$N$11,$R4,$O$3:$O$11,S$3)
Empat bagian di atas bisa dibuat dikolom yang berbeda-beda dulu (misal di kolom ke1 sampai ke4)
Kemudian di kolom ke-5 diberi formula
=kolom ke1 + kolom ke2 + kolom ke3 + kolom ke4
lalu setiap bagiannya (kolom ke1, kolom ke2, dst) diganti dengan bunyi formula yang sesuai.
=SUMIFS($E$3:$E$28,$B$3:$B$28,$R4,$D$3:$D$28,S$3) + kolom ke2 + kolom ke3 + kolom ke4
lalu jadi :
=SUMIFS($E$3:$E$28,$B$3:$B$28,$R4,$D$3:$D$28,S$3) -SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$I$3:$I$14,S$3) + kolom ke3 + kolom ke4
terus jadi :
=SUMIFS($E$3:$E$28,$B$3:$B$28,$R4,$D$3:$D$28,S$3) -SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$I$3:$I$14,S$3) +SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$J$3:$J$14,S$3) + kolom ke4
dan akhirnya :
=SUMIFS($E$3:$E$28,$B$3:$B$28,$R4,$D$3:$D$28,S$3)-SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$I$3:$I$14,S$3)+SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$J$3:$J$14,S$3)-SUMIFS($P$3:$P$11,$N$3:$N$11,$R4,$O$3:$O$11,S$3)
Hasil substitusi bunyi formula inilah yang menjadi formula gabungannya, yang akan dipakai di cell hasil aslinya.
Kolom bantu kolom ke1 sampai kolom ke4 beserta gabungannya bisa dihapus.
Yang perlu diingat, SumIFs mulai ada di xl2007 ke atas. Untuk semua versi, maka ganti SumIFs dengan SumProduct, menjadi :
=SUMProduct($E$3:$E$28*($B$3:$B$28=$R4)*($D$3:$D$28=S$3))-SUMProduct($K$3:$K$14*($H$3:$H$14=$R4)*($I$3:$I$14=S$3))+SUMProduct($K$3:$K$14*($H$3:$H$14=$R4)*($J$3:$J$14=S$3))-SUMProduct($P$3:$P$11*($N$3:$N$11=$R4)*($O$3:$O$11=S$3))
Kalau ingin sedikit disederhanakan menjadi :
=SUMProduct($E$3:$E$28*($B$3:$B$28=$R4)*($D$3:$D$28=S$3))+SUMProduct($K$3:$K$14*($H$3:$H$14=$R4)*(($J$3:$J$14=S$3)-($I$3:$I$14=S$3)))-SUMProduct($P$3:$P$11*($N$3:$N$11=$R4)*($O$3:$O$11=S$3))
dengan bagian :
1. TABLE OF FUNDS IN
SUMProduct( $E$3:$E$28 * ($B$3:$B$28=$R4) * ($D$3:$D$28=S$3) )
2. ditambah ((TABLE OF TRANSFER To Prodcut) dikurang (TABLE OF TRANSFER From Product)) [karena dari tabel yang sama]
+SUMProduct($K$3:$K$14 * ($H$3:$H$14=$R4) *(($J$3:$J$14=S$3)-($I$3:$I$14=S$3)) )
3. dikurang (TABLE OF EXPENDITURE)
-SUMProduct($P$3:$P$11*($N$3:$N$11=$R4)*($O$3:$O$11=S$3))
Wassalam,
Kid.
2013/5/27 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
>
>Hi Shenly,
>
>
>Pakai formula Sumifs berikut ini pada sel S4, kemudian copy ke samping dan ke bawah (perhatikan letak tanda $).
>=SUMIFS($E$3:$E$28,$B$3:$B$28,$R4,$D$3:$D$28,S$3)-SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$I$3:$I$14,S$3)+SUMIFS($K$3:$K$14,$H$3:$H$14,$R4,$J$3:$J$14,S$3)-SUMIFS($P$3:$P$11,$N$3:$N$11,$R4,$O$3:$O$11,S$3).
>
>
>
>Total hasil harus sama dengan 9.781.600
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>________________________________
> From: Shenly Ruchman <shenly_excelmania@yahoo.co.id >
>To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Sent: Sunday, 26 May 2013, 13:58
>Subject: [belajar-excel] Hitungan yang membuat buntu pikiran saya????
>
>
>
>
>Assalamualaikum master2 sekalian, kembali saya bertanya , kali ini saya mendapat masalah yang cukup sulit mungkin karena saya masih newbie yah di excel hehehehe...
>langsung saja yah.......untuk contoh masalahnya sudah sya lampirkan file, mohon penceraha rumus2 ajaibnya dari master2 heheheheh ^^* terima kasih
>
>
>
>
>
>Shenly ^^*
>
>
>
salam...
shenly ^^*
____________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
Kepada: BeExcel <belajar-excel@
Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 12:14
Judul: Re: [belajar-excel] Hitungan yang membuat buntu pikiran saya????
Pinjem formula Pak Hendrik saja... :)
Jadi, formula yang diberikan Pak Hendrik ini :
=SUMIFS($E$3:
terdiri dari 4 bagian, yaitu :
1. TABLE OF FUNDS IN
SUMIFS($E$3:
>> mestinya dengan bekal ini saja, Shenly sudah bisa menyusun bagian yang lainnya dengan SumIFs
2. dikurang (TABLE OF TRANSFER From Product)
-SUMIFS($K$3:
3. ditambah (TABLE OF TRANSFER To Prodcut)
+SUMIFS($K$3:
4. dikurang (TABLE OF EXPENDITURE)
-SUMIFS($P$3:
Empat bagian di atas bisa dibuat dikolom yang berbeda-beda dulu (misal di kolom ke1 sampai ke4)
Kemudian di kolom ke-5 diberi formula
=kolom ke1 + kolom ke2 + kolom ke3 + kolom ke4
lalu setiap bagiannya (kolom ke1, kolom ke2, dst) diganti dengan bunyi formula yang sesuai.
=SUMIFS($E$3:
lalu jadi :
=SUMIFS($E$3:
terus jadi :
=SUMIFS($E$3:
dan akhirnya :
=SUMIFS($E$3:
Hasil substitusi bunyi formula inilah yang menjadi formula gabungannya, yang akan dipakai di cell hasil aslinya.
Kolom bantu kolom ke1 sampai kolom ke4 beserta gabungannya bisa dihapus.
Yang perlu diingat, SumIFs mulai ada di xl2007 ke atas. Untuk semua versi, maka ganti SumIFs dengan SumProduct, menjadi :
=SUMProduct(
Kalau ingin sedikit disederhanakan menjadi :
=SUMProduct(
dengan bagian :
1. TABLE OF FUNDS IN
SUMProduct( $E$3:$E$28 * ($B$3:$B$28=
2. ditambah ((TABLE OF TRANSFER To Prodcut) dikurang (TABLE OF TRANSFER From Product)) [karena dari tabel yang sama]
+SUMProduct(
3. dikurang (TABLE OF EXPENDITURE)
-SUMProduct(
Wassalam,
Kid.
2013/5/27 hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
>
>Hi Shenly,
>
>
>Pakai formula Sumifs berikut ini pada sel S4, kemudian copy ke samping dan ke bawah (perhatikan letak tanda $).
>=SUMIFS(
>
>
>
>Total hasil harus sama dengan 9.781.600
>
>
>Salam,
>HK
>
>
>
>________
> From: Shenly Ruchman <shenly_excelmania@
>To: "belajar-excel@
>Sent: Sunday, 26 May 2013, 13:58
>Subject: [belajar-excel] Hitungan yang membuat buntu pikiran saya????
>
>
>
>
>Assalamualaikum master2 sekalian, kembali saya bertanya , kali ini saya mendapat masalah yang cukup sulit mungkin karena saya masih newbie yah di excel hehehehe...
>langsung saja yah.......untuk contoh masalahnya sudah sya lampirkan file, mohon penceraha rumus2 ajaibnya dari master2 heheheheh ^^* terima kasih
>
>
>
>
>
>Shenly ^^*
>
>
>
Sun May 26, 2013 10:41 pm (PDT) . Posted by:
"summonery" summonery
Setuju sekali,, o iya waktu itu ada yang mengajukan tempat, apa masih valid ya,, kalau tempatnya banyak, mungkin malah bisa semacam safari seminar excel gitu... bulan ini ketempat A, bulan selanjutnya ketempat B, dst :) aula rw, sekolahan, universitas, perusahaan, instansi pemerintah semuanya oke, dengan kopdar excel sharing ilmu semakin luas, bersama menggali potensi excel, tambah pertemanan serta network.
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Yup, 'informasi tentang lokasi lebih dulu'
> Mulai dari kapasitas lokasi, harga sewa, fasilitas infocus dan sound
> system, syukur-syukur kalo lokasinya bergerak di bidang pendidikan (sekolah
> tinggi atau apalah) bisa ditanyakan ada gak cara kerjasama supaya mereka
> bisa ikut acara dengan modal pinjemin ruangan.
>
> Mungkin untuk kopdar pertama difokuskan untuk lokasi di Jakarta ya (Jakarta
> Selatan, Timur, Utara, Barat, Pusat). Kalau agak diluarnya, mungkin yang
> relatif bisa dengan mudah dicapai dengan angkutan umum atau daerah yang
> sudah banyak dikenal orang [maklum, saya orang baru di jabodetabek]
>
> :)
>
>
>
>
>
> 2013/5/27 lapendosol opik <lapendosol@...>
>
> > **
> >
> >
> > Boleh banget Pak, yang penting kumpulin informasi lokasi sebanyak2nya kalo
> > bisa yang detail masalah kapasitas di lokasi tersebut sehingga bisa
> > disesuaikan dengan perkiraan banyaknya peserta/anggota milis yang ikut
> > dateng. Anggota milis yang lain ada usul mengenai lokasi ga? Hayuk demi
> > kelancaran acara kopdar pertama Be-Exceller kita bareng-bareng
> > kerjasamanya, terutama untuk lokasi terlebih dahulu.
> >
> > Salam,
> >
> > ------------------------------
> > *From:* Aliif Akbar <aliif.akbar@...>
> > *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
> > *Sent:* Monday, May 27, 2013 6:39 AM
> >
> > *Subject:* RE: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Kalo lokasinya di sekolah, kampus, gedung rt/rw gitu boleh g pak opik?
> >
> > Salam,
> > ------------------------------
> > From: lapendosol opik <lapendosol@...>
> > Sent: 26/05/2013 16:24
> > To: belajar-excel@yahoogroups.com
> > Subject: Re: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > NB:
> > Maaf salah ketik, bukan REVENUE tapi MENU
> >
> >
> > ------------------------------
> > *From:* lapendosol opik <lapendosol@...>
> > *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
> > *Sent:* Sunday, May 26, 2013 4:21 PM
> > *Subject:* Re: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Oiya,
> > Kopdar pertama, bersama panitia-panitia yang lain sepakat untuk materi
> > sekitar:
> > Revenue
> > Formula
> > Pivot Table
> > Macro
> > Mungkin materi bisa buat pertimbangan kepada pemilik tempat agar lebih
> > menarik ya
> > Wassalam
> >
> > ------------------------------
> > *From:* Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@...>
> > *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> > *Sent:* Sunday, May 26, 2013 4:16 PM
> > *Subject:* RE: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Materinya apa saja pak ?
> >
> > Salam,
> > HK
> >
> >
> > Sent from Samsung Mobile
> >
> > lapendosol opik <lapendosol@...> wrote:
> >
> > Kepada Be-Exceller
> >
> > Masih pada inget ga kalo kita punya rencana mau ngadain Kopdar?
> > Btw, kita rekan-rekan panitia masih minim informasi mengenai lokasi, bagi
> > rekan-rekan Be-Exceller yang punya informasi tentang lokasi kopdar wilayah
> > DKI Jakarta mohon untuk ikut rembug yuk.
> > Untuk perkiraan kopdar antara 21 - 28 Juni 2013
> > Terimakasih atas perhatiannya
> >
> > Salam
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
>
--- In belajar-excel@
>
> Yup, 'informasi tentang lokasi lebih dulu'
> Mulai dari kapasitas lokasi, harga sewa, fasilitas infocus dan sound
> system, syukur-syukur kalo lokasinya bergerak di bidang pendidikan (sekolah
> tinggi atau apalah) bisa ditanyakan ada gak cara kerjasama supaya mereka
> bisa ikut acara dengan modal pinjemin ruangan.
>
> Mungkin untuk kopdar pertama difokuskan untuk lokasi di Jakarta ya (Jakarta
> Selatan, Timur, Utara, Barat, Pusat). Kalau agak diluarnya, mungkin yang
> relatif bisa dengan mudah dicapai dengan angkutan umum atau daerah yang
> sudah banyak dikenal orang [maklum, saya orang baru di jabodetabek]
>
> :)
>
>
>
>
>
> 2013/5/27 lapendosol opik <lapendosol@
>
> > **
> >
> >
> > Boleh banget Pak, yang penting kumpulin informasi lokasi sebanyak2nya kalo
> > bisa yang detail masalah kapasitas di lokasi tersebut sehingga bisa
> > disesuaikan dengan perkiraan banyaknya peserta/anggota milis yang ikut
> > dateng. Anggota milis yang lain ada usul mengenai lokasi ga? Hayuk demi
> > kelancaran acara kopdar pertama Be-Exceller kita bareng-bareng
> > kerjasamanya, terutama untuk lokasi terlebih dahulu.
> >
> > Salam,
> >
> > ------------
> > *From:* Aliif Akbar <aliif.akbar@
> > *To:* "belajar-excel@
> > *Sent:* Monday, May 27, 2013 6:39 AM
> >
> > *Subject:* RE: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Kalo lokasinya di sekolah, kampus, gedung rt/rw gitu boleh g pak opik?
> >
> > Salam,
> > ------------
> > From: lapendosol opik <lapendosol@
> > Sent: 26/05/2013 16:24
> > To: belajar-excel@
> > Subject: Re: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > NB:
> > Maaf salah ketik, bukan REVENUE tapi MENU
> >
> >
> > ------------
> > *From:* lapendosol opik <lapendosol@
> > *To:* "belajar-excel@
> > *Sent:* Sunday, May 26, 2013 4:21 PM
> > *Subject:* Re: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Oiya,
> > Kopdar pertama, bersama panitia-panitia yang lain sepakat untuk materi
> > sekitar:
> > Revenue
> > Formula
> > Pivot Table
> > Macro
> > Mungkin materi bisa buat pertimbangan kepada pemilik tempat agar lebih
> > menarik ya
> > Wassalam
> >
> > ------------
> > *From:* Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@
> > *To:* belajar-excel@
> > *Sent:* Sunday, May 26, 2013 4:16 PM
> > *Subject:* RE: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Materinya apa saja pak ?
> >
> > Salam,
> > HK
> >
> >
> > Sent from Samsung Mobile
> >
> > lapendosol opik <lapendosol@
> >
> > Kepada Be-Exceller
> >
> > Masih pada inget ga kalo kita punya rencana mau ngadain Kopdar?
> > Btw, kita rekan-rekan panitia masih minim informasi mengenai lokasi, bagi
> > rekan-rekan Be-Exceller yang punya informasi tentang lokasi kopdar wilayah
> > DKI Jakarta mohon untuk ikut rembug yuk.
> > Untuk perkiraan kopdar antara 21 - 28 Juni 2013
> > Terimakasih atas perhatiannya
> >
> > Salam
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
>
Sun May 26, 2013 11:30 pm (PDT) . Posted by:
"Mulki" mulki_akbar
Saya pernah nawari ke bbrp suhu disini, tp blm ada update kabarnya dari beliau2.
Wassalam,
Mulki
----- Original Message -----
From: summonery
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, May 27, 2013 12:41 PM
Subject: [belajar-excel] Re: Prepare Kopi Darat
Setuju sekali,, o iya waktu itu ada yang mengajukan tempat, apa masih valid ya,, kalau tempatnya banyak, mungkin malah bisa semacam safari seminar excel gitu... bulan ini ketempat A, bulan selanjutnya ketempat B, dst :) aula rw, sekolahan, universitas, perusahaan, instansi pemerintah semuanya oke, dengan kopdar excel sharing ilmu semakin luas, bersama menggali potensi excel, tambah pertemanan serta network.
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Yup, 'informasi tentang lokasi lebih dulu'
> Mulai dari kapasitas lokasi, harga sewa, fasilitas infocus dan sound
> system, syukur-syukur kalo lokasinya bergerak di bidang pendidikan (sekolah
> tinggi atau apalah) bisa ditanyakan ada gak cara kerjasama supaya mereka
> bisa ikut acara dengan modal pinjemin ruangan.
>
> Mungkin untuk kopdar pertama difokuskan untuk lokasi di Jakarta ya (Jakarta
> Selatan, Timur, Utara, Barat, Pusat). Kalau agak diluarnya, mungkin yang
> relatif bisa dengan mudah dicapai dengan angkutan umum atau daerah yang
> sudah banyak dikenal orang [maklum, saya orang baru di jabodetabek]
>
> :)
>
>
>
>
>
> 2013/5/27 lapendosol opik <lapendosol@...>
>
> > **
> >
> >
> > Boleh banget Pak, yang penting kumpulin informasi lokasi sebanyak2nya kalo
> > bisa yang detail masalah kapasitas di lokasi tersebut sehingga bisa
> > disesuaikan dengan perkiraan banyaknya peserta/anggota milis yang ikut
> > dateng. Anggota milis yang lain ada usul mengenai lokasi ga? Hayuk demi
> > kelancaran acara kopdar pertama Be-Exceller kita bareng-bareng
> > kerjasamanya, terutama untuk lokasi terlebih dahulu.
> >
> > Salam,
> >
> > ------------------------------
> > *From:* Aliif Akbar <aliif.akbar@...>
> > *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
> > *Sent:* Monday, May 27, 2013 6:39 AM
> >
> > *Subject:* RE: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Kalo lokasinya di sekolah, kampus, gedung rt/rw gitu boleh g pak opik?
> >
> > Salam,
> > ------------------------------
> > From: lapendosol opik <lapendosol@...>
> > Sent: 26/05/2013 16:24
> > To: belajar-excel@yahoogroups.com
> > Subject: Re: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > NB:
> > Maaf salah ketik, bukan REVENUE tapi MENU
> >
> >
> > ------------------------------
> > *From:* lapendosol opik <lapendosol@...>
> > *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
> > *Sent:* Sunday, May 26, 2013 4:21 PM
> > *Subject:* Re: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Oiya,
> > Kopdar pertama, bersama panitia-panitia yang lain sepakat untuk materi
> > sekitar:
> > Revenue
> > Formula
> > Pivot Table
> > Macro
> > Mungkin materi bisa buat pertimbangan kepada pemilik tempat agar lebih
> > menarik ya
> > Wassalam
> >
> > ------------------------------
> > *From:* Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@...>
> > *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> > *Sent:* Sunday, May 26, 2013 4:16 PM
> > *Subject:* RE: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Materinya apa saja pak ?
> >
> > Salam,
> > HK
> >
> >
> > Sent from Samsung Mobile
> >
> > lapendosol opik <lapendosol@...> wrote:
> >
> > Kepada Be-Exceller
> >
> > Masih pada inget ga kalo kita punya rencana mau ngadain Kopdar?
> > Btw, kita rekan-rekan panitia masih minim informasi mengenai lokasi, bagi
> > rekan-rekan Be-Exceller yang punya informasi tentang lokasi kopdar wilayah
> > DKI Jakarta mohon untuk ikut rembug yuk.
> > Untuk perkiraan kopdar antara 21 - 28 Juni 2013
> > Terimakasih atas perhatiannya
> >
> > Salam
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
>
Wassalam,
Mulki
----- Original Message -----
From: summonery
To: belajar-excel@
Sent: Monday, May 27, 2013 12:41 PM
Subject: [belajar-excel] Re: Prepare Kopi Darat
Setuju sekali,, o iya waktu itu ada yang mengajukan tempat, apa masih valid ya,, kalau tempatnya banyak, mungkin malah bisa semacam safari seminar excel gitu... bulan ini ketempat A, bulan selanjutnya ketempat B, dst :) aula rw, sekolahan, universitas, perusahaan, instansi pemerintah semuanya oke, dengan kopdar excel sharing ilmu semakin luas, bersama menggali potensi excel, tambah pertemanan serta network.
--- In belajar-excel@
>
> Yup, 'informasi tentang lokasi lebih dulu'
> Mulai dari kapasitas lokasi, harga sewa, fasilitas infocus dan sound
> system, syukur-syukur kalo lokasinya bergerak di bidang pendidikan (sekolah
> tinggi atau apalah) bisa ditanyakan ada gak cara kerjasama supaya mereka
> bisa ikut acara dengan modal pinjemin ruangan.
>
> Mungkin untuk kopdar pertama difokuskan untuk lokasi di Jakarta ya (Jakarta
> Selatan, Timur, Utara, Barat, Pusat). Kalau agak diluarnya, mungkin yang
> relatif bisa dengan mudah dicapai dengan angkutan umum atau daerah yang
> sudah banyak dikenal orang [maklum, saya orang baru di jabodetabek]
>
> :)
>
>
>
>
>
> 2013/5/27 lapendosol opik <lapendosol@
>
> > **
> >
> >
> > Boleh banget Pak, yang penting kumpulin informasi lokasi sebanyak2nya kalo
> > bisa yang detail masalah kapasitas di lokasi tersebut sehingga bisa
> > disesuaikan dengan perkiraan banyaknya peserta/anggota milis yang ikut
> > dateng. Anggota milis yang lain ada usul mengenai lokasi ga? Hayuk demi
> > kelancaran acara kopdar pertama Be-Exceller kita bareng-bareng
> > kerjasamanya, terutama untuk lokasi terlebih dahulu.
> >
> > Salam,
> >
> > ------------
> > *From:* Aliif Akbar <aliif.akbar@
> > *To:* "belajar-excel@
> > *Sent:* Monday, May 27, 2013 6:39 AM
> >
> > *Subject:* RE: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Kalo lokasinya di sekolah, kampus, gedung rt/rw gitu boleh g pak opik?
> >
> > Salam,
> > ------------
> > From: lapendosol opik <lapendosol@
> > Sent: 26/05/2013 16:24
> > To: belajar-excel@
> > Subject: Re: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > NB:
> > Maaf salah ketik, bukan REVENUE tapi MENU
> >
> >
> > ------------
> > *From:* lapendosol opik <lapendosol@
> > *To:* "belajar-excel@
> > *Sent:* Sunday, May 26, 2013 4:21 PM
> > *Subject:* Re: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Oiya,
> > Kopdar pertama, bersama panitia-panitia yang lain sepakat untuk materi
> > sekitar:
> > Revenue
> > Formula
> > Pivot Table
> > Macro
> > Mungkin materi bisa buat pertimbangan kepada pemilik tempat agar lebih
> > menarik ya
> > Wassalam
> >
> > ------------
> > *From:* Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@
> > *To:* belajar-excel@
> > *Sent:* Sunday, May 26, 2013 4:16 PM
> > *Subject:* RE: [belajar-excel] Prepare Kopi Darat
> >
> >
> > Materinya apa saja pak ?
> >
> > Salam,
> > HK
> >
> >
> > Sent from Samsung Mobile
> >
> > lapendosol opik <lapendosol@
> >
> > Kepada Be-Exceller
> >
> > Masih pada inget ga kalo kita punya rencana mau ngadain Kopdar?
> > Btw, kita rekan-rekan panitia masih minim informasi mengenai lokasi, bagi
> > rekan-rekan Be-Exceller yang punya informasi tentang lokasi kopdar wilayah
> > DKI Jakarta mohon untuk ikut rembug yuk.
> > Untuk perkiraan kopdar antara 21 - 28 Juni 2013
> > Terimakasih atas perhatiannya
> >
> > Salam
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> >
>
Mon May 27, 2013 2:24 am (PDT) . Posted by:
"neza ibaneza" nezaibaneza
Dear Miss Jan Raisin,
saya sudah melihat solusi yang miss tawarkan,
dan sangat membantu sekali,
tetapi saya baru sadari bahwa yang dimaksud data min (kondisi AM) dan max (kondisi) PM dalam satu tanggal,
agar jelas jika orang itu tidak scan sore atau pagi maka orang itu lagi off kerja. atau pergantian shift.
pada pivot tabel saya melihat data yang kondisi AM double atau PM double tetap terbaca 2 kali (min dan max)
padahal ada range waktu kerja minimal...
mohon solusi lanjutannya..
Regards
Neza
________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 10:41
Judul: Re: [belajar-excel] melihat log transaksi tanggal pada min dan max timenya
Hai Neza,
coba manfaatkan fitur Pivot Table bawaan dari Excel,
kalo ingin mendapatkan script VBA-nya, lakukan macro recording saat pembuatannya.
File terlampir semoga sesuai dengan keinginan.
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@yahoogroups.com ;
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Pada 26 Mei 2013 17.07, neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id > menulis:
>
>dear all Master,
>
>
>sebelumnya mohon maaf, karena baru nongol lagi di group..
>
>
>to the poin aja
>saya ada file attendance (terlampir), didalamnya sudah ada pertanyaanya,
>mohon pencerahan dari para Master
>
>
>Best Regards
>
>
>Neza
saya sudah melihat solusi yang miss tawarkan,
dan sangat membantu sekali,
tetapi saya baru sadari bahwa yang dimaksud data min (kondisi AM) dan max (kondisi) PM dalam satu tanggal,
agar jelas jika orang itu tidak scan sore atau pagi maka orang itu lagi off kerja. atau pergantian shift.
pada pivot tabel saya melihat data yang kondisi AM double atau PM double tetap terbaca 2 kali (min dan max)
padahal ada range waktu kerja minimal...
mohon solusi lanjutannya.
Regards
Neza
____________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 10:41
Judul: Re: [belajar-excel] melihat log transaksi tanggal pada min dan max timenya
Hai Neza,
coba manfaatkan fitur Pivot Table bawaan dari Excel,
kalo ingin mendapatkan script VBA-nya, lakukan macro recording saat pembuatannya.
File terlampir semoga sesuai dengan keinginan.
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada pooling berikut
http://tech.
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;
>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke belajar-excel@
>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;
Pada 26 Mei 2013 17.07, neza ibaneza <nezaibaneza@
>
>dear all Master,
>
>
>sebelumnya mohon maaf, karena baru nongol lagi di group..
>
>
>to the poin aja
>saya ada file attendance (terlampir), didalamnya sudah ada pertanyaanya,
>mohon pencerahan dari para Master
>
>
>Best Regards
>
>
>Neza
Mon May 27, 2013 4:29 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Ikutan dengan pivot table.
Wassalam,
Kid.
2013/5/27 neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Dear Miss Jan Raisin,
> saya sudah melihat solusi yang miss tawarkan,
> dan sangat membantu sekali,
> tetapi saya baru sadari bahwa yang dimaksud data min (kondisi AM) dan max
> (kondisi) PM dalam satu tanggal,
>
> agar jelas jika orang itu tidak scan sore atau pagi maka orang itu lagi
> off kerja. atau pergantian shift.
>
> pada pivot tabel saya melihat data yang kondisi AM double atau PM double
> tetap terbaca 2 kali (min dan max)
> padahal ada range waktu kerja minimal...
>
> mohon solusi lanjutannya..
>
> Regards
> Neza
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 27 Mei 2013 10:41
> *Judul:* Re: [belajar-excel] melihat log transaksi tanggal pada min dan
> max timenya
>
>
>
> Hai Neza,
>
> coba manfaatkan fitur Pivot Table bawaan dari Excel,
> kalo ingin mendapatkan script VBA-nya, lakukan macro recording saat
> pembuatannya.
>
> File terlampir semoga sesuai dengan keinginan.
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> pooling berikut
>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
> berharga untuk Be-Exceler yang lain
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> *>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan
> Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
> pertanyaan yang diajukan;*
> *>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
> belajar-excel@yahoogroups.com ;*
> *>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;*
>
>
> Pada 26 Mei 2013 17.07, neza ibaneza <nezaibaneza@yahoo.co.id > menulis:
>
> **
>
> dear all Master,
>
> sebelumnya mohon maaf, karena baru nongol lagi di group..
>
> to the poin aja
> saya ada file attendance (terlampir), didalamnya sudah ada pertanyaanya,
> mohon pencerahan dari para Master
>
> Best Regards
>
> Neza
>
>
>
>
>
>
>
>
Wassalam,
Kid.
2013/5/27 neza ibaneza <nezaibaneza@
> **
>
>
> Dear Miss Jan Raisin,
> saya sudah melihat solusi yang miss tawarkan,
> dan sangat membantu sekali,
> tetapi saya baru sadari bahwa yang dimaksud data min (kondisi AM) dan max
> (kondisi) PM dalam satu tanggal,
>
> agar jelas jika orang itu tidak scan sore atau pagi maka orang itu lagi
> off kerja. atau pergantian shift.
>
> pada pivot tabel saya melihat data yang kondisi AM double atau PM double
> tetap terbaca 2 kali (min dan max)
> padahal ada range waktu kerja minimal...
>
> mohon solusi lanjutannya.
>
> Regards
> Neza
>
>
> ------------
> *Dari:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@
> *Kepada:* belajar-excel@
> *Dikirim:* Senin, 27 Mei 2013 10:41
> *Judul:* Re: [belajar-excel] melihat log transaksi tanggal pada min dan
> max timenya
>
>
>
> Hai Neza,
>
> coba manfaatkan fitur Pivot Table bawaan dari Excel,
> kalo ingin mendapatkan script VBA-nya, lakukan macro recording saat
> pembuatannya.
>
> File terlampir semoga sesuai dengan keinginan.
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> pooling berikut
>
> http://tech.
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
> berharga untuk Be-Exceler yang lain
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> *>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan
> Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
> pertanyaan yang diajukan;*
> *>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
> belajar-excel@
> *>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;*
>
>
> Pada 26 Mei 2013 17.07, neza ibaneza <nezaibaneza@
>
> **
>
> dear all Master,
>
> sebelumnya mohon maaf, karena baru nongol lagi di group..
>
> to the poin aja
> saya ada file attendance (terlampir), didalamnya sudah ada pertanyaanya,
> mohon pencerahan dari para Master
>
> Best Regards
>
> Neza
>
>
>
>
>
>
>
>
Mon May 27, 2013 2:24 am (PDT) . Posted by:
"didit prast" didit_monk
dear master,
mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang diketik A1
ex:
File-1 : di cell A1 = "buku",
File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2 berubah?
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
regard,
didit
mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang diketik A1
ex:
File-1 : di cell A1 = "buku"
File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2 berubah?
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
regard,
didit
Mon May 27, 2013 3:03 am (PDT) . Posted by:
"hendrik karnadi" hendrikkarnadi
Logikanya ga bisa.
File-2 hanya akan terupdate pada saat dibuka.
Salam,
HK
________________________________
From: didit prast <didit_monk@yahoo.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Monday, 27 May 2013, 13:58
Subject: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka
dear master,
mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang diketik A1
ex:
File-1 : di cell A1 = "buku",
File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2 berubah?
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
regard,
didit
File-2 hanya akan terupdate pada saat dibuka.
Salam,
HK
____________
From: didit prast <didit_monk@yahoo.
To: "belajar-excel@
Sent: Monday, 27 May 2013, 13:58
Subject: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka
dear master,
mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang diketik A1
ex:
File-1 : di cell A1 = "buku"
File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2 berubah?
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
regard,
didit
Mon May 27, 2013 3:18 am (PDT) . Posted by:
"Paulus Taripar" paulustaripar@rocketmail.com
kenapa gak seklian dibuka aja semua?!! kan satu file excell bisa membuat sampe beberapa sheet. Kalo pun ingin diprotek tiap2 sheet'a pake password jg bisa. Mungkin dr master excell disini bisa membantu.
~~paulus/t~~
________________________________
Dari: didit prast <didit_monk@yahoo.com >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 13:58
Judul: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka
dear master,
mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang diketik A1
ex:
File-1 : di cell A1 = "buku",
File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2 berubah?
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
regard,
didit
~~paulus/t~~
____________
Dari: didit prast <didit_monk@yahoo.
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 13:58
Judul: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka
dear master,
mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang diketik A1
ex:
File-1 : di cell A1 = "buku"
File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2 berubah?
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
regard,
didit
Mon May 27, 2013 3:38 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2
berubah?
>> Pakai link antar workbook dulu ya, tapi sebaiknya segera mempelajari
penggunaan fitur GetExternalData beserta seluruh syaratnya atau belajar VBA
jika ingin terotomasi.
Berikut langkahnya :
1. buka file1 dari windows explorer
2. buka file2 dan file lainnya yang butuh dari menu File Open di file
3. beri formula pada sebuah cell di file2 dengan cara :
-> ketik sama dengan
-> klik File1
-> tunjuk cell sumber di file1
-> tekan Enter
4. simpan file2
File2 akan berisi formula yang merujuk ke sebuah cell di sheet tertentu di
file1.
Data di file2 akan berubah mengikuti isi file1 untuk seluruh cell yang
berisi formula yang merujuk ke file1 ketika file2 terbuka dan telah
dilakukan kalkulasi.
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
>> Umumnya, File2 yang terkoneksi ke file lain akan terbarukan datanya
ketika File2 dibuka, baik melalui refresh data jika berupa koneksi melalui
object connections maupun melalui calculate jika berupa link antar workbook
dalam bentuk formula.
>> Artinya, file2 tidak bisa menjadi sumber yang selalu terbarukan datanya
jika tidak pernah dibuka.
>> jika pembaruan di file1 dilakukan juga secara langsung terhadap file2
melalui proses tulis, maka file2 tentu akan memiliki data yang selalu
terbarukan dan bisa menjadi sumber bagi file lainnya. Proses ini bisa
dilakukan dengan VBA dan tetap harus membuka file2 walau tidak tampak
(disembunyikan).
>> penulisan data di file2 melalui query sampai saat ini belum bisa
dilakukan. Moga-moga kedepannya ada data provider yang bisa digunakan untuk
mengkoneksi ke Excel dan mengerjakan query Insert Into atau Update
Jadi,
file2 yang terkoneksi ke file1 akan selalu terbarukan datanya ketika file2
dibuka. Ketika data di file1 diubah dan file2 belum dibuka, maka file2
belum terbarukan datanya. Begitu file2 dibuka (baik dalam keadaan file1
sudah ditutup kembali atau masih terbuka), maka file2 bisa melakukan
pembaran data mengikuti keadaan di file1.
Wassalam,
Kid.
2013/5/27 didit prast <didit_monk@yahoo.com >
> **
>
>
> dear master,
>
> mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
> saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang
> diketik A1
>
> ex:
> File-1 : di cell A1 = "buku",
> File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
> 1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2
> berubah?
> 2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
>
> regard,
>
> didit
>
>
>
berubah?
>> Pakai link antar workbook dulu ya, tapi sebaiknya segera mempelajari
penggunaan fitur GetExternalData beserta seluruh syaratnya atau belajar VBA
jika ingin terotomasi.
Berikut langkahnya :
1. buka file1 dari windows explorer
2. buka file2 dan file lainnya yang butuh dari menu File Open di file
3. beri formula pada sebuah cell di file2 dengan cara :
-> ketik sama dengan
-> klik File1
-> tunjuk cell sumber di file1
-> tekan Enter
4. simpan file2
File2 akan berisi formula yang merujuk ke sebuah cell di sheet tertentu di
file1.
Data di file2 akan berubah mengikuti isi file1 untuk seluruh cell yang
berisi formula yang merujuk ke file1 ketika file2 terbuka dan telah
dilakukan kalkulasi.
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
>> Umumnya, File2 yang terkoneksi ke file lain akan terbarukan datanya
ketika File2 dibuka, baik melalui refresh data jika berupa koneksi melalui
object connections maupun melalui calculate jika berupa link antar workbook
dalam bentuk formula.
>> Artinya, file2 tidak bisa menjadi sumber yang selalu terbarukan datanya
jika tidak pernah dibuka.
>> jika pembaruan di file1 dilakukan juga secara langsung terhadap file2
melalui proses tulis, maka file2 tentu akan memiliki data yang selalu
terbarukan dan bisa menjadi sumber bagi file lainnya. Proses ini bisa
dilakukan dengan VBA dan tetap harus membuka file2 walau tidak tampak
(disembunyikan)
>> penulisan data di file2 melalui query sampai saat ini belum bisa
dilakukan. Moga-moga kedepannya ada data provider yang bisa digunakan untuk
mengkoneksi ke Excel dan mengerjakan query Insert Into atau Update
Jadi,
file2 yang terkoneksi ke file1 akan selalu terbarukan datanya ketika file2
dibuka. Ketika data di file1 diubah dan file2 belum dibuka, maka file2
belum terbarukan datanya. Begitu file2 dibuka (baik dalam keadaan file1
sudah ditutup kembali atau masih terbuka), maka file2 bisa melakukan
pembaran data mengikuti keadaan di file1.
Wassalam,
Kid.
2013/5/27 didit prast <didit_monk@yahoo.
> **
>
>
> dear master,
>
> mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
> saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang
> diketik A1
>
> ex:
> File-1 : di cell A1 = "buku"
> File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
> 1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2
> berubah?
> 2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
>
> regard,
>
> didit
>
>
>
Mon May 27, 2013 6:29 am (PDT) . Posted by:
"didit prast" didit_monk
daer mr paulus,
terima kasih atas sarannya,
krn alasan tidak berat saat membuka, dan file tsb. dipakai untuk banyak sekali orang.
dikhawatirkan seandainya dikumpulkan jadi 1 akan rentan error.
terima kasih,
didit
________________________________
From: Paulus Taripar <paulustaripar@rocketmail.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Monday, 27 May 2013, 17:11
Subject: Bls: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka
kenapa gak seklian dibuka aja semua?!! kan satu file excell bisa membuat sampe beberapa sheet. Kalo pun ingin diprotek tiap2 sheet'a pake password jg bisa. Mungkin dr master excell disini bisa membantu.
~~paulus/t~~
________________________________
Dari: didit prast <didit_monk@yahoo.com >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 13:58
Judul: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka
dear master,
mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang diketik A1
ex:
File-1 : di cell A1 = "buku",
File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2 berubah?
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
regard,
didit
terima kasih atas sarannya,
krn alasan tidak berat saat membuka, dan file tsb. dipakai untuk banyak sekali orang.
dikhawatirkan seandainya dikumpulkan jadi 1 akan rentan error.
terima kasih,
didit
____________
From: Paulus Taripar <paulustaripar@
To: "belajar-excel@
Sent: Monday, 27 May 2013, 17:11
Subject: Bls: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka
kenapa gak seklian dibuka aja semua?!! kan satu file excell bisa membuat sampe beberapa sheet. Kalo pun ingin diprotek tiap2 sheet'a pake password jg bisa. Mungkin dr master excell disini bisa membantu.
~~paulus/t~~
____________
Dari: didit prast <didit_monk@yahoo.
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 13:58
Judul: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka
dear master,
mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file seandainya,
saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang diketik A1
ex:
File-1 : di cell A1 = "buku"
File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1, file-2 berubah?
2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
regard,
didit
Mon May 27, 2013 6:30 am (PDT) . Posted by:
"nubie masta"
Sepertinya harus menggunakan ms Access,
Table nya tetap menggunakan *.xls
lalu kita buat form atau query
Salam
--
* ada yg butuh unprotect VBA, bisa hubungi saya
!YM: mas.tjogja
> Balasan ntk paulustaripar@rocketmail.com
> Poweredby: e.rumahterjemah.com :
> kenapa gak seklian dibuka aja semua?!! kan satu file excell bisa membuat
> sampe beberapa sheet. Kalo pun ingin diprotek tiap2 sheet'a pake
> password jg bisa. Mungkin dr master excell disini bisa membantu.
>
> ~~paulus/t~~
>
>
>
>
> ________________________________
> Dari: didit prast <didit_monk@yahoo.com >
> Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
> Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 13:58
> Judul: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka
>
>
> dear master,
>
> mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file
> seandainya,
> saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang
> diketik A1
> ex:
>
> File-1 : di cell A1 = "buku",
>
> File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
> 1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1,
> file-2 berubah?
> 2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
>
> regard,
>
> didit
>
--
Find masta on (•̯͡.•̯͡) : http://masta.rumahterjemah.com
Table nya tetap menggunakan *.xls
lalu kita buat form atau query
Salam
--
* ada yg butuh unprotect VBA, bisa hubungi saya
!YM: mas.tjogja
> Balasan ntk paulustaripar@
> Poweredby: e.rumahterjemah.
> kenapa gak seklian dibuka aja semua?!! kan satu file excell bisa membuat
> sampe beberapa sheet. Kalo pun ingin diprotek tiap2 sheet'a pake
> password jg bisa. Mungkin dr master excell disini bisa membantu.
>
> ~~paulus/t~~
>
>
>
>
> ____________
> Dari: didit prast <didit_monk@yahoo.
> Kepada: "belajar-excel@
> Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 13:58
> Judul: [belajar-excel] koneksi antara 2 file dalam keadaan tidak dibuka
>
>
> dear master,
>
> mau tanya , bagaimana cara melakukan koneksi dari 2-lebih file
> seandainya,
> saya ketik=A1 di file-1 maka file-2 akan berubah sesuai dengan yang
> diketik A1
> ex:
>
> File-1 : di cell A1 = "buku"
>
> File-2 : di cell C3 = "buku" sesuai di file-1 cell A1.
> 1. bagaimana cara mengkoneskikan File-2 sehingga kita edit file-1,
> file-2 berubah?
> 2. bisakah hal itu dalam keadaan file-2 tidak dibuka?...
>
> regard,
>
> didit
>
--
Find masta on (•̯͡.•̯͡) : http://masta.
Mon May 27, 2013 2:24 am (PDT) . Posted by:
didon13@ymail.com
Trimakasih masulannya...cuma ingin mencoba..sebelumnya..mr kid sudah mengajari paksi option buton untuk memilih cell tertuju..nah ini mo mencoba dengan combobox langsung....
Powered by Telkomsel BlackBerry�
-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 24 May 2013 23:21:53
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] (unknown)
Kenapa kok disimpan dengan orientasi kekanan (horisontal).
Bagaimana jika disimpan dengan orientasi vertikal.
Pada sheet baru dibuat tabel (mulai A1 sebagai header) dengan kolom :
NAMA ALOKASI NILAI TGL_INPUT
ndak perlu kolom Total dan ndak perlu kolom NO.
Menampilkan output seperti cara Anda menyimpan itu lebih mudah jika
tabelnya seperti di atas ( 4 kolom di atas)
Wassalam,
Kid.
2013/5/24 achmad adi <didon13@ymail.com >
> **
>
>
> dear master,
>
> setelah mengaplikasikan apa yng telah saya dapat,,,saya menemui kebuntuan
> lagi..tentang pointer untuk disimpan di cell tertentu ( ada di combobox
> )..att saya lampirkan..
> mohon petunjuk dari para master.
>
>
> terima kasih
>
>
>
Powered by Telkomsel BlackBerry�
-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.
Sender: belajar-excel@
Date: Fri, 24 May 2013 23:21:53
To: BeExcel<belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Re: [belajar-excel] (unknown)
Kenapa kok disimpan dengan orientasi kekanan (horisontal)
Bagaimana jika disimpan dengan orientasi vertikal.
Pada sheet baru dibuat tabel (mulai A1 sebagai header) dengan kolom :
NAMA ALOKASI NILAI TGL_INPUT
ndak perlu kolom Total dan ndak perlu kolom NO.
Menampilkan output seperti cara Anda menyimpan itu lebih mudah jika
tabelnya seperti di atas ( 4 kolom di atas)
Wassalam,
Kid.
2013/5/24 achmad adi <didon13@ymail.
> **
>
>
> dear master,
>
> setelah mengaplikasikan apa yng telah saya dapat,,,saya menemui kebuntuan
> lagi..tentang pointer untuk disimpan di cell tertentu ( ada di combobox
> )..att saya lampirkan..
> mohon petunjuk dari para master.
>
>
> terima kasih
>
>
>
Mon May 27, 2013 3:02 am (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
Oke.
Daftar nama langsung diletakkan di kolom B saja (mulai B6). Jadi combobox
merujuk pada daftar nama di kolom B ini.
misal :
1. object worksheet tujuan adalah sheet1 [bukan nama sheet di tab sheet,
tapi di VBE frame Project Explorer]
2. combo nama bernama Combobox1, combo lokasi bernama combobox2, textbox
nilai bernama textbox1
Copas prosedur berikut ke lembar script userform :
private sub Simpan()
dim rng as range 'anchor
set rng=sheet1.range("c6")
'validasi input
if combobox1.listindex<0 then
exit sub
elseif combobox2.listindex<0 then
exit sub
elseif lenb(textbox1.text)=0 then
exit sub
endif
'tulis nilai ke worksheet
rng.offset( combobox1.listindex , combobox2.listindex ).value =
textbox1.text
'pesan
msgbox "Done.",vbinformation,"Simpan"
end sub
kemudian di setiap event change milik combobox1,combobox2, dan textbox1
diberi perintah untuk memanggil prosedur Simpan di atas tadi dengan
menuliskan :
Simpan
Wassalam,
Kid.
2013/5/27 <didon13@ymail.com >
> **
>
>
> ** Trimakasih masulannya...cuma ingin mencoba..sebelumnya..mr kid sudah
> mengajari paksi option buton untuk memilih cell tertuju..nah ini mo mencoba
> dengan combobox langsung....
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------------------------
> *From: * "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com >
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Fri, 24 May 2013 23:21:53 +0700
> *To: *BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com >
> *ReplyTo: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject: *Re: [belajar-excel] (unknown)
>
>
>
> Kenapa kok disimpan dengan orientasi kekanan (horisontal).
> Bagaimana jika disimpan dengan orientasi vertikal.
> Pada sheet baru dibuat tabel (mulai A1 sebagai header) dengan kolom :
> NAMA ALOKASI NILAI TGL_INPUT
>
> ndak perlu kolom Total dan ndak perlu kolom NO.
>
> Menampilkan output seperti cara Anda menyimpan itu lebih mudah jika
> tabelnya seperti di atas ( 4 kolom di atas)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2013/5/24 achmad adi <didon13@ymail.com >
>
>> **
>>
>>
>> dear master,
>>
>> setelah mengaplikasikan apa yng telah saya dapat,,,saya menemui kebuntuan
>> lagi..tentang pointer untuk disimpan di cell tertentu ( ada di combobox
>> )..att saya lampirkan..
>> mohon petunjuk dari para master.
>>
>>
>> terima kasih
>>
>>
>
>
Daftar nama langsung diletakkan di kolom B saja (mulai B6). Jadi combobox
merujuk pada daftar nama di kolom B ini.
misal :
1. object worksheet tujuan adalah sheet1 [bukan nama sheet di tab sheet,
tapi di VBE frame Project Explorer]
2. combo nama bernama Combobox1, combo lokasi bernama combobox2, textbox
nilai bernama textbox1
Copas prosedur berikut ke lembar script userform :
private sub Simpan()
dim rng as range 'anchor
set rng=sheet1.range(
'validasi input
if combobox1.listindex
exit sub
elseif combobox2.listindex
exit sub
elseif lenb(textbox1.
exit sub
endif
'tulis nilai ke worksheet
rng.offset( combobox1.listindex , combobox2.listindex ).value =
textbox1.text
'pesan
msgbox "Done."
end sub
kemudian di setiap event change milik combobox1,combobox2
diberi perintah untuk memanggil prosedur Simpan di atas tadi dengan
menuliskan :
Simpan
Wassalam,
Kid.
2013/5/27 <didon13@ymail.
> **
>
>
> ** Trimakasih masulannya..
> mengajari paksi option buton untuk memilih cell tertuju..nah ini mo mencoba
> dengan combobox langsung....
> Powered by Telkomsel BlackBerry�
> ------------
> *From: * "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.
> *Sender: * belajar-excel@
> *Date: *Fri, 24 May 2013 23:21:53 +0700
> *To: *BeExcel<belajar-excel@
> *ReplyTo: * belajar-excel@
> *Subject: *Re: [belajar-excel] (unknown)
>
>
>
> Kenapa kok disimpan dengan orientasi kekanan (horisontal)
> Bagaimana jika disimpan dengan orientasi vertikal.
> Pada sheet baru dibuat tabel (mulai A1 sebagai header) dengan kolom :
> NAMA ALOKASI NILAI TGL_INPUT
>
> ndak perlu kolom Total dan ndak perlu kolom NO.
>
> Menampilkan output seperti cara Anda menyimpan itu lebih mudah jika
> tabelnya seperti di atas ( 4 kolom di atas)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2013/5/24 achmad adi <didon13@ymail.
>
>> **
>>
>>
>> dear master,
>>
>> setelah mengaplikasikan apa yng telah saya dapat,,,saya menemui kebuntuan
>> lagi..tentang pointer untuk disimpan di cell tertentu ( ada di combobox
>> )..att saya lampirkan..
>> mohon petunjuk dari para master.
>>
>>
>> terima kasih
>>
>>
>
>
Mon May 27, 2013 4:33 am (PDT) . Posted by:
"sin.ur4t" sin.ur4t
Wahh...
Ternyata rumusnya sangat simpel ya pak, sudah ada formula bawaan "pabrik" hehe..
Makasih banyak bantuannya pak ghozi, solved. :)
Wassalam
Sinurat
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , ghozi alkatiri <ghozialkatiri@...> wrote:
>
> misalkan data tanggal hari ini ada di A1
> maka jawaban untuk masing point adalah :
> 1. =EDATE($A$1;8)
>
> 2. =EDATE($A$1;-(3*12)+8)
>
> 3. =EDATE($A$1;-(3*12)+8)-28
>
> wassalam
>
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
>
>
>
> ________________________________
> Dari: sin.ur4t <sin.ur4t@...>
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 3:47
> Judul: [belajar-excel] Sekali lagi "Menghitung Hari"
>
>
>
> Â
> Yth para pakar dan rekan2 excelers..
>
> Jika dihitung sejak hari ini, Senin tgl 27 Mei 2013, maka HARI apakah dan TANGGAL (dd/mm/yy) berapakah persisnya:
> 1). 8 bulan yg lalu??
> 2). 3 tahun 8 bulan yg lalu??
> 3). 3 tahun 8 bulan 28 hari yg lalu??
> Mohon bantuan rumus-rumus excelnya, terima kasih sblmnya.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat
>
Ternyata rumusnya sangat simpel ya pak, sudah ada formula bawaan "pabrik" hehe..
Makasih banyak bantuannya pak ghozi, solved. :)
Wassalam
Sinurat
--- In belajar-excel@
>
> misalkan data tanggal hari ini ada di A1
> maka jawaban untuk masing point adalah :
> 1. =EDATE($A$1;
>
> 2. =EDATE($A$1;
>
> 3. =EDATE($A$1;
>
> wassalam
>
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
>
>
>
> ____________
> Dari: sin.ur4t <sin.ur4t@
> Kepada: belajar-excel@
> Dikirim: Senin, 27 Mei 2013 3:47
> Judul: [belajar-excel] Sekali lagi "Menghitung Hari"
>
>
>
> Â
> Yth para pakar dan rekan2 excelers..
>
> Jika dihitung sejak hari ini, Senin tgl 27 Mei 2013, maka HARI apakah dan TANGGAL (dd/mm/yy) berapakah persisnya:
> 1). 8 bulan yg lalu??
> 2). 3 tahun 8 bulan yg lalu??
> 3). 3 tahun 8 bulan 28 hari yg lalu??
> Mohon bantuan rumus-rumus excelnya, terima kasih sblmnya.
>
> Wassalam
> Imam Sinurat
>
Mon May 27, 2013 6:06 am (PDT) . Posted by:
"rattip25" rattip25
Dear Abang Ghozi,
Terkadang pekerjaan yang dilakukan belum selesai, bagaimana caranya supaya pekerjaan yang belum selesai tadi tidak ikut terhitung sebagai fastest, farthest, avrg, dan most freq.
Karena jika ada "0" date (belum selesai), otomatis rumusan ini hasilnya akan tidak karuan, jadi minus. Saya udah kutak-katik tapi gatot....
Thank's pencerahannya.
Rahas
--- In belajar-excel@yahoogroups.com , ghozi alkatiri <ghozialkatiri@...> wrote:
>
> semua formula array (Ctrl + Shift +Enter)
> untuk fastest
> {=MIN(IF(DATA!$A$2:$A$19='LEAD TIME JOB'!$A3;DATA!$D$2:$D$19-DATA!$C$2:$C$19))}
> copy kebawah
>
> untuk farthest
> {=MAX(IF(DATA!$A$2:$A$19='LEAD TIME JOB'!$A3;DATA!$D$2:$D$19-DATA!$C$2:$C$19))}
> copy kebawah
>
> untuk average
> {=AVERAGE(IF(DATA!$A$2:$A$19='LEAD TIME JOB'!$A3;DATA!$D$2:$D$19-DATA!$C$2:$C$19))}
> copy kebawah
>
> untuk most frequent
> {=MODE(IF(DATA!$A$2:$A$19='LEAD TIME JOB'!$A3;DATA!$D$2:$D$19-DATA!$C$2:$C$19))}
> copy kebawah
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
>
>
>
> ________________________________
> Dari: Rahasus Pae <rahasus.pae@...>
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Dikirim: Kamis, 16 Mei 2013 16:04
> Judul: [belajar-excel] Penyelesain Pekerjaan
>
>
>
> Â
> Dear Be-exceler,
> Â
> Numpang minta pencerahan dengan fungsi excel.
> Â
> Saya pengen mengukur, seberapa cepat team bisa menyelesaikan suatu pekerjaan, tercepat, paling lama, rata-rata dan paling sering untuk menentukan kebijakan.
> Â
> Thank's a lot untuk bantuan dan pencerahannya.
> Â
> Rahas
>
Terkadang pekerjaan yang dilakukan belum selesai, bagaimana caranya supaya pekerjaan yang belum selesai tadi tidak ikut terhitung sebagai fastest, farthest, avrg, dan most freq.
Karena jika ada "0" date (belum selesai), otomatis rumusan ini hasilnya akan tidak karuan, jadi minus. Saya udah kutak-katik tapi gatot....
Thank's pencerahannya.
Rahas
--- In belajar-excel@
>
> semua formula array (Ctrl + Shift +Enter)
> untuk fastest
> {=MIN(IF(DATA!
> copy kebawah
>
> untuk farthest
> {=MAX(IF(DATA!
> copy kebawah
>
> untuk average
> {=AVERAGE(IF(
> copy kebawah
>
> untuk most frequent
> {=MODE(IF(DATA!
> copy kebawah
>
> wassalam
>
> Ghozi Alkatiri
>
>
>
>
>
> ____________
> Dari: Rahasus Pae <rahasus.
> Kepada: belajar-excel@
> Dikirim: Kamis, 16 Mei 2013 16:04
> Judul: [belajar-excel] Penyelesain Pekerjaan
>
>
>
> Â
> Dear Be-exceler,
> Â
> Numpang minta pencerahan dengan fungsi excel.
> Â
> Saya pengen mengukur, seberapa cepat team bisa menyelesaikan suatu pekerjaan, tercepat, paling lama, rata-rata dan paling sering untuk menentukan kebijakan.
> Â
> Thank's a lot untuk bantuan dan pencerahannya.
> Â
> Rahas
>
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar