15 New Messages
Digest #2277
3d
Fwd: Re: [belajar-excel] Isi data waktu otomatis saat pengetikkan by "Amri Salman Rizal" menxcromancer
4a
Bls: [belajar-excel] Mengambil Range dari data yg jumlahnya banyak. by "Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
Messages
Thu May 2, 2013 6:18 pm (PDT) . Posted by:
"daniel_aho" daniel_aho
Dear Mr Kid,
Wah ternyata ada cara yang lain lagi untuk penyelesaian kasus ini,
terima kasih sekali atas ilmunya yang diberikan, sangat bermanfaat
sekali apalagi untuk saya yang baru mau belajar tentang VBA Excel.
daniel
On 5/2/2013 4:06 PM, Mr. Kid wrote:
> Sepertinya script dari mas Opik ini bisa menjadi bahan wacana tentang
> prosedur, terutama bagi BeExceller yang lagi keranjingan VBA.
>
> Dari 3 prosedur event milik control option button ini ada proses yang
> tetap, yaitu menghapus isi combobox bernama Kodepart, kemudian mengisi
> ulang item combobox dari suatu data range tertentu dengan menggunakan
> loop.
>
> Kali ini kita ndak akan mempermasalahkan bagaimana cara mengisinya
> (pakai loop atau set row source), tetapi kita akan melihat sedikit
> tentang *cara mengirim dan menerima suatu nilai dari satu variabel ke
> variabel lain antar prosedur*
>
> 1. bunyi script untuk proses yang berulang adalah pada bagian :
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("b4:b11")
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
>
> 2. satu blok script tersebut diletakkan pada sebuah prosedur baru,
> misal bernama IsiComboBox()
> private sub IsiComboBox()
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("b4:b11")
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
> end sub
>
> 3. dibuang dulu bagian yang tidak pokok, yaitu With Me dan End With
> menjadi :
> private sub IsiComboBox()
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("b4:b11")
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 4. mendefinisikan object inputan yang dibutuhkan.
> >> ternyata yang dibutuhkan adalah object range yang akan menjadi isi
> combobox (yang dimasukkan lewat loop), yaitu pada baris berbunyi :
> For Each KP1 In ws.Range("b4:b11")
>
> >> karena object-nya adalah range, dibuat dulu sebuah variabel object
> range sebagai wadah inputan
> dim rngInput as range
>
> >> kemudian object range baru itu menggantikan bagian yang diproses
> [bagian berbunyi : ws.Range("b4:b11")], sehingga berbunyi :
> For Each KP1 In rngInput
>
> >> script secara keseluruhan akan berubah menjadi :
> private sub IsiComboBox()
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> dim rngInput as range
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 5. buang lagi baris-baris tidak perlu, yaitu yang berkaitan dengan
> object worksheet, mulai dari deklarasi sampai penggunaannya, yaitu :
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> >> maka susunan prosedur akan menjadi :
> private sub IsiComboBox()
> Dim KP1 As Range
>
> dim rngInput as range
>
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 6. karena rngInput dibutuhkan oleh proses dan harus diterima dari
> prosedur lain (dalam hal ini kiriman dari prosedur event setiap option
> button), maka deklarasi variabel rngInput dipindah ke baris deklarasi
> prosedur (tidak perlu dim lagi), sehingga baris deklarasi prosedur
> menjadi :
> private sub IsiComboBox(*rngInput as range*)
> dan baris deklarasi input yang menggunakan dim bisa dihapus.
> Susunan prosedur akan menjadi :
> private sub IsiComboBox(*rngInput as range*)
> Dim KP1 As Range
>
>
>
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> ***** sampai sini, sudah didapat sebuah prosedur untuk mengisi
> ComboBox bernama KodePart yang harus disediakan data yang harus
> dimasukkan ke combobox berupa sebuah range yang jelas letaknya.
>
> Pada masing-masing prosedur event OptionButton click, yang membutuhkan
> pengisian combobox, bisa hanya diisi dengan memanggil prosedur bernama
> IsiComboBox asal bisa menyediakan range sumbernya.
> Contoh untuk tombol OptionButton1 akan memiliki prosedur event click
> seperti :
>
>
> Private Sub OptionButton1_Click()
> 'akan isi combobox, panggil si prosedur IsiComboBox
> 'dengan data yang akan diisikan ada di sheet bernama master pada
> range B4:B11
> IsiComboBox *Sheets("master").Range("b4:b11")*
> End Sub
>
> (terapkan juga untuk event tombol lain yang membutuhkan)
>
>
> :)
> moga-moga bisa menjadi mainan baru dalam ber-VBA bagi BeExceller yang
> lagi semangat mengeksplorasi VBA.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/5/2 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com
> <mailto:lapendosol@yahoo.com >>
>
> Dear Daniel,
> Coba pake kode berikut, meskipun rada panjang kodenya, mohon
> master2 yang lain untuk mengkoreksi/meringkasnya:
> Private Sub OptionButton1_Click()
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("b4:b11")
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
> End Sub
>
> Private Sub OptionButton2_Click()
> Dim KP2 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP2 In ws.Range("e4:e11")
> With Me
> KodePart.AddItem KP2.Value
> End With
> Next KP2
> End Sub
>
> Private Sub OptionButton3_Click()
> Dim KP3 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP3 In ws.Range("h4:h11")
> With Me
> KodePart.AddItem KP3.Value
> End With
> Next KP3
> End Sub
>
> Trimakasih,
> Wassalam,
>
> ----------------------------------------------------------
> *From:* daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id
> <mailto:daniel_aho@yahoo.co.id >>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Sent:* Thursday, May 2, 2013 10:58 AM
> *Subject:* [belajar-excel] Option button macro pada User form
> untuk menentukan range combo box
>
> Dear para master excel,
>
> Bagaimana code macro untuk Option Button yang dipakai untuk
> menentukan
> range dari combo box, jika pertanyaan saya kurang jelas, berikut saya
> lampirkan filenya,
>
> Mohon pencerahan dari master2 semua.
> Terima kasih,
>
> daniel
>
>
>
>
Wah ternyata ada cara yang lain lagi untuk penyelesaian kasus ini,
terima kasih sekali atas ilmunya yang diberikan, sangat bermanfaat
sekali apalagi untuk saya yang baru mau belajar tentang VBA Excel.
daniel
On 5/2/2013 4:06 PM, Mr. Kid wrote:
> Sepertinya script dari mas Opik ini bisa menjadi bahan wacana tentang
> prosedur, terutama bagi BeExceller yang lagi keranjingan VBA.
>
> Dari 3 prosedur event milik control option button ini ada proses yang
> tetap, yaitu menghapus isi combobox bernama Kodepart, kemudian mengisi
> ulang item combobox dari suatu data range tertentu dengan menggunakan
> loop.
>
> Kali ini kita ndak akan mempermasalahkan bagaimana cara mengisinya
> (pakai loop atau set row source), tetapi kita akan melihat sedikit
> tentang *cara mengirim dan menerima suatu nilai dari satu variabel ke
> variabel lain antar prosedur*
>
> 1. bunyi script untuk proses yang berulang adalah pada bagian :
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
>
> 2. satu blok script tersebut diletakkan pada sebuah prosedur baru,
> misal bernama IsiComboBox(
> private sub IsiComboBox(
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
> end sub
>
> 3. dibuang dulu bagian yang tidak pokok, yaitu With Me dan End With
> menjadi :
> private sub IsiComboBox(
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 4. mendefinisikan object inputan yang dibutuhkan.
> >> ternyata yang dibutuhkan adalah object range yang akan menjadi isi
> combobox (yang dimasukkan lewat loop), yaitu pada baris berbunyi :
> For Each KP1 In ws.Range("
>
> >> karena object-nya adalah range, dibuat dulu sebuah variabel object
> range sebagai wadah inputan
> dim rngInput as range
>
> >> kemudian object range baru itu menggantikan bagian yang diproses
> [bagian berbunyi : ws.Range("
> For Each KP1 In rngInput
>
> >> script secara keseluruhan akan berubah menjadi :
> private sub IsiComboBox(
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> dim rngInput as range
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 5. buang lagi baris-baris tidak perlu, yaitu yang berkaitan dengan
> object worksheet, mulai dari deklarasi sampai penggunaannya, yaitu :
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> >> maka susunan prosedur akan menjadi :
> private sub IsiComboBox(
> Dim KP1 As Range
>
> dim rngInput as range
>
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 6. karena rngInput dibutuhkan oleh proses dan harus diterima dari
> prosedur lain (dalam hal ini kiriman dari prosedur event setiap option
> button), maka deklarasi variabel rngInput dipindah ke baris deklarasi
> prosedur (tidak perlu dim lagi), sehingga baris deklarasi prosedur
> menjadi :
> private sub IsiComboBox(
> dan baris deklarasi input yang menggunakan dim bisa dihapus.
> Susunan prosedur akan menjadi :
> private sub IsiComboBox(
> Dim KP1 As Range
>
>
>
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> ***** sampai sini, sudah didapat sebuah prosedur untuk mengisi
> ComboBox bernama KodePart yang harus disediakan data yang harus
> dimasukkan ke combobox berupa sebuah range yang jelas letaknya.
>
> Pada masing-masing prosedur event OptionButton click, yang membutuhkan
> pengisian combobox, bisa hanya diisi dengan memanggil prosedur bernama
> IsiComboBox asal bisa menyediakan range sumbernya.
> Contoh untuk tombol OptionButton1 akan memiliki prosedur event click
> seperti :
>
>
> Private Sub OptionButton1_
> 'akan isi combobox, panggil si prosedur IsiComboBox
> 'dengan data yang akan diisikan ada di sheet bernama master pada
> range B4:B11
> IsiComboBox *Sheets("
> End Sub
>
> (terapkan juga untuk event tombol lain yang membutuhkan)
>
>
> :)
> moga-moga bisa menjadi mainan baru dalam ber-VBA bagi BeExceller yang
> lagi semangat mengeksplorasi VBA.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/5/2 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
> <mailto:lapendosol@yahoo.
>
> Dear Daniel,
> Coba pake kode berikut, meskipun rada panjang kodenya, mohon
> master2 yang lain untuk mengkoreksi/
> Private Sub OptionButton1_
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
> End Sub
>
> Private Sub OptionButton2_
> Dim KP2 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP2 In ws.Range("
> With Me
> KodePart.AddItem KP2.Value
> End With
> Next KP2
> End Sub
>
> Private Sub OptionButton3_
> Dim KP3 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP3 In ws.Range("
> With Me
> KodePart.AddItem KP3.Value
> End With
> Next KP3
> End Sub
>
> Trimakasih,
> Wassalam,
>
> ------------
> *From:* daniel_aho <daniel_aho@yahoo.
> <mailto:daniel_aho@yahoo.
> *To:* belajar-excel@
> <mailto:belajar-excel@
> *Sent:* Thursday, May 2, 2013 10:58 AM
> *Subject:* [belajar-excel] Option button macro pada User form
> untuk menentukan range combo box
>
> Dear para master excel,
>
> Bagaimana code macro untuk Option Button yang dipakai untuk
> menentukan
> range dari combo box, jika pertanyaan saya kurang jelas, berikut saya
> lampirkan filenya,
>
> Mohon pencerahan dari master2 semua.
> Terima kasih,
>
> daniel
>
>
>
>
Thu May 2, 2013 6:18 pm (PDT) . Posted by:
"daniel_aho" daniel_aho
Dear Mr Kid,
Wah ternyata ada cara yang lain lagi untuk penyelesaian kasus ini,
terima kasih sekali atas ilmunya yang diberikan dan penjelasaan yang
sangat rinci, sangat bermanfaat sekali apalagi untuk saya yang baru mau
belajar tentang VBA Excel.
daniel
On 5/2/2013 4:06 PM, Mr. Kid wrote:
> Sepertinya script dari mas Opik ini bisa menjadi bahan wacana tentang
> prosedur, terutama bagi BeExceller yang lagi keranjingan VBA.
>
> Dari 3 prosedur event milik control option button ini ada proses yang
> tetap, yaitu menghapus isi combobox bernama Kodepart, kemudian mengisi
> ulang item combobox dari suatu data range tertentu dengan menggunakan
> loop.
>
> Kali ini kita ndak akan mempermasalahkan bagaimana cara mengisinya
> (pakai loop atau set row source), tetapi kita akan melihat sedikit
> tentang *cara mengirim dan menerima suatu nilai dari satu variabel ke
> variabel lain antar prosedur*
>
> 1. bunyi script untuk proses yang berulang adalah pada bagian :
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("b4:b11")
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
>
> 2. satu blok script tersebut diletakkan pada sebuah prosedur baru,
> misal bernama IsiComboBox()
> private sub IsiComboBox()
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("b4:b11")
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
> end sub
>
> 3. dibuang dulu bagian yang tidak pokok, yaitu With Me dan End With
> menjadi :
> private sub IsiComboBox()
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("b4:b11")
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 4. mendefinisikan object inputan yang dibutuhkan.
> >> ternyata yang dibutuhkan adalah object range yang akan menjadi isi
> combobox (yang dimasukkan lewat loop), yaitu pada baris berbunyi :
> For Each KP1 In ws.Range("b4:b11")
>
> >> karena object-nya adalah range, dibuat dulu sebuah variabel object
> range sebagai wadah inputan
> dim rngInput as range
>
> >> kemudian object range baru itu menggantikan bagian yang diproses
> [bagian berbunyi : ws.Range("b4:b11")], sehingga berbunyi :
> For Each KP1 In rngInput
>
> >> script secara keseluruhan akan berubah menjadi :
> private sub IsiComboBox()
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> dim rngInput as range
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 5. buang lagi baris-baris tidak perlu, yaitu yang berkaitan dengan
> object worksheet, mulai dari deklarasi sampai penggunaannya, yaitu :
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> >> maka susunan prosedur akan menjadi :
> private sub IsiComboBox()
> Dim KP1 As Range
>
> dim rngInput as range
>
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 6. karena rngInput dibutuhkan oleh proses dan harus diterima dari
> prosedur lain (dalam hal ini kiriman dari prosedur event setiap option
> button), maka deklarasi variabel rngInput dipindah ke baris deklarasi
> prosedur (tidak perlu dim lagi), sehingga baris deklarasi prosedur
> menjadi :
> private sub IsiComboBox(*rngInput as range*)
> dan baris deklarasi input yang menggunakan dim bisa dihapus.
> Susunan prosedur akan menjadi :
> private sub IsiComboBox(*rngInput as range*)
> Dim KP1 As Range
>
>
>
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> ***** sampai sini, sudah didapat sebuah prosedur untuk mengisi
> ComboBox bernama KodePart yang harus disediakan data yang harus
> dimasukkan ke combobox berupa sebuah range yang jelas letaknya.
>
> Pada masing-masing prosedur event OptionButton click, yang membutuhkan
> pengisian combobox, bisa hanya diisi dengan memanggil prosedur bernama
> IsiComboBox asal bisa menyediakan range sumbernya.
> Contoh untuk tombol OptionButton1 akan memiliki prosedur event click
> seperti :
>
>
> Private Sub OptionButton1_Click()
> 'akan isi combobox, panggil si prosedur IsiComboBox
> 'dengan data yang akan diisikan ada di sheet bernama master pada
> range B4:B11
> IsiComboBox *Sheets("master").Range("b4:b11")*
> End Sub
>
> (terapkan juga untuk event tombol lain yang membutuhkan)
>
>
> :)
> moga-moga bisa menjadi mainan baru dalam ber-VBA bagi BeExceller yang
> lagi semangat mengeksplorasi VBA.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/5/2 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.com
> <mailto:lapendosol@yahoo.com >>
>
> Dear Daniel,
> Coba pake kode berikut, meskipun rada panjang kodenya, mohon
> master2 yang lain untuk mengkoreksi/meringkasnya:
> Private Sub OptionButton1_Click()
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("b4:b11")
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
> End Sub
>
> Private Sub OptionButton2_Click()
> Dim KP2 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP2 In ws.Range("e4:e11")
> With Me
> KodePart.AddItem KP2.Value
> End With
> Next KP2
> End Sub
>
> Private Sub OptionButton3_Click()
> Dim KP3 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("master")
> KodePart.Clear
> For Each KP3 In ws.Range("h4:h11")
> With Me
> KodePart.AddItem KP3.Value
> End With
> Next KP3
> End Sub
>
> Trimakasih,
> Wassalam,
>
> ----------------------------------------------------------
> *From:* daniel_aho <daniel_aho@yahoo.co.id
> <mailto:daniel_aho@yahoo.co.id >>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Sent:* Thursday, May 2, 2013 10:58 AM
> *Subject:* [belajar-excel] Option button macro pada User form
> untuk menentukan range combo box
>
> Dear para master excel,
>
> Bagaimana code macro untuk Option Button yang dipakai untuk
> menentukan
> range dari combo box, jika pertanyaan saya kurang jelas, berikut saya
> lampirkan filenya,
>
> Mohon pencerahan dari master2 semua.
> Terima kasih,
>
> daniel
>
>
>
>
Wah ternyata ada cara yang lain lagi untuk penyelesaian kasus ini,
terima kasih sekali atas ilmunya yang diberikan dan penjelasaan yang
sangat rinci, sangat bermanfaat sekali apalagi untuk saya yang baru mau
belajar tentang VBA Excel.
daniel
On 5/2/2013 4:06 PM, Mr. Kid wrote:
> Sepertinya script dari mas Opik ini bisa menjadi bahan wacana tentang
> prosedur, terutama bagi BeExceller yang lagi keranjingan VBA.
>
> Dari 3 prosedur event milik control option button ini ada proses yang
> tetap, yaitu menghapus isi combobox bernama Kodepart, kemudian mengisi
> ulang item combobox dari suatu data range tertentu dengan menggunakan
> loop.
>
> Kali ini kita ndak akan mempermasalahkan bagaimana cara mengisinya
> (pakai loop atau set row source), tetapi kita akan melihat sedikit
> tentang *cara mengirim dan menerima suatu nilai dari satu variabel ke
> variabel lain antar prosedur*
>
> 1. bunyi script untuk proses yang berulang adalah pada bagian :
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
>
> 2. satu blok script tersebut diletakkan pada sebuah prosedur baru,
> misal bernama IsiComboBox(
> private sub IsiComboBox(
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
> end sub
>
> 3. dibuang dulu bagian yang tidak pokok, yaitu With Me dan End With
> menjadi :
> private sub IsiComboBox(
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 4. mendefinisikan object inputan yang dibutuhkan.
> >> ternyata yang dibutuhkan adalah object range yang akan menjadi isi
> combobox (yang dimasukkan lewat loop), yaitu pada baris berbunyi :
> For Each KP1 In ws.Range("
>
> >> karena object-nya adalah range, dibuat dulu sebuah variabel object
> range sebagai wadah inputan
> dim rngInput as range
>
> >> kemudian object range baru itu menggantikan bagian yang diproses
> [bagian berbunyi : ws.Range("
> For Each KP1 In rngInput
>
> >> script secara keseluruhan akan berubah menjadi :
> private sub IsiComboBox(
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> dim rngInput as range
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 5. buang lagi baris-baris tidak perlu, yaitu yang berkaitan dengan
> object worksheet, mulai dari deklarasi sampai penggunaannya, yaitu :
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> >> maka susunan prosedur akan menjadi :
> private sub IsiComboBox(
> Dim KP1 As Range
>
> dim rngInput as range
>
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> 6. karena rngInput dibutuhkan oleh proses dan harus diterima dari
> prosedur lain (dalam hal ini kiriman dari prosedur event setiap option
> button), maka deklarasi variabel rngInput dipindah ke baris deklarasi
> prosedur (tidak perlu dim lagi), sehingga baris deklarasi prosedur
> menjadi :
> private sub IsiComboBox(
> dan baris deklarasi input yang menggunakan dim bisa dihapus.
> Susunan prosedur akan menjadi :
> private sub IsiComboBox(
> Dim KP1 As Range
>
>
>
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In rngInput
>
> KodePart.AddItem KP1.Value
>
> Next KP1
> end sub
>
> ***** sampai sini, sudah didapat sebuah prosedur untuk mengisi
> ComboBox bernama KodePart yang harus disediakan data yang harus
> dimasukkan ke combobox berupa sebuah range yang jelas letaknya.
>
> Pada masing-masing prosedur event OptionButton click, yang membutuhkan
> pengisian combobox, bisa hanya diisi dengan memanggil prosedur bernama
> IsiComboBox asal bisa menyediakan range sumbernya.
> Contoh untuk tombol OptionButton1 akan memiliki prosedur event click
> seperti :
>
>
> Private Sub OptionButton1_
> 'akan isi combobox, panggil si prosedur IsiComboBox
> 'dengan data yang akan diisikan ada di sheet bernama master pada
> range B4:B11
> IsiComboBox *Sheets("
> End Sub
>
> (terapkan juga untuk event tombol lain yang membutuhkan)
>
>
> :)
> moga-moga bisa menjadi mainan baru dalam ber-VBA bagi BeExceller yang
> lagi semangat mengeksplorasi VBA.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/5/2 lapendosol opik <lapendosol@yahoo.
> <mailto:lapendosol@yahoo.
>
> Dear Daniel,
> Coba pake kode berikut, meskipun rada panjang kodenya, mohon
> master2 yang lain untuk mengkoreksi/
> Private Sub OptionButton1_
> Dim KP1 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP1 In ws.Range("
> With Me
> KodePart.AddItem KP1.Value
> End With
> Next KP1
> End Sub
>
> Private Sub OptionButton2_
> Dim KP2 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP2 In ws.Range("
> With Me
> KodePart.AddItem KP2.Value
> End With
> Next KP2
> End Sub
>
> Private Sub OptionButton3_
> Dim KP3 As Range
> Dim ws As Worksheet
> Set ws = Sheets("
> KodePart.Clear
> For Each KP3 In ws.Range("
> With Me
> KodePart.AddItem KP3.Value
> End With
> Next KP3
> End Sub
>
> Trimakasih,
> Wassalam,
>
> ------------
> *From:* daniel_aho <daniel_aho@yahoo.
> <mailto:daniel_aho@yahoo.
> *To:* belajar-excel@
> <mailto:belajar-excel@
> *Sent:* Thursday, May 2, 2013 10:58 AM
> *Subject:* [belajar-excel] Option button macro pada User form
> untuk menentukan range combo box
>
> Dear para master excel,
>
> Bagaimana code macro untuk Option Button yang dipakai untuk
> menentukan
> range dari combo box, jika pertanyaan saya kurang jelas, berikut saya
> lampirkan filenya,
>
> Mohon pencerahan dari master2 semua.
> Terima kasih,
>
> daniel
>
>
>
>
Thu May 2, 2013 6:54 pm (PDT) . Posted by:
"Putri Intecs" putri.intecs
Dear para master excel,
>>
>>Mohon bantuannya para master semua,
>>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
>>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
>>
>>
>>
>>Mohon pencerahan dari master2 semua.
>>
Terima kasih,
>>
>>Putri
>>
>>
--- Mods ---
Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
Pendapat mods :
File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image) membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search di internet.
------------
>>
>>Mohon bantuannya para master semua,
>>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
>>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
>>
>>
>>
>>Mohon pencerahan dari master2 semua.
>>
Terima kasih,
>>
>>Putri
>>
>>
--- Mods ---
Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
Pendapat mods :
File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image) membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search di internet.
------------
Thu May 2, 2013 6:59 pm (PDT) . Posted by:
"dedy rauf"
(saya bukan master, sesama pelajar)
mungkin filenya berupa gambar (jpeg) yang di convert ke pdf
untuk bisa mengkonversinya dalam excel
coba cara berikut
1. konversi ke bentuk gambar
2. pakai OCR
3. baru pakai excel hehe
apabila ada salh kata mohon maaf
2013/5/3 Putri Intecs <putri.intecs@yahoo.co.id >
> **
>
>
> Dear para master excel,
> >>
> >>Mohon bantuannya para master semua,
> >>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk
> m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
> >>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di
> convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
> >>
> >>
> >>
> >>Mohon pencerahan dari master2 semua.
> >>
> Terima kasih,
> >>
> >>Putri
> >>
> >>
>
> --- Mods ---
> Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam
> peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
> Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>
> Pendapat mods :
> File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image)
> membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
> Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search
> di internet.
> ------------
>
>
mungkin filenya berupa gambar (jpeg) yang di convert ke pdf
untuk bisa mengkonversinya dalam excel
coba cara berikut
1. konversi ke bentuk gambar
2. pakai OCR
3. baru pakai excel hehe
apabila ada salh kata mohon maaf
2013/5/3 Putri Intecs <putri.intecs@
> **
>
>
> Dear para master excel,
> >>
> >>Mohon bantuannya para master semua,
> >>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk
> m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
> >>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di
> convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
> >>
> >>
> >>
> >>Mohon pencerahan dari master2 semua.
> >>
> Terima kasih,
> >>
> >>Putri
> >>
> >>
>
> --- Mods ---
> Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam
> peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
> Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>
> Pendapat mods :
> File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image)
> membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
> Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search
> di internet.
> ------------
>
>
Thu May 2, 2013 8:19 pm (PDT) . Posted by:
"Putri Intecs" putri.intecs
Mas Dedy,
terimakasih banyak atas pencerahannya.
saya sudah coba download app. OCR dan sudah coba mengkoversikan seperti yang diarahkan mas dedy.
cuma waktu selesi konversi kebentuk gambar, hanya bisa konversi kebentuk word, tidak ada ke bentuk excell.
saya berhasil, tapi saat file dibuka data nya berantakan, mungkinkah karena file dikonversikan ini memang tidak bagus.
Terimakasih
salam,
Putri
________________________________
Dari: dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 3 Mei 2013 9:58
Judul: Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
(saya bukan master, sesama pelajar)
mungkin filenya berupa gambar (jpeg) yang di convert ke pdf
untuk bisa mengkonversinya dalam excel
coba cara berikut
1. konversi ke bentuk gambar
2. pakai OCR
3. baru pakai excel hehe
apabila ada salh kata mohon maaf
2013/5/3 Putri Intecs <putri.intecs@yahoo.co.id >
>
>Dear para master excel,
>>>
>>>Mohon bantuannya para master semua,
>>>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
>>>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
>>>
>>>
>>>
>>>Mohon pencerahan dari master2 semua.
>>>
>Terima kasih,
>>>
>>>Putri
>>>
>>>
>
>--- Mods ---
>Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
>Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>
>Pendapat mods :
>File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image) membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
>Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search di internet.
>------------
>
terimakasih banyak atas pencerahannya.
saya sudah coba download app. OCR dan sudah coba mengkoversikan seperti yang diarahkan mas dedy.
cuma waktu selesi konversi kebentuk gambar, hanya bisa konversi kebentuk word, tidak ada ke bentuk excell.
saya berhasil, tapi saat file dibuka data nya berantakan, mungkinkah karena file dikonversikan ini memang tidak bagus.
Terimakasih
salam,
Putri
____________
Dari: dedy rauf <dedy.rauf@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Jumat, 3 Mei 2013 9:58
Judul: Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
(saya bukan master, sesama pelajar)
mungkin filenya berupa gambar (jpeg) yang di convert ke pdf
untuk bisa mengkonversinya dalam excel
coba cara berikut
1. konversi ke bentuk gambar
2. pakai OCR
3. baru pakai excel hehe
apabila ada salh kata mohon maaf
2013/5/3 Putri Intecs <putri.intecs@
>
>Dear para master excel,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>Terima kasih,
>>>
>>>
>>>
>>>
>
>--- Mods ---
>Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
>Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>
>Pendapat mods :
>File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image) membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
>Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search di internet.
>--------
>
Thu May 2, 2013 8:24 pm (PDT) . Posted by:
rbhtlkm99
Halo,
Nimbrung ya.. Apakah ibu putri sdh pakai software pdf converter? Itu bisa mngkonvert ke word dan excel. Googling aja byk kok yg bs didonlot scr free dgn serial numbernya
Thanks
Delivered by ALLAH PowerBerry INDOSAT
-----Original Message-----
From: Putri Intecs <putri.intecs@yahoo.co.id >
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Fri, 3 May 2013 11:12:05
To: belajar-excel@yahoogroups.com <belajar-excel@yahoogroups.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
Mas Dedy,
terimakasih banyak atas pencerahannya.
saya sudah coba download app. OCR dan sudah coba mengkoversikan seperti yang diarahkan mas dedy.
cuma waktu selesi konversi kebentuk gambar, hanya bisa konversi kebentuk word, tidak ada ke bentuk excell.
saya berhasil, tapi saat file dibuka data nya berantakan, mungkinkah karena file dikonversikan ini memang tidak bagus.
Terimakasih
salam,
Putri
________________________________
Dari: dedy rauf <dedy.rauf@gmail.com >
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 3 Mei 2013 9:58
Judul: Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
(saya bukan master, sesama pelajar)
mungkin filenya berupa gambar (jpeg) yang di convert ke pdf
untuk bisa mengkonversinya dalam excel
coba cara berikut
1. konversi ke bentuk gambar
2. pakai OCR
3. baru pakai excel hehe
apabila ada salh kata mohon maaf
2013/5/3 Putri Intecs <putri.intecs@yahoo.co.id >
>
>Dear para master excel,
>>>
>>>Mohon bantuannya para master semua,
>>>untuk File terlampir saya sudah coba beberapa kali pakai software untuk m'converter ke excel tetapi tidak pernah berhasil,
>>>yang menjadi pertanyaan saya, apakah file nya memang tidak bisa di convert ke excel atau software nya yang bermasalah.
>>>
>>>
>>>
>>>Mohon pencerahan dari master2 semua.
>>>
>Terima kasih,
>>>
>>>Putri
>>>
>>>
>
>--- Mods ---
>Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
>Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>
>Pendapat mods :
>File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image) membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
>Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search di internet.
>------------
>
Nimbrung ya.. Apakah ibu putri sdh pakai software pdf converter? Itu bisa mngkonvert ke word dan excel. Googling aja byk kok yg bs didonlot scr free dgn serial numbernya
Thanks
Delivered by ALLAH PowerBerry INDOSAT
-----Original Message-----
From: Putri Intecs <putri.intecs@
Sender: belajar-excel@
Date: Fri, 3 May 2013 11:12:05
To: belajar-excel@
Reply-To: belajar-excel@
Subject: Bls: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
Mas Dedy,
terimakasih banyak atas pencerahannya.
saya sudah coba download app. OCR dan sudah coba mengkoversikan seperti yang diarahkan mas dedy.
cuma waktu selesi konversi kebentuk gambar, hanya bisa konversi kebentuk word, tidak ada ke bentuk excell.
saya berhasil, tapi saat file dibuka data nya berantakan, mungkinkah karena file dikonversikan ini memang tidak bagus.
Terimakasih
salam,
Putri
____________
Dari: dedy rauf <dedy.rauf@gmail.
Kepada: belajar-excel@
Dikirim: Jumat, 3 Mei 2013 9:58
Judul: Re: [belajar-excel] Converter PDF to Excel
(saya bukan master, sesama pelajar)
mungkin filenya berupa gambar (jpeg) yang di convert ke pdf
untuk bisa mengkonversinya dalam excel
coba cara berikut
1. konversi ke bentuk gambar
2. pakai OCR
3. baru pakai excel hehe
apabila ada salh kata mohon maaf
2013/5/3 Putri Intecs <putri.intecs@
>
>Dear para master excel,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>
>Terima kasih,
>>>
>>>
>>>
>>>
>
>--- Mods ---
>Berhubung file PDF yang dilampirkan melebihi batas yang ditetapkan dalam peraturan milis, maka file tersebut tidak disertakan.
>Sebaiknya penanya menyediakan link untuk mengunduh file tersebut.
>
>Pendapat mods :
>File PDF yang dibentuk dari suatu image (hasil scan berupa image) membutuhkan OCR untuk bisa mengira-ira teks apa yang ada dalam image.
>Coba gunakan aplikasi PDF converter yang menggunakan OCR. Silakan search di internet.
>--------
>
Thu May 2, 2013 8:26 pm (PDT) . Posted by:
"Yan Novianto" yan.novianto
Be excel
Pusing jk tidak bertanya
Misalkan begini :
Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya setiap saya mengetikkan data di colom B2 sampai ke bawah, maka secara otomatis di colom D2 sampai ke bawah, otomatis teridi waktu keika saya sudah menekan enter
Saya pernah gunakan =if(B2="","",now()):
Kalo saya gunakan formula itu, akan secara otomatis sih muncul, tapi ya otomatis juga berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa mengisi waktu otomatis tapi tdk mengikuti update :-)
Terimakasih
Pusing jk tidak bertanya
Misalkan begini :
Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya setiap saya mengetikkan data di colom B2 sampai ke bawah, maka secara otomatis di colom D2 sampai ke bawah, otomatis teridi waktu keika saya sudah menekan enter
Saya pernah gunakan =if(B2="
Kalo saya gunakan formula itu, akan secara otomatis sih muncul, tapi ya otomatis juga berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa mengisi waktu otomatis tapi tdk mengikuti update :-)
Terimakasih
Thu May 2, 2013 8:47 pm (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan formula, hanya bisa dengan
menggunakan VBA
coba cara berikut:
1. pada lembar kerja, tekan tombol [Alt] [F11] sehingga berpindah ke VBE
(Visual Basic Editor)
2. pada VBA Project, double klik nama sheetnya
3. pindah ke layar sebelah kanan, pada dropdown, ganti General menjadi
Worksheet
4. ganti even pada dropdown list menjadi Change
5. copas script berikut diatara script yang sudah terbentuk pada nomor 4 di
atas
' bekerja pada range yang diubah isinya
With Target
' jika jumlah cell yang berubah = 1 maka
If .Cells.Count = 1 Then
' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris > 1
(karena baris 1 = header) maka
If .Column = 4 And .Row > 1 Then
' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
' dengan format cell "h:mm AM/PM"
.Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
End If
' akhir pengecekan dari jumlah kolom yang berubah
End If
' akhir bekerja pada range yang berubah
End With
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com ;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 3 Mei 2013 10.24, Yan Novianto <yan.novianto@yahoo.com > menulis:
> **
>
>
> Be excel
>
> Pusing jk tidak bertanya
>
> Misalkan begini :
>
> Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya setiap saya mengetikkan
> data di colom B2 sampai ke bawah, maka secara otomatis di colom D2 sampai
> ke bawah, otomatis teridi waktu keika saya sudah menekan enter
> Saya pernah gunakan =if(B2="","",now()):
> Kalo saya gunakan formula itu, akan secara otomatis sih muncul, tapi ya
> otomatis juga berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
> Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa mengisi waktu otomatis
> tapi tdk mengikuti update :-)
>
> Terimakasih
>
>
>
menggunakan VBA
coba cara berikut:
1. pada lembar kerja, tekan tombol [Alt] [F11] sehingga berpindah ke VBE
(Visual Basic Editor)
2. pada VBA Project, double klik nama sheetnya
3. pindah ke layar sebelah kanan, pada dropdown, ganti General menjadi
Worksheet
4. ganti even pada dropdown list menjadi Change
5. copas script berikut diatara script yang sudah terbentuk pada nomor 4 di
atas
' bekerja pada range yang diubah isinya
With Target
' jika jumlah cell yang berubah = 1 maka
If .Cells.Count = 1 Then
' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris > 1
(karena baris 1 = header) maka
If .Column = 4 And .Row > 1 Then
' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
' dengan format cell "h:mm AM/PM"
.Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
End If
' akhir pengecekan dari jumlah kolom yang berubah
End If
' akhir bekerja pada range yang berubah
End With
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 3 Mei 2013 10.24, Yan Novianto <yan.novianto@
> **
>
>
> Be excel
>
> Pusing jk tidak bertanya
>
> Misalkan begini :
>
> Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya setiap saya mengetikkan
> data di colom B2 sampai ke bawah, maka secara otomatis di colom D2 sampai
> ke bawah, otomatis teridi waktu keika saya sudah menekan enter
> Saya pernah gunakan =if(B2="
> Kalo saya gunakan formula itu, akan secara otomatis sih muncul, tapi ya
> otomatis juga berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
> Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa mengisi waktu otomatis
> tapi tdk mengikuti update :-)
>
> Terimakasih
>
>
>
Thu May 2, 2013 8:52 pm (PDT) . Posted by:
"Jan Raisin"
ups.. maaf, ada yang terlewat
6. save as file tersebut sebagai excel macro-enabled workbook atau excel
binary workbook (ekstensi .xlsm atau .xlsb pada excel 2007 ke atas)
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com ;*
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 3 Mei 2013 10.47, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com > menulis:
> kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan formula, hanya bisa dengan
> menggunakan VBA
> coba cara berikut:
> 1. pada lembar kerja, tekan tombol [Alt] [F11] sehingga berpindah ke VBE
> (Visual Basic Editor)
> 2. pada VBA Project, double klik nama sheetnya
> 3. pindah ke layar sebelah kanan, pada dropdown, ganti General menjadi
> Worksheet
> 4. ganti even pada dropdown list menjadi Change
> 5. copas script berikut diatara script yang sudah terbentuk pada nomor 4
> di atas
>
> ' bekerja pada range yang diubah isinya
> With Target
>
> ' jika jumlah cell yang berubah = 1 maka
> If .Cells.Count = 1 Then
>
> ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris > 1
> (karena baris 1 = header) maka
> If .Column = 4 And .Row > 1 Then
>
> ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
> ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
>
> ' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
> End If
>
> ' akhir pengecekan dari jumlah kolom yang berubah
> End If
>
> ' akhir bekerja pada range yang berubah
> End With
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> pooling berikut
>
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
> berharga untuk Be-Exceler yang lain
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> *>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan
> Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
> pertanyaan yang diajukan;*
> *>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
> belajar-excel@yahoogroups.com ;*
> *>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;*
>
>
> Pada 3 Mei 2013 10.24, Yan Novianto <yan.novianto@yahoo.com > menulis:
>
> **
>>
>>
>> Be excel
>>
>> Pusing jk tidak bertanya
>>
>> Misalkan begini :
>>
>> Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya setiap saya mengetikkan
>> data di colom B2 sampai ke bawah, maka secara otomatis di colom D2 sampai
>> ke bawah, otomatis teridi waktu keika saya sudah menekan enter
>> Saya pernah gunakan =if(B2="","",now()):
>> Kalo saya gunakan formula itu, akan secara otomatis sih muncul, tapi ya
>> otomatis juga berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
>> Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa mengisi waktu otomatis
>> tapi tdk mengikuti update :-)
>>
>> Terimakasih
>>
>>
>>
>
>
6. save as file tersebut sebagai excel macro-enabled workbook atau excel
binary workbook (ekstensi .xlsm atau .xlsb pada excel 2007 ke atas)
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
*>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan Jan
jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
pertanyaan yang diajukan;*
*>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@
*>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta dengan
orang-orang yang sabar QS 2:153;*
Pada 3 Mei 2013 10.47, Jan Raisin <miss.jan.raisin@
> kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan formula, hanya bisa dengan
> menggunakan VBA
> coba cara berikut:
> 1. pada lembar kerja, tekan tombol [Alt] [F11] sehingga berpindah ke VBE
> (Visual Basic Editor)
> 2. pada VBA Project, double klik nama sheetnya
> 3. pindah ke layar sebelah kanan, pada dropdown, ganti General menjadi
> Worksheet
> 4. ganti even pada dropdown list menjadi Change
> 5. copas script berikut diatara script yang sudah terbentuk pada nomor 4
> di atas
>
> ' bekerja pada range yang diubah isinya
> With Target
>
> ' jika jumlah cell yang berubah = 1 maka
> If .Cells.Count = 1 Then
>
> ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris > 1
> (karena baris 1 = header) maka
> If .Column = 4 And .Row > 1 Then
>
> ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
> ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
>
> ' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
> End If
>
> ' akhir pengecekan dari jumlah kolom yang berubah
> End If
>
> ' akhir bekerja pada range yang berubah
> End With
>
> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
> pooling berikut
>
> http://tech.
>
> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
> berharga untuk Be-Exceler yang lain
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
> *>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan
> Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
> pertanyaan yang diajukan;*
> *>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
> belajar-excel@
> *>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;*
>
>
> Pada 3 Mei 2013 10.24, Yan Novianto <yan.novianto@
>
> **
>>
>>
>> Be excel
>>
>> Pusing jk tidak bertanya
>>
>> Misalkan begini :
>>
>> Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya setiap saya mengetikkan
>> data di colom B2 sampai ke bawah, maka secara otomatis di colom D2 sampai
>> ke bawah, otomatis teridi waktu keika saya sudah menekan enter
>> Saya pernah gunakan =if(B2="
>> Kalo saya gunakan formula itu, akan secara otomatis sih muncul, tapi ya
>> otomatis juga berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
>> Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa mengisi waktu otomatis
>> tapi tdk mengikuti update :-)
>>
>> Terimakasih
>>
>>
>>
>
>
Thu May 2, 2013 11:28 pm (PDT) . Posted by:
"Amri Salman Rizal" menxcromancer
salam,
maaf nyelip ya Ms Jan dan Pak Yan,
saya tertarik sama topik ini,
saya coba format waktunya ditambahkan dengan tanggal yang asalnya "hh:mm
AM/PM" menjadi "dd-mmm-yy hh:mm".
nah, untuk format tanggal dan jam nya sudah sesuai keinginan, hanya saja
tanggal yang muncul bukan tanggal hari ini, melainkan 30-Dec-99.
entah mungkin saya yang kurang ilmu atau memang kurang ilmu, jadi mohon
pembelajarannya ya rekan2.
terima kasih.
-------- Original Message --------
Subject: Re: [belajar-excel] Isi data waktu otomatis saat pengetikkan
Date: Fri, 3 May 2013 10:52:37 +0700
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com >
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
To: belajar-excel@yahoogroups.com
ups.. maaf, ada yang terlewat
6. save as file tersebut sebagai excel macro-enabled workbook atau excel
binary workbook (ekstensi .xlsm atau .xlsb pada excel 2007 ke atas)
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
/>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan
Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap
1 pertanyaan yang diajukan;/
/>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >;/
/>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;/
Pada 3 Mei 2013 10.47, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com
<mailto:miss.jan.raisin@gmail.com >> menulis:
kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan formula, hanya bisa dengan
menggunakan VBA
coba cara berikut:
1. pada lembar kerja, tekan tombol [Alt] [F11] sehingga berpindah ke
VBE (Visual Basic Editor)
2. pada VBA Project, double klik nama sheetnya
3. pindah ke layar sebelah kanan, pada dropdown, ganti General
menjadi Worksheet
4. ganti even pada dropdown list menjadi Change
5. copas script berikut diatara script yang sudah terbentuk pada
nomor 4 di atas
' bekerja pada range yang diubah isinya
With Target
' jika jumlah cell yang berubah = 1 maka
If .Cells.Count = 1 Then
' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris
> 1 (karena baris 1 = header) maka
If .Column = 4 And .Row > 1 Then
' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
' dengan format cell "h:mm AM/PM"
.Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
End If
' akhir pengecekan dari jumlah kolom yang berubah
End If
' akhir bekerja pada range yang berubah
End With
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel
pada pooling berikut
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut
sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
/>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak
akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta
untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;/
/>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:belajar-excel@yahoogroups.com >;/
/>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;/
Pada 3 Mei 2013 10.24, Yan Novianto <yan.novianto@yahoo.com
<mailto:yan.novianto@yahoo.com >> menulis:
Be excel
Pusing jk tidak bertanya
Misalkan begini :
Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya setiap saya
mengetikkan data di colom B2 sampai ke bawah, maka secara
otomatis di colom D2 sampai ke bawah, otomatis teridi waktu
keika saya sudah menekan enter
Saya pernah gunakan =if(B2="","",now()):
Kalo saya gunakan formula itu, akan secara otomatis sih muncul,
tapi ya otomatis juga berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa mengisi waktu
otomatis tapi tdk mengikuti update :-)
Terimakasih
maaf nyelip ya Ms Jan dan Pak Yan,
saya tertarik sama topik ini,
saya coba format waktunya ditambahkan dengan tanggal yang asalnya "hh:mm
AM/PM" menjadi "dd-mmm-
nah, untuk format tanggal dan jam nya sudah sesuai keinginan, hanya saja
tanggal yang muncul bukan tanggal hari ini, melainkan 30-Dec-99.
entah mungkin saya yang kurang ilmu atau memang kurang ilmu, jadi mohon
pembelajarannya ya rekan2.
terima kasih.
-------- Original Message --------
Subject: Re: [belajar-excel] Isi data waktu otomatis saat pengetikkan
Date: Fri, 3 May 2013 10:52:37 +0700
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@
Reply-To: belajar-excel@
To: belajar-excel@
ups.. maaf, ada yang terlewat
6. save as file tersebut sebagai excel macro-enabled workbook atau excel
binary workbook (ekstensi .xlsm atau .xlsb pada excel 2007 ke atas)
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
pooling berikut
http://tech.
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
/>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan
Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap
1 pertanyaan yang diajukan;/
/>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@
/>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;/
Pada 3 Mei 2013 10.47, Jan Raisin <miss.jan.raisin@
<mailto:miss.jan.raisin@
kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan formula, hanya bisa dengan
menggunakan VBA
coba cara berikut:
1. pada lembar kerja, tekan tombol [Alt] [F11] sehingga berpindah ke
VBE (Visual Basic Editor)
2. pada VBA Project, double klik nama sheetnya
3. pindah ke layar sebelah kanan, pada dropdown, ganti General
menjadi Worksheet
4. ganti even pada dropdown list menjadi Change
5. copas script berikut diatara script yang sudah terbentuk pada
nomor 4 di atas
' bekerja pada range yang diubah isinya
With Target
' jika jumlah cell yang berubah = 1 maka
If .Cells.Count = 1 Then
' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris
> 1 (karena baris 1 = header) maka
If .Column = 4 And .Row > 1 Then
' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
' dengan format cell "h:mm AM/PM"
.Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
End If
' akhir pengecekan dari jumlah kolom yang berubah
End If
' akhir bekerja pada range yang berubah
End With
# sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel
pada pooling berikut
http://tech.
Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut
sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
Wassalam,
-Miss Jan Raisin-
/>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak
akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta
untuk setiap 1 pertanyaan yang diajukan;/
/>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
belajar-excel@
/>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;/
Pada 3 Mei 2013 10.24, Yan Novianto <yan.novianto@
<mailto:yan.novianto@
Be excel
Pusing jk tidak bertanya
Misalkan begini :
Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya setiap saya
mengetikkan data di colom B2 sampai ke bawah, maka secara
otomatis di colom D2 sampai ke bawah, otomatis teridi waktu
keika saya sudah menekan enter
Saya pernah gunakan =if(B2="
Kalo saya gunakan formula itu, akan secara otomatis sih muncul,
tapi ya otomatis juga berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa mengisi waktu
otomatis tapi tdk mengikuti update :-)
Terimakasih
Thu May 2, 2013 8:44 pm (PDT) . Posted by:
"Krisan Flower" krisan_flower@rocketmail.com
Terimakasih atas bantuannya , sangat membantu saya.
Krisan
________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com >
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Dikirim: Kamis, 2 Mei 2013 18:04
Judul: Re: [belajar-excel] Mengambil Range dari data yg jumlahnya banyak.
Coba langkah2 berikut ini dengan rekaman macro (macro recording):
- sorot main data termasuk judul
- lakukan data filter
- Pilih value 1 dan 2
- Copy hasil Filter (tanpa judul) ke data result
- Batalkan data filter pada main data
- Stop Macro recording.
Setelah lihat hasilnya (harusnya OK), coba ulangi langkah tsb (huruf tebal) dengan macro yang telah dibuat.
Salam,
HK
________________________________
From: Krisan Flower <krisan_flower@rocketmail.com >
To: "belajar-excel@yahoogroups.com " <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Thursday, 2 May 2013, 15:23
Subject: [belajar-excel] Mengambil Range dari data yg jumlahnya banyak.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kepada rekan2 semua,
Mohon bantuannya, saya ingin mengambil beberapa file data dalam satu sheet dan dipindahkan ke file yg laen dengan kriteria tertentu gimana caranya yaa?? berikut saya berikan contoh file yg saya kerjakan.
saya punya data main data dan data result
(dipindah dari gambar oleh mods)
"Yang ingin saya lakukan adalah mengambil data dari tabel diatas (workbook main data) dengan ketentuan data yg diambil adalah data yang memiliki value 1 dan 2 saja"
Dari range a sampai p diatas (kolom data dalam workbook main data) data langsung ke sheet data result.�
Mohon bantuannya karena data yg ada sangat banyak dan sangat sulit jika dipindahkan satu2. terimakasih sebelumnya
Krisan
--- Mods ---
Image yang di embed ke dalam body email dilepas karena memiliki ukuran melebihi batas peraturan milis 250KB.
------------
Krisan
____________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@
Kepada: "belajar-excel@
Dikirim: Kamis, 2 Mei 2013 18:04
Judul: Re: [belajar-excel] Mengambil Range dari data yg jumlahnya banyak.
Coba langkah2 berikut ini dengan rekaman macro (macro recording):
- sorot main data termasuk judul
- lakukan data filter
- Pilih value 1 dan 2
- Copy hasil Filter (tanpa judul) ke data result
- Batalkan data filter pada main data
- Stop Macro recording.
Setelah lihat hasilnya (harusnya OK), coba ulangi langkah tsb (huruf tebal) dengan macro yang telah dibuat.
Salam,
HK
____________
From: Krisan Flower <krisan_flower@
To: "belajar-excel@
Sent: Thursday, 2 May 2013, 15:23
Subject: [belajar-excel] Mengambil Range dari data yg jumlahnya banyak.
Wassalamu'
Kepada rekan2 semua,
Mohon bantuannya, saya ingin mengambil beberapa file data dalam satu sheet dan dipindahkan ke file yg laen dengan kriteria tertentu gimana caranya yaa?? berikut saya berikan contoh file yg saya kerjakan.
saya punya data main data dan data result
(dipindah dari gambar oleh mods)
"Yang ingin saya lakukan adalah mengambil data dari tabel diatas (workbook main data) dengan ketentuan data yg diambil adalah data yang memiliki value 1 dan 2 saja"
Dari range a sampai p diatas (kolom data dalam workbook main data) data langsung ke sheet data result.�
Mohon bantuannya karena data yg ada sangat banyak dan sangat sulit jika dipindahkan satu2. terimakasih sebelumnya
Krisan
--- Mods ---
Image yang di embed ke dalam body email dilepas karena memiliki ukuran melebihi batas peraturan milis 250KB.
------------
Thu May 2, 2013 8:55 pm (PDT) . Posted by:
"Dian Anas" anassheva20
no 1. belum mudeng maksudnya Mr. Kid, maaf masih pemula soal macro, mohon dijelaskan dengan contoh. itu jg kalau berkenan
no. 2 sudah diganti tapi tetap tidak berubah, coba dicari ke modulnya jg tidak ada. mohon solusi lebih lanjut.
matur nuwun sudah merepotkan
________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Thursday, May 2, 2013 3:11 PM
Subject: Re: [belajar-excel] mengatasi debug subscript out of range
Selamat sore,
1. Coba ganti Activesheet dengan object sheet-nya secara langsung. Misal ganti activesheet dengan sheets("nama sheetnya")
>> Jika masih error, maka sheet tersebut belum punya Vertikal PageBreak. Coba buat sebuah vertikal pagebreak atau pastikan minimal ada sebuah vertikal page break dalam worksheet.
2. Coba ganti nama file BOS 2012 Tuban.xlam menjadi BOS 2012.xlam atau apalah nama filenya.
Wassalam,
Kid.
2013/5/2 Dian Anas <anassheva20@yahoo.com >
>
>selamat pagi para master excel,
> 1. saya mau tanya bagaimana cara memperbaiki/mengatasi debug subscript out of range, ketika saya menekan debug muncul tulisan kuning ActiveSheet.VPageBreaks(1).DragOff Direction:=xlToRight, RegionIndex:=1, maksud dari tulisan itu apa dan bagaimana cara memperbaikinya ?
>
> 2. bagaimana mengubah ribbon addins BOS 2012 Tuban menjadi BOS 2012
>
no. 2 sudah diganti tapi tetap tidak berubah, coba dicari ke modulnya jg tidak ada. mohon solusi lebih lanjut.
matur nuwun sudah merepotkan
____________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To: BeExcel <belajar-excel@
Sent: Thursday, May 2, 2013 3:11 PM
Subject: Re: [belajar-excel] mengatasi debug subscript out of range
Selamat sore,
1. Coba ganti Activesheet dengan object sheet-nya secara langsung. Misal ganti activesheet dengan sheets("
>> Jika masih error, maka sheet tersebut belum punya Vertikal PageBreak. Coba buat sebuah vertikal pagebreak atau pastikan minimal ada sebuah vertikal page break dalam worksheet.
2. Coba ganti nama file BOS 2012 Tuban.xlam menjadi BOS 2012.xlam atau apalah nama filenya.
Wassalam,
Kid.
2013/5/2 Dian Anas <anassheva20@
>
>selamat pagi para master excel,
> 1. saya mau tanya bagaimana cara memperbaiki/
>
> 2. bagaimana mengubah ribbon addins BOS 2012 Tuban menjadi BOS 2012
>
Thu May 2, 2013 8:59 pm (PDT) . Posted by:
"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1. VPageBreak adalah vertikal page breaks. Jika dalam worksheet tidak ada
area yang di set print atau diberi page break, maka baris ini akan
menghasilkan error. Jadi, pastikan selalu dalam worksheet ada vertikal page
break minimal 1 bijik. Melakukan Set Print Area dalam worksheet akan secara
langsung membuat sebuah vertikal page breaks.
2. Coba cari di windows explorer nama file BOS 2012 Tuban.xla* dan ganti
dengan nama yang Anda inginkan. Jadi mencari file itu di windows (misal
lewat aplikasi Windows Explorer).
Wassalam,
Kid.
2013/5/3 Dian Anas <anassheva20@yahoo.com >
> **
>
>
> no 1. belum mudeng maksudnya Mr. Kid, maaf masih pemula soal macro, mohon
> dijelaskan dengan contoh. itu jg kalau berkenan
> no. 2 sudah diganti tapi tetap tidak berubah, coba dicari ke modulnya jg
> tidak ada. mohon solusi lebih lanjut.
> matur nuwun sudah merepotkan
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
> *To:* BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
> *Sent:* Thursday, May 2, 2013 3:11 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] mengatasi debug subscript out of range
>
>
> Selamat sore,
>
> 1. Coba ganti Activesheet dengan object sheet-nya secara langsung. Misal
> ganti activesheet dengan sheets("nama sheetnya")
> >> Jika masih error, maka sheet tersebut belum punya Vertikal PageBreak.
> Coba buat sebuah vertikal pagebreak atau pastikan minimal ada sebuah
> vertikal page break dalam worksheet.
>
> 2. Coba ganti nama file BOS 2012 Tuban.xlam menjadi BOS 2012.xlam atau
> apalah nama filenya.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/2 Dian Anas <anassheva20@yahoo.com >
>
> **
>
> selamat pagi para master excel,
>
> 1. saya mau tanya bagaimana cara memperbaiki/mengatasi debug subscript
> out of range, ketika saya menekan debug muncul tulisan
> kuning ActiveSheet.VPageBreaks(1).DragOff Direction:=xlToRight,
> RegionIndex:=1, maksud dari tulisan itu apa dan bagaimana cara
> memperbaikinya ?
> 2. bagaimana mengubah ribbon addins BOS 2012 Tuban menjadi BOS 2012
>
>
>
>
>
>
area yang di set print atau diberi page break, maka baris ini akan
menghasilkan error. Jadi, pastikan selalu dalam worksheet ada vertikal page
break minimal 1 bijik. Melakukan Set Print Area dalam worksheet akan secara
langsung membuat sebuah vertikal page breaks.
2. Coba cari di windows explorer nama file BOS 2012 Tuban.xla* dan ganti
dengan nama yang Anda inginkan. Jadi mencari file itu di windows (misal
lewat aplikasi Windows Explorer).
Wassalam,
Kid.
2013/5/3 Dian Anas <anassheva20@
> **
>
>
> no 1. belum mudeng maksudnya Mr. Kid, maaf masih pemula soal macro, mohon
> dijelaskan dengan contoh. itu jg kalau berkenan
> no. 2 sudah diganti tapi tetap tidak berubah, coba dicari ke modulnya jg
> tidak ada. mohon solusi lebih lanjut.
> matur nuwun sudah merepotkan
>
> ------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
> *To:* BeExcel <belajar-excel@
> *Sent:* Thursday, May 2, 2013 3:11 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] mengatasi debug subscript out of range
>
>
> Selamat sore,
>
> 1. Coba ganti Activesheet dengan object sheet-nya secara langsung. Misal
> ganti activesheet dengan sheets("
> >> Jika masih error, maka sheet tersebut belum punya Vertikal PageBreak.
> Coba buat sebuah vertikal pagebreak atau pastikan minimal ada sebuah
> vertikal page break dalam worksheet.
>
> 2. Coba ganti nama file BOS 2012 Tuban.xlam menjadi BOS 2012.xlam atau
> apalah nama filenya.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/2 Dian Anas <anassheva20@
>
> **
>
> selamat pagi para master excel,
>
> 1. saya mau tanya bagaimana cara memperbaiki/
> out of range, ketika saya menekan debug muncul tulisan
> kuning ActiveSheet.
> RegionIndex:
> memperbaikinya ?
> 2. bagaimana mengubah ribbon addins BOS 2012 Tuban menjadi BOS 2012
>
>
>
>
>
>
Thu May 2, 2013 11:26 pm (PDT) . Posted by:
"Dian Anas" anassheva20
ok, Mr.Kid saya coba dulu. terima kasih
________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
Sent: Friday, May 3, 2013 10:59 AM
Subject: Re: [belajar-excel] mengatasi debug subscript out of range
1. VPageBreak adalah vertikal page breaks. Jika dalam worksheet tidak ada area yang di set print atau diberi page break, maka baris ini akan menghasilkan error. Jadi, pastikan selalu dalam worksheet ada vertikal page break minimal 1 bijik. Melakukan Set Print Area dalam worksheet akan secara langsung membuat sebuah vertikal page breaks.
2. Coba cari di windows explorer nama file BOS 2012 Tuban.xla* dan ganti dengan nama yang Anda inginkan. Jadi mencari file itu di windows (misal lewat aplikasi Windows Explorer).
Wassalam,
Kid.
2013/5/3 Dian Anas <anassheva20@yahoo.com >
>
>no 1. belum mudeng maksudnya Mr. Kid, maaf masih pemula soal macro, mohon dijelaskan dengan contoh. itu jg kalau berkenan
>no. 2 sudah diganti tapi tetap tidak berubah, coba dicari ke modulnya jg tidak ada. mohon solusi lebih lanjut.
>matur nuwun sudah merepotkan
>
>
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com >
>To: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com >
>Sent: Thursday, May 2, 2013 3:11 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] mengatasi debug subscript out of range
>
>
>
>
>Selamat sore,
>
>1. Coba ganti Activesheet dengan object sheet-nya secara langsung. Misal ganti activesheet dengan sheets("nama sheetnya")
>>> Jika masih error, maka sheet tersebut belum punya Vertikal PageBreak. Coba buat sebuah vertikal pagebreak atau pastikan minimal ada sebuah vertikal page break dalam worksheet.
>
>
>
>2. Coba ganti nama file BOS 2012 Tuban.xlam menjadi BOS 2012.xlam atau apalah nama filenya.
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>2013/5/2 Dian Anas <anassheva20@yahoo.com >
>
>
>>
>>selamat pagi para master excel,
>> 1. saya mau tanya bagaimana cara memperbaiki/mengatasi debug subscript out of range, ketika saya menekan debug muncul tulisan kuning ActiveSheet.VPageBreaks(1).DragOff Direction:=xlToRight, RegionIndex:=1, maksud dari tulisan itu apa dan bagaimana cara memperbaikinya ?
>>
>> 2. bagaimana mengubah ribbon addins BOS 2012 Tuban menjadi BOS 2012
>>
>
>
>
____________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
To: BeExcel <belajar-excel@
Sent: Friday, May 3, 2013 10:59 AM
Subject: Re: [belajar-excel] mengatasi debug subscript out of range
1. VPageBreak adalah vertikal page breaks. Jika dalam worksheet tidak ada area yang di set print atau diberi page break, maka baris ini akan menghasilkan error. Jadi, pastikan selalu dalam worksheet ada vertikal page break minimal 1 bijik. Melakukan Set Print Area dalam worksheet akan secara langsung membuat sebuah vertikal page breaks.
2. Coba cari di windows explorer nama file BOS 2012 Tuban.xla* dan ganti dengan nama yang Anda inginkan. Jadi mencari file itu di windows (misal lewat aplikasi Windows Explorer).
Wassalam,
Kid.
2013/5/3 Dian Anas <anassheva20@
>
>no 1. belum mudeng maksudnya Mr. Kid, maaf masih pemula soal macro, mohon dijelaskan dengan contoh. itu jg kalau berkenan
>no. 2 sudah diganti tapi tetap tidak berubah, coba dicari ke modulnya jg tidak ada. mohon solusi lebih lanjut.
>matur nuwun sudah merepotkan
>
>
>
>________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.
>To: BeExcel <belajar-excel@
>Sent: Thursday, May 2, 2013 3:11 PM
>Subject: Re: [belajar-excel] mengatasi debug subscript out of range
>
>
>
>
>Selamat sore,
>
>1. Coba ganti Activesheet dengan object sheet-nya secara langsung. Misal ganti activesheet dengan sheets("
>>> Jika masih error, maka sheet tersebut belum punya Vertikal PageBreak. Coba buat sebuah vertikal pagebreak atau pastikan minimal ada sebuah vertikal page break dalam worksheet.
>
>
>
>2. Coba ganti nama file BOS 2012 Tuban.xlam menjadi BOS 2012.xlam atau apalah nama filenya.
>
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>
>
>
>2013/5/2 Dian Anas <anassheva20@
>
>
>>
>>selamat pagi para master excel,
>> 1. saya mau tanya bagaimana cara memperbaiki/
>>
>> 2. bagaimana mengubah ribbon addins BOS 2012 Tuban menjadi BOS 2012
>>
>
>
>
Thu May 2, 2013 11:26 pm (PDT) . Posted by:
"Prodev SIMPLE PB" prodev_simple
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Dear Master,
Berikut terlampir sedikit permasalahan mengenai pembuatan tabel resume dari beberapa sheet yang terpisah.
Mohon pencerahannya.
Terima kasih banyak.
Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
- prodev simple -
Dear Master,
Berikut terlampir sedikit permasalahan mengenai pembuatan tabel resume dari beberapa sheet yang terpisah.
Mohon pencerahannya.
Terima kasih banyak.
Wassalamu'
- prodev simple -
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com
berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
Tidak ada komentar:
Posting Komentar