Sabtu, 04 Mei 2013

[belajar-excel] Digest Number 2280

15 New Messages

Digest #2280
1a
Re: recon antara sheet by "WIRAnata Kemala Deng" kwiranata
1b
Re: recon antara sheet by "Bambang trianto wibowo" bambang_trianto2002
1c
Re: recon antara sheet by "WIRAnata Kemala Deng" kwiranata
1d
Re: recon antara sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Formula Reconcile Data by "basyoir Bas"
2b
Re: Formula Reconcile Data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
Re: Formula Reconcile Data by "WIRAnata Kemala Deng" kwiranata
2d
Re: Formula Reconcile Data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Kali data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Isi data waktu otomatis saat pengetikkan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Kopi darat belum mendarat? by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
5b
Re: Kopi darat belum mendarat? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5c
Re: Kopi darat belum mendarat? by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
5d
Re: Kopi darat belum mendarat? by "Aliif Akbar" aliif.akbar
6
RE: [belajar-excel] Kopi darat belum mendarat? by "aderusliana@gmail.com" aderusliana

Messages

Sat May 4, 2013 6:31 am (PDT) . Posted by:

"WIRAnata Kemala Deng" kwiranata

dear Bambang, salah satu cara, as attached.

jangan lupa macro nya di on dulu yah.

semoga sesuai dengan yg diinginkan, maklum saya newbie baru belajar :)

regards, Wira
4/5/2013 8:09:50 PM

2013/5/4 Bambang trianto wibowo <bambang.trianto2002@gmail.com>

> **
>
>
> Dear master Be-excel.
>
> to de poin aja ya..
> gimana caranya menggabungkan data yang ada di sheet1 dan sheet2 di sheet3,
> sehingga di sheet 3 tidak ada lagi data yang antara sheet1 dan sheet2.
> berikut saya lampirkan datanya.
>
> Regards,
> Bambang
>
>
>

Sat May 4, 2013 6:57 am (PDT) . Posted by:

"Bambang trianto wibowo" bambang_trianto2002

wira thank's udah share..
cuma kok langsung jadi ya..prosesnya gimana?
newbie juga nih..

Best regards,
Bambang trianto

Pada 4 Mei 2013 20.10, WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> dear Bambang, salah satu cara, as attached.
>
> jangan lupa macro nya di on dulu yah.
>
> semoga sesuai dengan yg diinginkan, maklum saya newbie baru belajar :)
>
> regards, Wira
> 4/5/2013 8:09:50 PM
>
>
> 2013/5/4 Bambang trianto wibowo <bambang.trianto2002@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear master Be-excel.
>>
>> to de poin aja ya..
>> gimana caranya menggabungkan data yang ada di sheet1 dan sheet2 di
>> sheet3, sehingga di sheet 3 tidak ada lagi data yang antara sheet1 dan
>> sheet2.
>> berikut saya lampirkan datanya.
>>
>> Regards,
>> Bambang
>>
>>
>
>

Sat May 4, 2013 7:17 am (PDT) . Posted by:

"WIRAnata Kemala Deng" kwiranata

hi lagi.

untuk liat proses / codes nya, right-click di button nya. -> assign macro
-> edit .

maap kalo codes nya masih dasar banget :)

regards, Wira

2013/5/4 Bambang trianto wibowo <bambang.trianto2002@gmail.com>

> **
>
>
> wira thank's udah share..
> cuma kok langsung jadi ya..prosesnya gimana?
> newbie juga nih..
>
> Best regards,
> Bambang trianto
>
>
> Pada 4 Mei 2013 20.10, WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> dear Bambang, salah satu cara, as attached.
>>
>> jangan lupa macro nya di on dulu yah.
>>
>> semoga sesuai dengan yg diinginkan, maklum saya newbie baru belajar :)
>>
>> regards, Wira
>> 4/5/2013 8:09:50 PM
>>
>>
>> 2013/5/4 Bambang trianto wibowo <bambang.trianto2002@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Dear master Be-excel.
>>>
>>> to de poin aja ya..
>>> gimana caranya menggabungkan data yang ada di sheet1 dan sheet2 di
>>> sheet3, sehingga di sheet 3 tidak ada lagi data yang antara sheet1 dan
>>> sheet2.
>>> berikut saya lampirkan datanya.
>>>
>>> Regards,
>>> Bambang
>>>
>>>
>>
>
>

Sat May 4, 2013 8:35 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Bambang,

Bagaimana jika datanya disusun menjadi sebuah data source dulu, kemudian
diolah menjadi output yang diinginkan. Karena pakai VBA, jadi pastikan
kalau ada pertanyaan tentang security macro, pilih enable. Supaya si tombol
Update bisa berfungsi (daripada copas manual).
Script untuk merge data (katanya sebutannya merge data, saya ikutan aja
deh) ada di VBE (takan ALT F11 dan double click Module1).

Bagi yang pakai Excel 2013, ndak perlu bersusah payah menyusun VBA untuk
menyusun data source. Cukup gunakan powerpivot untuk menyusun data model di
virtual analysis service nya

Wassalam,
Kid.

2013/5/4 Bambang trianto wibowo <bambang.trianto2002@gmail.com>

> **
>
>
> Dear master Be-excel.
>
> to de poin aja ya..
> gimana caranya menggabungkan data yang ada di sheet1 dan sheet2 di sheet3,
> sehingga di sheet 3 tidak ada lagi data yang antara sheet1 dan sheet2.
> berikut saya lampirkan datanya.
>
> Regards,
> Bambang
>
>
>

Sat May 4, 2013 6:32 am (PDT) . Posted by:

"basyoir Bas"

Dear pakar excel yang budiman,

Terlampir mempertanyakan tentang rumus apa yang harus digunakan untuk mengetahui kolom itu sudah sesui dengan kolom yg telah ditentukan, silahkan lihat lampiran diatas.

Thanks
Bas

Sat May 4, 2013 8:52 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Bas,

File terlampir dibantu 2 kolom agar data referensi bisa lebih berkaidah
database, yaitu setiap baris terisi penuh.
Jadi, walau FG baris itu sama dengan data baris sebelumnya, tetap harus
diisi teks FG-nya alias tidak dikosongkan.
Bentuk seperti ini namanya berperi kemesinan.
Karena yang bekerja keras adalah mesinnya. Jadi, dengan memudahkan mesin
bisa mendapatkan kemudahan juga.

Kolom bantu id untuk memudahkan komputasi saja, supaya mesin ndak perlu
mengolah array berulang kali tapi user ndak bingung cara nyusun formulanya.

Kolom hasil menggunakan fungsi Match untuk mencari padanan di data
referensi. Karena ingin hasilnya TRUE/FALSE, maka sifat Match yang akan
menghasilkan error ketika tidak menemukan suatu nilai di data referensi,
maka digunakanlah fungs IsNumber.

Wassalam,
Kid.

2013/5/4 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear pakar excel yang budiman,
>
> Terlampir mempertanyakan tentang rumus apa yang harus digunakan untuk
> mengetahui kolom itu sudah sesui dengan kolom yg telah ditentukan, silahkan
> lihat lampiran diatas.
>
> Thanks
> Bas
>
>

Sat May 4, 2013 9:26 am (PDT) . Posted by:

"WIRAnata Kemala Deng" kwiranata

Tadi nyoba gabung vlookup dengan offset ga berhasil, memang ga bisa ya
kombinasi tsb?

regards, Wira 鄧又銘
On May 4, 2013 10:53 PM, "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com> wrote:

> **
>
>
> Hai Bas,
>
> File terlampir dibantu 2 kolom agar data referensi bisa lebih berkaidah
> database, yaitu setiap baris terisi penuh.
> Jadi, walau FG baris itu sama dengan data baris sebelumnya, tetap harus
> diisi teks FG-nya alias tidak dikosongkan.
> Bentuk seperti ini namanya berperi kemesinan.
> Karena yang bekerja keras adalah mesinnya. Jadi, dengan memudahkan mesin
> bisa mendapatkan kemudahan juga.
>
> Kolom bantu id untuk memudahkan komputasi saja, supaya mesin ndak perlu
> mengolah array berulang kali tapi user ndak bingung cara nyusun formulanya.
>
> Kolom hasil menggunakan fungsi Match untuk mencari padanan di data
> referensi. Karena ingin hasilnya TRUE/FALSE, maka sifat Match yang akan
> menghasilkan error ketika tidak menemukan suatu nilai di data referensi,
> maka digunakanlah fungs IsNumber.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/4 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear pakar excel yang budiman,
>>
>> Terlampir mempertanyakan tentang rumus apa yang harus digunakan untuk
>> mengetahui kolom itu sudah sesui dengan kolom yg telah ditentukan, silahkan
>> lihat lampiran diatas.
>>
>> Thanks
>> Bas
>>
>
>
>

Sat May 4, 2013 11:59 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe....

Kalau array formula VLookUp Offset tanpa kolom bantu masih bisa.
kira-kira bunyi array formula untuk G4 :
=NOT(ISERROR(VLOOKUP(F4,OFFSET($K$3,MATCH(B4,$J$4:$J$47,0),0,SUM(1*(MATCH(B4,$J$4:$J$47,0)
= MATCH(ROW($J$4:$J$52), IF(LEN($J$4:$J$52),ROW($J$4:$J$52)),1)))),1,0)))

Kehadiran fungsi Offset yang bersifat volatile bisa memberi kesan bahwa
Excel bekerja sangat lamban ketika cell berformulanya atau data
referensinya ada buanyak.

Sepertinya agak baikan array formula Match Match tanpa kolom bantu.
kira-kira bunyi array formula untuk G4 :
=ISNUMBER(MATCH(MATCH(B4,$J$4:$J$47,0)&F4,MATCH(ROW($J$4:$J$52),IF(LEN($J$4:$J$52),ROW($J$4:$J$52)),1)&$K$4:$K$52,0))

File terlampir.

Wassalam,
Kid.

2013/5/4 WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com>

> **
>
>
> Tadi nyoba gabung vlookup dengan offset ga berhasil, memang ga bisa ya
> kombinasi tsb?
>
> regards, Wira 鄧又銘
> On May 4, 2013 10:53 PM, "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com> wrote:
>
>> **
>>
>>
>> Hai Bas,
>>
>> File terlampir dibantu 2 kolom agar data referensi bisa lebih berkaidah
>> database, yaitu setiap baris terisi penuh.
>> Jadi, walau FG baris itu sama dengan data baris sebelumnya, tetap harus
>> diisi teks FG-nya alias tidak dikosongkan.
>> Bentuk seperti ini namanya berperi kemesinan.
>> Karena yang bekerja keras adalah mesinnya. Jadi, dengan memudahkan mesin
>> bisa mendapatkan kemudahan juga.
>>
>> Kolom bantu id untuk memudahkan komputasi saja, supaya mesin ndak perlu
>> mengolah array berulang kali tapi user ndak bingung cara nyusun formulanya.
>>
>> Kolom hasil menggunakan fungsi Match untuk mencari padanan di data
>> referensi. Karena ingin hasilnya TRUE/FALSE, maka sifat Match yang akan
>> menghasilkan error ketika tidak menemukan suatu nilai di data referensi,
>> maka digunakanlah fungs IsNumber.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> 2013/5/4 basyoir Bas <basyoir_bas@yahoo.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Dear pakar excel yang budiman,
>>>
>>> Terlampir mempertanyakan tentang rumus apa yang harus digunakan untuk
>>> mengetahui kolom itu sudah sesui dengan kolom yg telah ditentukan, silahkan
>>> lihat lampiran diatas.
>>>
>>> Thanks
>>> Bas
>>>
>>
>>
>

Sat May 4, 2013 7:15 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hohoho....
ada kalimat berbunyi :
nb : biar nga tiap hari . ketik ribuan angka 0.
artinya boleh berubah saat dilakukan input, maka bisa juga dengan VBA pada
event worksheet change yang diisi begini :

with target 'pada range yang berubah isinya
if .count=1 then 'cek jumlah cell yang berubah cuma 1 bijik
if isnumeric(.value) then 'cek isi yang berubah bisa jadi
bertipe numerik
application.enableevents=FALSE 'opken eksekusi ipen
select case .column
'pilih berdasar nomor indeks kolom
case
1
'kolom A (indeks 1) ditambah 6 bijik 0

.value=.value*1000000 'nilai
di range itu diisi dengan nilai dirange itu juga yang dikali sejuta
case
2
'kolom B (indeks 2) ditambah 3 bijik 0

.value=.value*1000
'nilai di range itu diisi dengan nilai dirange itu juga yang dikali seribu
end
select
'selesai pilih-pilih berdasar indeks kolom
application.enableevents=TRUE 'onken eksekusi ipen
endif 'selesai cek bisa jadi
tipe numerik
endif 'selesai cek jumlah cell yang berubah
isi
end with 'selesai kerja di range yang berubah isi

jadi ndak perlu pencet ctrl w dan ctrl lainnya. tulis saja dan sim salabim
dibantu yak... cling...

nah... kalau mengabaikan kalimat n.b. tadi... bisa juga dengan copasspec
misal data di kolom A (pencet ctrl w katanya) dikali sejuta

dim sHead as string
with sheets("namasheetnya&quot;).range("a1").currentregion.resize(,1)
shead=.resize(1,1).value
.resize(1,1).value=1000000
.resize(1,1).copy
.pastespecial xlpastevalues,xlpastespecialoperationmultiply,true
.resize(1,1).value=shead
end with

yang ctrl lainnya untuk dikali seribu bisa dibuat sendiri ya

Wassalam,
Kid.

2013/5/4 lkm jktind <lkmjktind@gmail.com>

> **
>
>
> Terima kasih . Pak Wiranata.
>
> Sudah bisa .
>
> Cuma Kalau saya rubah menjadi : apa akibatnya ?
>
>
> If IsEmpty(ActiveCell) = False Then
> For Each cell In Selection
> cell.Value = cell * 1000000
> Next cell
> End If
>
> jadi hasil nya langsung di kolom A .
>
>
> Salam
>
> Lukman
>
> nb : biar nga tiap hari . ketik ribuan angka 0.
>
>
> On Sat, May 4, 2013 at 12:53 PM, WIRAnata Kemala Deng <kwiranata@gmail.com
> > wrote:
>
>> **
>>
>>
>> bisa dicoba VBA di bawah ini :
>>
>> Sub columnA()
>>
>> Dim cell As Range
>>
>> 'Range("A2").Activate
>>
>> If IsEmpty(ActiveCell) = False Then
>> For Each cell In Selection
>> cell.Offset(0, 1).Value = cell * 1000000
>> Next cell
>> End If
>>
>> End Sub
>>
>>
>>
>> Sub columnD()
>>
>> Dim cell As Range
>>
>> 'Range("D2").Activate
>>
>> If IsEmpty(ActiveCell) = False Then
>> For Each cell In Selection
>> cell.Offset(0, 1).Value = cell * 1000
>> Next cell
>> End If
>>
>>
>> End Sub
>>
>>
>> xlm attached.
>>
>> select rows column A, lalu ctrl+w
>> yang satu lagi, select rows column D, lalu ctrl+q
>>
>> semoga membantu , maap kalo coding nya kurang rapih or canggih :)
>>
>> regards, Wira
>>
>>
>> 2013/5/4 lkm jktind <lkmjktind@gmail.com>
>>
>>> **
>>>
>>>
>>> Maaf . contoh file, ketinggalan
>>>
>>>
>>> 2013/5/4 lkm jktind <lkmjktind@gmail.com>
>>>
>>>> Data di kolom A : hendak di kalikan dengan 1.000.000
>>>> Data di kolom D : hendak di kalikan dengan 1.000
>>>>
>>>> Hasil yg di kehendaki :
>>>> data di A1:A5 diblok manual ---> tekan ctrl+w -- hasilnya *
>>>> 1.juta
>>>> data di B1:B5 diblok manual ----> tekan ctrl+q --- hasilnya *
>>>> 1.ribu
>>>> dengan macro
>>>>
>>>> Mohon bantuannya .
>>>>
>>>> Salam
>>>>
>>>> Lukman
>>>>
>>>
>>>
>>
>
>

Sat May 4, 2013 7:51 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Amri,

1. terus yang saya belum tau untuk menentukan cell mana yang jadi target
penyimpanan waktu itu scriptnya bagaimana
>> di script miss jan :
.Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
range yang ditulisi adalah :
.Offset(, 1)
yang artinya lompat 1 kolom dari sesuatu
nah sesuatunya itu adalah range yang didefinisikan pada baris :
With Target
yaitu range yang diberi nama variabel (bukan nama range dalam
worksheet) Target.
Variabel Target ini berisi range yang diubah isinya oleh si user

>> discript yang diubah dari bunyi ,offset(blabla.... tadi menjadi :
Range("a1").value=Now
maka range yang ditulisi pasti selalu A1, yang didefinisikan dalam
bunyi Range("a1")

>> dari 2 hal di atas, maka definisikanlah yang Anda inginkan dan
kembangkan 2 variasi diatas supaya sesuai kebutuhan.

2. tapi untuk yang A1 merupakan kegiatan menulis data juga sudah
terfikirkan, tapi ngga tau juga caranya
>> hehehe... ndak dibaca dengan lengkap bunyi :
Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi, maka bisa jadi penulisan di A1 akan
membuat masalah baru karena termasuk kegiatan menulis data juga. Maka
sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now tadi) diberi :
Application.enableevents = FALSE
lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
Application.enableevents = TRUE

ya wislah...
1. Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi,
karena baris dari miss Jan berbunyi ada yang dihapus (lihat bunyi)
script miss Jan membatasi diri untuk tulis sesuatu kalau cell D2 kebawah
yang berubah nilai
kalau pengen nulis di A1 si saat ini tersebut (Now) akibat ada pengubahan
nilai dimana saja, berarti pembatas dari miss Jan dihapus.
(ijin dihapus ya miss Jan)
bagian yang dihapus bagian ini :
if .column=4 blablabla
dan baris
end if
pertama setelah baris penulisan tadi.
yang berarti pada script miss jan di bagian blok if berbunyi :
' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris > 1
(karena baris 1 = header) maka
If .Column = 4 And .Row > 1 Then

' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
' dengan format cell "h:mm AM/PM"
.Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")

' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
End If
baris yang dihapus adalah yang berbunyi :
' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris > 1
(karena baris 1 = header) maka
If .Column = 4 And .Row > 1 Then
dan
' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
End If
maka bentuknya tinggal bunyi :
' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
' dengan format cell "h:mm AM/PM"
.Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")

2. maka bisa jadi penulisan di A1 akan membuat masalah baru karena termasuk
kegiatan menulis data juga.
lalu baris yang bunyinya .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
diganti menjadi berbunyi Range("a1").value=Now

dan kegiatan inikan menulis data di range A1. Setuju gak ? kalo gak setuju
berarti diskusi selesai disini.... jadi harus setuju...
Kalau menulis sesuatu di sebuah range, dan nilai yang ditulis itu beda
dengan yang sudah ada di range tersebut, artinya isi range berubah, yang
dalam basa londo inggeris namanya change
Akibatnya, nulis di range a1 oleh baris Range("a1").value=Now akan membuat
prosedur itu dipangil lagi untuk disuruh kerja. Kan jadi mbulet gak
selesai-selesai kalau isinya ganti terus.

Oleh sebab itu ada nomor 3 ini :
3. Maka sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now tadi) diberi :
Application.enableevents
= FALSE
>> yang baris =Now tadi itu kan yang bunyinya :
Range("a1").value=Now

>> kalau katanya sebelumnya baris itu diberi tulisan Application.enableevents
= FALSE
maka jadinya :
Application.enableevents = FALSE
Range("a1").value=Now

Lalu sampai di nomor 4 :
4. lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
Application.enableevents = TRUE
>> setelah bunyi Range("a1").value=Now diberi Application.enableevents =
TRUE
maka jadinya :
Application.enableevents = FALSE
Range("a1").value=Now
Application.enableevents = TRUE

Nomor 3 itu meng-off-ken ijin untuk eksekusi prosedur event (jadi nulis di
A1 gak akan bikin si prosedur dipanggil lagi)
Nomor 4 itu meng-on-ken ijin untuk eksekusi prosedur event (supaya prosedur
bisa dipanggil lagi kalau ada range lain yang berubah isi)

Jadi,
[oalah mbok yao di copas-ken hasil gantinya dimari kan ya enak mbayanginnya]
bukan sekedar karena kan cuman ganti "time" jadi "now" aja..
tetapi cenderung untuk mengajak Anda berpartisipasi berbagi untuk
BeExceller lain yang juga sedang belajar.
karena partisipasi sekecil apapun dalam kebaikan menghasilkan kebaikan yang
lebih besar dikemudian hari.
hehehe... itu kata simbah tempo doeloe waktu ndongengin perang badr sebelum
saya bobo di desa yang sunyi belum ada listrik.

:)
Wassalam,
Kid.

2013/5/4 Amri Salman Rizal <menxcromancer@gmail.com>

> **
>
>
> kan cuman ganti "time" jadi "now" aja..
>
> oke mr Kid,, sudah sangat sesuai harapan,, hehe
> makasi banyak ya,,
> tadinya saya pikir 'pembatas&#39; itu saya perbesar aja, eh ternyata di hapus,,
> terus yang saya belum tau untuk menentukan cell mana yang jadi target
> penyimpanan waktu itu scriptnya bagaimana,, tapi untuk yang A1 merupakan
> kegiatan menulis data juga sudah terfikirkan, tapi ngga tau juga caranya,,
> hehe maklum masih baru merambah ke VBA,,
> sekali lagi terima kasih banyak,,
>
> oya, satu lagi,
> ada link untuk belajar VBA dari awal perkenalan??
> untuk yang ini juga saya ucapkan terima kasih. :)
>
> Salam,
>
>
> Amri.
>
>
> On 5/3/2013 5:25 PM, Mr. Kid wrote:
>
>
> hehehe...
> [oalah mbok yao di copas-ken hasil gantinya dimari kan ya enak
> mbayanginnya]
> masih ingat baris kode yang ada bunyi Now (hasilpenggantian Time) tadi.
> Coba ganti menjadi :
> Range("a1").value=Now
> lalu atur format cellnya di A1 sesuai kebutuhan.
>
> script miss Jan membatasi diri untuk tulis sesuatu kalau cell D2 kebawah
> yang berubah nilai
> kalau pengen nulis di A1 si saat ini tersebut (Now) akibat ada
> pengubahan nilai dimana saja, berarti pembatas dari miss Jan dihapus.
> (ijin dihapus ya miss Jan)
> bagian yang dihapus bagian ini :
> if .column=4 blablabla
> dan baris
> end if
> pertama setelah baris penulisan tadi.
>
> Nah, karena sudah ndak dibatasi lagi, maka bisa jadi penulisan di A1
> akan membuat masalah baru karena termasuk kegiatan menulis data juga. Maka
> sebelum baris kode penulisan (yang baris =Now tadi) diberi :
> Application.enableevents = FALSE
> lalu di baris sesudah kode penulisan diberi :
> Application.enableevents = TRUE
>
> Perintah Application.enableevents ini digunakan untuk mengatur status
> tentang boleh (TRUE) tidaknya (FALSE) suatu prosedur event dijalankan oleh
> Excel.
>
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/5/3 Amri Salman Rizal <menxcromancer@gmail.com>
>
>>
>>
>> oke berhasil Mr Kid,, Terima kasih,,
>> sekarang jika saya ingin waktu update tersimpan di salah satu cell,
>> misalkan A1
>> dan data yang berubah bisa acak di cell mana saja, apa yang harus saya
>> ubah Mr. Kid??
>>
>>
>> On 5/3/2013 1:40 PM, Mr. Kid wrote:
>>
>>
>> Coba bagian script berbunyi Time diganti dengan Now
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>>
>> 2013/5/3 Amri Salman Rizal <menxcromancer@gmail.com>
>>
>>>
>>>
>>> salam,
>>>
>>> maaf nyelip ya Ms Jan dan Pak Yan,
>>> saya tertarik sama topik ini,
>>> saya coba format waktunya ditambahkan dengan tanggal yang asalnya "hh:mm
>>> AM/PM" menjadi "dd-mmm-yy hh:mm".
>>> nah, untuk format tanggal dan jam nya sudah sesuai keinginan, hanya saja
>>> tanggal yang muncul bukan tanggal hari ini, melainkan 30-Dec-99.
>>> entah mungkin saya yang kurang ilmu atau memang kurang ilmu, jadi mohon
>>> pembelajarannya ya rekan2.
>>> terima kasih.
>>>
>>>
>>> -------- Original Message -------- Subject: Re: [belajar-excel] Isi
>>> data waktu otomatis saat pengetikkan Date: Fri, 3 May 2013 10:52:37
>>> +0700 From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com><miss.jan.raisin@gmail.com> Reply-To:
>>> belajar-excel@yahoogroups.com To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>>
>>>
>>>
>>> ups.. maaf, ada yang terlewat
>>>
>>> 6. save as file tersebut sebagai excel macro-enabled workbook atau
>>> excel binary workbook (ekstensi .xlsm atau .xlsb pada excel 2007 ke atas)
>>>
>>> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel pada
>>> pooling berikut
>>>
>>> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>>>
>>> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut sangat
>>> berharga untuk Be-Exceler yang lain
>>>
>>> Wassalam,
>>>
>>> -Miss Jan Raisin-
>>>
>>> *>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak akan
>>> Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk setiap 1
>>> pertanyaan yang diajukan;*
>>> *>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
>>> belajar-excel@yahoogroups.com;*
>>> *>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
>>> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;*
>>>
>>>
>>> Pada 3 Mei 2013 10.47, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:
>>>
>>>> kasus ini tidak bisa diselesaikan dengan formula, hanya bisa dengan
>>>> menggunakan VBA
>>>> coba cara berikut:
>>>> 1. pada lembar kerja, tekan tombol [Alt] [F11] sehingga berpindah ke
>>>> VBE (Visual Basic Editor)
>>>> 2. pada VBA Project, double klik nama sheetnya
>>>> 3. pindah ke layar sebelah kanan, pada dropdown, ganti General menjadi
>>>> Worksheet
>>>> 4. ganti even pada dropdown list menjadi Change
>>>> 5. copas script berikut diatara script yang sudah terbentuk pada nomor
>>>> 4 di atas
>>>>
>>>> ' bekerja pada range yang diubah isinya
>>>> With Target
>>>>
>>>> ' jika jumlah cell yang berubah = 1 maka
>>>> If .Cells.Count = 1 Then
>>>>
>>>> ' jika kolom yang berubah = 4 (kolom D) dan nilai baris > 1
>>>> (karena baris 1 = header) maka
>>>> If .Column = 4 And .Row > 1 Then
>>>>
>>>> ' 1 kolom di sebelah kanan diisi dengan waktu perubahan
>>>> ' dengan format cell "h:mm AM/PM"
>>>> .Offset(, 1).Value = Format(Time, "h:mm AM/PM")
>>>>
>>>> ' akhir pengecekan letak baris dan kolom yang berubah
>>>> End If
>>>>
>>>> ' akhir pengecekan dari jumlah kolom yang berubah
>>>> End If
>>>>
>>>> ' akhir bekerja pada range yang berubah
>>>> End With
>>>>
>>>> # sampaikan masalah yang sering anda temui saat menggunakan Excel
>>>> pada pooling berikut
>>>>
>>>> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
>>>>
>>>> Sedikit waktu yang anda luangkan untuk mengisi pooling tersebut
>>>> sangat berharga untuk Be-Exceler yang lain
>>>>
>>>> Wassalam,
>>>>
>>>> -Miss Jan Raisin-
>>>>
>>>> *>>> Jangan mengirim pertanyaan melalui japri ke Jan karena tidak
>>>> akan Jan jawab kecuali anda mentransfer ke Jan senilai Rp 1 juta untuk
>>>> setiap 1 pertanyaan yang diajukan;*
>>>> *>>> Untuk kepentingan belajar bersama, pertanyaan ditujukan ke
>>>> belajar-excel@yahoogroups.com;*
>>>> *>>> Jika pertanyaan lama direspon, bersabarlah karena ALLAH beserta
>>>> dengan orang-orang yang sabar QS 2:153;*
>>>>
>>>>
>>>> Pada 3 Mei 2013 10.24, Yan Novianto <yan.novianto@yahoo.com> menulis:
>>>>
>>>>
>>>>>
>>>>> Be excel
>>>>>
>>>>> Pusing jk tidak bertanya
>>>>>
>>>>> Misalkan begini :
>>>>>
>>>>> Saya mengetikkan data di colom B2 nah mau saya setiap saya mengetikkan
>>>>> data di colom B2 sampai ke bawah, maka secara otomatis di colom D2 sampai
>>>>> ke bawah, otomatis teridi waktu keika saya sudah menekan enter
>>>>> Saya pernah gunakan =if(B2="","",now()):
>>>>> Kalo saya gunakan formula itu, akan secara otomatis sih muncul, tapi
>>>>> ya otomatis juga berubah mwngikuti waktu yang berjalan hehehe
>>>>> Tolong di bantu biar formula yg di gunakan bisa mengisi waktu otomatis
>>>>> tapi tdk mengikuti update :-)
>>>>>
>>>>> Terimakasih
>>>>>
>>>>
>>>>
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>
>
>

Sat May 4, 2013 9:01 am (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Bung Mods,
Kira2 kapan ya kopi darat bisa mendarat dengan topik yang hangat?

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile

Sat May 4, 2013 9:47 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Hendrik,

Gimana kalau dicoba untuk disusun langkah persiapan sejak sekarang untuk
kegiatan tanggal 16 Juni 2013 ?
Tanggal 6 Juni 2013 (Kamis) ada hari libur. Biasanya banyak yang mudik
(Insya Allah saya ndak mudik). Jadi Minggu tanggal 9 Juni 2013 bisa jadi
akan membuat BeExceller yang kadung punya acara mudik jadi agak kecewa.

Panitia silakan cari personil tambahan, terutama BeExceller yang bersedia
menyediakan waktu untuk ber-repot ria mempersiapkannya.

Tentang materi,
Jika dengan bekal dari 22 BeExceller yang mengisi database tentang
permasalahan Excel yang dihadapi, cenderung kebanyakan tentang :
1. formula
>> sepertinya bisa diawali dengan pemahaman fungsi IF. Kemudian
dilanjutkan dengan fungsi-fungsi kelompok lookup and reference seperti
VlookUp, Match, Index, LookUp. Array formula menjadi ujungnya. Penerapan
array formula bisa disinggung sedikit dulu supaya ndak membingungkan.

1 setengah. Mungkin fitur dasar Excel seperti Copy, Paste, Paste Special,
Goto Special, Sort, AutoFilter. Untuk fitur dasar yang lebih spesifik
seperti Conditional Formatting, Data Validation, Text To Columns (xl2007 ke
atas), Chart, Pivot Table bisa sedikit disinggung.

2. dasar VBA
>> sepertinya bisa diawali dengan gambaran VBA kemudian dasar-dasar
tentang variabel dan tipe data sampai pada proses otomasi sederhana seperti
copas beda sheet. Pengenalan conditional (IF atau Select Case dalam VBA)
bisa disinggung. Untuk loop (For Next, For Each Next, Do While, dsb)
membutuhkan kenyamanan dalam melihat script terlebih dulu. Artinya, dengan
melihat script, sudah terbayang proses dalam worksheet atau penampakan real
nya seperti apa.

Sekarang, ingin berapa lama acara ini dilangsungkan ?
Membahas nomor 1 saja bisa seharian, kecuali kalau sekedar memberi berita
seperti kalimat 'eh tau gak, excel bisa gini loh' mungkin 1/2 hari juga
kelar.
Membahas nomor 2 akan efektif ketika BeExceller sudah relatif familiar
dengan berbagai fitur dasar Excel seperti Copy, Paste dan Paste Special,
Goto Special, Sort, AutoFilter (bahkan akan lebih enak jika sudah nyaman
dalam menggunakan advanced filter).

Targetnya mungkin untuk pertemuan pertama adalah menyamakan cara pandang
tentang dasar-dasar Excel.
Kadang kala atau mungkin kebanyakan pengguna Excel merasa atau kalau
ditanya bisa Excel atau ndak cenderung akan memiliki keakuan bisa, padahal
beberapa dasar Excel yang pokok malah masih membuatnya bingung. Misal,
pertanyaan ada berapakah tipe data yang bisa ditampilkan sebuah cell Excel
dan bagaimana mengenalinya ?.

Pembicara...
Sapa yang mau ?
ndak harus saya kan ya... nanti ndak yang tambah pinter cuman saya doang...
Yang mau, silakan hubungi Pak Anton, mas Dwint, dan Pak Hendrik (asal main
tunjuk saja wakakaka), untuk membahas bersama materi yang akan dibawakan.
Jadi ndak nyusun sendiri, jangan kuatir. Dengan begitu, materinya akan
tetap sarat ilmu siapapun dan berapapun yang membawakannya.

Mbak Raddini bersedia ikutan bawakan materi ndak ?
miss Jan (wuaduh... harus tanya walinya dulu nih... ya wis bebas saja deh
buat miss Jan)
BeExceller yang diluar Jakarta (Pak Ghozi, Pak Bagus, atau siapa aja yang
bersedia datang dan bawa acara) juga boleh... (sepertinya kalau langsung
ditunjuk bakal menyusahkan karena diluar Jakarta, coba ada di Jakarta, bisa
kena tunjuk juga kali ya)

Acaranya dibuat ada masa tanya jawab ya... BeExceller bertanya dan
BeExceller menjawab, bukan hadirin bertanya dan pembicara menjawab.

hehehe... sepertinya terlalu dasar ya, jadi ndak begitu menarik...
wakakaka....
Bagaimana pendapat BeExceller semuanya ? Ayo... berpendapat !!!
supaya acaranya bisa seusai dengan kebutuhan.

Oh ya, yang bersedia jadi panitia, hubungi Pak Aliif di :
aliif.akbar@yahoo.co.id
Untuk bisa diusahakan tanggal 16 Juni, kira-kira apa saja yang harus
disiapkan panitia ?

monggo... silakan didiskusiken...

Wassalam,
Kid.

2013/5/4 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Bung Mods,
> Kira2 kapan ya kopi darat bisa mendarat dengan topik yang hangat?
>
> Salam,
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobile
>
>
>

Sat May 4, 2013 10:11 am (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Kalau Juni minggu kedua ke atas kayaknya ok, tapi jangan sampai kebablasan sampai pertengahan Juli krn pasti banyak yang mudik.

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile"Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com> wrote:Pak Hendrik,

Gimana kalau dicoba untuk disusun langkah persiapan sejak sekarang untuk kegiatan tanggal 16 Juni 2013 ?
Tanggal 6 Juni 2013 (Kamis) ada hari libur. Biasanya banyak yang mudik (Insya Allah saya ndak mudik). Jadi Minggu tanggal 9 Juni 2013 bisa jadi akan membuat BeExceller yang kadung punya acara mudik jadi agak kecewa.

Panitia silakan cari personil tambahan, terutama BeExceller yang bersedia menyediakan waktu untuk ber-repot ria mempersiapkannya.

Tentang materi,
Jika dengan bekal dari 22 BeExceller yang mengisi database tentang permasalahan Excel yang dihadapi, cenderung kebanyakan tentang :
1. formula
    >> sepertinya bisa diawali dengan pemahaman fungsi IF. Kemudian dilanjutkan dengan fungsi-fungsi kelompok lookup and reference seperti VlookUp, Match, Index, LookUp. Array formula menjadi ujungnya. Penerapan array formula bisa disinggung sedikit dulu supaya ndak membingungkan.

1 setengah. Mungkin fitur dasar Excel seperti Copy, Paste, Paste Special, Goto Special, Sort, AutoFilter. Untuk fitur dasar yang lebih spesifik seperti Conditional Formatting, Data Validation, Text To Columns (xl2007 ke atas), Chart, Pivot Table bisa sedikit disinggung.

2. dasar VBA
    >> sepertinya bisa diawali dengan gambaran VBA kemudian dasar-dasar tentang variabel dan tipe data sampai pada proses otomasi sederhana seperti copas beda sheet. Pengenalan conditional (IF atau Select Case dalam VBA) bisa disinggung. Untuk loop (For Next, For Each Next, Do While, dsb) membutuhkan kenyamanan dalam melihat script terlebih dulu. Artinya, dengan melihat script, sudah terbayang proses dalam worksheet atau penampakan real nya seperti apa.

Sekarang, ingin berapa lama acara ini dilangsungkan ?
Membahas nomor 1 saja bisa seharian, kecuali kalau sekedar memberi berita seperti kalimat 'eh tau gak, excel bisa gini loh' mungkin 1/2 hari juga kelar.
Membahas nomor 2 akan efektif ketika BeExceller sudah relatif familiar dengan berbagai fitur dasar Excel seperti Copy, Paste dan Paste Special, Goto Special, Sort, AutoFilter (bahkan akan lebih enak jika sudah nyaman dalam menggunakan advanced filter).

Targetnya mungkin untuk pertemuan pertama adalah menyamakan cara pandang tentang dasar-dasar Excel.
Kadang kala atau mungkin kebanyakan pengguna Excel merasa atau kalau ditanya bisa Excel atau ndak cenderung akan memiliki keakuan bisa, padahal beberapa dasar Excel yang pokok malah masih membuatnya bingung. Misal, pertanyaan ada berapakah tipe data yang bisa ditampilkan sebuah cell Excel dan bagaimana mengenalinya ?.

Pembicara...
Sapa yang mau ?
ndak harus saya kan ya... nanti ndak yang tambah pinter cuman saya doang...
Yang mau, silakan hubungi Pak Anton, mas Dwint, dan Pak Hendrik (asal main tunjuk saja wakakaka), untuk membahas bersama materi yang akan dibawakan. Jadi ndak nyusun sendiri, jangan kuatir. Dengan begitu, materinya akan tetap sarat ilmu siapapun dan berapapun yang membawakannya.

Mbak Raddini bersedia ikutan bawakan materi ndak ?
miss Jan (wuaduh... harus tanya walinya dulu nih... ya wis bebas saja deh buat miss Jan)
BeExceller yang diluar Jakarta (Pak Ghozi, Pak Bagus, atau siapa aja yang bersedia datang dan bawa acara) juga boleh... (sepertinya kalau langsung ditunjuk bakal menyusahkan karena diluar Jakarta, coba ada di Jakarta, bisa kena tunjuk juga kali ya)

Acaranya dibuat ada masa tanya jawab ya... BeExceller bertanya dan BeExceller menjawab, bukan hadirin bertanya dan pembicara menjawab.

hehehe... sepertinya terlalu dasar ya, jadi ndak begitu menarik... wakakaka....
Bagaimana pendapat BeExceller semuanya ? Ayo... berpendapat !!!
supaya acaranya bisa seusai dengan kebutuhan.

Oh ya, yang bersedia jadi panitia, hubungi Pak Aliif di : aliif.akbar@yahoo.co.id
Untuk bisa diusahakan tanggal 16 Juni, kira-kira apa saja yang harus disiapkan panitia ?

monggo... silakan didiskusiken...

Wassalam,
Kid.

2013/5/4 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
 
Bung Mods,
Kira2 kapan ya kopi darat bisa mendarat dengan topik yang hangat?

Salam,
HK

Sent from Samsung Mobile

Sat May 4, 2013 2:40 pm (PDT) . Posted by:

"Aliif Akbar" aliif.akbar

Melengkapi sedikit,

Saya lagi desain baju buat oleh2 saat kopdar, atau hadiah buat yang diluar kota Jakarta (tapi bayar ya? Heheheheee)
Baju saya buat dengan 2 type, Type kemeja dengan kaos polo berkerah, dengan kisaran harga kemeja kira2 85-100rb, dan POLO harga 50-65rb,
Desain dan harga fix akan saya sampaikan email berikutnya, mungkin senin akan saya sampaikan, semoga dari supplier bisa bawa samplenya,

Terlalu cepat g ya info ini? G ya?

Tambahan lagi, yang mau support jadi panitia kopdar, biar cepet mendarat silahkan bisa hubungi saya, melalui milis atau japri,

Salam,

Aliif,


Sent from my BlackBerry� smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sat, 4 May 2013 23:47:18
To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Kopi darat belum mendarat?

Pak Hendrik,

Gimana kalau dicoba untuk disusun langkah persiapan sejak sekarang untuk
kegiatan tanggal 16 Juni 2013 ?
Tanggal 6 Juni 2013 (Kamis) ada hari libur. Biasanya banyak yang mudik
(Insya Allah saya ndak mudik). Jadi Minggu tanggal 9 Juni 2013 bisa jadi
akan membuat BeExceller yang kadung punya acara mudik jadi agak kecewa.

Panitia silakan cari personil tambahan, terutama BeExceller yang bersedia
menyediakan waktu untuk ber-repot ria mempersiapkannya.

Tentang materi,
Jika dengan bekal dari 22 BeExceller yang mengisi database tentang
permasalahan Excel yang dihadapi, cenderung kebanyakan tentang :
1. formula
>> sepertinya bisa diawali dengan pemahaman fungsi IF. Kemudian
dilanjutkan dengan fungsi-fungsi kelompok lookup and reference seperti
VlookUp, Match, Index, LookUp. Array formula menjadi ujungnya. Penerapan
array formula bisa disinggung sedikit dulu supaya ndak membingungkan.

1 setengah. Mungkin fitur dasar Excel seperti Copy, Paste, Paste Special,
Goto Special, Sort, AutoFilter. Untuk fitur dasar yang lebih spesifik
seperti Conditional Formatting, Data Validation, Text To Columns (xl2007 ke
atas), Chart, Pivot Table bisa sedikit disinggung.

2. dasar VBA
>> sepertinya bisa diawali dengan gambaran VBA kemudian dasar-dasar
tentang variabel dan tipe data sampai pada proses otomasi sederhana seperti
copas beda sheet. Pengenalan conditional (IF atau Select Case dalam VBA)
bisa disinggung. Untuk loop (For Next, For Each Next, Do While, dsb)
membutuhkan kenyamanan dalam melihat script terlebih dulu. Artinya, dengan
melihat script, sudah terbayang proses dalam worksheet atau penampakan real
nya seperti apa.

Sekarang, ingin berapa lama acara ini dilangsungkan ?
Membahas nomor 1 saja bisa seharian, kecuali kalau sekedar memberi berita
seperti kalimat 'eh tau gak, excel bisa gini loh' mungkin 1/2 hari juga
kelar.
Membahas nomor 2 akan efektif ketika BeExceller sudah relatif familiar
dengan berbagai fitur dasar Excel seperti Copy, Paste dan Paste Special,
Goto Special, Sort, AutoFilter (bahkan akan lebih enak jika sudah nyaman
dalam menggunakan advanced filter).

Targetnya mungkin untuk pertemuan pertama adalah menyamakan cara pandang
tentang dasar-dasar Excel.
Kadang kala atau mungkin kebanyakan pengguna Excel merasa atau kalau
ditanya bisa Excel atau ndak cenderung akan memiliki keakuan bisa, padahal
beberapa dasar Excel yang pokok malah masih membuatnya bingung. Misal,
pertanyaan ada berapakah tipe data yang bisa ditampilkan sebuah cell Excel
dan bagaimana mengenalinya ?.

Pembicara...
Sapa yang mau ?
ndak harus saya kan ya... nanti ndak yang tambah pinter cuman saya doang...
Yang mau, silakan hubungi Pak Anton, mas Dwint, dan Pak Hendrik (asal main
tunjuk saja wakakaka), untuk membahas bersama materi yang akan dibawakan.
Jadi ndak nyusun sendiri, jangan kuatir. Dengan begitu, materinya akan
tetap sarat ilmu siapapun dan berapapun yang membawakannya.

Mbak Raddini bersedia ikutan bawakan materi ndak ?
miss Jan (wuaduh... harus tanya walinya dulu nih... ya wis bebas saja deh
buat miss Jan)
BeExceller yang diluar Jakarta (Pak Ghozi, Pak Bagus, atau siapa aja yang
bersedia datang dan bawa acara) juga boleh... (sepertinya kalau langsung
ditunjuk bakal menyusahkan karena diluar Jakarta, coba ada di Jakarta, bisa
kena tunjuk juga kali ya)

Acaranya dibuat ada masa tanya jawab ya... BeExceller bertanya dan
BeExceller menjawab, bukan hadirin bertanya dan pembicara menjawab.

hehehe... sepertinya terlalu dasar ya, jadi ndak begitu menarik...
wakakaka....
Bagaimana pendapat BeExceller semuanya ? Ayo... berpendapat !!!
supaya acaranya bisa seusai dengan kebutuhan.

Oh ya, yang bersedia jadi panitia, hubungi Pak Aliif di :
aliif.akbar@yahoo.co.id
Untuk bisa diusahakan tanggal 16 Juni, kira-kira apa saja yang harus
disiapkan panitia ?

monggo... silakan didiskusiken...

Wassalam,
Kid.


2013/5/4 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>

> **
>
>
> Bung Mods,
> Kira2 kapan ya kopi darat bisa mendarat dengan topik yang hangat?
>
> Salam,
> HK
>
>
> Sent from Samsung Mobile
>
>
>

Sat May 4, 2013 3:48 pm (PDT) . Posted by:

"aderusliana@gmail.com" aderusliana

Pak Ali IF,



Saya ada usul sedikit.

Sekalian fasilitasi juga untuk BeExceller yang berhalangan hadir di kopdar untuk mendapatkan oleh2nya, dipaket saja kengkap isinya bias berupa kaos, CD materi, dan lainnya yang diras perlu. tentukan jumlah, pengiriman dan batas waktu pembiayaannya.

Terimakasih semoga Sukses.



Salam,

Ade Rusliana


Sent from Windows Mail


From: Aliif Akbar
Sent: ‎May‎ ‎5‎, ‎2013 ‎3‎:‎00‎ ‎AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Kopi darat belum mendarat?






Melengkapi sedikit,

Saya lagi desain baju buat oleh2 saat kopdar, atau hadiah buat yang diluar kota Jakarta (tapi bayar ya? Heheheheee)
Baju saya buat dengan 2 type, Type kemeja dengan kaos polo berkerah, dengan kisaran harga kemeja kira2 85-100rb, dan POLO harga 50-65rb,
Desain dan harga fix akan saya sampaikan email berikutnya, mungkin senin akan saya sampaikan, semoga dari supplier bisa bawa samplenya,

Terlalu cepat g ya info ini? G ya?

Tambahan lagi, yang mau support jadi panitia kopdar, biar cepet mendarat silahkan bisa hubungi saya, melalui milis atau japri,

Salam,

Aliif,



Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!



From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>

Sender: belajar-excel@yahoogroups.com

Date: Sat, 4 May 2013 23:47:18 +0700

To: BeExcel<belajar-excel@yahoogroups.com>

ReplyTo: belajar-excel@yahoogroups.com

Subject: Re: [belajar-excel] Kopi darat belum mendarat?















Pak Hendrik,


Gimana kalau dicoba untuk disusun langkah persiapan sejak sekarang untuk kegiatan tanggal 16 Juni 2013 ?
Tanggal 6 Juni 2013 (Kamis) ada hari libur. Biasanya banyak yang mudik (Insya Allah saya ndak mudik). Jadi Minggu tanggal 9 Juni 2013 bisa jadi akan membuat BeExceller yang kadung punya acara mudik jadi agak kecewa.

Panitia silakan cari personil tambahan, terutama BeExceller yang bersedia menyediakan waktu untuk ber-repot ria mempersiapkannya.

Tentang materi,
Jika dengan bekal dari 22 BeExceller yang mengisi database tentang permasalahan Excel yang dihadapi, cenderung kebanyakan tentang :

1. formula


>> sepertinya bisa diawali dengan pemahaman fungsi IF. Kemudian dilanjutkan dengan fungsi-fungsi kelompok lookup and reference seperti VlookUp, Match, Index, LookUp. Array formula menjadi ujungnya. Penerapan array formula bisa disinggung sedikit dulu supaya ndak membingungkan.



1 setengah. Mungkin fitur dasar Excel seperti Copy, Paste, Paste Special, Goto Special, Sort, AutoFilter. Untuk fitur dasar yang lebih spesifik seperti Conditional Formatting, Data Validation, Text To Columns (xl2007 ke atas), Chart, Pivot Table bisa sedikit disinggung.





2. dasar VBA

>> sepertinya bisa diawali dengan gambaran VBA kemudian dasar-dasar tentang variabel dan tipe data sampai pada proses otomasi sederhana seperti copas beda sheet. Pengenalan conditional (IF atau Select Case dalam VBA) bisa disinggung. Untuk loop (For Next, For Each Next, Do While, dsb) membutuhkan kenyamanan dalam melihat script terlebih dulu. Artinya, dengan melihat script, sudah terbayang proses dalam worksheet atau penampakan real nya seperti apa.

Sekarang, ingin berapa lama acara ini dilangsungkan ?
Membahas nomor 1 saja bisa seharian, kecuali kalau sekedar memberi berita seperti kalimat 'eh tau gak, excel bisa gini loh' mungkin 1/2 hari juga kelar.
Membahas nomor 2 akan efektif ketika BeExceller sudah relatif familiar dengan berbagai fitur dasar Excel seperti Copy, Paste dan Paste Special, Goto Special, Sort, AutoFilter (bahkan akan lebih enak jika sudah nyaman dalam menggunakan advanced filter).




Targetnya mungkin untuk pertemuan pertama adalah menyamakan cara pandang tentang dasar-dasar Excel.


Kadang kala atau mungkin kebanyakan pengguna Excel merasa atau kalau ditanya bisa Excel atau ndak cenderung akan memiliki keakuan bisa, padahal beberapa dasar Excel yang pokok malah masih membuatnya bingung. Misal, pertanyaan ada berapakah tipe data yang bisa ditampilkan sebuah cell Excel dan bagaimana mengenalinya ?.






Pembicara...


Sapa yang mau ?


ndak harus saya kan ya... nanti ndak yang tambah pinter cuman saya doang...


Yang mau, silakan hubungi Pak Anton, mas Dwint, dan Pak Hendrik (asal main tunjuk saja wakakaka), untuk membahas bersama materi yang akan dibawakan. Jadi ndak nyusun sendiri, jangan kuatir. Dengan begitu, materinya akan tetap sarat ilmu siapapun dan berapapun yang membawakannya.



Mbak Raddini bersedia ikutan bawakan materi ndak ?


miss Jan (wuaduh... harus tanya walinya dulu nih... ya wis bebas saja deh buat miss Jan)


BeExceller yang diluar Jakarta (Pak Ghozi, Pak Bagus, atau siapa aja yang bersedia datang dan bawa acara) juga boleh... (sepertinya kalau langsung ditunjuk bakal menyusahkan karena diluar Jakarta, coba ada di Jakarta, bisa kena tunjuk juga kali ya)





Acaranya dibuat ada masa tanya jawab ya... BeExceller bertanya dan BeExceller menjawab, bukan hadirin bertanya dan pembicara menjawab.





hehehe... sepertinya terlalu dasar ya, jadi ndak begitu menarik... wakakaka....



Bagaimana pendapat BeExceller semuanya ? Ayo... berpendapat !!!
supaya acaranya bisa seusai dengan kebutuhan.











Oh ya, yang bersedia jadi panitia, hubungi Pak Aliif di : aliif.akbar@yahoo.co.id


Untuk bisa diusahakan tanggal 16 Juni, kira-kira apa saja yang harus disiapkan panitia ?



monggo... silakan didiskusiken...





Wassalam,


Kid.





2013/5/4 Hendrik Karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>







Bung Mods,

Kira2 kapan ya kopi darat bisa mendarat dengan topik yang hangat?




Salam,

HK








Sent from Samsung Mobile






GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar