Senin, 15 Agustus 2011

[belajar-excel] Digest Number 1291

Messages In This Digest (16 Messages)

Messages

1a.

Bls: [belajar-excel] Mengedit File Enkripsi Excel

Posted by: "Fahmie Amrullah" fahmieamr@yahoo.co.id   fahmieamr

Sun Aug 14, 2011 2:32 am (PDT)





________________________________
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Terkirim: Ming, 14 Agustus, 2011 10:27:20
Judul: Re: [belajar-excel] Mengedit File Enkripsi Excel

File excel (umumnya : *. xls, xlsx, xlsb, xlsm) yg terproteksi harus dibuka
dulu proteksinya
jika proteksinya ber password, anda harus punya passwordnya;

Karena anda bilang 'DAPAT FILE" maka password hendaknya ditanyakan / diminta
kepada
person yg memberi file tsb (secara legal) kepada anda.
Pembuat file tsb memproteksi dan mempassword fiel tsb tujuannya untuk
melindungi
file tsb agar hanya dapat dibuka oleh pihak yg dikehendakina saja (dengan cara
memberikan passwordnya)

File Excel yg di-enkripsi (encrypted), sama dengan file yg diproteksi
jika berpasword, untuk membuka dan atau mengeditnya anda harus punya
passwordnya.
Seperti kasus proteksi, jika workbook bukan buatan anda sendiri, anda bisa
minta
password dari pemberi file tsb

Mengenai encripsi file excel (office 2003), lihat :
menu Tools > Oprions > Security > Advanced; pilih salah satu sistem enkripsi
yg ada di daftar.

Hal yg sama bisa dicapai melalui Dialog SaveAs (DialogBox yg muncul ketika
anda
menSAVE file anda dengan
File > SaveAs) Pada Dialog_Save_as tsb Klik menu Tools > General Options...

Di Excel (offce 2007) melalui Office Button > Prepare > Encrypt Document...

Setiap Sheet didalam sebuah FILE EXCEL jug adapat diproteksi (& di beri
password)
secara individual.
Lihat Menu > Tools > Protection > Protect / Unprotect Sheet

Di Excel 2003, bisa juga melalui Ikon Format (di Ribbon termasuk dlm Group Cell;
Tab Home)

Jika anda kecewa dengan jawaban ini (karena sebetulnya mengharapkan cara
meng-hacked /
membuka secara paksa dan illegal suatu file yg terproteksi & terenkripsi) +
berpassword
Mungkin anda masih harus menanyakan ke pihak lain atau mencari cari
pengetahuann
mengenai hal tsb di dunia maya (misalnya melalui goodle)
Milis ini sebisa mungkin tidak mengajarkan hal hal sepetti itu...

Wassalam
~siti

Terima Kasih===

2011/8/14 Fahmie Amrullah <fahmieamr@yahoo.co.id>

>Salam...
>Teman.. mo nanya nih...
>Aq dapat file excel dan ingin aku edit..
>Tapi file tersebut di berupa file Enkripsi dan di password..
>Gimana cara merubahnya agar dapat di edit?
>Trm Ksh..
>Wassalam
2a.

Re: sumif banyak kriteria dan banyak sheet

Posted by: "sin.ur4t" sin.ur4t@yahoo.com   sin.ur4t

Sun Aug 14, 2011 9:22 am (PDT)



Terima kasih banyak buat Pak Suhenk, Fransiscus dan Mr Kid atas "Ajaran dan Petuah"-nya. Semua saran dapat diterapkan, sangat membantu. Butuh waktu lama mempelajarinya, mengingat keterbatasan kemampuan, bahkan skrg pun blm bisa faham sempurna :D

- Penambahan kolom bantu terasa kurang efisien, karena sheet "dataxxxx" harus diganti tiap bulan dan diberi nama sama.
- Mengubah batas bawah range secara manual setiap bulan pun tidak efisien, mengingat sheet "laporan" ada belasan ragam bentuknya..

Setelah ditimbang-timbang, tampaknya saran dari pak Mr Kid yang lebih sesuai dengan kebutuhan kami, tentu setelah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Dalam prosesnya masih ditemui sandungan, sehingga skrg kami kembali mengadu kpd Bapak2 agar dibantu mencarikan solusi :D

Pada masalah no.1 rumusnya dapat dipakai. Mengingat sheet data-nya banyak, maka kami combine dgn formula INDIRECT.
(thanks pak Frans, skrg kami tahu bhw Indirect sangat ampuh digunakan pada kasus pengambilan data dari banyak sheet.. thanks pak suhenk rumus INT-nya kami curi utk digunakan pada laporan lain).

Kendala yang terjadi dalam penerapan rumus pak Mr Kid akan kami dongengkan disini (mohon jangan bosan membaca kisahnya pak, hehe).

Pada masalah no.2, Realisasi Panen Kumulatif s/d Bulan ini
=SUM((data2011!$A$3:$A$14>=($C$22-(--$C$21<4))*10^5+A37*100+4)*(data2011!$A$3:$A$14<=$C$22*10^5+A37*100+$C$21)*(-MID(data2011!$A$3:$A$14,5,3)=-A37)*(data2011!$C$3:$C$14+data2011!$F$3:$F$14+data2011!$I$3:$I$14+data2011!$K$3:$K$14))
+SUM((data2010!$A$3:$A$26>=($C$22-(--$C$21<4))*10^5+A37*100+4)*(data2010!$A$3:$A$26<=$C$22*10^5+A37*100+$C$21)*(-MID(data2010!$A$3:$A$26,5,3)=-A37)*(data2010!$C$3:$C$26+data2010!$F$3:$F$26+data2010!$I$3:$I$26+data2010!$K$3:$K$26))

Kendala ditemui terutama akibat penentuan "batas bawah". setelah kami pelajari pelan2, bagian kriteria(-MID(data2011!$A$3:$A$14,5,3)=-A37) ternyata tidak dapat bekerja jika batas bawah ditambah. Batas bawah kami tambah dari $A$14 menjadi $A$400, mengingat setiap bulan baris data bertambah, dan kami perkirakan sampai akhir Desember datanya akan penuh hingga baris tersebut.
Sudah kami coba menambahkan satu kriteria lagi, yaitu (Len(data2011!$A$3:$A$400)=9), namun TETAP TIDAK BERDAYA...

Karena itu skrg kami menghadap lagi kepada para Suhu.. Untuk memperjelas permasalahannya, izinkan kami ceritakan alur penanganan data kami seperti kisah berikut ini hehe :

- sheet "data2008" dan "data2009" (keduanya tidak kami lampirkan) serta "data2010" sudah final.
- sheet "data2011" akan BERKEMBANG TIAP BULAN sekitar 25 baris data, yang kami peroleh dari aplikasi lain.
- komposisi kolom diasumsikan tetap, dan metode penamaan sheet adalah seperti yang disarankan pak Frans, yaitu "dataxxxx".

Rencananya, yang kami inginkan adalah sbb :

- sheet terbaru yang diperoleh tiap bulan LANGSUNG diambil bulat-bulat tanpa modifikasi, lalu dinamai "sheet2011" setelah "sheet2011 versi bulan lalu" didelete.
- Rumus2 yang ada pada sheet "laporan" secara otomatis terhubung dgn "sheet2011" versi baru. Jadi, cukup dgn meng-klik Key sel C21 dan C22 pada sheet "laporan", maka tersedialah Laporan yang diperlukan.

Maafkan jika permintaan kami ini dianggap keterlaluan hehe...
Sekali lagi mohon dibantu, terima kasih sebelumnya...

Salam Hormat,
Imam F. Sinurat - Sumut

2b.

Re: sumif banyak kriteria dan banyak sheet

Posted by: "Franciscus SOG" jclugbu@gmail.com   elijah_spirit

Sun Aug 14, 2011 6:57 pm (PDT)



Dear Sinurat,

Horas.. Sumut juga nich.. Melihat kebutuhan Anda, batas bawah belum
dapat dipastikan. Untuk itu digunakan rumus INDIRECT sehingga batas
bawah 26 dpt diganti dengan rujukan sebuah cell yang isinya batas
bawah. Rujukan tersebut dapat dibuat dengan rumus
=MAX(IF(LEN($A$3:$A$26)>0;ROW(A3:A26))) » Array Formula.

Untuk tabel bantu yang saya buat, tidak perlu dibuat secara manual,
karena menyesuaikan dengan key tahun yang Anda input. Jika rumus
Mr.Kid yang menjadi pilihan Anda, ganti semua referensi range menjadi
indirect.

Untuk penamaan sheet baru dari dataxxxx menjadi sheetxxxx, tidak ada
masalah. Tinggal replace "data" menjadi "sheet".

Asumsi bahwa sheet2011, struktur tabel sama dengan data2011.

CMIIW.

Blessings,

Fran'z

On 8/14/11, sin.ur4t <sin.ur4t@yahoo.com> wrote:
> Terima kasih banyak buat Pak Suhenk, Fransiscus dan Mr Kid atas "Ajaran dan
> Petuah"-nya. Semua saran dapat diterapkan, sangat membantu. Butuh waktu
> lama mempelajarinya, mengingat keterbatasan kemampuan, bahkan skrg pun blm
> bisa faham sempurna :D
>
> - Penambahan kolom bantu terasa kurang efisien, karena sheet "dataxxxx"
> harus diganti tiap bulan dan diberi nama sama.
> - Mengubah batas bawah range secara manual setiap bulan pun tidak efisien,
> mengingat sheet "laporan" ada belasan ragam bentuknya..
>
> Setelah ditimbang-timbang, tampaknya saran dari pak Mr Kid yang lebih sesuai
> dengan kebutuhan kami, tentu setelah dimodifikasi sesuai kebutuhan. Dalam
> prosesnya masih ditemui sandungan, sehingga skrg kami kembali mengadu kpd
> Bapak2 agar dibantu mencarikan solusi :D
>
> Pada masalah no.1 rumusnya dapat dipakai. Mengingat sheet data-nya banyak,
> maka kami combine dgn formula INDIRECT.
> (thanks pak Frans, skrg kami tahu bhw Indirect sangat ampuh digunakan pada
> kasus pengambilan data dari banyak sheet.. thanks pak suhenk rumus INT-nya
> kami curi utk digunakan pada laporan lain).
>
> Kendala yang terjadi dalam penerapan rumus pak Mr Kid akan kami dongengkan
> disini (mohon jangan bosan membaca kisahnya pak, hehe).
>
> Pada masalah no.2, Realisasi Panen Kumulatif s/d Bulan ini
> =SUM((data2011!$A$3:$A$14>=($C$22-(--$C$21<4))*10^5+A37*100+4)*(data2011!$A$3:$A$14<=$C$22*10^5+A37*100+$C$21)*(-MID(data2011!$A$3:$A$14,5,3)=-A37)*(data2011!$C$3:$C$14+data2011!$F$3:$F$14+data2011!$I$3:$I$14+data2011!$K$3:$K$14))
> +SUM((data2010!$A$3:$A$26>=($C$22-(--$C$21<4))*10^5+A37*100+4)*(data2010!$A$3:$A$26<=$C$22*10^5+A37*100+$C$21)*(-MID(data2010!$A$3:$A$26,5,3)=-A37)*(data2010!$C$3:$C$26+data2010!$F$3:$F$26+data2010!$I$3:$I$26+data2010!$K$3:$K$26))
>
> Kendala ditemui terutama akibat penentuan "batas bawah". setelah kami
> pelajari pelan2, bagian kriteria(-MID(data2011!$A$3:$A$14,5,3)=-A37)
> ternyata tidak dapat bekerja jika batas bawah ditambah. Batas bawah kami
> tambah dari $A$14 menjadi $A$400, mengingat setiap bulan baris data
> bertambah, dan kami perkirakan sampai akhir Desember datanya akan penuh
> hingga baris tersebut.
> Sudah kami coba menambahkan satu kriteria lagi, yaitu
> (Len(data2011!$A$3:$A$400)=9), namun TETAP TIDAK BERDAYA...
>
> Karena itu skrg kami menghadap lagi kepada para Suhu.. Untuk memperjelas
> permasalahannya, izinkan kami ceritakan alur penanganan data kami seperti
> kisah berikut ini hehe :
>
> - sheet "data2008" dan "data2009" (keduanya tidak kami lampirkan) serta
> "data2010" sudah final.
> - sheet "data2011" akan BERKEMBANG TIAP BULAN sekitar 25 baris data, yang
> kami peroleh dari aplikasi lain.
> - komposisi kolom diasumsikan tetap, dan metode penamaan sheet adalah
> seperti yang disarankan pak Frans, yaitu "dataxxxx".
>
> Rencananya, yang kami inginkan adalah sbb :
>
> - sheet terbaru yang diperoleh tiap bulan LANGSUNG diambil bulat-bulat
> tanpa modifikasi, lalu dinamai "sheet2011" setelah "sheet2011 versi bulan
> lalu" didelete.
> - Rumus2 yang ada pada sheet "laporan" secara otomatis terhubung dgn
> "sheet2011" versi baru. Jadi, cukup dgn meng-klik Key sel C21 dan C22 pada
> sheet "laporan", maka tersedialah Laporan yang diperlukan.
>
> Maafkan jika permintaan kami ini dianggap keterlaluan hehe...
> Sekali lagi mohon dibantu, terima kasih sebelumnya...
>
> Salam Hormat,
> Imam F. Sinurat - Sumut
>
>

3a.

Re: Gimana caranya memunculkan nilai dari export data?

Posted by: "Gober" gober.mirc@gmail.com   gober_mirc

Sun Aug 14, 2011 9:23 am (PDT)



Hi Bu Seti….

Sorry yah kl penjelasan dari saya emg kurang jelas… ini saya coba perjelas lagi… semoga akan lebih jelas buat bu Seti dan lainnya…..

Thanks

goBer

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of STDEV(i)
Sent: Sunday, August 14, 2011 2:08 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Gimana caranya memunculkan nilai dari export data?

tidak ada tambahan penjelasan ya pak ??

biasanya pertanyaan yg tidak lekas terjawab karena tidak diketahui maksudnya;

ada hal -hal yg kurang jelas..

mengulang pertnyaan lebih baik tidak sekedar dipost-ulang tetapi sambil

diberi penjelasaan tambahan untuk memperkuat penjelasan yg telah ada

untuk kasus ini saya tidak yakin, hanya menebak-nebak; mungkin

formula yg memanfaatkan fungsi VLOOKUP

( = menampilkan data dlm tabel dgn diketahui nilai data di kolom pertama)

=VLOOKUP(A2,export!$A$2:$C$5,3,FALSE)

LookUp_Value nya bukan NAMA tetapi ID

gober book vlookup kah.GIF

2011/8/14 Gober <gober.mirc@gmail.com>

Hi Master Excel...
Tolong dibantu yah..

Trims

From: Gober [mailto:gober.mirc@gmail.com <mailto:gober.mirc%40gmail.com> ]
Sent: Saturday, August 13, 2011 12:26 PM
To: 'belajar-excel@yahoogroups.com <mailto:%27belajar-excel%40yahoogroups.com> '
Subject: Gimana caranya memunculkan nilai dari export data?

Hi,
Gimana caranya agar kita dapat tetap memasukan nilai secara otomatis
namanya walaupun di sheet yg baru kita paste ini ada nama baru? Jika tidak ada ID baru kan gampang tinggal =export!target

Mohon master2 dapat membantu.
File terlampir..

Thanks
Anton

3b.

Re: Gimana caranya memunculkan nilai dari export data?

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Aug 14, 2011 11:07 am (PDT)



iyyah deh...

rumus rumus di sheet REPORT

kolom ID =SMALL(export!A2:A13,ROW(1:16))
kolom NAMA =VLOOKUP(H3,name!$A$3:$B$6,2,FALSE)
Kolom Nilai1 =VLOOKUP($H3,export!$A$2:$D$13,2,FALSE))
Kolom Nilai2 =VLOOKUP($H3,export!$A$2:$D$13,3,FALSE))
Kolom Nilai3 =VLOOKUP($H3,export!$A$2:$D$13,4,FALSE))

Kolom ID = array formula, kolom lain formula biasa.

lihat lampiran / sheet report
mudah mudahan seperti itu

2011/8/14 Gober <gober.mirc@gmail.com>
>
> Hi Bu Seti….
> Sorry yah kl penjelasan dari saya emg kurang jelas… ini saya coba perjelas
lagi… semoga akan lebih jelas buat bu Seti dan lainnya…..
> Thanks
> goBer

> ** **
>
> *From:* belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:
> belajar-excel@yahoogroups.com] *On Behalf Of *STDEV(i)
> *Sent:* Sunday, August 14, 2011 2:08 PM
>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Gimana caranya memunculkan nilai dari
> export data?****
>
> ** **
>
> tidak ada tambahan penjelasan ya pak ??****
>
> biasanya pertanyaan yg tidak lekas terjawab karena tidak diketahui
> maksudnya;****
>
> ada hal -hal yg kurang jelas..****
>
> ** **
>
> mengulang pertnyaan lebih baik tidak sekedar dipost-ulang tetapi sambil **
> **
>
> diberi penjelasaan tambahan untuk memperkuat penjelasan yg telah ada****
>
> ** **
>
> untuk kasus ini saya tidak yakin, hanya menebak-nebak; mungkin ****
>
> formula yg memanfaatkan fungsi VLOOKUP ****
>
> ( = menampilkan data dlm tabel dgn diketahui nilai data di kolom pertama)*
> ***
>
> ** **
>
> *=VLOOKUP(A2,**export!$A$2:$C$5**,**3**,**FALSE**)*****
>
> LookUp_Value nya bukan NAMA tetapi ID****
>
> ** **
> > 2011/8/14 Gober <gober.mirc@gmail.com>
> >
> > Hi Master Excel...
> > Tolong dibantu yah..
> > Trims
> >
> > From: Gober [mailto:gober.mirc@gmail.com]
> > Sent: Saturday, August 13, 2011 12:26 PM
> >
> > Hi,
> > Gimana caranya agar kita dapat tetap memasukan nilai secara otomatis
> > namanya walaupun di sheet yg baru kita paste ini ada nama baru? Jika
> tidak ada ID baru kan gampang tinggal =export!target
> >
> > Mohon master2 dapat membantu.
> > File terlampir..
> >
> > Thanks
> > Anton
>
3c.

Re: Gimana caranya memunculkan nilai dari export data?

Posted by: "Gober" gober.mirc@gmail.com   gober_mirc

Sun Aug 14, 2011 9:58 pm (PDT)



Thanks yah sudah dibantuin… ada beberapa hal lagi yg ingin saya tanyakan….

1. Bisa tidak jika ada 50-200 nilai lagi otomatis dia akan catat di file sheet report? Karena saya sdh coba edit di kolom ID tp tidak bisa =IF(ISERR(SMALL(export!A2:A13,ROW(1:16))),"",SMALL(export!A2:A13,ROW(1:16))) yg A13 sudah saya rubah tapi tidak bisa

2. Gimana caranya jika kita mengetik nomor ‘12345 lalu di tarik kebawah maka akan otomatis akan menjadi 12346.. saya coba dengan ‘12345 lalu ditarik sih dapat 12346 tapi ada tanda hijaunya

3. Jika saya buka file ibu ctv vlookup V2 maka akan terbuka file ctv vlooupnya menjadi 2 versi. V2:1 dan V2:2 kenapa ya bu?

File terlampir…

Thanks
Gober

From: belajar-excel@yahoogroups.com On Behalf Of STDEV(i)
Sent: Monday, August 15, 2011 1:08 AM

iyyah deh...
rumus rumus di sheet REPORT
kolom ID =SMALL(export!A2:A13,ROW(1:16))
kolom NAMA =VLOOKUP(H3,name!$A$3:$B$6,2,FALSE)
Kolom Nilai1 =VLOOKUP($H3,export!$A$2:$D$13,2,FALSE))
Kolom Nilai2 =VLOOKUP($H3,export!$A$2:$D$13,3,FALSE))
Kolom Nilai3 =VLOOKUP($H3,export!$A$2:$D$13,4,FALSE))
Kolom ID = array formula, kolom lain formula biasa.

lihat lampiran / sheet report
mudah mudahan seperti itu

2011/8/14 Gober <gober.mirc@gmail.com>
>
> Hi Bu Seti….
> Sorry yah kl penjelasan dari saya emg kurang jelas… ini saya coba perjelas lagi… semoga akan lebih jelas buat bu Seti dan lainnya…..
> Thanks
> goBer
3d.

Re: Gimana caranya memunculkan nilai dari export data?

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Aug 14, 2011 11:22 pm (PDT)



TIDAK, Kalau cara merujuk rangenya *tidak diubah* sesuai keperluan.

Kalau rumus kita merujuk Range A1:A10, mungkin karena kita hanya bermain di
rang tsb.
Maka ketika diperlukan 100 data 100 baris data, rumus bukan lagi merujuk
A1:A10 tetapi
harus diubah untuk mengenal range A1:A100

Rujukan range adalah termasuk hal yg pertama yg harus mendapat perhatikan

Jadi rumus mengcopy ID sambil mengurutkan (jika diperkirakan max data 500
baris) akan seperti ini
=IF(ISERR(SMALL(export!A2:A501,ROW(1:500))),"",*SMALL(export!A**2:A501,ROW(
1:500**))*)
Sebenarnya rumus itu hanya perlu seperti ini
SMALL(export!A2:A501,ROW(1:500))
*rumus tambahannya* hanya untuk memValidasi jika terjadi data kurang dari
500 agar tidak ditampilkan
sebagai error-values.

Mohon maaf pak Gober, sepertinya keperluan bapak sudah sampai ke mana-mana
tetapi belum didukung
oleh pemahaman hal-hal yg basic dlm pemakaian excel. (rujukan / reference,
fungsi IF, fungsi VLOOKUP dsb)
Diskusi sebelum ini, hanya mengenai fungsi IF("rumus diskon") tetapi
menghabiskan 6+11+17 email tanyajawab,
yg kurang efisien.

Barangkali baik segera lari ke toko buku cari panduan pengoperasian excel yg
standard saja dulu..
Maaf...

oiya
Rumus di Kolom ID = untuk mengambil no ID (tanpa kriteria) tetapi sambil
DIURUTKAN (dengan fungsi SMALL)
Rumus dikolom lainnya mengambil data berdasarkan Kriteraia ID (VlookUp)

2011/8/15 Gober <gober.mirc@gmail.com>

> **
>
>
> Thanks yah sudah dibantuin… ada beberapa hal lagi yg ingin saya tanyakan….
>
> 1. *Bisa tidak* jika ada 50-200 nilai lagi otomatis dia akan catat di file
> sheet report?
>
Karena saya sdh coba edit di kolom ID tp tidak bisa
> =IF(ISERR(SMALL(export!A2:A13,ROW(1:16))),"",SMALL(export!A2:A13,ROW(1:16)))
> yg A13 sudah saya rubah tapi tidak bisa
>
> 2. Gimana caranya jika kita mengetik nomor ‘12345 lalu di tarik kebawah
> maka akan otomatis akan menjadi 12346.. saya coba dengan ‘12345 lalu ditarik
> sih dapat 12346 tapi ada tanda hijaunya
>
> 3. Jika saya buka file ibu ctv vlookup V2 maka akan terbuka file ctv
> vlooupnya menjadi 2 versi. V2:1 dan V2:2 kenapa ya bu?
>
> File terlampir…
>
> Thanks
> Gober
>
>
4a.

Re: Mengedit File Enkripsi Excel

Posted by: "agung_widodo@sanyo.com" agung_widodo@sanyo.com

Sun Aug 14, 2011 6:16 pm (PDT)



Sederhana mas,
Minta Password sama pemberi file.

Guna enkripsi / password adalah untuk menghalangi niat anda untuk mengedit.
Mungkin bisa mencoba software password recovery (di gudang google banyak piihan)

________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Fahmie Amrullah
Sent: Sunday, August 14, 2011 9:31 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Mengedit File Enkripsi Excel

Salam...
Teman.. mo nanya nih...
Aq dapat file excel dan ingin aku edit..
Tapi file tersebut di berupa file Enkripsi dan di password..
Gimana cara merubahnya agar dapat di edit?
Trm Ksh..
Wassalam

5a.

[Ask] Auto Fill coding dalam macro

Posted by: "benny martadinata" bandny09@gmail.com   bennymartadinata

Sun Aug 14, 2011 8:49 pm (PDT)



Bagaimana caranya di dalam *macro*, agar value di dalam *Column Nilai4* *hanya
mengisi row yang sudah di filter (D13:D15).*
Saya mencoba di dalam macro menggunakan fungsi cells, tapi nilai di Rows
D11, D12 juga ikut terisi.

mohon pencerahannya..
terima kasih
5b.

Re: [Ask] Auto Fill coding dalam macro

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Aug 14, 2011 9:44 pm (PDT)



*D13:D15* itu yang mana ya (Column & Row Headers nya gak ikut di gambar
cih..)
demikian juga: * D11 dan D12* itu yg mana ?

Setahu saya di VBA tidak ada *FUNGSI Cells; *(yang ada Property Cells
(=members
dari object Range)

Jadi kita belum bisa ikut bantu bantu, tidak tahu harus mengerjakan apa, dan
makro
yg dibicarakan / ditanyakan tidak diperkenankan dilihat members ..

[image: benny sheets.GIF]

2011/8/15 benny martadinata <bandny09@gmail.com>
>
> Bagaimana caranya di dalam *macro*, agar value di dalam *Column Nilai4*
> *hanya mengisi row yang sudah di filter (D13:D15).*
> Saya mencoba di dalam macro menggunakan fungsi cells, tapi nilai di Rows
> D11, D12 juga ikut terisi.
> mohon pencerahannya..
> terima kasih
>
> =================================
> mod note:
> contoh data dikirim sebagai gambar yg diembedded di badan email
> banyak RUGInya
> - tidak akan tampil di Message list di MILIS
> - tidak akan tampak oleh members yg setting email applicationnya
> di-set = text (non html)
> - tidak dapat dianalisis dibaca sbg data
> - tidak diketahui apakah konstanta atau formula
> dst
> =================================
>
6a.

Remove Item From ComboBox in UserForm

Posted by: "Kurei recca" yusajing_ehm@yahoo.com   yusajing_ehm

Sun Aug 14, 2011 8:51 pm (PDT)



Salam Para Master Excel yang Baik Hatinya,

Saya sedang membuat suatu macro seperti file terlampir dan saya menggunakan ComboBox dalam Form yang saya buat.
Saya ingin membuat ComboBox yang terupdate dengan proses menghapus semua item yang awal pernah di add.

Masalah saya adalah bagaimana ketika saya DropDown semua item yang saya sudah add hilang.
Saya mencoba menggunakan sintax expression.RemoveItemakan tetapi tidak berfungsi.

Mohon petunjuknya,

Best Regards,
Ridwan Syarif
6b.

Re: Remove Item From ComboBox in UserForm

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Aug 14, 2011 8:54 pm (PDT)



waktu mengisi pakai AddItem ya?

hapus list dengan
*Combobox1.Clear*

2011/8/15 Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com>

> **
>
>
> Salam Para Master Excel yang Baik Hatinya,
>
> Saya sedang membuat suatu macro seperti file terlampir dan saya menggunakan
> ComboBox dalam Form yang saya buat.
> Saya ingin membuat ComboBox yang terupdate dengan proses menghapus semua
> item yang awal pernah di add.
>
> Masalah saya adalah bagaimana ketika saya DropDown semua item yang saya
> sudah add hilang.
> Saya mencoba menggunakan sintax expression.RemoveItem akan tetapi tidak
> berfungsi.
>
> Mohon petunjuknya,
>
> Best Regards,
> Ridwan Syarif
>
6c.

Re: Remove Item From ComboBox in UserForm

Posted by: "yusajing_ehm@yahoo.com" yusajing_ehm@yahoo.com   yusajing_ehm

Sun Aug 14, 2011 8:56 pm (PDT)



Iya mbak Pake additem,

Itu kenapa Mbak ?
Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

-----Original Message-----
From: "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 15 Aug 2011 10:54:36
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Remove Item From ComboBox in UserForm

waktu mengisi pakai AddItem ya?

hapus list dengan
*Combobox1.Clear*



2011/8/15 Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com>

> **
>
>
> Salam Para Master Excel yang Baik Hatinya,
>
> Saya sedang membuat suatu macro seperti file terlampir dan saya menggunakan
> ComboBox dalam Form yang saya buat.
> Saya ingin membuat ComboBox yang terupdate dengan proses menghapus semua
> item yang awal pernah di add.
>
> Masalah saya adalah bagaimana ketika saya DropDown semua item yang saya
> sudah add hilang.
> Saya mencoba menggunakan sintax expression.RemoveItem akan tetapi tidak
> berfungsi.
>
> Mohon petunjuknya,
>
> Best Regards,
> Ridwan Syarif
>

6d.

Bls: [belajar-excel] Remove Item From ComboBox in UserForm

Posted by: "Kurei recca" yusajing_ehm@yahoo.com   yusajing_ehm

Sun Aug 14, 2011 9:04 pm (PDT)



Wah, sudah bisa Mbak Sitii,

Maknyus bener nih, hehehehe,,

Kalo boleh tau alasan kenapa Pake Remove item ga bisa kenapa ya ?

________________________________
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 15 Agustus 2011 10:54
Judul: Re: [belajar-excel] Remove Item From ComboBox in UserForm

 
waktu mengisi pakai AddItem ya?

hapus list dengan 
Combobox1.Clear

2011/8/15 Kurei recca <yusajing_ehm@yahoo.com>


>Salam Para Master Excel yang Baik Hatinya,
>
>
>Saya sedang membuat suatu macro seperti file terlampir dan saya menggunakan ComboBox dalam Form yang saya buat.
>Saya ingin membuat ComboBox yang terupdate dengan proses menghapus semua item yang awal pernah di add.
>
>
>Masalah saya adalah bagaimana ketika saya DropDown semua item yang saya sudah add hilang.
>Saya mencoba menggunakan sintax expression.RemoveItemakan tetapi tidak berfungsi.
>
>
>Mohon petunjuknya,
>
>
>Best Regards,
>Ridwan Syarif
6e.

Re: Bls: [belajar-excel] Remove Item From ComboBox in UserForm

Posted by: "sudarsono" jkssbma@live.com   jkssbma

Sun Aug 14, 2011 10:04 pm (PDT)



kalau itu gunakan :

Sub ya()
ComboBox1.Clear
ComboBox1.AddItem "saya"
ComboBox1.AddItem "anda"
ComboBox1.AddItem "kamu"
Dim i, jumitem As Long
i = 2
jumitem = ComboBox1.ListCount
If i > jumitem Then i = jumitem
ComboBox1.RemoveItem (i)
End Sub

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Kurei recca <yusajing_ehm@...> wrote:
> Wah, sudah bisa Mbak Sitii,
> Maknyus bener nih, hehehehe,,
> Kalo boleh tau alasan kenapa Pake Remove item ga bisa kenapa ya ?
>
> ________________________________
> Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@...>
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>  
> waktu mengisi pakai AddItem ya?
> hapus list dengan 
> Combobox1.Clear

6f.

Re: Remove Item From ComboBox in UserForm

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Sun Aug 14, 2011 10:37 pm (PDT)



*mungkin begini*

Combobox itu dapat diisi Items nya dengan berbagai cara, paling tidk ada 2
cara
*1. mengisi Property RowSource dengan rujukan Range *

ComboBox1.RowSource = "=Sheet1!C2:C5"

*2. menyusun item satu persatu dengan AddItem*

ComboBox1.AddItem "DataItem"

Suatu Combobox yg cara mengisinya dengan mengisi property RowSource merujuk
range:
cobalah hapus isi itemsnya dengan RemoveItem (satu persatu) maupun dengan
ComboBox1.Clear (sekaligus)
Apakah bisa ??

Remove item hanya menghapus 1 item yg ditunjuk Indexnya saja
Menghapus banyak item dengan RemoveItem harus dengan cara berulang ulang
(atau dengan loop)

Menghapus Item yg dulunya diisikan melalui setting property RowSource
yg dihubungkan
dengan Range harus dengan cara *mengosongkan rujukannya*

ComboBox1.RowSource = ""

tidak bisa dengan Combobox.Clear (atau RemoveItem)
ComboBox1.RemoveItem (2)

Mudah mudahan penjelasanku tidak terlalu salah...
Lebih lengkapnya haap dibuka help nya. (dari VBE klik aikon "Tandatanga")

2011/8/15 <yusajing_ehm@yahoo.com>

> **
>
> Iya mbak Pake additem,
>
> Itu kenapa Mbak ?
>
> Sent from my BlackBerry®
> *From: * "STDEV(i)" <setiyowati.devi@gmail.com>
> *Sender: * belajar-excel@yahoogroups.com
> *Date: *Mon, 15 Aug 2011 10:54:36 +0700
> waktu mengisi pakai AddItem ya?
> hapus list dengan
> *Combobox1.Clear*
>
>
>
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar