Senin, 22 Agustus 2011

[belajar-excel] Digest Number 1300

Messages In This Digest (25 Messages)

Messages

1a.

tidak bisa menggunakan rumus Ceiling

Posted by: "Bunyamin Fattah" ibunfattah@yahoo.com   ibunfattah

Mon Aug 22, 2011 1:04 am (PDT)



 para Suhu Excel yang terhormat,
mohon diberikan petunjuk bagaimana menggunakan rumus ceiling pada sheet terlampir,

terima kasih
salam
1b.

Re: tidak bisa menggunakan rumus Ceiling

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Aug 22, 2011 1:11 am (PDT)



Coba :
=Ceiling( nilainya , 1000 )

atau
=RoundUp( nilainya , -3 )

Regards.
Kid.

2011/8/22 Bunyamin Fattah <ibunfattah@yahoo.com>

> **
>
>
> para Suhu Excel yang terhormat,
> mohon diberikan petunjuk bagaimana menggunakan rumus ceiling pada sheet
> terlampir,
>
> terima kasih
> salam
>
>
>
>
1c.

Re: tidak bisa menggunakan rumus Ceiling

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Aug 22, 2011 1:55 am (PDT)



sebentar pak,...
melengkapi rumus dari Mr. Kid
lihat dulu hasil jika sumber-datanya bilangan lain termasuk bilangan negatip
lihat dulu juga fungsi lain yg bisa di-(paksa)-pakai

[image: ceiling dan sodaranya.GIF]

2011/8/22 Bunyamin Fattah <ibunfattah@yahoo.com>

> **
> para Suhu Excel yang terhormat,
> mohon diberikan petunjuk bagaimana menggunakan rumus ceiling pada sheet
> terlampir,
> terima kasih
> salam
>
1d.

Bls: [belajar-excel] tidak bisa menggunakan rumus Ceiling

Posted by: "Bunyamin Fattah" ibunfattah@yahoo.com   ibunfattah

Mon Aug 22, 2011 2:58 am (PDT)



ga bisa keluar pesan : The formula you type contains an error

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 22 Agustus 2011 15:10
Judul: Re: [belajar-excel] tidak bisa menggunakan rumus Ceiling

 
Coba :
=Ceiling( nilainya , 1000 )

atau
=RoundUp( nilainya , -3 )

Regards.
Kid.

2011/8/22 Bunyamin Fattah <ibunfattah@yahoo.com>


> para Suhu Excel yang terhormat,
>mohon diberikan petunjuk bagaimana menggunakan rumus ceiling pada sheet terlampir,
>
>terima kasih
>salam
>
>
>
>

1e.

Re: tidak bisa menggunakan rumus Ceiling

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Aug 22, 2011 3:02 am (PDT)



Hai Pak Fattah,
1. Mungkin regional setting nya berbeda, coba ganti karakter koma dalam
formula dengan karakter titik koma ;
2. Mungkin *nilainya* belum diganti merujuk sebuah cell, coba ganti formula
menjadi =Ceiling( 123456 , 1000 ) atau =Ceiling( A5 , 1000 )

Kid.

2011/8/22 Bunyamin Fattah <ibunfattah@yahoo.com>

> **
>
>
> ga bisa keluar pesan : The formula you type contains an error
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 22 Agustus 2011 15:10
> *Judul:* Re: [belajar-excel] tidak bisa menggunakan rumus Ceiling
>
>
> Coba :
> =Ceiling( nilainya , 1000 )
>
> atau
> =RoundUp( nilainya , -3 )
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/8/22 Bunyamin Fattah <ibunfattah@yahoo.com>
>
> **
>
> para Suhu Excel yang terhormat,
> mohon diberikan petunjuk bagaimana menggunakan rumus ceiling pada sheet
> terlampir,
>
> terima kasih
> salam
>
>
>
>
>
>
>
1f.

Re: tidak bisa menggunakan rumus Ceiling

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Aug 22, 2011 3:58 am (PDT)



Karena di antara kata *"ga bisa"* dan *"keluar pesan"* tidak ada *KOMA* nya
kalau saya: menangkap *kalimat bentakan* anda ini sebagai *pertanyaan*

Apakah tidak bisa Excel mengeluarkan pesan (yang bunyinya) :
"The formula you type contains an error"

dlm berdiskusi via tulisan, hanya *tulisan kita lah andalan utama kita;* karena
peserta diskusi
tidak dapat mendengar lembutnya kata-kata anda dan/atau anggunnya bahasa
tubuh anda,
(melainkan hanya bisa membaca bahasa tulisan anda)
*Cara anda menulis* punya risiko di-salah-terima-"in" oleh members lain.

2011/8/22 Bunyamin Fattah <ibunfattah@yahoo.com>

> **
> *ga bisa keluar pesan : The formula you type contains an error*
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 22 Agustus 2011 15:10
> *Judul:* Re: [belajar-excel] tidak bisa menggunakan rumus Ceiling
>
> Coba :
> =Ceiling( nilainya , 1000 )
>
> atau
> =RoundUp( nilainya , -3 )
>
> Regards.
> Kid.
>
> 2011/8/22 Bunyamin Fattah <ibunfattah@yahoo.com>
>
> **
> para Suhu Excel yang terhormat,
> mohon diberikan petunjuk bagaimana menggunakan rumus ceiling pada sheet
> terlampir,
>
> terima kasih
> salam
>
>
2a.

Re: isi data dengan jumlah tertentu

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Aug 22, 2011 1:42 am (PDT)



Dear Pak Mamuda,

Coba array formula :
=IF(ROW()-ROW($G$6)>SUM($D$7:$D$11),"",INDEX($C$7:$C$12,MATCH(ROW()-ROW($G$6),SUBTOTAL(109,OFFSET($D$6,0,0,ROW($1:$9)))+1,1)))

Array formula tersebut menggunakan formula dasar Index Match, yaitu bagian :
INDEX($C$7:$C$12,MATCH(ROW()-ROW($G$6),SUBTOTAL(109,OFFSET($D$6,0,0,ROW($1:$9)))+1,1))

Sedangkan bagian kondisi IF adalah untuk error handling, karena hasil
formula dasar Index Match diatas akan menghasilkan error value ketika item
yang harus disusun telah habis.

Bagian Match pada formula Index Match, memiliki lookup value berupa nomor
record hasil, yang bisa diganti dengan merujuk nilai dikolom F tabel hasil.
Bagian Match me-lookup pada suatu array hasil proses subtotal (running sum).

Regards.
Kid.

2011/8/22 MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@yahoo.com>

> **
>
>
> Salam Excel
> Mohon bantuan para pakar untuk kasus terlampir. Saya ingin mengisi kolom
> berdasarkan data dari tabel berbeda. Misalnya pada tabel sumber tertulis :
> Sapu 4, maka pada tabel hasil tertulis Sapu sebanyak 4 kali . Lebih jelas di
> lampiran. Bisa pake fungsi atau makro.
> Terima kasih.
>
>
>
>
2b.

Re: isi data dengan jumlah tertentu

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Aug 22, 2011 3:25 am (PDT)



atau
kalau keperluan ini sering timbul, bgmana kalau kita buat fungsi dalam
negeri
diberi nama ReptQty (mengulang sebanyak Quaitity)

sintaks
=ReptQty(ArrayItem, ArrayQty, Index)

Praktek di lapangan
=ReptQty($C$7:$C$11, $D$7:$D$11, F7)
atau bisa ditambah Validasi mencegahmunculnya err VALUE
jika data sudah habis
=IF(F7>SUM($D$7:$D$11),"",ReptQty($C$7:$C$11,$D$7:$D$11,F7))

formula biasa; (bukan array formula) berlaku untuk 1 cell
tinggal dicopy ke bawah sampai muncul Errofr Value (tanda bahwa array hasil
sudah habis)
atau muncul data blank (jika memakai IF sebagai validasi)

semoga ada manfaatnya

- function procedure VBA Code di module standar

*Function ReptQty*(ArrItem As Range, ArrQty As Range, Idx)
' siti Vi / 22 agu 2011
' mengulanga item sebanyak qty
Dim i As Long, n As Long, r As Long, Arr()
For i = 1 To ArrItem.Rows.Count
For n = 1 To ArrQty(i, 1)
r = r + 1
ReDim Preserve Arr(1 To r)
Arr(r) = ArrItem(i)
Next n
Next i
ReptQty = Arr(Idx)
*End Function*
'----------------------

2011/8/22 MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@yahoo.com>
> Salam Excel
> Mohon bantuan para pakar untuk kasus terlampir. Saya ingin mengisi kolom
berdasarkan data dari tabel berbeda.
> Misalnya pada tabel sumber tertulis : *Sapu 4*, maka pada tabel hasil
tertulis *Sapu sebanyak 4 kali* .
> Lebih jelas di lampiran. Bisa pake fungsi atau makro.
> Terima kasih.
2c.

Re: isi data dengan jumlah tertentu

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Aug 22, 2011 3:38 am (PDT)



*koreksi sedikit *untuk mempercepat makro
Loop dihentikan jika variable r sudah > Index

'-----
Function ReptQty(ArrItem As Range, ArrQty As Range, Idx)
' siti Vi / 22 agu 2011
' mengulanga item sebanyak qty
Dim i As Long, n As Long, r As Long, arr()
For i = 1 To ArrItem.Rows.Count
For n = 1 To ArrQty(i, 1)
r = r + 1
If r > Idx Then GoTo Endd
ReDim Preserve arr(1 To r)
arr(r) = ArrItem(i)
Next n
Next i
*Endd:*
ReptQty = arr(Idx)
End Function
'-----

thx / ~siti

2011/8/22 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> atau
> kalau keperluan ini sering timbul, bgmana kalau kita buat fungsi dalam
> negeri
> diberi nama ReptQty (mengulang sebanyak Quaitity)
>
> sintaks
> =ReptQty(ArrayItem, ArrayQty, Index)
>
> Praktek di lapangan
> =ReptQty($C$7:$C$11, $D$7:$D$11, F7)
> atau bisa ditambah Validasi mencegahmunculnya err VALUE
> jika data sudah habis
> =IF(F7>SUM($D$7:$D$11),"",ReptQty($C$7:$C$11,$D$7:$D$11,F7))
>
> formula biasa; (bukan array formula) berlaku untuk 1 cell
> tinggal dicopy ke bawah sampai muncul Errofr Value (tanda bahwa array hasil
> sudah habis)
> atau muncul data blank (jika memakai IF sebagai validasi)
>
> semoga ada manfaatnya
>
> - function procedure VBA Code di module standar
>
> *Function ReptQty*(ArrItem As Range, ArrQty As Range, Idx)
> ' siti Vi / 22 agu 2011
> ' mengulanga item sebanyak qty
> Dim i As Long, n As Long, r As Long, Arr()
> For i = 1 To ArrItem.Rows.Count
> For n = 1 To ArrQty(i, 1)
> r = r + 1
> ReDim Preserve Arr(1 To r)
> Arr(r) = ArrItem(i)
> Next n
> Next i
> ReptQty = Arr(Idx)
> *End Function*
> '----------------------
>
>
>
> 2011/8/22 MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@yahoo.com>
> > Salam Excel
> > Mohon bantuan para pakar untuk kasus terlampir. Saya ingin mengisi kolom
> berdasarkan data dari tabel berbeda.
> > Misalnya pada tabel sumber tertulis : *Sapu 4*, maka pada tabel hasil
> tertulis *Sapu sebanyak 4 kali* .
> > Lebih jelas di lampiran. Bisa pake fungsi atau makro.
> > Terima kasih.
>
>
2d.

Re: isi data dengan jumlah tertentu

Posted by: "summonery" summonery@yahoo.com   summonery

Mon Aug 22, 2011 4:38 am (PDT)



Dulu saya pernah menjawab kasus yang seperti ini di milis sebelah,ini
link-nya: #message/11830
<http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/11830> untuk kasus
ini, pada cell awal (G7) tuliskan data pertama, misal:cell G7 :
PiringCell G8:G21 :
=IF(COUNTIF($G$7:G7;G7)>=VLOOKUP(G7;$C$7:$D$16;2;0);INDEX($C$7:$C$16;MAT\
CH(G7;$C$7:$C$16;0)+1);G7)

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@...>
wrote:
>
> Salam Excel
> Mohon bantuan para pakar untuk kasus terlampir. Saya ingin mengisi
kolom berdasarkan data dari tabel berbeda. Misalnya pada tabel sumber
tertulis : Sapu 4, maka pada tabel hasil tertulis Sapu sebanyak 4 kali .
Lebih jelas di lampiran. Bisa pake fungsi atau makro.
> Terima kasih.
>

2e.

Re: isi data dengan jumlah tertentu

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Aug 22, 2011 8:14 am (PDT)



terima kasih pak anton, ( siti malah sudah lupa )
*terlampir file yg dibuat November 2008* / barangkali masih ada gunanya
terutama bagi penanya (mamuda pontim)

Misalnya ada istilah* pengulangan 0 (nol) kali*, mungkin harus difikirkan
pula;
Dengan UDF tidak ada masalah, bagaimana dengan FORMULA ??

~siti

2011/8/22 summonery <summonery@yahoo.com>

> **
>
>
> Dulu saya pernah menjawab kasus yang seperti ini di milis sebelah,
> ini link-nya: #message/11830<http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/11830>
>
> untuk kasus ini, pada cell awal (G7) tuliskan data pertama, misal:
> cell G7 : Piring
> Cell G8:G21 :
> =IF(COUNTIF($G$7:G7;G7)>=VLOOKUP(G7;$C$7:$D$16;2;0);INDEX($C$7:$C$16;MATCH(G7;$C$7:$C$16;0)+1);G7)
>
> >semoga bermanfaat
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@...>
> wrote:
> >
> > Salam Excel
> > Mohon bantuan para pakar untuk kasus terlampir. Saya ingin mengisi kolom
> berdasarkan data dari tabel berbeda. Misalnya pada tabel sumber tertulis :
> Sapu 4, maka pada tabel hasil tertulis Sapu sebanyak 4 kali . Lebih jelas di
> lampiran. Bisa pake fungsi atau makro.
> > Terima kasih.
> >
>
>
>
2f.

Re: isi data dengan jumlah tertentu

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Aug 22, 2011 8:19 am (PDT)



Atau jika ada data berulang, karena tergantung tanggal data masuk ke bagian
gudang misalnya.

Sepatu 0
Sisir 4
Sepatu 3

Kid.

2011/8/22 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> **
>
>
> terima kasih pak anton, ( siti malah sudah lupa )
> *terlampir file yg dibuat November 2008* / barangkali masih ada gunanya
> terutama bagi penanya (mamuda pontim)
>
> Misalnya ada istilah* pengulangan 0 (nol) kali*, mungkin harus difikirkan
> pula;
> Dengan UDF tidak ada masalah, bagaimana dengan FORMULA ??
>
> ~siti
>
>
>
>
>
> 2011/8/22 summonery <summonery@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dulu saya pernah menjawab kasus yang seperti ini di milis sebelah,
>> ini link-nya: #message/11830<http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/11830>
>>
>> untuk kasus ini, pada cell awal (G7) tuliskan data pertama, misal:
>> cell G7 : Piring
>> Cell G8:G21 :
>> =IF(COUNTIF($G$7:G7;G7)>=VLOOKUP(G7;$C$7:$D$16;2;0);INDEX($C$7:$C$16;MATCH(G7;$C$7:$C$16;0)+1);G7)
>>
>> >semoga bermanfaat
>>
>>
>> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@...>
>> wrote:
>> >
>> > Salam Excel
>> > Mohon bantuan para pakar untuk kasus terlampir. Saya ingin mengisi kolom
>> berdasarkan data dari tabel berbeda. Misalnya pada tabel sumber tertulis :
>> Sapu 4, maka pada tabel hasil tertulis Sapu sebanyak 4 kali . Lebih jelas di
>> lampiran. Bisa pake fungsi atau makro.
>> > Terima kasih.
>> >
>>
>>
>>
>
>
2g.

Re: isi data dengan jumlah tertentu

Posted by: "MAMUDA PONTIM" uud_mamuda@yahoo.com   uud_mamuda

Mon Aug 22, 2011 7:24 pm (PDT)



Terima kasih semuanya. Semua jawaban telah saya coba, dan berhasil. Baik yang pake fungsi biasa maupun yang pake UDF. Hanya rumus mas Ghozi, kalau Jumlahnya saya tulis nol, akan terisi satu. Jadi nol = satu. Tapi tidak apa-apa, udah sangat membantu sekali.

Mohon maaf, kalau masalah ini pernah dibahas sebelumnya. Dan maaf juga jika respon saya terlambat, karena keterbatasan akses internet.

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, August 22, 2011 3:42 PM
Subject: Re: [belajar-excel] isi data dengan jumlah tertentu

 
Dear Pak Mamuda,

Coba array formula :
=IF(ROW()-ROW($G$6)>SUM($D$7:$D$11),"",INDEX($C$7:$C$12,MATCH(ROW()-ROW($G$6),SUBTOTAL(109,OFFSET($D$6,0,0,ROW($1:$9)))+1,1)))

Array formula tersebut menggunakan formula dasar Index Match, yaitu bagian :
INDEX($C$7:$C$12,MATCH(ROW()-ROW($G$6),SUBTOTAL(109,OFFSET($D$6,0,0,ROW($1:$9)))+1,1))

Sedangkan bagian kondisi IF adalah untuk error handling, karena hasil formula dasar Index Match diatas akan menghasilkan error value ketika item yang harus disusun telah habis.

Bagian Match pada formula Index Match, memiliki lookup value berupa nomor record hasil, yang bisa diganti dengan merujuk nilai dikolom F tabel hasil.
Bagian Match me-lookup pada suatu array hasil proses subtotal (running sum).

Regards.
Kid.

2011/8/22 MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@yahoo.com>


>Salam Excel
>Mohon bantuan para pakar untuk kasus terlampir. Saya ingin mengisi kolom berdasarkan data dari tabel berbeda. Misalnya pada tabel sumber tertulis : Sapu 4, maka pada tabel hasil tertulis Sapu sebanyak 4 kali . Lebih jelas di lampiran. Bisa pake fungsi atau makro.
>Terima kasih.
>

3a.

Tanggal nya tanggal berapa yah?

Posted by: "dwanxls" dwanxls@yahoo.co.id   dwanxls

Mon Aug 22, 2011 1:56 am (PDT)



Dear para master excel.

Saya punya data yang terdiri atas 3 kolom. (Kolom pertama berupa
tanggal, kolom ke 2 dan ke 3 berupa angka). Untuk mengetahui nilai
tertinggi/terendah di kolom 2 dan 3, saya gunakan fungsi MAX dan MIN.

Pertanyaan saya bagaimana cara menentukan nilai MAX/MIN itu ada di
tanggal berapa?. Pakai fungsi apa?.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Mau attach file excel nya, ga ketemu tempat untuk masukin (upload) file.

3b.

Re: Tanggal nya tanggal berapa yah?

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Mon Aug 22, 2011 2:16 am (PDT)



*(1) KIRIM ATTACHMENT*
Pak/Bu DWANXLS mengirim posting ini melalui WEB, makanya tidak bisa
melampirkan Attachments

Untuk bisa mengirim (melampirkan attachment) anda harus menulis posting di
Email Application anda.
(& karena email-address anda = berdomain di *Yahoo.co.id*; anda dapat
menulisnya di *Yahoo Mail*
Jangan melalui *fasilitas Post / Reply *yg ada di *Web Milis *(atau anda
tidak dapat melampirkan attachment)

*(2) KASUS TANGGAL DAN ANGKA*
Sebanarnya belum jelas benar apa yg dikehendaki..

Dimisalkan data anda dlm satu baris (tiga cell) A1, B1, C1
*17 Aug 2009 11 5*

E1
*=MIN(B1:C1)*
hasilnya: *5*

F1
*=A1 + E1*
atau
*=A1 + MIN(B1:C1)*

harusnya (jika A1 berupa data DATE) hasil F1: *22 Agustus 2009*
Seperti itukan maksud anda? atau bgmana ?

Ditunggu lampirannya + tambahan Penjelasan nya...

2011/8/22 dwanxls <dwanxls@yahoo.co.id>

> **
>
> Dear para master excel.
> Saya punya data yang terdiri atas 3 kolom. (Kolom pertama berupa
> tanggal, kolom ke 2 dan ke 3 berupa angka). Untuk mengetahui nilai
> tertinggi/terendah di kolom 2 dan 3, saya gunakan fungsi MAX dan MIN.
>
> Pertanyaan saya* bagaimana cara menentukan nilai MAX/MIN itu ada di
> tanggal berapa?. Pakai fungsi apa?.
> *
> Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
>
> Mau attach file excel nya, ga ketemu tempat untuk masukin (upload) file.
>
>
3c.

Re: Tanggal nya tanggal berapa yah?

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Aug 22, 2011 2:23 am (PDT)



Atau mungkin :
=Index( range_tanggal , Match( Max( kolom_ke_2 ) , range_kolom_ke_2 , 0 ) )

Ganti Max dengan Min untuk cari nilai tanggal yang nilai kolom tertentu
adalah minimumnya.
Ganti kolom_ke_2 dengan kolom yang jadi pedoman.

Jika ternyata kolom ke dan ke tiga adalah kriteria (ada 2 krtieria kan)
kemudian urutan prioritasnya si kolom 2 duluan (jadi baris 11 5 lebih utama
dibanding 3 99 pada oenentuan Max)
maka ubah kolom_ke_2 menjadi formula composite
seperti :
kolom_ke_2 * 1000 + kolom_ke_3
sehingga formula menjadi :
=Index( range_tanggal , Match( Max( kolom_ke_2 * 1000 + kolom_ke_3 ) ,
kolom_ke_2 * 1000 + kolom_ke_3 , 0 ) )
lalu tekan CTRL SHIFT ENTER agar menjadi array formula.

Kid.

2011/8/22 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> **
>
>
> *(1) KIRIM ATTACHMENT*
> Pak/Bu DWANXLS mengirim posting ini melalui WEB, makanya tidak bisa
> melampirkan Attachments
>
> Untuk bisa mengirim (melampirkan attachment) anda harus menulis posting di
> Email Application anda.
> (& karena email-address anda = berdomain di *Yahoo.co.id*; anda dapat
> menulisnya di *Yahoo Mail*
> Jangan melalui *fasilitas Post / Reply *yg ada di *Web Milis *(atau anda
> tidak dapat melampirkan attachment)
>
>
> *(2) KASUS TANGGAL DAN ANGKA*
> Sebanarnya belum jelas benar apa yg dikehendaki..
>
> Dimisalkan data anda dlm satu baris (tiga cell) A1, B1, C1
> *17 Aug 2009 11 5*
>
> E1
> *=MIN(B1:C1)*
> hasilnya: *5*
>
> F1
> *=A1 + E1*
> atau
> *=A1 + MIN(B1:C1)*
>
> harusnya (jika A1 berupa data DATE) hasil F1: *22 Agustus 2009*
> Seperti itukan maksud anda? atau bgmana ?
>
> Ditunggu lampirannya + tambahan Penjelasan nya...
>
>
>
> 2011/8/22 dwanxls <dwanxls@yahoo.co.id>
>
>> **
>>
>> Dear para master excel.
>> Saya punya data yang terdiri atas 3 kolom. (Kolom pertama berupa
>> tanggal, kolom ke 2 dan ke 3 berupa angka). Untuk mengetahui nilai
>> tertinggi/terendah di kolom 2 dan 3, saya gunakan fungsi MAX dan MIN.
>>
>> Pertanyaan saya* bagaimana cara menentukan nilai MAX/MIN itu ada di
>> tanggal berapa?. Pakai fungsi apa?.
>> *
>> Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
>>
>> Mau attach file excel nya, ga ketemu tempat untuk masukin (upload) file.
>>
>>
>
>
3d.

Bls: [belajar-excel] Tanggal nya tanggal berapa yah?

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Mon Aug 22, 2011 2:56 am (PDT)



misalkan range A1:A10 berisi data  tanggal dari 1 Agustus s/d 10 Agustus 2011
range B1:B10 dan berisi data nilai dari 1 juta sampai 10 juta yang letaknya boleh tidak urut(acak)
range C1:C10 berisi data nilai dari 10 juta sampai 20 juta yang letaknya boleh tidak urut (acak).

maka jika ingin mengetahui data min atau max nilai di kolom B1: B10 atau  C1:C10 berada di tanggal berapa sesuai uurutan tanggal di A1:A10
formulanya
max kolom B
=INDEX($A$1:$A$10;MATCH(MAX($B$1:$B$10);$B$1:$B$10;0))
min kolom B
=INDEX($A$1:$A$10;MATCH(MIN($B$1:$B$10);$B$1:$B$10;0))
max kolom C
=INDEX($A$1:$A$10;MATCH(MAX($C$1:$C$10);$C$1:$C$10;0))
min kolom C
=INDEX($A$1:$A$10;MATCH(MIN($C$1:$C$10);$C$1:$C$10;0))
jangan lupa angka yang dihasilkan formatnya dirubah menjadi format tanggal sesuai dengan yang diinginkan

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sen, 22/8/11, dwanxls <dwanxls@yahoo.co.id> menulis:

Dari: dwanxls <dwanxls@yahoo.co.id>
Judul: [belajar-excel] Tanggal nya tanggal berapa yah?
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 22 Agustus, 2011, 3:44 PM

 

Dear para master excel.

Saya punya data yang terdiri atas 3 kolom. (Kolom pertama berupa

tanggal, kolom ke 2 dan ke 3 berupa angka). Untuk mengetahui nilai

tertinggi/terendah di kolom 2 dan 3, saya gunakan fungsi MAX dan MIN.

Pertanyaan saya bagaimana cara menentukan nilai MAX/MIN itu ada di

tanggal berapa?. Pakai fungsi apa?.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Mau attach file excel nya, ga ketemu tempat untuk masukin (upload) file.

3e.

Bls: [belajar-excel] Tanggal nya tanggal berapa yah?

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Mon Aug 22, 2011 2:56 am (PDT)



misalkan range A1:A10 berisi data  tanggal dari 1 Agustus s/d 10 Agustus 2011
range B1:B10 dan berisi data nilai dari 1 juta sampai 10 juta yang letaknya boleh tidak urut(acak)
range C1:C10 berisi data nilai dari 10 juta sampai 20 juta yang letaknya boleh tidak urut (acak).

maka jika ingin mengetahui data min atau max nilai di kolom B1: B10 atau  C1:C10 berada di tanggal berapa sesuai uurutan tanggal di A1:A10
formulanya
max kolom B
=INDEX($A$1:$A$10;MATCH(MAX($B$1:$B$10);$B$1:$B$10;0))
min kolom B
=INDEX($A$1:$A$10;MATCH(MIN($B$1:$B$10);$B$1:$B$10;0))
max kolom C
=INDEX($A$1:$A$10;MATCH(MAX($C$1:$C$10);$C$1:$C$10;0))
min kolom C
=INDEX($A$1:$A$10;MATCH(MIN($C$1:$C$10);$C$1:$C$10;0))
jangan lupa angka yang dihasilkan formatnya dirubah menjadi format tanggal sesuai dengan yang diinginkan

wassalam

--- Pada Sen, 22/8/11, dwanxls <dwanxls@yahoo.co.id> menulis:

Dari: dwanxls <dwanxls@yahoo.co.id>
Judul: [belajar-excel] Tanggal nya tanggal berapa yah?
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 22 Agustus, 2011, 3:44 PM

 

Dear para master excel.

Saya punya data yang terdiri atas 3 kolom. (Kolom pertama berupa

tanggal, kolom ke 2 dan ke 3 berupa angka). Untuk mengetahui nilai

tertinggi/terendah di kolom 2 dan 3, saya gunakan fungsi MAX dan MIN.

Pertanyaan saya bagaimana cara menentukan nilai MAX/MIN itu ada di

tanggal berapa?. Pakai fungsi apa?.

Sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

Mau attach file excel nya, ga ketemu tempat untuk masukin (upload) file.

Reply to sender |

Reply to group |
Reply via web post |
Start a New Topic


4a.

Re: Cara memindahkan data otomatis

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Aug 22, 2011 2:16 am (PDT)



Selamat Sore Pak William,

File terlampir (pilih salah satu saja), menggunakan sebuah sheet dengan
inputan tanggal sebagai sebuah lembar pelaporan. Jika akan dibuat sheet
pertanggal, maka copy sheet tersebut, dan isi tanggal dengan tanggal yang
sesuai untuk sheet baru tersebut.

Pelaporan masih disusun kesamping, karena jumlah baris yang ditampillkan
bagian pemasukan atapun pengeluaran, tidaklah tetap. Jika akan dipaksa
tetap, bisa jadi malah ada banyak cell berformula tetapi kosong. Jadi, Anda
atur saja sesuai kebutuhan Anda akan di layout seperti apa.

Pelajari array formula. Kemudian pelajari array formula untuk filtering.

Selamat belajar.
Kid.

2011/8/2 william setiobudi <williamsetiobudi@yahoo.com.sg>

> **
>
>
> Rekan2 master ...
> Mohon bantuannya dalam memindahkan data secara otomatis ke masing2 sheet
> per tanggal.
>
> Best Regards
> William
>
>
>
>
5a.

Re: Fw: [belajar-excel] Gabung Data

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Aug 22, 2011 2:59 am (PDT)



>> Kok ga ada tanggapannya ya..
Apakah penjelasannya kurang dimengerti, atau karena kesibukan dari
para suhu excel.
** Mungkin ada sedikit effort melalui record macro untuk mengolah sebuah
file lebih dulu akan lebih menarik simpati member yang sedang punya waktu
luang.
Pertanyaan ke milis akan menjadi : Bagaimana agar hasil record macro ini
bisa mengolah banyak file bergantian berurutan.

Kalau mau coba,
- buat sheet baru dan beri nama dengan *data*,
- kemudian isi 2 baris header pada baris 1 dan 2,
- salin prosedur berikut ke sebuah module standard di VBE
Public Sub SalinCSV()
Dim wbkAktif As Workbook, wbkCSV As Workbook
Dim rngTarget As Range
Dim sFile As String

Set wbkAktif = ThisWorkbook
Set rngTarget = wbkAktif.Sheets("data").Range("a1")

Application.ScreenUpdating = False
Application.DisplayAlerts = False
sFile = Dir(wbkAktif.Path & "\*.csv", vbNormal)
Do While LenB(sFile) <> 0
Set wbkCSV = Workbooks.Open(wbkAktif.Path & "\" & sFile)
wbkCSV.Sheets(1).Range("a1").CurrentRegion.Offset(2).Copy
rngTarget.Offset(rngTarget.CurrentRegion.Rows.Count).PasteSpecial
xlPasteValues
wbkCSV.Close False
sFile = Dir
Loop
wbkAktif.Save
Application.DisplayAlerts = True
Application.ScreenUpdating = True
MsgBox "Done."
End Sub

- bila perlu, buat sebuah tombol (menggunakan shape, activeX, atau form
object control) untuk menjalankan prosedur di atas.

Kid.

2011/8/22 <BENDRI@yamaha-motor-elec.co.id>

> **
>
>
> Dear Para Suhu Excel,
>
> Kok ga ada tanggapannya ya..
> Apakah penjelasannya kurang dimengerti, atau karena kesibukan dari para
> suhu excel.
>
> Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.
>
> Salam.
> ----- Forwarded by BENDRI YEID/YAMAHA on 08/22/2011 01:05 PM -----
>
> From: BENDRI@yamaha-motor-elec.co.id
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Date: 08/20/2011 01:39 PM
> Subject: [belajar-excel] Gabung Data
> Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
> ------------------------------
>
>
>
>
>
> Dear Be-Excel
> Mohon bantuannya ,
> Bagaimana menggabungkan csv file kedalam satu sheet "Hasil" dengan
> menggunakan Macro
>
> Minta maaf kalau sebelumnya mengenai masalah ini pernah dibahas.
>
> Terima kasih
>
> [attachment "Gabung Data.zip" deleted by BENDRI YEID/YAMAHA]
>
>
>
5b.

Re: Fw: [belajar-excel] Gabung Data

Posted by: "BENDRI@yamaha-motor-elec.co.id" BENDRI@yamaha-motor-elec.co.id

Mon Aug 22, 2011 6:04 pm (PDT)



Terima kasih Mr. Kid, untuk tanggapan dan solusinya,
Saya sudah mencobanya dan ternyata sesuai dengan yang saya harapkan.

Terima kasih dan sukses selalu.

Salam
Bendri



From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: 08/22/2011 04:58 PM
Subject: Re: Fw: [belajar-excel] Gabung Data
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com




>> Kok ga ada tanggapannya ya..
Apakah penjelasannya kurang dimengerti, atau karena kesibukan dari
para suhu excel.
** Mungkin ada sedikit effort melalui record macro untuk mengolah sebuah
file lebih dulu akan lebih menarik simpati member yang sedang punya waktu
luang.
Pertanyaan ke milis akan menjadi : Bagaimana agar hasil record macro ini
bisa mengolah banyak file bergantian berurutan.

Kalau mau coba,
- buat sheet baru dan beri nama dengan data,
- kemudian isi 2 baris header pada baris 1 dan 2,
- salin prosedur berikut ke sebuah module standard di VBE
Public Sub SalinCSV()
Dim wbkAktif As Workbook, wbkCSV As Workbook
Dim rngTarget As Range
Dim sFile As String

Set wbkAktif = ThisWorkbook
Set rngTarget = wbkAktif.Sheets("data").Range("a1")

Application.ScreenUpdating = False
Application.DisplayAlerts = False
sFile = Dir(wbkAktif.Path & "\*.csv", vbNormal)
Do While LenB(sFile) <> 0
Set wbkCSV = Workbooks.Open(wbkAktif.Path & "\" & sFile)
wbkCSV.Sheets(1).Range("a1").CurrentRegion.Offset(2).Copy
rngTarget.Offset(rngTarget.CurrentRegion.Rows.Count).PasteSpecial
xlPasteValues
wbkCSV.Close False
sFile = Dir
Loop
wbkAktif.Save
Application.DisplayAlerts = True
Application.ScreenUpdating = True
MsgBox "Done."
End Sub

- bila perlu, buat sebuah tombol (menggunakan shape, activeX, atau form
object control) untuk menjalankan prosedur di atas.

Kid.


2011/8/22 <BENDRI@yamaha-motor-elec.co.id>

Dear Para Suhu Excel,

Kok ga ada tanggapannya ya..
Apakah penjelasannya kurang dimengerti, atau karena kesibukan dari para
suhu excel.

Terima kasih atas perhatian dan bantuannya.

Salam.
----- Forwarded by BENDRI YEID/YAMAHA on 08/22/2011 01:05 PM -----

From: BENDRI@yamaha-motor-elec.co.id
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: 08/20/2011 01:39 PM
Subject: [belajar-excel] Gabung Data
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com




Dear Be-Excel
Mohon bantuannya ,
Bagaimana menggabungkan csv file kedalam satu sheet "Hasil" dengan
menggunakan Macro

Minta maaf kalau sebelumnya mengenai masalah ini pernah dibahas.

Terima kasih

[attachment "Gabung Data.zip" deleted by BENDRI YEID/YAMAHA]



6.

Bls: [belajar-excel] isi data dengan jumlah tertentu

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Mon Aug 22, 2011 3:20 am (PDT)



=IF(F7>SUM($D$7:$D$16);"";IF(F7=1;INDEX($C$7:$C$16;F7);IF(COUNTIF(G$6:G6;G6)<INDEX($D$7:$D$16;MATCH(G6;$C$7:$C$16;0));G6;INDEX($C$7:$C$16;MATCH(G6;$C$7:$C$16;0)+1))))

copy ke bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sen, 22/8/11, MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@yahoo.com> menulis:

Dari: MAMUDA PONTIM <uud_mamuda@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] isi data dengan jumlah tertentu
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Senin, 22 Agustus, 2011, 2:10 PM

 

Salam ExcelMohon bantuan para pakar untuk kasus terlampir. Saya ingin mengisi kolom berdasarkan data dari tabel berbeda. Misalnya pada tabel sumber tertulis : Sapu 4, maka pada tabel hasil tertulis Sapu sebanyak 4 kali . Lebih jelas di lampiran. Bisa pake fungsi atau makro.Terima kasih.

7a.

Menaikan data

Posted by: "Md Switra" mswitra@yahoo.com   mswitra

Mon Aug 22, 2011 7:44 am (PDT)



Mohon bantuan rekan-rekan semua. Data yang saya tanyakan sudah saya kirim dalam lampiran.

Terima kasih.
7b.

Re: Menaikan data

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Mon Aug 22, 2011 8:11 am (PDT)



Pak Switra,

Sebaiknya data siswa tidak ada yang dihilangkan, tetapi sukup diubah nilai
status masih atau sudah tidak sekolahnya.
Daftar siswa yang masih sekolah atau yang sudah tiak sekolah, maupun seluruh
siswa yang pernah terdaftar, disusun pada sebuah sheet baru. Bisa
menggunakan array formula filtering (pelajari array formula), maupun
menggunakan pivot table.

Wassalam.
Kid.

2011/8/22 Md Switra <mswitra@yahoo.com>

> **
>
>
> Mohon bantuan rekan-rekan semua. Data yang saya tanyakan sudah saya kirim
> dalam lampiran.
>
> Terima kasih.
>
>
>
>
8.

Bls: [belajar-excel] Menaikan data

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Mon Aug 22, 2011 6:01 pm (PDT)



idealnya NIS ( no induk siswa ) adalah input
data unik. jadi  sebuah NIS hanya berhak
untuk dimiliki oleh satu orang siswa terlepas siswa tersebut keluar dari
sekolah atau tidak. setiap ada siswa baru akan 
mendapatkan NIS satu angka lebih besar dari NIS siswa yang
mendaftar lebih dulu sebelumnya  .

demikian
juga dengan nama siswa  kita semua tahu
masing masing orang memiliki nama sendiri sendiri kalaupun ada  kesamaan nama 
selalu akan diberi penanda tertentu untuk membedakan satu nama yang sama
dengan nama yang sama lainnya.

untuk
case yang ditanyakan ini saya menawarkan solusi yang  yang yang lebih ideal  dan tentunya tidak  sama dengan yang diinginkan  pihak penanya . di mana ketika salah
seorang  siswa  tidak bersekolah lagi dengan serta merta  no induknya diambil alih oleh siswa yang
berikutnya. yang lebih parah lagi namanyapun diperlakukan sama.(suatu hil yang
mustahal).

solusi
yang saya berikan ini hanya akan memfilter nama nama siswa yang tetap bertahan
dang an tidak mengikutkan lagi nama siswa yang sudah tidak sekolah dalam
daftar  tetapi  no induk siswa dang  nama siswa 
yang  masih sekolah tetap
seperti  pada daftar induk asli
sebelumnya.

urutan
formula sbb:

untuk
NO.

=IF(ROW(1:1)>COUNTIF($D$3:$D$17;"masih

sekolah");"";ROW(1:1))

untuk
NIS (formula array)

{=IF($H4="";"";INDEX($B$3:$B$17;SMALL(IF($D$3:$D$17="masih
sekolah";$A$3:$A$17);$H4)))}

untuk  Nama Siswa  (formula array)

=IF($H4="";"";INDEX($C$3:$C$17;SMALL(IF($D$3:$D$17="masih
sekolah";$A$3:$A$17);$H4)))

adapun
kalau menginginkan pola seperti  pada
permintaan  awal  walaupun 
kurang   cocok kalau  digunakan 
untuk  kasus  data siswa 
karena adanya  penggunaan  nomer 
NIS  dan  Nama 
yang tidak seharusnya  ,  justru 
lebih mudah  karenal
logikanya  hanya dibutuhkan no urut
sejumlah  nama siswa yang masih
sekolah  selanjutnya  no urut ini digunakan untuk mengindek  data sumber

dengan
sendirinya  akan tampil berurutan  sesuai dengan data sumber.

urutan formula sbb:

untuk NO.

=IF(ROW(1:1)>COUNTIF($D$3:$D$17;"masih
sekolah");"";ROW(1:1))

untuk NIS

=IF($H4="";"";INDEX($B$3:$B$17;$H4))

untuk  Nama Siswa 

=IF($H4="";"";INDEX($C$3:$C$17;$H4))
lebih jelasnya lihat di attachment

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Sen, 22/8/11, Md Switra <mswitra@yahoo.com> menulis:

Dari: Md Switra <mswitra@yahoo.com>
Judul: [belajar-excel] Menaikan data
Kepada: "Belajar Excel" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Tanggal: Senin, 22 Agustus, 2011, 9:44 PM

 

Mohon bantuan rekan-rekan semua. Data yang saya tanyakan sudah saya kirim dalam lampiran.
Terima kasih.

Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

A community for

small business owners

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Tips for family,

kids and living

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
A bad score is 598. A bad idea is not checking yours, at freecreditscore.com.

A better credit score can save you thousands. See yours at freecreditscore.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar