Jumat, 26 Agustus 2011

[belajar-excel] Digest Number 1304

Messages In This Digest (11 Messages)

Messages

1a.

BAGAIMANA CARA MENGEFISIENKAN KERJAAN

Posted by: "Adhi" adhi.tax.dk3@gmail.com

Thu Aug 25, 2011 1:24 am (PDT)



Saya punya kerjaan yang sering diminta Si Bos sewaktu2.
Kalo minta data pake teriak : "Gak Pake Lama Loh Yah...!!!"

Padahal, aku kerja dengan cara "Jadul".
Bagaimana caranya yah supaya kerjaku jadi lebih efisien dan Is Bos belum sempat teriak "GAK PAKE LAMA", tapi datanya sudah aku sajikan dimejanya...? Hehehehehe...

Filenya aku lampirin yah....
Tks sebelumnya kepada forum yang banyak membantu nih...

= Adhi =
1b.

Re: BAGAIMANA CARA MENGEFISIENKAN KERJAAN

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu Aug 25, 2011 2:18 am (PDT)



ada sebuah formula, sering kita sebut sebagai *Filtering Formula*
atau ada yg menyebut sebagai *formula cap Semoll_If*
Formula ini telah tercemar dimana-mana
Array formula ditulis di banyak celss sebaris secara sekaligus, menghasilkan
MULTI-HASIL
yg bentuknya bisa seperti ini
=SMALL(IF((D12:D41=J8)*(TEXT(A12:A41,"YYYYMM")=TEXT(J9,"YYYYMM")),ROW(1:30)),ROW(1:30))

Multi hasil itu berupa IndexBaris atas data data di tabel yg sesuai Kriteria
Nah karena barisnya telah ditemukan, maka menampilkan data di tiap baris
bagaikan
memencet buah tomat saja (tidak terlalu sulit)
=Index(Tabel,IndexBaris)
atau
=Offset(Rujukan, indexbaris,indexkolom,banyaknyabaris,banyaknya kolom)

mudah mudahan tidak terlalu jauh dari kehendak (soalnya saya ini orang
paling
sulit memahami kemauan tertulis, karena tulisan orang biasanya pakai "rasa
bahasa" masing-masing)

2011/8/25 Adhi <adhi.tax.dk3@gmail.com>

> **
>
>
> Saya punya kerjaan yang sering diminta Si Bos sewaktu2.
> Kalo minta data pake teriak : "Gak Pake Lama Loh Yah...!!!"
>
> Padahal, aku kerja dengan cara "Jadul".
> Bagaimana caranya yah supaya kerjaku jadi lebih efisien dan Is Bos belum
> sempat teriak "GAK PAKE LAMA", tapi datanya sudah aku sajikan dimejanya...?
> Hehehehehe...
>
> Filenya aku lampirin yah....
> Tks sebelumnya kepada forum yang banyak membantu nih...
> 
> = Adhi =
>
>
1c.

Re: BAGAIMANA CARA MENGEFISIENKAN KERJAAN

Posted by: "Adhi" adhi.tax.dk3@gmail.com

Thu Aug 25, 2011 2:47 am (PDT)



Mantap bener deh Mbak Siti, Thank's yah....
Insya Allah deh, kumpul di forum ini, mudah2an ilmuku bertambah terus...

Sekali lagi terima kasih untuk para senior xl & semua member yang telah banyak membantu...

Sukses deh untuk Kita semua....



-------Original Message-------
From: STDEV(i)
Date: 25/08/2011 16:18:28

ada sebuah formula, sering kita sebut sebagai Filtering Formula

atau ada yg menyebut sebagai formula cap Semoll_If
Formula ini telah tercemar dimana-mana
Array formula ditulis di banyak celss sebaris secara sekaligus, menghasilkan MULTI-HASIL; yg bentuknya bisa seperti ini
=SMALL(IF((D12:D41=J8)*(TEXT(A12:A41,"YYYYMM")=TEXT(J9,"YYYYMM")),ROW(1:30))
ROW(1:30))

Multi hasil itu berupa IndexBaris atas data data di tabel yg sesuai Kriteria
Nah karena barisnya telah ditemukan, maka menampilkan data di tiap baris bagaikan memencet buah tomat saja (tidak terlalu sulit)
=Index(Tabel,IndexBaris)
atau
=Offset(Rujukan, indexbaris,indexkolom,banyaknyabaris,banyaknya kolom)

2011/8/25 Adhi <adhi.tax.dk3@gmail.com>

Saya punya kerjaan yang sering diminta Si Bos sewaktu2.
Kalo minta data pake teriak : "Gak Pake Lama Loh Yah...!!!"

Padahal, aku kerja dengan cara "Jadul".
Bagaimana caranya yah supaya kerjaku jadi lebih efisien dan Is Bos belum sempat teriak "GAK PAKE LAMA", tapi datanya sudah aku sajikan dimejanya...? Hehehehehe...

Filenya aku lampirin yah....
Tks sebelumnya kepada forum yang banyak membantu nih...

= Adhi =

1d.

Re: BAGAIMANA CARA MENGEFISIENKAN KERJAAN

Posted by: "Adhi" adhi.tax.dk3@gmail.com

Thu Aug 25, 2011 7:45 pm (PDT)



Oh yah, Mbak. Setelah tadi malam aku utak-atik file ini, aku masih Ada
terkendala. Yaitu memberi nilai "sampai dengan bulan lalu"-nya...

Mohon dibantu yah Mbak, karena aku utak-atik-utak-atik, mentok juga akhirnya
...

File-nya terlampir...

Tks



-------Original Message-------

From: STDEV(i)
Date: 08/25/11 16:18:28
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] BAGAIMANA CARA MENGEFISIENKAN KERJAAN


ada sebuah formula, sering kita sebut sebagai Filtering Formula

atau ada yg menyebut sebagai formula cap Semoll_If
Formula ini telah tercemar dimana-mana
Array formula ditulis di banyak celss sebaris secara sekaligus, menghasilkan
MULTI-HASIL
yg bentuknya bisa seperti ini
=SMALL(IF((D12:D41=J8)*(TEXT(A12:A41,"YYYYMM")=TEXT(J9,"YYYYMM")),ROW(1:30))
ROW(1:30))

Multi hasil itu berupa IndexBaris atas data data di tabel yg sesuai Kriteria
Nah karena barisnya telah ditemukan, maka menampilkan data di tiap baris
bagaikan
memencet buah tomat saja (tidak terlalu sulit)
=Index(Tabel,IndexBaris)
atau
=Offset(Rujukan, indexbaris,indexkolom,banyaknyabaris,banyaknya kolom)
1e.

Re: BAGAIMANA CARA MENGEFISIENKAN KERJAAN

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu Aug 25, 2011 8:29 pm (PDT)



kalau cuma diutak-utik, kapan selesainya.. ya, he he he;
harusnya sambil lihat-lihat sistem kerja tiap fungsi...

=*SUMPRODUCT*(*(*$A$12:$A$41 *< **DATE*(YEAR($J$9),MONTH($J$9),1)*)* *
E$12:E$41)

Setiap Tanggal di kolom A dibandingkan apakah *lebih kecil *dari tgl satu
bulan Rujukan J9,
jika YA (=true (bernilai 1)* dikalikan* dengan nilai di kolom "IN", secara
'One to One'
hasil perkaliannya (berupa multi hasil) >> *dijumlah *(menjadi 1 hasil)

Begitulah kerja Sumprodut dalam "syntaks tidak biasa" seperti di atas !

Inga'.. inga'.. bahwa Sumproduct sebetulnya adalah ARRAY FORMULA tetapi
dlm keadaan tertentu punya keistimewaan "tanpa perlu di enter dengan 3
tombol C+S+E"

2011/8/26 Adhi <adhi.tax.dk3@gmail.com>
>
> Oh yah, Mbak. Setelah tadi malam aku utak-atik file ini, aku masih Ada
> terkendala. Yaitu memberi nilai "sampai dengan bulan lalu"-nya...
> Mohon dibantu yah Mbak, karena aku utak-atik-utak-atik, mentok juga
akhirnya
> ...
> File-nya terlampir...
> Tks
1f.

Re: BAGAIMANA CARA MENGEFISIENKAN KERJAAN

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Thu Aug 25, 2011 9:18 pm (PDT)



formula PANCINGAN tersebut sengaja dilempar ke milis
(dengan Kriteria Kode Barang belum dimasukkkan ke Formula)
dengan maksud agar memicu minat untuk membuat modifikasi /koreksi/
melengkapi nya.

Tetapi kok belum ada komplain ya ??

Jika Kriteria KODE BARANG ikut dilibatkan, rumusnya menjadi seperti ini
=SUMPRODUCT(($A$12:$A$41<DATE(YEAR($J$9),MONTH($J$9),1))**($D$12:$D$41=J8)*
*E$12:E$41)

2011/8/26 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> kalau cuma diutak-utik, kapan selesainya.. ya, he he he;
> harusnya sambil lihat-lihat sistem kerja tiap fungsi...
>
> =*SUMPRODUCT*(*(*$A$12:$A$41 *< **DATE*(YEAR($J$9),MONTH($J$9),1)*)* *
> E$12:E$41)
>
> Setiap Tanggal di kolom A dibandingkan apakah *lebih kecil *dari tgl satu
> bulan Rujukan J9,
> jika YA (=true (bernilai 1)* dikalikan* dengan nilai di kolom "IN", secara
> 'One to One'
> hasil perkaliannya (berupa multi hasil) >> *dijumlah *(menjadi 1 hasil)
>
> Begitulah kerja Sumprodut dalam "syntaks tidak biasa" seperti di atas !
>
> Inga'.. inga'.. bahwa Sumproduct sebetulnya adalah ARRAY FORMULA tetapi
> dlm keadaan tertentu punya keistimewaan "tanpa perlu di enter dengan 3
> tombol C+S+E"
>
>
1g.

Re: BAGAIMANA CARA MENGEFISIENKAN KERJAAN

Posted by: "Adhi" adhi.tax.dk3@gmail.com

Thu Aug 25, 2011 11:50 pm (PDT)



Hehehehehe....Iya Mbak....
Tapi setelah saya cermati, kayaknya masih belum mengena, Mbak. Karena
hasilnya di Cell L18 seharusnya 475 .....

Yaitu Nilai "IN" Produk "Kacang" bulan Jan s/d Pebruari yg berada di cel
---> E16+E18+20+E22.

Sedangkan Nilai pada Cell M18 kosong karena memang Jan-Peb Ga Ada nilai Kacang" yang "Out"....


-------Original Message-------

From: STDEV(i)
Date: 08/26/11 10:45:13
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] BAGAIMANA CARA MENGEFISIENKAN KERJAAN

kalau cuma diutak-utik, kapan selesainya.. ya, he he he;
harusnya sambil lihat-lihat sistem kerja tiap fungsi...

=SUMPRODUCT(($A$12:$A$41 < DATE(YEAR($J$9),MONTH($J$9),1)) * E$12:E$41)

Setiap Tanggal di kolom A dibandingkan apakah lebih kecil dari tgl satu
bulan Rujukan J9,
jika YA (=true (bernilai 1) dikalikan dengan nilai di kolom "IN", secara
One to One'
hasil perkaliannya (berupa multi hasil) >> dijumlah (menjadi 1 hasil)

Begitulah kerja Sumprodut dalam "syntaks tidak biasa" seperti di atas !

2a.

Bls: [belajar-excel] Menaikan data

Posted by: "Md Switra" mswitra@yahoo.com   mswitra

Thu Aug 25, 2011 5:59 am (PDT)




Salam

Maaf sudah membuat kesalahan dalam penulisan data, yang seharusnya seperti yang telah di perbaiki oleh semua teman-teman di forum ini.

Pertanyaan saya sudah di jawab dan jawabannya sesuai dengan harapan saya.
Terima Kasih atas segala bantuannya.
3a.

Trs: [belajar-excel] User Form dng Penomoran Otomatis (program Excel

Posted by: "Harry" hariansyahptk@yahoo.com   hariansyahptk

Thu Aug 25, 2011 8:07 am (PDT)



Mohon info ttg pertanyaan sy sebelumnya (dibawah ini)

Terima kasih.

Harry

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Jumat, 19 Agustus 2011 21:50
Judul: Trs: [belajar-excel] User Form dng Penomoran Otomatis (program Excel yang dilengkapi dng fitur LAN)

 
Mhn pencerahan

----- Pesan yang Diteruskan -----
Dari: Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 18 Agustus 2011 18:50
Judul: Bls: [belajar-excel] User Form dng Penomoran Otomatis (program Excel yang dilengkapi dng fitur LAN)

 
Terima kasih atas berkanan tanggapannya. Bersama ini saya lampirkan contoh Worksheet yang saya maksudkan.

Mohon dapat dijelaskan cara dan rumusnya.

Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan banyak terima kasih.

Wassalam,

Harry

________________________________
Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Selasa, 16 Agustus 2011 7:56
Judul: Re: [belajar-excel] User Form dng Penomoran Otomatis (program Excel yang dilengkapi dng fitur LAN)

 
belum ada penanggapnya ya...

* apakah workbook sudah di set sbg SHARED Workbook ?
(di excel 2003, lihat menu Tools > Share Workbook..
(di Excel 2007, Tab Review > Share Workbook..)

*Bgmana cara anda mengotomatiskan  NAIKnya No. Registrasi 
**apakah dihubungkan juga dengan, misalnya: tingginya tabel yg selalu
bertambah setiap entri records baru ??
** kapan Nomor Registrasi tsb diNAIK-kan ? 
   saat dimulainya proses INPUT ?  atau saat INPUT dimasukkan ke tabel ??
hal ini tentu ada pengaruhnya.

mungkin juga, misalnya kekedar pertanyaan tsb dijawab, belum tentu ada gunanya.

agak segan-nya menanggapi kasus ini karena kita tidak diberi kesempatan 
melihat vba code maupun workbook/sheets tempat bermain nya makro ( kita
maklum karena mungkin saja berupa data dan makro yg tidak boleh diketahui orang lain...)

jadi misalnya pun menulis tanggapan hanyalah berdasarkan "pembayangan" /
pendapat kita (sepihak) mengenai KIRA-KIRA SEPERTI APA  data di sheet & makronya

~siti

mungkin eBook ini aada gunanya, mudah2-an
http://www.box.net/shared/prhba5unobs3qnq5dznb

2011/8/13 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>
>
> Mohon informasi atau cara pemecahan permasalahan saya hadapi dng situasi sbb:
>  
> Ada 3 PC (diperuntukkan untuk banyak user / anggota) yang telah dihubungkan dengan LAN melakukan pengisian User Form (VB) pada program Excel (file yang sama) secara bersamaan. Pada User Form tsb telah di setting penomoran / No. Registrasi secara otomatis.
>  
> KONDISI SEKARANG:
> ·         PC 1, meng-click User Form otomatis muncul No. Registrasi 1. Setelah di "SAVE" dan "CLOSE", dan selanjutnya, PC 1 meng-click lagi User Form yang sama otomatis mengisi Form dng No. Registrasi 2 (dst).
> ·         PC 2, meng-click User Form otomatis muncul No. Registrasi 1. Setelah di "SAVE" dan "CLOSE", dan selanjutnya, PC 2 meng-click lagi User Form yang sama otomatis mengisi Form dng No. Registrasi 2 (dst).
> ·         PC 3, meng-click User Form otomatis muncul No. Registrasi 1. Setelah di "SAVE" dan "CLOSE", dan selanjutnya, PC 3 meng-click lagi User Form yang sama otomatis mengisi Form dng No. Registrasi 2 (dst).
>  
> KONDISI YANG SEHARUSNYA:
> ·         PC 1, meng-click User Form otomatis muncul No. Registrasi 1. Setelah di "SAVE" dan "CLOSE", dan selanjutnya, PC 1 meng-click lagi User Form yang sama otomatis mengisi Form dng No. Registrasi 2 (dst).
> ·         Jika PC 1 telah selesai mengisi User Form dng No. Registrasi 1 dan 2, otomatis PC 2 bisa mengisi User Form No. Registrasi 3 karena No. Registrasi 1 dan 2 telah dilakukan oleh PC 1.
> ·         Selanjutnya, jika PC 3 meng-click User Form seharusnya secara otomatis bisa mengisi User Form dng No. Registrasi 4 karena No. Registrasi 1 dan 2 telah diisi oleh PC 1 dan No. Registrasi 3 telah disi oleh PC 2.
> ·         Dan jika PC 2 meng-click lagi User Form, secara otomatis muncul isian dng No. Registrasi 5 dan seterusnya dan seterusnya.
>  
> PERTANYAANNYA:
> Apa dan bagaimana rumus dan caranya agar bisa mendapat / menerapkan dari KONDISI SEKARANG menjadi KONDISI YANG SEHARUSNYA…???
>  
> Mohon bantuan dan penjelasannya.
> Terima kasih atas informasi dan berkenan akan rumus dan caranya.
>  
> Regard,
> Harry
> (Seorang masih harus banyak dan banyak belajar tentang Excel VB)

4.

List Data

Posted by: "Md Switra" mswitra@yahoo.com   mswitra

Thu Aug 25, 2011 6:46 pm (PDT)



Mohon Bantuannya untuk kasus Kami  seperti ini.
5a.

Bls: [belajar-excel] Mengisi kolom dengan 2 kriteria menggunakan mac

Posted by: "Muhammad Robin" mrobin86@yahoo.co.id   mrobin86

Thu Aug 25, 2011 8:32 pm (PDT)



Halooo tolongin kawan2
maksudnya pakai macro hehehehe

________________________________
Dari: Muhammad Robin <mrobin86@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Kamis, 25 Agustus 2011 0:21
Judul: [belajar-excel] Mengisi kolom dengan 2 kriteria menggunakan VBA
 
Dear Be Exceller,
Bagaimana cara mengisi nilai pertemuan pertama, pertemuan kedua, pertemuan ketiga dengan menggunakan VBA?
Lebih detailnya silahkan lihat di attachment

Terima Kasih Banyak
Recent Activity
Visit Your Group
Yahoo! Finance

It's Now Personal

Guides, news,

advice & more.

Yahoo! Groups

Small Business Group

Improve your business

by community exchange

Yahoo! Groups

Parenting Zone

Community resources

for parents

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------
MARKETPLACE
There's one number you should know, your Credit Score. freecreditscore.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar