Kamis, 25 Agustus 2011

[belajar-excel] Digest Number 1303

Messages In This Digest (15 Messages)

Messages

1a.

formula untuk menghitung data biaya per aktivitas

Posted by: "Yudha Saptiadi" yudhasaptiadi@gmail.com   yudhasaptiadi

Wed Aug 24, 2011 12:57 pm (PDT)



Para Pakar mohon diberikan ilmunya yang lebih efektif untuk menghitung data
yang terus bertambah.
seperti terlampir.

Terima kasih yaa
yudha
1b.

Re: formula untuk menghitung data biaya per aktivitas

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 24, 2011 1:50 pm (PDT)



=SUM(OFFSET(B$3,1,0,MATCH("Total",$A:$A,0)-4,1))

ditulis di B21, dan kemudian di COPY ke cells sebelah kanannya (saat ini
tetap baris 21)
yg memerlukan penjumlahan

Test lah dengan menginsert baris baru (berisi bilangan-bilangan) sebelum
baris "Total"

*penjelasan *(dimulai dari ceruk paling dalam
=MATCH("Total",$A:$A,0)-4
menghaslikan jumlah baris yg ditotal (saat ini 17)
karena match mencari "kata total di Kolom A:A
ketemu di posisi 21, dikurangi 4 = *17*

=OFFSET(B$3,1,0,*17*,1))
menghasilkan *rujukan* Range,
dimana Range itu jika dilihat dari *B3 *(baris 3 kolom B) bergeser menjadi :
** pojok-kiri-atas-nya ada di arah 1 (vertikal) --> yaitu *baris 4*
** pojok-kiri-atas-nya ada di arah 0 (horizontal) --> *4 baris , kolom B
(B4)*
** tinggi range =* 17*
** lebar range = *1*
alias* B4:20*

=SUM(*B4:B20*)
menghasilkan .... anda tahu sendiri !

Kesimpulannya range tsb menjadi dinamis karena adanya *MATCH("Total", A:A,
0)*
dengan syarat ketat bahwa
baris Total (baris dimana para bilangan dari baris 4 akan ditotal);
*di kolom A - nya harus tertulis "Total" tidak kurang tidak lebih !!!*

cara lain untuk menghasilkan rujukan dinamis:
memanfaatkan fungsi fungsi COUNTA dan INDIRECT

~siti

2011/8/25 Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com>

> **
>
> Para Pakar mohon diberikan ilmunya yang lebih efektif untuk menghitung data
> yang terus bertambah.
> seperti terlampir.
> Terima kasih yaa
> yudha
>
1c.

Re: formula untuk menghitung data biaya per aktivitas

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 24, 2011 2:44 pm (PDT)



lampiran ketinggalan...
[image: sum offset match.GIF]

2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>

> =SUM(OFFSET(B$3,1,0,MATCH("Total",$A:$A,0)-4,1))
> ~siti
>
>
> 2011/8/25 Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com>
>
>> **
>>
>> --- yang lebih efektif untuk menghitung data yang terus bertambah.
>> seperti terlampir.
>> Terima kasih yaa
>> yudha
>>
>
1d.

Re: formula untuk menghitung data biaya per aktivitas

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Aug 24, 2011 6:10 pm (PDT)



Coba formula sederhana berikut :
1. Baris total : (misal B21)
=SUM(OFFSET($A$3:$A$21,-1,*COLUMN(A21**)*))
Yang di-biru harus selalu mulai dari kolom A untuk kolom pertama. Atau ganti
*COLUMN(A21**) *dengan Columns($a1:a1)

2. Total Biaya per item : (misal B4)
=SUM(C4:N4)

3. Total per bulan -> Total Jan, Total Feb, dst : (misal C4)
=SUMIF($P$3:$BO$3,P$3,$P4:$BO4)
Perhatikan rujukan range dalam formula. Karena rujukannya demikian, maka
insert blok aktifitas baru (1 blok utuh dari header sampai baris total dari
kolom Total sampai kolom Dec) dilakukan antara cell AB1 dan BO1

Regards.
Kid.

2011/8/25 Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com>

> **
>
>
> Para Pakar mohon diberikan ilmunya yang lebih efektif untuk menghitung data
> yang terus bertambah.
> seperti terlampir.
>
> Terima kasih yaa
> yudha
>
>
>
1e.

Re: formula untuk menghitung data biaya per aktivitas

Posted by: "Yudha Saptiadi" yudhasaptiadi@gmail.com   yudhasaptiadi

Wed Aug 24, 2011 6:37 pm (PDT)



Dear Mba Siti dan mas Ghozi, dan para pakar lainnya makasih jawaban yang begitu cepat...hehehe

*) Tadi saya coba tambahkan satu aktivitas yang baru namun formulanya tidak berhasil ya

*)apakah ini karena penamaan fieldnya yg jadi lebih rumit.

(penamaannya saya lebih sederhanakan lagi seperti terlampir)

Harapannya di range *total keseluruhan* akan menghitung secara otomatis range aktivitas yang baru dan seterusnya.

Trimakasih sebelumnya..

Regards,
Yudha

2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> lampiran ketinggalan...
> [image: sum offset match.GIF]
>
> 2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>> =SUM(OFFSET(B$3,1,0,MATCH("Total",$A:$A,0)-4,1))
>> ~siti
1f.

Re: formula untuk menghitung data biaya per aktivitas

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 24, 2011 7:10 pm (PDT)



1. sebaiknya dilampirkan sheet yg sudah ditambah satu aktivitas dan rumusnya
tidak berhasil

2.
"penamaan" yg mana ya, ??
Range yg mana diberi NAMA APA ?

3.
usulan dari siti (sebelum ini) hanya mengurusi RUMUS di BARIS 21
agar misalnya : *sebelum baris 21 sesudah baris 3* ditambah BARIS BARU
berisi
data bilangan (sehingga baris TOTAL tidak lagi di baris 21), rumusdi baris
total tetap berlaku,
(insyaallah benar)

4.
kemungkinan besar usulan seperti butir 3 itu bukan yg pak Yudha maksud.
kalau ternyata salah; berilah penjelasan.

5.
Saya baru menyadari bahwa yg dimaksud oleh pak Yudha dengan: AKTIFITAS
adalah *setiap 13 kolom dimulai dari TOTAL *+ 12 kolom Nama bulan
Sayang sekali pak yudha tidak mengindikasikan apakah ada MAXIMUM aktivitas
Jika tidak ada ketentuannya (aktivitas bisa bertambah berapa saja, sampai
mentok
kolomXFD, maka tentu ada akibatnya yaitu memperlama proses kalkulasi
karena rumusnya akan merujuk baris yg berisi SEMUA CELL dari kolom O sampai
XFD
(16370 kolom)

5a.
berikut ini (bukan seperti butir 4)
Mengotomatiskan rumus-rumus di *KOLOM* B sampai N, di tulis di B4 saja
*=SUMIF($O$3:$XFD$3,B$3,$O4:$XFD4)*
kemudian di copy ke B4:N20
perhatikan r*ujukan Absolut & Relatifnya*

CMIIW

~siti

2011/8/25 Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com>

> Dear Mba Siti dan mas Ghozi, dan para pakar lainnya makasih jawaban yang
> begitu cepat...hehehe
> *) Tadi saya coba tambahkan satu aktivitas yang baru namun formulanya tidak
> berhasil ya
> *)apakah ini karena penamaan fieldnya yg jadi lebih rumit.
>
> (penamaannya saya lebih sederhanakan lagi seperti terlampir)
> Harapannya di range *total keseluruhan* akan menghitung secara otomatis
> range aktivitas yang baru dan seterusnya.
>
> Trimakasih sebelumnya..
>
> Regards,
> Yudha
>
>
>
> 2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> > lampiran ketinggalan...
> > [image: sum offset match.GIF]
> >
> > 2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> >> =SUM(OFFSET(B$3,1,0,MATCH("Total",$A:$A,0)-4,1))
> >> ~siti
>
1g.

Re: formula untuk menghitung data biaya per aktivitas

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Wed Aug 24, 2011 10:37 pm (PDT)



kalau rencananya selalu ada  penambahan aktifitas baru maka antisipasi range yang dijadikan rujukan formula lebih panjang bahkan sampai ke ujung kolom maksimal yang ada di excel. berhubung sudah ada pennyederhanaan nama judul kolom maka formula menjadi lebih simpel dari sebelumnya
formulannya
{=SUM(IF($O$3:$XFD$3=B$3;$O4:$XFD4))}
silahkan ditambah terus kolom aktivitasnya akan tetap dihitung selama masih tercover sebelum kolomXFD (maksimal)
silahkan dicoba.

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Kam, 25/8/11, Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com> menulis:

Dari: Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] formula untuk menghitung data biaya per aktivitas
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 25 Agustus, 2011, 8:21 AM

Dear Mba Siti dan mas Ghozi, dan para pakar lainnya makasih jawaban yang begitu cepat...hehehe

*) Tadi saya coba tambahkan satu aktivitas yang baru namun formulanya tidak berhasil ya

*)apakah ini karena penamaan fieldnya yg jadi lebih rumit.

(penamaannya saya lebih sederhanakan lagi seperti terlampir)

Harapannya di range *total keseluruhan* akan menghitung secara otomatis range aktivitas yang baru dan seterusnya.

Trimakasih sebelumnya..

Regards,
Yudha

2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> lampiran ketinggalan...
> [image: sum offset match.GIF]
>
> 2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>> =SUM(OFFSET(B$3,1,0,MATCH("Total",$A:$A,0)-4,1))
>> ~siti
1h.

Re: formula untuk menghitung data biaya per aktivitas

Posted by: "Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com   nmkid.family@ymail.com

Wed Aug 24, 2011 11:05 pm (PDT)



Cell berwarna magenta pada file terlampir adalah contoh insert row data
ataupun blok data.

Kid.

2011/8/25 Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com>

> Dear Mba Siti dan mas Ghozi, dan para pakar lainnya makasih jawaban yang
> begitu cepat...hehehe
>
> *) Tadi saya coba tambahkan satu aktivitas yang baru namun formulanya tidak
> berhasil ya
>
> *)apakah ini karena penamaan fieldnya yg jadi lebih rumit.
>
> (penamaannya saya lebih sederhanakan lagi seperti terlampir)
>
> Harapannya di range *total keseluruhan* akan menghitung secara otomatis
> range aktivitas yang baru dan seterusnya.
>
> Trimakasih sebelumnya..
>
> Regards,
> Yudha
>
>
>
> 2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> > lampiran ketinggalan...
> > [image: sum offset match.GIF]
> >
> > 2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> >> =SUM(OFFSET(B$3,1,0,MATCH("Total",$A:$A,0)-4,1))
> >> ~siti
>
1i.

Re: formula untuk menghitung data biaya per aktivitas

Posted by: "Yudha Saptiadi" yudhasaptiadi@gmail.com   yudhasaptiadi

Wed Aug 24, 2011 11:49 pm (PDT)



Dear Para pakar...

Masalah saya sudah terselesaikan dan sudah seperti yg saya mau..
Trimakasih untuk pikiran dan waktu yg sudah di berikan...
pahala sudah disediakan untuk anda... hehehe

Once again Thanks and Salam.
Yudha

2011/8/25 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> **
>
>
> Cell berwarna magenta pada file terlampir adalah contoh insert row data
> ataupun blok data.
>
> Kid.
>
> 2011/8/25 Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com>
>
>> Dear Mba Siti dan mas Ghozi, dan para pakar lainnya makasih jawaban yang
>> begitu cepat...hehehe
>>
>> *) Tadi saya coba tambahkan satu aktivitas yang baru namun formulanya
>> tidak berhasil ya
>>
>> *)apakah ini karena penamaan fieldnya yg jadi lebih rumit.
>>
>> (penamaannya saya lebih sederhanakan lagi seperti terlampir)
>>
>> Harapannya di range *total keseluruhan* akan menghitung secara otomatis
>> range aktivitas yang baru dan seterusnya.
>>
>> Trimakasih sebelumnya..
>>
>> Regards,
>> Yudha
>>
>>
>>
>> 2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>> > lampiran ketinggalan...
>> > [image: sum offset match.GIF]
>> >
>> > 2011/8/25 STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
>> >> =SUM(OFFSET(B$3,1,0,MATCH("Total",$A:$A,0)-4,1))
>> >> ~siti
>>
>
>
>
2.

Bls: [belajar-excel] formula untuk menghitung data biaya per aktivit

Posted by: "ghozi alkatiri" ghozialkatiri@yahoo.co.id   ghozialkatiri

Wed Aug 24, 2011 4:04 pm (PDT)



saya menggunakan satu formula untuk kasus ini yang bisa dicopy keseluruh cell pada range B4:N20
formula dibuat di B4 sheet solusi berupa formula array selanjutnya bisa di copy ke seluruh cell lainya di range B4:N20
formulanya

{=IF(B$3="total biaya";SUM(IF($O$3:$BN$3="total";$O4:$BN4));SUM(IF($O$3:$BN$3=REPLACE(B$3;1;FIND(" ";B$3);"");$O4:$BN4)))}

untuk mengecek kebenaran hasil formula saya membuat tabel konfirmasi di sheet cek hasil  untuk membandingkan nilai pada tabel asal di sheet 1 dengan nilai yang didapat dari hasil fomula di atas . dan hasilnya all is true.

mudah mudahan seperti yang diharapkan.

wassalam

Ghozi Alkatiri

--- Pada Kam, 25/8/11, Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com> menulis:

Dari: Yudha Saptiadi <yudhasaptiadi@gmail.com>
Judul: [belajar-excel] formula untuk menghitung data biaya per aktivitas
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 25 Agustus, 2011, 2:38 AM

 

Para Pakar mohon diberikan ilmunya yang lebih efektif untuk menghitung data yang terus bertambah.
seperti terlampir.

Terima kasih yaa
yudha

3a.

Menghitung 6 hari kerja dalam seminggu

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@yahoo.co.id   dwint.ruswanto

Wed Aug 24, 2011 7:06 pm (PDT)



Teman-teman B-Excel yang baik,
 
saya ingin membuat tabel rencana kerja selama 1 tahun dengan jumlah hari kerja dalam seminggu adalah 6 hari dengan memperhitungkan hari-hari libur nasional.
 
Jika saya menggunakan formula WORKDAY maka hari Sabtu dianggap sebagai hari libur, adakah cara lain agar hari Sabtu tetap dihitung sebagai hari kerja?
 
file terlampir
 
wassalam
 
-dwint-
3b.

Re: Menghitung 6 hari kerja dalam seminggu

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 24, 2011 8:10 pm (PDT)



Dengan formula, sepertinya ribet,
Tetap bisa, tetapi perlu cell/range bantu (formula perantara),
demi mudahnya pemahaman (cara menjelaskan bila diperlukan.)
Hal ini sudah dijelaskan dengan baik oleh Cpearson
http://www.cpearson.com/excel/BetterWorkday.aspx

Di milis sebelah, juga pernah ada kasus ini th 2009, cukup seru;
(thread/conversation berisi 6 message diskusi)
http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/14025

kebetulan saya masih menyimpan workbook nya
silakan dilihat lihat dulu (*Formula dan UDF*)
kalau tidak cucok dibuang saja...

saya agak lupa,
Excel sepertinya sudah memperbaiki WORKDAY & NETWORKDAY
mulai versi berapa ya? 2007 atau 2010 ??
(siti masih "fanatik" dengan XL2003, dgn alasan yg ndak jelas:
"lha wong yg 2003 saja belum apal semua kok beralih ke 2007 / 2010")

~siti

2011/8/25 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@yahoo.co.id>

> **
> Teman-teman B-Excel yang baik,
> saya ingin membuat tabel rencana kerja selama 1 tahun dengan jumlah hari
> kerja dalam seminggu adalah 6 hari dengan memperhitungkan hari-hari libur
> nasional.
>
> Jika saya menggunakan formula WORKDAY maka hari Sabtu dianggap sebagai hari
> libur, adakah cara lain agar hari Sabtu tetap dihitung sebagai hari kerja?
>
> file terlampir
> wassalam
>
> -dwint-
>
3c.

Bls: [belajar-excel] Menghitung 6 hari kerja dalam seminggu

Posted by: "dwint ruswanto" dwint.ruswanto@yahoo.co.id   dwint.ruswanto

Wed Aug 24, 2011 8:21 pm (PDT)



makasih mbak siti.. kelihatannya bisa saya terapkan.. tapi harus dipelajari dahulu karena banyak sekali ya..
 
kasus ditutup :)
 
kok mbak siti pinter banget ya.. :D

Dari: STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 25 Agustus 2011 10:10
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung 6 hari kerja dalam seminggu

 

Dengan formula, sepertinya ribet, 
Tetap bisa, tetapi perlu cell/range bantu (formula perantara), 
demi mudahnya pemahaman (cara menjelaskan bila diperlukan.)

Hal ini sudah dijelaskan dengan baik oleh Cpearson
http://www.cpearson.com/excel/BetterWorkday.aspx

Di milis sebelah, juga pernah ada kasus ini th 2009, cukup seru;
(thread/conversation  berisi 6 message diskusi)
http://tech.groups.yahoo.com/group/XL-mania/message/14025

kebetulan saya masih menyimpan workbook nya
silakan dilihat lihat dulu  (Formula dan UDF)
kalau tidak cucok dibuang saja...

saya agak lupa, 
Excel sepertinya sudah memperbaiki WORKDAY & NETWORKDAY
mulai versi berapa ya?  2007 atau 2010 ??
(siti masih "fanatik" dengan XL2003, dgn alasan yg ndak jelas: 
"lha wong yg 2003 saja belum apal semua kok beralih ke 2007 / 2010")

~siti

2011/8/25 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@yahoo.co.id>

>Teman-teman B-Excel yang baik,
>saya ingin membuat tabel rencana kerja selama 1 tahun dengan jumlah hari kerja dalam seminggu adalah 6 hari dengan memperhitungkan hari-hari libur nasional.
>
>Jika saya menggunakan formula WORKDAY maka hari Sabtu dianggap sebagai hari libur, adakah cara lain agar hari Sabtu tetap dihitung sebagai hari kerja?
>
>file terlampir
>wassalam
>
>-dwint-
3d.

Re: Menghitung 6 hari kerja dalam seminggu

Posted by: "STDEV(i)" setiyowati.devi@gmail.com   siti_vi

Wed Aug 24, 2011 8:49 pm (PDT)



kalau mau praktis pakai UDF nya saja pak

tulis di D9
=cWORKDAY(D8,C8,1,KolomDaftarLibur)
copykan ke bawah

cWorkDay adalah nama Fungsi yg dibuat sendiri (UDF)
(jadikan Add in atau tulis di personal workbook atau tulis di module standar
pada workbook yg mengalkulasi keperluan tsb)

*daftar libur* seharusnya *hanya memuat libur di luar Minggu*
karena untuk *tiap hari minggu* Excel sudah tahu. Jika merujuk ke
daftar panjang yg isinya sebagian besar = Hari minggu (Weekday(tgl) = 1)
maka memperlama proses yg terjadi dlm UDF

tks, siti dikira pinter (aduh jadi keGe-Er-an nih..);
siti sering dikira pinter, karena hanya kebanyakan ngomong, padahal isinya
banyak "ngapusi" - nya

2011/8/25 dwint ruswanto <dwint.ruswanto@yahoo.co.id>

> **
> makasih mbak siti.. kelihatannya bisa saya terapkan.. tapi harus dipelajari
> dahulu karena banyak sekali ya..
> kasus ditutup :)
> kok mbak siti pinter banget ya.. :D
>
>

> *Dari:* STDEV(i) <setiyowati.devi@gmail.com>
> *Dikirim:* Kamis, 25 Agustus 2011 10:10
> kebetulan saya masih menyimpan workbook nya
> silakan dilihat lihat dulu (*Formula dan UDF*)
> kalau tidak cucok dibuang saja...
> ~siti
>
4.

Mengisi kolom dengan 2 kriteria menggunakan VBA

Posted by: "Muhammad Robin" mrobin86@yahoo.co.id   mrobin86

Thu Aug 25, 2011 12:33 am (PDT)



Dear Be Exceller,

Bagaimana cara mengisi nilai pertemuan pertama, pertemuan kedua, pertemuan ketiga dengan menggunakan VBA?
Lebih detailnya silahkan lihat di attachment

Terima Kasih Banyak
Recent Activity
Visit Your Group
Give Back

Yahoo! for Good

Get inspired

by a good cause.

Y! Toolbar

Get it Free!

easy 1-click access

to your groups.

Yahoo! Groups

Start a group

in 3 easy steps.

Connect with others.

Need to Reply?

Click one of the "Reply" links to respond to a specific message in the Daily Digest.

Create New Topic | Visit Your Group on the Web
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar