Kamis, 13 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1966

15 New Messages

Digest #1966
2a
membuat duk pns otomatis by "Dian Anas" anassheva20
2b
Re: membuat duk pns otomatis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3f
Re: Memberi warna pada blok yang ditentukan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Bls: [belajar-excel] membuat tombol filter by "Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com
4b
4c
Bls: [belajar-excel] membuat tombol filter by "Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com
4d
Re: membuat tombol filter by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Wed Dec 12, 2012 7:15 pm (PST) . Posted by:

"Ihsan Maulana" iisandesign

assalamualaikum wr.wb ..
selamat malam semuanya,
salam kenal yah,
semoga para master-master excel berkenan untuk memberikan bantuannya untuk pencerahan masalah yg sya dapatkan,
saya mau menanyakan, bagaimana cara untuk bisa melihat hasil filter sebuah surat pengeluaran barang dengan kriteria yg kita inginkan, kemudian ketika terjadi keslahan dlm pengetikan, kita bisa langsung mencarinya kemudian meng-editnya kembali atau menghapusnya ?
terimakasih

mohon bantuannya yah para master-master....

saya lampirkan datanya yah...
terimakasih banyak sebelumnya,
wasalamualaikum wr, wb

Wed Dec 12, 2012 7:34 pm (PST) . Posted by:

"Dian Anas" anassheva20

para master excel yang budiman.
saya mau tanya, apakah sorting otomatis pada excel itu bisa dilakukan ketika kita memasukan data baru contohnya kalau kita memasukkan data golongan IV/a dengan masa kerja 23 tahun maka akan diatas golongan IV/a yang masa kerjanya 22 tahun. terima kasih pencerahannya.

--- Mods ---
File lampiran yang sebesar 492KB tersandera. Kita tunggu kiriman file yang lebih sesuai peraturan milis (<250KB) dari sdr/i Dian.
------------

Thu Dec 13, 2012 12:03 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Berhubung belum ada file susulan sebagai contoh datanya, dilampirkan file
asli yang telah dikurangi jumlah datanya.

Mohon hati-hati bagi yang ne-reply, karena file sudah mendekati batas
maksimal ukuran file yang ditentukan dalam peraturan milis.

Wassalam,
Kid.

2012/12/13 Dian Anas <anassheva20@yahoo.com>

> **
>
>
> para master excel yang budiman.
> saya mau tanya, apakah sorting otomatis pada excel itu bisa dilakukan
> ketika kita memasukan data baru contohnya kalau kita memasukkan data
> golongan IV/a dengan masa kerja 23 tahun maka akan diatas golongan IV/a
> yang masa kerjanya 22 tahun. terima kasih pencerahannya.
>
> --- Mods ---
> File lampiran yang sebesar 492KB tersandera. Kita tunggu kiriman file yang
> lebih sesuai peraturan milis (<250KB) dari sdr/i Dian.
> ------------
>
>

Wed Dec 12, 2012 7:45 pm (PST) . Posted by:

"Tony Bexcel"

Dear Pakar Yang budiman,
 
Masih pada file yang sebelum nya, hanya masih ada pertanyaan mengenai bagaimana cara mewarnai kolom yang ditentukan sesuai Wk nya.
Jujur saya sama sekali belum mengerti macro jadi hanya bisa menggunakan Excel standar.
Atas waktu dan pemikiran nya saya ucapkan banyak terimakasih.
 
Salam,
Tony
 

--- Pada Rab, 12/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung avarege warna
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 12 Desember, 2012, 6:08 PM

 

Hai Tony,

Andai pakai kolom bantu penentu start (kolom A) dan finish (kolom B), maka :
- formula kolom bantu di kolom A (start) :
      =MID(E6,7,2)
- formula kolom bantu di kolom B (finish) :
      =MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)
- formula Activity :
      =AVERAGE(INDEX($F6:$BA6,A6):INDEX($F6:$BA6,B6))

Jika seluruh formula kolom bantu dimasukkan ke formula activity, maka formula utuhnya : (tanpa kolom bantu)
     =AVERAGE(INDEX($F6:$BA6,MID(E6,7,2)):INDEX($F6:$BA6,MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)))

Dengan meniru cara di atas, maka before activity dan after activity bisa diperoleh dengan formula :
- formula Before (max 13 kolom sebelum activity)
      -> syaratnya,
          A. start sesudah week 1 (>1). Kalau tidak, before akan bernilai 0.
          B. Jika jumlah kolom sebelum kurang dari 13, maka kolom-kolom tersebut yang direrata
     =IF(--MID(E6,7,2)>1,AVERAGE(INDEX($F6:$BA6,MAX(MID(E6,7,2)-13,1)):INDEX($F6:$BA6,MAX(MID(E6,7,2)-1,1))),0)
- formula After (max 13 kolom sesudah activity)
      -> syaratnya,
          A. finish sebelum week terakhir yang ada didata. Kalau tidak, after akan bernilai 0
          B. Jika jumlah kolom setelahnya kurang dari 13, maka kolom-kolom tersebut yang direrata
     =IF(--MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)<47,AVERAGE( INDEX($F6:$BA6,MIN(MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)+1,COUNTA($F$4:$BA$4))):INDEX($F6:$BA6,MIN(MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)+13,COUNTA($F$4:$BA$4)))),0)

Fungsi Index termasuk kelompok fungsi-fungsi reference. Jadi hasilnya bisa berupa reference.

Wassalam,
Kid.

2012/12/12 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>

 

Dear Pakar yang Budiman,
 
Selamat siang..saya mohon bantuan pencerahan nya untuk menjumlahkan dan membagi pada angka yang diberi warna.
Terlampir contoh manual yang saya lakukan,semoga ada solusi yang lebih canggih..hehehe..
 
 
Salam,
TonyBexcel

_

Wed Dec 12, 2012 8:40 pm (PST) . Posted by:

"miss.jan.raisin"

Dear Tony,

dengan memanfaatkan kolom bantu yang telah dibuat oleh Mr. Kid, coba
lakukan perbandingan antara nilai minggu dengan nilai pada kolom bantu
jika nilai dalam W >= nilai di kolom A dan nilai W<= nilai di kolom B maka
diberi warna
untuk mengambil angka dari nilai W di baris 4 menggunakan fungsi Mid,
hasilnya adalah data bertipe Text, untuk mengubah ke Numerik dengan cara
menambahkan 2 buah tanda minus di depan fungsi Mid
contoh formula pada kolom F adalah

=--Mid(F$4 , 2, 2)

lalu nilai tersebut yang diperbandingkan dengan nilai pada kolom bantu di A
dan B, pada saat ini tipe data pada kolom bantu A & B adalah Text, maka
harus diubah dahulu ke bentuk Numerik dengan menambahkan 2 buah tanda
minus, contohnya adalah

=--$A6 dan =--$B6

cara membandingkannya seperti berikut --Mid(F$4 , 2, 2) >= --$A6
dan --Mid(F$4
, 2, 2) <= $B6
setiap hasil perbandingan akan menghsilkan True (setara dengan 1) atau
False (setara dengan 0)

pada excel kalimat dan itu setara dengan perkalian, maka formula tersebut
ditulis menjadi (--Mid(F$4 , 2, 2) >= --$A6) * (--Mid(F$4 , 2, 2) <= $B6)
yang akan menghasilkan nilai True (1) atau False (0)

lalu formula tersebut di masukkan ke dalam fitur Conditional Formating (CF)
dengan rule-nya adalah Use a Formula to determine which cells format (lihat
gambar di bawah:

[image: Gambar sisip 1]

sebelumnya range data yang akan diwarnai harus diblok dahulu yaitu mulai
dari F6 sampai BA42

semoga penjelasan Jan dapat dimengerti

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 13 Desember 2012 10:45, Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> Dear Pakar Yang budiman,
>
> Masih pada file yang sebelum nya, hanya masih ada pertanyaan mengenai
> bagaimana cara mewarnai kolom yang ditentukan sesuai Wk nya.
> Jujur saya sama sekali belum mengerti macro jadi hanya bisa menggunakan
> Excel standar.
> Atas waktu dan pemikiran nya saya ucapkan banyak terimakasih.
>
> Salam,
> Tony
>
>
>
> --- Pada *Rab, 12/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>* menulis:
>
>
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung avarege warna
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Tanggal: Rabu, 12 Desember, 2012, 6:08 PM
>
>
> Hai Tony,
>
> Andai pakai kolom bantu penentu start (kolom A) dan finish (kolom B), maka
> :
> - formula kolom bantu di kolom A (start) :
> =MID(E6,7,2)
> - formula kolom bantu di kolom B (finish) :
> =MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)
> - formula Activity :
> =AVERAGE(INDEX($F6:$BA6,A6)*:*INDEX($F6:$BA6,B6))
>
> Jika seluruh formula kolom bantu dimasukkan ke formula activity, maka
> formula utuhnya : (tanpa kolom bantu)
> =AVERAGE(INDEX($F6:$BA6,MID(E6,7,2))*:*
> INDEX($F6:$BA6,MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)))
>
> Dengan meniru cara di atas, maka before activity dan after activity bisa
> diperoleh dengan formula :
> - formula Before (max 13 kolom sebelum activity)
> -> syaratnya,
> A. start sesudah week 1 (>1). Kalau tidak, before akan bernilai
> 0.
> B. Jika jumlah kolom sebelum kurang dari 13, maka kolom-kolom
> tersebut yang direrata
> =IF(--MID(E6,7,2)>1,AVERAGE(INDEX($F6:$BA6,MAX(MID(E6,7,2)-13,1))*:*
> INDEX($F6:$BA6,MAX(MID(E6,7,2)-1,1))),0)
> - formula After (max 13 kolom sesudah activity)
> -> syaratnya,
> A. finish sebelum week terakhir yang ada didata. Kalau tidak,
> after akan bernilai 0
> B. Jika jumlah kolom setelahnya kurang dari 13, maka kolom-kolom
> tersebut yang direrata
> =IF(--MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)<47,AVERAGE(
> INDEX($F6:$BA6,MIN(MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)+1,COUNTA($F$4:$BA$4)))*:*
> INDEX($F6:$BA6,MIN(MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)+13,COUNTA($F$4:$BA$4)))),0)
>
> Fungsi Index termasuk kelompok fungsi-fungsi reference. Jadi hasilnya bisa
> berupa reference.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/12/12 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id<http://id.mc1949.mail.yahoo.com/mc/compose?to=tonybexcel@yahoo.co.id>
> >
>
> **
>
> Dear Pakar yang Budiman,
>
> Selamat siang..saya mohon bantuan pencerahan nya untuk menjumlahkan dan
> membagi pada angka yang diberi warna.
> Terlampir contoh manual yang saya lakukan,semoga ada solusi yang lebih
> canggih..hehehe..
>
>
> Salam,
> TonyBexcel
> _
>
>
>
>

Wed Dec 12, 2012 11:44 pm (PST) . Posted by:

"Tony Bexcel"

Dear Miss Jan,
 
Bisa minta bantuan nya langsung pada File nya kah? :)
Sudah berapa jam belum dapat juga yang dimaksud.. :(
 
 
Salam,Tony

--- Pada Kam, 13/12/12, miss.jan.raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

Dari: miss.jan.raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Memberi warna pada blok yang ditentukan
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 13 Desember, 2012, 11:40 AM

 

Dear Tony,

dengan memanfaatkan kolom bantu yang telah dibuat oleh Mr. Kid, coba lakukan perbandingan antara nilai minggu dengan nilai pada kolom bantu
jika nilai dalam W >= nilai di kolom A dan nilai W<= nilai di kolom B maka diberi warna
untuk mengambil angka dari nilai W di baris 4 menggunakan fungsi Mid, hasilnya adalah data bertipe Text, untuk mengubah ke Numerik dengan cara menambahkan 2 buah tanda minus di depan fungsi Mid
contoh formula pada kolom F adalah

=--Mid(F$4 , 2, 2)

lalu nilai tersebut yang diperbandingkan dengan nilai pada kolom bantu di A dan B, pada saat ini tipe data pada kolom bantu A & B adalah Text, maka harus diubah dahulu ke bentuk Numerik dengan menambahkan 2 buah tanda minus, contohnya adalah

=--$A6   dan  =--$B6

cara membandingkannya seperti berikut  --Mid(F$4 , 2, 2) >= --$A6   dan  --Mid(F$4 , 2, 2) <= $B6
setiap hasil perbandingan akan menghsilkan True (setara dengan 1) atau False (setara dengan 0)

pada excel kalimat dan itu setara dengan perkalian, maka formula tersebut ditulis menjadi (--Mid(F$4 , 2, 2) >= --$A6) * (--Mid(F$4 , 2, 2) <= $B6)
yang akan menghasilkan nilai True (1) atau False (0)

lalu formula tersebut di masukkan ke dalam fitur Conditional Formating (CF) dengan rule-nya adalah Use a Formula to determine which cells format (lihat gambar di bawah:

sebelumnya range data yang akan diwarnai harus diblok dahulu yaitu mulai dari F6 sampai BA42

semoga penjelasan Jan dapat dimengerti

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 13 Desember 2012 10:45, Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id> menulis:

 

Dear Pakar Yang budiman,
 
Masih pada file yang sebelum nya, hanya masih ada pertanyaan mengenai bagaimana cara mewarnai kolom yang ditentukan sesuai Wk nya.
Jujur saya sama sekali belum mengerti macro jadi hanya bisa menggunakan Excel standar.
Atas waktu dan pemikiran nya saya ucapkan banyak terimakasih.
 
Salam,
Tony
 

--- Pada Rab, 12/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung avarege warna
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Rabu, 12 Desember, 2012, 6:08 PM

 

Hai Tony,

Andai pakai kolom bantu penentu start (kolom A) dan finish (kolom B), maka :
- formula kolom bantu di kolom A (start) :
      =MID(E6,7,2)
- formula kolom bantu di kolom B (finish) :
      =MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)
- formula Activity :
      =AVERAGE(INDEX($F6:$BA6,A6):INDEX($F6:$BA6,B6))

Jika seluruh formula kolom bantu dimasukkan ke formula activity, maka formula utuhnya : (tanpa kolom bantu)
     =AVERAGE(INDEX($F6:$BA6,MID(E6,7,2)):INDEX($F6:$BA6,MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)))

Dengan meniru cara di atas, maka before activity dan after activity bisa diperoleh dengan formula :
- formula Before (max 13 kolom sebelum activity)
      -> syaratnya,
          A. start sesudah week 1 (>1). Kalau tidak, before akan bernilai 0.
          B. Jika jumlah kolom sebelum kurang dari 13, maka kolom-kolom tersebut yang direrata
     =IF(--MID(E6,7,2)>1,AVERAGE(INDEX($F6:$BA6,MAX(MID(E6,7,2)-13,1)):INDEX($F6:$BA6,MAX(MID(E6,7,2)-1,1))),0)
- formula After (max 13 kolom sesudah activity)
      -> syaratnya,
          A. finish sebelum week terakhir yang ada didata. Kalau tidak, after akan bernilai 0
          B. Jika jumlah kolom setelahnya kurang dari 13, maka kolom-kolom tersebut yang direrata
     =IF(--MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)<47,AVERAGE( INDEX($F6:$BA6,MIN(MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)+1,COUNTA($F$4:$BA$4))):INDEX($F6:$BA6,MIN(MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)+13,COUNTA($F$4:$BA$4)))),0)

Fungsi Index termasuk kelompok fungsi-fungsi reference. Jadi hasilnya bisa berupa reference.

Wassalam,
Kid.

2012/12/12 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>

 

Dear Pakar yang Budiman,
 
Selamat siang..saya mohon bantuan pencerahan nya untuk menjumlahkan dan membagi pada angka yang diberi warna.
Terlampir contoh manual yang saya lakukan,semoga ada solusi yang lebih canggih..hehehe..
 
 
Salam,
TonyBexcel

_

Thu Dec 13, 2012 12:13 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear Tony,

coba pelajari file terlampir.. dan penjelasan dari Jan pada email sebelumnya
maaf datanya Jan potong ya.. niat Jan baik lho.. supaya pak Tony bisa
mengetahui step-step pembuatannya.. tidak hanya terima jadi :)

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 13 Desember 2012 14:44, Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id> menulis:

> Dear Miss Jan,
>
> Bisa minta bantuan nya langsung pada File nya kah? :)
> Sudah berapa jam belum dapat juga yang dimaksud.. :(
>
>
> Salam,Tony
>
> --- Pada *Kam, 13/12/12, miss.jan.raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>*menulis:
>
>
>

Thu Dec 13, 2012 3:03 am (PST) . Posted by:

"Tony Bexcel"

Dear Miss Jan,
 
Terimakasih atas bantuan nya lagi..saya sudah pelajari maksud dari keterngan disandingkan dengan hasil dari File nya langsung dan itu jadi lebih mudah dimengerti.
Akan tetapi saya masih bingung pada Blok warna nya, contoh pada row 5 disitu dijelaskan Activity dari Wk 14 sampai Wk 18 akan tetapi yang ke blok warna dari Wk 14 sampai mentok dan tidak berhenti di Wk 18.
Apakah saya salah rumusan ya Miss?
Mohon bantuan pencerahan nya lagi ya..
 
 
Salam,
Tony

--- Pada Kam, 13/12/12, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Memberi warna pada blok yang ditentukan
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 13 Desember, 2012, 3:13 PM

 

Dear Tony, 

coba pelajari file terlampir.. dan penjelasan dari Jan pada email sebelumnya
maaf datanya Jan potong ya.. niat Jan baik lho.. supaya pak Tony bisa mengetahui step-step pembuatannya.. tidak hanya terima jadi :)

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 13 Desember 2012 14:44, Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id> menulis:

Dear Miss Jan,
 
Bisa minta bantuan nya langsung pada File nya kah? :)
Sudah berapa jam belum dapat juga yang dimaksud.. :(
 
 
Salam,Tony

--- Pada Kam, 13/12/12, miss.jan.raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

Thu Dec 13, 2012 3:52 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

ikutan ya...
Coba formula dalam conditional formatting-nya dibuat seperti formula yang
ada digambar dari ms Jan ini :
[image: Gambar sisip 1]

bunyinya :
(--Mid(F$4 , 2, 2) >= --$A6) * (--Mid(F$4 , 2, 2) <= --$B6)
Yang di kuning yang perlu ditambahkan jika di formula CF Anda belum ada.

Wassalam,
Kid.

2012/12/13 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Miss Jan,
>
> Terimakasih atas bantuan nya lagi..saya sudah pelajari maksud dari
> keterngan disandingkan dengan hasil dari File nya langsung dan itu jadi
> lebih mudah dimengerti.
> Akan tetapi saya masih bingung pada Blok warna nya, contoh pada row 5
> disitu dijelaskan Activity dari Wk 14 sampai Wk 18 akan tetapi yang ke blok
> warna dari Wk 14 sampai mentok dan tidak berhenti di Wk 18.
> Apakah saya salah rumusan ya Miss?
> Mohon bantuan pencerahan nya lagi ya..
>
>
> Salam,
> Tony
>
> --- Pada *Kam, 13/12/12, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>* menulis:
>
>
> Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
> Judul: Re: [belajar-excel] Memberi warna pada blok yang ditentukan
> Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
> Tanggal: Kamis, 13 Desember, 2012, 3:13 PM
>
>
>
> Dear Tony,
>
> coba pelajari file terlampir.. dan penjelasan dari Jan pada email
> sebelumnya
> maaf datanya Jan potong ya.. niat Jan baik lho.. supaya pak Tony bisa
> mengetahui step-step pembuatannya.. tidak hanya terima jadi :)
>
> Best Regard,
>
> -Ms. Jan Raisin-
>
> Pada 13 Desember 2012 14:44, Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id<http://id.mc1949.mail.yahoo.com/mc/compose?to=tonybexcel@yahoo.co.id>
> > menulis:
>
> Dear Miss Jan,
>
> Bisa minta bantuan nya langsung pada File nya kah? :)
> Sudah berapa jam belum dapat juga yang dimaksud.. :(
>
>
> Salam,Tony
>
> --- Pada *Kam, 13/12/12, miss.jan.raisin <miss.jan.raisin@gmail.com<http://id.mc1949.mail.yahoo.com/mc/compose?to=miss.jan.raisin@gmail.com>
> >* menulis:
>
>
>
>

Wed Dec 12, 2012 9:35 pm (PST) . Posted by:

"Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com

_
Dear sis Jan,
Sy sudah mencoba seperti file yg sis Jan lampirkan...
Namun ketika formula sy masukkan kenapa y tidak bisa digunakan dalam file saya...
contohnya
 =SMALL(IF(TblAngsuran[NO_KREDIT]=D9;TblAngsuran[NO]);TblAngsuran[NO])

bagian (TblAngsuran[NO_KREDIT] terblok hitam, sudah saya coba utak-atik tapi tetap tidak bisa...
mohon pencerahannya...
Pembaharuan file saya lampirkan...
Terima kasih sebelumnya...

Wed Dec 12, 2012 11:43 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear sis Debora,

TblAngsuran adalah sebuah range data yang namanya sudah didefinisikan
terlebih dahulu, Jan membuatnya melalui fitur Tabel (excel 2007 ke atas
atau List pada versi 2003 ke bawah)

caranya:
1. blok seluruh data termasuk headernya
2. pada ribbon Home >> tab Styles >> Format as Table, pilih jenis tabel
yang disukai
3. beri cek list pada kotak My table has header >> OK

cara ubah nama tabel dari Tabel1, Tabel2 dan sejenisnya:
1. pada ribbon Formula >> tab Defined names >> klik Name manager
2. klik nama tabel yang ingin diubah
3. klik Edit lalu ganti nama tabelnya, tidak boleh ada spasi dalam nama
tabel
4. klik OK >> Close

jika sudah maka tabel tersebut dapat dipanggil melalui formula, sama
seperti fungsi-fungsi excel lainnya, untuk memanggil nama kolom dengan cara
mengetik tanda kurung siku [ setelah nama tabel, maka akan muncul nama
kolom-kolomnya

Formula yang dipakai adalah Array sekolom (1 kolom x 12 baris), cara
menulisnya adalah dengan membuat blok pada 1 kolom x 12 baris, lalu tulis
formulanya, diakhiri dengan menekan 3 tombol berikut: CTRL Shift Enter,
bukan hanya dengan menekan tombol Enter saja.

silakan dicoba dahulu dan semoga berhasil.

Best Regard,

-Ms Jan Raisin-

Pada 13 Desember 2012 12:33, Debora Christy
<debora.christy@rocketmail.com>menulis:

> **
>
>
> _
> Dear sis Jan,
> Sy sudah mencoba seperti file yg sis Jan lampirkan...
> Namun ketika formula sy masukkan kenapa y tidak bisa digunakan dalam file
> saya...
> contohnya
> =SMALL(IF(TblAngsuran[NO_KREDIT]=D9;TblAngsuran[NO]);TblAngsuran[NO])
>
> bagian (TblAngsuran[NO_KREDIT] terblok hitam, sudah saya coba utak-atik
> tapi tetap tidak bisa...
> mohon pencerahannya...
> Pembaharuan file saya lampirkan...
> Terima kasih sebelumnya...
>
>
>

Thu Dec 13, 2012 3:31 am (PST) . Posted by:

"Debora Christy" debora.christy@rocketmail.com

Dear sis Jan,
Terima kasih atas petunjuknya, sudah sy gunakan tab style dan mengedit namanya formula untuk kolom bantu dpt diinput..
Ttpi tampaknya ada mslh lagi ...
Ketika  sy mskkan seluruh formulanya dpt diterima excel ttpi hsl yang keluar tidak muncul, hasilnya nol...
Mohon pencerahannya...
File cnth saya lampirkan...
Pda file asli  formula untuk kolom bantu dapat disembunyikan tp pada file contoh formula terlihat pada sheetnya (sdh sy CTRL Shift Enter)..

Terima kasih sebelumnya...

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Kamis, 13 Desember 2012 14:43
Judul: Re: [belajar-excel] membuat tombol filter


 
Dear sis Debora,

TblAngsuran adalah sebuah range data yang namanya sudah didefinisikan terlebih dahulu, Jan membuatnya melalui fitur Tabel (excel 2007 ke atas atau List pada versi 2003 ke bawah)

caranya:
1. blok seluruh data termasuk headernya
2. pada ribbon Home >> tab Styles >> Format as Table, pilih jenis tabel yang disukai
3. beri cek list pada kotak My table has header >> OK

cara ubah nama tabel dari Tabel1, Tabel2 dan sejenisnya:
1. pada ribbon Formula >> tab Defined names >> klik Name manager
2. klik nama tabel yang ingin diubah
3. klik Edit lalu ganti nama tabelnya, tidak boleh ada spasi dalam nama tabel
4. klik OK >> Close

jika sudah maka tabel tersebut dapat dipanggil melalui formula, sama seperti fungsi-fungsi excel lainnya, untuk memanggil nama kolom dengan cara mengetik tanda kurung siku [ setelah nama tabel, maka akan muncul nama kolom-kolomnya

Formula yang dipakai adalah Array sekolom (1 kolom x 12 baris), cara menulisnya adalah dengan membuat blok pada 1 kolom x 12 baris, lalu tulis formulanya, diakhiri dengan menekan 3 tombol berikut: CTRL Shift Enter, bukan hanya dengan menekan tombol Enter saja.

silakan dicoba dahulu dan semoga berhasil.

Best Regard,

-Ms Jan Raisin-

Pada 13 Desember 2012 12:33, Debora Christy <debora.christy@rocketmail.com> menulis:


>_
>Dear sis Jan,
>Sy sudah mencoba seperti file yg sis Jan lampirkan...
>Namun ketika formula sy masukkan kenapa y tidak bisa digunakan dalam file saya...
>contohnya
> =SMALL(IF(TblAngsuran[NO_KREDIT]=D9;TblAngsuran[NO]);TblAngsuran[NO])
>
>bagian (TblAngsuran[NO_KREDIT] terblok hitam, sudah saya coba utak-atik tapi tetap tidak bisa...
>mohon pencerahannya...
>Pembaharuan file saya lampirkan...
>Terima kasih sebelumnya...
>

Thu Dec 13, 2012 4:34 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

ikutan ya...

Formula di sheet filter kolom B (kolom bantu) adalah suatu *array
formula*berbunyi :
=SMALL(IF(TblAngsuran*[NO_KREDIT]*=D9;TblAngsuran*[NO]*);TblAngsuran*[NO]*)

Dari formula di atas, dapat diketahui hal-hal berikut :
*1.* tanda titik koma ';' adalah pemisah antar input parameter dengan
regional setting [diatur melalui windows control panel] yang menggunakan
Indonesia.
Pada komputer dengan regional setting Inggeris, tanda titik koma
tersebut diganti dengan tanda koma ','
*2.* Yang diberi warna latar kuning adalah *sebuah nama range*. Maka harus
dipastikan dalam Name Manager harus sudah ada terlebih dulu.
Cara untuk ke Name Manager :
>> xl2003 : menu Insert -> Name -> Define -> akan keluar window dialog
kecil -> lihat daftar nama yang sudah ada
>> xl2007 ke atas : ribbon Formulas -> group Defined Names -> Name
Manager -> akan keluar window dialog baru -> lihat daftar nama yang sudah
ada
3. Yang diberi warna *teks biru* adalah nama-nama kolom (header kolom)
dalam nama range.
*Artinya*, nama range yang di latar kuning adalah sebuah *object dari
fitur Excel* bernama *List di Excel 2003* atau *Excel Table di Excel 2007
ke atas*.
cara buat :
1. Lihat tabel data yang akan diubah menjadi object List atau Excel
Table.
2. Pastikan header hanya berupa 1 baris
3. tidak ada merge cell dalam beberapa kolom atau merge cell dalam
beberapa baris
4. *blok seluruh data* mulai dari baris header yang sudah rapi sampai
baris terakhir data
5. mengaktifkan fitur object list (xl2003) atau Excel Table (xl2007 ke
atas) dengan :
>> [xl2003] : menu Data -> List -> Create List
>> [xl2007 ke atas] : ribbon Home -> group Styles -> Format as
Table -> pilih sebuah style yang ada
*(khusus kasus ini)*
Pastikan ada nama-nama kolom :
>> *NO_KREDIT*
>> *NO*
yang tulisannya sama persis dengan 2 nama kolom yang di *biru*.
4. Ada proses perbandingan banyak baris sekaligus dalam fungsi yang tidak
bisa menerima proses tersebut.
>> Lihat bagian TblAngsuran*[NO_KREDIT]*=D9 dalam fungsi IF pada
formula di atas.
>> Bagian TblAngsuran*[NO_KREDIT]* adalah seluruh baris pada kolom
bernama (persis) *NO_KREDIT *dalam tabel atau list bernama TblAngsuran
>> Maka formula harus menjadi sebuah array formula.
>> Cara membuat suatu formula menjadi array formula :
0. *klik sebuah cell* yang akan dipasang formula (*1 cell saja dulu
*)
1. tulis formula tanpa { } alias mulai ketik = lalu dilanjutkan
bunyi formula lainnya sampai selesai
2. *jangan* tekan tombol ENTER sendirian, kalau terlanjur
menekannya, maka edit lagi formulanya
3. tapi *tekan 3 tombol ini secara bersamaan*, yaitu tombol-tombol
: CTRL SHIFT ENTER
>> Excel memberi tanda { } yang melingkupi formula ketika
selesai di CTRL SHIFT ENTER

*(khusus kasus ini)*
>> karena input parameter k pada fungsi Small yang digunakan dalam
formula di atas diisi dengan banyak nilai sekaligus akibat bagian berbunyi :
;TblAngsuran*[NO]*)
maka array formula yang sudah terbentuk sampai dengan tahap
3, harus diubah menjadi *array formula dalam array block*
Caranya :
1. blok beberapa baris mulai dari cell yang berisi array
formula proses 0 sampai 3 di atas. Misal blok 10 baris.
2. klik formula di formula bar untuk masuk ke proses edit
formula (*fyi, tanda { } akan hilang saat array formula di edit*)
3. enter-array-formula dengan menekan CTRL SHIFT ENTER

Kira-kira demikian dongeng kali ini.

Wassalam,
Kid.

2012/12/13 Debora Christy <debora.christy@rocketmail.com>

> **
>
>
> Dear sis Jan,
> Terima kasih atas petunjuknya, sudah sy gunakan tab style dan mengedit
> namanya formula untuk kolom bantu dpt diinput..
> Ttpi tampaknya ada mslh lagi [image: *:) senang] ...
> Ketika sy mskkan seluruh formulanya dpt diterima excel ttpi hsl yang
> keluar tidak muncul, hasilnya nol...
> Mohon pencerahannya...
> File cnth saya lampirkan...
> Pda file asli formula untuk kolom bantu dapat disembunyikan tp pada file
> contoh formula terlihat pada sheetnya (sdh sy CTRL Shift Enter)..
> Terima kasih sebelumnya...
>
> ------------------------------
> *Dari:* Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Kamis, 13 Desember 2012 14:43
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] membuat tombol filter
>
>
> Dear sis Debora,
>
> TblAngsuran adalah sebuah range data yang namanya sudah didefinisikan
> terlebih dahulu, Jan membuatnya melalui fitur Tabel (excel 2007 ke atas
> atau List pada versi 2003 ke bawah)
>
> caranya:
> 1. blok seluruh data termasuk headernya
> 2. pada ribbon Home >> tab Styles >> Format as Table, pilih jenis tabel
> yang disukai
> 3. beri cek list pada kotak My table has header >> OK
>
> cara ubah nama tabel dari Tabel1, Tabel2 dan sejenisnya:
> 1. pada ribbon Formula >> tab Defined names >> klik Name manager
> 2. klik nama tabel yang ingin diubah
> 3. klik Edit lalu ganti nama tabelnya, tidak boleh ada spasi dalam nama
> tabel
> 4. klik OK >> Close
>
> jika sudah maka tabel tersebut dapat dipanggil melalui formula, sama
> seperti fungsi-fungsi excel lainnya, untuk memanggil nama kolom dengan cara
> mengetik tanda kurung siku [ setelah nama tabel, maka akan muncul nama
> kolom-kolomnya
>
> Formula yang dipakai adalah Array sekolom (1 kolom x 12 baris), cara
> menulisnya adalah dengan membuat blok pada 1 kolom x 12 baris, lalu tulis
> formulanya, diakhiri dengan menekan 3 tombol berikut: CTRL Shift Enter,
> bukan hanya dengan menekan tombol Enter saja.
>
> silakan dicoba dahulu dan semoga berhasil.
>
> Best Regard,
>
> -Ms Jan Raisin-
>
> Pada 13 Desember 2012 12:33, Debora Christy <debora.christy@rocketmail.com
> > menulis:
>
> **
>
> _
> Dear sis Jan,
> Sy sudah mencoba seperti file yg sis Jan lampirkan...
> Namun ketika formula sy masukkan kenapa y tidak bisa digunakan dalam file
> saya...
> contohnya
> =SMALL(IF(TblAngsuran[NO_KREDIT]=D9;TblAngsuran[NO]);TblAngsuran[NO])
>
> bagian (TblAngsuran[NO_KREDIT] terblok hitam, sudah saya coba utak-atik
> tapi tetap tidak bisa...
> mohon pencerahannya...
> Pembaharuan file saya lampirkan...
> Terima kasih sebelumnya...
>
>
>
>
>
>

Thu Dec 13, 2012 3:32 am (PST) . Posted by:

"dj_arwo85" dj_arwo85

mohon minta aplikasi kenaikan gaji berkalanya yan excel

terima kasih banyak...

Thu Dec 13, 2012 5:23 am (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Dear pak Djarwo,

akan lebih bijak jika pak Djarwo bertanya tentang kasus excel di millis ini
kepada para member, bukan meminta sebuah aplikasi yang hanya Tuhan dan pak
Djarwo sendiri yang tau bentuk, isi, output dan detail lainnya.

seolah seperti seorang owner yang memerintahkan kepada karyawannya.. "Hei..
kamu, coba buatkan saya laporan ABCD"

akan lebih baik jika:
saya ingin membuat laporan/aplikasi seperti ini (disertakan contoh filenya)
, outputnya maunya begini, ini yang sudah saya coba lakukan.. lalu saya
menemui kendala di sini.. solusinya apa ya?

maaf, jika kurang berkenan.. tetap ditunggu file dan detail masalahnya :D

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 13 Desember 2012 17:23, dj_arwo85 <dj_arwo85@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> mohon minta aplikasi kenaikan gaji berkalanya yan excel
>
> terima kasih banyak...
>
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar