Rabu, 26 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1988

7 New Messages

Digest #1988
1a
Re: Form Data by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1b
Re: Form Data by "Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn
5a
Re: Formula Dinamis by "Adi" abduh_suryadi

Messages

Wed Dec 26, 2012 2:01 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Kan ada 2 baris data LA sandi 175 di sheet Data.
Apa kriteria yang dipakai supaya hanya ambil 1 data saja ?

Kid.

2012/12/26 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com>

> **
>
>
> makasih penjelasannya Mr.Kid
>
> terlampir file jpg dari sheet data yang saya lihat udah sesuai cuma pas
> proses isi data di sheet form ternyata data cabang LA untuk sandi 175
> terisi 312.371.546.470,-
> mohon petunjuknya Mr.
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Wednesday, December 26, 2012 4:35 PM
>
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Form Data
>
>
> Sepertinya baik-baik saja.
> Coba lihat data cabang LA untuk sandi 175 di sheet data (manfaatkan fitur
> autofilter)
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/12/26 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com>
>
> **
>
> MasterExcell
>
> Makasih sebelumnya Mr. Kid atas ilmu vbanya, setelah saya pelajari ada
> beberapa field yang datanya tidak sesuai dengan posnya masing-masing ada 2
> field yang tidak cocok datanya, field tersebut saya beri warna kuning(file
> terlampir). kira2 gimana ya Mr.kid apa ada yang salah dengan proses
> codingnya. mohon petunjuknya ya Mr.Kid
>
>
> Wasalam
> ANdree
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, December 23, 2012 7:15 PM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Form Data
>
>
> Mohon tidak cc ke akun lain lagi.
>
> Hai Andree,
>
> Coba file terlampir.
>
> Wasssalam,
> Kid.
>
>
> 2012/12/23 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com>
>
> **
>
> Sore BeExceller
>
> mohon petunjuknya master excel semuanya saya ada problem di coding vba
> untuk pengisisan data di sheet FORM_isi contohnya:
> bahasa coding untuk menambah field setelah field PY karena ada sekitar 28
> field lagi yang akan diisi sesuai dengan format pengisian pada sheet
> FORM_isi. untuk data yang akan di isi ada di sheet Data_2.(file terlampir)
> Mohon bantuannya para master excel..
>
> Regards
>
> Andree
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Wed Dec 26, 2012 3:09 am (PST) . Posted by:

"Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn

aduh lupa saya mohon maaf ya Mr. datanya entrinya 2 kali.. thanks ya Mr.

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Wednesday, December 26, 2012 5:00 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Form Data


 
Kan ada 2 baris data LA sandi 175 di sheet Data.
Apa kriteria yang dipakai supaya hanya ambil 1 data saja ?

Kid.

2012/12/26 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com>


>makasih penjelasannya Mr.Kid
>
>
>terlampir file jpg dari sheet data yang saya lihat  udah sesuai cuma pas proses isi data di sheet form ternyata data cabang LA untuk sandi 175 terisi 312.371.546.470,-
>mohon petunjuknya Mr.
>
>________________________________
> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>Sent: Wednesday, December 26, 2012 4:35 PM
>
>Subject: Re: [belajar-excel] Form Data
>
>
>

>Sepertinya baik-baik saja.
>Coba lihat data cabang LA untuk sandi 175 di sheet data (manfaatkan fitur autofilter)
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/12/26 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com>
>
>
>> 
>>MasterExcell
>>
>>
>>Makasih sebelumnya Mr. Kid atas ilmu vbanya, setelah saya pelajari ada beberapa field yang datanya tidak sesuai dengan posnya masing-masing ada 2 field yang tidak cocok datanya, field tersebut saya beri warna kuning(file terlampir). kira2 gimana ya Mr.kid apa ada yang salah dengan proses codingnya. mohon petunjuknya ya Mr.Kid
>>
>>
>>
>>
>>Wasalam
>>ANdree 
>>
>>
>>
>>________________________________
>> From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>To: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Sent: Sunday, December 23, 2012 7:15 PM
>>Subject: Re: [belajar-excel] Form Data
>>
>>
>> 
>>Mohon tidak cc ke akun lain lagi.
>>
>>Hai Andree,
>>
>>Coba file terlampir.
>>
>>Wasssalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>2012/12/23 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com>
>>
>>
>>> 
>>>Sore BeExceller
>>>
>>>
>>>mohon petunjuknya master excel semuanya saya ada problem di coding vba untuk pengisisan data di sheet FORM_isi contohnya:
>>>bahasa coding untuk menambah field setelah field PY karena ada sekitar 28 field lagi yang akan diisi sesuai dengan format pengisian pada sheet FORM_isi. untuk data yang akan di isi ada di sheet Data_2.(file terlampir)
>>>Mohon bantuannya para master excel..
>>>
>>>
>>>Regards
>>>
>>>
>>>Andree  
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

Wed Dec 26, 2012 3:05 am (PST) . Posted by:

"Adi" abduh_suryadi

tadi maksud saya yang oake cDate sudah sukses pak. terima kasih.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Coba di Excel cell hasil copyfrom recordset di atur format number -> custom
> -> HH:mm:ss
>
> Kid.
>
> 2012/12/26 Adi <abduhsuryadi@...>
>
> > **
> >
> >
> > Terima kasih banyak atas sarannya Mr. saya mengubah sSQL menjadi:
> > "Select *, cDate(Waktu) From Jawaban".
> > kalau saya rinci, maka panjang sekali jadinya, karena table jawaban
> > mempunyai hampir 60 field (atau mgkn ada caranya?).
> > field tanggal bertipe datetime dengan default value Date()
> > sedangkan field waktu bertipe datetime dengan defaultvalue Now().
> > tapi untuk efisiensi, field waktu saya hapus dan field tanggal saya ubah
> > defaultnya ke now().
> >
> > untuk kode yang bapak buat, sudah saya coba, tapi field waktu ternyata
> > tidak bisa menampilkan format waktu, yang terambil hanya tanggalnya saja.
> >
> > sekali lagi, terima kasih banyak atas sarannya pak.
> > wassalam...
> >
> >
> > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@> wrote:
> > >
> > > Hai Adi,
> > >
> > > > field waktu tidak dapat menampilkan format waktu di excel
> > > >> Tipe data tabel di db untuk field waktu apa ya...
> > > Biasanya hasil copyfromrecordset akan tampil di-Excel sesuai tipe
> > datanya.
> > > Apakah tipe data field waktu bukan datetime ?
> > > Jika bukan datetime, bagaimana format penulisan waktu dalam field waktu
> > > tersebut ? (umumnya ditulis dengan format HH:mm:ss)
> > > Bagaimana jika field tanggal dan field waktu dijadikan satu menjadi field
> > > waktu_ujian dengan tipe data datetime ?
> > >
> > > btw, lepas dari semua itu. *
> >
> > > Anggap saja tipe data field waktu dalam db bukanlah bertipe datetime tapi
> > > dalam format waktu HH:mm:ss* dan nama-nama fieldnya adalah
> >
> > >
> > ID,Tanggal,Waktu,NoUjian,Nama,Kelas,Materi,Jawaban1,jawaban2,jawaban3...\dst
> > > serta tetap ingin menggunakan methods copyfromrecordset, coba querynya
> > > diubah menjadi : (query untuk ms access)
> > > SELECT ID,Tanggal,*CDate(*Waktu*) as
> > > jam*,NoUjian,Nama,Kelas,Materi,Jawaban1,jawaban2,jawaban3...,dst
> >
> > >
> > > FROM Jawaban
> > >
> > > Jika akan menggunakan loop dalam menulis ke setiap cell Excel, maka query
> > > masih bisa dengan :
> > > SELECT * FROM Jawaban
> > > kemudian loop dari record pertama sampai record terakhir (EOF)
> > > yang didalamnya menulis semua field per record yang diproses oleh loop.
> > > Jika Excel tetap tidak langsung mengkonversi tipe data field waktu
> > menjadi
> > > bertipe datetime dalam cell, maka lakukan konversi tipe data pada nilai
> > > waktu.
> > > Kira-kira bunyinya seperti ini :
> > >
> > > Dim sSQL As String
> > > Dim rs As ADODB.Recordset
> > > Dim cn As ADODB.Connection
> > > dim lRowOffset as long, lColOffset as long, lFields as long
> > > dim rngAnchor as range
> > >
> > > 'misal hasil query ditulis di sheet bernama Answer dengan header terkiri
> > di
> > > A1
> > > set rngAnchor=sheets("Answer").range("a1")
> > >
> > > Set cn = New ADODB.Connection
> > >
> > > cn.Open "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.
> > > 12.0;Data Source=" &
> > > Environ("UserProfile") & "\Desktop\jwb.accdb;Persist Security
> > > Info=False"
> > >
> > > Set rs = New ADODB.Recordset
> > >
> > > sSQL = "Select * from Jawaban"
> > >
> > > rs.Open sSQL, cn, adOpenKeyset, adLockOptimistic
> > >
> > > if rs.recordcount>0 then
> > > lrowoffset=1
> > > rs.movefirst
> > > lfields=rs.fields.count -1 'index field adalah base 0
> > > do while not rs.eof
> > > with rnganchor
> > > for lcoloffset=0 to lfields
> > > .offset(lrowoffset,lcoloffset).value =
> > > rs.fields(lcoloffset).value
> > > next lcoloffset
> > > end with
> > > lrowoffset=lrowoffset+1
> > > rs.movenext
> > > loop
> > > endif
> > >
> > > rs.Close
> > > Set rs = Nothing
> > > cn.Close
> > > Set cn = Nothing
> > >
> > > > ujian semester menggunakan Excel 2007. ketika menekan tombol selesai,
> > > data jawaban akan tersimpan ke table jawaban.
> > > siswanya berjumlah 700 orang. 1 materi saja mempunyai 50 soal. Fields :
> > >
> > ID,Tanggal,Waktu,NoUjian,Nama,Kelas,Materi,Jawaban1,jawaban2,jawaban3...\dst
> > > >> Biasanya, untuk database yang ingin menampung data seperti demikian,
> > > setidaknya akan dibagi menjadi 3 tabel, yaitu :
> > > 1. Tabel siswa (NoIndukSiswa,Nama,Kelas,no_ujian)
> > > 2. Tabel ujian (IDMateri,Materi,Kelas,TglUjian)
> > > 3. Tabel jawaban (noUjian,IDMateri,NoIndukSiswa,TglKumpul,NoSoal,Jawaban)
> > > Kunci jawaban disimpan dengan NoUjian 0.
> > > Komputasi mengkalkulasi nilai jawaban bisa dilakukan dengan klausa JOIN
> > > Komputasi menyusun data source untuk output (fact table) juga disusun
> > > dengan klausa JOIN
> > > Biasanya menampilkan jawaban para siswa beserta nilai masing-masing
> > > dilakukan per materi dan jarang untuk seluruh materi sekaligus.
> > >
> > > asumsi ada 20 materi per kelas dan ada 100 kelas dengan ujian per materi
> > > sebanyak 5 kali dalam 2 semester, akan ada 700M record.
> > > Kadang data seperti tabel jawaban dibagi menjadi data per kelas per
> > > semester (andai database engine tidak memiliki kemampuan membuat partisi
> > > data).
> > > Maka jumlah record sekitar 3.5M. Sepertinya MS Access masih mampu untuk
> > > record sebanyak 3.5M
> > > Excel dengan 1M baris per sheet, digunakan untuk menampilkan output per
> > > materi. Andai saja juga ditampilkan per ujian, maka jumlah record sekitar
> > > 35K.
> > > Seluruh proses komputasi diusahakan dilakukan pada sisi database dan
> > > sesedikit mungkin yang dikomputasi oleh Excel.
> > >
> > > Andai field dibuat berorientasi horisontal seperti yang ada sekarang,
> > > komputasi yang dilakukan disisi database akan membutuhkan kalimat query
> > > yang relatif panjang.
> > >
> > > Wassalam,
> > > Kid.
> > >
> > >
> > > 2012/12/25 Adi <abduhsuryadi@>
> > >
> > > > **
> >
> > > >
> > > >
> > > > Sebenarnya database access ini bertujuan untuk menampung jawaban
> > > > santriwati di pondok saya yang ujian semester menggunakan Excel 2007.
> > > > Setiap santriwati ketika menekan tombol selesai, data jawaban mereka
> > > > akan tersimpan ke table jawaban.
> > > > kalau jawaban dibuat menjadi record tersendiri, dapat dibayangkan
> > berapa
> > > > record yang akan terbentuk jika siswanya berjumlah 700 orang. padahal 1
> > > > materi saja mempunyai 50 soal.
> > > >
> > > > lebih lengkapnya desain field table jawaban seperti ini:
> > > >
> > ID,Tanggal,Waktu,NoUjian,Nama,Kelas,Materi,Jawaban1,jawaban2,jawaban3...\
> > > > dst
> > > >
> > > > Izinkan saya untuk bertanya lagi Mr... sya menulis kode berikut untuk
> > > > mengambil kembali data yang ada di access ke excel menggunakan
> > > > copyfromrecordset. yang jadi masalah adalah, field waktu tidak dapat
> > > > menampilkan format waktu di excel, hanya tanggal saja yang ada di field
> > > > waktu.
> > > > Minta pencerahannya...wassalam.
> > > >
> > > > Sub DapatkanData()
> > > >
> > > > Dim sSQL As String
> > > > Dim rs As ADODB.Recordset
> > > > Dim cn As ADODB.Connection
> > > >
> > > > Set cn = New ADODB.Connection
> > > >
> > > > cn.Open "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data Source=" &
> > > > Environ("UserProfile") & "\Desktop\jwb.accdb;Persist Security
> > > > Info=False"
> > > >
> > > > Set rs = New ADODB.Recordset
> > > >
> > > > sSQL = "Select * from Jawaban"
> > > >
> > > >
> > > > rs.Open sSQL, cn, adOpenKeyset, adLockOptimistic
> > > >
> > > > Cells(5, 2).CopyFromRecordset rs
> > > >
> > > >
> > > > rs.Close
> > > > Set rs = Nothing
> > > > cn.Close
> > > > Set cn = Nothing
> > > > End Sub
> > > >
> > > > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" wrote:
> > > > >
> > > > > Oh gitu.
> > > > >
> > > > > Maksud saya, kenapa tabel tidak dibuat berupa 2 kolom bernama Nomor
> > > > > (kolom1) dan jawab(kolom2).
> > > > > Jadi data setiap nomor akan jadi 1 record alias sekali input akan ada
> > > > > penambahan 50 record.
> > > > >
> > > > > Wassalam,
> > > > > Kid.
> > > > > On Dec 25, 2012 9:18 AM, "Adi" abduhsuryadi@ wrote:
> > > > >
> > > > > > **
> > > >
> > > > > >
> > > > > >
> > > > > > kalau yang itu, sudah saya coba pak,dan alhmdlillah sukses. kodenya
> > > > > > seperti ini:
> > > > > >
> > > > > > dim myField as String
> > > > > > dim myInt as Integer
> > > > > >
> > > > > > With rs
> > > > > > .AddNew
> > > > > >
> > > > > > For myInt = 1 To 50
> > > > > > myField = myField & IIf(IsNull(Range("F" & myInt)) Or Range("F" &
> > > > myInt) =
> > > > > > "", "0", Range("F" & myInt))
> > > > > > Next
> > > > > >
> > > > > > .Fields("Jawaban") = myField
> > > > > > .Update
> > > > > > End With
> > > > > >
> > > > > > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" mr.nmkid@ wrote:
> > > > > > >
> > > > > > > Sama-sama.
> > > > > > >
> > > > > > > Kalau boleh bertanya, apakah mungkin jika tabelnya diubah menjadi
> > > > > > memiliki
> > > > > > > kolom Nomor dan Jawaban (2 kolom) saja ?
> > > > > > >
> > > > > > > Wassalam,
> > > > > > > Kid.
> > > > > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

Wed Dec 26, 2012 3:08 am (PST) . Posted by:

"Adi" abduh_suryadi

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Saya mempunyai data di jwb.txt
isinya kira-kira:

A002 Adi 10-A Biologi DACDEDAEDA
A004 Ahmad 10-B Fisika ADCDEEAACA

kode saya untuk membaca file tersebut ke excel seperti ini:

Dim sData as String

Open "D:\jwb.txt" For Input As #1
Cells(5, 2).Select
Do While Not EOF(1)
Input #1, sData
ActiveCell.Value = sData
ActiveCell.Offset(1, 0).Select
Loop
Close #1

Hasil yang didapatkan semua berada di satu kolom.
Bagaimana cara agar setiap data yang dipisah dengan tab dalam text file tersebut berada dalam kolom tersendiri?
Terima kasih, wassalam...

Wed Dec 26, 2012 3:08 am (PST) . Posted by:

"Nurdiansyah Tri Hardono"



Dear All..
Mohon bantuannya untuk menyelesaikan masalah mengurutkan data dengan keterangan baris dan kolom yang tidak sama;saya mempunyai data sumber (sheet 1) dimana urutan keterangan baris maupun kolom sangat berbeda dengan template yang harus saya isi (sheet 2). Kira-kira rumus apa yang harus saya gunakan..?
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuan rekan-rekan.. mohon maaf jika kata-kata saya membingungkan

Wed Dec 26, 2012 3:48 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Pak Nurdiansyah;

File terlampir semoga sesuai harapan

Bagus

----- Original Message -----
From: Nurdiansyah Tri Hardono
To: Milis Belajar Excel
Sent: Wednesday, December 26, 2012 5:57 PM
Subject: [belajar-excel] Mohon bantuan menyamakan data dengan 2 variabel

Dear All..
Mohon bantuannya untuk menyelesaikan masalah mengurutkan data dengan keterangan baris dan kolom yang tidak sama;
saya mempunyai data sumber (sheet 1) dimana urutan keterangan baris maupun kolom sangat berbeda dengan template yang harus saya isi (sheet 2). Kira-kira rumus apa yang harus saya gunakan..?
Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuan rekan-rekan.. mohon maaf jika kata-kata saya membingungkan


Wed Dec 26, 2012 3:09 am (PST) . Posted by:

"Adi" abduh_suryadi

Thank u Mr. sudah sukses. wassalam

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> 1. Jika area yang di-Sum adalah kontinyu, gunakan =Sum(A1:E1)
> 2. Jika area yang di-Sum tidak kontinyu, buat header di baris 1 dan untuk
> kolom yang di-Sum punya isi yang sama, misal kolom A,C,E memiliki header
> myData
> Gunakan SumIF dalam susunan formula : (misal untuk data di baris 2 ->
> karena baris 1 adalah header)
> =SumIF(a$1:e$1,"myData",a2:e2)
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
> 2012/12/26 Adi <abduhsuryadi@...>
>
> > **
> >
> >
> > Assalamu'alaikum
> > Saya ingin menggunakan fungsi sum/average dll untuk menghitung cell A1,
> > C1, E1.
> > Formula menjadi: Sum(A1,C1,E1).
> > Masalahnya, ketika saya mendelete kolom C, maka C1 berubah menjadi
> > #REF!.
> > bagaimana caranya agar C1 otomatis hilang dari formula ketika kolom C
> > didelet?
> > thanks, wassalam.
> >
> >
> >
>

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar