Senin, 17 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1973

15 New Messages

Digest #1973
1a
Data mismatch dimana ya? by "Heru Safrudin" superheruu
1b
Re: Data mismatch dimana ya? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
1c
Re: Data mismatch dimana ya? by "Heru Safrudin" superheruu
1d
Re: Data mismatch dimana ya? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: membuat duk pns otomatis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
Re: membuat duk pns otomatis by "Dian Anas" anassheva20
3a
Re: Aplikasi absen by "Heru Safrudin" superheruu
3b
Re: Aplikasi absen by "Jan Raisin"
3c
Re: Aplikasi absen by "odhyz83_assasaky@yahoo.com" odhyz83_assasaky
3d
Re: Aplikasi absen by "Heru Safrudin" superheruu
3e
Re: Aplikasi absen by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
4b
Re: Menghitung rata2 sisa activity by "stivoaustin@yahoo.com" stivoaustin

Messages

Sun Dec 16, 2012 11:03 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Dear Mr. Kid

Dimanakan letak data mismatchnya ya? (terlampir)

--
Regards,

Heru Safrudin

Sun Dec 16, 2012 11:55 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Heru,

Ada ketidak sesuaian tipe data antara query dengan struktur tabel di
database-nya.
Berikut bunyi query Insert Into -nya :
Insert Into P1 ( REF,JOB,MACHINE,START,STOP,DOWNTIME,GLD,PK,QTY,KA,REMARK )
select '1534','200001','A1','02-01-2012','02-01-2012','','150','
792','19858','30.2',''

Berikut tipedata tabelnya :
REF Long JOB Long MACHINE Text (50) START datetime STOP datetime
DOWNTIME Long GLD Long PK Long QTY Long KA Long REMARK Text (50)
Semua data yang dimasukkan ke database adalah berupa tipe data string dan
proses konversi ke tipe data milik table diserahkan ke db engine nya.
Pada saat inputan berupa NULLSTRING ('') dan harus masuk ke field bertipe
numerik Long (lihat field Downtime), maka nullstring tidak dapat dikonversi
oleh db engine.
Inilah yang menyebabkan data type mismatch.

Wassalam,
Kid.

On Mon, Dec 17, 2012 at 1:26 PM, Heru Safrudin <superheruu@gmail.com> wrote:

> **
>
>
>
> Dear Mr. Kid
>
> Dimanakan letak data mismatchnya ya? (terlampir)
>
>
> --
> Regards,
>
> Heru Safrudin
>
>
>

Mon Dec 17, 2012 2:26 am (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

saya coba kasih validasi masih mismatch

'If TEKS1.Column = 6 Then
' If TEKS1 = "" Then TEKS1 = 0
'End If

Pada 17 Desember 2012 14:55, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> Pak Heru,
>
> Ada ketidak sesuaian tipe data antara query dengan struktur tabel di
> database-nya.
> Berikut bunyi query Insert Into -nya :
> Insert Into P1 ( REF,JOB,MACHINE,START,STOP,DOWNTIME,GLD,PK,QTY,KA,REMARK
> )
> select '1534','200001','A1','02-01-2012','02-01-2012','','150','
> 792','19858','30.2',''
>
> Berikut tipedata tabelnya :
> REF Long JOB Long MACHINE Text (50) START datetime STOP datetime
> DOWNTIME Long GLD Long PK Long QTY Long KA Long REMARK Text (50)
> Semua data yang dimasukkan ke database adalah berupa tipe data string dan
> proses konversi ke tipe data milik table diserahkan ke db engine nya.
> Pada saat inputan berupa NULLSTRING ('') dan harus masuk ke field bertipe
> numerik Long (lihat field Downtime), maka nullstring tidak dapat
> dikonversi oleh db engine.
> Inilah yang menyebabkan data type mismatch.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> On Mon, Dec 17, 2012 at 1:26 PM, Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>wrote:
>
>> **
>>
>>
>>
>> Dear Mr. Kid
>>
>> Dimanakan letak data mismatchnya ya? (terlampir)
>>
>>
>> --
>> Regards,
>>
>> Heru Safrudin
>>
>>
>
>

--
Regards,

Heru Safrudin

Mon Dec 17, 2012 2:52 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Heru,

1. Bagaimana jika data di worksheetnya yang diganti dengan 0 ?
>> Jadi semua kolom yang harusnya berisi numerik, jika blank diganti 0

2. atau baca nilai cell lalu periksa isinya, jika harusnya kolom bertipe
numerik, maka ganti jadi 0.
>> ops ini yang coba dilakukan ya...
'If TEKS1.Column = 6 Then
' If TEKS1 = "" Then TEKS1 = 0
'End If
coba letakkan hasil usaha di atas sebelum IF lainnya dalam loop tersebut.

Wassalam,
Kid.

2012/12/17 Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>

> **
>
>
> saya coba kasih validasi masih mismatch
>
> 'If TEKS1.Column = 6 Then
> ' If TEKS1 = "" Then TEKS1 = 0
> 'End If
>
>
> Pada 17 Desember 2012 14:55, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Pak Heru,
>>
>> Ada ketidak sesuaian tipe data antara query dengan struktur tabel di
>> database-nya.
>> Berikut bunyi query Insert Into -nya :
>> Insert Into P1 ( REF,JOB,MACHINE,START,STOP,DOWNTIME,GLD,PK,QTY,KA,REMARK
>> )
>> select '1534','200001','A1','02-01-2012','02-01-2012','','150','
>> 792','19858','30.2',''
>>
>> Berikut tipedata tabelnya :
>> REF Long JOB Long MACHINE Text (50) START datetime STOP datetime
>> DOWNTIME Long GLD Long PK Long QTY Long KA Long REMARK Text (50)
>> Semua data yang dimasukkan ke database adalah berupa tipe data string dan
>> proses konversi ke tipe data milik table diserahkan ke db engine nya.
>> Pada saat inputan berupa NULLSTRING ('') dan harus masuk ke field
>> bertipe numerik Long (lihat field Downtime), maka nullstring tidak dapat
>> dikonversi oleh db engine.
>> Inilah yang menyebabkan data type mismatch.
>>
>> Wassalam,
>> Kid.
>>
>>
>>
>> On Mon, Dec 17, 2012 at 1:26 PM, Heru Safrudin <superheruu@gmail.com>wrote:
>>
>>> **
>>>
>>>
>>>
>>> Dear Mr. Kid
>>>
>>> Dimanakan letak data mismatchnya ya? (terlampir)
>>>
>>>
>>> --
>>> Regards,
>>>
>>> Heru Safrudin
>>>
>>>
>>
>
>
> --
> Regards,
>
> Heru Safrudin
>
>
>
>

Sun Dec 16, 2012 11:08 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

nambahin miss...

"*mau ke arah bawah atau ke samping, kalo ke bawah lebih bagus"*
Jika ingin bisa langsung input banyak record (misal data di copas dari file
lain), biasanya bentuk inputannya ke samping.
Jika input berupa entry data satu per satu (gimana kalau ada 100 record
data baru ya), maka baiknya disusun yang cantik entah kebawah dan kanan
ataupun berbagai variasi lainnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2012/12/17 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

> 1 buah sheet untuk inputnya, biar ada gambaran "Ini lho maunya saya"
> lengkap dengan bentuk inputannya (*mau ke arah bawah atau ke samping,
> kalo ke bawah lebih bagus*), dikasih gambar2 juga boleh :)

Sun Dec 16, 2012 11:12 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

Wa'alaikumsalam wr. wb.,

terima kasih atas tambahan dan koreksinya mr Kid.

wassalamu'alaikum wr. wb.

-Jan Raisin-

Pada 17 Desember 2012 14:08, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> nambahin miss...
>
>
> "*mau ke arah bawah atau ke samping, kalo ke bawah lebih bagus"*
> Jika ingin bisa langsung input banyak record (misal data di copas dari
> file lain), biasanya bentuk inputannya ke samping.
> Jika input berupa entry data satu per satu (gimana kalau ada 100 record
> data baru ya), maka baiknya disusun yang cantik entah kebawah dan kanan
> ataupun berbagai variasi lainnya.
>
>
>
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> Kid.
>
>
>
> 2012/12/17 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>
>> 1 buah sheet untuk inputnya, biar ada gambaran "Ini lho maunya saya"
>> lengkap dengan bentuk inputannya (*mau ke arah bawah atau ke samping,
>> kalo ke bawah lebih bagus*), dikasih gambar2 juga boleh :)
>
>
>
>

Mon Dec 17, 2012 2:39 am (PST) . Posted by:

"Dian Anas" anassheva20

terima kasih untuk penyelesaianya untuk duk, tapi saya masih ada permasalahan. jika data yang ada dalam sheet data ditampilkan dan dapat diedit sekaligus di sheet input bagaimana? atau buat tabel bantu untuk sheet input dan display data dari sheet data dibawahnya atau gmn? data input maupun edit tidak ada tersimpan bila tidak mengklik tombol save. terima kasih semoga tidak mengganggu.
best regads

--- On Mon, 12/17/12, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> wrote:

From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Subject: Re: [belajar-excel] membuat duk pns otomatis
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Monday, December 17, 2012, 7:12 AM

 

Wa'alaikumsalam wr. wb.,
terima kasih atas tambahan dan koreksinya mr Kid.

wassalamu'alaikum wr. wb.
-Jan Raisin-

Pada 17 Desember 2012 14:08, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

nambahin miss...

"mau ke arah bawah atau ke samping, kalo ke bawah lebih bagus"
Jika ingin bisa langsung input banyak record (misal data di copas dari file lain), biasanya bentuk inputannya ke samping.

Jika input berupa entry data satu per satu (gimana kalau ada 100 record data baru ya), maka baiknya disusun yang cantik entah kebawah dan kanan ataupun berbagai variasi lainnya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Kid.

2012/12/17 Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>

1 buah sheet untuk inputnya, biar ada gambaran "Ini lho maunya saya" lengkap dengan bentuk inputannya (mau ke arah bawah atau ke samping, kalo ke bawah lebih bagus), dikasih gambar2 juga boleh :)

Sun Dec 16, 2012 11:31 pm (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

File terlampir.
--
Regards,

Heru Safrudin

--- Mods ---
mbok yao ada sepatah dua patah kata.
selain itu, di milis Belajar-Excel umumnya body email diletakkan di atas quoted mail.
------------

Pada 14 Desember 2012 20:10, odhyz83_assasaky
<odhyz83_assasaky@yahoo.com>menulis:

> **
>
>
>
> Dear Master,
> Saya mempunyai khayalan, kira-kira bisa gak dengan excel untuk membuat
> aplikasi
> Absensi seperti finger print, jd misalx kita msukkan ID dan kita tekan
> sebuah tombol di keyboard maka akan langsung di simpan tanggal dan jam saat
> itu,.
> Sekiranya bisa mohon pencerahannya.
>
> Salam
>
> Odhy.
>
>
>
>
> Terkirim dari tablet Samsung
>
>
>

Sun Dec 16, 2012 11:38 pm (PST) . Posted by:

"Jan Raisin"

pak Heru,

Password VBA yang ini apa ya?

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 17 Desember 2012 14:16, Heru Safrudin <superheruu@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> File terlampir.
> --
> Regards,
>
> Heru Safrudin
>
> --- Mods ---
> mbok yao ada sepatah dua patah kata.
> selain itu, di milis Belajar-Excel umumnya body email diletakkan di atas
> quoted mail.
> ------------
>
>

Mon Dec 17, 2012 2:25 am (PST) . Posted by:

"odhyz83_assasaky@yahoo.com" odhyz83_assasaky

Ɓε̲̣̣̣̥τ̩̩̥υ̲̣̥Ɩ⌣Ɓε̲̣̣̣̥τ̩̩̥υ̲̣̥Ɩ⌣Ɓε̲̣̣̣̥τ̩̩̥υ̲̣̥Ɩ

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 17 Dec 2012 14:37:59
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Aplikasi absen

pak Heru,

Password VBA yang ini apa ya?

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 17 Desember 2012 14:16, Heru Safrudin <superheruu@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> File terlampir.
> --
> Regards,
>
> Heru Safrudin
>
> --- Mods ---
> mbok yao ada sepatah dua patah kata.
> selain itu, di milis Belajar-Excel umumnya body email diletakkan di atas
> quoted mail.
> ------------
>
>

Mon Dec 17, 2012 2:26 am (PST) . Posted by:

"Heru Safrudin" superheruu

Maaf masih ada passwordnya, tanpa password terlampir

to Moderator : Maaf baru pake email di web, jadi belum tahu layoutnya gimana

Pada 17 Desember 2012 14:37, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

> **
>
>
> pak Heru,
>
> Password VBA yang ini apa ya?
>
> Best Regard,
>
> -Ms. Jan Raisin-
>
> Pada 17 Desember 2012 14:16, Heru Safrudin <superheruu@gmail.com> menulis:
>
>> **
>>
>>
>> File terlampir.
>> --
>> Regards,
>>
>> Heru Safrudin
>>
>> --- Mods ---
>> mbok yao ada sepatah dua patah kata.
>> selain itu, di milis Belajar-Excel umumnya body email diletakkan di atas
>> quoted mail.
>> ------------
>>
>>
>

--
Regards,

Heru Safrudin

Mon Dec 17, 2012 2:29 am (PST) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Mas Odhy,

Sekarang mimpi telah "sedikit" menjadi kenyataan.
Mainan Mbak Siti saya coba utak atik sedikit (mungkin bisa lebih disempurnakan oleh para pakar).

Skenarionya begini:
- Karyawan harus didaftar terlebih dahulu (daftar dibuat tersendiri dan digroup, bisa dibuka dan diedit dengan mengklik tanda "+" jika sheet diunprotect - sementara tanpa password)

- Setiap karyawan terdaftar  yang menginput "HADIR" lebih dari 1x akan tampak dalam daftar absensi (Sheet absen dihide namun bisa dibuka, jika diinginkan bisa diprotect dengan xlsheetveryhidden). Dengan cara ini maka jam masuk yang "sah" adalah jam yang pertama diinput.

- Setiap karyawan terdaftar yang menginput "PULANG" lebih dari 1x juga akan tampak dalam daftar absensi sepanjang ybs telah menginput "Hadir". Dengan cara ini maka jam pulang yang "sah" adalah jam yang terakhir diinput.

Selamat mencoba.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Saturday, 15 December 2012, 11:03
Subject: Re: [belajar-excel] Aplikasi absen


Silakan kembangkan jawaban milis warisan dari si Mbah.
Di sini yang dimasukkan bisa nama bisa ID.

Salam,
Hendrik Karnadi

________________________________
From: odhyz83_assasaky <odhyz83_assasaky@yahoo.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Friday, 14 December 2012, 20:10
Subject: [belajar-excel] Aplikasi absen


 

Dear Master,
Saya mempunyai khayalan, kira-kira bisa gak dengan excel untuk membuat aplikasi 
Absensi seperti finger print, jd misalx kita msukkan ID dan kita tekan sebuah tombol di keyboard maka akan langsung di simpan tanggal dan jam saat itu,. 
Sekiranya bisa mohon pencerahannya.

Salam

Odhy.

Terkirim dari tablet Samsung

Mon Dec 17, 2012 12:16 am (PST) . Posted by:

"Tony Bexcel"

Dear Pakar yang Budiman,
 
Terimakasih Mr.Kid atas penjelasan rincinya..dan sudah bisa teratasi namun untuk M2 dan M sekian nya masih gak ngerti penjabaran nya..hadeuuh...maaf beribu maaf terlalu bodoh saya Mr.Kid..tolong banget ya penjabaran nya..
 
 
Salam,
Tony

--- Pada Sen, 17/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung rata2 sisa activity
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 17 Desember, 2012, 12:26 PM

 

Pak Tony,

coba kalau bacanya urut.
di bagian awal sudah ada kalimat yang bunyinya :
'----------------------------------------------------------'
Formula-formula berikut meminta syarat :
1. Pada baris ke-3 diisi dengan angka bulan [1 sampai 12] (bukan teks bulan apapun)
2. sebuah kolom dikanan kolom data terkanan selalu kosong (untuk kasus ini, berarti kolom BB) mulai dari baris 3 sampai baris terakhir data.
3. data selalu dimulai dari week 1
'----------------------------------------------------------'

Coba penuhi dulu syaratnya, baru baca bagian formulanya.

Wassalam,
Kid.

2012/12/17 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>

 

Dear Mr.Kid
 
Terlampir file nya ya Pak..pada M-1 di Cell yang diberi warna kuning.
Mohon maaf merepotkan ya Pak..
 
 
Salam,
Tony

--- Pada Sen, 17/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung rata2 sisa activity
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 17 Desember, 2012, 10:04 AM

 

Coba disertakan contoh usahanya. Bisa jadi akan mempermudah penelusuran penyebab kosongnya.

Wassalam,
Kid.

2012/12/17 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>

 

Dear Pakar yang Budiman,
 
Selamat Pagi teman2..Terimakasih Mr.Kid sudah membantu solusinya dan meluangkan waktunya,tapi saya mohon bantuan nya lagi..mungkin memang disini kelemahan saya dalam menrjemahkan kasus karena terbiasa melihat dan mengurutkan formula langsung dari soal nya.Saya sudah coba berulang tapi hasil nya tetap kosong walau sudah menggunakan Ctrl+Shift+Enter.
Sekali lagi saya mohon bantuannya ya Temans..
 
 
Salam,
Tony

--- Pada Ming, 16/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:

Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung rata2 sisa activity
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 16 Desember, 2012, 1:22 AM

 

Belum ada yang reply ya...

Formula-formula berikut meminta syarat :
1. Pada baris ke-3 diisi dengan angka bulan [1 sampai 12] (bukan teks bulan apapun)
2. sebuah kolom dikanan kolom data terkanan selalu kosong (untuk kasus ini, berarti kolom BB) mulai dari baris 3 sampai baris terakhir data.
3. data selalu dimulai dari week 1

Bahasa manusia untuk semua formula dibawah sana :
"Reratakan nilai data yang angka bulan di baris 3 adalah sama dengan angka bulan di-week pertama setelah week akhir proses"

Formula untuk M-1 : (misal baris 6)
>> pakai logat xl2007 ke atas
=AVERAGEIF( $F$3:$BB$3 , INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0 , $F6:$BB6 )
Formula ini akan menghasilkan error value ketika akhir proses adalah pada bulan terakhir yang ada. Untuk itu perlu penambahan trap error dengan IFError.
=IFError( AVERAGEIF($F$3:$BB$3,INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0,$F6:$BB6) , 0 )
Bagian-bagian formula :
$F6:$BB6 :: nilai data yang direrata
$F$3:$BB$3 :: angka-angka bulan
INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0 :: angka bulan pada week pertama setelah week akhir proses
$B6:: kolom bantu posisi week akhir proses yang berupa formula =MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)
+0 :: penambah angka bulan setelah week akhir proses

>> pakai logat ilmiah (array formula) yang dimengerti semua versi  (jangan lupa untuk mengakhiri penulisan formula dengan CTRL  SHIFT  ENTER)
=AVERAGE(   IF( $F$3:$BB$3 = INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0  , $F6:$BB6 )   )
Bagian-bagian formula :
$F6:$BB6 :: nilai data yang direrata
$F$3:$BB$3 :: angka-angka bulan
INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0 :: angka bulan pada week pertama setelah week akhir proses
$B6:: kolom bantu posisi week akhir proses yang berupa formula =MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)
+0 :: penambah angka bulan setelah week akhir proses

Catatan :
1. Jika keadaan nyata tidak sama dengan asumsi, maka sesuaikan formula.
2. Jika kriteria lebih dari 1, maka
     >> pada logat xl2007 ganti AverageIF dengan AverageIFs dan sesuaikan bagian kriteria agar diperoleh nilai-nilai data yang akan direrata.
     >> pada logat ilmiah dibagian pengkondisian (IF) dijabarkan logika perbandingan kriteria-kriteria yang digunakan.
3. Pada M-2 atau M-sekian, sesuaikan penambah angka bulan setelah week akhir proses agar diperoleh nilai bulan yang pantas direrata nilai datanya.
4. Jika akan mencari M pada angka bulan week pertama sebelum week awal proses, sesuaikan rujukan yang berkaitan dengan range di baris 3.

Wassalam,
Kid.

2012/12/14 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>

 

Dear All Pakar yang budiman,
 
Terlampir adalah file sebelum nya namun disini masih ada kasus yang butuh bantuan untuk menghitung rata2 di 3 bulan kedepan akhir dari activity.
Dalam penyampaian kasus mungkin saya kurang baik, untuk itu saya lampirkan file terlampir.
Atas bantuan dan waktunya saya ucapkan terimakasih.
 
 
Salam,
Tony

_

Mon Dec 17, 2012 2:25 am (PST) . Posted by:

"stivoaustin@yahoo.com" stivoaustin

selamat siang, salam kenal

Saya mmeber baru dimillist ini, jdi sedikit tidak paham apa yg dibahas.intinya adalah.sy ingin mengajukan pertanyaan, adakah yg bersedia memberikan pelatihan/training untuk menjadi exceller(excel yg execelent) jika bersedia saya minat.

Salam buat semua bro" dan sista"

Cordially yours,




Steve
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

-----Original Message-----
From: Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Mon, 17 Dec 2012 16:16:18
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Menghitung rata2 sisa activity

Dear Pakar yang Budiman,
 
Terimakasih Mr.Kid atas penjelasan rincinya..dan sudah bisa teratasi namun untuk M2 dan M sekian nya masih gak ngerti penjabaran nya..hadeuuh...maaf beribu maaf terlalu bodoh saya Mr.Kid..tolong banget ya penjabaran nya..
 
 
Salam,
Tony

--- Pada Sen, 17/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:


Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung rata2 sisa activity
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 17 Desember, 2012, 12:26 PM



 



Pak Tony,

coba kalau bacanya urut.
di bagian awal sudah ada kalimat yang bunyinya :
'----------------------------------------------------------'
Formula-formula berikut meminta syarat :
1. Pada baris ke-3 diisi dengan angka bulan [1 sampai 12] (bukan teks bulan apapun)
2. sebuah kolom dikanan kolom data terkanan selalu kosong (untuk kasus ini, berarti kolom BB) mulai dari baris 3 sampai baris terakhir data.
3. data selalu dimulai dari week 1
'----------------------------------------------------------'

Coba penuhi dulu syaratnya, baru baca bagian formulanya.

Wassalam,
Kid.


2012/12/17 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>


 








Dear Mr.Kid
 
Terlampir file nya ya Pak..pada M-1 di Cell yang diberi warna kuning.
Mohon maaf merepotkan ya Pak..
 
 
Salam,
Tony

--- Pada Sen, 17/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:



Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung rata2 sisa activity
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Senin, 17 Desember, 2012, 10:04 AM





 

Coba disertakan contoh usahanya. Bisa jadi akan mempermudah penelusuran penyebab kosongnya.

Wassalam,
Kid.


2012/12/17 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>


 








Dear Pakar yang Budiman,
 
Selamat Pagi teman2..Terimakasih Mr.Kid sudah membantu solusinya dan meluangkan waktunya,tapi saya mohon bantuan nya lagi..mungkin memang disini kelemahan saya dalam menrjemahkan kasus karena terbiasa melihat dan mengurutkan formula langsung dari soal nya.Saya sudah coba berulang tapi hasil nya tetap kosong walau sudah menggunakan Ctrl+Shift+Enter.
Sekali lagi saya mohon bantuannya ya Temans..
 
 
Salam,
Tony

--- Pada Ming, 16/12/12, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com> menulis:


Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Judul: Re: [belajar-excel] Menghitung rata2 sisa activity
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Tanggal: Minggu, 16 Desember, 2012, 1:22 AM





 

Belum ada yang reply ya...

Formula-formula berikut meminta syarat :
1. Pada baris ke-3 diisi dengan angka bulan [1 sampai 12] (bukan teks bulan apapun)
2. sebuah kolom dikanan kolom data terkanan selalu kosong (untuk kasus ini, berarti kolom BB) mulai dari baris 3 sampai baris terakhir data.
3. data selalu dimulai dari week 1

Bahasa manusia untuk semua formula dibawah sana :
"Reratakan nilai data yang angka bulan di baris 3 adalah sama dengan angka bulan di-week pertama setelah week akhir proses"

Formula untuk M-1 : (misal baris 6)
>> pakai logat xl2007 ke atas
=AVERAGEIF( $F$3:$BB$3 , INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0 , $F6:$BB6 )
Formula ini akan menghasilkan error value ketika akhir proses adalah pada bulan terakhir yang ada. Untuk itu perlu penambahan trap error dengan IFError.
=IFError( AVERAGEIF($F$3:$BB$3,INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0,$F6:$BB6) , 0 )
Bagian-bagian formula :
$F6:$BB6 :: nilai data yang direrata
$F$3:$BB$3 :: angka-angka bulan
INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0 :: angka bulan pada week pertama setelah week akhir proses
$B6:: kolom bantu posisi week akhir proses yang berupa formula =MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)
+0 :: penambah angka bulan setelah week akhir proses

>> pakai logat ilmiah (array formula) yang dimengerti semua versi  (jangan lupa untuk mengakhiri penulisan formula dengan CTRL  SHIFT  ENTER)
=AVERAGE(   IF( $F$3:$BB$3 = INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0  , $F6:$BB6 )   )
Bagian-bagian formula :
$F6:$BB6 :: nilai data yang direrata
$F$3:$BB$3 :: angka-angka bulan
INDEX($F$3:$BB$3,$B6+1)+0 :: angka bulan pada week pertama setelah week akhir proses
$B6:: kolom bantu posisi week akhir proses yang berupa formula =MID(E6,FIND("#",E6,9)+1,2)
+0 :: penambah angka bulan setelah week akhir proses

Catatan :
1. Jika keadaan nyata tidak sama dengan asumsi, maka sesuaikan formula.
2. Jika kriteria lebih dari 1, maka
     >> pada logat xl2007 ganti AverageIF dengan AverageIFs dan sesuaikan bagian kriteria agar diperoleh nilai-nilai data yang akan direrata.
     >> pada logat ilmiah dibagian pengkondisian (IF) dijabarkan logika perbandingan kriteria-kriteria yang digunakan.
3. Pada M-2 atau M-sekian, sesuaikan penambah angka bulan setelah week akhir proses agar diperoleh nilai bulan yang pantas direrata nilai datanya.
4. Jika akan mencari M pada angka bulan week pertama sebelum week awal proses, sesuaikan rujukan yang berkaitan dengan range di baris 3.

Wassalam,
Kid.


2012/12/14 Tony Bexcel <tonybexcel@yahoo.co.id>


 








Dear All Pakar yang budiman,
 
Terlampir adalah file sebelum nya namun disini masih ada kasus yang butuh bantuan untuk menghitung rata2 di 3 bulan kedepan akhir dari activity.
Dalam penyampaian kasus mungkin saya kurang baik, untuk itu saya lampirkan file terlampir.
Atas bantuan dan waktunya saya ucapkan terimakasih.
 
 
Salam,
Tony







_







Mon Dec 17, 2012 2:25 am (PST) . Posted by:

"andre prisuasetio" andrepri@ymail.com

Om Kid ma kasih, walaupun belum mudeng tapi sudah bisa berfungsi dalam excel table.

Wassalam

> -----Original Message-----
> From: mr.nmkid@gmail.com
> Sent: Mon, 17 Dec 2012 12:22:41 +0700
> To: belajar-excel@yahoogroups.com
> Subject: Re: [belajar-excel] menu tambahan dalam right click menu tidak
> tampil dalam cell "format as Table"
>
> Hai Imar,
>
> Pop up menu untuk object dari fitur Excel Table masuk dalam kelompok
> command bar list range popup.
> Jadi popup menu yang harus muncul di :
> - cell harus dibuat masuk kedalam kelompok command bar cell
> - object excel table harus dibuat masuk kedalam kelompok command bar list
> range popup
>
> Untuk membentuk file terlampir menjadi add in, silakan di save as xla
> atau
> xlam.
>
> Script buatan mbake hanya perlu diubah sedikit menjadi :
>>> pembuat popup menu :
> Sub ctvPopMenu()
> ' siti Vi /KalenderPopUp /1sep08 /modif 19sep08
> ' modif for ChangeCase tools / 12 Jul 2011
> '----------------------------------------------
> 'Kid :: add list range popup for listobject range
> 'Jakarta, 2012-12-17
> '----------------------------------------------
>
> Dim vBar As Variant, vBars As Variant, vID As Variant, lID As Long
>
> ctvMenuReset
>
> vBars = Array("Cell", "List Range Popup")
> vID = Array("ctv ", "kid ")
> lID = LBound(vID)
> For Each vBar In vBars
> With Application.CommandBars(vBar).Controls _
> .Add(Type:=msoControlButton, Before:=1, Temporary:=True)
> .Caption = vID(lID) & "Undo Set Scroll Area"
> .OnAction = "UndoSetScrlArea"
> End With
> With Application.CommandBars(vBar).Controls _
> .Add(Type:=msoControlButton, Before:=1, Temporary:=True)
> .Caption = vID(lID) & "Set Scroll Area"
> .OnAction = "SetScrlArea"
> End With
> With Application.CommandBars(vBar).Controls _
> .Add(Type:=msoControlButton, Before:=1, Temporary:=True)
> .Caption = vID(lID) & "Change Case"
> .OnAction = "CaseChanger"
> End With
> With Application.CommandBars(vBar).Controls _
> .Add(Type:=msoControlButton, Before:=1, Temporary:=True)
> .Caption = vID(lID) & "Kalender PopUp"
> .OnAction = "FrmKalenderShow"
> End With
> lID = lID + 1
> Next vBar
> End Sub
>
>>> penghapus popup menu :
> Sub ctvMenuReset()
> '----------------------------------------------
> 'Kid :: add list range popup for listobject range
> 'Jakarta, 2012-12-17
> '----------------------------------------------
> Dim CbCtr As CommandBarControl
> For Each CbCtr In Application.CommandBars("Cell").Controls
> If CbCtr.Caption Like "ctv*" Then
> CbCtr.Delete
> End If
> Next CbCtr
>
> For Each CbCtr In Application.CommandBars("List Range Popup").Controls
> If CbCtr.Caption Like "kid*" Then
> CbCtr.Delete
> End If
> Next CbCtr
> End Sub
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/12/17 Imar Andre <imar.ap@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> BeExceler
>>
>> Saya menggunakan addins dari mba CTV
>> (ctv_Kalender_&_ChangeCase(V2).xla), untuk di cell tanpa "format as
>> Table" bisa muncul tetapi tidak sebaliknya.
>> Mohon pencerahannya.
>>
>> Wassalam
>> --
>> imar
>>
>>

__________________________________________________________
GET FREE SMILEYS FOR YOUR IM & EMAIL - Learn more at http://www.inbox.com/smileys
Works with AIM®, MSN® Messenger, Yahoo!® Messenger, ICQ®, Google Talk™ and most webmails

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar