Senin, 24 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1984

10 New Messages

Digest #1984
1a
Bls: [belajar-excel] Microsoft Forms 2.0 Object Library by "jajang muhammad siddik" jajang_ms
1b
Re: Microsoft Forms 2.0 Object Library by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: About VBA prosedur pada textbox by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2b
Bls: [belajar-excel] About VBA prosedur pada textbox by "jajang muhammad siddik" jajang_ms
2c
Re: About VBA prosedur pada textbox by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4a
Re: Soft Copy PF & MS Word by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Hasil prosentasi dari Pivot berbeda by "Nurdiansyah Tri Hardono"

Messages

Mon Dec 24, 2012 4:55 am (PST) . Posted by:

"jajang muhammad siddik" jajang_ms

To Om Kid & All Master Excel

mumpung lagi bahas ms form,
dulu waktu di kantor yang lama, di Excel nya ada ms form CalendarView, atau MonthView.
nah di PC baru saya koq ngga ada ya, saya check Excel yang ada di laptop saya juga ternyata tidak ada.
Jadi, dimana saya bisa download file / plug-in nya ya Om??

Salam,

 
Jajang Muhammad Siddik

>________________________________
>Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Minggu, 23 Desember 2012 22:13
>Judul: Re: [belajar-excel] Microsoft Forms 2.0 Object Library
>
>

>Mungkin begini.. (mungkin loh ya..)    ;)
>
>Workbook adalah salah satu badan dalam aplikasi Excel.
>VBA adalah badan lainnya dalam aplikasi Excel.
>
>Workbook harus ada sedang VBA tidak perlu ada.
>Karena workbook harus ada dan harus support dalam penggunaan controls di dalam worksheet, maka Excel me-load secara otomatis ms forms 2 sebagai salah satu library-nya.
>
>Berbeda dengan VBA, dimana library ms forms 2 akan dibutuhkan ketika akan bekerja dengan object dari class userform.
>Karena tidak semua workbook pasti secara default akan bekerja dengan object class userform, maka library ini tidak serta merta di-load.
>
>Jika ada object dari library ms form yang digunakan (misal dalam worksheet dipasang sebuah control), maka ketika masuk ke VBA, VBA akan mendapat informasi bahwa object tersebut telah digunakan dan library ms forms 2 akan di-load (dicentang), sehingga bisa digunakan lebih leluasa dalam VBA.
>
>Entah bisa atau tidak :
>> membuat blank workbook yang sudah di set references ada ms forms 2 dijadikan default blank workbook setiap kali Excel create new workbook.
>mungkin ada BeExceller yang pernah mencobanya, terutama di Excel 2007 ke atas.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>2012/12/23 Imar Andre <imar.ap@gmail.com>
>
>
>> 
>>Dear All
>>
>>Mengapa Microsoft Forms 2.0 Object Library yang sudah di centang tidak
>>bisa permanent, bahkan hanya berlaku pada file yang aktif pada waktu
>>di centang ?
>>
>>--
>>imar
>>
>>_
>>
>
>
>
>

Mon Dec 24, 2012 5:09 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Jajang,

Coba cari file MSCOMCT2.OCX dalam komputer. Jika belum ada, cari di
internet, download, dan install disertai registrasi ke system registry OS

Wassalam,
Kid.

2012/12/24 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>

> **
>
>
> To Om Kid & All Master Excel
>
> mumpung lagi bahas ms form,
> dulu waktu di kantor yang lama, di Excel nya ada ms form CalendarView,
> atau MonthView.
> nah di PC baru saya koq ngga ada ya, saya check Excel yang ada di laptop
> saya juga ternyata tidak ada.
> Jadi, dimana saya bisa download file / plug-in nya ya Om??
>
> Salam,
>
> Jajang Muhammad Siddik
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 23 Desember 2012 22:13
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Microsoft Forms 2.0 Object Library
>
>
> Mungkin begini.. (mungkin loh ya..) ;)
>
> Workbook adalah salah satu badan dalam aplikasi Excel.
> VBA adalah badan lainnya dalam aplikasi Excel.
>
> Workbook harus ada sedang VBA tidak perlu ada.
> Karena workbook harus ada dan harus support dalam penggunaan controls di
> dalam worksheet, maka Excel me-load secara otomatis ms forms 2 sebagai
> salah satu library-nya.
>
> Berbeda dengan VBA, dimana library ms forms 2 akan dibutuhkan ketika akan
> bekerja dengan object dari class userform.
> Karena tidak semua workbook pasti secara default akan bekerja dengan
> object class userform, maka library ini tidak serta merta di-load.
>
> Jika ada object dari library ms form yang digunakan (misal dalam worksheet
> dipasang sebuah control), maka ketika masuk ke VBA, VBA akan mendapat
> informasi bahwa object tersebut telah digunakan dan library ms forms 2 akan
> di-load (dicentang), sehingga bisa digunakan lebih leluasa dalam VBA.
>
> Entah bisa atau tidak :
> > membuat blank workbook yang sudah di set references ada ms forms 2
> dijadikan default blank workbook setiap kali Excel create new workbook.
> mungkin ada BeExceller yang pernah mencobanya, terutama di Excel 2007 ke
> atas.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/12/23 Imar Andre <imar.ap@gmail.com>
>
> **
>
> Dear All
>
> Mengapa Microsoft Forms 2.0 Object Library yang sudah di centang tidak
> bisa permanent, bahkan hanya berlaku pada file yang aktif pada waktu
> di centang ?
>
> --
> imar
> _
>
>
>
>
>
>

Mon Dec 24, 2012 4:59 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Jajang,

Coba manfaatkan event KeyDown milik textbox control object. Isi dengan :
if keycode=13 then 'kalau enter dipencet
'lakukan sesuatu karena di-Enter di sini
endif

Wassalam,
Kid.

2012/12/24 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear All Master Excel
>
> Mohon bantuannya, prosedur apa yang di gunakan untuk membuat perintah pada
> textbox.
> Ketika saya memencet tombol enter atau tab, dengan kondisi form focus di
> textbox1. maka akan ada perintah misalkan
>
> Range("a1").Value=TextBox1.Text
>
>
> Salam,
> Jajang Muhammad Siddik
>
>
>

Mon Dec 24, 2012 5:02 am (PST) . Posted by:

"jajang muhammad siddik" jajang_ms

kalo tab code nya berapa om??

 
Jajang Muhammad Siddik

>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Senin, 24 Desember 2012 19:58
>Judul: Re: [belajar-excel] About VBA prosedur pada textbox
>
>

>Hai Jajang,
>
>Coba manfaatkan event KeyDown milik textbox control object. Isi dengan :
>if keycode=13 then   'kalau enter dipencet
>     'lakukan sesuatu karena di-Enter di sini
>endif
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>
>2012/12/24 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>Dear All Master Excel
>>
>>Mohon bantuannya, prosedur apa yang di gunakan untuk membuat perintah pada textbox.
>>Ketika saya memencet tombol enter atau tab, dengan kondisi form focus di textbox1. maka akan ada perintah misalkan
>>
>>Range("a1").Value=TextBox1.Text
>>
>>
>>
>> 
>>Salam,
>>
>>Jajang Muhammad Siddik
>
>
>
>

Mon Dec 24, 2012 5:05 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Bagaimana jika dicoba sendiri ?
pada event tersebut bisa disusun script untuk menampilkan nilai keycode
bukan...
msgbox keycode

Wassalam,
Kid.

2012/12/24 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>

> **
>
>
> kalo tab code nya berapa om??
>
>
>
> Jajang Muhammad Siddik
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 24 Desember 2012 19:58
> *Judul:* Re: [belajar-excel] About VBA prosedur pada textbox
>
>
> Hai Jajang,
>
> Coba manfaatkan event KeyDown milik textbox control object. Isi dengan :
> if keycode=13 then 'kalau enter dipencet
> 'lakukan sesuatu karena di-Enter di sini
> endif
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/12/24 jajang muhammad siddik <jajang_ms@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Dear All Master Excel
>
> Mohon bantuannya, prosedur apa yang di gunakan untuk membuat perintah pada
> textbox.
> Ketika saya memencet tombol enter atau tab, dengan kondisi form focus di
> textbox1. maka akan ada perintah misalkan
>
> Range("a1").Value=TextBox1.Text
>
>
> Salam,
> Jajang Muhammad Siddik
>
>
>
>
>
>

Mon Dec 24, 2012 5:12 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Adi,

Pada bagian :
rs.AddNew
*rs!Answer1 *= Range("A1")
rs!Answer2 = Range("A2")
rs!Answer3 = Range("A3")
'and soon....
rs.Update

Coba ubah menjadi :
dim lIdx as long
with rs
.AddNew
*for lidx =1 to 50
.fields("Answer" & lidx).value *= Range("A" & lidx).value
next lidx
.Update
end with

Wassalam,
Kid.

2012/12/24 Adi <abduhsuryadi@gmail.com>

> **
>
>
> Saya mempunyai database access bernama: jawaban di yang ada di folder
> c:\folder\. dalam database ini ada table namanya: myTable yang mempunyai
> lebih dari 50 field. saya namakan field itu: jawaban1,jawaban2,jawaban3
> sampai jawaban50. saya ingin menambahkan data dari excel yang ada di range
> A1 sampai range A50 table tersebut. dengan perincian:
> A1 ke jawaban1
> A2 ke jawaban2
> A3 ke jawaban3
> A4 ke jawaban4 dst.
> Kode saya jadi terlihat seperti di bawah ini:
>
> Sub MasukkanData()
> Dim sSQL As String
> Dim rs As ADODB.Recordset
> Dim cn As ADODB.Connection
>
> Set cn = New ADODB.Connection
> cn.Open "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data Source=" &
> Environ("UserProfile") & "\Desktop\jwb.accdb;Persist Security Info=False"
>
> Set rs = New ADODB.Recordset
>
> sSQL = "myTable"
> rs.Open sSQL, cn, adOpenKeyset, adLockOptimistic
>
> rs.AddNew
> rs!Answer1 = Range("A1")
> rs!Answer2 = Range("A2")
> rs!Answer3 = Range("A3")
> 'and soon....
> rs.Update
>
> rs.Close
>
> Set rs = Nothing
> cn.Close
>
> Set cn = Nothing
> End Sub
>
> Gimana cara menyederhanakan kode tersebut agar tidak terlalu panjang?
> saya mencoba pakai for next seperti di bawah ini, tapi excel tidak mau
> menerimanya.
>
> For i=1 to 40
> rs!answer & i = range("A" & i)
> next
>
>
>

Mon Dec 24, 2012 6:13 am (PST) . Posted by:

"Adi" abduh_suryadi

Great! it works. Thanks so much Mr. Kid :)

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Pak Adi,
>
> Pada bagian :
> rs.AddNew
> *rs!Answer1 *= Range("A1")
> rs!Answer2 = Range("A2")
> rs!Answer3 = Range("A3")
> 'and soon....
> rs.Update
>
> Coba ubah menjadi :
> dim lIdx as long
> with rs
> .AddNew
> *for lidx =1 to 50
> .fields("Answer" & lidx).value *= Range("A" & lidx).value
> next lidx
> .Update
> end with
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/12/24 Adi <abduhsuryadi@...>
>
> > **
> >
> >
> > Saya mempunyai database access bernama: jawaban di yang ada di folder
> > c:\folder\. dalam database ini ada table namanya: myTable yang mempunyai
> > lebih dari 50 field. saya namakan field itu: jawaban1,jawaban2,jawaban3
> > sampai jawaban50. saya ingin menambahkan data dari excel yang ada di range
> > A1 sampai range A50 table tersebut. dengan perincian:
> > A1 ke jawaban1
> > A2 ke jawaban2
> > A3 ke jawaban3
> > A4 ke jawaban4 dst.
> > Kode saya jadi terlihat seperti di bawah ini:
> >
> > Sub MasukkanData()
> > Dim sSQL As String
> > Dim rs As ADODB.Recordset
> > Dim cn As ADODB.Connection
> >
> > Set cn = New ADODB.Connection
> > cn.Open "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data Source=" &
> > Environ("UserProfile") & "\Desktop\jwb.accdb;Persist Security Info=False"
> >
> > Set rs = New ADODB.Recordset
> >
> > sSQL = "myTable"
> > rs.Open sSQL, cn, adOpenKeyset, adLockOptimistic
> >
> > rs.AddNew
> > rs!Answer1 = Range("A1")
> > rs!Answer2 = Range("A2")
> > rs!Answer3 = Range("A3")
> > 'and soon....
> > rs.Update
> >
> > rs.Close
> >
> > Set rs = Nothing
> > cn.Close
> >
> > Set cn = Nothing
> > End Sub
> >
> > Gimana cara menyederhanakan kode tersebut agar tidak terlalu panjang?
> > saya mencoba pakai for next seperti di bawah ini, tapi excel tidak mau
> > menerimanya.
> >
> > For i=1 to 40
> > rs!answer & i = range("A" & i)
> > next
> >
> >
> >
>

Mon Dec 24, 2012 6:15 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Sama-sama.

Kalau boleh bertanya, apakah mungkin jika tabelnya diubah menjadi memiliki
kolom Nomor dan Jawaban (2 kolom) saja ?

Wassalam,
Kid.

2012/12/24 Adi <abduhsuryadi@gmail.com>

> **
>
>
> Great! it works. Thanks so much Mr. Kid :)
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
> >
> > Pak Adi,
> >
> > Pada bagian :
> > rs.AddNew
> > *rs!Answer1 *= Range("A1")
>
> > rs!Answer2 = Range("A2")
> > rs!Answer3 = Range("A3")
> > 'and soon....
> > rs.Update
> >
> > Coba ubah menjadi :
> > dim lIdx as long
> > with rs
> > .AddNew
> > *for lidx =1 to 50
> > .fields("Answer" & lidx).value *= Range("A" & lidx).value
>
> > next lidx
> > .Update
> > end with
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> > 2012/12/24 Adi <abduhsuryadi@...>
> >
> > > **
>
> > >
> > >
> > > Saya mempunyai database access bernama: jawaban di yang ada di folder
> > > c:\folder\. dalam database ini ada table namanya: myTable yang
> mempunyai
> > > lebih dari 50 field. saya namakan field itu: jawaban1,jawaban2,jawaban3
> > > sampai jawaban50. saya ingin menambahkan data dari excel yang ada di
> range
> > > A1 sampai range A50 table tersebut. dengan perincian:
> > > A1 ke jawaban1
> > > A2 ke jawaban2
> > > A3 ke jawaban3
> > > A4 ke jawaban4 dst.
> > > Kode saya jadi terlihat seperti di bawah ini:
> > >
> > > Sub MasukkanData()
> > > Dim sSQL As String
> > > Dim rs As ADODB.Recordset
> > > Dim cn As ADODB.Connection
> > >
> > > Set cn = New ADODB.Connection
> > > cn.Open "Provider=Microsoft.ACE.OLEDB.12.0;Data Source=" &
> > > Environ("UserProfile") & "\Desktop\jwb.accdb;Persist Security
> Info=False"
> > >
> > > Set rs = New ADODB.Recordset
> > >
> > > sSQL = "myTable"
> > > rs.Open sSQL, cn, adOpenKeyset, adLockOptimistic
> > >
> > > rs.AddNew
> > > rs!Answer1 = Range("A1")
> > > rs!Answer2 = Range("A2")
> > > rs!Answer3 = Range("A3")
> > > 'and soon....
> > > rs.Update
> > >
> > > rs.Close
> > >
> > > Set rs = Nothing
> > > cn.Close
> > >
> > > Set cn = Nothing
> > > End Sub
> > >
> > > Gimana cara menyederhanakan kode tersebut agar tidak terlalu panjang?
> > > saya mencoba pakai for next seperti di bawah ini, tapi excel tidak mau
> > > menerimanya.
> > >
> > > For i=1 to 40
> > > rs!answer & i = range("A" & i)
> > > next
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>

Mon Dec 24, 2012 5:30 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pak Harry,

Untuk print menjadi PDF membutuhkan library yang dapat mengubah format
excel menjadi PDF. Silakan cari di-internet dan banya yang berbayar.
Cara otomasinya dangat tergantung keluwesan library yang digunakan.

Untuk print menjadi word document, coba lihat di :
http://chandoo.org/wp/2011/02/17/printing-excel-reports-via-a-word-document/

Wassalam,
Kid.

2012/12/24 Harry <hariansyahptk@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear BeExceller,
>
> Lebih jauh membahas tentang lembar kerja yag telah kita buat, biasanya
> kita membutuhkan file hard copy yang kita print out. Jika print out biasa,
> saya menggunakan rumus sebagai berikut :
>
> Private Sub Cmdcetak_Click()
> Set wsdtbs = Sheets("PRINT OUT")
> wsdtbs.PrintOut copies:=1, collate:=True
> Me.Visible = 2
> frmMainMenu.Show
> End Sub
>
> Pertanyaan saya adalah, bagaimana cara dan rumusnya supaya kita bisa
> membuat soft copy berupa Print Out dengan format PDF & MS Word�???
>
> Terima kasih atas berkenan informasinya.
>
> Wassalam,
>
>
> Harry
>
>
>

Mon Dec 24, 2012 6:13 am (PST) . Posted by:

"Nurdiansyah Tri Hardono"


Terimakasih Mr. Kid dan Pak anton...
Sangat membantu sekali...

To: belajar-excel@yahoogroups.com
From: mr.nmkid@gmail.com
Date: Mon, 24 Dec 2012 17:46:53 +0700
Subject: Re: [belajar-excel] Re: Hasil prosentasi dari Pivot berbeda

Berikut lampiran menggunakan saran Pak Anton.

Wassalam,
Kid.

2012/12/24 summonery <summonery@yahoo.com>

Coba,
PivotTable Tools > Options > Formulas > Calculated Field
Name: Average Retur (misal)Formula: ='Retur Value 1'/'Net Sales Value'

Mohon maaf tidak dengan file lampiran.

>semoga bermanfaat

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, Nurdiansyah Tri Hardono wrote:
>

>
>
>
>
> Dear All..
> Mohon bantuannya untuk menyelesaikan masalah mengenai prosentasi dari tabel hasil penjualan (terlampir)
> 1. prosentase yang digunakan adalah retur value 1dibagi net sales value (kolom E/F)

> 2. terkadang, hasil prosentasi minus dikarenakan retur pada saat penarikan lebih besar dari pada saat sales memasukan barang dihari tersebut
> 3. saat diambil prosentase bulanan di pivot, hasilnya tidak sama dengan perhitungan langsung(lihat di sheet 2)

> mohon bantuan dari rekan-rekan, kira-kira rumus apa yang harus saya gunakan..
> Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas bantuan rekan-rekan..
>
> Salam,
>
> Nurdin
>

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar