Minggu, 30 Desember 2012

[belajar-excel] Digest Number 1996

15 New Messages

Digest #1996
1a
Re: Cara membuat kode produk baru dg nilai acak by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Memindah Content Cell Secara Acak by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2b
Re: Memindah Content Cell Secara Acak by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2c
2d
Re: Memindah Content Cell Secara Acak by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2e
2f
Re: Memindah Content Cell Secara Acak by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2g
Re: Memindah Content Cell Secara Acak by "slametharto@gmail.com" slametharto
4a
Re: Otomatis entri data ke sheet yang lain by "Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn
4b
Re: Otomatis entri data ke sheet yang lain by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Bls: [belajar-excel] Select Method of Range Failed by "Agestha Hendra" agesthahendra@ymail.com
5b
Re: Bls: [belajar-excel] Select Method of Range Failed by "slametharto@gmail.com" slametharto
6a
Tarik data Access to Excel by "Indra Psr" indra_psr
6b
Re: Tarik data Access to Excel by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Sat Dec 29, 2012 9:50 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Nanank,

fungsi Rand, RandBetween, Offset, Indirect, Today, Now termasuk
fungsi-fungsi yang bersifat volatile.
Volatile artinya selalu dikalkulasi ulang setiap ada pengubahan isi cell
dimanapun cell itu berubah baik yang berhubungan maupun tidak berhubungan
sama-sekali dengan cell yang berisi fungsi volatile tersebut.

Jadi, setiap saat saat harus di copas value ke tempat lain. Cell berformula
tersebut adalah generatornya saja. Proses simpannya adalah dengan copas
value ke lokasi penyimpanan.

Wassalam,
Kid.

2012/12/30 Flow Nanank <flow.nanank@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Mr. Kid,,,
>
> saya sudah coba formula dr Mr. Kid, tetapi kenapa waktu di tekan " Enter "
> smua kode yg ada formulanya berubah nilai randomnya,,
> jd stiap kali enter kode berubah truz,,
> itu kenapa yaa pak,,??
>
>
> Thank'z,...
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Minggu, 30 Desember 2012 1:25
>
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Cara membuat kode produk baru dg nilai acak
>
>
> Hai Nanank,
>
> Bagaimana jika dibuat urut saja dari 1 sampai 9999.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/12/29 Flow Nanank <flow.nanank@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Dear Mr. Kid...
> Thank'z atas pencerahannya...
>
> benar sekali Mr. Kid, jika menggunakan medote acak tanpa ada acuan brarti
> ada byk kemungkinan terjadi data yg memiliki kode kembar,,,
> kenapa saya tdk kepikiran sampai ksna ya,,,
>
> lalu bagaiaman supaya tidak terjadi kode yg terulang untuk stiap produk ???
> mohon bantuannya lg yaa pak...
>
> Thank'z...
>
>
> ------------------------------
> *Dari:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Sabtu, 29 Desember 2012 8:35
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Cara membuat kode produk baru dg nilai acak
>
>
> Hai Nanank,
>
> "kode produk terdiri dari 2 huruf dan angka 4 angka"
> >> Dua huruf pertama adalah milik kode lama, maka bisa dengan fungsi Left(
> data_lama , 2 )
> >> disambung dengan spasi maka formula ditambah dengan bunyi & " "
> >> diikuti selalu 4 angka acak yang artinya minimal 1 dan maksimal 9999,
> maka formula diberi ekspresi pembuat 4 angka :
> & text( randbetween( 1 , 9999 ) , "0000" )
> >> jika menggunakan xl2003 kebawah, maka bagian RandBetween diganti dengan
> :
> int( rand() * 9999 + 1 )
>
> Formula lengkap, misal data lama di A2 dan data baru di B2 :
> =Left( A2 , 2 ) & " " & Text( RandBetween( 1 , 9999 ) , "0000"
> ) -> xl2007 ke atas
> =Left( A2 , 2 ) & " " & Text( Int( Rand() * 9999 + 1 ) , "0000"
> ) -> semua versi Excel
>
> Penyusun acak huruf (1 huruf -> A-Z [capital]) bisa dilakukan dengan
> bantuan fungsi Char. Kode ASCII huruf A dimulai dari nomor 65, dan Z di 90
> formula bisa berupa
> =Char( RandBetween( 65 , 90 ) ) -> xl2007 ke atas
> =Char( Rand() * ( 90 - 65 ) + 65 ) -> semua versi :: bila ingin
> mendapatkan bilangan bulat, sertakan fungsi Int sebagai proses komputasi
> terhadap hasil Rand() blabla
>
> Untuk menyusun 2 karakter acak : (gunakan sesuai kebutuhan dan ubah batas
> nilai acak sesuai kebutuhan)
> =*penyusun_karakter_1* & *penyusun_karakter_2*
> =*Char( RandBetween( 65 , 90 ) )* & *Char( RandBetween( 65 , 90 ) )*
> =*Char( Rand() * ( 90 - 65 ) + 65 ) *& *Char( Rand() * ( 90 - 65 ) + 65 )*
>
> Akan digabungkan dengan formula penyusun angka sebagai pengganti bagia
> Left dalam formula di atas sana :
> =*Char( RandBetween( 65 , 90 ) )* & *Char( RandBetween( 65 , 90 ) )* &
> " " & Text( RandBetween( 1 , 9999 ) , "0000" ) -> xl2007 ke atas
> =*Char( Rand() * ( 90 - 65 ) + 65 ) *& *Char( Rand() * ( 90 - 65 ) + 65 )*& " " & Text( Int( Rand() * 9999 + 1 ) , "0000" ) -> semua
> versi Excel
>
> Karena kriterianya hanya acak, maka ada potensi terjadinya duplikasi
> antara data lama dengan baru maupun data baru dengan data baru lainnya.
> Biasanya pengubahan kode produk dari lama ke baru diikuti dengan
> penyusunan suatu format tertentu, *misal *karakter pertama untuk hal
> tertentu, dst sampai 2 angka terakhir menunjukkan varian produk. Dan hasil
> pengubahan itu akan membentuk sebuah peta data transformasi kode produk.
>
> Untuk pembuatan kode produk baru, umumnya adalah mengisi area kosong yang
> ada. Jika kode produk memiliki suatu format tertentu, maka area kosong yang
> dimaksud adalah area kosong di setiap part kode produk yang sesuai.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2012/12/28 Flow Nanank <flow.nanank@yahoo.co.id>
>
> **
>
> Dear BeExceller,,
>
> Mohon bantuannya untuk membuat kode produk baru dg nilai acak...
> kode produk terdiri dari 2 huruf dan angka 4 angka,,
>
>
> file terlampir...
>
> Thank'z
>
>
>
>
>
>
>
>
>
>

Sat Dec 29, 2012 10:04 pm (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba file terlampir.
Cara :
1. autofilter selalu dalam keadaan aktif
>> klik cell A1
>> CTRL G -> tekan tombol Special -> pilih CurrentRegion -> OK ->
aktifkan autofilter
2. lakukan sort ascending terhadap kolom A dengan klik panah kecil
autofilter di cell A1 -> pilih sort ascending atau smallest to largest
3. lakukan reapply jika akan mengacak soal
>> ribbon Data -> tekan tombol Reapply

Jika ingin otomasi, lakukan record macro dan atur script hasil record agar
autofilter tetap aktif dan ter-sort, sehingga proses reapply bisa berjalan
dengan baik.
Copy hasil acak ke sheet lain.

Wassalam,
Kid.

2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@gmail.com>

> **
>
>
> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> Rekan-rekan Master, mohon bantuannya dalam pembuatan soal ujian pilihan
> ganda di Excel. Saya mempunyai satu file soal di excel. 1 sheet dalam
> workbook memiliki 50 soal. masing-masing soal membutuhkan 6 baris/row (1
> baris soal, 4 baris pilihan abcd, 1 baris tempat tulis jawaban).
> 1. bagaimana cara mengacak soal-soal tersebut sehingga menjadi beberapa
> paket soal?
> 2. jika ada gambar dalam soal, apakah bisa diacak?
> Terima kasih banyak Master.
> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>
>
>

Sun Dec 30, 2012 12:21 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

File lampiran yang lalu adalah konsep mengacak, yaitu dengan menyusun angka
random. Bisa gunakan fungsi RandBetween di xl2007 ke atas.
Lepas dari semua itu, kalau gak salah duga, mestinya ada sebuah bank soal
atau setidaknya ada kolom berisi :
1. ID Soal (ID Soal bukan nomor soal yang ditampilkan ke user)
2. ID baris yang menjadi urutan peletakan baris-baris data di tampilan user
(interface)
ID Baris selalu tetap, misal kalimat soal selalu nomor 10, kemudian
pilihan selalu dari 20 sampai 29 yang bisa diacak, jawaban selalu 30
3. ID pilihan : setiap pilihan harus memiliki ID yang berbeda tetapi
mengikuti IDSoal-nya.
Misal untuk ID Soal 17, maka pilihan 1 akan memiliki ID 17.1, pilihan
2 memiliki ID pilihan 17.2 dst.
ID Pilihan akan menjadi acuan kunci jawaban ketika posisi ID Baris
diacak, sehingga baris-baris pilihan akan berubah sedangkan opsi a sampai e
selalu tetap.
Gak mungkin kan kalau soal ID 17 punya pilihan Aku, Kamu, Dia, Kita,
Kami lalu ketika diacak akan tampil C. Dia, B. Kamu, D. Kita, A. Aku, E.
Kami
Pasti akan selalu tampil A. Dia, B. Kamu, C. Kita, D. Aku, E. Kami
Dan jawabannya akan selalu tetap item Aku yang punya IDPilihan 17.1
4. Uraian yang berisi bunyi kalimat setiap baris data dan bisa jadi butuh
beberapa kolom, mulai Uraian 1 sampai Uraian sekian.
5. Kunci yang berisi ID pilihan yang menjadi jwabannya dan selalu terletak
sebari dengan awal ID Soal.
Semua kolom itu adalah kolom utama.
Pada file yang lalu, kolom ID adalah ID Soal. Kolom LineNum adalah ID Baris
yang nanti harus diseusuaikan nilai-nilai ID barisnya agar bisa ditambah
kolom utama baru bernama ID Pilihan.

Cara mengacak soal membutuhkan kolom bantu. Pada file yang lalu, karena
hanya diacak soalnya dengan posisi pilihan tetap (linenum tidak acak), maka
hanya membutuhkan 1 kolom bantu bernama sort_key.
Jika ingin mengacak pilihan juga, maka perlu 1 sort_key yang juga menyimpan
IDSoal,IDBaris,IDPilihan.
Proses sort harus dilakukan terhadap seluruh kolom sebagai 1 kesatuan
dataset.

Wassalam,
Kid.

2012/12/30 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> Coba file terlampir.
> Cara :
> 1. autofilter selalu dalam keadaan aktif
> >> klik cell A1
> >> CTRL G -> tekan tombol Special -> pilih CurrentRegion -> OK ->
> aktifkan autofilter
> 2. lakukan sort ascending terhadap kolom A dengan klik panah kecil
> autofilter di cell A1 -> pilih sort ascending atau smallest to largest
> 3. lakukan reapply jika akan mengacak soal
> >> ribbon Data -> tekan tombol Reapply
>
> Jika ingin otomasi, lakukan record macro dan atur script hasil record agar
> autofilter tetap aktif dan ter-sort, sehingga proses reapply bisa berjalan
> dengan baik.
> Copy hasil acak ke sheet lain.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@gmail.com>
>
>> **
>>
>>
>> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
>> Rekan-rekan Master, mohon bantuannya dalam pembuatan soal ujian pilihan
>> ganda di Excel. Saya mempunyai satu file soal di excel. 1 sheet dalam
>> workbook memiliki 50 soal. masing-masing soal membutuhkan 6 baris/row (1
>> baris soal, 4 baris pilihan abcd, 1 baris tempat tulis jawaban).
>> 1. bagaimana cara mengacak soal-soal tersebut sehingga menjadi beberapa
>> paket soal?
>> 2. jika ada gambar dalam soal, apakah bisa diacak?
>> Terima kasih banyak Master.
>> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
>>
>>
>>
>

Sun Dec 30, 2012 2:20 am (PST) . Posted by:

"Adi" abduh_suryadi

Terima kasih Mr. teknik yang luar biasa. saya mencoba menaruh file gambar di salah satu cell, ternyata gambarnya juga ikut pindah! tapi dengan syarat harus dalam 1 cell tidak lebih.
masalahnya, ketika misalakan kita menaruh gambar di baris ke 2, kita sesuaikan lebar garis itu dengan gambar, namun ketika gambar tersebut pindah ke garis ke 6, maka dia menjadi sangat kecil, karena gambar tersebut menyesuaikan dengan lebar baris itu.
bagaimana membuat baris soal otomatis menyesuakan dengan besar gambar yang kita taruh?
Terima kasih...

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
>
> File lampiran yang lalu adalah konsep mengacak, yaitu dengan menyusun angka
> random. Bisa gunakan fungsi RandBetween di xl2007 ke atas.
> Lepas dari semua itu, kalau gak salah duga, mestinya ada sebuah bank soal
> atau setidaknya ada kolom berisi :
> 1. ID Soal (ID Soal bukan nomor soal yang ditampilkan ke user)
> 2. ID baris yang menjadi urutan peletakan baris-baris data di tampilan user
> (interface)
> ID Baris selalu tetap, misal kalimat soal selalu nomor 10, kemudian
> pilihan selalu dari 20 sampai 29 yang bisa diacak, jawaban selalu 30
> 3. ID pilihan : setiap pilihan harus memiliki ID yang berbeda tetapi
> mengikuti IDSoal-nya.
> Misal untuk ID Soal 17, maka pilihan 1 akan memiliki ID 17.1, pilihan
> 2 memiliki ID pilihan 17.2 dst.
> ID Pilihan akan menjadi acuan kunci jawaban ketika posisi ID Baris
> diacak, sehingga baris-baris pilihan akan berubah sedangkan opsi a sampai e
> selalu tetap.
> Gak mungkin kan kalau soal ID 17 punya pilihan Aku, Kamu, Dia, Kita,
> Kami lalu ketika diacak akan tampil C. Dia, B. Kamu, D. Kita, A. Aku, E.
> Kami
> Pasti akan selalu tampil A. Dia, B. Kamu, C. Kita, D. Aku, E. Kami
> Dan jawabannya akan selalu tetap item Aku yang punya IDPilihan 17.1
> 4. Uraian yang berisi bunyi kalimat setiap baris data dan bisa jadi butuh
> beberapa kolom, mulai Uraian 1 sampai Uraian sekian.
> 5. Kunci yang berisi ID pilihan yang menjadi jwabannya dan selalu terletak
> sebari dengan awal ID Soal.
> Semua kolom itu adalah kolom utama.
> Pada file yang lalu, kolom ID adalah ID Soal. Kolom LineNum adalah ID Baris
> yang nanti harus diseusuaikan nilai-nilai ID barisnya agar bisa ditambah
> kolom utama baru bernama ID Pilihan.
>
> Cara mengacak soal membutuhkan kolom bantu. Pada file yang lalu, karena
> hanya diacak soalnya dengan posisi pilihan tetap (linenum tidak acak), maka
> hanya membutuhkan 1 kolom bantu bernama sort_key.
> Jika ingin mengacak pilihan juga, maka perlu 1 sort_key yang juga menyimpan
> IDSoal,IDBaris,IDPilihan.
> Proses sort harus dilakukan terhadap seluruh kolom sebagai 1 kesatuan
> dataset.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
>
> 2012/12/30 Mr. Kid <mr.nmkid@...>
>
> > Coba file terlampir.
> > Cara :
> > 1. autofilter selalu dalam keadaan aktif
> > >> klik cell A1
> > >> CTRL G -> tekan tombol Special -> pilih CurrentRegion -> OK ->
> > aktifkan autofilter
> > 2. lakukan sort ascending terhadap kolom A dengan klik panah kecil
> > autofilter di cell A1 -> pilih sort ascending atau smallest to largest
> > 3. lakukan reapply jika akan mengacak soal
> > >> ribbon Data -> tekan tombol Reapply
> >
> > Jika ingin otomasi, lakukan record macro dan atur script hasil record agar
> > autofilter tetap aktif dan ter-sort, sehingga proses reapply bisa berjalan
> > dengan baik.
> > Copy hasil acak ke sheet lain.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> >
> > 2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@...>
> >
> >> **
> >>
> >>
> >> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> >> Rekan-rekan Master, mohon bantuannya dalam pembuatan soal ujian pilihan
> >> ganda di Excel. Saya mempunyai satu file soal di excel. 1 sheet dalam
> >> workbook memiliki 50 soal. masing-masing soal membutuhkan 6 baris/row (1
> >> baris soal, 4 baris pilihan abcd, 1 baris tempat tulis jawaban).
> >> 1. bagaimana cara mengacak soal-soal tersebut sehingga menjadi beberapa
> >> paket soal?
> >> 2. jika ada gambar dalam soal, apakah bisa diacak?
> >> Terima kasih banyak Master.
> >> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> >>
> >>
> >>
> >
>

Sun Dec 30, 2012 3:04 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehe... bagaimana kalau semua baris soal dibuat row height nya seragam,
yaitu setinggi gambar dengan tinggi tertinggi.

Wassalam,
Kid.

2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@gmail.com>

> **
>
>
> Terima kasih Mr. teknik yang luar biasa. saya mencoba menaruh file gambar
> di salah satu cell, ternyata gambarnya juga ikut pindah! tapi dengan syarat
> harus dalam 1 cell tidak lebih.
> masalahnya, ketika misalakan kita menaruh gambar di baris ke 2, kita
> sesuaikan lebar garis itu dengan gambar, namun ketika gambar tersebut
> pindah ke garis ke 6, maka dia menjadi sangat kecil, karena gambar tersebut
> menyesuaikan dengan lebar baris itu.
> bagaimana membuat baris soal otomatis menyesuakan dengan besar gambar yang
> kita taruh?
> Terima kasih...
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
> >
> > Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
> >
> > File lampiran yang lalu adalah konsep mengacak, yaitu dengan menyusun
> angka
> > random. Bisa gunakan fungsi RandBetween di xl2007 ke atas.
> > Lepas dari semua itu, kalau gak salah duga, mestinya ada sebuah bank soal
> > atau setidaknya ada kolom berisi :
> > 1. ID Soal (ID Soal bukan nomor soal yang ditampilkan ke user)
> > 2. ID baris yang menjadi urutan peletakan baris-baris data di tampilan
> user
> > (interface)
> > ID Baris selalu tetap, misal kalimat soal selalu nomor 10, kemudian
> > pilihan selalu dari 20 sampai 29 yang bisa diacak, jawaban selalu 30
> > 3. ID pilihan : setiap pilihan harus memiliki ID yang berbeda tetapi
> > mengikuti IDSoal-nya.
> > Misal untuk ID Soal 17, maka pilihan 1 akan memiliki ID 17.1, pilihan
> > 2 memiliki ID pilihan 17.2 dst.
> > ID Pilihan akan menjadi acuan kunci jawaban ketika posisi ID Baris
> > diacak, sehingga baris-baris pilihan akan berubah sedangkan opsi a
> sampai e
> > selalu tetap.
> > Gak mungkin kan kalau soal ID 17 punya pilihan Aku, Kamu, Dia, Kita,
> > Kami lalu ketika diacak akan tampil C. Dia, B. Kamu, D. Kita, A. Aku, E.
> > Kami
> > Pasti akan selalu tampil A. Dia, B. Kamu, C. Kita, D. Aku, E. Kami
> > Dan jawabannya akan selalu tetap item Aku yang punya IDPilihan 17.1
> > 4. Uraian yang berisi bunyi kalimat setiap baris data dan bisa jadi butuh
> > beberapa kolom, mulai Uraian 1 sampai Uraian sekian.
> > 5. Kunci yang berisi ID pilihan yang menjadi jwabannya dan selalu
> terletak
> > sebari dengan awal ID Soal.
> > Semua kolom itu adalah kolom utama.
> > Pada file yang lalu, kolom ID adalah ID Soal. Kolom LineNum adalah ID
> Baris
> > yang nanti harus diseusuaikan nilai-nilai ID barisnya agar bisa ditambah
> > kolom utama baru bernama ID Pilihan.
> >
> > Cara mengacak soal membutuhkan kolom bantu. Pada file yang lalu, karena
> > hanya diacak soalnya dengan posisi pilihan tetap (linenum tidak acak),
> maka
> > hanya membutuhkan 1 kolom bantu bernama sort_key.
> > Jika ingin mengacak pilihan juga, maka perlu 1 sort_key yang juga
> menyimpan
> > IDSoal,IDBaris,IDPilihan.
> > Proses sort harus dilakukan terhadap seluruh kolom sebagai 1 kesatuan
> > dataset.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> >
> >
> >
> >
> >
> > 2012/12/30 Mr. Kid <mr.nmkid@...>
>
> >
> > > Coba file terlampir.
> > > Cara :
> > > 1. autofilter selalu dalam keadaan aktif
> > > >> klik cell A1
> > > >> CTRL G -> tekan tombol Special -> pilih CurrentRegion -> OK ->
> > > aktifkan autofilter
> > > 2. lakukan sort ascending terhadap kolom A dengan klik panah kecil
> > > autofilter di cell A1 -> pilih sort ascending atau smallest to largest
> > > 3. lakukan reapply jika akan mengacak soal
> > > >> ribbon Data -> tekan tombol Reapply
> > >
> > > Jika ingin otomasi, lakukan record macro dan atur script hasil record
> agar
> > > autofilter tetap aktif dan ter-sort, sehingga proses reapply bisa
> berjalan
> > > dengan baik.
> > > Copy hasil acak ke sheet lain.
> > >
> > > Wassalam,
> > > Kid.
> > >
> > >
> > > 2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@...>
> > >
> > >> **
>
> > >>
> > >>
> > >> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> > >> Rekan-rekan Master, mohon bantuannya dalam pembuatan soal ujian
> pilihan
> > >> ganda di Excel. Saya mempunyai satu file soal di excel. 1 sheet dalam
> > >> workbook memiliki 50 soal. masing-masing soal membutuhkan 6 baris/row
> (1
> > >> baris soal, 4 baris pilihan abcd, 1 baris tempat tulis jawaban).
> > >> 1. bagaimana cara mengacak soal-soal tersebut sehingga menjadi
> beberapa
> > >> paket soal?
> > >> 2. jika ada gambar dalam soal, apakah bisa diacak?
> > >> Terima kasih banyak Master.
> > >> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> > >>
> > >>
> > >>
> > >
> >
>
>
>

Sun Dec 30, 2012 5:34 am (PST) . Posted by:

"Adi" abduh_suryadi

waduh...gmna ya....

the main thing, thanks so much for you Mr. Kid.
mdh2an g bosen dtanya.
wish you luck,amin.
wassalam.

--- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
>
> hehehe... bagaimana kalau semua baris soal dibuat row height nya seragam,
> yaitu setinggi gambar dengan tinggi tertinggi.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
> 2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@...>
>
> > **
> >
> >
> > Terima kasih Mr. teknik yang luar biasa. saya mencoba menaruh file gambar
> > di salah satu cell, ternyata gambarnya juga ikut pindah! tapi dengan syarat
> > harus dalam 1 cell tidak lebih.
> > masalahnya, ketika misalakan kita menaruh gambar di baris ke 2, kita
> > sesuaikan lebar garis itu dengan gambar, namun ketika gambar tersebut
> > pindah ke garis ke 6, maka dia menjadi sangat kecil, karena gambar tersebut
> > menyesuaikan dengan lebar baris itu.
> > bagaimana membuat baris soal otomatis menyesuakan dengan besar gambar yang
> > kita taruh?
> > Terima kasih...
> >
> >
> > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@> wrote:
> > >
> > > Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
> > >
> > > File lampiran yang lalu adalah konsep mengacak, yaitu dengan menyusun
> > angka
> > > random. Bisa gunakan fungsi RandBetween di xl2007 ke atas.
> > > Lepas dari semua itu, kalau gak salah duga, mestinya ada sebuah bank soal
> > > atau setidaknya ada kolom berisi :
> > > 1. ID Soal (ID Soal bukan nomor soal yang ditampilkan ke user)
> > > 2. ID baris yang menjadi urutan peletakan baris-baris data di tampilan
> > user
> > > (interface)
> > > ID Baris selalu tetap, misal kalimat soal selalu nomor 10, kemudian
> > > pilihan selalu dari 20 sampai 29 yang bisa diacak, jawaban selalu 30
> > > 3. ID pilihan : setiap pilihan harus memiliki ID yang berbeda tetapi
> > > mengikuti IDSoal-nya.
> > > Misal untuk ID Soal 17, maka pilihan 1 akan memiliki ID 17.1, pilihan
> > > 2 memiliki ID pilihan 17.2 dst.
> > > ID Pilihan akan menjadi acuan kunci jawaban ketika posisi ID Baris
> > > diacak, sehingga baris-baris pilihan akan berubah sedangkan opsi a
> > sampai e
> > > selalu tetap.
> > > Gak mungkin kan kalau soal ID 17 punya pilihan Aku, Kamu, Dia, Kita,
> > > Kami lalu ketika diacak akan tampil C. Dia, B. Kamu, D. Kita, A. Aku, E.
> > > Kami
> > > Pasti akan selalu tampil A. Dia, B. Kamu, C. Kita, D. Aku, E. Kami
> > > Dan jawabannya akan selalu tetap item Aku yang punya IDPilihan 17.1
> > > 4. Uraian yang berisi bunyi kalimat setiap baris data dan bisa jadi butuh
> > > beberapa kolom, mulai Uraian 1 sampai Uraian sekian.
> > > 5. Kunci yang berisi ID pilihan yang menjadi jwabannya dan selalu
> > terletak
> > > sebari dengan awal ID Soal.
> > > Semua kolom itu adalah kolom utama.
> > > Pada file yang lalu, kolom ID adalah ID Soal. Kolom LineNum adalah ID
> > Baris
> > > yang nanti harus diseusuaikan nilai-nilai ID barisnya agar bisa ditambah
> > > kolom utama baru bernama ID Pilihan.
> > >
> > > Cara mengacak soal membutuhkan kolom bantu. Pada file yang lalu, karena
> > > hanya diacak soalnya dengan posisi pilihan tetap (linenum tidak acak),
> > maka
> > > hanya membutuhkan 1 kolom bantu bernama sort_key.
> > > Jika ingin mengacak pilihan juga, maka perlu 1 sort_key yang juga
> > menyimpan
> > > IDSoal,IDBaris,IDPilihan.
> > > Proses sort harus dilakukan terhadap seluruh kolom sebagai 1 kesatuan
> > > dataset.
> > >
> > > Wassalam,
> > > Kid.
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > >
> > > 2012/12/30 Mr. Kid <mr.nmkid@>
> >
> > >
> > > > Coba file terlampir.
> > > > Cara :
> > > > 1. autofilter selalu dalam keadaan aktif
> > > > >> klik cell A1
> > > > >> CTRL G -> tekan tombol Special -> pilih CurrentRegion -> OK ->
> > > > aktifkan autofilter
> > > > 2. lakukan sort ascending terhadap kolom A dengan klik panah kecil
> > > > autofilter di cell A1 -> pilih sort ascending atau smallest to largest
> > > > 3. lakukan reapply jika akan mengacak soal
> > > > >> ribbon Data -> tekan tombol Reapply
> > > >
> > > > Jika ingin otomasi, lakukan record macro dan atur script hasil record
> > agar
> > > > autofilter tetap aktif dan ter-sort, sehingga proses reapply bisa
> > berjalan
> > > > dengan baik.
> > > > Copy hasil acak ke sheet lain.
> > > >
> > > > Wassalam,
> > > > Kid.
> > > >
> > > >
> > > > 2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@>
> > > >
> > > >> **
> >
> > > >>
> > > >>
> > > >> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> > > >> Rekan-rekan Master, mohon bantuannya dalam pembuatan soal ujian
> > pilihan
> > > >> ganda di Excel. Saya mempunyai satu file soal di excel. 1 sheet dalam
> > > >> workbook memiliki 50 soal. masing-masing soal membutuhkan 6 baris/row
> > (1
> > > >> baris soal, 4 baris pilihan abcd, 1 baris tempat tulis jawaban).
> > > >> 1. bagaimana cara mengacak soal-soal tersebut sehingga menjadi
> > beberapa
> > > >> paket soal?
> > > >> 2. jika ada gambar dalam soal, apakah bisa diacak?
> > > >> Terima kasih banyak Master.
> > > >> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> > > >>
> > > >>
> > > >>
> > > >
> > >
> >
> >
> >
>

Sun Dec 30, 2012 5:53 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

wakakakaka....
berarti banget ya kalo semua baris soal dibuat lebar banget.

kalau begitu, bagaimana jika cell yang ada gambarnya diisi karakter enter
(edit cell lalu tekan ALT ENTER) yang banyak sampai kira-kira bisa membuat
wrap text yang mencukupi untuk si gambar
pastikan status cell gambar tersebut dalam keadaan wrap text on
kemudian coba di reapply sorting nya

jika ingin otomasi, silakan record macro

Wassalam,
Kid.

2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@gmail.com>

> **
>
>
> waduh...gmna ya....
>
> the main thing, thanks so much for you Mr. Kid.
> mdh2an g bosen dtanya.
> wish you luck,amin.
> wassalam.
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
> >
> > hehehe... bagaimana kalau semua baris soal dibuat row height nya seragam,
> > yaitu setinggi gambar dengan tinggi tertinggi.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> > 2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@...>
> >
> > > **
>
> > >
> > >
> > > Terima kasih Mr. teknik yang luar biasa. saya mencoba menaruh file
> gambar
> > > di salah satu cell, ternyata gambarnya juga ikut pindah! tapi dengan
> syarat
> > > harus dalam 1 cell tidak lebih.
> > > masalahnya, ketika misalakan kita menaruh gambar di baris ke 2, kita
> > > sesuaikan lebar garis itu dengan gambar, namun ketika gambar tersebut
> > > pindah ke garis ke 6, maka dia menjadi sangat kecil, karena gambar
> tersebut
> > > menyesuaikan dengan lebar baris itu.
> > > bagaimana membuat baris soal otomatis menyesuakan dengan besar gambar
> yang
> > > kita taruh?
> > > Terima kasih...
> > >
> > >
> > > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@> wrote:
> > > >
> > > > Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
> > > >
> > > > File lampiran yang lalu adalah konsep mengacak, yaitu dengan menyusun
> > > angka
> > > > random. Bisa gunakan fungsi RandBetween di xl2007 ke atas.
> > > > Lepas dari semua itu, kalau gak salah duga, mestinya ada sebuah bank
> soal
> > > > atau setidaknya ada kolom berisi :
> > > > 1. ID Soal (ID Soal bukan nomor soal yang ditampilkan ke user)
> > > > 2. ID baris yang menjadi urutan peletakan baris-baris data di
> tampilan
> > > user
> > > > (interface)
> > > > ID Baris selalu tetap, misal kalimat soal selalu nomor 10, kemudian
> > > > pilihan selalu dari 20 sampai 29 yang bisa diacak, jawaban selalu 30
> > > > 3. ID pilihan : setiap pilihan harus memiliki ID yang berbeda tetapi
> > > > mengikuti IDSoal-nya.
> > > > Misal untuk ID Soal 17, maka pilihan 1 akan memiliki ID 17.1, pilihan
> > > > 2 memiliki ID pilihan 17.2 dst.
> > > > ID Pilihan akan menjadi acuan kunci jawaban ketika posisi ID Baris
> > > > diacak, sehingga baris-baris pilihan akan berubah sedangkan opsi a
> > > sampai e
> > > > selalu tetap.
> > > > Gak mungkin kan kalau soal ID 17 punya pilihan Aku, Kamu, Dia, Kita,
> > > > Kami lalu ketika diacak akan tampil C. Dia, B. Kamu, D. Kita, A.
> Aku, E.
> > > > Kami
> > > > Pasti akan selalu tampil A. Dia, B. Kamu, C. Kita, D. Aku, E. Kami
> > > > Dan jawabannya akan selalu tetap item Aku yang punya IDPilihan 17.1
> > > > 4. Uraian yang berisi bunyi kalimat setiap baris data dan bisa jadi
> butuh
> > > > beberapa kolom, mulai Uraian 1 sampai Uraian sekian.
> > > > 5. Kunci yang berisi ID pilihan yang menjadi jwabannya dan selalu
> > > terletak
> > > > sebari dengan awal ID Soal.
> > > > Semua kolom itu adalah kolom utama.
> > > > Pada file yang lalu, kolom ID adalah ID Soal. Kolom LineNum adalah ID
> > > Baris
> > > > yang nanti harus diseusuaikan nilai-nilai ID barisnya agar bisa
> ditambah
> > > > kolom utama baru bernama ID Pilihan.
> > > >
> > > > Cara mengacak soal membutuhkan kolom bantu. Pada file yang lalu,
> karena
> > > > hanya diacak soalnya dengan posisi pilihan tetap (linenum tidak
> acak),
> > > maka
> > > > hanya membutuhkan 1 kolom bantu bernama sort_key.
> > > > Jika ingin mengacak pilihan juga, maka perlu 1 sort_key yang juga
> > > menyimpan
> > > > IDSoal,IDBaris,IDPilihan.
> > > > Proses sort harus dilakukan terhadap seluruh kolom sebagai 1 kesatuan
> > > > dataset.
> > > >
> > > > Wassalam,
> > > > Kid.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > 2012/12/30 Mr. Kid <mr.nmkid@>
> > >
> > > >
> > > > > Coba file terlampir.
> > > > > Cara :
> > > > > 1. autofilter selalu dalam keadaan aktif
> > > > > >> klik cell A1
> > > > > >> CTRL G -> tekan tombol Special -> pilih CurrentRegion -> OK ->
> > > > > aktifkan autofilter
> > > > > 2. lakukan sort ascending terhadap kolom A dengan klik panah kecil
> > > > > autofilter di cell A1 -> pilih sort ascending atau smallest to
> largest
> > > > > 3. lakukan reapply jika akan mengacak soal
> > > > > >> ribbon Data -> tekan tombol Reapply
> > > > >
> > > > > Jika ingin otomasi, lakukan record macro dan atur script hasil
> record
> > > agar
> > > > > autofilter tetap aktif dan ter-sort, sehingga proses reapply bisa
> > > berjalan
> > > > > dengan baik.
> > > > > Copy hasil acak ke sheet lain.
> > > > >
> > > > > Wassalam,
> > > > > Kid.
> > > > >
> > > > >
> > > > > 2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@>
> > > > >
> > > > >> **
> > >
> > > > >>
> > > > >>
> > > > >> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> > > > >> Rekan-rekan Master, mohon bantuannya dalam pembuatan soal ujian
> > > pilihan
> > > > >> ganda di Excel. Saya mempunyai satu file soal di excel. 1 sheet
> dalam
> > > > >> workbook memiliki 50 soal. masing-masing soal membutuhkan 6
> baris/row
> > > (1
> > > > >> baris soal, 4 baris pilihan abcd, 1 baris tempat tulis jawaban).
> > > > >> 1. bagaimana cara mengacak soal-soal tersebut sehingga menjadi
> > > beberapa
> > > > >> paket soal?
> > > > >> 2. jika ada gambar dalam soal, apakah bisa diacak?
> > > > >> Terima kasih banyak Master.
> > > > >> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> > > > >>
> > > > >>
> > > > >>
> > > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>

Sun Dec 30, 2012 6:59 am (PST) . Posted by:

"slametharto@gmail.com" slametharto

Aiiiih... Keren dong kalo bisa Acak dg gambar.. Seperti lucky draw gituu:.. Bisa share dong pak
-----Original Message-----
From: "Mr. Kid" <mr.nmkid@gmail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sun, 30 Dec 2012 20:52:54
To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Re: Memindah Content Cell Secara Acak

wakakakaka....
berarti banget ya kalo semua baris soal dibuat lebar banget.

kalau begitu, bagaimana jika cell yang ada gambarnya diisi karakter enter
(edit cell lalu tekan ALT ENTER) yang banyak sampai kira-kira bisa membuat
wrap text yang mencukupi untuk si gambar
pastikan status cell gambar tersebut dalam keadaan wrap text on
kemudian coba di reapply sorting nya

jika ingin otomasi, silakan record macro


Wassalam,
Kid.



2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@gmail.com>

> **
>
>
> waduh...gmna ya....
>
> the main thing, thanks so much for you Mr. Kid.
> mdh2an g bosen dtanya.
> wish you luck,amin.
> wassalam.
>
>
> --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@...> wrote:
> >
> > hehehe... bagaimana kalau semua baris soal dibuat row height nya seragam,
> > yaitu setinggi gambar dengan tinggi tertinggi.
> >
> > Wassalam,
> > Kid.
> >
> > 2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@...>
> >
> > > **
>
> > >
> > >
> > > Terima kasih Mr. teknik yang luar biasa. saya mencoba menaruh file
> gambar
> > > di salah satu cell, ternyata gambarnya juga ikut pindah! tapi dengan
> syarat
> > > harus dalam 1 cell tidak lebih.
> > > masalahnya, ketika misalakan kita menaruh gambar di baris ke 2, kita
> > > sesuaikan lebar garis itu dengan gambar, namun ketika gambar tersebut
> > > pindah ke garis ke 6, maka dia menjadi sangat kecil, karena gambar
> tersebut
> > > menyesuaikan dengan lebar baris itu.
> > > bagaimana membuat baris soal otomatis menyesuakan dengan besar gambar
> yang
> > > kita taruh?
> > > Terima kasih...
> > >
> > >
> > > --- In belajar-excel@yahoogroups.com, "Mr. Kid" <mr.nmkid@> wrote:
> > > >
> > > > Wa'alaikumussalam Wr. Wb.
> > > >
> > > > File lampiran yang lalu adalah konsep mengacak, yaitu dengan menyusun
> > > angka
> > > > random. Bisa gunakan fungsi RandBetween di xl2007 ke atas.
> > > > Lepas dari semua itu, kalau gak salah duga, mestinya ada sebuah bank
> soal
> > > > atau setidaknya ada kolom berisi :
> > > > 1. ID Soal (ID Soal bukan nomor soal yang ditampilkan ke user)
> > > > 2. ID baris yang menjadi urutan peletakan baris-baris data di
> tampilan
> > > user
> > > > (interface)
> > > > ID Baris selalu tetap, misal kalimat soal selalu nomor 10, kemudian
> > > > pilihan selalu dari 20 sampai 29 yang bisa diacak, jawaban selalu 30
> > > > 3. ID pilihan : setiap pilihan harus memiliki ID yang berbeda tetapi
> > > > mengikuti IDSoal-nya.
> > > > Misal untuk ID Soal 17, maka pilihan 1 akan memiliki ID 17.1, pilihan
> > > > 2 memiliki ID pilihan 17.2 dst.
> > > > ID Pilihan akan menjadi acuan kunci jawaban ketika posisi ID Baris
> > > > diacak, sehingga baris-baris pilihan akan berubah sedangkan opsi a
> > > sampai e
> > > > selalu tetap.
> > > > Gak mungkin kan kalau soal ID 17 punya pilihan Aku, Kamu, Dia, Kita,
> > > > Kami lalu ketika diacak akan tampil C. Dia, B. Kamu, D. Kita, A.
> Aku, E.
> > > > Kami
> > > > Pasti akan selalu tampil A. Dia, B. Kamu, C. Kita, D. Aku, E. Kami
> > > > Dan jawabannya akan selalu tetap item Aku yang punya IDPilihan 17.1
> > > > 4. Uraian yang berisi bunyi kalimat setiap baris data dan bisa jadi
> butuh
> > > > beberapa kolom, mulai Uraian 1 sampai Uraian sekian.
> > > > 5. Kunci yang berisi ID pilihan yang menjadi jwabannya dan selalu
> > > terletak
> > > > sebari dengan awal ID Soal.
> > > > Semua kolom itu adalah kolom utama.
> > > > Pada file yang lalu, kolom ID adalah ID Soal. Kolom LineNum adalah ID
> > > Baris
> > > > yang nanti harus diseusuaikan nilai-nilai ID barisnya agar bisa
> ditambah
> > > > kolom utama baru bernama ID Pilihan.
> > > >
> > > > Cara mengacak soal membutuhkan kolom bantu. Pada file yang lalu,
> karena
> > > > hanya diacak soalnya dengan posisi pilihan tetap (linenum tidak
> acak),
> > > maka
> > > > hanya membutuhkan 1 kolom bantu bernama sort_key.
> > > > Jika ingin mengacak pilihan juga, maka perlu 1 sort_key yang juga
> > > menyimpan
> > > > IDSoal,IDBaris,IDPilihan.
> > > > Proses sort harus dilakukan terhadap seluruh kolom sebagai 1 kesatuan
> > > > dataset.
> > > >
> > > > Wassalam,
> > > > Kid.
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > >
> > > > 2012/12/30 Mr. Kid <mr.nmkid@>
> > >
> > > >
> > > > > Coba file terlampir.
> > > > > Cara :
> > > > > 1. autofilter selalu dalam keadaan aktif
> > > > > >> klik cell A1
> > > > > >> CTRL G -> tekan tombol Special -> pilih CurrentRegion -> OK ->
> > > > > aktifkan autofilter
> > > > > 2. lakukan sort ascending terhadap kolom A dengan klik panah kecil
> > > > > autofilter di cell A1 -> pilih sort ascending atau smallest to
> largest
> > > > > 3. lakukan reapply jika akan mengacak soal
> > > > > >> ribbon Data -> tekan tombol Reapply
> > > > >
> > > > > Jika ingin otomasi, lakukan record macro dan atur script hasil
> record
> > > agar
> > > > > autofilter tetap aktif dan ter-sort, sehingga proses reapply bisa
> > > berjalan
> > > > > dengan baik.
> > > > > Copy hasil acak ke sheet lain.
> > > > >
> > > > > Wassalam,
> > > > > Kid.
> > > > >
> > > > >
> > > > > 2012/12/30 Adi <abduhsuryadi@>
> > > > >
> > > > >> **
> > >
> > > > >>
> > > > >>
> > > > >> Assalamu'alaikum Wr. Wb.
> > > > >> Rekan-rekan Master, mohon bantuannya dalam pembuatan soal ujian
> > > pilihan
> > > > >> ganda di Excel. Saya mempunyai satu file soal di excel. 1 sheet
> dalam
> > > > >> workbook memiliki 50 soal. masing-masing soal membutuhkan 6
> baris/row
> > > (1
> > > > >> baris soal, 4 baris pilihan abcd, 1 baris tempat tulis jawaban).
> > > > >> 1. bagaimana cara mengacak soal-soal tersebut sehingga menjadi
> > > beberapa
> > > > >> paket soal?
> > > > >> 2. jika ada gambar dalam soal, apakah bisa diacak?
> > > > >> Terima kasih banyak Master.
> > > > >> Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
> > > > >>
> > > > >>
> > > > >>
> > > > >
> > > >
> > >
> > >
> > >
> >
>
>
>

Sat Dec 29, 2012 11:34 pm (PST) . Posted by:

"Flow Nanank" flow.nanank

Dear Mss. Jan,,

lalu bagaimana formula agar menghasilkan kode produksi seperti yg dicontohkan "AB001-1212-001-000001"
mohon pencerahannya ,,,

________________________________
Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 30 Desember 2012 8:42
Judul: Re: [belajar-excel] Cara membuat kode produk baru dg nilai acak


 
Dear pak Nanang,

Fungsi Rand() dan RandBeween() akan selalu menghasilkan nilai yang berubah pada saat terjadi kalkulasi pada sheet tersebut. Bagaimana caranya agar tidak berubah?
1. Matikan fitur auto Calculate
2. Copas kode produk yang sudah ada sebagai Value
3. Jika akan membuat kode produk yang baru, lakukan kalkulasi secara manual dengan cara menekan tombol F9, lalu kode yang ada dicopas Value lagi
4. Begitu seterusnya.
Cara paling umum adalah menggunakan nomor urut yang selalu bertambah 1 dengan kombinasi Text yang berubah berdasarkan kondisi tertentu. Misal;

AB001-1212-001-000001

AB001 = kode produksi (bisa menunjukkan lokasi negara, dan nomor pabrik yang memproduksi)
1212 = tahun dan bulan produksi
001 = batch produksi (akan selalu bertambah 1)
000001 = nomor urut barang yang diproduksi dari pabrik tersebut (akan selalu bertambah 1)

penggunaan kode seperti itu akan memudahkan manajemen untuk melakukan analisa, audit, bahkan recall produk saat terjadi cacat produksi yang terlanjur dijual ke konsumen.

Best Regard,

-Ms. Jan Raisin-

Pada 30 Desember 2012 07:51, Flow Nanank <flow.nanank@yahoo.co.id> menulis:


>Dear Mr. Kid,,,
>
>saya sudah coba formula dr Mr. Kid, tetapi kenapa waktu di tekan " Enter " smua kode yg ada formulanya berubah nilai randomnya,,
>jd stiap kali enter kode berubah truz,,
>itu kenapa yaa pak,,??
>
>
>Thank'z,...
>
>
>
>
>
>
>________________________________
> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Minggu, 30 Desember 2012 1:25
>
>Judul: Re: [belajar-excel] Cara membuat kode produk baru dg nilai acak
>
>
>

>Hai Nanank,
>
>Bagaimana jika dibuat urut saja dari 1 sampai 9999.
>
>Wassalam,
>Kid.
>
>
>2012/12/29 Flow Nanank <flow.nanank@yahoo.co.id>
>
>
>> 
>>Dear Mr. Kid...
>>Thank'z atas pencerahannya...
>>
>>
>>benar sekali Mr. Kid, jika menggunakan medote acak tanpa ada acuan brarti ada byk kemungkinan terjadi data yg memiliki kode kembar,,,
>>kenapa saya tdk kepikiran sampai ksna ya,,,
>>
>>lalu
bagaiaman supaya tidak terjadi kode yg terulang untuk stiap produk ???
>>mohon bantuannya lg yaa pak...
>>
>>
>>Thank'z...
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>________________________________
>> Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
>>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>>Dikirim: Sabtu, 29 Desember 2012 8:35
>>Judul: Re: [belajar-excel] Cara membuat kode produk baru dg nilai acak
>>
>>
>>
>> 
>>Hai Nanank,
>>
>>"kode produk terdiri dari 2 huruf dan angka 4 angka"
>>>> Dua huruf pertama adalah milik kode lama, maka bisa dengan fungsi Left( data_lama , 2 )
>>>> disambung dengan spasi maka formula ditambah dengan bunyi  & " "
>>>> diikuti selalu 4 angka acak yang artinya minimal 1 dan maksimal 9999, maka formula diberi ekspresi pembuat 4 angka :
>>      & text( randbetween( 1 , 9999 ) , "0000" )
>>>> jika menggunakan xl2003 kebawah, maka bagian RandBetween diganti dengan :
>>      int( rand() * 9999 + 1 )
>>
>>Formula lengkap, misal data lama di A2 dan data baru di B2 :
>>=Left( A2 , 2 )  & " " & Text( RandBetween( 1 , 9999 ) , "0000" )              -> xl2007 ke atas
>>=Left( A2 , 2 )  & " " & Text( Int( Rand() * 9999 + 1  ) , "0000" )                 -> semua versi Excel
>>
>>Penyusun acak huruf (1 huruf -> A-Z [capital]) bisa dilakukan dengan bantuan fungsi Char. Kode ASCII huruf A dimulai dari nomor 65, dan Z di 90
>>formula bisa berupa
>>=Char( RandBetween( 65 , 90 )  )  -> xl2007 ke atas
>>=Char( Rand() * ( 90 - 65 ) + 65 )  -> semua versi :: bila ingin mendapatkan bilangan bulat, sertakan fungsi Int sebagai proses komputasi terhadap hasil Rand() blabla
>>
>>Untuk menyusun 2 karakter acak : (gunakan sesuai kebutuhan dan ubah batas nilai acak sesuai kebutuhan)
>>=penyusun_karakter_1 & penyusun_karakter_2
>>=Char( RandBetween( 65 , 90 )  ) & Char( RandBetween( 65 , 90 )  )
>>=Char( Rand() * ( 90 - 65 ) + 65 ) & Char( Rand() * ( 90 - 65 ) + 65 )
>>
>>Akan digabungkan dengan formula penyusun angka sebagai pengganti bagia Left dalam formula di atas sana :
>>=Char( RandBetween( 65 , 90 )  ) & Char( RandBetween( 65 , 90 )  )  & " " & Text( RandBetween( 1 , 9999 ) , "0000" )       -> xl2007 ke atas
>>=Char( Rand() * ( 90 - 65 ) + 65 ) & Char( Rand() * ( 90 - 65 ) + 65 ) & " " & Text( Int( Rand() * 9999 + 1  ) , "0000" )                 -> semua versi Excel
>>
>>Karena kriterianya hanya acak, maka ada potensi terjadinya duplikasi antara data lama dengan baru maupun data baru dengan data baru lainnya.
>>Biasanya pengubahan kode produk dari lama ke baru diikuti dengan penyusunan suatu format tertentu, misal karakter pertama untuk hal tertentu, dst sampai 2 angka terakhir menunjukkan varian produk. Dan hasil pengubahan itu akan membentuk sebuah peta data transformasi kode produk.
>>
>>Untuk pembuatan kode produk baru, umumnya adalah mengisi area kosong yang ada. Jika kode produk memiliki suatu format tertentu, maka area kosong yang dimaksud adalah area kosong di setiap part kode produk yang sesuai.
>>
>>Wassalam,
>>Kid.
>>
>>
>>
>>
>>2012/12/28 Flow Nanank <flow.nanank@yahoo.co.id>
>>
>>
>>> 
>>>Dear BeExceller,,
>>>
>>>
>>>Mohon bantuannya untuk membuat kode produk baru dg nilai acak...
>>>kode produk terdiri dari 2 huruf dan angka 4 angka,,
>>>
>>>
>>>
>>>
>>>file terlampir...
>>>
>>>
>>>Thank'z
>>>
>>>
>>>
>>
>>
>>
>
>
>

Sat Dec 29, 2012 11:46 pm (PST) . Posted by:

"Andre Rahmaidy Teeza" andre_teeza_bn

Hai Mr.Kid

terima kasih sebelumnya, saya kurang memahami maksud dari email Mr.Kid bisa ga Mr jelaskan lebih rinci lagi yang di maksud dalam email Mr tersebut.

Wasalam
Andree

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Sunday, December 30, 2012 2:44 AM
Subject: Re: [belajar-excel] Otomatis entri data ke sheet yang lain


 
Hai Andree,

Coba ubah uraian dan sandi pada file lampiran di posting http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/21436
(file lampiran bisa diunduh di : http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Form-Data-td5714220.html)

Kemudian tambah dan ubah pengubah tanda negatif positif yang diperlukan menggunakan record macro use relative references.

Wassalam,
Kid.

2012/12/27 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com>


>Sore Master Exceller
>
>terima kasih sebelumnya to Mr. Kid atas petunjuknya belajar tentang macro exel. saya mau tanya lagi Mr. gimana proses macronya untuk pos Laporan laba Rugi yang sebelumnya bergabung di sheet FORM secara otomatis pindah ke sheet lain (sheet RL), ketika saya klik tombol isi data (file terlampir).
>
>Wasalam
>
>Andree
>
>--- Mods ---
>Mohon tidak menyertakan akun selain milis Belajar-Excel pada alamat tujuan email.
>------------

Sun Dec 30, 2012 12:03 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Pada file lampiran yang lalu (re-form isi.xls) ada kolom uraian, uraian1
dan sandi.
Isi dari baris data pada kolom-kolom tersebut Anda ganti dengan bentuk
output yang Anda inginkan.
Prosedurnya akan tetap begitu.

Nanti akan ketemu ribetnya ketika ada banyak bentuk output.
Hal ini disebabkan karena fokusnya adalah selalu di output dan bukan pada
kesederhanaan data.
Sheet Data mestinya ada ID unique per uraian dan sandinya. Dengan ID unique
tersebut (yang belum ada di sheet Data), maka bisa disusun sebuah pivot
table sebagai bridge (tabel jembatan) pembentuk output yang lebih sederhana
dan lebih universal untuk berbagai output.
Dari tabel jembatan itulah nanti output yang selalu ditekankan tidak boleh
berubah urutannya akan dibentuk.
Karena hal ini sepertinya sangat memberatkan Anda, maka coba cara di atas
sana.
Prosedur dalam file re-form isi.xls dibuat untuk membentuk susunan standar
berdasar kolom Uraian, Uraian1, dan Sandi.
Jika Anda ganti item-item sandi nya (tentu sekalian dengan uraian), maka
akan disusun dataset orientasi horisontal-nya.
Penyusunan adalah dengan formula SumProduct berisi array. Jadi pada data
yang banyak akan lambat (ini resiko).

Usai mendapatkan susunannya horisontalnya, maka buat sebuah prosedur (pakai
record macro) untuk menyalin (copy) hasil proses sheet form(2) itu ke sheet
output yang sesuai.

Wassalam,
Kid.

2012/12/30 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com>

> **
>
>
> Hai Mr.Kid
>
> terima kasih sebelumnya, saya kurang memahami maksud dari email Mr.Kid
> bisa ga Mr jelaskan lebih rinci lagi yang di maksud dalam email Mr tersebut.
>
> Wasalam
> Andree
>
> ------------------------------
> *From:* Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Sent:* Sunday, December 30, 2012 2:44 AM
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Otomatis entri data ke sheet yang lain
>
>
> Hai Andree,
>
> Coba ubah uraian dan sandi pada file lampiran di posting
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/message/21436
> (file lampiran bisa diunduh di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/belajar-excel-Form-Data-td5714220.html
> )
>
> Kemudian tambah dan ubah pengubah tanda negatif positif yang diperlukan
> menggunakan record macro use relative references.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2012/12/27 Andre Rahmaidy Teeza <andre_teeza_bn@yahoo.com>
>
> **
>
> Sore Master Exceller
>
> terima kasih sebelumnya to Mr. Kid atas petunjuknya belajar tentang macro
> exel. saya mau tanya lagi Mr. gimana proses macronya untuk pos Laporan laba
> Rugi yang sebelumnya bergabung di sheet FORM secara otomatis pindah ke
> sheet lain (sheet RL), ketika saya klik tombol isi data (file terlampir).
>
> Wasalam
>
> Andree
>
> --- Mods ---
> Mohon tidak menyertakan akun selain milis Belajar-Excel pada alamat tujuan
> email.
> ------------
>
>
>
>
>
>

Sun Dec 30, 2012 1:11 am (PST) . Posted by:

"Agestha Hendra" agesthahendra@ymail.com

Wah...mantab Mr. Kid,,,, semoga ilmu yang sdh diberikan ke milis ini menjadi amal jariayah buat Mr. Kid ... amin

Regards
Hendra

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 30 Desember 2012 12:45
Judul: Re: [belajar-excel] Select Method of Range Failed


 
Hai Hendra,

Bagaimana kalau bagian :
Sheets("Sheet2").Select
Columns("A:E").Select

diganti menjadi :
with Sheets("Sheet2")
      .visible=xlsheetvisible
      .unprotect "PWD"

       'copas langsung
       sheets("sheet1").range("a1:x17").copy
       .range("a1").pastespecial xlpastevalues

      'mau ke sheet2
      .activate
      .range("a1:e1").entirecolumn.select      'biasanya bisa dengan columns juga

     .protect "PWD" , userinterfaceonly:=true
      '.visible=xlsheetveryhidden   '-> jika ingin disembunyikan, aktifkan baris ini dan ndak perlu aktifasi maupun select cell di sheet2
end with

Wassalam,
Kid.

2012/12/30 Agestha Hendra <agesthahendra@ymail.com>


>Wah,,terima kasih banyak Mbak/mas Jan Raisin,,,penjelasannya sangat menambah pengetahuan,,,
>
>
>Bisa minta tolong gimana VBA-nya : mengcopy suatu range di Sheet1 --- Paste Special Value ke sel A1 di Sheet2 (tapi Sheet2 terprotect dgn password : PWD) ---
>kemudian kembali memprotect Sheet2...
>
>Regards
>Hendra
>
>
>________________________________
> Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Minggu, 30 Desember 2012 8:16
>Judul: Re: [belajar-excel] Select Method of Range Failed
>
>
>

>Dear pak Hendra,
>
>
>Excel merupakan sebuah objek, di dalam Excel juga memiliki objek yang lain dengan hierarki yang bertingkat.
>Susunannya adalah begini:
>
>
>di dalam Excel ada objek yang namanya Workbook, 
>di dalam Workbook ada objek yang namanya Worksheet (Sheet)
>di dalam Worksheet ada objek yang namanya Range, Chart, Shape, dll
>
>kalo dalam sehari-hari bisa dimisalkan sebagai:
>Excel adalah mbah Buyut (orang tua dari si mbah), punya anak namanya Mbah (Workbook)
>si Mbah yaitu orang tuannya bapak (Workbook) punya anak banyak, ada yang namanya Bapak (Sheet1), pakde (sheet2), bude (Sheet3) dll
>si Bapak (Worksheet) punya anak banyak, ada yang anak kandung/anak biologis (namanya Range) ada juga anak angkat (namanya Chart, Shape, Command Botton dll)
>
>
>Nah saat yang aktif adalah sheet1 (Bapak), lalu pasti ada anak bapak yang modenya juga aktif misal cell Aktif di A1 (ini adalah pak Hendra).
>
>
>Tidak sopan kan jika pak Hendra (cell aktif di sheet1) memanggil pakde (sheet2) dengan panggilan "Hei pakde, sini !" => sheet2.select
>lalu pak Hendra memanggil anaknya si pakde untuk diperintahkan mengerjakan sesuatu "Hei kamu Fulan, sini !" => Columns("A:E").select
>
>
>Walau pun masih di dalam 1 rumah yang sama akan lebih sopan jika memanggilnya melalui dari hierarki yang lebih tinggi.
>Kalo saat ini yang aktif adalah Bapak (sheet1) maka untuk memanggil anaknya si pakde harus melalui orang yang kedudukannya lebih tinggi yaitu melalui si pakde
>
>
>with sheet2  ' (permisi pakde, minta izin mau minta tolong sama si anu)
>   ' ini yang pekerjaan yang diminta dilakukan
>end with
>
>
>kalau anaknya si pakde tidak mau membantu padahal sudah minta izin si pakde tentu saja si pakde sendiri yang akan akan menegur anaknya.
>
>
>atau kalau si bapak, pakde, pak Hendra (cell A1 di sheet 1), terus anak-anaknya pakde (colom A s/d colom E di sheet2) bekerja dalam 1 perusahaan yang sama (perusahaan keluarga) maka bisa memanggil melalui orang yang memiliki jabatan lebih tinggi dari semuanya (contoh adalah melalui sebuah Modul, ini si Boss dalam perusahaan keluarga tadi).
>
>
>Jadi nanti semua perintah dikeluarkan  secara resmi oleh si Bos (module) berdasarkan permintaan anaknya si bapak (range, cell, shape, command botton dll) melalui katabelece ( Call Module1, ini contoh katabelecenya).
>
>
>Satu hal kelebihan menggunakan VBA adalah kita tidak perlu memanggil suatu objek dengan perintah .Select, jadi kalau memungkinkan sebisa mungkin perintah.Select dihindari
>
>
>misal ada dari sheet1 akan mengcopy isi cell A1 sampai E5 lalu dipaste ke sheet1 mulai cell A1 maka bisa dilakukan dengan perintah:
>
>
>with sheet2
>   .range("a1:e5").copy sheet1.range("a1")
>end with
>
>
>Hak Cipta atas dongeng ini ada pada mr KID xixixi :D
>
>
>Jika salah tolong dikoreksi, jika kurang tolong dilengkapi.
>
>
>Best Regard,
>
>
>-Ms. Jan Raisin-
>
>
>
>
>2012/12/29 agesthahendra@ymail.com <agesthahendra@ymail.com>
>
>
>> 
>>Dear Be-exceler,..
>>
>>Misal kita berada di Sheet1, kemudian kita menjalankan macro :
>>
>>Sheets("Sheet2").Select
>>Columns("A:E").Select
>>
>>mengapa terjadi erorr :
>>
>>"Select Method of Range Failed" dengan baris ke 2 : Columns("A:E").Select tersorot,..
>>
>>bagaimana caranya menghindari erorr tsb..?
>>
>>Trima kasih
>>Regards
>>Hendra
>>
>>
>
>
>

Sun Dec 30, 2012 6:32 am (PST) . Posted by:

"slametharto@gmail.com" slametharto

آمِÙŠّÙ†ْ... آمِÙŠّÙ†ْ. . ÙŠَ رَ بَّÙ„ْ عَÙ„َÙ…ِÙŠّ Amiiiin yaa rob
-----Original Message-----
From: Agestha Hendra <agesthahendra@ymail.com>
Sender: belajar-excel@yahoogroups.com
Date: Sun, 30 Dec 2012 16:41:45
To: belajar-excel@yahoogroups.com<belajar-excel@yahoogroups.com>
Reply-To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Bls: [belajar-excel] Select Method of Range Failed

Wah...mantab Mr. Kid,,,, semoga ilmu yang sdh diberikan ke milis ini menjadi amal jariayah buat Mr. Kid ... amin

Regards
Hendra



________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Minggu, 30 Desember 2012 12:45
Judul: Re: [belajar-excel] Select Method of Range Failed


 
Hai Hendra,

Bagaimana kalau bagian :
Sheets("Sheet2").Select
Columns("A:E").Select

diganti menjadi :
with Sheets("Sheet2")
      .visible=xlsheetvisible
      .unprotect "PWD"

       'copas langsung
       sheets("sheet1").range("a1:x17").copy
       .range("a1").pastespecial xlpastevalues

      'mau ke sheet2
      .activate
      .range("a1:e1").entirecolumn.select      'biasanya bisa dengan columns juga

     .protect "PWD" , userinterfaceonly:=true
      '.visible=xlsheetveryhidden   '-> jika ingin disembunyikan, aktifkan baris ini dan ndak perlu aktifasi maupun select cell di sheet2
end with

Wassalam,
Kid.


2012/12/30 Agestha Hendra <agesthahendra@ymail.com>



>Wah,,terima kasih banyak Mbak/mas Jan Raisin,,,penjelasannya sangat menambah pengetahuan,,,
>
>
>Bisa minta tolong gimana VBA-nya : mengcopy suatu range di Sheet1 --- Paste Special Value ke sel A1 di Sheet2 (tapi Sheet2 terprotect dgn password : PWD) ---
>kemudian kembali memprotect Sheet2...
>
>Regards
>Hendra
>
>
>________________________________
> Dari: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
>Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
>Dikirim: Minggu, 30 Desember 2012 8:16
>Judul: Re: [belajar-excel] Select Method of Range Failed
>
>
>

>Dear pak Hendra,
>
>
>Excel merupakan sebuah objek, di dalam Excel juga memiliki objek yang lain dengan hierarki yang bertingkat.
>Susunannya adalah begini:
>
>
>di dalam Excel ada objek yang namanya Workbook, 
>di dalam Workbook ada objek yang namanya Worksheet (Sheet)
>di dalam Worksheet ada objek yang namanya Range, Chart, Shape, dll
>
>kalo dalam sehari-hari bisa dimisalkan sebagai:
>Excel adalah mbah Buyut (orang tua dari si mbah), punya anak namanya Mbah (Workbook)
>si Mbah yaitu orang tuannya bapak (Workbook) punya anak banyak, ada yang namanya Bapak (Sheet1), pakde (sheet2), bude (Sheet3) dll
>si Bapak (Worksheet) punya anak banyak, ada yang anak kandung/anak biologis (namanya Range) ada juga anak angkat (namanya Chart, Shape, Command Botton dll)
>
>
>Nah saat yang aktif adalah sheet1 (Bapak), lalu pasti ada anak bapak yang modenya juga aktif misal cell Aktif di A1 (ini adalah pak Hendra).
>
>
>Tidak sopan kan jika pak Hendra (cell aktif di sheet1) memanggil pakde (sheet2) dengan panggilan "Hei pakde, sini !" => sheet2.select
>lalu pak Hendra memanggil anaknya si pakde untuk diperintahkan mengerjakan sesuatu "Hei kamu Fulan, sini !" => Columns("A:E").select
>
>
>Walau pun masih di dalam 1 rumah yang sama akan lebih sopan jika memanggilnya melalui dari hierarki yang lebih tinggi.
>Kalo saat ini yang aktif adalah Bapak (sheet1) maka untuk memanggil anaknya si pakde harus melalui orang yang kedudukannya lebih tinggi yaitu melalui si pakde
>
>
>with sheet2  ' (permisi pakde, minta izin mau minta tolong sama si anu)
>   ' ini yang pekerjaan yang diminta dilakukan
>end with
>
>
>kalau anaknya si pakde tidak mau membantu padahal sudah minta izin si pakde tentu saja si pakde sendiri yang akan akan menegur anaknya.
>
>
>atau kalau si bapak, pakde, pak Hendra (cell A1 di sheet 1), terus anak-anaknya pakde (colom A s/d colom E di sheet2) bekerja dalam 1 perusahaan yang sama (perusahaan keluarga) maka bisa memanggil melalui orang yang memiliki jabatan lebih tinggi dari semuanya (contoh adalah melalui sebuah Modul, ini si Boss dalam perusahaan keluarga tadi).
>
>
>Jadi nanti semua perintah dikeluarkan  secara resmi oleh si Bos (module) berdasarkan permintaan anaknya si bapak (range, cell, shape, command botton dll) melalui katabelece ( Call Module1, ini contoh katabelecenya).
>
>
>Satu hal kelebihan menggunakan VBA adalah kita tidak perlu memanggil suatu objek dengan perintah .Select, jadi kalau memungkinkan sebisa mungkin perintah.Select dihindari
>
>
>misal ada dari sheet1 akan mengcopy isi cell A1 sampai E5 lalu dipaste ke sheet1 mulai cell A1 maka bisa dilakukan dengan perintah:
>
>
>with sheet2
>   .range("a1:e5").copy sheet1.range("a1")
>end with
>
>
>Hak Cipta atas dongeng ini ada pada mr KID xixixi :D
>
>
>Jika salah tolong dikoreksi, jika kurang tolong dilengkapi.
>
>
>Best Regard,
>
>
>-Ms. Jan Raisin-
>
>
>
>
>2012/12/29 agesthahendra@ymail.com <agesthahendra@ymail.com>
>
>
>> 
>>Dear Be-exceler,..
>>
>>Misal kita berada di Sheet1, kemudian kita menjalankan macro :
>>
>>Sheets("Sheet2").Select
>>Columns("A:E").Select
>>
>>mengapa terjadi erorr :
>>
>>"Select Method of Range Failed" dengan baris ke 2 : Columns("A:E").Select tersorot,..
>>
>>bagaimana caranya menghindari erorr tsb..?
>>
>>Trima kasih
>>Regards
>>Hendra
>>
>>
>
>
>


Sun Dec 30, 2012 5:38 am (PST) . Posted by:

"Indra Psr" indra_psr

Dear All,

Saya mencoba untuk modif kembali, tp tidak mengerti, apalagi terkait
dengan access,, tp saya perlu data tsb & di oleah di excel. Dear Mr.
Kid,, mohon izin kembali untuk menggunakan modulnya.

Prosesnya: ketika kita tekan proses, ada 2 DTP yaitu From & To, untuk
date "From", tampil otomatis -30 hari dari hari ini, & untuk date "To"
tampil otomatis tgl hari ini (ketika pertama kali buka form),
bagaimana ya caranya? & tentu saja fleksibel date ketika kita memilih
tanggal yg lain (tetep bisa di ubah tanggalnya)

Setelah pilih tanggal, kita pencet "tarik laporan", nah.. ini dia,,
tarik laporan ini yt menarik data dari access ke excel sesuai dgn
tanggal yg sudah di pilih,, bagaimana ya?
Di lampiran, saya kasi 2 file .mdb, saya ada liat file .mdb asli
(milik Mr. Kid), tp sy gk tau bagaimana buat querynya ya?? hehehe.. yg
kita pake untuk tarik data adalah file DATA.mdb,,

Terimakasih,

Indra

Sun Dec 30, 2012 6:02 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

jiaahh... filenya melebihi batas deh... jadi harus moderated lagi...

Pak Indra,

Cara ambil data dari database selalu menggunakan query. Sebaiknya pelajari
bahasa SQL agar bisa melakukan banyak hal terhadap data.
Kira-kira bunyi querynya :
SELECT kolomTgl,kolom1,kolom2,....,kolomN FROM nama_table WHERE kolomTgl
BETWEEN #YYYY-MM-DD# AND #YYYY-MM-DD#
yang biru diisi dengan nilai dari cell inputan yang menunjukkan tanggal
awal dalam format YYYY-MM-DD (gunakan fungsi Format$() milik VB
yang merah tanggal akhirnya.

Urutan proses :
1. hapus tabel hasil yang lama
2. buka recordset dengan query tadi (pastikan ada koneksinya)
3. copyfromrecordset ke area tabel hasil
4. tutup recordset bila perlu sekalian koneksinya.

Wassalam,
Kid.

2012/12/30 Indra Psr <indra.psr@gmail.com>

> **
>
>
> Dear All,
>
> Saya mencoba untuk modif kembali, tp tidak mengerti, apalagi terkait
> dengan access,, tp saya perlu data tsb & di oleah di excel. Dear Mr.
> Kid,, mohon izin kembali untuk menggunakan modulnya.
>
> Prosesnya: ketika kita tekan proses, ada 2 DTP yaitu From & To, untuk
> date "From", tampil otomatis -30 hari dari hari ini, & untuk date "To"
> tampil otomatis tgl hari ini (ketika pertama kali buka form),
> bagaimana ya caranya? & tentu saja fleksibel date ketika kita memilih
> tanggal yg lain (tetep bisa di ubah tanggalnya)
>
> Setelah pilih tanggal, kita pencet "tarik laporan", nah.. ini dia,,
> tarik laporan ini yt menarik data dari access ke excel sesuai dgn
> tanggal yg sudah di pilih,, bagaimana ya?
> Di lampiran, saya kasi 2 file .mdb, saya ada liat file .mdb asli
> (milik Mr. Kid), tp sy gk tau bagaimana buat querynya ya?? hehehe.. yg
> kita pake untuk tarik data adalah file DATA.mdb,,
>
> Terimakasih,
>
> Indra
>
>
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar