Senin, 18 Februari 2013

[belajar-excel] Digest Number 2096

15 New Messages

Digest #2096
1a
Bls: [belajar-excel] Open New File by "agung aldhino" d_nozz
1b
Re: Open New File by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
2a
Re: Force Error 452 by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: Tanya Rumus untuk hitung target by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3b
4b
Konversi waktu menjadi angka by "Budhi Cahyanto"
4c
Re: Konversi waktu menjadi angka by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Urut tanggal dari 2 Sheet by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Messages

Mon Feb 18, 2013 1:37 am (PST) . Posted by:

"agung aldhino" d_nozz

Dear Mr Kid,
maaf pertanyaan saya kurang detail. maksud saya untuk membuat new file yang berisi sheet tertentu.
maaf mr kid. kesalahan pertanyaan ada pada saya.
 
best regards
d Nozz

________________________________
Dari: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Senin, 18 Februari 2013 16:12
Judul: Re: [belajar-excel] Open New File

 
Hai Agung,

Biasanya tanpa macro bisa dengan menekan CTRL N

Jika ingin belajar VBA (Macro), coba langkah berikut : (asumsi dengan xl2007)
1. menuju ke ribbon (menu) Developer (jika belum muncul, tekan Office Button -> Options -> page Popular (sisi kiri) -> centang Show developer ribbon -> OK)
2. tekan tombol record macro
3. beri nama macro (misal : BuatWorkbookBaru)
4. pada shortcut isi dengan huruf N
5. tekan OK
6. tekan CTRL N
7. tekan tombol Stop recording
8. save as workbook dengan menekan ALT  F  A   atau menekan F12
9. pada save as type, pilih .xlsm
10. tekan tombol Save
11. coba tekan CTRL SHIFT  N

Jika ingin membuat tombol khusus dalam worksheet :
1. insert shape (misal rectangle)
2. klik kanan shape -> pilih Assign Macro -> pilih nama macro (misal tadi record macro bernama  BuatWorkbookBaru ) -> OK
3. save (CTRL S)
4. klik sebuah cell
5. klik shape

Jika ingin lihat script untuk buat workbook baru :
1. ke VBE dengan menekan ALT F11
2. double click Module1
3. cari prosedur bernama BuatWorkbookBaru  (bisa gunakan fitur Find dengan menekan CTRL F dan pilih Current Project)
4. dalam prosedur (antara tulisan SUB sampai END SUB) ada perintah untuk buat workbook baru
5. kembali ke worksheet dengan menekan ALT F11

Jika ingin buat secara langsung tanpa record macro :
1. ke VBE
2. menu Insert -> Module
3. copas script berikut :
public sub ContohBuatWorkbookBaru()
    workbooks.add
end sub
4. kembali ke worksheet
5. insert shape dan assign macro ke prosedur ContohBuatWorkbookBaru [bila perlu]

Wassalam,
Kid.

2013/2/18 agung aldhino d_nozz@yahoo.co.id>
 
>dear master excel,
>saya lagi belajar excel nich. ada yang mau saya tanyakan ke master2 sekalian. untuk membuat new file dari sheet yang ada lewat macro bagaimana yach master2???

Mon Feb 18, 2013 1:47 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Oh... gitu.

Sekarang, maksud berisi sheet tertentu itu apa ?
>> berisi sejumlah sheet tertentu, misal workbook baru berisi 7 sheet
kosong langsung
dim lDefShtCount as long
dim wbk as workbook
set wbk = thisworkbook
ldefshtcount=application.sheetsinnewworkbook 'simpan dulu jumlah sheet
default yang dipakai sekarang
application.sheetsinnewworkbook=7
workbooks.add
wbk.activate
application.sheetsinnewworkbook=ldefshtcount

Wassalam,
Kid.

2013/2/18 agung aldhino d_nozz@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Dear Mr Kid,
> maaf pertanyaan saya kurang detail. maksud saya untuk membuat new file
> yang berisi sheet tertentu.
> maaf mr kid. kesalahan pertanyaan ada pada saya.
>
> best regards
> d Nozz
>
> *Dari:* Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
> *Kepada:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Dikirim:* Senin, 18 Februari 2013 16:12
> *Judul:* Re: [belajar-excel] Open New File
> **
>
> Hai Agung,
>
> Biasanya tanpa macro bisa dengan menekan CTRL N
>
> Jika ingin belajar VBA (Macro), coba langkah berikut : (asumsi dengan
> xl2007)
> 1. menuju ke ribbon (menu) Developer (jika belum muncul, tekan Office
> Button -> Options -> page Popular (sisi kiri) -> centang Show developer
> ribbon -> OK)
> 2. tekan tombol record macro
> 3. beri nama macro (misal : BuatWorkbookBaru)
> 4. pada shortcut isi dengan huruf N
> 5. tekan OK
> 6. tekan CTRL N
> 7. tekan tombol Stop recording
> 8. save as workbook dengan menekan ALT F A atau menekan F12
> 9. pada save as type, pilih .xlsm
> 10. tekan tombol Save
> 11. coba tekan CTRL SHIFT N
>
> Jika ingin membuat tombol khusus dalam worksheet :
> 1. insert shape (misal rectangle)
> 2. klik kanan shape -> pilih Assign Macro -> pilih nama macro (misal tadi
> record macro bernama BuatWorkbookBaru ) -> OK
> 3. save (CTRL S)
> 4. klik sebuah cell
> 5. klik shape
>
> Jika ingin lihat script untuk buat workbook baru :
> 1. ke VBE dengan menekan ALT F11
> 2. double click Module1
> 3. cari prosedur bernama BuatWorkbookBaru (bisa gunakan fitur Find dengan
> menekan CTRL F dan pilih Current Project)
> 4. dalam prosedur (antara tulisan SUB sampai END SUB) ada perintah untuk
> buat workbook baru
> 5. kembali ke worksheet dengan menekan ALT F11
>
> Jika ingin buat secara langsung tanpa record macro :
> 1. ke VBE
> 2. menu Insert -> Module
> 3. copas script berikut :
> public sub ContohBuatWorkbookBaru()
> workbooks.add
> end sub
> 4. kembali ke worksheet
> 5. insert shape dan assign macro ke prosedur ContohBuatWorkbookBaru [bila
> perlu]
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/2/18 agung aldhino d_nozz@yahoo.co.id>**
>
> **
>
> dear master excel,
> saya lagi belajar excel nich. ada yang mau saya tanyakan ke master2
> sekalian. untuk membuat new file dari sheet yang ada lewat macro bagaimana
> yach master2???
>
> **
> ****
>
>
>

Mon Feb 18, 2013 1:49 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Coba cari tahu batas quota pengiriman email yang sama dari akun email yang
digunakan untuk kirim email.
Jika mencukupi, cek juga batas quota yang diset dalam thunderbird.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

On Mon, Feb 18, 2013 at 3:02 PM, slametharto@gmail.com> wrote:

> Assalammu alaikum wr wb
>
> Dear Master
> Masih dgn email thunderbird. Saya coba dgn cdo method utk kirim bulk email
> ±400 recepient beserta attachment.
> Tetapi hanya dpt mengirim ke 9 recepient saja, muncul error 452: Run-time
> error , the server rejected the sender address. The server response was :
> 452, user.name is over quota and can't send mail.
>
> Setelah itu saya refresh thundirbird manual, lalu run vba lagi.. Jadi
> bisanya per 9 alamat penerima email. Gimana cara memaksakan agar terkirim
> semua.
>
> Sebelum dan sesudahnya terima kasih.
> Wassalammu 'alaikum wr wb
>
>
> ------------------------------------
>
> ----------------------------------------------------------
> bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
> belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com
>
> posting ke milis, kirimkan ke:
> belajar-excel@yahoogroups.com
>
> berkunjung ke web milis
> http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages
>
> melihat file archive / mendownload lampiran
> http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
> atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
> http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/
>
> menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com
>
> keluar dari membership milis (UnSubscribe):
> kirim mail kosong ke belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
> ----------------------------------------------------------Yahoo!
> Groups Links
>
>
>
>

Mon Feb 18, 2013 2:09 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Apri,

kolom C : hitung cacah jika nilainya lebih dari atau sama dengan 4
=COUNTIF(C5:C35,">=4")

kolom D : jumlahkan hasil perkalian array qty >=4 *dengan* value >= 3000000
=SUMPRODUCT((C5:C35>=4)*(D5:D35>=3000000))

kolom G (tidak dipengaruhi value, yang tadinya belum mencapai target,
sekarang mencapai target) :
=SUMPRODUCT((C5:C35<4)*(G5:G35>=4))

kolom H (dipengaruhi value, yang tadinya belum mencapai target, sekarang
mencapai target) :
ada 2 target, berdasar *qty *atau berdasar *value*
=SUMPRODUCT(*(C5:C35<4)*(G5:G35>4)*+*(D5:D35<3000000)*(H5:H35>=3000000)*)

Wassalam,
Kid.

2013/2/18 Apriyadi Apri apriyadi_apry@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Salam sejahtera,
> Mohon bantuan Master Excel untuk memberikan Rumus serta penjelasannya
> sehingga saya dapat mengerti setiap fungsi rumusnya.
>
> Berikut file lampiran data dan pertanyaannya.
> sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
>
> salam
>
> Apri
> WebRep
> Overall rating
>
>
>

Mon Feb 18, 2013 5:43 am (PST) . Posted by:

"Apriyadi Apri" apriyadi_apry

Dear Mr Kid,

Terima kasih atas bantuannya.
Maaf ada sedikit penambahan dan perubahan dari yang sebelumnnya kerena saya menjelaskan pertanyaannya ada yang kurang.

Untuk yang kolom H untuk syarat untuk capai target Value maka minimal qty harus 4 dengan value 3juta.Jadi jika menggunakan rumus ini

=SUMPRODUCT((C5:C35<4)*(G5:G35>4)+(D5:D35<3000000)*(H5:H35>=3000000))

saat ada penambahan di kolom G yang berupa qtytidak minimal 4 maka tidak akan menambah nilai target value meski nilai total dikolom H lebih dari 3 juta.seperti di kolom D saya menggunakan rumus

=COUNTIFS(C5:C504,">=4",D5:D504,">=3000000")

Dan saya bingung harus menggunakan rumus apa untuk kolom H???

Untuk Kolom G saya akan menggunakan rumus Mr Kid berikan.

terima kasih atas bantuan dan ilmu baru yang saya dapatkan.

salam

Apri

----- Forwarded Message -----
From: Mr. Kid mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 18, 2013 5:09 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Tanya Rumus untuk hitung target


 
Hai Apri,

kolom C : hitung cacah jika nilainya lebih dari atau sama dengan 4
=COUNTIF(C5:C35,">=4")

kolom D : jumlahkan hasil perkalian array qty >=4 dengan value >= 3000000
=SUMPRODUCT((C5:C35>=4)*(D5:D35>=3000000))

kolom G (tidak dipengaruhi value, yang tadinya belum mencapai target, sekarang mencapai target) :
=SUMPRODUCT((C5:C35<4)*(G5:G35>=4))

kolom H (dipengaruhi value, yang tadinya belum mencapai target, sekarang mencapai target) :
ada 2 target, berdasar qty atau berdasar value
=SUMPRODUCT((C5:C35<4)*(G5:G35>4)+(D5:D35<3000000)*(H5:H35>=3000000))

Wassalam,
Kid.

2013/2/18 Apriyadi Apri apriyadi_apry@yahoo.com>


>Dear Master Excel,
>   
>        Salam sejahtera,
>Mohon bantuan Master Excel untuk memberikan Rumus serta penjelasannya sehingga saya dapat mengerti setiap fungsi rumusnya.
>
>Berikut file lampiran data dan pertanyaannya.
>sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.
>
>salam
>
>Apri
>WebRep
>Overall rating

>

WebRep
Overall rating

Mon Feb 18, 2013 2:09 am (PST) . Posted by:

Alhamdulillah. Sudah benar Mr. Kid. Memang lupa aposropnya harus double.
Terima kasih. Semoga Allah SWT membalas kebaikan Mr. Kid .

Wassalam,
Tio

"Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
02/18/2013 01:45 PM
Please respond to belajar-excel

To: belajar-excel@yahoogroups.com
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Mengecek isi cell

Bunyi formula yang diinginkan tertulis di cell adalah :
=Countif(RangeHeader,"Keterangan")

Karena ada inputan berupa string berbunyi "Keterangan&quot; (lengkap beserta tanpa petik dua), maka setiap tanda petik dua harus
menjadi 2 bijik, menjadi :
=Countif(RangeHeader,""Keterangan"")
kemudian lengkapnya menjadi :
range("b1").formula = "=Countif(RangeHeader,""Keterangan"")"

seperti sudah dicontohkan pada posting terdahulu berbunyi :
Evaluate("=countif(b2:e2,""*Kelas*"")")

Wassalam,
Kid.

2013/2/18 tio.adjie@ptssb.co.id>
 

Terima kasih Mr. Kid,

Saya coba cara lain, yaitu :

Range("B2").Select
'Range(Selection, Selection.End(xlToRight)).Select
Range(Selection, Selection.End(xlToRight)).Name = "RangeHeader&quot;
Range("B1").Select
Range("B1").FormulaR1C1 = "=Countif(RangeHeader,"Keterangan")"
If Range("B1").Value = 1 Then
MsgBox ("Ada")
Else
MsgBox ("Tidak ada")
End If

Kok di bagian "Keterangan&quot; error yah, yaitu warning msg nya : needs end
statement, kenapa yah ???

Tapi kalau apostrope nya di buang tidak error, tapi khan seharusnya pakai
apostrope

Terima kasih,
Wassalam,
Tio

"Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
02/15/2013 08:29 PM
Please respond to belajar-excel
       
        To:        belajar-excel@yahoogroups.com
        cc:        
        Subject:        Re: [belajar-excel] Mengecek isi cell

 
Hai Tio,

Bagaimana jika tidak menggunakan For each Next ?
Kira-kira bunyinya :
    Dim sMsg As String
   
    If Evaluate("=countif(b2:e2,""*Kelas*"")") = 0 Then
        sMsg = "- Tidak ada kolom bernama Kelas" & vbCrLf
    End If
    If Evaluate("=countif(b2:e2,""*Keterangan*"")") = 0 Then
        sMsg = sMsg & "- Tidak ada kolom bernama Keterangan" & vbCrLf
    End If
    If LenB(sMsg) <> 0 Then
        MsgBox "Data kurang tepat karena :" & vbCrLf & sMsg, vbExclamation
    Else
        MsgBox "Data valid.", vbInformation
    End If

Jika tetap ingin pakai For Each Next, bisa disusun dengan banyak cara dan
salah satunya adalah :
    Dim rng As Range
    Dim vKolom As Variant
    Dim bNotFound As Boolean
    Dim sMsg As String
   
    sMsg = vbNullString
    For Each vKolom In Array("Kelas", "Keterangan&quot;)
        bNotFound = True
        For Each rng In Range("b2:e2")
            If InStr(LCase$(rng.Value), LCase$(vKolom)) <> 0 Then
                bNotFound = False
                Exit For
            End If
        Next rng
        If bNotFound Then
            sMsg = sMsg & "- Tidak ada kolom bernama " & vKolom & vbCrLf
        End If
    Next vKolom
    If LenB(sMsg) <> 0 Then
        MsgBox "Data tidak valid karena :" & vbCrLf & sMsg, vbExclamation
    Else
        MsgBox "Data valid.", vbInformation
    End If

Selain kedua cara diatas, masih ada banyak cara lain, seperti penggunaan
methods find maupun worksheet function countif.
Memanfaatkan cell bantu berformula juga bisa.

Wassalam,
Kid.

2013/2/15 tio.adjie@ptssb.co.id>
 

Dear Be-Exceller,

Saya punya 4 kolom yang isinya Nama , Kelas, Umur, dan Keterangan. Saya
ingin ada button untuk mengecek apakah nama cell dari ke2 kolom dari  ke-4
kolom itu isinya adalah benar yaitu yang

isi cellnya adalah Kelas dan Keterangan. Saya coba pakai For Each..Next,
tapi gak berhasil. Karena kadang User tidak menulis nama cell secara benar
yaitu yang isinya Kelas dan Keterangan.

Kalau tidak ada cell yang isinya Kelas maka msgbox "Tidak ada cell yang
bernama Kelas", dan juga kalau tidak ada cell yang isinya Keterangan maka
ada msgbox "Tidak ada cell yang bernama

Keterangan".

Ini picturenya :

 

Terima kasih,
Wassalam,
Tio

Mon Feb 18, 2013 5:43 am (PST) . Posted by:

"Budhi Cahyanto"

Dear Be Exceller,

Saya punya data di sheet DATA A berupa waktu.

Mohon bantuannya, bagaimana mengkonversi waktu di DATA A menjadi angka biasa
dan bisa langsung terhubung di sheet DATA B ?

Misalnya, ketika saya memasukan data waktu di DATA A "Mulai" dan "Selesai",
akan keluar "Lama" waktunya.

Nah, ketika keluar "Lama" waktu tersebut, lama waktu tersebut langsung
terhubung ke DATA B dan berupa angka sehingga saya bisa menggunakan angka
yang di DATA B untuk perhitungan selanjutnya.

Mohon solusi dari para pakar. Terima kasih.

Salam,

Mon Feb 18, 2013 5:50 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Budhi,

Data selesai (datetime) - mulai (datetime) = rentang waktu [lamanya]
(datetime)
data datetime menjadi data numerik dengan mengalikan angka 24.

02:00:00 * 24 = 2

A1 mulai, B1 selesai, C1 :
=(B1-A1)*24 -> hasil bertipe numerik

Wassalam,
Kid.

2013/2/18 Budhi Cahyanto budhi.cahyanto@bpkgm.com>

> **
>
>
> Dear Be Exceller, ****
>
> ** **
>
> Saya punya data di sheet DATA A berupa waktu. ****
>
> Mohon bantuannya, bagaimana mengkonversi waktu di DATA A menjadi angka
> biasa dan bisa langsung terhubung di sheet DATA B ? ****
>
> ** **
>
> Misalnya, ketika saya memasukan data waktu di DATA A �Mulai� dan
> �Selesai�, akan keluar �Lama� waktunya. ****
>
> Nah, ketika keluar �Lama� waktu tersebut, lama waktu tersebut langsung
> terhubung ke DATA B dan berupa angka sehingga saya bisa menggunakan angka
> yang di DATA B untuk perhitungan selanjutnya. ****
>
> ** **
>
> Mohon solusi dari para pakar. Terima kasih. ****
>
>
> Salam, ****
>
> ** **
>
>
>

Mon Feb 18, 2013 2:52 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Andi,

File terlampir menyarankan untuk memiliki tabel data yang menjadi satu.

Wassalam,
Kid.

2013/2/18 Andi pahrianto Farid andipahrianto88@yahoo.co.id>

> **
>
>
>
> Dear : Para master Excel.
>
> Mohon Bantuan.
>
> Saya punya data tanggal di 2 sheet yang berbeda, saya sudah mencoba
> mengururutkan berkali-kali sejak tahun 91 (lotus) sampai sekarang tapi saya
> belum mendapatkan solusinya.
>
> Terima kasih,
>
> Salam,
> Andi P
>
>
>

Mon Feb 18, 2013 3:56 am (PST) . Posted by:

"yodi fitrio" yodi_8

Dear Master Excel,

saya berencana untuk membuat rencana pekerjaan tahunan, rencana tersebut terdapat ratusan pekerjaan dan setiap pekerjan masing-masing mempunyai target tanggal pengerjaan.

pertanyaan saya adalah bagaimana caranya jika pada row target date (kolom B) kita masukan tanggal maka pada kolom berikutnya akan secara otomatis memberikan tanda (contoh X) pada masing-masing tanggal tersebut.

terlampir contoh kasus untuk permasalah ini.

terima kasih banyak

Mon Feb 18, 2013 5:43 am (PST) . Posted by:

"Bagus" bagus4bls

Dear Yodi;

Mungkin begini:
pada cell C4 =IF(C$3=$B4,"X","")
copy ke bawah dan ke kanan

Wassalam

~ Bagus ~

----- Original Message -----
From: yodi fitrio
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Monday, February 18, 2013 6:39 PM
Subject: [belajar-excel] Otomatis memasukan tanggal kedalam kolom

Dear Master Excel,

saya berencana untuk membuat rencana pekerjaan tahunan, rencana tersebut terdapat ratusan pekerjaan dan setiap pekerjan masing-masing mempunyai target tanggal pengerjaan.

pertanyaan saya adalah bagaimana caranya jika pada row target date (kolom B) kita masukan tanggal maka pada kolom berikutnya akan secara otomatis memberikan tanda (contoh X) pada masing-masing tanggal tersebut.

terlampir contoh kasus untuk permasalah ini.

terima kasih banyak

Mon Feb 18, 2013 3:57 am (PST) . Posted by:

Dear Be-Exceller,

Saya mau tanya, bisakah Excel menampilkan hari libur nasional ?

Trims,
Wassalam,
Tio

--- Mods ---
Adakah data hari libur nasional yang bisa ditampilkan ?
------------

Mon Feb 18, 2013 4:04 am (PST) . Posted by:

Dear Be-Exceller,

Saya mau tanya, bisakah Excel mengetahui tanggal terakhir dari bulan dan
tahun yang di tentukan ?

Trims,
Wassalam,
Tio

Mon Feb 18, 2013 4:07 am (PST) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Coba :
=Date( tahunnya , bulannya + 1 , 0 )

Wassalam.
Kid.

2013/2/18 tio.adjie@ptssb.co.id>

> **
>
>
>
> Dear Be-Exceller,
>
> Saya mau tanya, bisakah Excel mengetahui tanggal terakhir dari bulan dan
> tahun yang di tentukan ?
>
> Trims,
> Wassalam,
> Tio
> _
>

Mon Feb 18, 2013 5:43 am (PST) . Posted by:

Alhamdulillahi Robbil Alamin. Benar Mr. Kid. Terima kasih, Semoga Allah
SWT membalas kebaikan Mr. Kid. Amiin...

Wassalam,
Tio

"Mr. Kid" mr.nmkid@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
02/18/2013 07:06 PM
Please respond to belajar-excel

To: belajar-excel@yahoogroups.com
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Mengetahui tanggal akhir dari bulan dan tahun yang
ditentukan

Coba :
=Date( tahunnya , bulannya + 1 , 0 )

Wassalam.
Kid.

2013/2/18 tio.adjie@ptssb.co.id>
 

Dear Be-Exceller,

Saya mau tanya, bisakah Excel mengetahui tanggal terakhir dari bulan dan
tahun yang di tentukan ?

Trims,
Wassalam,
Tio
_

GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar