Minggu, 24 Maret 2013

]] XL-mania [[ Digest Number 2582

17 New Messages

Digest #2582
1a
Re: Mengolah Data Absensi by "Totong Sutiana"
1b
Re: Mengolah Data Absensi by "Yusvi Adi M." ivan_mustov
1c
Re: Mengolah Data Absensi by "Danny Marwan"
3a
Re: sum per level by "Yusvi Adi M." ivan_mustov
4a
Re: cara menggunakan fungsi MOD by "Yusvi Adi M." ivan_mustov
5a
Re: Menghapus text setelah Spasi ke-3 by "Yusvi Adi M." ivan_mustov
7
Sistem Stok Perpetual FIFO by "Daya Devi" dayadevi88
8a
Validasi data by "Daniel Prayogi" danielprayogie
9
Cara Membuat Raport Otomatis by "fachry azhiez" fhaiez_90
10
Masalah rumus lembur by "Flint Jordan"
11
Hitung Durasi by "fadlie ardianto" java_progresive

Messages

Sun Mar 24, 2013 7:49 pm (PDT) . Posted by:

"Totong Sutiana"

Dear Otram kho

Coba pakai index match

Check di attach file , sambil menunggu dari master formula yang lebih
simple.

Semoga sesuai yang diharapkan

Wassalam

sutiana

From: XL-mania@yahoogroups.com [mailto:XL-mania@yahoogroups.com] On Behalf
Of Otram Kho
Sent: 19 Maret 2013 11:48
To: XL-mania@yahoogroups.com
Subject: ]] XL-mania [[ Mengolah Data Absensi

Dear Excel Mania,

Saya mencoba mengolah data mentah dari mesin absensi berupa, nama, waktu dan
status cek (terlampir sheet "Data").

Hasil yang ingin saya buat adalah pengelompokan status c/in dan c/out dalam
satu tanggal (contoh form terlampir sheet "Report").

Mohon bantuan para pakar excel, formula untuk melakukan pengambilan data
secara otomatis dari sheet data berdasarkan kriteria nama, tanggal, dan
status cek nya.

Terima kasih sebelumnya saya ucapkan.

Salam,

Otram

Sun Mar 24, 2013 7:51 pm (PDT) . Posted by:

"Yusvi Adi M." ivan_mustov

udah nih gan, butuh dummy, datanya nggak standar. mungkin yang lain punya cara yang simpel

________________________________
From: Otram Kho <otramkho@gmail.com>
To: XL-mania@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 19 March 2013, 11:47
Subject: ]] XL-mania [[ Mengolah Data Absensi


 
Dear Excel Mania,
 
Saya mencoba mengolah data mentah dari mesin absensi berupa, nama, waktu dan status cek (terlampir sheet "Data").
 
Hasil yang ingin saya buat adalah pengelompokan status c/in dan c/out dalam satu tanggal (contoh form terlampir sheet "Report").
 
Mohon bantuan para pakar excel, formula untuk melakukan pengambilan data secara otomatis dari sheet data berdasarkan kriteria nama, tanggal, dan status cek nya.
 
Terima kasih sebelumnya saya ucapkan.
 
Salam,
 
Otram

Sun Mar 24, 2013 10:51 pm (PDT) . Posted by:

"Danny Marwan"

Semoga Membantu.

danniemaruwan

2013/3/19 Otram Kho <otramkho@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Excel Mania,****
>
> ** **
>
> Saya mencoba mengolah data mentah dari mesin absensi berupa, nama, waktu
> dan status cek (terlampir sheet �Data�).****
>
> ** **
>
> Hasil yang ingin saya buat adalah pengelompokan status c/in dan c/out
> dalam satu tanggal (contoh form terlampir sheet �Report�).****
>
> ** **
>
> Mohon bantuan para pakar excel, formula untuk melakukan pengambilan data
> secara otomatis dari sheet data berdasarkan kriteria nama, tanggal, dan
> status cek nya.****
>
> ** **
>
> Terima kasih sebelumnya saya ucapkan.****
>
> ** **
>
> Salam,****
>
> ** **
>
> Otram****
>
>
>

Sun Mar 24, 2013 7:50 pm (PDT) . Posted by:

"Yusvi Adi M." ivan_mustov

seperti ini kah ? semoga bermanfaat

________________________________
From: Fajar Agus Nugroho <fajaragusn@yahoo.co.id>
To: "XL-mania@yahoogroups.comXL-mania@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 5 March 2013, 19:40
Subject: ]] XL-mania [[ cara membuat rekap bulanan dari rekap harian data pasien


 
dear master excel

saya punya data pasien dg kolom nama,umur,jenis kelamin,poli,kunjungan lama/baru,bayar,gratis

setiap hari saya rekap data berdasar jenis kelamin,dan yang gratis (KTP,jamkesda,lansia dll) dan yang bayar dg rumus dcounta

agar rekap harian masuk otomatis ke rekap bulanan bagaimana ya caranya.....data terlampir.

trima kasih sebelumya

Sun Mar 24, 2013 7:51 pm (PDT) . Posted by:

"Yusvi Adi M." ivan_mustov

inikah maksudnya ? semoga membantu

________________________________
From: "melky_nayoan@yahoo.commelky_nayoan@yahoo.com>
To: XL-mania <XL-mania@yahoogroups.com>
Sent: Friday, 8 March 2013, 9:26
Subject: ]] XL-mania [[ sum per level


 
SalamXL Mania,
Salam
juga pada pakar, Master / Dewa - Dewi Excel...............
Yang  gila excel..... dan tetap haus excel........

Saya
mempunyai sebuah kasus, mencari penjumlahan berdasarkan level, apakah ada  formula hanya dengan mengunakan satu rumus
pada sebuah sel misal D4, sel-sel  penjumlahan level 2 dan 3 sudah dapat di copykan atau ada cara lain yang
berbeda untuk menyelesaikan kasus tersebut, untuk lebih jelas dapat di lihat
pada file yang saya lampirkan.

Sebelumnya  dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

Melky
N

Sun Mar 24, 2013 7:51 pm (PDT) . Posted by:

"Yusvi Adi M." ivan_mustov

nih gan terlampir, semoga membantu

________________________________
From: Lazuardi Biru <lazuardi_biru84@yahoo.com>
To: "XL-mania@yahoogroups.comXL-mania@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 19 March 2013, 12:14
Subject: ]] XL-mania [[ cara menggunakan fungsi MOD


 
tolong dibantu para master
file terlampir

salam

lazuardi

Sun Mar 24, 2013 7:51 pm (PDT) . Posted by:

"Yusvi Adi M." ivan_mustov

Coba

A1 : MARGARET RIVER BRIDGE 786S SGSIN FREMANTLE 14-Feb-13 15-Feb-13 21-Feb-13

ketikan di

B1 -> =LEFT(A1,FIND(" ",A1,(FIND(" ",A1,FIND(" ",A1,(FIND(" ",A1)+1)))+1))-1)
C1 -> =MID(A1,FIND(" ",A1,(FIND(" ",A1,FIND(" ",A1,(FIND(" ",A1)+1)))+1))+1,4)

semoga manfaat

________________________________
From: Elis Lim <lim.elis@ymail.com>
To: XL-Mania <XL-mania@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 19 March 2013, 14:59
Subject: ]] XL-mania [[ Menghapus text setelah Spasi ke-3


 
Dear Master Excel,

Saya adalah pengguna Excel 2003. Saya memerlukan bantuan ilmu dari para Master Excel nih...

Jika saya punya data sebagai berikut:

A1  :  MARGARET RIVER BRIDGE 786S SGSIN FREMANTLE 14-Feb-13 15-Feb-13 21-Feb-13

dan di B1 dan C1 menginginkan hasil sebagai berikut:

B1  :  MARGARET RIVER BRIDGE
C1  : 786S

Formula apakah yang bisa saya gunakan untuk mendapatkan 'Keajaiban&#39; seperti tersebut di atas?
saya sudah mencoba kombinasi function 'LEFT + FIND', tapi hasilnya tidak
terlalu memuaskan.{=LEFT(C1,FIND(" ",C1,FIND(" ",C1,1)+1)-1) }.

Mohon bantuannya, Masters ....Pleaseeeeeeee.......

Terima kasih atas segala pertolongannya..

Cheers,Liz

Sun Mar 24, 2013 9:15 pm (PDT) . Posted by:

"NANG Agus"

Dear Elis Lim.
Salam sejahtera.

Sebagai seorang yang gemar excel (EXCELMANIA) tentu dengan senang hati akan
membantu (menanggapi) setiap email yang masuk, namun seperti kata almarhum
"Siti Dev" Anggota member yang akan menanggapi agan senang jika diberi
oleh-oleh, tidak perlu merogoh kocek yang dalam, karena oleh-oleh yang
ditunggu hanyalah sebuah *attacment*. sebuah file excel berisi data yang
dibutuhkan oleh para excelMania untuk mengerjakan "Tugas" yang diberikan.

Jika hanya satu kata : MARGARET RIVER BRIDGE 786S SGSIN FREMANTLE 14-Feb-13
15-Feb-13 21-Feb-13, dan di pilih spasi ketiga. gunakan rumus di B1:
=LEFT(A1,FIND("~",SUBSTITUTE(A1," ","~",3),1))
di C1 gunakan rumus:
=MID(A1,FIND("~",SUBSTITUTE(A1," ","~",3),1)+1,4)

Kira-kira cara membaca rumusnya begini:
=LEFT(A1,FIND("~",SUBSTITUTE(A1," ","~",3),1))
Gantilah spasi ketiga dengan tanda "~"

=LEFT(A1,FIND("~",SUBSTITUTE(A1," ","~",3),1))
Temukan ada di karakter ke berapa tanda "~"

=LEFT(A1,FIND("~",SUBSTITUTE(A1," ","~",3),1))
Ambil dari kiri sebanyak karakter pada tanda "~"

Semoga sesuai dengan harapan.
Salam

NangAgus

2013/3/19 Elis Lim <lim.elis@ymail.com>

> **
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Saya adalah pengguna Excel 2003. Saya memerlukan bantuan ilmu dari para
> Master Excel nih...
>
> Jika saya punya data sebagai berikut:
>
> A1 : MARGARET RIVER BRIDGE 786S SGSIN FREMANTLE 14-Feb-13 15-Feb-13
> 21-Feb-13
>
> dan di B1 dan C1 menginginkan hasil sebagai berikut:
>
> B1 : MARGARET RIVER BRIDGE
> C1 : 786S
>
> Formula apakah yang bisa saya gunakan untuk mendapatkan 'Keajaiban&#39;
> seperti tersebut di atas?
> saya sudah mencoba kombinasi function 'LEFT + FIND', tapi hasilnya tidak
> terlalu memuaskan.{=LEFT(C1,FIND(" ",C1,FIND(" ",C1,1)+1)-1) }.
>
> Mohon bantuannya, Masters ....Pleaseeeeeeee.......
>
> Terima kasih atas segala pertolongannya..
>
> Cheers,
> Liz
>
>
>

Sun Mar 24, 2013 9:06 pm (PDT) . Posted by:

"Badu Pit"

*Dear : Elis*

B1 -> =TRIM(LEFT(SUBSTITUTE(A1;" ";REPT(" ";99));99*3))
C1 -> =MID(TRIM(LEFT(SUBSTITUTE(A1;" ";REPT(" ";99));99*4));LEN(B1)+2;99)

Semoga membantu

B4du

*
*
*Dari:* Elis Lim <lim.elis@ymail.com>
*Kepada:* XL-Mania <XL-mania@yahoogroups.com>
*Dikirim:* Selasa, 19 Maret 2013 14:59
*Judul:* ]] XL-mania [[ Menghapus text setelah Spasi ke-3

Dear Master Excel,

Saya adalah pengguna Excel 2003. Saya memerlukan bantuan ilmu dari para
Master Excel nih...

Jika saya punya data sebagai berikut:

A1 : MARGARET RIVER BRIDGE 786S SGSIN FREMANTLE 14-Feb-13 15-Feb-13
21-Feb-13

dan di B1 dan C1 menginginkan hasil sebagai berikut:

B1 : MARGARET RIVER BRIDGE
C1 : 786S

Formula apakah yang bisa saya gunakan untuk mendapatkan 'Keajaiban&#39; seperti
tersebut di atas?
saya sudah mencoba kombinasi function 'LEFT + FIND', tapi hasilnya tidak
terlalu memuaskan.{=LEFT(C1,FIND(" ",C1,FIND(" ",C1,1)+1)-1) }.

Mohon bantuannya, Masters ....Pleaseeeeeeee.......

Terima kasih atas segala pertolongannya..

Cheers,
Liz

Sun Mar 24, 2013 10:50 pm (PDT) . Posted by:

"You See" theroadstar

Dear Ibu Elis Lim,
Karena belum ada yang jawab ya...Saya coba jawab secara sederhana saja
Silahkan ketik rumus ini di :

B1 : =LEFT(A1,MIN(FIND({0,1,2,3,4,5,6,7,8,9},A1&"0123456789"))-1)
C1 : =TRIM(LEFT(SUBSTITUTE(MID(A1,FIND("|",SUBSTITUTE(A1," ","|",3))+1,

Semoga sesuai harapan ya... dan kalu tidak sesuai harapan silahkan tunggu jawaban yang lain..

Regards,
YouSee

________________________________
Dari: Elis Lim <lim.elis@ymail.com>
Kepada: XL-Mania <XL-mania@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 19 Maret 2013 14:59
Judul: ]] XL-mania [[ Menghapus text setelah Spasi ke-3


 
Dear Master Excel,

Saya adalah pengguna Excel 2003. Saya memerlukan bantuan ilmu dari para Master Excel nih...

Jika saya punya data sebagai berikut:

A1  :  MARGARET RIVER BRIDGE 786S SGSIN FREMANTLE 14-Feb-13 15-Feb-13 21-Feb-13

dan di B1 dan C1 menginginkan hasil sebagai berikut:

B1  :  MARGARET RIVER BRIDGE
C1  : 786S

Formula apakah yang bisa saya gunakan untuk mendapatkan 'Keajaiban&#39; seperti tersebut di atas?
saya sudah mencoba kombinasi function 'LEFT + FIND', tapi hasilnya tidak
terlalu memuaskan.{=LEFT(C1,FIND(" ",C1,FIND(" ",C1,1)+1)-1) }.

Mohon bantuannya, Masters ....Pleaseeeeeeee.......

Terima kasih atas segala pertolongannya..

Cheers,Liz

Sun Mar 24, 2013 9:06 pm (PDT) . Posted by:

"Daya Devi" dayadevi88

Dear All

Selamat pagi...

Saya lagi bikin  Sistem Stok Perpetual FIFO, ada beberapa kendala, pada sheet Keluar & sheet Kartu Stok, contoh file terlampir.(Tolong berikan comment). 
Mohon dibantu ya..Semoga Tuhan membalasnya lebih baik lagi.

Terima Kasih sebelumnya.

Regards,
Devi

Sun Mar 24, 2013 9:07 pm (PDT) . Posted by:

"Daniel Prayogi" danielprayogie

Dear para master XL,

Mohon bantuannya untuk case berikut :

Jan       Feb     Mar    Apr     May    Jun     Jul      Aug     Sep     Oct     Nov    Dec    Full Year
10%    10%     5%    10%    10%    5%    10%    10%    10%   5%     10%    5%       100%

Kalau total Full Year tidak sama dengan 100% maka akan mucul pesan/pop up (Full Year harus 100%)

Mohon bantuannya ya..Terima kasih.

Daniel

Sun Mar 24, 2013 9:12 pm (PDT) . Posted by:

"fachry azhiez" fhaiez_90

Saya baru nih di XL-mania. Ini juga pertanyaan pertama saya di sini. Semoga, status baru saya di sini tidak membuat para suhu di XL-mania 'berdiam diri' dengan masalah saya.  

Pekerjaan saya sebagai wali asrama membuat saya harus banyak bekerja dengan excel. Tetapi, apa yang saya lakukan di excel hanya seatas apa yang saya tahu saja. Hehehe... Yah, saya kadang pusing juga dengan kerja-erja di excel yang begitu rumit. Bukan main, secara berkala, saya harus melakukan pelaporan tentang keadaan anak asuh yang berjumlah kurang lebih 60 anak. Ada laporan bulanan, ada triwulan, ada persemester dan tahunan. Dan (hampir) semuanya harus pake excel. Wow, rumit, khan... Ya, itulah kesan awal saya pada excel.

Paradigma saya tentang excel berubah ketika secara tidak sengaja jalan-jalan ke xl-mania.com. Apa tuh slogannya : "malu bertanya, kerja manual". Wah, menarik ini. Nah, sebab itu, saya mencoba peruntungan nih. Siapa tau, ada yang pengen membantu saya membuat raport (laporan) secara otomatis. Setidaknya, tidak manual lagi, khan???

nAH, pertanyaan saya, (1) adakah formula, atau rumus di excel yang bisa digunakan untuk menghasilkan output otomatis dari rekap nilai. sehingga, saya tidak perlu meng-copy sheet Format Raport lalu mengisinya sesuai dengan data dari rekap nilai....

(2) apakah kita bisa membuat raport otomatis. kita hanya mengisi di rekap, lalu langsung ter-copy ke format raport????

Mohon bantuannya, ya... 

Sun Mar 24, 2013 9:12 pm (PDT) . Posted by:

"Flint Jordan"

Kepada Ahlinya Excel,

Minta tolong donk dibantu rumus2nya.

Saya ingin menambahkan rumus IF(AND(K3="KC",L3="B"),102500 ke (xxxx)

=IF(AND(K3="PS",L3="B"),87500,IF(AND(K3="WK",L3="B"),95000,(xxxx),IF(OR(L3<>"B",S3<1)," < 2JAM/BUKAN B",IF(AND(K3="AS",S3>=3),(1.5*2*T3)+(2*1*T3),IF(AND(K3="AS",S3>1),1.5*2*T3,IF(AND(OR(K3="BR",K3="KR",K3="TR"),S3>=3),(1.5*2*T3)+(S3-2)*(2*1*T3),1.5*2*T3))))))

tetapi yang muncul error dibawah ini :

- Sekalian bisa di check rumus2 yg saya pakai ... ( File terlampir)

Atas bantuan nya, saya ucapkan sehat2 selalu dan terima kasih banyak.

Salam,

Jor

Sun Mar 24, 2013 9:14 pm (PDT) . Posted by:

"fadlie ardianto" java_progresive

Dear Para Pakar Excel,

Mohon bantuan bagaimana cara menghitung durasi waktu (jam, menit, dan
detik) seperti data terlampir (kolom berwarna kuning).

Sun Mar 24, 2013 10:49 pm (PDT) . Posted by:

"You See" theroadstar

To Sdr umbar/lucky,

Mungkin file berikut dapat membantu memberi jawaban sedikit...
Asal berusaha, pasti nemu jawabannya, excel itu penuh tantangan logika
contoh berikut saya coba tanpa macro
Semoga membantu
Regards,
YouSee

________________________________
Dari: lucky mulyo <lucky_mulyo29@yahoo.com>
Kepada: "XL-mania@yahoogroups.comXL-mania@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 12 Maret 2013 17:20
Judul: Re: ]] XL-mania [[ merapikan dan mengelompokan data alamat


 
Dea Pak umbar,

untuk data cleansing ada effortnya, apalagi bila datanya yang nga ada patternnya. macro pun tidak akan bisa langsung merapihkan data tersebut.

namun ada cara awal untuk merapihkan data yang simple yaitu convert text to column, dengan delimiter space.
ke menu data > text to column

pilih delimiter space

semoga membantu.

mungkin dari rekan2 sekalian ada cara yang lebih elegant. Thanx

salam sejahtera,

Lucky

________________________________
From: umbar aprianto <umbaraprianto@yahoo.com>
To: "XL-mania@yahoogroups.comXL-mania@yahoogroups.com>
Sent: Thursday, March 7, 2013 11:09 AM
Subject: ]] XL-mania [[ merapikan dan mengelompokan data alamat


 

assalamualaikum, selamat siang temen 2 master
oiya saya mau nanya, saya mempunyai kolom yg terdiri dari nama dan alamat

cuman alamat ini akan saya rapikan (dengan menambah tullisan RT,RW) dan menambah
kolom kel kec dan kabupaten......karena akan saya gunakan sebagai database mailmerge

file terlampir, mohon pencerahannya kepada suhu2 excel ya...
trims

Sun Mar 24, 2013 10:51 pm (PDT) . Posted by:

"Winov X" winovx

saya coba jawab ya Omsemoga sesuai dengan yang diharapkan

--- Pada Sel, 19/3/13, Otram Kho <otramkho@gmail.com> menulis:

Dari: Otram Kho <otramkho@gmail.com>
Judul: ]] XL-mania [[ Mengolah Data Absensi
Kepada: XL-mania@yahoogroups.com
Tanggal: Selasa, 19 Maret, 2013, 4:47 AM

 

Dear Excel Mania,  Saya mencoba mengolah data mentah dari mesin absensi berupa, nama, waktu dan status cek (terlampir sheet "Data").  Hasil yang ingin saya buat adalah pengelompokan status c/in dan c/out dalam satu tanggal (contoh form terlampir sheet "Report").  Mohon bantuan para pakar excel, formula untuk melakukan pengambilan data secara otomatis dari sheet data berdasarkan kriteria nama, tanggal, dan status cek nya.  Terima kasih sebelumnya saya ucapkan.  Salam,  Otram

GROUP FOOTER MESSAGE
+-:: XL-mania ::::::::::::::::::::----------------------------------+
| Merry Christmas. May God bless you and your family...             |
+-------------------------------------------------------------------+
| DILARANG : MLM, money game, OOT, iklan tanpa izin, SARA, testing, |
| pembicaraan pribadi, one line message,  melecehkan,  tidak sopan. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Buat subjek yang kreatif, jangan : "tanya", "help", "mohon bantu" |
| Usahakan besar attachment < 200 kb. Gunakan  winzip  jika  perlu. |
+-------------------------------------------------------------------+
| Ajak teman-teman Anda bergabung dengan mengirim e-mail kosong ke  |
| XL-mania-subscribe@yahoogroups.com atau kirimkan mereka file dari |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/files/Promotion/           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Berikan testimoni di :                                            |
| http://www.xl-mania.com/2008/06/testimoni-xl-mania.html           |
+-------------------------------------------------------------------+
| Message lama ada di :                                             |
| http://groups.yahoo.com/group/XL-mania/messages [perlu yahoo id]  |
| http://www.mail-archive.com/xl-mania@yahoogroups.com              |
+-------------------------------------------------------------------+

Tidak ada komentar:

Posting Komentar