Selasa, 02 April 2013

[belajar-excel] Digest Number 2204

11 New Messages

Digest #2204

Messages

Mon Apr 1, 2013 11:44 pm (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Coba ketik,
=TEXT(A1,"mmmm") & " - "&TEXT(A2,"mmmm") & " "&TEXT(A1,"yyyy")

di sel A5.

Salam,
HK

________________________________
From: "tio.adjie@ptssb.co.idtio.adjie@ptssb.co.id>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 2 April 2013, 9:12
Subject: [belajar-excel] Merubah format waktu ke text


 

Dear BeExceller,

Saya mau tanya :

Bagaimana merubah format waktu menjadi
text, seperti format bulan ke text ? Misalnya di cel A1 = February-2013
, di cel A2 = March-2013. Yang saya inginkan di cel  seperti cel A5
menjadi February - March 2013 ?

Saya sudah coba2 , gak bisa2.

Terima kasih,
Wassalam,
Tio

Tue Apr 2, 2013 6:03 am (PDT) . Posted by:

Alhamdulillah Pak Zainul dan Pak Hendrik.

Terima kasih,
Wassalam,
Tio




"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" <zainul_ulum@yahoo.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
04/02/2013 01:42 PM
Please respond to belajar-excel

To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
cc:
Subject: RE: [belajar-excel] Merubah format waktu ke text



masukkan di A5 =TEXT(A1, "mmmm " & IF(YEAR(A1)=YEAR(A2),"","yyyy";)) & " -
" & TEXT(A2, "mmmm-yyyy&quot;)

dengan asumsi type number di A2 dan A1 adalah Date


From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of tio.adjie@ptssb.co.id
Sent: Tuesday, April 02, 2013 9:13 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] Merubah format waktu ke text



Dear BeExceller,

Saya mau tanya :

Bagaimana merubah format waktu menjadi text, seperti format bulan ke text
? Misalnya di cel A1 = February-2013 , di cel A2 = March-2013. Yang saya
inginkan di cel seperti cel A5 menjadi February - March 2013 ?

Saya sudah coba2 , gak bisa2.


Terima kasih,
Wassalam,
Tio


Mon Apr 1, 2013 11:50 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Wa'alaikumsalam wr. wb.,

Jan tidak tau kenapa baris data yang harus bentuknya seperti itu.. tapi apa
pun itu coba cara seperti ini:

1.
untuk mencari nilai baris data atas pertama: cells(1, 7).end(xldown).row
lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowSatu
untuk mencari nilai baris data bawah pertama cells(lRowSatu,
7).end(xldown).row lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowDua

untuk mencari nilai baris data atas kedua : cells(lRowDua, 7).
end(xldown).row lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowTiga
untuk mencari nilai baris data bawah kedua, selain menggunakan cara yang
sudah disebutkan adalah sbb: cells(lRowTiga, 7).end(xldown).row

script .end(xldown) adalah setara dengan menekan tombol {CTRL] +
[panah_bawah] pada keyboard

cara di atas bukanlah satu-satunya cara, karena dengan semakin mendalami
vba barulah kita mengetahui bahwa banyak jalan menuju Roma (banyak cara
untuk mendapatkan solusi)

2. Selain nilai baris, yang berbeda adalah nilai Kolom, untuk yang lain Jan
juga belum tau.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 2 April 2013 09.05, <tio.adjie@ptssb.co.id> menulis:

> **
>
>
>
> Dear BeExceller,
>
> 1. Untuk Cells(Rows.count,1) .end(xlup).row bisa menghitung nomor baris
> yang mana datanya tidak ada lagi di bawahnya (kosong). Bagaimana penulisan
> Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row untuk menghitung
>
> nomor baris bila baris datanya ada di atas dan di bawah dengan kolom yang
> sama ? file terlampir :
>
>
>
> 2. Selain Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row yang menghasilkan nilai yang
> beda di Excel 2003 dan Excel 2010, apakah ada formula lain selain
> Cells(Rows.count,1) .end(xlup) yang juga beda hasilnya di Excel 2003
>
> dan Excel 2010 ?
>
> Terima kasih,
> Wassalam ,
>
> Tio
>
>
>
>

Tue Apr 2, 2013 12:15 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Untuk jawaban No. 2,
Coba jalan2 kesini

Salam,
HK

----- Forwarded Message -----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 2 April 2013, 13:50
Subject: Re: [belajar-excel] Pencarian cel dengan nilai kosong


 
Wa'alaikumsalam wr. wb.,

Jan tidak tau kenapa baris data yang harus bentuknya seperti itu.. tapi apa pun itu coba cara seperti ini:

1. 
untuk mencari nilai baris data atas pertama: cells(1, 7).end(xldown).row lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowSatu
untuk mencari nilai baris data bawah pertama cells(lRowSatu, 7).end(xldown).row lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowDua

untuk mencari nilai baris data atas kedua : cells(lRowDua, 7). end(xldown).row lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowTiga
untuk mencari nilai baris data bawah kedua, selain menggunakan cara yang sudah disebutkan adalah sbb: cells(lRowTiga, 7).end(xldown).row

script .end(xldown) adalah setara dengan menekan tombol {CTRL]  +  [panah_bawah] pada keyboard

cara di atas bukanlah satu-satunya cara, karena dengan semakin mendalami vba barulah kita mengetahui bahwa banyak jalan menuju Roma (banyak cara untuk mendapatkan solusi)

2. Selain nilai baris, yang berbeda adalah nilai Kolom, untuk yang lain Jan juga belum tau.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 2 April 2013 09.05, <tio.adjie@ptssb.co.id> menulis:


>
>Dear BeExceller,
>
>1. Untuk Cells(Rows.count,1) .end(xlup).row
bisa menghitung nomor baris yang mana datanya tidak ada lagi di bawahnya
(kosong). Bagaimana penulisan Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row untuk
menghitung
>
>nomor baris bila baris datanya ada di
atas dan di bawah dengan kolom yang sama ? file terlampir :
>
>
>
>2. Selain Cells(Rows.count,1) .end(xlup)
.row yang menghasilkan nilai yang beda di Excel 2003 dan Excel 2010, apakah
ada formula lain selain Cells(Rows.count,1) .end(xlup)  yang juga
 beda hasilnya di Excel 2003
>
>dan Excel 2010 ?
>
>Terima kasih,
>Wassalam ,
>
>Tio
>
>
>
>
>

Tue Apr 2, 2013 5:55 am (PDT) . Posted by:

Maksud saya bukan begitu. Kalau untuk menghitung jumlah baris data di
bawah bisa dengan Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row . Tapi bagaimana
menghitung jumlah baris di baris data di atasnya di kolom yang sama

dengan rumus Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row ? yaitu baris data
dimana baris akhirnya di baris 11.

Terima kasih,
Wassalam,
Tio




"zainul_ulum[at]yahoo[dot]com" <zainul_ulum@yahoo.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
04/02/2013 01:36 PM
Please respond to belajar-excel

To: <belajar-excel@yahoogroups.com>
cc:
Subject: RE: [belajar-excel] Pencarian cel dengan nilai
kosong



bagaimana kalo dirubah menjdai Cells(50000,7).end(xlUp).row ?
asumsi maximal jumlah record 50000.

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com]
On Behalf Of tio.adjie@ptssb.co.id
Sent: Tuesday, April 02, 2013 9:06 AM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Pencarian cel dengan nilai kosong



Dear BeExceller,

1. Untuk Cells(Rows.count,1) .end(xlup).row bisa menghitung nomor baris
yang mana datanya tidak ada lagi di bawahnya (kosong). Bagaimana penulisan
Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row untuk menghitung

nomor baris bila baris datanya ada di atas dan di bawah dengan kolom yang
sama ? file terlampir :



2. Selain Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row yang menghasilkan nilai yang
beda di Excel 2003 dan Excel 2010, apakah ada formula lain selain
Cells(Rows.count,1) .end(xlup) yang juga beda hasilnya di Excel 2003

dan Excel 2010 ?

Terima kasih,
Wassalam ,

Tio



Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
03/20/2013 09:21 AM
Please respond to belajar-excel

To: belajar-excel@yahoogroups.com
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Pencarian cel dengan nilai
kosong




Mungkin begini kali ya..
pada skript ini:
Set rngKosong = Range(Cells(6, 2), Cells(NumberBrsStdHrsOrder,
2)).SpecialCells(xlCellTypeBlanks)

nilai baris paling bawah berasal dari sini:
NumberBrsStdHrsOrder = Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Rows.Count
+ 4

sedangkan skript yang ini:
.Rows.Count

akan menghasilkan nilai seluruh baris pada worksheet excel, pada excel
2003 ke bawah akan menghasilkan nilai 65.536, sedangkan di 2007 ke atas
akan menghasilkan nilai 1.048.576

coba ubah menjadi seperti ini:
NumberBrsStdHrsOrder = cells(rows.count , 1).end(xlup).row

ganti nilai 1 yang berwarna merah dengan nomor kolom yang berisi data
paling akhir, maka akan menghasilkan nilai baris data yang paling bawah.

Semoga gak salah-salah amat karena gak dicoba dulu di Excel.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-


Pada 20 Maret 2013 08.56, <tio.adjie@ptssb.co.id> menulis:



Dear Be-Exceller,

Saya coba mencari sel yang kosong dengan meng klik Go To special -blank
dan langsung di isi dengan 0, pertanyaannya adakah cara code VBA , bila
cel yang kosong tidak process pencarian, tapi kalau ada maka process
pencarian dilakukan.

Ini code VBA yang sudah saya buat :

Dim NumberBrsStdHrsOrder As Integer
Dim rngKosong As Range

Cells.Find("Order").Activate
NumberBrsStdHrsOrder = Range(Selection, Selection.End(xlDown)).Rows.Count
+ 4
Cells(1, 1).Value = 0
Cells.Find("STD HOURS").Activate
Selection.AutoFilter
Cells(1, 1).Select
Selection.Copy
Range(Cells(6, 2), Cells(NumberBrsStdHrsOrder, 2)).Select

Set rngKosong = Range(Cells(6, 2), Cells(NumberBrsStdHrsOrder,
2)).SpecialCells(xlCellTypeBlanks)

If rngKosong Is Nothing Then 'Kok ini gak berhasil kenapa yah ??
MsgBox ("Tidak ada")
Else
Selection.SpecialCells(xlCellTypeBlanks).Select
ActiveSheet.Paste
End If

Terima kasih,
Wassalam,
Tio



Tue Apr 2, 2013 5:56 am (PDT) . Posted by:

Terima kasih Miss. Jan.

Untuk pertanyaan no :

1. Karena saya ingin database yang saya buat tidak menimbulkan masalah di
Excel 2010, karena selain di gunakan di excel 2003 juga akan di gunakan di
excel 2010.

Saya baru tahu bahwa untuk rumus cells(1, 7).end(xldown).row tidak
masalah di Excel 2010

2. Nilai kolom yang berbeda hasilnya di excel 2003 dan excel 2010,
maksudnya bagaimana Miss. Jan ?

Terima kasih jawabannya. Semoga Allah SWT membalas amal kebaikan Miss.
Jan.

Wassalam,
Tio




Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
04/02/2013 01:50 PM
Please respond to belajar-excel

To: belajar-excel@yahoogroups.com
cc:
Subject: Re: [belajar-excel] Pencarian cel dengan nilai
kosong



Wa'alaikumsalam wr. wb.,

Jan tidak tau kenapa baris data yang harus bentuknya seperti itu.. tapi
apa pun itu coba cara seperti ini:

1.
untuk mencari nilai baris data atas pertama: cells(1, 7).end(xldown).row
lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowSatu
untuk mencari nilai baris data bawah pertama cells(lRowSatu,
7).end(xldown).row lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowDua

untuk mencari nilai baris data atas kedua : cells(lRowDua, 7).
end(xldown).row lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowTiga
untuk mencari nilai baris data bawah kedua, selain menggunakan cara yang
sudah disebutkan adalah sbb: cells(lRowTiga, 7).end(xldown).row

script .end(xldown) adalah setara dengan menekan tombol {CTRL] +
[panah_bawah] pada keyboard

cara di atas bukanlah satu-satunya cara, karena dengan semakin mendalami
vba barulah kita mengetahui bahwa banyak jalan menuju Roma (banyak cara
untuk mendapatkan solusi)

2. Selain nilai baris, yang berbeda adalah nilai Kolom, untuk yang lain
Jan juga belum tau.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-


Pada 2 April 2013 09.05, <tio.adjie@ptssb.co.id> menulis:


Dear BeExceller,

1. Untuk Cells(Rows.count,1) .end(xlup).row bisa menghitung nomor baris
yang mana datanya tidak ada lagi di bawahnya (kosong). Bagaimana penulisan
Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row untuk menghitung

nomor baris bila baris datanya ada di atas dan di bawah dengan kolom yang
sama ? file terlampir :



2. Selain Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row yang menghasilkan nilai yang
beda di Excel 2003 dan Excel 2010, apakah ada formula lain selain
Cells(Rows.count,1) .end(xlup) yang juga beda hasilnya di Excel 2003

dan Excel 2010 ?

Terima kasih,
Wassalam ,

Tio









Tue Apr 2, 2013 5:56 am (PDT) . Posted by:

Alhamdulillah, Terima kasih Miss Jan dan Pak Hendrik atas jawabannya.
Semoga Allah SWT membalas kebaikan Mas dan Miss berdua.

Wassalam,
Tio




hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Sent by: belajar-excel@yahoogroups.com
04/02/2013 02:15 PM
Please respond to belajar-excel

To: "belajar-excel@yahoogroups.com"
<belajar-excel@yahoogroups.com>
cc:
Subject: Fw: [belajar-excel] Pencarian cel dengan nilai
kosong



Untuk jawaban No. 2,
Coba jalan2 kesini

Salam,
HK


----- Forwarded Message -----
From: Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Tuesday, 2 April 2013, 13:50
Subject: Re: [belajar-excel] Pencarian cel dengan nilai kosong


Wa'alaikumsalam wr. wb.,

Jan tidak tau kenapa baris data yang harus bentuknya seperti itu.. tapi
apa pun itu coba cara seperti ini:

1.
untuk mencari nilai baris data atas pertama: cells(1, 7).end(xldown).row
lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowSatu
untuk mencari nilai baris data bawah pertama cells(lRowSatu,
7).end(xldown).row lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowDua

untuk mencari nilai baris data atas kedua : cells(lRowDua, 7).
end(xldown).row lalu simpan dalam sebuah variabel, misal lRowTiga
untuk mencari nilai baris data bawah kedua, selain menggunakan cara yang
sudah disebutkan adalah sbb: cells(lRowTiga, 7).end(xldown).row

script .end(xldown) adalah setara dengan menekan tombol {CTRL] +
[panah_bawah] pada keyboard

cara di atas bukanlah satu-satunya cara, karena dengan semakin mendalami
vba barulah kita mengetahui bahwa banyak jalan menuju Roma (banyak cara
untuk mendapatkan solusi)

2. Selain nilai baris, yang berbeda adalah nilai Kolom, untuk yang lain
Jan juga belum tau.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-


Pada 2 April 2013 09.05, <tio.adjie@ptssb.co.id> menulis:


Dear BeExceller,

1. Untuk Cells(Rows.count,1) .end(xlup).row bisa menghitung nomor baris
yang mana datanya tidak ada lagi di bawahnya (kosong). Bagaimana penulisan
Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row untuk menghitung

nomor baris bila baris datanya ada di atas dan di bawah dengan kolom yang
sama ? file terlampir :



2. Selain Cells(Rows.count,1) .end(xlup) .row yang menghasilkan nilai yang
beda di Excel 2003 dan Excel 2010, apakah ada formula lain selain
Cells(Rows.count,1) .end(xlup) yang juga beda hasilnya di Excel 2003

dan Excel 2010 ?

Terima kasih,
Wassalam ,

Tio










Tue Apr 2, 2013 12:20 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

Wa'alaikumsalam wr. wb.,

bagaimana kalo memanfaatkan fitur PivotTable bawaan dari Excel? dengan
menggunakan kolom bantu untuk melakukan filter, karena yang dicari adalah
10 besar sedangkan yang masuk bisa lebih dari 10 orang maka hasil yang
tampil adalah nama-nama dengan nilai yang tertinggi.

file terlampir.

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 2 April 2013 12.45, Husnul Faizin <husnulfaizin@yahoo.co.id> menulis:

> **
>
>
> Assalamu'alaikum wr wb
>
> salam para pakar excel terhormat, mohon bantuan penyelesaian kasus
> pekerjaan tahunan menjelang perekapan nilai ujian siswa dan siswi SMP/MTs
> sederajat.
> saya ingin menyelesaikan kasus-kasus terlampir secara formula, karena
> selama ini kami lakukan secara manual.
> hasil yang diinginkan adalah :
> 1. pada sheet "rentang nilai hasil ujian" ada kolom Real (berisi jumlah
> siswa yang mendapatkan rentang nilai sesuai kolom disampingnya=B), dan ada
> kolom % (untuk
> � � menampilkan porsentase jml siswa yang mendapatkan nilai sesuai
> rentang nilai di kolom B).
> 2. pada sheet "SEPULUH BESAR" berisi nama siswa, asal madrasah, dan jml
> nilainya (sheet ini untuk merekap 10 besar siswa berprestasi di
> masing-masing madrasah
> � � perbidang studi).
>
> mohon penyelesaiannya dalam waktu yang tidak terlalu lama, atas jasa dan
> amal baik para exceler, mudah2an Allah SWT memberikan balasan yang
> sebaik-baiknya.
>
> wassalam
> husnul faizin
>
>

Tue Apr 2, 2013 12:56 am (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

ups... ada yang terlewat.. xixixi :D
untuk persentase rentang nilai bisa menggunakan fungsi CountIf dan CountIfS

btw, untuk mencari persentase Jan perbaiki dengan mengganti formula yang
sebelumnya Real * 204 / 100 menjadi Real / 204 lalu format cell persentase

Yang Jan kerjakan hanya 1 kolom, silakan dikembangkan untuk kolom yang lain.

file terlampir

Wassalam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 2 April 2013 14.20, Jan Raisin <miss.jan.raisin@gmail.com> menulis:

> Wa'alaikumsalam wr. wb.,
>
> bagaimana kalo memanfaatkan fitur PivotTable bawaan dari Excel? dengan
> menggunakan kolom bantu untuk melakukan filter, karena yang dicari adalah
> 10 besar sedangkan yang masuk bisa lebih dari 10 orang maka hasil yang
> tampil adalah nama-nama dengan nilai yang tertinggi.
>
> file terlampir.
>
> Wassalam,
>
> -Miss Jan Raisin-
>
>
> Pada 2 April 2013 12.45, Husnul Faizin <husnulfaizin@yahoo.co.id> menulis:
>
> **
>>
>>
>> Assalamu'alaikum wr wb
>>
>> salam para pakar excel terhormat, mohon bantuan penyelesaian kasus
>> pekerjaan tahunan menjelang perekapan nilai ujian siswa dan siswi SMP/MTs
>> sederajat.
>> saya ingin menyelesaikan kasus-kasus terlampir secara formula, karena
>> selama ini kami lakukan secara manual.
>> hasil yang diinginkan adalah :
>> 1. pada sheet "rentang nilai hasil ujian" ada kolom Real (berisi jumlah
>> siswa yang mendapatkan rentang nilai sesuai kolom disampingnya=B), dan ada
>> kolom % (untuk
>> � � menampilkan porsentase jml siswa yang mendapatkan nilai sesuai
>> rentang nilai di kolom B).
>> 2. pada sheet "SEPULUH BESAR" berisi nama siswa, asal madrasah, dan jml
>> nilainya (sheet ini untuk merekap 10 besar siswa berprestasi di
>> masing-masing madrasah
>> � � perbidang studi).
>>
>> mohon penyelesaiannya dalam waktu yang tidak terlalu lama, atas jasa dan
>> amal baik para exceler, mudah2an Allah SWT memberikan balasan yang
>> sebaik-baiknya.
>>
>> wassalam
>> husnul faizin
>>
>>
>
>

Tue Apr 2, 2013 6:02 am (PDT) . Posted by:

"agung aldhino" d_nozz

Dear Ana Anta,
maaf berdasarkan petunjuk dari Mr. Kid. ternyata benar ada kesalahan.
tepatnya di formula yang ada di sheet bantuan.
untuk cell B2 dan H2. formulanya diganti
IF(ISNA(MATCH($A2,'Input Juri'!$A:$A,0)),IF(ISNUMBER($A2),MATCH($A2,'Input Juri'!$E$56:$E$67,0)+55,MATCH($A2,'Input Juri'!$E:$E,0)),MATCH($A2,'Input Juri'!$A:$A,0))
lalu dicopy kebawah.......
 
untuk lebih jelasnya..... lihat lampiran berikut....

________________________________
Dari: ana anta <anaanta321@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 2 April 2013 9:18
Judul: Re: Bls: Bls: [belajar-excel] Penilaian

 
master, perbaikinya gimana?
saya belum bisa dan belum paham dengan VBA

________________________________
From: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Sent: Thursday, March 28, 2013 9:57 AM
Subject: Re: Bls: Bls: [belajar-excel] Penilaian

 
kenapa ya????
>> Baris yang error :
WSheet1.Cells(rgtCol.Offset(, 1).Value, rgtCol.Offset(, 2).Value).Value = WSheet3.Cells(iRow, rgtCol.Offset(, 3).Value).ValuePenggalan bagian yang berbunyi :WSheet1.Cells(rgtCol.Offset(, 1).Value, rgtCol.Offset(, 2).Value).valueadalah proses untuk mengubah nilai disuatu cell di sheet dalam variabel sheet WSheet1Pada baris tersebut, Wsheet1 merujuk ke sebuah sheet yang diproteksi terbatas. Artinya, pada sheet tersebut hanya sebagian cells yang boleh di-ubah.Dengan batasan yang sudah dibuat seperti demikian, maka bagian :WSheet1.Cells(rgtCol.Offset(, 1).Value, rgtCol.Offset(, 2).Value)harus dipastikan agar merujuk pada cell yang boleh diubah saja.Jika bagian ini merujuk ke cell yang tidak boleh diubah, maka akan menghaslkan error.Coba perbaiki tabel bantuan yang dirujuk oleh :rgtCol.Offset(, 1).Value dan rgtCol.Offset(, 2).Value agar WSheet1.Cells(rgtCol.Offset(, 1).Value, rgtCol.Offset(, 2).Value)menghasilkan sebuah cell yang boleh diubah di sheet dalam
variabel sheet WSheet1Wassalam,Kid.
2013/3/26 agung aldhino <d_nozz@yahoo.co.id>
 
>dear ana anta,
>berikut filenya yang saya janjikan. dan penjelasannya.
>mungkin Mr. Kid bisa menambahkan....

>sekalian tanya ke master-master excel seperti Mr. Kid.
>file sudah saya buat. ketika saya unprotect sheetnya. data yang muncul tidak ada masalah.
>tetapi ketika saya protect sheetnya. vba nya error. tetapi hanya pada data pertama saja. data lainnya ketika muncul tidak ada masalah.
>kenapa ya????
>maksudnya bukan ketika proses simpan data. tetapi view data. ketika kita ketik nomer peserta tidak ada masalah.
>namun ketika kita ketik nomer peserta "1" (tanpa tanda petik). akan muncul error.(ini hanya berlaku ketika sheet kita protect).
>tapi ketika kita ketik nomer yang lain tidak muncul error.

>wassalam
>Agung
>
>
>Dari: ana anta <anaanta321@yahoo.com>Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com> Dikirim: Jumat, 22 Maret 2013 15:24
>Judul: Re: Bls: Bls: [belajar-excel] Penilaian
>

>dear agungoh, ya tahu.emang seperti itu keinginan saya,.kalau punya waktu luang, saya mohon bantuan penjelasann untuk membuat yang seperti itu.terimakasih.
>
>
>
>
>From: agung aldhino <d_nozz@yahoo.co.id>
>To: "belajar-excel@yahoogroups.combelajar-excel@yahoogroups.com>
>Sent: Friday, March 22, 2013 2:38 PM
>Subject: Bls: Bls: [belajar-excel] Penilaian
>

>dear ana anta,sebenarnya bahan tetap saya dari data anda yang lama.formula juga masih menggunakan formula yang lama.(karena formulanya masih bisa digunakan).dan permasalahannya hanya pada efisiensi data saja. makanya sheet saya kurangi saja.untuk tampilan sheet input sengaja dibatasi penggunaanya hanya pada kolom warna abu-abu. agar lebih nyaman menggunakannya.untuk sheet input hanya terbatas pada input data saja bukan sekaligus output.sebenarnya masih bisa dikembangkan. misalnya dibuatkan satu sheet database.dikarenakan waktu yang mepet terpaksa saya kirimkan apa adanya.jika ada waktu luang. akan saya bantu membuatkan yang lebih komplit lagi.saya kurang pandai dalam menjelaskan.tapi yang pasti daya hanya menambahkan VBA code saja didalamnya. wassalamagung________________________________Dari: ana anta <mailto:anaanta321%40yahoo.com>Kepada:
"mailto:belajar-excel%40yahoogroups.commailto:belajar-excel%40yahoogroups.commailto:d_nozz%40yahoo.co.idmailto:d_nozz%40yahoo.co.id> Dikirim: Jumat, 22 Maret 2013 8:14Judul: Re: Bls: [belajar-excel] Penilaian  dear agungterimakasih, kurang kebih begitu.kalau boleh, minta penjelasan cara pembuatannya gimana, terutama sheet input juri?terus, form input juri apakah sekaligus output?wassalam________________________________From: agung aldhino <mailto:d_nozz%40yahoo.co.id>To: "mailto:belajar-excel%40yahoogroups.commailto:belajar-excel%40yahoogroups.com> Sent: Thursday, March 21, 2013 7:09 PMSubject: Bls: [belajar-excel] Penilaian  Dear ana anta,file terlampir semoga bisa membantu dan sesuai harapan.jikalau ada kekurangan mungkin master-master lainnya bisa membantu. wassalamagung________________________________Dari: Bagus <mailto:bagus%40kingjim.co.id>Kepada: mailto:belajar-excel%40yahoogroups.com Dikirim: Kamis, 21 Maret 2013 18:32Judul: Re:
[belajar-excel] Penilaian  Dear; ana anta (saya kamu) File terlampir semoga sesuai harapan  Wassalam~ Bagus~ ----- Original Message ----- >From: ana anta >To: Milist Belajar excel >Sent: Thursday, March 21, 2013 2:43 PM>Subject: [belajar-excel] Penilaian>>  >Hi master.�Saya lagi belajar buat form penilaian, tapi yang saya sudah saya buat itu sangatlah merepotkan, saya harus memasukkan nilai ke masing2 peserta dengan berpuuh2 sheet. Saya inginnnya hanya ada:1. sheet untuk daftar nilai (misalkan ada 3 juri, maka masing2 juri beda sheet/ disatukan juga gak pa2), 2. sheet peserta, 3. sheet untuk input nilai,4. sheet report untuk melihat rekap nilai keseluruhan dari tiap peserta, tapi saya inginnya ketika ingin melihat report, hanya cukup dengan mengetikkan no peserta.Para� master, intinya saya pengennya kaya mail merge di word.Mohon penjelassannya ya. Terima Kasih belajar-excel.NB: Saya lampirkan juga contoh penilaian yang sudah saya buat
dan sudah dipakai dulu (sudah di hapus sebagian reportnya).

Tue Apr 2, 2013 6:03 am (PDT) . Posted by:

"Wiwin" wiwin_jk

DH,

Mohon bantuan jika saya ingin menentukan tanggal berapa sesuai target, contoh soal :

Saya menerima request untuk pemasangan perangkat pada tgl 2 April 2013.
Saya di beri waktu 7 hari kerja supaya perangkat terpasang
Nah, tanggal berapa 7 hari itu tanpa sabtu minggu ?

Sudah coba2 googling , hanya nemu untuk menghitung hari tanpa sabtu minggu , tp untuk case di atas saya susah menemukannya.

Terima kasih atas bantuannya.

Salam,
Wiwin

 
Just My Way to be WAHM
Web : http://www.bisnisbunda-luarbiasa.com 
GROUP FOOTER MESSAGE
---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar