Selasa, 08 Oktober 2013

[belajar-excel] Digest Number 2586

15 New Messages

Digest #2586
1a
Re: export data ke worksheet by "Iga Aprilia" iga.april
2a
Tanggal Automatis by "adendum_81@yahoo.com" adendum_81
2b
Re: Tanggal Automatis [1 Attachment] by "hendrik karnadi" hendrikkarnadi
3b
Mengetahui Status File ReadOnly by nmkid.family@ymail.com
3c
Re: Mengetahui Status File ReadOnly [1 Attachment] by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
4
Formula karyawan berprestasi by "adendum_81@yahoo.com" adendum_81
5a
RE: [belajar-excel] Tanggal Automatis by "adendum_81@yahoo.com" adendum_81
5b
Re: Tanggal Automatis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5c
Re: Tanggal Automatis by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5d
RE: [belajar-excel] Tanggal Automatis by "adendum_81@yahoo.com" adendum_81
6a
Re: Select di Pivot Table Field list by "Yan Novianto" yan.novianto

Messages

Tue Oct 8, 2013 4:22 am (PDT) . Posted by:

"Iga Aprilia" iga.april

saya coba masukin coding yang sudah mr.kid buat kedalam worksheet
aslinya dengan mengubah properties textbox. Tetapi, waktu
Dear Mr.kidsya coba copas coding yang sudah mr.kid buat ke dalam
worksheet aslinya. tetapi saat program tsb dijalankan muncul
Error,knp ya ?? apakah sya hrus mengaktifkan sheet yg menjadi
referensinya trlebih dahulu atau sya hrus menambahkan coding
lainnya??
--- Mods ---
File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Mohon
kiranya sang poster mengirim ulang file lampiran yang sesuai
peraturan milis (max 250KB) dengan me-reply topik ini.
-------------


From: Mr. Kid
To: BeExcel
Sent: Tuesday, October 8, 2013 1:48 PM
Subject: Re: [belajar-excel] Re: export data ke worksheet

  hehehe...
posting ini belum masuk inbox ya :
http://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/me\
ssages/28325
<http://groups.yahoo.com/neo/groups/belajar-excel/conversations/m\
essages/28325>

Wassalam,
Kid.




2013/10/8 Iga Aprilia <iga.april@yahoo.com
<mailto:iga.april@yahoo.com> >
  para master mohon bantuannya
yahhh
koq belom ada tanggapan y ^_^

------------------------------------- Mods
----------------------------------------------
Sabar ya mbak Iga, yang jawab adalah BeExceller yang sedang bisa
on line,
memiliki pengetahuan tentang masalah yang ditanyakan, dan berani
malu
untuk memberikan solusi.

Selain itu Be-Exceller juga memiliki kewajiban yang harus
ditunaikan di
dunia nyata.

Atau bisa juga informasi yang disertakan kurang jelas, jadi
mungkin ada
yang ingin menanggapi tetapi tidak jadi karena kurangnya
informasi.
-----------------------------------------------------------------&#92;
-----------------------


From: Iga Aprilia
To: "belajar-excel@yahoogroups.com
<mailto:belajar-excel@yahoogroups.com> "
Sent: Monday, October 7, 2013 12:18 PM
Subject: export data ke worksheet

dear para master
saya sbg pemula dalam program macro vba
yang ingin sya tanyakan bagaimana coding untuk export data dari
sebuah user form ke dalam worksheet yang sudah saya buat.agar
lebih jelas saya melampirkan worksheet excelnya..
mohon bantuannya ya para master.
salamiga



#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866 --
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mkp { border:1px solid
#d8d8d8;font-family:Arial;margin:10px 0;padding:0 10px;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mkp hr { border:1px solid
#d8d8d8;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mkp
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866hd {
color:#628c2a;font-size:85%;font-weight:700;line-height:122%;marg&#92;
in:10px 0;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mkp
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ads { margin-bottom:10px;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mkp
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ad { padding:0 0;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mkp
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ad p { margin:0;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mkp
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ad a {
color:#0000ff;text-decoration:none;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-sponsor
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-lc { font-family:Arial;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-sponsor
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-lc
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866hd { margin:10px
0px;font-weight:700;font-size:78%;line-height:122%;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-sponsor
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-lc
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ad {
margin-bottom:10px;padding:0 0;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866actions {
font-family:Verdana;font-size:11px;padding:10px 0;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866activity {
background-color:#e0ecee;float:left;font-family:Verdana;font-size&#92;
:10px;padding:10px;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866activity span {
font-weight:700;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866activity span:first-child {
text-transform:uppercase;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866activity span a {
color:#5085b6;text-decoration:none;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866activity span span {
color:#ff7900;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866activity span
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866underline {
text-decoration:underline;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866attach {
clear:both;display:table;font-family:Arial;font-size:12px;padding&#92;
:10px 0;width:400px;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866attach div a {
text-decoration:none;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866attach img {
border:none;padding-right:5px;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866attach label {
display:block;margin-bottom:5px;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866attach label a {
text-decoration:none;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866 blockquote { margin:0 0 0
4px;} #ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866bold {
font-family:Arial;font-size:13px;font-weight:700;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866bold a {
text-decoration:none;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
dd.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866last p a {
font-family:Verdana;font-weight:700;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
dd.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866last p span {
margin-right:10px;font-family:Verdana;font-weight:700;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
dd.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866last p
span.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866yshortcuts {
margin-right:0;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866attach-table div div a {
text-decoration:none;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866attach-table { width:400px;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866file-title a,
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866file-title a:active,
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866file-title a:hover,
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866file-title a:visited {
text-decoration:none;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866photo-title a,
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866photo-title a:active,
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866photo-title a:hover,
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866photo-title a:visited {
text-decoration:none;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
div#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mlmsg
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-msg p a
span.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866yshortcuts {
font-family:Verdana;font-size:10px;font-weight:normal;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866green { color:#628c2a;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866MsoNormal { margin:0 0 0 0;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866 o {
font-size:0;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866photos div {
float:left;width:72px;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866photos div div { border:1px
solid #666666;height:62px;overflow:hidden;width:62px;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866photos div label {
color:#666666;font-size:10px;overflow:hidden;text-align:center;wh\
ite-space:nowrap;width:64px;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866reco-category { font-size:77%;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866reco-desc { font-size:77%;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
.ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866replbq { margin:4px;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-actbar div a:first-child {
margin-right:2px;padding-right:5px;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mlmsg {
font-size:13px;font-family:Arial, helvetica, clean, sans-serif;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mlmsg table {
font-size:inherit;font:100%;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mlmsg select,
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866 input,
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866 textarea
{ font:99% Arial, Helvetica, clean, sans-serif;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mlmsg pre,
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866 code {
font:115% monospace;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mlmsg * {
line-height:1.22em;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-mlmsg
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866logo { padding-bottom:10px;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-msg p a {
font-family:Verdana;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-msg
p#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866attach-count span {
color:#1E66AE;font-weight:700;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-reco
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866reco-head {
color:#ff7900;font-weight:700;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-reco {
margin-bottom:20px;padding:0px;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-sponsor
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ov li a {
font-size:130%;text-decoration:none;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-sponsor
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ov li {
font-size:77%;list-style-type:square;padding:6px 0;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-sponsor
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ov ul { margin:0;padding:0 0 0
8px;} #ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-text {
font-family:Georgia;} #ygrps-yiv-1573470682
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-text p { margin:0 0 1em
0;} #ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-text tt { font-size:120%;}
#ygrps-yiv-1573470682 #ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866
#ygrps-yiv-1573470682yiv8971781866ygrp-vital ul li:last-child {
border-right:none !important;}

Tue Oct 8, 2013 5:12 am (PDT) . Posted by:

"adendum_81@yahoo.com" adendum_81

Dear Exceller,



Apakah di excel dapat membuat rumus secara otomatis untuk pengisian tanggal, sebagai contoh di kolom pembayaran kita input 50rb, di kolom tanggal akan terisi otomatis disaat kita mengisi kolom pembayaran, untuk lebih detailnya saya lampirkan contoh table.





Terima kasih atas bantuannya



Salam Hormat



Aden S


Sent from Windows Mail

Tue Oct 8, 2013 5:56 am (PDT) . Posted by:

"hendrik karnadi" hendrikkarnadi

Bisa.
Coba ketik formula ini di sel D5
=IF(ISNUMBER(C5),TODAY(),"")

Salam,
HK

________________________________
From: "adendum_81@yahoo.com" <adendum_81@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 8 October 2013, 19:12
Subject: [belajar-excel] Tanggal Automatis [1 Attachment]


 
Dear Exceller,
 
Apakah di excel dapat membuat rumus secara otomatis untuk pengisian tanggal, sebagai contoh di kolom pembayaran kita input 50rb, di kolom tanggal akan terisi otomatis disaat kita mengisi kolom pembayaran, untuk lebih detailnya saya lampirkan contoh table.
 
 
Terima kasih atas bantuannya
 
Salam Hormat
 
Aden S
 
Sent from Windows Mail
 

Tue Oct 8, 2013 7:35 am (PDT) . Posted by:

"Hirmanto"

Teman - teman B-Excel

Mohon bantuan untuk membuat scrip macro untuk mengetahui
1. Status File
2. Nama User
3. IP User

'manfaat yang akan diambil -->

'1. memberitahu user jika readOnly tidak bisa create file agar pekerjaan update data tidak sia-sia
'2. User lain bisa memberitahu ke pembuka file terakhir untuk menutup file agar bisa diupdate orang lain

'terima kasih atas bantuan dan kerelaan membantu .

Private Sub Workbook_Open()

Status = "ReadOnly";
NamaUser = "Diriku"
IpUser = "172.30....."

'Jika File sedang read only akan muncul pesan
If Status = "ReadOnly"; Then
MsgBox ("Status :" & Status & Chr(10) & _
"Komp User : " & NamaUser & Chr(10) & _
"IP User : " & IpUser & Chr(10) & "" & Chr(10) & _
"Jika anda ingin mengupdate data silahkan " & Chr(10) & _
"hubungi user diatas untuk menutup file")
End If

End Sub

Tue Oct 8, 2013 7:46 am (PDT) . Posted by:

nmkid.family@ymail.com

Dear BeExceller,

Posting berikut ini disampaikan oleh rekan Hirmanto
hirmanto@bridgestone.co.id ke milis Belajar-Excel.
Karena tidak sengaja terhapus saat proses moderasi, maka dibuat
ulang.

Mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada saudara Hirmanto atas
kejadian ini. Insya Allah kejadian ini tidak terulang lagi
kedepannya.

*** Salinan posting asli dari pengirim ***

From: Hirmanto <hirmanto@bridgestone.co.id>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com"
<belajar-excel@yahoogroups.com>
Cc:
Date: Tue, 8 Oct 2013 19:56:07 +0700
Subject: Mengetahui Status File ReadOnly

Teman â€" teman B-Excel



Mohon bantuan untuk membuat scrip macro untuk mengetahui

1. Status File

2. Nama User

3. IP User



'manfaat yang akan diambil -->

'1. memberitahu user jika readOnly tidak bisa create file agar
pekerjaan update data tidak sia-sia

'2. User lain bisa memberitahu ke pembuka file terakhir untuk
menutup file agar bisa diupdate orang lain



'terima kasih atas bantuan dan kerelaan membantu .







Private Sub Workbook_Open()



Status = "ReadOnly";

NamaUser = "Diriku"

IpUser = "172.30....."



'Jika File sedang read only akan muncul pesan

If Status = "ReadOnly"; Then

MsgBox ("Status :" & Status & Chr(10) & _

"Komp User : " & NamaUser & Chr(10) & _

"IP User : " & IpUser & Chr(10) & "" & Chr(10) & _

"Jika anda ingin mengupdate data silahkan " & Chr(10)
& _

"hubungi user diatas untuk menutup file")

End If


End Sub

Tue Oct 8, 2013 11:18 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Hirmanto,

hehehe....
ternyata posting pertama tadi moderasinya udah bener yak... aduh... saking
ribetnya pindah-pindah tab, jadi kuatir kepencet reject. eh ternyata
kepencet approve.

1. Status File
Bisa dengan :
thisworkbook.readonly

2. Nama User
Nama user sapa nih ? Oh yang dapet akses untuk write yang ada dijauh sana,
saat status open disini adalah read only ya...
bisa pakai :
thisworkbook.writereservedby

yang perlu diingat, nama yang dihasilkan adalah app user bukan username
yang login kompie...
kalau pengen user name yang login tuh kompie, agak ribet juga... jadi ke
nomor 3 aja ya...

3. IP Address
IP Address nya sapa nih ? Yang disono juga ?
waaah... kalo ini agak ribet, soale ndak tahu host name yang lagi membuka
si file. Punya daftar yang boleh membuka file itu gak ? repot kan bikin
daftarnya...

:( :( :(

ops... ayo cemunguudd...

gimana kalo gini aja...

1. tiap si file dibuka, si file nulis disebuah sheet
(sheetnya bisa disembunyikan kok... tapi jangan terlalu primpen ya.. ndak
malah lupa tadi disimpen dimana)
Yang ditulis seperti App User Name, User Name saat login kompie, Computer
Name, dsb... termasuk IP Address.
Nulisnya pakai VBA yak... dan harus disave saat habis nulis.

2. tiap si file ditutup, data inpo yang ditulis di nomor 1 tadi dihapus
lalu di save. Ini juga pake VBA.

So... nomor 1 bisa diatur pada event workbook open. Nomor 2 diatur pada
event workbook before close
Selesai kan ya...

Untung milis ini bukan pegadaian (menyelesaikan masalah tanpa masalah)
dimilis ini, seringkali menyelesaikan masalah muncul masalah baru, baik itu
akibat kreatifnya si penanya atau karena lagi malesnya yang bantu
solusi.... wakakakakaka...

Nomor 1 bikin masalah kalau dibuka dikompie yang security macro (VBA) nya
di-disable... ya gak ? sapa yang gak setuju ? yak baguuss...

trus gimana dong ? kalo maksa supaya tiap buka security macro langsung
Enable lewat VBA, bisa jadi sampai penuh kapasitas harddisk nya untuk nulis
si cekrip juga kagak bakalan bisa.

Biasanya, hanya biasanya saya ajah yak... don't try this at anywhere...
kecuali udah ngebet n terpaksa buanget... (aih... jadi terpaksa terus deh)
3. di nomor 2, setelah save, kasih baris yang ubah status file jadi read
only.
Saya nyanyiin bunyi cekripnya yak... (sorry, suara saya rada sumbang,
makanya cuman dapet satu platinum ajah.. itupun bekas karburator rusak)
setattr thisworkbook.fullname , vbreadonly

4. akhirnya, si file akan ditutup dalam keadaan read only, jadi kalau
dibuka akan read only juga. Nah user yang pengen edit, harus meng-enable si
security macro walau bisa save as jadi file lain, atau ubah status file
supaya ndak readonly lewat windows explorer.
Kalau user meng-enable macro, maka workbook event open yang nomor 1 bakalan
jalan tuh, maka disana, dibaris pertamanya langsung diberi baris kode
berbunyi begini :
setattr thisworkbook.fullname , vbnormal
thisworkbook.changefileaccess xlreadwrite
'baru deh diikutin cekrip nomor 1 aslinya tadi

Terus ngeceknya gimana kalau si file lagi dibuka orang lain ?
hehehe...
siapa yang membuka dan dapet akses untuk nulis akan membuat status file
bukan read only di windows explorer. Jadi, sebelum nomor 4, ada proses cek
dulu, apakah si file dalam keadaan read only di windows explorer. ini jadi
nomor 5 yak

5. cek status diwindows explorer
if getattr( thisworkbook.fullname ) = vbreadonly then 'kalo statusnya
read only, berarti belum ada yang dapat akses tulis

setattr thisworkbook.fullname , vbnormal
thisworkbook.changefileaccess xlreadwrite
'baru deh diikutin cekrip nomor 1 aslinya tadi

else 'kalo statusnya bukan read only, berarti sudah ada yang dapet akses
tulis, jadi tinggal bisa bengong... eh tampilin pesan ding ya...
'pesannya disini. isinya adalah data-data yang ditulis di sheet
tersembunyi oleh si nomor 1 yang masuk ke 4 itu... termasuk ip address kan
ya.
endif

Bingung kan....
mesti minta contoh jadinya... hayo ngaku...
wani piro...
halah...

wis lah, sing waras ngalah...
filenya disini <https://app.box.com/s/m3qe4ve5bk9svk57p9k8>.

yang perlu diinget...
1. itu tadi cuman kebiasaan saya ajah... so... ndak kudu begitu caranya...
2. menyelesaikan masalah dengan masalah... jadi kalau ada masalah, ya
dicari lagi solusinya... apalagi kalau masalah error :D :D :D
3. cara tadi diatas tetap membuka peluang untuk copy file atau save as...
jadi, dicari saja solusinya...
4. saya ndak tahu dampak dari menyimpan file di drive C atau drive yang ada
OS nya
5. masih banyak sisi yang belum dijajahi dengan cara diatas, walau selama
ini paen paen ajah...

met bubu semuanya...

Wassalam,
Kid.

2013/10/8 Hirmanto <hirmanto@bridgestone.co.id>

> **
>
>
> Teman � teman B-Excel****
>
> ** **
>
> Mohon bantuan untuk membuat scrip macro untuk mengetahui ****
>
> 1. Status File****
>
> 2. Nama User****
>
> 3. IP User****
>
> ** **
>
> 'manfaat yang akan diambil -->****
>
> '1. memberitahu user jika readOnly tidak bisa create file agar pekerjaan
> update data tidak sia-sia****
>
> '2. User lain bisa memberitahu ke pembuka file terakhir untuk menutup file
> agar bisa diupdate orang lain****
>
> ** **
>
> 'terima kasih atas bantuan dan kerelaan membantu .****
>
> ** **
>
> ** **
>
> ** **
>
> Private Sub Workbook_Open()****
>
> ** **
>
> Status = "ReadOnly";****
>
> NamaUser = "Diriku"****
>
> IpUser = "172.30....."****
>
> ** **
>
> 'Jika File sedang read only akan muncul pesan****
>
> If Status = "ReadOnly"; Then****
>
> MsgBox ("Status :" & Status & Chr(10) & _****
>
> "Komp User : " & NamaUser & Chr(10) & _****
>
> "IP User : " & IpUser & Chr(10) & "" & Chr(10) & _****
>
> "Jika anda ingin mengupdate data silahkan " & Chr(10) & _****
>
> "hubungi user diatas untuk menutup file")****
>
> End If****
>
> ** **
>
> End Sub****
>
>
>

Tue Oct 8, 2013 7:45 pm (PDT) . Posted by:

"Hirmanto"

Tanpa ba-bi-be-bo
Alhamdulillah filenya langsung saya unduh.. dan hasilnya sesuai dengan yang saya mimpikan..

Terima kasih Bang Kids dan B-Excel

________________________________
From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of Mr. Kid
Sent: Wednesday, October 09, 2013 1:18 AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Mengetahui Status File ReadOnly

Hai Hirmanto,
hehehe....
ternyata posting pertama tadi moderasinya udah bener yak... aduh... saking ribetnya pindah-pindah tab, jadi kuatir kepencet reject. eh ternyata kepencet approve.

1. Status File
Bisa dengan :
thisworkbook.readonly

2. Nama User
Nama user sapa nih ? Oh yang dapet akses untuk write yang ada dijauh sana, saat status open disini adalah read only ya...
bisa pakai :
thisworkbook.writereservedby
yang perlu diingat, nama yang dihasilkan adalah app user bukan username yang login kompie...
kalau pengen user name yang login tuh kompie, agak ribet juga... jadi ke nomor 3 aja ya...

3. IP Address
IP Address nya sapa nih ? Yang disono juga ?
waaah... kalo ini agak ribet, soale ndak tahu host name yang lagi membuka si file. Punya daftar yang boleh membuka file itu gak ? repot kan bikin daftarnya...

:( :( :(
ops... ayo cemunguudd...
gimana kalo gini aja...
1. tiap si file dibuka, si file nulis disebuah sheet
(sheetnya bisa disembunyikan kok... tapi jangan terlalu primpen ya.. ndak malah lupa tadi disimpen dimana)
Yang ditulis seperti App User Name, User Name saat login kompie, Computer Name, dsb... termasuk IP Address.
Nulisnya pakai VBA yak... dan harus disave saat habis nulis.

2. tiap si file ditutup, data inpo yang ditulis di nomor 1 tadi dihapus lalu di save. Ini juga pake VBA.
So... nomor 1 bisa diatur pada event workbook open. Nomor 2 diatur pada event workbook before close
Selesai kan ya...
Untung milis ini bukan pegadaian (menyelesaikan masalah tanpa masalah)
dimilis ini, seringkali menyelesaikan masalah muncul masalah baru, baik itu akibat kreatifnya si penanya atau karena lagi malesnya yang bantu solusi.... wakakakakaka...
Nomor 1 bikin masalah kalau dibuka dikompie yang security macro (VBA) nya di-disable... ya gak ? sapa yang gak setuju ? yak baguuss...

trus gimana dong ? kalo maksa supaya tiap buka security macro langsung Enable lewat VBA, bisa jadi sampai penuh kapasitas harddisk nya untuk nulis si cekrip juga kagak bakalan bisa.
Biasanya, hanya biasanya saya ajah yak... don't try this at anywhere... kecuali udah ngebet n terpaksa buanget... (aih... jadi terpaksa terus deh)
3. di nomor 2, setelah save, kasih baris yang ubah status file jadi read only.
Saya nyanyiin bunyi cekripnya yak... (sorry, suara saya rada sumbang, makanya cuman dapet satu platinum ajah.. itupun bekas karburator rusak)
setattr thisworkbook.fullname , vbreadonly
4. akhirnya, si file akan ditutup dalam keadaan read only, jadi kalau dibuka akan read only juga. Nah user yang pengen edit, harus meng-enable si security macro walau bisa save as jadi file lain, atau ubah status file supaya ndak readonly lewat windows explorer.
Kalau user meng-enable macro, maka workbook event open yang nomor 1 bakalan jalan tuh, maka disana, dibaris pertamanya langsung diberi baris kode berbunyi begini :
setattr thisworkbook.fullname , vbnormal
thisworkbook.changefileaccess xlreadwrite
'baru deh diikutin cekrip nomor 1 aslinya tadi

Terus ngeceknya gimana kalau si file lagi dibuka orang lain ?
hehehe...
siapa yang membuka dan dapet akses untuk nulis akan membuat status file bukan read only di windows explorer. Jadi, sebelum nomor 4, ada proses cek dulu, apakah si file dalam keadaan read only di windows explorer. ini jadi nomor 5 yak
5. cek status diwindows explorer
if getattr( thisworkbook.fullname ) = vbreadonly then 'kalo statusnya read only, berarti belum ada yang dapat akses tulis

setattr thisworkbook.fullname , vbnormal
thisworkbook.changefileaccess xlreadwrite
'baru deh diikutin cekrip nomor 1 aslinya tadi
else 'kalo statusnya bukan read only, berarti sudah ada yang dapet akses tulis, jadi tinggal bisa bengong... eh tampilin pesan ding ya...
'pesannya disini. isinya adalah data-data yang ditulis di sheet tersembunyi oleh si nomor 1 yang masuk ke 4 itu... termasuk ip address kan ya.
endif

Bingung kan....
mesti minta contoh jadinya... hayo ngaku...
wani piro...
halah...
wis lah, sing waras ngalah...
filenya disini<https://app.box.com/s/m3qe4ve5bk9svk57p9k8>.
yang perlu diinget...
1. itu tadi cuman kebiasaan saya ajah... so... ndak kudu begitu caranya...
2. menyelesaikan masalah dengan masalah... jadi kalau ada masalah, ya dicari lagi solusinya... apalagi kalau masalah error :D :D :D
3. cara tadi diatas tetap membuka peluang untuk copy file atau save as... jadi, dicari saja solusinya...
4. saya ndak tahu dampak dari menyimpan file di drive C atau drive yang ada OS nya
5. masih banyak sisi yang belum dijajahi dengan cara diatas, walau selama ini paen paen ajah...

met bubu semuanya...
Wassalam,
Kid.

2013/10/8 Hirmanto <hirmanto@bridgestone.co.id<mailto:hirmanto@bridgestone.co.id>>

Teman - teman B-Excel

Mohon bantuan untuk membuat scrip macro untuk mengetahui

1. Status File

2. Nama User

3. IP User

'manfaat yang akan diambil -->

'1. memberitahu user jika readOnly tidak bisa create file agar pekerjaan update data tidak sia-sia

'2. User lain bisa memberitahu ke pembuka file terakhir untuk menutup file agar bisa diupdate orang lain

'terima kasih atas bantuan dan kerelaan membantu .

Private Sub Workbook_Open()

Status = "ReadOnly";

NamaUser = "Diriku"

IpUser = "172.30....."

'Jika File sedang read only akan muncul pesan

If Status = "ReadOnly"; Then

MsgBox ("Status :" & Status & Chr(10) & _

"Komp User : " & NamaUser & Chr(10) & _

"IP User : " & IpUser & Chr(10) & "" & Chr(10) & _

"Jika anda ingin mengupdate data silahkan " & Chr(10) & _

"hubungi user diatas untuk menutup file")

End If

End Sub

Tue Oct 8, 2013 10:04 am (PDT) . Posted by:

"adendum_81@yahoo.com" adendum_81

Dear Exceller,



Maaf menganggu, saya mempunyai 2 kasus, dimana kasus yang pertama mencari nama karyawan teladan dari table 1 tahun dimana penilaiannya berdasar akhir bulan, yang kedua memetakan ketegori 1-31 oktober ke 1 oktober, 1-30 nopember ke 1 nopember demikian seterusnya, untuk lebih detailnya bias dilihat dilampiran email ini



Terima kasih sebelumnya



Salam Hormat



Aden S


Sent from Windows Mail

Tue Oct 8, 2013 10:05 am (PDT) . Posted by:

"adendum_81@yahoo.com" adendum_81

Terima kasih Pak Hendrik atas pencerahannya



Case Closed


Sent from Windows Mail


From: hendrik karnadi
Sent: ‎October‎ ‎8‎, ‎2013 ‎7‎:‎56‎ ‎PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Tanggal Automatis








Bisa.

Coba ketik formula ini di sel D5

=IF(ISNUMBER(C5),TODAY(),"")





Salam,

HK








From: "adendum_81@yahoo.com" <adendum_81@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 8 October 2013, 19:12
Subject: [belajar-excel] Tanggal Automatis [1 Attachment]








Dear Exceller,


Apakah di excel dapat membuat rumus secara otomatis untuk pengisian tanggal, sebagai contoh di kolom pembayaran kita input 50rb, di kolom tanggal akan terisi otomatis disaat kita mengisi kolom pembayaran, untuk lebih detailnya saya lampirkan contoh table.



Terima kasih atas bantuannya


Salam Hormat


Aden S


Sent from Windows Mail





Tue Oct 8, 2013 10:31 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

hehehehe...

Case-nya dibuka lagi ya...

Yang ini pakai VBA.
Memanfaatkan event worksheet change, jadi letakkan di event worksheet
change sheet input tersebut.
Misal yang akan menjadi trigger untuk menulis tanggal adalah kolom A sampai
E, lalu tanggal ditulis di kolom F sebagai last modified dan ditulis di G
sebagai created date. Baris yang boleh diinput setelah baris header yang
ada di baris 1 (alias mulai baris 2 excel). Jadi, tanggal pertama kali isi
ada di kolom G. Editan terakhir dilakukan oleh user ditunjukkan tanggal di
kolom F. Nah tanggal di kolom F ini bisa juga diisi dengan formula dari Pak
Hendrik.

Tapi, jika tanggal yang diinginkan adalah created date, maka VBA yang
menulis di kolom G yang digunakan.

application.enableevents=false
with target
if .count=1 then 'cuma 1 cell yang berubah isi
if .row>1 then 'yang berubah dibaris 2 keatas
if .column<6 then 'yang berubah adalah salah satu dari kolom A
sampai E
if len(activesheet.cells(.row,6).value)=0 then 'kolom F
nya masih kosong, maka tulis created date di kolom G
activesheet.cells(.row,7).value=date 'tulis
created date
endif
activesheet.cells(.row,6).value=date 'tulis
last modified (bisa dihapus dan di cell diisi formula Pak Hendrik)
endif
endif
endif
end with
application.enableevents=true

*** sorry ya kalau maksa dikit untuk dibuka lagi ***
coba tanggal komputer diganti menjadi 3 hari lalu, lalu ubah nilai
sembarangan di sheet lain. Kemudian lihat efeknya di sheet input.

Wassalam,
Kid.

2013/10/9 adendum_81@yahoo.com <adendum_81@yahoo.com>

> **
>
>
> Terima kasih Pak Hendrik atas pencerahannya
>
> Case Closed
>
> Sent from Windows Mail
>
> *From:* hendrik karnadi
> *Sent:* October 8, 2013 7:56 PM
> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
> *Subject:* Re: [belajar-excel] Tanggal Automatis
>
>
>
> Bisa.
> Coba ketik formula ini di sel D5
> =IF(ISNUMBER(C5),TODAY(),"")
>
> Salam,
> HK
>
> ------------------------------
> *From:* "adendum_81@yahoo.com" <adendum_81@yahoo.com>
> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
> *Sent:* Tuesday, 8 October 2013, 19:12
> *Subject:* [belajar-excel] Tanggal Automatis [1 Attachment]
>
>
> Dear Exceller,
>
> Apakah di excel dapat membuat rumus secara otomatis untuk pengisian
> tanggal, sebagai contoh di kolom pembayaran kita input 50rb, di kolom
> tanggal akan terisi otomatis disaat kita mengisi kolom pembayaran, untuk
> lebih detailnya saya lampirkan contoh table.
>
>
> Terima kasih atas bantuannya
>
> Salam Hormat
>
> Aden S
>
> Sent from Windows Mail
>
>
>
>
>
>
>

Tue Oct 8, 2013 10:33 am (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

eh lupa...

Tambahan :
jika last modified yang dibutuhkan adalah hanya terhadap kolom A sampai E
saja, maka tetap VBA yang menulis di kolom F yang dipakai, dan formula Pak
Hendrik digunakan untuk kepentingan lainnya.

Wassalam,
Kid.

2013/10/9 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

> hehehehe...
>
> Case-nya dibuka lagi ya...
>
> Yang ini pakai VBA.
> Memanfaatkan event worksheet change, jadi letakkan di event worksheet
> change sheet input tersebut.
> Misal yang akan menjadi trigger untuk menulis tanggal adalah kolom A
> sampai E, lalu tanggal ditulis di kolom F sebagai last modified dan ditulis
> di G sebagai created date. Baris yang boleh diinput setelah baris header
> yang ada di baris 1 (alias mulai baris 2 excel). Jadi, tanggal pertama kali
> isi ada di kolom G. Editan terakhir dilakukan oleh user ditunjukkan tanggal
> di kolom F. Nah tanggal di kolom F ini bisa juga diisi dengan formula dari
> Pak Hendrik.
>
> Tapi, jika tanggal yang diinginkan adalah created date, maka VBA yang
> menulis di kolom G yang digunakan.
>
> application.enableevents=false
> with target
> if .count=1 then 'cuma 1 cell yang berubah isi
> if .row>1 then 'yang berubah dibaris 2 keatas
> if .column<6 then 'yang berubah adalah salah satu dari kolom
> A sampai E
> if len(activesheet.cells(.row,6).value)=0 then 'kolom F
> nya masih kosong, maka tulis created date di kolom G
> activesheet.cells(.row,7).value=date
> 'tulis created date
> endif
> activesheet.cells(.row,6).value=date 'tulis
> last modified (bisa dihapus dan di cell diisi formula Pak Hendrik)
> endif
> endif
> endif
> end with
> application.enableevents=true
>
> *** sorry ya kalau maksa dikit untuk dibuka lagi ***
> coba tanggal komputer diganti menjadi 3 hari lalu, lalu ubah nilai
> sembarangan di sheet lain. Kemudian lihat efeknya di sheet input.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
> 2013/10/9 adendum_81@yahoo.com <adendum_81@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Terima kasih Pak Hendrik atas pencerahannya
>>
>> Case Closed
>>
>> Sent from Windows Mail
>>
>> *From:* hendrik karnadi
>> *Sent:* October 8, 2013 7:56 PM
>>
>> *To:* belajar-excel@yahoogroups.com
>> *Subject:* Re: [belajar-excel] Tanggal Automatis
>>
>>
>>
>> Bisa.
>> Coba ketik formula ini di sel D5
>> =IF(ISNUMBER(C5),TODAY(),"")
>>
>> Salam,
>> HK
>>
>> ------------------------------
>> *From:* "adendum_81@yahoo.com" <adendum_81@yahoo.com>
>> *To:* "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
>> *Sent:* Tuesday, 8 October 2013, 19:12
>> *Subject:* [belajar-excel] Tanggal Automatis [1 Attachment]
>>
>>
>> Dear Exceller,
>>
>> Apakah di excel dapat membuat rumus secara otomatis untuk pengisian
>> tanggal, sebagai contoh di kolom pembayaran kita input 50rb, di kolom
>> tanggal akan terisi otomatis disaat kita mengisi kolom pembayaran, untuk
>> lebih detailnya saya lampirkan contoh table.
>>
>>
>> Terima kasih atas bantuannya
>>
>> Salam Hormat
>>
>> Aden S
>>
>> Sent from Windows Mail
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>>
>
>

Tue Oct 8, 2013 4:16 pm (PDT) . Posted by:

"adendum_81@yahoo.com" adendum_81

Dear Mr. kid saya coba aplikasikan rumus VBA ke data tanggal, tapi karena saya masih awam di VBA apa yang saya lakukan? saya coba untuk mencopy paste rumus dari mr. Kid ke VBA Sheet, tapi tidak terjadi perubahan, yang saya butuhkan adalah created date, rumus today akan terus bergerak sesuai dengan tanggal hari ini, sementara yang saya perlukan hanya mengunci ketika tanggal dimana saya menginput.



Terima kasih



Salam Hormat





Aden S


Sent from Windows Mail


From: Mr. Kid
Sent: ‎October‎ ‎9‎, ‎2013 ‎12‎:‎32‎ ‎AM
To: BeExcel
Subject: Re: [belajar-excel] Tanggal Automatis











eh lupa...


Tambahan :
jika last modified yang dibutuhkan adalah hanya terhadap kolom A sampai E saja, maka tetap VBA yang menulis di kolom F yang dipakai, dan formula Pak Hendrik digunakan untuk kepentingan lainnya.

Wassalam,
Kid.





2013/10/9 Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>








hehehehe...


Case-nya dibuka lagi ya...

Yang ini pakai VBA.
Memanfaatkan event worksheet change, jadi letakkan di event worksheet change sheet input tersebut.
Misal yang akan menjadi trigger untuk menulis tanggal adalah kolom A sampai E, lalu tanggal ditulis di kolom F sebagai last modified dan ditulis di G sebagai created date. Baris yang boleh diinput setelah baris header yang ada di baris 1 (alias mulai baris 2 excel). Jadi, tanggal pertama kali isi ada di kolom G. Editan terakhir dilakukan oleh user ditunjukkan tanggal di kolom F. Nah tanggal di kolom F ini bisa juga diisi dengan formula dari Pak Hendrik.


Tapi, jika tanggal yang diinginkan adalah created date, maka VBA yang menulis di kolom G yang digunakan.




application.enableevents=false
with target

if .count=1 then 'cuma 1 cell yang berubah isi


if .row>1 then 'yang berubah dibaris 2 keatas


if .column<6 then 'yang berubah adalah salah satu dari kolom A sampai E


if len(activesheet.cells(.row,6).value)=0 then 'kolom F nya masih kosong, maka tulis created date di kolom G
activesheet.cells(.row,7).value=date 'tulis created date


endif
activesheet.cells(.row,6).value=date 'tulis last modified (bisa dihapus dan di cell diisi formula Pak Hendrik)


endif


endif


endif

end with





application.enableevents=true



*** sorry ya kalau maksa dikit untuk dibuka lagi ***


coba tanggal komputer diganti menjadi 3 hari lalu, lalu ubah nilai sembarangan di sheet lain. Kemudian lihat efeknya di sheet input.




Wassalam,


Kid.





2013/10/9 adendum_81@yahoo.com <adendum_81@yahoo.com>









Terima kasih Pak Hendrik atas pencerahannya


Case Closed


Sent from Windows Mail


From: hendrik karnadi
Sent: October 8, 2013 7:56 PM


To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: Re: [belajar-excel] Tanggal Automatis











Bisa.

Coba ketik formula ini di sel D5

=IF(ISNUMBER(C5),TODAY(),"")





Salam,

HK








From: "adendum_81@yahoo.com" <adendum_81@yahoo.com>
To: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Sent: Tuesday, 8 October 2013, 19:12
Subject: [belajar-excel] Tanggal Automatis [1 Attachment]








Dear Exceller,


Apakah di excel dapat membuat rumus secara otomatis untuk pengisian tanggal, sebagai contoh di kolom pembayaran kita input 50rb, di kolom tanggal akan terisi otomatis disaat kita mengisi kolom pembayaran, untuk lebih detailnya saya lampirkan contoh table.



Terima kasih atas bantuannya


Salam Hormat


Aden S


Sent from Windows Mail














Tue Oct 8, 2013 10:34 am (PDT) . Posted by:

"Yan Novianto" yan.novianto

Dear P Anton,

wah terimakasih sekali penjelasannya

walaupun saya juga kurang "ngeh" dengan bahasa excel :D

saya jadinya sedikit mengerti mengapa timbul otomatis ke SUM dan COUNT, hehe

kalo soal mengubah data Value setting saya pernah P Anton bantu waktu itu [ sheet masih saya simpan dan gunakan :) ]

jamu waktu itu adalah

anton suryadi wrote :

Coba,

Sub Yan()

Dim x As PivotField

With PivotTables(1)

For Each x In .DataFields

x.Function = xlCount + xlSum - x.Function

Next

End With

End Sub

File terlampir

>semoga bermanfaat

Nah kembali ke persoalan awal yang lain :)

" kalo saya centang 1 - 1 karena di list cukup banyak hingga ratusan…"

Bagaimana ya caranya supaya saya bisa menselect / mencentang pilihan yang ada di "choose fields to add to report" dengan cara berjama'ah atau berbarengan atau banyak sekaligus

karena lebih banyak data yang ingin di centang dari pada yang tidak ingin di centang [kalo boleh memilih mending menghilangkan centang jika terlanjur tercentang :)]

terimakasih sebelumnya untuk para master

From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of summonery@yahoo.com
Sent: Monday, October 07, 2013 5:36 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] RE: Select di Pivot Table Field list

Dear pak Yan,

Terlebih dahulu mari kita simak pesan berikut ini:

Microsoft Excel automatically uses the SUM function for numeric data and the COUNT function for non-numeric data in the Data area of a pivot table. If the numeric field contains blank cells, the PivotTable Wizard will default to COUNT instead of SUM. If all value cells contain numbers, the default will be SUM as expected.

Solusinya bagaimana?

Tinggal pilih, mau benahi databasenya atau tidak.

Kalau mau benahi, ya monggo diatur jangan sampai ada data non-numeric ataupun blank cells.

Kalau tidak mau membenahi akar permasalahannya tapi juga tidak mau ganti secara manual satu persatu, terpaksa harus menggunakan alat canggihnya yaitu add-in atau VBA untuk otomasinya.

>semoga bermanfaat

---In belajar-excel@yahoogroups.com, <yan.novianto@yahoo.com> wrote:

Salam Be Excel,

Hai para master,

mucul lagi, minta bantuan soal pivot

saya ingin "mencentang&quot; yang ada di list "choose fields to add to report" ke kolom "Values dalam bentuk Sum of bukan count of "

kalo saya centang 1 - 1 karena di list cukup banyak hingga ratusan, kebetulan file cukup besar sehingga setiap 1 kali centang bisa membutuhkan beberapa menit untuk proses

file saya sudah hapus banyak akan tetapi masih cukup besar

jika berkenan oprak aprik, mohon bisa download file saya, berikut link nya : https://app.box.com/s/t98h8q3msdlv5xx8am8d

Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih untuk para master

Saat nya Berubah, Saat nya Bangkit

Sukses di 2013

Yan Novianto

DA PT.Kao Indonesia

0823 31 6000 32

0888-0340 0404

Tue Oct 8, 2013 8:37 pm (PDT) . Posted by:

summonery


Bagaimana ya caranya supaya saya bisa menselect / mencentang pilihan yang ada di "choose fields to add to report" dengan cara berjama'ah atau berbarengan atau banyak sekaligus



Saya pastikan hal tersebut tidak dapat dilakukan.



Kenapa fitur ini sampai sekarang tidak ditambahkan oleh microsoft?
bahkan pivottable pada powerpivot pun tidak ada fitur tersebut.
sepertinya microsoft ingin memaksa pengguna excel untuk membuat database yang baik sejak awal penyusunan.
Kalaupun suatu kolom akan dilakukan pengolahan secara matematis nantinya,
khususnya melalui pivottable, secara tidak langsung pengguna excel diminta agar menyeragamkan semua tipe datanya berupa angka.
Semoga tidak penasaran lagi, karena memang jalan buntu di depan :)




>semoga bermanfaat




---In belajar-excel@yahoogroups.com, <yan.novianto@yahoo.com> wrote:

Dear P Anton,

wah terimakasih sekali penjelasannya
walaupun saya juga kurang "ngeh" dengan bahasa excel :D
saya jadinya sedikit mengerti mengapa timbul otomatis ke SUM dan COUNT, hehe
kalo soal mengubah data Value setting saya pernah P Anton bantu waktu itu [ sheet masih saya simpan dan gunakan :) ]
jamu waktu itu adalah

anton suryadi wrote :

Coba,

Sub Yan()
Dim x As PivotField
With PivotTables(1)
For Each x In .DataFields
x.Function = xlCount + xlSum - x.Function
Next
End With
End Sub

File terlampir


>semoga bermanfaat

Nah kembali ke persoalan awal yang lain :)

" kalo saya centang 1 - 1 karena di list cukup banyak hingga ratusan…"

Bagaimana ya caranya supaya saya bisa menselect / mencentang pilihan yang ada di "choose fields to add to report" dengan cara berjama'ah atau berbarengan atau banyak sekaligus

karena lebih banyak data yang ingin di centang dari pada yang tidak ingin di centang [kalo boleh memilih mending menghilangkan centang jika terlanjur tercentang :)]

terimakasih sebelumnya untuk para master



From: belajar-excel@yahoogroups.com [mailto:belajar-excel@yahoogroups.com] On Behalf Of summonery@yahoo.com
Sent: Monday, October 07, 2013 5:36 PM
To: belajar-excel@yahoogroups.com
Subject: [belajar-excel] RE: Select di Pivot Table Field list




Dear pak Yan,

Terlebih dahulu mari kita simak pesan berikut ini:
Microsoft Excel automatically uses the SUM function for numeric data and the COUNT function for non-numeric data in the Data area of a pivot table. If the numeric field contains blank cells, the PivotTable Wizard will default to COUNT instead of SUM. If all value cells contain numbers, the default will be SUM as expected.

Solusinya bagaimana?
Tinggal pilih, mau benahi databasenya atau tidak.
Kalau mau benahi, ya monggo diatur jangan sampai ada data non-numeric ataupun blank cells.
Kalau tidak mau membenahi akar permasalahannya tapi juga tidak mau ganti secara manual satu persatu, terpaksa harus menggunakan alat canggihnya yaitu add-in atau VBA untuk otomasinya.


>semoga bermanfaat




---In belajar-excel@yahoogroups.com mailto:belajar-excel@yahoogroups.com, <yan.novianto@yahoo.com mailto:yan.novianto@yahoo.com> wrote:
Salam Be Excel,

Hai para master,
mucul lagi, minta bantuan soal pivot
saya ingin "mencentang&quot; yang ada di list "choose fields to add to report" ke kolom "Values dalam bentuk Sum of bukan count of "
kalo saya centang 1 - 1 karena di list cukup banyak hingga ratusan, kebetulan file cukup besar sehingga setiap 1 kali centang bisa membutuhkan beberapa menit untuk proses
file saya sudah hapus banyak akan tetapi masih cukup besar
jika berkenan oprak aprik, mohon bisa download file saya, berikut link nya : https://app.box.com/s/t98h8q3msdlv5xx8am8d https://app.box.com/s/t98h8q3msdlv5xx8am8d



Sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih untuk para master
Saat nya Berubah, Saat nya Bangkit
Sukses di 2013


Yan Novianto
DA PT.Kao Indonesia
0823 31 6000 32
0888-0340 0404












Tue Oct 8, 2013 6:32 pm (PDT) . Posted by:

"Dede Suparman" asty_tiwul


Dear  Para Master & Rekan - Rekan Be-Excel,

Terimakasih sudah membantu dan sudah berhasil, terimaksih.

salam,
Del

________________________________
Dari: ghozi alkatiri <ghozialkatiri@yahoo.co.id>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Selasa, 8 Oktober 2013 11:20
Judul: Bls: [belajar-excel] bahasa excel nya apa ya ? [1 Attachment]


 
tulis formula di D3
=IF(SUMPRODUCT(($A$3:$A3=A3)*($B$3:$B3=B3))=SUMPRODUCT(($A$3:$A$14=A3)*($B$3:$B$14=B3));SUMIFS($I$3:$I$14;$F$3:$F$14;A3;$G$3:$G$14;B3);"-")

copy ke bawah

wassalam

Ghozi Alkatiri

________________________________
Dari: Dede Suparman <dede_suparman111@yahoo.com>
Kepada: "belajar-excel@yahoogroups.com" <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Senin, 7 Oktober 2013 20:24
Judul: [belajar-excel] bahasa excel nya apa ya ? [1 Attachment]


 
Dear  Para Master & Rekan - Rekan Be-Excel,
Assalamu'alaikum Wr.Wb,
Janganbosen ya, mohon bantuan nya . Untuk
tabel GUDANG
bagaimana
ya bahasa excel nya : jumlahkan item yang ada di tabel PABRIK sesuai TGL,ID dan
jika ada ID sama pada TGL yg sama hanya satu ID  baris akhir yg jadi tempat "total". Mohon maaf jika penjelasan
nya  njlimet,,
terimakasih
sebelumnya , File terlampir.
salam,
Del

GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar