Jumat, 11 Oktober 2013

[belajar-excel] Digest Number 2592

15 New Messages

Digest #2592
1a
Bls: [belajar-excel] Buku VBA by "Shenly" shenly_excelmania
1b
Re: Bls: [belajar-excel] Buku VBA by "Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi
2a
Random Number????? by "Shenly" shenly_excelmania
2b
Re: Random Number????? by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
3a
Re: File lambat by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
5a
Re: Data error by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7a
Re: Soal Comment - Kok ndak ketemu ya by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
7b
Bls: [belajar-excel] Soal Comment - Kok ndak ketemu ya by "Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002
9a
Re: Membuat Pesan Kesalahan by "Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com
11
Mohon Bantuannya Segera,,hehe by "Toni Kus Indratno" tonny.kuzh@ymail.com

Messages

Fri Oct 11, 2013 11:37 am (PDT) . Posted by:

"Shenly" shenly_excelmania

pak ada eBook nya ga?? klo ada sya pesan dong

 
Salam
Shenly ^^*

________________________________
Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 11 Oktober 2013 16:59
Judul: [belajar-excel] Buku VBA


 
Buat rekan2 yang msih mencari buku VBA yang saya tulis, bisa email ke cs@gramediapublishers.com

Salam,
HK

Fri Oct 11, 2013 6:59 pm (PDT) . Posted by:

"Hendrik Karnadi" hendrikkarnadi

Ebooknya belum bikin.

Sent from Samsung MobileShenly <shenly_excelmania@yahoo.co.id> wrote:pak ada eBook nya ga?? klo ada sya pesan dong

 
Salam
Shenly ^^*

Dari: hendrik karnadi <hendrikkarnadi@yahoo.com>
Kepada: belajar-excel@yahoogroups.com
Dikirim: Jumat, 11 Oktober 2013 16:59
Judul: [belajar-excel] Buku VBA

 
Buat rekan2 yang msih mencari buku VBA yang saya tulis, bisa email ke cs@gramediapublishers.com

Salam,
HK

Fri Oct 11, 2013 11:37 am (PDT) . Posted by:

"Shenly" shenly_excelmania

Assalamualaikum Wr.Wb.
halo teman2,
ada yang punya contoh file Random Number ga?
kalo ada sya boleh minta???

Terima Kasih

Salam
Shenly ^^*

Fri Oct 11, 2013 1:47 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Wa'alaikumussalam Wr. Wb.

Coba deh diperjelas maksud random number itu gimana ?
Excel punya fungsi Rand dan RandBetween yang bersifat volatile. Bisa jadi
dengan mengembangkan fasilitas ini akan sesuai harapan.
Biasanya, kalau untuk undian, pakai VBA. Coba search di milis tentang
undian. Ada banyak postingan tentang ini.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.
Kid.

2013/10/11 Shenly <shenly_excelmania@yahoo.co.id>

> **
>
>
> Assalamualaikum Wr.Wb.
> halo teman2,
> ada yang punya contoh file Random Number ga?
> kalo ada sya boleh minta???
>
> Terima Kasih
>
> Salam
> Shenly ^^*
>
>
>

Fri Oct 11, 2013 12:18 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ghifari,

Chart memerlukan waktu untuk kalkulasi series dan refresh gambarnya. Meski
demikian, rasanya tidak selambar dampak kalkulasi banyak cell yang
formulanya rumit. Ketika chart ada banyak, bisa jadi akan terasa melambat
saat refresh gambar. Jika lambat karena proses pengambilan nilai series,
berarti ada yang kurang optimum dalam formula penyusun tabel kecil sumber
data untuk chart.

Tabel kecil penyusun series chart sebaiknya hidup bersama chart dalam
sebuah worksheet agar relatif cepat kerjanya. Data source yang menjadi
sumber untuk si tabel kecil penyusun series bisa diworksheet yang berbeda.
Mungkin sebaiknya menghindari link antar workbook juga bisa menjadi salah
satu cara untuk mempercepat kerja. Summary data (yang nantinya akan
dijadikan sumber data series chart) dengan fitur seperti pivot table bisa
menjadi alternatif jika memungkinkan.

Khusus untuk kadang kala loading nya cepat dan kadang kala loadingnya
lambat.
1. File workbook 100MB tidak berisi formula bisa jadi di-load lebih cepat
dibanding file 35MB berisi formula rumit dan saling terkait membentuk
rantai kalkulasi yang panjang.

2. Coba deh diperhatikan lagi, kapan saat load terasa lambat dan kapan saat
load terasa cepat. Selesai di-load di save deh.
Jika saat load terasa lambat ketika dibuka pertama kali dihari yang baru,
biasanya karena ada fungsi today. Akan terasa lambat ketika banyak cell
yang menggunakan fungsi ini atau ada sebuah rantai panjang dari 1 cell
berisi today.
Kira-kira begini :
Kasus 1 : ada 1000 cell pakay fungsi Today dan dalam komputasi yang
bermacam-macam
Kasus 2 : ada 1 cell berisi today (misal di A1) dan 1000 cell lain yang
dengan komputasi bermacam-macam yang membutuhkan nilai hari ini mengambil
nilai di A1
Kasus 3 : ada 1 cell berisi today (misal di A1) dan A2 mengambil nilai A1
dengan komputasi bermacam, kemudian A3 mengambil nilai A2 dengan komputasi
tertentu, dan seterusnya sampai A1001.

Kasus 1 akan membutuhkan kalkulasi terhadap 1000 cell, apa pun yang terjadi
dalam sebuah antrian (moga-moga aja komputernya sudah punya banyak core).

Kasus 2 akan dilakukan 1 kalkulasi di A1.
Jika nilai A1 *tidak *berubah (misal dihari yang sama dengan hasil
kalkulasi terakhir), maka 1000 cell lain tidak dikalkulasi (cukup 1
kalkulasi saja).
Jika ternyata hasil A1 berubah (misal sudah berganti hari), maka 1000 cell
lain yang mengambil data dari A1 akan dikalkulasi (total akan ada 1001
kalkulasi). Jika komputer memiliki prosesor 4 core yang menganggur, maka
kalkulasi terhadap 1000 cell itu akan dibagi ke setiap core prosesor
komputer yang menganggur saat itu.

Kasus 3 (mirip kasus 2) akan dilakukan kalkulasi di A1.
Jika nilai A1 *tidak *berubah (misal dihari yang sama dengan hasil
kalkulasi terakhir), maka 1000 cell lain tidak dikalkulasi (cukup 1
kalkulasi saja).
Jika ternyata hasil A1 berubah (misal sudah berganti hari), maka 1000 cell
lain yang membentuk rantai panjang kalkulasi akan dikalkulasi sampai rantai
formula tidak berubah hasilnya. Jika semuanya berubah, maka total akan ada
1001 kalkulasi. Berapun jumlah core prosesor komputer yang menganggur, yang
dibutuhkan tetaplah 1 core menganggur saja dan membentuk antrian proses
kalkulasi sebanyak 1000 antrian.

Jadi, kasus 2 dan kasus 3 akan terasa sama cepat kalau A1 tidak berubah.
Jika A1 berubah, maka bisa jadi kasus 2 akan lebih cepat dari kasus 3
ketika rantai kalkulasi kasus 3 harus dikalkulasi semua akibat semua
formula harus berubah nilainya.

Wassalam,
Kid.

2013/10/10 aRghifari <arnay_ind@yahoo.com>

> **
>
>
> Tks mr kid. Kalo grafik apakah jg bs membuat file menjadi besar dan
> lambat? Apakah baiknya antara grafik dan source datanya dipisah
> workbooknya?
> Yg sy bingung, terkadang ketika sy input data, datanya loading nya lama,
> kadang cepet (normal). Kira2 knp ya mr kid?
>
> Dikirim dari Yahoo! Mail pada Android
>
> ------------------------------
> * From: * Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>;
> * To: * BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>;
> * Subject: * Re: [belajar-excel] File lambat
> * Sent: * Thu, Oct 10, 2013 2:35:18 AM
>
>
>
> Hai Ghifari,
>
> A. Jika dalam workbook tersebut ada banyak cell berisi antara lain fungsi :
> Today, Now, Rand, RandBetween, Indirect, Offset
> maka kurangi penggunaannya.
> Fungsi-fungsi diatas termasuk fungsi jenis volatile.
> Volatile berarti akan selalu dikalkulasi Excel jika ada perubahan isi
> sebuah cell (walau tidak berhubungan sama sekali) atau saat Excel harus
> melakukan kalkulasi.
> Simpelnya gini... Ada 1,10,100,1000,sejuta cell berisi fungsi diatas
> (salah satu aja deh). yang semuanya hanya memanfaatkan data di kolom X
> sheet A.
> Jika dibuat sheet baru bernama Z dan diisi cell A1 nya dengan teks
> BeExcel, maka 1000 cell tadi akan dikalkulasi.
>
> 1. Untuk Now dan Today, bisa diletakkan pada sebuah cell yang tetap (misal
> di A1 sheet abcde). Maka semua formula yang membutuhkan nilai hasil Today
> atau Now dirujuk ke sheet abcde cell A1
>
> 2. Untuk Now, jika ketelitian nilai cukup pada harian, maka ganti Now
> dengan Today (yang terkumpul seperti nomor 1).
>
> 3. Rand dan RandBetween, kurangi aja deh... atau ganti dengan VBA
> menggunakan event workbook change
>
> 4. Indirect, bisa jadi, mengumpulkan data di satu tabel atau memanfaatkan
> nama range yang dipilih dengan fungsi choose akan lebih cepat daripada
> Indirect
>
> 5. Offset, coba manfaatkan Index yang bisa bekerja bersama Match atau
> fungsi lain yang tidak volatile.
>
> B. Jika ada banyak cell yang komputasinya sederhana, seperti hanya merujuk
> saja, maka rujuklah ke cell yang berisi data entry manual atau hasil
> komputasi pertamanya.
> *Contoh 1 : cukup merujuk saja*
> A1 berisi teks BeExcel
> jika B2 sampai B5 ingin menampilkan teks BeExcel juga, maka gunakan
> formula =$A$1 disemua cell tersebut (walau beda sheet), *daripada*menyusun formula :
> *(jadi susunan formula seperti ini dihindari saja)*
> B2 diisi =A1
> B3 diisi =B2
> B4 diisi =B3
> B5 diisi =B4
>
> *Contoh 2 : hasil komputasi pertamanya*
> Misal A1 berisi nilai 10 dan B1 berisi nilai 15
> Jika range G7 berisi formula =IF( D7 > $B$1 - $A$1 , bla , bli ) dan
> di-copy ke banyak cell (misal sampai G707), sebaiknya dibuatkan di
> C1 formula berbunyi =B1 - A1 sebagai hasil komputasi pertamanya.
> Kemudian formula G7 diubah menjadi :
> =IF( D7 > $C$1 , bla , bli )
> dan dicopy sampai G707.
>
> Ketika C1 berisi formula yang rumit, seperti array formula filtering yang
> pakai Small( IF( ble , blu ) , n ), maka proses akan terasa lebih cepat
> dibanding memasukkan bunyi array formula tersebut ke setiap cell yang
> membutuhkannya. (wakakaka.... padahal banyak ngira kalau bunyi array
> formula small if itu masuk ke cell yang butuh, akan jadi mega formula....)
> Contoh :
> Cell A2 berisi array formula small if begituan....
> Range B2 sampai Z2 berisi formula index yang mengambil hasil array formula
> small if di A2 akan jauh lebih cepat dibanding
> isi array formula di A2 dimasukkan ke setiap cell B2 sampai Z2.
> B2 sampai Z2, walau berisi formula yang puuuaannnnjaaaang banget, tetap
> saja gak bisa dibilang mega formula (*kalo menurutku loh ya*) karena kata
> mega dalam mega formula kuartikan sebagai begitu banyaknya proses yang
> harus dikerjakan agar bisa menghasilkan suatu nilai.
> Sedang pada small if, prosesnya hanya 2, yaitu memilih data yang akan
> diurutkan dan mengambil data hasil urutan yang ke-sekiun.
>
> Moga-moga dengan A dan B diatas, filenya bisa ada perubahan yak...
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
>
>
> 2013/10/9 aRghifari <arnay_ind@yahoo.com>
>
>> **
>>
>>
>> Dear all,
>>
>> Mhn bantuan. File excel sy berikut ini cukup besar dan butuh sekian detik
>> ketika akan pindah kursor ataupun tekan enter. Adakah solusi agar file
>> excel sy bisa kembali normal tidak lambat dengan catatan tidak meng copy
>> paste value hasil formula saya dan formula sy tidak dihapus. Mengingat juga
>> formula2 di file excel sy sangat dibutuhkan dalam menghasilkan grafik yg
>> terus bergerak. Berikut lampirannya
>> Tks be4
>>
>> --- Mods ---
>> File lampiran yang melebihi 250KB dilepas dari email. Jika file tidak
>> dapat dikurangi size-nya, silakan di-upload ke net drive seperti box atau
>> gdrive kemudian diposting link untuk meng-unduh-nya.
>> ----------------
>>
>>
>
>

Fri Oct 11, 2013 12:24 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Abang,

coba begini :
1. copy semua script tersebut (*kecuali *baris option explicit) ke object
module bernama ThisWorkbook di VBE
2. ganti semua kata Worksheet_ menjadi Workbook_
3. [bila perlu] tambahkan klausa *Private *didepan baris berbunyi *Sub
EnableControl(Id As Integer, Enabled As Boolean) *
4. save
5. tutup workbook
6. buka workbook
7. Security Macro di-Enable.
8. save
9. tutup excel semuanya
10. buka workbook lainnya
11. coba drag n drop atau klik kanan cut copy paste

Wassalam,
Kid.

2013/10/10 Abang Jakarta <abang_jakarta17@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear Master Excel,
>
> Saya mau tanya bagaimana mengembalikan fungsi Right Click cut copy paste
> dan drag pada excel 2007, sebelumnya saya menonaktifkan hanya untuk 1 file
> excel. Tapi setiap saya buka file excel yang berbeda fungsi tersebut
> menjadi tidak aktif, bahkan sampai saya install ulang excel nya tapi
> masalah massih sama.
>
> Mohon bantuannya agar fungsi Right Click cut copy paste dan drag bisa
> digunakan kembali
> Terimakasih
> Arkan
>
> Adapun command yang saya gunakan sebgai berrikut:
>
> Option Explicit
>
> Sub EnableControl(Id As Integer, Enabled As Boolean)
> Dim CB As CommandBar
> Dim C As CommandBarControl
> For Each CB In Application.CommandBars
> Set C = CB.FindControl(Id:=Id, recursive:=True)
> If Not C Is Nothing Then C.Enabled = Enabled
> Next
> End Sub
>
> Private Sub Worksheet_Activate()
> EnableControl 21, False ' cut
> EnableControl 19, False ' copy
> EnableControl 22, False ' paste
> EnableControl 755, False ' pastespecial
> Application.OnKey "^c", ""
> Application.OnKey "^v", ""
> Application.OnKey "+{DEL}", ""
> Application.OnKey "+{INSERT}", ""
> Application.CellDragAndDrop = False
> End Sub
>
> Private Sub Worksheet_BeforeClose(Cancel As Boolean)
> EnableControl 21, True ' cut
> EnableControl 19, True ' copy
> EnableControl 22, True ' paste
> EnableControl 755, True ' pastespecial
> Application.OnKey "^c"
> Application.OnKey "^v"
> Application.OnKey "+{DEL}"
> Application.OnKey "+{INSERT}"
> Application.CellDragAndDrop = True
> End Sub
>
> Private Sub Worksheet_Deactivate()
> EnableControl 21, True ' cut
> EnableControl 19, True ' copy
> EnableControl 22, True ' paste
> EnableControl 755, True ' pastespecial
> Application.OnKey "^c"
> Application.OnKey "^v"
> Application.OnKey "+{DEL}"
> Application.OnKey "+{INSERT}"
> Application.CellDragAndDrop = True
> End Sub
>
> Private Sub Worksheet_Open()
> EnableControl 21, False ' cut
> EnableControl 19, False ' copy
> EnableControl 22, False ' paste
> EnableControl 755, False ' pastespecial
> Application.OnKey "^c", ""
> Application.OnKey "^v", ""
> Application.OnKey "+{DEL}", ""
> Application.OnKey "+{INSERT}", ""
> Application.CellDragAndDrop = False
> End Sub
>
>
>

Fri Oct 11, 2013 12:33 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

e...

karena belum ada respon dari penanya, berikut file lampiran yang dilepas
dari email tapi sudah diubah ke format docx.

Wassalam,
Kid.

2013/10/10 Tuti Hartati <tuti-hartati@fukusuke-kogyo.co.id>

> **
>
>
> Dear para master,
>
> Mohon bantuannya, aku punya database yang vba macronya dibuatkan pada
> excel ver 5.1, dan biasanya itu bisa dijalankan pada excel versi terbaru
> yaitu 2007, tetapi ketika dijalankan pada office 2010 kenapa tidak mau ya,
> untuk file errornya terlampir, mohon penjelasannya.
>
>
>
> Terimakasih,
>
> Tuti Hartati.
> PT. Fukusuke Kogyo Indonesia
> Kawasan Berikat MM2100
> Blok M-3-2, Cikarang Barat, Bekasi
> Telp : 0218980444, 0218980315, 0218980316
> Fax : 0218980311
> Mobile : 089636375850
> Email : tuti-hartati@fukusuke-kogyo.co.id
>
>
> --- Mods ---
>
> File .doc yang melebihi 250KB dilepas dari email.
>
> Mohon sekiranya agar Bu Tuti Hartati bersedia mengirim ulang lampiran
> dengan ukuran file maksimal 250KB. Andaikan file berisi gambar, lakukan
> compress picture menjadi 96dpi (web/screen). Bila perlu, simpan sebagai
> .docx
>
>
> Mungkin akan lebih membantu lagi jika ada workbook dengan script yang
> memunculkan error tersebut yang dikirimkan. Data yang bersifat rahasia
> didalamnya bisa diubah agar menjadi dummy data. Jumlah record yang sangat
> banyak bisa dipotong hingga tersisa beberapa record saja.
>
> ----------------
>
>
>

Fri Oct 11, 2013 12:59 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hasi Kesi,

Coba pada baris :
wSheet.Protect Password:=TextBox1.Text
Anda pencet tombol koma di keyboard lalu jawab pertanyaan yang muncul
dilayar (fokus pada yang di bold) dengan TRUE atau FALSE. Jika dikanannya
masih ada pertanyaan, tekan koma lagi supaya pindah kepertanyaan berikutnya.

Yang dibiru dibawah itu adalah daftar pertanyaannya (lihat saja dilayar
Anda sendiri saat ketik koma.
Pada kasus Anda, tanda buka kurung dan tutup kurung diganti spasi karena
demikianlah cara memberi input pada input parameter ketika memanggil
methods.

expression dikasus Anda adalah wsheet

*expression.Protect(Password, DrawingObjects, Contents, Scenarios,
UserInterfaceOnly, AllowFormattingCells, AllowFormattingColumns,
AllowFormattingRows, AllowInsertingColumns, AllowInsertingRows,
AllowInsertingHyperlinks, AllowDeletingColumns, AllowDeletingRows,
AllowSorting, AllowFiltering, AllowUsingPivotTables)*

*expression* A variable that represents a *Worksheet* object.

*Parameters*
*Name* *Required/Optional* *Data Type* *Description* *Password* Optional *
Variant* A string that specifies a case-sensitive password for the
worksheet or workbook. If this argument is omitted, you can unprotect the
worksheet or workbook without using a password. Otherwise, you must specify
the password to unprotect the worksheet or workbook. If you forget the
password, you cannot unprotect the worksheet or workbook. *DrawingObjects*
Optional *Variant* *True* to protect shapes. The default value is *True*. *
Contents* Optional *Variant* *True* to protect contents. For a chart, this
protects the entire chart. For a worksheet, this protects the locked cells.
The default value is *True*. *Scenarios* Optional *Variant* *True* to
protect scenarios. This argument is valid only for worksheets. The default
value is *True*. *UserInterfaceOnly* Optional *Variant* *True* to protect
the user interface, but not macros. If this argument is omitted, protection
applies both to macros and to the user interface. *AllowFormattingCells*
Optional *Variant* *True* allows the user to format any cell on a protected
worksheet. The default value is *False*. *AllowFormattingColumns* Optional *
Variant* *True* allows the user to format any column on a protected
worksheet. The default value is *False*. *AllowFormattingRows* Optional *
Variant* *True* allows the user to format any row on a protected. The
default value is *False*. *AllowInsertingColumns* Optional *Variant*
*True*allows the user to insert columns on the protected worksheet.
The default
value is *False*. *AllowInsertingRows* Optional *Variant* *True* allows the
user to insert rows on the protected worksheet. The default value is *False*
. *AllowInsertingHyperlinks* Optional *Variant* *True* allows the user to
insert hyperlinks on the worksheet. The default value is *False*. *
AllowDeletingColumns* Optional *Variant* *True* allows the user to delete
columns on the protected worksheet, where every cell in the column to be
deleted is unlocked. The default value is *False*. *AllowDeletingRows*
Optional *Variant* *True* allows the user to delete rows on the protected
worksheet, where every cell in the row to be deleted is unlocked. The
default value is *False*. *AllowSorting* Optional *Variant* *True* allows
the user to sort on the protected worksheet. Every cell in the sort range
must be unlocked or unprotected. The default value is *False*. *
AllowFiltering* Optional *Variant* *True* allows the user to set filters on
the protected worksheet. Users can change filter criteria but can not
enable or disable an auto filter. Users can set filters on an existing auto
filter. The default value is *False*. *AllowUsingPivotTables* Optional *
Variant* *True* allows the user to use pivot table reports on the protected
worksheet. The default value is *False*.

Wassalam,

Kid.

On Fri, Oct 11, 2013 at 9:53 AM, KESI VIZZIANTI <kesi.vizzianti@gmail.com>wrote:

> **
>
>
> Selamat siang .
> mohon bantuan untuk macro berikut ini
> yang saya inginkan adalah:
> protect semua worksheet dengan allow user untuk
> format cell
> format coloums
> edit object
> dan edit scenario
> sedangkan untuk macro di bawah ini tidak bisa berjalan setelah di protect
>
> Private Sub CommandButton1_Click()
> Dim wSheet As Worksheet
>
> For Each wSheet In Worksheets
> On Error GoTo akhir
> If wSheet.ProtectContents = True Then
> wSheet.Unprotect Password:=TextBox1.Text
> teruskan:
> Else
> wSheet.Protect Password:=TextBox1.Text
> End If
> Next wSheet
> Exit Sub
> akhir:
> MsgBox wSheet.Name & " : passwordnya bukan : " & TextBox1, 48, "oops!"
> GoTo teruskan
> End Sub
> Salam
> Kesi
>
>
>
>

Fri Oct 11, 2013 1:44 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Default comments untuk background color, font color, font, font size
mengikuti item Tooltip untuk windows. Jadi mengubahnya di Control panel.
Untuk windows xp : klik kanan desktop -> properties -> appereance ->
display properties -> pilih item Tooltip -> atur deh -> terus OK
Windows 7 home basic : control panel -> (kalau setting view by category)
appereance -> klik tulisan Display -> change color scheme -> advanced ->
pilih item tooltip -> atur deh -> terus OK
Windows 7 ultimate (udah ada personilize) -> desktop -> personalize ->
window color -> advanced appereance setting -> item tooltip -> atur deh ->
terus ok

Untuk ubah default background supaya pake gambar tidak disediakan. Biasanya
pakai VBA yang harus aktif cek sana-sini cell nya udah ada gambarnya belum.
Gambarnya dimana, dan sebagainya. Sayang resources komputernya kalau
dipakai buat cak cek urusin comment background doang. Mending resources
komputer dipakai untuk kalkulasi formula di Excel.

Tapi, kalo mau isi sendiri gambarnya disetiap comment, edit comment -> klik
kanan border comment -> pilih format comment -> pilih tab Color n lines
gitu -> di Fill, pilih Fill effect -> pilih tab Picture -> klik select
picture -> pilih file gambar -> centang lock aspect ratio (bila perlu) -> OK

Kayanya gitu sih.

Wassalam,
Kid.

2013/10/11 Juwono Radyanto Edi <juwono.re2002@yahoo.com>

> **
>
>
> Dear all,
>
> Mohon bantuannya dong, ini kayaknya gampang, tapi ya memang saya tidak
> bisa menemukannya.
> Begini, saya ingin merubah default format comment itu dimana ya
> merubahnya. Selama ini defaultnya font ukuran 8, mau saya rubah misalnya
> menjadi 10, jadi setiap komen baru ukurannya sudah 10, atau setiap komen
> baru sudah ada background nya, misalnya.
> Gimana caranya ya, ken-ken carane, piye carane, yak opo carane ?
> mas..mbak...
>
> Terima kasih sebelumnya
>
> Juwono
>
>
>

Fri Oct 11, 2013 7:06 pm (PDT) . Posted by:

"Juwono Radyanto Edi" juwono.re2002

Aha....Ini dia, thx Mr. Kid...
Maklum, yang pake komputer kacamatanya tebal, jadi perlu yang gede-gede...
Makasih sekali lagi, problem solved.
KR,
Juwono

________________________________
Dari: Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>

Kepada: BeExcel <belajar-excel@yahoogroups.com>
Dikirim: Sabtu, 12 Oktober 2013 4:43
Judul: Re: [belajar-excel] Soal Comment - Kok ndak ketemu ya


 
Default comments untuk background color, font color, font, font size mengikuti item Tooltip untuk windows. Jadi mengubahnya di Control panel.
Untuk windows xp : klik kanan desktop -> properties -> appereance -> display properties -> pilih item Tooltip -> atur deh -> terus OK
Windows 7 home basic : control panel -> (kalau setting view by category) appereance -> klik tulisan Display -> change color scheme -> advanced -> pilih item tooltip -> atur deh -> terus OK

Windows 7 ultimate (udah ada personilize) -> desktop -> personalize -> window color -> advanced appereance setting -> item tooltip -> atur deh -> terus ok

Untuk ubah default background supaya pake gambar tidak disediakan. Biasanya pakai VBA yang harus aktif cek sana-sini cell nya udah ada gambarnya belum. Gambarnya dimana, dan sebagainya. Sayang resources komputernya kalau dipakai buat cak cek urusin comment background doang. Mending resources komputer dipakai untuk kalkulasi formula di Excel.

Tapi, kalo mau isi sendiri gambarnya disetiap comment, edit comment -> klik kanan border comment -> pilih format comment -> pilih tab Color n lines gitu -> di Fill, pilih Fill effect -> pilih tab Picture -> klik select picture -> pilih file gambar -> centang lock aspect ratio (bila perlu) -> OK

Kayanya gitu sih.

Wassalam,

Kid.

2013/10/11 Juwono Radyanto Edi <juwono.re2002@yahoo.com>


>Dear all,
>
>
>Mohon bantuannya dong, ini kayaknya gampang, tapi ya memang saya tidak bisa menemukannya.
>Begini, saya ingin merubah default format comment itu dimana ya merubahnya. Selama ini defaultnya font ukuran 8, mau saya rubah misalnya menjadi 10, jadi setiap komen baru ukurannya sudah 10, atau setiap komen baru sudah ada background nya, misalnya.
>Gimana caranya ya, ken-ken carane, piye carane, yak opo carane ? mas..mbak...
>
>
>Terima kasih sebelumnya
>
>
>Juwono

Fri Oct 11, 2013 2:43 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Hai Ferry,

Formula di N1:Y1 dipelihara ya... Boleh gonta ganti formula sesuai
kebutuhan supaya kalkulasinya tepat. Bila perlu, yang IF panjang itu
dibuatkan tabel daftar rekening atau kode transaksi yang akan dipakai
supaya bisa pakai countif ceknya (cuma butuh 1 level if ajah).
Header data hanya 1 baris di baris 1. Nama sheet 'Data Jurnal'

dim rngFormula as range 'variabel range template formula di N1:Y1
dim lRows as long 'variabel untuk jumlah record data
dim rngHasil as range 'variabel range hasil copas formula dan divalueskan

'atur agar kalkulasinya automatic
application.calculation=xlcalculationautomatic

'simpan jumlah record data, berdasar kolom A (kolom ke 1)
'di -1 karena header ada 1 baris, di -0 karena jumlah baris sebelum header
adalah 0 baris
lrows=sheets("Data Jurnal").cells(rows.count,1).end(xlup).row -1-0

'set range template formula
'Kalau bergeser atau bertambah, ubah bagian script yang merujuk ke N1:Y1
menjadi sesuai keadaan yang semestinya.
set rngformula=sheets("Data Jurnal").range("N1:Y1")

'*** kalau bisa menjaga dengan disiplin bahwa area template formula selalu
rapat (tidak ada kolom kosong)
'non aktifkan baris set range formula di atas dan aktifkan baris kode
berikut : (tidak dipengaruhi penambahan kolom formula)
'set rngformula=sheets("Data Jurnal").range( sheets("Data
Jurnal").range("N1") , sheets("Data Jurnal").range("N1").end(xltoright) )

'set range lokasi paste formula
'turun dari baris template formula sebanyak 1 baris (offset)
'diperluas resize menjadi sebanyak baris data (lrows)
set rngHasil=rngformula.offset(1).resize(lrows)

'copy paste range formula ke range hasil
rngformula.copy rnghasil

'*** jika format di range hasil tidak boleh berubah, baris kode copy paste
diatas di nonaktifkan dan aktifkan baris-bari ini :
'rngformula.copy
'rnghasil.pastespecial xlpasteformulas

'range hasil di-values-ken
rnghasil.value=rnghasil.value

'*** jika ada cell yang berisi data angka tapi harus tetap disimpan sebagai
data bertype text,
'non aktifkan baris pem-values-an diatas dan aktifkan baris-baris ini :
'rnghasil.copy
'rnghasil.pastespecial xlpastevalues

'tampilkan pesan
msgbox "Done.",vbinformation,"Copaslu..."

Sampai sini, seluruh formula sudah di-copasvalues-ken. Template formula
tetap terjaga supaya bisa dipakai terus menerus.
Letakkan script di atas pada sebuah prosedur ber-scope public di sebuah
general module dalam VBE.
Buat sebuah shape atau msform object control di worksheet manapun dalam
workbook, dan assign macro untuk memanggil nama prosedur yang berisi script
di atas.
Jika menggunakan activex control command button (bukan button loh ya, karen
activex control), saat design mode ON, double click si commandbutton agar
tercipta prosedur sub dari event click. Isi dengan nama prosedur yang
berisi script diatas dan turn off design mode.

Save as workbook dan pastikan untuk memilih jenis Macro Enabled Workbook
(.xlsm) atau Excel blabla-2003 (.xls)

Kalau sudah nyaman dalam mengikuti alur proses diatas, baru deh nanti si
cekrip disederhanakan...

Selamat mencoba.

Wassalam,
Kid.

2013/10/10 Ferry Ferdian <frnmgi@yahoo.com>

> **
>
>
> Terima kasih sebelumnya,
>
> Disini ingin saya jelaskan bahwa terdapat dua sheet, sheet pertama berisi
> database rekening dan sheet kedua lembar kerja. lembar kerja dapat
> dijelaskan berikut :
> 1. pada kolom A s/d L adalah data berisi data jurnal accounting yang
> dipindahkan dalam bentuk text file ke excel.
> 2. pada kolom N diambil data dari kolom C dan D yang dianggap nomor
> rekening.
> 3. kolom O ambil datt kode transaksi.
> 4.kolom P ambil data dari kolom C yang dianggap kode jurnal untuk
> bunga/margin, nomor kode dapat dilihat pada kolom P yg sudah saya buat
> rumusnya.
> 5. kolom Q dan R memberikan formula roundup.
> 6. kolom Ss/d V memasukkan formula untuk mencocokkan.
> 7. kolom W s/d Y adalah hasil, sedangkan kolom x diperoleh dari Sheet
> databse rekening.
> 8. agar tidak lama prosesnya saya batasin s/d baris ke 2500.
>
> berikut kembali saya attach workbook yang sudah ada rumusnya
> Teima kasih
>
> Ferry
>
>
>
>
> On Thursday, October 10, 2013 5:23 AM, Mr. Kid <mr.nmkid@gmail.com>
> wrote:
>
> Hai Ferdy,
>
> imo,
> Sebaiknya dijelaskan proses yang akan dibuat, sehingga bisa membandingkan
> dengan script yang Anda buat. Bila perlu, lampirkan workbook yang berisi
> script tersebut ke milis.
>
> Wassalam,
> Kid.
>
>
>
> 2013/10/9 Ferry Ferdian <frnmgi@yahoo.com>
>
> **
>
> yth,
> Master Excel & VB
>
> saya lagi buat tools yang dapat mencacah nomor rekening berdasarkan
> bunga/margin yang diterima nasabah. jika para master ada yang dapat
> menyempurnakan atau memperbaiki agar lebih baik dan cepat prosesnya, atas
> infonya saya ucapkan terima kasih.
>
>
> Ferry
>
>
>
>
>
>

Fri Oct 11, 2013 3:14 pm (PDT) . Posted by:

"Mr. Kid" nmkid.family@ymail.com

Karena pemilik kasus belum juga menyusulkan file lampiran, berikut file
lampiran dari pemilik kasus yang dilepas dari email tapi telah di sesuaikan
ukuran filenya.

Wassalam,
Kid.

2013/10/11 Ans7 <an77un@gmail.com>

> **
>
>
> Dear Para Master Excel
>
> Mohon bantuannya...
>
> Saya sedang membuat sistem scanning untuk barang, saya kesulitan untuk
> membuat pesan kesalahan apabila ada serial no. yg di scan berbeda
> dengan standar...
> Bagaimana cara membuat error alert (dengan macro/tanpa macro) apabila
> input scanning berbeda dengan standardnya? dan bagaimana cara
> memasukkan file suara ke dalam error alert tsb?
>
> Terimakasih banyak atas bantuannya
>
> #Mods
> file lampiran melebihi batas yang diizinkan sebesar maks 250KB dilepas
> dari email
> harap rekan Be-Exceller mengirim kembali file dengan ukuran yang
> dipersyaratkan
> buang sebagian isi data, jika data bersifat rahasia maka ganti dengan data
> dummy
> ###
>
>
>

Fri Oct 11, 2013 7:36 pm (PDT) . Posted by:

"Rean" reanairlangga

Selamat pagi semua

saya sangat senang bisa ikut gabung group belajar exel ini,

Saya membuat sebuah perhitungan exel dalam menghitung perhitungan teknik
agar mengerti dari dasarnya jadi tidak menggunakan software yang telah ada.

Saya masih bingung bagaimana caranya agar exel yang saya buat tidak
menggunakan cara coba2 untuk mendapatkan dimensi aman di atas safety factor
sampai nilai tersebut ok dan efisien.

Apakah dengan macro perhitungan tersebut bisa dapat di otomatisasi ?

Apakah ada solusinya ?

Berikut saya lampirkan exelnya

Terima Kasih

Salam

Rean

Fri Oct 11, 2013 8:53 pm (PDT) . Posted by:

"Jan Raisin"

hai Rean,

karena banyak Be-Exceller yang tidak memiliki latar belakang yang sama
dengan anda, apakah bisa dijelaskan lebih detail perhitungannnya..
1. tujuan akhirnya apa? ada di sheet mana? cel berapa?
2. proses perhitungannya dari mana ke mana saja
3. ada UDF yang namanya Verifikasi, apakah bisa dishare scriptnya, karena
hasil dari UDF ini kelihatannya akan mempengaruhi hasil perhitungan akhir

oia.. kalo bisa dibuatkan dalam bentuk tabel perhitungan yang lebih
sederhana, kelihatannya kasus ini bisa diselelsaikan dengan fitur optimasi

salam,

-Miss Jan Raisin-

Pada 12 Oktober 2013 09.32, Rean <reanairlangga@yahoo.com> menulis:

> **
>
>
> Selamat pagi semua ****
>
> saya sangat senang bisa ikut gabung group belajar exel ini,****
>
> Saya membuat sebuah perhitungan exel dalam menghitung perhitungan teknik
> agar mengerti dari dasarnya jadi tidak menggunakan software yang telah ada.
> ****
>
> ** **
>
> Saya masih bingung bagaimana caranya agar exel yang saya buat tidak
> menggunakan cara coba2 untuk mendapatkan dimensi aman di atas safety factor
> sampai nilai tersebut ok dan efisien.****
>
> ** **
>
> Apakah dengan macro perhitungan tersebut bisa dapat di otomatisasi ?****
>
> ** **
>
> Apakah ada solusinya ?****
>
> ** **
>
> Berikut saya lampirkan exelnya ****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Terima Kasih ****
>
> Salam ****
>
> ** **
>
> ** **
>
> Rean****
>
>
> **
>

Fri Oct 11, 2013 7:37 pm (PDT) . Posted by:

"Toni Kus Indratno" tonny.kuzh@ymail.com

Selamat pagi, mohon maaf mengganggu,,,
saya mau membuat lembar penilaian mahasiswa menggunakan excel, seperti yang terlampir...
Saya ingin agar mahasiswa tidak bisa close excel sebelum dia menjawab semua soal...
dan ketika mahasiswa sampai di sheet "Hasil" maka mahasiswa menekan tombol "Cetak Hasil Ujian", maka secara otomatis lembar excel langsung tertutup dan hasil keluar dari printer....
Mohon bantuannya, kode macronya seperti apa...
jika boleh ketika siswa masuk lagi soalnya bisa acak...hehe
Mohon dengan sangat bantuannya,...

 
=================================
DINAR & DIRHAM
Hidup Bahagia Tanpa Riba

http://tonikus.staff.uad.ac.id
=================================
GROUP FOOTER MESSAGE
=====================================================================
Untuk memudahkan tim penyusun materi Belajar Excel yang lebih sesuai kebutuhan member, silakan ungkapkan permasalahan yang kerap ditemui dalam menggunakan Excel sehari-hari atau hal-hal yang ingin dipelajari dalam jangka dekat ini. Mohon diprioritaskan dari yang sering ditemui sampai yang ingin dipelajari.
Isi sesuai kelompoknya (fitur-fitur, formula-formula tertentu yang masih membingungkan, otomasi atau pemrograman dalam Excel [Macro - VBA], hal lainnya yang membuat Anda kesulitan dalam mempelajari Excel).
Boleh mengisi berulang kali untuk menambah uneg-uneg yang ingin diungkapkan.
Link untuk menuangkan seluruh uneg-uneg tersebut ada di :
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/database?method=addRecord&tbl=3
=====================================================================
Langkah kecil Anda dalam mengisi database bisa menjadi langkah pertama yang bermanfaat besar untuk kita semua.
=====================================================================

---------------------------------------------------------------------
bergabung ke milis (subscribe), kirim mail kosong ke:
belajar-excel-subscribe@yahoogroups.com

posting ke milis, kirimkan ke:
belajar-excel@yahoogroups.com

berkunjung ke web milis
http://tech.groups.yahoo.com/group/belajar-excel/messages

melihat file archive / mendownload lampiran
http://www.mail-archive.com/belajar-excel@yahoogroups.com/
atau (sejak 25-Apr-2011) bisa juga di :
http://milis-belajar-excel.1048464.n5.nabble.com/

menghubungi moderators & owners: belajar-excel-owner@yahoogroups.com

keluar dari membership milis (UnSubscribe):
kirim mail kosong ke  belajar-excel-unsubscribe@yahoogroups.com
---------------------------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar